Anjar Priandoyo

Prospek lulusan teknik sipil

with 247 comments

Asumsi negatif:
1. Tahun 70-an construction sector masih ok, 80-an banking kali ya, 90-an TI, 2000-an Telco, Oil? dari jaman dulu kali ya. Kalau sekarang berat kali ya anak sipil.

Asumsi positif:
1. Sukarno aja lulusan teknik sipil. Sektor properti lagi bagus?

Ada masukan? Djoko Kirmanto (Menteri PU) lulusan Sipil bidang pengairan / irigasi. Jaman dulu eksis kali ya, kalau yang spesialiasi transportasi, atau bidang2 yang ga basah mungkin repot. Sehingga harus banting ke mining construction biar makmur. Mungkin ada masukan lain?

Line konstruksinya McDermott-ers , Tripatra-ers, Rekin-ers, Wijaya Karya-ers, PU-ers ditunggu komentarnya.

About these ads

Written by priandoyo

Juni 12, 2007 at 9:43 am

Ditulis dalam Pendidikan

247 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. kirain PTN yg punya jurusan teknik pengairan cuman Unibraw doang :)

    papabonbon

    Juni 12, 2007 at 9:54 am

  2. jogoboyo juga lulusan teknik pengairan lho…

    manyun

    Juni 12, 2007 at 10:23 am

    • ya iyalah harus bangga, gus dur, megaawati, bj habibie kan orang sipil yang jadi presiden… ta tho

      rony

      September 23, 2010 at 9:18 am

  3. Jadi pengin ikutan nich, karena kebetulan sy orang sipil yg saat itu baru kerja setahun terus dihajar krismon th 98. sengsara dech…
    sy punya experience di salah satu kontractor BUMN di Jakarta, jujur engineer civil di kontraktor kurang banget penghargaannya apalagi di highrise building, ga worthed buanget. kita kerjanya pagi siang malam, resiko tinggi, tp dr sisi salary jeblok, sy ga tau apa engineer-2 sipil yg lain jg berpikiran sama, setau sy teman-2 sy jg sering ngeluh, tp ya gituu deech…mau kerja apa lagi. Alhamdulillah 3 th jalan, sy coba banting ke kontraktor telco, belajar dari nol…dan sekarang lumayan. Intinya untuk teman-2 Civil engineering yg msih di kontraktor dan yg suka ngeluh (yg ga ngeluh ya ga usah ikutan) kita harus berani berubah belajar ilmu bidang lain kalau mau lebih baik. Untuk anak-anakku jangan masuk teknik sipil dan kerja di kontraktor yaaa… karena,..kita tinggal di INDONESIA…
    mau share lebih banyak tp nanti ajalah tunggu yg lain comment.
    untuk mas Anjar.. Suwuunn.

    ojodumeh

    Juni 13, 2007 at 3:47 am

    • mas mau tanya.. gmn prospek kerja civil engineering perempuan… sy dengar dsini masalah gender sgt berperan juga?

      anisa anggriani

      Juli 21, 2010 at 1:45 am

      • lagi cari mantan pacar lama yg masuk d undip ankatan thn 2009 fakultas teknik sipil nama nya Hesti Widiastuti anak tmg,kira-kira dia masih kenal gk sm aku A.Triyogo

        Ssatrio paningit

        November 12, 2010 at 3:10 pm

      • di tarakan kaltim civil engineering perempuan belom ada. kalp ingin nyoba call saya. rimba (085332250934)

        rimbayansyah

        November 23, 2012 at 5:08 am

    • knapa kalo teknik sipil di indonesia?

      wahyu

      Agustus 1, 2010 at 5:39 am

      • bagaimn dengan wanita lulusan teknik sipil .

        mawar dhany cibuan

        Maret 21, 2012 at 11:10 am

    • mas ikutan ya… saya nih baru kelas 12 nih mau nya sih lanjut di teknik sipil …. gimana sih rasa nya masuk sipil ?

      Muhammad Irwanto

      Agustus 8, 2012 at 8:03 am

  4. Mau berat mau kagak ya urusan dia sendiri kan? Lha wong yang milih masuk jurusan itu jg mereka sendiri.. :) apalagi kalo ada embel2 “ITB” ato “UI” …gak usah pusinglah mikirin lapangan kerja.
    Gak percaya? coba aja bikin survey ke company2 yang mas sebut diatas berapa perbandingan alumnus ITB/UI vs alumnus Bulaksumur yang berkarier di sana :)

    gulali

    Juni 13, 2007 at 3:52 am

    • saya sdh 3x berpindah dari 3 oil company..mulai dari pertamina,total,lalu sampai sekarang chevron..kalo ITB saya banyak rekan dari sana..UGM pun banyak..tapi kalau UI saya jarang sekali mendengar..

      JOE

      Maret 4, 2010 at 2:06 pm

      • Mas.. Pengalaman kerjanya bagus banget.. Pertamina, total chevron..
        Kasih tau trik nya dong.. Suami saya tamatan teknik sipil Universitas Sumatera Utara tahun 2008.. Lagi nyari2 kerja.. Pengalam belum ada.. Selama ini buka usaha kecil.. Mohon bantuannya ya mas.. Sapa tau ada lowongan..

        M. Ramadhan, S.T.

        Juli 20, 2011 at 11:33 am

      • saya ui mas..
        :)
        semoga lulus thn depan

        ch

        Agustus 12, 2012 at 4:58 am

  5. Betul sekali bung ojodumeh,.saya dulu juga alumni tehnik sipil,masuk sipil krn kemauan ortu krn emang waktu jamannya ortu,sipil lagi booming,tp pas kena krismon thn 98,emang deh org tehnik sipil hancur lebur,tapi untungnya saat itu saya jg coba alih haluan ke vendor telco yg lagi gencar bangun BTS,walhasil selamat dan berhasil , justru sekarang saya malah kecemplung di IT dan systemnya Telco,mulai dari nol saya belajar,dan gak ada hubungannya sekali ama Ilmu sipil.

    eks_sipil

    Juni 13, 2007 at 3:53 am

  6. kayaknya property di indonesia lagi naik. yg pasti temen yg kerja property di spore, dapatnya lumayan yah. njar, panggil si westman ke sini buat ngasih kesaksian wekekeke

    beberapa teman sipil malah lari ke logistics dan transportasi, model modelnya adhitya mulya, novel jomblo yg kerja di maersk logistics [masih cabang ilmunya sih], atau temen lain yg jadi pns aja di PU. aman, selamat, dan jadi pt aman sejahtera. tapi bingung juga, ada anak sipil yg kerja di depkumham bagian paten.

    papabonbon

    Juni 13, 2007 at 4:23 am

  7. Bagaimana kalo temen-temen yang dari sipil se- indonesia bersama kuli-kulinya bersatu membentuk forum Pekerja Bangunan Indonesia Menggugat? Jadi selama kompensasinya gak memuaskan, kalian mogok kerja. Bisa dibayangkan, rumah-rumah dan gedung di indonesia pada bocor trus rubuh, jalan-jalan pada bolong, jembatan putus, waduk jebol, sungai meluap karena tanggulnya jebol, dll. Nah dari situ posisi tawar kalian menguat, trus orang berani membayar mahal untuk pembangunan infrastruktur. Jadi kaya deh, gak kalah dengan yang di telco, financial, marketing or oil.
    Jadi kalo ada kuli yang meninggal or cacat ketimpa crane, asuransinya bisa mengcover biaya hidup anak istrinya secara layak. Kalo ada yang pegel-pegel abis ngangkatin beton ada ongkos pijatnya. Kalo lagi cuti or jenuh mbangun, bisa outing ke Bali, Lombok or minim Jogja-lah. Kalo punya rumah minimal mirip dengan tipe rumah yang mereka dirikan, bukan di lapak-lapak pinggir gedung.
    Gimana? Segera bergerak!!!!!!

    somosentono

    Juni 13, 2007 at 5:02 am

  8. nhaaa ini nich..guyon tapi serius nich mas somosentono…memang bener harusnya ada kaya serikat pekerjanya… tapi ya mungkin sampai saat ini masih wacana, atau belum kepikiran kali.. lha kalau project IT sich mungkin yang kita kelola cukup beredukasi semua. Lha kalau project Building, mandornya aja, kadang suruh pakai sepatu Safety souusah…sssttt ini off the record ya… setau saya yang mungkin menurut beberapa orang jg kurang tepat….di kontraktor (BUMN) yg dulu sy pernah kerja, masalah kontrak untuk pekerjanya aja sudah ga bener, pertama masuk proyek dikasih kontrak, begitu dipindah ke proyek kedua kontrak ga dikasih, ditanyakan ke HRD jawabnya nanti lagi dibuat…and..keburu proyek selesai…pindah lagi ke proyek lain…. kasian engineer-engineer sipil terutama yang muda-muda….wis sekolahe uangell alias sulitt, sampai lapangan kurang di back up oleh perusahaan secara layak… mudah mudahan tempat sy kerja dulu aja yg begitu…ya wis itu sudah pilihan mereka…paling kita bilang begitu yaa… perlu orang yang punya power cukup untuk bisa merealisasikan itu dan peduli….tapi yach… ini INDONESIA mas…wake up!!
    kembali ke topik, tek.sipil masih prospektif…cuma..lahan yang bagus sudah semakin sempit…jadi ya…kurang prospektif..he-3
    Best Regards for All.

    ojodumeh

    Juni 13, 2007 at 5:54 am

  9. Ya itu lah, orang pinter ning lugu ra payu disini…

    Yang paling apes, jadi orang bodho, tur lugu pisan..

    Makanya, pada top post Anjar yang lain “orang pinter yang bagaimana yang dibutuhkan di negeri ini”, itu yang perlu dipikirkan. Topik yang berat…

    somosentono

    Juni 13, 2007 at 8:18 am

  10. Alumni Sipil ITB, tapi ga pernah kerja di sipil. Jadi saya berasumsi pertanyaan ini adalah untuk mereka yang memang nantinya akan berkecimpung di bidang teknik sipil.

    Dari teman2x saya yg masih di bidang sipil jangan kuatir kehilangan pekerjaan. Tapi tentu jangan berkutat di dalam negri.

    Banyak proyek2x infrastruktur yang sekarang berjalan di China, Vietnam dan Timur Tengah, terutama Qatar.

    Untuk bekerja disana biasanya kita perlu bergabung di perusahaan kontraktor atau konsultan multinational.

    enda

    Juni 13, 2007 at 1:20 pm

  11. Betul mas Enda… resiko kerja di dalam negeri ya kayak romusha…

    edisupriyanto

    Juni 14, 2007 at 2:16 pm

  12. buka mata, buka telinga. sarjana teknik sipil bisa kerja dimana saja, tidak hanya di Indonesia.

    gre

    Juni 16, 2007 at 6:07 pm

  13. [...] Tautan Cad CSI depkes Kebumen Ngaji Wah aku “Dirasanin” Berjama’ah Senin Juni 18th 2007, 12:25 pm Disimpan pada Curiculum Vitae Wah ndak sadar saya, sewaktu komen di blog selebritis Anjar Priandoyo [...]

    Edi Supriyanto

    Juni 18, 2007 at 12:25 pm

  14. yah klisenya gini,
    jurusan apapun prospek,
    selama loe pinter, bisa berkomunikasi dgn baik, siap kerja, n bisa mengaplikasikan ilmu lo untuk hal2 yang berguna

    raja nganggur

    Juli 21, 2007 at 3:49 am

  15. klo fakta sekarang, sudah ga ada proyek dari PU, kantor2 PU udah diganti dgn BALAI, bahkan orang sipil aja ada yang ngurusi TU… pakde gue contonya… ckckckc… yang ada skg cuma operational n maintenance.

    kodhim

    Juli 21, 2007 at 9:11 am

  16. dgr2 teknik pengairan turunannya teknik sipil tuh … bsr pluangnya… ya g se ????????????????

    haidar

    Agustus 25, 2007 at 3:35 pm

  17. wah prospek g prospek dh terlanjur dijalanin, jadi ya harus prospek….! apalagi skrng baru banyak gempa…(g’ b’maksud b’doa loh…)tp yg penting klo masi pada kuliah, nyari info+temen sebanyak2nya. paling nggak ntar bisa bantu kalo dh lulus.

    canabiz

    Agustus 30, 2007 at 12:38 pm

  18. halo bang . . . .
    emmmm………..
    yang jelas smua klo
    kita tekuni .. ..
    gag masalah kug . . . .
    gag peduli IT atau apapun . . . .
    semua itu adalah pilihan . . . .
    dan pilihan itu yang nantinya . . . .
    membawa kita ke gerbang kesuksesan . . . .
    kalo kita percaya dan yakin ama pilihan kita . . . .
    dan
    kalo kita ragu n setngah2 . . . .
    ya …………………
    gag tau jadinya apa’an………………….

    agunk_UNDIP

    September 18, 2007 at 9:52 am

  19. dadi wong kok suka nglokro…
    tiap menungso wis ono dalane dhewe2, ojo seneng keseringan ndelok rumput tonggo sing katon ijo royo2..
    bangga dong jadi orang sipil (sing wong sipil).
    rak ono wong sipil koe2 rak do iso duwe omah, rak ono mall2, rak ono apartemen dsb.
    laik we…

    HIDUP SAYA !!

    topeng_UNDIP

    September 22, 2007 at 11:50 pm

  20. gak semua sipil sengsara.buktinya ohm saya lulusan campus swasta ternama diSBY.gak nganggur.tmalahan dia punya cv sendiri.malahan jadi orang sukses

    andrew sipil

    September 25, 2007 at 5:34 am

  21. malahan saya ikut kul dijurusan T sipil.pdhl gue smk elektronika.sekarang a kul di unitomo.. menurut kalian sipil di unitomo gmna?kasi saran doooong>

    andrew sipil

    September 25, 2007 at 5:38 am

  22. Para Lulusan Sipil jangan kecewa dengan lulusannya. Kalian bisa cari kerja di Singapore untuk mempercantik CV. Singapore lagi banyak membutuhkan tenaga sipil, karena mereka sedang membangun Integrated Resort yang menelan biaya 6-8 Billion SGD. Silahkan mencoba dech.

    Fredy

    Oktober 4, 2007 at 6:55 am

  23. Mas, nanya. kalo Teknik Fisika itu gimana?? Kata alumni sma saya, Teknik Fisika lagi booming karena interdisiplin jadi bisa kerja dimana aja. Bener gak sih, aku suka banged fisika, dan pengen banget ambil teknik fisika tapi gak dibolehin ortu kecuali bisa ngasi bukti prospek teknik fisika. Aku udah mantap pilih Teknik Fisika ITB dan Teknik Fisika UGM. Mohon sarannya…

    alhadi

    Oktober 5, 2007 at 6:44 pm

  24. mas2, mbak2, saya mahasiswa baru Teknik Sipil UI. Tapi saya merasa gak nyaman kuliah di Sipil, karena tadinya saya ingin dunia IT; dan masuk Sipil UI karena orangtua.
    saya minta komentar dong,
    1). Apa embel2 “UI”, “ITB”, dll masih berpengaruh di dunia kerja lainnya, jika bersaing dengan lulusan tanpa embel2 dengan IP sama, CV sama?
    2). Kuliah “TEKNIK”, bukankah lebih baik di Institut Teknologi? (Klise saya, riset akan lebih enak dilakukan)
    3). Apa benar kalau SIPIL “Susah keluar”? (dan IP selalu sukar sempurna?)
    4). Pentingkah ikut organisasi demi CV?
    5). Kalau IP semester pertama kacau, apa berpengaruh pada semester2 selanjutnya?
    6). Pertanyaan bodoh, KIAT SUKSES GAMBAR TEKNIK MANUAL (DENGAN PENSIL) BAGAIMANA? SAYA MASIH CANGGUNG…

    Terima kasih…

    anaksipilUI2007

    Oktober 15, 2007 at 2:36 pm

    • Dek Kalo mau nanya lebih jelas jawabannya hub 02194444310, Saya juga lulusan sipil

      yanto

      Desember 15, 2009 at 4:29 am

      • mas,mba monax,gni lho akukan sekarang ambil jurusan teknik sipil di salah satu universitas swasta di makassar,dan sekarang aku da smester3,dan nntix di smester berikutx da pemelihn jurusan,tpi aku bingung mau ambil jurusan apa,pengenx sih ambil jurusan struktruktur bangunan or menejemen atau transportasi,sebenarx yang banyak di butuhkan dalam teknik sipil tu bagian apa,bantu aku dong mba n mas,,

        Ana

        Desember 3, 2011 at 9:48 am

  25. mas-mas.. mbak-mbak.. butuh masukan nih, sebelumnya maaf OOT.. tapi moga2 masih berkaitan :P jadi begini.. suami sy lulusan teknik sipil.. sekarang ini bekerja di prusahaan swasta sbagai junior civil engineer dgn gaji yang bs dibilang cukup. Msalahnya adalah dia diminta oleh kluarganya (yg mayoritas bekerja sbagai PNS) untuk mengikuti seleksi cpns di PU. sbenarnya sy agak kberatan, menimbang image pns dan PU yang sering menerima ‘masukan’ sana-sini yang ktanya juga tidak halal.. Sy sendiri menilai suami sy memiliki cukup potensi untuk berkarir di dunia swasta, baik dalam/luar negeri. Yang sy takutkan adalah apabila isu2 negatif itu benar dan nantinya suami sy terbawa arus.. Memang sih, untuk seleksi itu belum tentu diterima, tapi kalau diterima bagaimana? mohon maaf apabila ada yg tersinggung.. sbaiknya bagaimana sy harus bersikap ya..?

    need advice

    Oktober 19, 2007 at 7:53 am

  26. [...] Recent Comments Doni on Gaji di perusahaan minyak? ana…need advice on Lulusan teknik sipil masih pro…gundam on Lowongan Telkom tidak dibuka t…Oil vs Telco part II… on Pelajaran dari calon pegawai [...]

    • saya bs minta tolong pa da pekerjaan tuk teknik sipil lulusan D3 pnj no telp 02193824713

      ahmad muzacky

      Oktober 20, 2009 at 5:02 am

  27. aq bingung apakah ank D3 Sipil bisa sukses dibidangnya….lihat jaman skg hampir smw lapangan pekerjaan membutuhkan lulusan S1 bukan D3,,,,trus apakah ank D3 bisa bersaing dengan lu2san S1

    arif

    Oktober 24, 2007 at 9:15 am

  28. Bg Adik2 Sipil UI jgn khwtr dlm berkarier di dunia T.Sipil, krn sejak hampir 10 thn reformasi, berkat dana dari swasta dan pinj pihak asing, proyek infrastruktur dan properti di Indonesia makin pesat. Saat ini pembanguna power plant dan jalan tol sdng booming2nya di seluruh INA. Banyak sarjana sipil khususnya peminatannya transpor dan struktur dibutuhkan. Klw bs ambil S2nya syukur2 di LN agar dapat lebih bersaing di dunia kerja. Dunia tanpa insinyur
    sipil apa jadinya??!!!! Ilmu tertua yg membangun peradaban dunia nih!!!!!!!!!! HE 3X

    Alumnus Sipil UI

    Oktober 26, 2007 at 3:06 pm

  29. karier di sipil kayanya masih bakal berkembang ko. bener kata Alumnus Sipil UI (sapa ya?) dana grant dan loan lagi banyak ko, otomatis proyek ada terus.
    Anaksipilui2007 : Kalo dibilang masuk sipil susah keluar, kayanya ga juga d. asal rajin (sama aja ya?) bisa ko slesai tepat waktu atau sblum waktunya (bukan DO loh ya … coba d ngobrol sama seniornya).
    rgrds, alumni sipil ui jg … 01

    senandungcintaku

    Oktober 31, 2007 at 1:08 am

  30. Wah,banyak koq bilang orang teknik sipil nelongso? g apa2 nelongso di dunia, yang penting g nelongso akhirat ya.

    Fernandez

    November 3, 2007 at 2:39 am

  31. Wah,koq banyak orang bilang lulusan teknik sipil nelongso? g apa2 nelongso di dunia, yang penting g nelongso akhirat ya.
    hidup Teknik sipil uns!!!!!!!!!!

    Fernandez

    November 3, 2007 at 2:42 am

  32. Terima-kasih masukannya…
    Tapi peminatan yang paling cerah prospeknya 10 tahun kedepan apa ya…?

    1. struktur
    2. manajemen konstruksi
    3. transportasi
    4. geoteknik (saya masih belum jelas dengan yang satu ini)

    trus, mata kuliah apa saja sih, yang paling berguna di sipil??

    anaksipilUI2007

    November 6, 2007 at 4:33 pm

  33. Peminatan apa ya, yang prospeknya cerah hingga 10 tahun kedepan??? trus, tren telco kapan ya, kira-kira turun….

    civil engineering, baiknya ambil S2 ato tidak ya…???

    anaksipilUI2007

    November 6, 2007 at 4:45 pm

  34. anaksipilUI2007 says:
    1). Apa embel2 “UI”, “ITB”, dll masih berpengaruh di dunia kerja lainnya, jika bersaing dengan lulusan tanpa embel2 dengan IP sama, CV sama?
    *embel2 UI masih ngaruh kok. tenang aja. asal berkompeten.

    2). Kuliah “TEKNIK”, bukankah lebih baik di Institut Teknologi? (Klise saya, riset akan lebih enak dilakukan)
    *memang lebih baik di institut seperti ITB. tapi sipil UI juga OK. banyak alumni2 (temen2 gw) yang sukses

    3). Apa benar kalau SIPIL “Susah keluar”? (dan IP selalu sukar sempurna?)
    *yap. benar sekali! haha.. tapi jangan pesimis lah :p

    4). Pentingkah ikut organisasi demi CV?
    *ikut organisasi jangan buat nambah CV, tapi buat belajar dan tambah2 teman yang nantinya akan berguna sebagai link..

    5). Kalau IP semester pertama kacau, apa berpengaruh pada semester2 selanjutnya?
    *wajar

    6). Pertanyaan bodoh, KIAT SUKSES GAMBAR TEKNIK MANUAL (DENGAN PENSIL) BAGAIMANA? SAYA MASIH CANGGUNG…
    *cari pensil yang bagus + peralatan lengkap (dobel segitiga, dll), cari rapido yang bagus. di KKM ada tuh biasanya

    kebetulan gw juga alumni teknik UI. hehe…

    dimasu

    November 6, 2007 at 4:50 pm

  35. makasih kakak2 alumnus sipil Ui!!!!!
    Tapi masih agak bimbang, karena baru saja melewati UTS dengan sangat hancur….

    Datang kekampus, apa memang cuma buat kuliah???

    peminatan apa yang prospeknya bagus 10 tahun ke depan ya…???

    anaksipilUI2007

    November 9, 2007 at 9:17 am

  36. Hai prend,

    Sekedar saran buat adek2 yang nyebur di dunia sipil yang bukan karena minat sendiri, mending buruan pindah deh…

    Jangan seperti saya, yang nyebur di sipil karena ortu, meski salary yang di terima lumayan buat seangkatan saya….

    Tapi tetap aja kalo ga dari hati yang paling dalam semua jadi susah… Sayang dulu waktu saya kecebur ke dunia sipil ga ada yang ingatin…

    Wassalam

    dian

    November 14, 2007 at 7:42 am

  37. saya(kuliah di minyak),
    menurut saya sipil masih merupakan jurusan yang prospeknya sangat baik.
    Banyak kok anak2 sipil yang dibutuhkan di oil&gas industry.

    ito007

    November 14, 2007 at 7:53 am

  38. Memang banting setir itu perlu. Nggak selalu jurusan teknik sipil kerja di bidang teknik sipil. Nggak seru…. Yang jelas kalau sudah bisa lolos dari teknik sipil itb, kerja apapun mudah asal cerdik dan tulus.
    ALUMNI SIPIL 80 ITB – Pedagang grosir sajadah dan carpet di Pasar Pagi Mangga Dua

    JACK SI-80

    November 17, 2007 at 8:39 am

  39. adik angk 2007
    sebenernya semua teknik susah keluar g cuma sipil aja…
    trus buat kedepannya kayanya hampir semua peminatan bagus deh…coz dunia infrastruktur emang sedag booming…
    buktinya liat aja di tv2.. banyak iklan apartemen br khan..
    trus dari info IHSG di bidang infrastruktur(emang sih bukan jaminan) dah naik hampir 2x lipat dibanding pas awal krisis dulu…
    saran gw yah dicoba aja dulu… emang sih ni jurusan neraka (tugas2 nya GIILAAAA!!!!!) tapi kalo dah dpt esensinya (cieh esensi… hoooeeekkk) pasti suka deh
    TETEP KOMPAK 2007!!!!

    Seniorsipilui(blomlulus2)

    November 22, 2007 at 6:09 am

  40. oi…oi…sipil emang gitu…
    kalo lu mau ngambil peminatan…
    jgn yang susah-susah….yang penting lu nguasai n ip tinggi…
    itu kata nak 2002 yang gw temui pas MK 2007…
    Hehe…
    gw aja tdinya niat di IT…
    tapi mang ini jalannya…
    cari aja segi positifnya…biar bisa enjoy di sipil, misalnya, gw jadi punya temen banyak…punya base camp juga di BSB…haha….di widya juga..kepodang juga…pokonya solid deh sipil…

    ikochan

    November 22, 2007 at 7:02 am

  41. wah.. kalo emang teknik sipil prospeknya masih bagus, kenapa ada yang banting stir ya…?

    anaksipilUI2007

    November 24, 2007 at 6:00 am

  42. Sipil masih bagus lapangannya……
    Saya sudah jalan ke kontraktor, konsultan, property dan sekarang nyangkut di pengelola jalan tol.
    Setiap saya ngetes sarjana sipil, selalu lemah teorinya.
    Jadi tolong yang masih kuliah dikuatkan teorinya.
    Tks

    OrangSipilSejati

    Desember 22, 2007 at 3:34 pm

    • apa tahun-tahun mendatang prospek kerja anak-anak sipil masih bagus???
      gmana dengan tahun lulusan saya nanti??
      tlg informasinya yaaa…..

      anaksipilUI2010

      Mei 25, 2010 at 2:33 am

  43. Teknik sipil MAju terus sampai hari kiamat
    teknik sipil pahlawan bangsa
    pahlawan pembangunan
    tips dari gw buat lo..lo para mahasiswa sipil
    yang pengen gampamg dapet kerja
    1. kuasai RAB
    2. kuasai software2 teknik sipil
    autoCAd (buat gambr)
    sap2000&Etabs (menghitung beban BTT&tower)
    Excel (buat bikin program)
    archiCAd (bikin tampak spy menwan)
    coreldraw,photoshop dan logika
    salah satunya lo kuasai gw jamin lo gampang cari kerja

    Civil Enginering ’03
    UNPAK

    asep buqhari

    Desember 22, 2007 at 4:52 pm

  44. Jangan bermental pegawai dong…

    Lha saya saja dari universitas swasta yang paling gede di jogja saja, nggak mau jadi pegawai swasta/negeri. buka usaha sendiri tho…

    Dulu saya sempat kerja di UGM, di salah satu pusat studinya. Saya keluar karena prospek lebih baik ada didaerah jika buka usaha sendiri.

    Sekarang, saya sangat nyaman. Menurut ukuran saya lho. Waktu pulang, saya cuma punya duit 1,5 juta (Februari 2005). Duit itu buat nyicil uang kos dan makan sehari-hari. Saya kerja jadi dosen dengan gaji 600ribu. Lalu saya buka pusat studi di bidang teknik. Hingga akhir tahun 2005, uang yang masuk ke kantong saya (uang pribadi lho) sekitar 45juta.

    Tahun 2006 lalu, sampe 90 juta. Dan sekarang, akhir 2007 ini, saya dapat 240juta. Sekarang saya sudah menikah, punya mobil, ngontrak rumah, isi rumah sudah lengkap, dan pada saat nulis opini ini, saya baru pulang dari jalan2 ke anyer, jakarta, bandung, puncak, jogja, surabaya dan bali (kayak travel saja). Ini saya sengaja, karena berhari-hari dalam 1 tahun itu saya enjoy sekali dalam bekerja. Kasian ama istri. JAdi dia tak bawa jalan2.

    Sori. saya jadinya cerita pengalaman saya. tapi ini memang riil. saya nggak ada modal uang sama sekali ketika ke lampung. tapi saya memang orang lampung asli. dapat fasilitas? ya nggak tho. kebetulan di UII Jogja kami nggak terbiasa begitu. semua harus usaha sendiri. Berjuang.

    UMur saya baru 27 tahun lho. tapi memang saya banyak belajar dari keberhasilan Dr Laretna A Sakti, Prof Danang Parikesit, Heru Sutomo PhD, Suparwoko PhD, Prof Sarwidi. Dsb…

    Intinya, jangan bermental ngelamar kerjalah. Teknik Sipil itu snagat dibutuhkan negeri ini. Buka usaha sendiri. Buat supaya projek2 didaerah anda, ada anda yang terlibat didalamnya. Ambil projek2 pemerintah dulu. Duitnya banyak lho. Saya saja yang jadi sub konsultan perencanaan, bisa dapat lumayan.

    JAdi, bukan kawan2. Kembalilah ke daerah (masing2). Tunjukkan bahwa anda memang punya keahlian. daerah sangat membutuhkan keahlian teknik sipil kita itu bung!!!

    wong lampung

    Januari 2, 2008 at 12:53 am

  45. tanya?

    RAB itu apa?
    yakin kita bisa dapet kerja hanya dengan bisa sotware2 teknik sipil?

    sipil ers ui

    Januari 15, 2008 at 8:29 am

  46. Saya rasa anda terlalu pesimis. Menurut saya jika anda mau berusaha, anda pasti dapat merasakan betapa sipil itu masih mempunyai prospek dan selalu begitu.

    Hampir semua PT ada jurusan teknik sipilnya, anda dapat membayangkan berapa banyak lulusan teknik sipil tiap tahunnya.

    Pekerjaan untuk teknik sipil memang banyak, namun tidak sebanyak jumlah lulusan tiap tahunnya. Jika anda tidak cepat menyerah dan mau bersaing sesama teman seprofesi anda, saya rasa anda juga bisa bekerja di dunia teknik sipil.

    Tiap hari berapa banyak pertambahan penduduk diindonesia. berapa banyak tingkat kebutuhan akan infrstucture, perumahan maupun sarana2 lainnya.

    anda jangan lupa, teknik sipil merupakan teknik tertua dan merupakan induk dari semua jurusan teknik. transport, structure, geotek, hidro dll masih merupakan bagian dari teknik sipil.

    Susah memang mencari kerja karena kita harus bersaing dengan teman2 lain yang satu profesi dengan kita.

    keep your spirit, Bravo for Civil Engineering

    Hendra FS

    Januari 16, 2008 at 3:51 pm

  47. RAB = Rencana Anggaran Belanja

    Ini digunakan pada saat anda akan merencanakan suatu proyek. dasar penyusunannya dari volume dan harga satuan.

    Yakin atau tidak itu tergantung diri masing2 dan usaha masing2. yang perlu anda yakini adalah dimana ada usaha disitu ada jalan dan 4JJI tidak akan merubah nasib anda jika anda tidak merubahnya sendiri.

    Semoga ini dapat membantu

    Mafioso de Civiliano

    Januari 16, 2008 at 3:58 pm

  48. [...] untuk kutu loncat: 46 respons. Rangking perusahaan terbaik untuk bekerja versi fortune: 21 respons Prospek lulusan sipil, 47 respons. Prospek lulusan teknik fisika, 59 respons Posted in Standar [...]

  49. teknik sipil??
    terkesan adalah kajian bidang ilmu yang kuliahnya paling susah, lama lulus, ga ada cewe2 cantik.. kalo kerja DI kontraktor gaji pasti keciiil banget
    Mau lamar jadi PNS di PU yang super basah, susahnya setengah mati gara2 KKN yang sangat merajalela di instrumen pemerintahan..

    mau jadi apa nih kita? akhirnya saya terjebak di banking industry yang pada saat 2 th yang lalu memberikan paket remunerasi yang lebih baik daripada bekerja di kontraktor (tanpa sampingan)

    sebenarnya bila dibilang teknik sipil ga ada duitnya itu tergantung, kalo jujur sih iya.. tapi kalo mau sedikit bermain2 banyak kok samopingannya..

    Liat aja teman2 kita di PU, bisa pake mobil X Trail, sementara umurnya masih dibawah 35 tahun. Ada dua kemungkinana kan? Ortunya kaya, ato bosnya kaya.. heheh

    betul ga mas anjar??

    dRe

    Januari 21, 2008 at 9:19 am

  50. menurut saya sbnarny suka sm t.sipil tp menurut saya 7 ato8 tn lg kt akan kesulitan mengenai bahan bangunan&properti jg akan surut,,,,,tp smua it pasti ad jln kluar..,,jd kt psti terselesaikan masalah smua itu…kt harus optimis bs,,,,,&tdk sperti yg terbayng2 smua it

    tatng uns t.sipil

    Januari 29, 2008 at 3:11 am

  51. kalo saya lihat justru d3 sipil lebih banayak prakteknya..
    kebetulan saya mamang mahasisiwa d3..

    tapi knapa dalam pkerjaanorg lebih bnyak memilih s1 padahal kalau pengalaman kerja d3 bisa diandalkan..

    trus saya mw nanya klo sipil itu di bidang kerja bagusnya
    konstruksi sipil,gedung,jalan tol,ataau manajeman konstruksi??

    yang kdua emang rata2 kerja anak sipil itu byasa2 aja ya?

    yang ktiga byasanya klo dibidang kerja ngapain si kerjanya?
    apa drafter dwank..ato langsung terjun lapangan..ato gmana?trus mekanika tekniknya dipake ga..susah bgt tu!hehe

    trimakasih

    arftmpn tknik sipil

    Januari 30, 2008 at 3:22 pm

  52. SIPIL…….. TOLONGGGGG.WAH GW BENER2 HANCUR.LIAT NILAI YANG STANDAR BENER2 MIRIS.SIPIL JURUSAN ISENG YANG GW AMBIL TERNYATA G” SEGAMPANG NGEBAYANGIN UANG YANG DATENG KE KITA NANTINYA.AMPUN DJ,TOBAT DAH ANE.BUT ITS MY LIFE,MY WAY.KEPUUSAN YANG GW AMBIL ADALAH JALAN HIDUP GW.ORANG LAIN BISA KENAPA GW NGG’

    OTONKZ_SIPIL07_UNS

    Januari 31, 2008 at 4:43 am

  53. MAS2 YNANG BAEK HATI,TOLONG DIKMU INI DONK.BAGAIMANA CARA BELAJAR YG BAIK MISAL CARA DAPAT IP GEDE

    OTONKZ_SIPIL07_UNS

    Januari 31, 2008 at 4:55 am

  54. OrangSipilSejati wrote:
    “Sipil masih bagus lapangannya……
    Saya sudah jalan ke kontraktor, konsultan, property dan sekarang nyangkut di pengelola jalan tol.
    Setiap saya ngetes sarjana sipil, selalu lemah teorinya.
    Jadi tolong yang masih kuliah dikuatkan teorinya.
    Tks”

    hm.. teori apa aja tu ya?

    anaksipilUI2007

    Januari 31, 2008 at 3:14 pm

  55. kabeh kok pikirane pesimis, koyok bojoku ae….
    gak usah wedi dadi arek t.sipil…
    selama manusia masih ada di muka bumi, insya allah t.sipil masih dibutuhkan(jare dosenku biyen)

    arek_itats_sipil_97

    Februari 1, 2008 at 10:58 am

  56. Teori yang harus dikuatkan dan paling sering dilupakan Sarjana Sipil :
    – Mekanika Bahan
    – Mekanika Tanah

    Kalo Mek Teknik rata2 masih ngelotok
    Ini saran saya saja. Mungkin tidak semua kesimpulan saya tepat.

    OrangSipilSejati

    Februari 6, 2008 at 2:04 pm

  57. Sy lulusan Teknik Sipil thn 90-an, skrg kerja di BUMN Konstruksi.
    Gaji awal kecil sekali, tp lama2 naik, bonus juga bagus, kalau proyek yg kita handle profit-nya bagus (sesuai harapan) kita bisa dapat premi lagi….Lumayan-lah, rumah, mobil, tabungan ada
    Tp sy juga ndak mau anak sy nanti kuliah di Teknik Sipil….Kebetulan anak sy (SD) jg ndak mau. Ditanya tetangga, nanti pengin kerja seperti Papa, Insinyur? Dia jawab “Ndak mau, papa pulang 2 minggu sekali…..”

    AGUNG

    Februari 7, 2008 at 4:03 am

  58. Ok.. ok.. makasih atas perluasan-dan-transfer wawasannya..

    kembali ke topik “Prospek Lulusan Teknik Sipil”

    Kira2 fresh-graduate dalam suatu proyek ber-posisi apa ya?

    anaksipilUI2007

    Februari 8, 2008 at 1:50 pm

  59. salut banget sama si wong lampung, jadi terinspirasi nih untuk jadi konsultan walau saya bukan dari sipil

    Adhi

    Februari 8, 2008 at 5:38 pm

  60. wah… masak kayak gitu seh?? temen wa kebanyakan yg disipil tuh anaknya kontraktor ama Pinpro yang sukses2…

    emang sekarang prospek lulusan sarjana ek. sipil gimana seh???

    Civil_Undip_07

    Februari 21, 2008 at 4:03 am

  61. kok jadi sepi ya..? mas priandoyo, gak ada saran?

    anaksipilUI2007

    Februari 27, 2008 at 2:39 am

  62. sipiL Yesssss….!

    tenang ajE smUaa..
    anak sipil unHas aja yang keras n rajIn2 bermasaLah ., lulusanX g’ ancur2 amaT hidupX..

    kuncinya..
    junjung tinggi ..

    SENIORITAS
    SOLIDARITAS., n
    LOYALITAS

    akha @U-H

    Maret 3, 2008 at 3:52 am

  63. kuLiah di Teknik Sipil emAnk susah, tp sy fun2 aj tuh,
    apa Lg kLo udah ngebayangin soaL kerjaannya nanti kaLo udah lulus,
    pokoknya sy bnr2 gak nyeseL msk Teknik Sipil,
    apalagi gabng sma anK2 aneh di keLas 1 sipil 1 PNJ.

    BANGKIT MAJU BERSAMA TEKNIK SIPIL…!!!

    wArga 1 sipiL 1 PNJ

    Maret 4, 2008 at 3:50 am

  64. maap comment dikit…bener nie REV “IT 90-an” setau ku c 90-an masih buyutnya processor Intel pentium x ter kecuali awal abad ke-20 dimana ketika processor mulai berkembang pesat berdampingan dengan dunia pendidikan yang kemudian melahirkan IT2 TOP

    Dedi

    Maret 5, 2008 at 4:32 am

  65. alowwwwwwwww…aku masih kls3 sma mau nglanjutin kuliah rencananya mau ambil teknik sipil…gmn niy.mungkin ada pesan bwt saya biar ga salah langkah..

    yayan

    Maret 5, 2008 at 9:41 am

  66. aku pengennya FTUI…..mas2 dan mba2 dari UI doain yah smoga aku bisa masuk teknik sipil UI..amiiiiiiin….

    yayan

    Maret 5, 2008 at 9:44 am

  67. mlekum.aq anak sipl unip 2007,lg down kuliah di sipil.IP abcur banget.mau pindah ke elektro cz awalnya q suka komputer gt.q dulu gak tau kirain elektro itu kerjaannya listrik aja gAK da komputernya.
    mau pindah ke Eletro tp grade spmbnya lbih tinggi dari sipil bisa gak ya??
    kasih solution dong

    sipil undip 2007

    Maret 5, 2008 at 11:07 am

  68. aku dulu pnah kuliah juga di sipil karena ortu ane sipil. Tapi akhirnya aku ga betah karena banyak nggambar. akhirnya aku putuskan pindah elektro n ngambil elektro telekomunikasi. setelah lulus kerja di perusahaan vendor telekomunikasi. Lowongan telekomunikasi sekarang lagi banyak2 nya.
    buat adik sipil undip 2007 bisa kok pindah ke elektro soalnya aku dulu juga pindah antar PTN.
    Buat anak sipil lowongan dibidang telekomunikasi adalah CME
    tapi mungkin sekarang dibatasi ya karena pemerintah mulai melarang pendirian tower2 karena ditakutkan adanya “menara’ BTS.

    ex-sipil

    Maret 5, 2008 at 1:08 pm

  69. Untuk Alumni T Sipil ..
    Jangan Khawatir deh.. dengan kerja keras pasti ada jalan..
    hehehe… “Bravo Civil Engineer”

    teguhfitriono

    Maret 5, 2008 at 2:15 pm

  70. buat mas ex sipil,makasih ya…
    q dari awal kuliah penegn yg ada ttg komputernya…
    trus waktu pmdk ambil ilmu komputer upi tp gak lulus..
    lalu uda bungung,klw tw maren elektro all about komputer,pasti ngambil elektro.ngambil juga karena bingung mau ambil jurusan apa,gak taunya sipil itu lumayan berat buat aku….

    sipil undip 2007

    Maret 6, 2008 at 11:32 am

  71. mas yang bagus itu teknik elektro atau ilmu komputer???
    mohon bantuannya..coz dua2nya dr jurusan itu ada ttg komputernya

    sipil undip 2007

    Maret 11, 2008 at 11:14 am

  72. Teknik sipil emang yes kok, jangan takut gak kebagian kerjaan

    irone

    Maret 15, 2008 at 8:09 am

  73. mas,kasih solusi donk…
    bagus mana elektro ma ilmu komputer buat lapngan kerjanya….

    ssipil undip 2007

    Maret 17, 2008 at 12:10 pm

  74. silakan buka spmb.com/forum. semuanya tentang jurusan dan prospeknya dibahas sampai nglotok disana terutama tentang Ilmu Komputer dan elektro coz moderatornya ada yang dari Fasilkom UI dan Sekolah Teknik Elektro& Informatika ITB.

    andhy

    Maret 19, 2008 at 12:39 pm

  75. kembali ke masalah “prospek teknik sipil” donk.. jangan bahas masalah “prospek kuliah di teknik sipil” mlulu..

    Harga Minyak Naik…
    Subsidi Naik..
    APBN terjun ke jurang…

    kapan ada pembangunan??

    anak sipil kerja swasta mlulu..

    anaksipilUI2007

    Maret 21, 2008 at 11:11 am

  76. punya kenalan kontraktor bts ga??
    tmenku lg butuh kontraktor bts tuk proyek smart.
    kl ada bisa kirim imel ke aji_novianto@yahoo.com.thanx

    aji

    Maret 26, 2008 at 1:39 am

  77. Presiden RI yang pertama Lulusan Teknik Sipil,
    Yang membangun Jembatan Semanggi Ir. Sutami dari Teknik Sipil, Juga.
    Ada pabrik, ada bisnis semua asalnya dari teknik sipil jadi orang teknik sipil sebenarnya adalah ” P E R T A M A” tapi jangan GR dulu yaa, jadi masalah rejeki adalah urusan ALLAH, kita wajib berusaha, bersabar dan berdoa.

    buat bung Anjar kalau berkunjung ke blog sy tolong yaa bantuin beri masukan dan bantui biar blog sya jadi menarik. ok trims.

    kusumo

    April 3, 2008 at 12:45 am

  78. MAS AG MAU TANYA ADA NDAK PENDAFTARAN KULIAH TEKNIK SIPIL DI UNDIP YANG PENDAFTARANNYA KIRA2 HABIS LEBARAN BESOK BULAN OKTOBER..SOALNYA AQ PINGIN KULIAH LAGI….TABI AQ BARU PULANG HABIS LBARAN BESOK..KAN KALO IKUT SPMB SEKARANG KAN NDAK BISA.AQ MAU IKUT EXTENSI.GMN MAS KIRA2 ADA NDAK..THANK

    BUDI W

    April 5, 2008 at 7:44 am

  79. sebodo..2x nya anak civil pasti kerja..asal tahan kuliah nya..
    bravo…civil..

    deni.s

    April 8, 2008 at 9:52 am

  80. buat mas BUDI W,DI UNDIP jalur masuk ada UM 1 n UM 2.UM 1 udah lewat,UM 2 bulan juli-agustus.tp klw bulan oktober gak ada kyaknya.liat aja mas di http://www.undip.ac.id

    sipil undip 2007

    April 10, 2008 at 1:21 am

  81. Mas saya saranin pindah program study aja,ikut test lagi.
    Kalo masih tetep ya nikmati aja,Masih banyak orang2 yang tidak seberuntung anda.Yang penting anda bisa mengasah logika berfikir anda dan jangan lupa diri en rajin ibadah.soal kerja? aaahhh…gampang…Anak sipil UI kok susah dapet kerja? yang bener aja.

    Salam Teknik…(ho..hi..ho..ha..ha..teknik paling gaya!)
    Dari senior mu…

    nunu angk 89

    April 16, 2008 at 11:48 am

  82. coba deh buka teknil sipil ruang angkasa, buat bikin stasiun luar angkasa, base di planet mars, pemukiman di bulan,etc, kayaknya teknik sipil ruang angkasa lebih berprospek cerah lho buat 1 abad ke depan..he2

    budi wibowo

    Mei 1, 2008 at 3:41 am

  83. siip lah teknik sipil. oil ‘n gas juga butuhin teknik sipil lho.top kan….

    malikpwt

    Mei 8, 2008 at 8:16 am

  84. Saya Lulusan Sipil Transportasi yang kebetulan kerja di Oil and Gas di Luar negeri. Pesen saya kalau pingin masuk oil and gas ambil jurusan struktur, kalau jurusan lain (road n bridge) hanya sedikit yg dibutuhkan.
    Kalau minat ke Oil saya sarankan masuk jurusan Kimia, Petroleum, Mesin (ke Drilling) and Geology, kalau mau gampang masuknya daftar aja ke Geofisika Jurusan ini juga banyak dibutuhkan di Oil Company.
    Tetapi bagaimanapun SIpil lebih luas dan banyak bidang yang bisa dimasukin lulusan SIPIL
    HIDUP TEKNIK SIPIL

    Heru

    Mei 9, 2008 at 5:59 pm

  85. Buat anak-anak sipil yang belum sempat lulus dari kuliah, mending ambil konsentrasi sumber daya air, pelajari kuliah irigasi, teknik sungai, pantai dll yang ada bau air. Skrg lahan di bidang pengairan amatlah basah. Bahkan sampai kerjaan yang nyari orang, bahkan kadang-kadang sampai nolak2 kerjaan.
    Saya alumni teknik pengairan unibraw malang, saya merasakan begitu lulus, ijasah belum keluar sudah bingung milih kerjaan (kebetulan semua dari alumni). Tapi begitu sekarang saya sudah usaha sendiri, saya baru tahu bahwa bidang pengairan untuk saat ini Gak Ada Matinya….
    Saranku untuk adik2 SMA yang mau ambil teknik sipil, agar tidak tersesat dan tidak jadi pengangguran terpelajar saat lulus kuliah, pilihlah Teknik Pengairan Univ. Brawijaya. Anda bisa datang ke kampus Unibraw, cek apakah saat ini ada alumni yang nganggur? Yang ada kehabisan alumni.
    Bravo Water Resources Engineering, Brawijaya University
    Aku bangga jadi alumni-mu….

    agung

    Mei 18, 2008 at 7:25 am

    • permisi mas, saya mau bertanya, prospek kerja teknik pengairan kemana aja ya?

      richardorland

      Juli 21, 2014 at 8:18 am

  86. klo gw baca2.. sipil kek neraka ya???
    gw sbenarnya pgn masuk tek. geologi tp nyangkutnya mala di sipil undip… walopun gtu ttp gw syukurin ko…
    cm mo nanya aj ni
    gw denger2 klo gaji pekerjaan tek.sipil tu pas2an kaya pns, uda gitu br bisa kerja klo ad proyek, klo g ad nganggur de…
    betul ky gtu ga si om??
    tp klo kontraktor rata2 emg gtu kan?? jadi dy tu dpt gaji tetap ato tergantung proyek??
    sory ni masi newbie bgt masala bginian…
    klo nglantur jgn disambit ya heheh
    thanks ya

    arztechsa

    Mei 29, 2008 at 12:25 pm

  87. wadu 4x . . . ngomongin tek. sipil ya. . . baru2 ini diriqu jg keterima pmdk di teknik sipil salah satu politeknik di bandung. Bibi sih agak ragu mengenai prospek lulusannya, takut gak dapet kerja. . . yaa maklum lah orang dia yang bayarin bwat kuliah. But diriquw harus ttp smanagat! Usaha dan ikhtiar gak akan sia2. 4jj1 pasti membantu.Amin. Ayo! smangat kita bangun Indonesia! :p ^0^

    Dazzle

    Mei 30, 2008 at 1:01 am

  88. Hi,
    Saya sedang mencari coastal/hydro engineer yang berpengalaman, untuk multinational company. Posisi ini GM level. Job desc :
    – Provide technical advisory to the management in term of designing as well as maintaining the “prawn farmering”
    – Do the Analysis for Irigation System
    – Provide Coastal enviromental evalution
    Kalau ada yang berminat, atau ada yang mau memberikan referensi kenalannya. Bisa email saya di dhita.priyanti@bo-le.com.

    Dhita

    Juni 3, 2008 at 3:32 am

  89. Mungkin ada kenalan, teman, saudara, kerabat atau kamu yang sesuai kualifikasi tersebut.

    Lowongan – Design Engineer (5 orang)

    – Pria, usia maksimal 28 tahun.
    – S.1 Teknik Sipil
    – IPK minimal 2.8
    – Keahlian komputer (AutoCad, SAP, MS Office, Internet)
    – Pengalaman minimal 1 tahun.
    – Penempatan di Palembang, Kalimantan dan Sulawesi

    kirim lamaran, CV, foto terbaru, Scan Ijazah & Transkrip dan gaji yang diharapkan.

    ke : hrd.rekons@gmail.com

    Wandy

    Juni 4, 2008 at 3:11 am

  90. Prospek lulusan sipil?
    Negara kita baru mampu menyediakan 20% saja dari seluruh kebutuhan infrastruktur (jalan, bandara, pelabuhan, bendungan, jembatan dll), dan cepat atau lambat tetap harus disediakan.

    So… jelas prospeknya bagus …. tinggal pinter2nya aja nunggu saat dibutuhkan…

    kalo kepepetnya gak dapat kerja di lapangan sipil, kenapa gak coba jadi anggota FPI aja.. bekal bogem mentah doang (IP berapa aja diterima).. dan masuk surga…

    hehehe

    rizieq

    Juni 6, 2008 at 2:37 am

  91. Salam kenal nih buat semua….mo ikutan nimbrung nih..kebetulan saya hrd disalah satu vendor perusahaan BTS..saat ini saya lagi butuh CME Coordinator dan QC yang sudah pengalaman at least 2 tahun dibidangnya…bagi yg berminat mohon apply cv ke retha@panatraco.co.id
    Ok deh segitu aja infonya..Thanks..

    retha

    Juni 6, 2008 at 4:50 am

  92. Salam kenal. Sy siswa kelas 3 yg insyaALLAH akan sgr lulus. Saat ini saya sdh dterima di Tk Sipil UI dan Tk Industri UGM. Sbenernya, mana yg lebih prospek y?
    Jujur aj, sy kurang suka Tk Indus krn setahu saya hsilnya g konkret, jg yg dipelajari g fokus. Sbenarnya apakah benar begitu?
    Ttg Tk Sipil, apakah benar bahwa pembangunan Infrastruktur akan sgr habis?
    Mhon bantuannya y, bentar lg harus sgr her registrasi nih..

    Lambang

    Juni 7, 2008 at 1:22 pm

  93. Bwt Semuanya, juga buat bambang, percaya deh, pembangunan tuh gak akan pernah berakhir, kamu bisa lihat sendiri disekitar kamu, apa pernah pembangunan tuh terhenti!

    Ingat pembangunan infrastruktur di indonesia sebenarnya belum mencapai 20% itu juga masih terpusat diperkotaan, masih banyak daerah di indonesia yang menunggu kinerja kita. jadi menurut aku mending lo pilih t.sipil ui aja.

    Ingat juga, teknik sipil itu sangat dibutuhkan didunia kerja. mulai jalan raya, relkereta, galangan minyak, pertambangan, konstruksi, dan banyak lagi deh, bahkan soekarno aja lulusan sipuil jadi presiden.

    lo mikir sendiri aja deh, gw dah ngasih saran, tapi semuanya tergantung lo.

    sipil…
    sipil…
    sipil…

    Sipil UI 2007

    Juni 19, 2008 at 7:32 am

  94. sipil?
    gak kok, kuliah nya gag susah-susah amat,
    nilainyanya aja yang sering hancur-hancuran hehe……
    ,tapi aku pikir itusemua dari kerja keras kita sendiri..
    tetap semangat,,, hidup SIPIL…..

    Syafri

    Juni 21, 2008 at 5:29 pm

  95. Bos2 klo sipil kerja di perminyakan gimana nih +/- nya ??

    bisa share2 kan ??

    sipil ITB

    Juni 22, 2008 at 6:01 pm

  96. wah, dah lama ga mampir kesini, ga’ taunya dah bejibun tuh komentar…sipil, yang gw tau jurusan yang solid tuh, harusnya…inget ppam kita…jadi, kalo lu kerja duluan, jangan lupain senior-junior dan temen2 lu yang blom kerja atau blon lulus ya…jangan takut kesaing deh, blon tentu ntar lu lebih kaya dari pada mereka yang blon lulus dan blon dapet kerja…
    ngambil sumber daya air? tapi ko kayanya di kampus gw sendiri(ui) tuh peminatan yang paling jarang diambil, malah kuliahnya kaya privat?beneran tuh?tapi…mekanika fluida aja susah…huah…
    yang jelas…buat abang2 yang udah pada kerja dan sukses2…jangan lupain saya ya yang masih terdampar di sipil…kalo udah lulus bagi2 kerja ya…
    tegaskan bahwa sipil tetap terdepan…

    ikochan

    Juli 8, 2008 at 2:05 pm

  97. Eh mw nanya nih bwt siapa aja yg mw ngejawab…

    Sebenernya prospek lulusan teknik sipil gmana sih???
    Trus, kalo mw beralih ke sektor IT, keahlian apa aja yg perlu dikuasain??? Susah gk??

    Emg gaji diperusahaan kontrktor bwt yg baru bergabung kira2 brapa c???

    Mhon tanggapannya….

    Sipil ITB 07

    Juli 17, 2008 at 3:50 am

  98. wah, buat anak sipil itb 07,ga tau juga gw kira2 berapa gaji fresh graduated….eh, mau lari ke sektor IT?sama, gw juga pengen tuh…belajar dari senior lu aja tuh mas Enda, alumni itb sipil kan tuh…mas enda, mohon di jawab dong pertanyaannya si anak sipil itb 2007…

    ikochan

    Juli 18, 2008 at 1:10 pm

  99. bwt ikochan thanks bgt ni uda mw nanggepin…

    ngomong2 lo ank sipil mana?
    angkatan brapa?

    Sipil ITB 07

    Juli 18, 2008 at 2:49 pm

  100. bwt mas enda, sya mhon tanggepannya…..

    Sipil ITB 07

    Juli 18, 2008 at 2:50 pm

  101. yap…boleh di klik link gw…
    gw sipil ui 2006…
    eits…kenal wildan ga’ nak teknik geologi 2007?

    ikochan

    Juli 21, 2008 at 1:24 pm

  102. saya sipil itb 2005, lagi bingung buat milih subjur (tema TA). bimbang antara struktur, transport, MRK. mau nanya aja, apa tema TA yg diambil berpengaruh besar saat ngelamar kerja nanti?? apa lulusan transport masih ‘kepake’ saat ini?? apa bener kalo cewe bisa dibilang gk kepake di kontraktor?? makasih..

    mhaw

    Juli 28, 2008 at 6:29 am

  103. hai sist … coba nanggapin ya ….
    sepengetahuan saya, tergantung juga nih berpengaruh ga tema TA sama posisi kerja.
    saya cuma yakin kalo sbnernya itu ga berpengaruh. skarang tinggal pinter2nya kita bawa diri di tempat kerja.
    saya dari kerja pertama sampe yg terakhir ga pernah berhubungan sama TA saya. saya ambil Manajemen Konstruksi, kerja 1 di bidang struktur. mau ga mau ya belajar lagi. kerjaan ke 2 juga sama. kerjaan terakhir ini malah lari ke transport.
    suami saya …. TA ambil mekanika tanah, kerja skarang malah jadi schedule engineer yg mau ga mau ya memperdalam manajemen konstruksi.

    jadi ya intinya, terbukalah untuk mau belajar lagi.

    lulusan transport masih ko kepake. yah masih banyak lah proyek2 jalan yang butuh engineer transport.

    cewe gak kepake di kontraktor? alasan mreka ga mau ngerekrut karna kadang cewe suka ga mau ditempatin di luar kota. ga mau jg susah2 di proyek. skarang tergantung kita nya aja bisa ga kita ngebuktiin kalo kita ga sperti itu.

    good luck yaa ….

    -alumni sipil ui-

    senandungcintaku

    Juli 31, 2008 at 1:23 am

  104. mana konsklusinya dari tema ni nih?
    ngomong2…ajak2 saya ya kalo ntar udah lulus…hehe..
    mas alumni sipil ui, angkatan berapa yah???

    ikochan

    Juli 31, 2008 at 1:56 pm

  105. Pertama kali saya masuk sipil ITB, saya merasa salah jurusan. Apalagi pada zaman saya sipil ITB passing gradenya cuma peringkat 18 dari 27 prodi yang ada di ITB!. Dengan alasan itulah kemudian saya jadi kurang bersemangat dalam belajar dan merasa salah jurusan. Asumsi saya dengan grade yang rendah berarti Jurusan Sipil juga punya masa depan yang suram. Persepsi saya kemudian berubah saat melihat senior2 saya relatif tidak terlalu sulit mendapatkan pekerjaan. Memang betul untuk sektor infrastrukstur sendiri saat sekarang ini kurang begitu berkembang, tapi yang perlu diingat, bahwa sarjana sipil tidak harus kerja di kontraktor, ada juga lulusan dari tempat saya kuliah yang bekerja di Freeport, Antam, Pertamina, XL, PLN, Chevron, TOTAL,Holcim, BP dan perusahaan2 konsultan OG seperti singgar mulia, woodgroup, Tripatra, Rekayasa Industri dll. jadi kesimpulannya prospek alumni teknik sipil masih terbuka lebar asal mau belajar, termasuk belajar ilmu lain diluar bidang sipil.

    salam

    -alumni sipil ITB 2002-
    *salah seorang yang nyasar masuk sipil :)

    bung yanuar

    Agustus 1, 2008 at 3:45 am

  106. salah jurusan???
    kasian amat…
    awak junior niy, angkatan 2005 ITB….
    lulus sipil jadi pedagang+konsultan tanah aja lah.
    selanjutnya jadi ekonom, hehe, ngelanjutin perjuangan pak haryoko, dirut bank syariah mandiri.
    mau nanya donk, golder associates bagus ngga ya?
    awak keknya minat ke sana niy…
    ada yang punya pengalaman di golder?

    avatar

    Agustus 3, 2008 at 4:44 am

  107. ternyata ada juga yg merasa salah jurusan …. he he.
    idem ko. awal masuk jg ngerasa salah jurusan, hiks. tapi akhirnya smangat juga …

    @ ikochan : 2006 yah? salam kenal …. gw 2001. suami gw 97.

    senandungcintaku

    Agustus 5, 2008 at 8:52 am

  108. @atas, gw merasa salah jurusan , tapi pada akhirnya nyangkut juga di salah satu perusahaan yang gw sebutin diatas :)

    bung yanuar

    Agustus 7, 2008 at 10:34 am

  109. Saya lulusan D3 Sipil ITS. Alhamdulillah kerja di salah satu perusahaan bule, Mas Anjar Yang sebutkan paling atas.
    Sekarang lanjut S1 di Sipil UI. Jangan nekat masuk Sipil kalo mental lo tempe. Emang ranjaunya adalah Mektek, Mektan, Tugas Perancangan Struktur, dan tentunya banyak gambar!

    Oil n gas banyak yang butuhin sipil. Biasanya masuk ke structural offshore engineer dan Civil engineer.

    Hidup ini pilihan. Bukannya hidup untuk memilih?

    Kopaja Brengsek

    Agustus 7, 2008 at 11:30 am

  110. Sebenarnya kuliah teknik sipil gak ada masalah..karna peluang kerja diluar dunia teknik sipil. contohnya saya lulusan teknik sipil 2001 dari PTN di makassar,setelah selesai kuliah masuk ke consumer goods sekarang salah satu branch manager di perusahaan telco,jadi jangan takut gak dapat kerja, asal ada kemauan dan jangan gengsi!!!

    tato

    Agustus 8, 2008 at 6:51 am

  111. Sy sipil jg…lg sems 5 di sby dan bingung maw ngambil penjurusan apa.Akhirnya dgn stenga nekad ngambil struktur,pdhl ga tergolong IPK wahid seh.
    Masalah penjurusan beres skrg bingungnya kalo maw lanjut ke LN gmn ya kira2?banyak kk2 angk saya yg ke Belanda+Thai….tp kalo sy sih mana kuat kesana.Kalo di SG gimana ya tpt kuliahnya utk S2 trus prospek kerja disana gmn?
    Rencananya maw s2 skalian nyambi disana seh heheh…*baru rencana lo*
    Ada info?? thx b4

    Unnamed

    Agustus 14, 2008 at 11:31 am

  112. ass..
    slm kenal, saya mhsiswa sipil undip angkatan 2007..
    sedikit komentar,terjerumus atau tidak, suka atau tidak, yang pasti kita masih punya harapan. mau kerja dimana kek, yan paling penting itu, sekarang kita bekali diri kita dulu, kalo ipk udh bgus, jgo cad,sap dn sgla mcam, jago bhs inggris, prushan mna pun pasti bkal butuh kita….
    jadi sodaruku…tetap semangat, mari kita jalani aja keras dan beratnya kuliah di sipil…kalo kita dh usha dan ikhtiar..rezki gak kemana…
    toh masg2 kita udh punya fate msng msng…
    jadi tetap semangat…
    sipil……!!!!! JAYA

    amore

    Agustus 20, 2008 at 5:56 am

  113. muw tanya niyh
    tekbang ama sipil apa bedanya

    meonk

    Agustus 21, 2008 at 3:43 am

  114. urip do kakean ngresulo !!
    ingat hidup adalah untuk berkarya !
    semua jurusan sudah ada jalan n nasibnya sendiri2
    tinggal usaha dan berdoa……..
    untuk adek2 angktan 2007 undip jangan down
    085640062410

    abdi_undip_2003

    Agustus 24, 2008 at 3:09 am

  115. wah, mas abdi promo no hape nih?apa sekalian nyari jodoh?hehe…

    ikochan

    Agustus 25, 2008 at 2:33 pm

  116. wah, mas abdi promo no hape nih?apa sekalian nyari jodoh?hehe…
    mas,hidup bukan untuk berkarya, tapi berkarya untuk bertahan hidup…

    ikochan

    Agustus 25, 2008 at 2:34 pm

  117. saLama kenaL,
    1. Apakah IPK anak sipiL dari PTS Lebih baik ketimbang yang dari PTN??
    2. Kenapa ga ada coment dari nak PTS sipiL yee???

    ristdevt_sipiL UNJ 08

    Agustus 26, 2008 at 7:11 am

  118. salam kenal!
    wow, blognya rame ya… ^^

    http://sipilugm.wordpress.com/

    Fikri

    Agustus 26, 2008 at 7:56 am

  119. @ristdevt_sipiL UNJ 08
    kelihatannya begitu kali ya?ampun2an deh kuliah di sipil…
    coba tau dari sma, mendingan ngambil ekonomi kali ya
    ?atau teknik yang laen…
    tapi, memang buat bangga kuliah di sipil..
    banyak pahalanya sekaligus dosa…
    buat jalan raya, dilewati banyak orang, ngalir kan pahala, tapi kalo dananya di mark-up, dosa bgt ya…
    serba sulit yah…
    mudah2 gw jadi sipil engineer yang baik kelak, ga ngerepotin negara…Amiin…

    ikochan

    Agustus 27, 2008 at 8:27 am

  120. oia…ada yang seru mengenai sipil…
    http://www.censui2008.co.cc

    ikochan

    Agustus 27, 2008 at 8:33 am

  121. Hai…
    Baru tau loh kl sipil ada blognya juga..
    Bisa cari tau nih tentang sipil…

    Aku ini skarang kelas 3 SMA, jd tahun depan kuliah kan..
    Awalnya sih pingin masuk teknik kimia, coz aku suka pol sama fisika..
    dan katanya di t.kim itu banyak fisika..
    Tapi setelah aku cari tahu, ternyata ga juga..
    Masalahnya fisika yang aku suka itu fisika yang GAYA..
    Makanya aku pikir2, dan terbayang t.sipil ini..

    Dan rencananya tahun depan pingin masuk sipil…

    Bener ga ya pilihanku..?????

    Selain itu.. kayanya kl bisa mbangung sesuatu, ngeliat bangunan itu berdiri kokoh, pasti rasanya bangga banget..
    Bener ga ya?

    Selain itu, kan pekerjaan buat t. sipil ga akan pernah abis..
    Dari yang proyek besar.. mbangun jembatan, jalan, trotoar, bangunan, dan kl yang paling parah jd yang bener2in rumah.. borongan gt..
    Kan setiap hari pastilah ada yang dibangun.. Kl proyek ini slesai, pasti ada proyek lain..
    Apa lagi kan semua hal berkembang terus..
    Yang asalnya 1 lt, jd 5 lt, nti jd 10 lt..
    Yang aslinya bangun trotoar, nti bangun taman kota, trus perbaiki jalan…
    Betul ga?

    Kl mau bales di l1d14l04@yahoo.com aja, coz sibuk skul.. ^_^

    lid2_SMA3

    September 1, 2008 at 2:51 am

    • kuliah dimana jadinya sekarang ??? aku 3 bln lagi kuliah . aku juga suka fisika ,bab gaya lagi sama . cocok nya kemana yahhh ??

      redy sman 1 garut

      Desember 29, 2011 at 6:50 pm

  122. wah…kerjaan sipil masih banyak…banjir?harusnya orang sipil mampu menyelesaikan permasalahan ini.
    dan gw pikir, harusnya pemimpin kita dari orang2 yang praktis, kaya dari sipil, bukan dari militer kali ya…karena fungsi militer seharusnya menjadi aparatur negara(dari pelajaran PPKN jamannya gw SD) dan melindungi ketahanan negara…harusnya seperti bung Karno ataupun Ahmadinejad, orang sipil juga tuh…ada ga yah pemimpin yang sukses dari teknik yang lain?jangan2, kuliah di sipil mendidik orang untuk membangun suatu pemerintahan yang kokoh?hehe…

    ikochan

    September 1, 2008 at 4:17 am

  123. ih, cc ikochan kyana orangna intelek bgt neh ^^..
    hehhehe,
    apa yang bisa bikin kita percaya kLo sipiL masih bisa di biLang prospektif???

    ristdevt_sipiL UNJ 08

    September 1, 2008 at 3:02 pm

  124. Untuk Anak SIPIL UI 2007

    Makanya kalian interaksi,

    Itu gunanya interaksi dengan senior2 kalian.
    Kalian bisa nanya apa aja.
    Langsung dijawab!

    Ikut organisasi + kegiatan kampus supaya nambah teman, link, dan pengalaman.

    Sipil UI 2003

    September 3, 2008 at 7:54 am

  125. interaksi?sapa lo?kenal gw ga?jangan2, lo orang2 yang baru gw lihat di dept?

    ikochan

    September 10, 2008 at 2:05 pm

  126. wah, salah ngeti gw, gw kira yang ngepos anak 2007…sori bro…anak 2003?udah lulus apa blon nih?pake nama dong bang…biar aye kenal nih…hehe…

    ikochan

    September 10, 2008 at 2:06 pm

  127. buat senandung cintaku dan suaminya…
    udah tau blon?ada berita duka…Inna lillahi wainnailaihi rajiun…
    telah meninggal didit S’99, beritanya baru tahu tadi…semoga kepergian beliau di bulan penuh rahmat ini menjadikannya mulia di sisi 4W1, dan juga diampuni segala dosanya. Amiin…

    ikochan

    September 10, 2008 at 2:09 pm

  128. udah … beredar by sms. ga ngelayat, gw lagi di rumah sakit. numpang nginep bentaran. hu hu.

    *gamenyangkadiapergibegitucepat*

    senandungcintaku

    September 13, 2008 at 12:29 am

  129. Salam kenal saya dari Teknik SipiL Institut Teknologi Nasional ( ITENAS ) Bandung angkatan 2007

    lha embel2 kampus masi diliat? no, no, no, semuanya bergantung ama prestasi diri sendiri (coz merasa direndahkan), saya masuk Teknik Sipil karena disuruh Ortu, tapi setelah kuliah betah2 aja karena emang materi kuliahnya cukup menarik apalagi Mekanika Bahan, Mekanika Fluida ama Anstruk trus jg gambar2 rekayasa

    dan waktu itu dosen dan teman saya menceritakan beberapa alumni Sipil ITENAS yang sukses di Brunei, Eropa, Trinidad Tobago bahkan proyek pembangunan prasarana transportasi di Indonesia

    kesimpulannya Teknik Sipil adalah pilihan yang sgt tepat!

    anda ga usah peduli apakah harus dari kampus negeri atau swasta yang penting jd Insinyur Sipil dengan IPK cukup/lebih, berprestasi, menguasai software2 dan tetap berserah diri pada Allah SWT

    SipiL PTS Bandung

    September 26, 2008 at 3:29 pm

  130. wah, diitenas 2007 udah dapet tuh mata kuliah?canggih bener…padahal mata kuliah sipil bgt tuh…susah lagi,gimana tugas besarnya?jangan2 ga ada tugas besarnya kaya buat mekflu,anstruk?enak bgt…jangan2 ga belajar ms1 dan ms 2 , langsung belajar anstruk?jenius bgt…huah, yang jelas…semangat deh,hari2 di sipil masih panjang…nikmatin aja tuh ilmu tertua yang ada di bumi ini…

    ikochan

    September 27, 2008 at 3:55 pm

  131. @ikochan
    sial… lw ada d mana2 kek trojan taw gak…
    ha..ha..ha..
    ehm… anstruk tuh…anstruk…

    @all
    sipil=pelayanan masyarakat
    selama masih ada masyarakat sipil selalu dibutuhkan…
    sory neh idealis…
    kita kerja keras aja jangan takut… tuhan maha adil…
    kaya itu efek samping…ha..ha..ha..
    kita harus kaya…

    dhic

    September 28, 2008 at 9:47 am

  132. jujur nih ya…stelah survey dimana2 benerny sipil tuh berprospek bgt,,cuma masalahny disini, ilmu & orang sipil kurang menjual…
    jadiny posisiny agak diremehkan,yg berujung kurangnya salary kepada orang2 sipil,,
    tanya aja keanak2 sd,smp,,”siapa yg bangun gedung2 tinggi??” pasti jwabanny arsitek…
    gak enakny lagi kalo ada bangunan bagus yg dipuji arsitekny tp kalo ada bgunan roboh yg dicari orang sipilny…
    ya disinilah skrg gmna carany orang2 sipil membuat ilmu sipil dikenal dan lebih dihargai dimata masyarakat luas,

    ai

    Oktober 6, 2008 at 5:26 am

  133. civil keren lah. pokoknya profesi engineer itu keren abiezz.

    yg manyun ya Kedokteran. kuliah mahal2, udah lulus disuruh praktek di pelosok daerah, gaji cuma 800rb. makan dah tuh…

    salam,
    offshore engineer

    Offshore_dude

    Oktober 6, 2008 at 8:19 am

    • ga gitu juga sih.. Tapi mantab bisa do offshore..

      one dot

      Februari 27, 2010 at 10:28 am

    • Ada kepuasan yg besar saat kita melihat bangunan yg kita buat berdiri dgn megah
      Kuliah & kerja sebaiknya yg sesuai dgn minat, sehingga bisa maksimal dan menjalani hidup dgn menyenangkan
      Jadi dokter = pengabdian, saya sangat kagum kpd dokter2 yg benar2 tulus melayani, dan mereka melakukannya berlandaskan kasih
      Tp kalo udah spesialis penghasilannya besar, apalagi kalo dokter bedah & kerja di rs terkenal, sebulan dapet puluhan, bahkan bisa ratusan juta
      Gbu

      AWD

      Juli 26, 2011 at 3:52 pm

  134. bener kang

    parmin

    Oktober 9, 2008 at 3:48 am

  135. Dari awal posting ini ada, semuanya membahas hitam putih profesi yang satu ini, tapi saya lihat kurang ada data yang valid dan bisa dipercaya untuk membuktikan bahwa memang teknik sipil masih memiliki prospek.. masih sebatas opini atuh!

    yaudah, mnurut saya, lulusan teknik sipil..
    1. lulus jadi pns di pu
    2. kerja di kontraktor lokal
    3. kerja di perusahaan asing
    4. banting stir
    5. ambil s2, kalo perlu di luar negeri

    anaksipilUI2007

    November 1, 2008 at 11:52 am

  136. Mau nanya nih, Di Indonesia kira-kira yang menjadi ikon (bangunan yang menjadi hal yang paling dibanggain) teknik sipil itu apa ya, (tapi yang hasil karya anak negeri)?

    Siberiand Junior

    November 7, 2008 at 10:30 am

  137. Borobudur kali… tapi itu sudah ada sebelum indonesia ada ya. kayanya belum ada. makanya kita harus buat tuh.

    Sipil UNIMED

    November 7, 2008 at 10:35 am

  138. ada, monas karya anak sipil angkatan pertama ptn yang ada sipil pertama, bung karno(kayanya sipil pertama).
    terus, bangunan yang pake pondasi cakar ayam, dengar2 ini pondasi dipatenkan oleh insinyur sipil indonesia dulu lho…
    hebat ya, ga kebayang jeniusnya tuh engineer…

    sipil ui 06

    November 14, 2008 at 3:17 pm

  139. Tenang aja.. rejeki sudah ada yang atur…
    Lulus 5 tahun yang lalu dari sipil… alhamudulillah sekarang bisa menuai hasil.. kerja di mid east dengan gaji 8000usd/month plus fasilitas lainnya…. ….

    so apa lagi.. jangan takut.. jadi lulusan sipil.. yang gak cuma bikin gedung, jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya….

    bisa ambil jalur2 lainya….

    dengan doa dan usaha… Insha Allah… ada jalan…

    alumni sipil...

    Desember 14, 2008 at 4:25 am

    • salam sukses untuk bapak,
      mau tanya bapak alumni t.sipil mna?

      rezha

      Juli 17, 2010 at 10:32 am

  140. sip2…ka alumni sipil…bagi2 linknya dong…
    punya email ato apa?ngambil peminatan apa waktu kuliah?

    ikochan

    Desember 18, 2008 at 6:40 pm

  141. @ alumni sipil,…

    sekarang ente jadi WNA yaaa??? Warga Negara Arab,…

    hehehehehe

    joko

    Desember 19, 2008 at 1:04 am

  142. Wah, seru neh..

    Saya msh kelas 3 SMA neh..
    Rencana mau kuliah jurusan teknik sipil..

    Tapi parahnya,
    saya itu gak bisa ngegambar…
    Kira2, saya tetap bisa masuk tek. Sipil gak..??

    Terus..
    Apakah peluang kerja cewek lulusan tek. Sipil lebih kecil dr pada cowok yg lu2s dr tek. Sipil??

    Adel

    Desember 22, 2008 at 1:05 am

  143. Buat Adel,

    saya itu gak bisa ngegambar…
    Kira2, saya tetap bisa masuk tek. Sipil gak..??

    Tenang aj, setelah kamu masuk di jurusan teknik sipil nanti akan ada software bantu untuk menggambar, memang sih awalnya kudu bisa gambar manual dulu, tp gambar yg dimaksud adalah gambar teknik yang selalu memakai penggaris dll. So jangan takut, karna nanti awal kuliah sama2 memulai dari yang tidak bisa menjadi bisa (namanya jg belajar). Lagian setelah lulus nanti yang diharapkan dari mata kuliah gambar teknik dan konstruksi bangunan itu adalah kemampuan qta sebagai engineer u/ membaca gambar.

    Apakah peluang kerja cewek lulusan tek. Sipil lebih kecil dr pada cowok yg lu2s dr tek. Sipil??

    sebagai cewek ga usah takut untuk memilih jurusan teknik sipil sebagai prospek masa depan. Memang teknik sipil jg merupakan salah satu jurusan dominan kaum adam, tp hal ini tidak menutup peluang qta sebagai cewek u/ bekerja di dunia teknik sipil. Alhamdulillah, saya sebagai cewek alumnus teknik sipil sudah mampu bekerja di salah satu perusahaan kontraktor asing top 10 dunia dimana setelah bekerja menemukan rekan2 cewe jg tak kalah dibanding rekan2 cowo’.

    Jadi tak perlu berpikir dua kali apakah cewek pantas u/ masuk jurusan teknik sipil, asal ada kemauan di situ ada jalan. Tunjukkan eksistensimu nanti setelah masuk di jurusan teknik sipil.

    -Alumnus S-45-

    Panshi

    Desember 22, 2008 at 3:53 am

  144. Buat mbak panshi,
    makasih utk tanggapannya…
    Adel jadi semakin semangat..
    ^_^

    kira2, berapa persen seh peluang kerja cewek lu2san teknik sipil dibandingkan cowok..?

    Adel

    Desember 22, 2008 at 9:25 am

  145. @ Joko…

    Jok.. mengengo.. heheheheh….

    alumni sipil...

    Januari 18, 2009 at 7:42 am

  146. @ JOKO

    JOK.. menengo (Diam ya)..
    hehhe…

    alumni sipil...

    Januari 18, 2009 at 7:44 am

  147. Ipk 2, xX bisa dpt krj g um. .
    Aku udah 5 smstr d sipil, merasa trSiksa ma plJrnNYA. .

    Sipil uns 06

    Januari 29, 2009 at 10:17 am

    • mas/ mba.. apa bnr ktnya nyari ip tgi d uns tu lbih susah dr PTN lainnya?? alnya qt hrs bljr sndiri pljrn2 yg blm d ajarkan? mhon pnjelasannya..trims

      CM.sipil uns 10

      Juli 21, 2010 at 3:03 am

  148. sipil uns 06…ipk 2, ko nasib kita sama ya???tapi tenang…mudah2an rezeki kita lebih baik dari yang ipknya 3 koma…gw punya senior yang lulus 6 tahun..tapi denger2 dia sekarang paling tajir dibanding temen2 lainnya yang lulus tepat waktu…yah, buat bikin semangat aja kali ya…
    punya fs ato fb ga?ato blog..kali aja kita bisa bertukar pendapat dan kerja…

    sipil ui 06

    Free Public Information

    Januari 30, 2009 at 5:19 pm

  149. SIPIL . . . SIPIL . . . bwt swm anak2 sipil se Indonesia. Bertahanlah,… Sipil emang keras Broo!!! gw ja ampir nyerah kuliah di Sipil. tp kerena dapat dukungan dari karib kerabat gw akhirnya gw pertahankan tetep di Sipil. Bagian Hidro Teknik tu yang paling susah bwt gw klw di Sipil . . . paling g berdasarkan IP gw. masalah tentang hidrotek emg gw akui ampun deh…………………

    bembenk

    Februari 3, 2009 at 3:05 am

  150. saya lagi kuliah di sipil semester 4. tapi belon ada bayangan ke depannya. sebenernya kalo udah lulus trus kerja sesuai bidang, kerjaan saya ngapain aja sih?

    anak sipil 07

    Februari 3, 2009 at 5:34 pm

  151. salam kenal semuanya, saya alumni sipil fresh graduate sedang mencari kerja,
    need advice neeh kira2 untuk pertama kali kerja apa seeh yang dibutuhin?

    sipirili

    Februari 3, 2009 at 6:24 pm

  152. SaLam kenaL . .,
    Saya berencana masuk di sipiLx Unhas . .
    Saya mau tanya , Prospekx LuLusan sipiL unhas gmna yah ? . .
    Dan kerjanya apa dan ngapain aja sih ? . .

    eggy

    Februari 4, 2009 at 1:51 am

  153. apake

    Indra

    Februari 5, 2009 at 8:05 am

  154. @sipirili
    emg peminatan apa bos?
    kalo struktur gampang lah..mana2 aja masuk..
    kalo MK kontraktor aja..(gw Mk di EPC oil n gas)
    tp kalo mau enak ambil program MT aja..di oil n gas(total, pertamina, dll) ato ODP klo di bank..ato MT di consumer good..enak bgt tu kalo MT skrg,,gaji n prospek bagus.

    saran gw..jgn terlalu idealis sipil jg,…lo dr sipil ga usa maksa klo ga gitu suka…lo coba dolo setahun-an…ntar klo ga betah banting stir,..jgn pernah jalanin kerjaan yg ga lo suka..itu aja..

    alumni s'o3 Ui

    Februari 11, 2009 at 7:38 am

  155. hidup sipil!!!

    dila

    Februari 19, 2009 at 4:31 am

  156. @alumni s’o3 Ui
    dari manajemen konstruksi
    iya seeh gw sekarang coba2 di semua lowongan, nanti baru pilih, tapi masih tetep pengen kerja di sipil…
    bulan2 sekarang lowongan sipil sepi banget hiks hiks U_U

    btw kerja di EPC mana?

    sipirili

    Februari 22, 2009 at 6:25 am

  157. aka: alumni s’o3 Ui

    @sipirili
    emang lg sepi bos..tp tenang aja..kesempatan itu pasti akan datang,,hehe..lo sering2 aja dateng ke careerday2..akhir maret ada neh di Ui..
    gw di EPC oil n gas gitu,,seep yo..

    numpang ngelink http://cumikecap.wordpress.com :D

    Kill_puTra

    Maret 4, 2009 at 2:59 pm

  158. saya sudah 3 taon kuliah di teknk sipil,,,
    tp sampai saat ini,,,saya blom ada menguasai salah satu bidang teknik sipil ini…..
    sementara saya sbentar lagi harus memilih salah satuny…
    gmn ne?????
    bantu saya donk!!!!

    fahmi anwar

    April 29, 2009 at 3:57 pm

  159. Hi,mo sharing sbgalumni sipil. Bis lulus gw kerja as konsultan struktur, dgn segala idealisme ank sipil yg br lulus. Dengan pekerjaan yg dikategorikan sulit dan resiko tinggi, income ga sesuai bgt. Akhirny bis 1 thn gw cabs ke kontraktor.. Kykny di indo engineer ga dihargain bgt.. Dibandingkan pekerjaan2 yg ga butuh mikir sedalam teknik sipil. Tp ga nyesel kok kuliah as civil engineer. Karakter dan cara pikir yg dibentuk ckp membantu kita bt krj dmn aja. Secara qt as sipilis slalu belajar n cr solusi.. Menghibur diri.. Thanks for read my sharing.. Hidup sipilis..

    sipilis 03

    April 30, 2009 at 4:00 am

  160. ada yg tidak sadar. dengan adanya milist/blog yang membahas sipil seperti ini berarti memang teknik sipil itu sudah menjarah ke mana-mana. teknik dasarnya adalah teknik sipil ( civil = umum ) karena dulu plumbing, listrik, kekuatan, logika dan matematika menjadi satu di teknik sipil. Sekarang sudah dipecah menjadi elektro, fisika, mekanika dll. Jadi memang lapangan pekerjaannya terlalu luas dan hal ini yg membuat teknik sipil bisa banyak mendapatkan lapangan pekerjaan.

    agung

    Mei 12, 2009 at 4:18 am

  161. iyo ra penak kuliah neng sipil,mending neng sastra ae

    cupu

    Mei 16, 2009 at 1:22 pm

  162. cupu:l
    ho kuwi jenenge sastra teknik. kuliah ning teknik ning jawaban koyok wong sastra. mbulet, sing mestine ora cocok digawe uro-uro sing dowo gen dadi cocok, padahal ngapusi. kuwi jenenge teknokrat opo politikus

    rahmat

    Mei 20, 2009 at 1:43 am

  163. saya mahasiswa t.sipil tapi masih ragu aja sama jurusan yang saya pilih

    dindon

    Mei 24, 2009 at 8:02 am

  164. Salam kenal semua, sekarang saya di FTSL ITB 2008, Insya Allah dapet prodi teknik sipil!
    Bagus sekali pembahasan dan komen-komen blog ini, jadi bisa tukar pendapat…
    Setidaknya memperjelas ‘kacamata’ saya tentang teknik sipil…

    gandrie

    Juni 10, 2009 at 9:54 am

  165. Mw nanya niii, tolong dijawab yaaaa…

    brapa c gaji fresh graduate teknik sipil pada umunyaa???
    trus, biasanya klo kerja diperusahaan minyak untuk teknik sipil brapa y gajinyaaa???
    ada temen saya yg dari sipil tau2 kerjanya di bidang IT, nah itu gmana y??? koq bisa?? blajarnya gmana??

    mohon tanggapannyaaaa…..

    sipil itb

    Juni 17, 2009 at 4:39 pm

  166. Lulusan teknik sipil yang item jelek busuk kalah dari artis kulit putih lulusan sma

    WANITA SUNDA CINTA PRIA BATAK

    Agustus 3, 2009 at 2:37 am

  167. Q mhasiswa baru .Q bimbang dgn jur.T.sipil d swasta ini.. Q tkut dianak tirikan bila kerja nanti?????
    PleZZZZZ solusinya
    da yg bs bntu Q???/

    sipil umm

    Agustus 3, 2009 at 3:38 am

  168. anX teknik sipil bisa jd p j sch??
    jd takut nch..

    vany

    Agustus 15, 2009 at 10:24 am

  169. halo-halo….

    gw jg mahasiswa teknik sipil koq… gw teknik sipil universitas udayana….

    kenapa gw milih teknik sipil…???? karna gw mandang peluangnya bagus,,, coz pembangunan itu kan gak da henti-hentinya jadi gw rasa prospek cerah teknik sipil gak bakal putus…

    gini… dulu beberapa bulan lalu ada diskusi dengan seorang pengamat… dia bilang prospek yang bagus itu:
    – TI
    – Teknik sipil
    – MIPA

    kedokteran ja ada di urutan sekian… bandingin sama teknik perminyakan, pertambangan, geologi, kalo tambang n minyak habis ya nganggur dah jadinya… lain dengan teknik sipil di mana pembangunan akan terus berlanjut,,,

    adit_here

    Agustus 29, 2009 at 9:45 am

    • untuk adit_here.. gw stuju bgt sm lw, pembangunan emg akan trus brlanjut, apalagi daerah2 dluar jawa..

      bwt ank sipil yg lain.. jgn ngrasa cangguh atw putus asa, kuliah sipil emg berat, tp itu trgantung dr kitany sendiri bgaimana cara ngejalaninnya.. asal tetap deket sama Tuhan psti Dia ksh jalan..

      HIDUP SIPIL!

      ferdi sipil undip

      September 20, 2009 at 7:05 pm

  170. gw jg anak sipil..
    tenang aja yang penting Qt aktif dan kreatif pasti semua jurusan bakal punya prospek yang cerah…
    terutama JTSL donk..

    novan

    September 9, 2009 at 6:37 am

  171. sante aja yoi.anak sipil ngak bakalan nganggur.
    liat aku dah punya mobil 3,rumah dan kebun luas.usaha kos2an lancar2 amat.
    padahal baru kerja 5 tahun..
    keep spirit..

    irwan

    Oktober 2, 2009 at 6:56 am

  172. model bangunan/jalan/jembatan/bendungan bisa apa saja dan di mana saja, tapi tetap saja dalam mendesain dan membangun perlu orang teknik sipil. Pekerjaan? kalau anda kompeten buanyaak, mungkin bs sampai nolak-nolak…

    Joko

    Oktober 25, 2009 at 10:01 am

  173. di kost sepi ngak ada kerjaan…..

    irwan

    Desember 1, 2009 at 1:04 pm

  174. mang na pkrjaan t.Sipil yng paling menakjubkan pa???
    kntrktor/knsultan/pemboring/..?

    1-h@rd

    Desember 13, 2009 at 8:39 am

  175. saya nak sipil D4 rekayasa jalan n jembatan, smster 2 d poltek samarinda… apa aja sih peljran yg penting dari jalan n jembatan tuh ???????????////

    Nengsi

    April 9, 2010 at 4:54 am

    • menurut gw nih. klo jalan,. yang perlu tuh perkerasannya, drainase ama geometrinya,.

      bicara soal jembatan,. ya perlu ilmu statika, analisis struktur, yang mantep,. sturktur baja ama beton dan yang terkait kesana juga perlu..

      sebenarnya ngak hanya yang diatas itu juga,. banyak disiplin ilmu yang berkaitan dengan bidang konstruksi

      kuya_luga

      April 10, 2010 at 5:01 am

  176. wah asiknya ngobrolin sipil barengan orang2 yang udah tau dunia di dalemnya. aku ITB 2009, fakultas teknik sipil dan lingkungan, sekarang masih agak labil buat milih teknik sipil ato teknik lingkungan. well, sebenernya gag gitu suka fisika lebih suka kimia, tapi setelah nanya sini situ, prospek sipil lebih oke, jadi labil nih -__-
    minta saran dungs.. hehe makasiiiih

    ni

    April 15, 2010 at 11:41 am

  177. Kalo konsentrasi Teknik Sipil yang paling cerah prospekx itu apa yah?
    Struktur
    Transport
    Keairan
    Dll
    ??????

    Namikaze Minato

    April 28, 2010 at 2:58 pm

  178. @namikaze :
    semua bidang teknik sipil punya prospek masing-masing, jadi yang paling penting pilih bidang yang paling kamu sukai.

    dan jangan terpaku ma stigma-stigma yang kaku, kayak :
    – struktur : ngurusin konstruksi gedung.
    fakta : temen2 strukturku ada juga yang ngurusin rig minyak atau desain perkuatan tambang underground (bagian desain concrete-nya)
    – transport : jadi orang PU.
    fakta : temenku ada yang kerja di konsultan jalan raya di australia.
    – sumber daya air : ngurusin irigasi.
    fakta : dengan sedikit belajar tambahan, ada yang bisa jadi pipeline engineer.
    – geotek : ngurusin pondasi gedung.
    fakta : permintaan terhadap geotek engineer dari perusahaan2 tambang sangat tinggi, untuk memantau kestabilan lereng di pit atau desain perkuatan2 tambang underground (konsep keseluruhannya).

    jadi yang paling penting pilih bidang yang kamu sukai, dan berpikirlah out of the box, akan banyak prospek yang nggak kita duga sebelumnya.

    kuyi

    April 29, 2010 at 2:09 am

  179. Dulu ngaduk Semen, Sekarang Ngaduk Adonan Kue jadinya molen yang enak di makan. Masih jurusannya kan??

    Buat Lulusan Teknik sipil Jangan Kawatir… masih banyak cara untuk menyalurkan Ilmu.

    Pake safety shoes, helmet, bentak2 mandor = 2jt
    Pegang adonan Gereng pisang, pecel lele = 2jt juga.

    adon

    Mei 19, 2010 at 4:52 am

  180. Lulusan T Sipil bisa juga masuk tambang, beberapa temen dari sipil, gaji lumayan juga..

    Ballack

    Mei 25, 2010 at 2:52 am

  181. mas mu nanya neh,kebetulan saya masuk T.sipil Ugm..
    nahhh…
    dalam T.sipil pelajaran apa seh yang mungkin berpengaruh?
    prospek ke depan nya paling mentok kerja d mna ya?
    terimakasih

    Moch.Rizal

    Juni 3, 2010 at 7:18 am

    • @m rizal
      selama yg saya tahu, pelajaran mekanika teknik, analisa struktur, mekanika tanah, struktur beton dan baja, rekayasa pondasi, mekanika bahan, dan MK mempunyai andil buat bekal stelah lulus kelak.

      kalo mentoknya ya wiraswasta, buka PT sendiri bro.. :)

      cah sleman

      Agustus 12, 2010 at 8:10 am

  182. gman prospek teknik sipil di era skg ini??

    yonathan

    Juli 4, 2010 at 10:14 am

  183. mau tanya kalau s1 teknik sipil aja masih tanda tanya. trus nasib d3 teknik sipil gmn ya? beri coment ya(mau pindah d3 teknik sipil ugm nih)

    sinjiriu naga

    Juli 7, 2010 at 6:05 am

  184. Buat semua nya aq pengen tanya,,,,,sekarang aq baru mau kuliah di salah satu PTS d jogJA…..
    Gi mana peluang kerja bagi kaum hawa di JuR T.sIPIL itu ????????
    O iy,,bagus nya nanti pas pemilihan jurusan aq ambil apa ya???????
    ada gag kerjaan yg di kantoran gitu buat lulusan T.sipil…
    biar gag terlalu berat gitu De…HeHeHe
    kecuali Di PU….
    dI balas y…

    ArUm Putri

    Juli 17, 2010 at 6:46 am

  185. @arum putri
    untuk kaum hawa, gak usah khawatir..cewek kerja diteknik sipil peluangnya pasti ada, ya minimal engineer bisa lah.. :)

    sy bekerja di konsultan Civil structure PMA di jakarta, ada kok engineer2 cewek yg kerja se kantor dg sy..malahan karier mereka lumayan bagus.

    kalo penjurusan, itu menurut evaluasi sndiri aja dari tiap2 smester..pasti km punya kriteria sndiri, ntah mau ke manajemen konstruksi, transportasi atau struktur gedung.

    so, slama perekonomian masih ada, sarjana sipil pasti dibutuhkan..semngat ya.

    cah sleman

    Agustus 12, 2010 at 7:58 am

  186. setahu saya jurusan yang paling mantap yah teknik sipil

    jaya teknik sipil!!!!
    ckckck

    jurusan yang mapu membangun negeri dan dunia dibidang konstruksi ya teknik sipil, jurusan yang ga pernah ada pengangguran ya teknik sipil, jurusan yang banyakan co dari pada ce juga sippil hehehe

    buat mahasiswa baru jangan mundur kalu dah masuk jurusan sipi, memang berat diawal namun membahagiakan diakhir..

    jaya sipil!!

    wibowo06civilian

    Oktober 17, 2010 at 11:22 am

    • Setuju… Teknik Sipil tidak akan mati,apalagi Indonesia adalah negara berkembang yang lagi membutuhkan engineer2 sipil untuk membangun negeri ini. Ada juga sektor pertambangan yang membutuhkan teknik sipil. Jaya Teknik Sipil

      Civil Engineer

      Juli 17, 2011 at 12:42 pm

  187. mohon jawaban buat yg bekerja di PU, mau dftr online PU tp bingung, formasi buat teknik pengairan byk bgt, bingung + gak ngerti kerjanya ngapain aja, mhn dberi gambaran :
    !.analis data teknis sumber daya air
    2. analis kebijakan SDA
    3. analis jaminan mutu
    4.peneliti
    5. pengkaji hasil monitoring
    6. penyusun evaluasi dan laporan teknis
    7. penyusun rencana dan program
    8.perencana teknik SDA
    9. pranata laboratorium
    10. teknik pengairan
    11. teknik penyehatan lingkungan
    12. widyaiswara teknik sipil

    omah banyu

    Oktober 21, 2010 at 5:20 am

  188. Lulusan Sipil dibutuhin dimana aja kok
    Contohnya gw sekarang kerja di Kementerian Kelautan bagiannya nanganin infrasruktur pesisir.. emang sih ngga seberat kerja di PU dulu, tapi asal bisa RAB sama autoCAD plus excel juga beres..
    Emang Sipil ngga ada matinye…

    Sipil..sipil..sipil..

    alumni sipilui 02

    November 3, 2010 at 1:53 am

  189. teknik sipil UMY dan magister sistem dn teknik transportasi UGM

    Eko Prayitno,ST,M.Sc

    Desember 20, 2010 at 12:11 pm

  190. Gue suka banget isi komen blog ini. Mencerahkan. Jadi makin MANTAP saja bercita2 masuk Teknik Sipil ITB (Amin!)

    likeadeist

    Januari 27, 2011 at 1:01 pm

    • baru tau nih kak, lo ada perkumpulan nak tehnik sipil.
      aku rara, masuk kuliah awalnya ambil jurusan bahasa indonesia. tapi karena dengar dikampus ada jurusan tehnik, kedengarannya keren!!!!aku mutusin pindah.karena, cita2 ku bukan jadi guru. tapi??? jadi akuntan. jadi ku putusin tuk pindah aja ke tehnik sipil. padahal cita2 ma jurusan yang kupilih lagi,,, ngak nyambung..dan aku nggak tau jurusan itu nantinya arahnya bakal kemana??? aku harap sih keputusan pindah jurusan ini…..karena alasan namanya keren tidak akan menjebak aku dalam pengangguran jangka panjang…………
      amin>>>>>>>>>>>>

      • Hii.., cuman mau kasih gambaran, aku teknik sipil trisakti angkatan 2003, tadinya ada skitar 75 orang, kemudian tinggal 55 orang banyak yg pindah jurusan/ke kampus lain, dari 55 orang yg lulus 53 orang, jadi keliatan bahwa teknik sipil ga bisa cuman buat “iseng2 aja”, kalo untuk prospek lumayan kok untuk angkatan aku aja 15 orang ke PU sm pemda, 15 orang ke kontraktor+konsultan swasta dan Bumn, 5 ke bank,4 buka usaha sendiri,9 orang kabur ke oil and gas,mining sm power plant..,

        Semoga dapet gambaran mengenai teknik sipil ya..,
        Selamat mencoba menjadi civil eng

        Sipiltrisakti2003

        November 2, 2011 at 2:35 pm

  191. Dengan hormat,

    Kami perusahaan tambang batubara yang sedang berkembang pesat di Kalimantan Timur membutuhkan beberapa kandidat untuk posisi :

    Road Engineer

    Kualifikasi :

    * Usia antara 25 – 30 tahun.
    * Min. Pendidikan D3, Diutamakan Teknik Sipil.
    * Pengalaman min. 2 tahun sebagai Road Engineer .
    * Menguasai teknik perawatan jalan Hauling & Pembuatan Jalan baru.
    * Bersedia ditempatkan di lokasi tambang (Kalimantan Timur).
    * Bagi yang berminat bisa mengirimkan CV ke yuliartoedi@yahoo.com

    Demikian kami sampaikan, terimakasih atas bantuannya.

    Salam,

    Edi Yuliarto
    HRD Supervisor

    Edi Yuliarto

    Maret 19, 2011 at 11:15 pm

  192. Mas-mas yang udah berpengalaman di t.sipil,mau tanya nih,tadi itu ada comment suruh mbandingin lulusan sipil UI,ITB vs UGM,lha jujur saya ini mahasiswa sipil UGM,mau tanya,apa lulusan sipil UGM itu dipandang serendah itu?trus juga mau tanya,memangnya kalau kerja di sipil itu pasti kerjanya outdoor ya?

    Zaqi Raihan

    Juli 7, 2011 at 6:09 am

  193. Biarkan aja kak,yg penting jaga Dia agar tidak terbawa arus.

    ramiyo cokroaminoto

    Juli 7, 2011 at 6:12 pm

  194. Teknik Sipil ITS bagus gak ya?? kok daritadi gak ada yang bahas T. Sipil ITS..mohon pencerahannya..

    Damdam

    Juli 11, 2011 at 4:38 am

  195. Dicari SURVEYOR untuk sebuah Bank Swasta Nasional di Jakarta

    Syarat : min D3 Teknik Sipil, FG/Berpengalaman, Motor plus SIM C, Bisa Ms.Office.
    Gaji : Up to 2.000.000, medical dan jamsostek

    Silakan hubungi saya: Dewi 021 79184282

    Dewi

    Juli 13, 2011 at 9:38 am

  196. hai semua… salam kenal nih…
    aku mahasiswa baru tek. sipil di UNDIP tahun ini…
    mau tanya nih, mapel paling memberi tantangan di teksip itu apa ya???

    UNDIP teknik sipil

    Agustus 2, 2011 at 4:15 am

  197. saya masih kelas 3 SMA

    wind

    Agustus 30, 2011 at 8:38 am

  198. saya masih kelas 3 SMA ni,,
    kemarin” masih bingung mau masuk jurusan apa..
    Setelah kumpul”, debat”&tanya” ke ayah saya beliau menyarankan masuk tekhnik sipil..
    Nah saya langsung cari info” mengenai tekhnik sipil. Terus terang saya sangat tertarik pada teknik sipil dibandingkan jurusan lainnya. Saya juga cukup menyukai gambar menggambar.. Kalau baca komen” senior” di atas terus terang saya ngga terlalu down dan masih membulatkan tekad ke teknik sipil. Tapi, saya di informasikan guru BK saya persaingan untuk masuk t.sipil ITB, UI, UGM, dan UNDIP (ayah saya menyarankan univ.ini) itu luar biasa semua peminat.a.. Saya masih bertekad ingin masuk t.sipil.. Tapi apa mungkin ya saya bisa masuk ke sana?? Apalagi saya berniat u/mencoba lewat jalur Pmdk.. Bagaimana sih cara belajar supaya bisa masuk tekhnik sipil?? #mohon bimbingan.a..

    wind

    Agustus 30, 2011 at 8:52 am

  199. informasi:
    kami cv. indico kami perusahaan yang bergerak di bidang konsultan tehnik perencana dan pengawasan.
    membutuhkan sipil si bisa mengoprasikan autocad. sap 2000 dan mengerti struktur. lamaran di kirimkan cv indico>. email: indico@yahoo.com

    denni

    Oktober 4, 2011 at 10:09 am

  200. mas, saya kelas 3, perempuan, tertarik sekali dengan jurusan teknik sipil,ada beberapa pertanyaan:

    1. saya suka fisika dan kimia, tetapi kemampuan gambar saya tidak baik,apakah nanti berpengaruh saat kuliah?
    2. bagaimana teknik sipil dan lingkungan IPB menurut mas?

    terimakasih atas infonya

    ismirf

    Desember 20, 2011 at 1:53 am

  201. BUAT SEMUA NYA, TOLONG KASIH MASUKAN DONG ,aku bentar lagi kuliah (kalo lulus) tapi bingung. katanya tehnik sipil baguss. aku berminat banget masuk jurusan itu . aku ga mau ngecewain ke2 ortu aku.yang nambah2 beban aku, keluarga aku smuanya org sukses masa aku ngga. duhh bener itu ngaruh banget . ga kebayang kalo aku ga kerja . . tolong yahhhhh :) doa in juga :D smoga sukses . amiiiinnnnn

    redy sman 1 garut

    Desember 29, 2011 at 6:46 pm

    • akang jg dri SMAN 1 garut ren, kalo kamu emg minat dgn teknik sipil apa salahnya dicoba,
      kalo akang krang bgitu minat, dulunya akang t.sipil tapi skarang pndah k T.mesin d UGM.
      menurut akang lbh menarik T.mesin dri pada T.sipil, dari prospekny bsa dprtmbangkan, keduany jursn yg prospektif.

      reza

      Desember 29, 2011 at 10:31 pm

      • mas” dan mba” yg sy hormati,,,tlg dibantu ya..sy kulih di FKIP jurusan pend.fisika trus mau pindah ke teknik sipil ada yg bisa bntu saran ya? PINDAH ato KAGAK? Mohon bantuannya..

        yudi

        Februari 8, 2012 at 11:45 am

  202. q anak sipil jg ni….msh kul….mhon pncrahanny biar sukses d tknk sipil…..faktor apa aja yg mst dprhtkn orang sipil

    Fasolla Warna

    Februari 15, 2012 at 10:26 am

  203. klo gaji D3 teknik sipil sekitar brapa ya? mhn jwbnnya. tkb.

    emyl

    Februari 26, 2012 at 5:53 am

  204. saya menyukai teknik sipil dan teknik kelautan. lebih baik mana yang saya ambil? saya sudah mengetahui apa saja yg akan dipelajari di masing2 jurusan tersebut. mohon sarannya ..

    Galau Teknik Sipil dan Teknik Kelautan

    Maret 23, 2012 at 5:36 am

  205. udah…report-report…pindah jurusan aja ke jurusan manajemen…nanti begitu lulus jadi cheerleader…sekarang marketnya lagi booming tuh..cheerleader…liat aja tiap ada show olah raga pasti dicari cheer leader…he.he..h………peace man….

    er

    Mei 24, 2012 at 1:08 am

  206. Mau tanya, lulusan tek. sipil untuk peluang kerja 4 tahun kedepan gimana yg menurut kalian? dan lulusan teknik sipil yg jurusan apa yg sekarang sangat dibutuhkan dan gajinya lumayan :D

  207. koment komentnya bikin seger……rrrr.
    Dari yg negatif sampai yg positif tentang sipil.
    sy skrng bekerja di Salah satu prusahaan swasta di jakarta, kerjanya mantengin etabs, excel dn meeting dgn owner(kadang dimarah marahi oleh owner krn progres yg terlambat)pdhl terlambat krena bnyak revisi arsitek yg berpengaruh pd sistem kekauan struktur, sudah sewajarnya klo dimensi kolom dn balok harus dilakukan anlysis ulang,,jd wajar klo agak telat…toh untuk “KEAMANAN” tp, slma ini sy kerja, sering kali dapet kopi pahit dari owner…tp, it’s ok.itu adalah latihan mental buat sy.
    Lebih parah nya lagi, gaji sy terbilang kecil/pas pasan buat org yg belum nikah.
    gk cukup buat ngebrangkatin ortu naik haji.
    Tp sy masih betah kerja disini, wlopun dengan kondisi kyk gini.
    orng orng sipil itu super sibuk, mungkin dya jarang sekali baca wiridan(bagi yg muslim)u/ beribadah.
    Oleh krena itu, bekerjalah dengan baik dan jujur, mngedepankan keamanan, dan bukan masalah gaji semata.Krena disitulah kesempatan kita u/ mngganti waktu wiridan kita dlm beribadah.
    Klo mw sukses dn bnyak duit, ciptakan pekerjaan buat orng lain bukan menjdi konsumtif loker.(mimpi sy kedepan, mohon doa)

    Bravo teknik sipil.

    Yg cengeng, jngan masuk sipil.
    Masuk kamar aja, tidur jm 9 malem bangun jm 9 pg…

    sipil 07 UNTIRTA, Banten

    Juni 10, 2012 at 6:00 am

  208. permisi kakak2 semuaa..

    saya mau tanya kalo mahasiswa perempuan di teknik sipil itu banyak gak yaa?
    apa cenderung banyak yg laki-laki saja?

    saya mau milih teknik sipil,, tapi masih bingung :(

    endah

    Juli 6, 2012 at 1:25 pm

  209. tolong nih sarannya, saya mau ambil tek. sipil. apa yg sebaiknya saya persiapkan untuk menjalani kuliahnya?

    terimakasih.

    oh iya ini blog kok bisa terkomen banyak gini gimana ya caranya? mohon saran buat blog yg sederhana tapi menarik

    bhrama sakti

    Juli 15, 2012 at 12:33 pm

    • Yang pertama pastinya mental, karena belajar teknik sipil bisa terbilang cukup berat dibanding jurusan” lain..
      Kedua paling tidak kuasai program” drafting seperti AutoCAD dan lebih baik juga apabila juga menguasai ETABS/SAP/TEKLA dsb.
      Ketiga, banyak” baca buku” yang membahas tentang teknik sipil secara umum supaya nantinya tidak hang apabila nemuin istilah” di teknik sipil :D

      Allendale

      November 7, 2012 at 10:02 am

  210. salam kenal..
    saya alumni teknik sipil. saat ini sudah bekerja di perusahaan property raksasa di jakarta. saya sangat bersyukur memilih teknik sipil. karena sesuai pengalaman yang sudah saya alami, karir dalam mencari pekerjaan bisa dibilang tidak terlalu sulit. jadi jangan ragu.. Civil Engineering is the best.. intinya, untuk memenuhi kebutuhan hidup anda, selama ada pembangunan dan kemauan.., dapat dikejar..

    salam..

    uki

    Agustus 23, 2012 at 8:48 pm

  211. Hallo saya siswi kelas XII IPA yang akan di juruskan orang tua ke Tek Sipil. Tapi apa benarkah resiko persaingan di lap kerja sangat memandang perbedaan gender perempuan karena akan dianggap merugikan perusahaan dengan cuti hamil, melahirkan dll?

    Monique

    November 5, 2012 at 11:06 am

  212. hidup teknik sivil enginerring

    karyamitra57@yahoo.com

    Januari 10, 2013 at 10:03 am

  213. ada ga cwe lulusan S1 Sipil yg lagi butuh kerjaan ?
    perusahaan dalam bidang kontraktor lg membutuhkan karyawan dengan lulusan S1 Sipil (cwe)
    klw ada bisa email CV lamaran ke pasaribu_merlanyahoo.co.id

    thks….

    fitrya

    Januari 14, 2013 at 6:03 am

  214. Sampai kapanpun teknik sipil akan berjaya jika sektor properti dan infrastruktur khususnya selalu positif, apalagi seperti sekarang ini.
    Anak anak teknik sipil bukan hanya dapat bekerja pada perusahaan seperti konsultan, kontraktor, dll. Tp juga bisa bekerja pada semua bidang yang ada kaitannya dengan ilmu sipil. Misalnya bank, mereka tetap.memerlukan lulusan teknik sipil.untuk survey studi kelayakan properti yang akan di jualbelikan / fasilitas kredit, dan Survey spek bangunan bangunan.
    Misalnya juga penilaian penyusutan nilai properti.

    walidin

    Juli 5, 2013 at 9:24 am

    • saya baru kuliah thn ini di d3 t.sipil di politeknik sriwijaya. dan katanya d3 tek sipil itu lebih dicari dibandingkan dengan s1, krna di politeknik itu lebih banyak praktek dibanding teori, dan saya ras itulah yang dicari cari perusahaan, mhon pndapatnya?

      andi kw

      Juli 16, 2013 at 5:06 pm

  215. saya baru masuk d3 t. sipil trnsportasi uns solo, apa ya yg dipljari di sana dan bagaimana prospek kerjanya

    rizzal abdul ghani

    Juli 11, 2014 at 12:56 pm

  216. saya baru kuliah tahun ini teknik sipil di itb.. saya masih bingung dengan jurusan yang saya pilih.. karena orangtua saya menyuruh saya kuliah jurusan itu ya saya memilihnya.. 5 tahun lagi prospek kerja sipil gimana? mohon pencerahannya..

    Heby

    Agustus 7, 2014 at 11:27 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: