Anjar Priandoyo

Aburizal Bakrie, terkaya di Indonesia versi Forbes Asia

with 105 comments

1. Aburizal Bakrie dan keluarga : 5,4 miliar dolar AS
2. Sukanto Tanoto (perusahaan April dan Asian Agri): 4,7 miliar AS
3. R Budi Hartono: 3,14 miliar dolar AS
4. Michael Hartono: 3,08 miliar dolar AS (Budi Hartono dan Michael Hartono, dua saudara kandung yang memiliki saham di perusahaan rokok Djarum dan BCA)
5. Eka Tjipta Widjaja dan keluarga (Sinar Mas Group): 2,8 miliar dolar AS
6. Putera Sampoerna dan keluarga (Sampoerna Strategic): 2,2 miliar dolar AS
7. Martua Sitorus (Wilmar International): 2,1 miliar dolar AS
8. Rachman Halim dan keluarga (Gudang Garam): 1,6 miliar dolar AS
9. Peter Sondakh (Rajawali Group): 1,45 miliar dolar AS
10.Eddy William Katuari dan keluarga (Wings Group): 1,39 miliar dolar AS

11. Anthoni Salim & keluarga (1,3 miliar dollar AS)
12. Mochtar Riady & keluarga (950 juta dollar AS)
13. Murdaya Poo (900 juta dollar AS)
14. Arifin Panigoro & keluarga (880 juta dollar AS)
15. Hary Tanoesoedibjo (815 juta dollar AS)
16. Trihatma Haliman (790 juta dollar AS)
17. Sjamsul Nursalim & keluarga (550 juta dollar AS)
18. Chairul Tanjung (450 juta dollar AS)
19. Paulus Tumewu (440 juta dollar AS)
20. Prajogo Pangestu (420 juta dollar AS)

21. Soegiharto Sosrodjojo & keluarga (335 juta dollar AS)
22. Sutanto Djuhar & keluarga (350 juta dollar AS)
23. Hadi Surya 345 juta dollar AS)
24. Aksa Mahmud (340 juta dollar AS)
25. Harjo Sutanto & keluarga (315 juta dollar AS)
26. Soegiarto Adikoesoemo & keluarga (310juta dollar AS)
27. Husein Djojonegoro & keluarga (305juta dollar AS)
28. Kartini Muljadi (260 juta dollar AS)
29. Edwin Soeryadjaya (250 juta dollar AS)
30. Jusuf Kalla (230 juta dollar AS)

31. Tan Kian (225 juta dollar AS)
32. Ciputra (205 juta dollar AS)
33. Bambang Trihatmodjo (200 juta dollar AS)
34. George & Sjakon Tahija (195 juta dollar AS)
35. Kris Wiluan (185 juta dollar AS)
36. Eka Tjandranegara & keluarga (170 juta dollar AS)
37. Alim Markus & keluarga (140 juta dollar AS)
38. Husein Sutjiadi (135 juta dollar AS)
39. Jakob Oetama (130 juta dollar AS)
40. Boenjamin Setiawan (120 juta dollar AS)

source: Kompas, Republika, Koran Tempo,

About these ads

Written by priandoyo

Desember 14, 2007 at 6:29 am

Ditulis dalam Standar Gaji

105 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Waduh ada satu nama yang belum di tulis tuh njar…
    terserah deh di urutan ke berapa…..

    AaZocco MinDeL

    Desember 14, 2007 at 6:59 am

  2. Wah melihat jumlah kekayaan yang tertampang dr taksiran forbes ini Luar Biasa memang, tapi yang melarat dibawah garis juga Luar Biasa banyaknya…

    e43its

    Desember 14, 2007 at 7:12 am

  3. wah hebat,
    semoga mereka bisa turut memajukan indonesia….

    panji

    Desember 14, 2007 at 9:20 am

  4. selamat, semoga menjadi harta yang bermanfaat.

    julfan

    Desember 14, 2007 at 11:00 am

  5. No. 1 penghisap darah rakyat di Lapindo. Selamat! Mudah2an pengorbanan kami di Porong dapat menambah makmur bapak sekeluarga.

    No. 2 penggelapan pajak dan diduga turut menyumbang deforestasi. Selamat juga! Mudah-mudahan dapat meningkatkan ekspor asap ke negeri tetangga.

    Korban Lapindo

    Desember 14, 2007 at 12:15 pm

  6. kekayaannya sudah dizakati belum yak?banyak rakyat yng mmbutuhkan tuh ….

    Aprina

    Desember 14, 2007 at 1:36 pm

  7. apakah semua kekayaan itu bener2 hasil keringatnya….atau ada kemiringan di dalamnya

    bediwinarko

    Desember 14, 2007 at 3:15 pm

    • sirik aja bos…hehe

      kaki blewung

      Mei 14, 2010 at 6:27 am

  8. Kenaikan kekayaan Bakrie itu kan sebenarnya disumbang oleh Bumi Resources. Apalagi permintaan untuk barang tambang tahun ini sedang tinggi-tingginya.

    Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah konon katanya ada perpindahan kepemilikan (transfer pricing) Lapindo sehingga tampak seolah-olah usaha Bakrie tidak rugi.

    Yang perlu disoroti sekarang adalah apakah ini akan pengaruh baik untuk Sidoarjo?

    You bet. :)

    Nofie Iman

    Desember 14, 2007 at 3:56 pm

  9. selamat utk mereka semua. Semoga saya bisa seperti mereka. mohon doanya.

    Koran Saya

    Desember 14, 2007 at 5:35 pm

  10. Kalau dipikir-pikir daftar diatas sebenarnya bermanfaat untuk apa ya? Kenapa tidak ada daftar nama pemberi uang terbanyak untuk masyarakat banyak? Tentunya bukan hasil dari korupsi dong ya.

    BARRY

    Desember 14, 2007 at 8:33 pm

  11. Suatu saat pasti nama gua ada di sana.

    Jadi kalian ingat2 nama gua dari sekarang ya… :D

    Piogrand

    Desember 14, 2007 at 8:40 pm

    • gua apa om??
      gua jati jajar pa gua lawa…??
      wakakakaka….

      kaki blewung

      Mei 14, 2010 at 6:29 am

  12. Kalo orang kaya nomer satu, pasti namanya tercantum jelas, dan orangnya juga jelas ada…..

    Tapi kalo orang miskin nomer satu, kenapa yaa kok gak ada…?

    komentar iseng

    antarpulau

    Desember 14, 2007 at 9:57 pm

  13. Mestinya bikin daftar orang yang kekayaannya benar-benar berkah :mrgreen:

    Cynanthia

    Desember 14, 2007 at 10:37 pm

  14. Masa cuma Bambang, kalo ada ‘Soeharto dan keluarga’ kayaknya masih bisa ngelewatin Bakrie deh..:-D

    acooljerk

    Desember 15, 2007 at 1:01 am

  15. Saya lagi membayangkan lamanya mereka menunggu untuk mempertanggungjawabkan hartanya di akhirat nanti…

    Adis

    Desember 15, 2007 at 1:04 am

  16. aburizal bakrie … 5.4 milyar dolar.. kok di kasus lapindo dia tidak bertanggung jawab.. perusahaan malah dijual untuk melindungi aset yang lain..

    hartono brothers.. menyedihkan, pasangan terkaya malah dari sektor haram, rokok *fatwa MUI, rokok haram*

    paling parah, no.33. harta mu hasil KKN…

    dimasu

    Desember 15, 2007 at 1:28 am

    • ni lagi orang sirik…gw sumpain klo lo mpe ngrokok suing bubir lo…wakakakaka
      mestinya lo mikir daftar di atas motivasi lo buat maju jangan malah suudzon om….

      kaki blewung

      Mei 14, 2010 at 6:32 am

      • Gua pingin liat si Bakrie itu ntar mampusnya kayak apa ya ? Apa kuburnya yg cuma 2 x 1 m itu nanti masih disempitin lagi dengan lumpur kiriman Lapindo ? Apa mati kebregan uang seperti Qorun, yg gak mau bayar pajak Tambang Batubaranya ?

        Ratu Adil

        Juli 29, 2012 at 3:22 pm

  17. Semoga hartanya Pak Ical buat kebaikan dan kemaslakatan umat.Amien

    sutomo_asngadi

    Desember 15, 2007 at 4:02 am

  18. Mindel :
    Waduh ada satu nama yang belum di tulis tuh njar…
    terserah deh di urutan ke berapa…..

    Aku juga daftar ………………..

    Andi Gunawan

    Desember 15, 2007 at 4:05 am

  19. gw yg terbawah dari semua orang di indo kali ya… huehue

    flowingwater

    Desember 15, 2007 at 6:25 am

  20. komentarnya kok banyak yg su’udzon yaaa….
    siapa tahu mereka yg namanya ada di top list ini juga ada di top list antrian masuk surga….
    heheeeheeee

    hohohihe

    Desember 15, 2007 at 6:49 am

    • ia tuch pada su’uzon…
      bukannya pada mikir biar jd kya mereka gmna…

      kaki blewung

      Mei 14, 2010 at 6:34 am

  21. Loo wakil presiden kita kok berada di bawah Abu Rizal Bakri ???

    ario dipoyono

    Desember 15, 2007 at 10:48 am

  22. Susah amat jadi orang kaya, dikritik mulu :D

    Firewalker

    Desember 15, 2007 at 10:56 am

  23. Semoga yang kaya-kaya tadi bukan dari korupsi. Amin

    Arief

    Desember 15, 2007 at 11:43 am

  24. Hidup miskin!!!

    anick

    Desember 15, 2007 at 11:54 am

  25. Yang kaya makin kaya…yang miskin makin miskin…(kata bang Haji)

    adi

    Desember 15, 2007 at 12:59 pm

  26. kriteria yang dipakai apa ya?

    adit

    Desember 15, 2007 at 2:25 pm

  27. @hohohihe
    ah. iya juga. terima kasih sudah diingatkan…

    dimasu

    Desember 16, 2007 at 2:32 am

  28. Kelezatan memiliki harta ialah pada saat menginfakkannya, bukan pada saat menyimpan dan menimbunnya.

    herr

    Desember 16, 2007 at 5:31 am

  29. huweeew…
    semoga beliau beliau yang disana senantiasa tidak lupa untuk menyalurkan sebagian hartanya untuk saudara saudaranya yang membutuhkan…

    Mrs.Neo Fortynine

    Desember 16, 2007 at 9:09 am

  30. semoga makin banyak yang seperti ini

    amir

    Desember 16, 2007 at 1:41 pm

  31. no 40. Rahmad prayogi the next successful young entrepreneur

    Rahmad prayogi

    Desember 16, 2007 at 2:27 pm

  32. wah..sementara kekayaan mereka berlimpah-limpah banyak saudara kita yang untuk makan sehari sekali aja susah …ironis sekali…..

    learner2

    Desember 16, 2007 at 2:27 pm

  33. Waduh… bahkan meskipun seluruh kekayaan dari 40 orang terkaya di Indonesia itu digabungkan, rupanya masih hanya bisa membayar sekitar 1/3 dari utang luar negeri Indonesia. :|

    Xaliber von Reginhild

    Desember 16, 2007 at 3:57 pm

  34. allah maha besar

    darko

    Desember 16, 2007 at 5:34 pm

  35. Aburizal Bakrie dan keluarga : 5,4 miliar dolar AS

    Pantes aja minta buka koneksi ke telkom……biar tambah kaya selagi ada pengaruh dan posisi ya……

    Pemerhati Bumn

    Desember 16, 2007 at 7:00 pm

  36. [...] Desember, 2007 · No Comments Mengapa tidak?? .. tapi jalan menuju kesana banyak caranya. Ada yang mengikuti takdir seperti aliran sungai yang meliuk2 menuruni kontur bumi dari puncak [...]

  37. Orang-orang hebat yang bisa memanfaatkan rahmat dari Allah secara maksimal…

    Entah berapa banyak kebaikan yang telah mereka tebarkan dengan memberi pekerjaan ke sekian ribu orang karyawan mereka…

    Semoga mereka makin sukses sehingga dapat mensukseskan orang lain melalui tangan-tangan mereka yang ditunjuk oleh Allah dengan benar.

    Rahmat Allah tidak pernah salah tempat dan salah tujuan. Allah memberi keistimewaan kepada mereka…semoga segala kebaikan mereka dapat menjadi teladan untuk kita semua….amien….

    Caca

    Desember 17, 2007 at 5:38 am

  38. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah mensupport saya….Lapindo ?? Emang gue pikirin….

    Aburizal Bakrie

    Desember 17, 2007 at 8:54 am

    • wakakakakakaka… bosa aje lo….seeep siiip

      kaki blewung

      Mei 14, 2010 at 6:37 am

  39. Tommy Winata kok ga masuk ya?

    wibby

    Desember 17, 2007 at 9:06 am

  40. @atas
    Tommy Winata yang “kaya” aja ga masuk, apalagi yang masuk di list :D

    One good thing adalah semuanya pengusaha.. dan memberikan lapangan kerja ke puluhan bahkan ratusan ribu orang di Indonesia.
    Siapa mau menyusul? ;)

    Amir Karimuddin

    Desember 17, 2007 at 9:11 am

  41. cukup heran… dan memang mereka orang hebat, dan pasti berdedikasi tinggi

    alifaiq

    Desember 17, 2007 at 10:13 am

  42. kayaknya perlu nih beli rumah di sekitaran lapindo brantas. abis itu tinggal neken si bakri ini huehehehe :D

    papabonbon

    Desember 17, 2007 at 12:52 pm

  43. Wah…wah…ternyata Indonesia itu banyak orang kaya toh ???
    Moga2 mereka nggak lupa sama orang2 yang masih kekurangan !!!

    Best Regard,
    Bintang

    http://elindasari.wordpress.com

    elindasari

    Desember 18, 2007 at 12:42 am

  44. Iseng2 aja bikin analisa matematis dengan sampel yang paling kaya i.e. Aburizal Bakrie.
    Kekayaan Ical kira2 50 trilyun, itu berarti :

    1. Jika jadi karyawan biasa dengan entry salary 3 juta dan asumsi kenaikan gaji 15 % setahun, maka untuk mencapai jumlah itu kita harus bekerja kira-kira 101 tahun, tapi dengan catatan gaji bulanan sama sekali tidak boleh dipakai…
    2.Jika ditukarkan dengan pecahan uang 100rb yang panjangnya kira2 15 cm, lalu pecahan ini disambung-sambung maka panjangnya adalah 75000 km, yang berarti nyaris 6 kali diameter bumi (dia bumi kira-kira 12760km)..
    3. Jika disimpan di Bank saja dengan asumsi bunga 0.5 % saja per bulan, maka setiap kali ayam berkokok di pagi hari, kekayaan Ical sudah bertambah sekitar 8.3 M…Setiap hari dia bisa kasih makan kira-kira 166.666 orang jika diasumsikan biaya makan per hari Rp.50000 per orang…

    Kesimpulannya… RRRRUUUAARRRR BIASA…. dan betapa banyak yang bisa dia lakukan menolong sebangsanya dengan kekayaan sebesar itu…

    Baja

    Desember 18, 2007 at 1:40 am

  45. halal nggak tu hartanya didapet yaa..??
    jangan-jangan….nih…jangan-jangan ya…!
    Jangan-jangan sini tak bisikin &^54(@#…”:}[+\=~~~&8*(()). Ngerti? sama aku juga nggak!

    abdulwahid al Maidany

    Desember 18, 2007 at 4:09 pm

  46. mudah- mudahan meraka yang kaya juga menginfakkan harta nya untuk jalan ke surga,dan hartanya menjadi berkah kerana masih banyak di sekeliling mereka yang amat sangat di bahwah batas kemiskinan ….!!

    ana

    Desember 18, 2007 at 4:31 pm

  47. Di antara nama-nama itu, adakah yang jadi engineer, ahli IT, akuntan, atau (worse) PNS? Tidak ada bukan? Jadi, kenapa di blog ini orang masih saja meributkan “berapa gaji yang pantas untuk profesi X”, bukannya membahas “bagaimana caranya membuat bisnis sehebat Mr. A”?

    anjar: sudah dibahas kok, silahkan dilihat di tag entrepreneurship/

    CrizalAlize

    Desember 19, 2007 at 3:50 pm

  48. Masih meributkan tentang aku? Dasar iri, pemalas. Makanya, sekolah yang benar dong, biar gampang nyari duit n nipu orang

    B@crie, T@noKo, H@rkoN0

    Desember 21, 2007 at 7:17 am

  49. Duite mlayu ningendi kabeh? kok investasine gak akeh ning Indonesia

    Kalau Mereka Gabungin Kapitalnya untuk Buat Reaktor Nuklir, baru mereka lebih terkenal lagi, Dunia dan terutama Washingthon akan labih pay attention ke mereka.

    jongjava

    Desember 22, 2007 at 1:13 am

  50. Forbes, Media Miskin Data

    Peran media kadang, bisa menyulap hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dan yang mungkin menjadi tidak mungkin. Sebagai wadah yang membuat opini dimasyarakat dan dapat mengubah alur pikir dan mengkondisikan situasi sesuai keinginan media kerap sering disalahgunakan. Orang-orang yang memiliki kantong yang tebal tentu memahami betul peran penting media, demi kepentingan mereka.

    Baru-baru majalah Forbes Asia, melansir berita tentang daftar orang terkaya di Indonesia, yang menempatkan Aburizal Bakrie diurutan pertama, dan Jussuf Kalla diurutan ke 30. Adapun diantara mereka berdua merupakan pengusaha tulen, dan bukan pejabat publik atau politisi. Nama pengusaha lama seperti Sukanto Tanoto bos RGM, Putra Sampoerna, Eka Tjipta Widjaja, Sjamsul Nursalim dll.

    Saya tertawa mendengar pemberitaan itu, jelas pemberitaan itu punya maksud dan skenario tertentu. Kok, bisa-bisa majalah tersebut tidak memasukan nama mantan Presiden Soeharto dalam daftar orang terkaya? Semua orang di Indonesia juga tahu siapa orang secara kasat mata paling terkaya di Indonesia. Bahkan bukan hanya level Indonesia, bahkan Soeharto dimungkin menjadi orang yang terkaya di Dunia. Betapa tidak, lebih dari 30 tahun ia berkuasa di negeri ini. Siapa pemimpin dunia yang dapat berkuasa didunia selama itu?

    Kita tahu, seberapa kaya Ical dan JK , saat Soeharto berkuasa. Ical pun mendapat kekayaannya berkat kedekatannya dengan keluarga dan kroni Soeharto. Bisa dibilang, kalau Soeharto itu “Majikan” Ical. Masa bawahan lebih kaya daripada majikan? Kalau dikatakan Ical kaya, tentunya masih pada level para kroni Soeharto, untuk ukuran terkaya di Indonesia. Tidak mungkin dapat melewati kekayaan yang dimiliki oleh Soeharto, kecuali ia mampu dan berani “Merampas Habis” seluruh kekayaan Soeharto dan keluargannya.

    Selama Soeharto berkuasa, tentulah amat banyak kekayaan yang dia ambil dari negeri tercinta. Alam berserta isinya dikawasan wilayah RI, telah ada stempel “Soeharto”. Keluarga dan para kroni-kroni sampai saat ini masih menjadi “Operator” mesin bisnis Soeharto. Yang dapat dipastikan seluruh usaha yang dimiliki merupakan mesin pencetak uang. Bila dirinci, berapa banyak perusahaan yang dimiliki Soeharto, dan berapa pula kekayaan yang dimiliki Soeharto? Tentu “Kalkulatorpun” akan bingung menjumlahkannya.

    Pendapat saya bukannya mengada-ngada, data terkait Soeharto telah banyak sekali dan dari berbagai sumber hidup pun meyakinkan atas pendapat saya tersebut. Selama 30 tahun saya mencermati akan hal itu.

    Jadi menurut saya, pemberitaan majalah Forbes, yang tidak memasukan nama Soeharto sebagai orang terkaya di Indonesia, membuktikan bahwa Forbes Asia merupakan media yang miskin akan data. Atau memang ada skenario Forbes untuk menyelamatkan Soeharto, dengan pengalihan isu orang terkaya di Indonesia ini? Agar Soeharto semakin aman karena tidak diperbincangkan.

    Rakyat sudah tidak bodoh, mencermati segala isu dimedia, dan perkembangan politik yang ada saat ini. Kita tahu, skenario Soeharto yang sampai detik ini tidak tersentuh oleh hukum. Skenario SKP3 Soeharto, “Tim Dokter”, menjadi Hakim sesungguhnya, vonis bebas bagi Soeharto. Skenario “Tidak boleh Muncul”, yang diperankan Soeharto berjalan mulus, didukung segenap media yang ada, dibawah pengaruhnya. Semakin membuat publik lupa akan kejahatan yang ia lakukan.

    hendri

    Desember 22, 2007 at 12:53 pm

  51. Terima Kasih Bapak Soekarno yang mengirim Bapak saya sekolah tinggi hingga S3 sehingga bisa menyekolahkan saya

    Terima Kasih Bapak Soeharto yang membuat saya bisa bersekolah dan memulai bekerja dengan tenang dan damai bahkan merasakan indahnya pembangunan kota Batam

    Terima Kasih Bapak Habibie yang tidak melepas Irian Barat yang telah diperjuangkan oleh Bapak saya untuk menjadi bagian dari Indonesia.

    Terima Kasih Gus Dur yang membuat Indonesia lebih ceriah dengan persatuan keagamaannya

    Terima Kasih Ibu Mega yang membangkitkan semangat wanita untuk bisa sukses seperti Ibu.

    Terima kasih Bapak Sby yang membuat kita kembali bangga punya presiden yang pinter dan gagah.

    Celakalah orang yang hanya bisa memaki orang lain.

    Berbahagialah orang yang selalu mensyukuri nikmat dan mengambil pelajaran tanpa perlu mengumpat dan menjadi budak setan yang memecah belah.

    Iri hati membakar kebaikan seperti api membakar kayu bakar.

    Caca

    Desember 24, 2007 at 6:01 am

  52. wah, jangan percay donk…masih ada yg tertawa diluar sana melihat itu…”suharto” hanya tertawa membaca beritanya, lha uangnya saja yang gak kelihatan masih ada di bank swiss yang konon tidak bisa cair kecuali dibuka oleh keluarganya sendiri…ha8x

    augsy

    Desember 24, 2007 at 9:23 am

  53. Iseng sy jumlahin total kekayaan 40 org tsb sekitar 40.1 billion USD; sementara data per 2006 total hutang INDONESIA 125 billion USD (turun dari 150 billion USD pasca krisis ekonomi dan dosa BLBI yg juga akibat ulah para pengusaha hitam yg berhutang). Sekarang APBN 2008 jadi minus/defisit krn salah satunya menganggarkan membayar 150 Trilyun Rp (bayar pokok 50T dan bunga 100T rp). Siapa yg membiayai APBN 2008 dan megangsur HUTANG ini adalah sebagian besar anda dan rakyat INDONESIA lewat penarikan pajak (75% dari Total Income Indonesia y.i. 581 trilyun pajak dari 761 trilyun rp income). APBN defisit membuat sektor pendidikan dan kesehatan utk bangun SDM jadi dibiayai seadanya.
    seandainya 40 org ini mau jadi pahlawan spt para pejuang republik dulu (ditambah yg masih mangkir/dicari di LN) maka bukan tdk mungkin hutang indonesia habis dan mungkin bisa bangun republik lebih baik. Pendapatan Minyak cuma 150 trilyun rp/thn terkikis krn urusan hutang dan defisit RAPBN dari thn kr thn.
    Merdeka !!!! (fisik dan jeratan hutang)

    Araruna

    Desember 25, 2007 at 6:30 am

  54. [...] Kangen? Mustahil! Pinjam duit? Mungkin, tapi tetap kemungkinan yang tipis mengingat anda tokh bukan Aburizal Bakrie. Jadi tetap salah! Mengantar undangan kawin? Mungkin, tapi tidak perlu berbasa-basi ria seperti [...]

  55. lah..kan kekayaan tsb ditaksir dari aset2 yg mereka miliki. termasuk sbg share holder.Yg nilainya bisa fluktuatif. bisa aja dia skr rangking 10 besar tp taun depan anjlok krn firm valuenya jatoh.hehe.. jadi bukannya berarti dikantongnya ada duit sekian milyar dollar. Tp persepsi masyarakat dan dunia bisnis maupun finansial lah yg bikin dia paling kaya.. imho

    kodok

    Desember 27, 2007 at 3:57 pm

  56. mbaaa…mbak sri ! Ada kerjaan nich..nge”audit”

    kabayan

    Desember 30, 2007 at 4:25 pm

  57. kalau bakri orangkaya masa ngak bisa bayar ganti rugi lumpur lapindo. kasihan orang2 sidoarjo yang jadi korban, masa depannya makin ngak jelas.

    Mas paijo

    Desember 31, 2007 at 3:16 am

  58. Jangan iri ah, mereka kan kaya karena memeras keringat (keringat siapapun :) )

    tukangkomentar

    Januari 1, 2008 at 4:34 pm

  59. akuw stuju comment
    >>caca,,

    ngapain ribut si,, harta-harta mereka kok,, yang kerja mereka,, yang nikmati mereka,, kalopun caranya salah,, ya biar mereka yang mempertanggungjawabkan..

    yang iri dan ribut ngejelek-jelekin mereka dapet apa? DOSA.

    *kabur dari pada ditimpukin*

    raddtuww tebbu

    Januari 2, 2008 at 10:30 am

  60. sekali2 bikin daftar orang paling miskin donkk……
    klo bisa baru hebat tuhhh majalah

    antro

    Januari 5, 2008 at 9:47 am

  61. anjrit loe

    strawhat07

    Januari 8, 2008 at 7:27 am

  62. hihihi…

    hidup memang aneh.
    tapi kita harus maklum, karena kita semua hidup dalam negeri makian. maka jangan heran dengan semua ini.

    negeri kita adalah negeri makian.

    yang sabar tergilas, yang ga sabar apalagi.

    by…manusia negeri makian

    Martha Andival

    Januari 25, 2008 at 4:39 pm

  63. ya semua itu tergantung kita menyikapinya kok !
    kalau kita sikapi positif ya lebih menguntungkan…
    contoh piliha sikap positif :
    – Ya pak bakri bisa jadi tantangan buat kita bagaimna kita juga bisa se”berhasil” beliau tetapi tentunya tetap memegang teguh nilai-nilai baik kita…. kalau ada yang buruk dari pak bakri ya jangan dicontoh buruknya, tapi jadi pelajaran moral buat kita….

    progoharbowo

    Januari 25, 2008 at 5:31 pm

  64. org indon ni kalo kaya, kaya bgt. tp kalo miskin, miskin bgt! gak adil! pemerintah kaya hasil korupsi..mudah2han pak aburizal anti korupsi juga…sedarlah kalian anak2 indon..makin byk kalian buat dosa, makin byk bencana!

    yashirnusantara

    Februari 14, 2008 at 4:14 pm

  65. org indon yg kaya gak pernah nolong indon yg miskin…bahkan, sombong..terlalu pentingkan diri sendiri…kekayaan gak mau dibahagi..kalo mau apply kerja harus dibayar uang..hasilnya? makin banyak penganggur! di negara sia yg lain seperti singapore, malaysia, thailand n brunei..gratis tuh jika mau apply kerja! gak harus bayar uang! n gaji juga lumayan banyak! bila yah korupsi di indonesia bisa dihapuskan? makin byk korupsi, yg kaya akan terus kaya n yg miskin akan terus miskin. aku udah boring jadi rakyat indonesia! padahal negara indonesia kaya dgn sumber alam! tapi pemerintahnya lebih pentingkan kekayaan secara individual n bukannya global!

    yashirnusantara

    Februari 14, 2008 at 4:18 pm

  66. kenapa indonesia gak sering putus2 ditimpa bencana?

    yashirnusantara

    Februari 14, 2008 at 4:20 pm

  67. saya benar2 terkesan saat saya membaca ESQ dimana diceritakan bagaimana Aburizal Bakrie meniti karir dengan menyeimbangkan material dan spiritualnya. moga2 bisa dicontoh oleh semua pengusaha2 laen dan mudah2 saya bisa mencontoh keteladanya dalam berbisnis.

    dian a.styaningsih

    Maret 12, 2008 at 11:51 am

  68. Aburizal Bakrie adalah salah satu idola saya…

    ya maklum klo ntar tiba2 gw jd org no 1 terkaya versi majalah bikinan gw sendiri, hehehe…

    pengusaha muda

    Maret 28, 2008 at 7:17 am

  69. ABURIZAL BAKRIE bpk idola saya
    tetapi jangan lupa pa bakrie zakat untuk anak-anak yatim piyatu yang membutuhkan..masih banyak orang-orang di indonesia ini yang susah..dan butuh pertolongan bapak..

    lia.karmila

    April 9, 2008 at 4:05 am

  70. To : Pak Aburizal Bakrie.

    Pak, saya pengen banget nech bisa jadi salah satu karyawan di Bakrie & Brother Group. Please ya pak….

    arum

    April 11, 2008 at 2:19 am

  71. Standar gaji bandung untuk supervisor operasi FMcg berapa ye?

    Dawni

    Mei 9, 2008 at 9:33 am

  72. Pak ical.. bagi duitnya dong…

    Fred

    Mei 19, 2008 at 4:18 am

  73. GITU AJA KOK REPOT…DASAR SIRIK

    zal

    Mei 28, 2008 at 2:38 pm

  74. ah persetan!!
    banyakan juga duit gw..
    gw sih gak mau nyombong,,,

    qmak CORNER

    Mei 29, 2008 at 2:36 am

  75. anjing lo bangsat.. kaya aje blagu
    kontol lo ngentot!!!
    mampus aje lo!!!
    Sorry ye, gw ngomong kasar…
    jadi sbenernya gw lagi butuh duit.. istri gw ga booleh pulang dr RS. tai !!! anak gw masi di inkubator.
    wa’alaikum salam

    masohi

    Mei 29, 2008 at 2:43 am

  76. kalo udah ngomong kasar N jorok , jgn pake walaikum salam lagi. munafik tau, rusakin nama islam aja..! mudah mudahan istri lu gak pulang pulang, biar bisa dapat cewek baru lagi……. itu baru kembali ke lap topppppp

    sutomo

    Mei 29, 2008 at 5:30 am

  77. Ah baru segitu aja …..
    Aku aja yang setiap kota punya kekayaan enggak aku
    pamerin, elo pada tau gak… itu alun2 disetiap kota emang milik siapa???
    itu milik gue yang perusahaan nye namanya PT. Alun-alun Group… he he he

    joko

    Juni 25, 2008 at 9:13 am

  78. wah….. yang menarik buat saya adalah kelihaian group Djarum memecah kekayaannya… jadi kalo hartono & keluarga ? tetep paling kaya sak endonesiah ya ???

    semoga kekayaan mereka bentuk asset riil.. biar kita yang kere2 ini ikut kecipratan dari kegiatan usaha nya…

    Amien…

    adith

    Juni 25, 2008 at 10:20 am

  79. [...] dalam waktu dua tahun om bakrie melesat jadi urutan pertama, versi majalah forbes lagi [...]

  80. 18. Chairul Tanjung (450 juta dollar AS)
    pengusaha juga?

    gatot

    Juli 3, 2008 at 6:10 am

  81. kapan mereka seperti kita ya

    Rizqa Ahmad Yunus

    Juli 7, 2008 at 12:22 pm

  82. gw bingung ma samsul nursalim. dia jadi konglomerat yg masuk dalam itungan di atas, tp dia kok bermasalah??
    malah dia buronan kasus BLBI yg skrg blom tuntas di selesaikan oleh aparat yudikatif
    malahan dia kabur ke singapura
    menurut gw, samsul nursalim hasil kekayaannya adalah tidak murini kerja keras yg halal, tapi haram karena dia bawa kabur duit negara yg dia pinjem dr Bank indonesia
    smoga org itu sukses slalu di duniai ini dan melarat di akherat

    tatom

    Agustus 19, 2008 at 1:47 pm

  83. kapan yah gw bisa kayak mereka

    tajir abiss

    Agustus 19, 2008 at 1:55 pm

  84. Salut buat semua orang – orang terkaya itu, tai lebih salut lagi jika mereka mau membantu saudaranya yang masih sangat membutuhkan.

    jabar

    September 18, 2008 at 12:06 am

  85. No 1 : Penjahat Lumpur…..

    Liang Kuburnya nanti bakalan berlumpur terus…ha..ha

    dipo

    September 18, 2008 at 1:30 am

  86. orang paling kaya gw…yg lain ga…yg lain kelaut aja..gw paling kaya no 1 in the world..u know.

    biil gate

    September 30, 2008 at 10:31 am

  87. waaaaaaa………

    akU banGga jadi anak INDONESIA!!

    banyak orang kaya….

    ada yank ikUt kategori kaya se_ASIA pula!

    tapi………..

    knapa masi banyak orank menderita?????

    kelaparan dimana mana……

    kaum miskin merajalela……..

    DIMANA BELAS KASIH MEREKA???!!

    iecHa pUchaa

    Oktober 18, 2008 at 3:42 am

  88. tunggu aja aku akan seperti mereka………………………………
    pastinya aku akn nomor satu ………………………………………..

    olzam

    Oktober 18, 2008 at 4:15 am

  89. wah mantap ya mas Aburizal Bakrie…

    si sumsel pun banyak juga prusahaan nya Bakrie.
    ini aja saya dengar PT. Sawit Mas dia jg yang beli.

    mas klu Kuok group gmn kekayaan nya….to Asia
    tempo hari saya sih dengar no. 1 Asia jg Aburizal Bakrie.
    klu sekarang mas…to Asia

    trihadi

    Oktober 29, 2008 at 10:03 am

  90. wah…bakrie tajir banget ya. tp moralnya tuh rendah banget. sangat memalukan. ganti tuh semua kerugian korban lumpur lapindo. dasar orang tidak berperi kemanusiaan. masuk neraka aja tuh satu keturunan. gaun pernikahan aja bisa dirancang sama Vera wang. dasar perusak alam. kamu pikir alam tuh punya km. kita tuh cm punya 1bumi. dijaga donk.

    olin

    November 15, 2008 at 10:08 am

  91. teman”semua walau kita menghujat seperti apapun ini hanya seperti buih di lautan hehehehe biarinlah dia kaya yang penting dia kan pertanggung jawabkan itu kekayaanya sendiri kan gak mungkin kita juga suruh ikutan nanggung nantinya.kalo di masukin di daftar kekayaan itu gw juga mau hahahaha.

    roy

    November 17, 2008 at 6:01 pm

  92. menurut saya yg paling kaya itu istrinya ical…..

    yanto

    Desember 1, 2008 at 7:17 am

  93. Wadddduuuuuuu….trus kapan informasi aktual tentang 10 orang termiskin di Indonesia neeeeeeeeehhhhhhhhh……saya tunggu kabarnya brother anjar hehehehehe

    ucrup

    Mei 5, 2009 at 6:14 am

  94. Tujuan Tuhan menciptakan manusia adalah untuk memuliakan nama Tuhan. Dan Tuhan memberi kuasa kepada seluruh keturunan Adan dan Hawa untuk menguasai bumi, tapi hukumnya hanya “sementara”. Dengan “otoritas” yang Tuhan berikan dan juga dengan “kontrak sementara” yang Tuhan berikan, berarti memberi kebebasan kepada manusia untuk berkarya tetapi juga ingat dengan “sifat sementara otoritas” tersebut. Artinya “kita hanya manusia”, dari debu suatu saat akan kembali menjadi debu. Jadi, sebagai bangsa Indonesia, kita gak perlu terluka dengan adanya berbagai macam pola pikir manusia dalam menggunakan “hak untuk menjadi kaya” karna kita semua sama di hadapan Tuhan yaitu “memiliki batas kontrak hidup di dunia”. Lebih baik kita gunakan “hak menguasai bumi” dengan melakukan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan, meskipun kecil. Membuang sampah pada tempatnya, menolong ibu tua yang nyebrangin jalan, dan banyak berdoa bagi sesama. Mengampuni dan mendoakan orang2 yang “tanpa sadar” lupa bahwa “Tuhan punya kuasa” agar kita semua sadar. Tidak ada yang sempurna, hanya Tuhan yang sempurna. Tujuan Tuhan menciptakan manusia, bukan untuk saling menyakiti,atau menghakimi. Muliakan saja nama Tuhan dan selamat berkarya dan mengasihi sesama.

    Erna

    September 7, 2009 at 2:58 am

  95. Membuang sampah pada tempatnya, disiplin dalam belajar atau saat mau bekerja, ibadah dan mengingat hari lahir/ulang tahun orangtua, saudara/ri, menanam pohon2 kecil di lingkungan rumah dan mengajak tetanggah dr tingkat RT dan lainnya untuk ramah lingkungan. Tersenyum ramah, dan hemat energi(matiin listrik jika sudah tidak diperlukan). Berbicara sopan, dan rajin baca buku motivasi kehidupan baik dari segi agama, bisnis, dan lain2. Bersyukur dengan apa adanya kita dan tetap bersyukur dengan zaman, alam ,dan era kehidupan kita…Artinya Tuhan mau kita hanya bersyukur dan melakukan hal2 terbaik yang bisa kita lakukan. Kita semua kaya dan berarti di hadapan Tuhan. Berapa jam waktu yang kita gunakan untuk chatting, bergosip dibandingkan dengan memuliakan nama Tuhan dengan puji2an yang kita berikan padaNya.Toh,tak ada yang abadi…Hanya doa syukur, mengasihi sesama manusia seperti mengasi diri sendiri dan NAMA TUHAN yang abadi…ABADI NAMA-MU ya Tuhan.

    Erna

    September 7, 2009 at 3:15 am

  96. Jika ingin punya gaji besar, maka bekerja lah diperusahaan milik orang-orang terkaya yang ada diatas.
    mari kita sedot kekayaan mereka, hehehe`

    silk scarf

    April 25, 2010 at 2:38 pm

  97. orang miskin nomer satu siapa yah???// ada yg tau kjagak????ahahahaha

    dian

    Mei 18, 2010 at 4:33 am

  98. enak juga jadi orang kaya ?

    sekedar berbagi

    Agustus 30, 2010 at 8:04 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 495 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: