Anjar Priandoyo

Prospek lulusan ilmu-ilmu sosial di industri

with 29 comments

Karena mas Anjar selalu membahas lulusan dari fakultas teknik, ekonomi dan bidang eksakta lainnya, sekali-kali bikin tulisan yang membahas lulusan ilmu sosial seperti saya ini mas. Saya pengen tau dimana kesempatan teman – teman lulusan ilmu sosial di indonesia? di mana tempat mereka dalam dunia karir indonesia? curious aja, kali mas Anjar punya pengalaman atau analisa tentang ini
Mas Jono di Singapore via email

Komentar:
Saya ingin mempersempit fokus pembicaraan tentang ilmu sosial ini pada bidang-bidang tertentu seperti Fisip, Psikologi, Sastra, Filsafat dan teman-temannya yang punya kesan tidak akrab industri. Ekonomi, Psikologi Industri, HR dan teman-temannya yang mudah diterima industri mungkin dibahas belakangan.

Pembicaraan juga mungkin dipersempit tidak memasukkan kasus keluar jalur, seperti Betty Alisyahbana-nya IBM dari Arsitek pindah jalur ke dagang komputer, Atau model Chairul Tanjung dari dokter gigi menjadi pengusaha.

Yang didiskusikan adalah graduate social science murni.
Prospeknya gimana ya?

*Mas Jono, gimana? sedikit terjawab
Overseas graduate mestinya punya value lebih dibandingkan lokal graduate, tapi kalau Social overseas grad vs #1 PTN lokal teknik, kira-kira prospek mana ya?

Ada yang punya insight atau pengalaman di industri

About these ads

Written by priandoyo

Mei 23, 2007 at 10:28 am

Ditulis dalam Career

29 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya ga ada pengalaman
    *reply asal ngisi agar keliatan ngisi terus*

    Dino

    Mei 23, 2007 at 11:49 am

  2. Umm… lulusan ilmu sosial di industri? Industrinya apa ya? Sepertinya agak sukar juga menjawab pertanyaan itu. Saya tidak memiliki pengalaman mengenai pemetaan lulusan ilmu sosial dalam industri. Akan tetapi, kalau secara acak, lulusan ilmu sosial juga cukup terbuka untuk masuk ke berbagai sektor karena saat ini pola rekrutmen sudah mulai bergeser tidak melulu aplikan harus memiliki gelar akademik yang secara mutlak sesuai dengan bidang penempatan. Menurut Bu Edratna dengan rekrutmen model ini si aplikan akan diseleksi dengan uji kompetensi. Pada uji kompetensi ini kemampuan si aplikan baru akan dipetakan.

    Saya sendiri pernah menemukan seorang lulusan Fisipol jurusan HI yang kerja di bank. Lalu ada lulusan Administrasi Negara yang bekerja pada sebuah organ milik BPPT yang mengurusi masalah inkubator pengusaha. Ada juga yang jadi peneliti, penulis buku (Pamong SMATN, Pak Mulyono Hadiyanto adalah seorang ahli sejarah yang ikut menyusun buku 30 Tahun Indonesia Merdeka), dll. Memang agak sulit untuk memetakan dalam industri apa paling banyak lulusan ilmu sosial bisa diterima. Pertanyaannya mungkin perlu diubah menjadi “pada bidang pekerjaan seperti apa”, bukan “pada industri apa”.

    Mudah-mudahan membantu membuat lebih bingung.

    Kang Kombor

    Mei 23, 2007 at 3:28 pm

  3. wew jangan salah Mas…
    Boss gw pas KP di perusahaan minyak di Sumatera orang Kehutanan loh…
    Kehutanan bukan orang eksakta, teknik dsb khan??
    hehehe
    Yang penting punya motivasi untuk belajar hal yang baru dan berkembang aja
    Selalu buka pikiran untuk hal-hal yang baru

    Sekarang aku menggeluti networking tetapi aku malah kalah sama anak lulusan perhotelan
    gubrak!!!
    Kalah pengalaman gitu..

    Salam,

    riyantoro

    Mei 23, 2007 at 3:51 pm

  4. setau saya.. bosnya Jatis itu orang FISIP. Buat saya pribadi, sebenernya yang namanya background pendidikan itu cuma “pendukung”, tergantung kembali gimana personal dan skillnya.
    Lagian menurut saya, kenapa harus selalu berkutat ke “industri”. Bukankah organisasi underbouw PBB ataupun NGO menerima dengan ramah orang2 ilmu sosial dengan remunerasi yang tidak kalah ;)

    Amir Karimuddin

    Mei 23, 2007 at 3:51 pm

  5. hubungannya apa, mas zaytun?
    gak nyambung.. :(

    Hapus komentar di atas, nJar..

    – Kund

    angeli_pop

    Mei 24, 2007 at 3:39 pm

  6. Mas, nanya. kalo Teknik Fisika itu gimana?? Kata alumni sma saya, Teknik Fisika lagi booming karena interdisiplin jadi bisa kerja dimana aja. Bener gak sih, aku suka banged fisika, dan pengen banget ambil teknik fisika tapi gak dibolehin ortu kecuali bisa ngasi bukti prospek teknik fisika. Aku udah mantap pilih Teknik Fisika ITB dan Teknik Fisika UGM. Mohon sarannya…

    alhadi

    Oktober 5, 2007 at 6:45 pm

  7. saya lulusan fisip sekarang bekerja di industri.
    Memang gak ada hubungannya, tapi apa salahnya kita terapkan ilmu sosial kita di sana.
    semisal anda bisa menjadi pengurus atau bahkan ketua serikat karyawan, disitu kita terapkan ilmu berorganisasi, negosiasi, administrasi dsb.
    Bahkan kita akan bertambah ilmu tentang ketenagakerjaan dan kepersonaliaan dimana kita sering komunikasi dan berhubungan dengan manager personalia. Sukur – sukur ditarik kebagian administrasi ya kan ?!
    So… jangan putus asa dulu…
    Semoga bermanfaat apa yang saya sampaikan

    mahabudiman

    Oktober 20, 2007 at 5:05 am

  8. saya lulusan fisip jur sosiologi, masih bingung tentukan pilihan. Industri sering saya coba melamar belum nembus juga! sekarang sementara wirausaha dulu, gimana mas pri ada komentar??

    setyo

    Oktober 31, 2007 at 3:39 am

  9. Assalamualaikum Wr Wb
    Saya seorang mahasiswa baru 2007 jurusan Pendidikan Fisika. Sy merasa kehilangan motivasi dan merasa pilihan yang saya ambil ini tidak pas, memang pertimbangan saya adalah prospek guru bagus. Mohon bimbingannya, mas Pri??

    Nanda

    November 5, 2007 at 2:55 am

  10. Kalau pingninnya kerja dengan tujuan hidup adalah kaya jangan kuliah yang nantinya harus jadi humanist:

    Sekolah kedokteran jangan didasari motifasi ingin kaya tapi motifasi ingin membantu sesama. Karena semua mahasiswa kedokteran inginnya kaya akhirnya setelah jadi dokter ia gak peka sosial. Ada seorang petani yang anaknya hampir mati karena sakit tidak dibawa ke dokter yang dekat rumahnya karena untuk periksa saja (mung ngulik ulik pakai stetoskop) bayarnya 50-75 ribu , petani itu gak sanggup dan pasrah aja kalau anaknya mati, mereka malah yasinan agar anaknya mati sekalian atau sembuh total.

    Sekolah pendidikan Guru jangan didasari agar cepat cari kerja dan hidup terjamin dengan gaji stabil karena nanti kalau kamu merasa seperti sia – sia maka kasian anak didikmu nanti harusnya didasari dengan semangat untuk mencerdasakan bangsa indonesai.

    Kalau ingin kaya belajar di fakultas ekonomi jurusan finance, habis lulus bikin Bank Titil dengan konsep – ekonomi barat. kapitalis.

    Atau kuliah isipol, nanti habis lulus jadi anggota DPR dan ngerapat tin masalah Tunjangan, Transportasi, perbaikan gedung, perbaikan rumah, uang perjalanan dinas dll. jadi Lurah atau camat biar dapat keceran uang.

    Atau kuliah di STAN, kaya deh. dijamin.kayak tetanggaku.
    atau Kuliah di salah satu Jurusan Fakultas teknik, atau ilmu komputer entah ITB UGM ITS UI UNDIP UNAIR atau sekolah Swasta karena biasanya mereka habis lulus digaji Gede. contoh: Mas Anjar

    Hm…Dokter kalau matre, maka sekolahan ramai ramai buka kedokteran, anak bodohpun bisa masuk asal kaya, lalu? MAL PRAKTEK lalu? Tarifnya Mahal…. hm… dokter… aku kasian petani yang anaknya akhirnya Mati itu.

  11. *maaf salah ketik, khilaf, yang bener Bangsa Indonesia.

    I LOVE INDONESIA, INDONESIA WILL RULE THE WORLD.

    you may say(yy ehey) I am a dreameeeeer but I am not The only one.

  12. ALFANNUR Says:
    April 12, 2008 at 4:30 am

    Assalamualaikum mas anjar priandoyo

    Perkenalkan aku alfannur panggil aja aku alfa
    aku sekarang masih kul di S1 Manajemen UNS solo
    (lam knal ya mas….)

    Aku dah lama ngenal internet, tapi aku baru interest akhir2 ini menggunakan internet sebagai bahan utk “problem solving ku”

    Setelah aku berkali2 baca blog mu
    aku seneng banget, sangat membantu diriku yang sangat awam tentang dunia kerja di luaran sana…
    Tapi aku rada minder…
    kayake semua orang-orang “smart” ya ….
    termasuk mas anjar…

    Mas bolehkah aku bertanya dan konsultasi…
    Aku punya temen.. cowok…
    dulu ia lulusan STM dan dengan nilai dan kemampuan nya yang lumayan dia bisa lulus tes dan akhire bisa menjadi operator di PT musashi autoparts di daerah cikarang sana..

    Setelah dia mengenalku dan beberapa orang yang bisa bekerja di perusahaan besar (om ku di conocophillips) dan bagaimana melihat perjuangannya…
    dia tertarik untuk mengembangkan karirnya…

    Bisa di bilang, temenku ini bukan dari keluarga yang “berada”, so semuane harus dia sendari yang ngusahain dan membiayai…

    Pertama dia ingin mengambil kuliah S1, dikarenakan jam kerjanya sebagai “operator” sangat padat, dia berencana mengambil program kuliah untuk karyawan yang diadain di Jakarta, masuknya hari sabtu dan minggu.

    Tapi hal itu belum terealisasi, insya allah semester depan…

    Mas.. adakah nasihat darimu untuk temenku ini…???
    dia udagh kerja di musashi 5 tahun, lulusan STM dan sekarang umurnya 22 th….

    Ku tunggu nasihatnya mas di alfannur_mail@yahoo.com
    thanks a lot

    Wassalam

    ALFANNUR

    April 12, 2008 at 4:35 am

  13. saat ini saya mahasiswi fakultas ekonomi trisakti..jurusan akuntansi..jujur saya tidak telalu suka akuntansi..mumet..
    tapi karna dorongan orang tua yang ingin saya cari aman,karna akuntansi banyak dibutuhkan..

    sebenarnya saya masih sangat tertarik kepada ilmu administrasi negara atau ilmu komunikasi..

    yang ingin saya tanyakan, bagaimana prospek kerja dari dua jurusan di atas?
    dan apa yang harus saya lakukan untuk meyakinkan orang tua saya?
    mohon bantuannya..

    sella jayani

    September 2, 2008 at 5:38 pm

  14. emm,,
    maaf,, mau tanya ne..

    sekarang saya kelas 3sma,,saya berencana untuk melanjutakan kul di univ negri.,
    sebaiknya saya ngambil ap??
    akuntansi?
    manajemen?
    ilmu ekonomi?
    ato ekonomi pembangunan?

    trus bgaimana prospek kerjanya?
    trimakasih..

    dtunggu iia kag nasihatnya
    lidya_here@ymail.com

    Lidya

    Januari 10, 2009 at 7:21 am

  15. Salam sjahtra,

    sblum nya maaf, aq pndatang baru,
    namaku adi aq skg skolah N tgl di aceh,
    kelas 3 Sma,
    aq dsekolah jurusan IPA,
    Tp aku lebih menyukai ilmu sosial,
    da saran tdk kak untuk milih fakultas,
    N prospek kerja nya kedepan gimana?
    Trima ksh sblmnya,

    shinichi_animefans@yahoo.com

    Didi

    Januari 13, 2009 at 5:37 pm

    • Salam sejahtera Didi.

      Aku mau kasih saran ma kamu. Kalo kmu cenderung menyukai ilmu sosial, tapi tetap tidak ingin menghilangkan sense ilmu eksakta kamu, sebaiknya pilih Teknik Industri, cz Teknik Industri mencakup dua bidang, teknik dan manajemen. Prospeknya sangat bagus.
      Contoh kasus:
      Misalnya kamu melamar pekerjaan di bank. Sainganmu ada anak lulusan manajemen, tentu yang diprioritaskan adalah kamu yang anak Teknik Industri, walaupun di iklan bank itu membutuhkan sarjana ekonomi.
      Lulusan Teknik Industri punya range lapangan kerja yang luas, seperti industri, bank, asuransi, bagian HRD, dsb.
      Pilihan kini berada di tanganmu.

      Iffed

      Mei 25, 2009 at 12:19 pm

  16. ikut kasih comment ah……
    aku baru az lu2s , fresh graduated dari jurusan administrasi negara.
    ternyata jurusan ku ini bikin aku pusing juga, kemana aku bisa bekerja. karena sebenarnya bidang kami ada di lembaga2 negara, ataupun dinas pemerintahan.
    tp low kerja di pemerintahan(cpns)…hufh….saingannya berjubel..
    lom lg ttg isu kkn…bikin tambah kecil az kesempatan ditrima….
    low aku mo daftar di perusahaan swasta, ga pernah aku temuin,perusahaan yg ngebutuhin lulusan AN.
    paling kita bisa daftar tuk perusahaan yg buka lowongan, dengan syarat tuk semua jurusan.
    mau ga` mau bagi lulusan AN, kita kudu harus blajar lagi, ikut kursus2 yang bs nambah skill kita, meskipun itu itu bidang lain.(ilmu yg ga ad hubungannya ma AN) coz low tidak, kita bakal susah nyari kerja…..
    kita bakal kalah bersaing………..

    vina

    Januari 16, 2009 at 4:49 am

  17. saya mau tanya tentang prospek lulusan Administrasi Negara.
    saya mahasiswa angkatan 2008. jadi belum begitu paham tentang prospek ke depan administrasi negara.
    mohon penjelasannya. terima kasih/

    Aryo

    April 11, 2009 at 4:35 am

  18. saya mau tanya tentang prospek lulusan Administrasi Negara.
    saya mahasiswa angkatan 2008. jadi belum begitu paham tentang prospek ke depan administrasi negara.
    mohon penjelasannya. terima kasih.

    aryo.zxcv@yahoo.co.id

    Aryo

    April 11, 2009 at 4:36 am

  19. mz . . . kalo jurusan sosiologi, kira2 tar kerja dimana ???

    tatz

    Mei 13, 2009 at 8:11 am

    • Sarjana Sosiologi bisa bekerja sebagai guru dan dosen, lembaga pemerintahan, dan bagian marketing dari suatu perusahaan. Semua tergantung softskill yang Anda miliki, dan kelebihan Anda dibanding lulusan ilmu sosial lainnya.

      Iffed

      Mei 25, 2009 at 12:32 pm

      • salam kenal….
        begini, saya bru ikut ujian nasional, dan alhamdulillah sya diterima di jalur pmdk negri. menurut mas, lebih baik saya memilih untuk kuliah di pendidikan fisika ato di administrasi negara, dilihat dari prospek kerjanya? trima ksih..

        fina

        Mei 31, 2009 at 1:50 am

  20. Mas,

    Saya mau nanya, saya kan kuliah ngambil ekonomi pembangunan nh, Baru 2 taon seh, tapi aku mau tanya kira2 ekonomi pembangunan prospek kerjanya apa ya ?

    Atau letak nya lebih ke arah mana ?

    Di tunggu di
    aryxmortis@ymail.com

    Makasih mas,
    Wassalam*

    Ary

    September 30, 2009 at 7:53 am

  21. Assalamu’alaikum . . Mao nanya . kalo qt kul d komunikasi , tar bisa jd PNS ga siih ?
    mOhon d jelaskan d elnatya_ndl@yahoo.com. .
    scpatnya yaa ?
    mksih :)

    elnatya

    Oktober 19, 2009 at 5:07 am

  22. lam knal smua…
    aq poni kul di universitas sumatera utara…
    aq ge bingung ne…
    aq kn kul jurusan komunikasi…
    tapi aq jadi bimbang..
    soal nya banyak yg bilang lebih bagus prospek administrasi negara..
    aq rncana mw pindah k administrasi negara..
    tapi bingung juga..
    tolong dunk..masuk kan nya..
    or krm k kasigi_jaya@plasa.com
    makasih..
    saran tmen2 pasti sgt membantu saya…

    poni

    Juni 30, 2010 at 2:33 pm

  23. mas mau nanya gmana dengan prospek lulusan administrasi negara.di dalam dunia kerja?

    makasih sebelumdan sesudahnya slam kenal

    yuli

    Oktober 30, 2010 at 1:27 pm

  24. sekarang saya lulus sma,,saya berencana untuk melanjutakan kul di univ negri.,
    sebaiknya saya ngambil ap??
    akuntansi?
    manajemen?
    ilmu ekonomi?
    ato ekonomi pembangunan?

    trus bgaimana prospek kerjanya?
    trimakasih..

    dtunggu iia kag nasihatnya

    arifin

    Oktober 21, 2011 at 6:43 pm

  25. Slm kenal
    saya mash kelas 3 sma, di tahun in saya ikut PMDK dan SNMPTN tp saya masih bingung mau ambil jurusan ap krn saya ank ips.. Jd bingung mau ambil management administrasi/ sosioloi?? Prospek kerja y lebih berpeluang yg mana?? Saya tunggu bls y di email
    mega.carollina@yahoo.com
    terimakasih :)

    Mega

    Januari 12, 2014 at 3:48 pm

  26. […] Informatika (36 respons). Prospek Teknik Sipil (23 respons). Prospek Teknik Fisika (35 respons). Prospek Ilmu Sosial (6 respons). Prospek Pajak (90 […]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: