Anjar Priandoyo

Tujuh tips handal bermain golf

with 61 comments

“Hah, jadi kamu belum pernah main golf?”

Paling tidak ini sedikit tips supaya ‘pinter’ main golf.

1. Terlahir sebagai anak caddie,
Terlahir sebagai anak caddie, tinggal dekat lapangan golf mungkin tips terbaik untuk menjadi pemain golf yang handal. Tiger Woods adalah contoh terbaik untuk tips ini, lahir dari pasangan Afro Amerika-Thailand, Tiger sejak kecil sudah dilatih golf oleh sang ayah.

2. Belajar swing pertama umur 5 tahun,
Driving range umumnya diisi orang yang ‘tua’ dan anak-anak kecil. Anak-anak kecil ini kelak akan menjadi pemain golf yang handal. Panjang lingkar perut anda menentukan kualitas swing yang dihasilkan. Seperti dalam terminologi olahraga manapun: ‘lebih cepat dilakukan lebih baik’.

3. Punya tetangga penggemar golf,
Tetangga, memungkinkan anda berangkat ketempat golf bersama-sama (baca: nebeng). Tetangga, paling tidak meyakinkan istri anda bahwa anda berangkat bersama si tetangga memang untuk bermain golf. Bukan ketempat-tempat yang aneh-aneh.

4. Punya teman kantor penggila golf,
Golf itu olahraga pagi, tee off untuk turnamen dilakukan jam 5.30. Driving paling menyenangkan juga dilakukan pagi hari. Dengan punya teman kantor penggila golf, paling tidak jadwal untuk bermain golf sudah disesuaikan dengan jam kantor. Iya kan, kecuali kita eksekutif tingkat tinggi yang fleksibel waktunya.

5. Punya sahabat pencinta golf,
Swing pertama anda mungkin sangat memalukan, mungkin butuh berkali-kali latihan untuk melihat bola hanya meluncur 10 m, sementara anak kecil disamping anda sudah melambungkan bola golf entah kemana. Sahabat baik memungkinkan anda mencintai golf lebih cepat.

6. Punya (life) consultant juga pengagum golf,
Golf is a game of controlled emotion, golf is a game of confidence, golf is about integrity, about honour. Dan segala jargon-jargon populer lain tentang golf. Pelajaran-pelajaran awal tentang golf adalah pelajaran tentang prinsip-prinsip kehidupan. Golf paling tidak mengajarkan kita untuk percaya diri dan menghargai orang lain. Dalam banyak hal, nilai-nilai dalam golf bisa membantu kita menjalani hidup lebih baik. Atau sebaliknya, dengan hidup yang lebih baik kita bisa memainkan golf dengan lebih cantik.

7. Punya istri yang mengerti bahwa suaminya mulai mencintai golf.
Golf is very time consuming, paling tidak kalau harus mengikuti turnamen. Tapi, pun hanya meluangkan waktu sabtu/minggu untuk sekedar driving. Buat beberapa orang, melihat suaminya pergi ‘bersenang-senang’ bisa jadi membuat suasana jadi kesal. Dukungan istri, sudah dipastikan membuat pikiran anda lebih tenang dan swing pun menjadi lebih baik.

At last, golf is all about relationship.
PS: Terimakasih untuk Pak Taufik, tips nomor 3-6 ditujukan untuk Bapak. Terimakasih untuk pelajaran tiap sabtu/minggunya. Nda, makasih ya.

About these ads

Written by priandoyo

September 10, 2007 at 1:11 am

Ditulis dalam uncategorized

61 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mungkin yang ke delapan:
    Punya anggaran khusus perbulannya untuk main golf.

    adis™

    September 10, 2007 at 10:27 am

    • wah ada yang lagi bahas tentang golf neh,, ikut gabung ya, mari kita tingkatkan mutu Golf Indonesia.

      golf indonesia

      November 23, 2010 at 6:52 pm

    • kalau Anne mending terlahir dari konglomerat , yg punya segalanya utk bermain golf !

      praptono

      Oktober 8, 2011 at 5:05 am

  2. “Tiger Woods adalah contoh terbaik untuk tips ini, lahir dari pasangan Negro-Thailand”

    Waduh…. bahasanya.. Negro itu bagi mereka dianggap menghina lho.. mengesankan rasis..
    African-American is more appropriate one.

    anjar: ok mas konsultan, saya perbaiki :) mohon maaf ya

    back to the topic: golf itu mahal juga di peralatannya dan green fee (kecuali kalo dibayarin). Belajar golf dari kecil juga costly karena begitu tubuh meninggi/membesar, mesti ganti stick.
    apalagi Indonesia, sebelum maen banding2in stick dulu.. brandnya? beli dimana? shaftnya nippon made bukan? capee dehh..

    konsultan

    September 10, 2007 at 7:01 pm

  3. untuk tahap awal belajar golf jangan bergantung pada brand. Pakai yg murah juga bisa krn tahap awal kita belajar How to right swing…….. sekarang sdh banyak anak muda yg suka golf dan semakin banyak dibangunnya lapangan golf maka akan semakin murah green fee-nya. Di Lapangan golf arcamanik kalau hari senin cuman 75ribu…..

    Nyungsep

    September 11, 2007 at 12:36 am

  4. sepertinya ini bukan olaharagaku, pernah beberapa kali nyoba2 di driving range atau di lapangan golf, tapi gak jatuh cinta :-D Mungkin saya terlalu katro dan ndeso….
    akhirnya tetep aja balik main bilyard atau bowling, atau futsal, hehehehe

    andrias ekoyuono

    September 11, 2007 at 4:04 am

  5. Aaah pas banget, aku baru ajah mencoba maen golf dan mulai jatuh cinta padanya.. :) It’s such an interesting sport, dan memang kuncinya yang paling penting adalah pengendalian emosi!

    si Tita

    September 14, 2007 at 4:01 am

    • kebetulan aku juga suka main sama temen temen kantor yg perempuan, pokonya yg penting jangan berpikir utk jauh dulu, yang penting bentuk dulu badan kita sesuai aturan dasarnya, jangan cepat nengok utk mau lihat hasilnya (jauhnya bola yg kita pukul) setelah kita memukul bula bola dan berusaha utk memforsir tangan kiri kita bergerak dan tambah speed dikit pada waktu stick mau menyentuh bola, terus aza lakukan mis : dari 5 bola yg kena berapa ini buat ukuran, kalau ada salah stop sebentar, lalu coba shadow dulu tanpa bola, baru mulai lagi yg penting control pundak kita agar posisinya sama pada waktu pertama dan siap utk mengayun, benar yg penting sabar aza ….

      raymond

      Oktober 7, 2009 at 10:04 am

  6. Halo Mba Tita, welcome to the club :)
    biasa driving dan main dimana nih?

    priandoyo

    September 14, 2007 at 4:18 am

  7. saya sempat tergila gila golf sampai 8 bulanan . main tiap minggu karena dibayarin…(he..he..). Tapi begitu project banyak banget yang harus ditanganin , golf mulai jarang , swing makin payah ..jadi malu turun kelapangan .
    Kayaknya drive gw makin kaco nih…tapi yang lebih kaco , temen yang gila golf sudah gak sekota lagi …Tips nomor empat cocok buat gw.
    AN

    Ary

    September 14, 2007 at 6:19 am

  8. i need to know which language is this then i want to know why not english . i didnt understand a single word .

    Poor Golfer

    September 15, 2007 at 6:52 am

  9. bahasa indonesia

    papabonbon

    September 17, 2007 at 3:54 am

  10. Paling penting menurut saya poin no. 7 hehehe…
    Kalo tee off pagi trus istri juga ikut bangun dan sambil senyum manis menemani menikmati minuman hangat sebelum pergi… udah pasti maen bagus! Kalo mau pergi doi cemberut… huaaa ancur deh game hari itu…:-)

    Maen bareng Mas…

    anjar: hahahaha, betul, setuju banget. boleh boleh, ayo mas fnovianto. biasa main dimana nih?

    fnovianto

    Oktober 17, 2007 at 3:23 pm

  11. [...] Paling penting menurut saya poin no. 7 hehehe. Kalo tee off pagi trus istri juga ikut bangun dan sambil senyum manis menemani menikmati minuman hangat sebelum pergi. udah pasti maen bagus! Kalo mau pergi doi cemberut. Huaaa ancur deh game hari itu :-) Fnovianto, Tujuh tips handal bermain golf [...]

  12. Numpang lewat…

    Saya mau sharing tentang olah raga golf tentang filosofi dan suka dukanya……

    Golf oleh sekelompok orang yang filosofi minded ,singkatan dari: Game Of Living Filosofi…(Permainan Tentang Filosofi kehidupan..)..
    Mengapa demikian? Karena olahraga golf, rule oif the game nya dibuat sedemikian rupa seperti layaknya perjalanan dan perjuangan karier/kehidupan manusia …
    Mulai Tee Off/ start dari Hole 1 sampai hole 18 atau 36, setiap golfer harus ikut dengan berbagai aturan yang harus diikuti, ada larangan, ada pinalti dll…olahraga golf penuh dengan tantangan, trial and eror…harus mampu mengendalikan emosi, harus menguasai strategi, taktis dan teknis permainan….juga yang paling penting adalah latihan kejujuran….
    Kalau hanya dilihat dari segi biayanya, memang mahal…tapi kalau kita gunakan untuk belajar mengikuti aturan, teliti, hati hati, selalu berbuat jujur, belajar strategi, taktik dan teknis permainan yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari/karier, saya rasa cukup seimbang…
    Dont judge the book from the cover…jangan berani menilai manfaat golf sebelum berhasil menjadi single handicap….karena anda masih baru peninjau yang belum profesional..
    Saya sendiri bermain golf selama sekitar lebih dari 30 tahun, paling top hanya sampai single handicap, belum bisa pro…itupun handicapnya turun naik….

    Untuk saya, golf adalah Game Of Living Filosofi…dengan berolah raga golf, saya jadi tidak mudah putus asa dalam mengalami kegagalan hidup…karena belajar banyak dari kesulitan berolah raga golf…..

    tirtaamijaya

    Oktober 26, 2007 at 6:35 am

  13. Saya cocok dengan nomor 2 & 7 mas Anjar :) …kebetulan kedua ortu hobi Golf…jadi saya sudah jatuh cinta dengan olahraga ini dari kecil…
    Mau nambahin, selain Filososfi Golf is about management…karena bukan olahraga murni tetapi terdapat unsur seni seperti ilmu management…
    Ada buku bagus mengenai Golf & Management yang berjudul “Think And Success With Golf” karyanya Ping Hartono (Practical Management Tools)…dibaca deh karena didalamnya banyak Filosofi, Strategi, Taktik & ilmu manajemen seperti Planning, Organizing, Acting, Controlling & Evaluating :)

    Dewa

    Oktober 29, 2007 at 8:22 am

  14. di mana nak dapatkan buku mempelajari permainan golf dalam bahasa melayu?

    orang sabah

    November 8, 2007 at 2:28 pm

  15. Lo mo maen golep ntar lo akui jadi permainan bangse lo? lo maseh belom cukup ngaku majapahit pusatnya di KL? lo bangse gile lo ye

    MALINGSIAL o

    November 8, 2007 at 2:39 pm

  16. Lo tu ye… ngapain ke negri gua? mo maling?

    MALINGSIAL blo

    November 8, 2007 at 2:42 pm

  17. di mana nak dapatkan buku mempelajari permainan golf dalam bahasa melayu?

    melayuo kono, nak!!!
    Golf bukan untuk Bangsa maling. Tak ganyang anumu ngko.
    TKI di Indonesia pada hamil diperkosa tuan tuan kayak orang sabah atau sabak atau asbak ini. TKI pada mati disuruh jadi slave di perkebunan kelapa sawit, udah gitu harga CPO harus ngikut malingsial. TKI jadi romusha dikebun sawit tanpa baju tanpa makan tanpa obat. Anjrit…. HUTAN KITA JUGA DIMALING MALAYSIA di perbatasan Indonesia dan Malingsial banyak truk ngangkut pohon dari hutan NKRI, dasar Maling. Udah gitu kalo ada pemanasan global kita yang disalahin… dasar MALINGSIAL

    Ghen d

    November 8, 2007 at 4:47 pm

    • Jangan salahin malingnya. Salahin yang jadi satpam yang kerjaannya bukannya menjaga malah menjarah (a.k.a. korupsi).

      Turunin lah rezim SBY ini. Rezim tukang cari untung dan image doang..

      Betta

      Februari 25, 2012 at 12:06 pm

  18. rujak

    November 9, 2007 at 8:45 am

  19. Saya setuju dgn tips no 4 dan 5…krn saya tertarik mencoba golf krn punya seorang sahabat dan beberapa teman kantor yang senang bermain golf :)

    Buya

    November 13, 2007 at 10:54 am

  20. Para golfer yang baik…
    Mau numpang tanya, gimana sih cara dan syaratnya untuk menjadi pemain pro ?
    Kok di turnamen-turnamen asia ndak ada pemain dari indonesia ya…
    di Viet Nam Master kemarin 22 – 25 Nov 2007, ada orang Myanmar lho…indonesianya ada nggak ya?
    Kira-kira berapa biaya untuk ikut turnamen-turnamen internasional (asia), caranya juga bagaimana untuk ikut turnamen tersebut ?

    Maaf banyak nanya…untuk menambah informasi saya dalam rangka menyiapkan anak untuk bisa menjadi pro.

    Terimakasih banyak bila ada yang bisa

    enur

    November 26, 2007 at 8:26 am

  21. salam kenal, mau tanya nih dalam golf ada hole in one dan juga eagle..nah saya mau tanya kalo eagle dalam golf itu apa ya definisinya…terimakasih ya

    nanda

    Desember 4, 2007 at 6:37 am

  22. Eagle adalah dua pukulan di bawah par dalam memasukkan bola ke satu hole.
    Hole in one yaitu memasukkan bola dari Teeing Ground ke hole dalam satu kali pukulan. Biasanya hole in one hanya terjadi pada hole ber-par 3.

    kabayan

    Januari 26, 2008 at 3:54 pm

  23. saya baca sembilan tips handal bermain golf di

    http://maulanusantara.wordpress.com/2007/12/19/sembilan-tips-handal-bermain-golf/

    tanggal yg disini lebih awal dari yg disono

    ivan

    Februari 26, 2008 at 10:17 am

  24. maaf ternyata disana sudah menuliskan sumbernya
    dan saya tidak teliti

    ivan

    Februari 26, 2008 at 10:26 am

  25. GOLF: Gentlemen Only, Ladies Forbidden
    itu saya baca dimana ya dulu…
    sorry no offense hehehe

    Fajar

    Februari 26, 2008 at 11:41 am

  26. Duhhhhh…gw yg baru belajar golf sebulan udah hampir putus asa nih. Ada aja yg salah, mulai dari cara megangnya, posisi berdiri, sampe cara swing…bolanya sampe kadang cuma mental doang :p. Dimana siy kursus golf yg bagus biar pukulan gw ga malu2in ?

    Indry

    Februari 28, 2008 at 4:59 am

    • saya kenal pelatih golf pro harganya murah dia ada di driving range by pass cara mengajar sangat baik harganya per jam Rp 100.000 ,- namanya pak soleh no HP nya 081314075361 cara melatih dasar bermain golf nya sangat bagus dia akan mengkoreksi setiap gerakan kita yg salah dan secara gampang akan mengkoreksinya sehingga kita tidak salah lagi pada gerakan dasarnya ini yg penting …selamat mencoba bos ….(dia sempat mewakili indonesia di kejuaran junior)

      raymond

      Oktober 7, 2009 at 10:15 am

  27. Sdr. Indry
    Saya berlatih golf hampir 1 tahun, tapi masih belum bisa dan badan sering sakit
    golf haru berlatih bukan sekedar belajar,
    bila badan saya sakit istirahat 1 bulan dan saat berlatih lagi bisa memukul lebih baik ( tahu kesalahan sebelumnya)
    target saya adalah 10.000 bola driving dalam 1 tahun ternyata gagal, tapi yang saya dapat, adalah pola pikir dan kerja saya jadi lebih baik
    jadi saran saya berlatihlah
    buat target untuk berlatih
    jangan terlalu ngotot belajar wood 1, secara teori hanya dipakai kurang dari 15 kali dalam 18 hole
    maaf saya hanya sekedar share pengalaman pribadi
    untuk golfer yang handal mungkin bisa kasih pelajaran
    salam,
    ivan

    ivan

    April 6, 2008 at 5:48 am

  28. Saya berlatih driver dari dulu sampek sekarang kok masih ke arah kanan terus, gimana ya cara untuk mengatasinya?
    Apalagi kalau pukulan putting mesti meleset terus dalam jarak 1 stick atau jarak tembak.
    maaf saya hanya sekedar share pengalaman pribadi
    untuk golfer yang handal mungkin bisa kasih pelajaran ^_^

    Yudha

    April 10, 2008 at 5:19 am

  29. tips nya dijabarkan lebih detail lagi donk :)

    Herman

    April 21, 2008 at 2:28 am

  30. Jadi pengen belajar golf.

    Golf Invest Tool

    Juni 13, 2008 at 1:22 pm

  31. Bagi yang ingin ikut turnamen golf hub 0817 996 4600
    tersedia hadiah menarik.
    grand prize 1 unit motor, hole in one mobil, dan hadiah lucky draw menarik lainnya (Ticket pesawat ke bali PP, TV, Kulkas dll) event 15 Februari 2009 Padang Golf Halim 2

    Ibnu

    Januari 31, 2009 at 3:36 am

  32. Mas, saya sudah sering driving dan sdh 3x coba turun, tapi masih jauh dari enak mainnya, suka ga konsisten apalagi kalo udah mulai cape .. Punya rekomendasi pelatih yang bisa di senayan or SCBD hari kerja (niat mo nyuri2 waktu pas jam istirahat) hehehe.. thanks ya mas …

    Shinta

    April 17, 2009 at 2:44 am

    • mudah mudahan pendapat saya engga salah ya mba kayanya memang mbak shinta harus nambah latihan fisik karena kalau baca email mbak sebetulnya pukulan mbak konsisten tetapi karena capek jadi tdk bagus karena perasaan saya pada waktu cape mbak akan memaksa menambah tenaga utk memukul bolanya sehingga control pada jarak pukulan sudah pasti tidak teratur karena kalau tidak salah bermain golf itu sebetulnya cukup melakukan gerakan yg soft saja dan biasanya lebih konsisten hasilnya, karena kalau melihat pegolf wanita di turnament PGA mereka melakukan swing dengan lembut dan bolanya sudah jauh terbangnya …atau perlu ganti stick HONMA mbak he he he ini stick canggih krn dgn memukul pelan bola sdh terbang jauh dan kalau tdk salah sdh tidak boleh dipakai di turnament tapi baru katanya mbak …ok selamat belatih fisik, mungkin naik sepeda dan menambah latihan beban di upper body selamat mencoba, mudah mudahan sukses mbak

      raymond

      Oktober 7, 2009 at 10:27 am

  33. kunci untuk jd golfer hebat harus sering latihan.

    jon harmann

    Mei 9, 2009 at 10:04 pm

  34. boleh di coba tuhh

    704n

    Mei 29, 2009 at 1:59 am

  35. saya caddy disebuah perusahaan besar dibidang industri,tp syk mn golf bisa dr melihat bapak2 mn golf,yg mau sy tanyakan bgm swing yg bagus. trim”s

    hamdani

    Juni 2, 2009 at 6:08 pm

  36. saya senang bermain Golf, minta informasinya, biar stabil pukulan harus driving berapa kali setiap minggunya, atau berapa bola yang harus kita pukul

    djoko s

    Juli 2, 2009 at 3:59 am

  37. Saya coba main golf karena sering dengar berita di TV
    Ternyata sangat sulit dan melelahkan karena pingin jauh
    Saat saya coba asal lurus ternyata hasilnya lebih baik, saran saya bila pemula seperti saya genggaman 3 jari kiri harus kenceng maka pukulan akan selalu kena pas, tidak akan toping atau pun grounding
    maaf saya hanya sekedar share pengalaman pribadi
    untuk golfer yang handal mungkin bisa bagi ilmunya ^_^

    umi latifa fitriana

    Juli 23, 2009 at 11:44 am

  38. Dear golfer,
    Saya punya suami yg hobiiii sekali main golf, memang pukulannyabelum bagus bgt, tp yg saya heran beliau bisa turun kelapangan hanya selang satu hari dalam seminggu, memang kami berwiraswasta jd lebih fleksibel.
    Yg ingin saya tanya, normalkah apa yg suami lakukan? Karena saya terus terang merasa dia agak keseringan,
    Memang dalam sikapnya sy lihat banyak perubahan, dari yg dulunya temperamen kini jd lebih sabar dlm menghadapi sesuatu.
    Mohon tanggapannya.
    Trims.

    allice

    Juli 23, 2009 at 10:59 pm

    • Menurut umi wajar dengan catatan tidak bikin anggaran rumah tangga minus dan waktunya ada (masih inget waktu)
      Dari pada dugem di cafe atau hal lain yang ga jelas
      Tapi golf ada sisi buruknya bila sudah mulai lomba ketangkasan karena hal diatas jadi besar
      (uang dan waktu yang diperlukan)
      1. mungkin akan ada taruan uang (judi)
      2. ingin coba semua lapangan yang ada didunia

      umi latifa fitriana

      Juli 25, 2009 at 10:42 am

  39. golf, ….
    saya merasa golf sebagai olahraga kehidupan…..
    dan sangat sesuai dengan perilaku pebisnis..
    dengan golf kita bisa tahu karakter sesorang
    risk taker, penyabar, culas, suka meres n dll.

    happy golf….

    biyan

    November 20, 2009 at 7:02 am

  40. Dear Pembaca,

    Pertama-tama saya ucapkan terimakasih kepada mas anjar yang sudah mulai membuka pembicaraan, dan berkembang menjadi pemaparan masing-masing individu dalam kaitannya dengan olahraga golf.

    Berikut adalah pengalaman saya mengenai olahraga golf.
    Saya mulai mengenal golf sekitar 2 tahun lalu, saat itu ada teman yang sudah mulai memainkan olahraga ini, kemudian mengajak teman-teman lain berjumlah sekitar 5 orang untuk ikut.

    Saat itu satu set stik dimainkan terkadang sampai lima orang di driving range (DR), dan itupun hanya seminggu sekali kami berlatih.

    Faktor keberuntungan mulai mendekati, saat kami berlatih di salahsatu driving range, seorang supervisor DR terebut memperhatikan, dan memperbaiki pukulan kami, akhirnya kami rutin berlatih seminggu sekali di DR tersebut dengan beliau, dan untuk tips biasaya seusai latihan kami beri uang sekitar 150 ribu (untuk bertiga, terkadang berlima) kami merasa dasar-dasar yang diajarkan sangat cocok dengan gaya kami.

    Saat berlatih tersebut beliau menyarankan untuk memiliki stik sendiri, akhirnya kami mencari stik-stik murah untuk dijadikan milik sendiri. Saya sendiri mendapat satu set iron kuno dari teman secara gratis, dan melengkapinya dengan bag, driver bekas dan stik rescue, hal itu saya lakukan setelah latihan selama setahun.

    Pada saat saya memiliki iron bekas, kira-kira 6 bulan setelah mengenal golf, saya sudah mulai berani bermain di lapangan, sekali-kali dengan supervisor tersebut meskipun hasilnya kurang baik, beliau tetap menyemangati.

    Karena memang saya menyukai golf, saya akhirnya mengumpulkan uang untuk menjadi member kartu discount green fee dan baru kesampaian sekitar setengah tahun lalu, dengan adanya kartu tersebut saya bertekad untuk dapat memainkan golf lebih baik.

    Sampai saat ini saya memiliki handicap sekitar 20, dan mulai mencari bahan-bahan untuk menambah keterampilan saya dalam memainkan olahraga golf, diantaranya dengan memiliki DVD practise oleh David Leadbetter. Saya berharap bisa memiliki handicap single tahun depan, dan beralih ke pro tahun berikutnya.

    Hal ini saya lakukan dengan kesenangan menjalankan serta keberuntungan yang menyertai, hal ini tidak dapat saya lakukan tanpa bantuan orang-orang terdekat dan waktu kerja saya dikantor yang fleksibel.

    Pengalaman saya mungkin berlaku hanya untuk saya saja, dan mungkin juga olahraga ini tidak cocok untuk sebagian orang namun berdasarkan uraian tersebut beberapa item yang diuraikan mas anjar ada benarnya.

    Saran saya untuk para pembaca mengenai olahraga Golf is …Just Do It, If you dont like just leave it

    Subhan Zaki

    November 25, 2009 at 3:22 am

  41. jangkrik juga web ini, web indonesia pertama yg nongol di google ternyata isinya nggapleki pol… malah ada bule yg nyengir… sak karepmu lah.. :-P

    aga

    April 12, 2010 at 3:09 am

  42. Belum kebayang brp budget yg hrs disisihkan dr kebthn anak sekolah…mending utk keluarga…filosofi golf utk filosofi hdp? Ga ada tuh dengar pengusaha sukses krn hoby golf, golf OR boros : boros uang, dan boros lahan…kasian warga sekitar yg lahannya dicaplok oleh pengusaha lap golf…akhirnya hanya jd tkg babat rumput…

    Edpra83

    Juni 25, 2010 at 8:15 pm

  43. Bermanfaat skali informasi dan commentnya, thanks! ;)

    uddyz

    Juli 22, 2010 at 1:49 pm

  44. om artikelnya saya copas buat tugas ya.
    makasih sebelumnya.hehe

    ramadhan

    Agustus 20, 2010 at 1:56 pm

  45. Mas Edpra83, memang ya kalo sudut pandangnya kesana, semua juga seperti itu. Tapi dari ratusan jenis olahraga di dunia semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengapa ada golf juga karena pasti ada filosofinya ketika diciptakan. Golf itu memang nyaman, viewnya bagus-bagus. Dan terus terang, ada beberapa orang yang menyukai permainan bermain sendiri, ada juga yang berkelompok. Ada yang sendiri tapi hasil umpan, ada juga sendiri yang murni sendiri. Semua akan terlihat ketika Anda mleihatnya lebih terbuka dengan perbedaan. Jangan terlalu menjudge orang seperti itu. Sepakbola juga mungkin olahraga sejuta umat, tapi juga liat hasilnya di negara kita? Anda bicara seperti itu terlalu emosi, sebelum bicara begitu, sebaiknya baca dulu koment2 sebelumnya, banyak yang benar kog…

    Penulis

    Oktober 29, 2010 at 10:06 am

  46. Olah raga Golf bagaikan wabah budaya dari perkembangan zaman yang harus diterima dan disiasati dengan bijak untuk dimanfaatkan segi baiknya.
    Memang golf menyita tempat strategis dan indah yang pasti banyak menggusur pemukiman atau lahan produktif, maka banyak protes dan penolakan dari pihak yang merasa dirugikan, hal ini terjadi diseluruh dunia, jadi mesti dimaklumi.
    Kita tidak perlu mempersoalkan bila proses pembelian lahan dan pembangunan lapangan golf dilakukan dengan harga yang wajar. Ini sama dengan pembangunan perumahan, hanya fungsinya saja yang beda.
    Namun bila yang dikorbankan adalah tempat suci yang punya nilai budaya atau sejarah tinggi, sangatlah tidak bijaksana dan ngawur. Saya kira golfer sejati juga tidak menghendaki hal tersebut.
    Sebagai contoh penggemar moge sejati tidak akan sekedar jual tampang atau merasa bangga bila bisa dikawal polisi dan bisa masuk tol. Penggemar moge sejati malah menganggap mereka yang berbuat begitu terlalu norak dan mencemarkan mereka.

    Golf oleh sekelompok orang yang filosofi minded ,singkatan dari: Game Of Living Filosofi…(Permainan Tentang Filosofi kehidupan..)..
    Mengapa demikian? Karena olahraga golf, rule of the game nya berupa peraturan dan etika yang dibuat sedemikian rupa seperti layaknya perjalanan dan perjuangan karier/kehidupan manusia …
    Mulai Tee Off / start dari Hole 1 sampai hole 18 atau 36, setiap golfer harus ikut dengan berbagai aturan yang harus diikuti, ada larangan, ada pinalti dll…olahraga golf penuh dengan tantangan, trial and eror…harus mampu mengendalikan emosi, harus menguasai strategi, taktis dan teknis permainan….juga yang paling penting adalah latihan kejujuran….
    Golf is about management…karena bukan olahraga murni tetapi terdapat unsur seni seperti ilmu management… dan juga golf melatih emosi, ketenangan, kesabaran, bisa untuk ngobrol santai, bertukar pikiran dan bisnis, disamping itu secara tidak langsung golfer juga melakukan terapi pernafasan di udara terbuka
    Dilihat dari segi materi, golf memang ekslusif…tapi bila digunakan untuk belajar mengikuti aturan, teliti, hati hati, selalu berbuat jujur, belajar strategi, taktik dan teknis, golf merupakan permainan yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari dan karier adalah nilai yang cukup fair…
    Golf sangat menyenangkan bila dimainkan bersama rekan, sahabat, mitra, bahkan dengan seseorang yang dikenal baru sesaat, bagi sebagian kalangan, kondisi ini sudah menyangkut psikologis.
    Keinginan bermain di lapangan yang ekslusif juga membawa kenikmatan tersendiri, setidaknya bisa berkata, “Biar skor jelek, yang penting puas.” Ada prestise tersendiri yang dialami golfer dengan sesuatu yang ‘eksklusif’, meskipun mungkin itu hanya ada dalam benaknya sendiri.
    Dengan menyimak hal diatas maka ayo membuat kegiatan rutin berupa acara golf bulanan yang diharapkan membawa dampak positip bagi peserta tentang filosofi hidup, management, relationship dan permainan golf itu sendiri, sehingga bermanfaat bagi kita semua baik dalam keseharian maupun karier. Waktu kegiatan diusahakan menyesuaikan dengan jadwal meeting
    Harapan dari kegiatan ini adalah memberikan semangat kebersamaan menjadi team yang solid sehingga keberhasilan kerja bisa diraih bersama

    manis sekali ya, itu tulisan saya tahun 2008, sudah hampir setahun saya berhenti golf karena dikhianati teman-teman golf saya sehingga kehilangan kerjaan

    ivan

    November 18, 2010 at 11:15 am

  47. saya baru mau belajar golf ….

    dani

    Februari 14, 2011 at 3:04 am

  48. tips yang bagusssss

  49. baru belajar golf juga, ga pake driving, langsung maen 9 hole. pertama kali swing, driver yang baru saya beli patah, hilang bola 2, tangan sakti, plus kehujanan. shock banget…

    dua hari kemudian, saya main lagi bersama 2 teman senior di dunia golf. pitching 10 m, saya swing sampe 50 m lebih….

    selanjutnya saya coba tenang, sabar, dan tidak gugup ataupun show off. ternyata pukulan saya bagus…

    saya tipikal orang yang tempramen, ketika bermain golf, saya berusaha sabar, strategis, tenang, jujur, dan visioner.

    biaya memang agak tinggi, tapi lebih baik daripada saya judi, mabuk, dsb.

    derry

    Januari 11, 2012 at 5:02 am

  50. Sayangnya saya tidak punya satu pun dr poin di atas! Haha!
    -_- saya cuma Mahasiswa yg ingin merasakan rasax bermain golf setelah kesasar k lapangan golf

    clumsyume

    Februari 19, 2012 at 1:30 pm

    • hahaha saran saya: COBALAH. tapi ingat bijaklah dan berusaha sendiri ya untuk dapat dana latihan atau bermain, jangan memberatkan orang tua anda. Salam

      steve

      Oktober 1, 2012 at 10:08 am

  51. This has been an entertaining read. I was not aware
    of many of the issues presented in the article.
    I have subscribed to your blog site. Looking forward to reading more articles from
    you.

    Brianne

    Desember 23, 2012 at 10:06 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: