Anjar Priandoyo

Ayo bikin perusahaan subkon

with 44 comments

Tahu pak Mamat ga Jar? dulu dia kerja disini, ngurusin Avaya (handset telephone) doang kerjaannya. Kalau ada yang rusak, setting-setting, ganti extention gitu-gitulah kerjaannya. Kerjaan kasar Jar. Satu gedung ini yang ngerjain dia aja lho. Eh terus dia resign, malah bikin perusahaan sendiri. Bank itu tuh (menyebut salah satu bank swasta nasional besar) kliennya dia sekarang. Dia cuman pegang 1-2 klien aja kalau ga salah. Karyawannya juga dikit, tapi jangan kira penghasilannya, dah bawa Altis dia sekarang. Kalah tuh si bos.
Pak Didit, suatu ketika ngobrol-ngobrol di kubikelnya

Ceritanya Pak Didit ini dulu teman saya, dia PABX engineer. Yang disebut Pak Mamat itu temannya Pak Didit. Ilmu pak Didit dan Pak Mamat seharusnya sama sih. Bedanya Pak Didit masih setia di perusahaan sampai sekarang sedangkan Pak Mamat lebih berani mengambil keputusan.

Cerita diatas tentunya bukan cerita yang asing kita dengar. Banyak ide yang muncul dari para engineer/karyawan untuk membuat perusahaan subkon. Dasarnya, pekerjaan dari si perusahaan bisa dia kerjakan dengan bendera sendiri. Eg. Perusahaan rekrutmen atau jasa audit pun munculnya dari situasi seperti ini.

Cerita yang lain dari seorang rekan kira-kira sebagai berikut:
Saat ini saya kerja di salah satu Subkon. Dan saat ini saya berkeinginan utk membuat subkon juga dengan relasi yg saya dapat selama bekerja. Relasi-relasi saya welcome dengan niat saya itu. Dan juga saya berniat utk memberdayakan teman-teman yang saat ini belum bekerja. Dan saya juga berniat merekrut bukan hanya dari orang-orang yang background-nya Telco maupun IT. Karena saya berpikiran kalau selama mereka punya skill yang saya nilai mampu, kenapa gak mereka dia ajak untuk terjun di bidang Telco asalkan mereka memang serius menggelutinya. Yang ingin saya tanyakan, kalau menurut Mas apa ide saya ini bisa berjalan? Mengingat saya sendiri pun masih kerja diSubkon. Dan saat ini pun kami sedang mengerjakan Project utk salah satu Provider.
Andri via email

Ada pendapat? menurut saya, kalau relasi kita sudah di C-level (chief-level) sih gampang aja, tapi cerita Pak Mamat bisa juga tuh jadi inspirasi.

About these ads

Written by priandoyo

Desember 3, 2007 at 1:45 am

Ditulis dalam Pekerjaan

44 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. keberanian itu yang perlu dipupuk :)
    cari teman2 dan komunitas orang pemberani

    Andri Setiawan

    Desember 3, 2007 at 7:06 am

  2. kucing ngumpul dengan kucing tetep jadi kucing, tapi kucing ngumpul dengan harimau.. hehehe.. itu bedanya :)

    amir karimuddin

    Desember 3, 2007 at 8:24 am

  3. Bikin subcont menarik juga….
    tapi saya belum berani :)

    secara saya punya client kakap ==> EID, TSEL, HCPT, M-8, IM2…
    sayang saya tidak punya teman yang ” sama” berani juga.
    Ynag paling utama adaalah:
    – susah cari teman yang se ide dan klop ….
    – Produk/services yang bisa diandalkan, karena biasanya kalau subcont, services tersebut usia nya singkat… :) beberapa saat lagi gak trend lagi atau pekerjaan nya udah gak ada lagi

    mau discuss… ayuh…
    saya malah ditawari teman yang punya kantor dan SDM untuk memegang usaha mereka dan satu lagi disediakan kantor + financial.

    tetap aja gak mulai2… kayanya butuh teman discuss.. bair ada visi yang sama

    Mr. Yull

    Desember 3, 2007 at 9:16 am

    • dear mr.yull sekedar sharing aja memang begitulah kita sebagai manusia pasti aja ada kekurangannya disaat kita punya kesempatan untuk menjadi sukses tapi kita tidak tau apa yang akan kita lakukan dan disaat kita punya keinginan untuk sukses tapi tidak punya kesempatan untuk menjalankan langkah kita itu.mungkin kita bisa discuss lebih banyak mengenai visi yg sama…thanks..salam kenal.

      soviyan

      Desember 11, 2009 at 9:46 am

    • Mbak Yull, kalo boleh aku minta kenalan/ referensi dong link mbak yg ada di vendor amupun operator telekomunikasi tsb.

      Aku ada rencana mau nyobain buat subkont kecil2an, hal ini terpikir karena belakangan ini aku amat byk menemukan teman-teman yg idle alias nganggur.

      mbak, ini no hp aku: 0813.8188.6527 (Yoan R Huatahaean).

      Yoan

      Agustus 22, 2010 at 6:51 pm

  4. kucing ngumpul dgn harimau ? ya diterkamlah… :)

    telmark

    Desember 3, 2007 at 11:04 am

  5. kutuloncat

    Desember 3, 2007 at 1:13 pm

  6. Saya pikir, untuk memulai subcon harus dipertimbangkan lebih dalam, sharing dengan yang expert sangat perlu supaya kita punya gambaran pahit manisnya ketika sudah operate.

    Yang perlu diingat, kisah sukses seseorang hanya bisa kita jadikan referensi bukan sebagai guide, karena tidak bisa kita serta merta sukses setelah kita mengikuti jejaknya. Atau mungkin bisa gagal dan lebih terpuruk.

    Setahu saya, subcon itu hanya sebagai thirdparty, dan pekerjaannya biasanya temporer (selama suatu project masih berjalan). Tapi namanya techno akan tetap selalu berkembang, dan otomatis project akan selalu kontinyu. Untuk tetap eksis, pertanyaannya seberapa banyak relasi yang kita miliki dan sejauhmana kesiapan kita dalam menghadapi gejolak usaha dimasa mendatang.

    bima

    Desember 3, 2007 at 2:07 pm

  7. pengen ikutan nih …ada cara jitu gak ya?

    kusnob

    Desember 3, 2007 at 7:15 pm

  8. pernah baca bukunya fadel muhammad yang “saya memilih jadi pengusaha” gk?
    kayaknya disitu hampir sama persis dgn kasus pak mamat…
    pokoknya jgn mau lah slamanya jd orang gajian…
    mending jd orang yg kasi kerja,kontribusi thd negara…

    Mohamad Yanuar Erdian K.R.

    Desember 4, 2007 at 2:02 am

  9. mas anjar, salam kenal pertama kali saya mampir :)

    rasanya faktor keberanian dan nyali adalah yang utama, khususnya soal finansial

    kalo “balungane gedhe” seperti fadel muhammad sih gak ada masalah :)

    pengalaman beberapa kawan, mereka yang belum menikah cenderung lebih bernyali
    yang menikah dan kebetulan keluarga istri adalah termasuk “balungane gedhe” juga lebih bernyali

    tapi nyali harus terus digali dan diupayakan

    kakap

    Desember 4, 2007 at 2:25 am

  10. Semoga berhasil yah….

    => Hansteru WebBlog <=

    Hanster

    Desember 4, 2007 at 5:47 am

  11. wah mantaph tuh, yah intinya jangan takut gagal aja mas. Intinya harus berani ngambil keputusan, kalo mau tetap jadi pegawai jadilah pegawai profesional siapa tahu kedepannya bisa jadi petinggi he………he. kalau miliha jadi pengusaha jangan tangung-tnanggung mas, sekali pilih harus dijalankan dengan sungguh-sungguh. banyak hal ko yang bisa mendukung kita supaya sukses, ingat lho : kalo kita punya niat baik pasti Tuhan akan membantu. ok
    selamat berusaha

    rajasimarmata

    Desember 4, 2007 at 7:15 am

  12. emang lebih baik jadi kepalanya kucing dari pada ekornya harimau…..tul gak ?

    balidreamhome

    Desember 4, 2007 at 7:44 am

  13. betul, lebih baik menjadi kepala kucing, daripada ekor tikus, hehehe,

    aku sama istri lagi ngrintis usaha kecil-kecil, baru mulai sih, tapi enggak di usaha subkon.

    kalo boleh usul yang penting berani dulu, trus jangan habis-habisan dalam hal modal, kalo belum tahu betul karakternya. jadi sambil jalan belajar karakter bisnisnya.

    kalo nyalinya belum gede ya sambil jadi karyawan sambil merintis usahanya.

    salwanaz

    Desember 4, 2007 at 9:06 am

  14. tapi kalo jadi karyawan sekaligus jadi subkon ke perusahaan yg sama ngga boleh ya..:-D

    benernya ini cara mudah jadi karyawan sekaligus pengusaha. jadi kalo sudah punya posisi pengambil keputusan di sebuah perusahaan yg butuh jasa subkon, bikin aja perusahaan subkon. trus semua proyek langsung aja ke kasih ke perusahaan sendiri itu, ngga perlu pake tender ato pembanding segala..:-D

    Langsung kaya deh..;-)

    acooljerk

    Desember 4, 2007 at 9:41 am

  15. ahh.. kalo menurut saya sih itu alasan no 2,3 dst…
    alasan utama resign tetap aja masalah uang…

    siapa yg ga goyang kalo ditempat lain penghasilan bisa 4 sampai 5 kali di tempat yg lama.

    hadi@extracode.id

    Desember 4, 2007 at 1:08 pm

  16. subkon tu apa sih???

    kamal

    Desember 4, 2007 at 5:24 pm

  17. Yoi mas.. jadi orang kudu berani ngambil resiko dan punya mimpi selangit. Cita-cita saya pengen punya pabrik pengolahan superkonduktor. Hehe.. doain aja ya mas..

    yoto

    Desember 5, 2007 at 3:35 am

  18. bergerak di subkon emang menarik.. asal kita memang mau “berbagi”…

    btw, relasi di C-level memang menentukan tapi terkadang bukan hanya itu saja.. decision ya, but opportunity? kita sendiri yang harus jeli melihat dan mengejarnya. based on experience, kadang malah bukan C-level yang kasih peluang…

    ada yang mo explore ke subkon? ayukk… :)

    yainal

    Desember 6, 2007 at 4:51 am

  19. yup emang relasi dan kepercayaan sangatlah penting dalam bisnis kontrator seperti ini. Portofolio dan modal pun tak kalah penting. Intinya kalau keraannya rapi dan diterima oleh user wah selamt deh pasti direcomend banyak orang.

    isal

    Desember 7, 2007 at 2:53 am

  20. Betul itu mas. Kebetulan saya lagi merintis usaha bersama dengan seseorang seperti Pak Mamat itu. Beliau memang berkecimpung lama di dunia telekomunikasi, terus kita tarik ke perusahaan. Terus terang saja beliau jadi motor perusahaan karena semua proyek dari mulai mencari, mendapatkan, pengerjaan dan penghitungan dilakukannya. Kita cuma melakukan pekerjaan administrasi dan pendanaan saja. Kalau dilihat, beberapa bidang pekerjaan yang mengisi ya itu-itu saja orangnya, sampai saya berpikir ‘yang lain kemana aja yah?’ Memang dalam bisnis itu kepercayaan nomor satu, dan beliau itu sudah punya nama yang baik dikalangan pengusaha telekomunikasi jadi yah gampang masuknya. Belum lagi urusan non teknis yang hanya diketahui dan dipahami oleh mereka yg sudah berkecimpung lama di satu bidang usaha yang membuat beliau jadi ‘high recommended’.

    andri PH

    Desember 7, 2007 at 7:42 am

  21. Mendirikan subkon memang pilihan tepat, dimana banyak perusahaan yang melakukan outsourcing sekarang.

    anas fauzi rakhman

    Desember 8, 2007 at 3:00 am

  22. Pengen banget buat perusahaan sendiri. Sekarang lagi nyari2 peluang.
    Ada yang tertarik untuk membuat subkon di jasa engineering, khusunya di bidang mechanical? saya butuh rekan yang satu visi nih..waktu kuliah sempet bisnis kecil2an, tapi ga klop visinya. hasilnya, bubar, padahal potensinya besar jika dilanjutin. sayang…

    dimasu

    Desember 8, 2007 at 6:02 am

  23. Saya punya teman kontraktor, dia mau kasih job di proyeknya, kebetulan saya belom punya PT/CV untuk menjalankannya. kalo ada yang punya modal, bisa tuh kerjain proyeknya, bidang landscape…..

    anton

    Desember 11, 2007 at 7:57 am

  24. Buat Mr Yull dan Mas Yainal

    Kenapa nggak kita coba

    yunianto

    Desember 11, 2007 at 11:55 am

  25. Sering sekali saya baca, dimana2..kesuksesan cuman satu kuncinya…luck..luck..luck..

    goosei

    Desember 13, 2007 at 3:49 am

  26. karyawan adalah salah satu calon pesaing dari perusahaan
    di mana dia bekerja.

    buktinya banyak pengusaha memulai usahanya dari ide
    di mana dia bekerja.

    wadiyo

    Desember 14, 2007 at 3:37 am

  27. saya sementara ini …sudah menemukan rekan… yang resign dari BUMN buat menjadi enterpreneur..

    Mr. Yull

    Desember 18, 2007 at 4:18 pm

  28. Biasanya kalau kebanyakan diskusi mengenai peluang bisnis, bisnisnya gak dijalan-jalanin. Kalau bisnisman sejati, langsung hajar peluang tanpa banyak diskusi he he he … :P

    Anis

    Desember 19, 2007 at 2:18 pm

  29. Klaau hajar dulu biasanya ujung ujungnya ntar seumur jagung usia perusahaan nya.

    Mr. Yull

    Desember 27, 2007 at 6:23 am

  30. Buat Mr Yull, saya baru mau mulai membuat Subkon … sudah ada nama PT nya dan pemodalnya juga sudah ada … berhubung PT ini belum ada pengalaman, maka sampai sekarang kita belum dapat proyek…jadi sebatas hanya memasukkan propsal saja … saya bekerja di perusahaan vendor NSN … saya ingin sekali bekerjasama dengan Mr Yull…. mungkin kita bisa saling kontak dan bekerjasama …. e_mail saya di didi_pr@plasa.com, … kami tunggu konfirmasinya Mr Yull ….

    didi

    Maret 14, 2008 at 2:24 am

  31. Dear All,.

    sharing dong mengenai cara buat perusahaan sendiri,.
    thanks, dean

    Dean

    Oktober 7, 2008 at 3:44 am

  32. Ass wrwb….

    nyuwun sepuro …. aku mau ikut gabung di forum ini yo ….
    aku juga baru buat CV tapi base nya di malang, mungkin dari sekian banyak senior2 di sini aku mohon petunjuk nya & sharing2 projectnya :) , nama CV ku SWARTA TELEKOMUNIKASI . aku bergerak di bidang sebagai berikut :

    Cellvision-High-level Cell management solutions
    Radio Planning, Design, & Surveys
    Actix-Wireless Performance, Wimax Engineering for 2G and 3G Networks
    TRiasX-RF Products
    GSM-CDMA network benchmarking, optimization, drive test and tuning
    Testing & Acceptance
    Electric Generator Sets (Gensets)
    IT & Telecom project management, system integration & consultancy services
    IT & Telecom Managed Services & Outsourcing
    Surveys & Site Acquisitions (SITAC)
    Quality Audit Inspection & Reports
    Wireless In Building Coverage (IBC) & Provision
    Broadband Network/Services
    Optical fibre cable networks
    Data Network/Services
    Radio Networks

    Current Available Resources:

    1.Surveyors .
    2.Installation, Testing & Commissioning for RBS Equipment .
    3.Installation, Testing & Commissioning for Radio Transmission Equipment .
    4.BTS Support .
    5.BTS Integrator (2G / 3G Network)
    6.Drive Tester .
    7.RF Engineer / Optimization Engineer.
    8.Rigger.
    9.RF Planner.
    10.Drafter .
    11.Sitac & CME .
    12.IT Support .

    mungkin dari perkenalan ini kita bisa saling bekerja sama.
    besar harapan saya untuk mendapatkan inputan dari senior disini. untuk lebih lanjut nya bisa menghubungi saya di :
    1. email : bayu_alhaddad@sctvonline.com
    : ramadhan_bayu@yahoo.com
    2. Phone : 087877836424
    : +62 341 996 2559

    sekian dari saya mohon maaf bila ada kata2 saya yang kurang berkenan di hati senior yg ada di sini.

    Wassalam
    B.ramadhan

    Bayu

    Oktober 7, 2008 at 5:42 am

    • Bos, ikut join dong dg PT rintisan tsb.

      Saya spesial di Drive Test & Optim Network 2G – 3G.

      -0813.81886527-

      Yoan

      Juni 28, 2010 at 6:13 am

  33. Kalo mau pake perusahaan saya juga bisa, kita bisa kerja sama. Yang berminat bisa hubungi 081380972645

    Zigma Engineering

    Oktober 7, 2008 at 7:43 am

  34. Bpk Zigma,

    insya ALLAH kita bisa sharing. Amin

    Bayu

    Oktober 12, 2008 at 4:49 pm

  35. Bravo amigos…
    Pls give me you best quote for our provider service company or any information that we could share each other
    Now our company is one the established PMA (Japan-Euro Company) in Batam

    Mrs. Kelly Wong

    April 23, 2009 at 7:41 am

  36. Ass wrwb, Mas Anjar Priandoyo, Numpang Iklan Lowongan ya, sebelum nyua terima kasih :

    JOBS ( SALES ENGINEER )

    A Company Representing World Renowned mineral processing Equipment and mining Spare part is Seeking For :

    ( SALES ENGINEER )

    Qualification :
    # He / She should have minimum 2 years Of experience in sales / Marketing industrial Product in mining and Oil and Gas Industri.
    # Strong Salesman Ship
    # Mature, self motivated
    # Min S1 Graduate

    Suitable candidate please submit
    application letter and CV within 14 day`s from this ad to
    sales@arthabuana.com

  37. P’ Anjar,

    Saya ada rencana mau cari partner perusahaan yang bergerak dibidang Electrical & Instrument Contractor khususnya proyek” Oil&Gas, LNG, Petrochemical, Industrial.

    Saya mau kerjasama untuk divisi ENGINEERING dimana banyak perusahaan yang hanya punya divisi Procurement dan Construction saja padahal umumnya klien ingin satu package untuk EPC project [ENGINEERING, Procurement, Construction]

    Jadi disini saya biasa membuat suatu design FEED [Front End Engineering Design] yang menghasilkan suatu Gambar dan Dokumen yang akan dipakai untuk Tender dan konstruksi nantinya.

    Mudah”an kita bisa kerjasama.
    Terima kasih,

    \richie
    Sr.Elec Eng
    Hp.0813-82995936

    richie rimbani

    Agustus 30, 2009 at 9:28 am

    • Mas Richie,
      anda sekarang punya perusahaan sendiri atau bekerja?

      Gandara

      Desember 2, 2009 at 9:40 am

  38. Saya bekerja di perusahaan subkon telkomunikasi,selama 5 tahun sy berniat untuk buka subkon sendiri,,gimana caranya untuk merintis suatu perusahaan yg bergerak di bidang telkomunikasi,mohon bantuannya,,untuk di kirim ke imel d atas thank

    jajat sutarjat

    November 23, 2009 at 3:17 am

  39. ktanya di situs parakontel ada info job,gmn meng applay saya tunggu jawaban di imel saya

    andy maulana

    Maret 2, 2010 at 6:42 am

  40. I usually do not create a lot of remarks, however i did a few searching and wound up here
    Ayo bikin perusahaan subkon Anjar Priandoyo.
    And I do have 2 questions for you if you do not mind.
    Is it only me or does it give the impression like some of the comments
    look like they are left by brain dead folks? :-P And, if you are
    posting at other online sites, I would like to follow
    anything fresh you have to post. Could you list of every one of all your public sites like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

    modemusthaves

    Oktober 19, 2012 at 6:04 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: