Anjar Priandoyo

Idealnya potongan karyawan outsource itu berapa?

with 75 comments

Mas Pri,
Saya sedang bingung, kebetulan saya diterima kerja di perusahaan telekomunikasi melalui perusahaan outsource. Saya mau tahu apa ada aturan berapa persen gaji kita dipotong oleh perusahaan outsource itu ya? karena setelah saya tahu, kok besar sekali dipotongnya. Selisihnya bisa Rp 1,6 juta sendiri. Saya jadi ngerasa dibohongin. Saya yang kerja keras tapi hampir 30%nya dimakan perusahaan outsource.

Komentar:
30% dipotong jasa outsource? mungkin ada yang bisa mengklarifikasi. Menurut saya, kalau pun benar seharusnya angka 1/3 pendapatan yang dipotong adalah angka maksimal. Seharusnya perusahaan jasa outsource, koperasi, third party services dan teman-temannya punya aturan main yang cukup fair.

About these ads

Written by priandoyo

Agustus 21, 2007 at 1:44 am

Ditulis dalam Pekerjaan

75 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Adik saya baru 2 bulan bekerja di sebuah bank swasta, gaji nya juga dipotong 30%.. Kasihan dia, kalau tidak dipotong saja masih pas-pasan, apalagi dipotong…

    rezayazdi

    Agustus 21, 2007 at 2:38 am

  2. di tempat papabonbon sih tidak dipotong, tapi perusahaan outsourcing berhak menagihkan sebesar 15 persen dari perhitungan yg diberikan ke si karyawan outsourcing tsb. misalnya anak sma, outsourcing bagian tele sales.

    misal :

    gaji harian : 40 rb.
    kehadiran : 24 x
    total : 960 rb
    insentif berdasar performance : 840 rb
    potongan pajak, jht, jst, dll : 100 rb
    THP : 1.7 jt

    penagihan si perusahaan outsourcing ke perusahaan papabonbon akan sbb :
    THP + 15 % THP + 6% PPN jasa = total tagihan.

    Jadi secara kasaran, nggak ada tuh, gaji karyawan yg dipotong sampai 30 persen. lagi pula bayangkan, gaji 1.7 an untuk anak sma, dan sebagian D3 Gizi ada juga yg S1 [karena expert di sby susah cari kerja/low income], sebenarnya sudah lumayan lho. apalagi jam 4.30 tenggo. kantor dah sepi :D

    Comparable misalnya dibandingkan S1 freshgrad kerja jadi junior auditor di deloitte sby yg gaji pokoknya juga 1.2 jt an.

    papabonbon

    Agustus 21, 2007 at 3:43 am

    • Wah baru ngerti struktur gajinya kayak gitu

      hotels for honeymoon

      April 18, 2010 at 3:55 am

      • ada juga outsourcing yang jamsosteknya di kelola sama perusahaannya,,yang itu gimana nih apakah sah atau tidak masuk undang-undang nya

        andreas

        Desember 20, 2011 at 5:37 am

  3. Tidak peduli gaji dipotong seberapa besar, yang penting selama masih bisa hidup dan belajar terus, gak lama lagi jugak pekerjaan itu akan ditinggalkan.

    Jangan mau jadi karyawan outsource terus.

    Lebih baik fokus mau ke arah mana nantinya dan belajar kearah yang dituju.

    t4lruum

    Agustus 21, 2007 at 3:59 am

  4. lho, anak IT dan minyak malah lebih suka jadi orang outsource lho. soalnya THP nya malah lebih besar dibandingkan yg permanent .. :D

    papabonbon

    Agustus 21, 2007 at 4:12 am

  5. Kasihan juga sih kalo dipotong gitu. Saya punya beberapa temen yang kerja di perusahaan telekomunikasi melalui outsource memang dipotong cukup lumayan juga.

    Yang jadi pertanyaan lagi? sampai kapan ia dipotong begitu? apakah sampai setinggi-tingginya karir dia? kasihan kalo kaya gitu. kalo hanya satu – dua tahun sih mungkin masih gapapa.

    Ricky

    Agustus 21, 2007 at 7:44 am

  6. sampai jadi owner perusahaan outsourcing … :D baru deh, bisa lega. :p

    papabonbon

    Agustus 21, 2007 at 8:47 am

  7. dipotong 30% mah masih mending.. lah gw dipotong jadi 1/5nya doang.. :(
    tapi 1/5 doang juga dah cukup kok, wong dibayar 5 juta/ 8jam hehehe

    pengembara

    Agustus 22, 2007 at 1:21 am

  8. Pegawai outsourcing biasanya diikat dalam kontrak dan potongan ke perusahaan muncul kalau karyawan tersebut menunggak biaya training, seragam, atau yang lainnya. Kalau normalnya ya cuma potongan asuransi jamsostek. Mungkin perlu ditanyakan apakah potongan ini semacam uang jaminan karyawan yang dapat diambil ketika kontrak sudah selesai.
    Selain itu ada management fee dari perusahaan outsourcing ke pengguna jasa rata-rata 10% dari nilai kontrak per-orangnya. Ini dana yang dipakai untuk menghidupi perusahaan.
    Jadi kalau gaji karyawan outsourcing masih dipotong oleh perusahaan dengan berbagai alasan, maka perusahaan outsourcing itu tidak bonafid karena mengejar kontrak-kontrak murah yang angkanya tidak rasional dengan mengorbankan take home pay karyawannya.

    Tapi argumen di atas tidak berlaku untuk outsourcing yang 5 juta per 8 jam… itu kontrak profesional…kalau dipotong habis-habisan…seharusnya negosiasi sih…

    JAPBLOG

    Agustus 22, 2007 at 7:20 am

  9. Kalau boleh komentar, saya dalam situasi yang nyaris sama, tapi tidak sama juga.
    Saya bekerja dengan perusahaan A, dan diseconded ke perush B.
    Perush B bayar lebih dari 2 kali gaji saya di perush A, tapi menurut saya itu tidak masalah. karena, Cuti saya, bonus dan berbagai benefit lain,ditanggung oleh perush A, bukan perush B. dan perush A itu bertanggung jawab untuk mencarikan pengganti kalau saya cuti, sakit dllsb.
    jadi, menurut saya, adalah fair kalau perusahaan A menagih lebih dari 2xgaji bulanan saya, karena perush A punya beban lebih dari hanya sekedar gaji bulanan saya. on top of all that, perush A juga harus dapat keuntungan dong dari mempekerjakan saya.
    just sharing

    Teddy

    Agustus 26, 2007 at 11:32 am

    • pasti anda owner / karyawan perusahaan outsourcing ya ..
      bisa bilang gtu.
      just comment

      docco

      Juli 26, 2010 at 9:59 pm

  10. Salah satu perusahaan IT berkantor pusat di Jakarta yang banyak main di outsourching maintenance IT, malahan memotong lebih dari 60% gaji para IT Engineer-nya yang nota bene para fresh graduate pengiriman dari Jawa yang dikerjakan di salah satu tambang di Sulawesi. Katanya dah pernah kena audit sama perusahaan tambang itu sendiri, dah ditegur, tapi gak tau gimana sekarang… :d

    bair

    Agustus 26, 2007 at 1:26 pm

  11. salah satu perusahaan outsource yg berkantor di menara batavia lt.3. bener2 keterlaluan baru minggu kemarin aku di terima di slh satu perusahaan klien nya as call center agent. tapi aku memilih u mengundurkan diri setelah tahu berapa upah yg diberikan.
    upah: 880rb
    uang harian 10 rb max 22 hari.
    shift allowence blm di ketahui. jadi gross nya setiap bln cuma terima 1.200.
    gila kan, gmana mau hdp d jkrta u kost an aja mhlnya jgn tanya deh.
    kalo mnrt aku outsource itu g manusiawi deh mending di tiadakan aja.

    lidy

    Agustus 27, 2007 at 10:20 am

  12. Benar yang dikatakan papabonbon sebernarnya tidak ada yg dipotong untuk pegawai outsource. Karena saat ini saya kerja di perusahaan outsourcing, mungkin memang ada beberapa perusahaan outsourcing yang mengambil jatah gaji si pagawai outsourcing tsb.

    perusahaan outsourcing

    September 10, 2007 at 4:07 am

  13. [...] juga: Outsource 3.5 juta atau permanen 2.5 juta (42 comments) Idealnya potongan karyawan outsource itu berapa? (12 comments) Delapan pertanyaan tentang outsourcing (10 comments) Posted in Job [...]

  14. Membaca diatas Sudah saatnya perusahaan outsource ditertibkan… kok rasanya kurang keberpihakan pemerintah ke tenaga kerja ya? Any comment?

    usual people

    September 26, 2007 at 7:03 am

  15. in fact rada kapok dah kerja di company outsourcing. pernah ni, aq dikirim ke middle of the junglenya kaltim, kerja jd HR Consultant di mining coal company, salaryku disunat 75 % :-(( (beneran ni gak salah ketik kok). tuh kumpeni batubara aslinya ngasih 10 jeti/month, tp nyame aq nya mah cm 2.5 jt mana potong pajek pula, gila bener gak tuh weleh2, apes tnan

    erree

    September 27, 2007 at 5:54 am

  16. bgm caranya spy kita tau salary asli kita ?
    trus mungkin ga kita nego sama outsource company spy potongannya jgn terlalu besar ?

    man

    September 27, 2007 at 6:22 am

  17. Mas anjar matur nuwun atas blognya sangat membantu saya menambah pengetahuan saya tentang dunia kerja..
    neh intinya saya sharing mas..
    saya kerja di koperasi salah satu outsorchingnya PT TELKOMSEL,saya bekerja sbg admin PCM T sel,umur saya dah 23 taun mas dan menurut saya gaji outsourcing kecil dibandingkan kerjanya,slrynya 1,5 tu pun da full lembur,saya baru 6 bulan bekerja disini.backround saya S1 T Sipil Unibraw pengen banget bekerja dibidang ini,tapi kayanya Fresh susah maunya experience,mhn info civil company surabaya mas anjar n temen2 ya…
    thks bgt..

    danang

    September 28, 2007 at 4:15 am

  18. perusahaan outsourcing harus dapat memberikan servis/pelayanan yg excellent kepada klien/pengguna jasa outsource maupun kepada tenaga kerja outsource. Klien/perusahaan pengguna jasa mendapatkan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan. Dan tenaga kerja mendapatkan kompensasi yang sesuai dengan pekerjaan&kontribusinya.
    Antara perusahaan outsource dengan klien ada perjanjian kerjasama yang mengatur keseluruhan hak,kewajiban&tanggungjawab.
    Antara perusahaan outsource dengan tenaga kerja ada perjanjian PKWT atau PKWTT, yang memuat status,kompensasi,detail pekerjaan dll. yang telah disepakati.
    Jadi tidak ada yang dirugikan, semua pihak “win” and “happy”. Mau bukti ? Silahkan hub.PT.SDM di 021-83708456 atau email: pt.sdm@mail.com
    Terimakasih mas Pri

    raharjo

    Oktober 23, 2007 at 3:12 am

  19. [...] juga: Outsource 3.5 juta atau permanen 2.5 juta (35 respons). Potongan untuk karyawan outsourcing (18 respons). Daftar perusahaan outsourcing premium (13 respons). Delapan pertanyaan tentang outsourcing (11 [...]

  20. Kondisi perusahaan outsourcing di Indonesia terbentur regulasi pajak. Setahu saya (mohon koreksinya) regulasi pajak perusahaan outsourcing cleaning service sudah ada, tetapi untuk lainnya (satpam, call center, admin, dll) belum ada. Dampaknya adalah tenaga outsourcing dinilai sebagai barang yang pajaknya tinggi, sementara klien-klien memakai jasa outsourcing karena kepingin biaya murah. Nah gimana perusahaan hidup dengan management fee 10% sementara UMP naik terus tiap tahunnya? Perusahaan outsourcing yang tidak bonafid akhirnya mencekik karyawannya sendiri, karena klien pasti akan memutus kerja sama kalau harga service outsourcing naik.

    japblog

    November 16, 2007 at 2:41 am

  21. Dear all..

    Aku rasa ga semua perusahaan outsourcing kayak gitu sih..ada juga perusahaan outsourcing yang masih punya hati untuk ga motong gaji karyawannya sama sekali..bahkan diperlakukan sangat manusiawi. Soalnya adik aku kerja sama perusahaan itu, dan dia cm dipotong Jamsostek aja 2% sm Pajak pendapatan, dan slip gaji bener2 transparan krn mereka cuma ngecharge Management Fee.

    Coba2 aja search website mereka (PT. Prasetya Nusantara)

    Vita

    Januari 9, 2008 at 4:40 am

    • setuju untuk mba vita. ayah saya kerja di outsorc, bahkan sbg slh 1 pendiri nya, tapi kebijakannya sangat manusiawi kok… asli hanya membayar biaya masuk 200000 dan kdpannya tdk dikenakan potongan apapun lagi. biaya admin yg sgtu pun bisa dicicil perbulan 100000 dan akan dipotong jika kita sudah mendapat gaji full (yg di mulai itungannya dr tgl 1 itu tuh) .yaaaa 200000 kan bukan nilai yang besar untuk cara berterima kasih tohh? jadi itu udh minim bgt menurut ak sih

      cipuu

      Agustus 2, 2012 at 6:56 am

  22. gw di outsourcing PT. Swakarsa Insan Mandiri, (PT SIM )ni perush di Jakarta.
    gw kerja di sebuah persh finance terkemuka di slh satu kota di Jatim..as an field verificator..
    no jamsostek..no tunjangan..

    dw

    Maret 5, 2008 at 3:21 pm

  23. kalo boleh tau, ada nggak yang tau tentang berapa presentase potongan gaji dari karyawan kalo di outsourcing sama Persada( outsourcingnya indosat).., untuk bagian engineer

    penasaran

    Maret 19, 2008 at 3:33 am

    • setahu saya tidak ada potongan di karyawan tuh. Saat ini saya client mereka di Surabaya dan karyawan yang kerja di saya mendapat gaji yang sama dengan yang saya berikan ke Persada. Persada hidup dari management fee yang dibayarkan perusahaan saya ke Persada.

      Pilih2 deh, masih banyak kog perusahaan outsourcing yang baik dan perusahaan sangat terbantu dengan adanya mereka.

      Salam sukses untuk teman2 semua!

      Yunita

      Januari 4, 2011 at 4:27 am

      • yakin mbak yunita?? saya juga di persada jakarta, tapi pendapatan nya menurut saya ga manusiawi sama sekali

        achazellaciousaisyah

        Maret 5, 2012 at 2:22 am

  24. gue herman ngantuk….
    kerja di bank…tapi status pegawai kontrak melalui PT. PPU, terima gaji hanya Rp 1,4 padahal di slipnya tertulis 2,3jt…

    kira2 berapa nih potongannya………BUANYAKKKK!!!

    herman

    Juni 8, 2008 at 9:04 am

    • mas herman itu sama denga temen saya si pepo di slipgaji tertulis 3,5 tapi gaji yang diterima cuma 2,5
      kalau menurut saya sih mungkin masih dibawah naungan jadi potongan nya masih?

      dani

      Mei 31, 2011 at 7:01 am

  25. Dear all..
    membaca comments2 kalian, jadi teringat waktu kerja dulu..
    anyway, rasa2nya, gw ga pernah mikirin mo dipotong berapa..
    keterima kerja aja udah bersyukur banget..
    I cherished every single working days with joy..

    gw sekarang uda jadi ibu2 with 2 kids..
    megang perusahaan keluarga..
    trus hubungannya dgn forum ini???

    begini..
    gw ditawarin beli perusahaan outsource yg msh pegang kontrak dgn perusahaan minyak besar..
    do we have guts to do it?
    the answer is NO!
    even potongan ini dan itu SAMA dan sangat transparant dengan pegawai tetapnya..
    the truth is, dari sisi kita (outsource) biaya2 lainnya lebih dari management fee 10%. Belum lagi resiko nama baik perusahaan dan resiko financial lainnya. Mmm..

    Menurut analisa gw, perusahaan outsource yg bener jg ga bisa main2. why? karena klien kita jg mensyaratkan laporan ini dan itu audited. kontraknya aja setinggi jengkal tangan.

    sooo daripada seuzon (bener gini ya nulisnya) dgn prsh outsource, kita cari tau sendiri dan bertanya langsung dgn mereka. hak kita doong.
    pajak, jamsostek, premi askes, dll gampang bgt diakses infonya. gaji, lembur, bonus, tunjangan, dll bisa ditanyakan kok ke HRD, secara baik2 tentunya. asal tujuannya tdk untuk huru hara n anarki, pasti mereka fine2 aja.
    kl terdapat gap yg melebihi dari management fee 10% spt yg dicantumkan di kontrak, klarifikasikan dgn mereka.
    then, kl memang terbukti si prsh outsource ini “tanda kutip” mungkin hal pertama yg bisa dilakukan adalah me-warning teman2 melalui forum ini.
    sedang u jalur legal selanjutnya..
    mmm.. anyone? i definitely have no idea.. hahaha..
    penting lho untuk menggerakkan sadar hukum..
    demi indonesia BISA!!
    saatnya bangkit!! YES???

    waxira

    Juni 8, 2008 at 6:22 pm

  26. begini sohabi wa sohabati…saya tuh mahasiswa fakultas syari’ah IAIN Walisongo Semarang. dan sekarang gi nyusun skripsi Tinjauan Hukum Ekonomi Islam terhadap Outsourcing…waktu saya ditanya pembimbing berapa persen gaji yang dipotong oleh perusahaan outsourcing kepada karyawannya saya bilang kebanyakan 30%.. tapi jawaban ini masih sangat ngambyang. karna ada juga perusahaan outsourcing yang hanya menggunakan managemen of fee aj tanpa memotong gaji karyawan. trus kata 30% itu dasar hukumnya apa ya…UU/PP no berapa???? pleeeease deh kasih tahu aku segera… tanggal 11 juni skripsiku harus sudah jadi neh…..semoga amal sohabi wa sohabati diterima disisi Allah SWT. amien,….tolong kirim ke latinnisa@yahoo.com

  27. berdasarkan pengalaman gw sendiri, saat ini gw bernaung dibawah bendera salah satu perusahaan outsource dengan inisial perusahaan “PT. MLS” dan ditempatkan disalah satu Bank BUMN besar yang berkantor pusat diSudirman. n gw ditempatin dikantor pusat Bank tersebut.
    penghasilan gw dipotong ma perusahaan outsourcing gw sampe 60% LEBIH , rinciannya sebagai berikut :
    gaji Pokok : 1.450.000,-
    uang makan : 11.000,- X 22 hari = 242.000,-
    tunjangan outpatience : 100.000,-
    total : 1.792.000,-
    Potongan : (biaya transfer, jamsostek, PPh dll) kurang lebih 90.000,-
    so… Total take home pay sekitar 1.700.000,-
    nah berdasarkan data yang gw dapet dari perusahaan tempat gw di”karyakan” oleh perusahaan outsource gw, mereka bayar gw (KE PERUSAHAAN outsource) sebesar 3.850.000,-
    nah…. kebayang kan…. berapa banyak yang disunat oleh perusahaan outsource gw itu.
    because of that…. GW SETUJU BANGET KALO OUTSOURCING DIHAPUSKAN KARENA POLA KERJA OUTSOURCING ADALAH BENTUK BARU DARI PERBUDAKAN MODERN, DIMANA PEKERJA MENJADI BUDAK DAN DIHISAP HABIS2AN OLEH PERUSAHAAN OUTSOURCING.

    korban MLS

    Juli 8, 2008 at 8:40 am

  28. berdasarkan pengalaman gw sendiri, saat ini gw bernaung dibawah bendera salah satu perusahaan outsource dengan inisial perusahaan “PT. MLS” dan ditempatkan disalah satu Bank BUMN besar yang berkantor pusat diSudirman. n gw ditempatin dikantor pusat Bank tersebut.
    penghasilan gw dipotong ma perusahaan outsourcing gw sampe 60% LEBIH , rinciannya sebagai berikut :
    gaji Pokok : 1.450.000,-
    uang makan : 11.000,- X 22 hari = 242.000,-
    tunjangan outpatience : 100.000,-
    total : 1.792.000,-
    Potongan : (biaya transfer, jamsostek, PPh dll) kurang lebih 90.000,-
    so… Total take home pay sekitar 1.700.000,-
    nah berdasarkan data yang gw dapet dari perusahaan tempat gw di”karyakan” oleh perusahaan outsource gw, mereka bayar gw (KE PERUSAHAAN outsource) sebesar 3.850.000,- mungkin elo pada nanya, darimana gw tau kalo Bank besar itu bayar segitu, soalnya…. ada temen gw yg kebetulan satu bendera outsource justru ditempatkan dibagian finance yang setiap bulannya melakukan pembayaran kepada pihak outsourcing.
    nah…. kebayang kan…. berapa banyak yang disunat oleh perusahaan outsource gw itu.
    because of that…. GW SETUJU BANGET KALO OUTSOURCING DIHAPUSKAN KARENA POLA KERJA OUTSOURCING ADALAH BENTUK BARU DARI PERBUDAKAN MODERN, DIMANA PEKERJA MENJADI BUDAK DAN DIHISAP HABIS2AN OLEH PERUSAHAAN OUTSOURCING.

    korban MLS

    Juli 8, 2008 at 8:41 am

  29. perusahaan outsource adalah perusahaan yang haram berdiri…makan hak orang dan mencari keuntungan dari kesusahan orang

    Paschaliazie

    Juli 12, 2008 at 7:41 am

  30. Saya juga bekerja di salah satu perusahaan Telekomunikasi dan bernaung dibawah salah satu outsourch yang ga profesional.saya bekerja sebagai call center dan sebagai pekerja saya merasa terlalu sering dibohongi kalau masalah gaji dan saya sempat mengklarifikasi berulang-ulang tapi tidak ditanggapi dan yang akhirnya mengakibatkan saya emosi dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas kepada para staff outsourch baru kemudian gaji saya dibayarkan dan itupun masi banyak kekurangannya.
    Kemudian saya dipecat dan dipindahkan oleh perusahaan ke outsourch lain,tetapi tetap dengan kondisi yang sama.Sepertinya memang benar outsourch itu merupakan sistem perbudakan modern yang hanya akan membuat hidup sengsara.Saya berharap ada suatu tindakan dari kita-kita pekerja dari outsourch untuk membela hak-hak kita.Tapi entah kapan kita tidak tahu…
    Mudah-mudahan secepatnya semuanya akan berubah.

    ERIK

    Agustus 9, 2008 at 5:28 am

  31. sy lagi nulis makalah ttg outsource nih…
    bisa tolong di bantu kasih masukkan dan data2 ga ya??

    bubu

    September 10, 2008 at 9:11 am

  32. saya bekerja di dibawah naungan pt.pln bagian os baca meter selama 2.5 tahun, akan tetapi tiap bekisar 4 tahun itu ganti nama perusahaan yang jadi os. apakah itu wajar…? bagimana dengan nasib para buruh os ini? terus tolong dikasih undan-undang tentang ketenaga kerjaan ….

    terimakasih

    any

    Februari 12, 2009 at 4:13 am

  33. salam kenal mas anjar
    saya jadi tenaga outsource dah dari 2005 sampe skr. trus 1 thun terakhir ini dah pindah ke perusahaan lain (tetep outsource juga) yang aq tau pemotongan gajinya sampe 50%. misal kantor dapet 2 saya cuma dapet 1. Bodoh bgt ya aq :(

    guest

    April 1, 2009 at 3:17 am

  34. salam kenal,
    teman-teman pada dasarnya perusahaan outsourcing itu berdiri memiliki landasan hukum, dan setahu saya landasan hukum itu telah diuji secara empiris baru kemudian di undangkan. Saya melihat ada pro dan kontra dalam pelaksanaannya dan yang lebih menyedihkan lagi adalah ketika para calon tenaga kerja menyetujui untuk bergabung dengan persh.outsource demi mendapatkan kerja dan stlh bekerja mulai complaint dengan perusahaan yang menempatkannya tersebut, MASUKAN… seharusnya sebelum memutuskan utk bergabung coba pelajari dengan baik kontrak dan aturan main dari kesepakatan dengan persh. yang menempatkan anda sehingga dalam bekerja lebih legowo & berkat semakin banyak, atau kalau kita merasa mampu silahkan mengirimkan lamaran langsung tanpa mengguna jasa persh. outsourcing.

    robert

    Juli 6, 2009 at 4:11 am

  35. kalo saya sei malah dipotong 40%..Buset dah memang.padahal saya outsourceny di bank plat merah.

    outsource

    Juli 20, 2009 at 11:28 am

  36. Saya tidak punya pengalaman baik sebagai PT.outsourcing ataupun bernaung dibawahnya, hanya ingin memberi pendapat yg mudah-mudahan bermanfaat….

    – Perhatikan dan cermati seluruh isi perjanjian
    SEBELUM kontrak kerjasama ditandatangani, karena
    segala resiko dari keputusan yg kita ambil menjadi
    tanggung jawab kita….

    – prosentase pemotongan harus jelas penjabarannya :
    pajak pendapatan, asuransi, insentif, dll

    – potongan yg diambil perusahaan outsourcing sah-sah
    saja, bila memang sudah merupakan kesepakatan
    bersama….

    masih banyak lagi ketentuan mengenai kewajiban dan tanggung jawab masing-masing pihak, baik pegawai maupun PT.outsourcing

    Jadi kesimpulannya,
    dalam segala bentuk kerjasama, masing-masing pihak harus benar-benar memahami tiap butir perjanjian, yg kemudian menjalani kewajiban dan tangung jawab masing-masing pihak.

    jangan ragu utk bernegosiasi atau menolak kerjasama tersebut, bila merasa dirugikan.

    Hindari keluhan SETELAH perjanjian ditanda tangani, terlebih lagi bila kita sudah menjalankanya dan merasakan manfaat dari kerjasama tsb…namun masih saja mengeluhkan dan merasa dirugikan, karena hanya akan menjadi beban pikiran yang secara negatif akan mempengaruhi kinerja dan produktifitas kita yang pada akhirnya merugikan diri sendiri.

    manfaatkan segala peluang yang ada walaupun hanya sementara, jangan keluhkan apa yang kita peroleh…sebaliknya syukuri karena kita masih mampu memiliki dan menikmatinya….karena masih banyak orang disekeliling kita yg sampai saat ini, hanya mampu bermimpi untuk segala yang kita miliki sekarang….

    tidak pernah ada keputusan yg salah, selama kita tahu kemana tujuan & arah melangkah.
    Tetap berharap, Berdo’a dan Berusaha ….agar hidup kita menjadi lebih baik dikemuadian hari….

    Wassalam…
    Dinan F Martalogawa

    Dinan

    Oktober 8, 2009 at 2:59 am

    • Setuju sekali untuk menghitung dahulu untung dan ruginya , karena semuanya akan kembali kediri kita masing2 saat bekerja nanti .

      Baron MK

      September 10, 2011 at 7:50 am

  37. salam…
    ak kerja di perushaan elektnik, baru setahun terakhir aku d angkt jd pegawai..
    tapi memang g bnyk beda sih…cuma di kesehatan klaim yg tadiny 50% jadi 80 %..
    kerja dah hmpir 6 tahun..gaji 1.6-1.7..huxhux

    umay

    Desember 1, 2009 at 9:34 am

  38. saya pengelola outsourching, sebenarnya pada salary pegawai outsourching nggak ada potongan.
    1. gaji pokok
    2. Jamsostek
    3. THR
    4. Jaminan kesehatan

    semua dibayar perusahaan ke pengelola Outsourching, untuk gaji pokok dikasih setiap bulan., jamsostek dibayarkan. THR dibayar per bulan atau per tahun, jaminan kesehatan dikelola jika ada yg sakit.

    Nah…pengelola outsourching HANYA BERHAK atas FEE MANAGEMEN, yang besarnya 10-20% dari nilai gaji pokok. tergantung nego antara pengelola dan pihak perusahaan.
    nilai fee managemen yg 10-20% diberikan diluar gaji kary outsourching jadi gajinya utuh. dan mstinya TIDAK BOLEH MEMOTONG….karena sudah ada bagiannya sendiri yaitu fee managemen. bahkan dikudus cuma maks 10%.
    jadi kalo adaa perush kayak gitu yg mnotong ya ndak bener….

    hary

    Desember 7, 2009 at 6:33 pm

    • maaf,tp biasa’y mereka beralasan 1000 alasan untuk bisa mendapatkan potongan ..
      misalkan training kerja,seharus’y kan itu tanggung jawab perusahaan yang mempekerjakan “bukan” outsource’y ..

      docco

      Juli 26, 2010 at 10:14 pm

  39. ya lebih baik dihapuskan saja sitem outsourching coz kita khan udah nga idup di zaman penjajahan yang harus di pot fee tiap bulannya

    carlos simorangkir

    Januari 8, 2010 at 7:34 am

  40. Dear all,
    ini adalah kisah nyata yang saya alami, dulu pada tahun 2002-2006 sy adalah pegawai kontrak dari perushaan outsourcing terkenal, sy berpikiranpun sama, kenapa sy dipotong besar sekali, penasaran sy makin menjadi. Karena keingintahuan sy mengenai tarif karyawan kontrak akhirnnya sy bekerja di perusahaan outsourcing tersebut menjadi karyawan tetap. dan disitulah sy menyadari bhw sebetulnya tdk semua perusahaan outsourcing itu memotong gaji karyawannya, melainkan misal dari tagihan kepada pengguna jasa adalah Rp. 2.000.000,- maka rinciannya bukan 2jt trsbt utk karyawan kontrak melainkan :
    Gaji : Rp 1.250.000
    UMT : Rp 300.000
    Jamsostek: 4,24% x gaji = Rp60.000
    askes : 6% x Gaji = Rp 75.000
    fee : 10% x Gaji = Rp 125.000
    PPN 10% : Rp 180.000
    Jumlah tagihan Rp 2.000.000
    itu adalah gambaran dari perusahaan Outsourcing yg benar. Adapaun potngan itu dari Jamsostek utk jaminan Hari Tua biasanya 2% dari gaji dan itu bukan potongan melainkan tabungan hari tua dari jamsostek yg bisa diambil sewaktu2 diperlukan.
    Karena sy sdh mengetahui hal tsb akhirnya sy memberanikan diri utk membuka perusahaan outsourcing sendir bergerak dalam bidang Cleaning Service dengan moto outsourcing bersyariah.

    thx.
    reformasi outsourcing

    perusahaan alih daya

    Januari 17, 2010 at 9:39 am

    • Persyaratan usaha outsourcing butuh modal berapa ?
      Tank Jacko

      Jacki

      Agustus 6, 2012 at 10:48 am

  41. mas anjar, saya butuh info tentang nama2 prusahaan outsourcing di jakarta dan sekitar bekasi. sebab saat ini melamar langsung ke perusahan sangat susah buat D3 sperti saya. mohon usulannya mas.

    chandra

    Januari 24, 2010 at 7:45 am

    • membutuhkan karyawan outsourcing bagian marketing credit card shoping card… manara kadin Lt.2 permatabank Jl.rasuna said kuningan,Jkt seL… shinta hub.08988182797 (tlp/sms )
      datang langsung bawa cv.lengkap ketemu dengan/Inteview dn9an Ibu shinta,thanks

      shinta

      Maret 28, 2011 at 3:38 pm

  42. saya pengen tau dong perusahaan outsource yang “bener” .
    kalo ada tolong kirim ya ke http://www.docco88@gmail.com

    docco

    Juli 26, 2010 at 10:18 pm

  43. mohon infonya dong
    kalau outsoursing persada gimana tuh….?

    SETUJU OUTSOURCING KUDU DI HAPUS
    SANGAT BERBAHAYA…..

    jimmy

    Juli 30, 2010 at 1:43 am

  44. ada yang mau sharing ttg OS TEMPINDO?

    ira

    September 2, 2010 at 5:50 am

  45. selamat malam pa…mau tanya kisaran gaji outsource bank untuk front liner BRI??? mohon pencerahan

    Akhmad

    September 11, 2010 at 1:34 pm

  46. Salam kenal Pak Anjar, mau konsul nih.
    saya fresh graduate dari IT, bidang pogramming, saya coba nglamar jadi java programmer ke perusahaan IT yg jualannya core banking system (lokasi sequis plaza, sudirman), saya udah lulus tes, tinggal teken kontrak, waktu awal interview dia bilang kalo saya jadi employe dia, gaji saya 2,77 juta, 2 thn kontrak, 1 thn pertama ga dpt asuransi+tunjangan_transport+lembur, tpi 1 thn berikutnya dpt fasilitas sama kyk karyawan tetapnya. dan yg buat saya jadi gundah adalah, selama masa kontrak ijazah asli saya akan dipegang perusahaan…
    Kira2 menurut Bapak gimana ya ? apakah saya ambil saja ? soalnya ad juga temn saya di perusahaan lain yg kerja tpi ijazah SMUnya ditahan (izajah S1) blm keluar.
    Selain itu saya dapt panggilan kerja di BCA lewat Adicipta Inovasi Teknologi (outsource kayaknya) degna training 4 bulan, berhubung msh fresh bagaimana menurut bapak, tolong balas via email juga ya ? Trima Kasih Banyak.

    agung

    Oktober 2, 2010 at 3:58 pm

  47. makanya mas mba ,,kalau mau gabung ikut serikat kerja yg akan saya dirikan dimana akan saya bela untuk mendapatkan hak hak anada sepenuhnya..

    putra

    Januari 14, 2011 at 11:43 am

  48. Saya adalah pelaku Bisnis Outsourcing. Kalo bagi teman2 yang tidak paham maka sebaiknya jangan mengomentari mengenai outsourcing. Perushaan outsourcing tidak pernah memotong gaji karyawan. Kami sudah mendapat management fee dari perusahaan user. Tapi jika memang ada perusahaan outsourcing yng melakukan pemotongan maka itu adalah ilegal. Bukannya ngak boleh potong dari karyawan tapi di UU itu sebenarnya sudah di atur kok. So before give the comment, it is better check the data first.

    Joe

    Februari 26, 2011 at 10:18 am

    • salam, pak joe.
      Saya penasaran dengan sistem outsourcing ini, lalu saya browsing dan menemukan komentar2 ini. Beberapa komentar dari karyawan/ex karyawan berbeda-beda. Rasa khawatir tentu ada, karena saya juga sedang mencari pekerjaan. Komentar anda sama dengan beberapa pemilik perusahaan outsource di atas. Yang ingin saya tanyakan adalah:
      1. Apa sajakah hak-hak pegawai outsourcing?
      2. Apa sajakah yang harus diperhatikan ketika membaca kontrak kerja outsource?
      3. Apakah gaji yang diterima dari perusahaan adalah gaji bersih/ada potongan2 lain? benar2 tidak ada potongan, yang sudah diatur di UU?
      4. Berapa lama maksimum kontrak yang didapat dari perusahaan outsource?
      5. Keuntungan yang didapat jika bekerja di perusahaan outsource?

      Pertanyaan tersebut saya ajukan supaya semua yang ingin menjadi karyawan outsourcing menjadi paham, dan berhati2 dengan isi kontrak.

      satu lagi, pak joe. Bapak memiliki perusahaan outsourcing di bidang apa?.. siapa tahu saya bisa melamar ke perusahaan bapak.

      terima kasih

      anastasia

      Maret 3, 2011 at 3:47 am

      • outsourcing hrs dihapuskan

        bayangin az ada karyawan (red) outsourcing di bank terbesar di Indonesia cuman dpt gaji bersih Rp.1.400.000 an
        mau makan apa ?????
        spd motor, bensin, uang makan ditanggung karyawan tsb (red)lagi, mereka makan apa……???????
        gaji karyawan bank besar (outsourcing) kalah dari gaji pegawai koperasi simpan pinjam yg berskala sangat kecil, mau dibawa kemana negara ini…..?
        perhatikan hak rakyat kecil,….!
        Pemerintah ini makin bobrok azzzzz

        Bintang

        Mei 21, 2011 at 7:04 pm

  49. Bank BUMN (Bank tai)
    Bank yg memperkosa hak2 rakyatnya
    Profit dinikmati kalangan tertentu az
    bubarin az skalian

    Bintang

    Mei 21, 2011 at 7:08 pm

  50. outsorce tdk memihak rakyat, ktanya pemerintah mau mensejahterakan rakyat tp kk kebijakan nya membunuh rakyat. outsorce merupakan bentuk penindasan tenaga kerja,

    bagas

    Agustus 23, 2011 at 1:00 pm

    • apakah ada potongan gaji di dalam gaji bulanan???/ apabila saya tidak masuk gaji saya di potong. . .dan saya tidak di kasih cuti. . .
      menurut yg saya tahu itu dalam gaji bulanan gg da tuh namanya potongan gaji. . malah dapet cutu dalam 1 bulan itu. .

      cardilach

      Agustus 29, 2011 at 6:04 am

  51. Allah pasti sudah berikan yg terbaik u/ kita,,
    Berapapun itu, di syukuri pun menjadi lebih baik, sebab Rezeki bukan hanya Materi semata.. tp jauh lebih banyak dari itu dan lebih dari jalan yg itu pula..
    dsyukuri saja saat ini, saat dirimu berasa di zalimi, Tuhan pun Maha melihat smua usaha, semangat, letih dan doamu…
    sebab tiada yg sia-sia dalm hidup kecuali hanya berkeluh kesa..

    Adib

    Oktober 7, 2011 at 12:56 pm

  52. aduhhh.. aku baru liat demo yang d tangerang ttg pengapusan outsourcing..
    dan habis itu aku d telepon untuk panggilan interview d salah satu perusahaan outsource (padahal kmrn jga ikut intrview d 3 perushaan outsorce), trus aku browsing nyari ada apa dengan “perusahaan outsourcing” dan nemu kata2 diatas..
    jada GALAUUU.. jadi saya harus gmana nih???
    -_____-

    augustjapala

    November 17, 2011 at 9:31 am

  53. aduhhh.. aku baru liat demo yang d tangerang ttg pengapusan outsourcing..
    dan habis itu aku d telepon untuk panggilan interview d salah satu perusahaan outsource (padahal kmrn jga ikut intrview d 3 perushaan outsorce), trus aku browsing nyari ada apa dengan “perusahaan outsourcing” dan nemu kata2 diatas..
    jada GALAUUU.. jadi saya harus gmana nih???
    -_____-

    .yuii.

    November 17, 2011 at 9:33 am

  54. Ini gara-gara Megawati

    Fauzi Imam

    Januari 28, 2012 at 3:43 pm

  55. maaf pak,,,saya mau tanya,,,,gaji total untuk karyawan oursorch di bank bri,,kira2 berapa?thakz,,,

    yeyen

    Juli 11, 2012 at 3:45 am

  56. maaf mau tanya ada yg bisa kasih komen ga?? mending kerja di teller bank perkreditan rakyat yg dbwh perusahaan langsung apa kerja jd cc di bank swasta yg lumayan keliat di tipi tp lewat outsor?? terus mener ga sih ada outsor yang ga potong gajikaryawan? tapi mereka dikasih ‘v’ dr piha k3????mohos skali mas2 n mba2 bantu sy jawab ini ya? hatur nuhunnn

    cipuu

    Agustus 5, 2012 at 5:46 pm

  57. Tidak semua perusahaan OUTSOURCHING itu BIADAB menyunat gaji karyawanya, contohnya saja perusahaan outsource yg saya pimpin pendapatan,hak dan insentif karyawan perusahaan user sama koq dengan karyawan saya dan potongannya cma 2% per bulan. Itupun untuk Jamsostek.. Perusahaan Outsource mendapatkan keuntungan dari management fee yang dibyarkan oleh Perusahaan User, so buat rekan2 semua dari pada sllu kontrofersi dan berfikiran negatif dengan Pershaan Outsource lbih baik teliti dlu isi kontrak kerja tanyakan kepada perusahaan terkait masalah pemotongan gaji anda ( itu hak anda) sbelum anda bekerja dan akhirnya memaki maki semua perusahaan Outsource..
    salam sukses untuk anda semua……………………………………………………………………………………………………..

    Nick Sadjo

    September 22, 2012 at 6:53 pm

  58. bnyak OUTSOURCHING memepekerjakan karyawannya dengan cara multi job tanpa lmbur tanpa uang mkn , masa toh tukang gali kubur di suruh nerbangin pesawat (contoh)

    flex's

    April 21, 2013 at 5:05 pm

  59. Perusahaan Outsource mendapatkan keuntungan dari management fee yang dibyarkan oleh Perusahaan User, so buat rekan2 semua dari pada sllu kontrofersi dan berfikiran negatif dengan Pershaan Outsource lbih baik teliti dlu isi kontrak kerja tanyakan kepada perusahaan terkait masalah pemotongan gaji anda@ http://onaplioa.com.vn

    onapthanh

    Agustus 13, 2013 at 11:18 am

  60. kita jablai outsorching germonya… Depnaker kerjanya apa???? sadis asli sadis banget……

    yusuf

    Februari 1, 2014 at 4:13 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 488 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: