Anjar Priandoyo

Adakah standar untuk kenaikan gaji berkala?

with 9 comments

Saya anggota Serikat Pekerja dan sedang menyusun proposal permohonan kenaikan gaji tahun 2007 ini. Saat ini saya kekurangan data sedangkan kondisi di tempat saya (Serang-Banten) malah Mei 2007 mengalami deflasi. Tetapi teman-teman karyawan menginginkan kenaikan gaji cukup baik melihat harga-harga sembako yang masih tinggi saat ini.

Saya ingin menanyakan, jika ada satu standard gaji mungkin juga ada standard rumus kenaikan gaji berkala setiap tahunnya, terutama di perusahaan asing (PMA). Tetapi saya belum jelas maksudnya, mungkin bisa ada penjelasan detail mengenai hal-hal di atas? Apakah Anda juga punya satu acuan untuk standard gaji karyawan swasta yang harus diajukan di tahun 2007 ini? Melihat korelasinya dengan inflasi, ekonomi indonesia, hal-hal di atas dan performance masing-masing individu karyawan permanent.

Komentar:
Ada yang bisa bantu? standar gaji memang ada tapi itupun prakteknya bervariasi, standar kenaikan harusnya lebih mudah didefinisikan (e.g 10% kenaikan pertahun, atau selalu diatas laju inflasi e.g 6% pertahun), tapi prakteknya? mungkin ada masukan.

About these ads

Written by priandoyo

Juni 11, 2007 at 5:51 am

Ditulis dalam Salary

9 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. kalau yang saya alami, di dalam kontrak kerja dengan serikat pekerja kita bikin 2 kali general increase (tiap 6 bulan) yang diambil dari data inflasi-nya BPS… dan kemudian ada merit increase yang dihitung tiap tahun dengan besaran tergantung dari performance kita.

    tapi… ini aturan agak agak sosialis jadinya dan apresiasi buat top performer dengan low performer jadi sedikit… yah paling di kompensasi dengan bonus aja akhirnya.

    kalo menurut saya, paling adil adalah kumpeni meng alokasikan budget, kenaikan x% per tahun (tergantung kinerja perusahaan) untuk kemudian di share ke pegawai sesuai performance nya… jadi low performer bisa cuma kebagian 3% dan top performer bisa dapet 12 %

    poe

    Juni 11, 2007 at 9:04 am

  2. 1. perusahaan yg mnc biaanya udah punya budget kenaikan sekian Mio. Nah, alokasinya diserahkan ke orang lokal buat nekan budget.

    2. low perform dan top perform itu definisi kekuasaan. antara orang pabrik, orang support dan orang sales [domestik] seringkali yg dimenangkan adalah orang sales domestik, padahal secara agregat sales, kontribusi mereka sebenarnya kecil sekali. cuih.

    papabonbon

    Juni 11, 2007 at 9:52 am

  3. jadi yg tahu angka rahasia ini biasanya hanya boss lokal HRD. tim wakil manajemen yg orang lokal aja biasanya gak tahu. nah mereka ini yg dimajuin biat diskusi ama wakil spsi. dan dapatlah angka. biasanya hasil nego orang spsi kan hanya dapat di angka 60-70 persen dari budget yg dialokasikan. prestasi buat BOD – board of director karena berhasil nekan budget direct labor cost.

    itulah sebabnya keapa orang hrd, orang akunting, orang strategic/corporate planning, orang IT, orang audit selalu dilarang untuk jadi anggota dan pengurus SPSI. kan mereka yg pegang data laporan keuangan perusahaan :)

    papabonbon

    Juni 11, 2007 at 10:07 am

  4. Rumus umumnya sih memang tergantung nilai inflasi dan performa perusahaan, disitulah bisa dikalkulasikan rumus kenaikan berkala. Tapi balik lagi ini semua tergantung pada niat perusahaan itu sendiri. Karena memang budget kenaikan biasanya dialokasikan oleh owner/pemegang saham ataupun headquarternya.

    andrias ekoyuono

    Juni 12, 2007 at 4:13 am

  5. Di tempat saya sudah sejak Januari 2006 gak ada kenaikan tuh … dengan alasan perusahaan merugi …

    ryo

    Juli 11, 2007 at 2:40 pm

  6. tahun ini saya tidak mendapat kenaikan gaji sama sekali. Padahal perusahaan untung besar lebih dari 1T. Sayangnya, di perusahaan ini tidak ada serikat pekerja.

    dina

    Agustus 30, 2007 at 5:04 am

  7. Waduh…….??
    Beruntung diperusahaan lain sering naik gaji.
    Ditempat saya kerja susah bangeet…, padahal karyawannya baik2, rajin, ulet dan cukup pintardalam bidang pekerjaanny.
    Yang namanya gaji diperusahaan CV/PT. Aksara Indah tidak pernah naik gaji, turun malah iya. Terlalu banyak kelicikan, kecurangan, diskriminasi dan lain-lainya.

    Dolah

    Desember 17, 2007 at 10:02 am

    • wah sama, saya pegawai PT alkonusa yang bergerak bidang kontraktor, tidak pernah kenaikan gaji, kudu ngemis2 sama bos.

      baskoro

      November 22, 2011 at 9:25 am

  8. Sistem kenaikan gaji secara berkala tergantung masing-masing perusahaan. Umumnya perusahaan yang sudah bagus sistem penggajiannya dibagi dua yaitu kenaikan gaji massal dan kenaikan gaji Appraisal.

    1, Kenaikan Massal
    Kenaikan ini sesuai kenaikan UMP dan berlaku level dari yang paling bawah sampai tingkat Manager. Misal kalau kenaikan UMP sebesar 200 ribu rupiah maka otomatis semua karyawan mendapat kenaikan sebesar 200 ribu rupiah setelah ada pengumuman UMP dari daerah setempat.
    2. Kenaikan Appraisal
    Kenaikan ini bergantung kepada prestasi seseorang dalam perusahaan. Setiap karyawan kenaikan apraisalnya tergantung kepada penilaian atasan masing-masing seperi disiplin, skill, 5S, dll dan penilaian secara objectif sehingga penilaian karyawan itu ada yang excellent, very good, good, need improvement, dan bad. yang masing-masing berbeda % kenaikan gajinya.

    Kenaikan kedua sistem itu dibuat berbeda waktu kenaikannya. Ada juga perusahaan supaya tidak repot dibuat dengan waktu bersamaan
    Dengan demikian kecemburuan antara karyawan juga bisa diminimalkan, misalkan karyawan yang baru masuk tidak mungkin sama atau hampir sama dengan karyawan baru.
    Ketidakpuasan tetap saja ada, tetapi dengan sistem tersebut cukup efektif untuk diterapkan

    Sambuaga

    Juli 6, 2013 at 1:44 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 497 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: