Anjar Priandoyo

Mamah dan Aa

with 224 comments

Semenjak Azkia lahir ada banyak hal yang berubah dalam rutinitas keseharian saya. Pertama saya mulai berangkat dengan sepeda motor, Honda Supra 2001 warna birunya Dinda. Waktu tempuh perjalanan pun berubah drastis, dulu dengan roda empat bisa memakan waktu 1 jam 15 menit bahkan lebih bila macet, maka sekarang waktu tempuh kekantor cukup 40-50 menit saja. Akibatnya berangkat bisa lebih siang dan pulang bisa lebih cepat.

Perubahan kedua adalah bertambahnya warga baru dirumah, si kecil Azkia dan Bu dhe yang membantu menemani. Bu dhe inilah sumber pertolongan utama kami bila harus menangani Azkia yang tiba-tiba rewel, sehingga kami sangat segan dan menghormati si Bu Dhe. Impactnya memang tidak banyak, karena Bu Dhe bukan tipe orang yang rese. Dia hanya minta satu hal: akses ke televisi.

Perubahan jam kerja dan akses ketelevisi ini membuat saya mulai akrab dengan tayangan Mamah dan Aa di Indosiar dilanjutkan dengan Titian Iman di O channel dan terkadang Insert (hehehe bertolak belakang ya) sebelum berangkat ke kantor dan kemudian pulang disambut dengan sinetron-sinetron di SCTV atau RCTI yang sejak jaman intan hingga sekarang tetap konsisten dengan gaya penyajian khas indonesianya.

Salah satu acara yang menurut saya menarik adalah Mamah dan Aa di Indosiar. Formatnya memang pengajian tapi lebih banyak adalah ajang curhat para penelpon ke Mamah Dedeh. Karena acaranya disajikan pagi-pagi lengkap dengan gaya bercanda dari Aa Adel maka acara inilah yang paling banyak saya serap dibandingkan gosip dan sinetron sebagai menu wajib harian televisi saya.

About these ads

Written by priandoyo

April 17, 2008 at 5:20 am

Ditulis dalam Life

224 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya juga hampir tiap hari nonton ‘mamah & aa’ :D

    terkenal juga ya ceramahnya Mamah Dedeh dengan gayanya yang ‘khas’ …

    Fadli

    April 17, 2008 at 7:39 am

  2. Pantes..dalam mimpi saya sering dipanggil Aa..dan perasaan istri di rumah saya panggil Bunda, kok ada Mamah?
    oalah ternyata istri penggemar setia Aa dan Mamah ini.. lumayan, dalam mimpi dapet pencerahan juga..
    :lol:

    Mas Kopdang

    April 17, 2008 at 8:45 am

  3. Saya bawa motor ke kantor sekarang 1,5 sampai 2 jam waktu tempunya. Tambahan waktu setengah jam dihasilkan oleh rusakparahnya jalanan yang saya lewati.

    Mamah Aa nggak pernah lihat. Setiap pagi televisi dikuasai film kartun dari Global TV.

    kombor

    April 17, 2008 at 3:08 pm

  4. tapi yang paling bikin bete, acara gossip dan sinetron yang all day dikuasai oleh sang bude.. hiks hiks.. bikin saya pusing kepala 7 keliling, sinetron isinya orang tereak2 semua.. mabok deh saya ndengerinnya.. alhasil, kalo acara sinetron sudah mulai tayang saya selalu ngumpet di kamar sambil saya bawa azkia ke kamar biar ga denger acara tereak2 ituh, trus saya tutup telinga & mulai baca buku, karena nggak mungkin saya tiba2 ganti channel, secara bude sudah cukup berjasa membantu saya mengurus azkia… :(

    udahlah acara sinetronnya tereak2, kata2nya kasar2, eeeh.. penontonnya di rumah juga ikut2an ngeluarin kata2 kasar, karena sebel dengan tokoh antagonisnya, walah lengkap sudah :(

    nungqee

    April 18, 2008 at 12:18 am

    • Weleh welehhh urusan keluarga diumbarrr barrr ke dunia international…..

      Amreza

      November 19, 2009 at 7:31 am

  5. Mas dan mba Anjar

    Solusinya ya beli TV satu lagee biar ngga BT dipaksa nonton sinetron :D

    Kaboor :D

    daus

    April 19, 2008 at 5:09 am

  6. kalo malem kan ada acara superseleb dkk di indosiar. pada suka juga kan?

    khaidar

    April 19, 2008 at 8:10 am

  7. coba naik honda CS1 pasti lebih cepat dibanding naik supra :D

    wayne rainey

    April 20, 2008 at 5:25 am

  8. mamah dan aa itu jam brp acarany ajar.. ah cek indosiar dulu..

    isal

    April 20, 2008 at 2:11 pm

  9. re-run juga ada di Elshinta TV sore sore pas pulang kerja :-)

    yudhi

    April 24, 2008 at 9:33 am

  10. enakan tipinya dijual aja mas .. :D ..
    serius … :) .. kalo pengen dapet informasi yah cukup langganan speedy .. :) ato beli tv card external biar budhe nggak sembarang nyalain .. :D

    tintin

    April 25, 2008 at 12:46 pm

  11. mamah dan aa acara berkualitas tapi dibawakan secara tidak menggurui.. ok bgt

    fitmi

    April 28, 2008 at 9:45 am

  12. ada yg punya alamat dan no tlp mamah dedeh tidak..?
    minta dong

    nurdin

    Mei 7, 2008 at 12:56 am

    • kmu sempet punya no manager mamah dedeh gk? sy mnta dong.. sy mw undang mamah dedeh d acra nikah saya nanti. tolong informasi ya.trms

      tian sheilvitiano

      Agustus 1, 2011 at 4:18 am

  13. kalo aku berhubung pagi2 nggak sempet nonton (kadang belum bangun juga biz setelah solat subuh seringnya tidur lagi hehehehe) jadi kadang nonton siaran ulangnya di elshinta…

    alief28

    Mei 12, 2008 at 10:03 am

  14. ada yg punya alamat web specific nya mamah dede ga? mw ada event nech..a.s.a.p…thanks

    yayasan tinta emas indonesia

    Mei 13, 2008 at 2:40 am

  15. saya dak punya mungkin ada yang lain..

    salam kenak buat yang punya blog

    syahrizal pulungan

    Mei 13, 2008 at 12:18 pm

  16. iya… si… menurut saya… cara membawakan acaranya juga “kurang santun”… saya lebih suka acaranya Ratih Sang…

    yanti

    Mei 13, 2008 at 12:48 pm

  17. href=”http://www.transmorfosis.blogspot.com/”>wach lebih baik sih nggak usah nonton aja atau gak usah tv sekalian yach?/a>

    transmorfosis

    Mei 13, 2008 at 9:18 pm

  18. wah sama dong saya uga penggemar acaranya mamah dedeh
    :lol:

    pulsa bisnis

    Mei 14, 2008 at 12:26 am

  19. oh ya…gue baru tahu ada acara tersebut. Gue hanya suka berita dan bola. Maklum…ga suka film indo yang rada picisan dan…. http://marsadanauli.wordpress.com

    marsadanauli

    Mei 14, 2008 at 1:33 am

  20. OH YA AKU KADANG LIHAT KADANG NGGA. KARENA WAKTU SUBUHKU KEBURU HABIS NGAJI DI MASJID. PAS PULANG UDAH JAM 6. YA LEWAT DECH. KLO BISA INDOSIAR MINDAHIN JAM TAYANG ACARA MAMAH DAN AA JADI JAM 8 MALAM.. PASTI SERU.. YA NGGA? SETUJUUUUUU????
    KLO BISA ACARANYA TIAP MALAM… SETUJUUUUUU?????
    UNTUK YANG SETUJU IMAN NYA BAGUS..
    YANG GA SETUJU…IMANNYA PERLU DIPERTANYAKAN..????
    HEHEHEHE….

    yusah

    Mei 14, 2008 at 3:34 am

    • seharusnya sih begitu biar yang kerja pagi bisa nonton juga kan saya juga situju……. kwkwkwkwk

      rifda kasim

      Oktober 19, 2010 at 6:51 am

  21. ya saya pernah menontonnya, menurut saya sih biasa-biasa saja.

    daeng limpo

    Mei 14, 2008 at 4:19 am

  22. khan ada tayangan ulangya di elshinta tv. acaranya malem sekitar jam 7 atau jam 8 gitu lupa saya….

    Mamah dedeh itu deket rumahnya saya, dulu dia sering bgt ngisi tausiah di mesjid belakang rumah saya, tp semenjak di pake di indosiar jd ga pernah lagi :(

    Novi

    Mei 14, 2008 at 6:55 am

    • oiya alamat rumah kamu dimana??? terimaksih ya

      ratna

      Desember 5, 2011 at 10:57 pm

  23. Asalamuwalaikum,
    Mmh & Aa curhat dong,saya mau tanya masalah rumah tangga ada saudara saya ribut ama suaminya sering mereka ribut yg saya mau tanya kan suaminya itu sering mengeluarkan kata2 cerai itu gmn mmh kl suami udah mengeluarkan kata2 itu sudah jatuh talak ga sih mmh,yang kedua si suami pernah mengeluarkan kata2 kasar dan menyakitkan hati istrinya (saya udah ga nyaceng lagi) apa itu jatuh talak jg mmh & aa. Terus kan msh satu rmh , itu msh boleh ga mmh berhubungan badan,tolong mmh minta penjelasannya.
    dari : hamba allah serang banten

    hamba Allah

    Mei 15, 2008 at 4:00 am

  24. sudah 3 kali meminta menikah pada orang tua tapi blm dikasih izin dengan alasan calon suami saya memiliki orang tua yang sudah berpisah atau sudah cerai kami berdua saling mencintai dan Insya Allah sudah siap lahir bathin bagaimana solusi untuk meyakinkan orang tua saya.

    iza

    Juni 2, 2008 at 3:45 am

    • Turuti nasehat orangtua, karena beliau ada indera ke-6 dan pernikahan harus direstui atau disetujui orangtua agar ada berkah dalam kehidupan nanti

      Djoko Santoso

      November 24, 2009 at 1:30 am

  25. Assalamu’alaikum…Mmh & Aa, saya curhat dong !… ada sebuah yayasan islam nih..menawarkan untuk naik haji, tetapi caranya saya (nasabah) diminta untuk menyerahkan uang kontan 8 juta, nanti setelah 3 tahun baru naik haji sudah ditanggung tinggal berangkat saja. Katanya uang yang 8 juta tersebut untuk diputar main falas. Seandainya benar naik haji tersebut syah ga ya mah.. Trima kasih wassalam

    Arif.M

    Juni 9, 2008 at 5:10 am

  26. kalau punya foto mamah dede minta dikirim ke aganzabbal@yahoo.co.id
    terima kasih

    agan

    Juni 24, 2008 at 7:48 am

  27. ass.mamah sy mo curhat dong…usia sy sdh 30 th tp sampai skrg blm ada jodoh.kalo sy suka seseorang dia yg gk suka tp kalo sy gk suka dianya suka,apakah itu suatu penyakit mah?apa mungkin krn sy dulu pernah nyakitin perasaan seorang cowok?emang sy dulu agak sombong dgn semua pria,sy anggap blm saatnya mikirin cowok,jd kalo ada yg dekat pasti sy tolak dgn perlahan atau dgn angkuhnya. mohon sarannya mah krn sy lagi bimbang dgn semua ini, makasih

    ruti

    Juli 17, 2008 at 4:11 am

  28. Mah sy gadis berusia 14 thn. Dari sekian kali sy menyaksikan acara ini sy blm mendapat solusi.gni mamah sya suka menggosip entah itu keluarga,soudara,tetangga. sy ingin menegur tpi gmana caranya? Sdangkan kta kaka sy itu tdak sopan. Trm ksh mah

    Hamba allah

    Oktober 31, 2008 at 11:29 pm

  29. ass wr wb
    mama de2h curhat dong.suami sy krj sudah 8 thn tp blm diangkat jd karyawan saat ni suami sy lg diuji dia dipindahkan kebagian yg paling rendah kedudukannya alasannya atasannya dendam ma suami sy.tiba2 ada temennya yg menawarkan pekerjaan uk bln februari thn depan langsung jd karyawan.yg sy mo tanyakan hrs kah suami sy pindah krj?sedangkan sy lg hamil 9 bln.sy jg mo menanyakan doa apa
    yg bisa memperlancar kelahiran anak pertama saya ini mah. trima kasih dan wass.wr.wb

    yanti

    November 24, 2008 at 6:19 am

    • seharus nya di ewe dulu biar nikmat

      mamah dedeh

      November 21, 2010 at 1:31 am

  30. Salam kenal, Mas Pri. Jadi bingung dengan beberapa postingan temen2 yang terakhir ini. Kok, jadi ajang curhat begini sih? ^_^ Ini kan bukan blogna Mamah Dedeh….

    Bang Aswi

    November 29, 2008 at 12:37 am

  31. maaf ada yang tau alamat mamah dede gak ?

    boleh minta alamatnya gak ?

  32. Ass Mamah dan A’a Mudah-mudahan senantiasa dirahmati Allah, Saya ingin bertanya bagaimana prosedur menjadi audiensi program Mamah dan A’a ? Mohon Konfirmasinya ?

    contac Person Saya . 08561917144 – 0218250932
    MAJLIS TA’LIM AL BARKAH , BANTAR GEBANG, BEKASI 17151

    Yogi

    Januari 28, 2009 at 9:02 am

    • Ass Wr Wb.
      Ma’af saya mau bertanya kepada majlis ta’lim Al Barkah, tahu alamat dan telphon tempat Mamah Dedeh nggak? Soalnya saya dari Pekalongan pingin silaturahmi ke rumah atau majlis ta’lim tempat Mamah Dedeh mengajar.

      Mufti Awaludin

      Oktober 17, 2009 at 3:46 pm

  33. Mah, saya sudah sering kirim Email ke curhat indosiar tapi belum pernah ada tanggapan/jawaban, kami dari majlis taklim Al’amilin Komp. Pemda Serang Banten, berminat untuk menjadi peserta pengajian di curhat indosiar terima kasih.

    arrahji

    Februari 13, 2009 at 11:22 pm

  34. asslmalaikum wr,wb
    curhat dong ma,,,,,,,,

    ma nama saya ayu umur saya 17 tahun, saya ingin bertanya apa hukum nya jika seorang ayah meninggal kan anak nya tanpa memberi anak tersebut nafkah,,
    dan bagaimana jikalau saya sudah dewasa dan ingin menikah nanti ma???
    apakah perlu pernikahan tersebut tidak mempunyai wali???
    apa yang harussaya lakukan ma??
    mohon jwban nya ya ma.
    terimakasih, wassalamualaikum.

    Ayu,,

    Februari 14, 2009 at 7:21 am

  35. Saya paling seneng lihat acara curhat indosiar karna dari situ pengetahuan agama kita jadi bertambah. Nah.. Sekarang saya juga mau curhat lewat internat, caranya gimana ya..Makasih

    Bida

    Maret 16, 2009 at 6:43 am

  36. saya selalu melihat acara mamah dan aa,tiap pagi karna ibu saya selalu menyetelnya tiap pagi.
    sekarang saya ingin sekali curhat sama mamah dedeh,bagaimana caranya ??
    tolong jawab yh,,

    annisa mala d

    April 1, 2009 at 1:40 am

  37. nama saya ika
    ASSALAMUALAIKUM

    saya suka nonton acara mama & aa di indosiar
    saya mo tanya mah saya punya pacar tapi beda agama a
    apakah dalam islam di perbolehkan ?

    tolong di jawab ( tolong nama saya jangan di bacakan ya mah karna saya takut ibi saya nanti tau ) terima kasih

    ika

    April 18, 2009 at 5:59 am

  38. saya sangat tertarik acara curhat mama dan aa, majlis taklim saya ingin mengikuti secara langsung (hadir di studio), gimana caranya ? tolong kirim lewat email diatas

    usrotun marichah

    April 29, 2009 at 12:48 am

  39. assalamu’alaikum wr,wb

    mama curhat dong..
    saya seorang ibu rumah tangga. saya mempunyai seorang putri yang usianya kini 1th. suami saya bekerja dengan penghasilan pas2an.
    waktu usia anak saya 40 hari, suami saya mengekahkan anak saya,tetapi bukan uang dari suami atau saya,melainkan dari orang lain yang tidak sama sekali mempunyai hubungan darah (saudara). yang ingin saya tanyakan, apakah kekah anak saya sah dan diterima ALLAH SWT, atau tidak sah? selama ini saya tidak tenang. mohon jawaban dari mama.
    terima kasih.

    wassalam
    hamba ALLAH

    wiranti

    Mei 14, 2009 at 8:48 am

  40. ass wb wr ,,, mama n aa curhat dungzssss
    saya mau tanya gimana , sOlusiya ,saya kan punya cowok
    tpi diya punya cwe laen,,,,psisi saya yg ke_2 tapi saya sama dia sama”cocok .malah dya milih sayah untuk menjadi pendamping hidup ya.masalaya cowok saya gax enak sama orang tua cweya, cwe’yasi ngax prna perhatian klw da perlu brugsi kbr kcowok sya. pertanyan saya
    apaka saya berdosa tlah gerusak hubungan orang ???
    di siisi laen kita saling sayang ,,, saya juga uda bilang sma cwo sya biar gaku sma ortu cwe itu , tpi kta ya berat sma ortu yaja.saya jga perna yuruh mili antara dya pa sya ,makasi mama dan aaaa ,,,,,,,,,, asss Wb Wr

    yusi

    Mei 17, 2009 at 12:31 pm

  41. aku suka bgt nieh ma acra mamah n aa’…
    aku jg pengen curhat nie mah…

    micko

    Juni 8, 2009 at 6:58 am

  42. ass… mah mo curhat nie…
    mah… aku kan nadzar puasa slma 7 hari berturut”, tp wktu q lg ngejalni nadzar, aku sakit jdi aku g’ bs puasa mah, pdahl q dah 4 hri puasa berturut”ny mah…
    yg mo q tanya nieh mah, ap q mesti ulang lgi nadzar q dr awal atw lanjutin j?

    mohon penerangannya y mah…
    wassalam…

    micko, bgkulu

    Juni 8, 2009 at 7:02 am

  43. assalamualaikum wr.wb
    curhat dong………

    saya mempunyai kakak perempuan yang berumur 32 tahun, dia belum menikah. kata orang jodohnya ada yang menghalangi, katanya juga dulu dia pernah menyakiti seorang laki2. apakah benar ada yang seperti itu ma?
    mohon bantuannya ma, bagaimana supaya kakak saya itu cepat dapat jodoh?? karena saya kasihan kalo saya harus mendahului dia menikah.

    terima kasih ma…

    risty, palembang

    Juni 23, 2009 at 12:58 am

  44. gimana caranya kirim pertanyaan ke acara mama & aa curhat dong

    gudang

    Juni 25, 2009 at 8:14 am

  45. HAMBA ALLAH DI SULBAR Aswrwb.mama & aa curhat dong

    MENYURUH SUAMI UNTUK CERAIKAN ISTRINYA

    MAMA SAYA ADALAH ISTRI KE 3 DARI SUAMI SAYA.SEBELUM SAYA MENIKAH DG SUAMI SAYA DIA TERUS TERANG BAHWA DIA SUDAH PUNYA ISTRI 2 DAN ANAK 4ORANG.KARENA SAYA CINTA DIA MAKA SAYA BERSEDIA DI NIKAHI DG KOMITMEN SAYA MAU MENERIMA KEADAAN SUAMI SAYA.TAPI SETELAH MENIKAH TERNYATA KEADAAN ITU BERAT RASANYA KARENA SAYA TIDAK SANGGUP DG HIDUP SEPERTI ITU JADI SAYA MENUNTUT SUAMI SAYA UNTUK MENCERAIKAN ISTRINYA YANG LAIN DAN SAYA MENTEROR MADU SAYA MELALUI SMS HINGGA SUAMI SAYA DAN ISTRINYA YANG LAIN SALING CEKCOK.APAKAH TINDAKAN SAYA INI BERDOSA MA DAN TINDAKAN APA YANG HARUS SAYA AMBIL MA.MOHON PENJELASAN MAMA.TKS

    gudang

    Juni 25, 2009 at 8:35 am

  46. tolong minta alamat&tlp atau alamat emailnya mamah dan aa ada perlu penting sekali mau ngundang ceramah. tolong yah email ke batikkharisma@gmail.com

    hyudakharisma

    Juni 25, 2009 at 9:04 am

    • tolong kirim no tlp mamah dedeh untuk diundang ceramah di daerah karawang

      wawan

      Juni 14, 2010 at 10:23 am

  47. wah tambah banyak aja yah yang mengidolakan mamah dedeh mudah-mudahan saja lebih banyak lagi wanita-wanita Indonesia yang berkualitas

    nova

    Juli 1, 2009 at 2:12 am

    • asalamualaikum wr.wb..
      bagaimana cara menyimpan al-quran
      supaya tetap utuh
      terima kasih mama wasalamu alaikum wr.wb..

      fadli

      Desember 7, 2010 at 7:14 am

  48. Asalamualaikum wr.wb..
    Untuk ma2 dan aa saya mw curhat sedikit mah..
    Saya wanita berumur 25 tahun dari dulu saya ngerasa diri saya ngga pernah bahagia mah.karna ma2h pa2h slalu bertengkar karna pa2 nikah lagi.semenjak itu ma2h sering mrh2 dan pelampiasan amarahnya selalu kesaya padahal saya masih memiliki 2 kk yg lain,tapi ma2 lbh sayang dgn mereka,padahal saya slalu berusaha untk menyenangkan keluarga tp ma2 slalu menutup mata.smp akhirnya saya menikah thn 2003 tapi gagal dithn 2007 karna ulah ma2 yg benci dg suami saya dan karna ktdk tegasan suami dan keegoisan suami saya jg mah,tp saya dikaruniai 2 anak olh mntn suami saya dan ikut dgn saya dua2nya,dan saya pun yg menafkahi mereka sndrian karna ayahnya melepas bgt az dan hilang entah kmn dan ini cerita pentingnya mah.saya bertemu dgn laki2 yg sekarang menjd suami saya yg kedua tp saya menikah dgn dy karna saya hamil diluar nikah mah,dan kita berjauhan karna dy msh kuliah tinggalnya hmpr sbln sekali br bertemu itu pun tdk lama…selama saya skt ,saya sdh,saya mencari nafkah sendirian mah seperti single parents
    Saya makin merasa kehidupan saya hancur..dan ma2 makin membenci saya karna perbuatan saya..
    Tapi saya hanya ingin punya keluarga yg sakinah mawaddah dan warahmah mah…makanya saya slalu berusaha sbr dan hanya bs berdoa sm ALLAH mah
    Yg saya ingin tanyakan apakah allah mw memaafkan saya mah n apakah saya bs memiliki keluarga yg sakinah mawadah dan warahmah karna sbnrnya saya hanya ingin punya keluarga yg utuh ,yg damai tdk seperti yg tlh saya alamin dgn keluarga ma2 n pa dan apakah ma2 bs brbh dan bs menerima jalan takdir dr allah mah…
    Apa yg harus saya lakukan mah..terimakasih
    assalamualaikum wr’.wb

    Yanti

    Juli 18, 2009 at 2:22 am

  49. Asalamualaikum wr.wb..
    curhat dong mah
    saya berumur 33 tahun tapi samapi sekarang beum ada jodoh, kalau saya shalat malam atau shalat wajib saya selalu berdoa agar diberi jodoh yang sholeh,apa yang harus saya harus lakukan mah beri tahu dong solusi dan jalan keluarnya terma kasih
    ssalamualaikum wr’.wb

    lia

    Agustus 24, 2009 at 8:12 am

  50. Assalamualaikum wr.wb..
    nanya donk mah…
    gini mah kan saya pernah bca al-quran yang artinya barang siapa yang merubah bagian sedikit bagian tubuh kita itu dosa,,,
    kalu bonding itu dosa g mah…
    saya th pingin banget bonding,pernah se sekali..tp dlu saya g tau apa dibolehin oleh agama atau tidak,, sesudah saya bca-baca ada sebagian orang bilang bolehdan ada jg yng bilang g boleh…
    jadi gmna donk ma dengan pendapat mamah….
    makasih…
    Assalamualaikum wr.wb…

    habibah

    Agustus 25, 2009 at 6:16 am

  51. assalamulaikum wr wb Mamah&Aa
    curhat ini
    1.suami tlp/sms istri tdk pernah angkat tapi sekalih angkat jawabnya istri sengaja hp dimatikan tidak mau diganggu apakah pantas istri jawabnya brgitu sama suaminya

    amin

    Agustus 28, 2009 at 4:46 pm

    • assalamulaikum wr wb Mamah&Aa
      curhat ini
      1.istri mau dibawa pulang sama suaminya tapi mertua melarang(mengancam)apakah patas mertua bicara begitu

      hamba allah

      Agustus 28, 2009 at 4:54 pm

  52. assalamulaikum wr wb Mamah&Aa
    curhat ini
    1.istri saya menggadu kepada orang tuanya dan saudaranya,ikut sama suami tdk pernah makan sayur dan sering makan mie tapi suami cari info kpd orang lain ternyata istri saya bohong,apakah pantas istri menjelekan suaminya kepada orang tuanya.

    hamba allah

    Agustus 28, 2009 at 5:06 pm

  53. assalam mulaikum wr wb Mamah&Aa
    curhat ini.
    1.baru tiga bulan nikah istri pernah bicara sama suaminya ingin bubaran/cerai apakah pantas istri bicara begitu sama suaminya minta jawaban dari Mamah&Aa saya terima kasih.
    assalam mulaikum wr… wb…

    hamba allah

    Agustus 28, 2009 at 5:14 pm

  54. assalamu’alaikum wr wb
    curhat donk
    saya kerja di hongkong jadi pembantu, oleh majikan saya dilarang sholat apalgi baca quran, mereka takut klo liat wanita yg menggunakan kerudung, sering di razia tas, klo² ada quran di dalam nya, saya klo sholat di kamar mandi, tapi klo mau sholat saya bersihkan dulu kamar mandi nya, dan baca quran di saat mau tidur, disaat orang lain dah pada tidur, bener2 ngumpet , takut ketahuan, adakah solusi nya ??cari kerja di indonesia gak mungkin sulit skali

    enny

    September 3, 2009 at 1:35 am

  55. assalam mulaikum wr wb Mamah&Aa
    mama.. tlng di doakan kalo saya bisa menjalankan hidup ini dengan bimbingan dari ALLAH SWT, Dan dpt.membantu membahagiakan kedua orang tua. wassalam

    reza

    September 27, 2009 at 11:16 am

  56. ass,,.mamah&Aa saya boleh curhat dong,,.mama,saya hamba ALLAH dari medan.mama saya mau tanya,apakah syah seorang istri yg sedang hamil 3 bulan dijatuhkan talak oleh suaminya?padahal mereka masih saling mencintai satu sama lainnya.namun karena takut dosa atau durhaka pada orang tua,maka sampai sekarang cinta kami bagaikan memakan buah simalakama.padahal kami sangat ingin kembali bersatu seperti dulu.mohon solusinya dari mama,terimakasih wassalammualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

    ridzwansyah

    Oktober 19, 2009 at 7:41 pm

  57. mamah bgus euy…,aku jadi pengen dekat ama mamah dan pengen jadi seperti beliau…,mamah aku pengen diajari agama islam lebih kyk mamah…

    diana

    Oktober 20, 2009 at 7:18 am

  58. assalamualaikum mamah & aa.
    mau tanya nih, ada seorang anak yang ingin sedekah ke masjid, tapi di titipkan oleh orang tuanya, tapi orang tuanya maunya memberikan sedekahnya ke masjid yang dia kenal dekat rumahnya supaya nama dia diketahui atau dikenal orang lain, kalau dia nyumbang.
    pertanyaannya : sebenarnya yang dapat pahalanya itu siapa ya mah? dan hukum nya bagaimana????? kalau gitu ria bukan???!!! tolong di jawab ya mah,… berharap banyak…
    wassalamualaikum.

    hamba allah….

    tia

    Oktober 22, 2009 at 8:36 am

  59. ass.wr.wb.
    Mmh & Aa, curhat dong…! Mmh aku sdh 3 x berumah tangga, istri pertma meninggl, istri 2 pisah tnpa surat cerai dr pengadilan agama hanya kita buat surat pernyataan utk cerai, istri 3 meninggl lagi. pertanyaanx Mmh apakah istri ke 2 tadi sah di cerai dlm hukum islam ? dan kemudian menikah dgn istri ke 3 lagi krang lbh 7 thn sakit dan meninggal lagi, sblum meninggal Mmh dia sempat menyatkan pa jangan kawin lagi lihat anak2, pertanyaanx Mmh, apakah wasiat istri itu bisa dilanggar ? apakah dalam alquran ada larangan itu Mmh ? mohon penjelasan…

    hamba allah

    Oktober 26, 2009 at 3:48 am

  60. kami dari majelis taklim al-barokah cinunuk 103 desa cinunuk kec. cileunyi kab. bandung
    ” bagaimana cara daftar ke acara curhat dong mamah & aa pada program indosiar

    ibu Hj. Imas

    Oktober 26, 2009 at 6:46 am

    • kami juga ingin tahu cara daftarnya sesuai keinginan ibu Hj. Imas kami dari desa Cimekar Cileunyi tolong bagi2 informasinya.Majelis Taklim Masjid Al-Barokah desa Cimekar.

      syahrul alimin ar

      Juni 23, 2010 at 7:27 am

  61. kami dari majelis taklim al-barokah cinunuk 103 desa cinunuk kec. cileunyi kab. bandung
    ” bagaimana cara daftar ke acara curhat dong mamah & aa pada program indosiar, terimakasih

    ibu Hj. Imas

    Oktober 26, 2009 at 6:46 am

  62. assalamualaikum mama dan aa’
    curhat dong
    ma saya sekolah di man berau kaltim,gini ma,pertamanya saya smp sudah hapal 5 jus alquran,nah waktu saya sekolah d man hapalan saya jadi gak dirawat karna saya masuk program ipa,jadi saya lebih giat belajar ipa dari pada melanjutkan hapalan saya,waktu itu guru saya menyuruh saya tinggal drumahnya,tetapi saya masih bingung karna saya sudah duluan tinggal dirumah teman ayah saya,gimana solusinya ma,apakah dosa kalau saya tidak menuruti kemauan guru saya dan juga apakah dosa bila hapalan saya sekarang tidah utuh lagi seperti smp

    hamba allah

    Oktober 29, 2009 at 2:14 pm

  63. Dear Mamah,

    Mohon saran. Saya dicerai suami karena dia memilih perempuan lain. Setahun kemudian, mantan suami minta kembali dan minta segera nikah kalau saya bersedia. Dia tidak jadi menikahi perempuan itu.

    Saya bimbang Mah, karena hati saya belum sreg untuk menikah lagi dengan dia. Meskipun saya sudah memaafkan, dan mau melupakan saja bencana itu.

    Banyak yang saran untuk balik lagi, karena ada anak (1, perempuan, 4 th). Saya juga pernah baca ayat di Al-Qur’an bahwa lebih baik untuk kembali.

    Tapi hati ini apa bisa diabaikan saja Mah? Hati saya rasanya belum siap untuk segera nikah lagi dengan dia. Dan dia hanya memberi pilihan nikah segera atau tidak ada kesempatan lagi selamanya..

    Di lain pihak, saya juga takut sendiri tanpa pasangan hidup selamanya Mah..

    Saya sudah Sholat Istikharah mohon petunjuk, tapi hati ini tetap bimbang.

    Wassalam..
    Hamba Allah

    Hamba Allah

    November 16, 2009 at 5:22 am

  64. Asl.m.Mamah dan Aa,sy mau curhat,gmn sih org pacran hukumx boleh ga,pcrnx cm bertemu,telpnan y gto2 z…dan jlskn bgmn pcrn dlm islam..trmksh

    Kaspul anwar

    November 17, 2009 at 10:40 pm

  65. Ass. Wr. wb.

    Mamah dan AA curhat donk

    Permasalahan cukup pelik mah, rasanya saya sudah gak tahan lagi, pernikahan saya yang sudah 15 tahun sekarang saya punya anak 2 yang besar kelas 3 SMP yang kecil kelas 2 SD, sejak anaksaya yang besar umur 5 tahun suami saya di PHK dan selama itu juga suami saya gak pernah kerja lagi. Sejak itu suami saya jarang sekali ngasih napkah lahir (uang), untuk mencukupi kebutuhan sehari2 saya tutp sana tutp sini, kebetulan juga saya seorang karyawati sebuah Yayasan yang penghasilannya pas2an. Menghadapi suasana seperti ini saya sering mengajak suami untuk berkomunikasi masalah kerjaan tetapi dia(suami) selalu meghindar dan ujung2nya pasti bernatem mulut. Saya cape dengan situasi seperti ini suami tidak mau kerja kalau cuman jadi pegawai kecil atau rendahan. dia selalu berangan2 dan menginginkan gaji yang besar seperti boss2. saya sudah nasehatin dia smapai cape sendiri rasanya, tapi sampai sekarang belum juga ada perubahan. saya minta cerai tapi dia tidak mau. suruh kerja biasa2 gak mau. yang jadi masalah saya sekarang bagaimana sikap saya sabagai seorang isteri, apa harus sabar dengan keadaan seperti ini yang serba kesusahan atau harus bagaimana, mohon mamah dan aa bisa memberikan masukan dan saran kepada saya yang sedang kalut dan bingung. Terimakasih. Wassalam. Balas.

    anggrek bulan

    November 19, 2009 at 5:25 am

  66. gabung yuk grub remaja islam sunda kelapa

    rahman gani

    November 30, 2009 at 7:41 am

  67. saya penggemar mamah dan aa. saya ibu rumah tangga satu anak. saya guru sd . suami saya kadang marah kalo saya sering ninggalin anak karena kerja. padahal saya kerja sejak sebelum nikah. ia pengen saya tidak kerja. padahal saya kerja niatnya pengen berbakti demi pendidikan di sd saya. soale kekurangan guru. apa tindakan saya selanjtnya?

    nia

    Desember 2, 2009 at 4:55 am

  68. asalamu’alaikum……………….. mah curhat donk saya mau tanya gmna sih cara nya supaya solat kita rajin, soal nya klo mau solat ada saja alasan kita untuk tdak solat,padahl pda wktu di sekola sya sudah niat tp klo sudah d rmh sy ska lngsung maen……… mah sy pngn slt istkoroh tapi saya ga bisa g mna sh tata cara solat istikoh mohon penjlsan nya ya mah asalamualaikum

    siti

    Desember 3, 2009 at 9:29 am

  69. ma.. mau curhat, bisa mintak alamat emailnya gak ma?

    MELATI

    Desember 4, 2009 at 7:57 am

  70. Assalamu’alaikum wr wb

    Mamah dan AA saya mau curhat, saya sedang mencari jawaba mengapa banyak pendapat mengatakan bahwa 1 Muharram atau org ajwa laebih kenal 1 suro tidka boleh ada pernikahan????jujur saya tidak pernah melakukan ritual2 seperti itu, dan saya hanya yakin sama ajaran islam saja, saya sangat butuh jawaban yg membuat saya yakin, karena insya Allah saya akn melangsungkan pernikahan di Tahun BAru islam tersebut,, mohon dibantu dengan informasi yg dapat meyakinkan saya. terima kasih

    umi wahyuni

    Desember 10, 2009 at 10:43 am

  71. assalamualaikum wr wb
    mama dan aa saya mau tanya nih..
    kakak saya punya pacar seorang muslim, tapi orang tuanya beda agama.
    pertanyaan saya..
    1. apakah boleh jika kakak saya menikah dengan
    pacarnya? atau sebaiknya bagaimana?
    2. hukumnya bagaimana anak yang terlahir dari
    pernikahan beda agama?
    3. apakah anak tsb bisa dibilang anak haram?
    jawab pertanyaan saya yah mama…
    saya sangat menunggu jawaban tsb, karena ibu saya sebenarnya setuju jika kakak saya menikah dengan pacarnya itu. Hanya saja takut pernikahannya tidak diridhoi Allah SWT.
    terima kasih.
    wassalamualaikum wr wb

    deviana dwi puspasari

    Desember 10, 2009 at 12:26 pm

  72. lah kok ky jadi web nya aa dan mamah dede????

    Risti

    Desember 11, 2009 at 2:38 am

  73. mama crhat dong,
    apakah harta yg diperoleh slm menikah itu hnya milik suami (yg krj cma suami) & apakah istri tdk berhak sm sekali ? tlg djwb yg jelas ya mamah.trim’s buat ma2h & aa’.

    ninil kasiyanti

    Desember 18, 2009 at 7:18 am

  74. mama curhat dong,
    saya sorg ibu rmh tangga, punya suami yg tdk punya pekerjaan. masalah g punya pekerjaan saya tidak begitu mempersoalkan.Tpi Ma, kemaren saya sakit (keguguran) kebetulan secara bersamaan kakak dri suami juga keguguran & masuk RS, dia malah ninggalin saya yg lgi merintih kesakitan. saya sdh ungkapkan semua unek2 saya tpi dia malah marah & lebih membela kakakx dripda saya Ma. Saya mohon solusix Ma, agar Rumah tangga saya awet

    ibu lydia

    Desember 19, 2009 at 10:14 am

  75. assalamualaikum
    curhat dong mah…
    saya mau tanya,sebenarnya saat qt duduk tahiyat awal & akhir,harus menggunakan kata SAYIDINA sebelum MUHAMMAD&IBRAHIM atau tidak???
    sebenarnya apa arti SAYIDINA itu sendiri mah??trimkasih
    wassalam

    emma

    Desember 22, 2009 at 12:13 pm

  76. ohiya mah…mohon di jawab ya???sebab sy msih SMA dan benar2 ingn tau tntg hal tsb.

    emma

    Desember 22, 2009 at 12:15 pm

  77. aku juga sering nonton mamah & Aa’ tiap hari malahan karena kita bisa menambah ilmu apalagi ilmu agama.butuh banget tuh…buat dikemudian hari! dan juga ada Aa’ Abdel yang guanteeeeeeng banget dan humoris lagi.Oy,sekali-kali temanya tentang anak remaja sekarang,kan zaman sekarang banyak anak gadis yang mudah terpengaruh dengan dunia porno….

    fietry

    Desember 24, 2009 at 4:26 am

  78. aku senang banget deh……dengan acara mamah & Aa’ karena mamah yang begitu banyak mendalami ilmu agama sehingga menambah pengetahuan kita yang kurang ditambah lagi buat Aa’ Abdel yang cuakeeeep.Pengen deh punya pasangan dikemudian hari kayak Kak Abdel.Klo sekarang gak mungkin karena aku masih sma githu…he he… just kidding!sekarang sich dah punya calon gara-gara mamah & Aa’yang ngasih banyak petunjuk agar mendapatkan yang baik.Doain aja yach….!AMIN

    Rhyna

    Desember 24, 2009 at 4:34 am

  79. mamah curhat dong.
    assalamu alaikum wr.wb. mamah sy mau tanya bagaimana cara menghadapi sakratul maut dan bacaan apa yang harus kita baca,dan apa yang harus kita lakukan dalam mendampingi orang yang dalam keadaan sekarat, saya mohon jawabannya mah.terima kasih.

    maidah abid

    Desember 25, 2009 at 3:20 am

  80. mama yg cantik aa yg ganteng, curhat dong…..ma,dosa nggak kalau seorang istri tidak melayani makanan kepada suami karena suami, tidak memberi nafkah. Dan kalau marah selalu bicara kalau rumah ini milik dia,bukan milik istri dan anak-anak……Bagaimana kalau dia sudah mengucapkan talak itu termasuk cerai/tidak ma??
    Tolong jawabannya ma, terimakasih.
    Dari hamba Allah di penggilingan……….

    Hamba allah

    Desember 26, 2009 at 9:19 am

  81. ass, mamah & a’a curhat donk

    saya seorang istri & ibu dua org ank, usia perkawinan kami dah jalan 3thn. suami saya ternyata tidak seperti yang saya harapkan, dia tidak mau mengerjakan shalat ataupun mengaji padahal say sudah berkali-kali menyuruh dia u/ jadi imam dalam shalat saya tapi tidak pernah mau sampe2 karena keseringannya dia ga pernah mau kalo saya suruh maka say diemkan saja. tapi dia itu selalu merasa dirinya yang paling bener. yang mau saya tanyakan, apa yang harus saya lakukan u/ menyadarkan suami saya & dia bisa lagi bertanggung jawab sama keluarga.

    hamba allah

    Desember 29, 2009 at 6:15 am

  82. assalmk wr wb.

    kami pingin banget dapat siraman rohani secara langsung dari mam Dedeh. dan terimakasih takterhingga kami dikasih contact person manajemen mama. baarokaLLAH. mukti :haidargiri@yahoo.co.id

    mukti

    Januari 13, 2010 at 3:10 am

  83. assalamu’alaikum mama dedeh & aa..
    ayu mau curhat ma,, tapi kalo bilangnya disini terlalu terbuka,, ayu pengennya yang gak terlalu dibaca orang ada gak ya ma…
    ayu udh gak tahan lagi nanggung ini,,
    tolong ya ma dibalas ke email ayu aj..
    ayu.mrin@yahoo.com
    tolong ayu ya….

    ayu

    Januari 21, 2010 at 6:02 am

  84. Assalamu’alaikum mah curhat donk…
    aku mau tanya ni mah. aq kan anak kls 3 sma truz q uda rencana mau ikhtiar belajar sama puasa sunnah daud. kira -kira boleh ga ya mah puasa dengan niat kayak gitu?
    mksh bwd jwbannya q tunggu ya mah..
    oia tlg doain q biar lulus ujian dengan nilai bagus & bisa masuk unvsts yang bagus ya mah… syukron.
    Wassalamu”alaikum.

    uut

    Januari 21, 2010 at 2:47 pm

  85. ass.wrb

    saya saat in kebetulan bekerja d luar negri..say mnkh sdah 3th dan dkaruniai seorang putra…yang saya tanykan bagaman saya menunjukan bakti saya terhdap suami dn klg dsaat possi saya yg jaraknya sangatlah jauh….karana kalu lewat tlp blum ckup bgi suami saya untuk saya menunjukan sikap bakti saya terhadap suami.

    terma kash
    wassalam

    titin

    Januari 26, 2010 at 2:23 am

  86. mamah-aa curhat dong! kami dari Majlis Ta’lim Quba perum ciherang Kencana,Karangtengah Kab.Cianjur,kapan kami bisa tampil secara langsung, karena kami telah menyiapkan semuanya dan kasihan ibu-ibu, kami tunggu jawaban secepatnya, trimakasih mama…

    kuraesin

    Februari 12, 2010 at 3:57 am

  87. kami ibu-ibu telah mengirim surat dan data untuk penampilan acara mama-aa curhat,tapi sampai sekarang belum ada jawaban,kasihan ibu-ibu telah membeli seragam,untuk tayang di indosiar,kami tunggu jawabannya segera, makasih yaah…

    kuraesin

    Februari 12, 2010 at 4:02 am

  88. ass.wr.wb

    curhat dump….

    dengan singkatnya ajah y mah…

    sy seorang single parent dikarnakan suami meninggal.. dan mempunyai 3 anak.. permasalahan datang silih berganti tak putus-putusnya.. saya sudah melakukan sholat malam tiap malam selama kurang lebih 9 bln.. tapi permasalahannya tak berhenti.. sebetulnya, sholat sy diterima atau didengar atau tidak?

    satu lagi, kok di tiap buku agama atau kump doa-doa, doa yang dibaca setelah sholat malam seperti sholat tahajjud dan tobat berbeda-beda.. yang benar doanya seperti apa mah?

    makciiee iaaahhh…

    wass.wr.wb

    tuti

    Februari 16, 2010 at 12:26 pm

  89. saya senang bangat nonton Mama Dedeh & Aa di Indosiar tiap pagi krn selain mnambah wawasan qt ttg agama jg mbuat qt bugar krn msti bngun pagi,zmn skrg jrg lho ada anak muda yg mau bgn pagi hanya utk mndgrkan/nnton acara2 sperti itu,ktnya “mndingan tidur ngntuk ” he..he..ktaoan bgt klo tu org ga pduli dg agamanya

    Mia

    Februari 19, 2010 at 11:26 am

  90. Ass,Wr,Wb,
    Ma curhat dong….umur sy 40 thn,sy gagal menikah dgn pcr sy (35 th).krn org tua pcr sy (bpk)sdh memfitnah sy & menghina sy didepan org byk.hati sy sakit skali…ibunya pcr sy prnah menyuruh kami k tmp org pintar,krna hub kami mau dipisahkan sm bpknya pcr sy.
    pcr sy takut sm org tuanya.sehingga dia menikah sm org lain,pdhal hub kami sdh terlanjur jauh.Pertanyaan :1. Apakah org tua (bpk)pcr sy berdosa memisahkan hub kami?
    2.Sy sdh difitnah & di hina sm bpk pcr sy,bagaimana utk menghilangkan rasa sedih & skt hati?
    3.Bagaimana utk menghilangkan Depresi?krn batin sy sdh tersakiti & terpukul.Trims.Wassalam.

    nana

    Februari 20, 2010 at 6:52 am

  91. Ass,Wb.Wb

    A’a yg manis dan Ma2 yg cantik. Ma Curhat dong…umurku 28 thn, sy pernah gagal menikah 6 thn lalu krn pd saat melamar ditolak oleh bpk sy dg alasan ga boleh ngelangkah 2 kakak n suruh tunggu. ka2 yg pertama disurabaya sejak kecil n ka2 ke-2 dijkt 1 atap dg sy jg ortu. ktk saya tanyakan hasilnya bgmn calon sy tdk menjwb n hanya senyum simpul, terang sy bingung. Setelah 1 thn kedpn ibu sy menanyakan bgmn kbrnya dia n lebih baik menikah krn lokasi rmh dia di solo skrg kerja di Bangka Belitung, itupun hampir jrng pulang. Setlah sy konfirm ke calon sy n mendgr alasnnya, setelah mendgr alasannya itu sy lgsg menangis katanya lamaran dia ditolak bpk sy. Smp detik ini sy blm n ga mengerti alasan bpk sy menolak lamaran. Selang dg berjalannya wkt dia kembali n mencoba tuk bicara lg tp ditolak, dg alasan yg sama yaitu disuruh menunggu ka2 pertama sy disurabaya. Sejak saat itu hingga skrg dia ga ada kbr sekali ada kbr hanya minta ijin tuk menikah, n sering ada telp masuk ga pernah ada suaranya yg ada hanya obrolan org lain. Smp skrg sy belum menikah ma krn sejak saat itu hati saya kecewa dg ayah sy n sdkt trauma akan menikah. Pertanyaan : 1. Bagaimana caranya dapat melupakan trauma dan bisa minta do’anya ga?
    2. Do’a apa supaya cepat dpt jodoh ? sy sudah sering bangun mlm n setiap ada lelaki yg mendekati/dikenali sy selalu istikhoroh tetapi belm jg.
    3. Bagaimana caranya supaya menaklukan hati ayah sy n do’anya apa supaya terang hatinya ?

    Trim’s atas jawabannya..Wassalam

    Novie

    Februari 23, 2010 at 11:40 am

  92. Assalamualikum
    Curhat dong Mah..
    Saya seorang istri dengan 1 anak usia 13 bln. Kebetulan suami dan saya tidak berada dlm satu kota. Suami di Bandung bekerja sbg PNS, saya di Surabaya juga bekerja sebagai CPNS Dosen. Keadaan ini telah berlangsung sejak kami menikah sampai sekarang (2th). Setelah dirasakan akhirnya kami merasa sudah tidak sanggup hidup berpisah dan memutuskan untuk berkumpul dg option saya ikut suami (karena suami tidak bisa pindah ke Surabaya) . Selain itu anak kami juga mulai bertanya ttg bapaknya.
    Tapi ternyata keputusan kami banyak yg menentang. Keluarga dlm hal ini om dan tante saya tdk setuju karena itu artinya saya harus keluar dari pekerjaan saya. Mereka bersikap bila saya kekeuh ikut suami maka saya akan tidak dianggap sebagai keponakan mereka lagi dan mereka menyesal telah membiayai saya sampai jadi seperti ini (saya berhutang budi dengan mereka krn merekalah yang menafkahi saya setelah saya menjadi anak yatim). Astaghfirullah…. Saya sangat sedih… karena keluarga saya tidak mengerti padahal saya hanya ingin melaksanakan kewajiban saya sebagai seorang istri dan ibu. Keluarga saya menganggap pekerjaan saya (Dosen), sangat menjanjikan karier, materi dan kebahagian buat saya dan suami. Padahal menurut saya yang mengalami, hidup terpisah dengan suami adalah hal yang sangat berat untuk dijalani. Alhamdulillah ibu saya akhirnya mengerti keputusan saya.
    Mamah, saya takut. Saya takut dengan kepindahan saya akan menjadikan saya sebagai anak durhaka kepada keluarga saya. Bagaimanakah cara membuat keluarga saya mengerti keputusan saya?
    Mamah, bukankah menjadi istri yang salihah adalah sebuah bentuk ibadah kita kepada Allah?bukankah seorang wanita apabila sudah menikah adalah menjadi tanggung jawab suaminya?dan bukankah neraka jadinya apabila istri menolak keinginan seorang suami ?
    Mamah….terima kasih telah membaca curhat saya. Apabila tidak merepotkan, sudilah kiranya mamah menjawab melalui email saya. Terimakasih banyak ya Mah…
    Wassalamualaikum…

    bu Septi

    Maret 2, 2010 at 4:07 pm

  93. kami perwakilan dari ketua BKMT (Badan Kontak Majelis Ta’lim) Kec. Mundu kab. Cirebon. “Jama’ah Kami ingin Mengikuti Acara yang dibawakan oleh mamah dede bagaimana ya?

    Umi Salmah

    Maret 6, 2010 at 5:03 am

  94. Assalamualikum
    Curhat dong Mah..

    Saya seorang karyawatidi CV.mau bertanya ni mah
    #Bgmna cara menyikapi orang laen yg bersikap pura pura baik di depann kita,pdahal di belakang kita dia slalu ngomongin kejelekan kita,
    –>apakah kita harus sabar dalam arti diam atau gmna?
    –> Bagaimana cara supaya bisa menerima kekurangan oran lain.

    liana

    Maret 7, 2010 at 1:10 pm

  95. saya mau tanya, kalau saya ingin datang ke studio indosiar, ikut bersama mamah dan aa. bagaimana caranya untuk mendaftar kesana? dan apa syaratnya?terimakasih sebelumnya..

    mudji h

    Maret 11, 2010 at 12:24 pm

  96. Assalamualaikum Wr.Wb,

    Mah Curhat dong….
    Gini mah say mau tanya, Allah memerintahkan umatnya sembahlah hanya Allah. Tapi dalam tasyahud setiap sholat kok selalu diucapkan Ashaduallailahailallah…bagaimana dengan waashaduanna muhammadarosululloh….padahal saya lagi menyembah pada sang halid Allah tapi saya juga menyebut selain Allah walaupun disitu disebut rasull Allah. Terima kasih atas jawaqbannya.

    Wassalam,
    BM

    Borazu Marreno

    Maret 20, 2010 at 1:11 pm

  97. ASSALAMU’ALAIKUM Wr.Wb.
    curhat dong…saya mau tanya,saya punya saudara ipar 4 orang 3 laki-laki dan 1 perempuan semua sudah berkeluarga yang no 1 sudah punya rumah satu lokasi ama mertua dan yang membuatkan mertua dan yang no 2 juga sudah punya beli sendiri tapi uang muka dari mertua dan selanjutnya dia sendiri no 3 suami saya dulu bagun rumah juga dari mertua separo dan ama tabungan suami saya selanjutnya saya ama suami dan no 4 sudah punya rumah dikasih mertua dia tapi kalau setiap gajian diaminta jatah dan sampai sekarang dan no 5 belum punya rumah diasekarang ikut mertua saya karenapunya anak lagi dan sekarang bagaimana cara membagi warisan tersebut agar anak-anaknya tidak saling menuding masalah warisan tersebut?karena anak mertua saya itu sangat kolot kalau masalah harta terima kasih atas jawaban dari mama dan mohon di baca hari jumat tgl 2 april 2010

    HAMBA ALLAH

    April 1, 2010 at 6:04 am

  98. Assalamualaikum mama dan Aa

    Curhat donk ma… saya anak kembar. kakak kembar saya perempuan. saya laki-laki.niat saya ingin menikah terhalangi karena saya tidak enak melangkahi kakak kembar saya. karena dia juga tidak ingin dilangkahi…itu bagaimana mah dalam islam.karena saya ingin segera menikah. orang tua kurang setuju kalau saya duluan. itu apa hukumnya mah dalam islam orang tua yang tidak ingin menikahkan anaknya….padahal anaknya sudah siap insyaAllah lahir bathin??????mah tolong di balas karena saya penting bgt saran mamah dan Aa

    ruswan

    April 8, 2010 at 2:14 am

  99. mah cowok yang baik itu kaya gimana sich? soalnya tiap saya pacaran pasti saya pacaran ama cowok yang kurang ajar ma minta yang lebih..
    shlat malam saya suka lakuin tapi kenapa yach mah belum dikasih yang baik yang bisa bawa saya selamat dunia akhirat?
    apa masih ada cowok yang baik buat sya.
    makasih ya mah
    tolong jawab pertanyaan saya….

    setia

    April 11, 2010 at 8:15 am

  100. WAH PADA NYASAR SEMUA..INI KAN BUKAN BLOGNYA MAMA DEDEH ^__^
    WAH PADA NYASAR SEMUA..INI KAN BUKAN BLOGNYA MAMA DEDEH ^__^
    WAH PADA NYASAR SEMUA..INI KAN BUKAN BLOGNYA MAMA DEDEH ^__^

    TINA

    April 24, 2010 at 5:01 am

  101. mamah dulur abdi anu paling bijak..mo tanya dong mah. sebenernya didalam kehidupan ini kalau saya lihat jd bingung melihatnya ada baik ada buruk pertanyaan saya ketika kita sholat atau ibadah yg lainnya mana yang lebih utama kita benahi apakah itu ahlak atau ibadah dulu yg kita benahi.. sekian dan terima kasih mohon di jawab.

    dedi

    April 29, 2010 at 5:02 pm

  102. mama dan aa aku suka banget nonton acara pagi untuk siraman rohani buat keluarga saya cocok….tolong dong kirim foto aa abdel…kata anak saya aku mirip….

    agus riyadi

    Mei 15, 2010 at 8:27 am

  103. ibu ibu majelis talim di komplek saya mau ikut pengajian di acara mama dan aa,KMI MAU DAF TAR BAGAI MANA CARANYA dan kapan jadwalnya, MAJELIS TALIM MASJID NURUL AMAL alamat komplek rss pemda blok b kel banjar sari kec.cipocok jaya kota serang BANTEN

    adi setiawan

    Juni 1, 2010 at 3:14 am

  104. sayah adalah seorabg istri yang selalu diselingkuhi oleh suami.Mama saya sudah menikah selama 15 th dan dikarunai3 orang anak.semenjak awal perkawinan kami suami saya selalu bermain dengan wanita entah itu janda , gadis bahkan wtspun diembatnya…..selama ini saya bertahanhanya karena anak2x dan berharap kelak dia akan berubah apa hukumnyaya ma untuk suami saya itu padahal dia itu sudah haji namun masih berbuat begitu ,solatpun senin kemis insaALLLAH.doa apaya ma yang bisa saya lakukan agar suami saya bisa berubah……memang adaya ma main perempuan itu bawaan lahir…..enak kali dia ya ma………..terima kasih assalam mualaaikuum wws

    susidiah

    Juni 8, 2010 at 11:10 pm

  105. Assalamu Alaikum Wr.Wb.

    Ma, aku seneng sekali mendengarkan pencerahan hati serta nasihat2 islami yang tidak pernah saya ketahui sebelumya.hanyasaja saya selalu ketinggalan ceramah mamah. Kiranya apakah ada CD ceramah mama yang bisa saya dapatkan.

    Ada yang saya ingin ketahui ma, yaitu hal yang seperti apakah balas budi anak terhadap orangtua dalam kondisi anak yang masih belum mampu. Bagaimana bila ortu selalu meminta anak untuk membahagiakan ortu nya dalam segi materi sedangkan anak itu sudah memiliki keluarga dan anak yang mana anak tersebut masih merintis (belum punya apa2a) sedangkam ortunya masih mampu dan memliki penghasilan lebih dari anak tersebut.dalam hal ini saya lihat ortu tersebut mengharapkan balas budi dari anak tersebut karena selalu saja mengungkit2 apa yang sudah dikorbankan selama ortu trsbut membesarkan anak itu
    Mohon pencerahan dan nasihat dari mamah dedeh.

    Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    Wasalamualaikum

    Ade

    Juni 10, 2010 at 10:44 am

  106. Asslmualaikum wrbw
    curhat dong ma, gini suami saya mulai bertingkah sejak saya kuliah lagi.pdhl jg krn ijin suami kuliah lg.waktunya 1 bln 4x.selama ditinggal kuliah suami suka sms sm perempuan/mantan pacar suami.pernah ketahuan dibicarkan baik2 malah yg salah saya ma.katanya kurang perhatianlah sm suami.padahal ma mulai mencukupi kebutuhan dirumah saya.apa-apa dikerjakan sendiri dirumah tanpa pembantu padahal saya kerja sebagai karyawan swasta.dan sepertinya suami uang hasil kerjanya prioritas membantu orang tua dan saudara-saudaranya.saya sudah merasa banyak mengalah dan bersabar ma.tolong ma kira2 bgm solusinya saya sudah punya anak perempuan umur 8 thn.perkawinan kami sdh 9 thn.terima kasih.

    murliyani

    Juni 16, 2010 at 9:46 am

  107. mah, saya hamba allah dibrebes. saya berhubungan dekat dg laki2.qt sdh merencenakan prtunangan.tp kami sngaja memberi tahu ortu kami dg alasan mnunggu kematangan prsiapan dari calon tunanganku.tapi alangkah sedihnya kami,trnyata ayahku dan ibu dari calon tunanganku sdh lama berhubungan dkat & blm lama ni, beliau telah meminta perstujuan kami ats prnikahan mreka. alangkah kagetnya kami.trnyata kami akn mnjadi sodara.pdahal qt sdh saling mncintai. qu bingung mah..aq tdk ingin khilangan dia,qu ga siap kalo suatu saat nanti dia akan mnjdi sodra. disi2 lain aku ga tega mlihat pnderitaanayahku yg slama ini brsusah payah sndiri mmbesarkan aq dan adik2ku. tolong solusi dr mamah…

    hamba Allah

    Juni 23, 2010 at 5:10 am

  108. ass.. mama curhat donk saya seorang wanita, saya udah pisah dengan suami sudah 2 bulan tapi sekarang suami saya ingin menjlani rmh tngga yg baru, dia ingin kmbali kmpul lg ber sama saya, tapi orng tuanya blum mengizinkan dia untk bersama saya lagi, yg ingin saya tanyakan, apa boleh suama saya kmbali tanpa restu orng tua.. dosa tdk mah?????? mhon pnjelasan nya terima kasih

    wita

    Juni 25, 2010 at 6:45 am

  109. assalamualaikum mama curhat donk saya seorang wanita, saya udah pisah dengan suami sudah 2 bulan tapi sekarang suami saya ingin menjlani rmh tngga yg baru, dia ingin kmbali kmpul lg ber sama saya, tapi orng tuanya blum mengizinkan dia untk bersama saya lagi, yg ingin saya tanyakan, apa boleh suama saya kmbali tanpa restu orng tua.. dosa tdk mah?????? mhon pnjelasan nya terima kasih

    wita

    Juni 25, 2010 at 6:48 am

  110. assalamualaikum mama curhat donk saya seorang wanita, saya udah pisah dengan suami sudah 2 bulan tapi sekarang suami saya ingin menjlani rmh tngga yg baru, dia ingin kmbali kmpul lg ber sama saya, tapi orng tuanya blum mengizinkan dia untk bersama saya lagi, yg ingin saya tanyakan, apa boleh suami saya kmbali tanpa restu orng tua.. dosa tdk mah?????? mhon pnjelasan nya terima kasih

    wita

    Juni 25, 2010 at 6:50 am

  111. asss….
    curhat dunk ma??
    ma,sy mau tanya. gmn ya hukumnya memberi tunangannya sesuatu?? haram ga’ ma?? tapi tunangan ini tidak sirih ma…
    terus law haram,apa yang harus sy lakukan ma??

    naillah

    Agustus 18, 2010 at 6:00 am

  112. hemmmm jadi pngen punya istri

    Jabon

    Agustus 27, 2010 at 8:55 am

  113. mama,,wktu saya smp bpk saya menikah lagi dengn seorang janda anak 2,,dan ibu saya menerima karna bpk saya berjanji tidak akan menelantarkan anak2nya,,tapi belakangan sekitar 3thn ini bpk saya jarang sekali bersikap adil terhadap anak dan istrinya,,walaupun ibu saya dan anak2nya tahu tapi ibu tetap sabar,,bagaimana yah ma anak2nya coba berusaha untuk bicara tapi bpk selalu marah bagaimana cara agar bapak sadar karena kami cuma kasihan dengan balasan Allah diakhirat,,trims

    maria ulfa

    September 13, 2010 at 6:18 am

    • aduuuuu… mama + cantik aja the, bikin kangen aja ma ortu heeeee maklum ma perantau

      rifda kasim

      Oktober 19, 2010 at 6:58 am

  114. Padahal saya juga pengen curhat tapi gk ada yang jawab cape dehhh…….

    Iwan

    September 16, 2010 at 9:18 am

  115. judul:suami yg baik
    Assalamualaikum, curhat dong ma…begini ma saya udah menikah 4 bulan yg lalu, diumur sya yg k 19 thun ..sebelum menikh dulu bxk yg mempengruhi sya,,agr tidk menikh dmsa mudah krna rumh tanggaktx bakal hancur,,,buknx itu tergantung dri kta yg menjalanix…dan selama 4 bulan ini alhamdulillah suami sya selalu menyayangi sya..dia bgitu pengertian,,,,bgaimana cara sya ma agar semuax bsa berthan selmx

    Anihh

    Oktober 12, 2010 at 10:51 pm

    • yaa… saling pengertian aja itu yang lebih baik.. iakan?????!!! daripada dengarin orang lain, semua itu kan uda diatur oleh sang pencipta, tinggal kitanya z gimana menjalaninya,okey….saya menDo’akan biar langgeng sampai kakek nenek……

      rifda kasim

      Oktober 19, 2010 at 7:10 am

  116. Assalamualaikum, curhat dong ma…sy mempunyai orang tua yg sgt tempramen ma..mereka tdk stuju dgn pernikahan sy, kt mereka suami sy gak bener tp stelah sy menjalani slama 1 thn dia tdk seperti yg mereka fikir, stelah 1 thn tidak bertemu, ibu sy menyuruh sy pulang dan minta maaf, tp kalau kmi dtg sllu di usir dan di hina ma dgn mengeluarkan kt2 yg tak pantas, sy sudah pasrah ma dan tak mau berfikir untuk kerumah itu lagi, krn hanya menyakitkan hati sy & suami sy, sy tidak mau dtng kerumah sebelum orang tua sy minta maaf dan menyadari kesalahannya, apakah sy salah ma menunggu orang tua sy tuk minta maaf duluan

    pipit

    Oktober 13, 2010 at 7:50 am

  117. assalamualaikum, curhat dong ma…ma sya mo cerita tentang mertua sya…sy punya mertua sangat baik, dia sangat sayang sma sya, dia kalw ngomong selalu terdengar lembut ditelinga,,, tidak pernh dia menyakiti perasaan sya..tpi sya bingung bgamna cra sya sebgai menantu yg baik..membhagiakan mertua ma?

    Anihh

    Oktober 14, 2010 at 10:47 pm

  118. ibu saya menerima karna bpk saya berjanji tidak akan menelantarkan anak2nya,,tapi belakangan sekitar 3thn ini bpk saya jarang sekali bersikap adil terhadap anak dan istrinya,, ya gimana lagi walaupun ibu saya dan anak2nya tahu tapi ibu tetap sabar,,bagaimana yah ma anak2nya coba berusaha untuk bicara tapi bpk selalu marah bagaimana cara agar bapak sadar karena kami cuma kasihan dengan balasan Allah diakhirat,,trims

    hemmmm jadi pngen punya istri

    watch no ordinary family

    Oktober 15, 2010 at 1:43 am

  119. saya pemasok batu apung original lombok,size 1-2cm dan size 1-3cm/2-2cm. bagi anda yang berminat bisa hub saya di no,hp 081237974523/sms 082147000802.email:azisa96@yahoo.com
    THANK,S

    ABDUL AZIZ MAULANA

    Oktober 24, 2010 at 1:15 pm

  120. assalamualikum wr wb..

    slamat pgi ma dan aa

    mama curahat donk

    gini ma tmen2 saya tuh pacaran smua,, cuma ang tertentu saja yang pacaran saya pada awalnya tertarik pacaran karenakan msa saya masa sma lagi suka2 nya ma tapi lama waktu gaya pacaran temen saya itu kelewatan ma ma gimana sh dalam hukum islam pacaran tuh boleh pa nggak??? truz klo emang gak boleh npa kok pcaran di buat truz ma gimana caranya supaya kita giat melakukan shalat 5 waktu,,,

    dwi lestari

    November 2, 2010 at 6:44 am

  121. Mama curhat dong….

    Mama aku anak satu2nya perempuan dari 3 bersaudara,kaka aku sudah menikah dan adiku masih sekolah…aku mau minta pendapat sama mamah dari dua pertanyyanku ini:

    1. Orang tuaku banyak sekali hutangnya,hampir2 setiap keputusan apa saja,orangtuaku ga mau cerita sama anak-anaknya.tapi setiap masalah yang berhubungan hutang selalu dilimpahkan sama anak-anaknya…aku harus gimana mah…sampe2 penagih hutang mengincar ke aku terus.

    2. aku punya cowok mah,saya sudah 5 tahun pacaran sama dia…sampe sampe perilaku dia semakin berantakan hingga orang tuaku tau kejelekannya,hingga akhirnya backstreet….cowokku sering mukulin aku cuma karna permasalahan sepele..aku tetap sabar…sekarang cowokku sudah ga bekerja…dia menganggap dia ga kerja karena aku…trus dia masih punya lising motor sampe2sampe aku yang harus bayar…setiap hari aku berusaha mencarikan kerja untuk dia,tapi dia ga pernah mikir berkorbannya aku untuk dia…..

    sekarang apa yang harus aku lakukan,aku dah ga kuat mah menghadapi semua cobaan…aku merasa aku hidup aku dimnfaatkan semua orang entah dari orang tuaku juga dari cowokku ….aku minta tolong benar2 penjelasan dari mamah …terimakasih

    sari

    November 4, 2010 at 5:05 am

  122. mama curhat dong…
    mama ada orang yg setelah shalat jum’at, shalat dhuhur,bagai mana hukumnya mama!

    alfan fadil

    November 5, 2010 at 6:13 am

  123. assalamualaikum mama mo curhat dong?mama syarat2 suami,istri pgn rujuk kmbali apa dia brpisah dlm agama tp dlm hukum blm & hmpir1thn gk nfkahin istri dalam agam pgn rujuk kmbali apa syaraynya……..

    surya bayu

    November 7, 2010 at 2:02 am

  124. assalamualaikum mama mo curhat dong?mama syarat2 suami,istri pgn rujuk kmbali apa dia brpisah dlm agama tp dlm hukum blm & hmpir1thn gk nfkahin istri dalam agam pgn rujuk kmbali apa syaratnya……..

    surya bayu

    November 7, 2010 at 2:03 am

  125. assalamuaikum w.wass………

    Curhat dong ma…………..

    saya ibu 7 orang anak.saya sudah lebih dari 30 tahun menikah dan tidak pernah ada terjadi perceraian.karena masalah orang ketiga,suami saya dianjurkan oleh saudaranya untuk menceraikan saya……………!

    karena dy mematuhi perintah saudaranya sehingga dy menggugat cerai saya dipengadilan agama.karena dy tidak mau diberhentikan jadi PNS,maka dy mencabut kembali gugatan cerainya……
    tau2 dy sudah mempunyai istri simpanan..sudah lebih setahun dy tak pernah manafkahi saya dan anak2 lagi..

    saya mohon bantuan saran dari mama jalan mana yang harus saya tempuh bersama anak2………!

    hamba allah

    November 8, 2010 at 3:11 pm

  126. mamah curhat dong mah,,
    saya menikah dgn suami udah 4 thn di luar negri,dan di karuniai satu anak laki2,masalah nya mah,saya kan nikah di luar negri jadi saya hanya tau mertua lewat telpon dan kata2 saudaranya yg lain yg ada di LN,setiap saat mertua minta kiriman terus menerus dgn jumlah yg banyak,biasanya slalu di turutin, suami mempunyai adik 3 dan semuanya masih tergantung sama suami walaupun udah pada menikah,sampai pada akhirnya mertua sms ke saya bahwa: dia bilang kalo dia terkena musibah rumah dan kacanya tertimpa pohon rambutan,kaca dan rumahnya hancur semua,tapi ternyata itu cuman rekayasa supaya suami saya kirimin uang dgn jumlah yg banyak,entah untuk apa padahal mobil dan penghasilan sehari2 udah ada disana ,setelah saya tau kalo itu cuman rekayasa,saya ngga kirimin uang lagi sampai sekarang,apakah perbuatan saya ini bener atau ngga mah?,,apakah saya berdosa,padahal saya cuman mau supaya mereka menyadari kesalahannya, makasih mah,,mohon penjelasannya,,

    hamba allah

    November 11, 2010 at 11:09 pm

  127. ass. mama sy bisa minta iformasi, krn kami ada rencana mau datangkan mama utuk acara zikir bersama.

    eddy

    November 21, 2010 at 12:41 pm

  128. mah, saya mau nanya
    kalau berpacaran di masa kanak2 boleh ngga??

    aly usmanzah

    November 26, 2010 at 9:54 am

  129. mama curhat donk.kalau puasa dia mandi di siang hari pusanya makruh apa batal

    syarif ali

    November 27, 2010 at 11:37 am

  130. an dan suaminya tinggal jauh dari kami, namun saudara perempuan saya dan suaminya belum bisa maksimal memenuhi kebutuhan anak-anaknya sedangkan orang tua saya sudah tidak ada yang mencari nafkah. dan saya hanya bisa membantu semampu saya karena kebutuhan Rumah Tangga sayapun sangat banyak.
    yag akan saya tanyakan :
    1. apa KaKak saya berdosa menitipkan anak-anaknya kepada orang tua kami?
    2. dan apakah saya berdosa ikut suami, sedangkan saya ingin skali tinggal bersama orang tua saya yang sudah tua dan sakit? dan karena saya terlalu sering meminta uang kepada suami saya, terkadang saya menyisihkan uang untuk orang tua saya tanpa sepengetahuan suami saya apakah saya berdosa?

    ade

    Desember 1, 2010 at 3:58 am

  131. mama & aa curhat dong””
    ma,aku ingin nanya tentang sholat,knp ya kalau sembahyang itu susah banget untuk di jalankan”’
    tapi kalau ngaji itu paling gampang di jalankan
    knp tu ma””’

    zulfikar

    Desember 5, 2010 at 7:26 am

  132. assalamualaikum.ma curhat dong.ma aku mau nanya saya setiap harinya berada di tempat kerja,pekerjaan saya kotor dan dan tdk ada air nya ma.
    saya kalo solat dhuhur ke masjid dan mandi di sana ma.
    pertanyaan nya…..
    dosakah saya itu mandi di masjid itu ma,aku takut ma..
    sedangkan aku ma walaupun ngaji ddalam masjid it gelap aku gak nyalakan lampu ma
    krn aku takut memakai pasilitas masjid ma,
    tolong mnt pnjelasan nya ma.

    roby

    Desember 11, 2010 at 11:19 pm

  133. ass.
    ma2h curhat dong.
    ada ustadjah di pengajian kami mengatakan.kita tutup aurat tapi tidak ikut pengajian,sama aja bohong.apakah itu benar ma ? ? ?

    kasih komentar nya dong ma!

    nina

    Desember 13, 2010 at 10:11 am

  134. ma2h curhat dong.
    mama aku seorang ibu RT, udah hmpir 3thn aku brmh tangga. namun slama itu aku blm prnah bsilahturahmi dgn mertua aku. hal ini dsebabkan krana hub aku dgn suamiku tdk drestui. saat ini aku sdh pnya ank 1. sbenarnya aku ingin kt4 mertua, cm inisiatif dr suamiku tdk ada untk ngajak. aku takut kalau2 ksana kena usir

    mira

    Desember 15, 2010 at 3:22 am

  135. Ass! mamah n Aa,
    Mah..,Aq bingung aq itri ke brp suamiq, krn disaat suamiq udah cerai dgn istri pertamanya, dia kawin dgn aq,2th pernikahanq dg suamiq, aq hamil anak pertama,di saat umur kehamilanq br 2 minggu, suamiq rujuk dg istri pertamanya, padahal mereka telah cerai selama 2thn.disaat mereka rujuk,pihak perempuan tdk mempunyai wali dr keluarganya, mereka hny rujuk di imam, dan disaksikan oleh 2 saksi (tetangga).Sy berusaha utk menerima, krn sy pikir mereka ada anak, mgkn krn mereka ingat anak sampai mereka rujuk kembali. Dan pernikahan aq dan suamiq adem2 sj selama 4th. aq mendapat cobaan lg mah, aq hamil anak ke 2 dr suamiq, aq tak menyangka mah…, suamiq ada WIL lg, dan disaat umur kandunganq 4bln, suamiq kawin lg. sakit mah…, terlalu berat cobaan yg aq trima, aq tdk tahan lagi, hingga aq minta cerai, krn aq dan anak2q tdk diperhatikan oleh suamiq, dari anak pertama sampai anak ke 2, suamiq tdk prnh tinggal dg aq dan anak2q. Suamiq hny dtg dan pergi sesukanya.
    yg aq mau tnykan mah :
    1. Apakah sah seorg suami kawin lagi disaat istrinya hamil?
    2. Apakah sah menurut agama perceraian melalui SMS?
    3. Apakah Sah Suamiq rujuk dg istri pertamanya, sdngkan istri pertamanya pada wkt mrka rujuk tdk mempunyai wali?
    O iya Mah, aq hny menikah siri’ dg suamiq.
    mhn blsannya Mah!

    wassalam
    Idha

    idha

    Desember 17, 2010 at 9:56 pm

  136. Ass! mamah n Aa
    curhat dng, ma, begini ma, q pacaran nya dgn berbeda keyakinan, Apa kah kmi bisa melanjutkan hubungan kmi? atau putus aja ma, tp q sayang ama cwe q ma, jd bagai mn solusinya ma?

    farminus

    Desember 20, 2010 at 4:19 pm

  137. assalamu’alaikum wr.wb….mamah curhat dong….bukankah dlm hkum islam tidak d prbolehkn wnita menyusui yang bkan ankanya sndri….lntas jka andai kata seorang suami meminum air susu istrinya ketika sang istri sedang dlam keadaan menyusui..lntas bgimana hkumnya?????
    trima ksih untuk sblumnya….n mhon jwbnnnya lwt email sja…wa’alaikum salam wr.wb

    nurul azkia

    Januari 6, 2011 at 2:02 am

  138. mama baru gabung nich………..

    hendraminsusilo

    Januari 9, 2011 at 10:46 pm

  139. ass……….
    mama curhat dong
    aku hendraminsusilo
    aku pernah berkeluarga tapi seumur jagung,gara2 mertua yang matre ma,sekarang aku sudah jauh dari mantan istri ku,aku sekarang ada di padang mantan istri ku di kalimantan,
    pertanyaan ku
    anak ku ada sama mantan istri ku
    gmn kalau ku melupakan semuanya ma????????????

    hendraminsusilo

    Januari 9, 2011 at 10:56 pm

  140. Mamah Dedeh saya ingin tahu mamah dedeh tu umur nya berapa tolong dijawab ya mah Byeee……..

    Rizky

    Februari 16, 2011 at 9:50 am

  141. Assalamu’alaikum Wr. wb.
    salam kenal,
    pak priandoyo, ada tidak cuplikan video mamah dan A’a tanggal, Rabu, 16 Februari 2010 jika ada rekamannya tolong E-mailkan aku ya alamat Linknya, trims
    karna aku erlu banget.

    Budi Setiawan

    Februari 17, 2011 at 6:40 pm

  142. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Mamah saya sudah mengirim pengajuan ke tim prod. mamah dan aa tertanggal 08 Juli 2010 tetapi katanya tidak terkirim, kebetulan waktu itu lewat fax. jadi saya harus kirim pengajuan kembali, padahal saya kepingin ibu2 pengajian di lingkungan saya bisa hadir di acara mamah dan aa. Do’anya ya mah… biar kami bisa hadir di acara tersebut dan nunggunya ga terlalu lama. Trims. Wasalamu’alaikum Wr. Wb.

    fenny andriani

    Februari 21, 2011 at 4:52 am

  143. Aslmualaikum wr.wb
    Mamah dan aa curhat dong
    Mah mau tnya kan ibu saya lagi kerja jadi tkw kau ibu saya sekarang tapi malah sengsara di ejen terus ada kabar ke saya harus di tebus 20 juta gimana nah ?
    Wasalamualaikum wr.wb.

    Hamba sahaya

    Maret 6, 2011 at 10:50 pm

  144. ass.. wr. wb
    mah, saya mau curhat saya punya 6 saudara kandung dan saya anak terakhir
    mereka semua sudah mendapatkan warisan dari almarhum orang tua saya, dan saya sekarang tinggal di rumah orangtua, dulu saya merawat ibu saya dan sekarang sudah meninggal. setelah itu saudara saya semua menyuruh pindah dari rumah tersebut karena mau di jual
    padahal orang tua saya dulu berpesan rumah itu jangan di jual. namun orang tua saya tidak memberitahukan lewat selembar kertas atau kepada anak2 nya, tetapi hanya kepada saksi, dan saudara saya semua tetap menyuruh saya pindah atau membeli rumah tersebut,
    bagaimana solusi nya ma’ ? saya tunggu jawaban nya
    terimakasih wass.. wr. wb

    dewi nita

    Maret 8, 2011 at 11:18 am

  145. ASS..WR..WB
    Mah sya mau curhat,,,gini mah sy dl punya musuh lah di ibaratkannya,,dia itu ganggu hubungan sy sm suami sya seminggu sblm nikahnya kami,,di istilahkan cobaan menuju rumah tangga ya mah,,si cwe ini tau mah kalo seminggu lg kami mau nikah tp tetap aja cari2 kesempatan ngerayu calon suami sya supaya suami sya ini melepas saya dan batal nikah sm sya, suami sy ini mantan pcr dia mah,,malah sempet mereka berjinah mah di bulan ramadan lg,,sya taunya ngeliat fto mereka waktu melakukannya itu d hp suami sya,,sya tanyain,,,calon suami sya bilang rugi di cwenya jg siapa suruh ngerayu orng yg udh mau nikah sm cwe lain,,,en cwe itu wktu sm calon suami sya itu jg udh ga perawan lg mah
    yg saya mau tanyain,,,gimana mah caranya menghilangkan rasa dendam dan benci sya sm cwe itu karna udh mengganggu mah,,bahkan smpe sya udh nikah msh aja mah ganggu walaupun skrng dia jg udh bersuami???

    HAMBA ALLAH

    Maret 12, 2011 at 4:04 am

  146. saya mau tanya cara daftar ikutan acara mama dedeh gimana ya caranya?? tolong dikasih jawabannya. . .

    arief budiman

    April 1, 2011 at 1:15 pm

  147. ass…wr..wb..
    curhat dong ma…, saya bkrja d salah satu pbankan d indonesia.sisa beberapa hari lagi akan diadakan acara kantor dengan mengundang beberapa nasabah terbaik. dan saya dipilih sebagai pembaca doa, pembukaan dan penutupan acara. masalahnya saya g ada sama skl pngalan mah. saya mohn bantuan dan arahannya untuk doa tersebut.
    trima ksh sbelumnya. ila makassar

    ila

    April 3, 2011 at 12:24 pm

  148. mahhh gmna caranya
    pengenn ikutan acara curhat mamah
    jwb ya !!

    rima yani

    April 12, 2011 at 11:13 pm

  149. ass

    tito airlambang

    April 14, 2011 at 6:59 am

  150. ass,,wr,,wb.. curhat dong mah,,,,,,ada satu masalah yg mengganjal sy tentang bagaimana hukumnya bila ada salah satu keluarga yg meninggal dn pihak keluarga mangadakan yasinan dg mengundang tetangga ? di tmp sy ada tetangga yang mengatakan tdk perlu krn tdk sesuai dg sunah Nabi””,apalagi kalu keluarga yg mengundang menyiapkan hidangan,,,,kalo sempat makan haram hukumnya,,,,mhn advice nya,,,,terima kasih …wass

    tito airlambang

    April 14, 2011 at 7:05 am

  151. assalamualaikum…wr..wb
    curhat donk??
    mah apakh sya brdsa bla membiarkn seorg ne2k yg sdang skit2an tpi sklitx itu dibuat2 agr bxk orang yg ksihan dg dx? ttangga2 dcne baxk yg tdak ska dgx. mna ska mncrikan org yg g bner, ska mnyumpah2kn ank, g prnah slat, dlrang jgn bgni bgitu nnti skit ttp sja tdak mau pedli? kn sya jdi risih drmhx wlaupn sya hx numpng drmhx? kn sya cpek jua grus dx mla sya jga kuliah smbil krja sya kn g bsa sllu grus dx, ank2x jua tdak mau pdli, semua yg mnyanggkut nek2 itu mau dlimphkan sma sya? sya hruz bgaimna??

    aira

    April 15, 2011 at 1:10 am

  152. assalamualaikum
    ma,pa hkumny bla membli arisan 500rb dptnya 1jt,,apkah termsuk ribah??????mhon penjelasay

    hambah allah

    April 23, 2011 at 3:45 am

  153. ass..wr,wb. . . curhat dong mah…??? bagaimana hukumnya kalau meminjam uang di PNPM Mandir atau pinjaman pensiun,,,,,???

    jannah

    Mei 10, 2011 at 12:47 pm

  154. asskum mama saya pitri mau tanyak sekarang ni banyak kita tonton film islam yang mainkan org kristen malah pake masuk mesjid, sholat, ngaji dan lainnya apakag serendah itu martabat orang islam tempat sholat pun di pijak2 sama org kafir dan malah saya lihat di indosiar byk di tampilkan film seperti itu contohnya atika lagi sholat msk mesjid dll tolong jelaskan ma biar saya tenang.

    PITRI

    Mei 14, 2011 at 2:30 pm

  155. Assalamu alaikum wr.wb…mama curhat dong…
    kesalahan apa yang tidak pernah di maafkan ALLAH ?
    dan kenapa ? tolong di jelaskan.

    ANAK BONE

    Mei 16, 2011 at 10:52 am

  156. Assalamu’alaikum wrwb,mama curhat donk…?mamah,ibumertua saya sering ikut campur dlm rumah tangga saya,saya jg merasa kurang di hargai,& saya kasihan sama suami saya yang selalu d suruh nganter kemana2,dan acaranya sering sekali,karena mertua saya aktif d kegiatan RT/RW,pokoknya suka tamasya.klo sudah merintah nggak tanya keadaan anak gimana,apa ada keperluan sama istrinya,mungkin ada temennya,capek apa nggak,klo d tolak sm anak pasti anak d cap anak tdk b’bakti.pendapat anak nggak pernah dihargai,pokoknya yang bener pendapat orangtua,meskipun itu tidak benar.mungkin saya masih bisa ngerti klo qta tinggal serumah.tp ini kn beda rumah,dan mertua saya masih lengkap,bapak bisa nyopir,sebanarnya usia bpk 64,&ibuk 54th, tp dua2nya sehat sekali,ibuk selalu rutin senam,dan jalan pagi. yang saya tanyakan :
    1.Saya harus gimana bersikap kpd mertua saya,apa benar saya & suami saya harus selalu menuruti permintaan & perkataan mertua saya?karena d dlm keluarga saya sendiri antara ortu dan anak saling menghargai pendapat&perasaan masing2..
    2.Benar tidak klo mertua saya yang aktif pengajian & kegiatand luar rumah,setelah smpai rumah kecapekan,jadi ga sempat menyuruh&mengajari anak solat& mengaji…,,suami saya masih ada adek yang masih kelas 5 SD,bahkan nggak sempat nyambangi cucu,hub dlm keluarga kan jd jauh&sering timbul salah paham.
    3. Sejak umur berapa harusnya qta mengajari anak solat& mengaji?
    4. Apa benar klo qta selalu menyebutkan & membenggakan seberapa banyak qta beribadah?
    5. Saya ingin bekerja,suami saya setuju sekali,tapi mertua tidak setuju,saya hrus gimana?

    hamba Allah

    Mei 23, 2011 at 5:56 pm

  157. Assalamualaikum. mamah& aa curhat dong…. maaf ni gimana sih caranya mau ikut tayangan sutting mamah tuh, kami atas nama Majlis Ta’lim USWATUN HASANAH asal COMPRENG-SUBANG pengen ikutan acaranya Mama & A’a. no sekertariat 0260-550 955

    syamsiah

    Mei 30, 2011 at 2:08 am

  158. assalamu’alaikum …
    bagaimana cara mendaftar ikut acara mamah dan aa ???
    terimakasih,, wassalamu’alaikum wr.wb ..

    ibu tatiri

    Mei 30, 2011 at 1:34 pm

  159. Assalamu’alaikum Wr.Wb…
    mamah & Aa, curhat donk…
    saya hamba Allah dari surabaya
    Bagaimana hukumnya jika didalam masjid ada sebuah makam,sebelum menjadi masjid adalah sebuah langgar,dan sekarang diperluas menjadi masjid.sedangkan makam tersebut tidak dipindah.pertanyaan saya,bolekah kita sholat didalam masjid tersebut.sedangkan di dalam masjid tersebut ada makam.dan apa hukumnya?
    terimakasih

    rahmat hidayat

    Juni 5, 2011 at 1:25 pm

  160. assalamu’alaikum …
    bagaimana cara mendaftar ikut acara mamah dan aa ???
    terimakasih,, wassalamu’alaikum wr.wb .

    dian

    Juni 14, 2011 at 10:45 pm

  161. ass.wr.wb.
    mamah dan aa’ curhat dong…….
    saya hamba allah di surabaya
    bagaimanakah hukumnya kalau kita berbohong demi kebaikan. apa ada hukum yang membenarkan ata yang menharamkan? mohon penjelasannya. trimakasih. Wasslm

    Fina Doang

    Juni 19, 2011 at 4:07 am

  162. Assalamualaikum wr. wb.
    mama mau nanya nii soal puasa,,
    kalo mau bayar puasa nazar dan puasa qadha bisa digabung ga?
    terus niatnya gimana?

    ika

    Juni 20, 2011 at 9:32 am

  163. assalamualaikum wr.wb
    mama mau nanya ni dlm hal puasa. membayar bank titil haram ga hukumya
    . dan tdk menjalankan sholat dan trweh

    zay jakarta

    Zay Zaini

    Agustus 5, 2011 at 10:11 pm

  164. asslamualaikum.wr.wb
    mama mau tanya jg ni kenapa dlm menjalankan puasa kadang hati sy berubah berubah .dan sy sendiri puasa tidak nyaman dengan diri saya sendiri karna banyak hal yg menjagal

    Zay Zaini

    Agustus 5, 2011 at 10:15 pm

  165. aslmualaikum.wr.wb
    tlong di jawab ya mama atas curhat sy

    Zay Zaini

    Agustus 5, 2011 at 10:18 pm

  166. aslmualaikum
    untuk jawaban hrus lhat di mana

    Zay Zaini

    Agustus 6, 2011 at 8:03 am

  167. Mama curhat dong….? Saya seorang ibu mempunyai 2 anak laki & 2 anak perempuan yg 2 sudah kerja tapi yg dua lagi masih kelas 3 SMP dan kelas 3 SD. Karena gaji suami saya cukup untuk uang saku sekolah saja. untuk makan dan biaya sekolah aku banting tulang sendiri dan dibantu kedua anakku yg sudah kerja. untuk membiayai pendidikan yang lebih tinggi anak anakku, aku berencana mau kerja di Malaysia. dengan biaya sendiri dan Visa kerja. Bagaimana hukum agama dengan rencanaku ini? Karena anakku yang kelas 3 SMP tahun depan Insya Allah mau masuk Pondok Gontor .

    Labuda

    September 13, 2011 at 1:50 pm

  168. assalamu’alaikum …
    mamah, calon ibu mertua saya mau ikut acara mamah dan aa bagaimana caranya ???karena sudah lama daftar tetepi belum dipanggil2 untuk info nama pengajiannya
    “Majelis Ta’lim AL-Kautsar”
    Jl. Jamblang raya Perum I
    Tlp. 021-5527096

    terimakasih,, wassalamu’alaikum wr.wb .

    neneng sarofah

    Oktober 9, 2011 at 12:29 pm

  169. Mah & A, aku ingin hidup yang baik,bisa menjalani perintah Allah kerna aku merasa banyak dosa kpd-Nya gmn caranya Mah & a tlg ksh tahu, hatur nhun

    Tuba

    Oktober 12, 2011 at 4:10 am

  170. assalmu’alaikum……Mama ,aq mau nanya gimana cara madi wajib yang benar dalam fiqih bagi perempuan dan bagaimana cara qhasar magrib dengan isyah dari suharti di makassar…..

    Pipit Suharti

    Oktober 19, 2011 at 7:33 am

  171. Mah aku pangin hidup bahagia , tenang serta banyak yang menghormati sesama insan ?

    surya

    Oktober 24, 2011 at 6:06 pm

  172. Assalamualaikum. mamah& aa curhat dong…. saya mau nanya soal rumah tangga gini mah saya seorang ibu dah menikah 12 tahu dan punya anak 1 9 tahun. Saya itu di ajak suami berhubungan tapi saya ngga mau karena karena ada sebabnya yaitu blm solat tahajud eh malah suami marah , maksud saya itu hubungan ntar kalau sudah saya solat tahajud dan lagi jam itu baru nunjukin jam 11 malam ya udah saya solat tahajud walau itu belum jam 12 tapi alhamdulilahnya saya dah tidur dulu dan saya ini kalau tidak melakukan solat tahajud itu serasa ada yang yang kurang. Solat tahajud itu bagi saya harus di lakukan setiap malam walau itu hanya bisa dua rakaat tapi sebelumnya saya sama suami itu sudah bilang kalau mauhubungan sesudah saya solat tahujud dia sudah mengerti gimana menurut mamah karena saya merasa berdosa sama suami walau saya sudah minta maaf dan saya tawarin lagi sesudah solat tahajud dia marah diam saja. apakah kalau dia minta lagi seperti itu saya kasih dulu jadi ngga solat tahajud atau gimana menurut mamah? hatur nuhun mah

    Neni

    November 30, 2011 at 2:47 am

  173. assalamualaikum wrwb,mamah yang saya hormati saya mau nany a sebelumnya saya mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan. mamah …bukankah di islam seorang isteri harus menghormati suami..tapi bagaimana dengan suami yang suka mengomentari keluarga isterinya dengan perkataan yang sangat sakit hati dan menyinggung perasaan,semua ucapan suami itu hanya saya aza yang tahu,takut kalau disampaikan sama keluarga sya tersinggung dan sakit hati. ucapan suami itu ga hanya sekali tapi sering apalagi waktu bapak saya lagi sekarat di rumah sakit suami saya berkomentar yang sangat menyakitkan.bagaimana sikap saya mah…satu lagi mah..waktu bapak saya meninggal sya ga melihat ytk yang terakhir kalinya apakah saya di maafkan oleh bapak saya?mohon balasannya..

    hamba alloh

    Desember 7, 2011 at 7:35 am

  174. mamah curhat dong mamah yang cantik dan aa yang ganteng saya mau bertanya

    wana hebbe

    Desember 19, 2011 at 3:36 am

  175. Tiap hari sy nonton,Bagus sekali utk dijdikan pedoman hidup dlm mengarungi kehidupan rumah tangga dan kita jdi lebih tau hak dan kewajiban suami dan istri dan jd tahu dasar hukum agama

    safrudin djamy

    Desember 19, 2011 at 12:52 pm

  176. assalamualaikum wr’wb ‘mama dede dan aa yang makin ganteng aja”curhat donk ma! ma sy mau tanya .anak saya umurnya 16 thn. laki-laki.sewaktu dia berumur 1 bln dia sya aqiqah 1 ekor lkambing.saya tdk mampu 2 ekor kambing jd bagaimana hukum aqiqahnya sah atau tdk?mohon balasannya y!

    SITI RAHMAH LUBIS

    Januari 4, 2012 at 3:18 pm

  177. assalamualaikum,wr.wb. Mamah yg sy hormati, sy mau tny apakah anak yg telah meninggal dunia kelak akn membntu kt d akhirat? Apakh anak trsbt yg smasa hdpx blm bs jln dan ca2t, stlh d akhrt bs jln dan tdk ca2t?

    beny

    Januari 5, 2012 at 1:18 am

  178. Assalamu’alaikum
    saya tia di Banjar mau tanya,sebenernya dosa nggak si kalo rebonding,smooting,mengkriting rambut..?dan bagaimana pandangan islam mengenai hai ini.trimakasih
    Wassalamu’alaikum

    ayu mutia

    Januari 8, 2012 at 7:28 am

  179. mah saya mau tanya…
    umur saya sudah 25 tahun saya mempunyai kakak perempuan berusia 29 tahun yang sampai sekarang belum menikah , saya sudah mempunyai seorang pacar yang berusia 23 tahun dan kami menjalin hubungan sudah 5 tahun lamanya. yang ingin saya tanyakan
    1. bagaimana hukumnya kalau saya mendahului kaka perempuan saya menikah…
    2. bolehkah saya menikah duluan karena saya takut kalo terlalu lama pacaran dan gak bisa terus menahan godaan syetan ujung-ujungnya malah zinah…

    mohon bantuanya mah , saya hanya manuasia biasa yg gak bisa seterusnya menahan godaan setan , dan hanya bertujuan agar bisa menghalalkan apa yang haram ( yaitu berhubungan suami istri ).”

    ragil tri setiawan

    Januari 8, 2012 at 10:47 pm

  180. bagai mana cara mendaftar di acara dari hati ke hati yang di pandu oleh aa dan mamah dedeh

    via

    Januari 9, 2012 at 7:34 am

  181. assalamu alaikum mama..
    cuthat dong ma.
    saya ibu rumh tangga,sdah punya anak 3 dan cucu 1,mau minta solusinya ma??
    ada masalah keluarga,saya akui kesalahan tapi suami tidak mau mengakui kesalahan.
    saya dituduh pelacur oleh mertua saya…
    suami saya benernya mau memaafkan saya tapi takut sama orang tuanya,sekarang aku mau diceraikan,sedangkan aku tidak mau dicerai karna aku tau agama melarang penceraian,disamping itu aku masih berat meninggalkan suami dan anak.
    tapi suami tetap nekat untuk menceraikan saya karna takut sama ibunya…
    apa hukumnya suami dan mertua saya yang nekat ingin memisahkan saya dan anak saya??
    dan apa yang harus saya lakukan MA…??
    saya sudah mengingatkan suami saya untuk sholat tapi jawabnya jangan sok tau dan sok suci…karna selama menikah sampai sekarang belum pernah menjalankan sholat 5 waktu.

    hamba allah

    Januari 18, 2012 at 1:16 pm

  182. Assalamu Alaikum Mama…
    Curhat dong mah.
    Apa hukumnya orang yang beribadah tetapi masih menjalankan larangan allah seperti melakukan sesajian setiap malam jum’at dan bagaimana dengan orang yang tahu tapi tidak mau memberi tahu kalau perbuatannya itu dosa

    Hamba Allah

    Februari 2, 2012 at 12:55 pm

  183. saya hamba Allah dari kota Makassar
    mama & aa curhat donk
    ma, gimana hukumnya memperlihatkan aurat (seluruh tubuh) kepada seorang lelaki yang sudah berniat serius kepada kita dan memiliki rencana untuk menikah dengan kita? tapi orang tersebut belum pernah bertemu secara langsung dengan saya ma, dan dia juga tempat tinggalnya sangat jauh (berbeda negara) dan hanya bertemu setiap hari lewat video chatting. juga gimana hukumnya memperagakan hubungan suami istri dengannya lewat video chatting ma? tolong jawabannya (jangan di bacakan ya ma, d televisi) kirim aja komentarnya di email saya Cute.sheilah@yahoo.com

    hamba Allah

    Februari 22, 2012 at 10:48 pm

  184. assalamualaikum w.r
    mamah,saya mo tanya…suami saya selalu saja mengecilkan masalah,saya selalu menasehatinya tapi selalu bilang “gampang ko “…membuat saya selalu kesal…
    yang saya tanyakan bagaimana cara saya membuat dia tidak seperti itu lagi?apakah saya harus memarahi suami saya…
    makasih yah ma..
    wassalam

    dewi istiana

    Maret 9, 2012 at 5:40 am

  185. AQW SAYYYANG GURUKKU…..
    assalam’mualaikum mama”
    mama & aa’curhat dong….
    saya hamba allah dari sidoarjo..kelas 8 mts
    ma’ saya punya 2 guru yg sangat” saya sayangi…….
    saya mau tanya ma….saya thu suaaaayyyanngg banget sama’ guru saya…smpai” jika saya besar nanti saya ingin menghajikan guru saya….tapi…guru saya selalu cuek sma saya mksudnya cuek beliau thu kalo saya lihatn trus lama” jd GR,,,mama’ gmana sich caranya agar saya bisa duekeeeeet dan bisa ada ikatan batin dgn guru saya….pdahal saya pintar udah,diem udah tapi guru saya msh tetep cuek. dan kdang saya pernah iri,kalo guru saya dket ma tmen saya pdahal tmen sya gg sbgthu pntr di bandin saya….!tiap menit saya thu selalu memikirkan mereka saya nggk bisa 5 mnit nggak memikirkan mereka..kdang smpai terbwa mimpi…MAMA kasih tips nya dong buat saya agar guru saya bisa suaaaayyyannng sama saya

    fadilah

    Maret 12, 2012 at 12:39 pm

  186. asalalamualaikum..
    curhat dong mah…
    saya ibu rumah tangga 1 putra, saya dari keluarga sederhana tetapi suami saya dari keluarga berada, saya sudah menikah 3 tahun dari pertama menikah suami saya tidak suka dengan keluarga saya, entah kenapa mungkin karna status sosial yang berbeda, saya ingin seperti yang lain menjenguk orang tua kalau punya kesempatan, tetapi suami saya sering marah kalau saya ingin menjenguk orang tua, padahal dia sendiri setiap ada apa apa selalu minta tolong orang tuanya, saya kadang bingung padahal saya sudah patuh tetapi suami saya mengganggap saya pembangkang, saya cuma ingin diberi waktu untuk menjenguk orang tua saya apa salah… mohon solusinya trimakasih wasalamualaikum wr.wb

    MANO

    Maret 16, 2012 at 5:51 am

  187. asslm mah curhat donk.mah pernikahan saya mau putus akibat orang tua istri saya .saya pergi mninggalkan rmah pertama kali.karna istriku tau aq.nilep uang orang tuaku.dan dia berkata anjing sampe beberapa kali.terus aq ga ulang sampe 4 hari aq cma pingin tau apakah istriku bisa mngakui kesalaan.yg dia ucapkan .tpi mlah sbaliknya dia mngugat cerai saya karna bpanya .abis gtu .saya dan ibu berencana mau membuat rmah yg sangat sederhan. sampe2 ibu bwa uang dengan jumlah 18 jta rupiah . rencana saya rmah sederhana paling abis total biayaya 35 juta tpi apa boleh buat ma bpa striku mnolaknya tidak mau mnerima uang itu. maunya rmah yg udh jdi sharga 70 juta.tpi ibuku mnolaknya ma .trus bpa istriku mmutuskan hubungan aq sama istriku.dia bilang kalau mau d anggap anak bapa tinggalkan suami kmu .tpi sampai saat ini aq ga mau pisah sama istriku karna anaku. aq harus berbuat apa mah tolong penjelasanya .sampe2 bpa istriku bilang cadu.kalau saya sampe nginjak kaki d rmahnya. kalu duriat di putusin sama bpa istri gmna .hendra gunawan bandung

    hendra

    Maret 17, 2012 at 5:53 pm

  188. curhat mamah dede.saya seorg ibu rumah tangga sekaligus bekerja.yang saya tanyakan apa hukumnya seorg suami yang tlah membohongi istrinya utk kepentingan sendiri padahal suami tau istrinya kerja untuk membantu mencukupi kluarganya,tapi di mata suamiku kita tidak ada artinya,dan byk melontarkan kata2 tidak sepantasnya untuk istrinya. mohon nasehatnya dari mamah dede.treima kasih.

    Wiwik Fia

    Maret 20, 2012 at 4:36 am

  189. assalamu’alaikum…WR WB
    nama saya hamba allah
    alamat: sukabumi

    curahat dong mah….
    mah,sya mau tanya….??
    apa maknanya shlat taubat,hajat,tahjutd,& duha..
    tolong penjelesannya…..!!!!!!

    terimakasih.
    salam buat mamah yg cantik & aa yg amit-amit…
    hehe

    wassalam

    leni

    Maret 22, 2012 at 7:48 am

  190. assalamualaikum Wr.Wb. Curhat dong mah…….begini mah saya sudah berkeluarga punya anak 1 usia saya sudah 39 tahun. yang saya mau tanyakan mah…saya dulu pernah melakukan kesalahan pada suami karena saya hutang tidak bilang-bilang dan pada akhirnya saya tidak bisa membayar hutang saya itu yang begitu besar, lalu saya berterus terang pada suami kalau saya punya hutang banyak dan harus sudah dibayar pada waktunya. Akhirnya saya diinterogasi oleh suami berapa hutangnya dan untuk apa ? Kenapa tidak bilang-bilang. Akhirnya saya jelaskan semua alasannya kalau suami saya itu tidak pernah memikirkan kebutuhan sekolah anak, untuk bayar les – les anak di walikelasnya, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga karena suami saya selalu menuntut dan menanyakan kemana hasil kerja saya selama bertahun-tahun, kadang memarahi anak dengan kasar kalau anak mendapatkan nilai jelek, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya jelaskan panjang lebar disini. Nah dengan keterusterangan hutang saya inilah pada akhirnya suami saya melakukan KDRT pada diri saya. Saya dipukul hingga badan dan kepala jidat saya memar-memar dengan sapu hingga terputus menjadi dua. Dan sayapun dimaki-maki habis-habisan sehingga timbullah pertengkaran yang hebat. Karena dengan saya dipukuli itulah akhirnya saya meminta cerai pada suami dan saya ingin pergi dari rumah pada tengah malam di tengah pertengkaran itu. Dan suamipun bertambah marah sehingga dengan kekasarannya si suami menarik baju tidur saya dari belakang dan mengatakan ” sana kalau mau pergi ” mengeluarkan kata-kata seperti itu dan menarik baju tidur saya dari belakang saat saya sedang duduk di tempat tidur sambil membenahi baju-baju saya karena saya sudah tidak tahan dengan rasa sakit badan saya yang sudah memar itu. Untungnya tepat menjelang subuh kakak saya menelepon dan meminta saya untuk datang ke rumahnya untuk mengantarkan ibu saya berobat ke bandung yang kebetulan pada kejadian itu ibu saya sedang sakit keras. Lalu berangkatlah saya setelah mendapatkan telepon dari kakak saya itu. Sesampainya di sana saya merahasiakan semua peristiwa kejadian itu pada keluarga saya. Karena keberangkatan ibu saya tidak jadi berobat ke bandungnya akhirnya saya menuju rumah ibu saya, karena di rumah ibu kosong dan tidak ada orang hanya tukang bangunan yang sedang membetulkan rumah ibu saya, disitulah saya langsung menangis menahan rasa sakit yang ada pada tubuh saya karena pukulan dari suami. Tidak disangka di rumah ibu saya ada si pembantu kakak saya yang sedang mengawasi tukang-tukang itu. Begitu si pembantu mendengar seperti ada suara tangisan maka kepergoklah saya yang sedang menangis dan pada akhirnya si pembantu menanyakan kenapa tante menangis. Disitulah saya terus menangis dan menangis sambil cerita kepada pembantu kakak saya itu apa yang telah terjadi pada diri saya. Si pembantu itupun ikut marah dan kesal begitu melihat tubuh dan kepala saya memar membiru semua.Si pembantupun menyuruh saya untuk ceritakan saja kejadian ini sama keluarga biar mereka tahu kalau saya sudah dipukili oleh suami. Saya melarangnya dan menyuruhnya jangan cerita-cerita sama keluarga saya apalagi sama ibu saya yang sedang sakit keras, biarlah penderitaan itu saya pendam saja. Namun keesokan harinya setelah kejadian itulah saya tidak pulang ke rumah dan berniat untuk mengurus ibu saya yang sedang sakit keras.dan untuk menenangkan hati saya juga. Lamat laun ketahuan juga oleh keluarga saya karena saya tidak pulang-pulang ke rumah. Dan kakak sayapun mendesak apa yang sedang terjadi. Akhirnya si pembantu kakas saya itu menceritakan kejadian yang menimpa saya lalu kelihatanlah memar-memar yang ada pada tubuh saya dan kepala saya, akhirnya sayapun tak tahan membendung air mata saya, maka terbongkarlah apa yang sudah menimpa pada diri saya tentang pemukulan suami saya itu. Nah esok harinya menjelang sore saya mau pergi dengan kakak saya kesalon untuk merapikan penampilan saya yang tidak karuan itu dan ingin menghiburnya supaya saya melupakan peristiwa kejadian itu, lalu tiba-tiba datanglah suami saya dan langsung melihat saya mau pergi dari belakang sayapun dipukulnya di depan kakak saya sambil berkata bayar dulu utangnya dan kembalikan uang saya yang buat bayar hutang kamu segitu banyak. Sayapun langsung menangis dan kakak sayapun menenangkan suami saya walaupun hati kakak saya juga merasa sakit hatinya melihat adiknya yang dipukul di depan matanya. Setelah menenangkannya sayapun llgsg dibawa pergi. Ringkas cerita akhirnya setelah sebulan lamanya saya tidak pulang-pulang akhirnya saya disuruh meminta maaf sama suami dan sayapun datang untuk meminta maaf dari suami , sayapun sungkem dan bersujud di kaki suami saya. Sebulan saya tidak pulang dan seminggu baru saya meminta maaf pada suami , ringkas cerita akhirnya saya di suruh kerja di jakarta. Lalu sayapun meminta ijin pada suami untuk kerja di jakarta dan suami tidak mengijinkan kalau saya kerja di jakarta dengan gaji kecil.Suami berharap saya kerja di jakarta dengan gaji yang besar agar supaya saya bisa mengembalikan uang suami saya yang sudah dikeluarkan untuk membayar hutang-hutang saya. Karena saya tidak di ijinkan akhirnya ibu saya yang meminta ijin pada suami saya kalau saya harus kerja di jakarta supaya saya tidak dipukuli lagi. Dan ibu sayapun mengatakan kalau gaji saya lumayan cukup daripada gaji disini kecil.Akhirnya mendengar saya di jamin gajinya lumayan, suami sayapun mengijinkannya asalkan kepulangan saya kembali ke rumah tidak mengulanginya kembali dan bisa mengembalikan uang suami yang diapun dapat pinjam dari bosnya sebesar hutang saya. Akhirnya sayapun dapat ijin dari suami. Sekarang saya bekerja di jakarta. Ringkas cerita gaji pertama saya peroleh saya langsung membayar dan mengembalikan uang suami itu walaupun dengan cara di cicil. Nah ringkas cerita juga suami saya menyimpan banyak uang tanpa sepengetahuan saya dan suami sayapun tidak cerita kalau dia menyimpan uang sebanyak itu. Setiap kali saya pulang dari jaarta selalu suami saya mengeluh tidak pernah dapat-dapat uang. Sayapun tetap bersabar dan mengembalikan uang suami saya itu setiap bulan secara di cicil. Suatu hari suami saya sedang menghitung dan mengontrol uangnya dan kepergoklah sama anak saya. Dan anak sayapun menceritakannya pada saya kalau suami saya punya uang banyak tapi suami saya tidak pernah bicara sama saya kalau dia menyimpan uang sebanyak itu, bahkan yang dia keluhkan ke saya selalu dia tidak dapat uang terus. Akhirnya saya selidiki apa kata laporan anak saya itu kalau suami saya menyimpan uang banyak di lemarinya, Suatu saat karena saya terjepit dengan keuangan saya dan karena ketidak jujuran suami saya itulah akhirnya sayapun mengambilnya selembar demi selembar hanya karena untuk keperluan dan kebutuhan saya di jakarta yang setiap minggu saya harus pulang mengurus dapur dua dan berusaha menutupi uang suami yang terpakai dan membiayai kuliah saya sendiri mana cukup dengan gaji saya yang cuma 1,5 itu. Dengan diambilnya selembar demi selembar tanpa sepengetahuan suami akhirnya suami sayapun mengetahui kalau uangnya berkurang. Begitu saya mencoba mengecek di lemarinya apakah uangnya semakin bertambah apa tidaknya karena yang sudah-sudah saya lihat selalu bertambah makanya dengan penasarannya sayapun mengeceknya kembali ternyata di dalam lemarinya itu ada selembar kertas yang ditujukan untuk saya dari suami. Lalu sayapun membacanya. Dalam suratnya saya mengakui kalau saya memang yang mengambilnya dan sayapun meminta maaf darinya atas perbuatan saya itu tapi sayapun disamping meminta maaf sayapun menanyakan uang siapa itu dan kenapa tidak mau jujur atau bilang ke saya kalau kamu menyimpan uang sebanyak itu. Suami sayapun dengan nada marah dan mengatakan kalau uang itu punya temannya yang menitipkannya untuk di carikan sebuah tanah. Tapi logikanya saya kalau memang suami saya dipercaya untuk memegang uang sebanyak itu hanya untuk dicarikan tanah kenapa suami saya lebih banyak di ruamh dan tidak mencari-cari. Suami sayapun diam tidak bisa menjawabnya. Tapi karena saya sudah janji akan mengembalikannya dan suami sayapun menyuruhnya untuk mengembalikannya secara di cicil. Nah pertanyaan saya, apakah saya salah dan berdosa mah atas semua kejadian itu ? Dan apakah harus di dalam kelauarga / suami istri harus hitung-hitungan seperti itu dan sayapun tetap mengembalikan uang suami saya yang sudah dikeluarkan untuk membayar hutang-hutang saya yang sudah sudah walaupun sekarang saya masih menyicilnya setiap bulan ? Mohon jawabannya mamah dan bagaimana saya sekarang dan harus bagaimana menyikapi semuanya ini. Wassalamualaikum

    imas

    Maret 26, 2012 at 8:42 am

  191. ass mualaikum wr.wb
    mama….aa” curhat dong
    ma nma saya putra tinggal di jambi
    saya stiap pgi slalu tk mlwtkan acra mama di indosiar
    ma saya mw bertanya
    dalam pcaran kan smua orang ingin di sayang n menya2gi
    jika saya slalu menasehati pcar saya . memberi mtivasi slalu ngingatin untuk melakukan kebaikan kdang di blaang lebay..
    di kerasin bilang gak sayang
    lw saya terlalu lembut saya solah2 di manfaatin
    saya kan gak mw menyakiti hti wnita ma
    kadang saya gak tw harus gelakuin apa
    serba salah jdi nya bah kan hampir setiap pacar saya ma
    jdi saya minta solusin ya ma kasih ya ma
    asssmualaikum

    sadiah putra

    April 13, 2012 at 1:09 pm

  192. mama aku fahmil dari maluku utara.

    mama curhat dong,
    begini mama aku punya cewe,
    tapi cewe nya kalau di bongceng dia suka nya berpelukan,
    tapi aku takut,
    nanti bilangnya dosa,
    akhirnya dia putusin aku ,karna nagk mau di pelukan,,
    gimana ni mama

    fahmil

    April 18, 2012 at 10:56 pm

  193. asalamualikum.wr.wb
    mamah aku mau nanya
    gimana niat zunub.

    SAHRUL CHETOS

    April 24, 2012 at 9:59 am

  194. Mamah aku sahrul Dari GORONTALO.

    Mamah curhat Dong…
    mah mau nanya gimanasih niat zunub

    SAHRUL CHETOS

    April 24, 2012 at 10:04 am

  195. assalam mualkm…
    mama aku ima d surabaya
    mamah curhat donk…..
    saya seorang gdis berumur 21 taun.sya punya pcr dan kmi pernah berzina mah…
    tapi skrng cwok saya ningalin sya krena sebuah mslah yg gak telalu gede sech…
    aq udah mnta maap dan ngomong baek2 ma ank e tpi dia gk peduliin aq mah…
    bahkan dah semngu nie aq gk dsms n dtlpn atau ksh kbr sma skli….saya menyesal lakuin zina tuch mah…
    sya pngen bertaubat.tapi apakah kelak jalon suami sya te2p mau ma sya walaupun sya udah gak virgin lg…saya jg yakin koq law allah psti akn memberikan jdoh apa qta.tp rasa kwatir tuch msh ada mah,,,,,
    mksh wasalm mlkm……

    imah tuljannah

    April 28, 2012 at 8:01 am

  196. assalamu’alaikum wr.wb.
    mamah curhat dong. nama saya basyariah damanik. umur 54 thn. ingin curhat dengan mamah bisa kan mah.?

    basyariah

    Mei 10, 2012 at 4:13 pm

  197. assalamu’alaikum wr.wb.
    mamah mau bertanya kalo sujud kepada seorang ibu ato seorg ayah yang tlah meninggal di makamnya bertujuan mencium kakinya atau meminta maaf , apakah di perbolehkan..?

    rustamokey

    Mei 14, 2012 at 3:28 pm

  198. Mah dirumah sy ibu ibu pengajian kepingin sekali menghadiri pengajian mamah cuman masih bingung mesti menghub. Siapa minta bantuannya mah terima kasih

    auratamatour

    Oktober 24, 2012 at 7:29 am

  199. As mah
    Mah saya mau bertanya apakah dosa menyuruh suami menikah lagi karena saya udah gak mau melayaninya lagi yang disebabkan dia(suami) pernah pukul saya.
    (selama ini suami saya hanya mementingkan teman dan keluarganya dari saya kalau dia lagi ada uang , kalau sudah punya utang dan gak punya uang dia baru baik sama saya lama lama saya kesal mah dan kali ini saya gak mau bayar utangnya lagi, lalu dia pergi mah ke tempat keluarganya dan menjelek-njelekan saya, setelah enam bulan dia pulang minta dilayani saya mencoba menerimanya kembali tapi hati saya gak bisa terima dia mah karena saya merasa kecewa sekali, karena sebenarnya selama ini saya yang membiayai dia dan kedua anak saya tapi dia sanggup pukul saya hanya karena saya marah sama anak saya, dia sudah berulang kali minta maaf tapi saya belum bisa menerima dia kembali seperti dulu. Apakah saya harus cerai saja mah sama suami saya)

    Was
    Dari Ibu dewi Di Medan

    Dewi

    Desember 31, 2012 at 9:36 pm

  200. Assalamualikum Ma….Curhat donk….Mah sy mohon solusinya….Bagaimana caranya membuat istri tidak temperament serta bersyukur dalam hal sekecil apapun. Bagimana pula, apabila seorang istri…tidak menghargai hasil jerih payah suaminya..sementara suaminya telah berusaha semaksimal mungkin…tetapi istri mengharapkan lebih. Dan apakah seorang istri berulangkali mengucap kata cerai..apa hukum nya..? terimakasih . wass.

    Hamba Alloh

    Maret 11, 2013 at 5:10 pm

  201. Ass. Ma… Curhat dong……. Mah sy mau tanya…..! Apa bisa atau tidak, kita sholat tp selalu keluar dubur dari Kemaluannya alias Keputuhan (penyakit perempuan…? sudah minum bermacam 0bat tp msh tetap ada penyakit tersebut…… Apa sah sholatnya atau tidak…… Tolong dijelaskan

    ervina daud

    Mei 8, 2013 at 9:06 am

  202. Ass… ma.. curhat dong mah ada yang ingin saya tanyakan! apa hukumnya bagi orang tua khususnya ibu yang suka membedakan kasih sayang kepada anaknya. dan apa hukumnya bagi orang tua yang membatalkan rencana pernikahannya hanya karena ego dari ibu tersebut, padahal sudah ada yang namanya lamaran. hanya karena ada sesuatu keinginan ibu yang tidak dipenuhi semua rencana kami ibu batalkan, tanpa memandang perasaan orang lain khususnya saya sebagai seorang anak dan dari pihak keluarga laki – lakinya.

    hamba allah

    Februari 3, 2014 at 5:09 am

  203. Ass mah mhn mf mau tanya , bagaimana cara nya untuk mengikuti acara mamah di indosiar , kebetulan jemaah kami ingin sekali bisa menyaksikan nya

    romdoni burhanudin

    Maret 19, 2014 at 12:45 pm

  204. Majelis Ta’lim Nurul Iman Kp. Hanjawar Rt 03 Rw 06 Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur Jawa Barat
    Mau daftar menjadi peserta mama aa tolong caranya ?

  205. Ass. Mah ibu-ibu pengajian Al Khoiriyah Cakung Baru Angksa Puri
    Ingin ikut acara mama aa caranya gimana ya?

    Slamet Jumanto

    April 26, 2014 at 1:40 pm

  206. ass.. ma curhat dong ma..
    saya pasangan muda dan sudah mempunyai seorang anak
    entah kenapa sejak menikah suami saya membenci keluarga saya hingga saya dan anak saya tak pernah di boleh kan bertemu dengan ibu dan keluarga saya
    tapi jika keluarga dari suami saya yang ingin bertemu anak saya di perboleh kan
    padahal dulu sejak saya mengandung dan melahirkan suami saya tak pernah menghidupi dan menemani saya malah ibu saya dan orang lain yang menghidupi.
    jika bertemu di jalan menyapa orang tua saya saja saya tidak di perbolehkan.
    suami saya juga sering melakukan kekerasan jika saya tidak menuruti perintahnya, suami saya tidak mau tau tentang perasaan saya
    lalu apa solusi dari masalah saya ini ma???? dan siapa yang harus saya pilih?? orang tua ataukah suami??
    mohon balasannya, terima kasih
    wasalam mu’alaikum

    arletha

    Juni 29, 2014 at 7:21 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 492 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: