Anjar Priandoyo

Tips memilih bank untuk KPR

with 192 comments

Membeli rumah dengan kredit (KPR) merupakan pilihan utama untuk pasangan muda di Jakarta. Tulisan ini ditujukan untuk pasangan muda yang berencana membeli rumah dengan kisaran 150-350 juta. Dengan harga ini, rumah yang didapatkan mulai luas tanah 70-120an atau 2-3 kamar tidur. Berdasarkan pengalaman kami selama ini beberapa hal pertimbangan yang harus dipikirkan baik-baik sebelum memilih bank KPR adalah:

1. Segmentasi bank
Niaga, Permata, Panin bersaing di segmen yang sama: rumah-rumah menengah di pinggiran jakarta dengan range 150-300 juta. Biasanya developer sudah menggandeng bank-bank tersebut sejak awal, kecuali perumahan spesifik seperti Legenda Wisata yang dibangun Duta Pertiwi dengan group Sinar Mas tentunya menganjurkan BII (Bank Group Sinar Mas) sebagai KPR pilihannya. Atau Daan Mogot Arcadia dengan Bank Eksindonya yang masih dalam satu group.

Niaga dikenal sebagai bank paling agresif. Niaga banyak menggandeng developer-developer kecil, ukuran 40-200 rumah per kompleks. Kalau kita mencari rumah-rumah dipinggiran Jakarta sebagian besar menawarkan Niaga sebagai pilihan KPR-nya.

BTN dikenal sebagai bank untuk KPR menengah ke bawah dalam skala besar. Prakteknya dilapangan BTN cenderung tidak agresif dalam menawarkan KPR-nya. Memang sih banyak yang berkomentar,
“KPR? kenapa ga di BTN saja”, gampang jawabannya:
“Lha BTN emang kantornya dimana?”

BNI, yang membajak kepala Divisi KPR dari Bank Niaga pun menawarkan fitur yang mirip-mirip dengan bank Niaga. Masalahnya, perumahan manakah yang digandeng oleh BNI? Mandiri yang dikenal kuat di Corporate, BCA yang di Consumer Banking, nampaknya tidak begitu terlihat di segmen perumahan menengah ini.

Kesimpulan: Niaga dan Permata #1 di kategori ini, BNI pun di 2007 ini sedang memfokuskan untuk KPRnya

2. Fleksibilitas persyaratan
Teorinya persyaratan KPR disemua bank sama, harus ada NPWP, harus ada pengalaman 2 tahun sebagai karyawan tetap, harus ada ini itu. Tapi prakteknya tidak ada karyawan yang sempurna bukan, makanya pertimbangan fleksibilitas bank harus dijadikan pertimbangan utama

Contoh: Join income / cicilan yang dibayar bersama suami dan istri seringkali berurusan pelik. Bank Niaga dan Panin memandang istri hanya komponen penunjang untuk cicilan kredit. Akibatnya status istri tidak menjadi masalah besar, apakah istri karyawan permanen/kontrak, belum ada NPWP. Sebaliknya bank Permata, BCA memandang istri sebagai komponen utama. Akibatnya semua dokumentasi harus lengkap.

Kesimpulan: Bank Panin #1 di kategori ini, Niaga #2
catatan, fleksibilitas bank Panin sempat menuai kritik dari teman-teman. Konon bank Panin masih menggunakan sistem perhitungan manual untuk approval KPR-nya, sementara bank lain menggunakan sistem komputerisasi yang mengharuskan proses prosedural.

3. Birokrasi
Birokrasi ini terkait dengan sistem kerja bank tersebut. Bank Niaga, Panin, BRI misalnya menggunakan sistem account officer (AO). Dengan sistem AO ini proses pencarian nasabah, analisa kredit hingga appraisal dikerjakan oleh satu orang yaitu sang AO dari awal hingga akhir. Keuntungannya appraisal yang dihasilkan bisa lebih tinggi, apalagi untuk rumah second. Sistem ini juga cukup rawan unsur KKN (sogok menyogoknya). Dalam beberapa kali diskusi, baik dengan developer, properti agent, atau pihak bank. Budaya untuk menyogok agar memudahkan aplikasi ini kerap dilakukan.

Sebaliknya bank Permata menggunakan sistem bertingkat. Artinya group bisnis dan analis adalah orang yang berbeda. Dalam kasus ini proses pencarian nasabah dikerjakan si A, sedangkan perhitungan kredit dikerjakan oleh si B. Ribet memang tapi dengan sistem ini Bank Permata berani menawarkan bunga paling rendah di 12.8% pa

Kesimpulan: Bank dengan model AO (Niaga, Panin, BRI) #1 dikategori ini

4. Negotiation/Bargaining
4.1 Negoisasi appraisal harga rumah
Proses kredit sebagaimana proses jual beli adalah hal yang penuh subyektivitas. Hal ini bisa berbuntut panjang semisal: Harga rumah second 300 juta, bisa jadi dinilai Niaga 250juta, dinilai Panin 270juta, dinilai BRI 350 juta. Angka ini dari mana, memang ada rumusnya seperti

luas tanah X harga pasaran + luas bangunan X harga pasaran + harga strategis

Tapi angka ini sebenarnya negotiable, tergantung kepentingan si credit officer dan nasabah itu sendiri. Kata orang “everything’s negotiable”

4.2 Negoisasi limit credit
Limit credit yang diberikan pun penuh dengan negoisasi. Gaji si amir di Telkomsel misalnya, 1 juta perbulan, tapi dalam satu tahun amir bisa 24 kali gaji. Gaji budi di software house bisa 2 juta tapi overtime budi bisa hingga 3 juta perbulan misalnya. Niaga menghitung nilai cicilan dari gaji terendah dalam satu tahun, tapi Panin menghitung dari rata-rata gaji sedangkan Permata menghitung dari analisa lainnya

Kesimpulan: Bank dengan AO yang agresif menduduki peringkat #1. Sebenarnya agak sulit memlih bank terbaik dalam kategori ini. Yang ada adalah AO/credit officer yang pintar atau yang lamban. Tapi overall Panin #1

5. Lain-lain
Komponen ini sebenarnya banyak tapi kami memilih mengkategorikannya dalam ‘tidak signifikan’. Sehingga kami lebih memfokuskan pada hal-hal sebelumnya. Seperti:

4.1 Bunga Bank,
Diskusi mengenai bunga bank bisa sangat menarik apalagi dikaitkan dengan issue floating vs fixed rate, subsidi bunga, suku bunga BI, syariah vs konvensional. Menurut kami, issue bunga bank sebaiknya tidak perlu dipusingkan. Dasarnya adalah setiap bank berkompetisi dan suku bunga sebenarnya sudah merupakan ‘ketetapan alam’ yang tidak perlu dipusingkan.
FYI, per january 2007. Permata di 12.8%, Niaga 13.88%, BCA, BNI, Mandiri di 14%. Fluktuasi jelas, konon 2005 sendiri pernah suku KPR di 20%

4.2 Feature
Ada angsuran suka-sukanya BNI, ada extra paymentnya, ada asuransinya Bank Mega. Stop, komponen ini membingungkan. Jangan terlalu dipusingkan oleh komponen ini.

4.3 Reputasi Bank
Panin, NISP mungkin tidak seterkenal Niaga atau BTN (yang justru di segmen menengah massal). Kami belum sampai mendiskusikan kategori ini.

Any comment?
PS: Coba lihat perbandingan KPR Permata vs Niaga

About these ads

Written by priandoyo

Januari 10, 2007 at 2:55 am

Ditulis dalam Keuangan

192 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Yang penting diperhatikan:
    1. Lokasi
    Bagaimana akses untuk ke kantor, ke dokter, ke sekolah dll. Untuk apa rumah bagus, kompleksnya asri, tapi jauh dari mana2, berangkat sehabis sembahyang Subuh, dan sampai rumah jam 10 malam (banyak lho teman yang seperti ini, dan akhirnya rumah dikontrakkan, dia nyewa rumah kecil di Jakarta)

    2. Cek sertifikat kepemilikan tanah.
    Minta pengembang menunjukkan copy sertifikat tanahnya, apakah sudah berbentuk SHGB atau Hak Milik? Bagaimana proses jual belinya, apakah akan membayar angsuran ke pengembang atau Bank? Kalau membayar ke pengembang, hati-hati…..karena walaupun udah membayar, ternyata pengembang tak bisa membayar hutangnya pada Bank, maka tanah tsb tak bisa diambil sertifikatnya.
    Catatan: Saya dulu bayar uang muka ke pengembang, tapi kemudian langsung tanda tangan perjanjian kredit dengan BTN (saya percaya Bank ini, karena tahu persis laporan keuangannya per triwulan yang dipasang di media, dan bonafiditas di perumahan. Setelah krisis, Bank yang masih eksis tinggal BTN, yang lain baru saja bergerak di KPR), sehingga angsuran bulanan langsung ke BTN. Saat PK, saya baca satu per satu pasal perjanjiannya, dan 3 bulan kemudian saya cek lagi ke Bank, sertifikat rumah sudah atas nama saya, walaupun masih disimpan di Bank.

    3. Pilih Bank yang bonafid.
    Ini yang sulit,m terutama bagi orang awam. Kalau bank menawarkan suku bunga murah, pelajari betul apa seterusnya, seringnya hanya untuk tahun pertama. Bank Indonesia semakin ketat mengatur regulasi perbankan, Bank2 yang tak memenuhi standar API (Arsitektur Perbankan Indonesia) harus merger atau setor modal, agar minimal bisa menjadi bank regional. Bank Fokus? Cek lagi, apa bisa membiayai KPR? Perhatikan siapa pemilik Banknya, karena Bank swasta di Indonesia sebagian besar udah dimiliki oleh asing.

    4. Suku bunga.
    Jangan sepelekan masalah ini,tapi minta diperjelas…dan baca lagi nanti saat perjanjian kreditnya. Apakah suku bunga fixed sampai dengan lunas (membayar angsuran tetap), atau ada istilah reviewable? Karena suku bunga bisa aja merangkak di atas 20% (saat krisis ekonomi sampai 36%). Sebaiknya besar kredit maksimal 30% dari gaji, agar ada cussion atau bantalan jika terjadi sesuatu. Yang jelas Bank pasti minta diasuransikan, untuk menjamin jika terjadi suatu hambatan karena meninggal atau kecelakaan.

    Hmm..memang urusan rumah repot banget kok. Jadi mesti teliti sekali, agar tak terjebak pada hal-hal yang menimbulkan kesulitan dikemudian hari.

    edratna

    Januari 10, 2007 at 6:29 am

    • bu mau tanya, kalu seandainya aja ne, kwalitas rumah tidak sesuai, entah banyak yang bocor belum lama dipakai atau tembok mrembes dll, nasabah komplainya kemana? dalam isi perjanjiannya itu ada gak di bahas? soalnya saya dengar kalau nasabah hanya ada hubungan hukum dengan pihak bank. kalu benar apa mau bank mengurusi komplain dari nasabah? makasih

      happy

      April 20, 2010 at 8:10 am

  2. Yupp bener bu, saya setuju kalo pertimbangan nomor 1 adalah lokasi.
    Dan faktor ini juga yang bikin kita maju mundur terus, ga brani mutusin jadi ngambil yang mana. Berat banget menimbang2 faktor lokasi ini.
    Palagi sekarang kosnya dekeeeet banget ma kantor, serasa ngga rela meninggalkan kos setiabudi, hehehe:D istirahat aja bisa tidur siang bentar di kos:P
    Kalo di jakarta, emangnya masih ada rumah murah yang masih layak huni ya bu?? Di daerah mana ya bu?

    Misal bank pemberi KPR kita suatu hari nanti pailit sebelum selesai cicilan, sertifikat kita gimana nasibnya ya bu?

    nungQee

    Januari 10, 2007 at 8:51 am

  3. Justru itulah masalahnya, kenapa mesti memilih bank yang bonafid. Kebangkrutan bank,entah karena mismanajemen (Bank Summa), atau karena krisis moneter kemarin, memberi pengalaman berharga…jika kita udah mencicil, banknya bangkrut, masalah sertifikat jadi terkatung-katung. Sedangkan perbankan adalah “high regulated” dan selalu berubah peraturannya dan makin diperketat….jadi hati2 memilih Bank ya.

    Ngomong2 Nunung apakah akan bekerja? Jika bekerja, saran saya kontrak aja di Jakarta, dekat kantor atau minimal lokasi mudah dicapai dengan kendaraan umum. Tapi jika hanya Anjar yang bekerja, memang bisa memilih daerah yang agak diluar Jakarta, sepanjang perjalanan kekantor untuk suami mudah (tetap pertimbangkan naik kendaraan umum, karena dalam keadaan darurat, mobil/motor ditinggal dirumah….trauma kejadian tahun 1998 kemarin).

    edratna

    Januari 11, 2007 at 7:37 am

  4. wah, anjar terlalu pusing di teknis luarnya –> bank nya :D

    yg namanya bank commercial, yah suku bunga ngikutin pasar, paling buat menghindaribahaya, ya kita lihat bonafiditas bank dan suku bunganya floating atau flat.

    kalo masalah yakin dan gak yakin dengan rumah yg mau dipilih dan lokasinya, ini masalah sense dan perhitungan maa depan. tuh, ada perumahan baru, arah mampang ke pasar minggu [yg jalan buswaynya udah jelas]

    kalo perumahan belum jadi, tinggal lihat bonafiditas pengembang, sejarah tanah, sengketa tau tidak, jalur irigasi dan jalannya oke apa nggak, bangunan yg lagi dibikin meyakinkan atau tidak. kalo masalah penataan dan rehab rumah, jgn kawatir, bikin pagar aja udah 10 jt ke atas, bikin pragola 10-20 jt, bikin dapur 10 jt, bikin bak penampungan air, 5 juta hueheheheheh :D belum lagi bikin taman … :p

    papabonbon

    Januari 16, 2007 at 6:03 am

  5. ada yang tau kompleks perumahan murah daerah Jakarta Selatan? Atau Jakarta maupun daerah Depok.

    Rumahnya tipe yang kecil saja. Thx

    Tika

    Januari 17, 2007 at 10:20 am

  6. banyak sekali mba tika, browse aja kearah selatan. pengalaman saya gampang banget mendapatkan informasi rumah kalau kita terjun langsung ke lokasi :)

    priandoyo

    Februari 1, 2007 at 2:55 am

    • Pak anjar, atau rekan lain yang membaca….saya aga heran dengan appraisal bank. barang kalai ada advise dari pak anjar atau rekan yang pengalaman, saya minggu2 ini sedang mengurus KPR (pinjaman bank), kebetulan saya membeli rumah di area jakarta dekat pasar rabu , saya coba mengajukan ke bank swasta yg mana dia ngasi tawaran bunga cukup rendah di 2 tahun pertama (jika dibanding bank lain cukup rendah) , bank lain saya sudah dapat apprroval dgn harga rmh dan nilai pinajaman yg saya ajukan. kebetulan nilai plaform pinjaman saya 365 jt, kemudian saya tertarik mengajukan KPR di bank ini , (itung2 bunga lebih menarik dr bank yg satunya) hal yg membuat saya tercengang bank ini memberi nilai appraisal rmh saya seharga 240 jt, yg membuat saya terheran2 ..dan kecewa berat …saya udah mmbayar 350 rb uang appraisal, kenapa yg keluar appraisal segitu…kan jadinya ngga mungkin melakukan pinjaman , klopun diberi pinjaman kisaran 80 % dari 240 jt, padahal rmh lokasi dlm jkt, townhouse , LT/LB ; 113/156 m2 …saya masih bertanya dlm hti apa ada rmh baru dgn lokasi jkrta dan type bangunan sgitu dgn harga segitu,,,,kalau tahu dari awal kan gaperlu saya susah2 ngeluarin uang appraisal, dan kalaupan saya Gagal KPR mestinya tdk di point itu lah,,,,ada advise nggga kira2 kenapa koq seperti itu,,,?? sampai saat ini saya masih kecewa saja.

      albaihaqi

      April 16, 2010 at 7:29 am

      • memang,pak byk ditemukan hal2 seperti itu.appraisal menilai krn memang hrg pasaran tanah segitu dan spec bangunan dinilai segitu krn memang standarnya segitu.biasanya harga jual mahal karena penjual memang ngasih harga tinggi (mngkn lewat broker sehingga hrs ngasih fee atau biaya pecah sertifikat,pajak2 include),padahal hrg pasaran rumah itu biasanya sekitar hrg yg diberikan o/appraisal.minta turun aja pak harga rumahnya.kl biaya appraisal memang hrs dibayar baik diterima atau ditolak kreditnya

        melisa

        Juli 23, 2010 at 7:50 am

  7. mba Tika,
    murah itu relatip lho. menurut mbak tika murah bisa jadi mahal bagi kantong saya. tapi kalo di jakarta selatan rasanya sih sudah mahal semua ya’, kalo selatan jakarta rasanya masih ada yang murah. selatan jakarta meliputi pamulang,sawangan, serpong, cileduk dst. berikut ada beberapa yang menurut saya murah karena dikisaran 100an juta:
    nama perum,lokasi,lb/lt,harga,no telp
    puri serpong, pamulang,36/72,82jt,-
    pamulang estate,pamulang,36/90,120jt,-
    vila inti persada,pamulang,36/90,120jt,-
    bumi sawangan indah,sawangan,36/72,42jt,-
    taman melati,sawangan,36/72,80jt,-
    puri bintaro indah,cileduk,38/72,111jt,7667585
    duta bintaro,-,36/72,90jt,-

    * postingan ini tidak terkait dengan developer ataupun broker agen manapun. hanyalah ringkasan, karena setiap hari membaca baliho nya dijalan.

    Indra Riawan

    Februari 12, 2007 at 10:43 am

  8. Mas Indra: mas kalau dari listnya mas Indra ini, best choice-nya yang mana ya. kalau sekilas sih, puri bintaro indah sepertinya ok tuh. tapi ciledugnya gimana? kebanjiran ga

    priandoyo

    Februari 12, 2007 at 11:05 am

    • Puri bintaro indah, bukan di celedug, tapi Di jombang-Ciputat, 1 Km dr pasar jombang dAn staSiun Sudimara, 4 km darI polsek serpong, 2 km dari McD bintAro sektor 9,
      Saya baru 3 bulan tinggal di sini, aksesnya bagus, rumAhnya tdk mengecewakan.udaranya. Segar, irigasi lebAr.
      Saya KPR BTN 173 jt type 30/75.

      wicak

      November 2, 2011 at 6:33 pm

  9. Mas Pri, tips utk memilih KPR dari bank cukup bagus.. cuman sptnya masih ada yang belum sempat dibahas, antara lain :

    1. Masalah penalty, baik penalti krn tunggakan cicilan, maupun penalti krn pelunasan hutang baik sebagian maupun seluruhnya.
    2. After sales service lainnya, misal masalah kepengurusan dokumen, baik fotocopy, maupun dokumen asli pada saat KPR sudah lunas

    fajaradi

    Februari 12, 2007 at 12:27 pm

  10. Penalty:
    Bank Niaga: 3% tahun pertama, 1% tiap tahun berikutnya :( tidak direkomendasikan.
    Bank Permata: 3% tahun pertama, sisanya bebas
    Bank BNI: tidak ada penalti, malah ada feature extra payment

    After sales service:
    Belum bisa komen, tapi sepertinya tidak terlalu signifikan perbedaan antar bank. Memang ada CS tertentu yang menyebalkan, tapi lebih ke personalnya bukan pada banknya.

    Mas Fajar terimakasih masukannya

    priandoyo

    Februari 14, 2007 at 10:48 am

  11. Hati-hati dengan penawaran KPR Bank Niaga, banyak konsumennya merasa tertipu, baca ini :

    http://www.mediakonsumen.com/index.php?name=News&file=article&sid=227&theme=Printer

    nungqee

    Februari 16, 2007 at 9:08 am

  12. Kalo untuk bangun rumah sendiri (pake pemborong), bank mana yg siap dan ada bedanya nggak dgn KPR biasa ? Artikelnya bagus … thanks.

    feryindrawan

    Februari 20, 2007 at 1:52 am

  13. Beda KPR biasa dengan KPR bangun/renovasi rumah adalah di masalah desain & layout, Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

    Jadi untuk mengajukan KPR bangun/renovasi rumah, tiga hal tsb wajib dipenuhi, sehingga bank bisa menghitung berapa maksimal kredit yang bisa diberikan. Hitungan RAB ini kemudian akan dianalisa, kalo ngitungnya salah ya enggak bakalan di-acc.

    fajaradi

    Februari 20, 2007 at 2:59 am

  14. Mas Pri, after sales service menurut saya adalah yang utama.. jangan sampai KPR sudah lunas tapi dokumen susah keluarnya, bisa manyun dah kita.. gabung saja di milis Tabloid Rumah buat nyari informasi tentang masalah rumah.

    See you there..

    fajaradi

    Februari 20, 2007 at 3:02 am

  15. @ feryindrawan : sama aja, semua bank kayaknya menyediakan layanan KPR renovasi rumah. Sistemnya hampir sama. Nantinya bank juga akan melihat lokasi dan gambar rencana pembangunannya. Hati2 dengan IMB, biasanya bank agak ketat dengan yang satu ini. cicilannya bisa kita pilih jangka waktunya sesuai penilaian bank atas kemampuan finansial kita.

    salah satu contohnya : http://www.btn.co.id/produk.asp?intProductID=23

    nungqee24

    Februari 20, 2007 at 3:29 am

  16. Bagaimana proses perhitungan KPR dgn Bank Syariah? Ada syarat khusus untuk non muslim? trims sebelumnya. Iwan Mulyawan

    Iwan Mulyawan

    Februari 20, 2007 at 6:44 am

    • Bank Syariah Akadnya adalah membeli barang dan dicicil dengan cicilan yang tetap. Jadi tidak ada bunga, tapi cicilan tetap

      forex tips

      Maret 12, 2010 at 1:37 pm

    • yg membedakan dengan konven adalah akadnya,pak. kl di muamalat pake akad musyarakah syirkatul milk.perhitungannya pokok naik dan marginnya turun. jadi misalkan harga barang 1000 plus marjin jadinya 1500 kalo ada pelunasan dipercepat maka cuma bayar 1400 aja tanpa pinalty kl dimuamalat (kebetulan saya AO muamalat).kl untuk non muslim ga ada bedanya dengan muslim.kl memang perlu saran pengajuan kpr bisa menghubungi sy

      melisa

      Juli 23, 2010 at 7:55 am

      • halo mba melisa, salam kenal ya…
        kl saya akan mengajukan KPR sebesar 153jt, untuk ketentuan bank syariahnya bagaimana? lalu adakah biaya2 KPR pada saat akad seperti pada umumnya? tolong penjelasannya ya mba..
        makasi

        wulan

        Oktober 18, 2010 at 5:27 am

      • salam kenal mbak melisa, saya ingin ajukan KPR syariah lewat bank muamalat, harga rumahs Rp.417jt, bisa berikan simulasinya kalau DP 20%, berapa cicilan per bulan, dan biaya pertama kali disiapkan berapa, apa ada biaya surat2, bunga flat ada?
        kondisi keuangan saya: joint income
        tapi saya tdk punya NPWP tapi istri punya apa bisa?
        trims

        joseph

        Januari 6, 2011 at 7:23 am

      • Ass, wr.wb. saya berminat utk ambil kredit KPR utk rumah seken dijakarta, bs bantu utk informasinya? Wass. Wr Wb.

        Bian

        Juni 29, 2011 at 3:35 am

      • halo mbak melisa…saya PNS rencana mau KPR syariah…
        yang jadi patokan gaji pokok atau bisa termasuk tunjangan dan penghasilan lainnya…?
        terima kasih

        supri

        Oktober 11, 2011 at 9:59 am

      • mbak melisa, tolong infonya donk untuk KPR rumah seken. terima kasih…

        inonk

        Desember 29, 2011 at 3:43 pm

      • mbak melisa,bs mnta no tlpnya.klo dimuamalat bs ambil take over mbak????trims

        Berry Bieng Tommy

        Juni 27, 2014 at 7:44 pm

  17. bro, salam kenal…
    gw jg lagi nyari rumah skrg, pengennya gw ntar mo ngajuin kpr ke permata tp ga terlalu yakin bakalan disetujui, masalahnya kemaren aja pas apply buat credit card hasilnya ditolak…:-P, gw tau masalahnya rekening gw di permata saldonya ga pernah lebih dr 200 k doang, biasa keluar saku kanan simpen di saku kiri….
    ade tips ga biar apply kpr-nya bs mulus….
    thx

    dono

    Maret 1, 2007 at 8:51 am

    • mungkin BI checkingnya jelek.kl memang msh ada urusan dg credit card cepet diselesaikan aja pak, biar reportnya bgs

      melisa

      Juli 23, 2010 at 10:58 am

  18. Kmarin sy baru akad kredit KPR BNI dgn bunga 12.6% efektif.

    Lamsidjan

    Maret 1, 2007 at 8:55 am

  19. salam kenal semua ..
    masukan , kebetulan lagi liat2.
    bca lagi ada promo hut bca . bunga kpr nya bisa 9.9 % fix 50 bulan
    tapi selama bulan maret.

    http://www.klikbca.com/individual/silver/news.html?p=1177

    Suvanno

    Maret 1, 2007 at 1:42 pm

  20. mas dono: Sebenarnya kaya jualan mas, yang butuh sebenarnya kan orang bank. Kita pinter2 aja jual profil diri kita, yakinkan pihak bank kalau kita tuh bisa mbayar, dan kalau banknya ga pake kita dia rugi. Trik-trik orang dagang lah kurang lebih.

    Terus satu lagi, mungkin ada baiknya nyoba KPR-nya paralel, paling engga 2 atau 3 bank dalam waktu bersamaan. Biar perbandingan bunga dll dkknya bisa pas.

    mas lamsidjan: selamat mas, kecenderungannya sekarang bunga memang turun. mas per kapan? niaga maret ini sudah 11%, permata masih 12%, bca yang promo kasih 9.9% :) memang agak sedih sih lihat kecenderungan yang turun ini. tapi kalau memang niat beli rumah jangan terlalu patokan sama bunga, bisa-bisa mumet sendiri.

    mas suvannobetul mas, ini saya posting juga reviewnya, barangkali mau komen

    http://priandoyo.wordpress.com/2007/02/20/review-program-bunga-kpr-bca-99-pa-fixed-50-bulan/

    priandoyo

    Maret 2, 2007 at 1:26 am

    • Minta tlg masukannya nih mas Priandoyo, skg saya sedang jalanin KPR rumah di daerah Daan Mogot Arcadia dgn memakai 1 bank saja yaitu bank Index Selindo selama 10 thn. Mnrt bpk, apakah bank tersebut sudah lama berdiri dan kuat ngk ya? Terutama disaat krisis moneter thn 1998, bgmn kondisi bank tsb?? Krn di Daan Mogot Arcadia, hanya pakai 1 bank saja, yaitu bank Index. Trima ksh atas bantuannya…

      Yenna

      Juli 1, 2010 at 9:05 am

  21. makasih banyak buat infonya, bro….

    dono

    Maret 2, 2007 at 1:37 am

  22. Bijaksana-lah dalam mengambil KPR.. meski akhir-akhir ini BI rate turun dan tentunya suku bunga KPR juga ikutan turun. Beberapa pengamat ekonomi (termasuk George Soros) memprediksikan resesi ekonomi di AS akan terjadi tahun 2007 ini (sekitar kuartal 2). Resesi ekonomi di AS ini mau tidak mau akan berimbas juga ke ekonomi Indonesia.

    Jadi kalo mau aman, kembali lagi pertimbangkan KPR syariah..

    fajaradi

    Maret 2, 2007 at 4:41 am

  23. kalo informasi yang pernah saya dengar bank niaga punya produk KPR yang namanya KPR “cicilan tetap” sampai dengan jangka waktu 15 tahun jadi cicilan akan tetap terus walaupun suku bunga naik tetapi berpangaruh pada tenor / jangka waktunya. jadi kalau suku bunga naik maka secara otomatis tambahan dari cicilan tersebut akan terakumulasi pada akhir periode pinjaman dari 15 tahun bisa jadi 16 tahun tapi kalau bunga turun bisa jadi ga sampai 15 tahun…
    so,,, coba konfirmasi aja ke bank niaga terdekat…

    adrian

    Maret 3, 2007 at 7:34 am

  24. Betul mas, sebenarnya itu bukan ‘cicilan tetap’ tapi perpanjangan masa tenor saja, jumlah yang dibayarkan tetap sama. Kalau setahu saya sih, semua bank punya fitur seperti itu :)

    kembali, dalil awalnya, semua itu bisa dinegoisasikan, tinggal bank (account officer) mana yang paling fleksibel dan bener2 memberi commitment untuk bantu kita.

    priandoyo

    Maret 5, 2007 at 1:13 am

  25. mohon bantuan untuk kpr bank yang bunganya rendah, aku mau beli rumah seharga 200 juta, tapi aku hanya punya uang 130 juta. kira2 bank mana ya yang baik. sisa kekurangan aku mau kpr monohn informasi dan bantuan nya dong

    ade riyanthi

    Maret 6, 2007 at 4:35 am

  26. Bunga KPR sebenarnya beda-beda tipis, biasalah kompetisi :) coba diexplore dari yang paling deket rumah aja dulu, terus baru compare ke yang lain. Soalnya perlu beberapa kali bolak-balik kan. Dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk permulaan bisa dari Niaga, Permata atau Panin.

    Kalau punya 130 juta dah lebih dari cukup, kalau mau beli rumah seharga 200 juta sebenarnya cuman punya 40 juta aja dah cukup (teorinya 20% untuk DP) kok mba.

    priandoyo

    Maret 6, 2007 at 10:56 am

  27. Selamat, karena Blog yang sangat mendidik dan sangat membantu.

    Mas Anjar, saya mau tanya nih, saya sudah ikut KPR Mandiri, tapi bunganya kok masih tinggi ya, padahal per Maret 2007, BI Rate sudah berkisar 9-9.25%. Jadi saya mulai berfikir ingin pindah ke KPR Bank lainnya.
    Gimana cara pindah ke KPR lain dan saya ingin menanyakan preferensi KPR mana yang paling baik menurut Mas Anjar.

    Terima Kasih

    Agung Indrajit

    Maret 13, 2007 at 11:15 am

  28. Mas Pri, saya bingung nih, khan mau ambil KPR dari salah satu abnk, masalahnya rumah yg akan saya beli ini adalah rumah yang diberikan kepada salah satu departmen pemerintahn yg sudah menjadi hak milik, apa pihak bank akan menolak permohonan kredit saya apabila dalam pembiayaan bank tersebut melihat surat2 rumah atas nama seseorang yg dibeli dari depatment tersebut. mhn penjelasanya mas pri.
    tx.

    Didin Herdiana

    Maret 14, 2007 at 2:07 am

  29. Halo mas Pri, saya mo nanya, kita ada rencana mo ngambil rumah di Daan Mogot Arcadia. Cuma KPR nya musti di bank Index Selindo. Wah, bank apaan tuh? Begitulah pikiran yang muncul di benak kami pertama kali mendengarnya. Kata si marketing sih bank ini dah kuat, satu grup dengan jarum dan honda, dan bla… bla… bla… Nah, saya boleh minta informasinya gak mengenai bank ini, dan reputasinya gimana?
    Yang kita khawatirkan cuma satu kalo bank nya ada masalah, gimana nasib surat2 rumah kita?
    Tolong dibantu yah….thanks.
    PS: Oh ya sekalian bisa dibahas sedikit mengenai perumahan di Daan Mogot Arcadia? Boleh diulas dari berbagai sisi, kelebihan maupun kekurangannya. Ok mas, thanks banget sebelumnya.

    callysta

    Maret 15, 2007 at 7:44 am

  30. @ callysta:
    wahahaha… sama kaya kita dulu pas ke daan mogot arcadia, dikasih tau bank index, “bank apa pak? index?” :D sampe mengulang2 pertanyaan gitu, jangan2 kita salah denger.
    Tapi si marketingnya juga menawarkan pemilihan bank KPR terserah kita cuman setelah satu tahun. Nah kita juga kurang jelas tuh waktu itu. Tapi kalo kurang pede dengan bank index, minta aja, agar pengurusan KPR diserahkan ke kita semua.

    Tapi ati2 loh ya, daan mogot banjir, akses fasilitas terdekatnya cuman ke kalideres :P

    nungqee24

    Maret 16, 2007 at 12:52 am

  31. Kapan-kapan kita ulas deh, siapa tahu ada rekan-rekan lain yang tahu. Kalau mengenai Bank Index Selindo, memang Daan Mogot Arcadia memilih bank ini karena ownernya punya saham disana. Ya ada keterikatan lah, yang menurut si Daan Mogot Arcadia ini memang gampang pakai Bank Index. Sama seperti kasusnya Kota/Legenda Wisata yang under Sinar Mas Group (Duta Pertiwi) otomatis bank referensinya BII.

    Tapi untuk kasus Mba Callysta, saya pikir ga ada masalah kalau mbak kurang nyaman dengan Bank Indexnya, bisa juga dioper ke Bank lain seperti BCA atau bank lain, marketingnya pastinya bilang demikian kan. Contoh perumahan lain yang developernya kerjasama (baca: minjem uangnya) sama Bank Niaga, tentu dia akan lebih prefer dengan Niaga, walaupun diconvert ke bank lain juga bisa.

    Moga-moga dapet yang terbaik deh mba, apalagi kalau masih dilevel marketing, perlu nego lebih kenceng, siapa tahu ada alternatif offering yang kita lum tahu -atau disembunyiin untuk specific customer-

    priandoyo

    Maret 16, 2007 at 12:49 pm

  32. Mas Didin, kalau sudah menjadi hak milik harusnya tidak ada masalah rumah itu proses mendapatkannya dari mana. Mas Didin tidak perlu bingung, apalagi kalau lewat KPR, bagian legal bank yang sudah sangat berpengalaman itu gak akan mau rugi juga misalnya ada surat-surat yang bermasalah.

    Mungkin yang agak repot kalau dibeli dengan cash, kita perlu cross check sama notaris/advokat tentang surat menyuratnya

    Akhirnya mas, terutama masalah legal ini kan masalah ‘logika’, gampangnya pinter2an legal si bank-nya aja, kalau legalnya berani memproses ya bisa, tapi kalau legalnya ‘kurang berani’ ya ga keproses juga.

    Saran saya sih, tenang aja, coba disatu bank dulu, kalau ternyata dibank X ini problem, coba dibank lain. Siapa tahu ada solusi. Jangan dulu menyerah deh, yang butuh kan bank-nya juga. Dia kan cari makan dari duit kita :D hehehe

    Sukses yak

    priandoyo

    Maret 16, 2007 at 1:06 pm

  33. salam kenal, mas saya mo tanya, kami ada rencana mo beli rumah harga sekitar 350 jt di daerah depok, tapi sekarang kami punya dana sekitar 250jt, jadi kekuranganya sekitar 100 jt kami mau kpr di BNI, dengan jangka waktu cicilan selama satu tahun, krn kami belum pernah melakukan kpr, lama ga sih ngurus u/kpr rumah? dan kami punya rumah juga di depok harga sekitar 200 jt, apakah bisa jg buat jaminan kpr? dan untuk jangka setahun kira berapa kena bunga. trim’s

    mba ika

    Maret 17, 2007 at 6:54 pm

  34. Salam kenal,

    Langsung aja yah, saya ingin sekali beli rumah secara KPR, Type 21-36 di daerah bekasi atau pinggiran jakarta yang angsurannnya dibawah sejuta. Rekan-rekan ada info tidak, nama,alamat,atau no tlp developernya.
    thanks semua

    wibowo

    Maret 20, 2007 at 8:23 am

  35. mas wibowo: Kenapa harus bekasi? kenapa ga coba alternatif lain di depok, tanggerang atau cibubur. saya kira untuk angsuran dibawah 1 juta perbulan masih banyak alternatif.

    Saran saya coba dateng dipameran properti saja, untuk 2007 ini listnya:

    http://priandoyo.wordpress.com/2007/01/26/pameran-properti-2007/

    Saya kurang menyarankan berhubungan lewat telepon, disamping telepon adalah privacy, informasi lewat telpon tidak jelas. Lebih baik langsung datang ke lokasi

    priandoyo

    Maret 20, 2007 at 9:10 am

  36. Mbak ika : Kok sayang ya rasanya kalau harus lewat KPR standar, dengan pinjaman 100 juta, termin 1 tahun, bunga 14% misalnya, sudah 9 juta-an perbulan. Saran saya coba ke Bank terdekat coba konsultasi alternatif financing dari bank tersebut seperti apa untuk kebutuhan pendanaan ibu.

    Jaminan KPR
    Kalau kita KPR, sebenarnya yang dijaminkan adalah rumah tersebut. Jadi kalau Mbak punya rumah bisa sebagai data pendukung untuk analisa kreditnya saja. Kecuali pinjaman untuk usaha, kegiatan konsumtif lain memang perlu jaminan

    Lama proses KPR
    3-5 hari yang sering diiklankan bank itu biasanya untuk rumah dari developer, kalau rumah second biasanya kisarannya lebih lama bisa 14-21 hari. Tapi again tergantung proses juga berjalannya gimana, bisa jadi AOnya lelet, bisa jadi sangat cepet

    priandoyo

    Maret 20, 2007 at 9:16 am

  37. Dengan Nova di Medan Salam Kenal Pak. Saya adalah seorang pemuda yang baru saja menikah. saya bekerja sebagai PNS. nah saya mau tanya, Apakah Prog. Griyatur Suka2 pada BNI itu sama dengan KPR? disamping itu saya mau tanya disitu Prog. Griyatur menawarkan bunga 14% pa apakah itu sudah dapat dikategorikan menengah atau bawah tingkat bunga nya? menurut Bapak seorang PNS mampu dengan beban ini ?

    Nova Mahendra

    Maret 20, 2007 at 12:13 pm

  38. mas pri trims infonya, kebetulan aku buta banget dengan urusan bank di jakarta apa lagi masalah pinjam meminjam uang…lagi pula emang takut (takut ga bisa bayar he..he), kami masih tinggal di luar(dinas di luar negeri), sebelum berangkat dinas aku sempat nafsir satu komplek perumahan karena sering ngantar anak berenang (komp. gema pesona depok), dan sekarang kami punya rumah di kota kembang depok, kalo ga kepepet kami ga mau jual rumah petama kami ini (buat klo sdh tua nanti kalo dikasih umur panjang amin….) karena lingkungannya enak, air tanahnya bagus, debunya juga ga banyak karena jauh kali yaa….) kebetulan kami beli dulu rumah second(langsung ke pemilik) dengan cara cash, surat2 lengkap jadi kami ga kena masalah (walaupun daksa/pengembang bermasalah), tapi masalahnya sekarang rumah jauh dari sekolah2 yang berkualitas, kalo sekolah biasa sih.. banyak makanya kami berniat membeli rumah lagi, dan kalo nunggu kami selesai dinas harganya juga mungkin sudah selangit mas…, dulu tahun 2005 harga masih 250 juta kurang 2 tahun sudah naik antara 350-450 juta(rumah second) kalo yang baru sudah 500 jutaan, ini juga sebetulnya harga rumah yang kami suka belum final, karena yang punya masih bertahan 375 juta… tapi kita berharap aja mudah2an nanti dikasih 350 juta(kalo rezeki kan ga kemana.he..he..) makanya kami berniat kpr…, tapi setelah ada info dari mas pri…jadi pikir2 lagi nih…,
    O,ya mas pri tau gak ya…jenisk pinjaman yang bunganya murah di bank BNI selain jenis KPR ..?karena suami sekarang lg dinas 2 minggu di jakarta cuma karena sibuk kerja ga punya waktu banyak u/ tanya2 ke bank, tapi kami pengen di BNI karena kami punya account di sini jadi mungkin bisa jadi refrensi juga, kemaren suami sempat bilang ktnya kalo pinjam 100 juta u/ jangka pembayaran satu tahun bunganya sekitar 7 jutaan (ktnya sih kayak kpr) memang ada pinjaman bank seperti itu mas pri….kog…bunganya sedikit sekitar 7 juta setahun…?
    trims
    o, ya kalo ada rekan2 yang tau/ tinggal di perumahan gema pesona depok tolong kasih tau dong…harga rumah untuk tanah 125 m bangunan 100 m betul ga sekitar 375 juta , mana tau ada yg bisa kasih info..lebih murah dan tolong juga apa kekurangan komplek tersebut… karena setahuku katanya pengembangnya sama dengan pesona kayangan.

    mba ika

    Maret 20, 2007 at 1:53 pm

  39. Toloang Bantu Dapatkan nama2 pengembang perumahan daerah depok untuk kelas menengah ke bawah di tunggu………. thx

    KIA

    Maret 21, 2007 at 5:19 am

  40. Mas saya butuh pendapat nih. saya tertarik membeli kontrakan 4 kamar dengan harga sekitar 100jt.rencana saya mau beli rumah tersebut dengan kredit bank,tp saya bingung mau ambil di mana.apalagi masa kerja saya belum sampai 2thn,dan persyaratan bank biasanya 2thn minimal.dan apabila gaji+uang hasil kontrakan di gabung,bisa untuk membayar angsurannya.tp kalau hanya gaji bersih,kemarin saya ajukan kartu kredit saja di tolak.
    apakan ada saran bagaimana saya bisa mengajukan kredit ke bank?
    terima kasih.

    Rian Anggoro

    Maret 21, 2007 at 7:46 am

  41. Mas Nova dan Mas Rian, intinya seperti sudah saya sharing diatas, ALL THINGS NEGOTIABLE, semua hal bisa dinegosiasikan. Teori-teori cicilan 1/3 gaji, masa kerja > 2 tahun, karyawan tetap pun bisa dikomunikasikan dengan pihak bank. Pihak bank (account officer) yang memproses aplikasi anda pun akan melihat bagaimana sih niatan anda untuk KPR, kalau kita sendiri ragu bisa nyicil atau engga apalagi pihak bank.

    Mba Ika wah kalau seperti ilustrasi mbak diatas, dengan ratenya berarti sekitar 7% per tahun. Hmm dibawah SBI dong? kurang tahu persis mba gimananya. Mungkin ada yang bisa sharing untuk short term loan seperti ini gimana penjelasannya

    priandoyo

    Maret 21, 2007 at 11:05 am

  42. to : Kia
    di depok agak susah ya cari rumah menengah ke bawah, apalagi karena banjir kemarin harga rumah jadi naik, tapi ini mungkin bisa bantu, kebetulan kami jg punya rumah di depok.
    1. studio alam depok
    2. kemang swatama
    3. bojong depok/dekat bogor

    atau coba kia jalan-jalan ke depok, di depok timur itu banyak perumahan baru, terutama di dekat cilodong ada yang satu group dengan perumahan jatijajar waktu lagi bangun dekat studio alam.

    mba ika

    Maret 21, 2007 at 11:34 am

  43. mbak ika, kebetulan temenku tinggal di gema pesona dan rencananya mau nyusul suaminya akhir juni ini bertugas di luar negeri. kalau berminat nanti tak tanyain apa dia mau jual rumahnya. luas tanah 145 m2 dan bangunan 115 m2 kalo gak salah

    Ike

    April 6, 2007 at 1:35 pm

  44. Mas Pri,
    di jakarta housing expo ada beberapa real estate dari kawasan binjay harganya sekitar 300-400an sih masih dari jayapropertyjuga , kira menurut pendapat mas sebagai sesama binjay gimana prospeknya. Kebetulan brosurnya ada dirumah nih ndak apal. Terus bisa dikasih semacam flow untuk proses pengajuan KPR dari sisi kita saja. dan antara satu fase ke fase lain berapa lama juga tuh prosesnya. Trims loh

    hamdisy

    April 10, 2007 at 7:01 am

  45. Dear Mas Pri,
    Seru juga baca forumnya…
    Aku juga punya problem yang mirip dengan rekan2 sebelumnya, aku lagi mau kredit rmh, kira2 mana yang lebih bagus prospeknya? daerah Gading Serpong atau Cibubur (Citra Grand)? Lebih baik beli rumah yang masih benar2 baru bangun (langsung dari developer) ato lebih baik beli rmh second? Mungkin ada Mas Pri ato rekan2 yang lain bisa kasih input, plus minus nya Gading Serpong (developer nya Summarecon) dan Cibubur (developer nya Ciputra Group).
    Trima Kasih ya sebelumnya atas saran dan inputnya

    firly

    April 10, 2007 at 12:12 pm

  46. Dibahas disini ya mba firly
    Studi kasus Summarecon vs Ciputra

    priandoyo

    April 11, 2007 at 6:00 am

  47. Selamat pagi Mas Pri,
    Masih seputaran suku bunga kpr, mas mo nanya setiap bank pemberi kredit kok belum terlihat secara pasti menentukan berapa nilai suku bunga kpr yang wajar untuk tahun ke 2 atau dst. Mas Pri kalo penentuaan aturan Nilai suku bunga ini apakah sudah ada regulasi yang tepat dan pasti dari pemerintah. Kalo deposito khan sudah ada ketentuannya berapa yang dijamin oleh pemerintah. Jadi informasi suku bunga deposito sudah transparan dan telah dipublikasi setiap hari di banyak media masa/ koran. Tapi berbeda dengan KPR, sepertinya nilai suku bunga kpr untuk tahun ke 2 dst. masih merupakan sisi gelap dan penentuaanya adalah berdasarkan kebaikan hati para pemberi kredit/bank dan menjadikan beban yang mengerikan bagi pengambil kredit.

    Berapa prosenkah yang harus “dibayarkan secara fair” ke bank pemberi kredit apabila rate SBI di 9%, ada beberapa bank bilang 3% hingga 5 % atau mungkin lebih. Mas Pri bisakah hal ini di bahas karena hal inilah yang kita benar benar kita pertimbangkan dan merasakan angsuran akan kpr kita. Kalo pre award hingga award stage semua marketing bank sepertinya menawarkan yang manis manis. After award ato after sales service ini kita bisa dibuat bulan bulanan menghadapai nilai angsuran.

    Wass, hgg

    honggo

    April 12, 2007 at 2:12 am

  48. Mas Pri, kalau KPR Bumiputera gimana?
    Kan sekarang mereka ada pogram KPR 125, yang katanya bisa membiayai sampai dengan 125% dari nilai rumah.
    Tks ya

    Ratna

    April 17, 2007 at 6:27 am

  49. mas Pri,

    salam kenal, tulisannya menarik, mohon ijin saya link ya..
    thanks
    Widi
    http://www.serpong.org
    …a directory of wonderful things

    Widi

    April 17, 2007 at 1:54 pm

  50. [...] Setelah anda cocok, jika rumah yang anda incar itu berada di kawasan pengembang ternama di Serpong maka anda ”tinggal memilih” bank untuk mengajukan KPR. Untuk perbandingan memilih KPR anda dapat menelusurinya di website resmi bank tersebut atau anda dapat memulainya dengan mengklik disini [...]

  51. Salam Kenal Mas Pri,
    Mana yang lebih baik KPR BNI atau KPR Mandiri ? Soalnya via BNI kayaknya gak banyak-banyak nanya, tapi kalo via Mandiri kok ada proses verifikasi dan survei ke tempat tinggal sekarang dan ditanyai macem-macem kayak mo ngajuin KTA aja
    Makasih yaa

    Darcy

    Mei 31, 2007 at 8:57 am

  52. sore,

    Saya rencananya akan mengambil KPR Niaga. Rumah yang saya ambil adalah rumah baru dari developer. masalahnya, masa kerja saya di PT yang lama 6 bulan, dan di PT yang baru, 10 bulan, namun status sudah karyawan tetap. Selain itu, sampai bulan lalu, saya selalu menabung di rekening calon suami, sehingga rekening saya selalu hanya untuk biaya sehari2 saja…200rban sisanya. Namun sejak berencana KPR atas nama say, sejak 1 bulan lalu, saya memindahkan sekitar 10 juta ke rekening saya (untuk biaya KPR). sehingga masalah terbesar yang buat saya takut ga diapproved adalah , 2 bulan terakhir rekening saya jelek, dan 1 bulan terakhir, rekening saya OK. dan masalah masa kerja yang kurang dari 2 tahun itu. (Kalau di total 6bulan+10 bulan = 16 bulan) Kira2 kemungkinan diapproved besar ga ya? karena saya udah bayar DP ke developer. Selain itu apa ada tips menjawab pertanyaan bank? misalnya jika menanyakan masalah masa kerja dan masalah rekening. Karena di surat keterangannya di pt lama 6 bulan dan pt baru 10 bulan. namun status sudah tetap. Terima kasih ya.

    Nina

    Agustus 24, 2007 at 10:55 am

  53. Salam kepada rekan2 semuanya,

    Ada yang ingin saya tanyakan nih…
    Saya sekarang ini meminjam uang kepada teman untuk membeli rumah, jika saya ingin membayar lunas pinjaman dari teman saya tersebut apakah bisa memakai fasilitas KPR dari bank? jika bisa apakah termasuk kedalam KPR pembelian rumah atau renovasi ya?

    Terimakasih atas jawabannya.

    Andri

    September 5, 2007 at 4:34 am

  54. dibaca ya…

    meila

    September 10, 2007 at 6:12 am

  55. Salam untuk teman2 semua…

    Ada yang mau saya tanyakan kepada rekan2…
    saya ada rencana untuk pengambilan KPR di daerah Bekasi timur..dengan harga rumah 370 jt..dan saya cuma ada dana untuk DP sebesar 70 jt..
    yang ingin saya tanyakan..bagaimana cara yang jitu untuk menentukan bank mana yang akan saya pilih..
    ada beberapa bank yang menawarkan bunga flat tapi cuma 1 tahun..seterusnya ikut bunga floating…apakah di tahun seterusnya bank bank bisa seenaknya sendiri untuk menaikkan suka bunga KPR nya??
    terima kasih…

    M Amirudin

    September 12, 2007 at 2:17 am

  56. Mas pri ato rekan2 yg lain sy mo minta input donk.Pny rencana bl rmh scr krdt di VILLA CIBUBUR 2 devlp nya subentra, dgn hrg jual Rp 122 jt.bank nya niaga n bni syariah, tlg ksh input bank mana yg hrs sy pilih ? Bgm dg kredibilhtas subentra nya ?Thx.

    @lfa

    September 12, 2007 at 4:10 am

  57. Mas Pri..saya sdh mengambil kpr niaga dr jan 2007 dg bunga 13% dan cicilan 1.2 perbulan.stllh baca2 di forum ini ttg bank niaga saya jd takut jg utk kenaikan suku bunga di th 2 dst..
    mas..yang saya tanyakan bisa ga ya jangka waktu kpr saya dipercepat..dr niaga dikasih 20 thn..maksudnya saya mau minta di persingkat misal jd 15 tahun..
    terimakasih atas jwbnya

    aurel

    September 13, 2007 at 8:38 am

  58. Salam kenal untuk semua,

    Wah terima kasih Mas Pri dan teman-teman, kami banyak mendapat info yang berguna dari website ini :)

    Mau minta informasi dong…
    Saat ini kami juga sedang mencari rumah di daerah Depok. Salah satu kandidat yang kami minati adalah Kemang Swatama Depok yang berlokasi di daerah studio alam Depok.

    Nah, kebetulan sewaktu kami meninjau kesana dan bertemu dengan salespersonnya, kami ditawarkan banyak keringanan seperti diskon harga jual yang cukup banyak, hingga di atas 50 juta dari harga awalnya. Dan kami juga ditawari untuk mencicil selisih antara plafon KPR dengan harga rumah setelah DP.

    Penawaran ini sangat menarik, namun di sisi lain kami juga ingin tahu apakah penawaran yang kami dapat tersebut itu wajar ataukah ada sesuatu.

    Apakah ada rekan-rekan yang punya pengalaman baik maupun buruk membeli rumah di Kemang Swatama?

    Terima kasih

    kadek

    Oktober 16, 2007 at 8:24 am

  59. Wah u mas/mba @lfa kebetulan sy juga ngambil di Villa Cibubur 2. Klo Mas/mba jadi kemungkinan kita tetanggaan dong…:). Klo sy memang belum akad kredit, tp kepastian KPR sudah keluar. Sy pakai BTN. Meskipun cenderung lebih tinggi suku bunganya, tp setelah sy survey sana-sini lebih stabil kenaikan or penurunannya. Untuk Niaga, Sy sama sekali ga menganjurkan. Malahan klo ada BNI Syariah Sy mau deh. Selain suku bunganya lebih rendah, flat lagi. Sebelum Sy mengajukan KPR ke BTN, Sy mencoba u mengajukan ke BNI Syariah.Tp ya ampun…kayaknya mereka itu ga mau punya customer atau gimana gitu..malah Sy yg terus2an tanya dan menanyakan kapan kira2 aplikasi mau diambil (Aplikasi sy titipkan di Subentra land).Yasudah..karena mendesak, akhirnya sy mengajukan ke BTN.Tp tiba2 marketing Niaga telpon Sy.Dan keliatannya mendesak sekali spy sy sgra melengkapi persyaratan KPR. Sy bingung krn sy tdk pernah mengajukan KPR ke Niaga. Tyt, di Subentra Land mengirimkan aplikasi Sy ke Niaga.Akhirnya Sy mengajukan 2 aplikasi.Tp yg tembus dan ada kepastian hanya BTN.Dan untuk Niaga,nonsens.Gencar di awal..tp sampai skrg sy tdk ada kepastian apakah KPR Sy sudah diapprove atau blm.Sampai skrg pihak marketingnya jg tdk pernah menghubungi Sy lagi. Sy malas u menanyakan juga krn Sy memang tdk ada niat d awal u pake Niaga krn takut dengan nilai suku bunga d iaga yg terkenal melonjak tajam di thn kedua.Demikian, semoga sedikit memberikan pencerahan.

    mama_wife

    November 5, 2007 at 9:20 am

  60. Saya lagi mengajukan KPR ke 3 bank sekaligus, Panin, Permata dan BTN, masing2 punya kelebihannya. Panin floating rate 9.9%, penalti nya 2% untuk pembayaran dipercepat, sedangkan Permata bulan Oct Nov 2007 lagi ada flat rate 9.9% untuk tenor 3 thn, penalti sama 2%, sedangkan BTN jg ada KPR flat rate untuk jangka waktu 5 thn dengan bunga 10.9%, penalti 1%. Jadi overall kalo mau safe, saya sih berharap BTN diapproved, tp kalo gak diapproved at least Permata or Panin are fine jg. Mudah2an info ini membantu yang lagi cari bank untuk KPR.

    Salam

    Lora

    November 6, 2007 at 7:32 am

  61. Additional information aja nih,

    Marketing officer dari BTN cukup ramah dan professional. Baru kemarin saya telp, hari ini sudah datang ke kantor untuk collect dokumen dan interview kecil, tidak ribet dan cukup membantu.

    Website ini sangat berguna dan membantu para awam mengenai KPR. Bravo

    Lora

    November 6, 2007 at 7:40 am

  62. Pengalaman saya saat mengajukan KPR di BTN dan BNi Syariah :
    1. BTN
    – Marketing officer dari BTN cukup ramah dan professional –> betul sekali :)
    – IMB harus ada, saya coba mengajukan dengan melampirkan “surat ijin pengajuan pembuatan IMB” / resi tetap tidak diterima, padahal pembuatan IMB butuh waktu 1 bulan ( bisa-bisa penjual rumahnya marah2 tuh krn ga segera dibayar he he atau malah gak jadi jual rumahnya ke kita)

    2. BNI Syariah
    – Marketing officer nya biasa-biasa aja pelayanannya, kadang penjelasannya kurang
    – IMB fleksibel !! bisa menyusul he he… akhirnya saya lebih memilih BNI Syariah, insyaallah minggu depan udah akad.

    Perbandingan cicilan per 20 november 2007 :
    Harga pengajuan : 350 juta selama 15 tahun

    BTN:
    Option 1 : Fix 5 th pertama bunga 10,9% dgn cicilan Rp 4 juta 50rb, 10 tahun berikutnya bunga floating 10,7% dgn cicilan 4 juta >>> nilai rumah menjadi Rp. 723 juta

    Option 2 : Floating 10,7% dgn cicilan 4 juta

    BNI Syariah :
    Fix 15 tahun bunga 9% dgn cicilan 4,5 juta per bulan >>> nilai rumah menjadi Rp 810 juta

    Pertimbangan saya mengapa memilih BNI Syariah :
    1. IMB flexibel, proses cepat
    2. Kalo dihitung, maka nilai rumah yg 810 juta itu akan seimbang dengan BTN option 1 fix 5 th bunga 10,9% + floating 10 th bunga 14% >>>> nilai rumah menjadi 813 juta
    Disini saya mengasumsikan tahun-tahun yg akan datang kondisi BI rate akan naik lagi seperti th 2005-2006, krn dunia ini udah tua he he… bakalan banyak gonjang ganjing deh kayaknya, ya pemanasan global, bencana, nuklir, lihat aja harga minyak udah USD98 per barel (padahal dulu sekitar USD55-65), Cina merencanakan utk konversi $ ke europe, dll
    ( Info: BI rate sekarang 8,25% dan biasanya bunga KPR konvensional lebih tinggi 2,5 – 4%)

    Dari pengalaman rekan2 yg pernah ambil KPR konvensional th 2005-2006, mereka pernah mengalami bunga 18%!!, kalo itu terjadi pada saya, maka cicilan bisa bengkak ke 5.750.000 per bulan… :(

    Anggap saja BI rate mau turun… turunnya sampe berapa?? Paling2 turun ke 7% mentok….. tapi kalo malah naik gimana? Dari history tahun2 yg lalu BI rate bisa naik ke 12,5% (www.tempointeractive.com/hg/ekbis/2006/06/07/brk,20060607-78519,uk.html )

    Atau coba lihat history BI rate di sini: http://www.bi.go.id/web/en/Indikator+Moneter+dan+Perbankan/birate/

    Demikian sekilas sharing dari saya, dan saya jadi teringat rumah eyang yg diKPR BTNkan 20 tahun yang lalu, saat cicilan Rp 20.000,- per bulan terasa beraaaaat sekali… tapi tahun 2006 eyang sudah melunasi rumahnya sambil ketawa ketiwi he ha he. Lha wong nyicil rumah kok seharga piza HUT personal cheese deluxe… cuman 20 rebu

    user

    November 21, 2007 at 3:50 pm

  63. tambahan nih:

    Ini tentang cicilan eyang yg 20 ribu per bulan x 20 tahun akan menghasilkan harga rumah sekitar 5 juta-an

    Tebak berapakah harga rumah eyang sekarang? jangan heran krn sekarang rumah eyang menjadi Rp. 150.000.000,-

    Mengapa? krn perkembangan perumahan yang pesat, sehingga banyak sekolah, supermarket, kantor cabang bank, dll di sekitar rumah eyang sehingga harga membumbung tinggi.

    Berarti kalo mau dihitung pake cara simple, eyang sudah menabung uang 5 juta selama 20 tahun, dengan bunga 100% per tahun :))… anggap aja sisa yg 50 juta utk biaya renovasi

    user

    November 21, 2007 at 4:04 pm

  64. http://goliath.ecnext.com/coms2/gi_0199-5565860/Interest-rates-on-housing-credit.html

    Publication: Indonesian Commercial Newsletter
    Publication Date: 01-APR-06
    Delivery: Immediate Online Access
    Author:

    Article Excerpt
    The high increase in oil fuel prices in October, 2005 and falling value of the rupiah to the level of 10,000 per U.S. dollar forced Bank Indonesia (BI) to raise its benchmark interest rate (BI rate) from 10% in September to 11% in October, 2005. and again to 12.25% in November that year.

    The rapid increase in BI rate forced banks to raise their interest rates on almost all types of loans including housing credit (KPR). Earlier, the KPR interest rates ranged from 12.5% to 15%, but with the increase in BI rate, the KPR interest rate was raised to 17%-20% toward the end of 2005. The increase forced buyers to postpone signing a deal.

    In January, 2006, the rupiah regained some of its lost value to reach the level of 9,000. Meanwhile, the BI rate was unchanged from the level of 12.75% since December, 2005 until late April. The central bank even said it might consider cutting the key interest rate prompting banks to offer a lower interest rates including on KPR.

    Early the second quarter of 2006 was a good momentum for banks for credit expansion in KPR sector. Banks begin to show enthusiasm and reduce their interest rates to attract more clients with weak purchasing power. The…

    user

    November 22, 2007 at 7:55 pm

  65. Hallo.. semua..
    Salam Kenal,
    Boleh minta masukkannya yah?

    Saya rencana mengambil rumah daerah Jatibening dan ingin di KPR.
    Menurut Developernya ada 2 pilihan antara BTN dengan BNI. BTN dengan suku bunga 10.75% dan BNI dengan suku bunga 8.5% flat 1 tahun (masa promosi s/d hari Minggu ini).

    Bagusnya yang mana yah? BTN itu perhitungannya anuitas tahunan dan BNI katanya di tahun kedua jg perhitungannya menurun?
    Saya bener2 bingung.. ???
    Saya mohon bantuannya… :)
    Terima Kasih..

    Elisa

    November 30, 2007 at 12:30 pm

  66. oh yah.. lanjutan diatas. rumah yang saya ingin belum dibangun alias indent (perumahan baru) dan baru dibangun rumah contoh dan itupun belum jadi…
    apakah saya perlu kuatir dengan developernya mengingat perumahan ini harganya cukup mahal?????

    mohon masukannya….
    terima kasih…

    Elisa

    November 30, 2007 at 1:09 pm

  67. Mas Pri aku br ngajuin KPR, memang sebelumnya aku udah was was karena jaman “Baru Lulus Kuliah” dulu masih bandel2nya pake kartu kredit sehingga jadilah BI CHecking ku meninggalkan noda..he..he.. pembayaran yang macet dr 2001 lalu, sdh aku sudah lunasin di awal desember 2007 kemarin. masalahnya, BI checking yang baru sekarang ini mengeluarkan data per dua tahun belakangan , jd record jelek selama dua tahun masih ada…. kalu sistem yang lalu kan hanya status sebulan terakhir…nah aku bingung.terus juga nama ku muncul sebagai penerima kredit dari danamon dan BII dengan status pembayaran lancar..padahal aku gak pernah menerima kredit tsb…jadi analis bank tempat aku ajuin KPR itu bilang dataku terlalu “complicated”..berat katanya….padahal secara finasial performance saat ini menurut beliau OK sekali….Nah ada cara gak untuk mengakali ini…aku udah buntu..apa dengan comment mas ttg sistem AO di bank Niaga yang identik dengan sogok-menyogok bisa mengcover hal BI CHecking…soalnya Manager bank tempat aku mengajukan kpr tsb (pelat merah), bilang semuanya bisa dia atur tapi kalo BI CHECKING nyerah..mohon sarannya.

    Mea

    Desember 15, 2007 at 3:54 pm

  68. waduh sori salah ketik tuh…maksudnya bukan bank niaga, tapi bank yang menggunakan sistem AO rawan unsur KKN…mohon dimaklumi…udah ngantuk

    Mea

    Desember 15, 2007 at 4:03 pm

  69. Hallo semua, Mas Pri dkk.

    Cuma mau bertanya secara singkat.

    Bisakah seseorang yang bekerja/domisili di luar negeri mengajukan KPR di Indonesia?

    Terima kasih atas jawaban dan komentarnya
    Wassalam

    Zipper

    Desember 16, 2007 at 2:31 am

  70. Ngak bisa Mas,

    Syaratnya harus punya slip gaji di indonesia utk dpt KPR.

    Saya sendiri Beli rumah dan apartemen terpaksa dengan cash keras atau bertahap.

    Untungnya kita bisa dapat discount dan bebas biaya bunga, admin, asuransi dll.

    sawangan

    Desember 16, 2007 at 4:33 am

  71. Mas Pri, aku mengajukan KPA di atas 100 jt dimana syarat utamanya adalah memiliki NPWP sendiri.
    Saat ini saya bekerja dengan gaji 4 jt net, di mana perusahaan tidak pernah memotong gaji untuk pembayaran pajak.
    Saya telah menyerahkan nomor NPWP dan SIUP perusahaan tempat saya bekerja. Apakah nantinya hal ini bisa menajadi bumerang bagi perusahaan tempat saya bekerja ?
    Apakah pengurusan NPWP baru akan melengkapkan data pengajuan KPA saya ?

    anjar: teorinya ya, bisa jadi bumerang. pendapatan berapapun besarnya harus dilaporkan ke kantor pajak setiap tahunnya, maret kalau ga salah. Dalam hal ini yang bermasalah adalah perusahaan mas Jhon. saran saya bikin saja NPWP pribadi, satu hari jadi kok

    Jhon

    Desember 20, 2007 at 8:11 am

  72. Mas Pri, boleh juga jadi “Mortgage Broker”
    saya nanti jadi nasabah yang pertama…

    To Bpk/Ibu “Sawangan”, kalau kita punya slip gaji dari luar negeri apa tidak cukup valid ya? and boleh bagi info/pengalamannya utk pembayaran bertahap yg bebas bea2 itu

    terima kasih, agung

    agung

    Desember 22, 2007 at 5:13 am

  73. Hi All,

    Hanya ingin sharing aja
    Saya mengambil KPR lewat bank niaga udah setahun, mulai januari 2007. selama 15 tahun ( lamaaaaa :-( )..dengan perjanjian suku bunga floating pertahun. Tahun prtama dapat bunga 13,88 %, pas waktu itu bunga lagi tinggi2nya. tapi mulai januari 2008 , selama setahun bunga turun menjadi 11,3 %.. Saya blm tanya ke Niaganya, soalnya iklan Bank NIaga , bunga KPR hanya 9,99 %..kenapa ya bunga saya bisa lebih tinggi??
    Takut juga nih..jangan2 taktik bank nih…
    Please help to comment

    Thanks
    Arief

    traps

    Desember 27, 2007 at 7:35 am

  74. Hi all
    Tlg info, mana lebih baik ambil KPR Bank Niaga or BNI. Sy baru ngajuan ke Niaga, tp kalo kaya gitu, sptnya pikir ulang, please help me

    Cecep Mutakin

    Januari 6, 2008 at 4:21 pm

  75. dEAR All,

    ada comment n advise ga, ama lokasi CItra Indah di arah timur CIbubur.
    Recommended g lokasinya.
    Thanks ya..

    hERA

    Februari 6, 2008 at 4:45 am

  76. Allow smua,

    Saya rencana mau ambil rumah di Jatijajar depok, dan sudah mengajukan KPR BTN dan BNI, saat ini sih BTN sudah di setujui dan lagi nunggu persetujuan dari BNI. Kira2x bila kedua2xnya di setujui, mana yg lebih baik saya ambil ? Ada yg bisa bantu menjelaskan bedanya annuitas, floatting dan fixed rate gak ya ? Trus kalo mau melihat rate KPR yg paling baru dimana ya websitenya ? ada di http://www.properti.net/kpr/kpr/, tapi gak pernah di updated alias data tahun 2004. Saya mau melihat rate KPR dari bank2x yg normal, bukannya ketika masa promosi atau tahun pertama saja yg keliatannya murah2x.

    Trims

    Tri

    Februari 13, 2008 at 4:10 am

  77. KPR BRI bunganya 11% fix dua tahun dan ada beberapa discount spesial dan DP 5% untuk developer tertentu…lumayankan…Klo kaga percaya telp aja ke call BRI 14017…

    Jamaikan

    Februari 13, 2008 at 10:01 am

  78. Mas Pri..
    kalau mau ambil KPR rumah itu cuma bisa lewat bank yg di sediain sama Developer aja ya?? ga bisa diluar dari Bank yg di ajuin sama Developer. Katanya kalau kita urus sendiri, pihak Bank pasti minta jaminan sertifikat dari developer, sedangkan developer blm ada sertifikatnya.. Soalnya saya mau ambil rumah, dan pihak developer cuma sediain KPR BTN sama BNI.. Sdngkan saya beniat mau ajuin ke KPR Permata..

    dewa

    Maret 15, 2008 at 12:12 pm

  79. @Tri

    Coba sedikit bantu tentang istilah annuitas, floatting dan fixed rate sepanjang sepengetahuan saya.

    annuitas : Serangkaian pembayaran (pinjaman) berkala dalam jumlah yang sama besar pada jangka waktu tertentu.
    floatting : konsep pembayaran bunga atas pinjaman, dimana kita mengikuti suku bunga yang ditetapkan BI (SBI).
    fixed rate : konsep pembayaran bunga atas pinjaman, dimana kita membayar bunga pada tingkat suku bunga yang tetap (sudah ditetapkan sebelumnya) selama jangka waktu tertentu (bisa sampai akhir angsuran, bisa juga s.d jk wkt tertentu spt yang diperjanjikan).

    Eko

    Maret 19, 2008 at 11:14 am

  80. @Ifa,
    kalo boleh tau beli rumahnya tipe berapa tanah berapa (di cibubur villa 2)?
    saya browse info ttg cibubur villa 2 di internet sulit sekali.
    trims

    luth

    April 9, 2008 at 5:56 am

  81. Bagaimana soal kesehatan keuangan Bank Niaga dan Permata mas? Maksud saya, bank non pemerintah apa tidak rawan terkena likuidasi, yang artinya KPR yang ditawarkan kedua bank tersebut akan terkena imbasnya. Trims

    ddjaja

    April 13, 2008 at 4:40 am

  82. Sorry lupa, salam kenal, saya Djaja dari Bandung. Minta saran juga nich dari mas Anjar & teman-teman, kalo cari rumah di Bandung dengan budget dibawah 300jt sebaiknya menggunakan produk dari bank mana ya? sekalian tanya kiat-kiat mencari rumah di Bandung, soalnya sy baru 3 bulan menetap. Trims

    ddjaja

    April 13, 2008 at 4:45 am

  83. @ dewa,,klo pengalaman saya sih sebenernya bisa2 aja dengan semua bank,hanya saja klo kasusnya seperti itu memang biasanya proses jadi agak lama karena bank belum bekerja sama dengan developer (dalam kasus mas, sertifikat belum keluar) jadinya harus tunggu-tungguan deh..

    ferdy

    April 21, 2008 at 4:46 am

  84. saya baru aja masukin aplikasi KPR niaga, saya ambil yg cicilan 9.9% fix 3 thn.
    sepertinya memang aturan cicilan max 33% gaji bersih itu flexible ya, dan juga proses wawancaranya cm sebatas formalitas, ga terlalu signifikan. mereka bilang proses analisis kredit jg cm 2 hari.
    keliatannya sih lumayan cepat.

    daniel

    April 24, 2008 at 7:01 am

  85. sy sedang mencari bank yang tepat untuk ambil KPA
    tlg inf ya

    thx

    eveline

    Mei 21, 2008 at 12:40 am

  86. Hai..semua, share pengalaman sy dgn Bank Permata BSD. Sy sdg proses KPR diatas 150 juta kepada 3 Bank, salah satunya Bank Permata. Bank Permata oke, tapi dikabulkan sebesar 125 juta, alasannya living cost sy 3,5 juta/bln itu hasil dari interview by phone dari analis credit. Sy complain dong krn wkt interview sy + istri sy tdk pernah ditanya terkait dgn living cost kok tau-tau dpt 3,5 juta/bln. Pihak marketing sempat kaget, dan minta maaf, namun tetap aja plafon kredit sy 125 juta. Sy jg sempat tanya apakah Bank Permata meg-outsourcing-kan phone checking sebagaimana digunakan oleh bank Lain dlm memberikan kredit, krn pertanyaannya kurang fokus seperti sejarah tempat kita kerja dan apakah istri sy dlm kondisi hamil…?. Stlh sy diskusi dgn istriku akhirnya kami memutuskan utk melepaskan Bank permata mengingat jg faktor Bank lain (2 bank) yg jg msh dlm proses.

    salam

    junaidi

    Mei 21, 2008 at 2:55 am

  87. @^
    waksss…. dasar perhitungan living cost gimana yach? Kalo pengajuan KPR 336jt kira-kira cairnya berapa yach?

    Widi

    Mei 21, 2008 at 12:15 pm

  88. Mas Pri, Situsnya bagus sekali..

    sejak saya mo beli rumah saya jadi rajin liat webnya karena banyak ilmu yg baru saya pelajari

    Kebetulan saya sedang mengurus KPR BCA..kebetulan saya pindah ke perusahaan baru dan belum 2 tahun..waktu pengisian form applikasi sy lampirkan surat kerja diperusahaan lama yg sdh lebih dari 2 th
    Apakah hal itu jd pertimbangan juga utk meloloskan permohonan saya?
    FYI, saya pernah ngurus juga di BNI dan ditolak karena belum 2 tahun kerja

    terima kasih

    donny

    donny

    Juni 3, 2008 at 9:36 am

  89. saya lagi cari rumah KPR/BTN di daerah pamulang sekitarnya, tapi yang kredit, sama uang mukanya dibawah 5 juta. yaa maklum lagi paceklik,. tolong dikonfirmasikan yaa,, thanks

    semmy

    Juni 4, 2008 at 8:11 am

  90. di saat lagi guncang issue BI rate akan naik, apakah sebaiknya mempercepat proses pengajuan KPR ?
    mnrt marketingnya, pemerintah janji tak menaikkan rate bunga konsumtif bank sampe thn 2009. benarkah ???
    sekarang ini saya sedang cicil DP di perumahan Bogor Park Residence, jadwal cicilan DPnya sih masih sampe awal thn depan.
    mohon info , masukannya. thx

    Julianah

    Juni 5, 2008 at 11:55 am

  91. kalo BI rate naik, semestinya sih bunga KPR bakalan naik juga ada yang pernah bilang spread bunga KPR itu +4% dari SBI, jadi kalo SBI sekarang 8.5%, yah kisarannya bakalan sekitar 12-13%)

    ada juga yang bilang kalo kenaikan bunga ini untuk meredam inflasi gara2 kenaikan BBM, dan mungkin bakalan reda setelah beberapa bulan setelah kondisi ekonomi membaik (yeah right, kapan? – tapi emang sini punya kecenderungan paranoid sih, jadi dipikir2 saja dulu, banyak2 cari info, hehehe)

    alter

    Juni 19, 2008 at 3:45 am

  92. Mohon bantuannya. Rencananya kami akan ngambil rumah di bandung. Kami merencanakan pembiayaan di biayai bank sekitar 550 jt. gaji kami 15 juta/bulan. kira-kira bank mana yang bisa merealisasikan kredit kami. terima kasis

    soni

    Agustus 11, 2008 at 7:06 am

  93. mas………
    kalau masalah di kartu kredit…pasti KPR-nya di reject ya???
    mikir2 nih…pingin rumah lagi?????????

    mas ono

    Agustus 11, 2008 at 8:22 am

  94. hum barusan tlp ke cs BNI ….Suku Bunga KPR BNI –>> sudah naik per 08Sept –>> 14% fixed 1 tahun floating tahun berikutnya…wuih nambah mahal aja nih cicilanny//
    ada yg tau BTN brp ratenya..?????

    Agus

    September 12, 2008 at 9:15 am

  95. mas mau tanya dong ttg kpr 125% bank bumi putra itu untung ruginya apa ya
    thx

    suryawati

    September 19, 2008 at 9:58 am

  96. saya mau ngambil kpr di grand silah residence (belakang perumahan bisma), lokasinya di jalan warung silah ciganjur..ada yang tahu prospeknya..?trima kasih

    tiyan

    Oktober 13, 2008 at 10:02 am

  97. info buat P’ Agus…

    BTN KPR rate per September ’08 :
    pinjamanan mulai & di atas 150 juta = 10%

    junaidi

    Oktober 14, 2008 at 4:27 am

  98. @junaidi
    saya baru tgl 10 okt 2008 ngajuin kpr ke BTN..12 % bos nggak 10 % (kredit 201 jt)..BTn mana yang 10 %

    tiyan

    Oktober 14, 2008 at 9:40 am

  99. @tiyan…
    Bunga 10 % itu berlaku pada saat saya akad kredit pada tgl 19 Sept’ 08, mungkin saat ini (Oktober ’08) BTN sudah merevisi suku bunga kreditnya dimana pada hari ini tgl 14 Okotber ’08 saya dpt info sudah kisaran 12-13 %.

    junaidi

    Oktober 14, 2008 at 9:45 am

  100. To : Mas Pri

    Mas, saya berencana untuk membeli rumah dalam waktu dekat ini. Tapi, berhubung kesibukan saya dalam pekerjaan, akhirnya rencana awal saya untuk mengumpulkan semua informasi perumahan dalam Properti Expo September kemarin, tidak dapat saya lakukan. Mas Pri bisa atau tahu kapan akan diadakannya lagi Properti Expo?
    Mas Pri bisa memberikan saran atau input, perumahan baru mana yang baik di pinggiran Jakarta Selatan (Serpong, Bintaro, dsktr), yang berkisar 150-250 juta, lingkungan asri, nyaman, dan dekat dengan RS, Sekolah, Pasar, dll?
    Terima kasih atas bantuanya.

    Sumardi

    Oktober 28, 2008 at 4:29 am

  101. Pak Pri dan Temen2 yang lain,

    mohon info proses KPR BTN untuk Puri Bintaro Indah. Saya dijadwalkan wawancara jumat ini di BTN Ciputat, apa saja ya yang harus saya siapkan ??? trus prospek Puri Bintaro Indah sendiri bagaimana ya ??

    @Pak Summardi
    selamat hunting pak, saran saya sich survey lokasi langsung saja, soalnya daerah situ buanyak banget perumahan baru, kalo perlu surveynya sampe pamulang…

    evan

    November 27, 2008 at 6:45 am

    • mas evan jg ambil di puri bintaro indah ?
      gmn prospeknya ?? klo bagus pengen ambil disitu jg nih

      sylvi

      Juni 1, 2009 at 3:38 am

  102. saya ada rencana untuk cari rumah btn untuk saudara, lokasi didaerah bojong atau cilebut bogor, kira-kira perumahan apa yang masih ada prospek dan gak terlalu rss. Kisaran harga rumah antara 60 – 80 jt, terus bisa cicil pastinya. Terus yang paling penting tidak terlalu jauh dengan stasiun kreta api. ada yang bisa bantu. Terima kasih

    widodo

    Januari 14, 2009 at 1:08 pm

  103. INFO mengenai KPR MANDIRI dengan suku bunga 13,50% effective fixed 6bln.
    hub. chadpandj@yahoo.com

    richard

    Maret 28, 2009 at 5:48 pm

  104. Saya mau tanya soal KPR, kalau harga jual rumahnya Rp. 329 juta (belum termasuk biaya notaris dan pajak). Untuk bulan Maret 2009 ini bunga bank yang paling murah di bank mana ya ? Terus kira2 dapat cair berapa ? DP nya harus bayar berapa ? Kalau dicicil selama 13 tahun harus cicil berapa Rp setiap bulannya ? Terima Kasih banyak ats bantuannya

    Wong Jok Ja

    Maret 29, 2009 at 1:09 am

  105. pagi mas,saya mau tanya masalah KPR,dana yang saya butuhkan utk KPR sebenarnya hanya 140jt dan sanggup saya cicil selama 5 thn,tapi AO menawarkan 160jt dengan cicilan selama 15thn…manakah yang lebih mengguntungkan saya mas? karena pada dasarnya saat ini bunga kpr tinggi sekali 13,5%(B,mandiri)..apakah AO selalu mencari nasabah KPR dengan tawaran seperti itu….agar nasabah KPR terikat pada bank dalam jangka waktu lama

    chris

    April 23, 2009 at 10:48 pm

  106. mas,
    makasih atas sharing mengenai KPR ya, sangat berguna dan informatif

    KPR

    Mei 20, 2009 at 2:59 pm

  107. hmmm..dah coba sm bni dan bca…kurang berhasil…, tapi akhirnya btn juga…mak nyus btn, emang kalo ngeliat fisik banknya emang kalah sama bank2 yang diatas, dan rate nya terkenal konservatif, tapi itu bro…komitmennya terhadap pendanaan bagi yang mau beli rumah…tidak diragukan.

    bravo btn … yang lain jargon doang … btn lah yang melayani dengan hati.

    arin

    Juli 18, 2009 at 4:12 am

    • BTN nya syariah atau yang konvensional mas/mbak,, sy sdh nyoba di dua Bank smuanya ndk setuju (pengin memaki tapi ntar dosa),,,sy blm nyoba BTN, yg lain wah wah capek doang

      dhian

      Agustus 13, 2010 at 7:43 am

  108. mas chris, menurut saia, begitulah bank penginnya untung panjang, so..kalo mampu jangka pendek, sampaikan bahwa kita ambil cicilan jangka pendek aja.

    arin

    Juli 18, 2009 at 4:14 am

  109. Banyak orang termasuk saya mencari artikel seperti ini, saya minta ijin Reposting di http://www.plazaindonet.com, terima kasih

    wawan

    Juli 27, 2009 at 2:09 pm

  110. KPR yg ada saat ini yg saya alami apabila ada keterlambatan pembayaran adalah sistem Renternir yaitu Bunga berbunga…(Riba). adakah KPR bank yg bebas riba. mohon bantuannya

    wawan

    November 9, 2009 at 4:02 am

  111. Saya mau tanya mas…
    saya sedang mau membeli rumah baru namu oleh developernya disarankan menggunakan KPR dari Bank Niaga, BRI Syariah dan Permata. Bila menggunakan salah satu dari ketiga bank ini, maka developer akan membantu untuk pengajuan KPRnya.
    Yang saya bingungkan, dari ketiga bank ini mana yang terbaik. Karena dari cerita yang saya dengar untuk suku bunga bank Niaga kadang2 suka tiba2 naik sedangkan KPR BRI Syariah suku bunganya flat 14,5% selama 15 thn yang jelas menurut saya tidak menguntungkan.
    Dan apabila saya memilih bank diluar bank yang direkomendasikan oleh pihak developer, apakah bisa?
    Mohon masukannya… terima kasih

    Dewi

    November 9, 2009 at 9:27 am

  112. Cibubur!!!cibubur!!! Dijual Rumah type LT.90M2/LB.90M2 (hook),3 kamar tidur, 1 kamar mandi,1 ruang makan, 1 ruang tamu, 1 kios (2,5m2 x 2,5m2),Sekolah SD hanya berjarak 10 m, 500m dari Plasa Cibubur,dijamin tdk banjir,Daerah berkembang.
    Specifikasi:
    beton bertulang, keramik 30×30, Jet pum, listrik 900watt, harga Rp 450 jt (nego)hub:081213070210

    refly

    November 9, 2009 at 12:30 pm

  113. saya sedang berencana membeli rumah second, dengan alasan tidak harus beli terlalu pinggir jakarta yg biasanya kpr menawarkan rumah di komplek. berapa lama kah proses mulai dari pengajuan kpr rumah second sampai kita akad kredit? bank mana yg lebih direkomendasikan, apakah kita juga harus ikut terlibat dengan pemilik rumah dalam hal tawar menawar harga? bagaimana jika harga rumah menurut pihak bank terlalu mahal atau tidak sesuai dengan harga rumah? sulit ga sich kalo mau beli rumah second? tipsnya dong?

    shanti

    November 10, 2009 at 9:24 am

  114. aku & suami ingin beli rumah second sekitar daerah kampung makasar, pinang ranti, bambu apus, cijantung atau cipayung… pake kpr, harga +- 250 jt-an, memenuhi syarat kpr, lingkungan asri, ada yg punya rekomendasi?

    shanti

    November 10, 2009 at 9:33 am

  115. sekarang ini bank mana yg memberikan bunga terendah dan syarat yg fleksibel? saya berencana mengambil rumah dengan harga 170 juta dengan modal yg saya miliki 70 juta,saya seorang PNS III/a, terimakasih….

    syarif

    November 18, 2009 at 3:20 am

  116. Salam kenal mas pri..

    Saat ini saya sedang mengajukan proses untuk KPA City Park, di Cengkareng. Semeua persyaratan udah ada keculi satu ganjalan ketika pihak bank BTN meminta SIUP kantor dimana saya bekerja. Bagaimana kalo kantor tidak memberikan copy SIUP-nya? adakah cara lain untk lebih fleksible untuk negosiasi dengan bank masalah ini?
    terimakasih mas

    Siladhamo

    siladhamo

    Desember 3, 2009 at 1:32 am

  117. anda bisa bilang begitu karena anda scr langsung tidak pernah menjadi pegawai rendahan/buruh pabrik. saya sudah 3 kali ditolak oleh bank mulai Mandiri, BNI 46, BTN walaupun pakai embel embel syariah, ah bull shitt besar. cuma karena status saya sebagai tenaga honorer/tenaga kontrak pemerintah dan temen saya senasib sbg buruh pabrik juga sama, apa karena kita ini kerja dengan status gak jelas dasar hukumnya atau dianggap sebagai orang tidak mampu disuruh jadi kontraktor (kontrak terus) sampai mati, sedangkan rumah susun di surabaya banyak masalah dari segi kepemilikan, jadi isu saat ini bagaimana status pekerjaan seorang manusia bisa dianggap tidak layak untuk mengajukan KPR perumahan

    haryo bayu

    Januari 3, 2010 at 12:26 pm

  118. misi mas mau bertanya
    kebetulan saya sedang dalam proses untuk mengambil kpr di perumahan puri bintaro indah yang sudah bekerjasama dengan btn
    karena saya masih buta masalah perbank-an (maklum kami pasangan lulusan teknik) jadi agak bingung dengan apa yang harus kita persiapkan dan juga perhatikan dalam mengajukan KPR tsb. karena sempat membaca2 juga bahwa kita harus hati2 dalam memutuskan mengambil kpr. Kira2 hal apa saja yg musti diperhatikan agar kami tidak merasa tertipu atau membeli kucing dalam karung?
    terimakasih

    mindy

    Januari 14, 2010 at 4:28 pm

  119. Misi Mas-mas dan mbak-mbak mau tanya.
    Kalo kredit pembangunan rumah dengan jaminan tanahnya yang syariah pake apa ya yang bagus.
    Makasih buat jawabannya

    interesting facts

    Februari 4, 2010 at 4:04 am

  120. Maaf mas/mbak, kalo ada info suku bunga KPR sekarang berapa ya? Niaga, BNI, Mandiri, BTN, PErmata or yg lain.
    Makasih. Tahun lalu saya dapet 12.5% dr Niaga utk 2 thn kedepan, ketinggian gak ya?

    KPR_2009

    Februari 20, 2010 at 2:40 pm

    • Untuk suku bunga Permata sekarang 9.00% untuk jangka waktu 3bln, 6 bulan dan fixed 1 thn.

      Cuman hati2 untuk pemilihan suku bunga fixed, biasanya pihak bank akan menggunakan kesempatan mengambil untung lebih dari perubahan tingkat suku bunga.

      Misal:
      Maret 2009 saya mengambil binga fixed 1 thn dengan suku bunga 14.00%

      Seharusnya di April 2010, suku bunga kredit saya akan disesuaikan dengan kondisi pasar sekarang, yaitu 8.5% s/d 10%, namun bank yang saya gunakan hanya menyesuaikan ke angka 13.50% dimana terdapat selisih 3.50%-5% dari suku bunga pasar.

      Oleh karena itu perlu diingat untuk memantau setiap kali perubahan suku bunga fixed ke floating.

      Salam,
      Wianri Siregar

      Wianri Siregar

      Maret 22, 2010 at 12:31 pm

    • untuk mandiri, rumah baru ratenya 10,5% fix 1 th dan floating 13,75%.

      menurut saya sesuai dengan tulisan sdr. anjar di atas, suku bunga di indonesia cukup kompetitif dan setiap bank ada plus minusnya…

      Ario

      Maret 23, 2010 at 4:50 pm

  121. Salam Pak Anjar,

    Mohon advice dari Bpk, saya punya uang tidak banyak hanya RP.30jt U/ DP. Apakah mungkin saya mendapatkan rumah dengan type 36 di sekitar Depok/Sawangan/Cimanggis/Bogor. Mohon saran Bpk,

    Terima kasih,
    Rommy

    Rommy

    Maret 1, 2010 at 7:31 am

  122. saya punya uang 8 jt,cari kredit rumah daerah pamulang,dan cicilan /bln nya di bawah 500rb.. ada gak ?tx

    BAYU SETIAJI

    Maret 4, 2010 at 12:02 am

  123. Kalo menurut saya waktu Apply KPR, apply aja ke semua bank. Yang disetujui dilihat lagi term and conditionnya, yang Ok ambil.

    most interesting facts

    Maret 11, 2010 at 4:48 pm

  124. siang pa’…
    mhn referensinya utk pemilihan bank KPRnya pa’…
    sebaiknya sy plih KPR BCA, BNI, Mandiri atau bank apa pa’..??
    makasi ya sblmnya..
    Haris

    haris

    April 15, 2010 at 5:03 am

  125. Pak anjar, atau rekan lain yang membaca….saya aga heran dengan appraisal bank. barang kalai ada advise dari pak anjar atau rekan yang pengalaman, saya minggu2 ini sedang mengurus KPR (pinjaman bank), kebetulan saya membeli rumah di area jakarta dekat pasar rabu , saya coba mengajukan ke bank swasta yg mana dia ngasi tawaran bunga cukup rendah di 2 tahun pertama (jika dibanding bank lain cukup rendah) , bank lain saya sudah dapat apprroval dgn harga rmh dan nilai pinajaman yg saya ajukan. kebetulan nilai plaform pinjaman saya 365 jt, kemudian saya tertarik mengajukan KPR di bank ini , (itung2 bunga lebih menarik dr bank yg satunya) hal yg membuat saya tercengang bank ini memberi nilai appraisal rmh saya seharga 240 jt, yg membuat saya terheran2 ..dan kecewa berat …saya udah mmbayar 350 rb uang appraisal, kenapa yg keluar appraisal segitu…kan jadinya ngga mungkin melakukan pinjaman , klopun diberi pinjaman kisaran 80 % dari 240 jt, padahal rmh lokasi dlm jkt, townhouse , LT/LB ; 113/156 m2 …saya masih bertanya dlm hti apa ada rmh baru dgn lokasi jkrta dan type bangunan sgitu dgn harga segitu,,,,kalau tahu dari awal kan gaperlu saya susah2 ngeluarin uang appraisal, dan kalaupan saya Gagal KPR mestinya tdk di point itu lah,,,,ada advise nggga kira2 kenapa koq seperti itu,,,?? kira2 motif bank apa ya….? apa harga rmh di jakarta mmg segitu (saya yg salah tawar ke developer) atau bank gabisa minjemin terlalu banyak…

    albaihaqi

    April 16, 2010 at 8:12 am

    • Appraiser-nya ngaco itu Mas. Jika ada AO-nya, mending minta banknya sekali lagi appraise dg menunjuk appraiser lain. Sbg bahan Mas bisa tunjukkan nilai appraisal dari bank kompetitor sbg komparasi. Biasanya AO mau bantu krn dia jg kebebanan target pinjaman dan berkepentingan bisa launch kredit gede.

      Salam sukses!

      Hendry

      Juni 23, 2010 at 5:43 pm

  126. Wah Makasih buat Infonya Mas. Sebenarnya semua bank sama aja 11 – 12 lah. Cuman term and conditionnya yang kadang2 beda2 dikit.

    hotels for honeymoon

    April 18, 2010 at 3:58 am

  127. komen soal NISP
    kebetulan kantor kerjasama dgn NISP untuk Payroll walaupun kami di Group Astra yang notabene banknya Permata.
    NISP,,pelayanan sangat memuaskan (cepat, AOnya membantu bgt , mudah di konatak dll jauh di atas BNI,Permata,BTN)
    Besarnya pinjaman pun sangat negotiable
    HANYA,,,,,,,,,semua itu kompensasi ke interest rate yang bisa dibilang TINGGI
    yahhh Ono Rego Ono Rupo .
    tapi buat rekan-2 yang ga punya waktu,,dan sangat mengutamakan SERVICE ( plus berduit ) saya rekomdasi NISP ,,mantab lah,,,kaya Rossi

    ALFI

    Mei 5, 2010 at 10:12 am

  128. Dear Mas Anjar…
    saya nasabah Bank Niaga untuk KPR dari tahun 2008… awal bunga yg di tawarkan 9.9% per tahun tapi di thn ke 2 naik menjadi 15%… setelah sy komplain bunganya di tinjau ulang dan menjadi 14,5 %….. tahun ke3 ini
    bunga hanya turun menjadi 13.9%. yang saya tanyakan apakah bunga 13.9% sudah sesuai dengan suku bunga KPR yang berlaku secara umum oleh bank lain..karena saya merasa masih sangat tinggi dan bermaksud ganti dengan bank lain atau dgn syariah… mohon tanggapannya
    terima kasih atas komentarnya…

    ferdian

    Mei 12, 2010 at 11:13 am

  129. cari rmh kpr yg sekitar 150 jt dmn ya?
    yg nycilnya jg keci,
    makasih mba/mas

    imelda

    Mei 13, 2010 at 4:33 pm

  130. dear mas pri, mohon informasinya, kalau saya mau beli rumah second dengan kpr, tapi hanya punya uang 10jt, apa bisa tercover? trims..

    gita

    Mei 16, 2010 at 1:00 pm

    • Bisa Bu… Asal bisa pilih rumah yg minimal 80% nilai appraisalnya masih di atas atau sama dg nilai transaksi Ibu.

      Misal: nilai appraisal bank 100jt. 80%-nya adalah perkiraan maks bank bisa kasih KPR-nya = 80jt. Nilai transaksi dg pemilik = 70jt. Maka Ibu tidak perlu nambah DP lagi karena tot 70jt semuanya bisa masuk KPR. But hati2.. Bank umumnya secara formal tidak akan OK dg mekanisme ini. Komitmen harus dibuat antara penjual dg pembeli utk menyatakan bahwa harga transaksi tetap di 100jt.

      Hendry

      Juni 23, 2010 at 5:27 pm

  131. Dear All,
    Mohon masukannya, saya ingin membeli rumah yang selanjutnya ingin direnov jadi kontrakan. ( meliat luas tanahnya bisa jadi 5 unit)
    Harga rumah tsb sekitar 200 jt dgn surat2 lengkap, menurut anda sebaiknya mengajukan pinjam KPR atau Usaha?
    Bagaimana dgn perbandingan perhitungan bunganya lbh baik KPR atau Usaha?

    Thx

    Bambang

    Mei 28, 2010 at 1:35 am

  132. Pak Anjar,
    Sy dan suami berencana memberi rumah baru di daerah bekasi selatan.
    Harga rmh sekitar 700juta-an. Kami sudah punya dana untuk DP-nya sebesar 20%.
    Penghasilan kami berdua sekitar 15-20jt perbulan. Apakah kami ada kesempatan untuk berhasil dalam pengajuan kpr ke bank?
    Oh ya, ini pengalaman pertama kami utk membeli rmh. Kami jg tidak ada masalah dg kredit macet sebelumnya.
    Kira2 bank apa yg bagus untuk pengurusan KPR.
    Trm ksh infonya.

    nanda

    Juni 12, 2010 at 7:55 am

    • Sangat ada chance utk berhasil! Tergantung dari bagaimana Ibu bisa provide bukti penghasilan yg dapat diterima bank:

      Peg = slip gaji/ srt ket gaji + bukti rek bank/ tabungan
      Pengusaha = rek bank/ tabungan + SPT, atau bukti pendapatan lainnya

      Utk KPR sekitar 560jt-an (700jt – DP 140jt), maka utk cicilan 15th bunga 9% kira2 5.680.000-an. Dg income 18jt maka cicilan sejumlah ini masih bisa memenuhi syarat bank yg umumnya 30%.

      Saat ini bank yg menawarkan bunga rendah antara lain Panin dan Permata, sementara bunga yg tidak terlalu fluktuatif adl BCA. Saya pribadi prefer ke BCA atau Permata.

      Sukses!!!

      Hendry

      Juni 23, 2010 at 5:38 pm

  133. Pak Anjar,
    Saya mengajukan KPR BTN,plafon KPR 80% (dp 20%) menurut developer, minggu ini saya dijadwalkan akan akad kredit, tetapi tiba2 dlm minggu ini juga saya diinformasikan dari developer bahwa Plafon kredit saya diturunkan menjadi 70% (dp 30%). otomatis saya harus menambah DP, dan menurut saya nilainya tidak kecil.apakah hal itu masih bisa dinegosiasikan kepada BTN mengingat perhitungan pendapatan saya bisa diterima? dan bagaimana prosesnya?

    Mohon balasannya
    Thx’s

    adhi

    Juni 23, 2010 at 4:45 am

  134. Mas,Saya bingung dan rasanya gelisah mohon dibantu,5 bulan yang lalu saya berniat ambil apartment di latumenten,awalnya saya yakin bahwa saya bisa tinggal diapartment daripada kost,tetapi saya rasa justru saya takut itu justru akan membuat hidup saya jadi bertambah bimbang,karena terus terang pendapatan saya dari hasil usaha tidak stabil sedngkan saya masih harus membantu menyekolahkan biaya adik2 saya,oleh sebab itu tolong kepada saudara/ri yang berniat meneruskan over kredit apartment saya cukup bayar uang dp yang sudah saya bayar sebesar 22 jt 2Br,1kmd,dapur L34m,lokasi bagus dekat kebandara,depan seasoncity,dekat kampus UNTAR,acces card,joging track,dll , silakan dengan meneruskan cicilan Dp sebanyak 4.4Jt selma 5 bulan,dan masih bisa peralihan nama karena data saya masih belum dimasukkan,tolong bagi yang berminat bisa Via kontak 021-95237199,087851819550 ditunggu sampai bulan agustus akhir ,thx

    Adi

    Juli 27, 2010 at 4:58 pm

  135. Mas saya sudah ngajuin KPR di mandiri ditolak dengan alasan ndak jelas, kmudian sy pindah BRI Syariah juga ditolak dengan alasan perusahaan tmpt kerja saya kmgkinan ndk bisa lama bertahan (ndak tau dasarnya apa),,, wah,,wah sya mumet nich mas mau ke Bank mana lagi Uang muka dah saya setor dan kt developernya ntar kembali cmn bbrapa persen,,tolong kasih solusi mas, pengajuan saya ndak nyampe 100juta mas,apa kalo kerja ditempat ndak bonafide dianggap ndk kuat bayar ya mas?tolong dikirim via email saya ,,, maaf saya butuh solusi

    dhian

    Agustus 13, 2010 at 7:36 am

  136. Saya dini..saya lagi bingung,saya berminat mao beli apartemen di westmark dengan tipe 1+1 BR,saya berencana mao KPA..sedangkan penghasilan saya hanya 10 juta sebulan,,saya belum berkeluarga..saya mao tny kira2 apakah dengan gaji segt KPA Permata bisa goal???

    Dini Imawati

    Agustus 15, 2010 at 3:37 pm

  137. Boleh tahu brp cicilan perbulannya untuk KPR rp 750 jt, 15 th,di BTN? Terima kasih

    diana

    September 26, 2010 at 2:55 pm

  138. Pak Anjar, saya seneng banget sama artikel2 anda.
    Boleh kah saya quote artikel2 yg berhubungan dengan properti untuk website saya di ituntun.com?
    Website saya masih under development..

    Thanks in advance :)

    ituntun

    Oktober 26, 2010 at 9:14 am

  139. salam pak anjar, alhamdulillah saya terbantu sekali setelah membaca forum ini. saya ada rencana membeli rumah di daerah jatiwaringin – pondok gede seharga 280jt-an untuk LT 72 M2, LB 56 M2, dengan 2 KT, 1 KM menurut pak anjar dengan harga segitu murah atau mahal?. lalu untuk mengajukan KPR sebaiknya rekomendasi bapak di bank mana? karena saya baru kali ini membeli rumah dengan cara KPR. mohon penjelasannya.

    oia pak, untuk DP rencana saya ingin mengajukan pinjaman sekalian, karena tidak ada uang untuk membayar DP 20% dari harga rumah… apakah bisa?. terima kasih

    salma

    Oktober 27, 2010 at 4:24 am

  140. salam kenal pak pri..

    maaf saya ada yg mau saya tanyakan nih pak..

    suami saya kan sdh bekerja di perusahaan sebelumnya selama 3thn,tp desember ini dia sudah mulai pindah ke perusahaan lain.dan baru akan di angkat menjadi karyawan tetap 3bln lagi.

    point penting yg saya mau tanyakan berdasarkan persyaratan pengajuan KPR yang menyebutkan harus ada minimal bekerja selama 2thn,itu maksudnya apa di tmpt perusahaan baru suami saya harus menunggu 2thn lagi untuk bisa mengajukan KPR??

    terimakasih pak,,di tunggu info selanjutnya.

    milo

    Desember 4, 2010 at 7:50 am

  141. halo semua..

    ini merupakan kabar gembira bagi semuanya…
    ini adalah ajang duit numpuk untuk semua… khusus untuk semua kalangan dan harus punya ATM DAN NOMOR REKENING..
    proses dalam 3 jam uang anda akan segera terisi.. uang total triliunan rupiah….
    ayo gabung untuk cepat kaya dan dapa uang segera, contoh kirim minim 500.000 rupiah dalam 3 jam akan kami transfer jadi 1 juta rupiah.. kalau anda kirim 1 juta akan menjadi 10 juta sampai 15 juta loh.. kalau kirim 5 juta dapat 100 juta bahkan 550 juta… apalagi ngirim 100 juta dapat 20 milyar..
    di jamin dari aset mandiri…
    ayo mumpung waktu ada.. waktu terbatas sampai akhir periode 7 bulan april 2011 ini loh..
    ok..
    ini lah saatnya kami bagi2kan uang yang sangat banyak ini…
    transfer uangnya melalui bank mandiri di nomor rekening pemilik aset mandiri 1070006078648 ..
    bisa dari bank lain seperti bca,bni,bri,danamon,permata,mestika.. dll.
    segera ya.. jangan lama-lama ..
    ini pasti..
    KONFIRMASI SMS setelah transfer ke 085261246785..
    ok

    kabar bahagia

    Maret 9, 2011 at 4:24 am

    • Wualaaahhh. ngapain si penipu nyundul di sini???

      angga

      Maret 12, 2011 at 3:33 am

    • emang tuh, masih aja suka tipu2 orang.
      kl ktemu cekek aja lehernya.

      batman

      April 11, 2011 at 5:57 am

    • HAREE GENE,Menipu…….cape deh…anak kecil jg tau kaleee ini penipuan,apalagi kita.buat aset aja biar paling kaya sedunia.klo kita sdh ckp kok

      cinta.m

      Februari 12, 2012 at 4:03 pm

  142. Pa mo tanya. saya lagi mengajukan kpr di bank bii dan bri. dengan bungan yg sama di 10.5%. untuk bri fix 1 th sedangkan bii fix 2 th. yang saya ingin tanyakan bagaimana reputasi ke 2 bank ini? apakah saya bisa mendapat referensi bagaimana kenaikan tahunan bunga kpr 2 bank ini?

    Rini Verawati

    April 13, 2011 at 10:05 am

  143. Bpk/Ibu, mau tanya bisa kasih contoh perhitungan KPR dengan asumsi penghasilan per bulan misal Rp 5jt.
    Terimakasih sebelumnya

    ompimpa

    Juni 14, 2011 at 8:21 am

  144. Dear Pak/ Bu, mau tanya nih..saya ingin mengajukan KPR tapi saya hanya punya uang cash untuk DP’nya sekitar 30-35jt, kira-kira untuk harga rumah 250-300jt bisa ngga ya??btw joint income saya dan istri sekitar 8,5-9jt/bulan. thanks infonya…

    frans

    Juli 7, 2011 at 4:01 pm

  145. Terimakasih banayak infonya
    nih masih bingung cari lokasi rumah yang diminati.

    Ari

    Juli 13, 2011 at 9:32 am

  146. Pak,
    Saya berencana membeli rumah 60/105 dengan harga IDR 330,000,000 (DP IDR 100,000,000; KPR IDR 230,000,000). Mohon sarannya bank mana yg rekomended saat ini. Terimakasih sebelumnya.

    Yoke Elvariany

    Juli 18, 2011 at 8:50 am

  147. mas mau tanx ko KPR sy di CM.NIAGA lama bangeeett dah hampir 1 bln lebih….ko gitu y..?apa emang lama proses KPR….rumah….

    Aim Too

    Agustus 2, 2011 at 5:23 am

  148. Salam. Saya di Bandung pakai KPR BTN Syariah. Akadnya fixed, setara waktu itu 8.25% per tahun. Layanannya cepat dan tidak ada kegelisahan perubahan cicilan akibat suku bunga.
    Pengalaman teman saat Krismon tahun 1998, bunga KPR di BII menjadi dua kali lipat (sekitar 40 persen) sehingga teman saya kesal karena cicialn 2 bulan habis hanya untuk 1 bulan. Sedangkan saya pakai BTN, bunganya naik dari 18% menjadi hanya 22% sehingga cicilan hanya sedikit sekali berubah.

    Dari pengalaman itu menurut saya paling top BTN. Lebih top lagi BTN Syariah.

    khairulu

    Agustus 10, 2011 at 12:03 am

  149. saya ingin membeli rumah yang saat ini saya kontrak, tapi suami bekerja freelance,apakah mungkin untuk kpr? kira-kira bank mana yang bisa menerima?

    pans1

    September 23, 2011 at 4:19 pm

  150. saya ingin membeli rumah saudara senilai 150 juta bank mana yang kira2 menguntungkan saya dalam pengajuan kredit dalam waktu yang lama minimal 10 tahun.

    safa

    September 26, 2011 at 12:47 pm

  151. selamat siang pak. mau tanya apakah pihak bank, dalam setiap kenaikan pembayaran cicilan kredit rumah, memberitahukan dahulu kpd konsumen atau tanpa pemberitahuan.

    saya dlm pembayaran memakai sistem debet langsung di tabungan, jadi baru tahu 3 bulan ini ada kenaikan 600 rb-an
    bank sy bank pemerintah. terima kasih banyak.

    nb : apakah kalo suku bunga turun, cicilan jg turun ??

    wahyudi

    Oktober 20, 2011 at 6:44 am

  152. topiknya menarik sampe responnya berjubel, mas Anjar dan teman2 tolong share tentang KPR yang bersubsidi dong…trims ya

    kta dbs

    Oktober 26, 2011 at 3:30 am

  153. mas anjar, bisa minta tolong tips-tipsnya untuk KPR yang recommended di 2011 ini??

    cahyono

    Desember 2, 2011 at 6:55 am

  154. bisa minta tips sukses interview akad kredit atau contoh pertayaan dalan interview?

    Nur cahyono

    Desember 7, 2011 at 9:21 am

  155. IKlan Koran Se-Banten.
    Agar product /tawaran Anda lebih cepat laku maka beriklan. karena BERIKLAN BUKAN PEMBOROSAN, BERIKLAN adalah salah satu cara memperkenalkan produk dan jasa untuk merebut pasar, sekaligus untuk menjaga loyalitas konsumen. Itulah sebabnya merk – merk terkenal terus beriklan agar citranya tetap terjaga. Iklan juga memberikan perasaan yakin dan bangga para konsumen.hub, Nur cahyono phone : 021 33354997, 0856 7386 103, 0813 8468 1151, E-mail: nurcahyono52@gmail.com, http : //aulia_advertising.blogspot.com

    Nur cahyono

    Desember 7, 2011 at 9:25 am

  156. Salam kenal Pak Anjar,

    Dalam waktu dekat ini saya berencana mengambil KPR BTN. Saya seorang bujangan yang sudah bekerja selama 5 tahun (tetapi berpindah2 pekerjaan). Di pekerjaan saya yang sekarang, saya sudah menjadi pegawai tetap, tetapi belum genap 1 tahun (per february 2012 ini 9 bulan) Di pekerjaan saya sebelum ini juga saya pegawai tetap tetapi hanya 15 bulan (kurang dari 2 tahun). Pertanyaan saya adalah, bisakah referensi dari kantor lama saya ditambah dengan kantor saya sekarang akan menggenapi persyaratan KPR bank yang minimal 2 tahun sebagai pegawai tetap? Apakah persyaratan “2 tahun sebagai pegawai tetap” di BTN itu benar-benar mengikat dan tidak ada “negoisasi”? untuk “menanggulangi” masalah ini, saya berencana mengambil cicilan yang hanya 23% dari total income saya, apakah itu bisa menjadi pertimbangan agar KPR saya bisa diterima? karena setahu saya batas maksimum kredit adalah 30% dari total income. Terimakasih sebelumnya atas jawabanya ya pak.

    Salam,

    Michael

    Michael

    Januari 30, 2012 at 5:52 am

  157. ya bingung banget, mau ambl rumah tp g ada dfana, mau ambik kpr g tau aturannya, jd bingung, klo ada yang tau prosesnya , jelasin dong, dari pertama sampai lunas ? tx gan

    muhamad sobirul

    Februari 6, 2012 at 5:35 pm

  158. Banyak juga ya pilihan bank untuk apply KPR.

    Pak Tani

    Februari 13, 2012 at 1:02 pm

  159. ass…salam.kenal mas pri..mohon jawabanx..
    sy inginmenanyakan mengenai hak kepemilikan rumah,.. apakah bisa mengubah hak kepemilikan rumah dari nama suami ke istri ? dimn rumah ini msh dlm statuskredit (kpr) dan br berjln 4 thn, jd msh sisa 6 thn kreditnya… apakah ada peninjauan kembali dari bank kpd istri sbg pemegang kepemilikan ygbaru ?…thx

    shanty

    Maret 18, 2012 at 5:15 pm

  160. Halo semua. Saya ada rencana mengajukan KPR untuk rumah seharga 1,3M, DP 600juta. ingin mengajukan selama 15 tahun. Annual salary saya 445 juta p.a. Dengan penghasilan demikian apakah KPR saya bisa diapprove? Mohon info bagaimana caranya supaya bisa mengajukan KPR. terima kasih

    sarwoto

    September 17, 2012 at 9:03 am

  161. hallo bapak2 saya mau tanya kalau mau kpr tapi buat nama anak kerjanya marketing belum ada gaji tetap bisa kpr gak ?di dukung oleh slip gaji bapaknya .bisa gak bank apa sebaiknya tolong infonya .terima kasih

    anne

    September 21, 2012 at 6:11 am

  162. KPR Mandiri lebih aman dari perkembangan suku bunga

    mandiri

    Oktober 21, 2012 at 7:01 am

  163. I am genuinely happy to read this website posts which includes tons
    of valuable data, thanks for providing these kinds of statistics.

    what causes bad breath

    Desember 20, 2012 at 4:31 pm

  164. It’s remarkable designed for me to have a website, which is helpful in support of my knowledge. thanks admin

  165. Bu Saya Monanya Saya karyawan Suwasta di jakarta saya sudah jadi karyawan 3thn,Sampai saat ini saya masih susah memiliki rumah,Apa Bisahkah saya mengajukan KPR tapi Bang yang menangung Biyaya Kepemilikan rumah,Saya tidak punya uang untuk bisa Dp rumah,Tlg di info ke saya.Trimakasih

    Iksan

    Juli 13, 2014 at 2:21 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 489 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: