Anjar Priandoyo

Bunga KPR manakah yang paling rendah?

with 53 comments

Bunga KPR makin turun, ini pertanda baik untuk yang merencanakan tahun 2007-2008 ini untuk memiliki rumah, didasari:
1. Suku bunga 6 bulan terakhir ini menunjukkan angka penurunan yang signifikan
2. Ramalan 2008 booming properti (harga semakin turun seiring supply yang tinggi, banyak proyek properti sudah selesai)
Buat yang sudah meng-KPR-an beberapa bulan terakhir ini silahken gigit jari, karena sekarang bunganya makin rendah.

Seberapa rendahkah kondisi yang sekarang?
Siang ini kebetulan saya kebagian mengaudit didaerah Jakarta kota. Sehingga cukup punya waktu seliweran melihat bank-bank yang jarang saya lihat. Istilahnya bank-bank kelas 3 (istilah saya sendiri untuk kredit KPR) sudah menawarkan bunga yang sangat rendah, seperti KPR Bank Buana 10,28%, KPR Bank Jasa Jakarta (11.5%). Kalau boleh menggambarkan kondisi peta persaingan bunga bank KPR:

Kelas 1 (15-14%): Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, Bukopin
Kelas 2 (11-13%: Bank Permata, Bank Niaga, Bank Panin
Kelas 3 (10-12%): Bank Buana, Bank Jasa Jakarta

Logikanya persaingan bunga bank ini disesuaikan dengan kapitalisasi bank tersebut, bank-bank raksasa, yang sudah mapan di corporate banking biasanya males mainan di consumer banking model KPR ini.

Nah yang bikin saya bingung:
(+positive): Wah bungannya rendah sekali
(-negative): Reputasi banknya gimana ya?
(anjars comment): Lha, banknya jauh banget, males kali ya.

Any idea? yang pernah pengalaman dengan KPR-KPR bank kelas 3 ini. Yang jelas bank kelas 3 ini punya banyak penggemar fanatik lho, tahu maksud saya? dateng aja ke kota sekali-kali :)

Written by priandoyo

Maret 9, 2007 at 10:04 am

Ditulis dalam Keuangan

53 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. lho, akhirnya sudah memutuskan pilihan tho, mas?

    joesatch

    Maret 9, 2007 at 6:58 pm

    • Saya punya KPR di Panin Bank tapi sampai sekarang Bunganya masih Mangkal Di Kisaran 14 % terus sudah 2 tahun padahal bunga BI sudah Rendah alias turun jauh Memang waktu itu bunga BI waktu 2 tahun lalu naik tapi sekarang sudah 6.5 % alasanaya bank tsb saingan memberikan bunga ke nasabah itu yang mereka pakai buat alasan. wah Bank Itu benar benar lintah darat.

      saran saya sebisanya jangan pinjam uang sama bank anda akan diperas oleh bank bersangkutan.

      joesatch

      Juni 28, 2010 at 12:30 pm

    • Saya Nasabah Bank Panin sudah 2 tahun ini bunga KPR sy di kisaran 14 %. kalau ditanya minta diturun bunga kpr sy jawabanya belum bisa terus, sampai skg juni 2010 padahal Bunga Rate BI hanya 6.5 %
      alasan mereka saingan bank lain masih tinggi kasih bunga deposito ke nasabah. padahal waktu 2 tahun yang lalu memang Bi menaikan bunga tinggi tapi sekarang sdh rendah, turun jauh persentase bunga BI Rate dari dua tahun lalu.
      Panin Bank memang benar benar kejam seperti lintah darat meras orang. meraup untung sebesar besarnya.

      maka dari itu sebaiknya jangan pinjam uang bank mereka kejam akhirnya seperti saya dikerjain bank harus bayarin kpr terus karena besar bunganya.

      joesatch

      Juni 28, 2010 at 12:42 pm

  2. Kok masih bingung soal bunga KPR?

    Bank menentukan berdasar risiko, semakin high risk maka bunganya makin tinggi. Bunga untuk kredit produktif akan lebih rendah dibanding untuk kredit untuk konsumtif, karena hitungan risiko lebih tinggi.
    Di sisi lain, jika memilih Bank untuk menyimpan uang, pilih yang aman, yang bisa dilihat dari laporan keuangan tiap triwulan (ini wajib menurut aturan BI) yang ditayangkan di koran. Cek juga harus dibawah bunga penjaminan LPS, supaya kalau Bank dilikuidasi uang masih diganti.

    edratna

    Maret 9, 2007 at 11:10 pm

  3. Berarti Bank Buana sama Bank Jasa Jakarta itu bu Enny rekomendasikan engga :P

    priandoyo

    Maret 10, 2007 at 5:23 am

  4. Berapa bunga penjaminan saat ini? Seingat saya sekitar 9,25% p.a Udah tahu jawabannya kan? :P

    edratna

    Maret 11, 2007 at 3:33 am

  5. Hmm sorry…saya terbalik dengan masalah simpanan.Kalau mau menabung, jangan di Bank yang bunga simpanannya di atas bunga penjaminan.

    Untuk kredit, tentu dipilih yang bunganya rendah…tapi cek lagi bunga rendah ini fixed atau floating rate? Jika fixed, berarti aman, angsuran akan tetap tiap bulan sampai lunas. Jika floating rate, maka bisa berubah setiap waktu, dan jarang yang perubahannya makin menurun.

    Soal Bank, saran saya pilih Bank yang udah bisa dinilai reputasinya. Mengapa? Kita mengangsur KPR tiap bulan, sertifikat ada di bank…tahu2 Bank nya dilikuidasi…seperti Bank Summa (jauh sebelum krisis moneter)…seritifikat kita urusannya bisa panjang dan bahkan hilang.

    Pesan saya, karena Andjar udah memilih, minta copy sertifikat rumahmu di Bank Permata (?), untuk jaga-jaga kalau ada problem di kemudian hari, mengurusnya lebih mudah. Dan cek, di sertifikat tsb nama pemilik sudah an Andjar (atau Nunung).

    edratna

    Maret 11, 2007 at 3:40 am

  6. mmm…. klo di perancis gimana ya ?

    nanti tanya dulu deh ama temen baru koment.

    hebiryu

    Maret 11, 2007 at 10:17 am

  7. Mikir kok suku bunga KPR yang rendah sih..?

    Wis to sesuai yang saya nasehatin kemarin, after sales-nya aja yang dipikirin.. cocok tuh sama yang diinformasikan Bu Enny, jangan sampai ngambil KPR 15 atau 20 tahun, tapi bank-nya 5 tahun lagi ilang enggak tahu kemana krn likuidasi.

    fajaradi

    Maret 16, 2007 at 10:57 am

  8. 1. ya kan Njar. …. 2009 adalah waktu paling tepat untuk untuk beli rumah atau property.

    2. Bank buana sifatnya lebih ke privat banking. nasabahnya dikit tapi kakap semua. ini kata masku yg abis kenaikan bbm kemarin bisnis mobilnya kolaps. sebelumnya sekitaran 2004-2005, dia tajir banget. dan rata rata orang [tauke] yg beli mobil ama dia, minim punya simpanan raturan jeti di bank buana.

    tanya kenapa .. :p

    papabonbon

    Maret 16, 2007 at 1:02 pm

  9. Wah , trims atas infonya nih …
    btw tahun ini syarat pengajuan KPR agak sedikit berbeda dengan tahun2 sebelumnya, yakni di KPRers harus(disarankan) mempunyai NPWP tidak hanya cukup dengan copy SPT PPH12 . Wah serba salah nih jadinya (he he he he) . Rekan2 ada yg tahu untuk KPR yg tidak mewajibkan NPWP ?
    Trims

    hamdisy

    Maret 20, 2007 at 8:51 am

  10. Yang tidak mewajibkan, konon katanya Bank Panin. Account officernya konon berani mati, konon katanya:
    “dokumen ga lengkap ga masalah mas, yang penting nanti siap2 tanda tangan yak barangkali BI sewaktu-waktu meriksa”
    tapi prakteknya :D hehehe, tergantung mentalitas account officer tersebut, siap atau engga nangkep customer kakap, sebelum mereka berubah pikiran pindah ke bank lain.

    Tapi saran saya, coba aja bikin NPWP, formulirnya online bisa didownload, diisi terus dikirim ke kampung halaman, diproses satu hari jadi. Hiya lah, mereka -orang pajak- pasti seneng kalau ada NPWP. NPWP itu ga masalah kalau kita pengangguran bikin NPWP, kalau sudah dipotong dikantor juga ga masalah. Ga membebani lah.

    Banyak yang dah bikin kok mas, istri saya bikin di Malang juga cepet satu hari jadi. Tenang aja ga ada oknum, beda sama bikin KTP, SIM atau IMB. Mumet kalau itu

    priandoyo

    Maret 20, 2007 at 8:57 am

  11. papabonbon: Fans fanatik bank buana memang ga sedikit, line insurance-nya juga sama. Ditengah bisnis insurance yang rumit, tetep aja loyal customer engga akan kemana hehehe

    priandoyo

    Maret 20, 2007 at 9:06 am

  12. gmn kalo suku bunga kpr skitar bln des 2007? apa masih tetap?

    bundianto

    November 26, 2007 at 9:31 am

  13. kl nisp kpr merdeka ada info nggak?

    yongki

    Maret 11, 2008 at 3:39 am

  14. [...] mempelajari seluk beluk mengenai per-KPR-an. Mulai dari baca-baca thread mengenai KPR di forum, blog, pengalaman teman sampai bertanya langsung ke Bank-Bank yang [...]

  15. Halo…

    Saya mo KPR rumah tp ga tau mana bunga bank yg plg rendah…Yg di tunjuk oleh developer seh BTN..
    Dgr2 dari teman, BTN bunganya tinggi jd sangsi…

    Mana tau dari teman2 ada yg tau bank mana bunganya plg rendah dan safety,hehe..
    Mohon bantuaannya ya…

    Thanks…

    Ita

    Oktober 28, 2008 at 3:15 am

    • Bank Muamalat 13% EFEKTIF SETARA 7,3% P.A

      faiz

      Februari 17, 2010 at 2:46 am

  16. mo jual satu unit rumah murah nih di sby
    see http://www.randegan.blogspot.com

    pras

    November 19, 2008 at 7:14 am

  17. saat ini KPR… bunga tinggi!! untuk memiliki rumah jadi di undur… tunggu bunga stabil.

    Pri

    November 25, 2008 at 12:04 pm

  18. Hallo…
    Saya mo KPR tp ga th cara pilih banknya, klo dr developernya sich BTN.
    Ada yg bs bantu saya ga?

    ella

    Februari 9, 2009 at 8:47 am

    • ke bank icb bumiputra saja gan, sy akan bantu

      keycga

      Februari 18, 2011 at 9:13 am

      • mohon kontak person icb bumiputera untuk kpr. saya ada rencana mau kpr rumah second di daerah cibinong bogor
        tks. widya 08151630248

        widya

        Agustus 9, 2011 at 3:10 am

  19. bang priyo saya lagi binggung nih..
    bukan binggung ditolak kpr..krn secara lisan bank sudah pasti approve dari analis bank bersangkutan
    permasalahannya begini

    1.bank btn klo kpr nilainya 190 juta bunga 13 % akan tetapi dp buat developer harus 30 % : 80 juta ++ biaya pengurusan kpr 27 jutaa (10 % dari harga jual (190+80 jt)

    saya saat ini hanya punya duit cash 10 juta dan surat berharga reksadana shm 12 jt,ori 15 jt, unit link 15 juta(klo diduitkan dgn kondisi skrng dpt 38 jt mungkin….yg paling merugi unitllink nialinya 1/2 dari saya beli..klo reksadan masiah sama nilainya)

    jadi simplenya klo dicairkan dlm 1-2 bln ini dpet 48 juta,
    nah duit yg harus disetorkan padahal 107 juta(80 juta dp dan 27 juta pengurusan kpr)

    2.bank dki..krn bank kerjasama dgn perusahan saya kerja
    menawarkan duit cash cukup 50 juta
    dan saya dgn prhitungan mereka berdasarkan take home pay dapet platform 212 juta–> ini harga bisa dgn perhitungan setelah dikurangin macem2 biaya dan sudah bisa dpt rmh..

    persoalananya bunga kreditnya tinggi bgt 16 % pertahun tapi fix tahun pertama..tahun selanjutnya mengambang

    dgn membandingkan data kedua bank positif -negatifnya…mana yg harus saya pilih atao ada saran lain
    1.bank btn bunga cuma 13 % tapi saya kekurangan duit cash buat dp dan penguruan rumah
    2.bank dki bunga tinggi 16 % tapi dp dan pengurusan tidak masalh lagi,apakah mungkin bunga akan turun lagi..soalnya saya langsung konsultasi dgn kepala cabang bank dki..waaupun bi rate sudah 8,25 % (dari sebleumnya 9 % ) tapi bank dki baru akan mnyesuaikan 3 bln lagi

    klo ada saran tolong di kirm ke email saya nya mas..makasih bgt soalnya dp ke 1 harus sudah dibayar tgl 11 maret ini..klo ngak hangus 3 juta booking fee saya
    awik83@gmail.com
    ato
    arif_budi_setiawan83@yahoo.com

    arifbs

    Maret 5, 2009 at 2:35 pm

  20. Saya juga punya pengalaman yang hampir sama dengan mas Arif, kejadiannya Jan 09 kemarin, saat akan booking rumah saya hanya pegang 10jt (kecil banget dibandingkan harga rumahnya yang 300jt ya…), tapi dalam setahun ke depan ada uang yang pasti bisa saya cairkan sebanyak 100jt (baru loncat dari perusahaan saya yang lama, jadi ada pencairan dana jamsostek, uang penghargaan masa kerja dan dana pensiun pemberi kerja), trus saya diskusikan dengan pengembang dan juga bank (dalam kesempatan yang terpisah), dari bank limit kredit saya 191jt dengan bunga 13,5% fix 6bln, jadi saya harus punya 109jt. Berbekal informasi itu saya susun cashflow selama 4 tahun ke depan, yang memuat pemasukan dan pengeluaran, termasuk berang2 yang rencananya akan saya beli dan keperluan lainnya.
    Habis itu baru deh ke Developer, dengan negoisasi yang cukup alot, akhirnya didapat kesepakatan bahwa saya bisa angsur uang mukanya selama 15 bulan, tapi relisasi KPR di bulan ke-3 dan saya bisa tempati rumahnya di bulan ke-5 (dari developer dibuatkan Kuitansi bohong2an, seolah2 saya sudah lunas uang muka dan bisa realisasi KPR).

    Kembali ke masalah mas Arif, Bunga 16% terlalu tinggi tuh…untuk pinjaman 190jt, setiap kenaikan bunga 1% nilainya hampir 23jt lho (bila ambil KPR yang 15th), menurut saya lebih baik kehilangan 3jt daripada harus menanggung selisih bunga yang segitu gedenya, bila cashflow masih memungkinkan untuk cara saya diatas coba saja nego ke developer, tapi kalo nggak nututi…ya terpaksa rencana ambil rumah dipending sampai cashflownya mencukupi.
    Semoga membantu

    Taufiq RY

    Maret 18, 2009 at 10:25 am

  21. Ada yg tau info bunga kpr ?

    Boy band

    Mei 6, 2009 at 12:59 pm

  22. @ Boy band : untuk info perkambanga bunga KPR bisa dilihat di blog saya http://manggon.wordpress.com

    manggon

    Mei 20, 2009 at 4:54 pm

  23. @ manggon : trims atas infonya,…..

    Boy band

    Juni 17, 2009 at 5:32 pm

  24. Ada yang punya software simulasi KPR gak ya??? Mungkin ada yang punya, mohon diinformasikan linknya…

    varian

    Juli 21, 2009 at 12:06 pm

  25. @ varian : untuk simulasi KPR bisa lihat di postingan saya

    http://manggon.wordpress.com/2009/07/29/spreadsheet-perhitungan-angsuran-kpr/

    Nuwun sewu mas anjar, …

    Harya

    Juli 29, 2009 at 3:30 am

  26. Mas priyo, kita mau nanya nih….. kita punya kredit ama bank (KPR)… waktu itu bunganya 9,5%, ttp stlh ngasur 1 th, bunganya naik s/d 13% katanya sih lagi naik (dari 2007-2008), tetapi skrang bunga bank lagi turun s/d 10,8%, ttp pihak bank nya tidak juga menurunkan bunga pinjaman kita, gi mana ya….? waktu kita nanya, katanya itu untuk yang kredit yang baru…. padahal waktu bunga bank naik, bunga pinjaman kita di naikin, tapi saat bunga pinjaman turun, pihak bank tidak menurunkan bunga pinjaman kita…. emang nampaknya tidak adil…. kira2 menurut mas priyo kita boleh protes ngak ya?

    (tolng dong di beri nasehat, kirim ke email saya, oke)
    Trims banget. wasalam

    amsar

    September 1, 2009 at 4:39 pm

  27. Ada info terbaru Bunga KPR bank2 besar di bulan Oktober 2009 ini gak, ya…? Soale saya lagi proses pengajuan ke beberapa bank…… Kalo ada info program khusus yg bunganya super rendah juga boleh……
    Trims

    Diman

    Oktober 5, 2009 at 4:07 pm

  28. saya beli stand di pasar dengan harga RP. 61.000.000,- dengan uang muka Rp.20.000.000,- sisanya saya masukan kpr. dengan masa 5 tahun. berapa saya harus mengangsur setiap bulan dengan bunga bank sekarang ?

    Tumari

    Oktober 6, 2009 at 11:40 am

  29. Pak priyo saya ngajuain kpr bni dan kpr bri dan kedua2 nya disetujui. yang murah dan aman mana y? bingun ni..

    dwi

    Oktober 28, 2009 at 2:17 pm

  30. Teman2, saya punya masalah mengenai kpr rumah. Saya mau membeli rumah second dengan harga 305jt dan rumah lama saya terjual 195jt sisanya mau ambil kpr dengan jumlah 170 sekalian untuk renov. apakah bisa saya mendapatkan angsuran perbulannya Rp 1jt-1.5jt? Bila ada yang membaca mohon bantuannya. trima kasih.

    Deddy

    Januari 17, 2010 at 9:09 am

    • bung deddy, jika Anda butuh KPR 170jt harapan cicilan 1.5jt dengan asumsi bunga 10.5% (promo mandiri, existingnya sekarang 13.75%) maka harus dilunasi dalam jangka 550 (limaratuslimapuluh) bulan atau 46 (empat puluh enam) tahun. itupun asumsi bunga 10.5% padahal hanya berlaku 6 bln fixed. untuk lebih mudahnya Anda bisa hitung sendiri di MS excel,nper=(rate/12;pmt;pv) akan ketemu jumlah periode dalam bulan. catatan: nper=jumlah periode, rate=bunga per annum, pmt= angsuran dalam angka negatif, pv= jumlah pinjaman.

      mj

      Februari 11, 2010 at 10:56 am

  31. @ Mas Deddy : saya itung untuk KPR 170 juta itu dengan bunga 12% efektif aja angsurannya udah Rp.2 juta lebih per bulan dg jk waktu 15 tahun.

    Maksimum KPR Mas ya Rp.130 juta selama 15 tahun dengan angsuran Rp.1,5 juta, jadi yang buat renov paling Rp.20 juta.

    Mampir di blog saya kalo mo info KPR lengkap Mas.

    Harya

    Februari 1, 2010 at 7:33 am

  32. Mas Anjar mau ikutan tanya, kami berniat membuka TK dan SD saat kami kembali nanti ke tanah air, dan krn saat ini kami msh tinggal di LN jadi kami kumpulkan dulu informasi mgn hal-hal yg diperlukan. Tempat yg kami inginkan ada dan dirasa cocok tp harga yg diminta 4,5 milyar. Mnrt mas Anjar mana yg lebih baik saya pilih KPR atau Kredit usaha (dan kalau kredit usaha apakah jumlahnya bisa sebesar itu yg di dapat?) dan apakah bisa slip gaji di perusahaan LN menjadi pelengkap persyaratan untuk mengajukan KPR ? ataukah harus menjaminkan agunan lain berupa rumah dan apartemen lain yg kami miliki ? mengingat jumlah yg diajukan sangat besar.

    Terima kasih banyak atas jawabannya ya mas anjar.

    Dewi

    Dewi Mardhana

    Februari 20, 2010 at 4:31 am

  33. Salam kenal Pak.
    Kebetulan saya ambil KPR di Permata (Rumah) dengan nominal 500jt an. Bulan Mei nanti suku bunganya sudah tidak fixed tapi floating. Saya cek cukup tinggi yaitu 14,5%. barangkali ada saran dipindahkan ke KPR bank apa ya pak ?

    Terima kasih sebelumnya.

    Daud

    Maret 9, 2010 at 8:56 am

    • kalau di mandiri ada promo kpr take over 9,5% fix 1 th, suku bunga floating pada saat ini 13,75%. Semoga info ini membantu

      Ario

      Maret 23, 2010 at 4:10 pm

      • sekarang bunga KPR take over..di MANDIRI 8.8% fix 1 thn or 10,75% fix 2th pencairan sampai akir juli so buruan pindahin kpr saudara2 yg kni bunga nya melonjak hingga 15%,biaya nya ringan jg provisi 0,5%, administrasi jg 250rb kesempatan ikut undian blackberry jg…siipp pkok nya…cp: 03183005040/081233536545 (TYO)

        tyo

        Juni 20, 2010 at 6:22 am

  34. mau tanya cari KPR sekitar cikarang yang murah dimana?

    bambang

    Maret 19, 2010 at 9:32 am

  35. Dear Rekans,

    Saya mau mengajukan KPR kisaran platform 400 jt, kmrn liat offering bank2 yg hadir di ultahnya BSD, saya coba mampir di Panin, mereka nawarin 7.87 % fox tahun pertama, Permata : 9% fix 1 tahun permata. kira2 ada yag tahu ngga reputasi bank panin , setelah masuk masa floting bersaing ngga dgn bank2 lain…atau cenderung jauh lebih tinggi…?
    saya tanyakan ke permata kalau skg mereka bunga rate nya 12-13 % untuk debitur (nasabah) yg sudah masuk floating bulan2 ini, tapi saya baca diatas koq ada rekan yg skg dapat 14.5 % ? saya sudah ngajuin permata…ada masukan ngga bank mana yg kira2 kedepannya (setelah masuk floating )lebih stabil interestnya..

    albaihaqi

    Maret 22, 2010 at 10:44 am

  36. mana yg lbh menguntungkan nasabah suku bunga KPR : a. Flat/fixed 8%, ato b. floating 12%???
    bagaimana menghitung total hutang sampe pelunasan untuk alternatif a & b diatas???
    Apa maksudnya suku bunga bank 13% efektif, 7.3% p.a????
    tq

    novi

    Juni 4, 2010 at 5:39 am

  37. Salam
    mau tanya. Mana yang lebih untung
    1. Pinjam di BRI Syariah 15 tahun asumsi bunga 8,5 %
    2. Atau di BNI Tahun I : 9,9 %. tahun ke2 dan seterusnya tergantung bunga pasar, sekarang 13 %
    Thanks.

    Ami

    Ami

    Juni 30, 2010 at 7:47 pm

    • menurut saya BRI lbh menguntungkan

      Coboy kocai

      Mei 27, 2011 at 11:08 am

  38. Salam kenal…
    Saya mau nanya reputasi bank panin bagaimana yah? saya dengar” dari CS panin katanya akan merger dengan bank ANZ, Apakah sertifikat rumah masih aman kalau bank akan merger?
    Tengkiu

    venny

    November 12, 2010 at 1:47 am

  39. Salam kenal
    saya mau nanya.mana yang terbaik
    1.muamalat kpr 15% flexibel sampai 10 tahun atau
    2.mandiri kpr 8,8 fix 1 tahun aj
    mohon infonya segerah

    Mulyadi

    Januari 27, 2011 at 6:41 am

    • Keduanya tdk jauh beda

      Coboy kocai

      Mei 27, 2011 at 11:09 am

  40. mohon pencerahan , saya ada rencana kpr sekitar 100 juta, kira kira bank apa yang recomended? untuk informasi saya tanya info ke bank buana dll bank, yang paling rendah untuk saat ini bank buana, dengan maksimal fix 3 tahun bunga 9.9%, alternatif lainnya juga bisa bank syariah terimakasih

    widya

    Agustus 9, 2011 at 3:29 am

  41. untuk akhir tahun ini, bank mana yg menawarkan kpr dengan bunga rendah dan aman

    zulhelmi

    November 17, 2011 at 11:43 am

  42. Saya beli rumah di Cikarang Type 21/78 harga 176 juta, DP 20%. dan akan KPR bulan ke 7. tolong dong kasih masukan bank-bank yang bisa bantu saya. terimakasih.
    agus 081369721215

    agustinus

    Januari 30, 2012 at 6:41 am

  43. mau tanya ya.. saat ini saya mengajukan KPR di Bank Bukopin. mohon informasinya apakah Bank tersebut aman untuk saya ajukan KPR. karena dari developer mengarahkan kami di Bank Bukopin.

    terima kasih
    Nita

    Anita

    Februari 6, 2012 at 6:39 am


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

