Anjar Priandoyo

Cara menjadi auditor IT

with 30 comments

Sebelumnya terimakasih atas sekian banyak email yang masuk baik lewat blog maupun email pribadi saya. Mohon maaf karena begitu banyak kesibukan saya baru menyempatkan menjawab sekarang. Pertanyaannya sebagai berikut.

salam kenal,
Mass.saya mau nanya.
saya baru mau lulus kuliah dari jurusan komputerisasi akuntansi. saya sangat tertarik untuk menjadi seorang auditor IT.
oleh karena itu saya ingin menanyakan beberapa hal, antara lain :
1. apakah syarat utama (yang harus dipenuhi) untuk menjadi seorang auditor IT
2. haruskah kita menguasai semua hal yang berhubungan dengan IT dan IS
3. biasanya untuk melamar pekerjaan sebagai seorang auditor it, jenis test apa
aja yang mesti dilalui ?
4. boleh gak kasih referensi perusahaan, yang baik dalam perekrutan
maupun untuk karir kedepan.
terima kasih.

Jawaban:
1. Syarat utamanya adalah kemampuan analisa yang baik, audit IT sebagaimana audit keuangan dasarnya adalah logika. Semakin baik logika tentunya hasil pekerjaan auditnya lebih baik. Tapi penilaiannya agak susah, sehingga paling gampang adalah kemampuan komputer dan akuntasi yang baik. Praktisnya, kalau kamu dari jurusan akuntasi atau IT atau variannya misal komputerisasi akuntasi artinya background kamu dah cukup untuk jadi IT auditor. Tinggal apply ke perusahaan atau buka kantor audit / konsultan sendiri. Dengan begitu kamu sudah menjadi IT auditor. Gampang kan :)

2. Ya, sebagaimana konsultan perminyakan yang mempelajari tentang dasar minyak bumi. Auditor IT harus menguasai semua hal yang berhubungan dengan IT mulai dari network sampai programming. Masalahnya tinggal sedalam apa, ini yang perlu pelan-pelan.

3. Tes, standar-standar saja dari psikologi, logika, bahasa inggris

4. Biasanya KAP-KAP menawarkan tempat untuk kerja praktek atau magang, mulai dari sana saja dulu. Syukur-syukur bisa ikut dalam rekrutmen terbukanya. Kesempatannya seperti ini biasanya terbuka lebar saat akhir tahun.

-Anjar-

salam kenal ya pak
nama saya putri saya masih berumur 21 tahun, saya mo nanya apa yang mesti saya pelajarin kl saya ingin jadi Auditor TI, ato saya mesti nambah kuliah/pengetahuan apa, sehingga saya punya kemampuan utk jd auditor TI

Kalau di kampus pernah diajarkan audit IT sebenarnya ilmu anda sudah cukup tinggal mencari pengalaman dilapangan.

Mas anjar, saya kul di bidang IT (Komputer Akuntansi), lulus th 2002, sekarang saya mengajar. Tapi saya ingin bekerja sesuai bidang saya, kalau bisa lebih mendalam lagi. Saya ingin belajar tentang audit baik komputer audit maupun akuntansi audit. Kira2 mana yang lebih dulu saya pelajari dan saya harus mulai dari mana. Karena ada lowongan pekerjaan sebagai auditor. Saya ingin pekerjaan itu.

Paling dasar bisa lihat dibukunya Ron Weber, dari situ sudah cukup lengkap. Tinggal mencari pengalaman di lapangan :)

About these ads

Written by priandoyo

Januari 19, 2007 at 8:49 am

Ditulis dalam Teknologi

30 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Dear Anjar,

    Hope u give a suggestion for me. I’m now working in small Registered Public Accountant. My leader wish me to stay here and join as partner. But i just want get exprience here, and next i will bw hunting new job. According your opinion, best way i must choose. Thank before

    Best regard

    Muhammad Aziz Abdulloh

    Januari 23, 2007 at 11:55 am

  2. Salam kenal Mas Anjar, boleh minta contoh kasus dari seorang auditor, kertas kerja, dan action plan, serta recomendation dari It Auditor.

    Sukses Selalu Mas

    Best Regards
    Firman

    440194soft

    April 19, 2007 at 2:30 am

  3. Wah ini requestnya banyak banget :) saya coba susun ya. Soalnya kebanyakan client confidential

    priandoyo

    April 19, 2007 at 8:09 am

  4. hehehe.. iya neeh mas, soalnya biar lebih jelas keep track dan lebih kelihatan kerjaan seorang IT Auditor itu. tak tunggu mas, but ndak usah buru2 kok & jgn sampe ganggu kerjaan utamanya mas ;)

    Moch. Firmansyah

    April 28, 2007 at 1:57 am

  5. Ikutan lagi ya Mas Anjar … :)

    Katanya Ron Weber ada 4 bidang pengetahuan untuk menjadi IT Auditor :
    – Traditional Auditing
    – Computer Science
    – IT Management
    – Behavior science
    Kalau menurut saya sekarang perlu ditambah satu lagi : Law & Regulation.

    Untuk dapat gambaran yang rinci serta panduan teknis tentang tahapan audit TI dapat dilihat pada ISACA Standar, Guidelines, and Procedures for IS Auditing. Cukup lengkap dari mulai aturan kualitas minimal buat auditor (standar), bagaimana mencapai aturan itu (guideline) dan beberapa usulan panduan implementasinya (procedure).

    Kalau di Indonesia, kita di Ikatan Audit Sistem Informasi Indonesia (www.iasii.or.id) baru sanggup nyusun sampai Standar aja dulu, yang panduan implementasi masih dalam proses.

    Chandra Yulistia

    Agustus 2, 2007 at 3:27 pm

  6. mas…ikutan nimbrung yak..
    backgroundku akuntansi nih..tapi aku tertarik ma bahasan tentang Audit TI..cos di kuliah aku gak dapet tentang audit TI..aku taunya aja dari internet,trus q cek ke temen yang kul di informatika ternyata mereka dapet…. padahal kalo dipikir2 nantinya meskipun yang diaudit adalah sistem di sebuah perusahaan/instansi, tetapi ujung2nya juga ke masalah keuangan kan..harusnya sih di kuliahku diajarin yah..cos ak aja jg dpt ttg sistem informasi akunt ma sist. ak. manajemen..

    nah..skarang q pgn ngangkat jadi tema skripsi nih mas..tapi masih bingung mau ambil aspek yang mana yang bisa q hubungin sama akuntansi..
    tolong bantuannya ya mas..yah mungkin saran gtu…kl bs jawab di emailku yah..terima kasih buanget…kalo bisa segera dijawab ya mas..

    neng_nyit2

    Agustus 27, 2007 at 5:21 am

  7. asswrwb..
    Mas Anjar…
    Saya Elda anak Kmputerisasi Akuntansi Bina Nusantara..
    Saya S1…
    dan mengambil peminatan Audit SIstem Informasi..
    Belajar COBIT, ISACA..,Dll..
    Kalo blh tau…
    saya blh gk tanya2 ttg kerjaan IS AUDITOR…?
    Krena saya sangat tertarik utk jadi IS AUditor..,
    oya jd IS Auditor itu harus punya sertifikasi CISA apa bgmana…?
    Tlg dibantu yah…
    Maaf merepotkan…
    terimakasih banyak..
    wasswrwb

    Elda

    September 4, 2007 at 5:34 am

  8. Assalamu’alaikum….
    Saya ingin mengetahui apa saja yang mesti kita pahami, materi yang mesti kuasai jika kita ingin menjadi seorang auditor atau seorang akuntan..
    sebelum dan sesudahnya makasih banyak…
    Wassallam.

    andhar

    Oktober 5, 2007 at 6:26 am

  9. Assalamualaikum.”….
    Mas.. aq lg bingung cari tempat Kerja Praktik di perusahaan minyak ny…. Bisa bantu gak mas, mungkin no. telp / alamat yang bisa di hubungi…sebelume makasih ya mas……

    dhamas

    Desember 5, 2007 at 8:25 am

  10. malam mas saya pengen ngisi data audit program. tapi aku masih binggung ntah kayak mana yang namanya audit program. tolongin aku bikin ya mas makasih

    muhammad sar'i

    Desember 11, 2007 at 1:04 pm

  11. asswrwb..
    Mas Anjar…
    mo nanya donk ada ga referensi buku atau e-books atau website untuk belajar Audit TI….saya masih awam banget nih tapi pengen tau tentang Audit TI dan apa aja yang harus saya persiapkan…dan kira2 untuk buat skripsi tentang Audit TI susah ga ya….tolong bantuannya ya mas..yah mungkin saran gtu…kl bs jawab di emailku yah..terima kasih buanget…kalo bisa segera dijawab ya mas..

    ardi

    Januari 14, 2008 at 10:53 am

  12. Mas Anjar, mau bertanya nih,
    Saya kebetulan bekerja di perusahaan konsultant InfoSec, tapi saya masih terhitung pemula dan masih sangat kurang pengalaman, walopun umur sudah agak jauh hehe, tapi saya amat tertarik pada IT Auditor dan mau bergabung menjadi member IASII (gimana caranya mas Chandra ?), saya baru mendapatkan CEH, dan sedang mempertimbangkan untuk mengambil CISA tahun ini atau tahun depan, apakah saya sudah telat untuk terjun ke dunia ini atau bagaimana ya mas? masih ada kemungkinan gak ya untuk bekerja sebagai IT Auditor di tempat lain? mohon pencerahannya.

    Thanks.

    BimBim

    Juli 22, 2008 at 4:44 am

  13. Salam kenal dari saya buat Pak Anjar Priandoyo..

    Begini pak,, saya Insya Allah tahun ini tamat dari salah satu perguruan tinggi swasta dengan Jurusan Teknik Informatika. Akan tetapi saya bekerja dibagian Engineering M/E disalah satu Rumah Sakit Swasta di Balikpapan.
    Dan di perguruan tinggi saya sendiri pelajaran mengenai Hardware atau Software sangat minim sekali. Dan saya memahami Hardware dan Jaringan saya dapatkan secara Otodidak.

    Yang ingin saya pertanyakan bagaimana atau apa langkah2 yang harus saya ambil atau pelajari kembali jika saya ditawarkan menjadi IT atau EDP di Rumah Sakit saya bekeerja sekarang, baik dari segi Hardware atau Softwarenya..

    Regards,,
    Lord Joe

    Lord Joe

    Agustus 8, 2008 at 5:30 am

  14. Salam kenal Mas Anjar, boleh minta contoh kasus dari seorang IT auditor, kertas kerja, dan action plan, serta recomendation dari It Auditor.

    Royto Jacobus

    Januari 8, 2009 at 7:04 am

  15. Dear mas Anjar..
    Untuk menjadi seorang auditor apakah harus punya sertifikasi khusus? Ataukah cukup dari lulusan S1 Ekonomi Akuntansi?
    Terimakasih dan saya tunggu jawaban secepatnya

    Dwi Ratnawati

    November 7, 2009 at 3:12 am

  16. Salam Kenal

    Mas saya tertarik untuk menjadi seorang IT Auditor dan pada saat ini saya bekerja sebagai Operator Data Center di sebuah bank swasta di jakarta…lalu langkah pertama yang harus saya pelajari apa mas..???
    Mohon bimbingannya.

    Terimakasih

    Anggoro Budiyanto

    Desember 14, 2009 at 1:25 am

  17. Untuk Audit Sistem IT di Indonesia, adakah lembaga audit IT yg bisa digunakan untuk meng-audit sistem IT data center kami termasuk mengeluarkan sertifikasi/hasil auditnya?

    Terima kasih.

    Slamet Puji Santuso

    Februari 19, 2010 at 4:04 am

  18. Slam knal pa’ slama sy kulh dan mngmbil jrusan komp.akuntansi sy sngat trtarik u/ menjdi auditor tp sy bingung gmn carax?? harus d mulai dr persiapan apa???

    Mawaddah

    Maret 4, 2010 at 2:32 am

  19. mau nanya cara menghitung bangunan dan jalan dan jembatan

    Bakran,SE

    April 23, 2010 at 12:53 am

  20. Salam kenal,
    ada gk contoh laporan Audit IT pada suatu perusahaan,, kalo boleh saya minta dong,, kirim ke email ya,, thanks..

    gerlan

    Februari 21, 2011 at 3:36 am

  21. salam kenal,….

    saya lulusan IT, udah hmpir 2 thn kerja
    1 tahun lebih di departemen IT, sisanya masuk ke departemen internal audit dalam perusahaan yang sama
    tp saya ingin meningkatkan Audit IT karena di perusahaan sekarang kurang menantang
    apakah saya bisa menjadi Audit IT ???
    ada saran tidak buat saya ???

    terima kasih (^_^)

    Fajar Setiawan

    April 6, 2011 at 6:48 am

  22. untuk kuliah kurang cukup modal…gmana caranya supaya saya ingin menjadi IT

    hasanudin

    Juni 2, 2011 at 3:07 pm

  23. mau cepat jadi Auditor IT/lainnya… kursus/pelatihan saja ke YPIA di jakarta 2 minggu untuk dasar I…lanjut sampe managerial jika perlu…………… jadi deh…. auditor yg bersertifikat……

    Fauzan m

    September 7, 2011 at 8:39 am

    • administrasinya berapa tuh mas?

      santara 1407

      Januari 4, 2012 at 3:09 pm

  24. Mas saya sangat tertarik dengan audit, saya selama ini bingung bgm sih melaksanakan auidt yg benar, dan apa saja yg kita hrs audit, dan agar kita bisa fokus dengan kerja audit bgm ya mas?

    Ben

    September 22, 2011 at 8:21 am

    • gimana jah blh

      mutiara citra ningsih

      Oktober 4, 2011 at 7:27 am

  25. THATS GOOD JOB,I WANNA
    BE A AUDITOR

    Nataline Sin Beib

    Oktober 26, 2011 at 5:37 am

  26. Menjadi seorang auditor IT adalah tidak mudah, Tuliskan salah satu sertifikasi untuk menjadi auditor bidang IT, kenapa seorang auditor IT haruslah seorang yang memiliki pemahaman, pengalaman dan skill professional IT yang sangat baik.

    fahmi

    Desember 17, 2011 at 7:54 am

  27. Kalo IT-nya kuat, tapi ilmu terapan gak kuat, bisa jadi auditor IT ?

    Jual Tanah

    April 28, 2012 at 2:40 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 483 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: