Anjar Priandoyo

Obat flu paling mujarab

with 140 comments

Sudah dua hari ini saya tergeletak dirumah, sakit flu tepatnya. Hari Senin kemarin, kondisi tubuh saya sudah tidak enak, beberapa kali bersin dikantor membuat saya harus meminum Panadol, sekedar menghilangkan nyeri dan demam. Merasa kondisi makin tidak enak saya putuskan minum Decolgen, dan mengambil izin sakit di kantor.

Selang dua hari dengan obat warung, ternyata flu juga tidak kunjung sembuh. Flu kali ini memang menyiksa, walau tidak separah sebelumnya, mengingat saya sudah tanggap dengan izin sakit dan segera beristirahat. Tapi, karena desakan Dinda untuk berobat akhirnya saya putuskan untuk berobat pada dokter.

Saya kemudian berobat disalah satu RS bertaraf internasional disekitar rumah, bukan karena apa-apa, tapi karena medical insurance dari kantor memang diterima ditempat ini. Dokter yang saya temui sangat ramah, beliau menjelaskan apa itu penyakit flu, bagaimana mendeteksi flu karena infeksi atau radang, hingga apa saja obat yang diberikan.

Menurut sang dokter, flu saya tergolong ringan, dan karena tidak ada lendir/dahak berwarna hijau, maka penyebab flu saya bukan karena infeksi virus -sehingga tidak perlu antibiotik, tapi kemungkinan penyebab flu saya adalah calon radang. Tidak lupa sang dokter menjelaskan pentingnya beristirahat saat terkena flu.

Mendapatkan perlakuan sang dokter yang ramah, keyakinan akan mutu RS yang katanya internasional, saya tidak ambil pusing dan segera mengambil obat flu di tempat pengambilan obat. Berikut struk ‘biaya’ obat yang saya terima.
Aldisa SR (Flu): Rp 37.812,-
Rhinathiol (Batuk): Rp 38.152,-
Starcef : Rp 190.762,-
Total: 266.726,- (belum termasuk biaya dokter)

Seketika itu saya terkejut, Starcef ini obat apa ya? semula saya pikir Starcef adalah sejenis vitamin, karena memang sang dokter tidak menjelaskan apa definisi Starcef itu. Ketika saya tanyakan kepada petugas dipengambilan obat, ternyata Starcef adalah obat antibiotik. Dan seketika itulah saya merasa ada sesuatu yang tidak beres. Kenapa sang dokter tidak menjelaskan apa itu Starcef? dan kenapa harga Starcef sangat mahal. Tapi, karena siang itu badan sudah letih saya tidak ambil pusing.

Belakangan setelah mendingan, saya menghubungi si mbak -dokter keluarga saya- perihal Starcef ini.
“Dokter yang di RS dulu ya? ga kira-kira masak flu dikasih Starcef!”
Kira-kira begitu tanggapan si Mbak.

Satu lagi ironi, seputar pelayanan kesehatan di sekitar kita. Dibaliknya ada mata rantai yang panjang dari industri farmasi, jasa rumah sakit, dokter, hingga industri asuransi yang rumit. Dilematis, disatu sisi, pelayanan kesehatan seperti ini ditanggung oleh perusahaan, dan buat mental karyawan seperti saya ini fasilitas. Disisi lain, ada banyak orang yang membutuhkan jasa pelayanan kesehatan, bukan obat flu ‘mubazir’ seharga 260 ribu diatas. Ironis, padahal obat flu seharusnya hanya istirahat.

Apa yang harus saya lakukan?

About these ads

Written by priandoyo

Agustus 10, 2007 at 2:43 am

Ditulis dalam Life

140 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. walah2, ribetna, biasana sih klo flu aku minum es sepuansa biar bablas sekalian

    Adi Nugroho

    Agustus 10, 2007 at 3:03 am

    • kirain ada obat flu yang alami,sy lg flu nih.ada yang tau g ya obat tradisionalnya?

      dewi

      Mei 26, 2009 at 8:53 am

    • dasar orang gendheng, edannnnnnnnn

      sueb

      Desember 2, 2009 at 8:57 am

      • Piye tokh?
        Ya pasti mahal, lha wong sampeyan pake asuransi medical yg rujukan nya ke RS International, kalo mau sembuh dengan murah (tapi antri, tapi gerah, tapi bau, tapi lamaaa) ya ke puskesmas aja la… gak usah bingung apalagi kompalin…
        Gitu aja koq Repot mas…. mas… Bingung ma ni manusia yg satu ini???!!!

        “Aldisa SR (Flu): Rp 37.812,- >> Emang bagus
        Rhinathiol (Batuk): Rp 38.152,->> Emang tepat
        Starcef : Rp 190.762,- >> Paling tepat
        Total: 266.726″ >> Sudah sewajarnya

        Emang harga yg sepantasnya, sesuai dgn kualitas obatnya.

        begonya_priandoyo

        Maret 24, 2013 at 8:45 pm

    • Piye tokh?
      Ya pasti mahal, lha wong sampeyan pake asuransi medical yg rujukan nya ke RS International, kalo mau sembuh dengan murah (tapi antri, tapi gerah, tapi bau, tapi lamaaa) ya ke puskesmas aja la… gak usah bingung apalagi kompalin…
      Gitu aja koq Repot mas…. mas… Bingung ma ni manusia yg satu ini???!!!

      “Aldisa SR (Flu): Rp 37.812,- >> Emang bagus
      Rhinathiol (Batuk): Rp 38.152,->> Emang tepat
      Starcef : Rp 190.762,- >> Paling tepat
      Total: 266.726″ >> Sudah sewajarnya

      Emang harga yg sepantasnya, sesuai dgn kualitas obatnya.

      begonya_priandoyo

      Maret 24, 2013 at 8:46 pm

  2. Kerjasama dokter dan penyedia obat2an? Itu mah lagu lama :D

    Amir Karimuddin

    Agustus 10, 2007 at 3:10 am

  3. qeqeqe …Mas Anjar jg lg banyak pikiran kaliiiiii… jadi aga lama smbuhnya…

    Ato mungkin perlu coba solusi2 tradisional kyk refleksi ato reiki?
    …ato kerokan?

    Olie

    Agustus 10, 2007 at 3:41 am

  4. Sepakat.. mendingan solusi tradisional.. lagian AFAIK flu itu obatnya istirahat mas.. obat cuma bisa ngurangin gejalanya.. saya sih.. lebih seneng es-te-em-je daripada obat antibiotik mahal-mahal.

    http://manismadu.blogspot.com/2006/07/pilek-hidung-meler.html

    haikal

    Agustus 10, 2007 at 4:32 am

  5. wah.. wah.. wah.. kena dikerjain deh mas Anjar sama dokter bertaraf internasional hehehehe…

    Mas dunia medis kita memang rada ga normal, suka bermain mata dengan pbf (pedagang besar farmasi). Kalo dokternya ga punya nurani, itu pasien dicekokin obat2 mahal titipan med rep nya. kayak infus aja, yang merek sanbe, harganya bisa 3-4 kali yang merk biasa (otsuka misalnya) eh, tapi banyak rs yang pake merk sanbe, padahal pasiennya orang yang kurang berada.

    Kalo saya flu minumnya sih telfast od, karena saya alergen. per butirnya 6000, minumnya cuman sekali sehari. Kalo pagi meler minum itu langsung sembuh 2-3 jam kemudian.

    w-tech

    Agustus 10, 2007 at 5:21 am

    • obat untuk flu alergi itu bisa di dpt di mana ya???apa harus dg resep dokter?aku jg alergi makanya sering bgt terserang flu

      ipeh

      Agustus 31, 2009 at 4:51 am

  6. rasanya akan panjang banget kalo diceritakan tentang ketidakberdayaan pasien didepan dokter :-D Alhamdulillah saya sudah menemukan tempat berobat yang dokternya gak main kasih obat, terutama buat periksa kandungan istri

    andrias ekoyuono

    Agustus 10, 2007 at 6:18 am

  7. btw, template kok balik ke yang lama njar ?

    andrias ekoyuono

    Agustus 10, 2007 at 6:19 am

  8. Repot banget flu aja ke RS Internasional Bintaro mas
    Gunakan sarana kesehatan masyarakat mas Puskesmas aja
    hehehe :)

    daus

    Agustus 10, 2007 at 6:43 am

  9. hehe katanya orang pinter minum tolak angin :D cobain mas..enak manis :)

    lei

    Agustus 10, 2007 at 6:48 am

    • anjar khan gak pinter ,..sok pinter iya ,…………

      yudi

      Mei 20, 2009 at 5:45 am

  10. yang penting sembuh dulu aja mas. :D masalah lain dipikir lagi kalo udah sembuh.

    -IT-

    irvan132

    Agustus 10, 2007 at 6:56 am

  11. kayaknya di puskesmas musti mbayar sendiri deh, meski murah, tetep kluar duit, kalo di RSIB kan meski mahal, ga ikut mbayar, sayang2 juga kalo asuransi dari kantor yang udah jadi hak kita ga dipergunakan, padahal tiap bulannya gaji udah dipotong terus buat mbayar asuransi ini ;)

    nungqee24

    Agustus 10, 2007 at 7:06 am

  12. Pasti itu dokter udah dideketin Salesnya SANBE…Baca deh ulasan SWA mengenai SANBE, disitu bisa kita liat bagaimana parahnya “kongkalikong” antara dokter dengan med-rep nya….

    Krn rata2 dokter sekarang ditarget oleh perusahaan obat, apabila bisa menjual sampai jumlah tertentu, maka dokter tersebut akan mendapat reward berupa mobil, jalan-jalan ke luar negeri dll.

    Mengenai tulisan Mr. w-tech bahwa rumah sakit2 memakai infus SANBE itu dikarenakan pemerintah, depkes, BPOM semuanya sudah didekati oleh oknum SANBE dengan cara-cara yang kotor…semua bisa dibaca di SWA Edisi : Gerilya ala SANBE…

    Bagaimana obat bisa murah kl bisnis obat-obatan dikuasai oleh MAFIA ?

    Asep Berlian

    Agustus 10, 2007 at 7:59 am

  13. Mas Anjar..klo sy baca di Medicastore..Starcef itu u org2 yg terkena penyakit radang, termasuk bronkitis, dsb (Coba liat indikasinya di bawah). Di ceritanya masa Anjar dijelaskan, klo menurut dokternya mas Anjar, mas Anjar ada indikasi terkena radang. Well..mgkn itu kali ye..yg nyebapin tuh dokter ngasih mas Anjar starcef.

    STARCEF
    GENERIK
    Sefiksim.
    INDIKASI
    Infeksi saluran kemih, otitis media (radang rongga gendang telinga), faringitis (radang tekak), tonsilitis (radang tonsil/amandel), bronkhitis akut & kronis, pneumonia.
    KONTRA INDIKASI
    Riwayat syok yang disebabkan oleh Sefiksim.
    PERHATIAN
    Pasien yang alergi terhadap Penisilin, gangguan fungsi ginjal serius, hamil, menyusui, bayi berusia kurang dari 6 bulan.
    EFEK SAMPING
    Hipersensitifitas, gangguan saluran pencernaan, gejala-gejala syok, kerusakan ginjal, granulositopenia atau eosinofilia, gangguan pernafasan, stomatitis (radang rongga mulut), kandidiasis, kekurangan Vitamin K.

    istri_wife

    Agustus 10, 2007 at 8:09 am

  14. pantesan lama gak keliatan… :-)

    nailah zhufairah

    Agustus 10, 2007 at 8:17 am

  15. Semoga lekas sembuh anjar!

    Emang obat mahal harganya kalo untuk orang nggak mampu kalo nggak salah bisa nunjukkan kartu miskin pas berobat. Cuma nggak tahu ada beda apa nggak pelayanannya dengan tanpa kartu miskin.

    bigbass82

    Agustus 10, 2007 at 9:36 am

  16. Mas Anjar, sepanjang kita kenal, kayaknya sering jatuh sakit yah? Kalau bisa (jangan bosen ndengerinnya yah): olah raga teratur. Setengah jam saja asal intensif dengan frekuensi 2 – 3 kali seminggu cukup kok. Plus sarapan pagi yang cukup dan banyak minum air putih dijamin jarang kena flu deh. Dulu saya juga sering flu, tapi setelah rutin olah raga paling banter masuk angin, obatnya cuma minum teh panas, makan yang banyak dan istirahat sudah cukup deh pulih. Thx

    andri PH

    Agustus 10, 2007 at 12:09 pm

  17. Hmm, saya termasuk orang yang sangat jarang sakit.
    Tahun kemarin cuma 1 hari saja sakit dan izin dari kantor.
    Waktu kuliah dan sekolah juga gitu.
    Di rumah cuma sedia 3 macam obat Paramex, Neozep sama Adem Sari.
    Yah, klo sakit yaa sekadar muter2 disana itu obatnya. Flu, biasanya klo satu kantor sudah kena, saya orang terakhir.
    Tidur juga minim, paling lama cuma 6 jam, lebih sering 4 dan 5 jam.
    Ga pake suplemen apa-apa.

    Tapi beberapa bulan terakhir ini saya jadi kecanduan minum Teh Hijau Dingin,
    lumayan juga. Tidur bisa lebih pules (ga tahu hubungannya apa)

    Fadli

    Agustus 10, 2007 at 3:07 pm

  18. kalo saya pinter, mas. soale cuma minum tolak angin, tidur seharian. besoknya udah mendingan, kekekekekekeke

    Shelling Ford

    Agustus 10, 2007 at 4:20 pm

  19. Sudah pernah baca ini: http://nofieiman.com/2007/05/matinya-profesi-dokter/ ?
    Kalau saya, no comment saja. :)

    Nofie Iman

    Agustus 10, 2007 at 5:36 pm

  20. min kali min hasilnya plus
    Flu ditambah minum es hasilnya sembuh
    InsyaAllah

    sagung

    Agustus 10, 2007 at 8:21 pm

    • klo ga tambah sekarat….

      ophi

      Mei 28, 2012 at 6:26 am

  21. Intinya, sesuaikan sakit (penyakit) dengan tempat dimana kita berobat. Walaupun medical insurance dari kantor meng-cover kita di RS2 ternama sekalipun, kalau penyakitnya cukup ringan mungkin cukup ke dokter umum di kompleks (kalau kantor gw sih tiap bulan dapet outpatient allowance, jd kalau kita bisa memanfaatkan allowance ini seminimal mungkin ya kita untung karena masih ada tambahan yang cukup lumayan terhadap gaji, kalau alhamdulillah kita sehat ya outpatient allowance masuk kantong kita sepenuhnya) atau sekedar berkonsultasi lewat telpon dengan saudara/kerabat yang kebetulan dokter. Gitu dehh…

    panjul

    Agustus 10, 2007 at 11:19 pm

  22. Jaman dulu dokter berhati besar dengan tas kecil, sekarang dokter berhati kecil dengan tas besar yang siap merampok picis demi picis uang pasien…

    Pengalaman terakhir saat Alm. Ayah sakit membuat saya jadi mungkin anti ama yang namanya dokter, saya benci banget dengan yang namanya dokter (gak semua dokter sih) cman kebanyakan ya begitu…

    Dulu orang susah masih punya harapan tuk menjadi dokter, tapi sekarang harapan itu tinggal legenda jaman dahulu, sekarang tuk jadi dokter butuh biaya besar, bahkan yang bego sekalipun bisa jadi dokter yang penting punya biaya tuk kuliah… makanya mungkin yang dipikiran dokter sekarang adalah gmana ngembaliin biaya yang udah dia keluarkan hehehe

    BTW asli saya gak percaya lagi ama yang namanya dokter, tetep cek obat2an yang diberikan dokter, kan ada buku obat yang bisa dibeli bebas di Gramedia…

    BTW pengen cari dokter seperti yang pernah saya tonton di film, yang maen kalo gak salah Robby William atau Robbin William (saya lupa), yang lucu itu yang pernah maen film Nano2 n maen film Jumanji. Kalo ada dokter kayak gitu benar2 rahmat kali ya :)

    rizko

    Agustus 11, 2007 at 12:22 am

    • iya, dokter2 jaman sekarang ini memang sudah tergerus hati nuraninya. mereka hanya memeikirkan materi saja, mana itu yang namanya sumpah kedokteran yang katanya harus lebih mementingkan nyawa pasien rasanya sumpah itu hanya ditaruh di bak sampah saja dan hanya diucapkan sebatas untuk syarat kelulusan. ironis dehhhhhhhh ngeliat kelakuan dokter jaman sekarang

      kuon

      April 16, 2012 at 6:36 am

  23. Biasalah mas anjar.
    Emang dokter2 kyk gitu.
    Karena tau klo kita kesehatan kita ditanggung penuh oleh perusahaan (gratis), mereka langsung ngasih resep yang berharga mahal.

    Senasib dunk, mas.

    DoDit

    Agustus 11, 2007 at 2:54 am

  24. semoga cepat sembuh mas :)

    kongkalikong? Benar, rantainya ruwet tuh.
    Mari bersama-sama mengungkap “permainan kotor” tersebut.
    Merdeka !!! *semangat* :)

    cakmoki

    Agustus 11, 2007 at 5:46 am

  25. Obat flu yang mujarab:
    Makan kenyang, minum teh hangat tawar, minum vitamin c dosis tinggi, tidur seharian. Pokoke Bed Rest. dijamin sembuh.

    mbelgedez

    Agustus 11, 2007 at 6:30 am

  26. @mbelgedez

    wah mas, ati2 ma vit c dosis tinggi, ntar lambung ga kuat nahan efeknya malah nti jadi komplikasi tingkat tinggi. hehe… klo yang lain sepakat. Makan kenyang, minum teh anget, tidur seharian.. soalnya sudah berpuluh2 tahun menderita flu, mulai dari flu dingin, flu debu ma flu kecapekan (eh.. emang ada jenis2 flu kaya gitu ya ? :D .. aka. alergi )

    @anjar
    yang penting kan sekarang kan Ganbatte lagi kan mas!!

    Agustian

    Agustus 11, 2007 at 10:26 am

  27. satu lagi informasi buat yang sakit Flu
    ===> makan SABU-SABU yang banyak

    (* Sayur dan Buah )

    aisalwa

    Agustus 12, 2007 at 3:17 am

  28. Ya ampun Mas cuman flu aja mpe habis 200an ribu Capee dee…
    Bener juga, yang dapet fasilitas kayak menghambur2kan duit
    ckckck
    Orang miskin susahnya setengah mati mau berobat ndak punya duit Kasian banget.

    Obat flu benernya cuman makan banyak trus istirahat seharian, kalo demam pake selimut aja mpe keluar keringat ntar dah enteng lagi :D
    Dilematis sih, gak berobat wong ada fasilitas perusahaan. Kalo berobat koq kejadian kayak ceritamu Mas, pihak RS n dokter malah menyalahgunakan. Mentang2 tau kalo ditanggung perusahaan n perusahaannya bonafid n makmur trus obat mahal2 dikasiin. Hmmm
    Moral dan mental dokter sekarang yach…
    Palagi untuk masuk dokter sekarang makin mahal ajah ckckck
    Tapi kalo dokter gak berbuat gituan mungkin balik modalnya lama kali yach
    Kayak polisi aja..

    Ampuun dech…

    riyantoro

    Agustus 12, 2007 at 10:36 am

  29. Mas Anjar, coba vaksin flu aja, terbukti ampuh buat saya. Saya biasanya gebres-gebres minimal sekali dalam sebulan sebelum mengenal vaksin flu. Tapi setelah divaksin, imunitas saya meningkat pesat. Hampir tidak pernah flu mulai awal vaksinisasi (sekitar februari 2007). Kebetulan perusahaan saya memfasilitasi vaksin flu ini alias gratis. Untuk harga pasarannya kurang tahu, kalo berdasar info kapan lalu di detik.com, biayanya sekitar 100-200 ribu per orang dengan jangka waktu efektif vaksin sekitar 1 tahun. Biasanya waktu terbaik vaksin dilakukan sebelum masa pancaroba, kalo di jakarta biasanya di”pas”in sebelum masa banjir tahunan melanda jakarta.
    Oya mas, salam kenal sebelumnya ^_^

    Cak Kentir

    Agustus 13, 2007 at 11:12 am

  30. cak kentir: vaxigrip tuh ya? kok nggak populer n susah nyarinya di tempatku. Apa takut obat flu di pasaran gak laku yah.. weks..

    “Jakarta – Anda yang sering terserang batuk pilek mungkin risih jika harus sering minum obat. Lebih suka minum jeruk nipis campur kecap, batuk pilek pun hilang.” (detikcom)

    Wong Ndeso

    Agustus 16, 2007 at 9:41 pm

  31. [...] pas nebus obat mahal banget, pakai antibiotika golongan sefalosporin generasi ketiga, padahal hanya flu … (yang ini termasuk gak ? ) … wow [...]

  32. [...] banyak rekan yang mengambil cuti. Sementara ah, tenggorokan gatal dan kepala terasa pusing -agenda sakit flu dua bulanan ini mungkin kembali menyerang lagi. [...]

  33. kalu pusing biasa aku minum panadol, tapi kalu lagi di tegal aku bingung soale ditegal g ada panadol, ceritanya dulu ada ada orang pusing n mau beli obat pusing di warung
    pembeli : “mumet nemen kie ana obat mumet bli?”
    penjual : ” oo.. ana mas panadol”
    pembeli “: pan tuku..oo panaa…dol”, trus orang tu g jadi beli
    itulah makanya ditegal g ada obat pusing merk panadol soale g laku he..

    arieariesta

    Desember 6, 2007 at 9:40 am

  34. hallo Bang,… bukankah anda sudah mencoba istirahat tapi flunya tidak kunjung sembuh juga.

    Menurut saya, masing-masing dokter mempunyai pertimbangan masing-masing saat memberikan obat pasiennya seperti diagnosa yang dokter lakukan di saat pasien diperiksa.

    Pendapat dokter lain tentang pemilihan obat dapat dipertimbangkan apabila si dokter lain tersebut memeriksa anda di saat yang sama, bukan di saat pasien sudah sembuh dari sakitnya.

    Jadi menurut pendapat saya, praduga itu boleh saja, namun rasa syukur tetap tidak boleh dilupakan. karena betapapun mahal obat yang anda beli, saat ini anda dapat merasakan sehat kembali dan dapat berkumpul dengan orang-orang yang anda kasihi.

    Putu Kornia

    Maret 1, 2008 at 11:20 am

  35. Lam kenal mas Anjar,… ^_^

    Wah, dah setengah taun lebih nih baru komennya,….. tp gpp lah, dasarnya mau komen, komen ajah,…. ^_^

    Kalau masalah dokter, aku no komen lah, biar itu jadi urusan dia sm Tuhan aja,… Mau ada kongkalikong or ga, yg namanya bangkai pasti kecium juga.

    Nah, kebetulan pas banget nih aku juga lagi flu (duh bedanya setengah taun lebih,… ^_^),….

    Barusan, aku coba search di google: “obat flu -burung” (tanpa tanda kutip), ketemu satu situs yang bagus untuk mengobati flu cara amannya:

    http://mediasehat.com/artikel.php?kl=1&no=95

    http://www.indomedia.com/intisari/2001/Apr/obatbatuk.htm

    Umumnya, memang yang menyembuhkan flu adalah:
    - Makan Sayuran dan Buah-buahan segar berwarna
    - Banyak berolahraga & Istirahat yang cukup
    - Banyak Minum Air Putih
    - Di suntik vaksin

    Kalau ketiga poin diatasnya sudah dilakukan, yang terakhir enggak juga gpp.

    Lalu untuk menu tradisionalnya, daripada minum obat yg mahal-mahal, lebih baik coba:
    - sayur pare : nafsu makan & penyegar badan
    - daun pepaya : pembunuh kuman & pengurang nyeri
    - sayur bayam : penyegar badan
    - jus belimbing : penurun panas / cincau

    Hehehe,….. menu besok kayanya rame nih aku,… ^_^
    Semoga bisa berguna buat semua orang yang baca komennya (kalo ada yg baca),…. ^_^

    Thx.

    hendra.uzia

    Juni 4, 2008 at 5:29 pm

  36. Mas kalo obat flu yg manjur diarea pekanbaru tuch apa ya? Kalo di solo cm dikerokin sembuh, tp kalo dipekanbaru gak musid kerokan?

    Mustofa

    Agustus 24, 2008 at 4:13 am

  37. HEBAT UY C MAS FLU PAKE KE RS GEDE saya punya obat MUJARAB BGT mas..
    1. ambil air mentah/ mateng
    2. tengadah kepala keatas
    3. masukin air itu ke hidung tunggu sampe otak mas kerasa terangsang (kyk minum sprite gto..)
    4. silahkan tunggu hasilnya (pasti tambah sakit)

    5. he..he..he..he..he.. KIDDDIN MAN..

    iris angels

    November 11, 2008 at 3:19 pm

  38. Sefiksim itu generiknya Starcef, sama seperti istri saya ketika asma diberikan CEFSPAN. Generik sefiksim ini memang anti biotika. dan harganya luarrr biasa….

    lamno

    Desember 15, 2008 at 2:58 am

  39. MAS,mending tu duit buat beli sate aja trus bawa bo2k dijamin sampeyan bakal sehat lagi,ilang tu yg namanya flu udah keluarga ikut makan lagi…..hehhehe

    ok,s

    Desember 19, 2008 at 8:45 am

  40. minum intunal, cpt sembuh tuh tp kayaknya gara2 1 tablet yg dosisnya terlalu tinggi 500 mg. biasanya kan 250 mg.
    Obat ini memang cpt sembuh kl diminum tp hati2 utk org yg sensitif jantungan krn bahaya banget. temanku langsung dag dig dug.

    O&G Freelance

    Desember 19, 2008 at 10:47 am

    • aku lg flu nih, ada ga ya obat tradisionalnya?
      salam

      dewi

      Mei 26, 2009 at 8:45 am

  41. banyak fikiran kali kak…
    jadi lama sembuhnya..
    hi hi

    ahmadroda

    Januari 1, 2009 at 6:27 am

  42. askm…wah ya nich lagi buka blog mengenai flu paz baca artikel ini.kebetulan
    flu kadang sangat menganggu

    mocy

    Januari 2, 2009 at 3:44 am

  43. beeh parah ., mending beli jeruk yg byk truz di juz! ndiri
    ma istrhat + air putih., ga nyampe 100.000 tuh

    ch_asfia

    Januari 9, 2009 at 3:03 pm

  44. aku jg lg flu saat nulis ini, sehari ini ngarasa ‘Cumpleng’, sehari ini aku udah minum: antangin, you C1000, teh hangat bergelas-gelas, kopi panas, mie ayam panas pedas, makan sudah 4 kali mpe kenyang, terakhir saat nulis minum pocari satu botol..
    tapi yang aku rasakan sat ini, belum ada tanda2 sembuh…
    wis piye meneh ki ye???

    akhmad

    Januari 31, 2009 at 10:51 am

  45. flu mah gampang bro,u tinggal banyak-banyakin makan buah rambutan,salak.kalau tak bisa sembuh-sembuh, cara yang paling mutakhir untuk membasmi flu adalah
    1.Buatlah Tempat pribadi bagi virus
    Mungkin virusnya iri ma kamu punya rumah yang bagus
    2. Beri Fasilitas Multimedia untuk virus, virus da kerjaan baru .
    3.Adakan lah Konferensi bersama virus, sehingga dia nggak menyerang kamu

    Bustanul Taufiq

    Februari 13, 2009 at 8:23 am

  46. dijaimn nggak akan berhasil

    nggggggaaak aku bercanda mannnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Bustanul Taufiq

    Februari 13, 2009 at 8:24 am

  47. Penghasilan Dokter :
    1. Dari Rumah sakit
    2. dari Pasien
    3. dari farmasi ( yg produksi obat, makanya dokter harus jual obat dari farmasi yg kasih bonus ‘gedhe’)
    4. dari apotek tempat pengambilan obat

    saya pikir hal diatas menjelaskan, kenapa anda di kasih antibiotik tersebut.

    ciayo…

    jati

    Maret 5, 2009 at 5:12 am

  48. wah menurut saya semuanya cukup doa ajah om….

    plus pasang anti virus ajah ya om

    yolanda

    Maret 12, 2009 at 8:56 am

  49. Mas Anjar aja yang baru sakit Flu udah dikasih obat macem macem yang kegunaannya gak jelas, apalagi saudara saudara kita yang sakitnya lebih parah, mungkin mereka cuma dijadiin kelinci percobaan & diperas duitnya untuk beli obat.semoga aja para pelaku medis di Indo bisa lebih bermoral

    Baron

    April 20, 2009 at 2:50 am

  50. Tidak semua dokter suka “menjebak” pasien dengan obat mahal, ada juga yg jujur dan berdedikasi, sayangnya cuma dikit. Yg banyak adalah dokter yg melanggar sumpah, malpraktek tapi bisa ngasih alasan macam-macam. Mungkin ini saking sulitnya nyari duit di Indonesia. Dan satu lagi, dokter lulusan AS dan Eropa (WNI) kok tidak bisa praktek di negri sendiri? Padahal kan lebih pintar ketimbang lulusan dalam negri.

    Vera

    Mei 4, 2009 at 3:45 am

  51. wah skr q jg lg flu n BT hbs jd mlz ngapa2in, makacih y bwt srn2na tdna q mo ke poliklinik bwt priksa tp skr gk jd q mi cb obat tradisional ja biar aman he2……..
    bwt tmn2 yg lg flu semangat y?N cpt sembuh.

    maria

    Mei 20, 2009 at 4:56 am

    • salam kenal aja dr aku.

      Adam

      Juni 19, 2009 at 9:00 am

  52. Barusan saya diresepkan Starcef, harganya khusus untuk starcef 294.000, berhubung sy kerja di farmasi saya tahu sedkiti2 soal obat inii, trs saya minta sm apotekernya ganti Cefixime generik aja, dan ternyata harganya murah, cuman 44.000, bayangin sm Starcef nya dexa medica yg 294.000. Ini br dexa lho, kl obat sejenis yg punya PMA (farmasi asing) bisa lbh mahal lg.

    amsi

    Juni 15, 2009 at 2:49 am

  53. kalo aku pilih yang tradisional aja mas dijamin cespleng. pleng.
    cukup 3cm jahe ditambah satu sendok teh merica bubuk, satu sendok teh gula pasir. kasih air panas 200 cc . minum hangat2

    rhenia

    Juni 30, 2009 at 6:47 am

    • kekekeke itu mah bandrek ya mbak???

      duku

      Oktober 27, 2009 at 8:40 am

  54. Pake asuransi kan? sudah bukan rahasia lagi mas

    Rodez

    Juli 24, 2009 at 2:17 am

  55. wah…wah…kena dch dkrjain dokter brtaraf intrasionl….ha..ha…ha…

    PAULYNA

    Agustus 1, 2009 at 5:53 am

  56. emang ada yg lebih bgus dr HIT???

    akay

    Agustus 6, 2009 at 1:29 pm

  57. mahal

    akay

    Agustus 6, 2009 at 1:29 pm

  58. NICH BARU MO DICOBA TIPSX, DOAIN Y BIAR CEPAT SEMBUH….

    IVUNK

    Agustus 11, 2009 at 8:41 am

  59. mungkin harus dicoba paratusin obat flu yang lumayan. Harganya juga murah

    dana Situmpul

    September 28, 2009 at 2:51 pm

  60. Klo dari pengalaman saya setiap berobat, saya hanya minta resep dari dokter saja lalu beli obatnya di luar. Setelah saya cek, pasti deh lebih mahal di apotek rekomendasi dokter daripada diluar.

    Mau tau, buktikan sendiri… saya jamin lebih murah diluar.

    zaitpermana

    Oktober 19, 2009 at 6:21 am

  61. mas anjar ikut berkeluh..
    saya kemarin sore baru saja ke dokter, dengan keluhan flu dan batuk(disertai seseg sesudah batuk)oia, saya g punya riwayat asma lho..
    diberi resep comtusi 100 ml;starcef 10 biji; bi dokter & administrasi rs : total 325.000,-

    kok posisi saya seperti dilemahkan ya, hanya sakit begitu harus bayar super duper mahal..
    yang “sakit” itu penyakit saya atau dokternya ya?

    yuliana

    Oktober 27, 2009 at 2:01 am

  62. Hem, ni Q juga lg Flu neh…minta sarannya obat yang bener2 alami donx… susah banget klo flu…
    Makacih

    Mey

    November 22, 2009 at 6:47 am

  63. hem, q juga lagi flu, minta tolong obat yang paling alami donx..

    Mey

    November 22, 2009 at 6:48 am

  64. pdhl obat flu yg paling mujarab adl istirahat yg cukup dan makan teratur + sering minum ari putih hangat….
    q jg srg bgt flu. bolak-balik ke dokter, dan spt biasa kata pak dokter “istirahat yg ckup, mkn teratur, perbanyak air putih hangat” paling2 obat+dokter ga lebih 50 rb hehehhe..murah meriah

    piet

    November 25, 2009 at 3:18 am

  65. orang semarang numpang komentar mas,
    barusan saya kena flu, agak berat sih…
    bersin gak berhenti, meler, kepala pusing berat.
    ke klinik kantor minta antihistamin dan multivitamin: dapat “demacolin” dan vit c 500mg: hasilnya 15 menit setelah minum antihistamin meler brenti, langsung batuk gak brenti… mantap ya….(hehehe…)
    akhirnya antihistamin saya hentikan (cb kenali kekuatan tubuh sendiri) vitamin saya paksakan minum 2 kali + cuti kerja untuk tidur. besoknya ke dokter dapat fluimucil. saya beli tapi hanya minum satu kali aja: hasil sama dengan obat dari klinik kantor.
    selanjutnya hanya minum multivit surbex-t, saya nekat 2 kali sehari + tidur sehari…(total cuti 2 hari) besoknya langsung bisa tugas lagi….
    yah…. sembuh itu tidak berasal dari dokter dan obat mahal, sembuh itu pemberian Tuhan yang harus dijaga ucapan syukur dan jaga hidup (makan cukup gizi dan istirahat cukup)…. mantep toh…

    el-rapha

    Februari 5, 2010 at 4:37 pm

  66. Saat nulis koment ini kebetulan aku lg flu berat,…emg bagi saya flu itu penyakit yg menjengkelkan,krn alhamdulilah aku ngg prnh ngalami penyakit yg laen,bawaanya emosi mulu jd kasihan yg di rmh

    Tommy

    Maret 6, 2010 at 1:30 am

  67. YANG MWU NGASIH CARA NGOBATIN FLU SENT ME A MESSAGE AT 081916322430

    SHOLEHUDIN

    Maret 7, 2010 at 3:09 am

  68. plu adalah pirus yg menyebalkan……?????

    dedi

    Maret 17, 2010 at 1:14 am

  69. Nais inpoh gan.. Mayan bwat ane yg lg flu.. Ehehe.. :D

    halim inside

    April 2, 2010 at 2:11 am

  70. klo kita lgi flu itu di karenakan daya tahan tubuh kita lgi menurun jadi untk mengabatinya / menyembuhkanya kita harus berusaha untk menaikkan daya tahan tubuh kita yg turun tdi, nah bagaimana caranya untk menaikkan daya tabuh,atau menyembuhkan penyakit yg satu ini ikuti trik brikut ini:
    1. cari tempat yg sunyi lalu duduk bersila.
    2. pejamkan mata lalu pusatkan pikiran ke satu titik
    dan berdoa memohon pada sang pencipta minta
    kesembuhan.sambil tarik nafas pelan2 dari hidung
    lalu simpan nafas kurang lebih 1 menit lalu buang
    nafas dari mulut secara pelan2 ulangi trik
    tersebut sampai berulang2.
    3. perbanyak minum air putih.
    4. istirahat yg cukup sambil ber istiqfar.

    insyaalloh waktu bangun tidur kepala kita terasa agak ringan karna lendir di hidung udh berkurang.

    NB. dalam melaksanakan semua itu kita harus yakin dan
    percaya bahwa sakit itu adalah cobaan dari alloh
    jadi untk minta kesembuhan kita jga meminta sama
    sang pencipta yaitu ALLOH.

    mario black jack

    April 6, 2010 at 12:59 pm

  71. klo kita lgi flu itu di karenakan daya tahan tubuh kita lgi menurun jadi untk mengobatinya / menyembuhkanya kita harus berusaha untk menaikkan daya tahan tubuh kita yg turun tdi, nah bagaimana caranya untk menaikkan daya tabuh,atau menyembuhkan penyakit yg satu ini ikuti trik brikut ini:
    1. cari tempat yg sunyi lalu duduk bersila.
    2. pejamkan mata lalu pusatkan pikiran ke satu titik
    dan berdoa memohon pada sang pencipta minta
    kesembuhan.sambil tarik nafas pelan2 dari hidung
    lalu simpan nafas kurang lebih 1 menit lalu buang
    nafas dari mulut secara pelan2 ulangi trik
    tersebut sampai berulang2.
    3. perbanyak minum air putih.
    4. istirahat yg cukup sambil ber istiqfar.

    insyaalloh waktu bangun tidur kepala kita terasa agak ringan karna lendir di hidung udh berkurang.

    NB. dalam melaksanakan semua itu kita harus yakin dan
    percaya bahwa sakit itu adalah cobaan dari alloh
    jadi untk minta kesembuhan kita jga meminta sama
    sang pencipta yaitu ALLOH.

    Selamat mencoba….!

    mario black jack

    April 6, 2010 at 1:07 pm

  72. Salahnya sendiri berobat ke RS bertarif internasional, berobat saja ke puskesmas pembantu paling bayarnya cuma 2.000,-, gak pakai ongkos parkir. Kalau cuma flu, dijamin sembuh. Antibiotik untuk infeksi sekunder akibat bakteri, jenisnya macem2 harganyapun macem2. Karena anda berobat di RS bertaraf internasional dan dibiayai perusahaan ya… antibiotiknya juga bertarif internasional. Gak usah nggerundel. Besuk kalau ingin berobat murah ya ke Puskesmas, kalau pakai ASKESKIN malah gratiis tis tis.

    arumar

    Juli 15, 2010 at 1:01 am

  73. eh bro…..mau tau obat flu PALING MUJARAB??????
    sangat mudah,,, anda hanya minum aer panas, pokoknya yang hangat sebanyaknya, terus banyak gerak,jangan biarkan badan kita menjadi loyo,,karna dari situ awal kita akan diserang berbagai penyakit…
    aku juga sering kena flu..tapi ga lebih dari satu hari.
    selamt mencoba,,,pasti sangat membantu,,GBU

    assbert amin

    Agustus 29, 2010 at 1:07 pm

  74. Flu….
    ini penyakit emang datang g di undang-undang…sebenare ini penyakit disebabkan oleh virus yang notabene kalo penyakit yang disebabkan oleh virus itu ga ada obatnya kecuali diri kita sendiri yang memeranginya dengan cara menaikkan kemampuan antibodi,,kalo istilah mudahnya sih menaikkan daya tahan tubuh.
    Untuk yang belum terserang flu bisa mengkonsumsi vitamin c mending yang alami aja kayak makan buah-buahan yang ada rasa asamnya seperti mangga muda,jeruk, tomat, nanas, cabe merah yang uda dibikin sambal pedas juga merupakan makanan yang memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi.
    Nah untuk yang sudah terserang Flu..mending makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi, jagung dll tapi ya jngan nasi aja..ntar malah aneh. pada rinsipnya tubuh kita memerlukan bahan bakar untuk mereproduksi antibodi, nah dari karbohidrat itulah sumber bahan bakar paling potensial.hindari minum es..cukup air putih hangat aja yang agak banyak trus istirahat yang cukup n tenangin pikiran biar relak.jangan lupa berdoa, karena kekuatan batin juga penting
    moga bermanfaat.

    esant

    September 2, 2010 at 8:32 am

  75. sekedar sharing,

    ANTIBIOTIK ITU UNTUK MELAWAN BAKTERI (sementara FLU DISEBABKAN OLEH VIRUS) jadi sama sekali tak ada hubungannya sakit flu kok dikasih antiobiotik;
    untuk melawan virus kita perlu antibodi, dan cuma bisa didapatkan jika tubuh kita cukup istirahat dan mendapat pasokan gizi & vitamin

    selain itu jika sering mengkonsumsi antibiotik, lama-kelamaan tubuh kita jadi imun/kebal, akibatnya dosis yang diminum pun makin lama harus makin tinggi

    alhamdulillah info ini saya dapatkan dari dua orang teman saya yg kebetulan berprofesi dokter; atau tepatnya dokter idealis (dlm artian mereka tidak mau disuap oleh para med-rep dan resikonya dimusuhi oleh banyak rekan seprofesi yang sudah terbuai bujuk rayu perusahaan farmasi)

    mobius

    September 2, 2010 at 4:15 pm

  76. YANG JELAS…!!! FLU/INFLUENZA MEMANG TIDAK SEHARUSNYA DI OBATI DENGAN OBAT2 BAIK ITU OBAT YANG ADA DI PASARAN, RUMAH SAKIT, DUKUN ATAU SEBAGAINYA….

    INFLUENZA ADALAH VIRUS TIDAH BERBAHAYA SELAMA KITA MENGISTIRAHATKAN BADAN KITA PLUS MINUSNYA 1-3 HARI.

    MENGKONSUMSI OBAT-OBATAN HANYA AKAN MENAMBAH PARAH KESEHATAN, KARENA SISTEM IMUN BADAN SEMAKIN LEMAH AKIBAT DARI TURUT CAMPURNYA OBAT-OBAT FLU TADI YANG JUGA MENAMBAH MASALAH BAGI ANTIBODI YANG KITA MILIKI.

    JUST SHARE:
    “JAUHI OBAT-OBATAN, BIASAKAN HIDUP SEHAT/ADIL (DLM HAL INI ADIL BAGI BADAN KITA. CUKUPLAH MANDI 2X SEHARI DAN MEMBASUH TANGAN, KAKI, DAN KEPALA DAN WAJAH 5X SEHARI”
    “SAY NO TO OBAT-OBAT GAK JELAS”

    :)

    xarka

    Oktober 8, 2010 at 11:35 am

  77. sakit flu memang hanya sakit sepele,,tappiii.. kalo tidak diobati bakal 1 bulan’an gak saembuh”…nah cara mengobatinya cukup mudah owk…
    loe saran saya:
    1.minum es kopi satu gelas penuh..dan minum sekali gus sebelum bobok…
    insyaALLAH bisa sembuh…
    SELAMAT MENCOBA…..

    eca

    Oktober 14, 2010 at 6:51 am

  78. masuk fakultas kedokteran di universitas negri itu minimal 200 juta rupiah,… masa kalo udah jadi dokter ngasih obat murah.

    zul malan

    Oktober 23, 2010 at 12:11 am

  79. Kebetulan Q jg saat ini lg flu,minta saran’y donk,,,coz Q lg menyusui and obt flu bwt ibu menyusui itu apa??q jg sebenr’y agak anti k dokter,kl g prah2 amat mending cari obt tradional….

    rima

    November 11, 2010 at 3:43 am

  80. untuk semuanya Q tunggu’ya saran’y,,,,

    rima

    November 11, 2010 at 3:46 am

  81. cukup lari pagi.. InsyaAlloh :D

    azuy

    November 14, 2010 at 2:49 am

  82. Flu kadang kadang datang se cara tiba tiba kalau obat tradisioal yang paling mujarat adalah air putih hangat se banyak banyak nya di minum pada saat mau tidur insya Allah saembuh selamat mencoba

    uddin

    November 22, 2010 at 2:24 pm

  83. Ikut prihatin deh…
    Sayang farmasis di apotek ga berani anjurkan pengobatan yang cocok, malah ngikut maunya dokter.
    Saya seorang farmasis malah takut/ga’ suka minum obat.
    Buat mba2 dan mas2 yg terkena flu, pengalaman saya biasanya cuma banyak minum (air hangat) biar demam panas atau radang jadi berkurang, tingkatkan asupan gizi trus istirahat. Paling cocok makan sop kaldu sapi deh… Dijamin besoknya dah mendingan.

    Monita

    Desember 11, 2010 at 3:43 pm

  84. Kalo flu mesti pusing kan.Coba dipijit pijit daerah kepala leher dan pundak.Kayak creambath rambut di salon.Kepala rasanya jadi enteng,habis itu minum jahe.Coba dehhh…

    Galuh

    Januari 6, 2011 at 2:27 am

  85. pagi mas, salam kenal for all by firoh

    firoh

    Februari 7, 2011 at 4:48 am

  86. Iya, kalau kena flu paling menderita, sakit kepala trus badan panas dingin tak karuan, ujung2nya dikasih bonus batuk lagi. Sungguh menyengsarakan. Awalnya saya kena demam badan pada dingin tak karuan, setelah itu flu dan batuk datang deh. Langsung saya minum Dumin pereda demam dan esoknya tidak demam lagi, tapi flu disertai batuk berdahak. Saya beli lagi Actived hijau flu dan batuk berdahak. Setelah minum 2-3 hari, tdk menunjukkan tanda2 kebaikan. Hal ini mungkin disebabkan juga karena saya banyak pikiran mengenai masalah pekerjaan. Karena tidak berdaya, saya tidur2an terus di kamar dan di ruang keluarga. Tapi pinggang saya malah tambah sakit. Istri saranin terus-menerus untuk pergi ke dokter, tapi saya menolak. Esoknya pagi bangun, batuk terus – menerus sampai dada terasa sakit. Akhirnya saya memutuskan ke dokter lah. Biaya dokter langganan saya ini tidak tanggung2, minimal 200rb, itu sebabnya saya menolak untuk ke dokter. Alhasil saya diberi obat antibiotik, pilek dan batuk. Namun obatnya semua tsb dikemas ulang sehingga tidak ada tulisannya obat apa itu. Cuman ditulis tangan ini obat pilek, batuk dan antibiotik. Lihai juga dokter ini, karena takut saya gak datang lagi padanya kalau saya sudah tahu obatnya. Terakhir saya minta disuntik dan total biaya berobat saya 220rb. Saya pikir ini gaji sebulan PRT kebanyakan di rumah. Usai pulang ke rumah istirahat dan tidur 4 jam sudah agak mendingan. Tapi hidung masih mampet. Ini saya tulis ketika baru bangun dan sudah capek nonton TV, jadi yah sekedar berbagi saja. Oh iya, tadi saya waktu bangun minum jus marquisa asli, katanya sih vit C nya tinggi. Mudah2an membantu saya agar cepat sembuh.

    Robert

    Februari 16, 2011 at 1:35 pm

  87. Flu enggak usah ke dokter istirahat , banyak makan yang mengadung Vit C mudah2 an cepat pulih

    tonny

    Februari 22, 2011 at 9:14 am

  88. sy sdg flu brat di posko KKN… Mna d sni gda dokter lg.
    Sy cba mnum amoxilin aj. Obt yg udh sy sediakan sblm KKN.
    Maw obt tradisional ? Hufh,,, payah gda d sni

    wulan

    Februari 24, 2011 at 3:03 am

  89. kasihan yang keuangannya pas-pasan kayak saya kalo obat flu saja sampe segitu mahal harganya. Kayaknya solusi dari yang comment lumayan bagus, kebetulan saya lagi flu nih plus batuk.

    anshar

    Maret 4, 2011 at 6:19 am

  90. biarin za fLu..ntar kan sembuh sndiri……

    ekol

    Maret 10, 2011 at 6:30 pm

  91. adda obt flu eanx mujarab gx ??????

    ngilerr trus nih ingus

    lulu

    Maret 11, 2011 at 5:31 am

  92. Silakan kunjungi blog saya dan dapatkan tips yang murah meriah untuk mengatasi flu dan batuk anda, apalagi batuk seratus hari yang susah sekali sembuhnya. Insyaallah smua bahan-bahannya mudah di dapat/tersedia di dapur anda. Karena kami sudah membuktikan sendiri khasiatnya, kami ingin berbagi kpd semuanya. happy blog walking… :)

    http://susyanairiani.blogspot.com/2011/03/menyembuhkan-obat-flu-dan-batuk-alami.html

    Susyana

    Maret 17, 2011 at 4:38 am

  93. Kalau pengalaman saya pakai obat generik yaitu Demacollin tablet 500 mg dam Amoxcillin 500 mg diminum sehari 3 X 1 tablet selama tiga hari udah tuntas.

    Hari Susanto

    April 19, 2011 at 12:24 pm

  94. makasih untuk pencerahan soal sakit flu ini

    NAVY KASTANYA

    Mei 13, 2011 at 10:01 am

  95. iseng aja nih komennya :D

    kalo saya sakit, saya jarang ke dokter, saya seringnya minta tolong sama temen saya yang kuliah di kedokteran, karena kalo penyakit umum itu pengobatan gejalanya sama aja, misal penyakit flu, gejalanya biasanya:
    1. demam & radang, ini obatnya parasetamol dkk
    2. batuk, tergantung batuk berdahak atau batuk kering,
    3. nyeri badan, rasanya seperti kalo masuk angin, nyeri disebabkan (umumnya) karena penimbunan asam berlebih di otot, oleh karena itu diperlukan sejenis ‘pelumas’ otot yaitu vit. B complex
    4. pilek (meler) & bersin, ini adalah 2 gejala yg membedakan penyakit batuk & flu, obatnya antihistamin, silakan beli obatumum seperti Decolg*n atau Decols*n aja udah cukup banget
    5. pilek (tersumbat), nah ini kejadiannya kayak ada sesuatu yg ‘membeku’ di dalam hidung, jadi harus dicairkan dengan yang namanya dekongestan. jangan lupa, ketika ‘mencair’ segera buanglah kuman2 itu dari hidung anda, hehehe

    yang ingin saya tekankan disini ada 2 hal:
    1. penggunaan antibiotik.
    sudah lama jadi pembicaraan di dunia dokter di indonesia, bahwa semua penyakit di indonesia pasti harus pake antibiotik.
    padahal harusnya (menurut saya) ngga perlu harus selalu pake antibiotik, kan di dalam tubuh ini udah ada sistem imun.
    antibiotik sendiri fungsinya seperti namanya yaitu anti-makhluk hidup lain-di dalam-tubuh manusia, maksutnya antibiotik ini membantu ‘menewaskan’ virus-virus & bakteri-bakteri yang ada dalam tubuh manusia.
    intinya, kalo mau cepat sembuh, ya pake antibotik dong…..
    lalu, kapan ga harus pake antibiotik?
    ini hanya pribadi masing2 yang tau. rasakanlah, apabila gejala masih bisa diobati dengan memperbanyak istirahat & pola hidup sehat (karena sesungguhnya penyakit terkadang merupakan cara tubuh protes kalo-kalo udah terlalu banyak digunakan)
    gimana cara meningkatkan sistem imun?
    semua dokter pasti akan menjawab: “minum vitamin C, A dan E”

    2. pepatah cina mengatakan: semua penyakit berasal dari panas tubuh.
    jadi air putih 2 liter sehari harus jalan. ketika sakit, badan butuh lebih dari 2 liter sehari.
    kalo sekedar hukum perpindahan panas dari suatu benda ke air, rasanya semua orang sudah tau. oleh karena itu, kalo badan rasanya ‘panas’, segeralah dibuang….pake air…. (deskripsikan sendiri aja dahhh)

    jadi……yahhh… kalo ‘sekedar’ flu, ga usah ke dokter ateuhh…

    saat ini saya lg flu, cukup berat karena saya kerja di kontraktor bangunan di jak-pus…bayangin aja debunya…mana udah sebulan ga ujan….hiks…..
    saya beli antibiotik cefadr*xil, dexteem pl*s buat radang, sama decol*n buat demam-pilek-bersin-batuk kering

    saya cuman keseringan sakit, mohon maaf kalo ada yang salah sharing di komen ini….
    matur tengkiuuu

    Gita SarasAyu Lalhsdsr

    Juni 23, 2011 at 9:15 pm

  96. oiah, saya cuma abis 23ribu, harga apotik area manggarai…hehehe

    Gita SarasAyu Lalhsdsr

    Juni 23, 2011 at 9:16 pm

  97. coba pke Tremenza, Insya Alloh manjur

    Salsa Modiste

    Juni 26, 2011 at 2:42 am

  98. Saya jg mengalami hal aneh stlh minum starcef, leher sebelah kiri pegal dan tegang. Untung sy lsng menghub ibu sy dan disrh tdk minum lg.

    Kl boleh sy dpt informasi lbh detail, ada yg tau nggak obat ini apa sih? Kok menyebabkan keher saya sbl kiri spt pegal dan tegang.
    Kebetulan sy cuma minum 1x krn lsng efeknya terasa.

    atha

    Juni 27, 2011 at 7:16 am

    • starcef=cefixime,antibiotik gol sefalosporin generasi 3,pakai antibiotik hrs sesuai penyakit karena berpotensi membuat kekebalan dan potensi efek samping,takut kena sakit tak ada antibiotik yg mujarab lagi.

      mitt

      Juni 7, 2012 at 3:31 am

  99. Buat kalian yang sering pilek,flu/bersin tiap pagi atau nggak tahan udara dingin/alergi terhadap makanan seafood(kepiting,udang,cumi dll),saya punya obat dari sinshe RRT, Saya sudah buktikan sendiri karena saya dulu juga begitu, tersiksa sekali rasanya…mau beraktivitas juga nggak maksimal. Obat ini nggak bikin kecanduan karena dari herbal 2X sehari 2 kapsul..Pengalaman saya setelah minum obat ini selama 2 hari,saya nggak pernah kena pilek lagi sampai sekarang., Saya coba makan udang/kepiting tapi nggak apa,begitu pula dengan udara dingin biasanya saya bersin diwaktu pagi, tapi sekarang nggak lagi.Apabila ada yang mau coba,bisa kontak saya di 083857070701.,Semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian yang lagi pilek/flu,terima kasih.

    david

    Juni 27, 2011 at 2:22 pm

  100. saya pengen tanya,,
    saya uda batu sebulan lebih, kok ga sembuh*,, pdhal uda coba berbagai macam obat

  101. saya flu dan demam juga radang dan batuk saat ini, baru pulang dari RSPI, bnr2 heran waktu byr krn bill sangat tinggi 700.000 termasuk jasa dokter dan fasiitas RS, wuaaaaaaaaa apa2an ini, tapi memang ya di RSPI segalanya mahal, untunglah bisa minta ganti ke asuransi, wkt saya periksa di bill ternyata ada 2 obat yg cukup tinggi harganya yaitu CEFSPAN 200mg TAB (antibiotik) dan obat batuk PROSPAN SIRUP 95.000
    saya aja heran kok bisa2nya ini dokter (teu boga kira2) masa flu aja obat segitu muahalnya.. kyknya nanti2 kalau sakit hrs nanya2 drnya jga obat apa dan harganya berapa.. saya termasuk org jarang sakit.. dan pelit hehehe mendingan buat beli makan duit segitu dan saya paling malas pergi ke dokter. ini aja karena sedang menyusui.. kalau tidak, saya takut kena bayi saya yang baru lahir.. terpaksa deh menanggung kekesalan di hati karena membayar mahalnya obat.

    Nining

    Januari 1, 2012 at 5:21 am

  102. Menurut saya mengenai peresepan obat starcef itu tidak masalah karena kan anda terdpt calon radang yg kemungkinan terdapat bakteri di dalamnya jadi utk membunuh bakteri2 tersebut yaa memang harus menggunakan antibiotik agar cepat sembuh…tapi yaa bila anda mau sembuhnya lama yaa gak usah minum tuh obat starcef… Klo bagi saya utk harga itu wajar mahal krn kan bagus dan cepet sembuh….

    ria

    Maret 10, 2012 at 5:32 pm

  103. tahu nggak,dokter yang meresepkannya nanti dapat fee dari apotik/perusahaan atas resepnya itu,padahal yg generik cuma 30 ribu,bandingkan dgn starcef.

    mitt

    Juni 7, 2012 at 3:25 am

    • Ya… mba namanya mau sembuh ya hrs mau lah berkorban. Namanya harga yg mahal ya… ga pernah bohong. Silahkan saja klo anda mau yg generik… tp kualitas kan ga pernah bohong.

      yaasinta

      Desember 26, 2013 at 9:33 am

  104. kebetulan aku alhamdulillah baruuuuu aja mendingan dari sakit yg aku kira flu biasa, dokter rekomendasiin utk test widal, dan hasilnya? Tipe H +320, itu jenis thypus yg seringkali penderitanya tdk menyadari, beda dgn jenis O yg membuat penderita panas tinggi sampai ga bisa bangun dr tempat tidur, jenis H ini penderita hanya merasa ga enak badan, agak demam, dan kerapkali masih bisa beraktifitas, obatku (pastinya) antibiotik, utk flu intunal F, dan satu obat penghilang nyeri, +/- 250 rb sdh termasuk jasa dokter

    dian

    Juli 17, 2012 at 1:46 am

  105. satu orang lg kena tipuan dokter internasional….

    agoesnoer

    Juli 17, 2012 at 5:12 am

  106. betul memang….aq bulan lalu berobat karena terserang batuk.Pas waktu ngambil obat di apotek, ternyata obat yang diresepkan bukan cuma obat batuk & antibiotik aja,tapi obat panas & linu juga.Hah???Padahal aq sama sekali ga ada keluhan panas/pun pegel linu….benernya waktu nerima obat bingung juga sih,ngapain si dokter ngasih obat itu.tapi,yah mau gimana lagi…??ga mungkin juga komplain ke dokternya.walaupun bayarnya lewat asuransi, tapi lumayan ngabisin biaya banyak

    dewi

    Agustus 10, 2012 at 9:03 am

    • Mohon maaf bukan menggurui penulis, anda mrnulis dokternya bilang itu bukan infeksi virus, berarti infeksi bakteri dong. Klo infeksi bakteri ya hrs minum antibiotik. Anda tau ga apa itu radang ??? Klo g tau sy ksh tau ya… jadi ada yg menyerang tubuh kita,, seperti penyebabny virus, bakteri, jamur, atau bisa jg zat lain yg g diketahui makany muncul tuh proses infeksi. Ibaratin aja tenggorokannya luka jadi bakal ada tuh reaksi pertahanan tubuh atau disebut rx.antigen-antubodi. Timbullah tanda2 infeksi seperti demam, bengkak di sal napasnya makany jg sakit tnggorokannya, merah tapi ga keliatan y kn disaluran napas…… makanya tuh banyak timbul lendir atau yg anda tau reak wrn putih itu, anda tau ga ketika anda batuk2 pernah ga terfikir tenggorakan anda tuh luka,,, makanya respon tubuh mengeluarkan lendir. Trus anda sendiri bernah berfikir ga klo tiba2 luka disitu tambah besar trus ga anda obatin bisa2 jadi infeksi yg trus2 meradang.Jadi mas…. coba lah berpositive thinking dokter itu meresepkan sesuai ko sm indikasinya. Pemberian antibiotik untuk infeksi sekundernya,,, krn kita belajar tdk hanya scr teoritis tp dgn klinis dan pengalaman.Anda tau ga indonesia merupakan negara dengan infeksi flek/tbc terluas. Maka knp dokter indonesia memberikan antibiotik pada pasien2 infeksi pernapasan/flu yg dicurigai etiologinya bakteri supaya pasien2ny ga terinfeksi lbh parah atau malah2 jd timbul komplikasi.Anda tau ga…. sering loh pasien dateng dgn kondisi sakit jantung disertai demam yg g sembuh2, ternyata penyebabnya adalah infeksi saluran pernapasan yg ga diobati scr benar sehingga kumannya menyebar ke pembuluh darah di jantung. Nah lohhhh kalo terjadi sama anda gmn tuhhh….Mawas diri dulu sebelum beragumen.

      yaasinta

      Desember 26, 2013 at 9:31 am

  107. Waktu sakit rela bayar berapapun dan melakukan apapun untuk sembuh.. Setelah sembuh ngomel-ngomel.. Begitulah manusia.. :(

    Stephen

    Desember 8, 2012 at 1:30 am

  108. gak smua doktr rumh skit bgitu ko’, sma halx dngan profesi yng lain… kdang ada yng hax memntingkan dri sndri n ada juga yng bnner” mntingin ksehtan smua klien..
    mmm…. brdo’a adja sih smoga slalu dijauhin dari kburukan n orng” yng ingin brbuat gak adil ama qta ^_^

    Nunuch Armin

    Desember 26, 2012 at 12:07 am

  109. tetap harus hati-hati ya? gak semua dokter tulus menolong pasiennya,
    syukuri jika badan kita sehat :-)

    nayla

    Januari 3, 2013 at 7:24 am

  110. Piye tokh?
    Ya pasti mahal, lha wong sampeyan pake asuransi medical yg rujukan nya ke RS International, kalo mau sembuh dengan murah (tapi antri, tapi gerah, tapi bau, tapi lamaaa) ya ke puskesmas aja la… gak usah bingung apalagi kompalin…
    Gitu aja koq Repot mas…. mas… Bingung ma ni manusia yg satu ini???!!!

    “Aldisa SR (Flu): Rp 37.812,- >> Emang bagus
    Rhinathiol (Batuk): Rp 38.152,->> Emang tepat
    Starcef : Rp 190.762,- >> Paling tepat
    Total: 266.726″ >> Sudah sewajarnya

    Emang harga yg sepantasnya, sesuai dgn kualitas obatnya.

    begonya_priandoyo

    Maret 24, 2013 at 8:44 pm

  111. Pengalaman saya saat flu…tak sengaja saya minum coca cola krn ingin yg fress..apa yg terjadi..malah flu saya sembuh..heheheh..maklum lh saya orng yg kurang awam..;.

    tarwad tukang becak

    April 1, 2013 at 10:43 am

    • obatnya… olah raga dibawah sinar matahari pagi, virus-virus pasti mati… badan sehat nafas plong…

      Muhamad Nur Cahya

      April 8, 2013 at 6:27 am

  112. aldisa sr itu bagus gk gan?

    winnymarch

    Mei 7, 2013 at 6:39 am

  113. setuju obat flu paling mujarab itu : Istirahat

    vitgar

    Mei 26, 2013 at 11:35 pm

    • katanya flunya ringan engk perlu dikasih antibiotik,kok malah dikasih antibiotik yang mahal,modus

      su

      November 21, 2013 at 2:18 am

  114. Mohon maaf bukan menggurui penulis, anda mrnulis dokternya bilang itu bukan infeksi virus, berarti infeksi bakteri dong. Klo infeksi bakteri ya hrs minum antibiotik. Anda tau ga apa itu radang ??? Klo g tau sy ksh tau ya… jadi ada yg menyerang tubuh kita,, seperti penyebabny virus, bakteri, jamur, atau bisa jg zat lain yg g diketahui makany muncul tuh proses infeksi. Ibaratin aja tenggorokannya luka jadi bakal ada tuh reaksi pertahanan tubuh atau disebut rx.antigen-antubodi. Timbullah tanda2 infeksi seperti demam, bengkak di sal napasnya makany jg sakit tnggorokannya, merah tapi ga keliatan y kn disaluran napas…… makanya tuh banyak timbul lendir atau yg anda tau reak wrn putih itu, anda tau ga ketika anda batuk2 pernah ga terfikir tenggorakan anda tuh luka,,, makanya respon tubuh mengeluarkan lendir. Trus anda sendiri bernah berfikir ga klo tiba2 luka disitu tambah besar trus ga anda obatin bisa2 jadi infeksi yg trus2 meradang.
    Jadi mas…. coba lah berpositive thinking dokter itu meresepkan sesuai ko sm indikasinya. Pemberian antibiotik untuk infeksi sekundernya,,, krn kita belajar tdk hanya scr teoritis tp dgn klinis dan pengalaman.
    Anda tau ga indonesia merupakan negara dengan infeksi flek/tbc terluas. Maka knp dokter indonesia memberikan antibiotik pada pasien2 infeksi pernapasan/flu yg dicurigai etiologinya bakteri supaya pasien2ny ga terinfeksi lbh parah atau malah2 jd timbul komplikasi.
    Anda tau ga…. sering loh pasien dateng dgn kondisi sakit jantung disertai demam yg g sembuh2, ternyata penyebabnya adalah infeksi saluran pernapasan yg ga diobati scr benar sehingga kumannya menyebar ke pembuluh darah di jantung. Nah lohhhh kalo terjadi sama anda gmn tuhhh….
    Mawas diri dulu sebelum beragumen.

    yaasinta

    Desember 26, 2013 at 9:28 am

  115. Saya pernah mendengar ustadz ceramah bahwa menurut penelitian penyakit flu belum ada obatnya obat yang ada hanya sebagai pereda atau antibiotik. Obatnya sudah ada di zaman Rasulullah SAW yaitu bagian berwudhu dengan cara istinsyaq (memasukkan air dalam hidung) lalu (mengeluarkan air dari hidung).

    http://kabarsehatislami.blogspot.com/2013/03/cara-sehat-dengan-menghirup-air-saat.html

    Suri

    Februari 28, 2014 at 7:43 am

    • Kurang simpatik sm gaya penyampaian penulis yang terkesan belagu alias songong, intinya sebenarnya dia month pamer krja di prshn yg ngasi asuransi dgn rekanan rs internasional, sm satu lg dia month pamer sodaranya ada yg dokter, halah belagu bgt, tulisan2 kyk gini gk recommended bgt dibaca.

      ezan

      April 13, 2014 at 8:34 am

  116. kelihatan sekali modus geje sang dokter, makanya kalau ke dokter jngn dijawab jujur kalau di tanya (pertanyaan klasik) sama dokternya, tinggal dimana? dinas dimana? punya asuransi apa tidak? kalau dijwb tinggal diperumahan elite, kerja sebagai manager perusahaan A, punya asuransi kelas premium ya wajar dikasih obat yg mahal2, yg aneh2, yg tdk perlu diresepkan ditulis aja diresepnya sama dokternya, terus dokternya bilang obatnya jngn diganti ya nanti tidak sembuh.. ini jelas dokter modus yg cuma mau fee dari perusahaan obat.
    Lagian cuma sakit flu radang ringan gitu dikasih obat antibiotik golongan keras, Starcef = cefspan = sporetik = cefixime (generiknya), padahal masih ada golongan antibiotik ringan yg lain yg lebih aman, terus kalau kena infeksi yg lebih berat mau dikasih antibiotik golongan apa? dikasih yg lebih keras lagi? ga jebol tuh ginjal nerima obat keras, sekalian aja minta disuntik antibiotik terfacef biar rasain kaya saya leher kaku, bahu kaku, kaki jarem2, telapak kaki bengkak sulit jalan selama hampir 3 minggu dan rasanya tersiksa bukan main, dasar dokter setan geblek uasuu, main hajar aja mentang2 saya tdk tau obat waktu itu, masih untung saya ke akupuntur sehingga tau bengkak telapak kaki saya karena efek dari ginjal yg tdk kuat obat dan cepat tertangani.
    Buat teman2 disini jngn main hajar saja kalau dapet resep, mentang2 punya duit, dibayar asuransi. lebih baik tanya ke dokter obat ini buat apa aja, tanya sedetail2nya, karena kita yg bayar dokternya, kita yg minum obatnya, kita berhak untuk tau, kita bisa cek ke apoteker di apotek supaya tau penjelasan dokternya geje apa tidak, toh tanya2 ke apoteker tdk bayar, apoteker itu ahlinya obat, dokter itu ahlinya diagnosa penyakit, kata teman saya yg apoteker looh, kalau apotekernya pinter pastilah bisa jawab seputaran resep kita, kalau geje gemblung paling dijawab kembali ke dokternya aja, tanya sama dokternya aja, atau maaf kita tdk berani ganti2 obatnya.

    joko

    Juli 9, 2014 at 5:05 pm

  117. yups-?

    wangsipc

    Oktober 18, 2014 at 11:08 pm


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 492 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: