Anjar Priandoyo

Prospek bekerja di Jepang

with 99 comments

Anak saya kelas 2 SMK, anaknya pengen banget kerja di Jepang. Sejak sekarang antusias belajar bahasa jepang, maunya kuliah juga fakultas bahasa Jepang. Memang cukupkah kerja di Jepang hanya modalk bahasa Jepang saja mas? Memang apa saja jenis pekerjaan di Jepang yang banyak make tenaga magang / kerja lulusan SMK/Univ? Berapa standard gaji minimal dan biaya hidup minimal di Jepang?

About these ads

Written by priandoyo

April 2, 2008 at 5:29 am

Ditulis dalam Career

99 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. beberapa teman sma setelah lulus sma ada yang “berangkat” ke jepang dengan modal +-10jt. tentu saja saat dijepang gaji bulanan mereka akan di potong untuk menutup kekurangan pengiriman mereka. dari kabar yg saya terima mereka bekerja untuk sebuah perusahaan home industri. kerja nya tidak terlalu berat seperti yg selama ini di gambarkan. bahkan tiap weekend sering ngadain “pengajian” antar sesama expatriat.

    mybrainsgrowell

    April 2, 2008 at 9:05 am

    • selamat siang pak
      saya dari lombok, kepingin sekali untuk pergi dan bekerja di jepang . namun selama ini saya belum mendapatkan rahasianya untuk kesana .
      gimanakah langkah saya untuk mewujudkan impian saya ?

      best regard
      karno zaki

      Karno Zaki

      Oktober 31, 2013 at 6:51 am

  2. adik saya s1 sastra jepang di unpad, dan sedang s2 di jepang.

    1. tawaran jadi penerjemah manga / komik dan kartun jepang sangat banyak ketika kuliah
    2. tawaran pertukaran mahasiswa selama setahun ketika kuliah juga bejibun
    3. fakultas sastra sedang rame rame buka jurusan s1 jepang saat ini. contoh saja, unair, unesa, ikip malang, ikip bandung, undip, dll. kesempatan jadi dosen terbuka sangat lebar
    4. beasiswa untuk kuliah s2 dan s3 bidang sastra jepang juga terbuka luas.

    sastra jepang, not bad. pilihan bagus malah :)

    papabonbon

    April 2, 2008 at 9:55 am

    • adakah beasiswa S1 di jepang??

      EVI

      Mei 2, 2010 at 4:30 pm

      • ada, namanya monbukagakusho,coba searching aja

        thialetify

        November 4, 2010 at 6:35 am

  3. untuk bisa magang ke jepang…minimal hrs berpendidikan smk sederajat [ bisa dari sgla jurusan / s1 pun jg bisa!
    yg saya tau untuk program pemagangan ke jepang…bisa mendaftar lewat depnaker [biasanya 1 thn sekali ] klu misalnya gagal bisa mengulang ditahun depanya…tp seleksinya memang ketat, mulai dari tes fisik,MCU,psikotes dan wawancara…semuanya hrs di ikuti>
    setelah lolos seleksi biasanya untuk persiapan ke sini akan diberi pelatihan di BLK lembang selama 3 bulan penuh untuk belajar bahasa jepang…
    selain dari depnaker ada beberapa yayasan swasta yg bisa memberangkatkan program pemagangan ke jpng>
    diantaranya adalah yayasan sarekah insan atama,MMI dan YPI….saya sendiri dulu ikut seleksi lewat sarekah insan atama> tp seleksinya jg lumayan sulit…mirip spti depnaker]
    kendala terbesar untuk bisa lolos dari seleksi ke jpng adalah krna ketatnya persaingan…krna pendaftarnya bisa ribuan orang padhl yg diambil plg banter dibawah 500 orang>itu knp saya jg gagal mengikuti seleksi didepnaker …
    saya sendiri jg lulusan smk jurusan konstruksi bangunan!
    sama skli nggak nyambung ama kerjaan saya saat ini [bagian welding / pengelasan ]
    klu untuk jenis pekerjaan disini banyak macemnya, mulai dari pengecoran,pengelasan,perakitan dsb.
    bahkan untuk bangunan jg ada [genba ]
    untuk gaji itu relatif sama …rata2 untuk thn pertama sktr 75.000 yen/ thn ke 2 dan ke 3 90.000 yen!
    tp yg jelas untuk kenshusei dari indo …yg dari IMM tetep yg plg tinggi >
    kontrak kerjanya selama 3 thn…dan setelah selesai menyelesaikan pemagangan selama 3 thn…dari pihak perusahaan akan mendapatkan uang pesangon sebesar sktr 50 juta untuk IMM dan sktr 20 jt untuk yayasan swasta!
    itulah enaknya IMM [depnaker] tunjanganya sangat besar>
    untuk biaya makan 1 bulanya sktr 30.000 yen ] itu blm termasuk biaya pulsa HP dan jalan2 [tp biasanya uang lemburan udah cukup untuk biaya makan, krna per jamnya kita akan diayar 1000 yen untuk upah lembur…klu pgn pasang internet disini murah bgt…1 bln cm 6000 yen! itupun bisa dipake untuk 4 orang atau lbh…dan pemakainya tidak terbatas 24 jam nonstop>
    itu aja sedikit penjelasan dari saya…mudah2han bisa dijadikan masukan>
    saya sarankan daftar aja di depnaker…prospeknya lbh bagus!

    herio

    April 3, 2008 at 12:55 pm

    • gimana cara pendaftaran nya????

      rendy rahman hakim

      November 16, 2009 at 12:33 pm

    • mas perkenalkan nama saya muhadi,saya seorang lulusan sma negeri, dulu sewaktu sma kami ada pelajaran bahasa jepang, dan saya pernah mengikuti ujian internasional bahasa jepang pada 2007 kemarin, sekarang saya sudah lulus sma baru tahun 2009 ini, saya juga pernah mengikuti pelatihan otomotif (sepeda motor) selama tiga bulan diblk (depnaker) inderalaya (palembang) na mas.. saya mohon informasinya bagaimana saya bisa bekerja di jepang dan apa saja yang mesti saya persiapkan agar saya dapat bekerja disana dan apa saya juga bisa bekerja disana walaupun saya cuma lulusan sma.
      saya sangat mengharafkan informasi dari mas,,mas lah yang lebih berpengalaman. terimakasih.

      muhadi

      Januari 18, 2010 at 2:08 am

    • herio bsa mnta no hpnx g,,atu emailx..?

      Fhianalvianzah

      Juni 4, 2010 at 2:20 am

    • ass, , ,
      minta informasai’ya yaaa, , ,
      klo depnaker alamat’yaa di mna yaa n klo yg swasta di mna jga yaa?
      trs klo IMM itu swasta bkn yaa kira2 klo yg swasta bayar’yaa brp yaaa????
      mksh,,,

    • Caranya bagaimana dan dimana ??
      saya beIom begitu bisa bahasa jepang, apakah ada kesempatan untuk saya beIajar bahasa jepang ??

      sri wahyuni

      Januari 21, 2013 at 2:11 pm

      • Hub 0853 7871 3855

        Fahmi Cakra Dwiguna

        Desember 26, 2013 at 10:20 am

    • klo pendaftaran lewat depnaker kira” biaya pengeluarannya brapa ya gan ?

      sutrawiguna95

      April 23, 2013 at 11:20 am

    • selamat siang pak ?

      saya Karno Zaki dari lombok tengah.

      saya mohon untuk di kontak jika ada jalan yang memungkinkan untuk melanjutkan karir saya untuk kerja di jepang ?

      dan kira – kira berapa biaya yang harus saya siapkan ?

      best regard …
      Karno zaki

      Karno Zaki

      Oktober 31, 2013 at 6:59 am

  4. yang jelas orang jepang tidak (atau sukar sekali) menganggap orang asia lain sejajar dengan mareka (sama seperti sikap orang korsel, dan taiwan terhadap kita) kecuali anda benar-benar bisa melebur dengan kultur orang jepang: menjadi orang jepang. .

    Biaya hidup di Jepang sangat tinggi. Lulusan segar digaji sekitar 200.000 yen (sekitar 18 juta), tapi nilai tukarnya tidak lebih baik daripada nilai tukar gaji lulusan segar di Indonesia.

    Tapi kualitas infrakstruktur yang baik, membuat anda tidak pusing dengan transportasi seperti di Jakarta misalnya.

    Junarto Imam Prakoso

    April 3, 2008 at 12:59 pm

  5. kalau dari segi pariwisata, koq rasanya saya jarang denger ya banyak request tenaga pariwisata perhotelan dari indonesia, kebanyakan malah dari dubai. padahal Jepang rasanya pariwisata maju juga. atau SDM kita yang gak di anggep ya :(

    Yudhi Arie Baskoro

    April 3, 2008 at 3:49 pm

  6. Jepang..jepang.. jepang…gaji fresh 200.000 yen..weh lebih gedhe dari allowance job asignment ke jepun kantor gw donk..hiks..

    haqy

    April 3, 2008 at 4:16 pm

  7. denger2 emang di jepang lebih terjamin
    tapi alangkah baiknya bersekolah dan membangun negeri ini
    gimana pak ?

    realylife

    April 4, 2008 at 1:40 pm

  8. Mohon penjelasan lebih detil artinya MAGANG DI JEPANG, apakah itu maksimal hanya 3 tahun saja? setelah itu bagaimana?
    Kalau yg BENAR BENAR KERJA (bukan magang), lantas gajinya berapa ya perbulan?

    hadiyanta

    April 5, 2008 at 1:34 pm

  9. Jepang… negara impian Asia. Saya juga bercita-2 kerja disana. Cuma saya dengar mereka sangat fanatik sama bahasa mereka. So mesti belajar bahasa Jepang.

  10. suamiku baru dari jepang karena ada tugas kantor yang ada kerjasama ama perusahaan jepang , allowancenya alhamdulillah..apartemen disediakan..dia disana hampir setahun.walo 2 bulan sekali dia bisa pulang dia stress berat karena can not see me ama anak2..he he he..saya pernah nyusul dia kesana .waktu itu musim dingin..byuuh sampai pecah2 ni bibir..dari jakarta panas eeh ampe sana diingin nggak ketulungan..tapi yang bikin nyaman en betah..polusinya dikit ..walo berjalan berkilometer tetep aja menyenangkan..kemana2 naik kereta yang mak nyuss…suami juga sempat ditawari kerja disana ..kalo nggak salah mo digaji sekitar 42 jt an..memang sih beda 12 an juta kalo dengan gaji di kantornya sini..tapi ya mendingan disinilah..disana biaya hidup tinggi banget,nggak bisa punya mobil, nggak bisa punya pembantu, trus sekolah anak2..jadi ngak bisa saving dong! suamiku sempet sakit disana ..ke dokter udah dokternya nggak bisa bhs inggris my honey jg nggak bisa bhs jepang..alhasil suamiku tambah stress lihat dokternya nervous karena melihat hasil lab suamiku..yang ternyata karena darah tinggi ama asam urat naek(kebanyakan makan sea food selama disana).rupanya dokter itu nggak biasa lihat orang umur 34, tapi sudah kena asam urat dan darah tinggi.(menandakan kalo orang jepang sangat bagus jaga kesehatannya ya).trus yg bikin sebel , tarif tuh dokter 2-3 jt per kunjungan.nah my honey 3 kali kunjungan..alhamdulillah ditanggung kantor kalo nggak waduh..rugi!

    lady

    April 8, 2008 at 2:45 am

  11. Mas mau nanya kalau kerja di jepang sholatnya gimana?
    Apakah kita diberi kesempatan untuk shalat?

    hari

    Mei 12, 2008 at 2:48 am

    • sholat bs 5 kali tergantung qt konsekwensi sm atasan masing2..contoh ny,klo ada istrht kmu gunakan kerja n pas waktu nya jam sholat kmu bs kerjakan wlpn jam kerja..orang jepang tahu kok klo orang indonesia sholat n puasa yg pnting jgn smp mengganggu kerjaan

      panca desu

      Mei 3, 2010 at 11:50 am

  12. kayaknya asyik sekali hidup dan kerja di jepang yah?
    saya ingin juga kesana minimal melanjutkan pendidikan lah.. soalnya kalo PNS kan kemungkinannya kecil bekerja disana… kecuali mau keluar PNS dan membayar 30 juta biaya pendidikan… maklum saya lulusan PTK

    widagdo

    Mei 12, 2008 at 6:43 am

  13. kalo mw jadi auditor abis selese kuliah ambil jurusan apa sih kuliahnya??
    biasanya bakal ngabisin waktu belajar berapa abad ne???
    oia, di Jepang katanya biaya hdp bwt qt kerja dsna tu berapa sih kalo diitung per minggunya??
    katanya fantastik bgt…
    jd penasaran..
    ^_^

    Eros Anarchi

    Mei 24, 2008 at 12:36 pm

  14. eh salah ktik ding…
    abis selese SMA maksudnya…

    hehehe..

    Eros Anarchi

    Mei 24, 2008 at 12:37 pm

  15. . Kalau mengenai bekerja di Jepang, bisa melalui DEPNAKER (yg berkerjasama dgn IMM) atau melalui perusahaan Jepang yg ada di Indonesia (statusnya dikirim oleh cabang perusahaan di Indonesia utk training di Jepang, misalnya). Kl utk IMM, batasnya 3thn dan harus pulang (wlpun ada kasus yg mangkir, ga mau pulang dan wlpun ga punya visa). Kalau yg dikirim oleh perusahaan, ya spt kerja di ASTRA TOYOTA, HONDA, YAMAHA dll.
    Kalau mau kerja di sini tanpa melalui dua jalur ini, crnya adalah sekolah di Jepang dl (bs D1, D2, D3, S1, S2 dan S3) atau memiliki keluarga di Jepang yang menjamin. Kalau mau sekolah di sini, tapi ga punya biaya sendiri, bisa cari beasiswa. Mgkn bisa daftar beasiswa Monbusho (skrg 160rb yen/bulan, biaya kuliah gratis), Panasonic, Hitachi, dll.
    Standar gaji Jepang kl utk lulusan S1 200rb yen/bulan (blm masuk lembur, tunjangan2 lainnya). S2 dan S3 paling bedanya masing2 20rb yen. Setiap tahun ada bonus (tergantung perusahaan), ada yg 6kali gaji, 5 kali gaji dan 8kali gaji pertahun. Tp potongannya juga banyak (pensiun dan asuransi kesehatan). Yg enak jd mahasiswa, beasiswa tidak dianggap sebagai penghasilan, jd kita dianggap berpenghasilan nol yen. Tidak harus bayar pensiun dan asuransi kesehatan juga lbh murah (asuransi publik).

    Biaya hidup di Jepang, tergantung life style juga. Kalau mewah..ya ga bisa nabung. Standarnya siy perbulan utk makan saja mgkn bisa 30rb yen/bulan (masak sendiri). CUman biaya rumah/apartment yang mgkn agak mahal. DI kota2 besar spt Tokyo, Nagoya, Osaka.. biaya sewa apartement utk single itu 30rb-an ke atas (standar).Blm termasuk listrik, air, gas dan internet. Mgkn di Tokyo lbh mahal lagi. Mungkin 100rb yen/bulan bisa dijadikan standar biaya hidup di Jepang (dgn catatan ga makan di luar dan belanja2).

    to Hari :
    Kalau utk sholat, utk sholat dhuhur bisa dilakukan saat istirahat makan siang, sholat ashar bisa dilakukan pas istirahat kerja (rutin) selama 10mnt sekitar jam2 4-an.

    lady ;
    Wah, kl ke dokter memang kendalanya bahasa. Tp kalau kt rikues dokter yg bisa berbahasa inggris, tinggal ke RS yg lumayan gede aja, biasanya ada. Atau bisa membawa teman kantor utk menemani, biasanya org Jepang mau membantu kok. Mengenai biaya pengobatan, mgkn krn statusnya training atas nama perusahaan, jd tidak menggunakan asuransi publik/kantor ya. Kalau sudah tetap sebagai pekerja/pelajar/training IMM, biasanya kita akan masuk asuransi publik/kantor. Saya saja berobat pernah cuman bayar 210 yen (cmn bayar 30% dari keseluruhan biaya berobat) dan beli obat 400yen. Mungkin tergantung sakitnya juga, tp blm pernah (insyaAllah jangan deh) sampe 2-3 jutaan rupiah gitu.

    nasharayna

    November 9, 2008 at 4:05 pm

  16. lebih baik di sini saja ayem tentremmmm

    fajerro

    Januari 22, 2009 at 11:00 pm

  17. aku sekarang masih sma klas3, bentar lagi lulus lagi bingung nih m ngambil jurusan apa,pengennya sih sstra jepang gt tapi masih buyar banget buat kedepannya kayak gimana.ada yang mau ngasih solusi gag?? supaya dapet kerjanya cepet. makasiiih….

    Olief

    Januari 25, 2009 at 2:42 am

  18. aku sekarang masih sma klas3, bentar lagi lulus. lagi bingung nih m ngambil jurusan apa,pengennya sih sstra jepang gt tapi masih buyar banget buat kedepannya kayak gimana.ada yang mau ngasih solusi gag?? supaya dapet kerjanya cepet. makasiiih….

    Olief

    Januari 25, 2009 at 2:45 am

  19. Saya tertarik dengan prospek kerja di Jepang. Kebetulan saya adalah siswa SMK jurusan IT, bntar lagi mau lulus juga. Apa saja kualifikasi untuk bekerja di sana? Maksudnya, pkerjaan apa saja yang biasanya disarankan oleh IMM atau Depnaker?

    Mengenai hal itu, apakah harus punya basic bahasa Jepang untuk mendaftar ke IMM (seumpama daftar ke IMM)? SMK di tempat saya tidak ada pelajaran bahasa Jepang. Apa bisa ikut dengan kondisi seperti itu?

    Mohon keterangannya.
    Trima kasih.

    Furi

    Februari 8, 2009 at 7:03 am

  20. sy pgn dunk kerja ke jpg, syaratxa ap neh,…

    akhsan

    April 22, 2009 at 5:11 am

  21. Hm. .mnrtku krja dijepang ok,,udh dpt pngalaman,ilmu,dtmbah pundi2 uang. .uwh. .nikmatnya surga dunia,tp inget hrz ada etos krja dsna, ,Aq nak stemba semarang ntar klo lulus m0 ikutan progam disnaker itu yg k jpang, ,kan plg dr sna umur msh muda,lsung aja daftar ke sastra jpang ,scra tdak langsung kta udh pnya dasar2 bhasa dan budaya jpg,tu skilas pndangq n cita cita. .hehehe

    Agista

    Mei 20, 2009 at 6:33 am

    • bagus bnget rencananya mudah2han bisa tercapai keinginan kmu 此れから がんばって  ね。。。。。。。。どうも  ありがとうございます   よろしくお願いたします

      mamat

      September 5, 2009 at 2:57 am

  22. 200 rb itu, belum dipotong pajak dan suransi ya mas ?

    Rahmat

    Agustus 11, 2009 at 3:12 am

  23. ada yang tau kalo ke DEPNAKER bs ketemu dengan siapa yang bs membantu proses kerja ke Jepang??? kalo bs contact persone nya… sebenarnya saya pengen erja di Televisi sana karena memang saya basic nya dari Broadcast..
    arigatou..

    Karizu

    Agustus 18, 2009 at 11:04 am

  24. saya kemarin bln 2 br plg dr jepang
    dpt beasiswa dr pemerintah Jepang melalui universitas tempat saya

    programnya dari awl bln 1 mpe akhr bln 2..
    kami bnyk bljr dsana..
    emang sih dl bnyk kerja paruh waktu dsana, tp skrg jg gk sembarangan bs kerja paruh waktu.

    karena sejak krisis global banyak jg pekerja dsana y dipecat..

    sama aja sih dimana-mana sekarang
    tp klo kt pny kemampuan lain selain bhasa jepang coba aja..

    tp bukannya lebih baik bangun negeri sendiri ya..

    dian

    September 8, 2009 at 12:14 am

  25. assalamu alaikum…
    saya ingin kembali ke jepang lagi..,
    sbenarnya saya sudah prnah brada di jepang sktar 11 bulan..
    tapi karea keadaan jepang yg memang kena krisis global ,dgn trpaksa saya harus pulang ke indonesia…
    sbenarnya,pad saat itu,sblm saya dpulangkan,saya smpat ikut ujian keahlian dsana,,n alhamdulillah saya lulus….
    tapi tiba2 ,tanpa saya duga,stelah lulus n mndengar saya dipulangkan,saya kaget bgt..n kelga jg kaget…
    saya rasa ini ga adil bg saya…
    untuk itu,dgn ini saya mohon,apakah ada yg bsa mmberangakatkan saya ke jepang lagi.. krn saya jg tumpuan bg kelga n adik2 saya…

    doumo ariagatou gozaimasu….
    yoroshiku onegai itashimasu….

    angga

    September 29, 2009 at 6:41 pm

  26. bagi yang ingin bekerja di jepang kami bantu , sebagai sektor informal dan informal . bisa bahasa inggris , kursus bahasa jepang 3 bulan , prosedur resmi , bila minat hub ;muhammad noor havid , alamat rumah ;jl. terto tejo bratan rt 02 rw06 pajang laweyan solo kode pos 57146 jawa tengah indonesia , email;havid_2@yahoo.com/nomer telp;081575899203

    muhammad noor havid

    Oktober 15, 2009 at 8:23 pm

  27. saya mw nanya donk,,kan saya skrg kls 3 sma,,dan saya berminat kuliah d jurusan sstra jepang,,kbtuLan saya trpilih dari SMA saya utk didaftarkan PPKB UI(PMDK),,tapi slah satu syaratnya,,saya harus mnuLis surat pernyataan alasan mngapa saya memilih jurusan itu,,ada yg bisa bantu saya gag??apa aja kLbihan dari sastra jepang itu sndri,,saya sudah brusaha mmbuat surat pernyataan tsb tapi gru saya mlah bilang seharusnya surat itu ditujukan bila saya mengajukan beasiswa untuk skolah di jepang,,

    yulia sri lorani

    November 30, 2009 at 10:30 am

  28. saya tertarik banget sama kota2 di jepang kayak osaka, kyoto, yokohama, ibaraki, dll en pingin banget ke sana sekalian mempelajari kota2 dan seluk beluknya langsung…saya lumayan bisa bahasa jepang (walau belum mahir banget)….apa ada kesempatan pekerjaan yang berhubugan dengan itu ya mas? terus gimana caranya bisa ke sana gratis? (minimal grartis di depan, kalo nanti musti bayar di belakang juga ga apa)…..terima kasih

    Lim

    Desember 2, 2009 at 2:41 pm

  29. saya berminat bekerja di jepang
    tapi saya ga punya kenalan di sana atau apa pun itu

    apa yang harus saya siapkan sebelum nya ?
    dah di mana kah kota yang cocok untuk bekerja dan tinggal ?

    dan cara mencari kerja di sana susah atau tidak ?

    berbanding lurus kah gaji di sana dengan biaya hidup kita ?

    rocky

    Desember 8, 2009 at 7:51 pm

  30. kalau mau jadi PNS guru bahasa jepang jangan masuk sastra jepang. Kecuali situ punya duit buat nembak akta 4 yang harganya aje gile

    Joko

    Desember 29, 2009 at 9:46 am

  31. Hi, saya lulusan S1. Saat ini sedang mengikuti proses rekrutmen perusahaan jepang, jika lulus saya akan bekerja di jepang sebagai karyawan permanen. kontraknya >5 thn. saya sudah berada di tahap akhir. tinggal 1 kali interview lagi.

    Maaf saya tidak bermaksud sombong atau yang lainnya. Saya sedang butuh bantuan. Masalahnya saya sedang bimbang nih. saya bingung sekali apa mau diterusin atau tidak. Karena kalau tidak mending saya kasih kesempatannya buat yang lain saja.

    Sebenernya saya sudah bekerja di perusahaan multinational di indonesia. dengan gaji yang alhamdulillah. saya baru lulus bulan september 2009 lalu. yang saya khawatirkan hidup di jepang itu bukan masalah uang, atau kerjaannya tapi lebih ke arah social life nya. kalo disana orang indo banyak gak ya? kita bisa dengan mudah bergaul dengan orang jepang gak ya? saya takut karena tidak ada sodara disana jadi kesepian. kesepian lebih menyedihkan bagi saya hahaha.

    btw, gajinya sekitar 205000 yen. masih ada tunjangannya juga.

    kira2 saya harus gimana ya? interviewnya satu minggu lagi nih. terima kasih.

    abdul

    Januari 2, 2010 at 2:45 pm

    • jangan ragu bro disana banyak bangeet orang indo,
      kalo di lepas nyesel, gua aja pengen balik lagi kesana, btw gua pernah 3 taon kerja disana.

      Putri

      Januari 8, 2010 at 1:23 am

    • lulusan s1 nya sastra jepang?

      saya jga mau ngambil sastra jepang, tapi apa bsa kerja d jepang tanpa keahlian selain bahasa jepang?

      hexa

      Januari 12, 2010 at 10:59 am

  32. ribet g segampang yg dibaca or tertera tulisan diatas

    proses na jk lewat indo ribet n aloit sulit susah

    eline

    Januari 3, 2010 at 2:37 pm

  33. bagi yang bisa membantu saya untuk pergi kejepang pleasw contak di 085220017496. saya mantan kenshusei 3 taun di sana. thanks

    deni

    Januari 10, 2010 at 10:40 am

  34. bang abdul kasihinfo perusahaanya dong… saya juga mau tuh hehe

    deni

    Januari 10, 2010 at 10:43 am

  35. untuk wilayah jakarta timur daftar nya dimana mohon info…..

    een

    Januari 13, 2010 at 3:08 pm

  36. mana lebih baik japang atau korea yah gw dah kerja mati2an cuma dapat 2 juta won pengen kejepang kerja ga sampai mati seperti di korea

    musafir

    Februari 6, 2010 at 2:52 pm

  37. jepang to menjanjikan tapi tergantung orangnya…..

    HL

    April 4, 2010 at 9:00 am

  38. 2010, 09 APRIL

    bila anda mau kerja di jepang, ambil lah jurusan keperawatan… sekali lagi keperawatan… karena jepang saat-saat ini butuh sangat perawat… gaji perawat lumayan sekitar 200 rb yen…. sebelum itu, anda juga harus belajar bahasa jepang ( penting ) agar mempermudah anda berkomunikasi saat anda bekerja di jepang…

    sekian dari saya…

    sebenarnya… semua itu tergantung dari NASIB anda yang sudah diatur TUHAN YANG MAHA ESA anda.. ada yang bisa pergi kerja ke jepang dan ada yang tidak bisa…

    sekali lagi..
    tergantung nasib anda…
    percaya lah…

    terima kasih

    ありがとう

    DEWI NASIB

    April 9, 2010 at 2:30 pm

    • terus kalau Jurusan IT, seperti Komputer n Multimedia gemana, apakah Perosfeknya menjanjikan juga..,? terimkasih

      creativeboy

      Desember 18, 2010 at 7:48 am

  39. Wahhh,, kenapa saya belum pernah berkunjung ke sini ya,,,
    Secepatnya akan saya buat postingan mengenai Perawat yang bekerja di Jepang… Perawat berprestasi tentunya ;)

    Salam semangat selalu

  40. sebetulnya untuk bekerja di jepang ngga cukup menguasai bahasa saja. ada kendala budaya, ini yang sering jadi masalah. ngga ada namanya istilah jam karet disana; belum lagi kebiasaan masyarakat sana yang jauh beda sama masyarakat kita. potensi untuk cukture shock sangat besar

    untuk bekerja di jepang sih pada dasarnya ngga mempedulikan lulusan mana (latar belakang pendidikan) karena yang dibutuhkan adalah orang yang bisa dan mau bekerja. setahu saya masyarakat jepang itu lebih ke menghargai kemampuan bekerja seseorang, bukan riwayat pendidikannya.

    akhir-akhir ini memang yang lagi ‘trend’ lowongan perawat dan tenaga perawat manula; sepertinya bagus juga kalau ada yang bisa sharing tentang info ini lebih lanjut. tapi kalau bisa sih, jangan yang suksesnya aja, yang ‘belum sukses’nya juga tolong di-share, supaya informasi yang diterima berimbang..

    mita

    Mei 13, 2010 at 2:12 am

    • Hi..
      Saya sebenarnya berencana untuk pergi bulan July ini ke Jepang, karena tunangan saya mendapatkan pekerjaan disana sebagai guru bahasa inggris. Saya juga berencana untuk mencari pekerjaan disana sebagai guru (bila memungkinkan) karena saya juga guru di jakarta. Saya sudah mencari lowongan pekerjan lewat internet tp kebanyakan mencari native english speaker. Apakah ada yang bisa memberikan info mengenai pekerjaan di jepang yang bisa mensponsori saya visa kerja?
      Mohon infonya…. atau email saya ke teena_toons2001@yahoo.com. Terimakasih atas perhatiannya.

      Toony

      Mei 30, 2010 at 10:20 am

  41. moshi moshi.
    saya baru lulus nih sma mo lanjutin kuliah tpi masih bingung.
    maunya sih masuk sastra jepang karena tertarik dengan kebudayaanya tpi ortu saya g setuju mnurut mereka sastra jepang itu prospek kerjanya g menjanjikan.
    tpi saya minat banget masuk sastra jepang ini. disamping saya tidak suka belajar matematika juga. yang saya mo tanya sastra jepang itu prospek kerjanya ke depan jadi apa?
    trus lulusan dari UNIVERSITAS,SEKOLAH TINGGI, dan AKADEMI BAHASA ASING yang lulusan sastra jepang itu lulusannya prospek kerjanya sama ja?
    saya tinggal dijakarta boleh tau g sekolah swasta jurusan sastra jepang yg bagus dimana ja?
    trus saya juga pengen bgd bekerja malahan tingal dijepang caranya gimana supaya impian saya terkabul.
    arigatou gozaimasu.

    susi

    Mei 31, 2010 at 9:03 am

  42. skr ini saya sedang kursus manga d jkt (machiko manga school), bila ingin melanjutkan studi ke Jepang apakah ada beasiswa u/ manganya? bila ada kemana saya hrs mencari infonya? syaratnya apa saja? terimakasih

    indah

    Juni 1, 2010 at 1:43 am

  43. saya Fhian,tinggal dimkassar.sekarang nhi sya sewmntra kulih n smbil kursus bhsa jepang,,kdepanx sya blum thu,,tpi yang ada dipemikiran sya.adalah bgaimna cra untuk bisa krja dijepang,,jepang adalh negara impian sya,,sya pgen bgt krja dsna,,sya tdk mmlih pkrjaan dsna yang pnting sya bisa smpi dsna n bsa bkrja dsna,,ada yang bsa bntu g,,gmna sousi sya agr bsa smpi djepang n bsa bkrja dsna,,,???arigato gosaimazu,,ajimemashite boku kara desu

    Fhianalvianzah

    Juni 4, 2010 at 2:13 am

  44. Ass Minasan…
    saya Ahmad sekarang lg di jepang ikut program magang, 8 bulan lagi saya balik ke Indonesia Insya Allah kontrak selama 3 thn akan segera habis.tapi, selama di Jepang dan ikut kerja sama orang jepang memang membawa perubhn dalam diri saya.yang saya pikirkan saat ini apakah saya bisa melanjutkan kontrak kerja saya sampai 5 tahun, ada yang tau caranya ga?
    klo ada yang tau mohon informasinya…
    wassalam….

    Ahmad A

    Juni 24, 2010 at 1:05 pm

    • mas emang udah kerja disana..? oy saya minta no. hp nya dong, biar kita bisa sharing cz q mau kerja dijepang, nich email saya knaensr@gmail.com

      knaen

      Juni 3, 2012 at 3:11 pm

  45. ass…………ada gak orang yang bisa bantu untuk berangkat k jepang….aku lulusan smk jurusan mesin………hubungi 081932187718……………k pengen k jepang kerja bagi yang bisa bantu hubungi saya ya……….???????aku anak yatim piatu…………??????

    Herman Taba

    Juni 29, 2010 at 5:36 am

  46. Saya lulusan SMK Tehnik Mesin dari dulu saya bermimpi Pingin bahagiain kedua orang tua namun sampe saat nie mimpi saya belum bisa terwujud walaupun saat nie saya dah bekerja disalah satu perusahaan BUMN ternama di Bandung cma penghasilannya belum memadai,dah berapa kali ikut seleksi magang kejepang namun blum lolos sampe saat nie saya cari2 inpormasi to program magang lewat jalur swasta namun sampe saat nie blum ketemu.
    bagi yang bisa membantu saya tolong hub:081395111240 atau keemail andre_a2605@yahoo.com

    andri kamiludin

    Juli 28, 2010 at 4:48 pm

  47. Konnichiwa ^^
    Saya zuka mahasiswi pend.bhs jepang.
    Saya ingin bertanya,tapi mungkin akan banyak dan panjang skali prtanyaan saya. Saya harap ada yang bisa membantu saya.
    Keinginan saya untuk mencoba hidup dijepang kuat sekali. Saya sudah mengikuti tes beasiswa monbusho tapi susah sekali. Kmarin ada teman saya yang lulus beasiswa yg 4tahun skali (saya lupa nama programnya) dan saya telat untuk mengikuti tesnya sehingga kesempatan saya jg hilang.
    Ada tida beasiswa selain yg saya sebutkan diatas itu yg bisa saya ikuti tapi peluang untuk lulusnya cukup besar? Masalahnya di univ saya belum banyak pemberitaan ttg beasiswa karena univ saya bhs. Jepangnya baru berdiri dan baru saja tahun ini mengeluarkan lulusan. Katanya kalau di UI berita ttg beasiswa seperti itu banyak sekali ya?

    Lalu tentang IMM,Apa saya bisa mengikuti programnya? Karena saya lihat mahasiswa sastra tidak tercantum dalam syarat, syarat lulusan s1 yg kemarin saya lihat kebanyakan dr tehnik atau komputer,ekonomi,bahkan (kalau tidak salah) yg lulusan MIPA pun ada. Bagaimana dengan mahasiswa pend. sastra jepang seperti saya? Adakah peluang? Kalau ada,akan ditempatkan dalam perkerjaan bidang apa nanti?
    Seperti yg saya bilang saya mahasiswa pend.bhs.jepang.. Sebelumnya ada yg menyinggung jadi PNS Guru b.jpang pun bisa ke Jepang? Untuk jd PNS Guru saya harus mengikuti tes PNS,Apa soalnya seputar b.jepang saja? Saya belum pernah mengikuti PNS Soalnya..^^;
    Nah,lalu brapa lama stelah jadi PNS Saya punya kesempatan untuk bkerja dijepang?
    Kalau kerja diperusahaan mahasiswa dari jurusn sastra jepang seperti saya yg tidak punya kelebihan lain,apa hanya punya kesempatan jadi interpreter saja? Apa ada yg lain? Atau setidaknya saya harus mengambil kursus seperti akutansi komputer atau yg lainnya?
    Atau apa ada lagi kemungkinan yg bisa membuka kesempatan saya untuk kerja dijepang? Tolong beritau nama programnya..
    Tolong yang tau share dengan saya,karena mungkin saya masih minim informasi.
    Bisa kontak saya lewat email saya kyuta_zuka@yahoo.co.id
    Atas perhatiannya saya ucapkan trimakasih.
    Wassalam^^

    Zuka

    September 22, 2010 at 10:26 am

  48. Yang saya dengar Sih, biasanya Kalau untuk Kerja Yang ringan sperti perkantoran, tidak terlalu sukses karena orang jepang cuma memerlukan pekerja kasar/ sejenis TKI. itu yang saya dengar selebihnya saya gak tau..
    terimakasih

    creativeboy

    Desember 18, 2010 at 7:54 am

  49. Konichiwa,

    Bagi rekan2 yang ingin ingin lulus program magang ke Jepang yang diselenggarakan IMM silahkan hubungi saya di 081381644988, saya akan melatih dan membimbing anda supaya bisa lulus Test

    domo arigato!!

    Periode Sinaga

    Januari 12, 2011 at 7:40 am

  50. istri saya dapet kontrak kerja lagi disana,sebagai perawat..saya ingin kerja disan juga ..tapi unur udah 32 tahun bagaiman ya,ada kah lowongan kerja dijepang untuk saya..Tapi ijasah SMU/kuliah sampe blm selesai..:D

    trkh 17

    Maret 19, 2011 at 4:57 am

  51. salam sejah tera….saya ingin tau ja sekarang ini memang lagi bnyak d buka loker k jepang .tapi pa semua tu resmi

    nanang

    Maret 28, 2011 at 4:07 am

  52. kak,apakah sulit untuk bekerja dijepang n kira kira biaya kejepang itu berapa?

    ian

    Mei 26, 2011 at 12:32 pm

  53. kk,, aku pengen bekerja dan tinggal di jepang???
    tapi bagaimana cara nya….
    aku sekarang kuliah S1, jurusan sistem informasi, fakultas ilmu komputer di kota padang….
    bantu aku kk….
    Bisa kontak lewat email aku : fik_q91@yahoo.co.id (email sama dengan Facebook)

    taufik qurrahman

    Juni 15, 2011 at 3:24 am

  54. kk klooo cwe tmatan sma bsa krja k jpang gk?

    Kasuma Dewi

    Juni 20, 2011 at 3:27 pm

    • Bisa, melalui PT Zen Indonesia, telp: 085795266360

      PT Zen Indonesia

      Agustus 18, 2011 at 5:37 am

      • alamatnya dimana…
        dan persyaratannya apa ajah

        nita

        Oktober 28, 2011 at 4:04 am

  55. mas syarat2 kerj d jpang p jah yah?

    Yozukage Akatsuki

    Juli 5, 2011 at 1:03 pm

  56. ada yg pengen kerja jepang eks IMM bisa, hanya bagi yang serius.. bukti yg sudah diberangkatin ada, bs dicroscek langsung by phone kejepang.
    call me : 087739085423

    nihon e ikoooo!!

    Juli 10, 2011 at 12:10 pm

    • saya mantan exs imm kalo boleh tahu lewat apa /lembaga apa

      jimy

      November 17, 2011 at 4:07 am

  57. sangat pengen k jepang…..tapi…adakah batasan umur wat magang dsana……..???

    yuki suzushii

    Juli 20, 2011 at 1:08 pm

  58. mas,,berapa biaya magang di jepang melalui depnaker dan swata>,,,saya pengen bgt mas krj di sana”, gmn caranya yach,,,harus mulai dari mana…klo berjalan sendiri tanpa da yang bimbing kan gelap juga,,,tlng bls via email yach…

    doni rosamsi

    September 14, 2011 at 6:35 pm

  59. mau kerja di jepang gak harus kuliah sastra jepang aja, ini dari tadi saya baca mau kerja di jepang kuliahnya sastra jepang mulu. yang baik itu kuliah di jurusan apa aja, apa yg anda suka, misal informatika, hukum, psikologi namun bisa berbahasa jepang, ada semacam tesnya juga untuk menilai kemampuan bahasa jepang anda (JLPT). untuk apa sastra jepang disana bagi orang jepang sendiri? mungkin mereka lebih mencari lulusan sastra minang, jawa, batak, madura namun juga yang fasih berbahasa jepang, karna yang seperti ini yang lebih unik bagi mereka/

    ini pesan untuk adek2 yang baru lulus sma/smk dan ingin melanjutkan kuliah dan mungkin ingin ke jepang. Jangan pernah berfikir bahwa kuliah itu untuk mencari pekerjaan apa atau di mana nantinya, camkanlah bahwa kuliah itu sebenarnya untuk mencari ilmu, membuka wawasan dan mengembangkan cara berfikir. saran saya kalo ingin belajar sastra, pelajari aja sastra bangsa sendiri yang sama tinggi nilainya dengan sastra manapun.

    terkadang saya heran, hanya gara2 manga dan dorama saja anak anak indonesia terlalu memuji budaya jepang dan celakanya merendahkan budaya sendiri.

    udontneedtoknow

    September 27, 2011 at 8:11 am

    • Buat kak udontneedtoknow: Hmm.. Berarti kalo mau kerja n tinggal di korea gak harus kuliah jurusan sstra & kebudayaan korea donk ya^^? (maaf jauh dr tema jpg)

      jd intinya qt hrus ada skill trtntu, dan pastiny bsa bhasa utk bkrja di suatu negara itu..?? tolong dijawab :D mksh kalo bisa ke emal qu aja vitaloka_230893@yahoo.co.id mkchh

      tlng bntuannya

      VitaHwang

      Maret 20, 2012 at 1:39 pm

  60. gimana sich caranya mendaftar buat pergi ke jepang,saya lulusan smk waktu sekolah emang belum ada pelajaran jepang,tapi karena termotivasi buat belajar bahasa jepang maka sekarang saya kuliah S1 ngambil jurusan sastra jepang…

    wah ternyata pelajarannya seru2 gitunya,walau terkadang ada yang sulit tapi di bawa happy ajah jadi menyenangkan koq.

    keinginan buat ke jepang pasti ada tapi kalau belum tercapai mengajar juga boleh,yang kita tau sekarang di indonesia sudah banyak perkuliahan yang jurusan sastra,perusahaan juga banyak perusahan jepang.

    nita

    Oktober 28, 2011 at 4:02 am

  61. help donk gan apa syarat kerja dijepang . . .

    Dhe Brandal

    Desember 25, 2011 at 11:43 am

  62. Ada program tidak untuk khusus x japan or yg sdh pernah kejepang

    yoga

    Maret 25, 2012 at 3:58 pm

  63. gmna dunk cara kerja di jepang

    catur

    Juni 10, 2012 at 6:06 am

  64. saya bru saja mndaftar di univ swasta ambil jurusan pend sastra jepang dan ingin sekali mnjadi bekerja dijepang sebagai penulis klo ada info ttg kantor penerbit di jepang bsa hubungin saya di 082140222794 mohon bantuannya karna saya suka sekali menulis terima kasih .

    Artanti Salindri

    Juli 4, 2012 at 9:54 am

  65. saya Dina apriana , saya lulusan SMA IPA ,,
    saya udh prnh bekerjja di perusahaan jeppang ,, emg peraturan’y sangat ketat dan juga disiplin ..dan kerjja’y pun sungguh sangat melellahkan namun bekerjja di perusahaan jepang sangat membangun pribadi saya yang sering ceroboh dan tidak ON TIME ..

    sekarang saya sangat berminat bisa sekali agar bisa jadi pegawai di sana (jepang) namun saya bingung karna tak punya relasi ,, mohon di bantu agar saya bisa bekerja di sana ..

    tollong hubungi saya lewat email ini .. dinaapriana299@yahoo.co.id

    dina apriana

    Juli 11, 2012 at 11:23 am

    • Gan kalo modal cuma bisa berbahasa jepang aja apa cukup buat pergi dan kerja di Jepang?

      Vanzer Animoto

      Juli 16, 2012 at 11:48 am

  66. Dibutuhkan banyak interpreter dan penerjemah freelance bahasa Jepang, silahkan kirim cv-nya ke (pusatpenerjemah@gmail.com) atau hubungi 021 44 206 206, thanks

    pp

    Desember 4, 2012 at 2:02 am

  67. untk di buka pendaptaran bulan brapa ya ni no hp saya 085323705780 tolong za butuh banget bantuannya

    sahab ade

    Maret 21, 2013 at 6:07 pm

  68. malam,maf mau tanya
    kira” da ngga kesempatan magang ke jepang lulusan S1 jurusan ilmu pemerintahan.??
    kira” kpan di buka pendaftarannya??
    ini no saya 087718675689.mohon informasi nya…n bantuannya

    dian permata

    Mei 26, 2013 at 2:40 pm

  69. Bagi yang ingin magang atau kerja dijepang silahkan hubungi saya.
    Saya Eks kenshu taun 2004 2007… dan saya skrg membuka LPK Bagi teman2 yg ingin kejepang silahkan hubungi sya.
    Nama sya Fahmi Cakra Dg No Hp 0853 7871 3855.

    Fahmi Cakra Dwiguna

    Desember 26, 2013 at 10:18 am

  70. Maaf..sy seorang guru swasta pendidikan anak berkebutuhan khusus di salah satu yayasan di Semarang. Sejak SMP saya berminat sekali untuk bekerja di Jepang. Namun krn lain hal hingga saat ini belum juga terwujud. Saya ingin mewujudkan impian sy. Adakah kesempatan bg saya untuk ke sana dan sy hrs bagaimana ? mohon penjelasannya. Trimakasih

    Hari Purwanto

    Januari 18, 2014 at 2:49 pm

    • Kami lebih membutuhkan orang-orang seperti anda di Indonesia. Di Jepang sudah makmur, sudah banyak guru-guru untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus, lagipula anda perlu belajar bahasa Jepang dan mengerti budaya Jepang.

      Di Indonesia jasa anda sangat dibutuhkan dan Insya Allah rezeki akan datang belum lagi pahalanya.

      Saya bekerja di luar negeri lama, tapi akhirnya pulang ke Indonesia, membangun bangsa, luar biasa sekali banyak yang bisa dibenahi dari negara ini.

      Banyak masalah=banyak kesempatan.
      Banyak kesempatan=peluang usaha.
      Banyak peluang usaha= rezeki yang berlimpah.

      Sudah tahu berapa jumlah penduduk Indonesia? berapa banyak yang membutuhkan jasa anda?

      Sebagai guru anak berkebutuhan khusus anda bisa mengembangkan usaha sendiri (sekolah, toko yang menjual perlengkapan untuk anak berkebutuhan khusus), anda bisa menulis buku, menjadi pembicara seminar bagi orangtua2 yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Ada 1001 peluang di Indonesia ini….

      Mungkin di Jepang anda hanya akan menjadi tukang cebokin nenek2 Jepang, sementara di Indonesia anda akan menjadi seorang pembaharu, seorang yang jasanya akan dikenang sepanjang masa oleh bangsa ini.

      Aamiin Insya Allah doa saya selalu untuk manusia-manusia berprofesi mulia seperti anda.

      adi

      Januari 18, 2014 at 5:23 pm

  71. Jika berminat magang Jepang Kami bisa bantukan proseskan.

    —(((Magang Jepang bersama Globalindo Foundation)))—

    Kita Program Resmi Ijin pemerintah, terpercaya dan aman.
    Silahkan daftarkan diri & hubungi kantor kami:
    Kantor Mitra Sukses TKI Jawa Tengah, Globalindo Foundation.
    Jln.Rahtawu Raya No.02 Gondosari RT 04 RW 06 Gebog-Kudus-Jawa Tengah,
    atau telp./fax. : 0291- 433126, HP. 081 919 854 311, 082 324 394 769, 085 747 333 966.

  72. Assalamualaikum, saya lulusan S1 Pendidikan T.Mesin UNY, sempat ngajar di SMK, sudah lama saya berminat bekerja di Jepang, tapi belum kesampaian. kalau bekerja di jepang, bagaimana dengan sholat kita (termasuk ketika sholat jumat)? bagaimana dengan kebutuhan2 ketika disana semisal tempat tinggal apakah sudah di sediakan? ddan untuk sekarang berapa biayanya?

    Ros Wood

    Oktober 1, 2014 at 1:54 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 492 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: