Anjar Priandoyo

Dimana mencari program magang terbaik?

with 31 comments

Salah satu masalah mencari pekerjaan adalah: hampir semua perusahaan mensyaratkan memiliki pengalaman kerja. Masalah ini cukup pelik mengingat freshgrad biasanya tidak memiliki pengalaman kerja. Hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan project-project saat kuliah, parttime dikampus ataupun kegiatan lain semasa kuliah. Tapi, kalau opsi ini tidak ada, ditambah dengan kemampuan akademis yang mungkin pas-pasan -sehingga sulit berkompetisi dikampus dengan anak-anak cumclaude. Maka strategi yang harus diambil adalah: Program Magang.

Program magang sangatlah menguntungkan, selain mendapatkan pengalaman kerja, kita juga bisa menjual nama perusahaan tersebut dalam daftar curriculum vitae. Pertanyaan kemudian, dimanakah tempat terbaik mendapatkan program magang ini. Berdasarkan pengalaman, tempat magang terbaik bisa didapat dari:

1. Audit Firm / KAP
KAP menjelang busy season (musim sibuk) mulai bulan Oktober, pastinya membutuhkan banyak tenaga untuk magang. Background yang dibutuhkan dari S1 Akuntasi walaupun beberapa KAP masih fleksibel dalam major ekonomi. Biasanya lowongan magang ini dibuka sejak bulan Juli/Agustus. Masa magang 3-4 bulan.

2. IT Project
Dalam bulan-bulan tertentu, perusahaan membutuhkan tenaga tambahan untuk project IT-nya. Tugas magang adalah membantu tim utama menyelesaikan pekerjaan. Bisa sebagai fungsi support ataupun fungsi utama.

3. (Civil) engineering project
Sewaktu pembangunan sebuah terminal, seorang teman bisa menemukan project ini sebagai tempat KP terbaiknya.

Problem seputar magang
1. Tidak ada koneksi dari kampus/senior
Koneksi dalam program magang memang penting, untungnya beberapa kampus sudah sejak lama membangun kerjasama untuk program magang ini. Sebuah perakitan mobil di bekasi bekerja sama dengan jurusan teknik untuk mengirim mahasiswa magangnya setiap tahun. Ini gampang, bagaimana kalau tidak ada koneksi?

2. Magang sebagai formalitas
Beberapa universitas yang punya ‘misi’ supaya ada campus-industrial link seringkali memaksakan program magang ini untuk semua mahasiswanya. Akibatnya, beberapa beberapa pekerjaan magang hanya formalitas. Datang, duduk, baca-baca dokumen terus pulang.

3. Perusahaan besar vs perusahaan kecil.
Dalam beberapa kasus, mencari perusahaan magang mungkin gampang. Contoh, mahasiswa dari Semarang mungkin akan mudah menemukan sentra industri tekstil raksasa di seputaran kotanya. Tapi apakah magang disitu sudah cukup representatif? atau haruskah si anak magang itu bekerja di perusahaan besar di Jakarta. Mana yang lebih penting? brand perusahaan atau pengalaman kerja?

Ada yang punya problem? sharing masalah seputar program magang?

Written by priandoyo

September 7, 2007 pada 4:28 am

Ditulis dalam Pekerjaan

31 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. [...] 1. Dimana mencari program magang terbaik? 2. Perlukah ikut rekrutmen di kampus? 3. Masih bergunakah program persiapan dunia kerja? 4. Apa yang harus kita lakukan bila telanjur menganggur? 5. Darimana motivasi job hunting anda? 6. Bilamana harus memilih diantara banyak pilihan kerja? 7. Networking tips untuk freshgrad [...]

  2. Poin nomer 2, Magang sebagai formalitas… ini perlu diperhatikan khususnya bagi pemagang/karyawan project trsebut, agar perjalanan magang nggak mubazir. Untuk itu pemagang harus menyadari bahwa ksempatan magang/mengerjakan proyek itu adalah saat di mana kita bisa unjuk gigi, kontribusi maksimal, tambah koneksi, ..dsb. Sehingga pemagang tanpa disuruh seharusnya bisa minta tugas2 tambahan atau misalnya menawarkan bantuan kpada bos agar tidak terjadi yg namanya “Datang, duduk, baca-baca dokumen terus pulang”. Ini hampir terjadi pada saya selama menjalani beberapa IT Projects di UT. Kalo saya ngga ngeluarin inisiatif, juga dngan didukung sama tman2…waa bisa jadi katak dalam tempurung saya ni.

    Poin nomer 3. Perusahaan besar vs perusahaan kecil.
    Masih blum tau mana yang lebih penting…brand perusahaan atau pengalaman kerja… Saya cuman mau share bhwa brand perusahaan benar2 memudahkan saya dalam mengincar lowongan2 baru di prusahaan besar yg kira2 setara dengan tempat saya bekerja (UT). Setidaknya CV saya dilirik dan paling ngga saya bisa mengikuti seleksi sampai tahap interviw user dan biasanya pngalaman kerja saya di UT itu yg jadi bahan prtanyaan bagi si interviewer.

    (….skarang tinggal mikirin gmana biar lo2s dari interviw2 itu, hehehee…)

    Olie

    September 7, 2007 at 6:32 am

  3. bener, program magang menurutku cukup penting, untuk tidak dibilang sangat penting. terutama bagi temen2 mhs yg bercita2 menjadi “kuli” selepas kuliah. tp mo jd bos sekalipun, tetap butuh yg namanya pengalaman kerja toh?
    pas ngerjain Tugas Akhir, malah dah 50% rampung, aku ikutan magang ato internship program di salah satu perusahaan swasta, yang bergerak di bidang otomotif (untuk tidak menyebut ASTRA. he..he…) selama 6 bulan, belajar yang namanya kerja. bener2 banyak belajar, mulai dari pake seragam kantoran, disiplin masuk jam 7 pulang jam 4 sampe belajar jadi anak kost (selama ini tingal di asrama Yayasan Orang Tua Makmur coy….!!!). yang jelas, aku usahakan selama dikantor bukan cuma jadi anak magang, tapi bener2 melebur dalam pekerjaan rekan2 kerja. kadang bantu orang lain seksi, kalo memang ada waktu.lagi ada tugas, sabtu minggu juga disikat. kesempatan disuruh presentasi, mau tugas ato apapun, jangan disia-siakan, buanyak banget slide yg disiapkan sampe bingung milihnya. liat atasan nganggur, langsung aja samperin, ajakin diskusi.
    akhirnya 6 bulan lewat, waktunya balik kampus buat sidang TA dan wisuda. eh, ternyata, ndilalahnya, begitu tau aku dah lulus, meskipun belum wisuda, tempat magangku dah manggil lagi,untuk ditawarin kerja. yah, daripada musti nyari2 kerja trus adaptasi lagi ditempat yang baru, terima aja toh??
    sampe sekarang udah 2 tahun aku ngantor di sini….

    mas_isnaini

    September 10, 2007 at 5:59 am

  4. nah ini dia lokasi kampus dan ikatan kampus mempengaruhi pilihan tempat magang yg asik punya.

    karena itu pilihlah univesitas yg handal untuk urusan ini, minimal yg city mindaed, mendekatkan kita ke dunia kerjaan dan bisnis.

    kalau kuliahnya di ndeso sepeerti saya di malang, atau di jogja yg bikin orang males lulus. rada repot memang dgn urusan magang ini.

    papabonbon

    September 24, 2007 at 7:28 am

  5. Berkaitan dengan magang,, jangan terlalu memaksakan diri buat cari pengalaman kerja lewat magang kalo tidak punya desire yang kuat serta base knowledge (dan yang terpenting chance yang lain) yang cukup buat magang. Contohnya saya sekarang magang di Toyota selama 5 bulan sebagai pelarian karena bosan dengan kuliah (tanpa maksud menyombongkan diri, saya begitu mudahnya dapat IPK 3,6 sehingga saya merasa tantangan di perkuliahan tidak ada). Akan tetapi saat masuk di tempat magang ternyata knowledge tidak terlalu memegang peranan penting malahan yang paling penting saat saya magang adalah penguasaan Excel untuk sistem pengolahan data. Saya cukup menyesal dengan semua ini akan tetapi ya harus saya jalani. Oleh karena itu coba tanyakan lebih detail kalo emang mau magang agar tidak menyesal setelahnya.

    Rohan

    September 26, 2007 at 9:38 am

  6. Magang di perusahaan BUMN juga sama, butuh koneksi.
    Saya pernah berpengalaman di suatu provider besar BUMN.
    Disana tidak diberikan sertifikat/surat pengalaman.
    Alhamdulillah.. sekarang saya bisa magang ditempat yang lebih enjoy meskipun tidak bonafit seperti di perusahaan BUMN tersebut.
    Saran untuk rekan-rekan, jangan dibodohi dengan mereka.
    Lebih baik bekerja di tempat yang enjoy buat kita dengan gaji kecil daripada tidak enjoy dengan gaji besar dan penuh kebohongan.

    Rays

    November 8, 2007 at 1:58 am

  7. Magang (saya di ISP) menjadi salah satu pilihan alternatif saya dalam memasuki dunia kerja dengan beberapa alasan :
    1. Banting stir
    Ceritanya berawal dari ngerjain TA tentang programming yang bikin “gumoh-gumoh” dan kapok membuat pilihan hati untuk geser jalur ke networking yang lebih minim programming.
    2. Memantapkan CCNA
    Ambil CCNA pun gara2 “gumoh-gumoh” tadi. Saya pikir tidak ada salahnya (klo tidak ingin bilang dianjurkan) buat freshgraduate untuk ikut internship/magang/dll terutama di field yang ingin digeluti.

    Ada yang mau ngasih saran selain inisiatif (seperti yang disampaikan Olie) to be Network Engineer or may be link Link Engineer ?

    Nr. Wahyudi

    November 16, 2007 at 4:13 am

  8. teman2 saya yang fresh dah ttd kontrak suatu prusahaan

    tapi karena masa kerja masih lama, maka skalian nyari lagi

    masalahnya klo dah dapat yang lebih bagus maka akan lari walau dah ttd kontrak.

    anggapan teman2 saya ttd kontrak bagi fresh itu cuma nakut2i y??
    bener gak??
    klo kita lari walaupun sudah ttd kontrak apa akan dikejar polisi??
    ndak kan??
    mohon bimbinganyya??

    pw

    Desember 18, 2007 at 4:44 pm

  9. Saya numpang komentar juga neh….

    Skrg ini sy sedang magang di BI (3 bln) yg akan brakhir april nanti.

    saya stuju skali dgn problem sputar magang point 2&3. Memang benar sbelum magang kita harus bnr2 memperhatikan job desc nya dengan seksama; apakah sdh sesuai dgn harapan kita atau blom? Jgn sampai nanti setelah magang, kita tidak mendapatkan “ilmu”apa2. Karena itu perlu ada koordinasi dgn supervisor stmpt ttg harapan kita dan mereka.

    Saya lebih memilih kerja di perusahaan kecil tp enjoy drpd perusahaan bsr, tp mkn hati….

    olin

    Maret 25, 2008 at 5:50 am

  10. ikutan jg yahh…

    saya jg sama kya olin,..
    sekarang saya lagi magang di BI dan sedikit lagi sudah mau selesai…

    saya jg setuju dengan olin tentang job desc yang harus kita ketahui sebelum kita memutuskan untuk magang di tempat tersebut.

    saat ini saya sedang mengerjakan thesis saya, dan dalam kesempatan magang ini saya berharap mendapatkan banyak data yang dapat menunjang thesis saya, tapi nyatanya apa yang saya kerjakan tidak sesuai dengan apa yang seharusnya saya harapkan(kebetulan major saya banking & finance). saya tidak belajar banyak dari apa yang saya kerjakan di BI, karna memang apa yang saya kerjakan tidak sesuai harapan (saya hanya melakukan tugas administrasi)…

    untuk selanjutnya saya sarankan buat mahasiswa2 lain yang mau memulai magangnya, lebih baik di teliti dahulu job desc yang nti kamu kerjakan di perusahaan tsb, klo memang job descnya sesuai dengan kamu & kamu enjoy, take the job….

    gary

    April 4, 2008 at 9:10 am

  11. mau minta sarannya mas anjar
    saya mahasiswa IT di fakultas yg cukup ternama (hehe). saat ini saya berencana untuk melakukan kerja praktek (magang). saya diterima oleh conocophillips dan IBM. di conocophillips saya hanya diberitahukan bahwa saya diminta untuk datang pada tanggal sekian bulan sekian yg merupakan hari pertama saya kerja. saya juga diberitahu bahwa akan diberi uang saku, namun mengenai job desc saya masih belum tau juga. saat saya tanyakan, hanya diberitahu bahwa job descnya tergantung nanti bagian/user yang akan memakai saya. sedangkan di IBM, tidak dapat uang saku. sementara magang di ibm termasuk workshop, diskusi kelompok, dan tentunya ada job training juga. nah, saya bingung harus memilih yang mana. tolong pendapatnya mas anjar.. terima kasih..

    yudha

    Mei 27, 2008 at 4:23 pm

  12. @papabonbon: jogja bikin orang males lulus..??? benar sekali! huehueheheh..:-D

    acooljerk

    Mei 27, 2008 at 6:37 pm

  13. PERTANYAAN!!!

    ok aq skrg baru mw kerja praktek/magang sbg slh 1 persyaratan kuliahQ utk mengambil TA.

    Aq bingung mw mulai dimana utk mencari perusahaan yang dapat memberikan magang yg cocok utkQ.
    Aq jurusan IT, skrg posisinya di Yogya. Tp sebnrnya magang dimana aja di Indonesia g masalah…

    sebnrnya pengen cari yang bs mengajarkan aq sistem analis yg first hand gt… belajar dari buku punya banyak keterbatasannya. jadinya kl ada yg bs bantuin aq sangat di appreciated!! oya rencananya aq mw magang bln januari 09 tp aq jg sdr klo bth wkt utk apply.

    siapa pun yg punya info ttg magang di bidang IT bisa hubungi saya di i.marischa@yahoo.com

    ps. buat mas yudha… gmn seh dftr buat magang di IBM???

    9L4Dy5

    Juli 11, 2008 at 5:57 am

  14. Mo berbagi pengalaman juga negh, sekalian minta saran, aku sekarang mahasiswa semester 7 di salah satu PTS Ternama, sekarang saya masih menjabat sebagai asisten laboratorium di laboratorium untuk jurusan yang aku ambil “teknik informatika” nah kemudian saat komentar ini ditulis saya telah tandatangan kontrak magang di PT.TMMIN, tepatnya didivisi ISTD, yang sekarang sedang melakukan developing untuk suatu sistem, memang jobdesc yang digambarkan amat sesuai dengan jurusan saya, tapi saya masih juga bimbang, disatu sisi saya ingin sekali mendapatkan pengalaman dari perusahaan ternama ini, tapi disisi lain konsekuensinya adalah aku harus men-cuti-kan kuliah + melepas pekerjaan sebagai asisten laboratorium, sampai saat ini sudah 4 hari saya masuk magang masih juga belum mendapatkan pekerjaan yang digambarkan, saya cuma datang-baca dokumenetasi pengembangan sistem(tanpa bimbingan)-pulang… kira2 ada yang bisa ngasih saran gak apa yang harus saya lakukan…. kembali balik kuliah atau terus magang dengan konsekuensi yang tadi sudah saya sebutkan… lagi dilema neh…%$!^%^*@@!%&
    thanxs b4

    dq

    Agustus 19, 2008 at 9:14 am

  15. Buat dq…

    Kalo menurut aku sih, jalanin aja dulu yang udah ada… cuma 3 bulan kan? jalanin aja sampe 3 bulan, nanti kalo udah 3 bulan habis.. ya sudah.. hitung2 kan kamu dapet sertificat dari TMMIN, buat nglamar kerjaan.. yang terpenting di sesuaikan aja sama kondisi perkuliahan kamu…
    Mungkin sekarang memang belum dapet kerjaan, jadi sabar dulu aja… kalo awal2 memang begitu ko…

    Sabar yah…

    utie

    Agustus 19, 2008 at 9:28 am

  16. yaah namanya juga magang, baru 4 hari lagiii yaa belum ke main job laah,…. sabaar yaaaa,… tapi pengalaman di magang nanti pasti beda laah sama yg di lab

    jacky

    Agustus 20, 2008 at 1:20 am

  17. ternyata bnyak yg mengalami permasalahan yg sma seputar magang
    saat ini sy juga baru bener2 binggung dengan magang,berencana magang di perusahaan yg cukup bonafit jg tidak menjamin bahwa akan banyak ilmu yg dapat kita serap semntara perusahaan tidak mau rugi dengan mempekerjakan kita tanpa tandang bulu sesuai atau tidak dengan background kita.
    perusahaan kecil jg sama saja krn byk pengalaman dr yg terdahulu2 bhw mereka jg dipekerjakan tidak sesuai jalurnya.So,yg mna yg bisa jdi pilihan

    bagi kk2 yg pnya pngaalaman magang di KAP tolong dishare dunk,ma yg masih awam ini..

    ce_cupu

    Oktober 15, 2008 at 6:30 am

  18. pengalaman pas kerja praktek di kontraktor BUMN (konstruksi) juli – agustus kemarin, karena job desc nggak jelas akhirnya ilmu yang di dapat nggak banyak deh… terus akhirnya kita yang harus banyak nanya. Malah seharian kadang cuma turun di lapangan aja… nggak ke kantornya, karena nggak ada kerjaan di sana.
    Makanya, rencananya mau ngambil magang di kontraktor multinasional sebelum lulus kuliah…. biar banyak pengalaman.
    mohon info2 ttg magang kalo ada yang punya? Terus bisa nggak sih kalau kita langsung nembak, ajukan lamaran/proposal buat magang langsung?

    raka

    Desember 1, 2008 at 2:07 am

  19. Saya Fajri, mahasiswa Teknik Fisika ITB bidang Instrumentation & Control.
    Saat ini saya sudah tk.3 dan juga sedang mengajukan KP ke suatu perusahaan Oil & Gas (sebut aja TOTAL), Soalnya ingin tahu sistem kontrol disana dan permasalahannya. Tapi belum ada konfirm sampai sekarang. Emangnya susah ya KP di TOTAL.

    Gimana ya tipsnya supaya bisa diterima KP di perusahaan yang diinginkan.

    Atau ada rekan-rekan yang bisa bantu saya KP di sana.

    Fajri

    April 15, 2009 at 10:51 am

  20. Biasanya kalo mau KP di perusahaan gede macem TOTAL maka sebaiknya ajukan jauh2 hari sebelumnya. Akan lebih baik kalo punya koneksi orang dalam misal teman atau saudara.

    Regards
    Surip

    surip

    April 15, 2009 at 12:24 pm

  21. Assalamu’alaikum mas anjar

    Mas saya mau sedikit bertanya dan meminta saran..

    saya seorang mahasiswa yang *nyaris lulus dari S1 teknik Mesin UGM.

    Saat ini ada 2 opsi yang saya punyai

    yang pertama saya mendapat scholarship dari UTP(Univ teknologi petronas).
    Scholarship hanya mengcover tution fee saja.. akomodasi dan lain lain ditanggung sendiri

    sedangkan opsi ke dua adalah, saya magang di Pt. Mercedez benz Indonesia sekitar 6 bulan.

    Kondisi saya saat ini adalah saya kuliah kurang lebih sekitar 11-12 semester. jadi nyaris 6 tahun *bukan waktu yang singkat dan bukan hal yang membanggakan saya rasa.. :D

    Menurut mas anjar jika menadi saya, opsi yang mana yang diambil dan sekiranya menjadi batu loncatan yang baik untuk nantinya???

    Yg terakhir, Magang dapat uang saku dan akomodasi tidak? kalo dapat sekitar berapa? dan ada negoisasinya tidak??

    terimakasih..

    Salam
    habib :)

    Habib

    April 24, 2009 at 1:32 pm

  22. saya mahasiswa semester 4, lagi nyari2 KAP yang nerima magang selama 1 bulan nih..
    kira2 KAP apa aja ya yg buka magang n alamatnya dong buat KAP yg ada di sekitar jakarta selatan.

    makasi sebelumnya

    Christine Juniartha

    Mei 7, 2009 at 3:03 pm

  23. berbagi pengalaman:
    selama kuliah sudah 2 kali saya magang ditempat yg brbeda. kali pertama dan kali kedua punya maksud dan tujuan yang brbeda. yang pertama memang karna motivasi dr dlm diri sbg mhsiswa smster 4 untuk lebih tau keadaan sbnarnya di industri itu sbnarnya seperti apa. Dan untuk yang kali ke2 adalah tuntutan status saya sebgai mhs. tingkat akhir yang hrs mencari data untuk kpntingan skripsi.
    Masukan dr saya:
    1. KENALI PERUSAHAAN : lebih baik magang di perusahaan besar yang notabene adalah sudah bersertifikat iso. anda dapat belajar mengenai sistem,pengendalian,improvement, management disana. untuk nantinya dapat anda jdikan rfrensi ketika anda berada di prsahaan yang sedang brkembang. Tentu pengalaman anda jg menmbah nilai anda ketika melamar diperusahaan yg sjenis.
    2. BEST RECOMMENDED: Tanyakan, atau gali informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan dari teman, senior atau dosen yg tahu atau pernah magang disana. informasi dpt berupa kebjkan perusahaan tersebut trhadap mhs. magang seperti makan, uang transport, jm kerja, pembimbing dsana dll. Buat dan tanyakan kesepakatan sejak awal dgn SDM/Hrd mengenai makan,transport agar tidak rancu.
    3. Self Positioning : kenali posisi anda di tempat baru anda. (anda SIAPA ?). Bersikaplah bagaimana anda sebagai orang baru, kenali karakter orang2 disana supaya anda lancar berkerja dan disenangi oleh para pkerja disana.

    http://mariopascalis.co.cc

    mario pascalis

    Mei 8, 2009 at 3:22 am

  24. asya mahasiswa semester 7 jurusan akuntansi, ingin sekali magang di KAP,perusahaan industri dan bank,khususnya di Medan.
    Mohon infonya ke e-mail lelga_sihotang@yahoo.co.id.
    Terimakasih atas perhatiannya^_^

    ervinawati

    September 7, 2009 at 6:36 am

  25. ariya smester 7, berharap dapat magang di kap khususnya di cempaka putih, kelapa gading, & sekitarnya. mohon infonya ke email ariyas.wicaksono2gmail.com
    sebelum 7 sesudahnya terima kasih

    ariya

    September 10, 2009 at 3:51 pm

  26. ariya smester 7, berharap dapat magang di kap khususnya di cempaka putih, kelapa gading, & sekitarnya. mohon infonya ke email ariyas.wicaksono@gmail.com
    sebelum & sesudahnya terima kasih
    maaf 2x..*_^..

    ariya

    September 10, 2009 at 3:55 pm

  27. saya mhs smter 7 teknik mesin, konsentrasi energi, mohon info perusahaan buat magang, kl bs di pjb n indonesia power yang sesuai dengan konsentrasi saya energi.makasih

    andika bayu perkasa

    September 28, 2009 at 12:18 pm

  28. tolong info magang untuk teknik mesin,maksih

    andika bayu perkasa

    Oktober 3, 2009 at 1:22 pm

  29. Saya Rizka mahasiswa Teknik Industri, ingin mencari tempat untuk KP. pengennya sih magang di BI, buat yang udah magang di BI, gimana caranya ya?? emang biasanya kita harus apply berapa bulan sebelumnya ya?? thnks for the answers

    Rizka Britania

    Desember 25, 2009 at 3:13 am

    • yailahh anak teknik industri magang di BI..mending cari-cari industri apa gitu buat tmpat magang.skalian benahin industri dalam negeri juga lah..hahhah
      di BI cuma bgtu2 aj,cuma disuruh fotocopy dll.krna byk yg ga boleh diketahuin lah,wajar aj secara itu bank sentral kan.

      siska

      Juni 30, 2012 at 1:47 pm

  30. Ass….
    Mas saya mau cari info tentang magang di BI.
    saya eki jurusan T.Informatika.saya dapat tempat magang di BI.
    kira2x klw saya magang di sana apa saja yg harus saya kerjakan! dan biasanya dri pihak bank itu sendiri ngasi tau gx ap2x yg hrus saya kerjakan.soalnya saya masih bingung. dan untuk membuat laporan saya ke kampus nanti kira2x ap yg saya butuhkan dari tmpat saya magang.
    mohon bantuan dan info nya ya mas…..
    sblumnya terima kasih….

    Eki

    Juni 14, 2010 at 7:39 am


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 475 pengikut lainnya.

