Anjar Priandoyo

Perhitungan depresiasi rumah bagaimana?

with 3 comments

Aku sdh download Rumus Perhitungan KPR 2007. Tapi aku masih belum ngerti gimana cara hitung nilai depresiasi berkaitan dgn umur rumah/bangunan.
Apakah dihitung per tahun berapa % depresiasinya, ataukah ada hitungan nilai nominal dalam Rp? Dan dihitungnya dari harga total rumah + tanah atau ada rumusan lain?

Komentar:
Sebenarnya tidak ada perhitungan yang baku mengenai rumus depresiasi (penyusutan), dalam PSAK setahu saya perhitungan itu disesuaikan dengan ketetapan perusahaan. Untuk bangunan/rumah berkisar 20-50 tahun, CMIIW.

Dalam insurance industry, metode depresiasi ini pasti digunakan tidak hanya untuk rumah tapi juga kendaraan dan benda-benda lain yang mengalami depresiasi. (Cat: makanya banyak cerita komplen tentang asuransi rumah, kendaraan yang bermasalah dalam hal ini, karena ketidak tahuan)

Masing-masing diatas (Insurance, Accountant, Appraisal) punya penilaian  tersendiri, hanya saja yang paling sering dipakai adalah appraisal independent (bisa dari bank, atau independent). Tapi prakteknya? business as usual, mekanisme pasar yang akan menentukan rumah itu layak diharga berapa

Tips:
1. Secara arsitektural, bangunan yang umurnya > 20 tahun itu sudah layak untuk dibongkar. Selain electrical (cabling) banyak yang lapuk, atap sudah mulai rusak, designnya pun sudah tidak memadai lagi untuk kondisi sekarang. Contoh, design kamar jaman sekarang berukuran kecil dibandingkan rumah jaman dulu yang besar-besar. Jadi, pasang patokan 20 tahun ini untuk titik 0 depresiasi rumah, bila anda sebagai pembeli, agar rumah bisa anda dapatkan dengan harga murah.

2. Bila anda penjual rumah, maka dokumentasi2 macem IMB dkk harus segera diupdate. Bodo2nya, pembeli pasti akan ngecek dokumen itu. Kalau anda sudah partial renov, tapi dokumennya ga direnov -gara-gara males- ya hasilnya sama aja. Rumah tidak akan dijual tinggi.

Ada pendapat lain? yang sudah ambil sertifikasi appraisalnya mungkin?

About these ads

Written by priandoyo

April 16, 2007 at 7:45 am

Ditulis dalam Keuangan

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Sebaiknya ikut kursus “Valuation” di MAPI atau GAPPI deh.
    Setahu saya, rumah penyusutan dihitung 20 tahun…ada beda umur teknis dan ekonomis. Bila memang masih bagus bisa dilakukan revaluasi…tapi ini ada beban pajak. Juga metoda penyusutan bermacam-macam…terlalu panjang jika cerita disini.

    Sebaiknya Andjar ikut pelatihan, jika tertarik hal-hal yang bersifat ekonomi, supaya tak salah persepsi.

    edratna

    April 18, 2007 at 2:52 am

  2. Tertarik sih bu, Om Papabonbon juga dah nyaranin sih, tapi lum dapet infonya nih tempatnya dimana, biayanya berapa, belajarnya gimana

    priandoyo

    April 19, 2007 at 8:23 am

  3. yang menentukan umur depresiasi dan residu itu siapa mdan bagaimana?
    08999176109

    erman

    November 9, 2008 at 2:51 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 489 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: