Anjar Priandoyo

Struktur gaji di EPCI

with 582 comments

Mohon dibahas untuk struktur gaji di EPCI (Engineering, Procurement, Construction, Installation) seperti di McDermott, Tripatra, Rekayasa Industri, Technip, Saipem dll. Sekaligus dengan prospek karirnya (mungkin juga kemungkinan loncat2nya ke owner baik oil & gas atau telco). Banyak yang membutuhkan data tentang epc tapi sulit mendapatkannya
Andhy di Telco vs Oil vs Banking

Baca juga: Gaji di perusahaan minyak, dari kacamata non Mining graduate

Ada yang ingin komentar? dari sisi Mining related graduate mungkin?

About these ads

Written by priandoyo

Juli 31, 2007 pada 7:14 am

Ditulis dalam Standar Gaji

582 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. kebetulan ada teman yang pernah magang di kanada, gajinya aja udah injak sekitar 3000 dollar kanada/bln

    Fendy Siamala

    Juli 31, 2007 at 7:42 am

  2. Salam Kenal,
    Bapak Anjar mohon dibahas juga standar gaji untuk airlines.
    Terima Kasih banyak

    hamidah

    Juli 31, 2007 at 10:58 am

  3. Mungkin dari company2 yang disebut tadi bisa digrouping lagi secara lebih spesifik biar apple-to-apple comparisonnya.
    Local EPCI Contractor (Onshore):
    - IKPT
    - Rekin
    - Tripatra
    - Truba Jurong, etc.
    Foreign EPCI Contractor (Offshore):
    - Saipem (punya kemampuan engineering semenjak mergernya Sofresid ke tubuh Saipem, tapi tidak punya Fab Yard, biasa join dengan Gunanusa, Kalirayasari, etc.)
    - McDermott (full EPCI, punya Fab Yard di Batam)
    - SMOE (full EPCI, punya Fab Yard di Batam/Singapore)
    - Nippon Steel Construction Indonesia/Nisconi (engineering via sub-con, punya Fab Yard di Batam)
    Foreign Engineering Contractor (Consultant):
    - Amec Berca Indonesia (ABI)
    - Kellog Brown & Root (KBR)
    - Worley Parsons (d/h Ceria Worley)
    - Technip (untuk di Jakarta hanya punya kemampuan E&P, C&I biasanya joint dgn company lain)
    - Wood Group Indonesia (WGI)
    Untuk prospek loncat ke owner macam COPI, Total, Chevron, Santos, Hess, Premier Oil, ENI, Star Energy, Exxon, CNOOC, KODECO, Petronas, etc. saya rasa dari semua lini berkesempatan sama akan tetapi paling tergantung dari kemampuan individu ybs. Yang jelas pengalaman bekerja di salah satu company yang disebut diatas merupakan advantageous value bagi terbukanya jalan untuk berkarir di owner & nego gaji yang cukup memuaskan.
    Urutan EPCI company yang saya cantumkan diatas bisa dijadikan “rough reference” untuk rangking salary yang merupakan hasil survey dari rekan2 saya yang sudah berkarir disana.

    papibonbin

    Juli 31, 2007 at 12:50 pm

    • ada ga ya lowongan untuk civil drafter,,,pap

      ryan

      Agustus 6, 2010 at 2:48 am

    • ada kah vacant di dcc, sebelumnya pernah join selama 1,4 th

      mochtar

      September 16, 2010 at 9:22 am

  4. Kebetulan saya pernah kerja di salah satu EPCI lokal. Gaji biasanya tergantung dari :
    - Pengalaman, semakin lama pengalaman, semakin banyak project yang pernah diikuti (apalagi ada project yang besar) menjadikan seorang engineer akan semakin ‘mahal’.
    - Lokal/asing, EPCI lokal rate biasanya lebih kecil dari EPCI asing. Banyak engineer yang kerja di EPCI lokal buat menimba ilmu supaya bisa loncat ke EPCI asing. Atau bahkan ke ‘owner’, atau perusahaan Migas.

    lain-lain :
    - Engineer di EPCI kebanyakan di-hire dengan sestem kontrak, untuk pertama kalinya. Ada teman saya justru lebih suka dengan sistem kontrak ini, karena take home pay nya lebih besar, dan bisa ‘loncat’ sewaktu2.
    - Allowance lumayan besar bagi engineer yang ikut dalam fase konstruksi di site.
    - Kadang terjadi kesenjangan antara engineer lokal dan ekspat. Dengan kemampuan dan experience yang relatif sama, engineer expat digaji jauh lebih tinggi (untuk project di Indonesia).

    *…dari pengalaman pribadi yang cuma setahun kerja di EPCI konsorsium Tripatra-Fluor*

    macanang

    Agustus 1, 2007 at 12:56 am

  5. @ macanang:
    Tripatra-Fluor? Sempet kenal sama Hari Syamsir nggak? Cukup lama doski disana, tapi kayaknya sekarang dah “loncat” lagi… :-) Bukannya disitu asiknya oil & gas? he2x.

    papibonbin

    Agustus 1, 2007 at 4:45 am

  6. Loh, IKPT lebih gede ya daripada Rekin. Kalo prospek karir gimana??

    andhy

    Agustus 1, 2007 at 5:49 am

  7. Mas Papibonbin, bahas juga dari segi ownershipnya dong. Truba itu bukannya punyanya ‘tentara’? jelas iklimnya agak beda kan. IKPT vs Rekin? bukannya Rekin punya banyak project diluar Oil n Gas, dibanding IKPT.

    priandoyo

    Agustus 1, 2007 at 6:00 am

  8. Wah, kalau sejauh itu udah bukan kapasitas saya untuk menjelaskan, Mas Anjar… :-) Rekin memang punya bbrp proyek di luar oil & gas (power, infrasturcture, etc.) tapi main business linenya tetap di oil & gas (incl. refinery, petrochemical, etc.) jadinya ya saya masukkan dalam satu grup local EPCI contractor. Soal Truba memang benar, tapi gimanapun kan juga ttp perusahaan lokal. Dan sebenernya kalau bicara ownership saya rasa bakal diversified sekali soalnya Rekin kan juga awalnya BUMN (atau masih? CMIIW).

    papibonbin

    Agustus 1, 2007 at 11:48 am

  9. berikut adalah pendapatku berdasarkan yang aku tahu;
    - kenaikan gaji 3-4% bahkan bisa tidak sama sekali? darimana dapat informasi itu? Gaji awal aku 6.5 jt that was 6 jt years ago; now more than 23 jt nett jakarta based
    - pada dasar-nya gaji lebih besar orang oil and gas karena resiko yang dihadapi dilapangan lebih berat dan beragam (walaupun orang bisa juga meninggal dimana saja) yang saya maksud disini facing pressurize equipment hazardous and mostly remote, keep them away from their family
    -point diatas berpengaruh juga ke orang oil gas yng ditugaskan di kantor jakarta (maksud aku gaji relatif besar) walaupun bahaya yang dihadapi tidak sebesar di lapangan
    -pada dasarnya semua punya kelebihan dan kekurangan tidak ada yang superior baik itu oil/gas, IT,bank, telkom, mining de el el.. semua tergantung selera dan tentunya nasib dan jalan hidup yang dipilih…ybs

    ogut

    Agustus 6, 2007 at 1:19 pm

  10. wah mas ogut ini kerja dimana ya, tapi gaji segitu buat di field apa office jkt base? mantap juga penghasilannya…

    Iya kalo buat oil and gas sekarang lagi bener2 shortage di indon… banyak sekali lowongan di luar negeri, malaysia, timteng, bahkan europe atau aussie dengan rate USD dan benefit yang bersaing….

    rata2 10 tahun experience udah hot selling deh di pasaran… selain itu sekarang kita tinggal nego dengan perusahaan di luar negeri (kalau single status mungkin masih mikir2, kalau family status mah sikat aje) dan dengan itu kita minta kenaikan di perusahaan yang sekarang… lumayan biasanya bisa naik 20-30%

    pindah antar foreign engineering service/consultant company di jakarta juga bisa dapat kenaikan sampai 50% rata2… perang rate…. bahkan sekarang gaji di foreign consultant / contractor sudah bisa menyaingi gaji di KPS… apalagi consultant ini jakarta based sedangkan KPS ini bisa jadi field base… tapi ya itu kembali ke ybs… tergantung orientasi karir nya…. dan dimana perusahaan tempat dia bekerja

    sporesling

    Agustus 8, 2007 at 12:09 am

  11. soal salary di EPCI sebetulnya mostly “beti” saja alias beda-beda tipis saja :-)
    IKPT, Tripatra, Rekin, Singgar, Technip, Truba, PFN (JGC), Worleyparson dll. Maks. Deviasinya rata2 +- 20 – 50 %

    kalau saya bisa pilah kedalam 3 (tiga) karakter EPCI, saya bahas level engineer saja yah:
    1. EPC Contractor Local : Tripatra, IKPT, Rekin, Truba, Gunanusa, Indokomas.
    umumnya salary tidak terlalu besar atau kalau boleh disebut kecil n mepet…:-), apalagi u/engineer “nanggung” (exp<5years). Yang happy yang sekelas PM (project manager), bonus proyek bisa ‘diatur2″ sendiri, fee dari vendor (entah halal apa ‘halam’ itu? :) ) dll.
    salary range: 2jt- 5jt (exp < 5 tahun)
    5jt-10jt (exp 5-10 tahun)

    2. EPC Contractor Asing: McDermott, JGC, Nisconi, Saipem, gaji berdasarkan experiences dan pasaran diantara mereka sama2 tahu lah mereka itu, ga bisa diharapkan naik 100% misalnya, wah itu balik lagi soal competiteveness nya company itu saat bid project….jadi jgn mimpi muluk2 yah kalau pindah masih di company yang ada embel2nya ‘indonesia’…:-)
    salary range: 3jt- 7jt (exp < 5 tahun)
    7jt-12jt (exp 5-10 tahun)

    3. Engineering Consultant: Singgar, Technip, Worleyparson, RPE, KBR, Sofresid.
    salary range: 3jt- 7jt (exp < 5 tahun)
    7jt-12jt (exp 5-10 tahun)

    Mau salary diatas rata2?
    buat bargaining position yang kuat, gimana caranya?
    simple saja salahsatunya menjelang ada penilaian kenaikan gaji, bikin ‘isu2′ akan pindah ke kompetitor, wah coba saja dech, dijamin tokcer! langsung naik gila2an…hehe :)

    salam,@rd.

    @rdcikalmart

    Agustus 30, 2007 at 9:39 am

    • Saya pernah dapat offering letter melalui PT X ke PT Freeport, Papua Nov, 2007, posisi Mechanical, Exp: 5 thn di Chemical (Diploma), Saya mendapat tawaran Basic: RP 9 jt, allowance: Rp 720.000, msh bs OT, Contract 6 bulan, extend sampai 3 tahun. Fasilitas: Ticket PP to Jkt, uang tiba RP 300 rb, ada bonus dan THR pro rate, utk undergroud bonus = 10%, min: 21 hari berturut2, ada pengobatan dan mesh. Valid untuk info, tq

      aliadin

      Desember 24, 2009 at 11:16 am

    • Senior engineernya pengalaman 10th ke atas kok gak dibahas berapa terimanya? sekedar info neh, di JGC 15 jt s/25 jt, di nisconi, 20 jt s/d 35jt, expatnya usd 4000 s/d 10 000. manteb tenan yo Mas, perusahaan lain berapa ya?

      BEDUL TENAN

      Januari 5, 2011 at 10:34 am

  12. Salam kenal

    Pak priandoyo, saya mau tanya nih..

    Saya seorang fresgrad S-1 univ negri di yk, dan saat ini sdg menjalani proses bekerja di salah satu perusahaan manufaktur di batam.

    Pertanyaan saya, apakah gaji pokok sekitar 2.7 jt+tunjangan makan+tempat tinggal(mesh)+tax+overtime+bis karyawan cukup untuk saya menabung tiap bulannya? teman saya bilang uang segitu pas2an u/ biaya hidup di batam.

    Trus jika saya diposisikan sbg supervisor, untuk menempuh level manajerial kira2 diperlukan berapa tahun kerja yaa??

    Mohon maklum karna saya masih blum tau apa2 mengenai batam dan perushn manufaktur.

    Burhan

    September 6, 2007 at 12:28 pm

  13. maaf boleh minta tolong ga? sy seorang mahasiswa yang baru kerja praktek, kebetulan di bidang konstruksi. mau nanya bedanya Construction dan Instalasi di kontrak EPCI apa? setahu saya dua-duanya memiliki arti yang sama. tolong kasih tau dong buat bikin laporan penting banget. Trim’s

    sogi

    September 17, 2007 at 2:36 am

  14. Uhhuuuuu..

    Topik yang sangat menggiurkan.
    Thx Pak Priandoyo..

    Saya stuju dgn info bung @rdcikalmart, klo masalah gaji di EPC lokal semuanya beda2 tipis dari 3.3 – 5 jt (fresh). Tpi klo masuk EPC yang dicari u/ fresh (terutama), jgn nyari gajinya dlu bosss, dah masuk dan pengalaman 2 tahun ja di EPC ntu, dah jadi pertimbangan consultant2 ternama bahkan owner, nah dari situ baru d bicara gaji, jadi yang pertama belajar dlu ja buat fresh, ilmu EPC2 lokal bagus2 kok..
    Ga kalah kaya foreign EPC.

    Sudah terbukti..

    Gw ja nyesel masuk BUMN (-red PLN) krn ilmu kurang berkembang.
    KLo untuk yang fresh dan masih penasaran ma belajar, mendingan ke EPC lokal d, dijamin ilmu lo ga bakal penasaran.

    Sekian..

    Ex-Tripatra ( <6 bulan) ;p

    van persie

    September 18, 2007 at 8:47 am

    • tapi sekarang saya yakin anda tidak menyesal resign dari PLN, karena salary di PLN sekarang sangat menggiurkan…

      dimas

      Maret 20, 2010 at 9:01 am

      • ah, siapa bilang gaji di BUMN yang disebutin mister van persie cukup menggiurkan?
        okelah kalau itung2an nya rate/jam, memang sangat menggiurkan. perusahaan mana lagi yang berani nge gaji di rate 4 jutaan (untuk fresh graduate sarjana/diploma) hanya untuk masuk2in data ke MS Excel? ataupun kerjaannya hanya kasih tanda tangan?
        tapi kita kan berbicara tentang ilmu dan pembelajaran, dan juga kesempatan untuk berkembang.

        sepuputorrres

        September 24, 2010 at 7:02 am

    • setuju pak

      engineer

      April 21, 2010 at 1:33 pm

    • Bener kalo nyari jam terbang susah , tapi kalo stabil itu pasti..bumn gitu lho :) Tapi lama2 bosen juga ngadepin kerjaan excel engineer

      lulu

      September 25, 2010 at 11:01 am

  15. ech yng bener ja,, lo lo pada bisa masuk EPC aja untung,, pa lagi enginner2 frez,, pada sok,, pa lagi yg pada PDS elbow 90 swing, stainer yg gmna,? pada ga tau, orang kerja’an nya pada masuk’in data dr vendor aja pd minta gaji,, gede,, pengalaman dulu dong…
    gw di tripatra di kasig 4.5 blum lembur.., bgi gw sih da gede,. tp sayabg tripatra blum PDMS,,

    XX

    September 24, 2007 at 3:16 pm

  16. PDMS tu apa mas XX?? Mohon dijelaskan. Sistem lembur di epci juga seperti apa?? Soalnya setau saya kalo lagi gak kerja/ada proyek, di kantor bisa santai banget. So, dapet lemburnya bagaimana?? Mohon pencerahannya….

    fathonezic

    September 26, 2007 at 2:41 am

  17. Mohon pencerahanya nih dari rekan2 yg kerja di EPCI lokal maupun asing.
    Bijimana perbandingan exact rate salary piping designer, pipe stress analysis, dengan WI ? termasuk prospek dari ketiganya ? Denger2 WI tuh udah banyak ya skrg?
    Buat Mas XX, salary segitu dah pengalaman atau fresh?
    Memang bedakah Mas rate salary yg punya keahlian PDMS dgn yg hanya PDS?

    thx for pencerahannya…

    himura

    September 28, 2007 at 9:53 am

  18. teman saya baru di terima di EPCI lokal yang disebutkan diatas
    sepertinya untuk fresh 3,5 saja sudah sangat sulit, kecuali dengan bekal lain seperti Piping atau WI. tetapi mereka juga tidak segan2 membayar mahal orang2 yang experience seperti process Engineer nya malah hampir sama dengan gaji manager.
    Untuk MR.Burhan
    standar untuk manufactur memang 1.8 s/d 2.5, dan bagi fresh yang lulusan s-1 posisi minimal memang Asst SPV

    kodox

    Oktober 20, 2007 at 9:31 am

  19. Mas, Piping Designer, Pipe Stress Analysis, WI atau WE lebih berprospek mana ?? dan perbandingan rate salarynya lebih tinggi mana ?

    Thanks…

    HJ

    Oktober 23, 2007 at 2:15 am

  20. [...] | Masa pendidikan 1. NokiaSiemens | Telecommunication | 50? graduate | 3-4 tahun 2. Tripatra | EPCI | – | 3-4 tahun 3. Rekayasa Industri | EPCI | – | 4-5 tahun 4. Excelcomindo | Telecommunication | [...]

  21. [...] Recent Comments Indonesia’s be… on Struktur gaji di EPCIadi supra on Balada (sarjana) tukang ojek…togarsilaban on Prospek kerja Pegawai Negeri S…7 [...]

  22. @fathonezic:
    PDMS itu singkatan dari Plant Design Management System, software yang digunakan untuk 3D modeling di proyek2 oil & gas (umumnya) baik itu offshore maupun onshore. Selain digunakan untuk memvisualisasikan plant/platform secara 3 dimensi, dengan PDMS kita bisa melakukan clash-check & juga men-generate MTO (material take off), membuat animasi/simulasi pada saat proses instalasi (float-over misalnya), etc.

    papibonbin

    Oktober 26, 2007 at 3:24 pm

  23. Mas Papibonbin, terimakasih sharing ttg PDMS-nya. Dimana ya Mas saya bisa ikuti training & pelatihannya?
    Hmm…dan juga dimana ya saya bisa dapat software cracknya :-), maklum mahasiswa Mas he…

    Salam

    Rurouni

    Oktober 31, 2007 at 5:48 pm

    • Kalau mau belajar di jkt ada sekali masuk 12jt, cuman sayang uang segitu, lebih baik belajar sendiri, aku punya sofware $ panduann belajarnya.
      kalau mau aku bagi…………gratis.

      SalamunAllaikum
      Cahyo_s

      cahyo.saputro

      Maret 29, 2011 at 7:13 am

      • Saya mau dong dikirim via email steelscout.indonesia@gmail.com

        thanks
        Silvester

        silvester

        Maret 29, 2011 at 7:55 am

      • mau dong mas software and panduan belajarnya…thx…

        agus fitri indratno

        April 6, 2011 at 2:56 pm

      • salam kenal mas,

        saya ahmad, sekarang saya bekerja di Engineering section tapi belum punya keahlian PDMS. Tolong dong mas saya di bagi ilmu dan software-nya ke ahmadghozali007@yahoo.com

        Terima kasih…

        ahmad-surabaya

        April 18, 2011 at 8:15 am

      • mau juga donk kang…PDMSnya…

        safii

        Mei 18, 2011 at 3:48 pm

      • oke banget tuh bro…
        boleh kirim dimari dong….
        daddun2008@gmail.com

        kalo ada sedikit masalah yg mau ditanyain, boleh japri gak..??

        dandandan

        Juli 19, 2011 at 2:56 am

      • salam kenal mas cahyo,
        mau banget tawaran PDMSnya…ditunggu kirimannya via email efenings@gmail.com

        fransiska ning

        Juli 20, 2011 at 6:11 am

      • saya maubelajar PDMS juga mas
        kalo boleh, minta juga ya mas
        bimo.engineer@gmail.com

        terima kasih, kami tunggu

        bimo

        Agustus 2, 2011 at 4:24 am

      • mas, saya boleh dikirimkan juga software PDMS dan panduannya mas, saya kebetulan sekarang sedang bekerja di Oil & Gas Company dan membutuhkan pengetahuan untuk membuat design ONSHORE project.
        mohon dibantu dan dikirim ya mas
        ini email ku : teknikfisika@yahoo.com

        Best Regards,
        Fachmi

        Fachmi Eka

        Oktober 19, 2011 at 8:20 am

      • mas, saya boleh dikirimkan juga software PDMS dan panduannya mas, saya kebetulan sekarang sedang bekerja di Oil & Gas Company dan membutuhkan pengetahuan untuk membuat design ONSHORE project.
        mohon dibantu dan dikirim ya mas

        ini email ku : teknikfisika@yahoo.com

        Best Regards,
        Fachmi

        Fachmi Eka

        Oktober 19, 2011 at 8:22 am

      • Mas, saya masih freshgrad ne..boleh minta softwarenya? kirim ke email saya syamsul.bachri.che@gmail.com sekalian belajar2 sambil nglamar kerja …trims

        Syamsul

        Oktober 20, 2011 at 1:42 pm

      • mas mau dong software PDMS nyaaaaa,,,,tolong kirim ke novilevanda@yahoo.com

        novil evanda

        Desember 13, 2011 at 4:16 pm

      • mas sekalian minta master software PDMS dong. kirim ke setyo.wirawan@gmail.com
        makasih ya mas

        setyo wirawan

        Desember 24, 2011 at 5:28 pm

      • krim jg ya mas ke : varayya_assasin@yahoo.com

        Thanks mas..

        ivann

        Desember 26, 2011 at 6:09 am

      • assalamnualaikum, salam kenal mas cahyo, saya mau banting stir ke oil&gas mohon dikirimi software pdms & panduannya mas, makasih
        Firdaus

        firdaus

        Desember 30, 2011 at 5:29 pm

      • salam kenal mas cahyo..
        saya kebetulan fresh graduate dan terrtarik kedunia oil and gas..
        mohon bantuannya software PDMS nya mas dan buku panduannya..
        trima kasih sebelumnya mas..
        adhy_antek@yahoo.com

        adi

        Januari 7, 2012 at 4:26 am

      • ikutan nimbrunk juga mas cahyo..mau juga bagi panduannya
        emailku ” deecha_pipe@yahoo.com ” thanks

        andika

        Januari 19, 2012 at 11:26 am

      • saya mau dong, mas..PDMS n tutorialnya
        jabbar_majid@yahoo.co.id

        theelt4ever

        Februari 10, 2012 at 2:31 pm

      • saya butuh banget mas tutorialnya kalo bisa tolong dicopy ke email suwito1986@yahoo.com

        wito

        April 2, 2012 at 4:11 am

      • Mas Cahyo, kalau masih ada link PDMS nya please share link untuk sofware dan tutorial nya ya
        di rickyfiandri@gmail.com

        Makasih

        ricky

        April 11, 2012 at 1:11 am

      • salam kenal mas cahyo..
        saya kebetulan fresh graduate electrical engineering dan terrtarik kedunia oil and gas..
        mohon bantuannya software PDMS nya mas dan buku panduannya..
        trima kasih sebelumnya mas..

        tolong dikirim via email rizksmile@yahoo.co.id

        Rizki

        September 12, 2012 at 6:09 pm

      • mas saya minta dong software dan panduan pdms nya,ke zsyarimuda@yahoo.com

        thanks
        zery

        zery

        Desember 9, 2012 at 3:05 pm

      • SALAM KENAL To mr Cahyo yg baik hati,kebetulan sy lg belajar program PDMS otodidak tp sy agak kesusahan cari buku panduanya, kalo boleh bagi bagi ilmunya? tolong kirimi sy ya
        buku panduan belajarnya,via Email Wahyudinrahma@yahoo.com.terimakasih banyak sebelumnya

        wahyudin

        Maret 18, 2013 at 5:51 pm

      • SALAM KENAL To mr Cahyo yg baik hati,kebetulan sy lg belajar program PDMS otodidak tp sy agak kesusahan cari buku panduanya, kalo boleh bagi bagi ilmunya? tolong kirimi sy ya via Email.Wahyudinrahma@yahoo.com.
        terimakasih banyak sebelumnya &sy tunggu

        wahyudin

        Maret 18, 2013 at 5:56 pm

      • Maaf ngulang

        SALAM KENAL To mr Cahyo yg baik hati,kebetulan sy lg belajar program PDMS otodidak tp sy agak kesusahan cari buku panduanya, kalo boleh bagi bagi ilmunya? tolong kirimi sy ya via Email.Wahyudinrahma@yahoo.com.
        terimakasih banyak sebelumnya &sy tunggu.( 082324878820)

        wahyudin

        Maret 18, 2013 at 6:06 pm

      • Assalamualaikum., boleh bagi dong mas cahyo saputro PDMSnya
        rifkigazali@ymail.com

        Terimakasih

        ripki

        April 5, 2013 at 1:00 pm

      • di kantor saya kerja sering banget ada yg minta PDMS, boleh dong bagi untuk tuntaskan rasa penasaran saya dgn PDMS, selama ini cuma pake CAD…. mohon kirim ya ke insansony@gmail.com
        trims

        Sony

        Desember 23, 2013 at 7:22 am

    • bedanya pdms sama auto pipe itu dimana ya?

      maklum gak tau.(masih blajar juga)

      wall_@

      Agustus 16, 2011 at 7:55 am

      • Salam kenal, dulu saya buat buku panduan PDMS sekaligus ngajar training PDMS. Jika ada yang berminat hub saya di abu.hanifa@gmail.com atau sms di 083891223595 (Herry)

        Herry

        Februari 8, 2012 at 6:26 am

  24. Pak Papi, mohon pencerahannya dong bidang piping ini prospek kedepannya bagaimana ya?
    Kalau tidak salah dengar piping itu terbagi-bagi lagi ya, diantaranya Piping design & Pipe stress. Mohon masukannya Pak, perbandingan prospek kedua bagian tsb.

    HJ

    Oktober 31, 2007 at 5:52 pm

  25. terima kasih mas papi, mas anjar dan nara sumber lainnya

    sangat membuka wawasan untuk saya yang baru lulus ini (merkipun bidang saya sama sekali ngak ada hubungannya)

    cinda

    November 1, 2007 at 3:43 am

  26. mas2 dan pak2
    saya fresh graduated ketrima di salah satu epc asing di indonesia
    posisi saya jadi rotary engineer trainee

    gimana tuh prospeknya di masa depan??

    benar gak sih rotary engineer tu masih jarang??

    kok gaji saya dikit ya?? selama 1tahun cuma…..rhs

    klo ada proyek,,pegawai dapat insentif apa tidak ???
    atau gajinya sama aja??

    pw

    Desember 18, 2007 at 4:34 pm

  27. kmaeren aq juga ikut tes sis, antam, dan harita

    dari ketiga perusahaan tamban itu mana yang bagus???

    kenapa perusahaan tambang tidak memakai jasa epc??

    pw

    Desember 18, 2007 at 4:36 pm

  28. satu lagi nanya pak2 mas2

    mungkinkah seorang yang punya buta warna partial bisa keterima di oil gas company or epc

    klo oil gas company tidak menerima buta warna partial, tamatlah karir dan cita2ku tuk kerja di oil dan gas.

    anehnya pertamina da syarat bebas buta warna
    tamatlah cita2ku….

    emangnya kita itu melukis di oil gas??ndak kan??
    kok harus pakai syarat bebas buta warna??

    mohon infonya dari mas2 dan bpk2 yang ernag kerja di oil dan gas apa ada yag buta warna partial???

    mohon bimbinganyya

    pw

    Desember 18, 2007 at 4:39 pm

  29. senang mas pri ternyata ada bahasan mengenai gaji dll, saya mau tannya , pengalaman 10 th spv. kalo mau loncat ke level manager tempat lain standard gaji brapa ya permintaanya ?
    trims sblmnya

    samsudin

    Januari 9, 2008 at 10:00 am

  30. Assalamualaikum..
    Saya mahasiswi Teknik Kimia UI, mau tanya… Kalau KP di chevron, gampang apa susah dapetnya ya..? Soalnya cuma diizinkan mengirim satu proposal buat tujuan kerja praktek sampai ada pemberitahuan diterima atau tidaknya.. Jadi kalau bisa yang kesempatan diterimanya besar, itu yang dituju…

    dwi

    Januari 16, 2008 at 1:54 pm

  31. tema menarik…
    mau update standar gaji di EPCI company aja nih berdasarkan pengalaman pribadi
    di McDermott experience 2 – 3 tahun basic 7,5 jt tambah bonus, dll jadi kira2 dapat 8 – 9 jt sebulan, status permanen (walaupun siap di retrench jika proyek sepi, dengan pesangon yg aduhai tentunya… hehehe). saya pikir itu sudah lumayan tinggi karena beberapa kali saya cek pasar ke SMOE, Nisconi, Saipem (yg mau buka yard baru) rata2 nawarin lebih kecil atau hampir sama (tapi dengan status kontrak).
    Ditambah karena banyak engineer yg masih muda lainnya jadi kesempatan belajarnya cukup luas. target cari pengalaman beberapa tahun lagi lalu pindah ke O&G company.

    Adi

    Februari 20, 2008 at 3:01 am

    • klo utk skrg berpa mas utk fresh yang mengusai pdms

      muslim

      Januari 1, 2012 at 3:50 am

  32. saya fresh ulusan teknik sipil n skarang sudah kerja d PT.PP (persero). BUMN yg bergerak d bidang kontraktor..u/ fresh gaji nya 2,7jt.
    mau tanya, kira2 sudah cukup bagus gak yaa kerja disini?atau ada tempat lain yg lebih bagus?ntuk skarang,saya mikirnya disitu tempat belajar yg bagus..

    tg

    April 1, 2008 at 1:56 am

  33. oia…
    mohon informasi tentang standar gaji dari perusahaan BUMN,swasta,lokal n asing yg bergerak d bidang jasa konstruksi dong…
    terimakasih……

    tg

    April 1, 2008 at 1:59 am

  34. buat mas tg, setau saya kalo rate gaji buat konstruksi bangunan (general contractor) emang kecil,entah kenapa ya ? padahal proyeknya banyak, mungkin kalo dah jadi PM kali gede tapi yah samar antara halan n gak he..he… , setau saya kalau total, wika, brantas, adi, hutama kayaknya masih kpala 2 deh, nah kalo kamu di proyek n PM nya bagus, loyal siap2 tuw dapet bonus banyak he..he…

    Joni

    April 16, 2008 at 2:53 pm

  35. betul juga mas priandoyo. sebenarnya kalo ditung2 uang hanya angkanya aj yang besar tapi blm tentu mempunyai nilai / maanfaat yang dan hal tersebut tdk sama pd setiap org. sbg contoh, ana pernah ngobrol ama karyawan pabrik yg gajing cuma 900RBan /bln di daerah Tangerang Banten. katnya dia bisa nabung / sisa uang hampir 300Rban /bln. pengeluarannya 100rb/bln byr kos, makan pagi di pabrik dan makan siang malam 300rb/bln, kebutuhan sbg seorang wanita 150rb/bln, pulsa 50rb/bln. trus apa bener yg gajinya puluhan juta akan punya surplus? Mungkin aja hutangnya numpuk tiap bln krn merasa percaya diri punya gaji besar sehingga berani hutang kiri kanan untuk penuhi gengsi pake mobil mewah, rumah mewah, kartu kredit yang segudang eh ternyata itu semua dilakukan krn terlanjur akibat image masyarakat yang menganggap org yang kerja di minyak gajinya gede. kan malu kalo kerja diminyak tapi punya penampilan cuma standar kalah sam penampilan buruh pabrik!!!!!!!!!…..

    abu ghozy

    April 23, 2008 at 1:10 am

  36. Salam Kenal Bapak Anjar,
    Boss, bantu aku dong agar bisa kerja di perusahaan-perusahaan Oil & Gas, aku berharap sekali nih.
    Aku Drafter Structure dan Mechanical untuk perusahaan Oil & Gas, pengalaman sudah 3 tahunan lebih. Siap ditempatkan dimanapun. Thank..

    Syamsul

    April 24, 2008 at 7:55 am

  37. utk mas PW :
    kalo ke EPC dan sejenisnya, masalah buta warna bukan hal penting. tes kesehatan yang ada sebenarnya untuk diajukan ke perusahaan asuransi kesehatan. insya Allah, tembus lah ke EPC jika pengalaman bisa “terjual”. tapi kalo ke Owner/O&G Company, saya ragu, jika penugasan nanti harus ke lapangan/site. tapi kalo di office, rasanya sama saja dengan EPC.

    untuk mas Syamsul :
    kirim cv saja ke fathor.rosi@kbr.com atau ke francisco.avenir@kbr.com. di perusahaan itu kayaknya baru dapat proyek luar. KBR di Indonesia adalah “kerajaan” nya para designer/drafter.

    untuk mas tg :
    sebenarnya memang di BUMN, rate gaji nya kecil. setelah tahun ketiga, mulai tampak sinar terangnya. trus jika di tahun ke lima sudah pegang jabatan PimPro, lebih mantap lagi. dan masalah “harga” gaji, liat secara per-tahun, jangan per-bulan. dan jangan melihat “gaji”, tapi penghasilan. seseorang di O&G belum tentu sebesar di konstruksi. manajer proyek di O&G paling banter baru bisa beli Avanza tahun ini (sebelumnya cuma punya sepeda motor). tapi ketika itu, seorang pimpro konstruksi sudah ada 3 terano di rumahnya dan 1 kijang innova di kantornya (yang sudah dibeli dari 2 tahun lalu.)
    kenapa haiyo ? ya itulah didikan di BUMN, supaya orang-2 jangan “berkilau” dulu sebelum pegang jabatan-2 penting. BUMN tidak jauh beda dengan PNS, masih dibiayai negara secara langsung (setiap BUMN pasti dikontrol oleh induknya yang sejenis dan Dep Keu.) tapi pada dasarnya PNS itu lebih kaya dari peg swasta yg kerja di lokal. PNS hanya bisa disaingi oleh employee yang direkrut dari luar negeri. ga percaya ? silakan saja tanya sama org-2 yang sudah bertahun-2 jadi PNS. bapak mertua saya saja punya tanah di mana-2, padahal PNS. tapi bapak saya sendiri dengan ilmu nya yang lebih “bergengsi”, sambil meregang nyawa di tengah laut, sampai sekarang cuma punya satu rumah.
    kalo ada kabar gaji PNS naik, harga-2 di pasar tradisional juga ikutan naik (emangnya pedagang ga pengen kaya raya juga kayak PNS? hehe). tapi kalo gaji peg swasta (di EPC) naik, adem ayem aje. abis naiknya ga banyak. naik sejuta aja sudah sangat bagus.
    nah, yang penting, nyaman ga di BUMN ? kalo nyaman, ya jangan dilepas pekerjaan sekarang. kalo bosan, sekali-2 ngerjain bidang lain, misalnya jualan sabun mandi (ini serius lho.). seperti atasan saya dulu di WIKA, dia punya usaha jualan roti (plus pabriknya.)

    to mas abu ghozy :
    masalah pemakaian uang, adalah kembali ke orangnya masing-2. kalo terbiasa apa ada nya, semakin tinggi gajinya (apalagi kalo melampaui penghasilan PNS), pasti dia tetap segitu aja. dan makin bisa nabung. atau mungkin gemeteran, karena ga pernah terima uang begitu besar, sehingga dia malah makin sering shadaqoh. makin bikin dia berhasil “mengecilkan” dunia dan “membesarkan” akhirat. tapi kalo sudah terbiasa dengan “latah materi”, pas jatuh sedikit (dulu income dari hasil enterpreneur nya bisa mencapai 100 juta sebulan, trus tiba-2 selama 2 bulan penjualan agak sepi, hingga cuma ada income 90 juta), biasanya langsung nggelepar (masih untung ga langsung bunuh diri.) lihat saja bapak-2 yang dulu nya merasa punya kuasa, trus tiba-2 harus “ngalah”. makanya dikenal istilah “Post Power Syndrom.”
    dan juga kenapa musti mau ngikut-2 image yang dibikin orang lain? lucu banget … yang kayak gini sich bukan hanya peg di O&G, tapi juga para pembantu rumah tangga di kawasan rumah mewah (Pondok Indah atau Menteng dsb.), para sales…. silakan lihat saja ke jalan Sudirman atau Thamrin atau Kuninngan di Jakarta. apakah hampir semuanya karyawan O&G ? apakah hampir semuanya bergaji besar (seperti image masyarakat) ? baru bisa ngantor di bank setaun saja, sudah berani bawa mobil keluaran terbaru. apalagi kalo sudah jadi staf. di kantor saya saja (O&G Engineering Consultant), para manajernya, rata-2 naik motor atau ojek. mereka punya mobil juga, tapi otak yang dipakai, bukan emosi atau hasrat materi. di jakarta pake mobil buat ke kantor ? kecuali rumahnya di jakarta coret, cuma orang bodoh saja yang masih begini.

    Yos@ABI

    April 30, 2008 at 7:38 am

    • mantap, bener pak…

      rohmat s

      Februari 3, 2010 at 2:35 am

    • Pak Yose emang manteb…
      sesama alumni WIKA saya bangga…
      “makin besar penghasilan, yang semula cuman keinginan, menjadi kebutuhan”
      …:)

      orangpabrik

      Juni 1, 2010 at 2:37 pm

  38. To: Yos@ABI

    huebat mas ,… mencerahkan,…. udah lama nih di blog ini gak ada yg kaya gini

    ikow

    April 30, 2008 at 8:44 am

  39. Wah.. Thanks banget nih pak Anjar.

    Syamsul

    Mei 29, 2008 at 8:03 am

  40. Betul sekali dan bagus banget tulisan Yos@Abi. Saya alami sendiri kerja di EPC Contractor. Pertama saya di EPC lokal dan bertahan 11 tahun, gajinya lumayan naiknya dari 750rb tahun 1996 menjadi 4jt tahun 2008. kenaikan signifikan dari prosentasi tapi dari nilai rupiah tentu menjadi sangat sedikit krn uang 4jt saat ini susah banget ngaturnya dan istri saya terpaksa jualan baju untuk membantu. Akibat tak tahan makan saya minat untuk pindah tapi ternyata susah banget dapatnya. Setelah sekitar setahun hunting akhirnya dapat juga kerja di EPC jepang (bidang power line). Gajinya 10jt untuk posisi site manager. Saya gak tahu gaji saya sesuai pasaran apa tidak. Makanya saya cek ke teman teman seangkatan dan ada yg diatas 10jt dan ada yg dibwah 10jt. Range-nya dari 7.5jt – 20jt. Dengan range ini tentu sulit mengatakan yg standard yg mana….
    Bagi sy skrg yang penting cukup untuk kebutuhan rumahtangga. Untuk menabung ya baru bisa sedikit….
    Heran juga kalo ternyata gaji EPC lokal pada gede gede …….hanya bisa ucapkan selamat dan semoga saya ketularan. Amin.

    fajar

    Mei 30, 2008 at 9:09 am

  41. Apa ada perbedaan gaji untuk EPC oil&gas dan EPC untuk power?
    Saya punya pengalaaman di keduanya dan untuk power gajinya lebih besar, ini yg saya alami loh……..

    fajar

    Juni 13, 2008 at 9:20 am

  42. Teman2,

    saya mau tanya, kira2 brapa rate salary untuk orang yg punya pengalaman 2 taun di piping engineering (lebih banyak ke piping stress)? misal untuk di EPC asing spt amec,kbr,technip,worley,dsb..

    orangstress

    Juni 18, 2008 at 12:13 am

  43. urutin ke atas banyak dibahas jumlah gaji di perusahaan2 tsb.

    fajar

    Juni 18, 2008 at 1:19 am

  44. untk pengalaman 2 taun sekitar 5 jt di KBR,Amec Berca. Rata rata hampir semua sama sich secara dikau masih junior kan? ini kata suamiku yg kerja sbg senior pipe stress di salah satu epc asing tersebut. Sekedar info kalau ada yg berminat pipe stress ada kursusnya kok, harganya gak terlalu mahal dibanding tempat lain. namanya AP GREID yg letaknya di jati padang pasar minggu. Siapa tau ada yg berminat.

    istrinya pipe stress analysis

    Juni 18, 2008 at 3:14 am

    • iya bu, saya alumni juga disitu…

      orangpabrik

      Juni 1, 2010 at 2:42 pm

  45. iyan mas fajar, tp itu kan taun 2007. apa ada perbedaan dgn skrg? dgr ada yg exp. 2 taun berani minta 8+OT alias total bisa 10 or mungkin 11.

    ok thanks mbak istrinya pipe stress. weleh panjang amat nickname nya:P

    orangstress

    Juni 18, 2008 at 6:13 am

  46. dimana tuch mas, 2 thn bisa 10 or 11 jt ???
    kl di Technip, mungkin aja…..

    ustadz gendeng

    Juni 18, 2008 at 8:22 am

  47. Tahun 2007 dan 2008 hampir tak ada bedanya…..kalo 2 th bisa dapat 10jt, berarti tinggi sekali, mungkin ada jalur khusus…..yang wajar-wajar aja, jangan terlalu tinggi ekspektasinya. Sbg gambaran telah dijelaskan istrinya pipe dan perusahaan lain juga sekitar itu aja, malah banyak yang lebih rendah. Krn 2th masih dikategorikan sbg entry level. Kalo dah senior alias diatas 10th baru bisa nego lebih tinggi.

    fajar

    Juni 18, 2008 at 8:25 am

  48. sy sependapat dengan orangstress, terakhir info yang saya dapat memang segituan rate untuk 2 thn keatas, mungkin korelasinya dengan kebutuhaan si EPC yang urgent+lucky factor, well saya mendukung aja lah, itung2 menaikan rate-nya local, supaya nggak kalah2 amat sama expat..

    orangdesign

    Juni 19, 2008 at 12:36 am

  49. Kalo pengin gaji gede mending kerja di luar negri sekalian karena rate-nya emang tinggi spt di qatar, UEA, norwegia, nigeria, ingris, dll. Coba-coba aja cari info di google….banyak tuch lowongan, cuma sayang gw lom dipangil panggil….hiksss masih lokalan aja gw nich

    fajar

    Juni 19, 2008 at 9:11 am

  50. bener mungkin yg udah banyak pengalaman pada kabur ke luar negri, jadi susah nyarinya. Buat rurouni sama hj ada kok kursusnya, buat pdms, pipe stress, udh aku sebutin di atas kok. Silahkan cari di internet.

    istrinya pipe stress

    Juni 19, 2008 at 9:12 am

  51. ustadz gendeng

    Juni 19, 2008 at 9:44 am

  52. Mas anjar, mo tanya niy. Gw dah kerja di otomotif selama 7th. tapi kok belom enjoy gitu. aku pengen loncat ke EPC/oil n gas. kira2x memungkinkan ga ya..habis di otomotif kurang berkembang dan naik gajinya lamaa banget. basic mechanical engineering dari PTN yogya.
    Mohon pendapatnya ya..

    thanks

    beno

    Juni 20, 2008 at 4:03 am

  53. Buat mas beno,
    jika emang pindah ke epc/o&g harus siap mental krn org epc sering bepergian baik itu pindah tugas atau pindah kantor…lah wong di epc banyak yg anual kontrak atau project basis…jika proyeknya tamat ya tamat juga kontrak kerjanya…..dan harus cari kerja lagi…..menurut sebagian org ini melelahkan dan masa depan tidak jelas. menurut saya yang biasa pindah…ya enjoy enjoy aja, kiatnya 3 bulan sebelum habis kontrak harus nyari tempat baru dan sebelum kontrak bener bener habis dah dapat tempat baru. Sbg catatan kantor baru gajinya harus lebih besar dari kantor lama……
    Pikirkan dulu mas beno….apakah anda siap untuk berpetualang? kalo jawabnya siap ya monggo cari kerja di epc, tapi kalo gak siap ya mending di otomotif aja.

    fajar

    Juni 20, 2008 at 6:23 am

  54. Terima Kasih atas pencerahannya Yos Abi,
    Apalagi ttg BUMN tsb, sangat membantu. Sebenarnya gimana peta engineer-engineer di Indonesia. Apakah masih kurang, sangat kurang atau gmn?

    haikal

    Juni 26, 2008 at 1:19 am

  55. teman2. saya mau tanya apakah kalau sudah berpengalaman di EPC lalu ingin pindah ke client (chevron, total, bp, etc) maka besar kemungkinan offeringnya contract employee?

    sekarang saya dapat peluang antara EPC dan client. sebenarnya saya masih pgn ”belajar” di EPC, tapi orang2 bilang masa depan di client lebih menjanjikan. dari segi salary yg dijanjikan gak jauh beda antara EPC dan client, tapi klo dari segi tunjangan & benefit lainya sptnya beda banget. lagian di client cocok buat longlife dan dorongan pindah/cabut nya lebih sedikit. cuma ya itu, konsekuensinya harus tinggal diluar jakarta. sedangkan di EPC, kemungkinan besar jakarta based. pernah denger jg dengan pindah2 antar EPC company dan berhasil nego bagus, maka gajinya bisa sama/malah ngalahin client. tp klo soal tunjangan/kesejahteraan lainya sih kayanya gak mungkin EPC nyamain/ngalahin client. setau saya gitu.

    kira2 gmn ya? klo saya pending dulu tawaran client tsb sampe 1 or 2 taun lagi? apakah ada batasan umur bagi client, misal kalau udah terlalu lama di EPC (4-5 taun) maka kemungkinan tawaran permanent (yg lebih banyak buat freshgrad) berubah menjadi kontrak? ada yg bisa kasih tau batasan umurnya gak? soalnya suatu saat saya emang pengen ke client. makasih sebelumnya.

    john

    Juni 27, 2008 at 12:47 am

  56. Ada yang tau standard gaji engineer di JGC Indonesia (PFN) ?

    sutopo

    Juni 28, 2008 at 1:12 pm

  57. JGC Indonesia bagi yg dah pengalaman lebih 10th bisa dpt diatas 15jt/bln (itu cerita temen akrab gw)

    fajar

    Juni 30, 2008 at 4:37 am

  58. Mmm, KPC denger2 sih si tripatra lumayan gajinya buat fresh grad. tapi menurut gue sih bagus2 aja kalau emang mau buat belajar. Bakalan dapet ilmu yang banyak…
    hehe

    adi

    Juni 30, 2008 at 9:05 am

  59. istrinya pipe stress, yg bener aja pengalaman 2 taun di AMEC/KBR di hargai 5jt? itu taun berapa mbak?

    mau_ngelamar

    Juli 3, 2008 at 12:51 am

  60. ini terbaru saya alami, penawaran dari Truba Jaya Engineering sebesar 7.5 jt/month untuk posisi procurement (experience 10 thn)………..mohon penjelasan apakah udah sesuai standard atau angka dari HRD saja supaya dapat poin krn berhasil menekan salary.
    Trims…

    Hasan

    Juli 11, 2008 at 2:39 am

  61. Salam kenal..

    waah topic menarik..
    btw yang nanya untuk gaji di JGC indo..sekrang okeh (baca: byk) lho.. mereka denger2 abis perbaikan structure gaji April kmrn buat engineer above.. guede juga tuh..
    (baca: temen deket gw lsg bisa beli CRV seri baru..)
    PIC mbak Indri.
    ada yg tau alamatnya?

    thks

    Jennino

    Juli 15, 2008 at 11:53 am

  62. Wahhhhhh…hebat jgc, gimana caranya supaya masuk JGC? share donk…..

    kentut busuk

    Juli 16, 2008 at 1:55 am

  63. gw dah dapet PIC nya dari temen ktr gw yg baru ngirim lamaran kesana = indri.firna@jgc-indonesia.com
    temen gw sr. piping eng , mereka katanya lg bth piping..eh semuanya jga sii..
    kt temen gw yg udh di panggil, lumayan kok offering nya.

    Jennino

    Juli 17, 2008 at 7:07 am

  64. tengkyu infonya, gw langsung kirim CV…..mudah mudahan diproses……

    kentut busuk

    Juli 17, 2008 at 8:44 am

  65. Hemmmmm, nggak juga sih prens, menurutku di JGC Indonesia salarynya ngga bagus2 amat, secara JGC indo itu subsidiary JGC Japan, n kebanyakan kerjanya adalah sebagai MPS ke Japan sono. Memang sih, ada kesempatan keluar negeri, tp allowance itu dikit bgt dan peraturannya ga fair, jauh bgt kl dibandingin ma IKPT yg dulu joint venture ma chiyoda. Mending kerja di EPC asing macam Worley, Technip, Saipem yg kerjain offshore, gajinya lebih gede dan masih di dlm negeri pula, Lagipula kl temen2 mo belajar konstruksi mending ke EPC lokal kayak Tripatra, Rekin, IKPT. Coz JGC Ind itu sebenernya baru mulai jadi EPC, sblmnya cuma engineering tok, secara kerjanya cm sebagai MPS.

    Kl ngomongin masalah gaji emang ga ada habisnya, tp menurutku gaji di EPC itu beti alias beda tipislah, tergantung kemampuan kita n nego kita aja

    Tapi sebenernya permasalahannya adalah orang kita sendiri, gaji fresh std disini 3-5 jt, coba bandingin ma gaji std fresh diluar, jauh lebih besar, contoh di Malay itu bisa $700 – $1000, memang struktur gaji Indonesia ini kurang bagus, ga sesuai ma banyaknya industri dan sumber daya alam semacam pertambangan, oil&gas yang melimpah ruah. Coba bayangin gaji expat disini yg notabene kerjain proyek oil&gas di Indo, bisa berpuluh2 kali lipat gaji kita, padahal scr kualitas kita ga kalah, pernah punya pengalaman waktu konstruksi lng di irian, byk expat filipin, malay ma india disana yg gajinya bisa berkisar $3000-$5000 lebih, tp secara teknikal, orang kita ga kalah, memang mereka pintar ngomong dan pintar buat report, kl selesein kasus kecil aja mereka laporin ke atasan, kl orang kita mah buat apa ngelaporin kasus kecil, etos kerja orang kita memang pekerja keras dan mau menderita tp buruknya kita itu kurang pede, dan sebenarnya orang kita sendiri yang ga mau hargai bangsa sendiri, byk bgt expat dr luar yg cr upah di negeri ini, memang proyek oil n gas disni bejibun, n byk yg blm terexplor, dan expat2 itu cuma sedikit proyek oil&gas dinegeri mereka sendiri. Seharusnya orang kita bisa bikin peraturan yg batasi expat2 itu masuk negeri kita, kl perlu pajak penghasilannya 50% salary mereka.

    Wong Ndeso

    Juli 25, 2008 at 2:01 am

  66. YOI, akibat dijajah jadi org org kita sepertinya trauma takut dianggap salah jika berpendapat.
    Tapi patut dibanggakan dari org kita adalah berani berspekulasi……terutama masalah safety. Kebetulan saya di EPC dan skrg lagi ngerjakan perbaikan Tower Listrik Tegangan Tinggi 150 kV. Org luar (jepang) kalo naik tower lama sekali krn tiap step anak tangga harus mengaitkan safty beltnya…kalo org kita safety belt malah dikalungin alias naik tower gak pake safety belt katanya risih dan kelamaan. Contoh lagi adalah pesawat terbang…hanya org kita yg berani nerbangin pesawat tua……
    Krn kreatifnya itu juga berdampak kepada gaji…..lah wong digaji kecil aja masih bisa hidup….mo gimana lagi…..

    kentut busuk

    Juli 25, 2008 at 9:06 am

  67. Bingung nih pak priandoyo…
    oil & gas emang memikat..
    ada ngga tempat kursus O&G selain di jakarta?tau ndiri lah kalo kerja di konsultan (General Civil) yang pulangnya pasti malem…meski di jak kan jd ga bisa ikut kursus yg biasanya start 18.00. resiko yg harus diambil yah resign trus off kerja buat kursus..
    kl sy sih mikirnya sesuatu yg wonderful emang kudu berkorban..so, why not?
    nah masalahnya…jalan nekat kyk gini ga direstui ma calon bini.
    oiya pak pri, sy pnah pgang project bandara 3x, pelabuhan 2x, yg lain kecil2..itu ga cukup ya buat loncat ke O&G tanpa kursus?
    tambahan..posisi saya di jatim

    huget

    Juli 28, 2008 at 2:40 pm

  68. O&G juga perlu anak civil, banyak hal yg bisa dilakukan oleh civil engineer atau civil supervisor di proyek proyek O&G, misalnya pemancangan, bikin pondasi, bikin saluran air, bikin jalan (access road), cut and fill, compacting…..semua itu juga dilakukan utk proyek bandara atau pelabuhan….
    Coba aja kalo emang ada lowongan di O&G kirim aja lamaran ……mudah mudahan diterima.

    kentut busuk

    Juli 29, 2008 at 1:40 am

  69. Assalamu alaikum semuanya …..
    =MOHON BANTUANNYA=
    Jika ada sohib-sohib semua yang tahu informasi lowongan di EPC untuk Structure atau Instrument Drafter, tolong bantu saya dong . . .
    Just contact/send email me to: syam_2027@yahoo.com

    Selama ini saya sedang bekerja sebagai IT support dan Instrument Drafter di sebuah perusahaan kecil Sole Agent for PNG company. Gaji dan tantangan kerja kurang memuaskan, jadi saya ingin sekali bisa upgrade keduanya di company level atas.

    Blog ini asyik banget buat ngobrol tentang career dan lainnya hingga bisa share pengalaman juga pengetahuan, Salut buat pak Anjar, semoga tetap sukses dan abadi nih blognya.

    Thanks All before.

    Syamsul

    Agustus 4, 2008 at 5:03 am

  70. tanyalah pada rumput yg bergoyang klo ga percaya,
    lo smua yg minat k epc industry, neh bocoran baro:
    Tripatra,
    sekarang dah berani bayar gede..fresh grad bisa dapet 4jt lewat disana,
    experience 2-3 tahun, ditawar 9jt,yg gila abis.., experience 15 tahun lewat, ada yg ditawar 30jt….
    EPC lokal bo…

    epc asing (worley,kbr,amec,mcdermott),
    beda tipis ma yg ditawarin tripatra, tapi biasanya epc interlokal lebih oke dalam kesehatan, dan prosedur kerja

    Saipem,
    ini nih yg lagi jadi buah bibir para engineer di epc industry..,
    experience 2-3 tahun, bisa dapet 10-15juta..permanen!,kesehatan, klo lo perlu rawat inap neh:800ribu/hari jatah kamar lo dirumahsakit…
    ngiler nggak lo… :D

    rumput

    September 2, 2008 at 8:28 am

  71. mungkin agak dibesar besarin…..krn teman gw justru cabut dari tripatra dan gabung ke kantor gw. Kantor gw lokal punya dan gaji standard indonesia…..FG sekitar 3jt, exp >7th sekitar 7jt. Itu saja lah…..

    kentut busuk

    September 2, 2008 at 9:31 am

  72. benernya case by case..tapi di tripatra fresh dapet segitu udah jamak, temen lu kurang jago nego kali, di EPC-an yg naturenya emang buat kutu loncat kuncinya nego & skill yg terus2an dipertajam..demikian..

    rumput

    September 3, 2008 at 3:56 am

    • ini bener kok. tergantung skill dan asal PTN menurut pendapat saya.

      engineer

      Juni 20, 2012 at 5:07 am

  73. Bang Yos,

    Minta pencerahannya untuk standar gaji Project Engineer perusahaan tambang batubara dengan pengalaman 2 tahun.

    Makasih yak..

    BR

    Dwi

    September 3, 2008 at 5:27 am

  74. @ dwi,
    buat ancer2 fresh grad di KPC dapet basic 6 jt plus ini-itu take home sekitar 8jt.., monggo dikira2…

    rumput

    September 3, 2008 at 8:47 am

  75. ada perbedaan ga sesuai disiplin pekerjaan, kalo mech engineer exp 10thn di EPC brp mas rumput…
    thx

    taf

    September 4, 2008 at 5:28 am

  76. gaji di epc tuh sama aja semua, tergantung nego, kalo lu pade bisa menjual diri semahal-mahalnya ya pasti bisa dapat harga bagus, yah, sama ajalah kerja di manapun, di bank kek, di supermarket kek,

    cuma jumlah gajinya aja yang beda

    meski fresh tapi kalo pinter ngomong (n kemampuannya emang bener2 ga dimulut doank) ya bisa aja dapet 2 digit meski kerja di epc ga perlu di owner

    Wong Ndeso Suroboyo

    September 4, 2008 at 8:19 am

  77. btw gaji 10-15 yg dimaksud mas rumput net/gross? masak sih bisa segitu?

    alang-alang

    September 4, 2008 at 1:29 pm

  78. Denger-denger masih diperlukan rekomendasi dari orang dalam perusahaan, makanya susah sekali masuk ke epc yang menawarkan gaji yang gede. Yang mau masuk banyak sedang pintunya cuma satu, peranan wasta=org dalam lebih dominan. Kalo dekat sama end user atau HRD lebih di prioritaskan.

    wasta

    September 5, 2008 at 2:07 am

  79. Meski pinter nego….tapi yg perlu dicermati adalah di setiap perusahaan dah punya standard gaji. Jadi gak mungkin sama sama FG tapi ada yg dpt 2 jt terus ada yg 4jt. Begitu pula untuk epx….sudah ada range-nya. Gak akan bisa melebihi range dari perusahaan tsb.
    Katakanlah engineer epx 10th, range-nya 10-12jt. Paling pinter akan dapat 12jt,,,,gak bisa lebih dari itu.
    Ini bukan hard feeling thd yg mendapat gaji besar krn pinter nego.
    Akhirnya: ya selamat kepada teman teman yg bisa dapat gaji besar….jangan lupakan masih ada teman yg dapat gaji kecil……

    Kurang yakin dg gaji gede

    September 5, 2008 at 4:19 am

  80. @ taf,
    menurut ki joko bodo, untuk mech. eng. exp 10 thn,di EPC asing, off course more than 15jt, klo tampang lu cakep bisa dapet 20jt lebih, coz yg exp. 5thn aja ada yg dapet segitu, dengan tampang pas2an.. 
    @ alang-alang padang ilalang,
    gross ato net? tergantung nego luw as per penjelasan wong ndeso suroboyo,saran gw sebelum lu mule nego, kirim sms reg. PRIMBON kirim ke 6869 intinya bisa..,tergantung pengalaman kerja anda sebelumnya,hehehee….
    @ wasta,
    yang anda dengar nampaknya kurang tepat, yang diperlukan adalah CV anda yang eye catching compare to the others (memastikan anda minimal dipanggil interview), kemudian kemampuan interview anda (yg merepresentasikan softskill and communication skill anda) untuk mepresentasikan sekian taun pengalaman technical anda di related dicipline yang compact yet powerful, that’s the key.
    @kurang yakin dg gaji gede,
    klo anda ada didalam EPC atau owner, anda akan tahu klo memang ada range gaji yang cukup lebar untuk satu tingkatan pengalaman , inilah game yang dimainkan kita dan HR..
    all,
    jangan lupa, ada engineer jontor dan engineer jojon, sama2 experience 5 tahun, si jojon menghabiskan 5 taunnya dengan terlibat di various O & G project dengan scope mendekati A-Z untuk diciplinenya, sementara si jojon terlibat di project yg minim,banyak idlenya,coz mungkin kantornya pas ga banyak project, ngerjainnya juga itu-itu aja,sama-sama diinterview. siapa yg lebih pede? siapa yg bisa maksa gaji lebih?
    jadi sama2 taun experiencenya, jangan keblinger liat gaji orang lebih gede, teruslah perbaiki diri, walo kerjaan mungkin masi blm nyambung ato banyak idle, truslah pertajam diri belajar otodidak sesuai dicipline yg disasar, Insyallah membantu.

    Salam,

    rumput yg bergoyang
    -karena loyalitas hanya untuk agama dan bangsa-

    rumput

    September 9, 2008 at 7:48 am

  81. rumput….anda kerja dimana nech…..share info kalo ada lowongan….bagi bagi rizki kan perbuatan yg terpuji

    Ini Indonesia bang.....

    September 10, 2008 at 1:07 am

  82. mas-mas mau tanya
    saya mahasiswa angkatan 2004 Teknik Elektro dari universitas tua di jogja.
    saya baru pulang dari Chevron utk mengerjakan tugas akhir saya disana ttg perancangan fault identifier di feeder 13.8 kV PT CPI.
    Insya Allah saya akan sidang bulan Oktober 2008 ini.
    Kemudian wisuda bln november.

    Saya sangat tertarik bkerja di EPC.
    terutama utk bidang Power (Arus kuat) yang bergerak di bidang Oil and Gas.
    Karena ketika mlakukan Tugas Akhir di Chevron (distrik Duri), saya banyak berinteraksi dengan tmn2 dari EPC.
    Apakah ada lowongan utk fresh graduate?
    trimakasih sbelumnya.

    Dhita Bimantha P
    email : dhita.bimantha@yahoo.com

    dhita

    September 10, 2008 at 3:55 am

  83. EPC bidang power yang lagi booming adalah truba jaya engineering, mereka menguasi pasar program 10rb MW dari PLN.
    Coba aja lamar kesana……

    Ini Indonesia bang.....

    September 10, 2008 at 7:27 am

  84. Kalo bicara masalah EPC seh bagi yang fresh graduate jangan berharap gaji gede dulu deh. Bisa masuk local hire aja dah beruntung karena disana kalian pada bisa belajar banyak. Saya aja yang lulusan D3 th 2006 sekarang dah nembus angka lumayan di RI. Kalo cuma sama Engineer yang fresh mah ga ada apa2-nya. Untuk QA/QC position. Jadi, banyak belajar dulu minimal 1 project baru jual mahal.
    Bravo EPC…….#

    oki

    September 10, 2008 at 12:31 pm

  85. Ada yg bs share info gak? Klo di B’Const/Bakrie Constructions standarnya brp yah (dg sertifikasi black belt six sigma)? Pengalaman 2 taon lewat dikiiii…..tttt…. di perusahaan manufaktur, jadi ga tau brp pantesnya niy..

    Alie

    September 12, 2008 at 11:03 pm

  86. Mohon Info ttg standard gaji di Technip Indonesia. saat ini saya di Rekayasa exp. 3 thn gaji 5jt Up. average / month = 9-10jt.

    For Reference : di Rekayasa permanen = Gaji + Corporate Bonus ( 5-7 x gaji /thn ) + Bonus Project ( 4 ……/ thn ) + Uang Kesra ( 75 – 250 jt / 5 thn ( tergantung Level )).

    Khusus untuk Designer PDS / Smart Plan, gaji udah suka suka deh.. mantap betul.

    faru

    September 17, 2008 at 10:07 pm

  87. Mohon info juga nih, gimana dengan orang IT yang ingin ikutan di O&G atau sejenisnya? adakah kesempatan untuk orang Lokal? Kira2 kemana saya harus melamar? Boleh berbagi infonya di arnold79@gmail.com.

    Terimakasih.

    Ronald Simorangkir

    Ronald

    September 18, 2008 at 2:37 am

  88. @Ronald
    EPC juga butuh IT, coba aja buka websitenya EPC2 itu, biasanya juga ada lowongan untuk IT, btw @Faru emang gedhe bgt ya THP rekin /taon untuk permanen staff, apalagi cuma untuk yg exp 3 taon, temenku ada yg pindah dari tripatra ke technip exp 2 taon cm dpt 8jt/bln, ga tau ya kl exp 3 taon, tp temenku ada jg yg exp 5taon bisa dpt 20jtan/bln n reimbursement kesehatan unlimited

    Wong Ndeso

    September 18, 2008 at 4:24 am

  89. Ronald,
    iya benar di EPC butuh IT juga, sama halnya butuh orang hukum buat legal matter, accounting, psikologi buat HRnya, etc.., tapi yaa itu dia, SDM tersebut diatas cuma support system aja di EPC bussiness bukan corenya, jadi..,sejauh yg gw tau, IT gitu, ga bakal dapet sebanyak yg engineer corenya dapetin. trus buat karir, juga ga seberapa menarik. saran gw, tetep kerja di company yg corenya emang IT. gw rasa buat jangka panjang jauh lebih menarik.

    rumput

    September 23, 2008 at 3:09 am

  90. Faru,
    kalo udah dapet segitu di rekin plus bonus2nya, mo ke technip? try tempat lain deh.. :),
    wah ternyata ga cuma ditempat gw gaji PDS designer suka2…,gile bener..,piping designing emang scope padat karya..,hehe…,
    buat elo2 yg masi kul D3 mesin,elektro etc, & minat kerja di O&G, silahkan, entah gmana caranya.., cari noh training2 ato software2 design yg di pake di O&G project..,biar bisa masuk lu k O&G bussiness..

    rumput

    September 23, 2008 at 3:18 am

  91. wahhh gileee pada gede gede amat ya gajinya…….
    koq gw terima tawaran dari TJE (Truba jaya engineering) sbg procurement sebesar 7jt/bln, gak dijelaskan ada bonus atau kagak.
    gw exp >10th di EPC
    setelah pikir pikir tawaran tsb gw ambangin aja, diterima kagak tolak jg gak..krn gw sedang kerja ama epc japan dg kontrak 1 thn. Setelah kontrak habis jika tak ada kerjaan lain rencana gw ambil tuch yg di TJE (dg catatac masih menerima).
    Saran bagi rekan rekan gimana tentang kesejahteraan di TJE???

    semua enak

    September 24, 2008 at 9:38 am

  92. Kepada semuanya yang menyebutkan gaji.
    Maksudnya yang bercerita kalau di Tripatra, Rekin, technip, dan banyak yang lainnya, mendapatkan gaji sekian juta.
    Tolong diperjelas infonya supaya tidak bias.
    Contoh :
    Di tripatra fresh 4 juta.
    Tapi……..
    Gaji pokok 2,9 juta.
    Per hari masuk (1 minggu=5 hari) 50 ribu. Ini berkaitan dengan asumsi yg dibuat tripatra 1 bulan 22 hari kerja.
    Total pendapatan 22 hari kerja = 4 juta ??????
    Salah besar !!
    4 juta dipotong pajak dan dipotong lagi jamsostek (tanpa dijelaskan berapa persen), terakhir kita akan dapat 3,6 juta.
    Itu sudah yang paling bagus.
    Kalau apes = 1 bulan banyak liburnya jadi cuma 18 hari kerja. Nah hitungannya 4 juta minus 200 ribu minus pajak minus jamsostek.
    Ujung2nya dapet cuma 3,2 juta.
    Tolong yang posting2 gaji dijelaskan secara rinci, jangan cuma dpt 8 juta, 10 juta, 15 juta.
    Karena biasanya banyak orang baru yang nggak tau masalah kayak gini.
    Denger2 di technip mau nyamain tripatra, dalam hal motong2 gaji karyawannya seperti contoh di atas.
    Satu lagi itu berpengaruh pada THR atau bonus.
    THR akan jadi misal 2,9 juta bukan 4 juta.
    Demikian, jika ada yang tersinggung, mohon maaf sebelumnya.

    arya

    September 25, 2008 at 12:41 am

  93. Sorry ada yang salah, kalau 18 hari kerja biasanya (di tripatra) hasil akhir gaji 3,4 juta.
    Nah masalah skor gaji 3,2 juta terjadi kalau time sheet (absensi yang menyatakan kita masuk, dibuat seminggu sekali) belum diproses.
    Kadang jadi masuk 1 bulan = 18 minus 5 jadi 13 hari kerja.
    tapi bulan depan bisa = 18 plus 5 hari kerja jadi 23 hari kerja.
    Dan kalau kita sakit 2 hari, 2 hari = 100 ribu, hangus.
    Semua hal tersebut mungkin sisi minus dari dunia EPC.
    Tapi ya perusahaan buat aturan seperti itu, so….
    take it or leave it.

    arya

    September 25, 2008 at 12:48 am

  94. Setuju dg ARya, baru kali nemu temen spt Arya yg bisa obyektif dalam informasi.
    Khusus tripatra emang itungannya begitu, saya gak ngalamin langsung tapi temen saya yg pernah kerja disana.
    Pengalaman saya ada di Truba Jaya engineering. Gaji 7jt, uang hadir 40rb/hari, subisi makan siang 7rb/hari. Pajak dan jamsostek ditanggung kantor jadi gak ada potongan. Rata rata sebulan dapat 7.8jt (asumsi sebulan 20hr masuk)
    Info tambahan: saya dah pengalaman >10th diluar TJE
    posisi saya procurement.
    bagi info donk bagi org TJE lainnya????

    semua enak

    September 25, 2008 at 1:25 am

  95. Arya,
    klo bener2 pengen tahu detail rincian gaji di masing2 EPC..,
    yo.. sering2lah interpiew!!!!!…
    disamping lu bisa ngukur diri dipasaran engineer, kmu juga bisa tahu tipe2 EPC mana yg tricky mana yg enggak ke karyawannya..,
    klo liat uraianmu ttg Tripatra.., bisa gw bilang company tsb termasuk tricky…, masi ada yg lebih tricky, tapi banyak yg lebih transparan…
    good luck all!!

    rumput

    Oktober 7, 2008 at 10:00 am

  96. Begini lho rumput, anda pernah menuliskan gaji di tempat ini sekian juta.
    Itu saja yg menjadi perhatian saya.
    Tidak salah memang, akan tetapi informasi ini kurang lengkap bagi yang belum tahu mengenai adanya trik-trik dari perusahaaan EPC. Maksudnya ada seseorang ditawari gaji 20 juta di EPC asing, berdasarkan info anda itu bisa saja terjadi. Namun mungkin beliau akan kecewa bahwa basic salarynya hanya 15 juta misalnya dan 5 juta lagi itu disebut sebagai tunjangan yang tidak diberikan ketika THR dan belum lagi gaji nya dipotong pajak yang cukup besar.
    Yang saya sorot adalah informasinya.
    Kan jadi seperti iklan operator seluler.
    Nelpon gratis….nelpon 0,5 rp/detik tanpa batas……
    Tapi ada syarat yg kita harus baca dulu yg mungkin agak merugikan kita.
    Sama dengan info gaji yang ditulis di forum ini.
    Gaji 15 juta…gaji 20 juta….
    Ada yang lebih mendetail nggak sih informasinya ?
    Soal diri saya yang anda anjurkan sering2 interview, terima kasih.
    Saya lebih memilih mempunyai teman2 yg saya percaya banyak2 dan tanya info seputar gaji kepada mereka secara jelas termasuk syarat dan kondisinya.
    Tidak terlalu perlu saya menghadiri sekian banyak interview.
    Tentang tripatra, silakan tanyakan pada sumber anda yang terpercaya yang pernah kerja di sana. Kalau info dari saya, saya mengalaminya sendiri , DULU.

    arya

    Oktober 9, 2008 at 4:51 am

    • Yaa….saya sangat setuju sekali dgn mas arya, memang fakta itu yg terjadi hampir di semua EPC di indonesia,
      Gaji yg dimaksud banyak sekali potongannya yg pd akhirnya kita terima jauh dari nilai yg disebutkan itu.

      ogut

      Desember 22, 2009 at 5:02 am

  97. mulai jelas nich……
    mudah mudahan forumer lain bisa jujur dan detil kasih infonya sehingga tidak spt iklan (terutama seluler).
    ADa yg punya info di TJE gak? saya lagi nyari nich………

    semua enak

    Oktober 9, 2008 at 9:27 am

  98. Sobat,
    Gw sekarang kerja di JPS suatu EPC dari Japan dan di jkt menginduk ke Sumitomo corp krn mengerjakan proyek transmisi 150 kV di Muara karang. Gw gabung di JPS sebag peg kontrak dg project basis, sehingga jika proyek selesai kontrak jug selesai dan JPS mungkin pulang ke jepang. posisi gw disini site manager dg gaji thp 10jt
    Saat ini gw ditawari oleh Truba Jaya Eng (TJE) untuk gabung dan posisi di procurement dg gaji 7jt + 40rb uang hadir/hari. Pilihannya:
    a. kerja di JPS (Sumitomo) dg gaji 10jt tapi masa depan gak jelas, selesai proyek harus nyari job lagi (selesai proyek dec 2009)
    b. kerja di TJE dg gaji 7.8jt (asusmsi masuk 20hr) tapi bisa menjadi karyawan tetap
    c. Tolong share info di TJE apakah gaji yg ditawarkan ke gw sudah wajar???
    Mohon saran dan nasihat……………tengkyu

    Bingung Memilih

    Oktober 10, 2008 at 2:05 am

  99. @Sobat
    Pengalaman berapa tahun ? Bisa jadi site manager, sebelumnya pengalaman sebagai apa (mechanical engineer, civil engineer, atau apa?) ?
    Satu hal yang agak berbau sara, lulusan univ. apa? (kl ga jawab yg ini nggak apa2 juga sih, biasanya kalo univ. dan fakultasnya punya nama bisa dihargai sedikit lebih banyak)
    Dengan adanya jawaban di atas, bisa lebih spesifik ngasih sarannya.
    Misal saran yg a, alasan memberi saran demikian.
    Nggak asal ngasih saran aja.
    Mengenai TJE:
    aku ada teman orang process engineer lulusan UGM pengalaman 5 tahun kerja di vendor boiler. Pertama kerja di tripatra gaji 7.5 juta tapi potong macam2, gaji bersih aku nggak tau mungkin sekitar 6.8-7 juta.
    6 bulan setelah di tripatra ada tawaran dari TJE (banyak bergerak di bidang energi/listrik/PLTG atau semacamnya ya TJE ini ?). Dia datang, magang 1 hari dan nunjukin apa yg dia tahu (5 tahun pengalaman= ok banget).
    Dan akhirnya dapat tawaran 9.5 juta. Sayang saya tidak dapat info, ini gaji bersih atau seperti tawaran pada anda, yaitu sekian juta gaji ditambah uang hadir dan info2 lain.
    Coba saya cari infonya dulu, saya tidak bisa janji tapi saya usahakan.
    Semoga sukses dan berhasil ya.

    arya

    Oktober 10, 2008 at 2:56 am

  100. saya alumni univ indonesia jur teknik mesin angk 1991 dan lulus 1996, langsung kerja di epc o&g sbg field engineer. sekitar 6 thn sbg field engineer, trus pindah bagian di procurement dan mengerjakan EPC untuk power di perush yg sama, sekitar 5 tahun di procurement trus saya pindah peusahaan dan jadi site manager (baru berjalan 6 bulan).
    Mohon info tambahan: di TJE apakah standard procurement beda dg engineer? krn tawaran saya di procurement

    Bingung Memilih

    Oktober 10, 2008 at 8:22 am

  101. sorry sebelumnya, agak sulit juga ya kalo ada perbedaan yg jauh banget.
    Gue tau pasti gaji temen gue pengalaman 2 tahun sebagai instrument engineer EPC lokal yang kantornya di menara jamsostek 7,5 juta nett.
    Kl di TJE kok jauh banget, 11 tahun pengalaman, ya meski di procurement, tawarannya 7-8 juta.
    Saran gue, jadiin sekolah aja, kerja secukupnya dan nyari ilmunya trus nyari pekerjaan yg gajinya lebih baik lagi gajinya.

    info

    Oktober 12, 2008 at 5:11 am

  102. Tuk info,
    makasih info di perush lain.
    saya masuk sini emang pengin tahu hal-hal:
    1. di TJE, apakah penawaran ke saya sudah wajar alias standard di TJE atau diskriminasi. takutnya saya dpt tawaran 7.8 sementara teman lain dpt 10jt….ini kan gak bagus jadinya.
    2. standard di TJE apakah lebih kecil dari perush lain yg sejenis dan sederajat.
    3. apakah saya hrs masuk ke TJE, kalo utk belajar akan tepat utk yg masih muda atau FG, bagi yg udah sepuh tentu pertimbangan utama adalah kesejahteraan.
    4. Terimkasih.

    Bingung Memilih

    Oktober 13, 2008 at 8:19 am

  103. wah seru juga nih ngomongin masalah gaji….
    Memang standar gaji di perusahaan kontraktor migas lumayan besar.
    Kalau mau detailnya coba lihat di http://nofieiman. com/2007/ 02/gaji-di- perusahaan- minyak-dan- gas/
    Tapi kalau mau lebih besar lagi…masuklah via agency…cuman resiko nya dia berbasis kontrak..hanya dapetnya lumayan….
    Aku sekarang kerja di telecom industry..via agency..lumayan bisa dapet 7000 USD per bulan…
    Jadi…saranku..kalau memang gaji yang dijadikan main purpose…GO OVERSEAS…!!

    bk.com

    Oktober 13, 2008 at 11:21 am

    • Kerjanya di Telecom Oil & Gas juga ? :D

      andi

      Mei 8, 2011 at 6:51 am

  104. MAster-master dan Om2 sekalian, sy lg bingung memilih. Saya betul2 newbi di dunia Oil&Gas, dari semenjak kuliah cita2 pengen kerja di Oil Company, kebetulan sy kuliah jurusan T.Elektro (Arus Kuat). Sekarang baru masuk WIKA (Management Trainee), eh tapi ada rekanan senior (beliau senior designer PDMS PT.TECHNIP) yang menawarkan saya kerja sebagai engineer di PT.TECHNIP…
    Sy minta nasihatnya apakah sy tetap di WIKA (ada Departement EPC & Mechanical Electrical) atau saya pindah ke TECHNIP berharap dapat gaji lebih besar ^-^ dan sebagai batu loncatan ke OIL company.
    Terima kasih….

    hari_pantja

    Oktober 15, 2008 at 1:19 pm

  105. @hari_pantja
    Info yg ada bener2 nggak jelas ya ? Di Wika statusnya gimana, kontrak atau permanen, gaji berapa, dan MT pasti utk dept.EPC atau bisa utk dept. lain ???
    Di technip juga pertanyaannya sama dengan diatas…..
    Jawabannya bisa macam2, tergantung info yang diberikan.
    Tapi jawaban saya yg mungkin juga nggak jelas (berhubung infonya nggak jelas) :
    Ambil di technip kalo mau ke oil company, tapi kemampuan kamu harus bagus, kalo biasa aja ya susah. Tapi pikirkan kemungkinan terjelek dulu, jangan manja kayak gitu.
    Kalo seandainya seumur2 ga bisa ke oil company gimana ?
    Apakah jika ga bs ke oil company, mana yang lebih “aman” untuk kamu, kerja di WIKA atau di Technip ? Siap mengambil resiko dengan hasil terjelek ?
    Saya rasa tidak ada seorang pun yg bisa memberi nasihat dengan garansi kamu pasti bisa masuk oil company, mengingat tidak ada yg benar2 tau kemampuan kamu kecuali diri kamu sendiri.
    Satu hal yang menggelitik benak saya, kalo mau ke oil company, kok tidak melamar ke sana ???
    Chevron,BP,Exxon,Medco, beberapa waktu belakangan sering buka utk fresh grad. Apakah nggak lulus tes atau gimana ? Kan bisa sambil mengikuti program MT di WIKA, kamu juga melamar aja disana.

    arya

    Oktober 16, 2008 at 8:47 am

  106. Betul…kalo mo ke oil company langsung aja gak usah pake batu loncatan. Kalo terlanjur di EPC biasanya akan betah karena banyak tantangan disini jadi lupa untuk masuk ke OG.

    suka EPC

    Oktober 16, 2008 at 9:42 am

  107. @ Mr. Arya & sukaEPC
    Di WIKA msh Trainee blm penempatan Departemen (inginnya masuk EPC atau Mechanical Electrical). Gaji sih lumayan buat bujangan/fresh (3 jt mentok). Apakah untuk fresh di TECHNIP lebih besar dari itu?? Kalo seumur-umur gak bisa ke OG ya gpp asal di EPC gajinya cukup, kalo seumur-umur gajinya gak cukup ya gpp asal hati bisa tenang & tentram (halah…), kalo gak tentram juga mending saya mesantren aja… :-D
    Iya memang semua OIL company yg disebutkan di atas sudah saya coba semua, beberapa sampai tahap akhir, tapi blm rejeki, sementara ini nyantolnya di WIKA…

    Trims…

    hari_pantja

    Oktober 16, 2008 at 12:48 pm

  108. Om2 & Master2 sy mau nanya lagi nih..
    Ada yg punya pengalaman di PT.THIESS gak?? apakah perusahaan ini termasuk EPC atau kontraktor biasa?? Untuk mencari pengalaman dan tantangan karir lebih bagus dimana THIESS atau TECHNIP??

    hari_pantja

    Oktober 16, 2008 at 1:11 pm

  109. @hari_pantja
    Kalo case nya kayak gitu, saran saya ambil yg di technip.
    Kemungkinan besar gaji fresh di technip sama dengan gaji fresh di tripatra, yaitu sekitar 4 juta tapi ada potongan macam2 jadi tiap bulan penerimaan gaji bervariasi.
    Lebih besar dari WIKA (nah, ngasih info yg jelas jawabannya juga jelas kan?) dan kemungkinan waktu melamar kembali ke oil company mungkin setelah beberapa tahun lebih dihargai jika di technip (yg notabene banyak mengurusi project oil and gas company).
    Yang lebih utama, coba ngincer agar di Technip bisa jadi permanen biar tentram, ke depannya kalo udah berkeluarga kan dengan status permanen maka tidak dipusingkan apakah tahun depan kontraknya diperpanjang atau tidak.
    Satu lagi saran saya, bersikap baik lah kepada sesama karyawan di technip nanti, berusahalah benar2 jadi orang baik. Mungkin dari mereka nanti, kamu akan temukan jalan menuju cita2mu itu. Ini pengalaman pribadi saya dan beberapa orang teman dekat yg berkecimpung di EPCI company. Semoga sukses ya.

    arya

    Oktober 17, 2008 at 12:00 am

  110. @ Mr. Arya
    Terima kasih Pak atas Informasi dan pencerahannya, sangat berguna untuk pemula seperti saya…

    hari_pantja

    Oktober 17, 2008 at 12:42 am

  111. Untuk EPC……..sejauh jauh melompat asal masih di seputaran indonesia…akan ketemu juga.
    Artinya teman teman di proyek A, setelah sekian tahun lamanya dan pindah pindah company biasanya akan ketemu kembali dalam satu proyek (satu proyek bisa banyak company yg terlibat). Berangkat dari situ maka berteman dan bersahabat dg semua org dan semua kalangan sangat diperlukan. Jika tak suka ngobrol dan kumpul kumpul ya gpp yang penting tidak bersikap menyakiti org lain……….

    suka pembantu cantik

    Oktober 17, 2008 at 2:19 am

  112. mari qt brjelas-jelas.saya engineer di fresh di 3patra
    gaji basic : 3.4 jt
    tunjangangan ; 50rb/day

    kalo masuk 22 hari gaji total bakal 4.5 jt gross.
    ptong pajak, kesehatan, bla..bla sekitar 200-300 rb.
    Alhasil bakal bawa pulang 4.2 – 4.3 jt/month….

    kalo memenuhi standar kompetensi perusahaan setahun kemudian bakal naik gaji jadi 5.5 – 6.2 gros…,tergantung seberapa bos mengkui atau tidak kompetensi qt..

    RZD_trptr

    Oktober 20, 2008 at 2:08 pm

  113. Ya begitulah tripatra…..pajak dll dibebankan ke karyawan. Suka ya ambil gak suka ya cabut……getu aja koq repotttt
    Mohon rekan rekan jangan memberikan informasi yg spt iklan seluler. Dpat gaji 5jt, 10jt, 15jt tanpa dijelaskan gross atau net dan perincian gimana……..

    Mantan Tripatra

    Oktober 21, 2008 at 12:58 am

  114. @RZD_trptr
    Nggak apa2 tuh, membuka gaji sendiri sementara masih kerja di tripatra =). Wah sudah naik ya gajinya, selamat ya.
    Oya ngomong2…..
    Oktober 2008 = 21 hari kerja, 2 hari libur nasional, (nggak ambil cuti kan bulan ini?), November 2008 = 20 hari kerja,Desember 2008 = 20 hari kerja,3 hari libur nasional.
    Nah tiga bulan ke depan, tunjangan nya nggak penuh lho.
    Oktober minus 50rb, November dan Desember minus 100rb.
    “…ptong pajak, kesehatan, bla..bla..”
    Trus potong pajak sih ngerti, potong kesehatan itu apa???
    Satu lagi, nggak ada info ya, gross nya setelah setahun itu perinciannya gimana ? Bisa aja kan gaji tetap 3,4 juta tapi tunjangannya jadi 127rb/hari, total gross 6,194 juta.
    Mmm….bonus dan THR pakai gaji basic kan =) ?
    Maaf ya, tidak bermaksud menyinggung, baik kamu maupun tripatra. Hanya klarifikasi aja untuk yang lain.
    Take it or leave it, saya sudah pilih leave it.

    arya

    Oktober 21, 2008 at 2:34 am

  115. idem dg arya, ………….
    Selain tripatra masih banyak koq yg memotong pajak dari karyawan dan juga basic dikecilin tunjangan digedein. Meski THP besar tapi pas THR dapatnya kecil, begitu juga jika kena PHK juga akan dpt pesangon kecil krn hitungannya basic.
    Cuma utk kesehatan rata-rata sich gak memotong dari karywan.
    Saya dah ganti ganti perusahaan dan skrg nyangkut di persh jepang yg mana pajak dan jamsostek ditanggung kantor, sementara tunjangan kesehatan sebesar gaji sebulan utk jangka setahun.
    Uang hadir tidak ada, cuma kalo bolos tanpa alasan akan dipotong gaji sesuai levelnya. Makin banyak libur tentu makin suka….hehehehe…..

    Mantan Tripatra

    Oktober 21, 2008 at 3:05 am

  116. Rata gaji di EPC lokal sama aja…
    Ada temen FG di IKPT dia di Div. Procuremet gaji juga segitu kok, bawa pulang 4,5jt-an.
    Yaah….
    Yang penting bukan besar gajinya, besar bersyukurnya aja deh.

    klinsmann

    November 1, 2008 at 5:42 am

  117. @arya
    “Nggak apa2 tuh, membuka gaji sendiri sementara masih kerja di tripatra =). Wah sudah naik ya gajinya, selamat ya.”

    gpp lah mas qt buka-buka, niat qt bukan untuk merendahkan diri/mengeluh apalagi menyombongkan diri, cuman berbagi info aja buat rekan-rekan yang akan terjun ke EPC…tidak juga ada niat untuk mengajak massa ke tripatra. sengaja sy ngaku msh di tripatra biar infonya lebih shahih.
    potongan-potongan saya tidak terlau memperhatikan mas. kalo yg habis setahun itu, yg gajinya naik karena basic nya naik..kalo tunjangannya ada yg tetap ada yg naik, begitu kira-kira mas arya.

    setjuh ama klinsmann, yang penting syukurnya dibanyakin, kalo rejeki mah sejalan dengan usaha. pindah juga suatu usaha mas arya ;

    RZD_trptr

    November 2, 2008 at 2:43 am

  118. gaji gw di WP skrg 12jt lhoo… :)

    Fadhli Halim

    November 2, 2008 at 6:25 am

  119. @klinsmann
    Memang yg anda tulis disini, semuanya terserah anda. Tapi masak memberi infonya seperti itu.
    1.”Ada temen…..bawa pulang 4,5 jt-an” shahih nggak nih info dari temennya? (just asking). Ada akuratnya nggak ?
    2.Besar bersyukurnya itu benar. Cuma banyak kasus yg banyak-banyak bersyukur itu perusahaan nya mas, bukan karyawannya. Pengeluaran buat gaji karyawannya kecil.
    Karena itu disini kita sama2 memberikan info yg AKURAT agar teman2 semua paham dan mengerti struktur gaji di EPCI yang seharusnya diterima, sesuai judul postingan di atas.
    @RZD_trptr
    Sebenarnya mas anjar sebagai penulis blog ini juga sudah mewanti2. Apa sebaiknya kita tidak memberitahukan gaji kita di perusahaan yang sekarang dengan alasan “etis-tidak etis”.
    Kalau anda merasa baik2 saja, silahkan jalan terus.
    Mengenai kenaikan gaji, sepenuhnya urusan karyawan dan perusahaan. Saya hanya memberi saran untuk sebaiknya memperhatikan mengenai perincian kenaikan gaji agar tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan karyawan.
    Demikian.
    @Fadhli Halim
    Anda mantan process engineer yang pernah mengurusi project NDD di tripatra ya kan? Pengalaman anda 3-4 tahun?
    Bisa dimintakan rincian, apakah itu nett atau gross?

    arya

    November 3, 2008 at 3:46 am

  120. FYI, sekarang ini IKPT lagi membuat perusahaan baru patungan dengan Petrofac (LNG), bulan lalu sempat santer sebagai pemenan LNG Algier (lowest bidder), namun akhirnya ga dapet juga.
    Perusahaan baru tersebut sekarang sedang merekrut fresh engineer maupun experienced.
    Ratenya lumayan untuk level lokal (walaupun PMA juga).
    untuk fresh ratenya (nett) sekitar 4-5jt excl overtime.
    Yang paling bagus adalah untuk experienced engineer, started di 8jt, leader started-nya 11jt-an.
    Tapi yaaaa.. kerjanya ‘rodi’ gitu deh …
    ada yg berminat ?

    salam

    ary_ikpt

    November 3, 2008 at 11:59 pm

  121. ary_ikpt,
    kemana harus apply?

    ?????????

    November 4, 2008 at 3:45 am

  122. mau tanya nehh om2 yang dah experience, klo gaji d perusahaan manufacturer bagian IT untuk trainer and technical support juga brp yahh pasaran

    Thanks

    YONO

    yono

    November 5, 2008 at 7:22 am

  123. Dulu di IKPT Engineer experience 10 tahun range-nya 6-9 Juta nett per bulan dan lembur nggak dapet.
    Sekarang nggak tau berapa, mungkin udah naik karena 2007 ada brain drain.

    Mantan IKPT angkatan 97

    November 5, 2008 at 9:47 am

  124. Saya berpengalaman 2 tahun di EPC local sebagai Project Control Engineer, sekarang di kontrak oleh sebuah proyek di EPC yang sama dengan gaji sbb :
    1. Gaji Pokok : Rp. 2.000.000
    2. T. Transport : Rp. 517.000
    3. T. Makan : Rp. 300.000
    4. T. Proyek : Rp. 1.000.000
    ———————————— +
    Total : Rp. 3.817.000,- Take Home Pay

    Pajak ditanggung oleh perusahaan/proyek, THR dikasih (basic), kesehatan di cover 50% s/d 2 juta selama kontrak. Lembur sudah termasuk pada tunjangan proyek.

    Saya minta pendapat nya apakah Take Home Pay segitu layak untuk sebuah EPC company ?

    Pendapat

    November 8, 2008 at 4:45 am

  125. Layak atau tidak sangat relatif, tinjauan bisa dari:
    1. diri kita sendiri yg mengacu pada faktor kecukupan dan kelayakan hidup.
    2. faktor perusahaan apakah papan atas atau menengah atau bawah.
    3. perusahaan asing atau lokal
    Untuk @pendapat,
    Nilai tsb jika di perusahaan EPC lokal kelas menengah ke bawah adalah layak sekali krn masih banyak yg dibawah
    tsb.
    Catatan:
    EPC lokal kelas atas: IKPT, Tripatra, Rekin, TJE (TJE dulunya cuma Construction doang tapi skrg EPC)
    Jika pengin dapat lumayan ya ngelamar aja ke EPC papan atas. Ingin gede lagi pindah ke EPC asing, Pengin sangat besar pindah ke EPC asing yg berada di luar negeri.
    Pengin sangat gede ya dirikan aja perusahaan sendiri………hehehehehe

    Pegawe EPC

    November 10, 2008 at 1:07 am

  126. open at wahyuprihantoro.wordpress.com for talking about telco

    wahyuprihantoro

    November 10, 2008 at 2:24 am

  127. @arya

    ya bulsit dikit pak. cuma modal ngemeng dimilis migas, serasa 3-4 tahun experience;p

    Fadhli Halim

    November 13, 2008 at 4:13 pm

  128. kl ad yang pngen tau lbih jelas soal pds, email to randhi_dwi@yahoo.com

    randhi

    November 14, 2008 at 10:50 am

  129. pds apaan ya…?

    Indonesia

    November 26, 2008 at 2:01 am

  130. wah gajinya gede2 ya..,hehe..,
    tp klo idupnya di utan mulu ya gak seru juga kle..,boring..:p

    jd nyesel gak kul teknik fisika dlu..,hoho..,

    anjrit

    November 26, 2008 at 5:50 am

  131. mumpung lagi rame nih, sekalian mo tanya, klo di EPC status kontrak pegawainya biasanya dengan siapa ? Dengan EPC company langsung atau dengan pihak ketiga (outsourcing) yang biasanya koperasinya EPC company. Soalnya saya denger2 dulu begitu. Thx

    nitnit

    November 26, 2008 at 9:00 am

  132. walah….EPC punya koperasi??? hanya sedikit yg punya dan koperasinya tidak supply man power.
    Kalo EPC kontrak biasanya langsung per project basis atau ke subkon-nya. Gak adalh pihak ke3

    Indonesia

    November 26, 2008 at 10:10 am

  133. halo sedulu2 sekalian, update lagi donk berita2 ttg EPC, dari update gaji, proyek EPC terbaru, tips2 ampuh masuk ke dunia EPC. Thanks

    pengen_banget_gawe_diEPC

    Desember 9, 2008 at 1:38 am

  134. denger2 exxon mobile maw PHK in beberapa pegawai2 nya ya..?wah..,pdahal maw nyoba masuk..,

    ananda_mikocok

    Desember 9, 2008 at 3:14 am

  135. mau donk kalao ada lowker di EPC utk senior staff…..pls kasih info disini

    Indonesia

    Desember 9, 2008 at 3:38 am

  136. Sepi proyek euy…..

    axel

    Desember 10, 2008 at 5:53 am

  137. ada yg tahu contact person premier oil ga? projectnya yg dapet saipem tp krn yard blm jadi mau dikerjakan di SMOE Batam. Di Mc Dermott lagi rame tuh, ada project Maersk – FPSO Peregrino, North Rankin – Woodside dan Chevron Thailand – Platong gas II

    antioutsourcingind

    Desember 10, 2008 at 7:08 am

  138. Mobil cepu ltd juga lagi cari tuh byk tp lewat lekom maras dan moody jkt

    antioutsourcingind

    Desember 10, 2008 at 7:09 am

  139. alamatnya donk bro…..biar bisa apply

    Indonesia

    Desember 10, 2008 at 8:49 am

  140. boleh tahu selain gaji, apa saja tunjangan dll yg didapat di saipem? gua ada tmn yg dpt offer utk saipem lewat agen singapore. experience 9 thnan. dpt offer 3000an usd. Ada tmn2 yg dr saipem bisa kasih bantu? apa itu utk base spore atau karimun atau project skrg yg mau dpt utk premier oil gajah baru yg kayanya mau dikerjakan di smoe yard kabil krn karimun blm kelar.
    Thx

    O&G Ffreelance

    Desember 12, 2008 at 8:02 am

  141. boleh tahu selain gaji, apa saja tunjangan dll yg didapat di saipem? gua ada tmn yg dpt offer utk saipem lewat agen singapore. experience 9 thnan. dpt offer 3000an usd. Ada tmn2 yg dr saipem bisa kasih bantu? apa itu utk base spore atau karimun atau project skrg yg mau dpt utk premier oil gajah baru yg kayanya mau dikerjakan di smoe yard kabil krn karimun blm kelar.
    Thx

    O&G Ffreelance

    Desember 12, 2008 at 8:20 am

  142. Kemana apply-nya?????????

    Pengin ....

    Desember 12, 2008 at 10:51 am

  143. Ada yang tahu rate gaji Engineer di Hess brp ya?gua ada tawaran dr hess utk QC Engineer.Kasih tahu dong?

    O&G Freelance

    Desember 17, 2008 at 7:42 am

  144. Dear Semua,
    saya sebelumnya tidak pernah mengunjungi blog ini…..
    KO’ nama saya tiba2 muncul di blog ini….??
    ini sebuah fitnah dari pelaku yang tidak bertanggung jawab….
    Saya beri waktu 7 x 24 jam untuk meminta maaf dan memberi konfirmasi.
    jika tidak, Siap2 hadapi pengacara….

    Saya Mencurigai Eko Setiadi / Muh. Asyrofi

    Salam,
    Fadhli Halim

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 6, 2009 at 8:57 am

  145. Dear Semua,
    saya sebelumnya tidak pernah mengunjungi blog ini…..
    KO’ nama saya tiba2 muncul di blog ini….??
    ini sebuah fitnah dari pelaku yang tidak bertanggung jawab….
    Saya beri waktu 7 x 24 jam untuk meminta maaf dan memberi konfirmasi.
    jika tidak, Siap2 hadapi pengacara….

    Saya Mencurigai Eko Setiadi / Muh. Asyrofi

    Salam,
    Fadhli Halim

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 6, 2009 at 9:18 am

  146. yang saya tau di HESS mah lmyn gede..
    diatas 10jt..
    karna mereka pernah nawarin beasiswa ikatan dinas gt di kampus kami..
    http://aswantara.blogspot.com

    adi

    Januari 6, 2009 at 9:58 am

  147. Ada yang tahu standard gaji Expatriate? boleh inform ke email saya fiendy.cilla@gmail.com

    Fiendy

    Januari 6, 2009 at 10:23 am

  148. jika rekan2 tidak mengerti dengan postingan saya kemaren,
    mohon rekan, membaca postingan pada bulan november, yang mengaku bernama Fadhli Halim.
    dan juga, postingan beliau seakan menekan kan kepada saya, karena bekerja di WP (WorleyParsons – -Tempat saya bekerja sekarang) TIDAK ADA YANG NAMANYA FADHLI HALIM YANG BEKERJA DI WP (WorleyParsons) yang namanya Fadhli Halim selain saya……
    Kepada penulis yang mengaku Fadhli Halim dikatakan, JANGAN JADI BANCI — JANGAN JADI BANCI — JANGAN JADI BANCI —————————————————-
    Mohon maaf, karena tidak ada niat saya sebelumnya untuk mengganggu blog ini…
    tapi, karena postingan itu, yang berbau SARA dan KRIMINAL PIDANA DAN PERDATA, dengan pasal 135 (PERBUATAN TIDAK MENYENANGKAN), SERTA PASAL FITNAH ….

    Regards,
    Fadhli Halim

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 7, 2009 at 4:44 am

  149. jika rekan2 tidak mengerti dengan postingan saya kemaren,
    mohon rekan, membaca postingan pada bulan november, yang mengaku bernama Fadhli Halim.
    dan juga, postingan beliau seakan menekan kan kepada saya, karena bekerja di WP (WorleyParsons – -Tempat saya bekerja sekarang) TIDAK ADA YANG NAMANYA FADHLI HALIM YANG BEKERJA DI WP (WorleyParsons) yang namanya Fadhli Halim selain saya……
    Kepada penulis yang mengaku Fadhli Halim dikatakan, JANGAN JADI BANCI — JANGAN JADI BANCI — JANGAN JADI BANCI —————————————————
    Mohon maaf, karena tidak ada niat saya sebelumnya untuk mengganggu blog ini…
    tapi, karena postingan itu, yang berbau SARA dan KRIMINAL PIDANA DAN PERDATA, dengan pasal 135 (PERBUATAN TIDAK MENYENANGKAN), SERTA PASAL FITNAH ….

    Regards,
    Fadhli Halim

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 7, 2009 at 4:44 am

  150. bingung dah…
    tahu yg asli mana ama yg palsu mana gimana dong caranya?

    amin

    Januari 7, 2009 at 5:42 am

  151. tunggu aja….
    yang asli yang emailnya fadhli.halim@worleyparsons.com
    Jika dalam waktu 6 x 24 jam SI BANCI yang sudah mencemarkan Nama Baik Ku, yang sudah memFitnah, tidak meminta minta maaf dan melakukan klarifikasi…..
    maka siap2 ANDA MENGHUNI JERUJI BESI….
    buat anda yang menulis bulan november dan mengaku Fadhli Halim (waktu memposting bulan November), TOLONG JANGAN JADI BANCI….
    KALAU JADI BANCI, LEBIH BAIK LOE JADI CEWEK AJA …..
    LOE
    jangan kira IT POLISI tidak bisa melacak anda……..
    Ini bukan sekedar ancaman…….

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 7, 2009 at 6:27 am

  152. tunggu aja….
    yang asli yang emailnya fadhli.halim@worleyparsons.com
    Jika dalam waktu 6 x 24 jam SI BANCI yang sudah mencemarkan Nama Baik Ku, yang sudah memFitnah, tidak meminta minta maaf dan melakukan klarifikasi…..
    maka siap2 ANDA MENGHUNI JERUJI BESI….
    buat anda yang menulis bulan november dan mengaku Fadhli Halim (waktu memposting bulan November), TOLONG JANGAN JADI BANCI….
    KALAU JADI BANCI, LEBIH BAIK LOE JADI CEWEK AJA …..
    LOE
    jangan kira IT POLISI tidak bisa melacak anda……..
    Ini bukan sekedar ancaman…….

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 7, 2009 at 6:28 am

  153. @ Bos fadhli halim,
    Bos anda jangan buat onar mlulu lah…… anda juga bisa dituduh nyemarin nama orang lho. anda jangan maen tuduh thdp eko setiadi/Muh asyrofi.

    salam
    saya juga sering dengar nama fadhli halim

    sama saja

    Januari 7, 2009 at 12:09 pm

  154. Bos semua,
    lahhh cuma di forum beginian koq marahnya sampai urusan perdata pidana, namanya forum bebas ya sembarangan menulis apa susahnya, kalau gak suka yg balas maki maki dan cukup disini saja.
    Anda juga bisa ngaku ngaku jadi presiden SBY atau Barack Obama…..semua bebas ….
    Catatan tambahan:
    Yang punya blog ini (anjar) saja gak sewot kenapa yg bukan apa apanya anjar koq sewot…………..

    Salam,
    penggemar blognya anjar

    uhuiii

    Januari 8, 2009 at 1:25 am

  155. dari komentar anda2 berdua diatas, jelas anda itu muh. asyrofi dan eko setiadi….
    Muh Asyrofi dan eko setiadi merasa tidak mereka yang memmposting blog, silahkan sampaikan kepada mereka untuk melaporkan saya ke pihak berwajib,,.
    saya siap……

    Justru karena Bapak Anjar yang punya, saya jadi tidak enak, tapi ITU TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN INI, KARENA YANG DICEMARKAN NAMA SAYA BUKAN NAMA PAK ANJAR, JADI PAK ANJAR INI TIDAK ADA HUBUINGAN DENGAN KASUS INI…
    ANDA (muh. asyrofi & Eko setiadi DAN MENGAKU FADHLI HALIM BULAN NOVEMBER) JANGAN MEMPERKERUH MASALAH, JANGAN TERLALU DITUNJUKKAN JIKA ANDA BANCI DAN TIDAK BERANI MENGHADAPI MASALAH DAN KEMUDIAN NAMA ORANG ANDA BAWA2…..
    MASAK nama orang dibawa….seenaknya menggunakan nama orang…….
    Yang menggunakan nama fadhli halim (bulan november) itu adalah seorang BANCI.,….
    BANCI……
    BANCI…….
    BANCI…………….
    YAng jelas, orang yang sudah mencemarkan nama saya (bulan november itu) adalah orangSTRESS……
    mudah2 an jika orang tersebut belom kawin, jodohnya dihapuskan TUHAN….
    kepada si PELAKU (yang mengaku nama Fadhli Halim bulan November) saya ucapkan BANCI DAN ANJING………
    ANJING ……….

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 8, 2009 at 3:22 am

  156. Istighfar pak..
    Allah SWT yg menciptakan kita aja ga pernah menyebut kita ANJING meskipun kita kafir / atheis sekalipun.
    anda orang beragama bukan??
    marah boleh..tapi alangkah bagusnya jika tidak memaki2 di forum ini. mending kalo memang anda mencurigai orang tsb ya langsung diajak duel aja diluar. itu juga kalo bener orang yang anda curigai melakukan seperti yang anda tuduhkan. kalo ngga? ya berarti anda sama aja dengan apa yang anda sebut tentang mereka..

    malesbacaorangmakimakioranglain

    Januari 8, 2009 at 3:40 am

  157. buktinya apa sih kalo “Fadhli Halim” dengan “Fadhli Halim (ASLI)” itu orang nya beda? bisa aja kan cuma satu orang.

    amin

    Januari 8, 2009 at 4:13 am

  158. Heheee….
    masalah berantem,
    kayaknya gwa udah bolak balik penjara deh waktu SMU dului……
    kalau gwa mau, cukup bayar preman di Tanah abang sana 5 juta, habis deh orang yang mainin gwa….
    tapi untuk yang ini, masih bisa di toleransi…..

    sekarang gwa mau pakai hukum aja…….

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 8, 2009 at 4:17 am

  159. Heheee….
    masalah berantem,
    kayaknya gwa udah bolak balik penjara deh waktu SMU dului……
    kalau gwa mau, cukup bayar preman di Tanah abang sana 5 juta, habis deh orang yang mainin gwa….
    tapi untuk yang ini, masih bisa di toleransi…..
    sekarang gwa mau pakai hukum aja…..

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 8, 2009 at 4:18 am

  160. ayooo sini yg berani duel (di forum tentunya) gw jabanin……………….SBY aja gw lawan apalagi cuman pemain internet

    Bukan fadhli halim tapi farida hamil

    Januari 8, 2009 at 8:41 am

  161. Saya kok bingung dengan maksud pencemaran nama baik oleh Mas Fadhli Halim (Asli) ke Mas Fadhli Halim “Palsu”? Bisa lebih didetailkan Mas Fadhli Halim maksud anda? Pencemaran yang mana?

    Bingung

    Januari 8, 2009 at 11:33 pm

  162. wkaka, ini lah tanda tanda orang tidak berpendidikan. Suka ribut ngak jelas. Pake kata2 kasar…

    Seharusnya seh yang masuk forum ini orang berpendidikan ya ngak seh??

    jo

    Januari 9, 2009 at 5:06 am

  163. ya maklumlah stress kali? track recordnya dah byk yg tahu kok kayak gimana. educated apa nggak kt bs menilai kan?

    cabe deh

    Januari 9, 2009 at 5:58 am

  164. wah kasihan juga worleyparsons punya engineer semacam ini (itupun kalau benar engineernya worleyparson)..kurang punya attitude yang baik dalam berbicara dan bersikap di forum umum yang bisa dibaca semua orang dan kalangan. malah mempermalukan diri sendiri dan nama perusahaan yang dibawa bawa tersebut.

    robert

    Januari 9, 2009 at 11:26 am

  165. Gw liat postingan Fadhli Halim (Nov) isinya normal2 aja..
    nggak bikin cemar IDnya.. apa kurang gede yahh, jadinya yg asli protes..

    pairo

    Januari 9, 2009 at 11:42 am

  166. Tau deh maunya apa tuh orang. Dah wataknya kali ya? ato cari sensasi? kayak artis aja…he3x

    hercules

    Januari 11, 2009 at 12:05 am

  167. Gitoo aja kok repot…..tinggal ketemu orangnya dan dibicarakan baik2. Kalau ngga bisa juga baru dah tuh berantem

    kutu kupret

    Januari 13, 2009 at 5:33 am

  168. robert, loe juga anjing, ngapain bawa2 nama worleyparsons. Gwa ngga takut dengan loe, ke mana loe mau berantem, gwa jabanin . ini no hp gwa, 085269878796 – taik loe

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 15, 2009 at 11:00 am

  169. buat hercules, apa loe pikir gwa taku dengan nama loe-tanah abang bisa gwa bikin obrak-abrik, gini2 gwa dah sering masuk penjara di payakumbuh dulu, semua anak FT UI juga tau siapa gwa, terkutuk kau

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 15, 2009 at 11:03 am

  170. muh. asyrofi & eko setiadi, jangan jadi BANCI kalian, gaji gwa 20 juta, ngga susah gwa bayar 5 juta buat preman utk nyulik kalian, dilempar ke parung atau ujung kulon sekalian..BANCI..ANJING

    Fadhli Halim (ASLI)

    Januari 15, 2009 at 11:06 am

  171. @ Fadhli Halim (ASLI)

    Fadhli Halim mencemarkan kayak gmn sich ?
    sampai membuat anda segitu emosi ?

    amatsangat

    Januari 15, 2009 at 3:47 pm

  172. gw anak FTUI angkatan 91 koq gak kenal fadli halim

    Gubrak

    Januari 16, 2009 at 12:43 am

  173. Gw jadi inget emaknya Kiki Fatmala…… :D

    Fachrudin

    Januari 16, 2009 at 4:22 am

  174. @ fadhi halim asli
    kekanak-kanakan deh loe.. baru pegang 20jt aja lagunya pera’
    kalo emang profesional, jaga sikap dong, ini forum publik..
    jangan sampai keluar kata-kata sampah, bisa kan nak fadhli?

    edo

    Januari 16, 2009 at 6:18 am

  175. Case closed !!!

    Heru

    Januari 16, 2009 at 8:07 am

  176. @ Fadhli Halim
    Kamu jangan bikin onar di blok umum ini ya!
    Saya sebagai pengamat saja, jijik melihat komentar kasarmu itu. Kalau kamu terus-terusan bikin onar di forum umum seperti ini saya bisa mengcopy-paste semua tulisan di atas dan saya laporkan ke semua petinggi maupun HRD WP!
    Maka dari itu hentikanlah ulah kurang-ajarmu itu sebelum saya sebagai pengamat habis kesabaran!

    Penengah

    Januari 16, 2009 at 2:02 pm

  177. maaf dek fadhli yang asli (maaf saya panggil anda dek, karena saya yakin anda cukup jauh dibawah saya). saya sama sekali tidak membawa bawa nama worleyparsons.anda sendiri yang membawa nama worleyparsons di posting-an anda, dan dengan bangga dan arogannya mengatakan jumlah gaji anda yang 20 juta itu (banyak juga untuk 3-4 yr exp, hati-hati dek, bisa merusak pasaran gaji lho kalau di state di forum umum.bisa kena sanksi kode etik juga kalau hrd tempat anda bekerja baca ini).anda juga menghina saya dengan kata2 yang sangat ofensif dan kotor. Jujur, saya sangat sangat kecewa melihat lulusan universitas ternama seperti ini. mungkin kedepannya perlu dilakukan tes sikap dan mental terhadap mahasiswa yang akan lulus. jaman semakin berat, mungkin banyak orang jadi depresi.Salah-salah bisa tambah hancur negri ini. Satu hal lagi yang saya tidak habis-habisnya berpikir, saya heran kok dek fadli ini bangga sekali ya sebagai eks napi?aneh juga. Mengenai ajakan kelahi dari dek fadli, maaf ni, saya tidak bisa hadir, soalnya masih cari makan di luar negri.lagian malu sudah tua.pasti kalah dari teman-teman tanah abang yang dibayar 5 juta oleh mas fadli (belum naik ya harganya?coba cek dek.nanti salah bujeting lagi, bisa habis gaji 20 juta mu nanti). waduh kepanjangan posting-an nya.bosan juga di negri orang.jadi rindu Indonesia tercinta dengan segala keunikan dan kegilaan warganya.:)

    robert

    Januari 16, 2009 at 6:14 pm

  178. saya senang melihatnya, pak robert menanganinya dengan sabar.. ok2 case closed! back to topic..

    KRS

    Januari 18, 2009 at 5:50 am

  179. Menanam padi menuai padi jg…..

    Masalah.. gaji itu relatif… yang penting halal ya…

    Untuk gaji lokal EPC kurang tahu.. gak punya update info…

    Apalagi sekarang.. harga minyak turun.. krisis finansial dunia… banyak project lagi di pending.. ada pemilu di indo…

    berdasarkan pengamatan saya…

    gaji permanent kenaikan kecil pertahun di banding kontrak.. Permanent lebih stabil resikonya… Yang kontrak selesai kontrak abis…

    So pilihan kan….

    Mau gaji tinggi biasanya di tempat yang kurang nyaman.. seperti di Nigeria, Libya. lingkungan ekstrim di Sakhalin dll…
    Mau gaji tinggi lagi… ganti paspor UK atau US…. standard salary bule….

    Kapan ya di negri sendiri menghargai engineer lokal….

    Salam engineer…

    alumni sipil...

    Januari 18, 2009 at 11:51 am

  180. jadi gigolo juga besar pendapatannya (bukan gaji). pengamen juga besar pendapatannya (bukan gaji).
    Pegawe bea cukai juga besar pendapatannya (bukan gaji)…
    Pilih mana gaji atau pendapatan??????

    Gubrak

    Januari 19, 2009 at 12:59 am

  181. Saya (Fadhli Halim) yang bekerja di Worley Parson Jakarta mengaku :
    tidak pernah memposting tulisan2 yang bernama Fadhli Halim (Asli) sejak 15 january 2009 sampai akirnya tulisan ini saya buat….
    Hal2 yang membuat dan mengancam keselamatan saya, akan menjadi bagian dari process hukum dan kriminal kepolisian.

    Salam,
    Fadhli

    • Fadhli Halim (ASLI) = Fadhli Halim –> last clarification
      avatarnya aja sama wkwkwk

      andi yoga

      Oktober 28, 2011 at 7:54 am

  182. masih bahas “itu”:D
    klo koment di blog gini gak bisa lah nentukan asli ato palsu, ya pokoknya semuanya klo kasih koment ngomongnya yg sopan2

    amin

    Januari 19, 2009 at 10:54 am

  183. Begini donk pengumumannya ngga pake maki maki, pasti di jamin yg ngerjain Fadhli Halim bakalan capek sendiri, Fadhli sabar ya.. doa orang yg di zhalimi itu manjur lho..

    meetball

    Januari 19, 2009 at 11:27 am

  184. gak ngefek kalo cuma dizalimi di forum internet beginian…..lagian berapa banyak yg baca juga gak ketahuan, juga dari kalangan mana saja…mungkin kalo di situs pemerintah baru ada efeknya kalo maki maki orang.
    Jadi pikiran saya, biarkanlah yg maki maki, dan bagi yg merasa tersinggung ya anggap saja sbg bagiian dari anger management.
    Getu aja koq repyot….

    Gubrak

    Januari 20, 2009 at 10:29 am

  185. Sebagai alumni WPI saya prihatin sm fadhli halim. Saya sudah minta rekan saya yang masih kerja disana untuk mengecek kebenaran siapa yg posting disitu karena pasti ketahuan disistem network WPI. Initial FH yang posting disitu adalah benar FH sendiri mungkin karna sudah terdesak oleh initial Robert dan akhirnya nyali FH menciut dan FH posting last clarification. Buat FH jangan merusak nama wpi dan kita tahu dunia engineering itu kecil. Apapun yg kamu tanam itu yang kamu petik.

    mantan wpi

    Januari 20, 2009 at 10:56 pm

  186. Yo wes semuanya, jadikan pelajaran saja supaya lebih hati-hati dalam berkata. Sabar-sabar aja ya.
    Btw, buat rekan-rekan semua mungkin ada yang tau untuk bekerja dengan pengalaman hampir 4 tahun di TRUBA sekarang THP nya dapat berapa rupiah ya?mungkin ada yang tau gambarannya ataupun range-nya. Saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan BUMN. Semua pengalaman saya terdiri atas procurement, HSE, ISO, Maitenance Analyst. Ada yang bisa bantu?
    terima kasih buat infonya apapun itu

    alevi

    Januari 21, 2009 at 1:44 am

  187. Back to topic dunk, lupakan FH asli dan palsu …..kalo mau kerja di EPCI or OG experien yg bisa dijual apa aja yah…

    immmm

    Januari 21, 2009 at 2:53 pm

  188. Ikutan Nimbrung,

    Sekedar renungan…..

    Website ini bagus banget, bisa jadi ajang sharing dan memperkaya data (ini termasuk hal wajib untuk meningkatkan ilmu secara terus menerus). Bagi saya yang terpenting adalah meningkatkan kemampuan sebesar-besarnya kemudian menerapkannya semaksimal mungkin. Siapa tahu akan dapat membantu negara yang kita cintai ini dengan tanpa terasa. Realnya adalah bagaimana kita memperbanyak para expat yang keluar negri, ini akan banyak memberikan kontribusi devisa yang tak ternilai. Masalah kekosongan di dalam secara natural akan diisi oleh para lulusan yang baru. Kita masih kalah jauh sama India ato Philiphina dalam hal jumlah, meskipun tidak secara qualitas. Ini sebenarnya bisa jadi PR untuk kita semua. Masalah nasionalisme hanya ditentukan dari sisimana kita memandang. Bekerja sebagai expat bukan berarti menghilangkan nasionalisme, tapi hanya dikonversi ke sisi lain.

    Trus jangan lupa untuk mengkonversi pendapatan yang relatif besar menjadi asset yang menghasilkan pemasukan pasif (small business atau investasi baik basis produk financial atau property). Jangan sampai akhirnya mendapatkan gaji yang besar tapi habis juga untuk hal2 yang tidak strategis. Bisa2 pas pulang masih menghadapi permasalahan yang sama (nenteng surat lamaran sana sini).
    Bukan berarti saya menganjurkan tidak bekerja lagi or ongkang2 tapi adalah beda jika sepulang dari LN kita sudah bermetamorfosa menjadi pegawai tapi semi investor dan small business owner. Tekanan pribadi tidak lagi penuh.
    Dan kita tidak lagi bekerja hanya demi uang semata.

    Well, tapi itu semua adalah pilihan masing2. Mudah-mudahan bermanfaat. Siapa tahu berguna. Amien.

    Kopros

    Januari 25, 2009 at 10:09 pm

  189. hii semua…
    lagi nyari lowongan kerja nih, sy drafter piping/mechanical bisa pdms. pengalaman 3 thn di oil&gas 8 thn di hige rise building, kalo da info tolong email ke indqtr@yahoo.co.id, akhir februari sy pulang ke indonesia.

    lenong

    Februari 9, 2009 at 5:17 am

  190. sebenarnya cuma mau sedikit meluruskan dan juga mempertanyakan ttg rate salary di TRIPATRA. buat mas arya, kok bisa ya mpe dibawah 3,5jt perbulan, apa sudah confirm ke HRD??…. saya juga masuk fresh, engineer dgn rate gaji sama tp tdk pernah sampai dapat dibawah 3,8jt meskipun dengan timesheet yg tdk lengkap 22hari (karena bos telat melakukan approval) dan juga sudah dikurangin potongan2. tolong dicek lagi kan ada di slip gaji, saya sudah setahunan disitu tp belum pernah potongan mpe segitunya hehehehe………….. coba dicek lagi yah. thanks

    cindy

    Februari 9, 2009 at 1:41 pm

  191. Sekedar tambahan, janganlah menjelek-jelekan tempat eks dimana kita bekerja, karena bagaimana pun juga kita pernah makan gaji dan bersosialisasi di sana. Sapa tau ke depannya kita akan balik lagi kerja ke eks tempat kita bekerja dulu, bahkan mungkin mendapat gaji yang lebih baik di sana. Apa sebabnya, karena perusahan EPC akan berkompetisi mencari proyek dgn perusahaan EPC lain baik lokal atau internasional.

    Coba deh bikin perusahaan EPC, lalu rasakan sendiri bagaimana sakitnya untuk mendapatkan 1 proyek saja.

    Oh, ya… sekedar tambahan…. saya lagi kerja di timteng… tapi pengen segera balik ke Indonesia. Maklum ga betah jauh dari keluarga. Hujan emas dinegeri orang, masih lebih baik dinegri sendiri walaupun hujan batu.

    bang_becak

    Februari 14, 2009 at 6:01 am

  192. Hi semua, boleh ikut nimbrung gak nih…
    kayaknya bisa nambah wawasan nih di blog ini. Mohon izin berkomentar donk. Aku sebenarnya sangat ingin untuk bekerja di persuahaan oil&gas or Engineering, tapi backgroundnya bukan teknik hanya manajemen. kira2 bisa gak ya dapet pekerjaan disitu. Satu2nya yang bisa aku andalkan cuma kemampuan bahasa Inggris yang cukup.

    Terima kasih atas jawabannya.

    godfather_yan

    Februari 20, 2009 at 6:29 am

  193. @cindy
    Mbak cindy, mohon dikaji dulu sebelum berkomentar. Saya sudah katakan saya eks tripatra. Slip gaji saya masih lengkap. Saya minta anda menghubungi rekan saya suprihat, process engineer di proyek BP. Klarifikasi sm beliau. Saya tunggu sampai jumat depan, kalo memang anda berniat baik. Anda memang tidak merasakan mbak.
    Saya kan kerjanya 2006-2007, anda mungkin masuk 2008.
    Sekali lagi, saya tunggu klarifikasinya.
    @bang becak
    Sekarang tolong anda perhatikan yg satu ini. Saya pernah bekerja 3 bulan tanpa kontrak (tidak ada hitam di atas putih), meskipun setiap hari saya kejar terus HRDnya. Berhubung saya waktu itu tidak ada tawaran dari perusahaan lain, saya terpaksa menerima keadaan itu. Bagaimana keadaan itu di mata hukum ?
    Ketika saya baik2 mau resign dengan alasan diatas, yg saya dapat adalah saya dicaci maki karena dianggap tidak setia. Plus memberikan komentar menjelekkan perusahaan EPC lain yg disangka saya akan bekerja disana. Bagaimana hal ini jika ditinjau dari segi etika ?
    Terakhir, saya tidak pernah menjelekkan. Semua itu fakta dan saya punya buktinya. Yg saya harapkan adalah sebenarnya perusahaan eks saya bekerja menjadi lebih baik lagi. Jangan diulangi keadaan yg sama.
    Saya hanya bs berkomentar setelah keluar, karena jika berkomentar ketika masih bekerja, dengan budaya yg saya paparkan diatas. Kemungkinan besar, saya diberhentikan.
    Sebelumnya, terima kasih atas masukannya.

    arya

    Februari 20, 2009 at 9:44 am

  194. @Arya,
    Ada lowongan kerja di tempat anda gak? saya pengin pindah kerja cuma masih belom dapat panggilan-panggilan.
    bekgron saya adalah mech.eng, tapi lama di procurement. Total exp >12thn

    Gubrak

    Februari 23, 2009 at 1:17 am

  195. @Gubrak
    Kebetulan di tempat saya belum ada lowongan utk mech.engineer ataupun procurement. Tetapi di milis migas kemarin ada lowongan di Petrofac-IKPT. Kemudian di worley juga saya pernah menerima info lowongannya. Silahkan dicoba. Mudah2an segera dapat yg lebih baik.

    arya

    Februari 23, 2009 at 9:59 am

  196. @ cindy

    saya exp 2 tahun di tripatra…memang bener kok pada waktu tahun 2006-2007 itu gaji d tripatra masih sekitar 3 jutaan.

    baru pada tahun 2008 naik menjadi 4 jutaan….

    @ mas arya, skrg kerja di mana mas ?? ada lowongan buat stress boy seperti saya ga ??

    thx…

    stress boy

    Februari 27, 2009 at 12:38 pm

  197. @stress boy
    Secara umum, anda sudah pengalaman berapa tahun dan sebagai posisi apa ? Di tempat saya belum membuka lowongan. Tapi beberapa perusahaan EPC lain ada yg membuka kesempatan kerja, bahkan yg oil company seperti COPI (lihat di jobsdb.com). Silahkan ikuti perkembangan nya di milis migas.

    arya

    Maret 2, 2009 at 12:18 am

  198. Dah masuk ke berbagai forum dan apply lamaran koq lom ada panggilan ya….dah puluhan kirim lewat email atau quick apply, bahkan banyak yg lupa kirim kemana aja……
    ditunggu info kalo ada jalur khusus….

    Gubrak

    Maret 2, 2009 at 4:12 am

  199. iya bener itu mas arya, dan nggak hanya di Tripatra saja yg gajinya thn.2006-an masih 3jt-an (freshgrad), big three EPC indonesia lainnya di tahun segitu rata2 sama aja kok, mungkin sekitar th.2008 mereka melakukan peningkatan standarisasi/penyetaraan.
    Ya beruntunglah mbakyu CINDY masuk di angka yg sudah lebih baik.
    saya ex-IKPT yang sekarang tetap jadi kuli dan buruh biasa di TOTAL.

    Salam,

    cahedan

    Maret 14, 2009 at 7:38 am

  200. halow smua. mau tanya neh. saya mau teken kontrak dgn salah satu EPC lokal utk posisi Project Engineer. Prospek ke depannya gmn ya? utk info, saya masih fresh graduate dan backgroundku Arus Kuat (electrical engineer)
    thanks ya atas jawabannya.

    electrical engineer

    April 23, 2009 at 4:56 am

  201. Project Engineer ada yg mengartikan sbg wakil dari project manager dia biasanya dah senior…segala sesuatu yg menyangkut teknik termasuk kerja tambah atau kerja kurang si project engineer yg acc.
    Project engineer ada juga yg mengartikan engineer yg ditaruh di project sehingga bisa electrical engineer, mechanical engineer, dst. Kalo yg terakhir ini banyak yg FG. Prospek ke depan bisa dinilai sendiri apakah kantor anda itu bonafid atau tidak, bisa tanya-tanya ke senior yg ada. Kalo merekan masih rajin bikin CV berarti ya tidak bonafid alias madesu….

    Gubrak

    April 23, 2009 at 9:21 am

  202. Project Engineer ada yg mengartikan sbg wakil dari project manager dia biasanya dah senior…segala sesuatu yg menyangkut teknik termasuk kerja tambah atau kerja kurang si project engineer yg acc.
    Project engineer ada juga yg mengartikan engineer yg ditaruh di project sehingga bisa electrical engineer, mechanical engineer, dst. Kalo yg terakhir ini banyak yg FG. Prospek ke depan bisa dinilai sendiri apakah kantor anda itu bonafid atau tidak, bisa tanya-tanya ke senior yg ada. Kalo mereka masih rajin bikin CV berarti ya tidak bonafid alias madesu….

    Gubrak

    April 23, 2009 at 9:21 am

  203. salam kenal semua ,
    saya cuma mau tanya klo untuk jadi EPC itu background pendidikan harus apa ya…?klo dari jur kul yg lain yg gak ada hub sama sekali dengan engineer bisa ga….
    mohon pencerahannya dari para master2 EPC,,,
    terima kasih.

    Hastom

    April 24, 2009 at 7:27 am

  204. salam kenal utk smua. mau tanya utk posisi expediter (project engineer) bisa terbang ke oil company nggak ya?

    expediter

    April 25, 2009 at 4:10 pm

  205. Salam kenal,

    Saya salah satu ex-TKI Malaysia yang baru pulang karena alasan keluarga,apakah ada rekan2 yang punya info untuk job piping designer? Tolong bagi2 infonya. Terima kasih.

    Anakkoe

    April 25, 2009 at 8:10 pm

  206. saya bekerja di EPC company dengan perputaran perpindahan dalam 4 tahun ini sebanyak 4 kali, di perusahaan yang EPC company yang termasuk di list Local EPC dan sekali di PMA EPC.
    1. Gaji bisa besar di diatas 18 jt THP/bln untuk Local dan diatas 20 jt THP/bln untuk PMA, tergantung pengalaman dan posisi. Saya mendapatkan tawaran untuk pindah karena mereka yg cari untuk permanent
    2. Selama saya pindah dari perusahaan ke perusahaan, mereka punya standar yg hampir sama untuk posisi dan pengalaman yng lebih spesific, mungkin karena shortage.
    3. Saya mempunyai patokan gaji tertinggi sebesar 25 jt THP/bln. Agar rentang bermain saya di dunia kerja masih dapat diterima dengan pengalaman diatas 12 th – 17th. Saya tahu ada rekan yg bisa mendapatkan gaji s/d 35 THP/bln, cuma harus dipikirkan pasti perusahaan akan tidak memakai lagi jika terlalu lama bekerja karena alasan gaji naik tiap tahuin dan pesangon yg besar. Saran saya, tahan harga jangan terlalu tinggi, belajar terus, buat reputasi yang benar, keluar dengan benar dan terhormat, biasanya perusahaan lain akan mencari bahkan perusahaan lama akan memanggil kembali.
    4. Jika anda masih muda, cari pengalaman yg banyak dan siap berpindah perusahaan. Jika sudah berkeluarga, hitung pengeluaran anda secara realistis, kalau tidak anda akan menjadi ‘greedy’ dan akan berusaha mencari gaji yg lebih besar terus hanya untuk memuaskan ego anda dan gengsi anda.

    agung

    April 28, 2009 at 7:56 am

  207. @ arya

    saya skrg masih kerja di TRIPATRA kok….

    mas arya kerja di mana nih ?? udah jadi alumni tripatra ya?

    sekarang project di TRIPATRA sepi…..

    stress_boy

    April 28, 2009 at 2:04 pm

  208. @ agung
    Terima kasih sekali atas kesediaannya berbagi pengalaman pak. Terutama point no 3 dan 4 utk engineer yg sangat masih baru seperti saya. Oya, sudah 3 tahun ini saya juga pindah 3 kali. Nasihat nya sangat berguna bagi saya, sekali lagi terima kasih.

    @stress boy
    Oya , di tripatra ? Mechanical / piping engineer (stress nya itu lho =D )?
    Iya, sudah tentu saya alumni tripatra. Secara umum project memang sepi, tapi ada bbrp EPC yg justru banyak project.
    Silahkan hubungi “alumni” nya yg satu profesi. Dengar2 EPC yg berkantor di pakubuwono dpt 2 project, siapa tahu ada kesempatan. Semoga sukses dimanapun anda bekerja.

    arya

    April 29, 2009 at 12:05 am

  209. @Arya,
    Mo nanya: Kalo diinterview dan didtanya kenapa pengin pindah, apa jawaban yg baku dan diterima?
    Selama ini saya menjawab utk yg lebih baik, ada yg mo nerima dan banyak yg menolak….
    Terakhir saya di intervies di EPC dg alamat di Jl. Thamrin…saya ceritakan pengalaman yg saya alami dan ketika ditanya kenapa pindah…kujawab utk yg lebih baik. Responnya mungkin negatif

    Gubrak

    April 29, 2009 at 2:30 am

  210. Gw mo sharing dikit,
    Mas Anjar, I’m on your side…

    Ane lulus dari kampus gajah duduk cap bandung thn 2007.
    Masup tahun 2003. Sekarang ane bermukim di New York, kerja mencari sesuap gandum,

    Dua tahun lalu, ane terbuai ingin bekerja di Oil company, cuman pas compare gajinya dengan “ordinary” office job [bukan oil/IT/ atau yg berat-berat] di New York, ternyata sama. Alhamdulillah sekarang ane ngantor di US, pala kagak pusing, dingin ada ase, shalat bisa ‘khusyu’ di prayer room, dikasih bonus tahunan (ane milih pilgrimage option, pergi haji).

    Ane cuman kerja di small company di NY, kadang ane ngerasa “iri” ngeliat temen seangkatan yang ude berkarier di perusahaan-perusahaan top macam Total, Schlumberger, Halliburton, JP Kenny, Saipem, Chevron, so on and so forth.

    Di East Cost sini kerja gak berat, ilmu juga kurang banyak didapat, banyangin setahun aja dapet cuti 30 hari, kerja gak se-edan temen-temen lapangan, lunch cuman diisi ngopi-ngopi di Starbuck atau Cafe Nero.

    Dalam 5 tahun kedepan, temen-temen seangkatan ane udah penuh CVnya, ane cuman gitu-gitu doang. Anyway, what the heck with those so called career planning, even tomorrow morning probably I am no longer alive. No one knows about what will happen in the 5, 6, 7 or 10 years ahead. It’s what people call “the illusion of the future”, sebuah ketakutan di masa depan yg belum tentu terjadi,

    Yet, kadang pula terbersit keinginan untuk pulang, kerja “keren” di perusahaan bergengsi di Indonesia, tapi ya beginilah takdir, ane jalanin aje dulu tinggal di New York. Toh gaji ane walopun sante-sante masih lebih gede dari standar yang disebutin diatas, bisa pergi haji, bisa nonton bola ke Inggris,….dan satu hal yg penting; ane gak perlu panas-panasan kerja di rig, ninggalin keluarga, enyak babe, encang encing di rumah.

    Kepanjangan ya, Ok these are my points;
    1. Bersyukur ama hidup ente, mo kerja cuman di pabrik, atau cuma loper koran, asal kewajiban ibadah dan basic needs udah terpenuhi, InsyaAllah sudah cukup. Konsep ibadah banyak lagi breakdownnya, contoh; jika udah kepala 3 tapi ternyata baca Qur’an-nya (buat yg muslim misalnya) masih aiueo, tuh tandanya karir telah MENGAMBIL jatah agama ENTE.
    2. Buat yang memang interestnya di oil, dan punya bakat kesana, silakan terjun dan berprestasi, untuk menjaga balance social community. Buat yang gak cocok, jangan paksain “main” di sektor itu, apalagi orientasinya cuman gaji doang. Kalo cuman 30 juta, tukang baju di Tanah Abang yang kagak makan bangku sekolahan juga omzetnya ratusan jutaan sebulan, kenali potensi Anda.

    MEEEEEEEEEEEEEEEEEEERDEKA
    Untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater

    Sukurman

    April 29, 2009 at 10:29 pm

  211. @gubrak
    Sebenarnya jawabannya tidak ada yg mutlak benar. Saya yakin anda belum diterima karena mungkin rejekinya belum di tempat itu saja. Dgn exp>12 tahun, saya yakin banyak perusahaan yg mau meng-hire anda. Tetapi sesuai pengalaman saya, saya menjawab berdasarkan apa yg terjadi (fakta) tanpa menjelekkan tempat kerja saya dan apa yg belum bs saya dapatkan di tempat saya sekarang (ini masalah opini pribadi). Contoh, saya berkata di tempat kerja yg sekarang saya mendpt banyak pengalaman dalam menggunakan software HYSYS, akan tetapi saya ingin menguasai software lainnya seperti flaresim, flarenet, dsb. Oleh karena itu saya ingin pindah, begitu. Mengenai kenaikan gaji, tentu wajar kalo kita pindah perusahaan, semua HRD tentu paham mengenai hal ini. Saran saya katakan dengan bahasa yg tidak menyinggung siapapun dan dalam bahasa yg energik/ bersemangat.

    @sukurman
    Maaf ya pak, yg saya highlight setelah membaca cerita anda:
    1. Lulusan ITB tahun 2007 (ang.2003)
    2. Kerja di NEW YORK
    3. Tadinya “iri” sm yg kerja di oil company
    4. Di NEW YORK bisa ke STARBUCK
    5. Sudah membayangkan 5 tahun ke depan
    6. Ternyata nggak jadi “iri” karena…..GAJI lebih gede, bisa pergi HAJI, dan bisa nonton bola ke INGGRIS.
    7. “SATU hal yg penting; ane gak perlu panas-panasan kerja di rig, ninggalin keluarga, enyak babe, encang encing di rumah” ….ini ngomongin orang yg lagi bekerja menghidupi keluarganya kan ???

    Saya sangat setuju “points” anda, hanya saja cerita anda mungkin tidak perlu sampai sejauh itu meski itu pengalaman pribadi anda.
    Seperti yg anda PASTI tahu, banyak orang yg ingin hal2 yg saya highlight dari cerita anda.
    Dengan kata lain cerita anda kemungkinan besar membuat orang lain “iri” pada anda.

    TENTU bukan ITU yg anda inginkan bukan ? =D

    arya

    April 30, 2009 at 12:57 am

  212. Ya, Anda benar…
    Silakan diedit point yang menurut Anda kurang baik,

    Sukurman

    April 30, 2009 at 1:12 am

  213. Ada banyak komen di blog ini yang
    cerita gaji [exact number], sharing pengalamannya yang sudah puluhan tahun, berbagi cerita fasilitas-fasilitas kantor.

    Apa bedanya dengan saya,
    Point dari cerita saya adalah ingin memberikan
    wacana lain tentang arti self-contentment, kepuasan individu, yang bisa diraih gak cuman berasal dari beberapa sektor industri tertentu saja.

    Juga, uraian saya diatas saya tutup dengan nasehat, karena saya tau akibat yang bisa muncul dengan adanya tulisan saya ini, klo Anda adil, silakan Anda ingatkan semua yang show off tentang gajinya dengan peringatan yang sama kepada saya.

    Tapi berhubung ini blog Anda,
    ya saya hormati ahlul bait,
    do edit my previous comment,
    If you wish,…

    Warm regards

    Sukurman

    April 30, 2009 at 1:44 am

  214. @sukurman

    Mohon maaf sebelumnya jika ada kata2 yg salah. Baik di postingan yg ini atau postingan sebelumnya.

    Pertama, cerita gaji [exact number] bertujuan agar rekan2 yg ingin apply suatu lowongan dgn pengalaman sekian tahun, mendpt informasi ttg rata2 gaji yg umum di pasaran. Justru kalo tidak exact malah merepotkan, bisa jadi kita minta gaji terlalu tinggi, atau akibat lain kita merasa gaji kita terlalu rendah sehingga gusar ingin pindah.

    Kedua, mengenai sharing pengalaman, tentunya semua pasti mengert, mana yg pantas di “cerita” kan, mana yg tidak. Jangan ditiru yg kurang baik Pak (sambil mengingatkan diri sendiri).
    Jadi lebih baik tidak menggunakan kata2 “apa bedanya dengan saya”, tapi “saya akan sampaikan berbeda, informasi yg baik dgn cara yg baik juga”. Baik bagi semua kan ?

    Point cerita anda yg 2 terakhir itu, sekali lagi saya setuju. Sedangkan efek/akibat cerita anda, anda sudah tulis anda tau kan ? oleh karenanya, saya sarankan agar meminimalisir “akibat” tersebut. Bukan begitu ? =D

    Terima kasih utk kata2nya “klo Anda adil…..”, saya akui sebagai manusia biasa saya terkadang tidak adil.
    Namun saya selalu berusaha utk adil, terima kasih doanya.

    Kalo tidak salah ingat saya sudah ingatkan di komen pertama saya di postingan ini utk memberikan informasi yg setidaknya jelas, agar tidak merepotkan yg lain. Sesuai judul postingan ini “struktur gaji di epci”.

    Satu lagi, ..=D ini blognya Mas Anjar Priandoyo yg foto gantengnya bersama istri terpampang di pojok kanan atas.

    arya

    April 30, 2009 at 4:13 am

  215. Punya pendapat lagi mengenai interview…kalo kondisi tubuh fit kita bisa enak menjawabya dan sebaliknya.
    Mo nanya lagi:
    Dalam ruangan wawancara cuma berduaan…sikap kita spt ngobrol ama teman atau ngobrol ama bos baiknya??? Kadang saya terpancing spt teman akrab manakala si pewawancara kenal sama orang2 di kantor lama saya…akhirnya cerita nostalgia dan trus gak diterima. hiksss

    Gubrak

    April 30, 2009 at 9:00 am

  216. @gubrak
    Permasalahan interview lebih tepat dijawab di postingan mas anjar yg lain, topiknya ttg interview dan sebagian diisi oleh mereka yg bekerja sebagai HRD.
    Saya hanya bisa menjawab lewat pengalaman pribadi saja. Ttg tubuh fit/tidak, saya sendiri 3 hari sebelum interview selalu dengan ketat menjaga kesehatan tubuh agar fit ketika interview, contoh kecil seperti cukup tidur dan menjaga makan/minum. Sulit rasanya kalo tidak fit, secara psikologis saya sudah merasa “down” sebelum interview.
    Trik interview mengajak ngobrol secara akrab bukankah sudah terlalu sering ?
    Menurut saya, mudah saja, kita ngobrol juga dengan akrab tanpa meninggalkan kaidah kesopanan sebagai orang yg di interview, plus berikan obrolan2 yg memberikan kesan positif ttg diri anda.
    Misal sedikit cerita yg menyenangkan dan penuh semangat, serta katakan kesan baik anda ttg orang2 yg dikenal oleh si pewawancara. Tentu si pewawancara akan menganggap anda orang yg baik, ramah, sopan, dan bisa bekerja dengan baik dalam grup/kelompok. Demikian, semoga dapat membantu.

    arya

    Mei 1, 2009 at 12:25 am

  217. ck ck ck…,lama ga ke blog ini masi rame aje..,hehehe..
    apa gara2 EPC2 lagi sepi project, jadi engineernya banyakan nganggur, huehehehe…,
    piss..

    rumput

    Mei 1, 2009 at 7:03 am

  218. kan selalu begitu, apalagi yang selalu mendengungkan demi tuhan, demi bangsa, demi almamater. atas nama demi itu akhirnya menjadi demi kian. rumput, akar, batang, pohon apapun itu bagian dari alam, warna warni, perbedaan yang indah. seringkali, hanya yg punya akal saja yg membuat tidak indah, karena bukannya “tahu diri” yg dikedepankan tapi jargon dan ego entitas yang dikedepankan

    agung

    Mei 4, 2009 at 8:06 am

  219. ngisi blog disini bukan karena gak ada kerjaan tapi justru cari info kerjaan…saking rajin cari info…lupa gak update CV nech…..
    Update dulu ach…..

    Gubrak

    Mei 4, 2009 at 9:42 am

  220. bos2 skalian, gw abis interview di Petrosea Indonesia, epc+mining yang skarang dibeli Indika Energy..

    Tanya dong ama temen2 di tripatra/epc lain (yang induknya juga indika energy), prospek di petrosea sebenernya gimana sih?tetep di mining/bakal jadi partner tripatra di offshore epc?

    Thanks ya…

    freshgradengineer

    Mei 4, 2009 at 11:15 am

  221. petrosea sebenarnya bukan cuma di mining tapi juga di O&G, gw masih ingat waktu ngerjakan LPG Plant milik ARCO di kep. kangean…(yg kemudian di beli BP dan skrg dimiliki Bakrie…dapat ampas loh si bakrie…meski ampas tetap enak katanya). Ketika itu Petrosea yang mengerjakan Gas plant dan semua fasilitas awal, lalu petrosea juga membangun gas compressor utk pengiriman gas ke jawa…..
    Gak tahu dech kalo skrg petrose kosentrasi di mining.
    Yang jelas petrosea baguslah utk hari depan…asal tahan banting disono

    Gubrak

    Mei 5, 2009 at 1:01 am

  222. @Gubrak..
    oh gitu? kemarin pas interview kayanya lebih di fokusin ke mining… trus tapi sekarang dibeli indika energy itu katanya mo di partnerin ama tripatra..

    thanks pencerahannya boss.. jadi petrosea oke nih? skrg uda tinggal sign offering letter sih.. trus kenapa bos emangnya harus tahan banting nih? hehe tahan banting tingkat ‘normal’ atau tahan banting tingkat ‘extra’ nih?? hehe..

    freshgradengineer

    Mei 5, 2009 at 11:25 am

  223. buat freshgradengineer

    sbg insan tripatra, saya menyarankan supaya kamu berpikir ulang lagi mengenai niat kamu ke PETROSEA..karena yg saya tahu sampai skrg PETROSEA hanya concern ke mining saja..

    kalaupun di masa yg akan datang akan digabung dgn TRIPATRA, karena sama2 di miliki oleh INDIKA, tentunya akan butuh penyesuaian dan waktu yg lama. yg jelas dalam 3-5 tahun ke depan, PETROSEA akan tetap bermain di MINING..

    lain hal kalo memang anda berniat terjun di dunia MINING..kalo begitu, silahkan saja masuk PETROSEA..lumayan bagus buat batu loncatan.

    @ arya

    iya nih bos..biasa kalo dah ada STRESS nya, biasanya di PIPING..kebanyakan ngerjain PIPE STRESS nih..jyahahaha

    kmaren ada offering di SAIPEM buat penempatan di KARIMUN..tapi kan ujung2nya lari ke FABRICATION yah..

    kira2 ada yg bisa ngasih pendapat gak ?? sayang aja nih basic engineering gw HILANG BEGITU SAJA ketika lari ke FABRICATOR (yah, masih kepake sedikit sih…)

    buat para senior2…Im need advised nih…hehehehe

    stress_boy

    Mei 5, 2009 at 6:50 pm

  224. @stressboy,
    iya mungkin saya ambil aja offernya, susah nyari lowongan fresh grad sekarang…… offernya juga lumayan…..
    thanks ya boss!

    freshgradengineer

    Mei 5, 2009 at 6:55 pm

  225. @stress_boy

    Kalo memang menikmati kerjaan piping stress, mending konsisten di O & G engineering company aja. Tp cari yg PMA krn salary-nya kompetitif.

    Tp 2 thn experience sih nanggung. Kalo loncat, next position pasti masih junior juga. Nggak terlalu banyak beda annual income-nya. Coba tambah jam terbang-nya di tripatra.

    Lagipula skrg project agak sepi krn resesi. Recruitment nggak jor2an shg bargaining position tenaga kerja agak turun. Kecuali untuk tenaga2 spesialis yg experience-nya sdh 10-15 thn. Grup ini nggak kena efek.

    Saya jg lulusan tripatra koq. Nggak lulus2 sampai hampir 6 thn. Alhamdulillah stlh lulus baru terasa manfaatnya; dr sisi ilmu, cari kerja dan fulus…

    man@work

    Mei 6, 2009 at 5:54 am

  226. @ all,
    Lulusan tripatra rata-rata sukses bahkan yg gak luluspun tetap sukses….bisa dilihat dari kehidupan di rumah masing2.
    Cuma agak sayang gw gak bisa gabung ama tripatra…secara jalur khusus gak punya, secara jalur umum gak pernah apply jadi ya cuma mengamati dari jauh.
    Pertama kerja saya pengin di engineering tapi nampaknya salah posisi krn saya masuk ke field engineer. akhirnya ya jadi org construction yg panas panasan tiap hari. Lama-lama malah pindah ke administrasi (baca: procurement) dan skrg kembali ke konstruksi..cuma skrg gak panas-panasan cukup ngecek ke lapangan 1 jam-an trus balik ke kantor main internet.
    Yang saya rasakan (>12thn kerja) fulus kagak cukup cukup dan terasa sangat kecil jika dibandingkan dg yg lain………

    Gubrak

    Mei 6, 2009 at 8:04 am

  227. memang saya menikmati sih kerjaan sbg engineer..

    tapi saya gak tahan dgn ritme jakarta,..

    barangkali mental saya memang utk tinggal di daerah kali ya…

    saya lebih menyukai kerja di pedalaman dan jauh dari keramaian..hehehehe

    anyway thks semua buat masukannya….

    terutama dari oom budi nih…hehehehe

    stress_boy

    Mei 6, 2009 at 11:09 am

  228. memang saya menikmati sih kerjaan sbg engineer..

    tapi saya gak tahan dgn ritme jakarta,..

    barangkali mental saya memang utk tinggal di daerah kali ya…

    saya lebih menyukai kerja di pedalaman dan jauh dari keramaian..hehehehe

    anyway thks semua buat masukannya….

    stress_boy

    Mei 6, 2009 at 11:09 am

  229. Mnrtku utk yg exp <3 thn, sbiknya tdk terllu focus nuntut gaji, krna seperti kt kthui bg kt yg bru lulus Univ (mau kampus dr ujung langit jg) apa sih yg bs diandalkan dlm menghandle kerjaan, jd poitn utama : jika skrang sdg kerja di EPC (mau local / overseas), serap sbnyk mungkin ilmu di situ & jngan bnyk nuntut & bertingkah, terus stlh produk keja anda proven maka silhkan searching kerjaan di company lain…klu msh terll minim bekal trs minta gaji gede…ya sngta disayangkan…klu toh anda berhsl nipu2 saat interview (or yg interwiew ktm yg begok)…ters stlah anda kerja tdk perform jd bhan makian nantinya…jd sbara sj.

    andy

    Mei 11, 2009 at 5:20 am

  230. thread cukup lama juga belum tutup nech….
    sebenarnya kalo FG bisa cepet dapat kerja dah bagus banget, karena makin lama makin banyak lulusan univ (swasta+negri) jadi gaji seberapapun patut disyukuri…setelah setahun ditempat itu bisa dilihat gimana peluang kedepan atau perlu pindah kerja.
    Begitu juga pemain lama senior (yg >10thn) juga gak perlu pasang tarif terlalu tinggi, menurut gw sich asal dpt lebih bagus meski cuma 5% sudah patut disyukuri….karena gw sering interview dan ditawari lebih rendah dari yg gw terima saat ini. Sering juga gagal di interview. Paling capek adalah di TJE, pake psikotes segala…seharian penuh…spt anak FG

    Gubrak

    Mei 12, 2009 at 1:15 am

  231. sudah psikotes, diterima tapi ternyata lingkungannya tidak sesuai dengan kenyataan.
    jadi
    Kagum, Heran, Cari Tahu, Antisipasi, Ikut atau Keluar.
    Budaya perusahaan sudah benar, proses mempertahankan yg tidak benar karena leadership lacking. Global krisis dan company krisis terjadi karena leadership lacking, tidak ada spirit yang menyatu seperti Ki Hajar Dewantoro. Good to be a Great- Jim Collins survey menyatakan pilih orangnya dulu baru naik bis bersama menuju tujuan, bukan terbalik pilih bisnya dulu, tujuan baru pilih orang. JAdi a good people or good leader is definetely make a good company.

    agung

    Mei 13, 2009 at 3:52 am

  232. @Agung,
    Kalo gw sich yg penting income gede gak peduli kondisi perusahaan. Meski kacau balau tapi gaji naik scara berkala itu udah bagus. Ada untungnya di perusahaan yg kacau yaitu jam kerja bisa sesukanya, gak masuk juga gpp yang penting tiap tgl 25 gajian. Dalam sebulan masuk kerja cuma 2 hari, kan enak tuch….

    Gubrak

    Mei 13, 2009 at 4:40 am

  233. freshgradengineer:
    be carefull and avoid to enter to the company which has been sold by the big shares -from foreign company. it shows there is not advantage to kept this company. reputation is difficult to built.
    it is suit for old employee and “safe player” for existing employee or loyal employee since there is lack of improvement to adapt the changes. the existing environment will kept they way and resist to the new paradigma.
    also for the company that has big capital gain from shares stock market.

    agus

    Mei 14, 2009 at 9:43 am

  234. sepi sepi….,
    gaji naik dikit..,pasar diluar sepi..,ikutan EPC futsal league malah cidera…ah…,minggu yg aneh..) alhamdulillah..:)
    yg lagi dapet offering sekarang, ma anak2 fresh..,jangan banyak gaya dulu deh, nego jangan tinggii2,.jaman lagi beda ma taun kemaren,..,pasar lagi sepi..kompeni2 itu lagi diatas angin sekarang..,hehehe..mereka yg punya kuasa mendikte gaji sekarang..,

    salam,
    badai pasti berlalu

    rumput

    Mei 18, 2009 at 9:45 am

  235. Wuih… seru banget nih postingnya

    cuman mau share aja, dulu tahun 2007 (nov) gw gabung graduate program di salah satu EPC company yg disebutkan diatas…

    itu basicnya 4,5 juta, dapet allowance sih… eh dipotong pajak + jamsostek , jadi dapetnya tetep aja 4,5.
    udah setahun kerja dilapangan (lumayan 2 kali naik gaji) jadi take home paynya 6,1 jt tapi kesehatan ditanggung 100%, terus kalo udah punya istri juga dibantu (bukan ditanggung).. jadi bersyukurlah yg udah punya gaji dan pengalaman… masih banyak yg kurang beruntung dari kita

    kalo komentarnya si Agus, gw kurang setuju.. temen gw yg eks petrosea bilang, petrosea itu mesin duit (apalagi petrosea punya bussines line mining sama supply base) -> kagak ada matinye… cuman perusahaan yg lama itu main bus.line nya O&G dan ingin develope capital di O&G assets..

    begitu… mudah2an memberikan pencerahan

    Arumada

    Mei 26, 2009 at 6:37 am

  236. oh iya, lupa, info gaji di post di atas itu buat di head office.. jadi kalo ke lapangan dapet tambahan sampe 45%, tapi kerja 45 hari nonstop

    Arumada

    Mei 26, 2009 at 6:45 am

  237. @Arumada,
    Proyek anda dimana nech?

    Gubrak

    Mei 26, 2009 at 9:47 am

  238. @Gubrak somewhere in Kalimantan Timur…

    Arumada

    Mei 27, 2009 at 9:37 am

  239. dear all,

    bagaimana prospek electrical engineer di dunia EPC?
    Keliatannya tidak “semahal” para process engineer ato piping engineer ya?
    thanks.

    tukang listrik

    Mei 28, 2009 at 2:22 pm

  240. Bro Tukang listrik,
    Kalo EPC bidang power, electrical eng bisa sangat mahal apalagi kalo pintar di turbine-generator.
    Kalo EPC di O&G mungkin process lebih mahal…
    Secara umum ya sama aja tergantung level yg didapat…

    Gubrak

    Juni 1, 2009 at 1:06 am

  241. Bos Gubrak,
    makasih infonya bos. ente orang electrical jg ya bos?

    tukang listrik

    Juni 2, 2009 at 4:01 pm

  242. @tukang listrik,
    Saya orang mechanical tapi kerja di proyek power plant, switchyard dan juga transmission line 150kV…jadi kebanyakan teman teman saya adalah org listrik

    Gubrak

    Juni 3, 2009 at 10:45 am

  243. gimana kabar “The Big Three” EPC kita nih?
    proyek lagi rame apa sepi ya?

    klinsmann

    Juni 6, 2009 at 6:28 am

  244. ikut nimbrung

    salam kenal,

    dimana ya bisa dapetin info tentang proyek2 yang dimenangkan oleh EPC company, baik OG, Power ato yg lainnya?

    dimsam

    Juni 11, 2009 at 9:27 am

  245. proyeknya apa dulu….
    kan tinggal cari tahu nama proyek dan pemiliknya (penyelenggara tender), nanti ketahuan siapa yg menang atau masih proses tender

    Gubrak

    Juni 11, 2009 at 9:49 am

  246. thanks bos…
    aku sih sebenarnya sdh nemu web yang bisa kasih info tentang berbagi macam tender… tp masalahnya harus langganan bayar, hehehe :-)
    hari gini masih minta gratisan… hik..hik..hikk

    dimsam

    Juni 11, 2009 at 10:24 am

  247. Banyak yg gratis eh gak gratis murni (baca: bayar warnet), cari aja crack-nya…..atau jika ente hacker wah semua bisa OK tuch

    Gubrak

    Juni 12, 2009 at 1:24 am

  248. Rekin lagi banyak proyek bos.mantabb tuh..

    diadora

    Juni 13, 2009 at 6:22 pm

  249. Salam semua,

    Bagi rekan-rekan yang kerja di EPC, mau minta pendapatnya.
    Apa bisa seorang structure engineer di konsultan struktur (exp = 8 th) pindah jalur ke EPC or O&G?
    Biasanya job desc-nya seperti apa?

    Trims

    Cool

    Juni 15, 2009 at 5:08 am

  250. pindah tentu bisa asal ada yg bawa (merekomen), job des diseuaikan dg kebutuhan perusahaan yg mau menampung tsb, bisa administrasi, QC, supervisor, karena kadang background tak jadi masalah asal mau bekerja dg tekun tentu akan bisa mengikuti

    Gubrak

    Juni 16, 2009 at 2:34 am

  251. maksud saya apa ada tempat buat structure/civil engineer di EPC or O&G sesuai bidangnya?saya tertarik untuk membina karir di O&G or EPC berdasarkan pengalaman di struktur/civil.

    Cool

    Juni 16, 2009 at 3:16 am

  252. @cool,
    menurut saya sich yang penting gajinya gede gak harus di bidang tertentu.
    Kalo jadi engineer dan sampai ke taraf spesialis bisa gajinya besar cuma lebih susah dibanding yg lintas bidang, karena selamanya akan jadi engineer (dg berbagai level)
    saya jawab pertanyaannya:
    civil/structure sangat dibutuhkan di EPC company, secara awam kan bisa dilihat bahwa awal pembangunan proyek adalah pekerjaan civil spt back fill, pondasi, structure, dll.
    Semua proyek membutuhkan civl/structure baik EPC bidang O&G maupun Power

    Gubrak

    Juni 16, 2009 at 4:41 am

  253. waahh…saya sih idealis ingin terus di civ/str aja.
    Ada rekomen perush EPC or O&G yang banyak civ/str engineer nya?
    Tujuan saya mgkn Fluor daniel or worley (yg saya tau), rekan-rekan bisa tolong bantu buat infonya. trims

    Cool

    Juni 16, 2009 at 5:08 am

  254. bisa dimulai dari EPC Lokal macam TJE, IKPT, Tripatra …. mereka lagi banyak proyek

    Gubrak

    Juni 16, 2009 at 5:53 am

  255. Just Share klo mau gaji gede go intenational sekalain. Ambil Certfikasi International, CSWIP 3.1, API570, BGAS Painting Inspector dll. Saya gak ada pengalaman di EPCI sama sekali lah keterima EPCI Qatar project Rass Laffan dengan hanay bekal BGAS CWSIP level 2 certifikat aja ..

    Abuahmad09@gmail.com

    Juni 18, 2009 at 6:20 am

    • wah dimana tuh ngambil certifikasi spt itu… biayanya + lama?

      Arumada

      Juni 18, 2009 at 8:11 am

  256. Pertama-tama emang gaji gede jadi prioritas, tapi alangkah baiknya jika kenyamanan juga dipertimbangkan. Kenyamanan dalam arti lingkungan kerja, kondidi perusahaan, kondisi tempat tinggal, transportasi, keluarga, dll.
    Lebih baik gaji gede di dalam negri daripada gaji gede di luar negri…..tapi susah ya kalo cuma jadi karyawan….hikssssss

    Gubrak

    Juni 19, 2009 at 1:00 am

  257. kalo untuk electrical, ada sertifikasinya nggak ya? daftarnya kemana? thanks.

    tukang listrik

    Juni 19, 2009 at 5:27 pm

  258. sy kerja di BUMN, kira2 bisa ga ya
    kerja part time di MC dermott??
    mgkn khusus bantu drawing autocad.

    hr kerja sy senin-jumat 07.30 – 04.00
    sabtu minggu libur.
    bisa ga ya??
    tolong kasih info ya bro..
    jhonheri86@yahoo.com

    salam sukses

    jhon heri

    Juli 3, 2009 at 7:57 am

  259. udah kerja di BUMN kok masih cari2 bos?

    tukang listrik

    Juli 3, 2009 at 4:02 pm

  260. denger2 salah satu dari The Big Three ada yang menang project besar di aussie ya?
    ada yang punya info ga nih?

    klinsmann

    Juli 19, 2009 at 3:33 pm

  261. yg menang project dari aussie itu Rekind bos. tuh project gede bgt. semoga bom di kuningan kemarin nggak mempengaruhi project2 ya.

    tukang listrik

    Juli 20, 2009 at 6:29 am

  262. project apa ya?? scope-nya apa saja??

    dr yg benci sama Bom
    dimsam

    dimsam

    Juli 21, 2009 at 2:05 am

  263. Pak Hahaha, boleh minta file hasil survey majalah Swa tersebut? Please japri ke nicehilda@gmail.com. Thanks.

    Kindest Regards
    Hilda

    hilda

    Juli 22, 2009 at 4:16 am

  264. wah..panjang bgt reply nya. kembali ke masalah EPC. gimana neh keadaan EPC-EPC tempat saudara berada?

    kingkong

    Juli 22, 2009 at 4:02 pm

  265. Buat bpk2 & mas2 yg terhormat,

    saya bekerja pada sebuah kontraktor di jakarta sebagai drafter MEP HVAC “mekanikal, Elektrikal, Plumbing dan ducting AC” (walaupun dulu saya pernah kerja di oil & gas tp itu dah lama sekali). Dan sekarang sedang mengerjakan mall, office, apartemen dan hotel di kawasan jakarta selatan.

    Yang mo saya tanyakan adalah : masih bisa di terimakah saya kerja lagi di oil & gas, dengan CV yang sudah berubah dari oil & gas ke ME? Mohon pencerahannya, sebab saya mau kembali lagi ke oil & gas.

    Sangat di tunggu tanggapannya….
    Trima kasih

    toSo

    Juli 26, 2009 at 5:01 am

  266. @ Tukang Listrik

    saya baca di google yang menang project di aussie bukanya IKPT bos?
    dia kerjasama ama Samsung Engineering ngerjain perdaman project

    paimin

    Juli 27, 2009 at 4:44 am

  267. @ Tukang Listrik

    ini cuplikan beritanya bro…

    (dari WA Business News htp://www.wabusinessnews.com)

    Perdaman Chemicals and Fertilisers, the company behind the $3.5 billion urea plant near Collie, has awarded an engineering and construction contract to a Korean and Indonesian consortium.

    The company has signed a heads of agreement for the engineering, procurement and construction (EPC) work with Korean firm Samsung Engineering Co and Indonesian business P.T. Inti Karya Persada Tehnik.

    Samsung will act as the lead contractor for the work.

    “We selected Samsung and IKPT because they demonstrated the experience, technical ability and financial strength to successfully complete a project of the size and complexity of the Collie Urea Project to within 2013 timeframe,” Perdaman managing director Vikas Rambal said.

    paimin

    Juli 27, 2009 at 4:51 am

  268. rekin jg menang project dari australia namanya Orica bos. kukira project yg Orica itu bos. Orica itu pabrik kimia dari australia relokasi ke kalimantan.

    wah, IKPT dpt project gede ya bos. mantabb tuh..

    tukang listrik

    Agustus 1, 2009 at 4:52 pm

  269. @tukang listrik

    yang gw denger sih gitu bro, dulu sempat denger juga yang ORICA itu,kalo ngga salah bikin pabrik nitrat ya disana?
    wah jadi pengen apply ke big three nih hehehe…maklum sekarang masih di sub-con

    Ada yang punya info?

    paimin

    Agustus 6, 2009 at 7:58 am

    • pada hebat hebat, koq gw susah masuk ke company hebat

      Gubrak

      Agustus 7, 2009 at 3:36 am

      • ya

        aris

        Agustus 11, 2009 at 3:04 pm

  270. @om arya
    pa kbr?kangen euy pengen maen2 ke pojok dept.process di TPE dlu,minta jadwal penerbangan jkt-padang :). salam utk urang rumah. adv-piping

    adv

    Agustus 11, 2009 at 5:47 am

  271. Anjar!mi temen SDmu hahaha (kemal). bagus banget nih blognya. thanks.
    btw gw lagi mau cari2 tantangan lg nih,kebetulan skrg di engineering. gw bisa pdms piping. klo mau liat portfolio gw silahkan check ke http://www.coroflot.com/vankedawung.
    i love to share, so pdms indonesia contact me for sharing experiences!
    looking for new challenge. please contact me!^^

    kemal van kedawung

    September 8, 2009 at 4:43 am

  272. @om adv
    Maaf lama nggak ngasih kabar. Kemarin sibuk bgt ngurus “you know what” dan apply2. Alhamdulillah udah dpt yg baru dgn benefit yg lebih baik. Kangen TPE ??? the people yes, not the manajemen. Jadwal penerbangan agak susah stl air asia dgn sewenang-wenang menutup penerbangan dari dan ke Padang. Heran bgt, pemerintah atau dephub adem ayem. Pdh yg dirugikan bisa puluhan sampai ratusan ribu orang. SBY nggak pernah dengar kasus ini ya ?

    arya

    September 8, 2009 at 5:50 am

  273. Share pengalaman : di TJE, datang ke ruang interviewnya langsung disambut muka sok sangar sm yg interview (heran dijaman kayak gini kok masih ada ?). Belum hilang rasa herannya, langsung diberi pertanyaan dgn nada meremehkan, sampai2 dipotong personel ke 2 yg baru datang ditengah sesi. Apa hanya ngetes atau serius ya ? kalo cm ngetes, kan di CV udah ditulis ‘experience’, berarti soal mental mestinya udah bukan mental fresh grad kan ? Benar2 aneh. Malah sikap EPC asing yg berkantor di menara batavia justru jauuuuh lebih ramah dan professional. Gimana Indonesia mau maju, saudara setanah air kok malah dianggap nggak mampu dan harus dihargai(digaji) kurang dari yg diberikan pihak asing. Semoga yg lain tidak sejelek saya pengalamannya.

    arya

    September 8, 2009 at 6:09 am

    • Gw juga punya pengalaman di TJE, tapi gak sangar koq yg ngetes,
      1. interview pertama ama HRD, dia klarifikasi aja dg data di CV dan nanya apa pernah tahu yg namanya TJE dan apa kesan kesannya, gw jawab gw tahu banyak karena sering kerja bareng sebelumnya.
      2. Interview kedua sama user (procurement manager), karena gw apply utk procurement. Disini cuma ditanya-tanya sistem procurement di kantor gw dan dia kemudian njelasin sistem yg ada di TJE
      3. Setelah kedua interview tsb di ajak untuk test toefl, tapi karena waktunya dah sore gw bilang lain kai aja.
      4. Sehari kemudian gw dipanggil untuk psikotes dan test toefl ditiadakan.
      5. Dua minggu setelahnya gw dipanggil utk datang dg agenda bicara kontrak, tapi gw tanya dulu ke si penelpon (HRD) berapa yg gw dapat, karena lebih kecil dari tempat gw kerja skrg ya gw tolak. Masa pindah koq digaji lebih kecil…ya aneh

      Gubrak

      September 9, 2009 at 3:53 am

    • Itu dia, heran juga, yg interview ke 1 nanya nya aneh : “Kok bisanya cm oil and gas sih mas ? Gak ada yg lain ?” sambil pasang tampang aneh. Orang yg datang belakangan justru yg jawab : “Ini kan dr CV nya memang semua projectnya oil and gas Pak, nggak ada yg petrochemical”. Iya deh tau, TJE rajanya power =D hehehe….kayak nggak ada kerjaan di tempat lain aja. Kalo memang nggak cocok ya ngomong aja nggak cocok, kan nggak masalah.

      arya

      September 9, 2009 at 7:12 am

      • Kalo kasus spt mas Arya, harusnya gak usah dipanggil untuk interview jadi gak bikin capek di jalanan, TJE tempatnya nyempil di pelosok tanjung barat

        Gubrak

        September 15, 2009 at 7:51 am

      • Mungkin utk memperbanyak amalan puasa saya Pak. Hehehe….disuruh banyak sabar pas interview di TJE. Pengalaman saya yg paling berkesan selama interview.

        arya

        September 20, 2009 at 2:16 pm

  274. Ada EPC yg sedang butuh electrical engineer 1 year experience. Yg berminat tolong cepat dibales dan cantum kan alamat email. Gak jamin diterima tapi akan diteruskan ke CP HRD segera jika qualified. Maaf strict 1 year karena mungkin gajinya ya standar 1 year exp. Terima kasih. (Mas`anjar numpang iklan ya… =D)

    arya

    September 8, 2009 at 6:12 am

    • exp 1 year dg salary tinggi ya gpp, meski gw exp >10 years

      Gubrak

      September 9, 2009 at 3:56 am

    • Sayang exp nya bos…

      arya

      September 9, 2009 at 7:07 am

  275. @arya
    Bs kasih clue nama persh nya g?

    hedgeguy

    September 9, 2009 at 3:52 am

    • Yg pasti lagi dpt byk project dan bth cukup byk orang baru. Ini krn hrd nya nanya langsung.

      arya

      September 9, 2009 at 7:05 am

  276. @om arya
    “you know what” nya gmn? InsyaALLAH sukses lah ya :).Dah ngantor bareng Om Irfan-Instrument kah? Dah mulai gawe ONWJ? Ntar klo dah dpt imel kantor ntar awak di japri ya, tarimo kasih. adv-piping

    adv

    September 11, 2009 at 2:41 am

    • Alhamdulillah lancar. Om Irfan dimana skr? di ONWJ? Ok bos, nanti kalo ada email baru, sgr di-cc.

      arya

      September 11, 2009 at 3:37 am

  277. Om Irfan skrng di Depri,on behalf ONWJ. Sip, klo dah dpt imelnya langsung launching ya ^_^

    adv

    September 11, 2009 at 6:38 am

  278. ONWJ itu yg dapet EPC mana ya? IKPT ya?

    tukang listrik

    Oktober 3, 2009 at 5:37 pm

    • bisa kasih info epc contraktor yang masih aktif di indonesia, karena saya lagi ada tugas. Kalau bisa sekalian alamat dan no. telp kantornya

      Terima kasih bagi yang bisa memberikan data tersebut

      Darius

      November 24, 2009 at 6:59 am

      • Lha kok enak ?

        epc

        Desember 9, 2009 at 4:00 pm

  279. assalam mu’allaikum wr.wb.. pak anjar,saya mau tanya apa bapak berasal dari kota palembang.dan kalau memang benar apakah benar kemarin bapak bersekolah di smu xaverius?

    hera

    November 30, 2009 at 4:09 am

  280. Ada yang punya info lowongan untuk
    sipil fresh graduate
    ga perlu gaji gede
    yg penting mau nyari pengalaman dulu di EPC

    Andrea

    Desember 3, 2009 at 1:31 pm

  281. Coba kirim ke Gunanusa di Web-nya : http://www.gunanusautama.com
    ADA 72 POSISI!!!!!

    maklum baru sibuk banget dengan tiga proyek

    Gethuk

    Desember 4, 2009 at 3:47 am

    • ada yang tahu standard untuk manager di profab-batam?

      sulaiman

      Desember 26, 2009 at 6:09 pm

  282. salam kenal semuanya

    sya lulusan stm ’04 arsitektur,tidak ada artinya apa2 dibadingkan bapak2,kakak yg jauh berpengalaman di EPC.
    saya tertarik dengan bidang EPC krna gjinya yg gede2 banget.saya bisa mengoperasikan software tekla structure12(pengalaman 2th,pdms structure design,winsteel)klo bapak2,kakak2 ada lowongan mohon kiranya saya dikasih info lewat email saya tafiungersteel@yahoo.com.
    terima kasih.

    tafi

    Desember 12, 2009 at 3:35 pm

  283. ini ada lowongan di JGC indonesia
    http://www.jgc-indonesia.com/contentaa1e.html?cat=4

    rico

    Desember 16, 2009 at 9:20 am

  284. Mau Tanya Petrosea,Tripatra, Kideco, itu termasuk anak perusahaan Indika Energy? N brp ya gaji Standart utk posisi IT disana sekarang??

    tolong di balas ya,… thanx

    Rama

    Desember 17, 2009 at 9:27 pm

  285. @mas rico;makasih banyak infonya,semoga Allah membalasnya….saya akan coba..
    terima kasih

    tafi

    Desember 20, 2009 at 4:47 pm

  286. Ada yang tahu rate salary untuk engineer, pglmn 10 thn di istana karang laut?

    Gugup

    Januari 10, 2010 at 10:07 am

    • tahun kemarin pengalaman 3 tahun, ditawarkan gaji 8 juta. Utk 10 tahun jelas seharusnya lebih besar, tergantung nego. Menurut pendapat saya sekitar 20-25 juta.
      Tapi hati2, IKL menerapkan pola tripatra. Ada hitungan hari dalam 1 bulan. Kalo sebulan total 19 hari kerja, gajinya ya nggak penuh. Penuhnya kalo 22 hari kerja, tanpa ada ijin sakit.
      Semoga sukses.

      epc

      Januari 12, 2010 at 4:00 pm

      • trims bro,

        gaji tsb lumayan buat di indonesia….. sekarang saya lagi nguli di timur tengah. Gaji tinggi tapi pegeluaran juga tinggi. Mending balik ke Indonesia…

        Gugup

        Januari 14, 2010 at 9:27 am

      • Oppps tinggi juga IKL, kalo tripatra gak setinggi itu dech

        NamakuSiapa

        Januari 18, 2010 at 8:55 am

  287. lam kenal…
    masih ada kesempatan ga kerja di oil& gas?
    sya sipil/S1, kerja di konstruksi gedung, jabatan Quantity Surveyor, pernah sebagai drafter (Autocad)

    PI

    Januari 16, 2010 at 4:57 pm

  288. Aku baru baca lowongan weatherford posisinya QHSSE. Pertanyaannya Beda koordinator, supervisor, & officer itu apa? Dari segi pendidikan / pengalaman, urutannya gmn? Ada yg bs kasih info?
    thanks,

    lie_ung

    Januari 18, 2010 at 4:18 am

    • Kordinator spt manager jadi bos-nya di QHSSE
      Supervisor membawahi beberapa staff
      Officer sama dg staff alias paling bawah

      NamakuSiapa

      Januari 18, 2010 at 8:54 am

  289. just follow this thread ^_^

    no name

    Januari 23, 2010 at 4:20 am

  290. numpang nanya, kalo standar gaji level manajer di gunanusa berapa yach? tolong pencerahannya dong. matur nuwun…..

    cecep

    Februari 14, 2010 at 12:53 pm

  291. wah enak ya mas mas ini gajinya gede gede….jadi kepengen nih…..

    officeboy

    Februari 17, 2010 at 12:38 pm

  292. kalo di bakrie pipe industries brp ya kira2 gaji utk fresh grad?

    rudsaint

    Februari 18, 2010 at 8:15 am

    • Kalo fresh grad jgn berharap banyak. cari ilmu aja dulu. gaji sekitar 3-4jt utk level fresh grad.

      tukang listrik

      Februari 19, 2010 at 3:44 am

  293. gw masuk kerja pas udah pengalaman 5 th di perusahaan EPC asing terima thp 7 jt. Itu th 2006 lhoo …
    Kenaikan thp per tahun teratur tergantung prestasi dan inflasi. Pernah gw naik 20%. Padahal inflasi jauh dibawah. Gimana ngebaikin bos dan kerja dengan bener.
    Pilih EPC yang client-nya mantap juga tentunya … spt Total. Skg kalo project kecil2 mah jgn harap bisa dapet thp gede.

    romi

    Februari 20, 2010 at 2:51 pm

  294. gw kerja jd tukang sempakto-PDMS di epc asing, gaji guede tp kerja makan ati.

    tunggu tanggal mainnya..eng ing eng..

    kampret

    Februari 21, 2010 at 1:41 pm

  295. abis makan ati minumnya apa ….
    he he

    romi

    Februari 22, 2010 at 11:30 am

    • minumnya jack-d om haha

      kampret

      Februari 26, 2010 at 3:19 am

  296. ya. itulah kalau kita di interview oleh perusahaan EPC yang sedang mengalami perubahan manajemen. Sedang mengalami pergantian direktur, pasti pegawai yg lama mengalami keresahan, taku menghadapi perubahan. makanya dia sok galak mau interview orang baru. sabar pasti ada balasannya

    wahyu

    Februari 25, 2010 at 8:04 am

  297. Salam kenal,
    Saya mau tanya2 nich. Saya sudah 5 thn kerja di oil&gas projects sebagai Mechanical Engineer and 8 thn di Petrochemical sbg maintenance engineer. Rencana saya mau pindah karir sebagai HSE engineer dan saya ada rencana ambil International Cetificate untuk safety yaitu NEBOSH. kira2 gimana prospek bidang safety ini di indonesia khususnya untuk migas or EPC.

    Shidqi

    Februari 26, 2010 at 4:14 pm

  298. Ada lowongan di worley, silahkan cek. Tadinya mau dipost disini tapi sepertinya terlalu besar.

    arya

    Maret 1, 2010 at 4:08 am

    • Mas Arya, aku dpt info klo Worley ada bukaan kantor baru di Balikpapan ya?? ada info alamat kantornya? oiya aku ada exp di OG Service (Baker Huges) sbg Field Engineer 2 th & BPMIGAS di Drilling 1 th, klo apply sbg Project Control nyambung ga ya?? atau seharusnya posisi apa?? salary yg bisa saya tawar kira2 berapa?? tolong reply yach. saya mau tinggal di Balikpapan dlm waktu dekat soalnya. makasih bgt

      cutie

      Juni 10, 2010 at 8:07 am

  299. untuk standart Range gaji posisi Kabag sd manager unt lokasi jakarta bisa sampai berapa?

    subiantoro

    Maret 1, 2010 at 4:55 am

  300. Rate di Uni Emirate arab (mid east), tinggal negonya.. bisa 3000USD – 5000USD / bulan..experience 10 thn ke atas. Jadi TKI single status…saingan dgn Philipin, India, Pakistan, dan Arab2 Palestin.

    om senang

    Maret 1, 2010 at 6:10 pm

    • Pak, maaf kalo kata2 saya ada yg salah. Tapi di Indonesia saja, utk dapat 3 ribu sampai dgn 5 ribu USD, 10 thn exp mungkin ada yg bisa. Minimal yg saya tahu pastisalah seorang senior saya sudah lebih dari 3 ribu USD. Kayaknya utk ukuran engineer, itu angka terlalu kecil pak. Nggak usah jauh2 ke mid east, di Jakarta saja bisa.

      arya

      Maret 2, 2010 at 1:12 am

      • Setuju ama bung arya..
        Untuk tambang non migas aja pengalaman 10 tahun udah mendekati angka tersebut untuk perusahaan2 besar..
        apalagi untuk migas..

        pairo

        Maret 2, 2010 at 3:00 am

  301. pairo / arya,
    ooh gitu ya…mudik ah…..tolong kasih referensi kalo gitu>!

    om senang

    Maret 2, 2010 at 4:54 pm

  302. Siang Pak andjar,,,mau infonya dong gaji di PT.KAO untuk Fresh graduated S1 punya pengalaman 1 tahun. untuk posisi administartion staff,,,range gajinya berpa ya?

    vika

    Maret 5, 2010 at 4:33 am

  303. ada gak ya perusahaan oil&gas yang memberikan tantangn baru dalam berkarya dibidang piping yang lebih bisa dihargai untuk gaji maupun tunjangan ama asuransi kesehatan.exp dah 3 taun, tapi kayak kerja rodi. ada yang tau ?

    yuni

    Maret 11, 2010 at 1:16 am

  304. kita kembali ke konsep dasar kenapa gaji local murah,.
    yang buat gaji lokal murah adalah orang lokal
    beberapa project dieksekusi di indonesia ya karena labour atau gaji karyawan dan biaya local murah.jadi tidak boleh mengharap semua gaji tinggi atau setaraf dengan org asing.nanti semua project dialihkan ke negara lain yg bisa menekan biaya lebih murah.dampaknya ya nambah pengangguran.

    owner(investor) tak mungkin buat project tapi rugi,.btul tak.

    tidak banyak org dgn gaji expat tapi di tempatkan di indonesia.

    robber

    Maret 19, 2010 at 4:18 pm

  305. mas PW, mo nanya nih.
    saya lulusan teknik mesin, kebetulan diterima D PT.KA dan WASKITA KARYA, yg saya tanyakan: plus -minus 2 BUMN tadi apa aj ya mas?
    Thanks buat pencerahannya…

    budi setiyadi

    Maret 27, 2010 at 10:00 pm

  306. karena disini bahasannya adalah EPC dan kebetulan kami orang2 EPC, maka saran kami adalah ambil Waskita Karyanya aja ^^

    Jwaban yg serius, kamu kan lulusan teknik mesin. kalo masuk Waskita, kamu bisa lebih maju karir kedepannya daripada di PT KA. tapi kamu harus bersyukur krn sudah ditrima di dua perusahaan BUMN. susah lo hari gini cari kerja.

    Salam,

    tukanglistrik

    tukang listrik

    Maret 28, 2010 at 7:28 am

  307. Mau tanya nih mas2 untuk standard gaji engineer di perusahaan maintenance GMF Aeroasia kira2 berapa ya, dan prospek karirny seperti ap mengingat d Indonesia cuma satu2ny yg bergerak d bidang tsb ?

    @Buset : memang lebih bagus ke waskita set
    Ilmumu bakal kepakai semua…..yg jelas kedua2ny BUMN jd gk bakal bangkrut selama negara masih merdeka.

    Seker overheat

    Maret 30, 2010 at 12:16 pm

    • halo semua. mau tanya, apakah salary untuk fresh graduate yg punya sertifikat (welding engineer, welding inspector) di samakan dgn fresh graduate yg tidak punya sertifikat.?

      putra

      Agustus 13, 2010 at 1:31 pm

  308. mas mas smua mau nanya saya bingung antara dua pilihan anatara technip dan tripatra,, kira2 yg mana ya..thanks smuanya

    tukang valve

    Maret 31, 2010 at 12:12 pm

  309. @ tukang valve :
    Technip itu lebih ke Engineering bos. Kalo 3patra lengkap satu paket EPC. Kalo ditanya ttg faktor dompet, saya pilih Technip. Kalo dari factor ilmu, dua-duanya sama2 baik. Slamat anda sudah mempunyai pilihan daripada tidak ada pilihan sama sekali :)

    tukang listrik

    April 5, 2010 at 8:38 am

  310. Wah, bagus blog-nya…penuh warna-warni

    13205015

    April 12, 2010 at 5:25 pm

  311. aduh saya bingung antara trakindo utama dan bakrie pipe :(

    rudsaint

    April 14, 2010 at 4:11 am

  312. Sekarang yg pada kerja di epc banyak yg prihatin. Beberapa perusahaan terpaksa melepas karyawannya dari segala lini. Jadi jika kebetulan anda sedang bekerja atau ditawari pekerjaan, banyak2 lah bersyukur. Di luar banyak teman yg sedang berusaha dan tawakal.

    arya

    April 15, 2010 at 12:10 am

  313. Nisconi, Engineer fresh 5-7jt, midle s/d 15jt, sr s/d 30 or 40jt, Expat s/d 9k usd, kelapangan dapet alowance kira300rb perday, hotel dapet kalo di batam. taxi maks 300rb per trip, makan bayar sendiri mosok masih minta dibayarin. Hayo buru2 pada nglamar kesana….

    SURA MENGGALA

    April 17, 2010 at 6:34 pm

    • @sura menggala: tipu itu…

      siconi

      Mei 23, 2010 at 6:32 am

  314. @ sura menggala:
    mantabb bener ya Nisconi. kalo mau lamar ke Nisconi ada emailnya nggak? karena susah bener neh cari websitenya Nisconi..

    kuli muda

    April 18, 2010 at 8:43 am

  315. eh aku dapat tawaran dari jgc. memang ada proyek besar?
    diakan ex- bp tangguh main kontraktor. ada yg tahu salary engineer experience > 12 th?

    wahyu

    April 21, 2010 at 12:46 am

  316. Dear Pak Wahyu,

    Utk experience Engineer bisa besar itu pak nilainya. Apalagi pasti bapak sudah banyak pegang project kan. Maaf saya kurang tau brapa nilai pastinya. Mungkin ada tmn2 dari jgc disini yg bisa jawab?
    Maju terus dunia EPC Indonesia! :)

    tukanglistrik

    April 23, 2010 at 1:14 am

  317. sebenarnya lebih enak mana ya..saya lagi bingung plus dilema ini..di satu sisi saya sudah diterima bekerja disalah satu EPC di jaksel..tapi saya masih pengen ngejar di BUMN bidang pupuk di kalimantan..mohon sarannya dari bapak2 sekalian

    confused boy

    April 27, 2010 at 10:08 pm

  318. @ confused boy :
    Saya rasa tidak ada salahnya utk mencoba belajar dulu di EPC sambil menunggu datangnya kesempatan bekerja di BUMN cita2mu. Banyak sekali hal-hal yg akan didapat ketika bekerja di EPC baik ilmu maupun praktek (walopun gaji awal memang kecil di EPC).
    Saya jamin anda akan lebih bernilai lebih ketika mendaftar di perusahaan Pupuk/Petrochemical lain. Smoga sukses.

    tukanglistrik

    April 29, 2010 at 1:56 am

  319. oia denger2 klo belum setahun kontrak kemudian terpaksa resign, misal diterima di company lain, untuk perusahaan EPC itu biasanya ada sistem denda ya bapak2??..mohon sharing2 info2nya seperti apa.

    confused boy

    Mei 1, 2010 at 8:32 am

  320. dear all.. ada yang tahu standart gaji buat aviation engineering ( mech, engineer, superintendant, manager)… thanks in advance for all input

    RN16

    Mei 2, 2010 at 4:55 pm

  321. @confused boy : benar sekali. Jika km dikontrak 12 bulan tp kamu resign di bulan ke tujuh, berarti lima bulan sisanya adalah denda yg harus kamu bayarkan. Biasanya cuma dikalikan basic salary saja. Tapi kalo ditrima di Oil&Gas Company, denda itu bisa terbalaskan kok :)

    tukanglistrik

    Mei 3, 2010 at 1:01 am

  322. @ tukang listrik:
    hahahaha..wah mantep nih sarannya..saya malah dapet panggilan JGC ini..ya dinikmati saja lah dulu dinamikanya pak..terima kasih banyak..hehe

    confused boy

    Mei 7, 2010 at 3:58 am

  323. ada yang tau range gaji fresh graduate di perusahaan Indospec?

    Makasih

    ddn

    Mei 11, 2010 at 10:41 am

  324. @SURA MANGGALA
    Mudah2an yg kejadian yg kemarin2 tidak terulang kembali. Pernah ada masa-masa sulit dimana karyawan terpaksa menerima sistem kontrak per bulan (diperbarui tiap bulan). Jika sekarang sudah membaik, bagus lah, semoga semakin baik lagi. Project di vietnam dan “south mahakam”nya Total ya ?

    arya

    Mei 12, 2010 at 5:56 am

  325. kalo gaji non engineer di head office perush tambang untuk yang berpengalaman non manager standardnya gimana?

    pengen tau

    Mei 12, 2010 at 10:21 am

  326. Salam Kenal pak Priandoyo dan all..

    saya seorang structural draftsman di salah 1 konsultan PMA, dg exp.5 tahun di bidang yg sama. semenjak 1 tahun ini saya interest dan kepingin menimba ilmu di dunia oil&gas, namun saya kurang pede karena belum mendapatkan sedikit basic knowledge untuk terjun ke perusahaan oil/gas.

    rencananya sy akan kursus PDMS, apakah kalau sudah menguasai PDMS bisa prioritas ketika melamar ke salah satu O&G office..dan bagaimana jika belum menguasai PDMS?apakah perusahaan o&g mau menerima ex structural draftsman untuk menjadi str.designer..

    demikian pertanyaan dari saya dan mohon pencerahnnya.
    trima kasih

    De-STR

    Mei 23, 2010 at 9:53 am

  327. mas2 abang2 , nubie mau nanya nih, saya mahasiswa semester 8 t.mesin ui , dan alhamdulillah uda bisa software autopipe n caesar II walau ga terlalu jago banget..
    mau nanya kalau daftar ke epc macam ikpt, tripatra , rekin, atau yang dari luar macam tehcnip dll itu kira2 buat fresh berapa ya mas pendapatannya??
    mohon saran juga apakah lebih baik ke epc dulu apa langsung coba2 daftar ke chevron, total , pertamina atau dll..??

    newbie

    Mei 30, 2010 at 11:03 am

    • technip…namanya doang branded!..klo dari gaji sangat memalukan! gw rasa gak pantas lah kumpeni asing punya rate salary kayak gitu..payah..

      prett_lahh

      Juni 3, 2010 at 12:04 am

  328. o ya lupa bilang
    terima kasih ya mas / abang atas perhatiannya

    newbie

    Mei 30, 2010 at 11:04 am

  329. mo tanya nih kalo di rekadaya elektrika gajinya “bagus” ga? untuk QA/QC engineer pengalaman > 5 th

    aerio

    Juni 4, 2010 at 9:01 am

  330. Salam Kenal pak Priandoyo dan all

    Update rate salary untuk Truba berapa ya sekarang buat Sr QHSE Engineer? ( pengalaman kerja 15 thn )

    Noel

    Juni 22, 2010 at 9:13 am

  331. Salam kenal pak priandoo dan temen2 semua..

    saya mau tanya nih,
    saat ini saya baru diterima di United Tractor dengan base salary 3.9 + transport 820,. lalu saya mendapat penawaran lagi di Tripatra,. kira2 berapa yaa gaji yang akan di offer untuk saya nanti,. pengalaman saya di dunia oil masih 2 th.
    dan manakah yg lebih baik dari sisi salary, status, dll..

    mohon pencerahannya,.

    Terima Kasih

    pendekar

    Juni 25, 2010 at 3:14 am

  332. Salam kenal semuanya,saya baru selesai dari royek NDIA(New Doha Int Airport) DOHA,Sebagai GEN Foreman terahir saya dapat imfo (kurang lengkap)saat ini di khazastan lagi hire tenaga untuk banyak disiplin,ada teman2 yang bisa kasi imfo lengkap?sebelumnya saya ada experient di tangguh,dubai dan terahir di doha qatar.wassalam

    TANGGUH

    Juli 12, 2010 at 12:37 pm

    • @tangguh: maksudnya khazastan ada kesempatan gitu?
      minta info nya plz
      tq
      salam

      hedy ariffin

      Agustus 6, 2010 at 4:03 am

  333. @ sura menggala

    kebetulan nemu blok ini, pengen nanya… untuk yang lepel senior, apakah dimulai dari pengalaman 10 tahun?.. kebetulan dapet panggilan di nisconi… dapet 30 boleh lah (maksudnya boleh banget)

    tukang insinyur

    Agustus 1, 2010 at 6:22 pm

  334. Bro/sis,
    minta update donk mengenai gaji di WIKA
    saya lagi dalam test, sudah melewati 3 tahap tinggal medical dan bhs ingris.
    posisi procurement senior staff dg pengalaman >10thn
    interview terakhir ketemu HRD dan user, kedua org tsb bisa menjelaskan besaran gajinya brp, cuma tanya berapa gaji yg diterima skrg. Dari jawaban saya, mereka cuma bilang bisa lebih tinggi bisa sama atau bisa lebih rendah.
    Padahal itu udah wawacara terakhir, tapi gaji koq masih ngambang

    Pencari

    Agustus 12, 2010 at 1:38 am

  335. kalau untuk standard di premier oil berapa yah??
    3 thn exp…
    please advice…

    x

    Agustus 19, 2010 at 10:01 am

  336. perlu info ni job di document control area (ISO). terakhir gabung di EPC posisi sama juga, ada nggak yach di nisconi……………..thanks

    mochtar

    September 16, 2010 at 8:55 am

  337. Salah satu EPC lokal mulai rame proyek nih, denger2 IKPT baru menang tender untuk bikin plant milik PKT dengan nilai lebih dari USD 500jt, menang juga di Lahendong Geothermal milik Pertamina dan beberapa proyek lainnya (Conoco Grissik & Artu Mega Energie)
    Coba aja apply kesana, ane juga mau nyobain hehe

    Paijo

    Oktober 5, 2010 at 8:27 am

    • kalo apply ke ikpt lamarannya kemana mas??

      kiki

      Oktober 8, 2010 at 2:20 am

  338. mau nanya gaji engginer di perusahaan epc asing berapa ya skr yg update..thx..need pencerahan..

    meta

    Oktober 22, 2010 at 8:52 pm

  339. Dear rekans,
    Sy hanya ingin menambahkan utk subject ini:
    1.Seorang engineer hrs berlandaskan data dan fakta yg detail..
    2.Seorang engineer hrs jujur dan terbuka(tdk dilebih2kan)
    3.Yg terakhir,harga diri tumpul dan kosong krn melihat ‘rumput tetangga yg lbh hijau (seakan2)’ sebaiknya dihindari..

    Pak Simbolon

    November 28, 2010 at 12:07 am

  340. wuiiiiih saya iri sama para sesepuh EPC disini.
    Saya baru setahun 9 bulan kerja di PLN…

    pengenya sih masuk OnG atau EPC..
    cuma pas saya lulus, ga ada satupun EPC n OnG buka

    Ane dari masa kuliah dulu ngidam banget buat bisa kerja di OnG
    makanya dulu ane ngambil mata kuliah konversi energi trus nyoba ngambil kursus pipe analyst stress sama ngambil PKL di PDSI (pertamina drilling) dan magang di Pertamina EP dengan tanpa dibayar n tanpa fasilitas apapun…

    akhirnya pas lulus, ga ada satupun OnG yg bukaan, klo ada tu exxon yg minta IPK cum laude….

    akhirnya setelah 2 bulan ane lulus dpt kerja, tapi sayang bukan di EPC ato di OnG company seperti yg ane harapkan dulu melainkan dipower plant plat merah.
    itupun setelah ane dipaksa2 ma ortu bwat ngambil

    dulu pikir ane, gapapa sambil nyari pengalaman nanti klo udah baru deh cabut ke perusahaan OnG..

    tapi ternyata, rencana tinggal rencana…
    ane ditempatin dimedan, jauh dari jakarta. Apalagi nanti setelah ane ditempatin di bagian predictive maintenance vibrasi analyst. makin susah lagi buat ane cabut bolos ikutan tes kerja lagi.

    sempet cahaya harapan itu timbul lagi, setelah ane lulus tes dipertamina sampai interview….
    cuma setelah ane baca ternyata ane klo lulus sampe tahap akhir akan ditempatkan dipemasaran, ane langsung lemes lagi dan hilang selera tuk mengikuti tahap itu. Cuz ane ga suka banget yang namanya pemasaran, bagaimanapun juga ane mau jadi seorang engineer

    makin nyesek lagi, setelah ane ngeliat temen2 seangkatan ane banyak yang kerja di OnG. Padahal sangat banyak diantara mereka yang ane rasa ga lebih baik dari pada ane, ntah dari IPK, lama studi dll…

    yang ane rasakan, ane sangat iri sama mereka cuz ane merasa yg gak ane punya dari mereka tuh adalah kesempatan……

    ya cuma kesempatan, tapi justru itu yang membuat ane merasa pesimis

    apalagi setelah ane baca2 loker situs EPC2 macam IKPT, tripatra, JGC yang semuanya meminta experiance, sedangkan ane sekarang ga punya, gara2 belum mendapat kesempatan

    sekarang, lumayan banyak OnG yg bukaan lagi…
    ada total, chevron, Slb dll…
    cuma ane harus memendam hasrat untuk ikutan tes tsb..

    cuz ane sadar, untuk tembus ke perusahaan itu sainganya berat dan tahapanyapun panjaaang sementara jatah bolos terbatas.

    ya ane harus saving jatah tersebut untuk perusahaan yang lebih realistis menurt ane untuk dijebolin…

    ane nunggu pertamina EP tahun depan
    smoga terkabul ya Allah.

    Kens99

    November 28, 2010 at 2:45 am

  341. oiya lupa, sebenrnya sih dalam bekerja target ane ada 3….ane yakin ni semua sama kali yaaa :P

    1. gaji gede
    2. Ilmu banyak
    3. Aman n Nyaman…

    kondisi sekarang,

    1.gaji ane standar freshgrad (4.8/bulan,min 20x gaji setaun)
    2.Ilmu yang didapat juga standar
    (yang ane lakuin sekarang ngurusin steam turbin, bongkar pasang mesin2 supportnya (kyk pompa, kompresor dll) tapi sayangnya PLN untuk yg project gede, macam balancing n reallignment turbin diserahkan ke pihak 3, ane cuma liat2 aja huhuhu)
    3.Aman
    (ya untuk yg satu ini ane bersyukur)

    klo liat karir di PLN
    3-5 tahun jadi supervisor (klo beruntung) gajinya 7jtaan
    10-15 tahun jadi Asmen (rangenya 12jtaan)
    15-20 tahun jadi manager (rangenya 15-20jtan)

    klo diliat sih kecil banget gajinya kedepan, makanya ane ngebet kerja di OnG. Cuz Bokap ane yg dah kerja plus minus 20tahun bisa dapet 50an/bulan THPnya dan setaun dapet 15x gaji….
    padahal tu sama2 BUMN..

    tapi sempet ragu juga tentang kelangsungan MIGAS di Indo, apakah menurut penerawangan sesepuh disini prospek gaji mewah 15-20 tahunkedepanya bakalan sama atau lebih baik atau lebih menderita ya ? cuz kan SDA kita terbatas…

    sekarang ane punya plan cadangan, yaitu mau jadi expert di Geothermal a.k.a panas bumi. yang menurut ane punya prospek cerah…

    kira2 gimana ya ? pilih mana buat kedepanya ?
    tetep mo ke OnG, tetep di PLN ato belajar geothermal (rencana ane sih ngambil s2 di teknik panas bumi ITB)?

    thanks

    bantuin ane yaaah hehehe

    Kens99

    November 28, 2010 at 3:02 am

  342. Salam kenal semuanya,

    Mohon info standar gaji di Thiess Contractor buat di pryek tambang SATUI, Kalimantan Timur berapaan ya, klo gw dr Jkt dgn pengalaman 5 tahunan trus di posisi level Supervisory ?

    Mkasih kali seblmnya..

    Maxi

    Maxi Trooy

    Desember 1, 2010 at 2:57 am

  343. Salam kenal semuanya,

    Mohon info standar gaji di JGC untuk proyek LNG Tangguh di Papua, posisi engineer pengalaman <3thn. Tks

    Salam,

    Rudi

    Rudi

    Desember 27, 2010 at 5:59 pm

  344. @Rudi… klo pengalaman 3 tahun pernah ikut project epc yg paling banter dapat 7 jt an, klo gak nego yg dpt 5 jt

    klo gak da pengalaman epc paling dapat 6 juta, lbh tinggi dikit drpd fresh grad yg dapat 5 jt

    salam
    mantan JG*

    xxx

    Desember 29, 2010 at 2:21 pm

    • @xxx : Mohon info jg standar gaji di Thiess Contractor buat di pryek tambang SATUI, Kalimantan Timur berapaan ya Om ? Klo gw dr Jkt dgn pengalaman 5 tahunan trus di posisi level Supervisory ? Wassalam & tksh kli seblmnya, Trooy

      Maxi Trooy

      Desember 30, 2010 at 2:13 am

    • klo statusnya boz, kontrak ato permanent, misal punya pengalaman di epc 2 tahun?

      bonecrush

      Januari 15, 2011 at 2:50 am

  345. Om-om, dan bapak-bapak,
    Saya sudah hampir 4 thn di O&G asing based jkt. Di thn pertama saya masuk sbg engineering secretary, kemudian di promote sbg DCC dgn title PJC/ENG application & administration officer, bertugas membuat report2 dan handle semua doc yg keluar masuk di eng dept.
    Waktu awal join saya dpt 5jt, dan setelah 3th saya bisa nego 8,3jt.
    Status kontrak dibawah outsource dgn owner asing.

    Pertanyaan saya ;
    1. Berapa harga normal pd umumnya untuk posisi DCC merangkap secretary ?
    2. Di lingkungan O&G, standar gaji Total termasuk level keberapa ? Apakah 8,3jt tsb sdh cukup bagus, atau ada yg bisa kasih lebih tinggi ? Chevron misal ? Any info ?
    3. Dgn background bhs prancis S1 UNJ, apakah saya bisa mendapatkan kesempatan pekerjaan lebih baik dari O&G ? Krn sblmnya saya pernah gabung di Italian Embassy untuk project Tsunami Aceh, dan harganya jg tdk terlalu memuaskan. Saya hny dpt 3jt contract base, dan permanent secretary saat itu thn 2006, 1700$.
    4. KAlo dibandingkan antara; O&G, embassy (government organization), NGO, Telco, Bank, Property, mana yg paling tinggi rate nya dan bgmn jaminan prospek masa depannya ?

    Regards,

    mintoel

    Desember 30, 2010 at 1:48 am

  346. for all disciplines who are interested in a career as a Project Management Consultant, engineering services onshore & offshore, with min. exp.5 years, please send your cv ijazah & certificate to career@aldaberta.com
    thank you.

    vanistelrooy

    Januari 5, 2011 at 9:53 am

  347. wah baca blog ini jadi minder saya. gajinya besar2 sekali, padahal kerjanya di kota. saya sudah bekerja 5 tahun di freeport papua, posisi chief dapat gaji bulanan 11 jt. mudah2an saya bisa kembali ke kota dan dapat gaji besar seperti rekan2 di sini. amin.

    tri_octa

    Januari 13, 2011 at 9:58 am

  348. bapak2 yg sdh berpengalamn..saya mw tanya.

    saya mahasiswi chemical eng ptn smester atas bru mw mlaksanakn kerja praktek(KP).apakh tmpat dimana kita KP nantinya akan mberikan pengaruh saat kita nglamar kerja?(misal KP di OG tapi nati nglamar kerja di pabrik makanan.kan g nyambung tu apa nantinya masi ad peluang keterima?)

    klo untuk ce FG chemeng tu tmpat krja yag “lumayan” tu dmana aja ya pak?(ada niat ke EPC tapi kata senior saya,klo di EPC kan kmana2 dinasnya,nanti bakal repot klo udh double.tapi klo di OG jga ga mgkin.tlalu berat ma diskriminasi genre).sdgkan klo cma jd pns,kok kya’y ilmu saya bakal sia2,trus gajinya tlalu kcil cma bs buat diri sendiri g bs nyekolahin adek..
    trus untuk lompatan karirnya gmna ya?(tanpa mgabaikan kluarga apa bisa?)

    apa2 aja yg hrus dtingkatkan biar jadi nilai tambah dibanding ce CHEMENG lainnya?

    mohon bantuannya..trimakasi……

    ce_tukang reaktor

    Januari 22, 2011 at 5:15 am

  349. bapak2 yg berpengalaman..
    apakah bekal ilmu yg musti dikuasai utk gabung di EPC?
    sy sarjana mesin, lulus 7 th yg lalu, dan saat ini kerja di salah satu kontraktor alat berat sbg maintenance planner.
    terus terang, ilmu selama perkuliahan (terutama hitung2an dan rumus2nya) hampir lupa semua :), pdhl sy sangat tertarik terjun di dunia EPC, apakah ada perush EPC yg mau nerima ya?.. :)
    pls direspon, thanks..

    dubidubidam

    Januari 22, 2011 at 8:50 pm

  350. bapak2 semua yang sudah banyak pengalamannya,

    saya baru punya pengalaman sekitar 4th di EPCI, untuk posisi QA/QC sekarang lagi di Tripatra dan sebentar lagi kontrak saya selesai, rencananya mau istirahat dulu nemenin istri di rumah kalo bisa sekitar sebulan lah :), kira2 enaknya ngelamar kemana yah coz kalo ngerasain perusahaan di Indonesia kayanya susah banget Ilmu kita dihargai dengan gaji yang pantas coz dengan pengalaman 4th (sebelumnya pernah ikut IKPT sama kalo Rekin n JGC baru jadi subconnya aja), Pendidikan S1 Teknik Mesin ditambah dengan sertifikat WI B$T dan juga serificate Internasional untuk Painting BGAS dan RI PCN masih dapet gaji sekitaran 10jt :) , masih jauh dari yang saya harapkan yang seharusnya diatas 30jt, kira2 ada pencerahan dari senior2 disini yang sudah lama malang melintang di Oil & Gas? apa emang rate nya yang sudah menurun ato emang rezeki saya yang baru segitu,

    kalo sekarang sih saya enjoy terus dan terus memperdalam Ilmu saya n pantang menyerah, heheh maaf nih jadinya kaya curhat

    Salam,

    Edan

    Januari 29, 2011 at 1:24 pm

  351. Mau tanya kalo gaji di Woog Group level engineer berapa ya?exp 2-3 tahun..

    thanks

    dimas

    Februari 2, 2011 at 11:50 pm

  352. Minta tolong nih, ada yang bisa share standar gaji perusahaan konstruksi jalan tol untuk mid level managemennt position ??

    Terimakasih

    aji

    Februari 3, 2011 at 3:15 am

  353. saya mw bertanya nh,, gaji di Fajar Mas Murni berapa ya??

    jobseeker

    Februari 3, 2011 at 5:51 am

    • iya, ikutan nimbrung, kira2 berapa ya? :)

      setia

      Februari 16, 2011 at 8:07 am

  354. penilaian apa sich yg sebenarnya bagi pegawai yg bergerak di bidang marketing???
    range gaji standart brp yg harus diminta,sedangakan saya sudah bekerja lebih dari 8 th

    hepri

    Februari 15, 2011 at 6:39 am

  355. Saya kerja diBUMN pupuk dgn exp 12th, Gaji yg saya terima bervariasi tergantung lembur antara 5-6 jt thp. Posisi leadman, (senior teknisi) hanya lulusan smk,lulus S1 sih, tapi bukan teknik, manajemen ekonomi. bidang pekerjaan saya adl instrumentasi,…tentunya salary yg saya terima sangat2 jauh dgn orang2 yang bekerja di EPC bidang instrumentasi dgn exp yang sama dg saya. yang ingin saya tanyakan bisakah saya masuk ke EPC dibidang instrumentasi yang mengisyaratkan min pend S1 teknik,.saya sering masukkan lowongan ke EPC yang mengisaratkam min S1,.. dan belum pernah dapat panggilan, seolah olah saya kalah sebelum bertanding,..padahal kalo adu ilmu saya belum tentu kalah…mohon pencerahannya..

    Buruh Angkut

    Februari 18, 2011 at 7:24 pm

  356. dear all..

    just sharing aja.
    saat ini aku kerja d salah satu EPCI lokal (Rekind).
    pengalaman kerja d sini br 3th dari fresh graduate.
    jujur kalo masalah gaji masih jauhh bgt dari harapan.
    saat ini aku baru dpt 4jt’an THP.
    posisi saat ini engineer.
    tapi yg aku suka dr rekind ini adalah kesempatan belajar tuh terbuka sangat luas sekali.
    walo kadang qta merasa “tidak mampu” tp qta dikasih kesempatan buat handle suatu kerjaan (yg pastinya pasti dibimbing).

    cuman saat ini udah berkeluarga.
    dengan gaji segitu merasa blm bs nabung (blm beli rumah ne.. haahaa).

    qra2 kalo mau lompat ke perusahaan mana ya?
    EPCI lokal / asing / malah owner?
    bagaimana kesempatannya?
    trus dengan pengalaman sbg field engineer slama 3th bisa nego gaji berapa?
    makasih banyak atas infonya.

    nocki

    Februari 28, 2011 at 11:03 am

    • masa dapet segitu sih bro?
      gw dulu pernah di manufaktur 1,5th , kemudian masuk IKPT untuk posisi buyer (procurement), selama 2th di IKPT gaji terakhir gw 6,8jt THP
      Dan sekarang gw kerja romusha ngikut ama EPC jepang di TB.Simatupang hehe.. (awal disini gw dikasih 8,5 THP tapi asuransinya system reimburst)

      belalang

      Maret 15, 2011 at 9:18 am

      • iya ne bro..
        aku ga cuman aku,seangkatanku jg ngalamin hal yg sama.
        btw ada lowongan kah d EPC japan itu skrg?
        thanks..

        nocki

        Maret 26, 2011 at 4:54 am

  357. Yang saya dengar saat ini IKPT lagi banjir project ya?
    Apa ada rekan disini yang tau alamat email HRD disana?
    Terimakasih sebelumnya.

    Salam,

    EPCfansClub

    Maret 7, 2011 at 5:41 am

    • IKPT dapet proyek dimana aja?

      Edan

      Maret 8, 2011 at 2:44 am

      • yang saya dengar dari rekan di EPC juga demikian,
        IKPT sekarang sedang mengerjakan 2 project geothermal milik PGE (pertamina geothermal energy), gas compression milik conoco di jambi, dan memenangkan pembangunan plant milik PKT bontang seharga USD 700jt (juga pembangunan power plant (boiler) yang sekarang projectnya sudah berjalan)

        subcon

        Maret 15, 2011 at 1:08 am

      • yang gw denger dari temen disana:

        1.PKT Boiler
        2.PKT 5
        3.Lahendong Geothermal (Pertamina)
        4.Ulubelu Geothermal (Pertamina)
        5.ARTU LNG
        6.DEGC ConocoPhillips
        7.Suban ConocoPhillips
        8.ARUN LNG (KBR)
        9.MNK Petrochemical
        10.MCL 2 (Exxon)

        kata temen gw mereka lagi butuh banyak orang tuh
        cobain aja kalo yang mo apply, seinget gw dulu ini HR nya eko.cahyo@ikpt.com

        belalang

        Maret 15, 2011 at 10:56 am

  358. Sorry agak “Out Of Topic” Saya Punya pengalaman 5 tahun di bidang telekomunikasi, 2,5 tahun sebagai Network Engineer dan 2,5 tahun debagai PMO, posisi saya sekarang adalah PMO, saya tertarik untuk moving ke EPC atau Operator Migas, karena menurut pandangan saya, perusahaan – perusahaan minyak lebih mempunyai jaminan masa depan CMIIW, apakah ada saran, melalui jalur mana saja saya bisa melamar ke perusahaan – perusahaan tersebut?apakah benar apabila ingin melamar ke oil company harus ada rekomendasi dari orang dalam??? Terima kasih banyak sebelumnya

    Nikodemus

    Maret 9, 2011 at 8:35 am

  359. Saat ini saya kerja di Toyo kanetsu ind. batam. Saya pengalaman 7 tahun di EPC, design dan construction. Untuk pekerjaan di fabrikasi, supervisor gaji 7,5jtan, belum potong pajak. Kalo kerja di lapangan, dulu project di tangguh, field eng. bisa dapet 10jt an ke atas. soalnya remote area. (makan + mess + transp. by company). kalo saya cm ass constr. mgr. gaji sktr 15jtan belum ptg pajak.

    Abdul Hamid

    Maret 14, 2011 at 5:08 am

  360. permisi bapak2 sekalian,kalau untuk lulusan baru seperti saya apakah ada peluang untuk bergabung di EPC company?
    karena selama ini yang saya liat kok lowongan yang mereka buka selalu minta yang berpengalaman, bahkan rata-rata min.5th pernah berkarir di oil & gas

    baru lulus

    Maret 17, 2011 at 3:36 am

  361. ehmmm.., dunia engineer memang bagaikan hutan belantara yang menyimpan harta karun tak habis-habisnya. Nyari gaji lebih gede boleh dan sah saja koq. Cuma biar gak greedy, patokannya kira-kira gini: tentukan biaya rumah tangga yg wajar sebulan plus buat nyimpen dan bermainlah di angka sedikit plus diatas itu.

    Kerja in-country dgn overseas tentu gak bisa dibandingkan “apple to apple” dr sisi salary, keduanya punya nilai plus dan minus.

    Satu hal yang paling penting bagi tipe seorang “bigger better” (doyan pergi ke dr.Wawan – wawancara maksud ane:) ), jangan terlalu kaku dengan besaran gaji yg di dapat, bersikaplah flexible walaupun selalu dijaga range minimum yang diharapkan.

    Jangan lupa bersikap wajar dan banyak bersedekah, insya Allah dengan gaji yang ada akan selalu ‘cukup’.

    Salam EPC/EPCI/Mining/O&G dsb, dsb.. :)
    INDONESIAN CORPS OF ENGINEER (ICE)

    parlente

    Maret 21, 2011 at 3:27 am

  362. kerja di KBR sbg piping designer. Gaji 14640K THP belum lembur. Kalo banyak lembur bisa dapet 20 an . Untuk yg senior designer dgn pengalaman 20 thn keatas gaji mereka disini 25000k – 27000k. Experienceku 15 thn. Saingan KBR hanya Worley…mudah2an bisa kesana.

    rayhan

    Maret 22, 2011 at 8:16 am

    • Pak Rahyan…Sorry agak “Out Of Topic” Saya Punya pengalaman 5 tahun di bidang telekomunikasi, 2,5 tahun sebagai Network Engineer dan 3 tahun debagai PMO (Project Management Officer), posisi saya sekarang adalah PMO, saya tertarik untuk moving ke EPC atau Operator Migas, karena menurut pandangan saya, perusahaan – perusahaan minyak lebih mempunyai jaminan masa depan CMIIW, apakah ada saran, melalui jalur mana saja saya bisa melamar ke perusahaan – perusahaan tersebut?apakah benar apabila ingin melamar ke oil company harus ada rekomendasi dari orang dalam??? Terima kasih banyak sebelumnya

      Nikodemus

      Maret 26, 2011 at 5:19 pm

      • Di KBR sendiri ada program ERP yaitu member get member. Jadi memang kalo mau masuk cepet harus ada orang dalam yg bekerja. Dulu sewaktu KBR baru pertama kali buka tahun 2004 saya juga pernah apply tp tidak ada jawaban. Barulah setelah thn 2007 ketika ada temen yg nawari langsung masuk. Saran saya jalinlah relasi yg luas dengan teman2 yg ada dan sedang bekerja di oil n gas. Kalau utk melamar langsung sepertinya susah (pendapat pribadi)

        rayhan

        Maret 29, 2011 at 5:01 am

      • Terima kasih banyak buat informasinya,make sense jg sih,soalnya kita kan gak mau “beli kucing dalam karung” toh?brarti agak susah juga yah,karena sebagian besar relasi saya adalah dari bidang telco..

        Nikodemus

        Maret 29, 2011 at 1:55 pm

    • salaryKBR Fresh graduate piping 2012 brp ya”?? soalnya ak liat banyak proyek.. kalo ada proyek ada ++ bonus ga om ?? makasih

      Arief

      Oktober 9, 2012 at 9:54 am

  363. pak rahyan kalau tes kesehatan KBR seribet tes kesehatan BUMN tidak? standart lolos tes kesehatannya bagaimana? apakah orang yang punya Hep-B kira” bisa lolos?? saya ada teman pintar tapi sayang dia terkena Hep-B(Tidak pernah kambuh, namun dalam darah terdapat virusnya). beberapa kali tes ksehatan BUMN dan SWasta gagal. Namun alhamdulillah sekarang sudah bekerja d Varia Usaha (lolos kesehatan setelah treatment)

    Amil

    Maret 26, 2011 at 5:21 am

    • untuk tes kesehatan sepertinya sama, tapi kalau hepatitis B kemungkinan disini bisa lolos. Soalnya aku pernah dengar dari usernya yg org amrik, selain penaykit AIDS dan GILA bisa masuk. semua tergantung nego ama user.

      rayhan

      Maret 29, 2011 at 4:55 am

  364. Hebat ya pada, gajinya dasyat2, jd ngiri and minder ne, tp omong2 bner atao BUALAN aja tu

    MaxiTrooy

    Maret 26, 2011 at 5:49 pm

    • bener mas, gaji di perminyakan dan turunannya memang menggiurkan, ini baru EPCI lho mas, belom kalo di companynya bisa 2-5 x lipat, itu baru lokalnya, expatnya bisa 160jt/bulan atau sekitar 2 M / tahun, kalo ga percaya silahkan kenalan sama orang perminyakan (sory bukan sombong, saya sendiri masih pengangguran yang pgn masuk dunia perminyakan)

      boqeer

      Maret 27, 2011 at 3:14 am

      • Ane sih tetap masygul aja, abis pernah nego ma Personalia salah satu pershaan migas Amrik yg ngantor di sktar Cilandak, Jaksel bt posisi Procurement Supervisor tetap aja mentok ga bsa lebih 10an/bln, walau akhrnya tetap Ane trma aja buat rubah CV ke jalur migas dr konstruksi umum.

        MaxiTrooy

        Maret 27, 2011 at 2:38 pm

  365. waduh bang maxi, kalo udah segitu sih disukurin banget, kalo emang mau lebih gede ya mungkin belom saatnya,kalo waktunya tiba, bisa aja lebih gede dari yang di obrolin disini, tetep optimis :D

    boqeer

    Maret 27, 2011 at 3:47 pm

    • ane sih masih sukur aja, diterima aja uda bagus, tapi menurut ane seharusnya forum ini bukan sebagai ajang pamer gaji apalagi kalo ternyata Bualan, tapi sebaiknya buat ajang pencerahan perihal kesempatan berkarir di bidang migas, berikut tantangan dan kiat2nya

      MaxiTrooy

      Maret 29, 2011 at 4:59 pm

      • ya wajar lah mas dikasi segitu kan sampeyan experience sblmnya juga di konstruksi bukan di og, posisi jg di procurement bukan mainstream engineer or designer..gak bualan kok,yg disebut di atas bener semua,besarnya gaji di epc tergantung experience,skill,demand dan supply orang..angka 10jt tu di epc masuk jangkauan engineer 3-5taun experience, atau 10-15taun designer..bahkan engineer baru 2,5taun bisa dapet 11jt ko,ini real..bukan pamer juga karena memang sesuai dengan topiknya “struktur gaji di epc”

        antisirik

        April 12, 2011 at 3:27 am

  366. bapak2 n ibu2 sekalian..
    mau tanya.
    kalo untuk posisi buyer d MEDCO qra2 berapa ya ratenya untuk experience 2-3th?

    lalu untuk posisi piping engineer d perusahaan oil n gas milik cina CNOOC dan Star Energy qra2 berapa jg ya?
    pengalaman jg 2-3th.
    buat pegangan kalo sewaktu2 daftar d sna.
    makasih.

    nocki

    April 5, 2011 at 6:48 am

  367. Mau tanya dong kepada rekan2, EPC seperti Rekadaya Elektrika dan Krakatau Engineering, termasuk bagus gak ya salary dan benefitnya utk exp 2-3thn??
    Seperti RE yg project nya mostly power plant dan KE mostly construction non-O&G, apakah pengalaman disana bisa menjual utk masuk ke O&G? Mksdnya walaupun keduanya core business nya sama2 sbg EPC tapi projects yg dihandlingnya bukan project O&G.

    farel

    April 6, 2011 at 6:36 am

    • kebetulan ada temen di RDE, rate nya agak di bawah epc epc yg disebutin di atas..core project agak beda juga cukup mempengaruhi,ada temen mau pindah dari onshore ke offshore aja udah susah setengah mati..tapi tidak menutup kemungkinan buat exceptional candidate…kalo pertanyaannya bisa menjual?jawabannya bisa saja,walaupun agak berat karena code yg digunakan berbeda

      antisirik

      April 12, 2011 at 3:35 am

  368. Dear rekan-rekan OnG
    Mohon infonya untuk standard salary di Tripatra dg exp. 2 tahun.

    Trims

    zee

    April 8, 2011 at 9:43 am

    • menurut penerawangan ane sih sekitar 5-7

      antisirik

      April 12, 2011 at 3:30 am

  369. Kalau mau yang besar salary di Premier Oil, tapi siap2 saja dikerjain sama HR…
    Pengalaman pribadi nih, saya sudah interview dengan OIM, sudah terima offer, sudah Medical check up..tinggal tunggu paper works, eh tiba2 di re-interview secara dadakan, terus dibilang posisi yang saya apply sudah di tiadakan…dan akhirnya setelah 4 bulan proses hasilnya tidak baik untuk saya,..

    lucu yah, untuk perusahaan sebesar itu, managementnya masih ngga bagus kalau menurut saya…
    Bikin sakit hati, buang2 waktu orang dan tenaga…
    Untung saya tegar, kalau misal terjadi pada orang yang sedang stress, bisa saja bunuh diri dipermainkan seperti itu…
    well itu share pengalaman saja, perusahaan besar belum tentu isinya orang2 yang capable or secara managment baik…seperti biasa..politics cederung mengalahkan qualitas…
    tapi dari segi offer…ok
    well mesti pinter2 pilih perusahaan..

    x

    April 8, 2011 at 10:03 am

    • udah pernah coba HR technip bos? …beuh…

      sai_baba

      Februari 18, 2012 at 4:03 pm

  370. jancok kabeh !!!!

    bogel

    April 11, 2011 at 7:56 am

    • wah ini ditujukan ke siapa nih??
      hehe…

      x

      April 11, 2011 at 8:20 am

      • stress kali tuh orang…

        rayhan

        April 12, 2011 at 3:42 am

  371. saya mahasisiwi s1 tekim sebuah ptn sedang mencari tempat untuk kp(kerja praktek).adapun jika bapak2 berkenan mohon infonya (dikirim ke email saya antz_girly@yahoo.com)jika ditempat dimana bapak bekerja ada lowongan untuk kp disana.

    terimakasih

    ana

    April 14, 2011 at 4:07 am

  372. Mas/mbak, saya mau nanya nih.
    saya kan diterima di tripatra sbg karyawan kontrak utk 1 thn. Seandainya nanti kontraknya gk lanjut, apakah dgn pengalaman 1 thn bs cari kerja di oil gas co. lainnya? Peluang bagi ex karyawan epc lokal yg baru berpengalaman 1 tahun gmn?
    oya, umur saya tahun depan dah lewat 27.
    tks atas jawabannya…

    Hanif

    April 17, 2011 at 11:23 pm

    • Mumpung sudah kecemplung di EPC, carilah ilmu sebanyak mungkin mas, jangan puas dengan modal setahun, kalaupun mungkin nanti sampeyan nggak diperpanjang bisa lompat ke EPC lainnya (kawan bilang IKPT lagi rame tuh.. “SSssstt…katanya rate gajinya lebih tinggi lho..”)
      Kalo modal (bargaining power) udah kuat baru sampeyan coba ke KPS, atau bisa sekalian nyoba naik onta di mid-east hehe…

      # ex-KBR ’09#

      Briptu Norman

      April 18, 2011 at 9:57 am

    • mas Hanif… berarti usia 27 masih bisa masuk EPC ya?? mohon pencerahannya dong… dari2 mastah2 semuanya jugaa…

      Gus

      November 19, 2012 at 11:08 am

  373. Dulu gw gawe di EPC dg nama PTG ( EPC mania pasti udah tau company ini hehe ) gaji awal 5jt ampe pas 3 tahunan jadi 8jt. Tp sekarang gw hijrah ke minning dapet 18jt. Kl orientasi salary ga perlu di oil and gas lah, msh banyak lahan yg lain. Senior banking aja bisa beli mobil ferari kyk MD :)

    Boy

    April 21, 2011 at 6:04 pm

    • ah, gw 5 taun di premier oil (contract) bisa nyerok 40jt biasa aja tuh

      sule-suleman

      Juli 27, 2011 at 5:46 am

  374. Bang nanya neh..
    Minggu depan saya mau ada interview test di Saipem neh utk posisi PDMS piping designer, kira2 utk experience >5th sbg PDMS piping designer tp bkn di perush Oil & Gas gimana kisaran gajinya disana?
    trus technical / interview testnya sprti apa..?

    Terima kasih atas pencerahannya

    agha

    April 21, 2011 at 10:35 pm

  375. Ada info mengenai status proyek RFCC milik Pertamina?

    kopral jono

    Mei 19, 2011 at 7:30 am

    • skrg gaji bidang oil gas di indonesia udah hampir sama dgn gaji di bidang2 lainnya..kenapa demikian ? karena semakin byk manusia yg pengen terjun ke dunia oil gas..jadinya krn SDM banyak tapi permintaan sedikit, sesuai dengan hukum ekonomi, jadinya harga SDM turun dah..hehehe…itu situasi faktual yg saya lihat..tapi utk bbrp perusahaan asing, hal ini tidak berlaku..semacam KBR atau WORLEY, mereka tetap bisa menggaji di atas rata2…..saran saya kalau sudah 4 tahun ke atas, bole coba di luar negeri…nyangkul di negeri org..skrg saya kerja sbg pipe stress engineer di salah satu perusahaan EPC di korea, utk ukuran gaji udah tembus US 3000..lumayan buat pengalaman walopun gaji ga gede2 amat…..(pengalaman saya cuma 5 tahun saja)

      pipestress

      Mei 24, 2011 at 1:13 am

  376. EPC HK gmana ya??

    irwan

    Mei 24, 2011 at 5:55 am

  377. FERROSTAAL INDONESIA, PT
    URGENTLY REQUIRED
    PT Ferrostaal Indonesia is operating successfully in the fields of Power Plant, Oil & Gas Industry, Petrochemicals,Oleochemicals and other selected industries. Since 1984 we have been at home in our custumer’s market in Indonesia. We offer Engineering services, Procurement, Operation & Maintenance as well as Construction activity. As a leading German Company with world-wide operation is looking for a highly qualified & motivated:
    1. Sales Manager for Oil & Gas Industry
    2. Civil & Structure Engineer

    Candidates shall have good and relevant experience.
    Please send your application in PDF format to idjobs@ferrostaal.com and state the job position as your email subject not later than June 30, 2011.

    ONLY SHORTLISTED candidates will be contacted.

    buat dulur” skalian, monggo di coba ya..
    good luck..

    FERROSTAAL

    Juni 1, 2011 at 7:51 am

  378. rekan-rekan, mohon infonya utk perusahaan indika energy. Tentang karir & kesejahteraannya apakah cukup terjamin? Saya bagian akunting. Trims

    alif

    Juni 22, 2011 at 10:00 am

    • Saya belum ada link ke sono…… Tapi yg harus betul2 diperhatikan adalah jangan terpengaruh dengan info gaji kalo belum fix. Dan biasanya cuman membuat kita tidak konsen. Hampir semua perusahaan di Indonesia gajinya hampir sama kok. Yakinlah pasti akan ada perhitungan tersendiri yang dikondisikan dengan biaya hidup di Indonesia. Aqu da 5 kali pindah perusahaan…..mining&factory. Gajinya beda2 tipis aja tuh. Aqu sekarang di perusahaan sole agen heavy equpiment yg terkemuka(enginering supervisor) Gaji saya 5 jta lbh+tunjangan+kendaraaan operasional. Rasanya da cukup deh, istri PNS gol 3A. Perbulan ya rata2 10 juta. Keluarga kecil&hidup sederhana & selalu dekat dengan Tuha. Itu da lebih dari cukup.

      Bram

      Juli 11, 2011 at 5:13 am

  379. untuk melamar sebagai seorang pipe stress analysis di EPC lokal/asing bagi fresh graduate persyaratan umumnya apa sih? dan nilai plus bagi seorang fresh graduate untuk posisi tersebut itu apa? mohon pencerahannya terima kasih..

    alfis

    Juli 16, 2011 at 5:17 pm

  380. wah saya baca blog ini mulai catatan tahun 2008 sampai sekarang,kebetulan saya kerja di mining company exp 4 taun posisi safety. salary di mining sy dapat 9 jt perbulan nett. dan sekarang sy tes dan smoga lulus di rekin. tapi setelah baca blog ini spertinya pendapatan oil & gas dan mining sama. 2 hari kemarin temen saya kasih tawaran normal 25 jt nett utk di area remote sbg hse ass.manager..kl direkin dapat ndak yah angka segitu utk safety engineer ?

    dphee

    Juli 18, 2011 at 4:59 am

    • walaaaahh… 25 juta di REKIND ???? miiiiiimpiiii kali yeeeeeeee…. kecuali kalo ente join di proyek
      JO REKIND – Anas Urbaningrum bisa dapet lah segitu bos…huuaaahahahahaaaaa…

      najrudien

      Agustus 3, 2011 at 3:55 am

  381. salam kenal, saya dari IT dan berencana untuk pindah ke bidang oil & gas. sekarang saya sedang training PDMS Fundamental dan akan berlanjut ke Administrator. Mohon pencerahannya tentang bidang PDMS pada perusahaan oil & gas berikut standart salary yg didapat.

    Trim’s

    arie

    Juli 21, 2011 at 8:16 am

  382. Ada yg punya info lowongan Telecom Engineer ga? :D

    Jefri

    Juli 24, 2011 at 12:46 pm

  383. Salam kenal buat semua, saya dapat offer dari pihak kedua untuk di tempatkan di salah satu perusahaan EPC di jakarta sebagai Store Assistant dengan pengalaman saya di bidang oil dan gas 6 th. rekan -rekan bisa tolong kasih info kalau untuk salary di posisi tsb berapa ya…:).

    Trim’s

    Abuix

    Agustus 25, 2011 at 4:56 am

  384. Ikut nimbrung dunk….

    Wah,saya bisa dapet pencerahan nih……ikut up date j deh…..coz masih belum punya experience

    si gendeng

    September 14, 2011 at 1:21 pm

  385. kirain gaji di OnG tinggi2, ternyata mirip2 juga`sama di EPCI shipyard….

    mubarok

    September 27, 2011 at 10:31 pm

  386. mau ikut nimbrung, klo boleh mohon infonya.

    Saya kerja di epc local, exp 4 tahun, dapat 12jt gross dan sudah permanent.
    baru saja lolos interview user di salah satu engineering consultant asing di jkt dan user sangat terkesan.
    saat ini tinggal nego salary, rencananya mau minta 18jt nett, apakah cukup sopan?

    poshboy

    September 30, 2011 at 8:18 am

  387. saya bekerja di EPC lokal dpt 8jt-an (net) perbulan. kmren saya baru interview di salah satu EPC asing untuk posisi piping engineer,expected salary 17jt. menurut saya rate segitu wajar untuk EPC asing. walaupun sebernya agak ragu juga, takut kalau minta ketinggian nanti direject :) mohon info nya ya…

    right

    Oktober 9, 2011 at 7:59 am

  388. Bulan mei yang lalu, saya dipanggil interview oleh connocophilip, setelah selesai di minta untuk menunggu selama 2 minggu untuk hasil interview tersebut. tetapi setelah 2 minggu lewat saya belum mendapatkan informasi mengenai hasil interview kemudian saya tanyakan langsung lewat telephone mengenai hasil interview kepada HRD dan informasinya data hasil interview masih dalam proses.
    dan sampai sekarang masih belum ada informasi yang jelas.
    apakah saya harus tanyakan kembali status hasil interview tersebut atau bagimana?
    apakah ada dari teman2 yang pernah mengalami hal yang sama dengan saya?

    thanks,

    papah_kany

    Oktober 12, 2011 at 5:51 am

  389. saya bekerja di bidang piping design, baru 6 bln bekerja..lulusan Teknik Arsitektur (D3)
    gaji 8 jt , sesuai gag ya..?

    Kaka' Syam

    Oktober 15, 2011 at 8:59 am

    • maksud lu 6 bulan kerja dpt 8 juta, berarti : 8juta/6 = 1,33juta per bulan..?

      sumpah banget boy parah itu mah, ude cabut aje lu

      muncung_sapi

      Desember 27, 2011 at 1:53 pm

  390. mas saya sangat tertarik dengan pdms,,tolong y saya minta software pdms
    email you_this88@hotmail.co.id
    makasih y sebelumnya smga ilmu yg anda transfer dapat menjadi berkah

    dimas aditya

    November 4, 2011 at 12:13 am

  391. Para senior sekalian, mau nanya donk, saya kebetulan baru lulus ni, background teknik sipil dan diterima di salah satu EPC lokal di Jakarta posisi cost control engineer.. menurut para senior skalian gimana ya prospek kedepannya ? dibandingkan dengan posisi civil engineer.. Kalo dari saya si emang minatnya lebih ke arah project management makanya saya apply posisi tersebut.. cuma pengen tau aja gt prospek kedepannya gimana dan dibandingin sama posisi civil engineer gimana. makasih ya sebelumnya.. =)

    engineer_fresh

    November 7, 2011 at 4:00 pm

  392. banyak banget nih komentarnya
    tetap semangat deh maju terus

    agung

    November 16, 2011 at 6:52 am

  393. Jadi pengen nimbrung juga… Saya alumni IKPT, resign kurang lebih 2.5 tahun yang lalu… kerja disana kurang lebih 6 tahun (dari mulai fresh graduate). Gaji terakhir sekitar 11 juta…
    Selama di perusahaan EPC banyak filosopi desain, instalasi dan pengetesan yang dipelajari. Ini yang saya jual pas saya melamar ke perusahaan yang baru…
    Sekarang kerja di salah satu perusahaan gas di Indonesia, kalau dirata-rata sebulan gajinya diatas 30 jeti-an (belum termasuk tambahan pas dinas yang suuuering buanget). Yang pasti Alhamdulillah buanget :)
    Yang beda sekarang, saya bisa pergi kerja jam 7 pagi dan pulang jam 4 sore tanpa macet, fasilitas alhamdulillah tercukupi semua (rumah-listrik-air gratis, kesehatan full ditanggung bahkan sampai pensiun, sekolah anak disubsidi, fasilitas olahraga gratis, dll).
    Tips dari saya, belajar yang banyak selama di EPC, jangan mengeluh kalau dikasih kerjaan (itu artinya kita dipercaya), bekerja lebih lama dari yang lain (tapi ingat kondisi badan juga). Nanti kalau ada kesempatan yang bagus langsung chauy….
    Just info, bentar lagi ada bukaan untuk Donggi Senoro LNG di Sulawesi, terus FSRU di Jakarta dan Jawa Tengah dan Sumatera Utara… siap-siap…

    Janz

    November 17, 2011 at 6:40 am

    • mau dong pak infonya, perusahaan gas mana nih bapak sekarang? saya udah bekerja epc lokal maupun asing dan di iol and gas company udah lebih dari 10 tahun, ada enggak lowongan buat procurement coordinator di perusahaan bapak sekarang? tolong infonya? Terima kasih sebelumnya.

      sumardi ngadiman

      November 25, 2011 at 7:03 am

    • apa kabar disana bro? masih rajin basket ngga?
      kebetulan kita lagi ngerjain K5 nih.. nanti kalo pas BTO boleh mampir ya..

      cahediyan

      Februari 22, 2012 at 4:25 am

  394. Ada info loker nga Juragan-juragan untuk Pdms piping and stress Analysiss, thanks before :-)

    Wibi

    November 20, 2011 at 3:58 pm

  395. mau tanya, sori agak melenceng,

    ada yg tau gak berapa gaji Pertamina Gas?

    gw karyawan JGC Indo,sudah 5 thn kerja disitu..

    buat yang kepengen masuk JGC Indo,
    menurut gw gaji yang ditwarkan sekarang cukup bagus, karena sistem contract..
    jadi kalo mau masuk JGC, cukup lah..

    hl itu berbeda dengan karyawan JGC yang sudah permanen. gw sudah di sini 5 tahun sejak Desember 2006, jadi sudah menjadi permanen.
    disini terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara karyawan lama (baca:permanen) dengan karyawan kontrak. gaji karyawan kontrak, walaupun dengan pengalaman yang sama, akan jauh lebih besar dibanding karyawan permanen.

    oleh karena itu, gw mau mencari peluang di EPC asing lainnya seperti Worley, KBR, Tehnip ato lainnya,.
    jika ada info lowongan, mau donk..

    jadi jika masuk ke JGC Indo saat ini, jangan ragu..

    thanks,

    F2

    November 23, 2011 at 3:58 am

    • wah saya tertarik sekali mendenger nya nih..

      kebetulan saya ada tawaran dari JGC Indonesiaa nih mas…pengalaman 5.5 tahun sbg pipe stress engineer..1 tahun belakangan saya sudah bekerja di luar negeri..

      yang mau saya tanyakan, berapa kira2 rate yang pantas utk saya minta ? saya rencana meminta 16 juta/bulan. itu adalah 1/2 gaji saya selama bekerja di luar negeri saat ini…Kira2 apa realistis saya meminta gaji segitu ?

      Thanks buat tanggapannya

      etus

      Desember 29, 2011 at 6:21 am

    • wah, kemarin ane dapet tawaran di JGC indo, tapi kok annual per tahunnya malah lebih rendah dari EPC BUMN tempat ane sekarang kerja. dan statusnya hanya kontrak, tanpa Bonus tahunan.

      Superboy

      Oktober 31, 2012 at 4:23 am

  396. Mas F2 boleh tau nga persyaratannya masuk JGC apa aja ?

    Gunawan

    Desember 1, 2011 at 11:57 am

  397. Maaf para senior OnG, saya mau tanya kalau prospek Lulusan Elektro arus lemah (Instrument & Control) bijimane ya?
    Baik di perusahaan EPC Contractor/Consultant/ OnG owner? trims

    TOMI SUHARTO

    Desember 13, 2011 at 3:39 pm

    • Itu jurusan yang prospektif mas

      lelaqi

      Desember 24, 2011 at 5:17 pm

  398. kalo mo cari software instrucalc yang gratis dimana yah? maklum masih mahasiswa.nuwun

    setyo wirawan

    Desember 24, 2011 at 5:37 pm

  399. Mas anjar, tau standar gaji untuk posisi IT Internal Audit/QA di AKR corporindo ga?
    thanks

    agus

    Desember 29, 2011 at 2:22 am

  400. pak cahyo saya mohon di kirimkan juga pdms dan panduannya, makasih firdaus

    firdaus

    Desember 30, 2011 at 10:46 pm

  401. pak cahyo saya mohon di kirimkan juga pdms dan panduannya, makasih firdaus
    firdaus_adhe@yahoo.com

    firdaus

    Desember 30, 2011 at 11:00 pm

  402. TERTARIK..mas bagi software dan panduan belajar PDMS nyaaaaa,,,,tolong kirim ke asri_parista@yahoo.co.uk ..

    Asri Fatima Kurnia

    Januari 10, 2012 at 9:52 am

  403. Terimakasih

    Asri Fatima Kurnia

    Januari 11, 2012 at 1:26 am

  404. saya sangat tertarik mempelajari software PDMS nya pak, apakh saya boleh memilikinya ?, jika boleh dan berkenan, ini email saya wizdaaries_1504@yahoo.co.id

    terima asih sebelumnya pak, n sukses selalu,

    dani

    Januari 11, 2012 at 7:19 am

  405. Gw bingung mau nulis gimana…
    Gw share info yg mungkin agak aneh
    Gw lama bekerja di EPC company tapi gak pernah bener bener melakukan design..paling2 cuma review dan komen hasil kerjaan vendor
    Kerjaan gw rangkap2 yaitu melakukan review design lalu melakukan evaluasi dan issue PO …. paket lengkap dech, tapi gaji cuma satu…apakah itu juga terjadi di tempat lain?
    Dalam perkembangan akhirnya ada yg nawarin utk kerja di perusahaan asing (jepang) dan bidangnya jauh berbeda yaitu proyek transmisi tegangan tinggi (dulu di OG dan Power plant—-pokoknya berbau bau gas). Gw juga gak melakukan review design tapi fokus di konstruksi…..eitt meski konstruksi tapi gw gak di lapangan ngawasi pekerjaan tapi dominan duduk di kantor. Dan itu udah berlangsung sejak 2008 sampai sekarang.
    itu cerita aktifitas, dan skrg gw share masalah gaji:
    1. Tahun pertama dapat 10jt
    2. Tahun kedua naik jadi 11jt
    3. Tahun ketiga tetap 11jt
    4. Tahun keempat tetap 11jt
    5. Tahun kelima (baru kontrak) berubah jadi 22jt
    Gw merasa senang tapi kurang nyaman karena hanya kontrak tahunan sehingga setiap akhir tahun selalu deg degan akan diperpanjang apa tidak, dan sampai sekarang baru ada 1 orang yg dijadikan permanen itupun kantornya di singapore. Info tambahan..kantor gw tempat bekera sampai saat ini gak punya perwakilan di Indonesia.

    Uneg-uneg: pengen pindah tapi susah banget nyari yg cocok, pernah mencoba di salah satu group-nya medco tapi gaji separonya yg gw terima sekarang..akhirnya gak dilanjut.
    Info tentang gw: s-1 t.mesin lulus 1996 …udah bongkotat

    fajar-m

    Januari 19, 2012 at 2:30 am

    • infonya bagus Pak,

      Gunawan

      Januari 19, 2012 at 1:06 pm

  406. worley lgi buka lwngn

    jun_bikers

    Januari 25, 2012 at 5:29 am

  407. bole minta tambahan infonya gak buat yang di worley/ceria worley itu. Trims

    TOMI SUHARTO

    Januari 26, 2012 at 3:30 pm

  408. Atau info loker instrument di perusahaan lain juga kalau berkenan bisa di share lewat email saya. hutomo_mandala_putro@yahoo.com
    Trims

    TOMI SUHARTO

    Januari 26, 2012 at 4:19 pm

  409. masih g lowker,dmn aj aq mw dech,,,aq s1 manajemen,bagus ny aq di perusahaan mana nech?mohon info ny,,,

    ciunk

    Februari 27, 2012 at 5:26 am

  410. Saya apply junior instrument engineer di JGC indonesia ga dipanggil2.. :(
    gimana tips2nya ya untuk fresh dlm o&g?
    info: lulusan s1 elektro arus lemah

    Trims

    pi2t

    Februari 28, 2012 at 1:32 pm

    • udah siap ikut nipong? hehehe.. siapin mental dan tenaga yang lebih yah.. bakal diperas sampe abis tuh.. secara gaji sih JGC termasuk “lumayan”, gw ngga bilang bagus yah.. :)
      sabar aja kalo emang jodoh…heheheh

      exJGC

      Maret 12, 2012 at 6:47 am

      • ngapain kesana bos? toh mereka juga ga bakalan bisa ikut proyek dalam negri.. ya kan? setau ane yang mereka kerjain kan proyek2 Jepun juga, ya karena mereka kategori PMA kan? mendingan gabung di EPC2 lokal lainnya deh, lebih variatif proyeknya, semacam REKIN, Tripatra, IKPT. Mereka ngerjain mulai Oil, Gas, sampe petrochemical.. Kalo udah dapet ilmu baru cabut ke pemilik kilang..

        Harreee gene masih diperbudak JEPUN?????wakakakakakakak…

        “cintailah ploduk ploduk dalam negli”

        medcoEP_Tomori

        Maret 12, 2012 at 6:56 am

      • Siap sedia jasmani & rohani… Makasiih mas exJGC. harus sabar yah heheee ^^.
        kalau ada info lowongan boleh share ke email saya: pinguin.khu@gmail.com.

        Tq

        pi2t

        Maret 20, 2012 at 2:27 pm

  411. bapak2 sekalian mau tanya neh…saya punya pengalaman 3tahun di bidang mechanical construction (rigging) mau ke pindah…bagus mana y ke ikpt atau rekind,,,mohon pencerahannya…

    diancok

    Maret 17, 2012 at 12:29 am

  412. Kami lembaga kursus proyek kontruksi, migas : Conztruct-Jakarta, menyediakan kursus : STAAD PRO, SAP 2000, MicroStation, ETABS, MSTOWER, SACS, CAESAR II, PDMS, TEKLA, 3D MAX, ARCHI CAD, Ms.Project, PRIMAVERA, dll. CP 0813 8222 7045

    conztruct

    Maret 19, 2012 at 12:32 pm

    • Ada alamat e-mail Pak ?

      GW

      Maret 20, 2012 at 3:15 am

  413. @ mas medcoEP_Tomori saya masih cinta produk2 dalam negeri… :D
    makasih pencerahannya

    pi2t

    Maret 20, 2012 at 2:30 pm

  414. Saya saat ini bekerja di salah satu perusahaan perakit dan perekayasa sistem meter yang telah terdaftar di DitMet.
    Mohon bantuan agan-agan karena saya tertarik untuk bekerja di perusahaan EPC.
    email : fierce.falcon@hotmail.com

    Fierce Falcon

    Maret 21, 2012 at 9:43 am

  415. ada info kursus advance untuk software PDMS , CAESAR , STADPRO , dll di Bandung ?
    kalo ada info tolong di bantu kirim email ke jack.jhon69@rocketmail.com
    hanya untuk sertifikasi aja gan saya biar lebih kuat juga tuh lumayan kan sertifikatnya :D

    thanks,

    Jakha

    Mei 23, 2012 at 9:12 am

  416. maaf mas saya seorang electrician uadah bekerja selama tiga tahun di rig baik di rig driling maupun di rig service klu ada impormasi yg membutuhkan eletric call saya mas ni no hp saya 081360221093

    hariyono

    Mei 24, 2012 at 6:27 am

  417. maaf just share pengalaman hari ini.

    beberapa hari saya mendapat telpon dan undangan dari amec berca u/ test GPP tgl 24/05/2012. yang saya heran saya dan beberapa peserta disuruh pulang dengan alasan tidak memenpuhi kriteria. padahal tgl 24 tsb saya ada acara ke jogja. dan salah 1 peserta yg disuruh pulang ada yg ijin bekerja. apa ini yang disebut profesional, terkesan mempermainkan orang

    Perusahaan besar seperti halliburton, standard chartered, p n g meberitahukan sebelumnya jika tidak memenuhi kriteria.

    mohon maaf, saya hanya memberi masukan agar perusahaan besar lain untuk tidak meniru seperti itu.

    trims,

    Wassalam

    pinguin

    Mei 24, 2012 at 7:16 am

  418. Maaf rekan2 mau tanya
    apakah ada yang punya pengalaman kerja di Suluh Ardhie Engineering (SAE)
    mohon informasinya

    si galau

    Juni 18, 2012 at 8:50 am

    • SAE itu yang dulunya Suar Alam Engineering bukan? kalo iya berarti yang isinya alumnus IKPT semua itu ya? denger2 mereka lagi join ngerjain RFCC (pertamina) di cilacap
      Kata temen2 kalo untuk kelas EPC gajinya lumayan disitu bos, tapi ya gitu, kalo orientasinya untuk jangka panjang mending dipikir lagi…

      bojez

      Agustus 2, 2012 at 5:02 am

  419. Tidak usah bingung2 sobat,masalah rejeki itu bener2 udah ada yg atur.mau 1 jt,10 jt,100 jt,uda ada bagiannya sdiri2…

    superman

    Juli 5, 2012 at 2:32 pm

    • tapi kalo kita pengen lebih baik enggak masalah khan…yang penting kita doa dan ikhtiyar

      hana suryana

      Oktober 27, 2012 at 1:57 am

  420. maaf temen2, mau nanya
    apakah ada yang punya pengalaman kerja di perusahaan aldaberta indonesia (AI)
    mohon informasinya,. baguskah prospeknya

    Adi

    Juli 11, 2012 at 3:00 pm

  421. GAk uzah Engineer bro…
    Di perusahaan tempat saya bekerja, SSB (Sanggar Sarana Baja) site Sangatta (Kalimantan Timur)
    gaji untuk HELPER (bukan Engineer lho, cuma HELPER) guedenya minta ampun,,,
    Bazic 1.428.000 , truz tunjangan medical dan keluarga 200.000
    Untuk 12 jam kerja, shift 6 – 1 (6 hari kerja , 1 hari off, alias libur hari Minggu aja), lemburan sekitar 220 jam, jadi uang Over Time (lembur) , sekitar 2.2 juta sebulan.
    Kemudian ditambah uang kehadiran 400.000 sebulan.
    Jadi total sekitar 4.200.000 sebulan, dikurangin pajak yah sekitar 4.000.000 lah take home pay…
    Tapi ini gaji buat Helper lho, yang non skill, yang pendidikannya mungkin cuma SMA aja.
    Tapi mirisnya, ada juga beberapa rekan Sarjana S1 , yang lebih milih jadi helper karena gajinya lebih gede daripada kalo kerja sesuai dengan profesi pendidikan S-1 Nya.
    Tapi 4.000.000 ini tidak selalu segini, terkadang bila kurang over tome, bisa turun sampai 3.600.000, …
    Tapi yang luar biasa, ada seorang rekan saya yang posisinya HelPer, karena banyak Over Time nya, dia menerima Gaji 5.600.000 dalam satu bulan… BUZEEEETTT….
    Para Sarjana bisa gigit jari kalau tahu gaji orang yang bermodalkan ijazah SMA , dua kali lebih besar dari mereka yang bermodalkan ijazah Sarjana…

    Hiro

    Juli 24, 2012 at 2:56 am

    • tau lah kerjaan helper tuh kaya gimana, ngebantu orang angkat-angkat, gerinda besi sana-sini, resiko kecelakaan sangat besar, kesehatan pun jadi jaminan, mending kalo gaji segitu tanpa OT.
      yang namanya OT kan ngorbanin waktu istirahat kita ama keluarga demi rupiah.
      kalo kita mau belajar, pasti cari cara lain untuk nambah skill or softskill.
      Lulusan SLTA aja kudu bisa mikir, ngapain sarjana s-1 ko cuma jadi helper.
      saya sekarang masih drafter (adeknya engineer) yg nyambi kuliah di jakarta biar jadi orang pinter (bukan jadi helper).
      walau belum 3 th jd CAD drafter tpi dah dpt penghasilan basic dah melebihi para helper yg OTnya 220 jam.
      Kalo saya OT sih bisa dp 10 jt an. cuman ketabrak ama kuliah aja jd jarang OT.
      drafter aja segitu, gimana para engineernya?
      Mending cari kerjaan yg aman buat diri kita, sperti para Engineer yang cuma modal otak mereka.
      Gaji besar bukan jaminan kalo keselamatan kita dipertaruhkan.

      sekedar sharing aja, banyak org belagu bru dpt gaji segitu n suka merendahkan org lain padahal kita udah tau kalo ”diatas langit masih ada langit”
      yg intinya jgn belagu
      sharing boleh sih biar tau dipasaran ratenya berapa, hehehe…
      jdi lebih semangat belajar nih…. denger cerita para engineer…

      tetep semangat buat para helper.
      hati-hati klo bekerja, jgn sampe accident yaaaaa…

      salam..

      Malindo

      Juli 25, 2012 at 1:16 pm

      • wah…mantap drafter gajinya biza nyampe 10ht (walo OT ngoz-ngoz_an),,, kerja di peruzahaan mana bro?
        saya paling banter 8 jt, itu juga udah dapat teguran karena OT 400 jam , minggu juga kebut teruz hahaha…

        Hiro

        Agustus 9, 2012 at 3:39 am

  422. ada yang tau standar gaji di PHE? Pertamina Hulu Energi WMO ataupun yang ONWJ
    Kalau freshgrad THP bisa dapat berapa?
    Terimakasih….

    cemplon

    Agustus 8, 2012 at 7:23 am

  423. Forum yang menarik nih.. Mo nanya nih..
    Adakah yang tau kira-kira berapa gaji fresh-er di McDermott ??
    Kemarin habis dapet tawaran ikatan dinas nih dari sana..
    Ane sih masih kuliah tingkat akhir di universitas tua di jogja..
    Really appreciate for your help, masters..

    El Fahri

    September 16, 2012 at 5:36 pm

    • Kalo mau tau, PM ke email sy aja. Kebetulan sy eks McDermott dengan program yg sama.
      Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

      pnopiansyah@gmail.com

      September 16, 2012 at 5:39 pm

  424. ane mau share aja gan gaji di perusahaan EPC “baru” BUMN WIKA, ane masuk sini lewat jalur MT selama 6 bulan, jabatan junior engineer,proyek ane di luar jawa tp penempatan di salah satu gedung di jakarta selatan yg disewa wika buat proyek ini,gaji MT perhari Rp 151.200,- , sebulan 22 hari kerja 3,35jt an, detasir proyek (tiap proyek beda,ada yg MT yg belum dapet) 700rb, lembur rata2 120jam per bulan(sabtu masuk ,minggu kadang masuk) satu jam dibayar Rp 19.000,- kira sebulan dapet 2,2jtan (MT WIKA lembur ga terbatas,temen ane ada lembur sampe 270jam) ,uang makan 900rb (makan siang+malam), uang pulsa 100rb, mess sama sarapan dapet. total ane nerima sebulan 7.2jt, . setelah diangkat gaji pokok 3.5jt, detasir proyek 2jt(tergantung jauh apa engga lokasi proyek), lembur maksimal 96 jam dapet 3,5jt, uang makan+ pulsa sama 1jt, total ane nerima 10 jt belum perjalanan dinas FAT, meeting luar kota yg sering, meeting 3 harian dapet 1,8jt. bonus2an tahunan yg gede, manager engineering (dibawah MP) ane 15 tahun di WIKA dapet 250jt dua kali dalem setahun punya mobil 3 (xtrail 2010,pajero 2009,freed 2009),harley 1 biji tanah dimana2

    no korupsi ya gan, klo yang korupsi ane tau sendiri ada salah satu manager proyek rumah 2000m2 di perumahan elit,udh punya alphard 2 biji, 1 serena, 1 land cruiser terbaru, CR-v terbaru, sama innova

    ane bersyukur masuk sini, salah ngitung ga ada yg marah, salah eksekusi ga ada yg saling menyalahkan malah dibuat pembelajaran. Disini engineer sebutannya “tentara bayaran”, kalian bisa ngerangkap disainer,drafter,konstruksi,qc,sampe ngurusin komrsial,berat emg tp ilmu dan penggunaan software yg didapet bisa menjual banget klo mau ngelamar di perusahaan swasta, soalnya skr wika proyeknya chevron,conoco philip,pertamina,antam,adaro,pln, nilai kontrak udh sampe triliunan

    yang dari sipil harus mikir dua kali masuk wika soalnya org sipil disini udh tingkat “dewa” klo ga pinter banget susah naik pangkat, yg dari elektrikal,instrumen,mechanical,piping cepet naik soalnya org2 dr jurusan itu masih sepi

    Ario Penagsang

    September 22, 2012 at 5:54 am

    • salam kenal dari DEN lt 8.

      Superboy

      Oktober 31, 2012 at 4:43 am

    • WIKA lagi buka lowker ga bro?

      wly

      Desember 27, 2012 at 4:45 am

  425. Mo tanya,
    Gw dpt offering disalah satu epc offshore itali idr 17.5 gross jakarta based dng pngalaman 6thn lebih,apakah ini sesuai std atau masih dbwh std,ekspektasi gw sh sharusny bs dpt minim net idr 20jt,stau gw epc offshore itu std lbih tinggi dr epc onshore,skr sh lg nego jg ma epc malay,ada yg tau dimalay bs dpt brapa

    preman tanah abang

    September 27, 2012 at 10:11 pm

    • betul bang, gw rasa utk engineer dg pengalaman segitu mustinya bs dapat 20 – 25jt (nett).. tp, ya tergantung nego & hasil interview jg sih… sejauh mana abang bs meyakinkan perushaan bahwa mereka membutuhkan atau sangat membutuhkan abang? kalau dari hasil interview mereka merasa bahwa kemampuan abang (maaf kata) standar2 aja, atau dibawah rata2, tentunya mereka akan memberikan penawaran yg rendah jg.

      ceritakuw

      April 12, 2013 at 1:17 pm

  426. KBR fresh graduate piping engineer brp ya bulanannya? ak dapat panggilan tes.. cuma masi ragu masalah salarynya..

    Arief

    Oktober 6, 2012 at 10:38 am

  427. sistem gaji n bonus EPC gmn ya? apa setiap ada proyek trus dapet bonus gitu ??

    Arief

    Oktober 16, 2012 at 7:34 am

  428. Buat Arso di Saipem,juga Misdi di KBR…ajak-ajak donk kerja di bidang oil gas,saya hana,pengen banting stir dari drafter struktur/arsitektur bangunan gedung ke oil gas.Terima kasih sebelumnya,bila ada lowongan di Saipem atau Kbr email ke hanasuryana81@gmail.com.

    hana suryana

    Oktober 27, 2012 at 1:51 am

  429. Saya mau tanya dalam kegalauan saya ini,
    Saya freshgraduate dari PTN di jatim. saya pengen tau tanggapan dari bapak2/ibu2 semua. Kebetulan saya sudah berada di tahap akhir tes rekruitmen untuk PT Alstom Power ESI dan juga masih menunggu panggilan dari KBR Engineering. Saat ini yang masih memberi kepastian adalah alstom, dan KBR belum memberikan pengumuman. Saya mau tanya, gimana menurut bapak2/ibu2 mengenai altom power, mulai dari benefit dan keunggulannya dibandingkan KBR baik secara gaji dan jenjang karir? selain itu apa kelebihan dan kekurangannya antara kedua perusahaan tersebut? Mohon pencerahannya

    Brotowali

    November 1, 2012 at 1:55 pm

    • wah.. saya juga masi menunggu kbr dari KBR indonesia.

      Arief

      November 13, 2012 at 1:10 pm

  430. Saya mau bertanya,

    Saya diterima di Technip sebagai MT (ini adalah batch pertama). Kontrak selama 3 tahun. Menurut aturannya, OJT 3 bulan dapet uang saku 3.5 juta/bulan. Bulan ke 4 dst dapat gaji 5.5 juta/bulan nett. Apakah jika gaji nett ini maksudnya sudah termasuk uang tunjangan, bonus dll? Jadi yg saya dapatkan tidak bisa lebih dari 5.5 juta/bulan? Mohon pencerahannya, saya FG. Baru akan mulai OJT bulan Januari 2013. Terima kasih.

    Dani

    November 14, 2012 at 8:09 pm

    • Mas Dani, kamu jadi ambil yang di Technip gak? kalo iya bisa kbari ndak?? aku januari juga ambil program yang sama dengan kamu.
      matur nuwun…

      Depe

      Desember 6, 2012 at 5:29 am

    • wah angkatan pertama technip ya.
      FRESH GRADUATE ENGINEER DEVELOPMENT PROGRAM
      bisa di liat di offering letter nya mas Dani,. biasanya ditulis juga tunjangan2annya mas.
      mungkin karena angkatan pertama jadi blum ada yang bisa kasi pencerahan :)

      Bagus

      Desember 6, 2012 at 5:53 am

      • setau gw gaji freshgraduate masing2 EPC itu mirip2 deh, kisaran 5-6jt (Net), di Rekind misalnya, fresh graduate bisa terima 6.5juta-an tanpa lembur (silahkan di-crosscheck bagi yg punya teman di Rekind). kalo masalah kontrak sih rata2 sama palingan 1 taun.

        tapi kalo kontrak sampe 3 taun dengan gaji 5.5jt dan itu juga harus OJT dulu 3 bulan dengan gaji 3.5jt?? hehe22 cupu banget, parah itu mah.. ketinggalan zaman bro. emangnya ada jaminan selama loe dikontrak 3 taun kenaikan gaji lo bakal bagus? harus hati2 nih, harus dibaca bener2 kontraknya..

        gw setuju sama papalupa yg komen di bawah, gaji EPC lokal sekarang lebih besar dari EPC2 asing..belum lagi bonusnya juga gede2. rata2 di EPC asing itu bonus cuma 1x gaji atau malahan ada yg gak dapet bonus sama sekali.

        makannya kerja buat bangsa sendiri, jangan mau terus2an jadi jongos bangsa asing apa lagi bersekongkol dengan asing buat meres bangsa sendiri. stupid.

        Harigini

        Februari 2, 2013 at 7:31 pm

  431. mo nanya nih buat sepuh2 forum ini yang sudah sarat pengalaman…
    saya basic dari IT sudah pengalaman 2 taun dan 1 taun trakhir skr sedang mencari rezeki di EPCI asing yang ada di batam…exp saya saat ini di completion database administrator..
    kebetulan ada 2 tawaran melalui agency untuk kontrak 2taun di BP dan ada tawaran di EPC lokal krn sdg butuh resource untuk project baru mereka…
    kalo tidak keberatan mungkin bisa bagi pengalaman gmn dg peluang lebih baek :
    1. ambil kontrak mengingat klien nya owner besar tentunya salary pasti lebih besar walaupun kepikiran saat kontrak abis kudu loncat lagi (bnr ato ga isu klo kontrak seringnya bakal berlanjut dikontrak2 lagi untuk project laen)
    2. yg EPC lokal sepertinya di hire employee permanent tapi pertimbangan pindah ke EPC lokal dari EPCI asing (tanpa bermaksud apapun hanya blm tau rate gaji EPC lokal dg exp 2taun brp)

    kira2 mgkn salary yg bisa di bargain kan brp ya?

    pekerja EPCI

    Desember 23, 2012 at 1:42 am

  432. banyak yang cerita kalo EPC lokal sekarang gajinya gede2 yah?? (terutama yang kontrak project)

    papalupa

    Februari 1, 2013 at 3:54 am

  433. Hai nama saya Gilang, maaf numpang nimbrung, saya sedang mencari kerja praktek di perusahaan migas terutama premier oil saya dari teknik lingkungan ITB
    Bisakah Anda membantu saya, lagi cari cp nya nih hehe
    Email saya di gilangrama.jr@gmail.com

    gilang

    Februari 23, 2013 at 5:25 am

  434. selamat malam
    mau tanya, saya dari jurusan teknik industri dari universitas negeri di yogyakarta yg kemungkinan lulus tahun ini.
    untuk EPC company kok rata2 jarang ya mencari dari jurusan TI? apa TI tidak cocok dgn EPC company? biasanya di bagian apa ya? trimakasih banyak ya
    salam kenal

    abi

    April 17, 2013 at 10:41 am

    • kalau TI masuknya IT departement, statusnya technical support karena IT memang bukan core bisnis dari EPC, jadi memang g terlalu banyak bukaan.

      THQ

      Juni 20, 2013 at 10:34 am

      • Maaf Om THQ, IT yang dimaksud apa Information Technology? Saya rasa kalau basisnya TI (yang dimaksud disini Teknik Industri) bisa masuk ke core bisnis EPC, bisa join ke Procurement Division/Purchasing mungkin sebagai Buyer. CMIIW

        alamanda

        Agustus 15, 2013 at 6:35 am

  435. selamat siang

    kalo diliat dari post post sebelumnya kebanyakan ngebahas gaji engineer EPC

    disinggung juga dong gaji non engineer kaya di bidang HR , Finance atau IT nya di bidang EPC

    prawira

    April 30, 2013 at 3:15 am

  436. Heheee saya mau nambahin info gaji EPC buat FG di Tripatra Jogja based (buka cabang baru di sini…)
    Sebelum offering, saya udah browsing katanya FG Tripatra sekitar 4,2 sampai 5… Ternyata yg di Jogja enggak sampe segitu… Jauh di bawahnya… :( Tp krn saya bener2 FG dan blm ada pengalaman apapun ttg EPC, jd saya terima aja… Mau liat progress ke depannya gimana dan tujuannya memang mau mencari ilmu yg banyak dulu… ^^

    iyz

    Juni 5, 2013 at 11:18 am

    • Setau gw memang sekarang beberapa perusahaan EPC berencana buka cabang di luar Jakarta terutama di kota2 yang biaya hidupnya lebih murah ketimbang Jakarta tapi punya source manpower jebolan dari universitas2 ternama (misal Jogja-UGM, Semarang-UNDIP, dsb). Alasan utama mereka ya jelas “Menekan Cost” hehe22, karena biasanya kan fresh grad di luar jakarta itu “lebih nerimo” gak neko2, tapi tetap punya kemampuan bekerja dan bersaing yang bagus juga.

      Menurut gw gak masalah gaji fresh grad di Jogja lebih rendah dibanding fresh grad di Jakarta, kan emang biaya hidup di Jogja ‘lebih murah’ dan lagipula hidup di Jogja lebih nyaman ketimbang di Jakarta. Setau gw gaji fresh grad di Jakarta kisaran 5-6juta per bulan, beti2 gitu deh antar EPC company. Jadi kalo teman2 fresh grad di luar jakarta (misal Jogja) digaji 4-4.5jt per bulan menurut gw masih Ok, tapi kalo cuma dikasi 2-3jt per bulan wah itu namanya Pelecehan! :D

      Gw setuju sama pendapat iyz untuk cari pengalaman dulu, tapi ada baiknya juga kita tau di harga berapa kita pantas dibayar/kita seharusnya dibayar. ya mudah2an pengalaman mas/mbak iyz skrg bisa dijadikan tolak ukur kalo nanti sudah punya pengalaman dan ilmu yg banyak, harus lebih mantab tuh nego gajinya :)

      Yang penting teman2 fresh graduate di luar Jakarta pantau terus info dan pergerakan rate gaji di Jakarta, diskusi atau tanya jawab sama teman2 EPC di Jakarta, jadi beda gajinya gak jomplang banget dan harga pasaran engineer EPC gak rusak. Menurut gw wajar gaji EPC diatas rata2 gaji pekerjaan lain karena kita hidup based on project, kalo gada project ya gak makan.

      haregene

      Agustus 16, 2013 at 10:15 am

  437. Gunanusa hse engineer thp 14,9 offshore allowance 45usd perday jatuhnya perbulan 27 juta bersih…suh..sih.. skr epc jangan dianggap remeh kecuali kl emang kualifikasi kita untuk kerjaan lokalan doang. Ambil exper7ence bagus dulu baru ngomong gaji, engineer tapi diskusi orang asing cuma melongo mau gaji gede, mana ada

    noel

    Juli 7, 2013 at 3:06 pm

    • untuk program MT di gunanusa gajinya berapa y gan? kontrak ny selama 1 tahun kan?

      Zaki

      Agustus 10, 2013 at 11:24 pm

  438. Mau banget pak untuk software PDMS. Pingin belajar soal PDMS. Kirim ke email saya Pak.
    al_harj@yahoo.com

    Pingin Pindah

    Agustus 29, 2013 at 1:32 pm

  439. temen2 saya mau tanya…saya dapet offering di technip untuk Piping designer 12jt/bln nett belum OT apakah itu sudah sesuai standar? atau mungkin dibawah pasaran? o iya exp saya 4th as designer dahn 2 th sebagai PDMS/PDS Operator

    ren

    September 3, 2013 at 1:59 am

  440. Mas-mas yang sudah berpengalaman semua, saya mau nanya. Bisakah fresh graduate (perguruan tinggi negeri) dengan IPK 2,8 melamar dan bekerja di perusahaan EPC seperti McDermott, Saipem, atau Technip? Kira-kira diterima nggak dari segi IPK?

    Ryo

    Oktober 21, 2013 at 9:41 am

  441. Dear,

    We support engineering training especially in SmartPlant Software. Get the newest version of Virtual SmartPlant Software in our training.

    Check it out our new web.

    Thank you.


    Regards,

    Oil & Gas – Xplorer

    Build your Skills Here..!
    http://www.oilgas-xplorer.com

    Oil Gas Xplorer

    November 25, 2013 at 8:13 am

  442. gaji di peerusahaan oil n gas memang paling tinggi dan no 2 untuk mining. ternyata banyak dari usaha yg memang rawan penyelewengan, SKK Migas, Pertambangan dan Energi. Dan menjadikan orang2 yg bekerja di sana mendapat profit fall juga. Makanya pekerja di sektor ini agak menyombongkan diri dan tidak membumi. Lupa pada hakekat yg terbaik untuk masyarakat, yg ada kepentingan pribadi2

    dian wahyu

    November 26, 2013 at 6:20 am

  443. selamat malam
    mas, saya boleh minta tolong dikirimkan juga software PDMS dan panduannya ke azkanadhira@yahoo.co.uk? kebetulan saya baru diterima sebagai systems engineer di salah satu epc lokal.
    terus kalau boleh tanya prospek systems engineer ke depannya seperti apa ya? nuhun :)

    azka

    Desember 6, 2013 at 3:14 pm

  444. Punten Pak, numpang sharing, Untuk tempat kursus Offshore Process,Structure,Pipeline,Piping (SP3D / PDS / PDMS)&Instrument-Electrical Silakan visit : http://www.oilgascourse.com

    Design Course-nya harganya terjangkau. :D

    oilgascourse

    Februari 19, 2014 at 5:47 am

  445. pak saya bekerja sbg os di pertamina pelumas kurang lbh hampir 8th posisi saya sbg adm teknik dan skill saya ttg SAP dan administrasi tender lelang di suatu proyek.apakah saya bila melamar di perusahaan oil & gas bisa diterima dengan kemampuan saya.dan berapa gaji yg pantas saya terima sesuai dengan skill & pengalaman saya.mohon di balas ke email saya di solo)mei@yahoo.com.

    mei

    Maret 13, 2014 at 3:33 am

  446. Denger2 salah satu EPC lokal yang sebagian sahamnya dibeli jepun banyak yang mau kabur engineernya yaa…. apply yuk… pasti banyak bangku kosong…

    enjinirlompat

    Maret 25, 2014 at 7:59 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 475 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: