Anjar Priandoyo

Berapakah kenaikan gaji pegawai kontrak?

with 10 comments

Sebelumnya terimakasih untuk rekan Wati yang sudah mengirim email sedemikian panjang kepada saya, perlu beberapa pengeditan terlebih dahulu untuk bisa masuk konsumsi publik rupanya.

Studi kasus
Wati 32 th, menikah satu anak, pengalaman 8 tahun dengan track record:
24 th: lulus kuliah
26 th: admin, marketing berganti 2-3 perusahaan
28 th: sekretaris berganti 2 perusahaan
32 th: sekretaris di 1 perusahaan terakhir selama 3 tahun.

komposisi gaji:
Rp. 900.000: gaji pokok
Rp. 300.000: tunjangan jabatan
Rp. 190.000: premi hadir (dipotong apabila ada absen 7 hari)
Rp. 100.000: lembur rata rata 6 jam seminggu

Selama 3 tahun saya bekerja dengan status karyawan kontrak per 12 bulan . Fasilitas dan benefit (asuransi kesehatan, jamsostek,THR dan cuti) yang diterima nyaris sama, kecuali karyawan tetap menerima 21% revenue perusahaan sebagai service charge. Nilainya dibagi rata bagi seluruh karyawan (tetap) dan setiap hari dilaporkan oleh perusahaan di employee notice board di kantin karyawan. Gaji saya bersifat flat tanpa ada break down, kecuali potongan jamsostek yg saya setorkan setiap bulan
 
Pertanyaan saya
1. Apakah wajar seorang karyawan selama 3 thn berturut turut menjalin kontrak dgn perusahaan tanpa putus?
Buat saya tidak wajar

2. Saya tidak menerima uang lembur, premi hadir dan kenaikan gaji berkala dgn penyesuaian UMR seperti yang diterima rekan rekan karyawan tetap, dgn alasan jumlah gaji sudah ditetapkan pada awal kontrak ? padahal kontrak khan bisa dibuat adendum!

3. Dgn tiadanya kenaikan gaji, berapa % gaji yang saya pantas terima pada kontrak berikutnya yang mungkin dimulai 1 juli 2007 ini?
Ini ceritanya bisa panjang, coba lihat kanan kiri peers anda bagaimana, industri diluar anda bagaimana, apakah kita underpaid, atau memang industrial averagenya seperti itu.

Baru mulai nego, kasus diatas bisa sangat variasi, bisa pake teori 10-20% bisa pakai industrial standard.

4. Gaji saya Rp. 1.750.000  dgn potongan jamsostek 35.000 dan pajak penghasilan Rp. 30.000, kira kira gaji yang dilaporkan perusahaan kepada jamsostek pada kisaran berapa ?
Sebentar ini perlu otretan dulu.

About these ads

Written by priandoyo

Mei 11, 2007 pada 3:50 am

Ditulis dalam Standar Gaji

10 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. sekretaris manajemen dalam usia matang – thirty something mestinya udah dapat 2-2.5 jt untuk kelas perusahaan menengah. untuk yg emang ahli, dan bos bergantung pada dia, dan dia bisa diandalkan ambil inisiatif ngerjain kerjaan lain di luar core kerjaan dia, bisa dua sampai tiga kali lipatnya.

    kadang kadang yg membatasi, adalah si sekretaris sendiri yg tidak mau all out ngerjain selain kerjaan dia.

    papabonbon

    Mei 11, 2007 at 6:59 am

  2. Kalo menurut saya kadang atasan meskipun dia bergantung pada 1 orang karyawan yang bisa mengambil alih kerjaan apabila dia tidak masuk kantor, tetap saja tidak ngaruh gaji yang si karyawan minta… karena biasanya perusahaan masing2 sudah punya struktur gaji tersendiri.

    Henny

    Mei 17, 2007 at 8:33 am

  3. Mas Anjar ,
    Thanks sudah memberi comment, at least saya tahu apa yg saya inginkan dan bagaimana mendapatkannya .

    Semoga rekan rekan lain juga bisa memperoleh manfaat

    Ivon Heda

    Ivon

    Mei 28, 2007 at 4:18 am

  4. yah, si boss kan bisa bantu promote dia ke posisi yg lebih baik, atau dititipkan ke bagian lain biar bisa berkembang, caranya yah, dengan melebarkan struktur organisasi dia, ada tambahan job baru yg lebih spesifik dan sesuai ama bawahan yg mau dia promote, dan lain lain.

    papabonbon

    Mei 28, 2007 at 5:43 am

  5. mang bener kata orang,pengusaha selalu menindas buruh

    hendri

    Juli 6, 2007 at 8:12 am

  6. mwnurut saya, lebih baik dari sekarang ancang-ancang banting setir aja jadi pengusaha yang mandiri.
    Meskipun kecil tapi nikmat bila menjadi bos.
    enaknya jadi bos, kita bisa leluasa utak-atik semua kolom cashflow, laba rugi, neraca etc. hasil akhir bisa ditebak : penghematan dalam pos pajak dan belanja pegawai.

    sementara orang lain sibuk mengeluh tentang kebijakan bosnya yang menindas hidupnya, kita bisa mulai menata masa depan hidup kita sendiri dengan mulai terjun ke bisnis milik sendiri..

    aldojane

    Agustus 24, 2007 at 6:55 am

  7. mohon bantuan dan penjelasan daripada para pakar.apakah sistem kerja outsource adalah 12 jam tanpa lembur.apakah hak pekerja lapangan dalam mendapatkan premi tambahan(transport)dari perusahaan pertama dapat di tolak oleh perusahaan Mitra.

    antoni

    November 3, 2007 at 8:44 am

  8. sblmnya saya ingin memohon bantuan…

    saya mhsiswa semester akhir yg baru saja meniti karir menyusun skrispsi… saya mengambil jurusn psikologi… topik skripsi saya mengenai karyawan kontrak…

    saya ingin meminta bantuan utk mendapat situasi real mengenai seluk-beluk permasalahan yg dihadapi oleh karyawan kontrak…krn selain krn kurang referensi, saya kurang memiliki pengetahuan yg luas mengenai topik itu… tp sebnarnya saya sangat tertarik utk mendalami topik itu…

    dapatkah bapak memberi bantuan kpd saya???

    Terima kasih sblmnya…

    intan

    Maret 16, 2008 at 5:33 am

  9. mohon di beri penjelasan mengenai perhitungan gaji buruh kontrak berikut hitungan uang lembur, transportasi dan makan diluar upah pokok seebulannya.

    lita huzainah

    Agustus 21, 2008 at 5:21 am

  10. gw kerja di perusahaan telekomunikasi No.2 di Indonesia, udah 6 tahun mjd pegawai KONTRAK, … tapi yang bikin dongkol, di perusahaan telekomunikasi gw ini ada beberapa perusahaan outsorcing, yang paling besar nempatin pegawainya di perusahaan ini notabenenya adalah anak perusahaan telekomunikasi ini sendiri..yaitu PT PERSADA ( Personel Alih Daya), Tapi…. dalam kesejahteraannya pegawainya maupun SDM PT persada ini JAUUUUUUUH beda ma PT perusahahaan Outsorcing macam BPL…misalnya :
    1. FASKES,
    gimana ga dongkol, untuk karyawan tetap ajah Faskes mengcover keluarga s/d 4 orang anak, sedangkan Perusahaan Outsorce BPL mengcover keluarga s/d 2 (DUA) orang anak , tapi PERSADA?? mengcover keluarga DENGAN Hitungan Kontrak Th 1. Pegawai. Th 2 Pegawai dan suami/ Istri, Th ke3 Pegawai, Istri dan 1 orang Anak.
    Sebagai karyawan tentu kita udah pernah menayakan kepada Pimpinan PERSADA, tapi jawaban mereka karena USER ( perusahaan Telekomunikasi dimana kita ditempatkan) yang menentukan aturannya harus demikian.
    Kita juga pernah menanyakan ke USER, dalam hal ini USER menyatakan Tidak mengatur lebih jauh ttg pembatasan FASKES Asuransi…… GILAA!!!!!! Kita terdzalimi!!!!
    2. Jamsostek
    beberapa teman yang telah Resign mendapati dana Jamsostek mereka selama kerja di PERSADA nilainya NOL!!! Info yang mereka dapatkan adalah ada penutupan / penghapusan dari pihak PERSADA.. GILAAAA!!!!! gimana bisa??? bertahun2 temen2 gajinya di potong untuk Jamsostek tapi setalah mereka ingin mencairkan Hilang begitu saja?? tanpa Konfirmasi dari pihak jamsostek atopun PERSADA ke pemilik account??
    Sistem macam apapula ini?? heran koq bisa perusahaan sebesar Jamsostek sewenang2 spt itu??
    3. INtimidasi dari pihak persada..
    Bukan rahasia umum lagi, jika kita sebagai pegawai Persada di intimidasi untuk Tidak mengeluarkan Aspirasi kita, karena mereka mengancam, jika kita terlalu banyak “TANYA” mereka akan meng “CUT” dengan sepihak..
    GILAAAAA!!!
    Hmm… gw mau tau, terbuat dari apa yah Hati Pimpinan dan pembuat peraturan Perusahaan PT Persada ini???
    karena mereka secara terang2an Telah menzalimi banyak orang…

    diane

    Mei 27, 2009 at 3:07 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 475 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: