Anjar Priandoyo

5 alasan mengapa mencari jodoh itu sulit

with 97 comments

Karena blog ini (mungkin) lebih banyak dibaca anak muda, bekerja di Jakarta, umur 25-35 tahun, mapan & mandiri, saya ingin sedikit memfokuskan topik diskusi ini, untuk teman-teman yang merasa sulit menemukan jodoh, -dan memang berniat mendapatkan jodoh- (harusnya semua orang pasti menginginkan memiliki pendamping kan)

Yang menarik, ternyata tidak hanya saya yang punya cukup punya banyak stok teman yang sering dimintai bantuan untuk mencarikan pasangan hidupnya. Tapi banyak juga teman saya yang lain yang menjadi ‘distributor ‘seperti ini, Sama-sama punya banyak stok, tapi kenapa memasangkan satu-sama lain tidak semudah kelihatannya.

Ada yang tahu, yang bikin sulit itu apa?
Banyak alasan yang dipakai orang untuk membenarkan bahwa mencari jodoh itu sulit (ini yang sangat saya kesalkan, setiap menjodohkan ‘client’ saya) mungkin jawaban yang paling banyak ditemukan adalah:

1. Ga bisa memilih
Ini adalah alasan yang paling banyak dipakai para pria, di early quarter life crisis 24-29 tahun, selepas kuliah dan mendapatkan pekerjaan. Biasanya pada stage ini, si pria memiliki 3-4 orang kandidat yang datangnya dari: teman kantor, adik kelas, rekomendasi orang tua dll dkk, yang kadang bikin si pria arogan. Ah cari pasangan gampang kok

Ini adalah titik yang paling ‘membahagiakan’ pria sekaligus berbahaya, seiring supply dari rekan wanita yang mulai ‘waspada’ semakin banyak. Akibatnya muncul perasaan tenang (yang berbahaya) bahwa jodoh tidak datang kemana.

Saran: Jangan terlalu lama memilih, kalau kandidat terbaik perhari ini adalah Titi, karyawan bagian purchase, yang kelihatannya biasa aja, -tapi dia tertarik dengan anda- lets go, sikat aja.

2. Ga yakin (dengan calonnya)
Mungkin ini alasan yang paling banyak dipakai wanita. Banyak pengalaman dilapangan menunjukkan bahwa lelaki tidak bisa (takut) berkomitmen dengan wanita. Memang menjadi suami tidaklah mudah, dengan segala beban dan tanggung jawabnya. Menjadi ‘single’, terbang merdeka bak burung dara jelas lebih menyenangkan buat para pria.

Saran: Buat perempuan yang bingung (ga yakin) dengan seseorang pria, menurut saya daripada cowok alim, ganteng, kaya pintar tapi ga bisa berkomitmen, lebih baik cowok biasa aja, tapi bertanggungjawab (berkomitmen).

3. Ketakutan yang tidak perlu
Belum cukup dana untuk pesta nikah, belum punya pekerjaan dengan gaji 9 juta/bulan, belum sekolah ke inggris, dan sejuta alasan yang mengada-ada. Saya tidak terlalu tertarik membahas ini. Semua ini tidak perlu.

Saran: ketakutan itu wajar, ingat kita membangun bahtera rumah tangga, jadi kalau infrastruktur ga siap ya bakal berantakan juga. Tapi inti persoalan ini sederhana, bergantung kesiapan pasangan kita. Calon istri kita ekspektasinya apa? masih masuk akal engga? kalau engga? terlalu muluk2? yo wis, tinggalin aja, cari yang lebih siap.

Pernikahan itu bukan soalan yang terlalu tinggi, tapi juga bukan soalan yang remeh-temeh. Kalau sang pasangan tidak siap, ya artinya selamanya juga tidak akan siap.

Dua alasan lain, saya menunggu dari teman-teman. Ada masukan?
Sebentar Jar, untuk late ‘quarter life crisis’ gimana? maksudnya untuk pria umur 29-35? apakah alasan mereka masih sama?

Terus untuk perempuan, apakah ga yakin (sangsi dengan kadalnya pria) itu berlaku sepanjang tahun? atau bakal ada perubahan?

About these ads

Written by priandoyo

Juni 18, 2007 at 9:22 am

Ditulis dalam Family

97 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Njar, kayaknya banyak yang curhat cari jodoh ya? Boleh…boleh…dengan cara yang elegan, mungkin Anjar bisa membantu mempertemukan teman-teman yang masih lajang.

    edratna

    Juni 18, 2007 at 9:39 am

  2. chemistry itu gak bisa dipaksakan. papabonbon pernah putus dengan mamabunbun. kita waktu itu LDR, papa di jkt, dan mama di malang. papa diputuskan karena “pelit” pulsa, dan jarang pulang. –>alasan karena pengen nabung buat biaya kawin. intinya mamabunbun merasa kurang disayangi dan gak yakin dengan komitmen papabonbon. dan merasa gak

    setelah di putuskan, papabonbon bingung juga. akhirnya kemana mana laporan ama teman. lagi jomblo dan cari calon. yang bisa serius. dikenalkan ke beberapa orang, yg juga sesama jomblo, dan siap berkomitmen, tapi aneh, rasa rasanya kok ndak ada chemistry, ujungnya malah diri sendiri yang gak bisa serius.

    akhirnya berusaha kontak mama bunbun lagi. baksa pulang dan telpon serta email lebih gencar. mamabunbun pun megnarahkan nggarap skripsi di jakarta biar bisa kontak papabonbon lebih intens. dan terjadi begitu saja, kita bisa jadian lagi. serius buat siap siap kalau mau kawin. dan jadilah. :)

    papabonbon

    Juni 18, 2007 at 9:43 am

  3. teman yg dicomblangin papa dan mama, juga kelihatannya seprti itu. yg ada chemistry bisa lanjut ke pelaminan. tapi yang gak ada chemistry, yah salah satu harus berani “cut” memberitahukan kalau tidak cocok. beebrapa bahkan cari alasan aneh. dari ibu tidak setuju, alasan fisik, kembali ke pacar lama yg dulu digantung, yg tiba tiba muncul sebagai faktor eksternal, padahal sebelumnya tidak pernah ada pembicaraan. [ujungnya jadi friksi gak enak sih buat dua belah pihak, empat pihak malah :p].

    terkadang, manusia harus memilih mau berkomitmen dgn siapa dan berusaha keras harus memutuskan, ketika dihadapkan pada pilihan semacam itu.

    papabonbon

    Juni 18, 2007 at 9:49 am

  4. Jadi papa dan mamabunbun sedang ‘bergerak’ dibidang distribusi lajang juga ya, anjar dan dinda juga sedang bergerak dalam usaha itu, tapi susah juga ternyata

    priandoyo

    Juni 18, 2007 at 9:57 am

  5. Wagh kalo saya baru mau memapankan diri mas. Ajakan nikah segh sempet ada, tapi berhubung belum mapan.. akhirnya kena kartu “pending”. Btw ada yang bisa di share gak buat anak kuliahan yang dah ngebet. Abis lulus, pengennya pengan buruan kawin *nyengir*

    wigh… kerja aja belon :lol:

    Abu Ahmar

    Juni 18, 2007 at 12:14 pm

  6. Menjodohkan teman itu susah, makanya ada yg namanya biro jodoh. Sebetulnya jenis pekerjaan nya seperti headhunter, dan seharusnya mendapat kompensasi yg sepadan (apa cukup doa aja ya?)

    Mungkin njodohin temen waktu SMA atau kuliah lebih gampang, karena system nya lebih ke referral. Untuk yg 25 ke atas Time Spent nya untuk konsultasi dll pasti lebih tinggi karena there’s more at stake alias ujung2 nya adalah perkawinan. What a pressure!

    Paling gampang kalo mau njodohin teman, bikinlah kegiatan kumpul2 informal, tidak perlu one on one. Kalau para calon datang, biarlah mereka play the field sendiri.

    Sekali lagi, the pressure is just too high, apalagi ekspektasi saat ketemuan. Maan… jadi inget dulu pernah beberapa kali di set up sama temen utk semi blind date… Capeee deeh..

    Yasha Chatab

    Juni 18, 2007 at 1:16 pm

  7. “1. Ga bisa memilih?”
    Hoo, selama ini aku kira permasalahan utamanya malah: Gak ada pilihan. :P

    Tapi faktor yang bikin sulit dalam memilih jodoh, hampir mirip juga dengan faktor2 yg bikin sulit memilih karir:
    1. Ga bisa memilih — Buat yg beruntung bisa dapet multiple offer
    2. Ga yakin — “Aduh, nanti kalo aku masuk bidang ini sesuai dengan bidang dan bakatku gak ya…”
    3. Ketakutan yg tidak perlu — “Aduh, katanya kalo masuk ke position ini, perkembangan karirnya cepat mentok”

    Aussie

    Juni 18, 2007 at 1:47 pm

  8. faktor lain adalah Narsis.. alias mengangap spek diri terlalu tinggi / tidak ada yg sepadan, ada tuh 1-2 orang di ktr sy.. hehehe

    gundul pacul

    Juni 18, 2007 at 4:16 pm

  9. “Ga bisa memilih — Buat yg beruntung bisa dapet multiple offer”

    kadang kalau kita nurunin expectacy, pilihan yg muncul jadi banyak lho. tapi ketika kita naikin spec [overclocking] secara gak wajar, dan kita gaulnya kurang, tiba tiba tidak ada pilihan yg ada di depan mata.

    yah, sebaiknya mind set kita memang di seel pada level yg baik. dan sebaik baiknya level adalah yg standar kita. kalau di overclocking, sih, dan dipaksain jalan, emang bisa, cuman ntar timbal baliknya di jalan suka ndak match dan tidak compatible ajah. :)

    wekekekeke

    papabonbon

    Juni 19, 2007 at 1:06 am

  10. saran saya sebelum memikirkan jodoh lebih baik perbaiki cash flow dulu, baru ntar ngadep ke camer jadi enak, dengan catatan kalo emang serius. Tapi kalo sekedar untuk pacaran sih menurut saya jangan terlalu banyak perhitungan. :)

    Cuma jodoh itu sesuai dengan teori investasi yaitu high risk high return, artinya semakin cantik wanita yang ingin kmu dapatkan artinya usahanya juga semakin beresiko jadi banyak saingan, kalo udah gitu saatnya mengukur diri.

    Arjuna Pemalu

    Juni 19, 2007 at 5:03 am

  11. wow .. Bener2 to the Point .. hehe

    rory

    Juni 19, 2007 at 5:28 am

  12. gimana kalo ogut…

    cowo….3 minggu lagi kawin (waaaaks…kenapa time running so fast….!)

    tapi masih ga yakin…? sanggup ga dia ngadepin kelakuan gw yang terlalu “aneh”

    waaaksss…koq jadi ajang curhat gini seh?

    waaaksss…lupa tadi disuruh nelpon tukang cateringnya buat nanya dah beres belom…

    waaaksss…duuuh duit tabungan abis buat kawinan doank…hiks kapaan beli nikon D80 baru…hiks

    celotehnyaradityo

    Juni 19, 2007 at 6:07 am

  13. biasa mas, mendekati hari H biasanya makin banyak “halang rintangnya” huehehehe :) kecemasan lajang y mau melepas keperjakaannya. jadi lumayan paranoid emang :p

    papabonbon

    Juni 19, 2007 at 7:49 am

  14. Perbaiki cash flow? Tapi nanti malah cash flow akan terganggu saat punya pacar? ha ha ha.. Belum lagi kalau pas pesta pernikahan dan memulai rumah tangga!

    Dalam masa lajang, agar market value kita tinggi sebaiknya perbaiki karir dan income sehingga nanti option nya juga lebih banyak.

    Menurut pengamatan pribadi, misalnya kita dulu termasuk geeky dan kurang ‘gaul’ dan pilihannya sempit, maka di usia 25-30 lah masanya pria2 tersebut jaya, karena pada saat yg sama, perempuan seumur sudah mendekati masa2 ‘genting’ untuk menikah.

    Karena itu, siap2 lah utk menuai! Kalau bisa harus memilih di usia 30 thn karena secara fisik pun kita akan makin jadi seperti Oom oom… ha ha ha

    Yasha Chatab

    Juni 19, 2007 at 9:30 am

  15. Cari Jodoh memang susah, apalagi tampang pas2an kantong kempes…
    (Halaahhhh)…..

    komandan

    Juni 19, 2007 at 9:49 am

    • Thanx a lot mr komandan..
      Thanx you very much for ur great sentences

      Alfa

      Juni 22, 2009 at 3:40 pm

  16. Seringkali pikiran kita sendiri yg bikin sulit yak! coba aja sering afirmasi dalam diri dgn self talk: aku akan segera dapat jodoh. Ya, aku segera akan dapat jodoh…Coba praktekkan deh saat mau tidur atau setelah bangun tidur. Selamat mencoba…

    Salam kenal Pak Anjar:)

    Salam Progresif!

    Krisnawan Putra

    Juni 19, 2007 at 10:10 am

  17. cari jodoh, tinggal nunjuk apa sich susahnya…..

    Tole

    Juni 19, 2007 at 10:24 am

  18. Susahnya cari jodoh:
    (1) Kitanya minat ke sang calon, eh calonnya ga minat
    (2) Ada yang minat ke kita, eh kitanya ga minat

    Jadinya belum ketemu-temu deh…

    mathematicse

    Juni 19, 2007 at 12:16 pm

  19. saya setudju dengan papabonbon, harus ada chemistry, ini terbukti dari pengalaman pribadi, mau dipaksakan gimana pun kalo gak ada chemistry tetep susah euy…(ampe skr masih cari yg chemistrynya ada nih…:P)

    mas anjar mau jd distributor lajang neh, boleh2 mas, applynya kemana ya, apa harus send CV….hehehe

    chatoer

    Juni 19, 2007 at 3:12 pm

  20. tips yang patut dipertimbangkan….thanks :)

    liezmaya

    Juni 19, 2007 at 4:29 pm

  21. mas anjar, boleh nih kita sharing…kebetulan aku lg penelitian ttg biro jodoh. ada referensi gak ttg masalah perjodohan ini??? mksh. trusss boleh tau gak, media/situs biro jodoh terlaku bagi para lajang…..??
    thx

    nina

    Juni 20, 2007 at 3:12 am

  22. Nina,

    Pernah dengar Table for Two? Mereka tahun lalu banyak pasang iklan di mana2… Mungkin bisa di Google.

    Terus terang dulu waktu masih kuliah di Houston, saya pernah diminta bantu teman di sana utk menjalankan suatu biro jodoh online, tapi ‘recruitment’ anggota nya dilakukan di club malam. Jadi pake photo dan registration di tempat. Hasilnya: GAGAL TOTAL.

    Mungkin untuk biro jodoh, kuncinya adalah supaya jangan terlalu membuat nya jelas2 adalah biro jodoh. Jadi approach nya ‘pertemanan’. Friendster sukses karena dalih nya ‘teman’. Misalnya namanya Lovester, apakah bisa se booming itu beberapa tahun lalu?

    Yasha Chatab

    Juni 20, 2007 at 4:28 am

  23. oke juga …..

    ekoutama

    Juni 20, 2007 at 7:51 am

  24. 5 alasan apa 3 alasan sih?

    ju

    Juni 20, 2007 at 10:07 am

  25. 2. TAKUT DITOLAK
    3. TDK YAKIN BISA MATCHING/NYAMBUNG/SEIRAMA
    4. BELUM SIAP SECARA FINANSIAL
    5. MODAL KOMUNIKASI KURANG (GA PUNYA BROKER/MAK COMBLANG)
    6. BELUM SIAP SECARA PSIKIS
    7. ………………………………. (Hayo siapa yg bisa nerusin)
    Buat Nina:
    Gampang, referensinya tinggal hubungi Redaksi KOMPAS untuk rubrik KONTAK JODOH, yakin pengalaman mereka segudang.
    Setahu saya yg terlaris ya Kontak Jodoh-nya Kompas, karena penggemarnya mulai dr Low-End ampe High-End lho, dan yg paling penting lagi……GRATIS, TIS, TIS, TIS……
    Coba deh perhatiin deh, Kompas Minggu………………pesertanya seabrek-abrek.
    Cuman mereka itu (Redaksi Kompas), taunya menghubungkan aja, tdk memberikan konsultasi buat Pesertanya, baik Pemasang Iklan maupun Peminat). Jadi soal hubungan lebih lanjut, resiko ditanggung PENUMPANG………… he he he ……………………………………
    Masih mau coba penelitian lebih jauh/dalam? ………………. Tapi butuh sedikit ke-NEKAT-an……………. dijamin hasilnya AKURAT!!!
    Coba pasang iklan/data Nina sebagai Pemasang Iklan disitu nanti akan ada SURPRISE!!! (kalo serius soal Penelitian sih……..)

    Salam.

    Archie

    Juni 23, 2007 at 1:00 am

  26. gua dapet cewek aja belum pernah. gua nggak bisa nglupain cewek dambaan gua.

    kalem

    Juni 23, 2007 at 5:27 am

  27. Mas Yasha,
    kalo gak salah Table for Two sudah tutup. Waktu itu marketing managernya ngumumin di milis.

    fau

    Juni 23, 2007 at 10:26 am

  28. Yang namanya cari jodoh itu harus ada tindakan nyata. Gebetannya harus dicari, ditemukan, dikencani…and guys,gak boleh ada istilah cowok pelit pulsa.Ntar malah dikira punya selingkuhan,sampe lupa ama gebetan yg “sah”. HA HA HAAA! Dan dilamar atuuuh! Kalo cuma affrimasi, mendelik-delik, berdoa,lompat2,kejang2, tapi gak ada tindakan nyata, ya keburu kabur dong gebetan elo. Emang sih perlu berserah pada Tuhan, tapi Tuhan juga ngasih kita khususnya laki2 untuk berani menghadap ortu cewek. Resiko ditolak, emang udah resiko. Tapi kalo cuma bisa menghayal, mana bisa. Mending dihadapi. Berhasil, alhamdulilah, blm berhasil coba berjuang bersama cewek kamu. Paling enggak kan cewek kamu juga ikut berjuang.Kamu gak sendirian. Dan yang penting, kamu udah punya penghasilan dan nunjukkin kerja keras.OK? Selamat bertempur. Ingat, ada Tuhan, kepandaian kamu dan dukungan dari cewek kamu.

    kURCACI

    Juni 24, 2007 at 7:05 am

  29. Mas, kalo biro jodohnya udah jadi, kasih kbr ya…Aku pgn ikutan :-D
    Ngarep banget nih, dpt imam yg baik, sabar, setia, sayang ama keluarga, ngga neko2 n mapan tentunya, hehehe.
    Amin…Amin…Amin

    neng disan

    Juni 24, 2007 at 1:40 pm

    • Kontak jodoh Muslim khusus bagi yang serius ingin menikah.
      fitur terlengkap
      - Pencarian jodoh dengan foto.
      - Melihat nomor HP dan telephone.
      - Mengirim pesan ke sesama anggota.
      - Chating dan bisa WebCam untuk melihat calon pasangan anda.
      - Gratis SMS pemberitahuan bila ada pesan dari sesama anggota.
      - Layanan Customer Service yang siap membantu
      - Anggota adalah pencari jodoh yag serius bukan iseng-iseng

      Jodoh Online Muslim

      Januari 12, 2011 at 12:07 pm

  30. ditunggu biro jodohnya. kalau bisa yang super manjur dan gratis…

    munggur

    Juni 25, 2007 at 2:10 pm

  31. EHmmm….menarik jg ceritanya.
    Aku lg nyari jodoh nih
    ^_^
    Uda kerja dan mapan
    umur 24

    Dodit

    Juni 25, 2007 at 2:40 pm

  32. [...] saya, sebagaimana pernah diulas dalam 5 alasan mencari jodoh sulit, permasalahan yang dihadapi cowok adalah tidak bisa memilih dan permasalah bagi cewek adalah tidak [...]

  33. [...] yakin dengan calonnya (khususnya bagi perempuan) 3. Ketakutan yang tidak perlu 4. … 5. .. Lima alasan mencari jodoh itu sulit (32 comments) “Dari ribuan SMS yang masuk ke HP saya, SMS terbanyak itu konsultasi masalah mencari jodoh, [...]

  34. *Cari jodoh itu harus nyang cantik/ganteng.
    *Ortunya ndak bawel…
    *Ortunya tajir, agar dapet warisan nyang ndak abis 7 turunan 9 tanjakan…

    http://mbelgedez.wordpress.com/2007/09/27/ratu-adil-memang-ada/

    mbelgedez

    September 27, 2007 at 10:52 am

  35. * Kalo masalahnya ga yakin / ga bisa memilih -
    Kadang terlalu banyak pertimbangan bisa jadi masalah juga.
    Yang penting mau diajak berjuang bersama, terus ga neko-neko (ngerti keadaan pasangan), trus ada “stroom” walaupun cuma byar pet byar pet,. udah .. jalan aja. Kalo looking for the perfect one mah kelamaan,.. keburu expired hehehe..

    kriswicaksono

    September 27, 2007 at 12:55 pm

  36. hmm,komitmen :)

    pinkyangga

    September 27, 2007 at 4:09 pm

  37. Komitmen apakah berarti setia, cukup setia saja????

    AL

    September 28, 2007 at 12:23 am

  38. Aduuh aduuh… isi blog yang ‘gue banget’ deh.
    Sarannya… ‘klo ada yang matching langsung sikat aja’ gitu???

    thanks sarannya. saya jg terlalu paranoid nih…

    probo

    September 28, 2007 at 7:16 am

  39. sikat…sikat…
    emangnya criminal cat??? (baca : kucing garong) – main sikat maen embat sapa yg lewat…
    hehehehe…..

    ya pilah-pilih perlu lg mas..,
    emg mau ngabisin sisa umur hidup elo dgn org asing, org kaku, org dari planet mars??

    gw setuju, klo kuncinya chemistry & komitment.
    kalo dah ada jangan dilepasin, coz kesempatan gak dateng 2x.

    gw jg setuju, klo nikah harus mapan dulu.
    bukan berati punya mobil&rumah plus sekarung emas berlian.
    maksudnya punya penghasilan cukup, bisa ngehidupin ANAK+ISTRI dgn LAYAK.
    jangan sampai terjadi praktek pendzoliman thd anak-istri kita gara2 kita gak bisa mencukupi kehidupannya.

    secara kita pria = pemimpin keluarga!!
    malo dong nikah modal cinta tapi pengangguran tanpa hasil…
    piss ah….hehehehe

    raden_arya

    Oktober 1, 2007 at 5:39 am

  40. semalem ortu dah nanyain… kalo aku gak ada pacar/ calon/ jodoh.. katanya mo dijodohin sama orang keraton… wadoooooooh

    sori.. jadi curhat.

    vldd

    Oktober 1, 2007 at 11:26 am

  41. dicoba aja siapa tau cocok :D

    yana

    Oktober 1, 2007 at 4:18 pm

  42. wah kok sama masih pada pusing2 nyari jodoh tho kangmas Ndiajeng2 ini sekarang tue jalanin ama jangan banyak memilih . ntar malah ga kepilih lho…
    iya spakat deh bwt kasih fasilitas nyari balon suami yang sholeh nie…
    Kloo dah niat ama ada yang mau ngapin nunggu ntar dsrobot sama yang lain lho..akhirnya nangis 3 hari deh..ato 3 bulan tue…h..h…

    nur'aini,26 th

    Oktober 21, 2007 at 2:18 pm

  43. boss klo pasangan dah ok tp ortu lom bisa kasi izin gimana? apa ada solusinya buat yang kayak ginian. apa pendekatan yang bisa dilakukan. terimakasih atas advisenya :)

    kerowkhan

    November 3, 2007 at 4:44 am

  44. sekarang ini kan banyak banget tuh janda-janda baru..
    nah ditimbang dari untung ruginya apa aja ya buat kita yang masih perjaka “ting ting” ini?

    berilmutapitakpandai

    November 13, 2007 at 2:52 am

  45. duh umur dah segini , blom ada yang ngelamar hiks……
    ada yang salah di gw……

    bocahgals

    November 13, 2007 at 5:09 am

  46. Membaca alasan mencari jodoh itu sulit, kesannya seperti yg belum mendapat jodoh itu orang yang bermasalah.
    Padahal jodoh itu sebenarnya ketetapan yg sudah ditentukan sama Allah. Biarpun sudah pacaran atau lagi pacaran kalau ketetapan untuk menikah belum tiba, biasanya ada halangan. Dari yg ga yakin mau dengan pacarnya, pacarnya tiba2 putusin atau hal2 lain. Tetapi kalau pas waktunya, biarpun baru 3 bln kenal pun bisa saja langsung mau menikah. Bagi yg belum menemukan jodoh/sulit dapat pasangan yg cocok tidak perlu mempermasalahkan atau menyesali diri karena setiap org memang jalan hidupnya berbeda2. Ada yg memang dimudahkan dapat jodoh, ada yg harus bersabar karena blm ketemu yg cocok atau jodohnya belum nongol. Selama sudah berusaha mengisi hidup dengan benar dan bisa bermanfaat serta memperbaiki kekurangan, waktu untuk dapat jodoh pun akan datang pada saat yang tepat. Insya Allah.

    akhwat

    November 21, 2007 at 8:37 am

  47. @ akhwat
    plus ama berdoa kan :)

    wawa

    November 21, 2007 at 12:30 pm

  48. mau mencari jodoh yang baek, seiman,berpendidikan,pekerja

    Novayanti

    November 24, 2007 at 5:42 am

  49. stuju…! stujuuu…!!!
    chemistry is da key…
    momentum is da element..
    juz wait in a happy n cheering mode… the happily ever after shall then come 2 u..

    ima ayu

    November 26, 2007 at 10:00 am

  50. yup banget deh, cari jodoh mesti ada chemistrynya biar semanget en bikin bergairah,kalo ga ada chemistrynya sama aja membohongi diri sendiri, gheto loch….so jgan terlalu ngoyo2 bgt cari jodoh, ntar juga dateng sendiri kok, santai aja man!!!!!!

    senyum itu ibadah

    November 26, 2007 at 11:15 am

  51. nikah tuh menyempurnakan separuh iman
    nikah tuh membagi dua penghasilan
    nikah tuh menyempurnakan utang tu resepsi

    hayo pilih yang mana????

    pw

    Desember 18, 2007 at 4:49 pm

  52. ….hai lelaki jika kami ingin menikahiku, keimananmu(masuk islam) adalah mas kawin yang kuminta….

    hebat y wanita2 jaman nabi dahulu

    pw

    Desember 18, 2007 at 4:51 pm

  53. yang bikin sulit nikah salah satunya perbedaan suku
    misal cowok jawa dengan cewek sunda….susah tuh

    pdhl dalam islam…..semua manusia sama yang beda takwa

    pw

    Desember 18, 2007 at 4:53 pm

  54. walaupun beberapa madzab mengizinkan menikah tanpa wali tapi restu ortu yang paling menyebabkan orang gampang atau sulit seseorang itu menikah.

    bayangkan jika seorang calon mertua bertanya kepada calon mantunya : KERJA DIMANA NAK???

    susah njawabnya kalo calon mantu cuma guru ngaji yang hafal al quran dan hadits

    harusnya calon mertua tanya : “dah hafal berapa juz nak? klo dah banyak hafalanya silahkan nikahi anak saya..”

    he2…..mustahil kan???

    hidup ortu kita yang sebagian besar materialistis

    pw

    Desember 18, 2007 at 4:57 pm

  55. mas priandoyo salam kenal

    saya cuma ingin nambahkan yang bikin sulit jodoh tu biasanya ortu… cos yang nikah anaknya tapi yang pilih ortunya (biasanya)…. emang yang mau nikah ortu pa kita??
    tapi ortu kita tetap harus kita hormati

    mas praindoyo
    saya cuma ingin menambahkan klo yang namanya jodoh tu adalah wanita yang kita nikahi…. klo wanita yang kita pacari dan akhirnya tidak jadi nikah ya itui namanya bukan jodoh…hhee

    pw

    Desember 18, 2007 at 5:00 pm

  56. setuju, kita harus berusaha dengan serius dalam segla sesuatu, termasuk mencari jodoh, untuk itu kunjungi situs biro jodoh online : ecomblang.com seudah terasa manfaatnya oleh kami

    ruby

    Januari 15, 2008 at 5:13 am

  57. katanya jodoh, rejeki dan sudah ditentukan oleh Allah. Tinggal kita menjemputnya aja. Tapi saya juga bingung, gimana menjemputnya, sekarang aja saya masih bingung siapa sih jodoh saya. Sudah berusaha kesana kemari, kenalan sama beberapa gadis eh ternyata hilang begitu saja. Dianya sreg aku yang gak sreg. Aku sudah sreg gantian dia yang gak sreg, jadi bingung aku. Sudah beberapa kali sholat istikharah untuk minta petunjuk, eh masih bingung juga. Perasaan dulu pernah dikasih petunjuk lewat mimpi bertemu dengan dia, memang sih si dia yang kutaksir selama ini. Tapi juga masih bingung lha yang ditaksir kok nggak ada respon sama sekali ke aku. Cuek-cuek aja. Dikasih perhatian ya tetep cuek bebek aja. kadang aku bingung apakah dia jodohku ya Allah, jangan buat aku bingung dong. :) Atau petunjuknya yang salah kali ya? Kadang aku mikir juga, aku jauh-jauh cari jodoh, eh barangkali aja jodohku ada di depan mata yang selama ini kuabaikan. Tapi aku yakin petunjuk dari Allah tidak akan salah. Jodoh memang misteri. Tapi bener kok yang dikatakan, kalau memang sudah jodoh pasti akan dipertemukan juga. jodoh tidak akan lari kemana asal kita mau berusaha dan tidak tinggal diam. Setelah berusaha baru kita tawakal. Serahkan yang di atas. Kalau dia memang jodoh pasti akan kembali ke kita, kalau tidak ya lupakan aja dan cari yang lain. Toh wanita di dunia tidak hanya dia saja.

    maspurw

    Januari 17, 2008 at 11:41 am

  58. Buat teteh-teteh yang susah mencari jodoh, silahkan ke daarut tauhid kebetulan saya sedang mencari istri yang ke-3.. dijamin puas sama AA mah…

    :)

    AA Gym

    Januari 25, 2008 at 8:39 pm

  59. halaaaahhhhhh

    gitu aja kok repot…..

    cuman 3 langkah doang kok yang kita2 harus jalanin
    1. KOLEKSI = yang agak banyak
    2. SELEKSI = jangan terlalu perfeksionis
    3. RESEPSI = jangan nyewa gedung yang terlalu mahal…tar bangkrut…
    wkkwkkwkkww

    jujur gw aja masih bingung ma pernikahan…walau gw skrg udah kerja di salah satu BUMN yang bergerak di bidang kebandarudaraan..n gw dah jalan 2 taun ma cewek gw…doi kerja n kuliah…gw juga sambil kuliah lagy….

    gw ngejanjiin pas gw lulus kuliah baru gw mau nikah….

    jujur gw deg2an banget pas mau tunangan…gw takut n nervous

    beralasan gak syh gw??

    DON JUAN

    April 13, 2008 at 10:31 am

  60. maspurws…
    he he he.. idem kita dunk…? gitu deh, pdhl udah ga milih2 kok tapi emang dasar aja si jodoh masih dasar dodol alias emg lom ditangan yak ha ha ha…..

    cece

    Juni 13, 2008 at 5:23 am

  61. setuju dengan maspurws…
    jaodoh memang misteri
    awalnya setelah 2 tahun lulus and kerja diajak nikah ma pacar aq…
    tapi di minta aq ga boleh kerja. so aq belum siap akhirnya di perpanjang rencana nikahnya (alias ditunda ) eh…pas udah mantap ada masalah besar yang berujung “bubarnya” hubungan kita yang udah dibina 6 tahun 3 bulan.
    Habis itu bikin aq trauma…masalahnya udah sampe persipan segalanya bo…
    aku benci banget ma yang namanya “laki2″
    kuhabiskan waktu aq untuk bekerja dan setiap ada laki2 yang suka and dekatin aq aq ladenin dan aq jadikan permainan alias mainin perasaan dia, lambat laun seiring jalannya waktu aq ketemu seseorang yang menyadarkan aq tapi…dan sampai sekarang aq sedang mencari pencamping hidup yang pas tapi belum ketemu juga. Ga terasa kuliah S2 aq selesai and aq belum juga dapet pendamping hidup…
    waduh…aku mulai bingung…waktu terus berjalan, ortu and keluarga nanyain terus…kapan nikah….
    ada yang bisa bantu cari kandidat yang baik ?

    Maniez

    Agustus 1, 2008 at 2:42 am

  62. tulisan di blog ini bermanfaat bgt bagi lilis, semoga lilis bisa ktmu jodoh lilis secapatnya. Klo ada yg brkenan membantu tuk nemuin jodoh lilis pasti hppy bgt lilis :)

    lischantik

    Agustus 16, 2008 at 12:15 pm

  63. Assalamu ALaikum,
    SAya punya temen pria orang Pakistan sedang mencari jodoh wanita shalehah orang Indonesia. Nah saya mau bantu daftarkan dia di kontak jodoh Daaruttauhid, bagaimana caranya Ya?
    Usianya sekarang 28 Tahun, sebagai Tenaga ahli IT bekerja di Wateen Lahore, mohon format atau prosedur supaya dia bisa ikutan kontak jodoh Daaruttauhid

    Nur ELi

    Agustus 23, 2008 at 12:30 am

  64. Assalamualaykum wr wb saudara semua..

    Setitik embun membasahi dedaunan dipagi hari
    Seperti itulah cinta akan tumbuh bersemi..
    Membangun mahligai rumahtangga trgantung diri anda sendiri
    Anda yg menjalani
    Anda&pasangan anda yg merasakan.

    Kenalilah dirimu sebelum km kenal Tuhanmu
    Kenalilah wanita sebelum
    Kenal pasangan hidupmu

    Selamat berjuang para pencari ridho Allah swt melalui menyegerakan menikah..

    Salam semangat

    Susy Lestari, 23
    083891006733
    081384059341

    Lestari

    Februari 1, 2009 at 2:23 am

  65. Wah bingung ya………………
    Emang mbingungi
    Sama kyak aq…………………
    Mo diminta ma orang kaya takut cz g sebanding…….
    Ma orang alim takut cz ilmunya itu lho bikin aq sungkan ma dia………………………..
    Jadi mang bener cari orang yang biasa2 ja.
    Penting bisa ngertiin kita pa adanya,
    ya g?????????????????

    Isnaini Zumaroh

    Maret 13, 2009 at 9:07 am

  66. Jodoh…??? dimanakah dirimu….
    I’m looking for you….

    Eva

    Maret 25, 2009 at 2:51 am

  67. @ eva,………….. I’m Here,.. Have been waiting for so long ,…

    joko

    Maret 25, 2009 at 3:33 am

  68. Kak anjar bleh dong crikan aq jodoh..Aq usia 26 udah gawe dbidang ksehatan + skrg lg mlanjutkan kuliah di s1 keperawatan.asal jg probolinggo sm kyk mb dina.smp skrg jg blm dapat jodoh ne..udah cpek yg namax pcaran bukanx dpt pahala tp nambah dosa yg mau ta’aruf silahkan hub 085749407283..kriteriax umur max 30,pnddkan max s1 paling suka bidang it..udah gawe jg gk ngrokok..yg penting brtanggung jawab,ok dtgg ya kak infox

    Inata

    April 4, 2009 at 8:51 am

  69. jodoh nyebelin ah … he he he

    adios

    April 5, 2009 at 10:12 pm

  70. @ inata,….. yaah udah dapet sisa sisanya doooonksss

    yudi

    April 6, 2009 at 1:56 am

  71. ada yg bilang biasanya kalo cewek uda keburu sukses dalam karir agak lebih susah lagi mencari jodohnya. ga tau ya.

    tresna

    April 6, 2009 at 6:29 am

  72. Huhu jodoh..emg syusah bgt..
    Gak ada kandidat yg bs dpilih gmn donk..??? Jodoh dmn sih kamu knapa gak dtng2..?? Sedihnya…butuh seseorang yg bs ksh support nih.. T_T

    ririn, 21th

    April 16, 2009 at 12:50 am

  73. buat perempuan” dan akhwat” yang beragama islam dan siap nikah, hubungi aku ya:

    0856 48000 949
    hendramaji@gmail.com

    : D

    hendra

    April 16, 2009 at 10:22 am

    • aku hanya bisa minta tolong cariin jodoh donng anja, yang penting orang jawa kalo bisa

      warsini

      November 15, 2009 at 9:31 am

  74. Assalamualaykum semuana..
    Wuiih.. Rame x blog ni dah makin seru j..
    Mmm.. Memang ada baikny menyegerakan menikah.. Klw dah ada&/dah siap..

    Mmm.. Ta’aruf..?? Memang>bae drpd pacaran^_^

    Selamat berjuang para pencari pasangan
    Smg dipercepat&dipermudah dlm menemukan impianmu
    Amin..
    Semangat&sukses ya..!!

    Lestari

    April 21, 2009 at 5:21 am

  75. Ta’aruf melalui biro/website2 kontak jodoh di internet,
    Melalui teman, guru ngaji, knalan via chating,ikut perkumpulan/organisasi jg bs nambah kenalan tuh ^_^,dll
    Bnyk ajang.. Tuk bertemu&berkenalan dgn namany lk2
    So.. Bergaulah&membuka diri serta hati tuk menyambut&menerima kekasih hidup yg suci
    Klw jodoh tak kan kemana
    SEMANGAT..!!
    Semangat..!!
    Klw ada yg berminat dgn duda/jd istri ke 2? Sy ada calon bwt para yg berminat. Syaratny berkerudung/berjilbab y..
    Makasih

    Susy disini^_^
    081384059341

    Setitik embun
    membasahi dedaunan
    dipagi hari
    Seperti itulah
    Cinta akan tumbuh bersemi

    Cinta datang tanpa diundang&pergi tanpa diantar^_^
    Sabar y..
    Jalanin saja dulu..
    Berikan waktu untuk cinta datang menghampiri diri..
    Sukses y..000

    Lestari

    April 21, 2009 at 5:36 am

  76. Bwt para pencari wanita.. Juga semangat y…!!
    Semangat&berani y.. Ungkapin keseriusanmu..

    Sx lg semangat bwt smw
    Para pencari pasangan.
    Baik itu pasang wanita maupun laki2

    SUKSES SMW..

    If u think, u can
    U can

    If u want to something
    U run to get it
    Chayoo..!!

    Lestari

    April 21, 2009 at 5:43 am

  77. Selamat HARI KARTINI…!!!

    Semangat para wanita..!!

    Lestari

    April 21, 2009 at 6:05 am

  78. makin aneh2 aja blognya anjar niih,
    pasangin foto2 nya sekalian aja dah

    jojo

    Juni 23, 2009 at 6:09 am

  79. Memang mencari jodoh atau pasagan hidup harus melalui berbagi pertimbangan karena itu untuk selamanya, akan tetapi janganlah pertimbangan menjadikan beban dan halangan, Manusia tidak ada yang sempurna

    supri jaya

    November 8, 2009 at 11:56 am

  80. ada engak yang tau, knapa table for two tutup? berapa lama yang lalu websitenya masih bisa di access sih, tp sekarang totally engak bisa. kl dating service yang seperti itu lagi, ada apa lagi yah?
    soalnya sih kl pake begituan, dia bisa bantuin yang cocok. juga engak kayak dating service online, tau2nya bukan foto asli.

    grace

    Desember 18, 2009 at 3:30 am

  81. tolong kasih masukan dong..ane juga lg mengalami syndrom “komitmen” ma seorang wanita yg sebenarnya dia “menyukai” saya,,tapi terkadang setelah hati wanita itu terkena “dampak” karena ane emang kalo pas awal2 mengikuti alirannya si “DIA” sampai akhirnya “DIA” itu menaruh sedikit kepercayaan bahwa saya itu merpkn laki2 yang bisa “dipegang” omongannya..dan saya pun merasa ada chemistry dgn dia..namun terkadang saya suka jadi illfeel apabila wanita sudah menanya2 tentang status hubungan dan kepastian..dan akhirnya saya sedikit2 kadang suka mau menghindar tapi terkadang kasian juga krn emg saya sayang ma dia….apakah saya ini ada kelainan..bner2 bimbang and bikin hati selalu terus memikirkan bgmna solusinya….???gmn ya???bingung bgt..

    pendekar pecundang

    Desember 23, 2010 at 12:05 pm

  82. Dengan Technologi Internet sebenarnya mencari Jodoh itu menjadi lebih mudah dan menyenangkan

    yosh

    Desember 25, 2010 at 8:36 am

  83. Aahhh ortu gwe ga setuju ma calon yg aq ajuin, sampe awk ini pusing rasanya.bukan hanya sekali, 2 kali bray. Sempet dijodohin jg tp aq paksain hati ini ko ga tune in-tune in ma cewek ini. Msh saja kebayang cew gwe yang terakhir. Gak ngerti musti gmn lg, ati gwe udh terlanjur mancep ma cew gwe, anjrriiittt… Gwe pusiiiingggg….!!!!!

    bayu

    Mei 22, 2011 at 9:01 pm

    • Coba lah untuk bersikap lebih dewasa dan bertanggungjawab. Jodoh itu adalah keputusan anda, bukan orang tua anda.

      Anda yang akan seumur hidup menghabiskan waktu dengan pasangan anda, bukan orang tua anda.

      Kalau membuat keputusan secara mandiri saja anda tidak bisa, mungkin memang belum saatnya anda menikah.

      adhi

      Mei 2, 2012 at 2:58 pm

  84. Ngemeng aja …..

    rinku

    September 10, 2011 at 2:12 am

  85. cewek lg nyari calon suami, hub: 083164482727

    Wie

    Desember 8, 2011 at 4:11 pm

  86. duda anak satu mencari istri

    kosdi

    Maret 16, 2012 at 11:40 am

  87. pengen sih cepet dapet jodoh, udah kenalan ama cewek tapi gak ada chemistry nya mulu…emang maslah jodoh lebih urgent dari naiknya bbm

    heru

    Mei 2, 2012 at 12:51 am

    • Kalau tidak ada chemistry, mendingan ditunda. Jodoh tidak lebih urgent dari BBM. Jodoh adalah orang yang akan menemani anda seumur hidup dalam suka dan duka. Dalam menikah, akan lebih banyak pengorbanan daripada kesenangan. Maka itu nikahilah orang yang benar-benar anda cintai, niscaya semua pengorbanan itu akan ikhlas anda lakukan.

      adhi

      Mei 2, 2012 at 3:01 pm

  88. Pin BB 27626BDE

    suji lee

    Agustus 20, 2012 at 9:14 am

  89. Wahh Bagus artikelnya mudah-mudahan bermanfaat untuk para pembacanya, bolehkan aq curhat di blog ini.
    seiring dengan bertambahnya usia sy ini saya masih belum menikah. Alasan yang menghalanginya itu saya tidak memiliki apa-apa, belum pernah pacaran, dan takut menyakiti hati wanita. Mudah Allah mempertemukan jodoh yang menerima aq apa adanya, jujur, baik, pengertian,shaleha. Insha Allah saya akan berkomitmen dan bertanggungjawab , AMIN (Sujianto-081910565111)Bandung

    suji lee

    Agustus 20, 2012 at 9:50 am

  90. Yaaa itu memang sulit di cari jodoh krena jaman skrg semua org memiliki gensi yg tingggi namun sulit buat yg ekonomisnya rendah untuk memenuhi persyaratan gensi tsb hhhahahahahahaheeeee slm buat smua By Leoconsoa@yahoo.com (+67077182793) in Dili Timor Leste

    Cleofas da C. soares

    Desember 13, 2012 at 11:45 am

  91. Criin sya cwe dnk yg setia,sopan,jujur punya mobil dn rumh umur 18-28 hub087780493304 tlp aj sesama xl oc sya tunggu

    Andy satria

    Juli 17, 2013 at 9:53 am

  92. nyari jodoh dan rejeki memang susah. gw umur nya 35thn blm pernah pacaran. gw nganggur 10thn. yg bkin hal itu menimpa gw krn gw pendiam, lugu dan fisik gw lemah. shg gw kalau nyari jodoh dan rejeki diremehkan dan dibodohi org. jd org yg fisik nya lemah susah. kalau sekolah, krja, olahraga, nyari jodoh, bergaul jadi bahan ejekan org.

    DALMAGOTH

    September 2, 2013 at 2:27 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 492 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: