Anjar Priandoyo

Formula perhitungan KPR 2007

with 43 comments

Dear All, sharing sedikit ini rumus perhitungan KPR 2007, ini dari seorang temen yang kerja di banking, saya modif sedikit dan dah dicoba di KPR Bank Permata, Niaga, BNI, BCA dan Panin. Silahkan diedit, modif, forward dll dsb.

Download link:
http://d.turboupload.com/d/1566678/PerhitunganKPR2007.xls.html
PS: Ada yang tahu file sharing yang gratis murah dan bagus?

Written by priandoyo

Februari 22, 2007 pada 4:21 am

Ditulis dalam Keuangan

43 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. gudangupload.com ?

    Azil

    Februari 22, 2007 at 9:04 pm

  2. Ada yang lain? percaya atau engga itu diblock ma kantor :D hiks

    priandoyo

    Februari 23, 2007 at 1:08 am

    • mas priandoyo, saya nggak bisa buka link nya mas untuk download perhitungan kpr nya.

      boleh minta tolong dikirimkan ke intan201@yahoo.com mas.

      trm ksh banyak.

      -Intan-

      Intan

      November 3, 2009 at 7:04 am

  3. indoupload ? rapidshare ?

    yuan

    Februari 23, 2007 at 5:33 am

  4. megaupload, mega-file (atau file-mega ya? —lupa), turboupload, de el el. Kalau ingat nanti kasih tau lagi.

    Alif Reza

    Februari 24, 2007 at 7:35 am

  5. Teman2 file di
    http://fileho.com/download/9250a7613673/

    sudah tidak ada, tolong dong dikirim ke email aku tirtonoj@yahoo.com
    perlu banget nih, lagi mendesak.
    Trims

    tirtono

    Februari 26, 2007 at 3:38 am

  6. sudah saya kirim mas Tirtono, yang lain barangkali ada problem bisa coba download di:
    http://d.turboupload.com/d/1566678/PerhitunganKPR2007.xls.html

    again, ada yang punya rekomendasi yang bagus untuk nyimpen file online?

    priandoyo

    Februari 26, 2007 at 4:57 am

  7. Trims mas Anjar,
    Sudah sy download, tapi saya mau berbagi pengalaman pribadi.. disalah satu bank swasta PxxMxxxx. baru kemarin saya belum disetujui karena perhitungan commite yang ternyata berbeda dengan yang kita pikirkan yaitu besar cicilan bisa 1/3 dari penghasilan, walau pun tidak ada info negatif calon debitur dari BI, dan verifikasi data oke. Itulah yang saya heran kenapa..Dari sales nya bilang kesaya masalah nya adalah kemampuan cicilan titik.(tanpa penjelasan lagi). Padahal cicilan dari pinjaman terkecil jangka waktu 15 tahun adalah 8 kali penghasilan saya waktu itu.(sekarang sudah nambah). Akhirnya saya teruskan cicilan cash bertahap(36 bulan) dari Developer yang besarnya 10 kali dari nilai cicilan pinjaman terkecil.
    Dalam hal ini bank di dalam risk management mereka cukup ketat, tetapi
    belum menyentuh masyarakat luas. Jadi beberapa bank di Indonesian hanya mau cari untung, hanya mau meminjamkan ke orang yang berduit saja. (Enaknya orang berduit selalu didatangi oleh bank).Jadi kapan masyarakat Indonesia bisa punya rumah? Untungnya developer punya sistem cash bertahap sekian bulan tanpa seleksi macam2. Wassalam.

    tirto

    Februari 26, 2007 at 7:53 am

  8. Mas Tirto..

    IMHO, cicilan 1/3 dari THP kita adalah estimasi untuk mempermudah perhitungan belaka, akan tetapi ada beberapa faktor lain yang berpengaruh, antara lain :

    1. Perilaku cash flow kita, bisa dilihat dari rekening tabungan dalam 3 bulan terakhir.
    2. Lama masa kerja kita di perusahaan.

    Hmmm, apa lagi yah..? ada yang mau nambahin..?

    fajaradi

    Februari 26, 2007 at 8:17 am

  9. Masa kerja 2 tahun, sepertiga gaji, dan kelengkapan dokumen lain memang syarat mutlak dalam proses KPR. Tapi pengalaman saya dan rekan-rekan yang lain dilapangan, masa kerja tidak harus 2 tahun dan status kerja tidak harus pegawai tetap, dan cicilan bisa 40-50% gaji.

    Caranya, (meskipun tidak baik) salah satunya dalam setiap proses pengajuan KPR kita tidak perlu mempertanyakan persyaratan tadi kepada petugas KPR, biarkan mereka menganalisa sendiri. Kalau analisanya merugikan kita barulah kita komplain.

    Bank memang konservatif dan ketat, tapi biar bagaimanapun bank tetap butuh kita. Jadi semangat ja mas, coba dan coba lagi mungkin di bank lagi, kebetulan AO-nya koperatif bisa sangat membantu

    priandoyo

    Februari 26, 2007 at 11:45 am

  10. masa kerja tidak harus 2 tahun, tapi harus pegawai tetap dengan cicilan maks 30% dari gaji. saya pake bank permata. akhirnya di approve :)

    Azil

    Maret 5, 2007 at 7:05 pm

  11. gudangupload di blok kantor? adminnya gak gaul ah.. :)

    Azil

    Maret 5, 2007 at 7:07 pm

  12. Mas Anjar,

    Saya akhirnya applikasi kpr saya di acc, walaupun fotokopi buku tabungan saya banyak GTUnya +-80%, tapi menurut AO nya GTU kurang pengaruh kalau DP nya lebih dari >+-60%. Saya masukan Kamis sore,Pagi Rabu sudah di telepon karena disetujui. Cukup cepat kira2 tiga hari kerja. Terima kasih tips dari bpk Dedy yaitu ketika saya ditolak ternyata ada tagihan Kartu Kredit 11 juta (dan juga saya mengambil cicilan 3 bulan yang 0% promosi lebaran) menyebabkan total cicilan perbulan yang dari 2 juta sebulan. Dan itu ‘mungkin dihitung analis’ kalau masih ada cicilan lain ditolak atau mengurangi kemampuan membayar cicilan KPR. Lalu saya lunasi semuanya sehingga catatan hutang saya diperbankan nol (diluar hutang di warung). Tapi yang sebenarnya terjadi pada saat saya ditolak saya tidak tahu pasti.
    Buat hasil proses selanjutnya nanti saya kirim ke blog ini.

    tirto

    Maret 7, 2007 at 2:59 am

  13. Sip mas Tirto, ntar sharing ya. Ditunggu nih ceritanya.

    priandoyo

    Maret 7, 2007 at 10:48 am

  14. salam kenal mas anjar, saya juga sedang mencari bank utk kpr ni (mengingat banyak bank yg sedang promo kpr dengan berbagai jurus marketingnya itu, dan kecenderungan rate bunga yg turun),, dan rencana saya jg mau membeli rumah di cluster baru di bintaro sektor 9.
    Kemarin sempet salah juga sih, ngasi kelengkapan dokumen2 sambil ngasi tau kalo masa kerja saya di tempat yg sekarang baru 1 tahun, trus si salesnya Jaya langsung telp orang banknya deh..Gatau deh nanti hasilnya gimana.. mudah2an aja apapun hasilnya, itu adalah yg terbaik buat saya dan keluarga.. Amin.
    Waktu mas anjar deal kpr di bank permata, AOnya baek dan kooperatif ga? siapa tau bisa saya jadikan alternatif utk tanya2 dan utk alternatif pilihan KPR juga.. thanx

    andi

    Maret 22, 2007 at 2:25 am

  15. wah kalau masa kerja, saya juga baru setahun nih di company baru, gimana dunkss, Pak Andi kalau sukses kabarin saya yah ha ha ha, saya juga mau apply cuma binun mau cari dimana, pada bintaro semua yah …enak juga sih cuma kantor saya skrg tidak didalam jalur KA . Rencana sih mau diniaga , cuma kalau lihat promo permata jadi tergoda juga wa ka ka. Waduh rekan2 sini ada yg punya ym ndak ? kita ym2-an saya mau super konsultasi nih terutama yg lagi dan barusan tembur KPR . Trims banget …

    hamdisy

    Maret 22, 2007 at 3:52 am

  16. hmm.. pak hamdisy, mendingan mah pilih2 dan cari2 lokasi rumah yg mau dibeli dulu, kalo udah fix dan netapin pilihan rumah yg mana yg mau dibeli, baru deh nyari2 KPRnya. Saya kemarin juga nyari2 rumah di beberapa daerah : depok, kebagusan, jagakarsa, rempoa, ciputat, legoso, pondok pinang, poltangan – pasar minggu, duren tiga, kebayoran lama, bintaro… nah, setelah mikir2 dan mempertimbangkan faktor budget, akses keluar masuk, suasana, lingkungan sosial dan lingkungan fisik, dan prasarasa dan infrastruktur akhirnya mutusin ngambil di bintaro sektor 9. Cuma karena di blog ini mbaca ttg minusnya Binjay dan buruknya kualitas bangunan di BinJay, jadi dagdigdug juga.. apalagi saya udah bayar tanda jadi 2,5% dari harga rumahnya.. Ya mudah2an aja deh diberi yg terbaik..
    mungkin bisa tanya2 ma siapapun yg ada di sini, saya juga masih awam banget mengenai perumahan dan perKPRan, cuma kemarin nekat aja ngecupin di bintaro sektor 9 itu, walaupun dana utk DP jg masih mikir2 dan bila KPRnya disetujui nantinya harus lebih mengencangkan ikat pinggang.. dan rumahnya jg dijdwlkn baru jd 17bulan lg, gapapa sih krn skrg masih gapapa tinggal di rumah orangtua.

    andi

    Maret 22, 2007 at 4:27 am

  17. sorry mas pri aku boleh sharing dikit ya,

    mas andi, kalo aku sih dulu survey KPR nya dulu, eh paralel ding, aku ngejar2 orang KPRnya nanya2 macem2 tentang KPR gitu, soalnya masih deg2an juga, syarat2nya blum memenuhi, masa kerja, dll, jadi dengan demikian aku bisa memastikan, apa yang harus aku lakukan biar KPR tembus, cari tahu cara ngaakalinnya gimana sih :D

    awalnya juga mo ngambil rumah baru di binjay, pertimbangannya banyak, tapi begitu tau kualitasnya jadi mundur deh, eh jodohnya malah ketemu rumah di binjay juga tapi yang udah di-renov pemilik lama, jadi ya.. lumayan, kondisi nya agak bagusan.

    Kalo kata tetangga saya sih rumah dari developer binjay bisa dibiarin standar ga perlu renov lagi, asal sebelum 10 tahun kalo bisa pindah, soalnya rumahnya keburu ambruk, whehehe :D

    Untuk masa kerja saya juga baru 1 tahun kok (kami pake joint income jadi istri tetep harus diseleksi ketat), tapi akhirnya bisa2 aja, pake pengalaman kerja yang dulu2, meskipun masih magang2/parttime, masukin aja gpp, tu cuman buat seleksi awal aja.

    mpe ketemu di binjay yak ;)

    nungqee24

    Maret 22, 2007 at 5:37 am

  18. nah itu dia mbak nungqee, kok ya saya baru tau ada blog ini baru hari rabu kemarin, dan saya sudah terlanjur ngasi tanda jadi 2,5% dari harga rumah ke Jaya. Dari dulu saya cari tau2 ttg binJay ga nemu apa2. Kalo emang dari awal saya tau kualitas bangunan baru di binjay itu kayak gitu (seburuk itukah ya? saya masih belum yakin bener ni soalnya belum ngeliat sendiri) ya saya akan mikir2 lebih dashyat lagi sebelum mutusin mbeli rumah baru di BinJay. Mungkin memang saya udah digariskan begitu yaa.. Hmm… ntar harus siap2 dana tambahan utk renovasi rumah deh begitu rumahnya udah diserahterimakan ke saya.
    thanx ya utk sharingnya..

    andi

    Maret 22, 2007 at 6:15 am

  19. whehehe… tenang aja mas andi, jangan desperado dulu, nyantai aja, kalo masalah bangunan bisalah diperbaiki sedikit demi sedikit, ga usah buru2, yang penting secara lokasi dan fasilitas, binjay lumayan OK lah, kebersihannya juga OK banget, nantinya pun kalo mas andi mau ngejual lagi, insyaAllah harganya masih bagus (ini info dari agent2 property dan temen2 yang berpengalaman jual beli rumah) karena kelihatannya si developer akan terus mengembangkan sayap.

    nungqee24

    Maret 22, 2007 at 10:51 am

  20. mas anjar dan jeng nungqee , ada info soal Cibubur Country ndak ?

    hamdisy

    Maret 23, 2007 at 3:03 am

  21. Assalamu’alaikum..

    Teman-teman yang baik,

    Saat ini kami sedang proses akuisisi rumah, di Makassar,yang sedang taraf pembangunan (progress sekitar 70%)

    Perkiraan kami April/Mei ini sudah bisa serah terima.

    Ilustrasi: kami sudah bayar ke pengembang sebanyak 65jt dr total 215jt harga rumah.

    Yang jadi ganjalan kami adalah… pihak pengembang selalu mendesak kami utk melengkapi berkas agar bisa segera akad.
    Bahkan kami pernah dipaksa -secara halus- untuk wawancara dengan bank plat merah dg hasil disetujui utk masa 15th dengan bunga 13,25% yang hanya butuh waktu sekitar 5 menit.

    Sepertinya pihak pengembang/oknumnya hanya mengejar target dan memiliki deal dengan bank sehingga kami sebagai konsumen merasa dijadikan objek.

    Perlu juga teman-teman tahu bahwa beberapa keinginan yang telah kami kemukakan diabaikan oleh pengembang. Seperti perataan carport, letak wastafel dll. Kelemahan karena tidak kami buat tertulis.

    Satu lagi… kapan idealnya saat melakukan akad dengan bank, hemat kami saat rumah sudah jadi, karena kami selalu didesak pengembang . Bahkan seperti di teror :)

    Mohon nasihat tema-teman, juga tentang KPR tersebut… kami belum puas.

    Terima kasih dan ma’af bila terlalu panjang.

    Salam,
    Wahyu Sanyoto

    Wahyu Sanyoto

    April 10, 2007 at 11:24 am

  22. Pak Anjar, Salam kenal sebelumnya.
    Dalam 2 hari ini saya baca dan ikuti terus blog anda dan saya sangat tertarik dengan contoh perhitungan KPR ini karena dalam waktu dekat rencana akan beli rumah leawt KPR. tolong donk saya dikirimkan file / sofware perhitungan tersebut. Bisa kan ?

    Terimakasih

    Salam,
    Suwardi Yanto

    Suwardi Yanto

    Juni 13, 2007 at 1:43 am

  23. Mas pri,

    Mau berbagi nih,

    Saya ambil rumah di citra grand cibubur dan KPR saya Alhamdulilah telah di setujui oleh 2 bank (BCA & Mandiri) keduanya yang menawarkan bunga spesial itu 9.75 % (3+2 tahun) BCA & 9.99% 3 tahun Mandiri.
    Anehnya keduanya ditolak oleh pengembang.
    Alasannya:
    1. Untuk BCA mereka tidak punya perjanjian/ MoU untuk cluster tsb dan katanya BCA tidak menerima apabila sertifikat belum pecah.
    2. Untuk Mandiri, pengembang hanya menyetujui fix 1 tahun saja sebesar 8.75% alasannya saya booking sebelum tanggal 25 Juni (saya transfer UM tanggal 24 Juni) sedangkan promo tsb berlaku untuk booking tanggal 25 Mei Ke atas.

    Ada keanehan dari alasan diatas:
    Alasan 1 kenapa BCA bisa menyetujui? apakah analyst tidak cross check dengan pengembang dan main setuju saja?
    Alasan 2
    - idem dengan alasan 1 (BCA).
    - Apakah pengembang berhak memutuskan hal tersebut?
    Bukannya urusan utang piutang kita kedepan adalah dengan bank dan bukan dengan pengembang?
    - Kalau memang promosi tsb untuk booking tanggal tertentu dan untuk cluster tertentu kenapa tidak ada pemberitahuan di iklan kedua bank tsb? dan anehnya lagi saya lolos.
    Padahal salah satu syarat pengajuan kredit adalah bukti booking rumah didalamnya jelas sekali ada tanggal booking dan nama cluster.

    Saya sebenernya sudah sebal sekali dengan alasan diatas namun kalau saya batalkan saya diancam hilang uang booking nya.

    Mohon pencerahan dari mas Pri dan kawan2

    Budi

    btw
    Terima kasih banyak atas excelnya berguna sekali untuk ngitung perbedaan apabila nurutin pengembang atau ikut program bank tsb.

    Budi

    Juni 17, 2007 at 5:29 pm

  24. Mas Pri, mohon saya dikirimi software ecxelnya.
    Sudah berulang kali saya coba download lewat blog, gagal terus.

    Terima kasih sebelumnya.

    Hananta

    Agustus 23, 2007 at 4:16 am

  25. Mas, aku minta file formula perhitungan KPR 2007 itu donk coz ga bisa didownload (file id error)..
    kalo ada kirim via email: ariessandronesta@gmail.com

    Oya, sekarang aku lagi proses KPR Mandiri dengan jumlah agunan sekitar 106.000.000,-
    Mas, punya tips ga biar diapprove kprnya?
    Prepare apa saja yang harus saya lakukan?

    thx atas infonya…

    Aries Fatmara

    Januari 30, 2008 at 1:06 am

  26. Mas, dari kantor di blok nie ngga buka.
    ada ngga alamat yang lain.
    saya butuh banged nie, karena suku bunga KPR naik :(

    indriani

    Oktober 23, 2008 at 1:21 am

  27. Pak Priandoyo,
    kalau saya ingin melunasi sisa KPR saya, besar jumlah yang harus saya bayar hanya sisa pinjaman yang belum di lunasi atau saya harus menambah besar bunga dikali dengan lama tahun pinjaman?

    terima kasih

    Regards
    Indri

    indri

    Oktober 23, 2008 at 1:59 am

  28. mas, kayane file di blok nih… mhn saya dikirimi via email nggih…terimakasih sebelumnya.

    husni

    Februari 16, 2010 at 7:53 am

  29. boleh ikutan dikirimin filenya via email mas?
    terima kasih…….

    astri

    Februari 18, 2010 at 2:52 am

  30. Salam kenal,,,

    kepada teman2 yang sedang mencari rumah di daerah Depok Sawangan.
    Kami dari PT Fourplus Sukses Perkasa sedang mengembangkan perumahan di Sawangan Permai.
    Type yg akan di bangun adalah type 30,45,60,70
    Kavling ini siap bangun.Serifikat sudah terpecah.
    Konsep yang akan kami kembangkan Sawangan Permai Green Garden.Minimalis.

    Jika berminat silahkan datang ke Kantor Pemasaran Kami di Jln Raya Muchtar Depok
    dalam arel SPBU 34.16511
    no tlp 021- 77880880

    tq

    Willy

    Mei 1, 2010 at 8:01 am

  31. Rencana Pembuakaan awal Mei.

    Willy

    Mei 1, 2010 at 8:03 am

  32. mas tlng kirimin perhitunganya ke emailku ya . trims banget .

    sugeng

    September 6, 2010 at 8:55 am

  33. Salam kenal mas. Mohon dikirim ke email utk perhitungan KPRnya. Makasih Mas atas atensinya.

    Taufik

    September 21, 2010 at 6:02 am

  34. tolong mas kirim ke email saya, saya butuh banget

    anang mashuri

    September 21, 2010 at 1:59 pm

  35. Mas share file excl nya ke saya yah, lagi butuh pencerahan tentang kpr inih.

    Terimakasih sebelumnya.

    Nice Blog…

    BubunaPuti

    September 23, 2010 at 5:23 am

  36. Mohon saya di kirimi rumus itung kpr, thnks sblmx

    Randy

    Oktober 16, 2010 at 1:15 am

  37. Salam kenal, minta tolong dishare file excl nya ke saya yah, lagi butuh pencerahan tentang kpr nih.

    Terimakasih sebelumnya.

    Andre

    November 14, 2010 at 8:12 am

  38. mas saya juga minta tolong dikirimin file perhitungan excelnya saya lagi rencana ngambil rumah pertama saya…
    makasih sebelumnya

    adhi p

    Desember 19, 2010 at 9:00 am

  39. mas, maaf linknya dah broken, mohon dikasih link baru atau klo boleh kirim ke email saya di idnab@ymail.com
    mohon dibantu.. maklum lagi cari-cari referensi buat kredit kpr rumah ini

    thx before..

    lo5tboy5

    Juli 16, 2011 at 3:26 pm

  40. saya juga mau dong mas dikirimi file-nya.
    email saya nug_priyambada@yahoo.co.id
    terima kasih sebelumnya..

    nugraha

    Agustus 11, 2011 at 2:33 pm

  41. saya juga boleh minta dikirimi file-nya mas kebetulan saya ingin ambil rumah tapi hargana lumayan mahal

    khaka_shi@yahoo.co.id

    terima kasih banyak atas bantuannya mas.

    regards

    shiyam

    Agustus 12, 2011 at 12:58 am


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 475 pengikut lainnya.

