Anjar Priandoyo

Berapa gaji engineer itu? tips interview

with 418 comments

Salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan rekan-rekan pada saat akan interview, pindah pekerjaan ataupun mempertimbangkan antara menjadi karyawan atau wirausaha, adalah tentang gaji, berapakah kita akan dibayar untuk mengerjakan pekerjaan yang sangat membosankan itu. Menjawab pertanyaan ini kita perlu mempertimbangkan beberapa hal:

A. Standar Kompetensi
Pada negara berkembang (indonesia tepatnya) Engineer Telco menduduki kompetensi termahal dibandingkan rekan-rekannya di Informatics, Machnine (Manufacturing), Oil & Gas, Civil, atau Chemical. Hal ini didasari fakta bahwa:

1. Pass in grade elektro ITB, UI, UGM, STT, ITS dan bahkan univ. swasta termasuk paling tinggi dibandingkan bidang yang lain. Lebih khusus lagi elektro Telkom menduduki rangking top dibanding arus kuat, arus lemah dsb dkk.

2. Industri Telco di Indonesia sedang tumbuh pesat, bandingkan dengan era 70-an dimana Civil construction booming. Pertumbuhan ini juga didukung dengan working environment yang lebih nyaman dibandingkan pekerjaan di Oil Drilling, di proyek-proyek civil yang panas dan berdebu, atau dibandingkan project ditengah hutan dan laut. Umumnya pekerjaan Telco dilaksanakan diruang-ruang bising ber-AC ditengah2 pagi buta.

B. Standar Industri
Telkom Indonesia yang kapitalisasinya mencapai 150T dan next 2010 ditargetkan 300T, memberikan profit yang lebih besar dibandingkan Pertamina dan Bank Mandiri, para raksasa di kategorinya masing-masing. Indonesia diuntungkan jumlah user yang besar, barrier telco yang rendah, dll silahkan dianalisa sendiri, compare to others.

C. Standar tipe pekerjaan (vendor atau end user)
Vendor termasuk konsultan, auditor, lawyer, creative, etc professional third party seperti Siemens, Ericcson, Nokia, ZTE, Huawei memiliki tipe pekerjaan yang berbeda dibandingkan end user semacem XL, atau ISAT.

Vendor seringkali menggaji engineernya diatas end user mengingat waktu kerjanya yang lebih panjang, ready to call, standby dkk pressure lainnya. Vendor pada umumnya memiliki kesempatan belajar yang lebih besar dibandingkan end user. Dan vendor seringkali berstatus temporary employee, mengingat ketidak pastian project, kebijakan global (ex: Siemens)

Analisa Gaji:
Langsung aja berikut analisanya:
1. Major GSM player (TSEL, ISAT, EXCL)
a. Fresh Graduate Staff (>4 juta, total/month)
Experience Staff (4 juta x 10-20% each year increament)
b. Supervisor/Analist (for some company using specialist): Twice the staff, 8-12 juta
c. Manager/Specialist: twice the supervisor, 15-25 juta
Example: XL fresh: 4.5 juta (include bonus, facility)

2. Secondary player (BT, FREN, also new comer HTT, NTT)
Fresh Graduate (2> juta, total.month)
Example: Bakrie Telecom Fresh: 1.7 juta (exclude facility etc)

Tips Negoisasi Gaji:
1. Untuk fresh graduate, atau 1-2 tahun experience tapi blum proven. Lebih baik pasrah aja, company yang bagus dah ada standar gaji untuk fresh grad-nya. Bilang aja gaji ngikut standar sini.

2. Untuk experienced telco, tentukan standar anda berapa, misalnya masuk TSEL, dengan experienced anda 4 tahun misalnya, sangat wajar anda minta 8-12 juta untuk posisi tersebut.

3. Untuk experienced non telco, Anda bisa menggunakan rate yang sama seperti yang telco namun lakukan adjustment 20-30%. Biasanya non telco meng-expect gajinya terlalu rendah.

Kalau gaji dah ok terus?
Semisalnya gaji anda dah ok, ini tergantung standarnya gimana.
1. Ada yang menggunakan rumus universal, pindah itu kenaikannya minimal 200%, tapi ada juga gpp naiknya cuman 10% atau malah turun asal bisa di Telco Industry
2. Ada yang pengen di vendor biar bisa keluar negeri, ada yang pengen kantornya di Mega Kuningan biar deket rumah di tebet misalnya.
3. Ada yang menginginkan biar jadi field ops. di Sleman Jogjakarta misalnya, biar kata gaji kecil tapi kan di daerah. Bisa kaya raya nanti.

Kalau gaji anda sudah ok, baru tentukan plan 3-4 tahun kedepan mau seperti apa. Mau pindah lagi monggo, mau tetep disana sambil sikut sana sini untuk cari posisi ya monggo. Masukkan pertimbangan diatas untuk negoisasi lagi.

PS: Hitungan standar gaji ini menggunakan bulan, agak berbeda dibandingkan barat yang menggunakan annual incomen. Ini untuk memudahkan saja.

Referensi Tambahan:
Report Salary survey 2006
versi Kelly Services data diambil sebagian besar dari MNC, Kelly adalah consultant HR
versi HRD-club yahoogroups, mencangkup banyak local company
Saya kurang menyarankan menggunakan dua survey tersebut, karena deviasi yang besar, gaji antara company class A, B atau B+ tidak bisa diseragamkan

Last update: 22 Nov 2007, perlu diingat tulisan ini dibuat awal 2007, data dan catatan mungkin telah banyak berubah

About these ads

Written by priandoyo

Februari 22, 2007 at 4:02 am

Ditulis dalam Standar Gaji

418 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. info nya bermanfaat, thanks :)

    Biho

    Februari 22, 2007 at 8:54 am

    • gw baru kerja di bidang telko selama 6 bulan tapoi gw liat gaji gw ama senior2 gw gak sebesar yang saudara sebutkan terima kasih

      junior

      Oktober 21, 2009 at 3:41 pm

  2. Pekerjaan sbg auditor juga cukup ok loh. Memang gaji pertama tidak sampai 4 jt (auditor fresh graduated di Big 4 biasanya sekitar 3 jt). Namun jika mereka bertemu 7-8 th kemudian di mana pekerjaan masih di tempat/industry yg sama, umumnya gaji auditor akan lbh besar, demikian juga level-nya. Mengapa demikian? Sebab di perusahaan KAP Big 4, umumnya jenjang karir sifatnya pasti. Tentu dg catatan karyawan tsb prestasi-nya baik (tidak harus sangat baik, tetapi cukup baik saja sudah memadai utk tiap tahun dpt promosi). Di samping itu, tentunya faktor peruntungan jg perlu di masukkan :)
    Salam.

    Santori Malinton

    Februari 22, 2007 at 9:54 am

  3. Faktor peruntungannya yang bisa jadi sangat signifikan mas Santori hihihi

    priandoyo

    Februari 22, 2007 at 10:04 am

  4. Umumnya pekerjaan Telco dilaksanakan diruang-ruang bising ber-AC ditengah2 pagi buta.

    yoih.. seperti sekarang ini, gua mesti melek sampe pagi karena ada kerjaan.

    Azil

    Februari 22, 2007 at 9:08 pm

  5. Hehehe, tapi lemburnya kan kenceng mas Azil ;) sebanding lah sebanding

    priandoyo

    Februari 23, 2007 at 1:08 am

    • aneh, kok lsg nge-judge klo semua oil n gas kerja panas2an ya? gw di epc kerja kantoran tuh, ruangan ber-AC, dtg jam 8 pulang jam 5, tp seringnya dtg jam 9 pulangnya ya jam 5 jg. pengalaman 3 taun, dibayar 15jt. ok gak?

      aneh

      Juli 15, 2009 at 8:26 am

      • bokissssssssssssss,,,ngimpi loooo…epc indonesia pengalaman 3 taon dpt 15 jt BULSHITTTTT…huahahahahah,,sintingggg…lo penganguran kali yaaa,tapi punya mimpi kerja dengan gaji besarr

        yos

        Agustus 18, 2009 at 2:35 pm

      • kepada YOS GUOBLOK bin TOLOL

        klo kerja di EPC lokal 3 taun minta 15jt emang bulshit, tp klo di EPC asing 15jt untuk pengalaman 3 taun sih biasa aja GOBLOOOK!!

        kambing

        Maret 28, 2010 at 3:11 pm

  6. Jadi inget pas masih fresh graduate di tahun 1997, salary 850rb/bln -> setelah dipotong pajak, THP sekitar 750rb-an/bln.. :-D

    Lah kok sekarang dapet info dari Mas Pri, kalo BT cuman ngasih sekitar 1,7jt/bln yah..?

    fajaradi

    Februari 23, 2007 at 2:16 am

  7. Lha mas Fajar, jaman tahun 1997 kan belum krisis kali. Malah termasuk tinggi kan jaman segitu untuk fresh ;)

    priandoyo

    Februari 23, 2007 at 3:21 am

    • pada bermental gaji semua .. bukannya nge-gaji orang .. selamanya yg namanya gaji ditentuin bos haahahhaah

      hadi wijaya

      Maret 2, 2011 at 2:07 am

      • tuuuul bos hadi

        pandu

        April 24, 2012 at 7:46 am

      • Gagih itu di tentukan kwaitas dan produktifitas potensi SDM nya , sangat wajar kalau manusia berkwalitas harus mendapatkan gajih yang lebih layak & kehidupan yang lebih baik ha ha ha ha
        Salam Sukses selalu

        ajie

        September 15, 2012 at 3:41 am

  8. Makanya saya bingung, kok bisa BT hari gini kasih salary 1,7jt/bln utk fresh graduate. Lah di tempat saya aja sekitar 4jt/bln kok..

    fajaradi

    Februari 23, 2007 at 4:04 am

  9. memang rata-rata 1,7 s/d 1,9 juta.
    tapi anehnya tamatan stm sama-sama fresh graduated cuma beda 200 s/d 300 rebu kok, dunia telco yang aneh ;)

    Biho

    Februari 23, 2007 at 6:48 am

  10. met kenal mas, adik aku harus segera tahu nih infonya… maklum bentar lagi lulus telko… tnq bgt :D

    ilham

    Februari 23, 2007 at 8:59 am

  11. Mas Fajar: Gak persis hari gini sih Mas, mungkin 9-10 bulan yang lalu, siapa tahu sekarang ada adjustment. Tapi mas, kalau untuk secondary player semacam BT memang pas segitu ko.

    Mas Biho: STM-nya mana dulu mas Biho, kalau STM Sandhy Yudha Telkom (Purwokerto, Malang) saya rasa memang wajar segitu. Atau STM terbaik di daerah, macem STM Negeri 1 Cirebon, atau di Klaten saya lupa namanya apa, memang wajar.

    Kalau fresh graduate selisihnya memang ga terlalu jauh, nanti dalam perjalanan akan terlihat. Semacam tentara mas, kalau lulusan Akabri letnan dapetnya 700 ribu + 600 ribu laukpauk, Bintaranya ga beda-beda jauh, 500 ribu + 600 ribu lauk pauknya.

    Mas Ilham: Kalau adiknya baru lulus, lebih baik coba apply aja. Mumpung masih awal-awal, kalau ada apa-apapun ga terlalu beresiko. Tapi kalau ternyata pathnya bagus disitu bisa berkembang pesat bgt kan

    priandoyo

    Februari 23, 2007 at 9:20 am

  12. Mas Pri.. bukan STM Sandy Yudha.. emangnya sekolah mau perang..? kalo enggak salah namanya STM Sandy Putra, ada 3 lokasi : Jkt, Pwt dan Mlg. Perusahaan saya banyak merekrut lulusan STM ini.

    fajaradi

    Februari 23, 2007 at 9:24 am

    • Ada lagi mas bro
      SMK TELKOM SANDHY PUTRA MEDAN
      Saya alumni 2012 disana
      ;)

      Akhil Aziz

      November 14, 2013 at 12:20 am

  13. Hohoho, terimakasih koreksinya mas Fajar :D
    *kurang teliti, dah mau wiken nih

    priandoyo

    Februari 23, 2007 at 9:28 am

  14. STM negeri pembangunan Bandung mas Pri :)

    Biho

    Februari 24, 2007 at 12:46 pm

  15. Walah….ikutan lagi ah. Lagi ngomongin gaji enjinir ya? kebetulan daku juga enjinir nih,di perusahaan dideket pancoran itu tuh…yang kemaren Training Centernya kebanjiran hehehe… emang sih gajinya kalo diluar tuh sebenernya tinggi lho,bs mencapai > $5000 lho yg udh pegalaman > 2thn. Tp kalo disini waduh gk janji deh…dibayar > 7 jtan aja udh sukur hehe… (curhat nih yeee…)

    Salam
    Sonny

    Sonny

    Februari 24, 2007 at 5:54 pm

    • ini baru benerrr curhatt,,yang diatas tuch pada ngimpi mas,,masa pengalaman 3 taon ada yg dpt 15 jt…bikin emosi aja dengernyaaa,,.>7taon aja cm dpt 7 jt,,..apus aja tuchh tanggapan yg ga jelas,,and yg bikin situs ini juga gilaa,,masa Fresh Graduate Staff (>4 juta, total/month)…ngimpi kalii yaaa…yg punya situs ini pengangurann yang ngimpi punya pekerjaann dengan gaji besarrr

      yos

      Agustus 18, 2009 at 2:40 pm

      • Mas Yos, kalau di NSN memang engineer freshgraduate plg kecil gaji pokok 6-8jt itupun thn 2007,dan diluar overtime biasanya 1kali gaji,kalo di area malah bisa plg pagi terus,bs 1,5 gaji pokok.kebayang khan bisa 2,5Xgaji pokok.tp freshgrad teknik elektro yg diambil dr Univ Negeri UI,UGM,Unpad.swastanya STT Telkom and Trisakti biasanya
        makanya cobain dulu di perushaan eropa.ini bukan ngimpi.
        gue udah 4taun disana,ga pernah terima gaji 1digit.Admin aja bs bw 7juta sebulan,apalagi engineer

        sophia

        Agustus 20, 2009 at 12:13 am

  16. btw mas pri itu kerja bidang IT kan? kok bicarain telekomunikasi jg sih… (pingin tau aja hehehe…)

    Sonny

    Februari 24, 2007 at 5:57 pm

  17. Ada gak yg bisa mensurvey gajinya entrepreneur?
    Penting buat saya untuk benchmarking.

    John McIntosh

    Februari 25, 2007 at 12:09 am

  18. Mas Sonny: Wah harus bersyukur mas, pantesan banjir kemaren ga ngaruh ya. Tetep hepi aja, lha wong gajinya ok begete. Kenapa ngomongin Telco? mmm, topiknya seru, lagi bagus perkembangannya. Lagian dulu juga orang Telco hehehe

    priandoyo

    Februari 26, 2007 at 1:50 am

  19. [...] ini juga terkait, postingan terdahulu tentang perbandingan gaji, perbandingan perusahaan, perbandingan kpr, perbandingan rumah dan perbandingan-perbandingan yang [...]

  20. koreksi mas pri..kaya’nya STT juga swasta dah, bukan Negeri….tapi di samping pass in grade nya tinggi Elektro telkom juga mahal2 biaya kulnya..??. tuk info aku lulusan D3 Elektro telekomunikasi skarang dah kerja di perusahaan telekomunikasi terkemuka status kontark,rencanaya sih mau melanjutkan ke S1 ke PT yang bagus … yang tapi masih bingung…biaya kul mahal baget stauku di STT program pidahan dari D3 ke S1 4 juta persemester,malahan klo’ di UI 4,6 /semester..ga’ tau klo’ di ITB,UGM ITS ..dll..mohon pencerahannya…trims

    Makhanai-Hijau

    Maret 4, 2007 at 9:57 am

    • coba ja mas ngambil teknik elektro di UII yogyakarta, paling per smester skitar 3,5 jt an lah, tu juga trgantung mas ngambil sks full atau ga, kalo full biasanya segitu, ni saya da buktiin coz saya mahasiswa UII smster 4, sertifikat elektro uii international kok, g perlu kawatir

      IRHABY

      April 16, 2010 at 4:53 am

    • coba ja mas ngambil teknik elektro di UII yogyakarta, paling per smester skitar 3,5 jt an lah, tu juga trgantung mas ngambil sks full atau ga, kalo full biasanya segitu, ni saya da buktiin coz saya mahasiswa UII smster 4, sertifikat elektro uii international kok, g perlu kawatir, slam dari saya irhaby

      IRHABY

      April 16, 2010 at 4:54 am

  21. UGM, ITS tentunya lebih murah, tapi masalahnya kan lokasi kerja masnya dimana? kalau di Jakarta paling optionnya tinggal UI, Pancasila (yang lain mungkin tahu?) memang agak repot sih mas, tapi pendidikan kan investasi :) coba-coba deh cari alternatif informasi atau pendanaan yang lain, siapa tahu ada jalan.

    Yang jelas, kalau dah punya motivasi untuk sekolah jangan ditunda-tunda. Memang sih sekolah korelasinya sama karir atau income ga banyak. Tapi masalahnya kan motivasi, orang punya duit kadang juga males untuk S2 kan. Hayo mumpung sekarang masih semangat-semangatnya kejer terus deh, cari info dan kesempatannya.

    priandoyo

    Maret 5, 2007 at 1:32 am

  22. wah infonya bermanfaat banget..
    makasih yah..

    mmm..
    kapan yah gaji gua nyampe angka duapuluh???

    orido

    Maret 7, 2007 at 1:50 am

  23. Jadi artis /aktor pak :), minimal pemeran utama rangenya 20-25 juta per episode… anggaplah per episode/hari ..klo 1 bulan berarti 600-750 jUta… anggaplah biaya perawatan /bulan 15 juta, beli baju 15 juta /bulan… Wah kalah deh Presdir Perusahaan… dulu ada bocoran klo gaji presdir di perusahaan di mega kuningan 378 juta/bulan wktu tahun 2003 kemarin (khusus presdir org luar negeri lho… klo org indo pasti dibawah itu :( )…
    Bagimana klo kita exodus dari engineer jadi artis/aktor ..jadi artis kgk perlu kuliah ampe S2-S3

    yansi

    Maret 9, 2007 at 11:16 am

  24. Kalo Pak Fajar mah nggak usah liat gaji…lha wong pendapatan besarnya bukan dari gaji kantor kok…hue..hue..hue…makanya beliau nggak pusing mikirin gaji…mendingan nyari sabetan di lahan yang lain…biar rumahnya nambah lagi jadi 4…huehuehue….

    itsmile

    Maret 12, 2007 at 10:44 am

  25. Wah ngomongin soal gaji … sy mau nanya nih siapa tau dpt pencerahan..
    Utk IT dengan pengalaman 5 tahun salary ideal brp ya … apa tergantung kelas perusahaan ?…
    trus background sy telkom d3 lulus 2001 n skrg br lulus s1 telkom jg .. tp 5 thn ini di IT .. kalo mau blk lg ke telco company , katakanlah isat , tsel, xl dan sejenisnya gimana ya … perlu strategi khusus gak ? Thks

    Teddy

    Maret 13, 2007 at 2:15 am

  26. Kalau di perusahaan kecil bagaimana? Apakah musti seberat yang diberikan XL?

    Kang Kombor

    Maret 13, 2007 at 7:31 am

  27. Oh ya mumpung ngomongin soal gaji …. n lamaran
    kalo sy dgn di IT 4 thn kalo ngelamar ke telco company , CV yg sy harus buat gimana y biar cukup layak utk dipanggil …. basic edu sy S1 Telco . Thks

    Edi

    Maret 13, 2007 at 11:19 am

  28. >> Umumnya pekerjaan Telco dilaksanakan diruang-ruang bising ber-AC ditengah2 pagi buta.

    walah! saya harus berpanas ria dan berhujan ria kang! emangnya kalo RBS dan Microwave ndak dipasang dan diinstall orang2 ber AC bisa kerja? ;))

    awaloeddin devie

    Maret 16, 2007 at 8:18 am

  29. Mas Itsmile (baca : Ismail).. jangan buka rahasia dong di sini… hua..ha..ha.. kalo di milis TR sih sudah jadi rahasia umum.

    fajaradi

    Maret 16, 2007 at 11:40 am

  30. mas teddy perlu sedikit research dulu kali yak, kalau bilang backgroundnya IT aja, sepertinya terlalu general, mungkin perlu cari tahu di development atau administration, di unix atau windows dsb dkk, teorinya gaji sekarang ya kira-kira freshgrad + pertumbuhan 10-20% pertahun. Tapi ya praktisnya tergantung offer dari compannya gimana, terus nego lagi.

    mas kombor teorinya sih di perusahaan kecil kita bisa lebih banyak belajar, lebih paham big picture pekerjaannya gimana, dan tentunya skala kepuasan, hubungan kerja dan banyak ‘value’ lain yang bisa didapat, yang bisa jadi sebanding dengan ‘gaji’ besarnya

    mas eddy CV yang penting laku dijual :) bisa googling lihat sample CV, sepertinya sih berlaku standar tidak hanya untuk Telco saja :)

    mas awal hehehe ampun mas ampun

    priandoyo

    Maret 16, 2007 at 12:04 pm

  31. mas fajar: wah apaan tuh mas ;) hehehe

    priandoyo

    Maret 16, 2007 at 12:06 pm

  32. Assalamualaikum mas….!!!!
    mantaBB bgt dah BLOG nya, asli keren, akhirnya ada juga orang yang mo ngasih tau pandangan soal gaji……….

    btw mo nanya neeh…klo orang model saya gimana!!!
    saya lulusan Teknik Informatika dari STM Negeri Pembangunan Jakarta (smkn 26 jakarta)
    udah ada pengalaman kerja (magang) di vendor 1 tahun di bidang networking, trus dah banyak berkecimpung di banyak project misalkan
    instalasi wireless access first project in Indonesia di PT Newmont Nusa Tenggara
    trus banyak lagi deh…..
    kira2 para perusahaan telco itu bisa melirik saya gak yah buat di jadikan karyawannya :( …….
    abis gimana saya mo kuliah gak ada duid :((…., rencananya sih kerja tapi sambil kuliah gitu..!!! duh jadi pusing saya
    udah itu aja dulu…semoga mas Pri bisa kasih solusi, atau teman2 yang lain bisa kasih aku solusi thx…..wassalamualaikum mail:ephidemict@gmail.com
    YM!: psycho_L061c

    faiza muhajir

    Maret 22, 2007 at 6:44 am

  33. boro ngomongin masalah gaji lawong kerja aja belum, bisa mimpi disiang bolong. tapi makasih banyak paling tidak punya standart gitu……………….
    tapi kapan yach?????????????????????

    gendu

    Maret 23, 2007 at 9:08 pm

  34. mas doain aku lekas dapet kerja ya………..

    gendu

    Maret 23, 2007 at 9:11 pm

  35. dah dulu ngantuk baget lihat fotonya mas priyandoyo mo bo2k dulu da……

    gendu

    Maret 23, 2007 at 9:21 pm

  36. mas pri dan teman2,
    saya ingin minta pendapat teman2, sebentar lagi saya pindah dari tempat kerja saya yang sekarang (semacam perusahaan trading alat2 ukur telco) sebagai application engineer ke sebuah vendor dengan alasan utama adalah saya tidak nyaman dengan pekerjaan dan lingkungannya selain itu saya , ketika sudah sampai tahap nego gaji, hrd vendorny minta slip gaji saya, yang saya ingin tanyakan, sebetulnya etis ga sih memberikan slip gaji ke perusahaan lain ketika akan nego gaji?
    Katany sih ga etis sebetulnya, tapi saya butuh itu pekerjaan ini karena saya sudah terlanjur resign sebelum mendapat kepastian di perusahaan baru ini.
    Mohon respon dan sarannya.
    Terima kasih

    rudyno

    April 1, 2007 at 11:04 am

  37. It’s a very nice blog…
    Lam kenal mas pri,
    Numpang nanya2 sedikit neh..
    Saya jebolan D3 Politeknik Negeri, Teknik Telekomunikasi.
    Pengalaman diindustri Telekomunikasi 2,5Thn (2 tahun di Manufacture Radio Telekomunikasi sbg Technical Specialist, 1/2 thn di slh satu big three GSM Operator sbg Field Operation Engineer)+RF Equipment,Tools,Repairing skills . Kira-kira gaji yang pas buat background segitu berapaan ya?? Soalnya saya agak2 kurang PeDe gitu, karena selalu beranggapan bahwa “saya sangat memerlukan pekerjaan dan bukan perusahaan yang sangat memerlukan saya”. Makasih.

    parulian_telecom

    April 2, 2007 at 8:06 am

  38. [...] Posts Nissan Grand Livina menghadang ToyotaBerapa gaji engineer itu? tips interviewDibayar berapa toh kerja di Hutchison (tri)Gaji 4.5 juta dapat rumah apa di Jakarta?Survey gaji Swa [...]

  39. [...] Posts Nissan Grand Livina menghadang ToyotaBerapa gaji engineer itu? tips interviewDibayar berapa toh kerja di Hutchison (tri)Gaji 4.5 juta dapat rumah apa di Jakarta?Survey gaji Swa [...]

  40. lho…knapa bidang telco hanya diisi dgn opeerator aja??
    jangan dilupakan vendor (ericsson, nokia-siemens, alcatel etc), kontraktor nya (nexwave, adacellworks, lexcorp etc) agent (aircommcs, noviacom, glotel etc) justru mereka ini yang memberikan salary luar biasa (buat gw…)
    setau gw agent dan kontraktor ini sanggup memberikan salary 3000 – 12000 usd/month
    dunia telco gak hanya telkomsel, indosat dan xl aja

    wedewe

    April 11, 2007 at 1:20 am

  41. Siapa bilang cuman operator aja mas :D, mangkanya baca-baca dulu nih: Telco vs Oil vs Banking. Susah banget kalau ngompare secara detail, ini kan demand driven aja postingannya.

    Gaji $3000-12.000 standard kale :D, ntar mas-nya dimarahin lagi sama orang-orang yang dah ngungsi ke middle east, us atau europe :P

    priandoyo

    April 11, 2007 at 2:00 am

  42. Ohh jadi gaji telco eng segitu yah… :O

    Iqbal_Ir

    April 11, 2007 at 4:42 am

  43. Kalo telco nya Tsel sekarang bisa jadi lebih diatas itu mas.
    dah fantastiknya 3 bulan sekali dapet bonus yang besarnya kira-kira 3 kali gaji bulanan. trus pulsa 500 rebung /bln

    pendatang

    April 12, 2007 at 10:36 am

  44. Peluang lulusan non-Telco kerja di telco sbrapa besar mas?
    Mechanical Engiiner bisa masuk di bagian mana?

    thx

    lexo

    April 14, 2007 at 5:21 pm

  45. Mech. bisa masuk di CME (Civil Mechanical Eng.) yang biasa bikin ngurusin tower-tower, power, sampe model perijinan baik direct atau cuman liase aja sama vendor. Diluar itu kalau melenceng-melenceng ke AE (bus.sol), channel mgmt, call center atau posisi2 yang various gradute bisa masuk.

    Kalau bicara opportunity sih pasti ada mas :), lebih gampang masuknya dari vendorn de.

    priandoyo

    April 16, 2007 at 1:16 am

  46. Mas Pri, minta tolong upload lagi salary survey versi HDR-Club, link diatas dah mati .. sedih ..
    Sekalian juga uplotin survey gaji 2007nya swa dunks.
    Makasih ya.
    Sandhi

    sandhi

    April 18, 2007 at 1:31 am

  47. Ok, request approved, lihat blog ini lagi deh, disana ada box.net, file2 yang bisa didownload dikumpulin disitu

    priandoyo

    April 18, 2007 at 9:47 am

  48. Saya kerja ditelco vendor, engineer 3..20jt/bulan. Sesuai standar inudstri nggak ya?

    Sarden

    April 20, 2007 at 2:47 am

  49. Mas Sarden, kurang detail kali ya Engineer3 tuh year experiencenya berapa, pegangnya apa, dicompany mana, dalam atau luar negeri. 20 juta masih standar kali ya

    priandoyo

    April 20, 2007 at 3:36 am

  50. (Umumnya pekerjaan Telco dilaksanakan diruang-ruang bising ber-AC ditengah2 pagi buta.) siapa bilang? aku sudah bekerja sejak 2004 dibidang telco di sebuah perusahaan kontraktor. pekerjaanku menfungsikan suatu BTS dan MW supaya dapat on service dan penduduk di sekitar BTS itu dapat menghubungi kerabatnya di manapun karena sinyal GSM nya sudah penuh. lokasi BTS itu bisa di tengah pulau, di pinggir hutan, di tengah kebun sawit, di tengah kebun karet, di atas bukit. mencapai lokasi itu tidaklah mudah, harus bercapek-capek. syukur kalo lokasinya di pinggir jalan, bisa parkir di depan site. kalo lokasinya di atas bukit, harus menaiki anak tangga yang (kalo iseng-iseng dihitung jumlahnya) banyak, bisa sampai seribuan anak tangga. kalo lokasinya di tengah pulau, harus menggunakan speed boat melewati muara yang ombaknya lumayan tinggi untuk ukuran speed boat. itulah gambaran perkerjaan telco di lapangan.

    arman

    April 21, 2007 at 11:55 am

  51. Yup, yup koreksi diterima. Fakta posting diatas sebagai ilustrasi. Memang pekerjaan field engineer Telco dilapangan tidak kalah -malah lebih- menggiurkan daripada yang di office. Terimakasih masukannya mas Arman.

    priandoyo

    April 23, 2007 at 4:10 am

  52. salam kenal mas..
    saat kemarin browsing2 standar gaji, saya nemuin blog ini,
    dan saya sangat tertarik dengan review n topik2nya, apalagi topik tentang “Berapa gaji engineer itu? tips interview”
    gini mas, saya sudah bekerja selama 1 tahun lebih di satu stasiun tv swasta nasional di Jkt
    sekitar 2 minggu kemarin saya diterima di perusahaan vedor telekomunikasi china, untuk posisi engineer.
    Perusahan melakukan penawaran gaji via telp.
    saat penawaran dilakukan di telp saya lansung terima dan tidak banyak komentar.
    tetapi setelah bertanya ke beberapa teman yang bekerja dan pernah bekerja di perusahaan tsb, gaji yang ditawarkan pada saya ternyata lebih kecil dari gaji yang pernah perusahaan tawarkan kepada teman2 saya saat mereka baru bekerja di perusahaan tsb (lebih kurang 1 tahun lalu).
    (FYI : teman saya benar2 fresh grad saat diterima bekerja)

    sekarang saya sedang menunggu panggilan telp untuk schedule tanda tangan kontrak.

    yang pengen saya tanyain ini mas
    – kenapa gaji yg ditawarkan kepada saya lebih kecil dibanding yg ditawarkan pada teman saya (sedangkan saat ini saya bukan fres grad lagi)
    – apakah disaat hari penandatangan kontrak nanti saya boleh/wajar/etis mengajukan konfirmasi ulang/reassessment/nego gaji lg? (walaupun saya tidak mendapatkan ekspektasi gaji yg saya harapkan setidaknya saya memperoleh standar gaji yg pernah perusahaan tawarkan pada teman saya.)

    mohon info dan masukannya mas
    terima kasih

    nov

    April 29, 2007 at 2:22 am

  53. Wah..bang Nov diterima di vendor Telco Cina..Huawei /ZTE ya ??Wah mending gak usah diterima aja,..nanti nyesel..dah tenaga diperas dan digaji kecil ,..so dipikir lagi dah,..setahu gue..di perusahaan tsb,.turn over karyawannya tinggi banget,.dan biasalah..kaya barang yg serba $1 gitu,.rusak..ya dibuang,..krn murah

    vendor_telco

    April 30, 2007 at 7:19 am

  54. bang vendor, klo gitu sy ngApply k t4 ente aj,
    ad lowongan gaks??

    skalian mo nanya ni bang vendor_telco, emang range basic salaryny berapa di vendor ini (HW/ZTE)

    nov

    April 30, 2007 at 8:14 am

  55. Hello mas pri dan teman2..

    saya bekerja sbg praktisi telekom selama 7 thn dgn gaji yg alhamdulillah bagus sekali…
    saya dr dulu sgt tertarik untuk sekolah lagi MBA telecom,dan kebetulan ITB-smpoerna buka kelas itu tahun ini..menurut temen2 kalian gmn ya?

    http://www.sampoernasbm.itb.ac.id/faculty.html

    uang kuliahnya lumyan mahal 80 jt

    pdhl universitas & prog studi baru…

    trims sebelumnya

    mr.humble

    Mei 1, 2007 at 10:25 pm

  56. thanks atas infonya….

    wahyu hariono

    Mei 3, 2007 at 3:38 am

  57. kalo engineer di perangkat lunak berapa bang ?
    trus posisi yang mungkin apa aja ? programmer, analyst , dsb..
    skalian minta bocoran gaji masing2 posisi..
    trus, katanya juga kalo informatika itb tarifnya agak beda? ada ‘jatah’ juga d beberapa perusahaan telco.. tul ga? heheheh…

    *pengen lulus tahun depan ni.. *

    defindal

    Mei 3, 2007 at 12:16 pm

  58. SAYA S1,ELEKTRO TELEKOM UNIV.TERKEMUKA DI JKT ANGKATAN 2000
    SUDAH 2THN DI KONTRAKTOR M&E GAJI CM 1,5JT,
    PUSING NIH
    ENAKNYA GIMANA YA, KELUAR AJA KALI YA?
    PENGENNYA KERJA DI PRSHN TELEKOM SIH
    ADA LOWONGAN GA YA SEKARANG2 INI??
    THX

    ERRR...

    Mei 3, 2007 at 2:51 pm

  59. yang penting management keuangannya mas, gaji besar penting, tapi kalo ya managementnya buruk sama aja boong. ya mungkin gaji dibawah 4,5 jt katanya gak bisa beli rumah, tapi pada kenyataannya gaji bokap n nyokap ane yang kalo digabungin sekalipun gak nyampe 4 jt ternyata sanggup punya rumah yang cukup besar, punya mobil, bisa pergi haji berdua n tentunya nyekolahin anak2nya sampe’ pada jadi tukang insinyur tanpa banyak masalah dan Alhamdulillah gak pernah kekurangan.

    rejeki itu emang aneh, banyak orang yang punya penghasilan tinggi tapi selalu merasa kurang, tapi ada juga yang sebagian besar orang bilang penghasilannya rendah, tapi ternyata selalu cukup. intinya mungkin rasa bersyukur kepada apa yang telah Allah karuniakan dan ikhlas menerimanya serta bekerja dengan sungguh2…

    itulah matematika Allah, kalo kita cman liat matematika dunia gaji dibawah 5 jt mungkin bisa dibilang gak cukup, tapi hidup ini gak sesimple itu mas. Percaya gak percaya, kalo 10 – 1 = 9 (matematika dunia) tapi bagi matematika Allah 10 – 1 = 19 atau lebih terserah Allah mao ngasihnya berapa…

    intinya saya cma ingin agar rejeki yang saya dapat bermanfaat baik di dunia dan akhirat… :) yang kurang dicukupkan yang lebih bisa bermanfaat…

    rizko

    Mei 4, 2007 at 11:16 am

    • bokap sama nyokap lo korupsi kaleeee……
      mana bisa gaji ga sampe 4 juta trus bisa punya rumah yang cukup besar, punya mobil, bisa pergi haji berdua n tentunya nyekolahin anak2nya sampe’ pada jadi tukang insinyur tanpa banyak masalah dan Alhamdulillah gak pernah kekurangan.

      matematika Allah sih matematika Allah, yang kurang di cukupkan tapi kalo ga di cari mana bisa dapat.

      ji

      Mei 23, 2010 at 1:29 pm

      • wah jangan picik gitu dong mas, ayah-ibu saya juga dulu sama, gajinya ga seberapa, bayangkan!ayah sy ‘cuma’ pns , tp beliau punya prinsip agama yg dipegang teguh, yang saya tau beliau pegawai yg paling jujur yang pernah ada, fyi:beliau bahkan awal masuk pns dari golongan smu awalnya, sambil coba2 bisnis mobil dan kemudian sambil kuliah lagi, hingga akhirnya jadi pucuk pimpinan di dinasnya, karena dipercaya oleh pimpinannya…saat itu jg ibu saya coba2 bisnis..dari yang kecil2an sampe properti…rumah kami jelek saat itu, bocor, tapi hidup kami sangat sederhana..nah,orang yang cuma pakai logika, pasti menebak kalau kami akan begitu2 saja hidupnya..

        tapi alhamdulilah kami sekarang (2012) punya rumah yang layak di tengah kota bandung, banyak rumah yang disewakan, mobil untuk tiap anak2nya, sawah, tanah, naik haji, umroh dsb….satu yang saya banggakan adalah, kami anak2nya semua masuk perguruan tinggi negeri semua..saya sendiri dokter yang kerja di perusahaan oil&gas, adik saya dokter juga, yang paling kecil di kantor pajak sambil mengambil MBA di ITB..semua anak2nya bisnis, dan skrg ortu saya pun tinggal menikmati passive income saja

        itulah, ibu saya pernah bilang, Allah kasih rezeki tidak selalu dalam bentuk UANG dan harta..karena banyak juga koruptor2 yang punya bermilyar2, tapi hartanya tidak bisa dinikmati krn diperiksa, ataupun sakit

        percayalah matematika Allah SWT, jauh di atas logika manusia.jangan berhenti percaya, kalau nikmat Allah itu luas untuk hamba-Nya

        salam,

        dr.R

        dr.R

        Januari 4, 2012 at 8:45 am

    • ya iya lah… jaman bokap lu 4,5 jt tu gede…

      hariz

      Desember 23, 2010 at 3:41 pm

  60. mohon pencerahannya dung,
    saya alumni stmn pembangunan jkt jur. Listrik Industri
    sekarang kerja di telco – vendor lokal & merasa cukup enjoy di dunia telco, ada recommend tempat kuliah ekst. malem yg bagus di jkt, rumah di kalimalang, yg cukup terjangkaulah, tp dgn kondisi engineer telco – yah semua taulah yg kerjanye gak kenal waktu & jarak

    thanks.

    hendi

    Mei 10, 2007 at 8:36 am

  61. Mas anjar atau temen2 semua disini, ada yang tau standar gajinya PSN (Pasifik Satelit Nusantara) untuk fresgrad???

    Thx

    Kurniawanto

    Mei 15, 2007 at 8:27 am

  62. [...] CSM vs PSN: provider satelit terbaik di Indonesia Mei 16th, 2007 — priandoyo Status: Pending, looking for contributor and insider info, silahken post comment kalau ada gosip, berita terakhirObjective: Memahami peta persaingan satelit di IndonesiaInspirasi: Pertanyaan tentang gaji di PSN [...]

  63. Apakah standar gajinya tuh berlaku diseluruh Indonesia?
    Soalya di Makassar tuh standarnya 1,2 jt atau 1,8 jt?
    Gimana nih mas…!!!

    btw thanks atas informasinya yah???

    Suwito

    Mei 16, 2007 at 11:42 am

  64. Btw satandar gaji fresgrad buat Huawei berapa yah???

    Kurniawanto

    Mei 16, 2007 at 12:37 pm

  65. sekedar sharing aja. saya kemarin ini pernah di huawei kurang lebih selama 9 bulanan, posisi nss engineer. pas masuk pertama (fresh graduate) basic salary 3jt. status karyawan permanen dengan probation 3 bulan. setelah 3 bulan basic salary naik jadi 3,6jt + 1jt tunjangan + 800rb plafon hp gsm perbulan. itu blum termasuk lembur dan spj (biasanya sering tugas keluar). tapi gak tau juga deh kalo sekarang ya. kejadiannya itu udah hampir setahunan yang lalu. tapi saya denger2 katanya huawei lagi banyak handle project nih. kemungkinan naik tuh standarnya. hehehe…

    ex-huawei

    Mei 16, 2007 at 3:05 pm

    • kok cabut dari huawei? kenapa?
      kurang gede gaji nya? atau apa :D

      lupa nama

      Mei 20, 2010 at 8:18 am

  66. Slamat malam buat semuanya. Ada yg mau saya tanyakan mohon jawaban nya ya.
    1. 3G engineer telkomsel tuh apa ya?
    2. Kerjaan nya apa aja ya, apa ada hubungan yg dengan orang byk ato konsumen maksudnya?
    3. Berapa gaji nya ya, apa itung per dollar kah?
    Ku ucapkan terima kasih byk atas perhatian dan jawabnya.

    TheCloud

    Mei 16, 2007 at 7:06 pm

  67. @TheCloud,
    kalo gak salah gini:
    3G engineer mungkin kerjaannya ngurusin network 3G nya telkomsel, bisa radionya, transmisi, ato switching nya, bisa juga bagian planning ato operation & maintenance nya.
    kayaknya gak berhubungan dengan konsumen jd hanya internal doang (ngurusin network)
    kalo gaji saya kurang tau, mungkin mas anjar ato yg dr telkomsel bisa share..

    wong ndeso

    Mei 18, 2007 at 4:41 am

  68. 3G engineer untuk Telkomsel kerjanya yaaa ngurusin tuh BTS Nokia Supreme ataw Optima ( WCDMA ). Sambil nambahin dari “wong ndeso” yaitu kerjaan Installation, Commissioning, Integration, Trouble Shooting. Biasanya awal instalasi BTS 3G ataw 2G banyak alarm..cari tuh solusinya..hehehe.:D.
    Finally..Acceptance Test Procedure..atawa uji terima kudu dijalanin. Klo gaji mah diitung pakai $, tapi dibayar pake IDR, yaa iya donk pake Rp, khan disini Indonesia bukan amrik..:).
    Atos ah..permios ka sadayana

    kabayantea

    Mei 19, 2007 at 6:15 pm

  69. Saya tamatan teknik mesin s1, cuma karena memang dari awal sudah kecemplung Di telco akhirnya menikmati juga :) , mulai dari survey desaign placing antenna distribution (Inbuilding coverage), dan sekarang survey & design untuk NSS disalah satu vendor… saya cuma mau pencerahan dari rekan2 yg pengalaman untuk S2 yang berhubungan dengan dunia telekommunikasi kira2 jurusan apa ya?

    termodinamika

    Mei 20, 2007 at 6:45 am

    • Anak mesin ko ngurusin telco…??? Emang lulusan mesin ga ada kerjaannya apa.? disuruh itung link budnget mungkin modar kali ya..!! wakakakakka (Kalau urusan diserahkan bukan ahlinya,tunggulah kehancurannya.!

      Burung Gardiuda

      Agustus 2, 2010 at 8:45 am

  70. ada yang tau gak berapa salary fres grad/entry level di Pageo Utama untuk posisi engineer

    mohon bapak-bapak engineer di Sharing Infonya

    trimakasiH.

    nov

    Mei 26, 2007 at 4:12 am

  71. Mas, aku S1 elektro maranatha lulus 99 , lulus electro technic univ hannover thn 2001 , lulus s2 electro industry FH Fulda 2005 , magang di siemens 18 bulan selama kuliah ( maklum mahasiswa cuma boleh kerja 40 jam seminggu…)
    lulus kuliah kerja jd software arsitek di jkt ,6 bulan di content provider , gaji 8 juta tapi gak kuat soalnya produknya berbau judi so saya resign ….
    tanpa proses nganggur saya pindah ke bandung dan kerja jadi software arsitek juga , gaji 5 juta sudah 18 bulan sekarang . Ada rencana mau melompat lebih tinggi ke perusahaan IT Asing yg lumayan besar sebagai Project Manager . Problemmnya pada saat nego gaji, mereka provide gaji sebagai Honor , besarnya 7 juta , tanpa pajak penghasilan dan fasilitas jamsostek dll . Menurut Mas Pri worthed gak ?

    Lindra

    Mei 28, 2007 at 4:34 am

  72. Mo kasih comment nih Mas…..
    Menurut saya utk pekerjaan di Indonesia dan dunia oil and gas masih berada pada kondisi teratas. Sebagai contoh utk seorang fresh grad (bener2 “0” experience nih..) di oil company di Indonesia mereka sdh mencapai salary lebih dari 8jt/net/month, belum lagi ditambah tunjangan2-nya, mungkin sebulan mencapai +/- 15 jt, dengan environment kerja berada di kantor, AC dengan tanggung jawab yang belum terlalu berat. Apalagi untuk posisi yg lebih penting pasti value-nya di atas itu.
    Saya sendiri sebagai operator produksi di lapangan dalam 3 tahun ini cukup berpuas dengan range gaji 9 – 12 jt, tergantung lembur saya mas….kenapa saya puas? Karena saya bisa merasakan apa yang dibilang kerja berpangkat kopral tapi bergaji jenderal….; – )
    Sekian comment-nya, semoga bisa menambah wacana…mohon maaf jika ada salah

    Joe

    Mei 28, 2007 at 9:01 am

  73. @joe

    bener tuch 8jt/net/bln gaji buat anak2 freshG di perusahaan Oil Company.

    thegondrong

    Mei 28, 2007 at 10:13 am

  74. Termodinamika : kalau elo kerja di operator sebaiknya ambil S2 Management kalau elo mau mencari karir di level management. Kalau elo mau di level specialist aku rasa S2 telekomunikasi yg lbh banyak mengarah ke cell planning dan optimization.

    Panjul

    Mei 28, 2007 at 11:19 am

  75. Setuju sama joe,
    basic salary fresh grad utk oil company berkisar dari 4-10 jt/bln, belum termasuk fasilitas lain.
    kalau ditambah penghasilan dari uang perjalanan dinas, bonus dll, bisa dapat rata-rata 10-20 jeti/ bulan. cuma biasanya, banyak masuk, banyak keluar.. penghasilan memang salah satunya tergantung manajemen duit..

    AS

    Mei 31, 2007 at 2:38 am

  76. mas lupa ya dengan gaji orang IT yang kerja di perusahaaan konsultan, misal konsultan legal ataupun konsultan kayak ernts & young.. Kayaknya hampir sama sih ama XL tapi ya itu challenge-nya gak sehebat di telco industry

    isal

    Mei 31, 2007 at 9:06 am

  77. Ada yang tau standart sallary-nya fresh graduate di PT. Freeport? (From Power Engineering)

    crave

    Juni 2, 2007 at 9:39 am

  78. Freeport jaman tahun 98 an saya dapet 4 jutaan, kalau sekarang mungkin 8 – 9 jt an kali ya…itu basic..belum termasuk bonus2..tapi denger2 remote allowance bonus sudah ngga ada..di lebur di basic salary..

    bernardus

    Juni 5, 2007 at 3:10 am

  79. kalau freeport sich gaji gak seberapa, tapi tunjangannya 10 lembar termasuk tunjangan kesepian, tunjangan keterpencilan, tunjangan perang suku dll…

    Ujang

    Juni 7, 2007 at 8:35 am

  80. Ujang Says:
    Juni 7th, 2007 at 8:35 am
    kalau freeport sich gaji gak seberapa, tapi tunjangannya 10 lembar termasuk tunjangan kesepian, tunjangan keterpencilan, tunjangan perang suku dll…

    satu lagi ..tunjangan kenakalan…
    kasus….

    Vier

    Juni 12, 2007 at 3:04 am

  81. Kulanuwun mas Anjar…
    Halo semua..
    ada yang bisa kasih informasi berapa standard salary engineer di kontraktor malaysia ? untuk project di indonesia, dan mereka mau buat power plant,
    matur suwun..

    ojodumeh

    Juni 13, 2007 at 6:39 am

  82. Halo Mas Priandoyo dan Teman2..
    Saya butuh masukan nih. Saya ditawarin oleh perusahaan staffing/outsourcing IMSI-India untuk bekerja di klien mereka Nokia Siemens Network sebagai CME Engineer. Saya lulusan teknik sipil dengan pengalaman di telco 1 tahun dan total 3,5 tahun.
    Yang saya ingin tanyakan :
    – Apakah aman bekerja diperusahaan staffing/outsourcing?
    – Bagaimana dengan standar gaji dan fasilitasnya?
    – Kira2 dengan qualifikasi seperti saya berapa gaji yang pantas?
    Tolong dibantu ya kalo Mas Priandoyo dan Teman2 ada tahu. Thanks!

    rendra

    Juni 13, 2007 at 8:52 am

  83. mas rendra….ditawarinnya untuk NSN mana?indonesia apa abroad?

    ex siemens (lagi)

    Juni 18, 2007 at 12:11 pm

  84. Kalo bicara soal standart gaji Engineer tidak bisa kita pukul rata seperti itu. Saya sendiri seorang Engineer Telekomunikasi divisi Network Planning saat baru masuk di salah satu Vendor dgn pengalaman 2 tahun sudah dapat salary Pokok 8 jutaan. Engineer Telekomunikasi di Divisi BSS or KPI masih jauh dibawah 8 jutaan di vendor tersebut. So, sama2 Engineer di Vendor yang sama dengan pengalaman kerja yang sama belum tentu standart gaji nya sama, tergantung Divisinya juga….

    komandan

    Juni 19, 2007 at 9:29 am

  85. Betul memang tidak bisa dipukul rata, mas komandan mau publish yang lebih detail per departement memangnya :P hehehe. Nanti ya saya kumpulin data dulu, udah ada nih idenya tapi belum sempat nulis.

    priandoyo

    Juni 21, 2007 at 2:51 am

  86. Kulonuwun Mas Anjar,
    Mau ikut nimbrung nih……kalo standar gaji untuk Site Acquisition (Sitac) untuk yang pengalaman 2 tahun sekarang ini kira-kira berapa yah? soalnya saya dipanggil interview sama JAC Indonesia untuk posisi Sitac. Mungkin Mas Anjar punya datanya. Trus ada strategi/info-info khusus nggak untuk menghadapi interview sama konsultan rekrutment seperti ini? makasih Mas.

    iby

    Juni 21, 2007 at 9:11 am

  87. Buat iby;
    Yg pasti, kalo yg butuh bkn operator/end user, pasti lbh besar. Tul ga Mas Anjar?
    Yg sy tau sih di EID & Siemens (tadinya, konon krn udah merger dg NOKIA) menurut temen yg didlm, dg kondisi iby seputar 2,5-4 jt tergantung kualifikasi dan penempatannya. Yg agak lucu, lbh tinggi di Staf/Ktr dibanding lapangan.
    Resminya sih di EID 7,5 jt, cuman gara-2 pernah kejadian ada Outsource yg ketahuan mbayarin orgnya cuman 2,5-3 jt makanya diturunin jd segitu, tp itu udah take home pay (netto).
    Tp kalo yg butuh Vendor, kisarannya bisa 3,5-5 jt. Mudah-2an dpt Vendor aja, soalnya nanti kl mau LONCAT ke Operator lbh mulus.

    Archie

    Juni 21, 2007 at 1:28 pm

  88. Mas priandoyo,..

    Salam kenal yach…
    saya mo nanya nih, kalau standart gaji untuk drafter telco brp??
    krn saya pengalaman di kontraktor jalan dan sekarang saya bekerja dikontraktor telkom sebagai drafter. Untuk info aja gj saya 2.5 jt udah bagus belum ya??
    terimakasih ..

    Mas adil

    Juni 22, 2007 at 8:31 am

  89. wah….gajinya guede2 yah…
    btw kalo fresh graduate dibidang hukum berapa ya rata-rata gajinya???

    esthie

    Juni 23, 2007 at 3:06 am

  90. buat ex siemens :
    kebetulan ditawarinnya untuk di indonesia, tapi someday ada kemungkinan abroad juga.
    ada masukan ?

    thanks.

    rendra

    Juni 27, 2007 at 5:16 am

  91. Mas Rendra
    Boleh tau alamat apply nya ke mana mas?
    saya tek.sipil di konstruksi 6 th, di telco 2th, minat juga apply nich.
    thanks

    Bagus

    Juni 27, 2007 at 5:59 am

  92. Salam kenal mas anjar,
    browsing ketemu artikel yang berbobot, give me a lof information. keep posting selalu.

    btw kira2 gaji spesialist di XL berapa ya ?
    spesialist di XL apakah setara dengan manager ?

    sincerely yours
    –Ugik–

    ugik

    Juni 27, 2007 at 9:22 am

  93. Specialist vs Manager, saya bahas dikit ya

    Diperusahaan yang sudah matang, jalur functional dan jalur managerialnya sudah di atur dengan baik. Dirancang sedemikian rupa sehingga orang yang jago technical to’ bisa juga punya gaji yang sama besar dengan manager yang pinter ngomong doang misalnya. Kira-kira ekuivalensinya adalah:

    Engineer – Engineer
    Analyst – Supervisor
    Specialist – Manager

    Dari rancangannya harunya bisa setara, jadi specialist DBA misalnya bisa bergaji sama dengan manager data center. Tapi rangenya bisa bervariasi. Ada yang mau kasih bocoran?

    priandoyo

    Juni 28, 2007 at 1:10 am

  94. Ada saran gimana cara masuk ke dunia telko bagi fresh graduate? Khususnya yang enginer.. Soalnya jarang-jarang iklan lowonan yang cari fresh graduate.. Min pengalaman 2th, 3th, dst… @!#@#x()8&!!!…
    Lha terus kalo emang udah expert beberapa tahun trus ngeliat rumput tetangga lebih hijau pasti langsung hengkang.
    HRD-nya gimana neh? Apa memang mencari pegawai yang 2-3 tahun mendatang pasti hengkang?
    Apa ndak sebaiknya pakai sistem kaderisasi.. Cari yang bener2 dari nol trus dididik sampai mahir dan tentunya “dipelihara” dengan baik.., sehingga loyalitas ke perusahaan tinggi… Pusing gue cari kerjaan…

    JavaJazz

    Juni 28, 2007 at 4:35 pm

  95. ada yang tau gak kira2 klo di IT yang paling dibutuhkan/gaji paling besar itu apaya?? (programer/trouble shooting/database expert ect).

    Jarmen

    Juni 29, 2007 at 3:23 am

  96. Di XL, bocoran dari kawan di sana, gaji specialist di atas 10 juta. Klo staf berpengalaman, minimal 5-6 juta. Klo sebelumnya dah 5-6 tahun trus ke specialist, bisa 15 ke atas. Specialist di sana memang “manager level”. Klo manager, ada tunjangan mobil dsb dsb. Kabarnya, di XL memang paling bagus gaji bulanan dan fasilitas kesehatannya, untuk di industri telco, tapi ndak “girang bonus” kayak Tsel atau Isat. Gaji setaun di XL sih beda tipis ama di gaji setaun di Tsel.. Bener gak yak?

    ZeinAl

    Juli 1, 2007 at 3:24 pm

  97. [...] Berapa gaji engineer itu? tips interview Februari 22nd, 2007 — priandoyo (http://priandoyo.wordpress.com) [...]

  98. mnrt aya biasanya yg jelas2 punya path karir specialist / manajerial ialah di perusahaan vendor…krn mrk butuh org yg bener2 kompeten utk mensupport operasinya (spy nggak dimarahin lama2 sm customernya kl ada masalah)..hehehe

    btw udh pd gabung TelkomExpert? – Media informasi dan komunikasi pakar IT dan Telekomunikasi http://www.telkomexpert.com

    mr . humble

    Juli 3, 2007 at 12:44 am

  99. Ass. Wr. Wb.
    Mgkin blog ini rata2 yg posting adl org2 dg background IT. Tp saya numpang sharing nih mas pri. Saya lulusan S1 Hukum lulus Th. 2003 dan langsung bkerja pd perusahaan konstruksi/engineering sbg HRD Officer. Prtama masuk THP sya cm 850rb/bln, smp dg skrg saya telah bkerja pd persahaan trsebut slm 3 thn lbh, dan THP saya sdh mncapai 2,5 juta/bln. Menurut Mas pri THP saya ini sdh ssuai standar blm ya? saya tunggu jawbnya mas. Trims.
    Wass. Wr. Wb

    Usman Y

    Juli 4, 2007 at 11:31 am

  100. Ngomong ngomong soal gaji, engineer ada yang dari 4 juta sampe 12 juta. Kok mau-maunya ya ? Udah lulusnya susah, tiap hari ngitungin matematika teknik lagi. Bapa saya jualan telor asin aja bersih bisa ngantongin 6-10 juta. Memang Allah Maha Adil, gak ada yang keren deh di dunia ini.

    ansoeh

    Juli 5, 2007 at 4:05 pm

  101. @ansoeh
    Anda membandingkan tidak apple-to-apple. Bapak anda umur berapa sekarang? Berapa penghasilannya dulu waktu seumuran engineer fresh (21-24 thn) yg digaji 4-12 juta itu?
    Kakak saya manager ex-engineer berumur 37 tahun. Penghasilan setahun 350 juta net plus mobil, asuransi kesehatan dan pensiun. Tua-an kakak saya atau Bapak anda?

    Ketika pekerjaan ada ditangan, orang akan mengejar karir dan kepuasan. Tidak ada yang salah dg menjadi (misal) penjual telor asin atau pengusaha angkot, karena memang tidak ada pekerjaan yg selalu lebih unggul. Tapi kalau semua engineer tidak mau kerja “susah” merintis karir dari bawah, nah negara kita bakal jadi Myanmar dunks… :D

    Jadi sama2 menghormati pekerjaan masing2 saja… Allah memang Maha Adil.
    Saya juga suka makan telor asin, tapi tentu tidak tiap hari :)

    ade

    Juli 6, 2007 at 2:52 am

  102. mas, saya sekarang masih tingkat3 di PTN di bandung..mau nanya nih. klo di perusahaan telekomunikasi apa fresh graduate dari elektro arus kuat banyak dibutuhin ga ya?trus kira-kira nanti ditempatinnya di bagian apa dan gajinya berapa (apa sama dengan lulusan dari elektro telekomunikasi)?atu lagi…kira-kira klo lulusan dari elektro arus kuat enaknya masuk ke perusahaan apa (contohnya??) biar hidup cukup mapan (ya gaji >4 juta lah) ketika aya lulus entar dan variasi gajinya kira gmn? makasih…mohon comment nya…
    oh a katanya ada yang bilang klo perusahaan telekomunikasi itu nantinya bakal redup krena persaingan yang ketat sehingga harga produknya murah-murah.apa bener?trus gimana dong dengan prospek kerja disana ??

    totsi

    Juli 6, 2007 at 10:42 am

  103. heheheh ada-ada aja mas ansoeh, mungkin beliau memang membandingkan bukan apple to apple tapi engineer to telor asin .. ya kan mas. Kalo perbandingan mas ansoeh kaya gitu sih, sah sah aja lah ini negara demokrasi toh .. ya kan mas ansoeh.

    rei

    Juli 6, 2007 at 4:43 pm

  104. ansoeh, telor asin bapakmu mahal ya, jadi untung gede? enakan juga “telor” gua… ;)

    goga

    Juli 7, 2007 at 6:19 am

  105. mohon pencerahan y,
    aku kerja di perusahaan distribusi gas, S1 ( staff umum )
    dah 1,5 th,tapi digaji sama ma yang tamat sma ( operator ) rp 2 jt an
    buat makan ja pas2 an ,gimana mo meried……….
    kayak na bujang ampe tua ne hehehe……

    hendri

    Juli 9, 2007 at 9:14 am

  106. Ada yg mw sharing ttg pembukaan low-ker telco, bagi2 dunk.. lg mw cari kerjaan nih..

    pengalaman 1 th di Operator
    Sekarang dah 2 th lebih di vendor Cina bagian BSS engineer

    Iduy

    Juli 13, 2007 at 7:25 am

  107. Assalamu’laikum Wr Wb, saya sepakat sama mas rizko, kalau didunia ini kita “ibarat minum air laut”, semakin diminum maka kita akan semakin kehausan.Ya , makanya syukuri aja apa yang ada, tanpa mengurangi tekad kita untuk tetap berusaha dan lebih bak. Jangan jadi orang yang kufur nikmat. “Lain syakartum laazidannakum walainkafartum inna ‘adza bii lasyadiid. Jangan lupa dikeluarkan zakatnya jika sudah sampai senisab, agar kita tidak menjadi seperti Qarun dan hartanya yang ditelan bumi karena “KESERAKAHANNYA”.Jangan terlalu dipermainkan oleh dunia yang fana ini saudaraku, hidup di dunia ini hanya ibarat tamu yang sewaktu2 akan meninggalkan tempat dia bertamu.Jangan engkau sia-siakan kehidupan akherat dengan menggantinya dg kehidupan dunia yang sementara dan melenakan ini. Selamat merenunginya saudara/i ku,semoga bermanfaat bagi anda dan terutama bagi saya sendiri,Amiin.Salam Ukhuwwah.Wassalam

    Muhammad Abrar

    Juli 17, 2007 at 5:17 am

  108. Saya kerja di produsen handset sebagai engineer yang ngurusin GSM, CDMA, 3G. Emang ada ya profesi engineer di produsen handset? Saya baru tahu skrg. Gmn dgn produsen2 kaya nokia, sony, ericsson, motorola? Setahu saya, engineer2 itu klo ga di vendor, kontraktor, ato ga ya di operator. Nah, klo posisi kaya saya gini, bisa loncatnya kira2 kmn yah? krn klo di perusahaan yg skrg, atasan saya berada langsung di India dan Korea, saya jd kaya semacem representative gitu disini.

    Jadi untuk wilayah sini, saya masuknya ke marketing office, karena nggak ada divisi khusus yang menaungi. Jadi bingung deh, masa saya nanti bakal dipromosiin di divisi marketing? I don’t think so. Berasa jadi tukang serpis de disini. Meskipun gaji utk saya yg fresh grad gini bisa dibilang lumayan.

    Experience 1 tahun tuh, kira2 klo pindah bakal jd staff lagi ato bisa naek…. yah jd specialist gitu? hehe… ngarep. Level saya disini supervisor.

    Mohon pencerahannya……

    jumong

    Juli 20, 2007 at 2:46 am

  109. itu yang dijual ama bapaknya ansoeh pasti TELUR ASIN EMAS atau telur asin berhiaskan batu permata kayak HP VERTU yaaa..?. make sense-lah kalau keuntungannya segitu.

    sombreng

    Juli 20, 2007 at 6:28 am

  110. Selamat Siang semua N Salam Kenal,

    Waktu Lagi Browsing Tentang Standart Salary, Akhirnya Masuk Sini Dech…
    Mas Pri Ato Rekans Yang Laen…
    Ada Yang Tahu Ga Ya Standart Salary Di Huctkinson, Untuk Yang Udah Punya Pengalaman Telco Bidang Yang Sama >2 Tahun?? Karena Sebelumnya Saya Emang Udah Bekerja Di Operator No.2 Di Indonesia, masih kontrak sih. kemarin udah interview sama HRDnya, cuman masalah salary baru mo diomongin minggu ini. Aku ditawarin posisi SUPERVISOR TERRYTORI yang harus handle 4 kota / kabupaten seorang diri dibantu oleh SDM dari rekanan / Vendor.
    Trus Untuk Prospek kedepan gimana Ya? Mengingat Dia Pemain Baru…
    Mohon infonya…

    Cah_imoet00

    Juli 26, 2007 at 6:20 am

  111. @jumong

    Handset engineer menurut saya sudah mulai banyak dibutuhkan. Persaingan antar operator sudah mulai ketat, sehingga ke depan untuk memenangkan pelanggan subsidi handset akan menjadi pilihan (di Jepang, Korean, US, Eropa ini sudah lumrah). Ada kenalan yang menjadi Technical Account Manager di Nokia Mobile (bukan NSN) dan membawahi beberapa handset engineer.

    Oya, perusahaan after sales service provider kelas dunia, Teleplan (www.teleplan.com), sudah masuk ke Indonesia menjadi partner Nokia Mobile Indonesia. Perusahaan ini tentu membutuhkan keahlian handset engineer.

    Onay

    Juli 26, 2007 at 8:16 am

  112. Mau tanya nih, kalo msuk SIEMENS kan untuk orang2 CME lewat jalur DGE, nah kalo NOKIA, DGE nya apaan ya ?

    rolandd

    Juli 26, 2007 at 2:31 pm

  113. as ww.
    mau numpang ikutan nich.
    aku tinggal di daerah detroit sudah 5thn nan.
    kerjaan di daerah sini selalu berkurang…….
    mayoritas berita, pemecatan, penutupan perusahaan dst.
    maklum lah oto industry……dgn persatuan buruh yang terlalu kuat, struktur gaji di sini sangat ugli……tukang assembly mobil bisa bergaji $7000/bln, sementara kita yang S2 atau S3 teknik $4000/bln…….utk nyicil rumah $2000,
    makan+pakaian+mobil $1500….paling banter nabung $500
    kapan bisa pensiun nich……anak udah 2, pingin cepet-cepet pulang jkt, takutnya keburu lulus smp sini nggak bisa bhs indonesia……..
    wass
    yp

    wong sragen

    Juli 28, 2007 at 5:43 pm

  114. @ lindra
    lulusan maranatha juga yah???angk berapa??? gw juga lulusan maranatha, angk 99

    gmaildotcom

    Juli 30, 2007 at 6:54 am

  115. @ lindra
    klo ditawarin gaji 7 jt sebulan..kyknya lu ga perlu cape2 ngambil S2 segala deh..ga bermaksud mengunder-estimate loh…soalnya temen2 aku yg di nsn,ericsson dll gajinya bisa THP-nya bisa lebih dari segitu deh…n mereka semuanya lulusan S1 loh…

    gmaildotcom

    Juli 30, 2007 at 6:55 am

  116. numpang nanya…
    ada yg punya saran gak,apa sich kemampuan(skill) minimal agar bisa kerja di engineer telco untuk fresh graduate,
    tuk persiapan gitu,semstr akhir nich.aq kul di engineering (electro)

    oth3rside

    Agustus 4, 2007 at 1:20 pm

  117. @rolandd,
    Kalau di NOKIA gak ada spt DGE yang merajai di Siemens.
    setahu saya di Nokia ada beberapa yaitu PT.Dyka, IMSI India dll

    sombreng

    Agustus 6, 2007 at 3:57 am

  118. @oth3rside
    yang jelas basic kmu di telco/ electro harus dikuatin toh. Ikut seminar tentang teknologi telco terbaru atupun tentang workshop. Beberapa waktu lalu misalnya, STT Telcom mengadakan worksop & seminar tentang 3G. Mulai dari Aplikasi, Planing Site dll

    masbro

    Agustus 6, 2007 at 10:38 am

  119. walah…gaji memang penting…tapi bukan segalanya…yg penting berkarya sih…
    angkatan gue dari tek industri malah menyebar di berbagai macam industri…dari telcos, lsm, bank, social services, wartawan, developer pemula, bisnis warung-an, fmcg, farmasi, asuransi…macem-macem bos…
    gue sendiri lulusan telcos – stttelkom-bdg, dari tek industri-nya tapi males ke telcos…gitu-gitu aja,…soal rejeki soal Gusti Allah yg ngatur bukan kite… kita ini dikasih daya-upaya dan egala macem kemampuan buat berguna buat sesama….buat orang banyak….

    dunia luas tuh…ndak cuma selebar daun kelor..hehehhehe… good luck..yee….

    eko

    Agustus 6, 2007 at 11:36 am

  120. gaji expat di vendor telco yg baru merger, ada yg nyampe 18.000 euro per bulan lho..

    wong ndeso

    Agustus 6, 2007 at 12:04 pm

  121. Mas, mau nanya nih?sekarang saya kerja di pembangkit listrik tenaga uap swasta dengan kapasitas 2×30 MW. sebenarnya berapa sih gahi seorang control room operator buat sebuah pembangkit di indonesia

    indra

    Agustus 13, 2007 at 7:28 am

  122. ass…mo nanya ne masss…
    kl standar gaji operator perush distribusi gas alam( kayak pgn ) piro ya…

    hendri

    Agustus 18, 2007 at 11:29 am

  123. Ass..
    salam kenal, minta tolong buat rekan2 yg ngerti standar salary buat eng bss di luar negeri brp ya dalam AUG, nuwun atas infonya

    wass..

    BR
    revo

    revo

    Agustus 20, 2007 at 2:56 am

  124. @revo
    coba sampeyan search ke jobserve.com,
    di sana kadang2 disebutin penawaran mereka, ada yg rate per jam, per hari, per bulan dan per taun..
    rata2 sih kalo per bulan rangenya eur 5000-7000 tergantung skill & nego gajinya..

    wong ndeso

    Agustus 20, 2007 at 7:34 am

  125. @revo
    ini contoh di jobserve yg ratenya harian (usd 300-380):

    2G/GSM Nokia RF Performance Engineer

    We are looking for a large number of 2G/GSM RF Performance Engineers for a project in Mexico starting middle to end of September, contract length: 3 month rolling. Important: the budget range is fixed to 300-380USD per day al incl, so candidates from the local market are preferred. Spanish or Portuguese a must. Required skills: defining key performance indicators using BSS counters, Defining BSS default parameters, Defining main alarms to be monitored, Defining and monitoring parameter consistency check rules, Defining and monitoring KPIs reports on network area and BSC level, defining and monitoring ‘worst objects’ reports at BTS, adjacency and TRX level, Analysing and troubleshooting ‘worst objects’ reports by recommending software changes, hardware changes, Analysing, troubleshooting and features implementations, such as AMR, Freq. Hop., etc, Analysing drive test measurements, capacity, quality and coverage planning for expansion phases. Min experience: 3 years in GSM optimisation projects. Nokia experience a plus. Knowledge of: planning and optimisation processes, RF Planning tool (NetAct Planner or equivalent), drive test measurement/analysis tool (TEMS, NEMO), MAPINFO, Nokia BSS parameters and counters, OSS, BSS tools: configuration management, performance management, fault management related configurator tools, Optimizer, Reporter, Network Doctor, Traffica, MML commands. Should you qualify for this role pls send us your updated CV in Word format.
    Location Mexico
    Country Mexico
    Start Date ASAP, 4 Weeks
    Duration 3 months rolling
    Rate USD 300-380/Day All Inclusive, Flight
    Employment Business Gimbel Consulting GmbH
    Contact Company
    Telephone Please send updated CV first in Word-format
    Email Company.99273.ED02F@mail.jobserve.com
    Reference JS-2GRF-MEX102
    Posted Date 16/08/2007 13:00:11

    wong ndeso

    Agustus 20, 2007 at 9:40 am

  126. @revo
    ini contoh dr jobserve yg gajinya harian (USD 300-380) :

    2G/GSM Nokia RF Performance Engineer Contract

    We are looking for a large number of 2G/GSM RF Performance Engineers for a project in Mexico starting middle to end of September, contract length: 3 month rolling. Important: the budget range is fixed to 300-380USD per day al incl, so candidates from the local market are preferred… Spanish or Portuguese a must. Required skills: defining key performance indicators using BSS counters, Defining BSS default parameters, Defining main alarms to be monitored, Defining and monitoring parameter consistency check rules, Defining and monitoring KPIs reports on network area and BSC level, defining and monitoring ‘worst objects’ reports at BTS, adjacency and TRX level, Analysing and troubleshooting ‘worst objects’ reports by recommending software changes, hardware changes, Analysing, troubleshooting and features implementations, such as AMR, Freq. Hop., etc, Analysing drive test measurements, capacity, quality and coverage planning for expansion phases. Min experience: 3 years in GSM optimisation projects. Nokia experience a plus. Knowledge of: planning and optimisation processes, RF Planning tool (NetAct Planner or equivalent), drive test measurement/analysis tool (TEMS, NEMO), MAPINFO, Nokia BSS parameters and counters, OSS, BSS tools: configuration management, performance management, fault management related configurator tools, Optimizer, Reporter, Network Doctor, Traffica, MML commands. Should you qualify for this role pls send us your updated CV in Word format.
    Location Mexico
    Country Mexico
    Start Date ASAP, 4 Weeks
    Duration 3 months rolling
    Rate USD 300-380/Day All Inclusive, Flight
    Posted Date 16/08/2007 13:00:11

    wong ndeso

    Agustus 20, 2007 at 9:44 am

  127. Sekedar info buat Onay, teleplan cuma berani bayar teknisinya max 2,2jt all in. Saya pernah interview disana, padahal dg pengalaman saya -+6 th sbg teknisi HP teleplan cuma berani segitu jam kerja bisa mencapai 12 jam per hari. itungannya gini masuk jam8 pulang jam 16, tapi kalo hari itu belum bisa nyervis 10 HP wajib lembur sampe jam20. Sebenernya saya mulai jenuh di HP dan pengen pindah ke dunia operator atau vendor, tapi saya sendiri jg bingung apa ada operator yang mau mengangkat krywan dg pengalaman saya. Saya sih lulusan akademi telekomunikasi, mungkin ada temen2 yang mau kasih infonya..

    Purna

    Agustus 20, 2007 at 11:34 am

  128. bung anjar,
    kira-ada peluang gak yah untuk lulusan D3-TEKNIK MESIN ITS angkatan 1996, dan lulusan tahun 2001………untuk kerja di luar negri (arab lah), yah mungkin di pabrik baja atau yang lainnya, dengan pengalaman dibidang produk furniture (4 th), dibidang seal and packing (rubber material)-1 tahun, dan sales executive 1 tahun

    yoyon

    Agustus 23, 2007 at 1:26 am

  129. Assalamualaikum wr wb

    Bung anjar,
    kebetulan saya mau wisuda tanggal 10 September 07, saya jurusan teknik industri, to the poin aja mas….ada ga perusahaan nasional or multinasional
    di indo yg ngasih gaji diatas $1000 buat fresh graduate seperti saya. apa aja keahlian yang diperlukan?
    Kalo mengenai bahasa inggris saya insya allah bisa.
    thanks mas
    wassalamualaikum wr wb

    subhan

    Agustus 24, 2007 at 6:55 am

  130. Di sclumberger atau perusahaan minyak asing pasti bisa.

    Rivin

    Agustus 24, 2007 at 8:27 am

  131. Gambaran penghasilan perbulan di perkebunan kelapa sawit yang bonafit kebun biasa >200.000 hektar:

    1. Buruh Harian lepas (BHL)
    BHL kebun 28.000-50.000 per hari
    BHL teknik dan bangunan 35.000-60.000 per hari
    Fasilitas Rumah Petak semi permanen tipe 21

    2. Non staff : clerk, store keeper, driver, mandor, operator : 1.5jt-4jt.
    Pertahun dapat 13-20x gaji, dapat lembur
    Fasilitas Rumah Permanen tipe 45 plus maintenance

    2. Staff :
    Assistant Kebun 2.5-5jt
    Assistant Teknik/IT 5-8 juta
    Assistant Accounting/finance: 4-6 juta
    Assistant lain-lain : 3-5 juta
    Pertahun dapat 13-20xgaji
    Fasilitas Rumah tipe 100 plus furniture plus maintenance
    Fasilitas Motor Lapangan, Trail, Thunder, GL Pro, suprafit (kantoran) 40% diangsur, 60% disubsidi perusahaan. tidak ada lemburan untuk staff

    Assistan Kepala/Assistant Manager untuk kategori diatas 7-15juta
    Pertahun dapat 13-20x gaji
    Fasilitas Rumah tipe 120, mobil Mitsubishi Strada

    Manager
    Assistan Kepala/Assistant Manager untuk kategori diatas 12-20juta
    Pertahun dapat 13-20x gaji
    Fasilitas Rumah tipe 120, mobil Mitsubishi Strada

    Saya Pengalaman 4 tahun, sudah kerja disini 2 tahun, masuk diposisi Assistant Manager Teknik kerja dilapangan. Gaji sekarang 12 Juta nett dapat rumah tipe 120,furniture,maintenance sama dipinjami mobil strada. Penghasilan dari ngobyek dilapangan rata-rata 90-150 juta pertahun atau 7.5jt-12.5jt perbulan

    JURAGAN CPO

    Agustus 25, 2007 at 5:48 am

  132. [...] Penghasilan dari ngobyek dilapangan rata-rata 90-150 juta pertahun atau 7.5jt-12.5jt perbulan Juragan CPO, di berapa gaji engineer Ada yang punya pengalaman bekerja di perkebunan, plus minusnya mungkin? sabetannya [...]

  133. Ada yang punya referensi gaji untuk engineer VSAT?

    datamsb

    Agustus 28, 2007 at 3:36 am

  134. @datamsb

    Tahun 2001 temen saya freshgrad masuk PSN System Engineer (ngurusin VSAT) dapat 2-3 juta. Sekarang mestinya lebih dari itu.

    Onay

    Agustus 28, 2007 at 5:09 am

  135. untuk orang2 “IT worker” jangan kecewa bro…, di indo kita susah dapet gaji gede, di singapura banyak lowongan dengan gaji “lumayan” untuk level engineer, ok, untuk orang IT dengan pengalaman > 5 tahun, standar gajinya :

    1 S$ = Rp 6100

    Unix/Linux Support/Engineer/Admin S$ 3000 – 5000
    Java/.Net Programmer/Analist S$ 3000 – 5000
    DBA Oracle > S$ 4000
    Storage Engineer > S$ 5000
    SAP Basis > S$ 5000

    Dengan catatan gaji di vendor atau provider ( HP, IBM ) sedikit lebih besar dibandingkan jika kita kerja di end user ( Bank ). gue sendiri dengan background education standar, lulusan s1 IT dari universitas tidak terkenal di bandung, dari gaji 4 juta di jakarta ( 6 years experience ) , kerja di singapura baru 1 tahun, allhamdulilah udah bisa dapet 4000 S$/monthly, belum termasuk overtime dan bonus. untuk dapetin employment pass dari pemerintah singapura kita harus punya s1 ( recommeded ).
    d3 dan fresh grad dont expect too much, still possible but kinda hard…..

    Linutix

    Agustus 28, 2007 at 9:23 am

  136. biaya hidup di singapura kabarnya muahal ya bos ? dengan gaji segitu, dengan gaya hidup standard, untuk keluarga muda beranak 2 misalnya, apakah masih bisa saving ??

    santo tomas

    Agustus 28, 2007 at 10:07 am

  137. Biaya hidup sebenarnya murah, yang mahal itu housing.
    prosedur penyewaan satu unit flat di singapore :
    let’s say flat dg 2 kamar tidur biaya sewanya 1200$/monthly, so for first payment we need to provide at least 2.5 x 1200$ which is 3000$, 1200$ untuk bayar sewa, 1200$ untuk deposit, 600$ untuk bayar agen, Big money bro! not recommended!

    let’s say mereka offer salary 3000$/mnth ( jangan bawa keluarga ). the best scenario should be like this : biaya untuk sewa satu kamar 400$, biaya makan,ongkos dll +- 600$, so total 2000$ saving bisa dikirim ke jakarta =). setelah satu tahun coba2 cari lompatan, minta gaji > 4k, should be big company or multinational company ( MNC ), kalu gaji udah settle di 4k, keluarga no problemo, bisa dibawa kapan aja.

    Linutix

    Agustus 29, 2007 at 2:50 am

  138. hai

    rizal

    Agustus 29, 2007 at 6:01 am

  139. soal gaji sangat relatif, ada nilai yang tidak bisa diukur dengan ‘uang’, fokus saja dengan bakat & potensinya masing2, cari kekuatan diri sendiri (awaken the giant within -anthony robins), kepuasan sebenarnya bisa jadi tidak bisa diukur seberapa besar rupiah yang dihasilkan.

    tipsnya bikin “multiple of income”, salah satu yang saya pakai ilmunya pareto (i love it): 80% hasil diperoleh dari 20% usaha.
    simple2 saja, salahsatunya yang sudah dilakukan oleh istri di (http://www.cikalmart.com), jangan sepelekan keuntungan 1000 perak, yang membedakan adalah ada “faktor kali” disana. Gaji satu orang sebulan 10 juta, kenapa tidak dibikin untung 1000 perak dengan faktor kali 1000 per hari maka akan ada 1 juta sehari atau 30 juta sebulan, mudah2an inspire to change the paradagim…salam,@rd.

    @rdcikalmart

    Agustus 30, 2007 at 8:47 am

  140. Saya Minta pendapat dari rekan 2 sekalian
    Saya drop uot dari STT Mandala Bandung,dengan mengandalkan ijazah stm dan pnglamn di bidang teknik Elektronika & Komp Saya bkrja di Jakarta dg Gaji 3 Jt, 2 hari yg lalu aku iseng mengikuti seleksi penerimaan teknisi elektronik untuk di qatar yg diselenggarakan hasil afiliasi antara kedutaan qatar di jkt dgn pemerintahan qatar hasilnya aku diterima dgn mendapatkan fasilitas akomodasi,transprtsi,makan 3x,asuransi kesehatan,tiket pulang pergi,dan Visa .Namun 1 hal yang disayangkan gaji yang di tawarkan hanya 689Usd Net…Sampai saat ini saya belum menyatakan bersedia/mengambil kesempatan itu ,meskipun ini progrm pemerintah qatar..tapi saya blm tahu standard salary untuk posisi seperti saya ini.
    Layak kah dgn salary diatas untuk saya pergi ke qatar?
    Trimakasih.

    zhillan

    September 5, 2007 at 8:24 am

  141. saya lulusan Teknik Mesin D3, awal nya cuma orang pabrik trus jobless …trus..ngelamar jadi call center dan melalui perjuangan dan promosi sana sini …sekarang saya dah jadi system engginieer….alhamdulillah …… Allah memberikan apa yang kita butuh..bukan yang kita mau…….salam….

    Udin

    September 6, 2007 at 5:10 am

  142. Diusia 29 bisa ngga saya mulai kuliah di teknik ….. ( saya lulusan s1 manejmen tapi sedang bekerja di perusahaan Telcom

    mardani@ptwgi.com

    September 6, 2007 at 9:53 am

  143. Pada negara berkembang (indonesia tepatnya) Engineer Telco menduduki kompetensi termahal dibandingkan rekan-rekannya di Informatics, Machnine (Manufacturing), Oil & Gas, Civil, atau Chemical.

    << Masih lebih tinggi oil deh drpd telco. Saya tau karena saya kerja di telco (vendor) dan kakak saya di oil (chevron).
    Btw, kakak saya dulu jg pernah di E&Y loh mas :)

    ndik

    September 7, 2007 at 10:39 am

  144. BOS- bos mau nanya nih..

    Klo Gaji IT SPECIALIST di Batam standartnya berapa y?
    Coz Gw di Batam.
    Benar ya utk Gaji d Batam sama Jakarta.. jauh banget bedanya. Besar Jakarta.

    Ir.WIN

    September 14, 2007 at 5:03 am

  145. Mo kasi info niy, untuk masukan aja barangkali ada yg mau interview

    aku engineer yg erja di oil business 3 years experience, skr aku di tugaskan di gabon west africa, base salarry $15000 per month, daily bonus 200$ perday, dan meal allowance 50$ perday, kerja schedule 4 minggu on ( gabon), 4 weeks off (indonesia) tiket pesawat PP free.

    mulyadi

    September 14, 2007 at 9:14 am

    • Mas aku berminat niy, apakah masih ada lowongan? trims.

      Franky

      Juni 10, 2009 at 5:51 am

  146. Temen2, mas2nya, mo nanya nih , gaji huawei buat freshgrd non IT kira2 berapa ya?
    Saya barusan dapet telp besok disuruh interview posisi Project Administrator di huawei base surabaya, aye lulusan manjemen admins dr China, posisi sekarang jg di Surabaya. Kira2 kalo nego dapetnya berapa ya? apa pasrah aja gt? kasih saran dong…. besok interview nih…. ditanyain apaan ya???

    ida

    September 14, 2007 at 2:50 pm

  147. hello,

    saya mau tanya neh. saya tamat s1 IT, lsg ambil s2 IT. tanpa kerja sama sekali. nanti kalo udah ngelamar kerja, apa dapet gaji = fresh graduate ITnya kebanyakan? bingung juga neh.. hhehehe. bantuin buat rekan2 disni yg sudah expert, tentang kasus orang2 yg mirip dengan saya inii. thanx.

    Wibawa

    September 16, 2007 at 6:55 am

  148. wets masalah gaji gede/kecil itu relatif tergantung pribadi orang dan apa kerja dan tanggung jawabnya di company tersebut. btw kemaren aku baru ikut test psikotest di salah satu pers telco CDMA, tpi belum berhasil lolos hiks..hiks .. ada yang punya contoh test psikotestnya di pers telco gak bagi donk buat referensi di lain waktu ;-)Thq be 4

    drpm

    September 16, 2007 at 11:16 am

  149. wets masalah gaji gede/kecil itu relatif tergantung pribadi orang.

    bukan masalah besar kecilnya. tapi masalah apakah s2 (tanpa pengalaman kerja disamakan statusnya dengan s1 yang tanpa pengalaman kerja juga?

    Terima Kasih.

    Wibawa

    September 16, 2007 at 11:19 am

  150. gaji besar juga mau tapi yang lebih penting cara berbelanja yang terpenting. apakah dibulan yang mulia ini kita berbelanja lebih dari biasa? itu sudah salah. ini boleh mengakibatkan kita berhutang. jadi kalau kita bijak dalam berbelanja maka gaji yang kecil pun tidak menjadi masalah. masak nasi lihat dulu periuknya…

    jebat malaya

    September 17, 2007 at 4:45 am

  151. Aloowwww semua
    ada yang tau bagaimana suasana kerja di huawei pressurenya dibandingkan vendor lain :D

    Thanks

    ZZZ

    September 17, 2007 at 7:32 am

  152. satu lagi minta salarynya brp yah
    saya pernah kerja di kontraktor 6 bulan, di operator big 3 1,5 tahun outsource, di operator cdma 6 bulan ada yang bisa ngasih saran??

    Thanks a lot

    ZZZ

    September 17, 2007 at 7:35 am

  153. Huawei????..walah itu perusahaan kayak pasar malam,..keluar masuk dan turn overnya tinggi,..jadi tanyakan aja sama yg sudah pernah di sana,..unrecomended deh,…tenaga diperas habis-habisan

    bambang

    September 17, 2007 at 9:24 am

  154. huawei?? china khan?? tau sendiri laaah :)
    buat yang posting kerja di gabon, engineer apa mas?

    yusuf

    September 17, 2007 at 9:19 pm

  155. Disuruh milih core, optim atau project, wah berat jg yah kayanya

    Thanks ya

    ZZZ

    September 18, 2007 at 1:30 am

  156. Bung Mulyadi: Oil&Gas di bagian apa ya…. Saya juga kerja di bidang yang sama, cuma di Indonesia. Bisa dapat hampir $3500 monthly.

    satia

    September 18, 2007 at 4:12 am

  157. kalo saya baca-baca comments di atas, kayaknya rata-rata engineer kita cuma pada pengen kerja di telco dan oil & gas aja. kok nggak ada yang pengen kerja di fmcg atawa manufaktur ya??? sebagai gambaran, gaji entry level di fmcg untuk engineer sekitar 1.8 – 4 jtan tapi fungsinya tidak melulu sebagai specialist, melainkan juga sekaligus supervisory alias menghandle para teknisi.

    lecky

    September 18, 2007 at 6:33 pm

  158. lecky,
    saya lihat di bidang telco lebih dinamis dan persaingan salary cukup menarik. ini akibat dari semakin berkembangnya dunia telco di indonesia. seperti pepatah ada gula pasti banyak semut. besar kecilnya salary yang diterima tergantung dari skill yg kita tawarkan dan besar kecilnya perusahaan yg kita lamar. Contohnya sama-sama permanent engineer antara Huawei dan Ericsson pasti gaji engineer ericsson relatif lebih besar dibandingkan Huawei. Hari ini di Huawei, bisa-bisa taun depan sudah di NSN dgn gaji yg hampir sama atau sedikit lebih gede drpd yg di ericsson. semua-nya tergantung dari kejelian dan talenta yg kita punyai. Satu lagi adalh keberuntungan

    Nyungsep

    September 19, 2007 at 12:30 am

  159. Someone says:
    Good company is not always good for some people…
    Worst campany is not always worst for some people…
    Good company could be bad for some people…
    Worst company could be good for some people…
    It could depend on what position you are, your boss, your customer and your luck

    US style, Europe style and China styel the are all always have plus and minus points.

    What I observed in China style: if you are good you get good pay.

    So, life is beautiful, be happy with what you have now.

    Cheer
    Adri

    ‘Don’t ever be too impressed with goal setting,
    Be impressed with goal getting’…..(John C Maxwell)

    Adri Satria

    September 21, 2007 at 8:55 am

  160. waduh dunia telco jadi paling hot yach…..
    di Indo yang gajinya paling hot ada 2
    1. Mining (Oil & Gas and Mineral)
    2. Telekomunikasi

    k’lo diliat dari diatas, Mining tetap lebih besar
    Mining di Indonesia (yang company besar)
    untuk fresh aja mo ngasi diatas 8 jeti
    ex: BP, Freeport, Newmont, Chevron, Total, INCO, VICO, Exxon, CONOCO Phillips
    mereka dibayar per annual diatas 120 jeti

    k’lo telekomunikasi (perusahaan gedenya) fresh per annual paling cuman 60 jeti, k’lo telkomsel sekitar 80 jeti keatas lah..

    makanya Mining selalu mo ngasi salary yang lebih…

    hidup mining……

    NieaR

    September 21, 2007 at 10:12 pm

  161. klau yang bekerja di perusahaan yang core businessnya ICT musti bersyukur, klu yang perusahaan yang core businessnya bukan di ICT musti banyak sabarnya :-)

    Imam

    September 24, 2007 at 8:51 am

  162. sorry neh, mau tanya lagi tentang yang ini.
    mohon jawabannya. Terima Kasih.

    hello,

    saya mau tanya neh. saya tamat s1 IT, lsg ambil s2 IT. tanpa kerja sama sekali. nanti kalo udah ngelamar kerja, apa dapet gaji = fresh graduate ITnya kebanyakan? bingung juga neh.. hhehehe. bantuin buat rekan2 disni yg sudah expert, tentang kasus orang2 yg mirip dengan saya inii. thanx.

    Wibawa

    September 24, 2007 at 11:11 am

  163. coment-coment nya bikin ngiler nih…. kapan gaji gw naik

    puyeng

    September 24, 2007 at 12:19 pm

  164. hallo mas anjar,,, mau minta saran nih!
    Nama saya yudha lesmana, 24 thn, lulusan teknik arsitektur ITENAS bdg, saya sudah pernah bekerja di konsultan arsitektur selama kurang lebih 1,5 tahun. Melihat perkembangan dunia telco, saya sangat tertarik untuk terjun bekerja di dunia, sekarang saya kuliah S2 ngambil MM di salah satu PTS yang dimiliki oleh yayasan perusahaan telco terbesar di indonesia.
    Saya mau tanya dan minta sarannya nih mas, dengan saya sekolah tersebut, apakah saya dapat mudah mendapat bekerja di dunia telco atau dengan background saya tersebut sudah cukup untuk mencobanya? biasanya posisi apa untuk lulusan seperti saya ini?
    Mohon sarannya untuk yg lain juga ya! sedang dillema nih.
    Untuk mas anjar terima kasih,,,by the way SMPN 1 CRB lulus tahun berapa mas?saya juga almamater SMPN1 CRB nih,,, pernah di ajar bu ngiliyah juga? _ salam_

    yudha lesmana

    September 25, 2007 at 9:45 am

  165. dah lama gak sentuh dunia TELCO, terakhir kerja di Siemen project di Thailand. Sekarang balik ke FMCG Obat….
    Gak ada salahnya kalau mau coba di FMCG, sal nya juga diatas rata2 kok, gue cuma levl IT staff sal gue di range 6 to 6.5. Semua tergantung NEGO anda2 semua

    silahkan dicoba dech

    jonkooping

    September 27, 2007 at 3:23 am

  166. saya baru lulus D3 dari PTN d Sby, bagaimana langkah selanjutnya yang akan saya lakukan kalau saya mendapat panggilan interniew?

    hudi

    September 28, 2007 at 1:11 am

  167. ikutan nimbrung ahh…saya vendor dari instansi engineer instrument kerjanya ya keluar kota terus..tapi enga kebanyakan vendor yang sering melalang buana kesana kemeri dengan gaji dan operasional tinggi…status saya di sini minim banget ( jadi buka-bukaan ) 2.2 jt/bulan..pernah dapet tawaran kerja di oil & gas lokasi papua gaji 20 jt/bulan kontrak 2 th..saya minat tapi istri nga kasih kejauhan katanya( dapet cuti 4 bulan sekali )….memang kesempatan tidak datang 2x..tapi kalo ada lagi kesempatan boleh juga..

    Bayu siswoyo

    Oktober 3, 2007 at 3:01 am

  168. mas bayu…bawa aja istri kesana. wah dpt gaji 10x dari gaji skrg sih, dikit aja mikirnya. kalo oil & gas apalagi di papua biasanya kasih fasilitas perumahan juga kan? Ayo dah…nanti menyesal

    mo_cab

    Oktober 4, 2007 at 6:02 am

  169. mas anjar..mau nanya nie
    saya lulusan 2001 dari Teknik Industri STTTelkom
    tapi saya kerjanya di bidang Instrument & Control di sebuah perusahaan system integrator asing
    belum 2 tahun bekerja alhamdulillah saya udah digaji 7.5 juta (nett), apakah gaji tersebut termasuk besar atau kecil dengan pengalaman belum 2 tahun?
    kemudian saya juga pengen s2 untuk lebih memantapkan karir saya d teknik elektro bukan di teknik industri (agak nyesel juga sich kuliah d TI) ?
    apa kira2 saran mas, setelah saya lulus s2? soalnya cita2 saya pengen k oil n gas (control system)

    thanks

    Naga Kecil

    Oktober 4, 2007 at 7:28 am

  170. NieaR Says:
    September 21st, 2007 at 10:12 pm

    k’lo diliat dari diatas, Mining tetap lebih besar
    Mining di Indonesia (yang company besar)
    untuk fresh aja mo ngasi diatas 8 jeti
    ex: BP, Freeport, Newmont, Chevron, Total, INCO, VICO, Exxon, CONOCO Phillips
    mereka dibayar per annual diatas 120 jeti

    k’lo telekomunikasi (perusahaan gedenya) fresh per annual paling cuman 60 jeti, k’lo telkomsel sekitar 80 jeti keatas lah..

    << wah mbak, kalo telco jangan pake standar gaji operator, tapi pakai standar gaji vendor, itu jauh lebih tinggi daripada operator :)

    ndik

    Oktober 5, 2007 at 5:47 am

  171. @Ndik
    sekarang saya bekerja di perusahaan tambang di Indonesia
    tapi milik asing (sorry nama perusahaan dirahasiakan)
    6 bulan pertama saya nerima cuman 7-8 jeta/month tapi setelah itu salary saya 12 jeti/month (tanpa Overtime) dan annualnya dapet 17-20 x gaji.
    sedangkan temen saya di Ericsson sudah (katanya vendor telekomunikasi yang salarynya paling besar) dapetnya 5-6 jeti + uang akomodasi 3 jeti + 4-5 jeti (lembur habis-habisan :) )

    jadi k’lo dilihat dari basic salarynya saya yakin tambang trutama “oil n gas” masih jauh lebih besar dari telekomunikasi

    piss

    NieaR

    Oktober 6, 2007 at 9:20 pm

  172. maaf sebelumnya
    saya cuman membandingkan yang fresh graduate
    coz saya baru lulus kuliah tahun 2006
    n temen saya yg di ericsson juga lulus tahun 2006

    huehuehuehuehuehue

    hidup mining

    NieaR

    Oktober 6, 2007 at 9:21 pm

  173. saya di epc, 10 tahun pengalaman, dapet nett 40 juta perbulan (termasuk lembur 1 jam sehari)… alhamdulillah…

    ed

    Oktober 8, 2007 at 5:21 am

  174. ed, epc apa sih? sory gw ga ngerti ga masi kuliah. dulu kul jurusan apa? 10 tahun kerja? asik juga. yang paling asik 40 jt?! kasi infonya dong. please. harynoorbaetana@yahoo.com

    bae

    Oktober 8, 2007 at 12:04 pm

  175. epc tuh engineering procurement & construction, maksudnya tuh service company yg mensupport oil & gas project.

    pak ed itu mungkin base nya di negri sebrang… kalo mo dpt gede, emang kudu brani hengkang keluar kandang!

    bobo

    Oktober 8, 2007 at 8:11 pm

  176. Mas Anjar, dan temen2 ada yang punya pengalaman kerja di Unilever. Aku dapet offering untuk posisi Territory Sales Supervisor, kira2 saat ini berapa standar salary nya, kurang begitu mengeri nya soalnya saya sebelumnya selama 2.5 tahun ini bekerja di Perusahan asing yang bergerak di bidang Pembangkit Listrik, ditunggu kommet nya,,,dan juga tips nya, tks – pandi-

    pandi

    Oktober 9, 2007 at 12:22 pm

  177. berapa ya gaji di Ericsson klo bagian project engineer ataw core network design?
    Terimakasih

    scifi

    Oktober 9, 2007 at 8:17 pm

  178. Salam,
    wah baca blog Mas Priandoyo ini menarik sekali, ya karena saya lagi mo cari kerja dan nggak tahu berapa gaji yang saya minta nanti, biar kelihatan wajar.

    saya jadi bingung sebenarnya, saya lulus dari STT telkom tahun 2005 dan udah lolos tahap akhir rekruitasi ZTE di bandung, mungkin ada tahap akhir wawancara ama COO atau CEO nya di Jakarta, waktu itu saya mintanya Rp. 1,5 Jt (waktu itu gak tahu gaji normal untuk FGrad itu berapa, asal cukup buat hidup dan nabung) dan ternyata, menurut teman-teman yang ke-rekrut waktu itu, mereka mendapat sekitar 3 jutaan.
    Saya melanjutkan di MM UGM, sekarang dah lulus, nah bingungnya… saya harus apply pakai ijasah s1 atau s2?soalnya banyak vacancy yang mintanya engineer, kalaupun minta bagian management pasti syaratnya minimal experiences nya 3-5 tahun dan kebanyakan minta yang awalnya engineer. Kalau saya applynya bagian engineer dengan ijasah s1, kayaknya mereka meragukan saya karena saya lulus dari STT Telkom 2 tahun lalu. Kalau saya apply dengan ijasah s2… kayaknya nggak banyak employeer yang tertarik dan, saya sendiri nggak tahu harus minta bayaran berapa nanti kalau ditanya…
    kalau minta rendah dikiranya saya nggak qualified, kalau mintanya tinggi dikiranya saya sombong dan arogan, pingin minta yang tengah tengah aja, saya sendiri yang bingung…

    Tolong kasih masukan dong….
    Pak/Mas Priandoro bisa membantu saya? mohon petunjuk

    Salam

    Alumni STT Telkom

    Oktober 10, 2007 at 5:25 pm

  179. Oh ya, kalau ada yang tertarik merekrut saya…..
    Please…………
    Hehehehe…………..:) udah belajar marketing soalnya.

    Alumni STT Telkom

    Oktober 10, 2007 at 5:40 pm

  180. –> alumni stt telkom
    lo angk. 2001, TE berapa? biaya kuliahnya abis berapa ya klo boleh tau?

    scifi

    Oktober 10, 2007 at 9:01 pm

  181. aduh enak amat yah.. para raksasa diatas, yah semoga aja orang kecil kayak saya yang mayoritas di negara ini nggak dilupakan, karena walau bagaimanapun para lulusan itb atau universitas bergengsi lainnya di negeri ini hidup dari subsidi pemerintah, uang rakyat. hehe. Yaah seengaknya narik satu orang anak miskin untuk disukseskan seperti kalian, itu aja , mohon maaf kata2 nya , oh iya taqabalallahu minna wa minkum untuk mas Anjar dan istri serrta saudara saudara semua, salam kenal, siapa tau ketularan suksesnya. amin ya mujiib ,hehe

    biru langit

    Oktober 12, 2007 at 8:01 am

  182. scifi, kalau ingin infonya email ke: jongjava.ismailgmail.com
    mas biru langit, doakan kami agar seperti harapan mas.

    Btw… siapa nih mo ngasih petunjuk ttg masalahku diatas?

    “Taqobballahu minna wa minkum, minal aidzin wal faidzin. selamat hari raya idul fitri 1428 H. Mohon maaf lahir& batin atas segala kesalahan”

    Ismail-A-R

    Oktober 12, 2007 at 2:54 pm

  183. MAs … misalkan standar gaji lulusan S2 tapi belum punya penglaman kerja gimana?soalnya rencana bis lulus S1 mw nerusin ke S2 langsung..apa disamain ama fresh grad S1 juga?

    “BUat rekan2 yg lain,Coba di Nofieiman.com jg untuk lihat detail transkrip gaji dari masing-masing perusahaan..coba search aja di archivenya.BTW,mas pri temennya mas nofieiman ya?(ernst & young jg dia)”..makasih sebelumnya.

    orison marden

    Oktober 13, 2007 at 4:11 pm

  184. Mas Mulyadi,,,,,saya pingin ikutan interview,,,kira2 kemana aja unutk bisa masuk perusahaan t4 mas kerja??? trus syarat2nya apa aja??? trus klo udah nikah boleh gak???
    Basic saya D3 elektro instrumentasi ugm,,,sekarang baru nerusin di S1 teknik elektro UGM juga (udah tinggal dikit lagi seh,,,), bisa mas kasi saya masukan…??? email ke saya ya mas chodhote@gmail.com, trimakasih atas masukanya…wassalam

    mulyadi Says:
    September 14th, 2007 at 9:14 am

    Mo kasi info niy, untuk masukan aja barangkali ada yg mau interview

    aku engineer yg erja di oil business 3 years experience, skr aku di tugaskan di gabon west africa, base salarry $15000 per month, daily bonus 200$ perday, dan meal allowance 50$ perday, kerja schedule 4 minggu on ( gabon), 4 weeks off (indonesia) tiket pesawat PP free

    Andika

    Oktober 14, 2007 at 8:16 am

  185. ada yang ketinngala,,,sekarang selain kuliah saya masih nyambi kerja di Provider internet sebagai technical support dengan pengalaman 2 tahun ini…..

    Andika

    Oktober 14, 2007 at 8:18 am

  186. # ed Says:
    Oktober 8th, 2007 at 5:21 am

    saya di epc, 10 tahun pengalaman, dapet nett 40 juta perbulan (termasuk lembur 1 jam sehari)… alhamdulillah…

    Si Ed segitu aja dipublish…
    Gw di mitrais baru 8 tahun nett 56 jeti/bulan…belum termasuk
    airfare allowance 2x setahun garuda pp…alhamdulillah…

    IT Me

    Oktober 15, 2007 at 3:04 am

    • 4,5 tahun telah berlalu komen ini, ternyata bukan 56 jeti tapi 5,6 jeti….betul HRD Wiwie Harris gak bakalan ngasih segitu…”masa’ gedean programmer daripada gue”…

      mohd andi

      April 3, 2012 at 3:15 am

  187. mitrais ama epc itu perusahaan apa?

    scifi

    Oktober 15, 2007 at 4:56 am

  188. ada info nya ga ya?

    scifi

    Oktober 15, 2007 at 4:59 am

  189. MAs ajar, teman2, bahas sedikit donk menegnai FMCG (UNILEVER), jangan Oil and Gas and telekomunikasi mulu..
    Mohon di bantu inputannya untuk pertanyaan saya belumnya..
    tks -Pandi-

    pandi

    Oktober 17, 2007 at 10:21 am

  190. Mitrais itu software developer di Bali. Ya saya pikir Mas IT me emang hoki deh di Mitrais. Dulu saya di Mitrais di-interview untuk Junior Level minta gaji 3,5 aja sebulan sulitnya minta amir..padahal gw gajinya dah segitu…..he.he.he…iya tho Mas ITme? EPC dah dijelasin kan diatas, Engineering Procurement & Construction Company, semacam service company untuk mensupport perusahaan OIl & Gas. EPC mah hebat…gw kalo mau juga pingin bisa kerja di EPC, apalagi keluar negeri. Hidup cuman sekali, ngapain nggak mau jalan-jalan dan digaji besar? he.he.he…

    BomBom

    Oktober 19, 2007 at 2:28 am

  191. Setuju

    Ismail-A-R

    Oktober 19, 2007 at 4:24 am

  192. Saya seorang Surveyor di tambang PKP2B
    Sekedar informasi, wacana salary engineer di perusahaan tambang (bukan Oil gas) biasanya dibagi menjadi 3 Segmen -1. Tambang Galian C (quarry) 2. Tambang Batubara 3. Tambang Ore. Umumnya untuk salary – entry Point di Tambang Quarry dan batubara adalah 3-5 jt (basic salary)– untuk di tambang Ore – biasanya 6-8 jt … jadi kalo di bandingan dengan grade salary di perusahaan telco dan oil gas, tambang kelas quarry dan batubara sedikit lebih rendah…

    surveyortambang

    Oktober 20, 2007 at 10:17 am

  193. Gaji di mitrais segitu harusnya senior manager bukan programmer.

    Rasanya Pak magson atau Ken ngak bakalan ngasih gaji gede.

    Ex-mincom

    voordoc

    Oktober 20, 2007 at 11:21 am

  194. Teman-teman yang sdh lama di IT, mau tanya nih, kira2 prospek sebagai aplication tester di indonesia akan bagus ngga ya?, karena sekarang saya kerja sebagai aplicatin tester untuk aplikasi system informasi rumah sakit, namun standart gaji disini sepertinya masih jauh dari rata2 IT worker…., tolong masukannya.

    tekom

    Oktober 21, 2007 at 5:18 am

  195. Temen2 mo nanya Teleplan yang baru ekspansi ke Indonesia. Kira2 standar gaji untuk posisi HR Staff dgn experience 1 th berapa ya? en prospek perusahaan ini kedepannya? Thx…

    Ajeng

    Oktober 22, 2007 at 7:48 am

  196. fresh grad buat core network VAS Engineer terima 4jt-an lah.

    itu di gw lho..

    yg lain mungki lbh gede yah :D

    millrasyad

    Oktober 25, 2007 at 8:15 am

  197. Setahu saya, ngga ada yang ngalahin salary scheme di oil & gas. Tentunya dengan level experience yang sama loh.. even untuk fresh graduate.

    Bisa dilihat di berbagai oil&gas website & proven.

    zaki

    Oktober 28, 2007 at 10:51 am

  198. haloo boleh tau nda gimana caranya masuk ke XL, soalnya g udah berulang2 kali ngirim kesana dan nda ada konfimasi apa2. thanks

    needinfo

    Oktober 29, 2007 at 8:19 am

  199. yaaaah om om, tante tante sekalian kalau mau di marih nya nih kita bergaji sampai ribuan USD (di indon), cuba mau nggak kalu bensinya berharga Rp 10.000 >/L, yang realistis donk!!!

    ikow

    Oktober 29, 2007 at 8:55 am

  200. ribuan dollar, bujug dah, guedhe bangget, kalo menurut saya 3-5 juta deh, he eh, diluar lembur kali ya

    varendy

    Oktober 29, 2007 at 8:59 am

  201. wah. masa profit Telkom lebih besar daripada pertamina?
    sepertinya masih jauh lebih besar pertamina, mas anjar ^^
    gaji oil n gas memang masih lebih besar dari telco. apalagi ketika harga minyak naik, makin besar aja deh juragan2 minyak itu. mungkin ketika stok minyak sudah menurun dan biofuel sudah berkembang, perusahaan minyak akan drop digantikan oleh telco. biar bagaimanapun energi masih memegang peranan penting..

    dimasu

    November 6, 2007 at 9:40 am

  202. [...] blog ini, semoga dapat memberi gambaran dan pertimbangan dalam memasuki dunia telekomunikasi, khususnya di [...]

  203. dear all,
    ijinkan saya berbagi, setidaknya saya tidak sempat lama menganggur setelah lulus kuliah.meski awalnya kerja seadanya.
    1.klo mau kerja, jangan bnyak mikir. buat lamaran. kirimkan atau bawa langsung.(terbukti masih saya alami dan diterima!) saya pernah bekerja di Bandung, diterima di kontraktor di Jakarta dg membawa lamaran langsung.

    2.Jangan banyak melamun buat cari kerja enak, gaji tinggi, perusahaan bonafit. dengan alasan dalam hati,” gw kan S1, S2..”……Wake up! sarjana bejibun, kata emak gw yg gak pernah kuliah.
    3. Tingkatkan skill, kemampuan ‘instan” yg dibutuhkan pekerja. ambil keuntungan dari “mewahnya” software bajakan di indonesia. belajar AutoCAD, microstation, Programing,dll. di luar negeri sana itu sangat mahal. suatu saat pasti berguna.(klo terpaksa keluar dari jurusan apa boleh buat, yg penting kerja dulu)
    Fakta yg saya alami, kemampuan autocad saya selalu jd pertimbangan (walaupun pekerjaan bukan lagi drafter)
    4.semestinya yg paling utama, sengaja ditulis sebagai penutup, maksudnya biar ingat terus, yaitu niatkan dengan tulus bekerja ibadah, mengangkat derajat, dan minta restu ke ibu & ayah.sedekah diperbanyak.
    boleh gengsi klo udah hebat, klo masih nelangsa cari kerja blum dapet2, realistis aja dulu….

    wassalam,

    detey@yahoo.com

    father of arkaan

    November 8, 2007 at 8:43 am

    • Setuju OM, emang harus gitu, Bakti orang tua dan semangat kerja tinggi, semangat belajar tinggi, insyaAlloh anda akan ditakdirkan sukses.

      Afif

      Februari 22, 2010 at 10:27 pm

  204. beneeer

    ikow

    November 8, 2007 at 9:13 am

  205. teman2,mas anjar,tolong di informasikan brp standar gaji untuk seorang PROCUREMENT ANALYST di EXXON dg requirement kualifikasi experience min 2thn (min IPK 3.2),status karywan kontrak BODYSHOP(kl ga slh),mohon bntuannya untuk di informasikan kira2 brp ya range salarynya,soalnya nge blank nih,tks-libi-

    libi

    November 8, 2007 at 3:38 pm

  206. Kalo punya kesempatan untuk dapat gaji gede ngapain harus memulai karir dari gaji kecil, kan bloon namanya ketahui dulu SWOT kita dan bergaining power kita… kalo kita kompeten untuk dapat gaji 7 juta ngapain terima gaji 2,5 juta. githu pak father of arkaan.

    Aku 3 tahun lalu lulus dari kuliah 4 kali nolak employer yang mo kasih gaji 3 juta, soalnya aku tahu aku pantes dapat 7 juta, sekarang gajiku 18 juta bersih, ditambah bonus bonus, kerja nggak harus di kantor, bisa kapan saja dimana saja aku suka, pangkat atau kedudukan? buat apa??? yang penting gaji gede, Istri cuantik sexy imut – imut, rumah real estate mewah, mobil mengkilat, bento bener aku ini.
    bangga papi mami punya anak kayak aku,
    bangga istriku yang cuantik sexy imut – imut itu
    bangga para tetangga dikampung ku
    bangga teman – teman ku
    buangga bener aku ini.

    MALINGSIAL blo

    November 8, 2007 at 4:38 pm

  207. maap ya mas kerja nya ngapain yah itu

    ikow

    November 9, 2007 at 3:13 am

  208. jadi penyalur TKI ke MALINGSIA….. heee..heee..heee..

    Nyungsep

    November 9, 2007 at 3:33 am

  209. Mas Anjar, saya fresh graduate dari Teknik Industri STT Telkom.
    Baru akhir oktober kmrn wisuda. Alhamdulillah kmrn apply ke Samsung Telecom sebagai MSC Engineer dan sudah ketrima (tapi lom teken kontrak sekarang)
    Salary yang ditawarkan nett 2,7jt/bl (udah termasuk insurance).
    Apakah itu feasible? Soalnya bener2 blank soal rekruitment :D
    Mumpung belum teken kontrak, apa yg harus ditanyakan, misalnya SPJ, uang makan, transport biasanya berapa besarnya?

    Kalo sempat, japri juga ngga papa Mas :)

    Matur suwun….

    whe

    November 14, 2007 at 5:59 am

  210. Mo tanya neh..
    Kira2 standar gaji di Mobile 8, ZTE & Smart telco bwt fresgrad brp yah?

    Truz kira2 prospek kdpnny dcompany tsb gmn?

    Tengkyu;-)

    Aku

    November 15, 2007 at 8:05 am

  211. ooh iya betuul, waktu itu (m8 belum jalan) saya pernah ditawarin dengan apply khusus lsg ke (lupa namanya) disuruh telp aja lsg , jadi kira2 berapa yaaa?

    ikow

    November 15, 2007 at 9:05 am

  212. mas2…yg pada smart & wise

    kbetulan nih, posisi saya Engineer on Site salah satu operator dg sistem kontrak. dg posisi yg sekarang gaji saya 2,7juta (alhamdulillah) cuman saya masih saja pengen cari2 dg pekerjaan yg sifatnya permanen (biar g bingung sealu saja ttd kontrak kl abiez)
    mohon infonya ya kl ada yg operator yg membutuhkan engineer, thx

    call me
    0852-46622250, 0548-5124474, 0548-22733

    farid

    November 15, 2007 at 9:58 am

  213. wah, mengenai kompetensi di dunia kampus, saya rasa trend tersebut sdh bergeser.. di kampus saya dl, UI angkatan 2001, passing grade jurusan teknik kimia n teknik industri pernah menggeser telco.. dan sampai sekarang juga msih sgt ketat bersaing..

    mengenai gaji, jauh lebih besar di oil n gas lha.,mas..
    80% rekan2 kampus saya , dr tekkim, elektro dan mesin lebih prefer mencari kerja yg berkenaan dgn dunia migas..

    rekan2 yg di telco pun , smp sekarang masih rajin mengirim cv n mencari link ke dunia migas..

    saya sekarang bekerja di salah satu perusahaan servis migas dr Amerika.. saya baru kerja 6 bulan dsini n tidak ada experience sebelumnya sudah bisa mendapat take home pay setaraf Manager/Specialist di major player telco..

    jd oil n gas msh memegang standar gaji tertinggi lha, mas..
    meskipun u/ negara berkembang seperti indonesia..

    untuk Mas Mulyadi, kerja di servis jg ya?
    saya di Baroid, masih employee lokal indonesia.. kebetulan skrg lg diassign di Brunei.. belum international ky mas mulyadi =)

    Cheers..

    0518

    November 17, 2007 at 4:32 am

  214. mau tanya nih..mgkn ada yang bekerjanya dibidang sipil hidro ya…??? aq mau sharing2 aja..tq for all

    ella

    November 21, 2007 at 6:41 am

  215. wuih topiknya seseru inikah ampe panjang bgt kekekek. Saya lulusan STT Telkom en mmg pas jaman saya udah lumayan mahal biaya kulnya, tapi klo tekun untuk balik modal ya its oklah, bersusah dulu berenang kemudian (eloh kok sama aja) :P berenang di infinity pool dgn view ocean maksudnya :P
    Saya sendiri udah kerja almost 5 years di salah satu telco skrg en dulu pernah di operational (yg kt penulis kerja dinihari, tp sesekali doang sih klo lagi patching or setup server baru), btw sy cewek so its open to all gender hehe. But skrg mainly ya kerja kantoran biasa di blkg meja hehe.

    Yang bikin tertarik, ulasan artikel bilang stlh level supervisor / manager berikutnya terserah anda.
    kalo soal sikut sana sikut sini cari posisi ya klasik la ya. Ada alternatif lain ga…like, kita laku gak di dunia telco luar :D
    bukannya lagi gak nasionalis en menutup mata dgn potensi pasar nasional yg ktnya sih masih buanyak.
    Tapi kan dunia ini dinamis…selain kita asik dgn dunia kita sendiri tanpa disadari dunia kita sedang diserbu SDM dr luar juga kek bbrp telco hire CEO India, why not qta compete dgn yg di luaran juga, weleh. Bbrp temen ada yg katanya nyangkut di telco qatar … yah siapa tau in the future gak cuma SDM nya but qta bisa kek SINGTEL juga menyerbu as perusahaan/owner ke luar. Sayangnya SDM qta blom byk yg kek India yg bahu membahu ngebantuin temennya di perantuan LN, but CMIIW :D So qta musti belajar dr engineer2 India yg sudah menggurita di arena global … :D
    yah walo kedengarannya ngawang2 tp siapa tau bisa jadi kenyataan :P

    chriscarol

    November 21, 2007 at 4:31 pm

  216. Menurutku, kerja di telko paling mengasikkan bs update teknologi yg terus berkembang..
    ga mesti sey harus tamatan university terkenal hehe..
    tamatan buat koneksi cari kerja aja (fresh) :)
    kalo udah kerja pengalamannya mateng and banyak bisa buat kita eksis dan jg rezekinya n konecsi lagi hehe..

    adhe

    November 23, 2007 at 9:38 am

  217. ada panggilan dari bakrie. tp gara2 baca salary cuma 1,7 jt an fresh grad jadi malas nih

    tp apa iya sekecil itu ya?

    mohon pencerahan

    thx

    Chris

    November 25, 2007 at 5:13 pm

  218. Hai … numpang kasih informasi ya. Untuk yang lagi cari – cari kerja, coba click di http://www.jobkita.com deh. Jobkita.com merupakan online recruitment company yang menyediakan berbagai macam pekerjaan yang qualified loh. Soal gaji, ya setiap perusahaan dan posisi kan punya standardnya sendiri – sendiri. Tapi kan semuanya berawal dari yang kecil dan mudah – mudahan lambat laun akan berkembang. Amin. (hehehehe).
    Oh iya jangan lupa ya http://www.jobkita.com. Selamat menoba.

    arya

    November 26, 2007 at 1:50 am

  219. Salam kenal mas anjar … saya pengen tau informasi mengenai pekerjaan ‘data entry’ ? Ko saya liat di lowongannya gajinya lumayan juga yah? tapi dia kerjaannya bukan untuk long term yah? kalo ada temen2 laen ada yang tau … mau dong informasinya …

    marque

    November 27, 2007 at 3:55 am

  220. sering-seringlah pindah kerja biar gajinya naek..
    di indonesia musim-nya masih kayak gitu..
    kalo dah dapet yang `nyaman` dihati+gaji, baru stay disitu..
    hehhehe..

    pengamen

    Desember 5, 2007 at 11:24 am

  221. Ikut komentar n sharing,,,
    Background saya lulus S1 dari sebuah PTS telco di dayeuh kolot. Pertama lulus S1 tahun 98, saya kerja di anak perusahaannya Indosat & Telkom. Kalau ditanya gaji, fasilitas dan lingkungan kerja waktu itu,,, wah sangat2 menyedihkan. Kalau saya baca dari topic2 di blog ini tentang gaji dunia telco, sepertinya saat ini jauh lebih bagus dibandingkan waktu saya dulu kerja di dunia yang sama.
    Sekarang saya kerja di dunia oil, alhamdulillah jauh lebih baik dibandingkan dulu di telco. Maaf bukan bermaksud mengatakan oil itu lebih baik dari telco, tapi bagi saya apa yang saya jalani saat ini sudah membuat saya happy.
    Pernah ada teman yang ngajakain kembali ke bidang telco yang katanya menjanjikan. Tapi saya tetap yakin, saat ini saya masih betah di oil kenapa saya harus mencari tempat baru yang belum tentu sesuai harapan. Gitu aja sharing dari saya, sekali lagi bukan bermaksud mengatakan oil itu lebih baik dari telco, tapi bagi saya apa yang saya jalani saat ini sudah membuat saya bahagia.

    Bomba

    Desember 11, 2007 at 7:01 am

  222. HAi…mau nanya nich, ada yg punya pengalaman kerja di Aneka Tambang?bagi2 infonya donk, makasih

    delgo

    Desember 12, 2007 at 4:02 am

  223. Mohon masukan dari rekan-2 senior…
    Saya barusan dapat tawaran dari Huawei setelah 2x interview beberapa hari yg lalu, posisi sebagai CME Manager…
    Huawei tawarkan 8jt plus pulsa dan bonus lain, saya masih belum jawab dan minta waktu.
    Mohon saran apakah sekiranya standart untuk CME Eng/Mgr di kisaran tersebut…?
    Pengalaman saya 3 thn di Building Construction dan 1 thn di luar negeri untuk support facilities termasuk steel tower.

    Terima kasih atas masukan dan sarannya….

    demian

    Desember 13, 2007 at 6:59 am

  224. ass…wr.wb.

    salam kenal mas,…

    saya mau curhat nih mas….saya sudah 5 tahun bekerja sebagai staff advertising di perusahaan om saya…yaitu sebagai data entry dan tugasnya adalah memasukkan materi iklan (iklan baris ), dan saat ini saya ingin mencari pekerjaan sesuai bidang saya di S1 yaitu jurusan teknik Elektro(telekomunikasi).mungkin mas…bisa memberi informasi kepada saya…atau para reader lainnya silahkan e-mail kesaya.
    dan jikalau tidak ada saya ingn bekerja diluarnegeri, mungkin ada yang bisa memberi saya informasi yang jelas…dan bener-bener legal.

    terimakasih sebelumnya

    Riatna Amri

    Desember 19, 2007 at 5:56 am

  225. assalamualaikum,wr.wb.

    kepada seluruh komentator dari pada lebih banyak komen dari pada tidak ada reaksi sama sekali. lebih baik bantu orang-orang yang ingin mendapatkan pekerjaan, karena sekarang ini anda-anda tahu bahwa banyak sekali pengangguran terdidik yang ada di negeri ini jadi melalui forum ini mari berbagi informasi mengenai pekerjaan dan tetek bengeknya…….agar para pengangguran terdidik di Indonesia berkurang.mari kita bersatu majukan negeri ini dengan berbuat sesuatu…………
    ra_lana@yahoo.com

    RIATNA AMRI

    Februari 13, 2008 at 9:55 am

  226. Aduh yang dibahas s1 semua, klo bwt d3 elektro background telekomunikasi, elektronika. dan system control standarnya brapa ya mas?

    undergraduate

    Februari 13, 2008 at 5:43 pm

  227. Wah malu gue kalo ngomongin masalah gaji, palagi kalo hanya hitungan pada nominalnya. sekarung pun per bulan, ya namanya masih harapin gaji ya tetap buruh alias dipekerjakan dan tetap jadi budak pemodal2x sontoloyo itu.
    Hai.. teman2 seantero indonesia, kao kita cuman sibuk dengan hitung2an salary yang akan senang banget adalah pemodalnya/cukongnya dong. kalo gua yang palin utama untuk sekarang dalah gimana sih namanya frofesinalisme pada bidang yang sementara digeluti dan disitulah sebenarnya pokok permasalahan. gaji itu cuma faktor bawaan aja dari seribu satu bintang di langit hehehe. Tapi kalo rekan2 masih trauma penyakit fobio yang namanya duit silakan hitung2an terus ampe mampus akhirnya anda akan menjadi menyembah uang alias mammon.
    Kalo gue, baground dari Mechanical dan saat ini lagi gabung dengan comp bergerak di bidang gali-menggali tanah sebelumnya sempat dng beberapa comp dng bidang beda2 pula jadi gua bisadi kategorikan kutu loncat mungkin karena gua dari mechanical jadi nggak apdooll kalo kagak bergerak atau karena masalah gaji juga ya, hehehehe.
    Gue lihat yang hangat disini bidang IT ya, mngkin karena mas Pri begrn dari sono ya, mas Pri sorry ya jng dismpn dalam hati hehehhe.
    Tapi ggak apa2, ya htng2 bsa berbagi apa yg bisa di bagi.
    Salary gua kira relatif banget ya, dan faktor dominanya adalah bergerak di bidang apa dan tingkat margin dari core bisnis company tersebut. Kalo disini mengatakan yang paling besar salary-nya adalah bidang IT, gua kira agak keliru. maaf ya itu menurut pendapat gua dan tentunya berdasarkan analisa gua sendiri dan pengalaman gue.
    Secara keseluruhan salary di mining (logam,oil&gas) rata2 akan lebih besar dari bidang IT. Toh kalo ada employee di IT dapatnya sama dngan employee di Mining gua kira hanya berlaku untuk bagian marketingnya dan itu wajar, namanya juga bagian jual-an pasti dapat insentive alias perangsang hehe biar gombalnya lbh dasyat.
    Dari sisi total investasi gua kira IT itu tidak membutuhkan investasi yang besar jika dibandingkan dengan mining. sebagai contoh bahwa investasi di bidang mining sangat mahal adalah project BP Tangguh di Sorong itu membutuhkan dana hampir mendekati 6 milliar US dollar atau kurang lebih 54 trilliun itu baru satu project. Bisa dibayangkan berapa keuntungan per tahun dari project tersebut, dan diperkirakan saat suda produksi hanya dibutuhkan sekitar 500 tenaga kerja. Bisa dibayangkan dengan investasi sekian nantinya hanya membutuhkan 500 orang untuk mengandle selama produksi, apalagi keuntungan yang akan didapatkannya dan tentunya akan berefek ke incame dari karyawannya.
    Itu baru dari sisi salary, dari tingkat skill manusia yang gabung di sono pasti di atas rata-rata karena bidang tersebut sangat komplite, merupak combine dari bebrapa bidang engineering termasuk di dalamnya ada IT tapi itu hanya bersifat support saja. saat ini lagi nerima karyawan baru, yang punya nyali,jiwa petualang dan experience yang dasyat silakan mencoba.
    Okh, kian dulu mudah-mudahan dapat memberikan freshing dan inspirasi terutama untuk adek2 yang fresh graduate dan saat ini masih dalam prosess raba-meraba dunia kerja.
    Gua harap jangan salah raba, kayak gua pernah jadi kutu loncat perusahaan karena salah raba hehehehhe……..
    Warm regards

    pesok

    Februari 16, 2008 at 4:18 pm

  228. hello mas pri,
    Sy lulusan Tekn.Pertan(THP) UNSRI, dah ikut tes di PT.Sriwijaya Alam Segar(MieSedap Palembang). Klo, sekiranya sy dipanggil tuk interview, brp gaji yang sy hrs ditawarkan tuk posisi Adm.Quality Raw Material???

    demilsa

    Maret 11, 2008 at 3:13 am

  229. assalamualaikum,

    bagi…bagi donk informasi lowongan pekerjaan di telco……

    AMri

    Maret 15, 2008 at 3:40 pm

  230. iya nih…
    Bagi2 dunk infonya tentang lowongan as engineer di telco…
    Yang paling bagus lagi info tentang lowongan di vendor spt NSN, Ericsson, Al-lu, huawei, zte, yang tentunya bisa belajar lebih banyak kalau di vendor…

    pegawaikontrak

    Maret 18, 2008 at 5:22 am

  231. Haloooo Semua Ikut gabung di community ini mas.., waaahhh ada lowongan kerja ngak mas…??

    andy

    April 17, 2008 at 8:42 pm

  232. Wah…ngomongin soal gaji…..pusing….
    Biar itu engineer tapi kalo gak ada posisi tawar juga keok mas…
    Lebih baik pasrah aja dan perbanyak bekal tuk cari skill lain

    RAHASIA TOP RANK DI GOOGLE & YAHOO TERKUAK

    http://www.tiphit.wordpress.com

    sahrudin

    April 29, 2008 at 9:22 am

  233. apa itu engineer?boleh tolong jelaskan….gua baru lepasa spm…

    ritika

    April 29, 2008 at 12:05 pm

  234. aslm……

    mas kalo lulusan STM Negeri Pembangunan Bandung gimna mas?fresh graduate brp?

    trims..

    lutfi

    April 30, 2008 at 8:02 am

  235. Oh gitu yah.
    Makasih infonya deh mas.

    triaslama

    Mei 3, 2008 at 11:57 am

  236. gaji di PT Mobile-8 untuk telco engineer brapa ya ?

    streeeesss

    Mei 14, 2008 at 6:48 am

  237. Kayaknya temen2 yg ngasih info salary di sektor tertentu
    harus lebih jelas lg, pengalaman brp, umur brp? masing2 company punya standar sendiri dan skrg byk yg outsource..
    biar kita lebih jelas..
    ex: di INCO fresh grad 6-8 jt tp status contract..
    uang makan, transportasi potong gaji ?
    Skrg yg permanen cuma supervisor ke atas..

    sahel

    Mei 20, 2008 at 10:09 am

  238. Hallo om and tante2 semua..orang pintar indonesia hanya mementingkan perut sendiri..gaji gede . Diperdaya pihak asing.dan pemodal..seumpama lulusan enginer mewariskan ilmu2nya ke anak2 bangsa dalam hal pengembangan teknologi..tentu kita tak akan menjadi pangsa pemodal utk dijadikan budak pekerja dan pangsa pasar mereka..tetapi kita menjadi negara produsen dan org2nya pengusaha semua.kita jgn hanya mau gaji gede..tapi kita harus mampu pula jadi pengusaha yg dpt mengurangi pengangguran.
    Ngga kuliah aja kaya.

    Wiwied

    Juni 5, 2008 at 6:08 pm

  239. Bikin tema baru donk ..dengan tema Pengusaha Indonesia Bangkit

    fajar

    Juni 6, 2008 at 2:27 am

  240. Salam kenal nih buat semua….mo ikutan nimbrung nih..kebetulan saya hrd disalah satu vendor perusahaan BTS..saat ini saya lagi butuh CME Coordinator dan QC yang sudah pengalaman at least 2 tahun dibidangnya…bagi yg berminat mohon apply cv ke retha@panatraco.co.id
    Ok deh segitu aja infonya..Thanks..

    retha

    Juni 6, 2008 at 4:17 am

    • mbak sekarang panatraco nya udh nyaris bangkrut ya?gmn nasib para mandor2 yg jd subcont nya tuch?udh pada dibayar blm?…kasian banget sih..ya jabotabek ama jabar podo wae…PM-PM nya jg gak ada yg berbobot..apalagi PM jabar..duduk2 sambil ML ama si “DW”nunggu setoran,omong gede,gak bermutu,banyak gaya..n penjahat kelamin sih..ya makanya jd bangkrut

      dani

      Juni 26, 2009 at 3:17 pm

      • wah,emang iya kali ya,soalna dulu aku pernah kerja di panatraco di Jl ters martanegara 13 bdg selama 3bln seh,ngak betah,suasananya ngak spt kantor umumnya,lbh banyak becanda krn bosnya ngak berwibawa udh gitu doyan yang aneh2 apalagi klo sm cewe,oh iya aku direkrut dr taruna bakti by tmnku,yang paling bikin aku ngak betah disitu krn bos nya ngak jelas maunya,terahir ngak taunya emang pacaran umpet2an sm si teh dewi kali ya?eh malah sempet ketahuan waktu “ml” diruangannya,ngak malu ya?

        diana

        Juni 26, 2009 at 3:46 pm

  241. Trims retha infonya, yang punya info lain donk untuk bidang oil&migas dan power plant..pls info

    fajar

    Juni 6, 2008 at 4:35 am

  242. @subhan

    gila lo, kira2 aja bos…masa baru lulus pgn gaji 10jt. klo di aprika mungkin kali ya hehehe..

    mau_ngelamar

    Juli 14, 2008 at 12:46 am

  243. ang penting gaji engineer itu gak boleh kurang dari 4.5 Jt untuk ukuran di wilayah JABODETABEK……..kalau kurang dari itu berarti perushaan kacangan……………

    D

    Juli 24, 2008 at 1:38 pm

  244. Buat teman-teman semua,

    Ada yg tau standar gaji di NSN Indonesia sebagai SITAC Coordinator ( by IMSI ) ? Mohon bantuannya.

    Sniper

    Agustus 5, 2008 at 12:14 pm

  245. Teman2 semua,

    Ada yg tau standar gaji NSN Indonesia utk SITAC Coordinator ( by IMSI ) ?? Mohon bantuannya

    Sniper

    Agustus 5, 2008 at 12:16 pm

  246. I will give you some enlightenment.

    In Ericsson for fresh graduate will be paid Rp 7 million
    In NSN 5 million
    In Huawei 4 Million
    In ZTE 3 million

    In huawei after finis 3 month of probation you will get 1 million more and salary increament.
    In ZTE there also some salary Increament, but If you are assigned to other places than jakarta you will get 100 thousan a day. it is mean if you work one month outsite jakarta you will get 6 million.
    in Huawei you will get 20 USD a day if you work outsite Jakarta.
    so you can choose Ericsson for first choice…

    Huang yi

    September 28, 2008 at 8:29 am

  247. tmen2 pembaca,,
    qu mo nanya neh klo standar gaji pokok utk posisi engineer di perusahaan telekomunikasi dikota bandung kira2 berapa ya???

    trim’s..

    bang maneh

    Oktober 3, 2008 at 10:03 am

  248. komentarnya rame ya :D wuiiih gajinya jut jut … kerjanya telco lapangan kalo orang awam bilang tukang panjat tower/tukang shelter gajinya > +/- 4jt kalo di analisa kembali gaji tersebut yaa buat anda tabung di hari tu sebagai penbus obat sakit.. lhoo koq gitu yaa iyalah masa iya iya sih, kerjanya STANBY 24 JAM ON CALL berpotensi mengidap susah tidur (sangat sulit untuk mengembalikan ke posisi normal) , siap bekerja di ketinggian, bagi yang berusia 30 thn pa ga mikir anak istri anda? istri kesepian potensi selingkuh :D , yaa satu lagi penyakit tulang belakang yang suka bekerja di tegah malam siap bersahabat dengan anda , saya bukan menakuti anda yaa hanya coba berbagi apa yang saya alami sebelumnya, untuk anda khususnya yang berusia > 30 thn coba beralih pada pekerjaan yang tida banyak menantang udara malam , ingat gaji besar belum tentu anda bisa nikmati dengan baik, karena dengan gaji itu anda harus bayar mahal untuk biaya pengobatan, (efek negatif dari pekerjaan malam anda akan terlihat 10 tahun kemudian setelah anda bekerja) .. ;)

    pengeangguran

    Oktober 5, 2008 at 1:07 am

  249. masa probation 10jt
    after prob. jadi 12jt
    location: balikpapan

    tergantung, malah yg gw denger ada yg nyampe kepala “6”, tapi biasanya yg begini nih engineer2 jebolan EPC yg pindah ke “client”.

    TOTAL E&P Indonesie

    Oktober 5, 2008 at 4:58 pm

  250. Sekedar menambahkan mas anjar, selain A. Standar Kompetensi, B. Standar Industri dan C. Standar tipe pekerjaan, range gaji dapat ditentukan juga dengan core bisnis perusahaan – core ilmu engineer. Di tempat saya bekerja dan beberapa perusahaan rekan-rekan, engineer yang bekerja di tempat yang bukan “core” ilmunya rewardnya sekitar 70-80% dari engineer yang bekerja di corenya. Di coal mining project, bag IT Engineer dept mendapatkan sekitar 6 jt / 70% dari Mining Engineernya. Saya pikir ini juga berlaku di tempat lain.

    ignas

    Oktober 6, 2008 at 11:16 am

  251. Mas Pri salam kenal y…
    Saya tamatan STM Otomotif th 2007, saya bekerja sudah kurang lebih 7 bulan di sebuah perusahaan SubCon Telco djkt. Jabatan saya sekarang sudah Engineer Telco dengan gaji 1,7 + tunj2. Saya berniat untuk mempermantap ilmu saya dan posisi saya dengan ingin melanjutkan ke Perguruan tinggi.
    Tetapi karena saya bekerja project, saya mengurungkan niat saya untuk kuliah lg karena not anytime have long free time. Dan selalu under pressure time..

    Menurut Mas Pri saya harus bagaimana sekarang….??
    thx..

    –fadly–

    fadly

    Oktober 10, 2008 at 6:25 pm

  252. cuma sekedar sharing. buat bahan pertimbangan klo mo kerja di Vendor, wekekekek.
    klo ada yg sewot karena sibuk ngomongin gaji terus, mohon maaf, toh memang topiknya itu kan.

    Gambaran umum kerja di huawei sbb:

    1. Penghasilan:

    – Gapok : – fresh graduate, entry level : 4 Juta/bln (tp tergantung nego Juga, klo pasrah aja sih biasanya dikasih segitu)
    – klo lulus probation setelah 3 bulan, gaji lo wajib nambah 1 juta jadi 5 juta/bulan
    – nah di probation itu ada level lulusnya juga, klo biasa, ya udah ga dapet tambahan lg selain yg 1jt, tapi klo lulus Excellent dapet tambahan lagi
    tergantung keputusan atasan, tambahannya itu antara 10% – 50% dr gp sebelumnya. umumnya sih dapet 30% klo Excellent jd 6,2jt/bln.

    – DLL : – Plafon GSM kisarannya antara 600rb – 1,2juta/bulan (tergantung posisi, klo kerja berhadapan ama perangkat biasanya 600 or 800rb/bulan,
    klo kerja ngandelin moncong alias koordinasi terus biasanya 1 or 1,2 jt/bln). tapi kadang itu cuma teori aja. sering pake overlimit
    ampe jutaan/bln fine-fine aja (asal atasan ok)
    – tunjangan luar kota antara 20USD – 45USD /hari (tergantung tugas dimana, klo pulau jawa 20USD-30USD/hari, klo luar jawa bisa sampe 45USD/hari)

    selain diatas, juga ada pernak-pernik dibawah ini:

    – overtime dibawah jam 11 malem (itungnya lupa gmn, tp lumayan lah 1 hari gaji),
    – kerja tengah malem 100rb(minimal 2 jam klo ga salah)
    – Hotel klo gi tugas luar, (50USD/per malam, bs lebih tergantung jabatan jg)
    – plafon taxi 60USD/bln(bs lebih asal atasan ok)

    jadi klo semua item diatas dipake, tiap bulan dapet penghasilan 2 digit. tapi TAX alias pajaknya gede juga bisa ngegaji 1 karyawan lg, mungkin ada yg tau cara
    perhitungan pajak sesuai aturan?, or buka topik baru tentang perhitungan pajak dari gaji?.

    or bisa di share juga gaji ama pajak di Vendor lain yg pastinya lebih gede kali ya?

    2. Suasana Kerja:

    – Pressure : tergantung posisi, job desc, atasan, team, customer yang dihadapi, project yang dijalanin, juga timingnya.(alias Pressure kadang kenceng kandang kendor)
    tapi rasanya bekerja di vendor manapun Pressure nya akan kenceng. ya klo orientasinya nyaman sebaiknya memang jangan memutuskan kerja di vendor.
    orientasi yg lebih cocok itu klo ke ilmu or untuk sebagian orang uang.

    – TurnOver : Alasan orang pindah kerja itu bisa macam-macam. bahwa di Huawei TurnOvernya tinggi ya betul tapi liat dulu alasannya.
    klo alasannya : ada yg menawarkan gaji lebih tinggi, jabatan naik diperusahaan baru, lokasi kerja lebih dekat dengan keluarga atau
    alasan2 positif lainnya, rasanya bukan cuma di huawei yang seperti itu, di perusahaan besar lainnya pun juga akan sama.
    di huawei kesempatan terbuka luas buat karyawan baru sekalipun untuk maju, nah biasanya klo udah dapet ilmu, dapet tempat lain
    yg lebih bagus trus pindah sepertinya normal2 aja, yg ga pindah2 malah yg patut dipertanyakan, huawei tidak mempersulit hal2 yg berbau resign,
    seperti nahan ijazah asli or ada denda. jadi dipersilakan saja untuk datang dan pergi.

    cuma untuk tujuan kebaikan bersama, jadi silakan saja memutuskan sendiri Vendor, Operator, End-User or do Nothing…

    ibracadabra

    Oktober 22, 2008 at 5:15 pm

    • itu buat posisi apa? klo posisi logistic dan masih fresh graduated rata-rata berapa?

      rara

      Oktober 16, 2011 at 4:40 am

  253. Kok rate kerja di telco yang disebutkan di atas keliatannya terlalu gedhe yaa, padahal rata-rata temenku freshgrad yang kerja di telco ga segitu deh, misal
    NSN DGE = 3jt + tunjangan 400 rb = 3,4jt –> sebelum probation
    Nexwave = 3jt
    Huawei = 3.5 jt –> belum dipotong pajak, sebelum probation
    Samsung = 2.75 jt
    Bakrie = 3jt
    subcon = antara 2 – 3 jt

    ada koreksi ?

    indonesia_raya

    Oktober 23, 2008 at 10:11 pm

  254. Kok rate kerja di telco yang disebutkan di atas keliatannya terlalu gedhe yaa, padahal rata-rata temenku freshgrad yang kerja di telco ga segitu deh, misal
    NSN DGE = 3jt + tunjangan 400 rb = 3,4jt –> sebelum probation
    Nexwave = 3jt
    Huawei = 3.5 jt –> belum dipotong pajak, sebelum probation
    Samsung = 2.75 jt
    Bakrie = 3jt
    NEC = 4,5 jt
    subcon = antara 2 – 3 jt

    ada koreksi ?

    indonesia_raya

    Oktober 23, 2008 at 10:12 pm

  255. Fresh Grad
    Update NSN Dyka = 3 jt + 200rb pulsa –> probation

    Jm

    Oktober 25, 2008 at 5:06 pm

  256. Chevron:

    gaji fresh 12jtan, tunjangan n fasilitas? yah elu tau sendiri lah..

    tp di duri mau gak loe?? kalo tukang ngeluh dan gak tahan kerja lapangan mending pulang kampuang aja…sama ajalah, temen gw di TELCO jg sering kelapangan, manjet2 BTS, dikirim ke luar jkt, dsb.

    yg terpenting loe kudu tentuin di bidang mana lo minat! mau di telco kek, oil kek, kerja di lapangan kek, klo emang udah suka ya gak masalah. duit ngikut sendiri kok dgn bertambahnya elmu.

    enjinir_cepron

    Oktober 30, 2008 at 12:35 am

  257. Di Total E&P Indonesie :
    gaji Fresh Grad : 10.7 Jeti (Free Tax)
    Kerja di Kota Balikpapan euy

    @enjinir_cepron
    Btw koq gede chevron ya… :( :( :(
    Chevron free tax atw ngak..!!??

    Engineer Total

    Oktober 30, 2008 at 11:19 am

  258. @Engineer Total

    sama aja lah. beda segitu apalah artinya. masak loe mau pindah ke sini cuma gara2 selisih segitu. habis waktu loe, rusak CV loe!

    belajar aja dulu lah, nanti kalo udah pinter baru cari yg lebih maknyus.

    enjinir_cepron

    November 1, 2008 at 8:02 am

  259. Boss mo nanya donk?
    kl rate di IMSI untuk NSN berapa yach?
    ane bingung nih kl di tanya expected salary nya.
    oiya pengalaman ane di telco planning baru 3 taun 6 bulan….
    ditunggu infonya
    thanks b4

    fuuko

    November 6, 2008 at 6:59 am

  260. Di Jakarta timur ada jg kmps jurusan telecommunication….
    namanya darma persada…..
    tp swasta coy…
    yg pentingkan juruannya telco…
    yg lagi ooming skrs..

    edydaenkcity9

    November 11, 2008 at 2:18 am

  261. @Engineer Total :
    kmaren aku udah medical test di TOTAL utk posisi engineer
    kalo partial colour-blind bisa lolos nggak ya?
    thx atas infonya

    job_freaker

    Desember 7, 2008 at 7:31 am

  262. @job_freaker:

    tergantung….
    lu nglamar tux posisi apa..!!??

    Engineer Total

    Desember 13, 2008 at 5:58 am

  263. kalo civil engg gimana mas?

    godreaming

    Desember 20, 2008 at 2:37 am

  264. hai mas pri assalammualaikum…
    nimbrung lagi nih… wah yg nambahin soal gaji telcoo di 2009 masih lanjut terus yakh… pdh topik nih sejak awal 2007 lho.. 2 th anniversary nih… potong kue nya yah…

    basa-basinya stop.. cmn mau share aja.. kerja di telco kalo yg atas pada ngebicarain engineering.. saya mau share yg non enginering nih.
    aku di huawei udh jalan 4 bulan …. baru di approve probationnya tp belum nikmatin allowance. Modal ku sih cmn satu masuk disini, wo hui shuo zhongwen. yaitu aku lulusan s1 management dari negeri asal huawei. of course bisa baca tulis mandarin ngomong casciscus.
    Posisi di commercial dept. lulus th 2007, pengalamn kerja ditempat lain baru 7 bulan( soalenya sering loncat sana-sini ga jelas)
    Di huawei company udh lumayn terstruktur, pressure bisa2nya kita ngatur diri aja. Di posisi ku biddang commercial lebih detail ngurusin contract dengan customer, kerjaan ga banyak, dalam sebulan 22 hari kerja bisa pulang ontime 20 hari. jarang OT malah sering nelat masuk kantor ( habis pagi2 jarang ada kerjaan ngopi sarapan baca koran, paling pagi jam 11 baru ada job)sering telat nih aman2 aja, untung bos baek jarang nge negur sih(belum ketahuan ma HRD siih hehehe).
    Tp kalo lagi mau tender.. ya ini yg pusing.. dikejar deadline ya kudu lembur.. secepat mungkin diselesaikan. tapi juarang… pada umumnya bisa ke handle tanpa OT.
    Gp dlm contract 3,5+800rb kartu halo( 200 ribunya aku pake ngenet flash perbulan, banyakn pribadi urusan kantor lebih sering pake telp kantor hehe) . after presentasi probation katanya ada allowance, ini belum nerima baru bulan depan efektiv.

    Sebelahku yg contract manager s1 FH UI pengalaman 5 th di firma hukum mengantongi kartu pengacara, pengalaman beberapa bulan di perusahaan telco laen gaji 13jt/bln kotor, jatah pulsa sama ama aku, tp belum allowance yah. Mungkin allowancenya beda. Tapi kalo manager dah ga dapat uang OT lah. Kerjaannya beliau ga jauh beda ama aku, mungkin lebih berat sedikit karena ngebaca kontrak2 yg tebel2 gitu. sering sama2 nyante ga ada kerjaan. Dia masuk lebih telat 3 minggu aja dibanding aku.

    yg jelas bisa tiap hari ontime pulang itu yg nikmat, bisa cr sampingan di luar, Drpd OT yg kalo 12 jam baru bisa di claim gaji sehari mending cr sampingan ngajar mandarin dah.. sekali ngajar dapet tuh OT 12 jam. Bisa2nya ngatur waktu aja dan memanfaatkan diri.
    gaji 3 juta hidup dijakarta rada mefet sih…
    kos 700rb/bl(cuci setrika,air , gas, no ac)+ ongkos ojek PP 250rb/bl+ makan(750rb/bl) + lain2(500rb) yah nyisa buat axa mandiri abis deh.. belum cicilan KPA.. lho.. kok jadi curhat nih… Yah udh dulu ya.
    Ntar klo udh dpt allowance aku share lagi. Sapa yg mo masuk huawei?? monggo… lumayan kok tidak sekejam yg di beritakan. Aza-aza fighting . :P

    ida

    Januari 29, 2009 at 3:54 pm

    • ida.. klo di huawei gaji bagian logistik berapa, aku masih fresh graduated banget ni..
      makasi..
      plis bales asap ya ida..

      rara

      Oktober 16, 2011 at 4:32 am

  265. Ya memang harus diakui kerja di bidang telco emang enak. Cuman sekarang kayanya banyak banget lulusan bidang telekomunikasi dan teknik elektro (wajar juga sih, jur favorit dan kerja relatif enak). Hanya saja saya berpikiran bahwa ada bidang2 lain yang juga enak dan pesaingnya sedikit. Artinya ada bidang2 lain yang sifatnya belum “jenuh”. Hal ini bisa kita ketahui justru setelah bekerja atau bertukar informasi dengan teman2. Gajinya pun sangat bersaing dan pastinya relatif tidak kompetitif karena peminat kurang. Terkadang yang paling menyedihkan adalah mengetahui bahwa bidang tersebut kurang peminat gara2 memang tidak mengetahui informasi tentang pekerjaan itu sama sekali. seolah2 pekerjaan tersebut sifatnya turun menurun pada sekelompok atau komunitas tertentu. Hal yang saya kurang terima adalah hasil riset yang terkadang tidak menjangkau komunitas tersebut. Saya temasuk orang yang percaya bahwa riset dapat membuat perubahan. Tapi saya juga orang yang percaya bahwa hasil riset bisa juga menyesatkan karena kurang komprehensif. Jadi menurut saya kurang tepat jika kita membandingkan gaji engineer berdasarkan hasil riset semata yang mungkin cakupannya sangat kecil karena sample yang terbatas.

    Boy love oil co.

    Januari 29, 2009 at 6:23 pm

  266. @boy love oil co,
    contoh kongkritnya apaan…?
    saya juga love oil co..tapi gak pernah masuk ke oil co, saya cuma di EPC bidang og dulunya skrg dah pindah ke EPC-nya bidang power.
    Info yg di telco…..untuk ngebangun jaringan perlu di EPC-kan atau gak? koq gw lom dengar ada EPC yg sedang ngerjakan masalah telco…kebanyakan OG dan pwer plant

    Gubrak

    Januari 30, 2009 at 12:52 am

  267. Kira-kira lulus dengan IPK 3.26 cukup bwt masuk dunia Telco ato Minyak ga
    saya lulusan PTN jogja dengan bidang Instrumentasi

    Faiz

    Februari 6, 2009 at 8:23 am

  268. Kira-kira lulus dengan IPK 3.26 cukup bwt masuk dunia Telco ato Minyak ga
    saya lmahasiswa PTN jogja dengan bidang Instrumentasi yang sedang menempuh semester 8 dan lg mengambil skripsi

    Faiz

    Februari 6, 2009 at 8:24 am

  269. pada ngomongin gaji nih jadi pengen pindah ke telco nih, pengalaman di multifinance bisa gak ya???

    yan

    Februari 6, 2009 at 8:38 am

  270. Mau tanya nih mas..

    kalo gaji QC spv di perusahaan manufacturing bersekala kecil berapa ya..

    kuya

    Februari 13, 2009 at 11:07 am

  271. kalo gaji QC spv di pabrik brapa ya mas

    kuya

    Februari 13, 2009 at 11:08 am

  272. Mas Kalo gaji QC spv untuk skala pabrik berapa ya..?
    dengan pengalaman kerja 7 tahun lulus D3 tehnik

    kuya

    Februari 13, 2009 at 11:11 am

  273. Ya..
    Tergantung perusahaan kali ya…
    emang kayaknya yg di bahas cuma bidang telkom dan oil aja nih? yg lainnya ga ada pegawai negeri gmana? guru ? keuangan / pajak ? BUMN (jamsostek/ pertamina/PDAM)? dan uang lengkap dg tunjangan-2nya yg katanya banyak. kalo ada yg tau bisa dong infonya

    aca

    Februari 15, 2009 at 8:59 am

  274. Jangan mimpi, neko-neko ber gaji tinggi di telco di user ato vendor. Semua orderan rekrutmen ntah fresh ato experienced terutama di user (xl, telkomsel, smart, dll) dah dilempar lewat pt-pt outsourcing semua. paling kenceng 2 jt basic ato malah sudah all in (lu juga yang nyopir mobil oprasional sendiri, kerja on call 24 jam, ga dapet overtime, askes se-minimal mungkin)….yang jelas jadi sapi perahannya user dan outsourcing selama bekerja….ini lah kenyataan yang ada di Indonesia

    Buruh_Telco

    Februari 16, 2009 at 2:07 pm

  275. @buruh_Telco
    curhat mas ? kasian bgt siy loe, pacar saya fresh grad masuk telkom, sahabat kuliahnya masuk telkomsel…teman SMA saya, freshgrad NSN. sohib saya masuk erricson. teman main basket saya langganan training ke thailand setelah masuk huawei. Inilah kenyataannya di sekitar saya. Situ salah gaul kali.

    bagus

    Februari 16, 2009 at 2:17 pm

    • wah agan kuliahnya dimana emang?

      andika

      Juli 1, 2011 at 7:12 am

  276. @ bagus
    share info gapapa khan? biar yang laen-laen terutama freshgrad lebih pandai-pandai gaul n berhati-hati dengan para outsourcing ini…jangan cuman dininabobokan tema ‘di telco industry bergaji besar”…
    Kalo situ merasa “sudah benar gaul nya”, monggo / alangkah baiknya di share info-info nya…

    Buruh_Telco

    Februari 16, 2009 at 2:33 pm

  277. @bagus,
    anda bangga dg sekitarnya, mbok ya dibagi info atau kiat kiatnya spy yg lain bisa maju juga.
    Anda sendiri gimana??? krn yg diceritakan hanya di sekitarnya saja….
    Bagi info bagus kan sangat bermanfaat bagi yg lain

    Gubrak

    Februari 17, 2009 at 12:43 am

  278. Ha…itu sih gx tepat. Gaji teman gw satu jurusan di Informatika ITB di Telkom, Indosat, atau perusahaan provider lain cuma gajinya 4-7 jutaan. Bandingkan teman freshgraduate gw yang kerja di Total gaji pokoknya 13 jutaan belum ditambah tunjangan, bonus, asuransi pendidikan anak, asuransi kesehatan, liburan ke luar negeri, dll. ha.. kalah jauh yang di oil

    Jhon

    Februari 17, 2009 at 2:13 am

  279. Kalo di oil gaji 20an juta udah biasa kali.. Gw sendiri kerja bukan di tempat tersebut, tapi sedikit tau tentang gaji di oil

    Ballack

    Februari 17, 2009 at 3:18 am

  280. Di oil ya lebih tinggi tapi gak ekstrim juga…
    Utk 20jt itu level senior, kalo yg baru ya masih dibawah 10 jt-an, apalagi oil lokal spt medco, bakrie, dll.

    Gubrak

    Februari 17, 2009 at 7:48 am

  281. Gimana kalo kerja di finance & banking…harusnya kan lebih gede.

    jadi inget taon 2001 – 2007, di UK, orang pada rame-rame pindah ke banking….gaji gede > 50k (pons). sekarang banyak layoff, tapi gaji tetep ajah segitu.

    janu

    Februari 22, 2009 at 12:22 pm

  282. gw, freshgrad taon 2000 dapet 3.5jt (nggak tau kalo sekarang berapa). harusnya lebih gede kali.

    beruntung bisa pindah ke telco company di uk taon 2001…dapet gaji 25k (setaon)…pindah ke consultant 2005 (bangkrut), pindah lagi ke marketing company …dapet 38k…..

    Kalo di bandingin dengan finance & banking masih jauh neh, di itung sama experience gw. Harusnya bisa nyampe 50k kali yak, susah juga nggak ada finance & banking experience…

    So…finance&banking masih jadi top job (salary wise) compare sama telco ato oil di UK….kalo di indonesia gimana seh? (siapa tau aku pulang kampung)

    janu

    Februari 22, 2009 at 12:27 pm

  283. Aku masih sering chatting sama mantan bosku (telco company – main di VOIP & Mobile market di europe, sekarang buka office development di jakarta), ….katanya market lagi seret, untungnya dikit….so gaji pegawai bakalan seret juga. Tukang telco kan gajinya biasa kok….masih kalah sama yang laen, unless dah lewat principal engineer kali (alias dah “mbah nya engineer”)….

    janu

    Februari 22, 2009 at 12:35 pm

  284. Tapi kalo skill emang jago (VOIP specialist), wah pasti ok lah. Temen (orang indo) ada yang punya open source project di UK, … nge-outsource dev ke orang indonesia. Bisa ngasih gede juga tuh.

    Aku juga pernah jadi coordinator project nge-outsource ke india (£10/jem per programmer) + ukraine (£20/jem per programmer), selama 3 bulan. Coba cari ke indonesia…susah dulu ngaturnya (alias nggak berani)

    So…kalo mau coba liat http://www.odesk.com tuh, lumayan buat testing skill….siapa tau banyak kerjaan outsourcing bisa di kerjain di rumah asal bisa programming + punya web cam + internet, …. bisa dapet ($10 – $30/jem)

    janu

    Februari 22, 2009 at 12:44 pm

  285. nama universitas yang bagus di jakarta apa ya
    untuk teknik elektronika

    vino

    April 7, 2009 at 8:21 am

  286. mas/pak
    saya skarang klas 3 smk di batam
    jurusan elektronika
    saya mau kuliah di jakarta untuk teknik elektronika
    nama universitas yang bagus untuk teknik elektro di jakarta
    apa ya???
    mohon bantuan nya
    thanks

    vino

    April 7, 2009 at 8:25 am

  287. Masuk di UI saja, kalo elektronika bisa di FMIPA, atau bisa juga di Teknik Elektro

    Gubrak

    April 7, 2009 at 10:34 am

  288. Saya fresh grad, kerja di Astra Graphia IT (AGIT), gaji 4,5 jt an kotor + laptop untuk kerja + voucher taxi + HP&pulsa 100rb per bulan.. Saya kerja di bagian SAP, dapet klien yang lumayan nyaman juga si..ga terlalu stress..
    Kira2 brapa lama saya musti bertahan supaya bisa dapet pengalaman yang cukup untuk jadi konsultan SAP independen yang handal & mahal tentunya?

    thenkyu

    Putra Indonesia

    April 9, 2009 at 12:10 am

  289. @PUTRA INDO

    3 th lah put, SAP keren lho… ku dulu juga pernah ngicipin cmn apal /FB06 ajah… yg laen udh lupa..
    After 3th lu udh canggih.. mo kemana aja gampang, apalagi kerja di luar, temenku pengalaman 2 th di Guangzhou, lari ke-riau 6bulan dpt 6jt gapok doang, terus sekarang di aussie.. kayaknya lebih makmur sih.. consultan SAP juga
    Tahan2nin ajah.. Fresh grad tuh kudu tahan banting, tahan lama, biar CV lo bagus… ntar kebelakangnya gampang loncat2..kok.

    Roby

    Mei 10, 2009 at 12:54 pm

  290. Ada yg tau gmn suasana kerja di Sampoerna Agro (kelapa sawit) ? pressurenya, orang2nya dan suasana kerjanya? apakah turn overnya tinggi?

    BTW E&P itu apa sih? Editor & Publisher kah?

    Franky

    Juni 10, 2009 at 6:26 am

  291. kalo gw sih;
    kerja enak gaji tinggi (beruntung), —>dicari
    kerja enak gaji pas2an (standarlah)
    kerja berat gaji tinggi (standarlah)
    kerja berat gaji rendah (rugi)—>dihindari

    kerja enak ini tergantung orangnya sih, kadang ada orang lain bilang enak sedangkan kita bilang berat….
    kalo menurut gw kerja enak itu adalah kerja yang bisa membahagiakan batin kita (gaji sesuai kebutuhan kita, kerjaan lancar, dan bisa terus ketemu keluarga)

    pemula

    Juni 10, 2009 at 7:16 am

    • setuju dengan pengelompokannya.
      cuma gw mau nambahin:
      kerja enak adalah:
      1. kerja yang bisa main internet sepuasnya tak ada batasan dan bisa donlod film
      2. Jalur angkot dari rumah ke kantor mudah dicapai (tidak banyak ganti angkot)
      3. ada cewek cantiknya
      4. sesekali makan enak (biaya kantor)

      Gubrak

      Juni 24, 2009 at 1:18 am

      • sesuai sama namanya, “Gubrak” :D

        dityodwi

        Oktober 18, 2009 at 6:20 pm

  292. kalo menurutku sih oil service lebih ok, terutama dibidang well testing. Dengan pendidikan setingkat SLTA, pengalaman 4~8tahun banyak yang mendapatkan gaji diatas US$ 1000 di indonesia + field bonus sekitar US$ 75-120 per day.

    Kenapa? bidang welltesting adalah bidang yang sangat sempit sekali atau player nya sedikit, regenerasinya jarang…sehingga bila udah punya pengalaman gampang aja pindah pindah…

    tapi bila dibanding telco emang harus bersusah payah kerja keras

    samudra

    Juni 23, 2009 at 12:44 pm

  293. Gua sendiri untuk S1 fresh graduate, gaji disurabaya ditawar 1,5 juta saja susah mas…

    Iklan RUmah gratis

    Juni 29, 2009 at 4:39 am

  294. Gw fresh trus dapet 5,2 jt nett uda syukur.
    Jaman skrg susah cari gawe.
    Disyukurin aje yang udah pada dapet gawe.
    masih banyak temen2 kita yang masih berjuang buat punya status pekerja.

    Kuli

    Juli 13, 2009 at 5:58 am

  295. Gue skg offshore diver. Rate 1200-2000 USD/hari. Cuman ya itu kerjanya kontrak.. tapi lumayan lah daripada menyabung nyawa di PMC di Irak.

    Sebelumnya gue 3 tahun sebagai combat diver (Plongeurs de l’Armée de Terre) di regiment 2eme Legion Etrangere (Legiun Asing Perancis) sebelum transfer ke Guyana.

    Pendidikan gue cuman D3 teknik elektro di PTS di Indonesia. Sekolah gue yang sebenernya Legion Etrangere.

    Legio Patria Nostra

    handoko

    Juli 13, 2009 at 11:38 pm

    • Gitu kawan, uji nyali di negri orang kayak mas Handoko ini perlu di contoh.

      Afif

      Februari 22, 2010 at 10:16 pm

  296. all,

    gw kerja di vendor telco, ngurusin IP.
    fresh di tempat gw sih cuma 3,5 juta, cuma kalo udah setaun bisa naik jadi sekitar 7,3 juta (minimal)…

    tapi, intinya sih dimanapun kita kerja, yang penting bisa enjoy aja, tentu tiap orang punya ukuran enjoynya sendiri-sendiri…

    kalo gw sih masih enjoy di tempat gw kerja, challengenya masih banyak.

    just enjoy your life

    ian

    Juli 17, 2009 at 5:16 pm

  297. selamat malam kakak2… :)
    aku msh kuliah s1 elektro, aku jg ngambil kursus cna… kira2 klo aku kerja di telco bs dpt gaji brp yah? dgn catatan aku blm ikut ujian sertifikasi internasionalny cna… cuma kursus cna setahun…

    PoPo

    Agustus 14, 2009 at 6:35 pm

  298. bocoran bekerja di perusahaan mnc software development di bali, fresh grad 1.7jt. 3 bulan jadi 2.5 jt. posisi junior sampai 3.5jt dan senior 5jt. kalo raport bagus dan ada peluang jadi team leader, gaji bisa 8.5jt. cuma memang diitung2 gaji setaun 14-15x aja. kantor di kuta, langit masih berwarna biru, udara bikin lapang dada, dan pulang kerja bisa sewa papan surfing untuk mendinginkan kepala di pantai.

    leo

    September 12, 2009 at 9:33 am

    • Cool, aku di sby dulu awal ngelamar sbg programmer tp dijadikan ‘superman’ : analyst, coding, report.. etc , gaji awal 700rb terakhir 1.2jt/bln (6thn).

      I’m Superman.

      $450/5 hours..sorry $450 dalam 5 jam (my lucky project), $25 dalam 2 hari… bad..bad.

      nggak pasti..yg pasti fun and happy for all.

      mungkin nggak yang gaji 8.5jt/bln ngelirik..
      – elance.com
      – rentacoder.com
      – getafreelancer.com
      – scriptlance.com

      Superman pun perlu istirahat.

      roy

      September 25, 2009 at 10:48 pm

    • Di Mitrais ya mas ya?

      interior decorating home

      Februari 4, 2010 at 4:22 pm

  299. saya erik baru masuk zte melalui outsor dikasih gaji 1,8 basic uang makan 180 ribu uang transport 90 ribu, untuk jakarta, diluar jakarta dapet tambahan 100 ribu, tiap hari, hotel 250, saya bingung saya dapet tawaran temen di vendor diebold perusahaan mesin ATM, dengan gaji 1,4 ditambah 18 ribu setiap mesin ATM kalok megang 100 mesin ATM ada tambahan 1,8 jadi total gaji 3,2 penempatan di semarang. rumah sendiri. mana yang lebih baik di pilih?

    erik

    September 25, 2009 at 11:21 am

    • mas numpang kasih saran, kalau emg di Diebold bisa diulur dulu, coba aja dulu rasa’in seminggu dua minggu kerja di ZTE, setau saya kerja rodi bgt tu.

      klo bandingin gaji belum tentu ketemu, soalnya beda, yg satu buat telco industry, yang satu buat financial industry, levelnya aja udah beda 1 tingkat. (Eh yg di diebold outsourcing juga?)

      di Diebold sndiri pekerjaannya sbg field engineer relatif ringan, karena utk troubleshooting & eskalasi masalah sangat terstruktur, palingan mesti standby aja. nilai plusnya di Diebold juga kekeluargaannya cukup erat & nyaman untuk bekerja. :)

      -mantan TS diebold-

      dityodwi

      Oktober 18, 2009 at 6:17 pm

  300. Artikelnya bagus bang..

    terimakasih!! :D

    Nandya TN 14

    nandya

    September 27, 2009 at 3:58 pm

  301. Mas mo nanya, standar sallary design engineer pengalaman kerja dah 5 tahun berapa ya di perusahaan seperti oil and gas,consultan etc? , keahlian CAD 2D dan 3D sekarang kerja di perusahaan otomotif di indonesia terakhir di gaji 3.8jt posisi terakhir design engineer, rencana mau berkarir di oil and gas or mining, kira-kira gimana ya?

    Hendro

    Oktober 8, 2009 at 10:11 am

  302. Mas, saya mau tanya neh, kalo standar gaji untuk Supervisor Engineering (Utility Maintenance/Power Plant)berapa ya?
    Pengalaman kerja saya 16 tahun, memiliki berbagai sertifikat, termasuk sertifikat Training dari Jepang.
    Arrigato gozaimasu, untuk jawabannya.

    Audi

    Oktober 12, 2009 at 1:10 am

    • Coba mas, anda cari info di PT.GUNAMANDIRI di jakarta (agent perusahaa profesional) di jamin enggak bayar sepeserpun, perusaan jasa tenaga kerja ini hanyalah ngurusin administrasi sedang test interview dan sebagainya adalah dari user, perusahaan OIL and Gas, Petrochemical, Power plant, GUP = general utility Plant di Abu Dhabi atau Qatar.

      Coba deh, good luck !

      Afif

      Februari 23, 2010 at 12:57 am

    • Coba mas, anda cari info di PT.GUNAMANDIRI di jakarta (agent perusahaa profesional) di jamin enggak bayar sepeserpun, perusaan jasa tenaga kerja ini hanyalah ngurusin administrasi sedang test interview dan sebagainya adalah dari user, perusahaan OIL and Gas, Petrochemical, Power plant, GUP = general utility Plant di Abu Dhabi atau Qatar. untuk posisi seperti anda minimal $4000, dapat akomodasi, family status mean bawa keluarga ada uang ticket, pendidikan anak-2 free sampai grade 12.

      Coba deh, good luck !

      Afif

      Februari 23, 2010 at 1:00 am

  303. Kenapa ya??? IT yang notabene orang dibelakang layar tidak dipandang sebelah mata oleh manajemen, dan seperti dianak tirikan diberbagai hal termasuk gaji..
    Apakah ini berlaku disemua bidang kecuali perusahaan yang benar2 bergerak dibidang IT

    Diyan

    Januari 20, 2010 at 3:19 am

  304. Kalo masalah gaji khan emang saling memandang satu sama lain. Sawang sinawang kalo kata orang Jawa.
    Punya situs dan kerjaannya cuman nulis2 aja ada yang bisa berpenghasilan 30 – 50 jt sebulan jg khan ya…
    Anyway. Artikel yang bagus Bang Anjar

    interesting facts

    Februari 4, 2010 at 4:10 am

  305. Dulu pernah ngalamin 3 bl kerja 2 mg off, trus sekarang 6 mg kerja 2 mg off, kepingin 4-2 ..ada yg mo nawarin (kerja di tambang)

    pairo

    Februari 12, 2010 at 2:14 am

  306. Salam kenal mas. Dah lama ngkutin blog ini br bisa ngepost skrg :D

    Saya S1 lulusan telco 2007, januari 2008 saya lngsng msk kerja d subcon d bid IT dgn penawaran 1.8 jt. Karena menurut saya untuk menghilangkan status fresh graduate dan pengalaman pertama bekerja,saya ambil saja. Saya disana hanya 3 bulan krn ada penawaran lain di salah satu vendor sbg outsource dyka. Disini awalnya pekerjaan saya seperti kerjaan admin. Karena saya tidak tau ttg standar gaji disini, saya minta 3jt krn saya pikir untuk fresh mnkn segitu standarnya.

    Dan thn ini merupakan tahun ke-2 saya bekerja d perusahaan ini, dan ternyata ada kebijakan baru d perusahaan bahwa tidak ada kenaikan untuk tahun ini. Saya tanda tangan untuk untuk kontrak 1 thn k depan dgn nilai yang sama. Jelang 1 bln setelah tnda tangan kontrak project manager saya menawarkan kerjaan sebagai engineer. Karena background saya adalah telco, saya merasa sanggup dgn tugas baru ini.

    Kontrak saya akan berakhir dlm waktu dekat ini dan akan memasuki taun yg ke-3. Saya ingin menanyakan dapatkah saya meminta salary sesuai dengan pekerjaan saya sekarang? dan berapa standart ratenya untuk engineer outsource d perusahaan vendor seperti NSN ataupun Ericsson??

    Terima kasih mas, mnkn bisa japri aja k email saya..:)

    joko

    Februari 13, 2010 at 5:32 pm

    • mas..tolong d japri aja y :D..saya tunggu balesannya

      joko

      Februari 14, 2010 at 3:04 am

  307. Kerja..kerja…jangan cuma pengin gajinya aja gedhe

    Dedi

    Februari 18, 2010 at 6:46 am

  308. [...] PDRTJS_settings_1403822_post_273 = { "id" : "1403822", "unique_id" : "wp-post-273", "title" : "Telco+Engineer+Menganggur%3F%3F", "item_id" : "_post_273", "permalink" : "http%3A%2F%2Ffahroe.wordpress.com%2F2007%2F05%2F22%2Ftelco-engineer-menganggur%2F" } Itulah aku, minggu minggu ini adalah minggu sibuk aku mengirimkan berbagai lamaran pekerjaan. Dan yang aku bingungkan sekarang adalah, perusahaan mana yang tepat yang harus kykejar?? Menyadur tulisan mas priandoyo http://priandoyo.wordpress.com/2007/02/22/berapa-gaji-engineer-itu-tips-interview/ [...]

  309. Mendingan jadi wiraswasta Mas, berapapun gaji yang kita peroleh tetap aja karyawan.

    Mari kawan kita bangun Indonesia ini dengan semangat wirausaha, nggak usah pandang dari mana jebolan pendidikan anda.
    Bila anda tamatan dari UI, UGM, ITB,ITS ataupun dari luar negri janganlah berbangga diri.
    Sebaliknya anda yang tamatan dari Universitas swasta yang tidak ternama, bahkan tidak tamat ataupun hanya mengantongi ijazah SMU janganlah minder dengan yang lebih ternama dan lebih tinggi tingkat pendidikannya.

    Yang penting harus ber “IQRO”, dengan selalu membaca dengan kritis dan keinginan tahuan terus kita kembangkan tak mustahil anda akan memiliki multi disiplin ilmu yang sangat cemerlang.

    Di meadle east, kawan saya masih muda hanyalah lulusan STM, dia sekarang memiliki posisi senior supervisor di salah satu perusahaan Petrochemical Negara TIM_TENG, sedang bawahanya dari multi negara antara lain : India, Arab, eropa, dan juga ada yang lulusan salah satu universitas negri favorite dari negara kita sebagai bawahannya. Gaji yang ia peroleh sekitar Rp.60 jt per bulan, belum termasuk tunjangan pendidikan anak pertahun Rp.50jt /anak, vacation setiap 3 bln sekali ke Indonesia. kuncinya ialah buka mata, buka telinga, mengasah pikiran tambah pengetahuan, dan tidak lupa memohon pada Alloh swt.

    Intinya sekarang mari jangan berbangga diri dengan gaji yang kita peroleh, mari kita berwirausaha, untuk menciptakan lapangan kerja bagi saudara-saudara kita di Indonesia. Jangan mau dibodohin orang bodoh (pengusaha yang umumnya nggak tamat Kuliah) buktikan anda mampu.

    Afif

    Februari 22, 2010 at 10:09 pm

  310. aku eng. telco subcon multivendor gj sktr 2.5 jt
    tp skrg project di perushaanku hbs so jd lamar sono sini, untuk sharing aja klo standart ZTE, Huawei gaji berapa ya?
    mohon di share

    iwan

    Maret 10, 2010 at 8:57 am

  311. Sekarang hampir semua perusahaan kontrak ya kalo outsource.

    most interesting facts

    Maret 11, 2010 at 4:51 pm

  312. boong bgt telco menduduki gaji tertinggi,,,sya rasa ini yg nulis kerja di perusahaan telco,,,teman sya saja di indosat hanya 1,5 an,,,menurut saya gaji tertinggi itu adalah, oil & gas(Service & o&g company, Mining, EPC, bru yg lain2,,,seperti telco, automotive, & Manufacture,,,itu menurut survey saya selama ini,,,& jgn membandingkan jurusan anda dengan jursan lain(Kyanya anda jursan telcom),,,,karena itu menunjukan anda adalah org yg mempunyai wa2san sempit & hanya baru pernah bekerja di satu perusahaan saja yaitu di telcom,,,

    marshal

    Maret 25, 2010 at 5:09 am

    • @marshal:
      itu outsource / kontrak lewat perusahaan lain biasanya. tanya dong yang permanent employee-nya berapa & gajinya berapa kali setahun. terus itu teman apa betul kerja IT atau admin saja?

      Last update: 22 Nov 2007, perlu diingat tulisan ini dibuat awal 2007, data dan catatan mungkin telah banyak berubah
      lihat deh ~ penulis bukannya bo’ong, tapi anda telat nyampe blog ini. pada saat tulisan ini dibuat memang betul telco-related engineers lagi dibayar gila-gilaannya. skrg mah udah melimpah sumberdaya nya.. jadi ya otomatis standar salary juga ngga spesial karena byk saingan

      dityodwi

      Maret 26, 2010 at 6:10 pm

    • @marshal
      klo ngomong jgn asal jeplak donk,baca yg bner…

      wardhana

      Mei 5, 2010 at 8:51 am

  313. @marshal:
    itu outsource / kontrak lewat perusahaan lain biasanya. tanya dong yang permanent employee-nya berapa & gajinya berapa kali setahun. terus itu teman apa betul kerja IT atau admin saja?

    Last update: 22 Nov 2007, perlu diingat tulisan ini dibuat awal 2007, data dan catatan mungkin telah banyak berubah
    penulis bukannya bo’ong, tapi anda telat nyampe blog ini. pada saat tulisan ini dibuat memang betul telco-related engineers lagi dibayar gila-gilaannya. skrg mah udah melimpah sumberdaya nya.. jadi ya otomatis standar salary juga ngga spesial karena byk saingan

    dityodwi

    Maret 26, 2010 at 6:09 pm

  314. Wah..kerennnn..
    OK juga buat yang mbuwat ini.
    saya pernah bekerja di konsultan teknik sipil mulai dari drafter sampai tenaga ahli pengalaman 7 tahun.gaji maksimal saya cuma 4 juta aja. banyak temen2 saya yang cerita kalau gaji telco,ato per minyak spt slumberger,dll bisa sampai 20 jt pengalaman >7 thn.

    karena saya tipikal orang yang gak mau diatur atur maka saya mending milih jualan bakso,kayu, dan buka konsultan…

    dan yang menyenangkan gaji saya rata2 sudah di atas 25 jt/bulan.
    jadi kenapa harus pusing dengan gaji yang diberikan orang kalau kita bisa menggaji dirikita sendiri.

    ayo jadi pengusaha aja.

    Mas Boenz

    April 15, 2010 at 10:51 am

  315. kalo gajinya gayus gmna tu,,, dah wjr blm??

    sudarmo

    April 16, 2010 at 12:24 pm

    • iya nih si gayus enak banget ya, dengan remunerasi aja sudah 12 juta….itu pun masih dianggap kurang…ck ck ck…yang halal2 aja lah nyari pekerjaan, supaya anak bini hidup tenang dirumah….peace…..

      cah bagoes

      April 21, 2010 at 9:13 am

  316. @marshal
    klo ngomong jgn asal jeplak,baca yg bner…

    wardhana

    Mei 5, 2010 at 8:52 am

  317. hehehe,,, iya nih sekarang uda ga dihargain lagi kinerja engineer telko, harga murah murah… sedih bgt dah.. apalagi lulusan D3 seperti saya ini..

    saya lulusan tahun 2009 , bekerja di subcon yang bisa dibilang gonjang ganjing keadaannya sekarang.. padahal baru 6 bulan kerja.. gaji pokok saya cuma 2 jt, tunjangan tempat tinggal di luar kota 500rb, upah harian 150rb, jadi THP klo ga ada kerjaan dalam sebulan(bener bener cuma ngenet di kantor) cuma 2 jt aja.. banyagkan sodara sodara… saya curhat nih. sedih.. klo lagi ada maksimal THP saya(full job 1 month) +- 7jt dalam satu bulan.. benar benar tidak dihargai lulusan d3..

    teman saya yang lulusan S1 fresh graduate di ericson 7 jtan sebulan untuk pokoknya..beda sekali harga d3 dan s1 .. hiks hiks hiks

    eek_kuda

    Mei 9, 2010 at 4:37 pm

  318. Temans, ada yg tau standar engineer di Dupont ga? tks be4

    Cak In

    Mei 9, 2010 at 11:05 pm

  319. kenapa sekarang kerja ditelco pada outsourc semua…
    apalagi dalam satu perusahaan tp beda outsourc beda jg salary.
    bener2 ga masuk akal..
    tolong hargai keahlian seseorang biar para engineer telco ga pada nyari overseas

    mas mumun

    Mei 10, 2010 at 10:18 am

  320. Assalamualaikum.
    Sebagian besar bicara job di telco, oil, tambang. kok gk ada yg ngelirik bidang Agro ya (Sawit, Pulp & Paper)

    Seorang officer/ Supervisor = rate take home pay 80-140Jt/ tahun
    belum termasuk fasilitas Rumah, tiket pswt sekeluarga setahun sekali, listrik, air, sekolah anak TK, SD, SMP, SMA gratis-tis, kesehatan OK,

    Cobain… aja. Saya sa’at ini officer di Pulp & Paper industries.
    ini silahkan di lamar bg yg butuh:
    Indah Kiat Pulp & Paper
    Riau Andalan Pulp & Paper
    Toba Pulp Lestari
    Londsum (London Sumatera)

    Tks.

    Mas Cahyo

    Mei 30, 2010 at 2:07 pm

    • Boleh tau mas..
      di sana sistem rosternya gmn? (sistem cuti)
      Kalo di tambang, bisa 8-2, 6-2, 4-2..( 8 mg di lapangan, 2 mg di rumah)

      pairo

      Mei 31, 2010 at 5:46 am

  321. edan gaji di oil dan gas gede2 amat ya
    tanya donk ..
    klo gaji di konsultan arsitek pengalaman 5-7 taun bisa dapat kisaran berapa ya per bulannya?

    gusrak

    Juni 1, 2010 at 10:00 am

  322. Wah makasih Mas atas infonya…Mo nanya neh Mas gimana klo gaji seorang Engineering di PT.Polytron…

    EX-EPSON

    Oktober 28, 2010 at 2:10 am

  323. semua pada ngomongin gaji yg jutaan …kerja di perusahaan telco…saya yg udah kerja di perusahaan telco malah pengen usaha sendiri aja sambil tetap kerja di telco tentunya ….he he …

    dani

    November 3, 2010 at 9:19 am

  324. BTW, ada lowongan kerja g buat bekas BSS Ind*s*t???
    Udah 2 tahun kerja jadi dengan status outsource g ada peningkatan gaji.

    Persada

    November 5, 2010 at 10:44 am

  325. Saya pengalaman dosen, guru, teknisi komputer. Pingin usaha di bidang IT outsourching. Kira2 ada gak ya yg mau gabung sama saya?

    Budi

    November 9, 2010 at 5:50 pm

  326. Dear Teman2 …

    Bisa saya di beri pencerahan tentang moratel dan sepak terjang nya saat ini ??

    Dan berapa standar gaji disana kira2 , apabila kita punya pengalaman di telco 3thn ? Jika seandainya posisi yg di tawarkan sebagai ass. manager??

    Trmksh

    Romy

    November 25, 2010 at 8:48 am

  327. Klo boleh memilih, lebih baik usaha sendiri deh….selain jadi bos, punya anak buah, penghasilan tak terbatas. kan enak. Tentu saja dengan konsekuensi yang berbeda dgn karyawan kantoran…
    Coba melirik pedagang di tanah abang, bs punya penghasilan besar kan? (bukan omset lho ya…).

    Dan tak lupa, investasi.

    Sukses selalu,thx.

    eka

    Desember 6, 2010 at 9:49 am

  328. salam kenal mas,sekarang saya masih kuliah di t elektro.tapi saya bingung mau pilih arus kuat atau masuk konsentrasi telekomunikasi

    apa benar mas sekarang gaji2 di bidang telco kalah gede dengan yang arus kuat???terus apakah peluang kerjanya juga kalah gede dengan yang arus kuat???mohon pencerahannya mas,reply ke email saya…thx

    nico

    Februari 10, 2011 at 5:47 am

  329. Pengalaman saya 5 tahun di manufaktur semikonduktor malaysia, trus mo coba field engineer dioperator smartfren.
    analisa nego gajinya gimana ya, mohon pencerahannya..thnks bgt mas

    ex-manufaktur

    Maret 15, 2011 at 5:06 pm

    • udah di terima belum om di sm*rt,

      cenil

      Juni 1, 2011 at 8:43 am

  330. Mas, Pak, Bu..
    tertarik sekali saya membaca comment2 dari anda2 aemua, terutama yang menyangkut masalah gaji di dunia telekomunikasi. benar adanya kalau gaji engineer untuk wilayah JABODETABEK tergolong kecil (itu yang saya rasakan), trutama bagi mereka2 yang sedang/pernah bekerja di perusahaan subcon telekomunikasi.

    pengalaman pribadi saya sebagai seorang lulusan D3:
    dulu tahun 2007 saya pernah bekerja di subcon telco untuk project BTEL, awalnya sebagai technician dengan gaji perbulan plus lemburan mati-matian hanya dapat 1,6jt perbulan. 4 bulan saya naik pangkat jadi Engineer dengan gaji 1,8 s/d 2,3 perbulan itupun dengan lemburan. hingga akhir tahun 2010 gaji saya hanya naik 200rb dari pendapatan normal saya. jelas saja untuk hidup di ibukota tidak memadai dengan angka segitu tapi untunglah ada “sampah” yang bisa dijadikan uang untuk tambah2 beli rokok,,hehehe….

    sekarangpun saya masih bekerja di dunia telekomunikasi, hanya saja beda perusahaan dengan yang dulu, yaitu sebagai engineer untuk MS HCPT (maincon Huawei). gaji yang saya dapatkan tidak jauh beda dengan perusahaan saya dulu, yaitu 3jt, standby 24jam X 7 hari plus bawa kendaraan operasional sendiri.

    pertanyaan saya kepada anda dan bos prihandoyo; berapa standard gaji untuk engineer telekomunikasi anggaplah standby call 24 jam X 7 hari, lebih tepatnya sebagai engineer Manage Service?

    thank’s banyak2 infonya,,hehehe…

    simatupang

    Maret 29, 2011 at 6:07 pm

    • salam kenal..pengen bertanya nich berapa standar gaji untuk enggineer CD-Cam pengalamanku 5th di engineer Cad.cam shoftware yang saya pake Autodesk inventor,Solidwork,AutoCad electrical. dan program PLC dari mitsubishi dan omron. kalau ada tawaran buat saya dengan senang hati, saya pengen pindah kerja di sini saya hanya di kasih Gaji1.8jt…menangis ht saya. Tamatan sekolah SLTA tp masih kuliah blom selesai. smester6 email saya armanbeone@gmail.com

      arman

      Juni 23, 2011 at 2:32 am

  331. teman” ingin bertanya apakah untuk point satu dari thread di atas itu masih?

    mengetahui sekarang stt telkom di pecah menjadi IT Telkom, itu prospeknya bagaimana teman” kedepannya ?

    andika

    Juli 1, 2011 at 6:59 am

    • bukan dipecah bro, ganti nama doang….

      raka

      Juli 11, 2011 at 12:52 pm

  332. Saya kerja lulusan S-1 T.Inf dari Binus, mulai kerja tahun 2000, pengalaman kerja 11 tahun, sekarang dibayar 25 jt bagaimana? apakah overpaid? moderate? atau underpaid?

    Nathan

    Juli 1, 2011 at 7:25 am

    • Sepertinya masih underpaid klo posisi kerja di Indonesia. Saya juga sudah >10 thn bekerja bid. IT, saya mendapatkan 37 jt / bln. Posisi saya bukan manager bukan direktur… masih kuli juga tp dengan keahlian yg spesifik. Jam kerjanya juga normal2 aja.

      Elang

      Oktober 16, 2011 at 7:17 am

    • omg pak, 11 tahun cuma dapat 25 ?

      Sethan

      Oktober 18, 2011 at 5:51 am

  333. ternyata dalam menjalani hidup sebagai karyawan atau usaha sama saja ada resiko, yang perlu diperhatikan adalah pahami apa yang sedang kita kerjakan, semua tergantung kenyamanan kita. ada yang suka tantangan tak peduli gaji, ada yang tidak suka tantangan tapi ingin gaji gede, atau ingin tantangan dan gaji lebih gede.
    alhamdulillah saya sekarang dapat diterima kerja dengan gaji 8 jt-an jab. engineer di perusahaan chemical dekat kota jakarta, ditambah usaha dengan penghasilan bersih 8-12 juta dan insya allah akan terus bertambah
    saya lulusan universitas lokal di Cilegon, banten S1 elektro, jadi yang penting jeli melihat peluang aja.
    ada beberapa teman saya sekarang sudah kerja di Qatar mantan Candra asri (petrochemical) yang gajinya wah -wah, rumah besar, ortu, adik kakak bisa pergi haji , dll, lulusan STMN serang, banten (sangat beruntung sekaleeeee…)

    warnetabi2010

    Juli 1, 2011 at 7:57 am

  334. berapapun gajinya yang penting hati damai dan bahagia

    kuli

    Juli 15, 2011 at 9:11 am

  335. ada yang tau gaji freshgrad (pengalaman<setahun) di Ericsson Indonesia untuk posisi service engineer?
    Mohon infonya, terima kasih.

    rabynd

    Agustus 4, 2011 at 4:46 pm

  336. Enak bener ya jd it telco yang tau peluang,ku dbutakan dngan -+ 6 jutaan perbln…..

    Gmn yah cranya masuk ke prusahaan it sperti itu

    Ngilerrrr neee

    lean

    Agustus 19, 2011 at 11:01 pm

  337. Friends semuanya, ane minta masukan informasi salary Take Home Pay (Nett) sebagai Kepala Cabang Distributor HP saat ini 2011, Trims ya atas jawabannya. sukses selalu.

    Papa Ayeng

    Agustus 30, 2011 at 3:54 pm

  338. Biasanya perusahaan telco kalau menerima freshgrad ada yang Management Trainee ga ya?
    Terus selain teknik telekomunikasi apakah teknik elektro juga berpeluang terjun ke bidang itu?

    Darwin

    September 10, 2011 at 3:04 pm

  339. Maaf agan agan sekalian, saya numpang untuk bertanya serius ini… :)
    Saya dapatkan tawaran dari MAKIN (Matahari Kahuripan Indonesia) GROUP untuk posisi General Manager (Civil Engineer).
    Pendidikan cuma D3 Tek.sipil dengan pengalaman kerja 5 tahun.
    Lokasi penempatan yang ditawarkan ada di Kalteng dan Jambi. Posisi saya saat ini ada di Kaltim (sesuai posisi yang ditawarkan di website saat saya ajukan CV lewat internet).
    Berapa nih ekspektasi yang cocok untuk salary jika saya terima tawaran mereka di 3 wilayah tersebut?

    Terima kasih…

    Satria Agung Wibowo

    September 15, 2011 at 12:21 am

  340. klo gaji bagian logistik di huawei berapa ya??

    rara

    Oktober 17, 2011 at 7:29 am

  341. maaf numpang ikutan!!!
    Saya hanya lulusan STM Mesin tapi pengalaman 6 tahun teknisi elektronika,
    sekarang hampir 6 bulan sering ikut adik saya yang bekerja sebagai teknisi BTS, selama 6 bulan saya sudah hafal semua trobel alarm pada bts itu dan apa yang harus diganti
    pertanyaan saya apakah bisa saya nelamar kerja jadi teknisi BTS trima kasih sebelum dan sesudahnya.

    sugeng

    Oktober 17, 2011 at 11:16 am

  342. untuk fresh graduate d3 telekomunikasi bisa masuk NSN/Ericson apa gak ya?

    tomo

    Oktober 31, 2011 at 4:54 am

  343. Telconya rata2 yang terrestrial ya kayak WTS eh maksudnya BTS :D
    Telco yang satelit gimana ? ada info2 ga ?

    kayak PSN, TELKOM, INDOSAT, MCI, CSM, ACCES, LAPAN, POSTEL gmn ???

    astronot

    November 16, 2011 at 8:56 am

  344. Guwe November ini dah krja d HUAWEI TECH INVESTMENT ,jadi Asst. Wireless Engineer…kayaknya bakal keluar kota terus nh.pngalaman tmn sy…training nya 3 bln…..katanya bakal d training d MALAYSIA jg…MEnurut anda gmn nh Potensi nya krja d HUAWEI….??

    Darma

    November 18, 2011 at 11:26 pm

    • Huawei yg gw tau masa depannya bagus bro..
      Soalnya sekarang Huawei lagi gencar untuk alat2 di BTS…
      Dia bisa kasih harga rendah dan bersaing dengan Ericson juga Siemens..
      Di coba aja dlu bro…
      Mungkin Jarak aja di malaysia jauh dr kampung halaman..
      Tapi buat pengalaman ok juga…
      Mungkin juga bs buat pindah ke huawei Indonesia nantinya…………..

      Gerry

      Januari 5, 2012 at 3:39 am

  345. All, kalo di huawei, setelah nego gaji ok, jarak waktu ke offering kontraknya berapa lama ya? Kok saya hampir seminggu ga ada kabar. Thks.

    utha

    November 29, 2011 at 8:53 am

  346. ada yang tau berapa harga insatalsi MW 0,3 satu hop untuk dikerjakan di area sumatera?

    entis

    Desember 29, 2011 at 3:31 pm

    • dikit bocoran Sdr. Entis…ini east java kipas merah 0.3 – 06 price +/-3.7jtan install+comm+atp Bali-Lombok 4.1jtan..denger NEC lumayan. Nah klo sumatera bisa anda kira2 kan? Apalagi klo sub sendiri hehehehe moga2 2012 harga gak jatuh.

      kuli

      Januari 1, 2012 at 9:43 am

  347. kemarin saya ikut walk in interview Huawe di joga bulan nopember 2011. 3x interview lolos terus. diberitahu kalo diterima. disuruh nunggu untuk ditelpon buat nego gaji. tapi sampai sekarang tidak ada telepon. nyesek sekali, kalo gak diterima mbuk bilang gak, jadi tidak usah berharap…. ada yang bernasib seperti saya?

    jamaludin

    Januari 4, 2012 at 12:04 pm

  348. Ass….
    Salam Elektro…
    Untuk gaji yang di sebutkan koq pada besar2 ya.
    Kmrn saya ikut di outsourcing XL…
    Gaji masih lumaya kecil ya..
    Cuma kena 2,5jt aja (Lapangan)…
    Temen saya juga untuk outsourcing Indosat cuma kena 2,8 jt (di office BSS)…
    Untuk daerah Jakarta dan fresh Graduated S1 Elektro Telkom…
    Mohon pencerahannya dan mungkin bisa ikut gabung kalo kalo ada perusahaan telekomunikasi yg bs gaji lebih tinggi. Thanks

    Gerry

    Januari 5, 2012 at 3:33 am

    • Lw blm coba d palembang lebih tragis lg ==” 1,7 lapangan ntuk engineer weeew

      emo

      Februari 29, 2012 at 7:17 am

  349. Senasib dengan Programmer ternyata tp seenggaknya gaji programmer masih stabil fresh skitar 4 jt lah :) klo uda 2 tahun 4 tahun mlh diatas 7

    Pandu

    Maret 4, 2012 at 3:12 am

  350. wah bingung mana yang bener mana yang salah …
    temen ane kerja di huawei sebagai ass. project engineer di kalimantan
    dapet sekitar 3-4 jt training 3 bulan nambah 1 jt, lom dipotong pajak

    ga tau dah kalo tunjangannya …

    ganz

    Maret 19, 2012 at 1:54 pm

  351. maaf temen2 semuanya. saya jg mau numpang nanya dong. saya baru aja keterima di huawei. saya mendaftar di project engineer (assist PM) tapi tb2 saat interview dengan end user saya ditawarin jadi sekretaris. menurut temen2 enakan saya tetep berskeras jadi PE atau saya terima tawaran jd sekretaris? mohon bantuan sarannya dan berapa kira2 gaji yg cocok ya. maklum saya fresh graduate jd ngk ngerti apa2. terimakasih banyak :)

  352. aslm.,. terima kasih atas pencerahan dari bapak2 dan mas2 semua., salam kenal nama saya bayu, saya lulusan s1 elektro, belum ada pengalaman di bidang telekomunikasi, tapi saya pernah bekerja di os nya indosat sebagai teknisi local network, yg mau saya tanyakan adalah ada nggak ya kursus keahlian untuk engineer telekomunikasi? terima kasih tolong ya mas2 dan bapak di bantu., kalau ada link nya tolong di share ya mas terima kasih

    bayu sudarsono

    April 1, 2012 at 7:59 pm

  353. thx mas infonya…..itu yang lagi saya cari sebagai referensi……kita ga selamanya kerja ikut orang…pengen cepet2 pensiun n menikmati hidup

    sigitpurnomo1986

    April 4, 2012 at 2:51 am

  354. Intinya klo kerja di bidang yang orangnya buaaanyak seperti elektro ya saingannya buaaanyak.
    Gaji jadi kecil krn banyak orangnya…. pernah denger pipeline engineer, geophysic,teknik perkapalan?
    Yah ane ga sepinter bapak2x yang keterima di elektro, ane di tolak di teknik elektro ITB. tpi Alhamdulillah. Masi diatas semua angka yang di tulis diatas…

    iqbalalal

    April 20, 2012 at 3:03 am

  355. ngga juga ah,aku bandingin gaji paling gede di migas malah

    Reza Anggara

    Mei 30, 2012 at 11:31 am

  356. Alhamdulillah .. buat temen2 yg sdh beruntung berkesempatan dapat pekerjaan & memperoleh gaji (yg mungkin belum sesuai harapan), mengingat ketika aku lulus (s1) 3 th yg lalu tdk beruntung dlm pencarian pekerjaan, so akhir kuputuskan u/ wira usaha yg saat ini jadi berbalik apa yg kuharapkan dr pingin jd karyawan malah jd pemberi kerja > 20 orang .. yg semuanya aku awali modal kecil dg cara pinjam sana sini .. he…he + modal tekad .. alhamdulillah .. mudah2an buat motivasi temen yg baru lulus

    TeKad

    Juni 15, 2012 at 4:31 am

    • Alhamdulillah…saya juga punya pengalaman yang sama mas…saya meninggalkan pekerjaan untuk menempuh S2 lah kok ndilalah lulus S2 malah gak diterima dimana2… lantas saya berpikir, mungkin kalau levelnya S2 dan S3 itu memang untuk membuat pasar sendiri, bukan ngikut orang, akhirnya saya bikin perusahaan sendiri dan hingga sekarang telah mempekerjakan total 6 orang di perusahaan saya. Penghasilan bersih belum seberapa, masih kalah sama gaji saya terakhir sebagai IT manager, tapi kepuasan batin tidak terukur mas.

      mick

      Juni 15, 2012 at 6:46 am

  357. utk training Electrical Engineering & Automation (PLC,SCADA,HMI) dari tahap basic sampai advance, bisa ke http://www.oilgascourse.com
    Harganya juga terjangkau

    oilgascourse

    Juli 1, 2012 at 2:12 am

  358. Wah ternyata kalau kerja ikut orang itu susah pakai rumus2an segala :D

    Diharapkan setelah cukup puas kerja ikut orang langsung saja buat usaha sendiri dengan skill yang dimiliki :D

    Reno Fizaldy

    Juli 5, 2012 at 3:01 pm

  359. Hello my family member! I want to say that this article is amazing, nice written and come with almost all vital infos. I would like to see extra posts like this .

    Jasa bangun rumah

    Juli 21, 2012 at 12:50 pm

  360. I just like the valuable info you supply on your articles. I’ll bookmark your weblog and take a look at once more here frequently. I’m somewhat sure I’ll be informed many new stuff proper here! Best of luck for the next!

    web|developer|surabaya

    Februari 2, 2013 at 2:01 am

  361. My brother recommended I may like this website.
    He was once totally right. This publish truly made my day.
    You can not consider simply how a lot time I had spent for this info!
    Thank you!

    jobs in manchester

    April 10, 2013 at 4:07 am

  362. untuk tes interview ditanya pa ja ya mas2 di AAL sama user,apa pakai bahasa inggris?pa harus ptn terkemuka yang bisa diterima?soalnya aq pts ekonomi manajemen,tolong bantuannya suwun

    Venki s

    Mei 8, 2013 at 6:39 am

  363. saya mau tanya, saya bekerja di dunia telco sudah 3 tahun. dimula dari subcon dan sekarang saya di vendor (HS ( huawei service) saya disini sebagai RFM regional fault monitoring, saya sampai saat ini hanya menerima sallary kuang lebih 3jt/bulan, apakah memang range gaji seorang RFM XL segitu??

    apakah ada yg tau??

    irawan

    Februari 10, 2014 at 2:48 pm

  364. […] Berapa gaji engineer itu? tips interview | anjar priandoyo […]

    Aktor Atm Error

    Maret 25, 2014 at 2:04 am

  365. Hey, lagi iseng di kantor nih. kerjaan lagi pada udah beres. wah topiknya seru yah. tertarik nih hehehe. Aku pengalaman 3bln+1 tahun 2 bln + skrg 7 bln sebagai female civil engineer, jadi ditotal total sekitar 2 tahun dan gaji sekarang all in 9 juta. tapi memang bener, ukuran gaji besar atau kecil itu tergantung pribadi seseorang. kalo orangnya kaya aku, doyan party, shopping, travelling ya sama aja habis. tapi gapapa masih 23 tahun :) tapi gaji besar atau kecil yang penting diusahakan sebisa mungkin saving dan gimana caranya tiap waktu kita improvement untuk kemampuan kita di masing2 bidang, dan terutama untuk perusahaan” yang respect sama hasil kerja kita, mereka pasti berani bayar mahal asal kinerja kita sesuai.

    Nadia

    Maret 28, 2014 at 9:42 am

  366. Wah besaran gajinya besar juga yah, tapi skarang ini susah banget cari kerja.

    zaka

    Maret 31, 2014 at 1:02 pm

  367. Saya mau tanya, kemarin saya dapat panggilan di salah satu perusahaan kelapa sawit di kalimantan utara yaitu PT. Gawi Makmur Kalimantan. posisi yang saya lamar adalah staf accounting, dan kerja nya di kantor yang lokasinya dekat dengan kebun. Apakah agan ada yang punya pengalamn kerja di PT GMK? prospek kedepannya gimana? Berapa gaji seorang staf accounting fresh graduate? Dapat tunjangan apa saja? Terimakasih sebelumnya

    ipoel

    Mei 10, 2014 at 3:16 am

  368. Gan nnti posting”trik cara mengerjakan ngisi cekrol herfesti croscek,cerbok ‘mksih gan

    M arsil

    Juni 3, 2014 at 4:26 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 495 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: