Anjar Priandoyo

Tidak ada Cinta tanpa pengorbanan

with 27 comments

Untuk Cintaku…
Saya percaya, bahwa manusia itu mahluk yang sangat kompleks. Kebutuhannya macam-macam. Dari makan, minum, bermain, diakui, punya teman, punya adik, punya kakak, menjadi murid, menjadi guru, menjadi imam, menjadi makmum. Dan semua kebutuhan ini terkadang terjadi saat bersamaan. Lalu pertanyaannya, bagaimana memenuhi semua kebutuhan ini.

Manusia juga sangat aneh, dia bisa bosan, dia bisa kesepian, bisa tertawa, senang. Manusia tidak selamanya ingin senang, kadang ia ingin merasakan sedih, duka, berkorban, menderita demi orang lain, menderita demi orang yang dicintainya. Coba bayangkan kalau kita menjadi ‘programmer manusia’. Bagaimana memprogram ‘perasaan’ manusia yang sangat kompleks ini.

Banyak logika-logika yang tidak bekerja pada manusia. Logikanya kalau ditekan, manusia bisa stress dan gila misalnya. Tapi ada juga dan mungkin banyak tipikal manusia yang kalau dia ditekan justru dia akan menjadi kreatif. Mungkin, perasaan, jiwa manusia adalah bagian yang paling sulit dibentuk dari seorang manusia. Ajaib sekali.

Cinta, merupakan komponen yang paling aneh dari semua perasaan yang manusia miliki. Cinta bisa mengubah segalanya. Cinta yang luas, mencangkup segalanya. Cinta itu pengorbanan, dan tidak ada Cinta tanpa pengorbanan. Justru kekuatan Cinta yang terbesar adalah pengorbanan. Sampek Eng Tay, Romeo and Juliet adalah gambaran betapa Cinta dapat mendorong manusia untuk melakukan hal-hal besar dalam hidup ini.

Pertanyaan selanjutnya, kepada siapakah cinta ini diberikan.
Dua minggu yang lalu cinta ini diberikan pada keluargaku di Cirebon. Idul Fitri memberikan kesempatan buatku untuk bertemu mereka. Menatap kedua orang tua, kakak dan adik dengan perasaan bahagia. Keluarga di Purwokerto, Malang, Jakarta dan semua dimana darah ini bertalian. Bahagia rasanya bisa memberikan kontribusi untuk mereka

Satu minggu yang lalu cinta ini diberikan pada teman-teman kampusku. Kubatalkan semua janji malam itu. Aku ingin bertemu mereka. Rasanya sudah lama sekali, padahal bulan puasa itu pun kami sudah bertemu. Lebih 15 orang yang hadir. dan kemarin sekali lagi kami bertemu di Pancoran. Bahagia rasanya, ini pasti Cinta karena aku berani mengorbankan segalanya untuk hadir dalam acara tersebut.

Dan hari ini cinta diberikan pada kekasihku yang sedang sakit perut. Orang yang didatangkan Tuhan dari langit untuk menemani hidupku. Dan aku yakin itu Cintaku.

Kembali tentang Cinta, Cinta memang berarti pengorbanan. Tapi Cinta selalu memberi, memberi ketenangan saat bisa berkumpul dengan teman-teman. Memberi kebahagiaan saat bisa memotivasi adik kelas dikampus. Memberi senyuman saat didoakan oleh saudara-saudara nun jauh disana. Diberikan tanggung jawab, diberikan Cinta. Duh bahagianya hidup ini dengan Cinta. Bahagianya saat bisa menjadi guru, saat menjadi murid, saat menjadi kakak dan adik, bapak dan anak dalam saat yang bersamaaan. Indahnya Cinta.

-Anjar, curi-curi waktu jam kantor-
PS: Sebenarnya tulisan ini untuk mengungkapkan perasaanku pada kekasihku, pada teman-teman kampusku, pada teman-teman sekolahku, dan semua yang selalu membuat mengerti makna Cinta. Sulit membahasakan Cinta memang…

About these ads

Written by priandoyo

November 7, 2006 at 10:24 am

Ditulis dalam Kehidupan

27 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. yuuhuuuu…! :)

    joesatch

    November 8, 2006 at 3:28 am

  2. gitu ya, namanya cinta…….?

    ayank

    November 23, 2006 at 8:25 am

    • owh,tpestui gmna mclnya pcran gag drestui sma kdua orangtua’a apakah aq hrz mmbtuchkan pengorbanan yang sangat besar ato hrz ningalin pacaran yg kbh dknl putuz.

      tya

      Mei 4, 2011 at 1:03 am

      • ldupeuj p;sak’dwlW
        e

        chika chiculata

        Mei 31, 2011 at 3:31 am

  3. mungkin :) mas ayank tentunya punya definisi sendiri kan. dan tiap-tiap orang pun begitu tentunya

    priandoyo

    November 30, 2006 at 3:39 am

  4. Setuju banget sama cara lo , saat ini gw lagi berkorban buat cinta gw, buat cinta gw sama allah , keluarga, karier, kehidupan, dan cowok idaman gw yang saat ini gw lagi berusaha untuk mendapatkan cintanya. Gw tambah yakin kalo cinta butuh pengorbanan dan kadang di luar logika, terkadang akal sehat gw selisih pendapat dengan hati gw mengenai hal yang udah gw lakuin untuk cinta, sampe-sampe gw kadang berfikir segini kah untuk cinta gw, tapi gw yakin setiap apa yang dilakuin di atas dunia ini pasti nanti akan ada balesan nya dari allah yang sangat gw cintai

    sarrah

    Juli 23, 2008 at 5:36 am

  5. bener banget……….

    erika sitorus

    November 25, 2008 at 11:13 am

  6. terkadang pengorbanan kita jg sia2..

    hem…
    tp bnr.
    cnt prl pengorbanan…
    ^^

    young

    Januari 6, 2009 at 4:39 pm

  7. cinta itu pengorbanan karna kadang kita harus kehilangan orang yang amat kita cintai karna suat hal

    rina

    Februari 18, 2009 at 10:21 am

  8. tapiiie kenapa kita merasakhan cinta itu khan menyakit khan & penuh kebooongan

    ach.muarif

    Mei 29, 2009 at 7:23 am

  9. tapie kenapa manusia g mau meninggalin cinta udah tau menyakit khan

    ach.muarif

    Mei 29, 2009 at 7:25 am

  10. hi………………btw cinta itu pa da tingkatannya???

    arif

    Juni 15, 2009 at 8:50 am

    • cinta ada tingkatannya?..jawabannya ada donk.

      tyas yulia paraswati

      Juni 17, 2009 at 10:26 am

  11. betul sekali apa yang dikatakan oleh anda, sebab semua orang memiliki cinta, namun kemana mengarahkan cinta itu, dan bagaiman memperlakukan cinta tersebut. I agree with you brother.

    Nefra

    September 1, 2009 at 6:51 am

  12. mas aq pingin jenengan urun rembug, tentang cinta “Nabi Ibrohim” untuk inspirasi saya di hari “besar”.
    makasih.

    ahmad

    Oktober 10, 2009 at 12:20 am

  13. bagaimana jika kita sudah berkorban demi cinta tetapi cinta itu menolak kita dan tidak ada hasil’a sama sekali !!
    tolong kasih pendapat’a ^^

    Ir bayoe

    Maret 23, 2011 at 5:57 am

  14. cinta itu saling memberi….

    jendela dunia

    Mei 3, 2011 at 1:13 pm

  15. memang cinta adalah pengorbanan, tidak mudah untuk menyatukan cinta, dalam sehari saja cinta bisa saja tumbuh tp apakah cinta itu dapat bertahan dakam waktu yg lama, bahkan apakah cinta itu tk akan pernah luntur? jawabnya mungkin saja, makanya jagalah cintamu, dan perjuangkanlah agar tk hilang darimu, berkorbanlah tuk mendapatkan cinta sampai ajal yg memisahkan bkn karena cinta itu tlah hilang,

    sani

    Mei 16, 2011 at 2:48 am

  16. memang cinta adalah pengorbanan, tidak mudah untuk menyatukan cinta, dalam sehari saja cinta bisa saja tumbuh tp apakah cinta itu dapat bertahan dalam waktu yg lama, bahkan apakah cinta itu tk akan pernah luntur? jawabnya mungkin saja, makanya jagalah cintamu, dan perjuangkanlah agar tk hilang darimu, berkorbanlah tuk mendapatkan cinta sampai ajal yg memisahkan bkn karena cinta itu tlah hilang,

    sani

    Mei 16, 2011 at 2:48 am
    Balas

    sani

    Mei 16, 2011 at 2:50 am

  17. memang cinta adalah pengorbanan, tidak mudah untuk menyatukan cinta, dalam sehari saja cinta bisa saja tumbuh tp apakah cinta itu dapat bertahan dalam waktu yg lama, bahkan apakah cinta itu tk akan pernah luntur? jawabnya mungkin saja, makanya jagalah cintamu, dan perjuangkanlah agar tk hilang darimu, berkorbanlah tuk mendapatkan cinta sampai ajal yg memisahkan bkn karena cinta itu tlah hilang,

    sani

    Mei 16, 2011 at 2:52 am

  18. maaf mas.,,, saya pngn menduplikat untuk disampaikan pada kekasihku juga.. tp tanpa nama terang anda.

    z.brx

    Juli 6, 2011 at 6:12 am

  19. iya, bener sekali. saya setuju sekali dengan pendapat anda. Cinta emang penuh dengan pengorbanan. kadang kita harus berkorban dan merelahakan kebahagiaan kita demi kebahagiaan orng yang amat kita sayangi. bukan berarti kita kalah atau menyerah, bahkan sesungguhnya itulah cinta sejati. Cinta tidak harus memiliki, dari pengorbanan yang telah telah kita lakukan, insyaallah kita akan mendapatkan yang lebih baik. Amiinnn……….

    Dwidesy

    Juli 10, 2011 at 1:58 pm

  20. izin menyimak aja, hehehe

    arif

    Juli 26, 2011 at 9:15 am

  21. waah pas banget ne

    indra praja

    September 9, 2011 at 8:18 am

  22. M’f ijinkn sya masuk.
    Op’sss pada rame ni dngn kata2 cinta.., baik sya mulai.

    jika kita memaknai sebuah kata cinta, ia mempunyai bnyak makna serta arti luas, cinta sang khalik, kepada ke dua orang tua, cinta kepada saudar, adik, kakak, teman dan pacar, mengapa sya katakan demikian..?, sebab cinta ini adalha sebuah hasrat, keinginan atau jika didefinisikan ia adalah sesuatu yang ingin disukai dan dimiliki oleh setiap para pecinta. sya pun presepsi yang sma, jika cinta adalah keingin maka hati adalah jawaban, cinta bukan mimpi tapi harapan, bukan apa yang didapat tapi apa yang dirasa. bangun kejujuran dan ketulusan hati dengan kepercayaan itulah cinta. maka tuhan mnciptakan kita dngan :
    2 mata
    2 telinga
    2 kaki
    2 paru” bahkan dengan
    2 ginjal..tpi kenapa Tuhan cuman memberi 1 hati, karena hati yang satu kepada orang yang kita syang.

    Amy

    September 29, 2011 at 5:57 am

  23. cinta itu tak pernah butuh pengorbanan…… buat apa berkorban…lha wong cinta kok…..

    kalau cinta itu berdasarkan karena…itu bukan cinta…itu kalkulasi……
    cinta gak ada karena2……..

    jika seseorang sudah merasa berkorban, maka saat itu juga cintamu mulai pudar……

    cinta itu gak ada karena2…..itu kalkulasi….

    Yusuf Aldhillah

    Januari 16, 2013 at 9:03 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 488 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: