Anjar Priandoyo

Unilever Indonesia, sisi lain?

with 101 comments

Atas permintaan teman-teman untuk membahas mengenai sektor consumer product (FMCG) berikut sedikit screenshot mengenai Unilever Indonesia

Career
Recruitment Manager
PT Unilever Indonesia Tbk
Graha Unilever Jl. Jend. Gatot Subroto kav. 15 Jakarta 12930
Recruitment.Indonesia@Unilever.com
Situs: unilever.co.id/id/ourcompany/karir/

Profil
Unilever Indonesia: Indonesia Most Admired Company, Jul’07.
Unilever Indonesia: Business Week #1 in Asia.
Produk: Toiletris (Rinso, Sunlight) Cosmetic (Sunsilk), Food (Taro, Sariwangi, Walls, Bango)

Sedikit komentar dari seorang rekan:
mas Anjar, dan rekan-rekan ada yang punya pengalaman kerja di Unilever. Aku dapet offering untuk posisi Territory Sales Supervisor nih, butuh info nih
1. Kira2 saat ini berapa ya range standar salary nya, kurang begitu mengerti nya soalnya saya sebelumnya selama 2.5 tahun ini bekerja di Perusahan yang bergerak di bidang Pembangkit Listrik,
2. Apakah experience saya sbg sales engineer selama 2.5 thn itu dpt dijadikan bergaining point,mengingat core bisnis perusahaan nya berbeda ato sy dianggap fresh lg=( ?
ditunggu kommet nya dari rekan-rekan semua, dan juga tips&trik nya sekalian

Mungkin ada yang ingin berbagi pengalaman seputar perusahaan ini?

About these ads

Written by priandoyo

Oktober 18, 2007 at 9:43 am

Ditulis dalam Pekerjaan

101 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Wah… ini menarik nih. Setahu saya, pengalaman kerja (biasanya) dihargai karena merekrut ‘anak baru’ kadang2 kurang menguntungkan bagi perusahaan. Dengan adanya pengalaman kerja, apalagi dengan adanya perkembangan karir di tempat lama, maka yang bersangkutan sudah melewati tahap ‘seleksi’ alam. Dan, ini yang membuat Unilever (mungkin) tertarik dengan yang bersangkutan.

    Masalah 2.5 tahun pengalaman sebagai engineer, itu tergantung. Engineer apa dulu, kalau dibandingkan kebanyakan 2.5 tahun rekan2 telco ternama di sini, sepertinya tawaran Unilever secara THP akan ‘kurang’ sedikit. Apalagi bila domisili yang bersangkutan sesuai lokasi kerja. But in the long run, Unilever memberikan prospek bagus. Training center untuk Asia Tenggara kalo gak salah (ya bener) terpusat di Jakarta. As #1 di Asia, biar kurang2 dikit pas baru masuk, saya si akan ambil kesempatan itu. Unilever bisa dibilang Citibank-nya FMCG, if you know what I’m saying…. :)

    lele MBA

    Oktober 18, 2007 at 11:00 am

  2. Hmm.. ULI biasanya melihat pengalaman sebelumnya yang serupa. Kalo berbeda sepertinya agak susah.
    AFAIK, ULI lebih suka rekrut fresh grad terutama untuk program MT-nya. Trust me, the salary is worth it :D

    Amir Karimuddin

    Oktober 18, 2007 at 6:05 pm

  3. Mau Gaji 1/2 ?

    Ya ke Unilever. Sekarang gajinya jauh tertinggal dibanding Telco. Sudah ngga jaman sekarang karier di FMCG. Explorasi bidang keilmuannya kalah tertinggal dibanding TELCO dan Consumers Oil & Gas yang mulai maju pesat sekarang.

    ferdi Bebas

    Oktober 19, 2007 at 11:35 am

  4. My Fren di ULI paling cuma connected ke subsidiary terdekat singapore dan thailand, plus sedikit jalan-jalan sama distributor. Nah kita selalu visit learning, explorating, and benchmarking terus tuh ke operator2 hebat di seluruh dunia.

    ferdi Bebas

    Oktober 19, 2007 at 11:39 am

  5. @ ferdi Bebas

    Soal jalan2nya ULI, itu karena pusatnya ULI di Asia ada di Indonesia. Kalo Europe sama US, pasar mereka gak terlalu besar. Mau compare ke India (sebagai salah satu mesin uang Unilever) rasanya kok mending Indonesia ya :)

    Intinya, Indonesia sudah ‘mature’ bagi Unilever, mereka2 dari negara lain-lah yang jalan2 ke Indonesia.

    @ Amir Karimuddin
    Si penanya adalah engineer dari perusahaan listrik. Kurang jelas juga posisinya apa. Di ULI, kalo membicarakan posisi yang ditawarkan dibanding dengan MT, ya juauh….. dari TSS ke AM (posisi setelah MT) itu masih beberapa jenjang. Makanya untuk posisi TSS, ULI prefer untuk rekrut karyawan dengan ‘beberapa’ tahun pengalaman.

    Demikian analisanya… mohon dikoreksi bila ada yang kurang.

    lele MBA

    Oktober 19, 2007 at 12:44 pm

  6. mas anjar,tks bgt udah ngebahas request aku sblmnya mengenai FMCG(unilever),krn ditengah booming nya dunia telkomunikasi,aku jg pgn tau prospek krja di ULI jangka panjangnya,soalnya dgr info dr seorang rekan yg krja di P&G (FMCG sekelas unilever) hidup nya makmur2 aja tuh,aku dgr untuk FMCG adalah business sepanjang hayat beda dg Telco& Oil yg dalam hitungan tahun mungkin akan drop,sbg info kepada rekan2,posisi sy saat ini adalah sbg sales engineer di OEM slh satu gas turbin trbsr di dunia,tp keliatannya kompensas yg saya trima dalam 2.5thn ini ga sebanding(cm 5jt-an =(,jd rencananya mau membelot ke unilever sbg TTS(territory sales supervisor),cm ga tau sbrp bsr prospek karir & benefit nya,jd aku cm pasang tarif expected salary 8jt aja(jgn2 trlalu bsr lg=,() ,mohon saran nya dr rekan2 yg lbh berpengalaman-tks- pandi..

    pandi

    Oktober 20, 2007 at 7:19 pm

  7. @pandi

    Waduh mas Pandi, sebaiknya jangan patok expected salary sebelum ‘deal’ terjadi. Bisa2 malah ‘takut’ ULI-nya sama sampeyan. Coba liahat ULI as a ‘big’ picture. Awal 2000an kalo gak salah MT ULI sekitar 4jutaan yang pasti gak lebih dari 5jt. TSS harusnya pada saat itu dibawah MT.

    Sekarang saya gak tahu pastinya, tapi again lihat the big picture. Selain gaji, sampeyan bisa dapet ploduk-ploduk Unilever sebagai bagian dari perks perusahaan.

    lelemba

    Oktober 21, 2007 at 3:16 pm

  8. unilever perusahaan belanda yah. banyak nih di perusahaan papabonbon [yg juga FCMG] yang jebolan orang unilever.

    unilever ilmunya bagus, dan reccomended buat dijual cari kerja di fcmg lain. jebolan uli – 2 tahun kerja, dapatnya 6 juta, jebolan uli 4 tahun kerja dapatnya 10-15 jt. tergantung loncatnya di mana sih … :D

    papabonbon

    Oktober 22, 2007 at 5:36 am

  9. ULI adalah salah satu benchmark untuk HR di Indonesia, banyak sekali hal2 yang menyenangkan bagi para karyawan yang berkantor disana, dari mulai masalah people development hingga mengenai work&life balance nya. Coba dicek dengan rekan2 disana atau kalau bisa jalan2 di HO nya ULI maka akan lebih baik :-) . Mengenai kompensasinya, ULI adalah salah satu yang terbaik untuk industri FMCG, dan jebolan ULI adalah termasuk yang amat sangat “laku” d talent market. Saran saya sih, dengan kompensasi sama atau sedikit dibawah current package mas penanyapun (diluar benefit lain, ULI biasanya memiliki benefit2 yang kompetitif), maka kesempatan di ULI jangan disia-siakan :-D

    andrias ekoyuono

    Oktober 22, 2007 at 6:45 am

  10. oh gitu ya, jadi TTS itu level nya ada di bawah MT ya, berati di bawah KAR ( key Account Representative ) juga ya, soalnya emang sih kalo dari requirement nya standar aja, ngga di minta yang macem2..jadi pesimis nih =,( padahal udah ngga tahan pengen cepet2 pindah gawe, udah ngga tahan soalnya di tempat yang lama, tralu besar pressure nya ngga sehat buat pikiran =)

    pandi

    Oktober 22, 2007 at 11:31 am

  11. Info sedikit untuk yang minat ULI:

    http://www.unilever.co.id/ourcompany/careers/vacancies/

    lumayan banyak lowongan

    Amir Karimuddin

    Oktober 24, 2007 at 9:16 am

  12. temen,ga ada yg bs ksh info mengenai range sallary di unilever ya untuk bagian commercial spt key account/sales/marketing,bila ada yg puny info nya di tunggu ya,tks-pandi

    pandi

    Oktober 27, 2007 at 1:50 pm

  13. MT di ULI per april 2007, gross = 7.1 jt, nett 6.3 jt. Untuk TSS kurang tau sih yang pasti < MT … Gaji MT berlaku untuk semua bagian/divisi, kalau sudah lewat probition setaon dapetnya gross = 8.5, nett = 7.4 Tapi tiap bulan april pasti ada kenaikan, termasuk untuk MT nya :).

    DJ

    Desember 11, 2007 at 10:09 am

  14. Hallo rekan sekalian, kalo u/ posisi asst. manager di ULI kisaran gaji pokok brapa yah? trus klo tmbah tunjangan2 tetap net dapet brapa?

    Thx

    pill

    Desember 14, 2007 at 12:19 pm

  15. Hai Pill, MT di ULI itu levelnya asisten manajer kog :). Cuma kalau dalam masa MT, gajinya belum full. Kalau saat interview, bisa minta lebih asal bisa bernegoisasi dengan HR nya.

    DJ

    Desember 21, 2007 at 6:56 am

  16. mau nanyak nih, apa ada batasan usia untuk mengisi posisis di ULI, so sek dah 32thn, kmarin coba isi vacant di ULI untuk posisi tts and ass marketing & Operation Sales Manager. dengan background pengalaman FMCG 2thn ( Anker Bir ) di dept Sales Info and Market research dan sek ker di perusahaan baja di dept warehouse, mngkin nggak saya bisa dipangil untuk ikut proses tahap seleksi dengan background di 2 perusahaan ( FMCG & baja ), thanks atas balasannya ya,..

    prasz

    Desember 29, 2007 at 10:43 am

    • anker bir thun brapa?

      mr_g4nda@yahoo.co.id

      Mei 20, 2011 at 2:41 pm

  17. hai rekan2 kasih info dong daftar gaji diperusahaan manufacturing

    sodik

    Januari 3, 2008 at 1:04 pm

  18. seneng juga dengan topik bahasan ini, jadi tau perkembangan perusahaan2 di indonesia. tahun 1995-1997, ULI tuh jadi incerannya kita2 yg dari jurusan fti-itb. termasuk perusahaan papan ataslah.. dibanding ke oil company yang dipelosok, kita lebih senang kerja di ULI walopun gajinya lebih kecil. kalo sekarang gimana sih?? yah sekitar 10 tahun yang lalu sih tawaran gajinya untuk fresh graduate masih 2 jutaan.. maaf kalo datanya jadul sekali… :-)

    rantis

    Januari 4, 2008 at 4:27 am

  19. @DJ : jadi bingung, grossnya kan 7,1 kok nettnya jadi 6,3? kan potongannya ‘cuma’ pph 2%, jamsostek 2%, DPUI 2.5%.. berarti sisanya 6,6? ada potongan lain lagi yah? ihihi.. malu mau bernegosiasi gaji juga, rasanya udah sangaaaat cukup untuk fresh grad :) not to mention benefits barang-barangnya, jaminan VIP room rawat inapnya, free lunch-nya, life spa fitness-nya..

    adis

    Januari 5, 2008 at 3:57 pm

  20. BUKAN SANGAT CUKUP LAGI GAJI SEGITU BUAT FRESH MASIH BUJANG LAGI, SAMA AJA NIKMAT DUNIA, GITU BEDA DENGAN YANG DAN KELUARGA, JADI BANYAK2 BERSYUKUR AJA DEH UNTUK MASALAH GAJI MT

    Mr cemoot

    Januari 23, 2008 at 9:23 am

  21. wess,…………..wessss

    Mr trial

    Januari 27, 2008 at 6:36 am

  22. Kalau per januari 2008, gross salary untuk MT di unilever sudah menjadi 7.8 juta :), nett-nya kaga tau dah hehehehe.. untuk benefit lain yang sangat memikat adalah biaya rawat jalan yang tanpa limit nya itu loh…asik benerrrr :D, rawat inap nya juga pake limit yang dahsyat ;p. Kalau MT nya sudah permanen per januari 2008, gajinya menjadi 9.2 gross, nett nya itung sendiri :D.

    DJ

    Februari 20, 2008 at 6:50 am

  23. Mas numpang nanya,

    Klo structure position di Unilever itu seperti apa yah?

    Febri

    April 4, 2008 at 7:54 am

  24. Kalo IT support di ULI berapa yah salarynya?

    hardcoreindeed

    April 4, 2008 at 8:52 am

  25. hidup teaammmmm lo,……………yang anggotannya glabuk2,.. orang 2 idiiiiiiiiiiiiiiiiiooooooooooottttttttttttttttttttttt

    Mr trial

    April 23, 2008 at 4:57 am

  26. @hardcoreindeed

    Utk support IT. ULI sudah outsource ke PT. Faasri, silahkan lamar via situ.
    Sekarang lg susah ngelamar ke ULI, lagi galak2nya outsourcing..

    Rainnez

    Mei 8, 2008 at 9:42 am

  27. kloSPT.UNILEVER salarynyabrp sich??????
    pliiiiiz di bls yach…
    thx

    nova

    Juni 2, 2008 at 2:26 pm

  28. Mas Anjar,

    Klo range salary utk business process analyst di ULI brp ya?
    Levelnya ass manager

    Thanks

    kentungsakti

    Juli 8, 2008 at 7:33 am

  29. Wah..dari tadi mbahas gaji untuk MT nya.Numpang tanya juga neh range salary untuk instrument&control eng.brp ya?kok kayakny jarang2 buka untk posisi ni.

    WongYojo

    September 10, 2008 at 11:15 am

  30. Dear DJ, mau tanya, kalau untuk program MTnya sendiri kan ditraining jg yah kalau ga salah, itu training leadership or lebih ke arah functionalnya yah? :) Ato ada temen2 yang pny informasi agak jelasnya program MTnya ky gmn gt…soalnya sy msh thtg freshgrad jd msh krg ngeh… ;p

    Thx a lot

    leena

    Oktober 9, 2008 at 3:25 am

  31. batesan umur MT berapa ya? 28 masi boleh ga sh? ato 27?

    nina

    Desember 4, 2008 at 7:05 am

  32. halo smuanya…
    boleh nimbrung,,
    denger2 ULI bakal buka MT tiap januari yah??
    gmn cr utk ngedaftar n nembus di MT??
    any tips for that??
    thanks a lot…
    :)

    niiinaa

    Desember 28, 2008 at 1:00 pm

  33. Gaji ULI untuk MT mencapai Rp. 10juta. Kalo udah kerja lebih dari 3 taon bisa mencapai Rp. 15juta. Untuk level manager, yg udah tingkat Work Level 2 bisa mencapai Rp. 45juta s.d. 90juta. Untuk Work Level 3 bisa mencapai 120juta s.d. 250juta. Sedangkan untuk jajaran direktur mencapai Rp. 500juta s.d. 800juta. Semua itu udah hitung gaji pokok dan tunjangan-tunjangan.

    andrayogi

    Desember 31, 2008 at 6:03 pm

  34. ada-ada saja…

    gak percaya gw.

    ngawur

    Januari 1, 2009 at 3:37 pm

  35. hi, mo tanya dong. kl untuk posisi Asst Manager Activation Implementation Management di unilever itu kisaran gajinya brp ya? itu jabtannya di atas MT ya? saya baru aja ngelamar buat posisi diatas. ada yg tau ga test2 yg dilalui apa saja, trus berapa kali test. thx b4

    Anton

    Januari 31, 2009 at 7:29 am

  36. Pas sekali nih. lagi membahas FMCG COmpany. Saya bekerja di PNS 1 tahun sebagai technical auditor dan telah mengikuti training2 di bidang aset. kemudian saya malamar ke FMCG punya Inggris, dan ndak disangka dapat telepon. Saya melamar untuk posisi MT supply, kira2 dapat gaji berapa ya? di PNS di daerah ini selain gaji saya dapat tunjangan daerah, belum lagi uang perjalanan dinas per hari sesuai golongan bisa dapat lumayan dan dengan biaya hidup di daerah yang rendah. Apakah MT nya bisa dapet 6 juta? setelah MT dapet 8-10 jt? mohon info2 dari rekan2

    adsak

    Maret 9, 2009 at 12:56 am

  37. Wah, nemu juga nih, yang ngbahas ini.. hehe
    kebetulan gw kerja disitu sih, yg gw tau.. gaji MT/WL1 7jtan, WL2 12 – 14 jt, WL3 24 jt.. itu pun blm termasuk fasilitas2 dan tunjangan macam2.. apa lagi dapat paket distribusi perusahaan tiap bulan, kadang tiap harinya suka dibagiin sample2 produk gitu.. supaya karyawan (istilahnya keluarga sendiri) yang nyobain duluan.. hehehe.
    Saran gw sih, untuk yang masih kuliah atau freshgraduate ya.. internship adalah bs sangat menguntungkan. karna, rata2 yang sudah pernah internship di ULI akan lebih mudah masuk dibanding yang belum.. itu pun tergantung reputasi dan produktif atau tidaknya kita ya, hehe..

    iphe

    April 10, 2009 at 5:40 pm

    • wah jawaban yang keren dari orang dalam…

      saya kebetulan di tawarin internship mas.. d ULi.. kalo boleh ta8u, internship di bayar / gaji berapa ya ?

      oejang

      April 29, 2011 at 10:20 am

  38. btw.. kapan y ULI buka intership tiap tahun nya? mohon info na dari rekan2 yang sudah berpengalaman.

    borik

    April 25, 2009 at 4:32 am

  39. sekedar informasi, pasar Unilever di Indonesia, walaupun besar, tetapi masih merupakan porsi yang cukup kecil bagi Unilever.
    saya kemaren baca laporan keuangan global mereka, asia dan afrika hanya mencakup sekitar 30%-an porsi total mereka. eropa ama amerika juga masing 30%an.
    oleh karena itu, peluang masih cukup besar.

    saya tanya dong, kalo yang Direct Appointee (yang diajak ama orang dalem unilever) kira2 nanti pengembangan karir nya sama gak ya sama anak2 MT?

    mohamad rizal

    Agustus 31, 2009 at 5:42 pm

  40. yang pasti ULI adalah perusahaan yang bagus

    Muhammad Wahyu

    September 1, 2009 at 10:59 am

  41. yg pasti banyak kary. tetap uli yg di-outsourcekan & diberikan pilihan (kalo gak mo dibilang dipaksa) untuk pensiun dini, kemudian ttp kerja di uli tp status dgn PT lain. ini terjadi buat yg level administrasi (untuk saat ini). -> ini kenyataan

    Andrayogi

    September 26, 2009 at 6:47 pm

  42. Dear Mas Anjar,

    Nama Saya Alex. Saya sangat tertarik sekali bisa bekerja di Unilever. Saya merupakan lulusan Unpad-Food Technology, dan cita-cita Saya sejak kuliah, bisa bergabung di Unilever. Saya mau tanya, kalau untuk melamar posisi MT di Unilever, batasan umur sampai berapa ya?Saat ini, usia saya 28 tahun, dan tahun 2010 nanti 29. Kira2 masih bisa tidak ya untuk melamar posisi MT? Posisi MT Unilever, buka setiap kapan ya mas?trims ya buat infonya.

    Alex Manurung

    Desember 5, 2009 at 3:38 am

  43. Dear All,

    Ada yg tau kah untuk level HR Manufacturing Administration GP nya brp ya? aq udh pengalaman di Astra Group slama 1,5thn kira2 aq bisa nego gaji ga ya? kebetulan wkt di Astra aq bag HR Admin jg..

    Echie

    Januari 8, 2010 at 2:35 am

  44. wah,, topik menarik niy,, terimakasih bapak2 n mas2..
    saya fresh graduate niy dan kebetulan dapat undangan ke rekrutmennya ULI..

    mau tanya, prospeknya ULI dibandingkan perusahaan manufacturing elektronik gimana sih? terimakasih..

    ibnu

    Januari 20, 2010 at 7:16 am

  45. Wah.. Perdebatan gw liat ampe 3 thn tuh. 2007-2010. Mantep..
    Sharing sdkt, kalo MT di Unilever macem2 jg, tergantung jabatan yg dilamar. Yg tertinggi tu di Sales (Customer Dev.) Tp hrs punya jiwa sales, and ready to be salesman, karena lu hrs supervise mereka.
    Mslh gaji si jgn tanya, range 7-8 jt utk entry level nya. Mgkn bagi sebagian orang gak prcaya kalo MT d FMCG kok gaji nya segede gt. Ingat men, d kmr mandi lo smua byk produk Unilever. Gak sadar kan? Dan Every single brand, is One Trillion Brand/yr. Lebih ga sadar kan? Gila..
    Unilever di Indonesia dpt dikategorikan sbg simbah nya FMCG. Byk FMCG lokal yg adopsi gayanya unilever, karena pindahan Unilever biasanya lgsg kasi ide yg dia dpt dr ULI ke perush barunya, dan dia lgsg dpt posisi lbh tinggi.
    Saran buat yg mau tes di Uli, coba aja deh..
    Bayangkan MT Unilever gajinya sama GGT nya Medco E&P. Can You imagine? Gila lagi kan?

    andi

    Februari 2, 2010 at 4:21 pm

  46. Teman2, mo tanya dong, kira2 gimana prospek untuk posisi Unilever Future Leaders Program ? Apakah setara dengan MT ? Dibawah MT ato diatas MT ? Adakah yang tahu Gaji pokoknya ? Terima kasih…

    sandria

    Februari 5, 2010 at 12:15 am

  47. Saya apply UFLP (MT-nya unilever).. ga diterima.. hiks.. eh, tapi malah ditelpon dan ditawari posisi Assistant Engineer di Surabaya..

    to the point aja.. Salary nya gimana ya?

    nar

    Februari 18, 2010 at 1:01 pm

  48. saya juga apply UFLP (MT unilever) dah lolos sih sampai sekarang, tapi bingung.. soalnya dari astra sudah dapat offering (MT nya juga 5 jtaan), dan ada batas tenggat waktu untuk memutuskan. Sdgkan UFLP kyaknya masih belum pasti dan lama y prosesnya… klo UFLP berapa an? (7-8 jt kah?)

    raemon

    Februari 18, 2010 at 4:16 pm

  49. Dh,

    Kami sedang buka toko di daerah Klaten, mohon konfirmasi bagaimana caranya agar kami mendapatkan pasokan produk dari Unilever untuk dapat dipasarkan di toko kami.

    Demikian disampaikan, terima kasih atas perhatiannya.

    Best Regards,

    Sriyanto

    sriyanto

    Maret 29, 2010 at 8:18 am

  50. @Raemon

    Saya baru lulus dan mendapat posisi di UFLP. 7.5 juta per bulan. 3 Tahun jabatan sudah menjadi manager (Pasti) dan mendapat mobil (rumor). Dari informasi yang saya dapat, mereka mendapat 5000 aplikasi per tahunnya dan hanya 30-an saja yang diterima.

    Ini adalah jalan yang paling bagus untuk memulai karir (saya umurnya 21-22 tahun). Mereka tidak terlalu peduli dengan pengetahuan kalian, soalnya bakal di training selama 3 tahun, jadi pengetahuan yang di dapet di uni gak dipake. Yang penting ada jiwa kepemimpinan, bukan berarti anda dominant, tapi anda dapat membuat teman/karyawan anda mengikuti anda dengan senang hati. Kalau bisa dapat, wah beruntung sekali.

    test nya berlangsung selama 3 bulan
    resume >> interview telepon >> test online >> aptitude test >> assesment center >> interview >> health test

    Setiap tahun mereka buka program nya

    Skill yang diperlukan adalah:
    -Bahasa inggris 100% lancar
    -Aktif di kegiatan sosial universitas (gak ada kegiatan, gak mungkin bisa dapet masuk)
    -Serius tetapi masih bisa membuat orang ketawa, bukan berarti bisa membuat lelucon bego yah…

    Kalau mau tanya lebih banyak reply saja.

    Anonymous

    April 10, 2010 at 9:26 am

    • To raemon..
      saya udah pernah interview via telepon tapi kok sampai dengan sekarang belum ada panggilan atau info lagi yaa. Padahal lawa waktu udah ada 1 bulan lebih laah

      ais_82

      April 12, 2010 at 6:36 am

    • hi aptitude test nya sulit gak? dan apa saja yang di tanyakan selama telephone interview screening?. makasih sebelumnya

      nika

      April 14, 2010 at 5:32 pm

    • @anonymous…

      thanks bgt infonya….
      next peroide lowongan MT kpn yah?
      apa langsung bisa kita kirim apply on line aja…

      geo

      April 26, 2010 at 10:20 am

    • usia max d MT brp y?

      endssst

      Juni 26, 2010 at 6:18 pm

    • bro, aq lu2san d3..
      ketrima di uli sbgai fitter operator.. trus ketrima di pama (tambang batubara).. sbgai fresh graduate ambil apa ya?

      sandi

      September 11, 2010 at 1:19 pm

    • kalo mau ngelamar boleh tau kirim kemana alamatnya?

      reska

      Maret 29, 2011 at 5:53 am

    • @Anonymous : sekarang masih kerja di ULI nggak? saya baru selesai medical check-up dengan ULI untuk posisi AM SU Controller, penempatan di Cikarang. Untuk offering salary nya, saya mau nanya, kalo untuk posisi itu, dan pengalaman kerja saya di KAP sudah 2 tahun, bagusnya range nya berapa ya?
      Terus saya kan masuknya jalur Direct Appointee gitu, bukan MT nya, untuk career path ke depannya, akan susah ga naiknya? dan ada kemungkinan untuk di-rolling ke bagian dan tempat lain nggak? atau akan di factory terus?
      Dan…satu lagi, worth it ga untuk pindah ke uli dan penempatan di cikarang?
      Thank you before untuk informasinya ya..

      toffyna

      Januari 13, 2012 at 10:24 am

  51. presntasi ada 3 kali per 3 bulan sekali…kalau nda lulus present maka bisa jadi pengangguran seperti saya….

    muhammad wahyu

    Juni 11, 2010 at 8:03 am

  52. Informasinya sangat bermanfaat.

    Saya mau tanya, apakah tahapannya masih sama dengan tahun lalu.

    Terima kasih :)

    Sukses Psikometri

    Juni 22, 2010 at 11:56 am

  53. sy juga sudah apply ULI untuk MT tahun ini, tapi dengar2, ULI slalu ganti2 posisi ya?
    sebenarnya seperti apa ya?
    tks

    selly

    Juni 27, 2010 at 12:34 am

  54. ULI membuka program FMCG, boleh tau evaluasi dari tahun2 sebelumnya?

    alghienka

    Juni 27, 2010 at 12:43 am

  55. saya diajak interview juga nih ke jakarta untuk posisi assistang mso and demand planner. Ada yang tau gak, itu kerjanya ngapain? Rentang gaji nya berapa?

    Btw, saya fresh graduate teknik elektro.

    hary

    Juli 28, 2010 at 2:35 am

  56. saya juga diajak test di ULI , ass customer development finance mang, testnya apa aja ya…an skill yang dibutuhkan apa aja ya

    haryo

    September 30, 2010 at 2:57 pm

    • mas, maap mau nanya,,,saya jg kepanggil u/acdfm,,seperti mas,,,bisa kasik cluenya ndak.

      makasih..

      dhiyan

      Desember 7, 2010 at 4:06 am

  57. hmm…long discussion ya. for sure unilever is a great company, i’ve been there. cuma untuk anak yg masuk jalur freshgrad atau direct apporintee, mesti ada presentasi yang ga mudah juga dilalui..jaman gw aja banyak yg fail, padahal yg fail juga bagus2 anaknya. untuk gaji sepertinya hanya besar untuk anak2 freshgrad, ketika sudah experienced, sama aja jatohnya..malah dibawah perusahaan lain (misalnya telco, tp klo utk fmcg sudah the best)..jadi klo yg experience ga perlu ke uli, uli hanya untuk freshgrad. – cheers -

    lala

    Oktober 2, 2010 at 12:41 pm

    • Dear Lala,

      Kebetulan sy sdg proses u posisi Asisten Manajer Finance, apakah benar gaji per bulan bs sampai 25jt u posisi asman finance tsb.. dan tunjangan apa saja yg didapat di ULI? in total, how many times the salary you can get?
      sory nanyain gini, soalny sdg compare, worth it g klo gw resign dr company sekarang..
      mohon pencerahanny.. thanks before

      Dodi

      Agustus 9, 2012 at 3:50 am

  58. wah saya juga berminat melamar MT unilever nih karena unilever perusahaan yg menurut saya banyak banget yg bisa dipelajari disana… mau tanya apakah nama dari universitas jadi pertimbangan jg utk MT ULI ngga ya? :)

    Dirham

    November 18, 2010 at 12:42 pm

  59. Saya sendiri sudah masuk di ULI lewat jalur UFLP (MT). Kisaran gaji sama seperti yang udh disebut2 sebelumnya, n so far, perusahaan ini menurut gw care bgt ama well being and knowledge transfer u/ karyawannya.
    Satu saran gw u/ yg mau apply:
    -Untuk UFLP, ULI dari awal udah langsung mengkhususkan recruitment per divisi (finance, CD, Mktg, HR, IT dll). Make sure you apply for position you are interested in. So, jgn pernah mikir “yang penting masuk ULI” coz once you are inside, the pressure is ON, karena MT di ULI bnr2 diharapkan u/ jauh lebih berkembang dibanding yang masuk jalur biasa. Banyak tanya pas interview yah, make sure kamu cocok ama posisi nya.

    -Untuk yang sedang dlm proses recruitment, well, mnrt gw proses nya ULI menarik bgt. saran gw, before tes apapun, siapin pengetahuan kalian, terutama soal FMCG di Indonesia. Krn focus group aja ada dua kali, dan interview pun suka ada case studynya, so be prepared.
    As far as english proficiency is concerned, yang penting kamu berani ngomong aja, walaupun grammarnya salah, kalo interviewer nya ngerti, bisa masuk kok. (kyk tmn gw juga).

    Semoga bermanfaat…

    TITI

    November 27, 2010 at 9:15 am

    • may i get ur email? I need more info about MT unilever.
      hakim_haekal@hotmail.com
      Thx a lot Titi :-)

      haekal

      Juli 14, 2012 at 7:06 pm

    • Dear Titi,

      Kebetulan sy sdg proses u posisi Asisten Manajer Finance, apakah benar gaji per bulan bs sampai 25jt u posisi asman finance tsb.. dan tunjangan apa saja yg didapat di ULI? in total, how many times the salary you can get?
      sory nanyain gini, soalny sdg compare, worth it g klo gw resign dr company sekarang..
      mohon pencerahanny.. thanks before

      Dodi

      Agustus 9, 2012 at 3:42 am

  60. lupa nambahin… buat titi ditunggu sharing’annya selama training disana ya… biar saya makin smangat ntar… :)
    email saya prabu_dirham@yahoo.com :)

    big thanks

    Dirham

    November 27, 2010 at 12:06 pm

  61. Saya ditawarin posisi asistant sales manager,,, salary nya brapa ya??netto or brutoo… tq info nnya

    hafid

    Juli 7, 2011 at 12:43 pm

  62. sebagai info di uli untuk posisi dibagian produksi, kaya fitter, process operator ato bahkan team leader kayaknya gajinya masih di bawah standar. gaji pokoknya masih dibawah 3 juta…. heuu.. padahal orang2 di posisi seperti itu juga sangat menentukan keberhasilan perusahaan…

    mas dodi

    Agustus 12, 2011 at 3:15 pm

  63. maaph ni mas mau nebeng nanya juga untuk kelas sales supervisor di ULI kira-kira ane mesti nawarin berapa ke NSM ULI (Nasional Sales Manager Unilever) tolong info dong gan?????

    idham khalid

    Oktober 12, 2011 at 10:44 am

  64. wah saya sudah baca dari awal sampe akhir
    kebetulan saya freshgrad dan saya apply utk UFLP yang terakhir ini tapi tidak dapet
    dan sekarang saya lagi proses di salah satu FMCG juga
    ijin nyimak ya:D
    @hafid agan hafid,saya boleh tau posisi agan skrg apa?pengalaman brp tahun dan di bidang perush nya apa?
    soalnya saya juga mengincar posisi itu utk kedepannya
    terma kasih

    uki

    Oktober 20, 2011 at 1:56 pm

  65. good forum

    hantu

    Januari 30, 2012 at 9:24 am

  66. apa ada yang tau kerjaan asistant customer service regional&sourcing ngapain ja? terus tes nya kaya apa aja yah?

    tq

    gogreen

    Maret 6, 2012 at 12:42 pm

  67. Sip deh.. Kalo boleh tau di ULI, divisi MT nya ad ap aj y?? Thx before..

    Steven

    Maret 9, 2012 at 11:40 am

  68. Haha diskusinya seru banget. Dari tahun 2007 lagi.. Kyknya komentarnya disini lebih banyak infonya gak kalah sama artikel blog ini. Salut buat mas priandoyo..
    ayo2 dilanjutkan dong diskusinya.
    Skalian mau nanya nih,, kalo ULIP (Unilever Leadership Internship Program) itu proses rekrutmenya seperti apa?
    Seketat UFLP kah? Terima kasih..

    sven

    April 11, 2012 at 1:45 pm

  69. saya tanggal 24 april ada panggilan utk presentasi di ULI,,cuma saya dapat info katanya ada pertanyaan hitungan di sela sela presentasi,,klo bisa share,,kira2 bentuk soal hitungannya seperti apa ya? thx n salam sukses

    radith

    April 20, 2012 at 4:28 am

    • Kalau saya waktu itu case study-nya itung2an teknis (saya dari Teknik Mesin), kasusnya kebanyakan mekanika fluida dan heat transfer. Ada empat interviewer disitu.

      Sekarang lagi nunggu hasil medical check-up. Bingung juga mau diambil apa ngga kalau misal lolos medcheck. Karena sekarang saya masih bekerja di EPC oil & gas asing sebagai mechanical engineer. Any comment kawans? Thanks..

      Tio

      Juli 22, 2012 at 5:35 pm

  70. Dear all,

    Kebetulan sy sdg proses u posisi Asisten Manajer Finance, apakah benar gaji per bulan bs sampai 25jt u posisi asman finance tsb.. dan tunjangan apa saja yg didapat di ULI? in total, how many times the salary you can get?
    sory nanyain gini, soalny sdg compare, worth it g klo gw resign dr company sekarang..
    mohon pencerahanny.. thanks before ;)

    Dodi

    Agustus 9, 2012 at 3:51 am

    • Agan2 mau Nanya sedikit,gaji Asisten area sales managr dan asisten account manager di ULI kisaran brp ya,karna ada tawaran nih..please info ya,trims

      Agunk

      Agustus 29, 2012 at 1:52 am

      • kebetulan saya juga sedang proses untuk posisi AASM, kira-kira salarynya berapa ? dan benefit2nya apa saja ya? mau kalkulasi dulu nih, sebelum resign dari tempat kerja sekarang

        kungkong

        Oktober 12, 2012 at 6:47 am

  71. Numpang nanya bro en sis, kalo di ULI gajian nya bisa sampai berapa kali yah per tahun..?
    Apa bener udah kalah ama perusahaan Telco. Temen ane yg kerja telco terbesar di Indo, setelah kelar masa trainee, gaji bulanan 5,x jt. Tapi pendapatan tahunan bisa >= 150 jt ( >= 24x gajian / tahun )

    Bajog

    September 19, 2012 at 8:57 am

    • di ULI untuk level management staff udah paling besar, namun anda akan dapat benefit yang tidak ditemukan di company lain, trust me, kegiatan2 yang untuk belajar banyak (ULI seperti kampus semua ada mengenai training, internal dan eksternal), ekskul juga banyak fitness,semua macam olahraga dan itu gratis bahkan sampai golf, pemeriksaan kesehatan yang mahal seperti cek tulang belakang dll sering, smua itu disupport oleh brand, dan company berfikir employee adalah aset, tunjangan kesehatan 100% sampai anak ke3, uang pensiun yang di investasikan, sharing knowledge dari VP, GM, Direktur tiap 6 bulan, for careet path, sudah dibentuk semenjak masuk awal jadi nantinya kemana mau jadi apa sesuai passion kita, bonus2 lain kalau tercapai growth perusahaan… sara saya masuk unilever adalah sebuah anugerah dari Tuhan, dreaming company, even saya pikir ULI terbaik untuk tunjangan,kesehatan dll even ASII saya pikir masih kalah. dan remember FMCG adalah business yang sutain,,, hehehe

      andre

      Oktober 26, 2012 at 1:17 am

  72. Sangat keren sekali isi komentar2nya,jadi tergelitik untuk ikutan berkomentar ria… *halah

    Jadi,selama sebulan lebih saya telah mengikuti tes rekrutmen ULI untuk posisi AASM (Assisten Area Sales Manager) dan saat ini sudah tahap akhir yaitu medical check-up. Saat awal proses rekrutmen ada presentasi company profile, dimana isi didalamnya tertuang visi misi perusahaan kedepan, produk2, dll serta yang menarik dan sangat2 ditunggu adalah tentang salary dan benefit. Di tahap ini peserta dipersilakan bertanya,maka waktu itu ya saya nanya buanyak banget. :D

    – Here we go, salary untuk AASM per september 2012 adalah 6,5jt.

    – Setelah 1 tahun diangkat tetap,gaji naik sesuai proporsi dan yang PASTI mendapat fasilitas mobil toyota avanza yang boleh dibawa pulang (mobil dinas pribadi).

    – Masa training 1 tahun,setelah itu diangkat karyawan tetap–> Namun perlu diingat setiap 3 bulan sekali selama masa training ada presentasi di depan bos2 besar,dimana penilaian dari presentasi ini menentukan lolos tidaknya untuk mengikuti training 3 bulan selanjutnya. Disini banyak sekali yang gugur.

    – Setiap bulan karyawan mendapat paketan produk unilever untuk dibawa pulang.

    – Harus siap ditempatkan dimana saja dan selalu di lapangan. Ini penting bagi orang yang passionnya kerja kantoran, bukan dilapangan. Karena nantinya ya tugas sehari2 itu kayak orang nggak punya rumah lah ya,bukan duduk enak santai kayak dipantai ngadep laptop dibawah ac.

    – Oke apa lagi ya gue lupa. Ntar deh sambung lagi kalo inget.

    Salam

    abimanyu

    November 1, 2012 at 8:06 pm

    • @ abimanyu Itu yang pas masa training 1 taun, tiap 3 bulan ada presentasi di depan bos2, nah klo ga lolos nasibnya gimana tuh? apa langsung di kick ato gimana?

      amrhmz

      Desember 12, 2012 at 10:22 am

  73. great :D

    Yusuf 'cena' Effendy

    November 7, 2012 at 1:55 pm

  74. Rekan-rekan sekalian, ada yang bisa share standar gaji & benefit untuk Assistant Manager Planning ? Kerjanya seperti apa ya ? Thanks

    Rendy

    Desember 5, 2012 at 1:05 am

    • Wuih ente apply Assistant Manager planning? sama dong..
      ente apply-nya planning bagian apa nih? planning ada banyak gan,, tiap jenis beda2 kerjaannya..

      darwinxie

      Desember 5, 2012 at 2:50 am

  75. Hi! Salam kenal. Saya baru saja mengikuti Initial Interview Unilever pada 10 Desember lalu. Interview in English dan ada test hitungan Matematika sederhana juga tes ngeliat angka (seperti tes buta warna gitu). Alhamdulillah, saya lulus dengan pemberitahuan via SMS hari ini. Saya diminta untuk melakukan test online yang soalnya akan dikirimkan ke email. Masih menunggu sih.
    Saat ini saya bekerja di salah satu grup Bakrie sebagai Assistant Perencanaan. Ketika wawancara interviewernya menanyakan gaji yang diminta, saya state aja 8jt per bulan. Make sense ga untuk posisi Asisstant Area Sales Manager? Kebetulan saya wanita, interviewernya bilang sangat mungkin untuk pindah Departemen, soalnya saya lulusan TI, lebih cocok ke Production Planning dan Supply Chain.
    Apakah posisi AASM ini setara dengan MT atau lebih rendah/lebih tinggi? Berapa lama bagi seorang AASM untuk menjadi Manager? Trims banget bagi yang mau berbagi info.

    senorita

    Desember 11, 2012 at 12:52 pm

  76. belum adakah yg terbaru lh nh, untuk tahun 2013. karena aq jg ngelamar program MT (skrg namany uda UFLP-Unilever Future Leader Program).
    pgn tau range gaji nya berapa.
    Thanx

    lonewind87

    Mei 3, 2013 at 3:26 am

  77. belum ada update bahasan lg ya thn 2013 ini? suami saya apply utk posisi Supervisor & Staff Adminitrasi di ULI. Dia sdh lolos persyaratan Administrasi & kualifikasi. 16-18 Nov 2013 ini dipanggil Interview dan proses selanjutnya di Bali (biaya tiket & akomodasi di tanggung ULI semuanya). Bisa share infonya utk Range Salary & benefit/ fasilitas lain yg diterima di ULI apa saja ya?Semoga segera ada update dr rekan2 semua. terimakasih

    dewi fatmawati

    November 14, 2013 at 2:58 am

  78. boleh sharing jika temen2 membutuhkan….saya sekarang sedang menjalani training aasm ULI mulai dari desember kemaren…silahkan invite di 2a243a7c…. moga bisa saling membantu dalam hal share informasi dan pengalaman nantinya bagi teman2 yang interest bgt wat join di ULI…salam sukses…

    Andrea

    Januari 3, 2014 at 8:01 am

  79. Betul-betul manusia bodoh yang mau masuk perusahaan multinasional gitu jadi MT, training officer ini itu. Membentuk mental pekerja korporat. Sekalipun jadi management-nya, kalian itu tidak ada apa-apanya. Cuman jadi bahan makian para shareholder.

    Hampir 15 tahun saya jadi pekerja korporat. Jabatan sudah Senior Vice President. Gaji dan jabatan itu tidak ada apa-apanya selama kita masih jadi budak orang lain. Walaupun agak terlambat, tidak ada kata menyerah. Saya mulai lagi bisnis dari bawah. Terseok-seok. Tapi maju terus sedikit demi sedikit.

    Saran saya bagi anak muda Fresh Grad. Masa depan terbentang lebar bagi kaum muda pemberani, cerdas dan kreatif. Banyak venture capitalist dan investor yang berani memberikan modal.

    Lihatlah itu para lulusan universitas terkemuka di dunia, di Amerika, Eropa, Afrika Selatan, Israel, Jepang, Singapore berlomba-lomba membuat perusahaan sendiri. Inilah trend zaman sekarang.

    Anak-anak muda cerdas masa kini tidak lagi bermimpi bekerja di perusahaan orang lain.

    Anak muda cerdas masa kini membuat Startup. Jatuh. Bikin lagi. Jatuh bikin lagi. Sukses, diakuisisi jutaan dollar. Bangun lagi. Jatuh lagi. bangun lagi dan seterus-nya…

    Lupakanlah itu program-program MT di perusahaan-perusahaan multinasional kapitalis. TIdak berharga. Kalian hanya jadi sekrup yang tidak ada nilainya.

    Selama masih muda, belajarlah dari perusahaan-perusahaan kecil yang berkembang. Belajar, belajar, belajar. cari ide dan jaringan sebanyak-banyaknya kemudian KELUAR.

    Bikin bisnis sendiri, jatuh bangun, tidak apa-apa.

    Jauh lebih berharga pengalaman membangun bisnis sendiri. Sekalipun kecil, Hidupmu akan jauh lebih berharga, bisa menciptakan sesuatu yang bisa kalian wariskan ke anak cucu…

    Jabatan dan gaji TIDAK BISA diwariskan. Kebanggaan hanya sesaat saja. Ketika pensiun tidak ada yang ada hanya SISA KEBANGGAAN pernah jadi VP, CEO dsb…

    adi

    Januari 5, 2014 at 2:42 pm

    • saya setuju dengan pak Adi…saya pribadi pun ingin seperti itu..ada ide pak gimana caranya saya memulai ..karena ketakutan adalah hal yang tidak terbeli dengan uang..

      Johan

      Februari 11, 2014 at 10:05 am

    • Mas Adi, anda boleh kecewa dengan pilihan hidup yang sudah terlanjur anda ambil, namun jangan matikan semangat anak-anak muda ini untuk berkarya dong. Biarlah mereka mencari jalan kesuksesannya sendiri. Tidak semua yang berkarir di multinational company berakhir dengan kekecewaan seperti anda loh :)

      Justru tugas anda yang sudah senior untuk membimbing mereka dengan cara yang positif: career coaching. Anda kan sudah jadi SVP, pasti anda tahu lah cara melakukan hal itu.

      koes99

      Maret 1, 2014 at 2:38 pm

  80. sudah kita beri..
    HABISI!!!

    tony j kurniawan

    Mei 10, 2014 at 3:02 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 489 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: