Anjar Priandoyo

Syarat menjadi manager: umur lebih dari 29 tahun?

with 42 comments

Dear mas Anjar, Mau tanya kira-kira standar gaji untuk bagian Logistics dengan pendidikan S1, pengalaman terakhir 2.5 tahun di bidang logistics, 2 tahun di export-import dan 2 tahun di PPIC itu berapa yach?

kira-kira dengan pengalaman tersebut, dengan umur 29 tahun apakah sudah cukup untuk melamar untuk posisi Assisten / Manager? mengingat selama ini posisi saya masih berkutat di staf dan koordinator saja. ketika kita negosiasi gaji dengan perusahaan yang baru, sebaiknya berapa persen tambahan gaji yang kita minta ke perusahaan tersebut dari gaji yang kita terima sebelumnya?

About these ads

Written by priandoyo

Juni 14, 2008 at 3:10 am

Ditulis dalam Salary

42 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Lho?
    Mana tanggapan dari Mas Anjar??
    Emang harus umur 29 untuk bisa jadi seorang manajer?
    Nggak ah…

    riyantoro

    Juni 15, 2008 at 11:52 am

  2. very good question !
    saya pribadi merasakan di tanah air ini faktor senioritas cukup menjadi perhatian untuk posisi tertentu.
    saya tidak sepenuhnya menganggap salah karena ini tentu berkaitan juga dengan kematangan emosi seseorang.

    kalo umur banyak tapi pengalaman minim buat apa ?
    jadi tidak benar kalau mau jadi asst mgr atau manager harus umur 29 tahun dulu.
    saya sendiri sudah membuktikan hal tsb.

    temen anjar

    Juni 18, 2008 at 3:11 pm

  3. saya rasa sekarang ini umur bukan merupakan syarat untuk menempati suatu posisi tertentu. Selain pengalaman di bidangnya, yg akan dilihat tentunya juga kemampuan manajerial. Biar udah pengalaman bertahun2, tp kemampuan majaerial dan kepemimpinannya diragukan, tentu saja akan menjadi pertimbangan

    mo_cab™

    Juni 19, 2008 at 1:05 pm

  4. kalo di tempat gw, syaratnya punya toket ato berani nungging!!!

    dodol

    Juni 24, 2008 at 9:03 am

    • @dodol, dol tempat kerjaan lu ekstrim banget tuh, sangat rendahan.

      Sidoel_168

      Januari 9, 2010 at 6:45 am

  5. gw dulu jadi Manager umur 29, bos gw cewek taiwanese asli, tadix gw staf biasa tapi semua karyawan dikasih kesempatan untuk berkembang & berprestasi, yg berhasil duduk di post manager, ada 3 orang masing2 divisi, dia menganggap semua karyawan adalah asset, jadi siapa yg berprestasi blio ga sungkan2 kirim ke luar negeri untuk training di branch office disana, oya company gw bergerak di bidang logistics/warehousing/freight forwarding. Gajinya? lumayan gede untuk perusahaan sejenis, THR nya aja bisa 3 kali lipat. Aku resign krn ikut suami tugas kerja, pure personal. setelah 2 thn balik indo, aku joint perusahaan korea bidangnya masih sama, gajinya? ditawar kaya nawar bawang goreng bo! 7 Jt aja… untuk post airfreight manager, consider perusahaannya kecil, ok lah, guess what? 4 month later … ternyata ada Manager baru no experience in this biz gajinya 15jt+car diterima jabatannya pertama finance+GA, oh ya knp diterima, haree geneee orang korea masih doyan ama nepotisme huh! referensi temen kongsi…cyapeee dweeegh … gw resign aja, males bersaing sehat ama orang sakit … kabar terakhir perusahaan tsb mw close down … doooghh pdhal ga pernah gw sumpahin bangkrud :)

    caca

    Juni 28, 2008 at 1:34 pm

  6. @Dodol, pendapat elo itu sangat melecehkan kaum hawa.

    Tapi sayangnya…

    Bener

    Mantan Janitor

    Juni 28, 2008 at 2:28 pm

  7. Rasa tanggung jawab yang tinggi dan keberanian dalam mengambil sikap itu sudah membuktikan seseorang dalam berkarir untuk sampai tinggkat yg diinginkan, tuh oke……

    Vina Q

    Juli 3, 2008 at 7:16 am

  8. Kalo saya rasa yang paling penting untuk menentukan posisi bukan dari umur tapi dari sikap (attitude). Kebetulan saya bekerja di industri Food and Beverage yang sangat dinamis. Di industri ini banyak sekali manager2 yang masih di bawah 30 tahun. Saya sendiri kebetulan menjadi seorang manager di salah satu hotel bintang 5 di jakarta pada saat masih berusia 26 tahun dan sekarang di usia 29 tahun sudah di posisi operation manager untuk sebuah chain fast food lokal di Indonesia. Anak buah saya sebagian besar sudah di atas 35 tahun. Jadi umur bukan harga mati untuk suatu posisi. Berpikirlah positif maka pada saatnya nanti anda akan mendapatkannya.Cheers

    PatGonz

    Juli 3, 2008 at 8:09 am

  9. nggak lah, umur nggak ngaruh. umur berapapun bisa jadi apapun… yang penting knowledge, skills, attitude and of course, luck.

    dosheet

    Juli 26, 2008 at 2:11 am

  10. Umur?? hm, kayanya untuk sebagian besar perusahaan ini masih jadi patokan deh. Liat aja lowongan2 posisi manajerial di situs2 low ker online. Pasti ada umur min. ato max. nya.

    Mungkin pertimbangannya karena Indonesia masih menganut sistem “kalau belum tua jangan ngomong” kali ya. Mungkin bukan perusahaannya yang begitu, tapi lebih ke culture di pribadi masing2 karyawan / orang Indo kebanyakan.

    Untuk startup company gak menutup kemungkinan kok umur masih muda jadi Manager.. apalagi kalau yang punya usaha masih ada hubungan darah.. umur 17thn juga bisa jadi Managing Director Haha :D

    Yoyo

    Juli 26, 2008 at 9:14 am

  11. gw umur 25 dah jadi manager tuh
    di perusahaan internasional lagi
    g masalah dgn umur
    yg penting kualitas diri anda

    velocity

    Agustus 11, 2008 at 6:09 am

  12. Gue sejak umur (belon genap) 25 tahun udah ngerasain tuh jadi manager di sebuah perusahaan asing, american bo’ – bukan jepun, koryo, chokin apalagi maling-sia, cuman ketika iseng mencoba ke perusahaan “lokal” untuk posisi yang sama gue terbentur satu hal yang menurut gue kurang ajar, jawaban yang sama dari beberapa perusahaan lokal adalah: “apakah anda tidak merasa terlalu muda untuk posisi anda sekarang dan yang anda lamar???” So what? Emang ada korelasi antara kemampuan dan umur?

    Si Nenen

    September 10, 2008 at 4:36 am

  13. […] baru saja membaca sebuah blog dengan alamat ini dimana judulnya berupa pertanyaan yang menggelitik benak saya "Syarat Menjadi Manager : Umur […]

  14. Di tempat ku bekerja, usia 29 tahun udah menjadi Presiden Direktur, dan saya pun di usia 27 tahun, sudah berada pada posisi Direktur Operasional. usia tidak bisa dihubungkan dengan kemampuan, hidup eksekutif muda! Ga ada lagi profesional tua yang udah rtabun n pikun2 lagi. Buat apa dia jadi pemimpin, u know!

    novka

    November 27, 2008 at 3:05 pm

    • guwe aja di umur 25 ne jadi calon manger projek di sebuah pembangkit jawa bali…..napa minder lu men,,,sante aja lagi….rasin aja hidup ne ,,,klo lu butuh konsul hubungi gue di 081334805662,gue tampung keluh kesah loe

      cahyo kurniawan

      April 8, 2010 at 6:44 am

  15. Iya, saya juga setuju dengan novka, saat ini saya berusia 25 tahun, alhamdulillah udah berkarir di posisi Direktur Utama. Saya sangat bersyukur. Jangan ragu untuk mengembangkan karir!

    indra

    November 27, 2008 at 3:07 pm

  16. @indra
    25 tahun jd dirut…weleh2..salut..aku 26 tahun jadi kroco..

    tiyan

    November 28, 2008 at 6:23 am

  17. buka CV atau PT aja mbak/mas tiyan.. bisa jadi Dirut :) presdir..heheh..
    klo saya juga masih kroco

    haqy

    November 28, 2008 at 11:52 am

  18. Numpang comment..ehhm td baca beberapa ulasan..emang benar sih…umur bukan pengaruh yg penting..kebutuhan akan skill, good attitude dan yg terpenting leadership telah terpenuhi, namanya juga manager,,jd harus bisa mengatur..tp ingat utk menjadi manager apa anda sudah siap di musuhi satu perusahaan..kehilangan waktu istirahat dan jarang bertemu orng yg kamu sayangi hehehe…contoh kecil negativenya jd mangerl,,dari pengalaman saya berumr 26 saya sudah jd manager.. untuk masalah Gaji wah tuh jawabnya susah..tergantung perusahaan yg di tuju,, tp ada koment tuh di usia 25 jadi direk..it sih bisa2 aja..tp biasanya mempunyai hubungan khusus dengan perusahaan yg dia pimpin :)

    Numpang comment

    Januari 20, 2009 at 8:09 am

  19. bos gw IT Manager ajah umurnya 26 tahun.. gw anak buahnya ajah udah 32 heheheh… tapi gw akuin bos gw itu masih muda tapi udah punya leadership yg tinggi.. emang pantes jadi manager walau masih muda….

    orang jawa

    April 3, 2009 at 6:31 am

  20. @dodol, hei dodol bikin koment jangan dodol dong, emang kamu dodol yah?atau emang sipat loe dodol, jangan koment kalau tak bisa, jadi dodol aja kamu sana!!!!eh emang dah dodol

    senior leader

    April 28, 2009 at 8:57 am

  21. Gw waktu start kerja thn 2006 umur 21thn di salah satu best FMCG European Company. Di promosi setelah 1thn, trus gw pindah ke one of the leading European Pharmaceutical Company as a Manager saat umur gw 23 thn.
    Memang Leadership & Technical Capability sangat diperlukan. Jika anda adalah seorang Fast Learner, umur bukan masalah!!
    But remember, itu juga tergantung dari HRD & User saat interview berlangsung. Jika HRD & Usernya adalah typical yg “main aman” alias ga berani ambil resiko rekrut “anak muda”, umur bisa jadi masalah…

    Chris

    April 28, 2009 at 10:11 am

  22. Dear all,

    Umur gw skrg 28, baru ngerasain 3thn kerja.. maklum gw br lulus kul umur 25 :p.. Stlh kerja 3thn di perusahaan yg sm, EPCI company utk offshore oil&gas sector, posisi gw msh junior engineer jg…hehe.. Jr. pipeline engineer for sure.

    Tp gw ga terlalu memusingkan posisi gw ini, krn walopun posisi gw msh junior engineer, gw cuku[ puas ngerasain working assignment ke bbrp kota di LN kyk: thailand, spore, & aussie. Gaji gw skrg jg ga kecil2 amat, 12jt per bulan + asuransi kesehatan kelas VIV di semua RS di Indonesia.

    Walopun gw cm junior engineer, kerjaan gw nyantai, flexible, & yg paling penting gw punya peluang besar utk adventure ke LN dg fasilitas hotel bitang 5 saat tinggal disana, fantastic!

    Well, thats life. Just enjoy & bersyukur aja :)

    cheers,
    dp

    dp

    Mei 9, 2009 at 6:26 am

  23. Maaf, komen gw diatas agak menyimpang. Maksud gw, jangan terlalu bangga dg jabatan & posisi yg tinggi. Krn posisi yg lbh tinggi perusahaan anda skrg blm tentu mendapatkan reward yg tinggi jg. Bs jadi gaji seorg manager di perusahaan anda, hanyalah selevel dg gaji seorang kroco di perusahaan lain.

    Buat apa kerja keras memeras otak sbg manager tapi gajinya hanya dihargai selevel kroco di tempat lain?? :D

    dp

    Mei 9, 2009 at 6:33 am

    • kalo sudah pengalaman jadai manager kan bisa dipake di perusahaan sendiri nantinya…..

      jabon

      Agustus 21, 2010 at 4:39 am

    • betul yg dikatakan DP jgn terlalu bangga sama jabatan / posisi manager, direktur, atau apalah. Gw dulu pernah bekerja disalah satu perusahaan logistik terbesar di indonesia PT. “S”. Gw bergabung mlalui program “..ODP” pada umur 24, & umur 27 gw mjadi Manager Ops.

      Setelah 2 Tahun di posisi tsb. gaji/THP yg gw dapetin (thn 2008) cuma -/+ 5 jt-an (manager gitu loh boo)+ mobil dinas Kijang LGX (ga boleh di bawa mudik). Kalah sama bini gw yg krja di salah satu bank swasta dengan posisi Officer (SPV). Karena ketidak puasan gw akhirnya RESIGN. Dan sekarang gw mjadi KOMISARIS di CV gw alias buka usaha sendiri.

      Untuk yg menjadi dirut di umur 30, gw yakin tu PT. punya Bokap / keluarga lu-kan. Mana mau perusahaan besar / menengah m’ngangkat orang masih muda blm pengalaman menjadi “Finishing Decision Maker” terlalu beresiko KALEEEEEEEE.

      Rony

      September 8, 2010 at 7:06 am

    • menarik sekali perbincangannya…..umur saya 20 tahun saya mahasiswa semester akhir di salah satu perguruan tinggi di lampung…cita-cita saya,,saya pengen sekali jadi manajer..meski saya belum pernah sama sekali bekerja di suatu perusahaan, tapi saya pernah PKL di Cv Lamabang Jaya Group yang ada di lampung….saya selalu memperhatikan cara kerja semua karyawan dari kuli sampai pemilik perusahaan..dan saya tertarik intuk menjadi manajer personalia…mungkin banyak orang menertawakanku,”apakah mungkin saya bisa manajer.aku cumak punya satu kunci keyakinan bahwa saya bisa jadi manajer..yaitu percaya pada Tuhan,,,dan selalu giat belajar tanpa mengeluh dan tetap semangat….berapapun gaji manajer gak masalah….yang terpenting aku bisa melayani banyak orang dan bisa menjadi berkat,dan membuat perusahan dimana aku berkerja lebih berkembang dan menyediakan lapangan kerja….bapak,,mas, yang sudah memiliki jabatan manajer dan direktur bantu saya menggapai impian saya……saya butuh doa n ilmu dari bapak-bapak semua.terima kasih.

      ambarawati diana natalia

      April 14, 2011 at 3:05 am

  24. @dp
    betul, saya tahu ada suatu perusahaan yang membayar seorang “manager” 1/3 dari gaji anda… title “manager” bukan jaminan gaji besar

    engineer

    Mei 9, 2009 at 4:33 pm

  25. setuju sama dp… saya juga lulus s1 umur 25 tahun dg ip pas2an… kerja 3 thn lanjut ke s2 masih dibidang yg sama (computer science)… lulus s2 kerja di perusahaan internasional S*N, posisi sampe sekarang gak berubah yaitu hanya sebagai software engineer. sy cukup digaji USD 75,000 per tahun. sy bersyukur dengan posisi sy yg gak terlalu tinggi.

    pesan sy, jgn berbangga hati dg posisi tinggi klo standar gaji anda tidak layak :).. peace

    kawulo alit

    Juli 7, 2009 at 12:11 am

  26. apakah luls kuliah umur 24-25 tahun sugdah terlalu tua?

    udin

    Agustus 26, 2009 at 10:19 am

  27. saya aja hanya lulusan sma. untuk nglanjutin ke jenjang yang lebih tinggi tuh rasanya berat buanget…bukan karena kapasitas otak saya melainkan kapasitas keuangan keluarga saya yang tidaklah sangat untuk membiayai saya ke jenjang yang lebih tinggi lagi… namun saya tidak patah semangat.. saya telah menentukan sikap bahwa untuk sukses tidaklah perlu dengan pendidikan tinggi.. saya pun bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang penjualan sepeda motor.. emang siech dengan kapasitas pendidikan yang saya miliki, saya tidak mendapatkan posisi yang bagus, bisa di bilang posisinya sangatlah di bawah sekali dan gajinya pun tidaklah lebih dari 1 jt, melainkan gaji saya pun masih di bawah O’B di perusahaan saya bekerja.. namun saya tetap optimis.. dengan perjuangan yang sangatlah berat, pergi dari rumah jam 8 pagi untuk bekerja dan pulang jam 9 malam.. rutinitas ini saya lakukan setiap hari, bahkan di saat hari libur dimana semua orang sedang bersantai dengan keluarga tetapi saya tetap bekerja karena tuntutan dari perusahaan.. namun syukur puji Tuhan saya telah melalui semua cobaan ini dengan baik dan semua rutinitas yang pernah saya lakukan hanya berlangsung selama 1 thn saja. dan sekarang saya telah menempati posisi yang lumayan buat saya yang hanya lulusan SMA dan baru genap berumur berumur 21 thn nanti pada bulan oktober tahun ini. di mana posisi saya saat ini hanya bisa diduduki oleh seoarang yang mempunyai pendidikan minimal S1 dan minimal memiliki umur tidak kurang dari 26 thn.. saya sangat bersyukur sekali terhadap Tuhan atas berkah yang di berikannya kapada saya.. dengan pendapatan saya saat ini, saya bisa membiayai hidup saya dan juga membiayai kuliah saya di salah satu universitas ternama di Surabaya saat ini.. semua ini saya dapatkan hanya karena saya yakin Tuhan akan memberikan jalan terbaik terhadap umatnya yang ingin bekerja extra keras.. Dan didalam hidup saya.. Saya memiliki prinsip bahwa Takdir Tuhanlah yang menentukan Tetapi Nasib Saya, Hanya Sayalah Yang Dapat Menentukannya..
    Hidup ini adalah PERJUANGAN…
    Salam Sejahtera.

    thico

    September 11, 2009 at 6:10 am

    • setuju…gak da yang mustahil…umurku 20 tahun mahaeiewa semester akhir s1 sistem informasi…tapi impian daya…tinggi………..jadimanajer…

      ambarawati diana natalia

      April 14, 2011 at 3:12 am

  28. untuk saudara thico benar benar memberi inspirasi

    rahman

    Maret 6, 2010 at 1:42 am

  29. untuk saudar thico, khayalan Anda sungguh membuai…preet, duuuut, makan kentut gua nih

    gila

    Desember 5, 2010 at 12:35 pm

  30. APA PERTANYAAN YG SERING MUNCUL KETIKA KITA MELAMAR SBG SEORANG MANAJER HOTEL?

    YONAS

    Desember 24, 2011 at 10:00 pm

  31. jujur memang menjadi manajer agak susah saya saja yang lulusan S2 dalam negeri pun umur 28 masih saja menjadi staff dengan gaji hanya 6 juta, yang terpenting bukan untuk menjadi manajer melainkan bagaimana menjadi staff tapi dengan gaji manajer, Di perusahaan tempat saya bekerja ada staff tapi dengan gaji 22 juta (maklum lulusan S2 luar negeri). Saya jadi menyesal kuliah S2 dalam negeri. Yang terpenting sering lompat-lompat brother alias pindah-pindah perusahaan biar gaji cepat terangkat.

    John

    Maret 31, 2012 at 2:00 pm

  32. pendidikan indonesia hanya berusaha mencetak orang untuk menjadi pekerja bkn pengusaha…
    contoh dalam pelajaran Bahasa ketika SD: “Ayah Budi membeli sepeda” harusnya “Ayah Budi Membuat Sepeda”… Woowwww!!!

    Fachmi G Bastian

    Juni 8, 2012 at 6:09 am

  33. salam kenal rekan2 semua….
    saya adalah karyawan swasta di bidang food & beverages…..
    benar kata beberaapa rekan diatas..umur tidak menjadi patokan dalam menempati suatu jabatan….
    saya lulusan SMA,menjadi seorang Bar waiter slama 3 bulan,slama 3 bulan itu saya ditantang bos saya untuk mempelajari basic Bartender yang harusnya dipelajari slama bertaahun2.tp dg kemauan,niat,semangat yang keras setelah 3 bulan saya diangkat mnjadi Bar man&menjadi bartender.saya berjuang siang malam melupakan ksenangan2 saya.stelah itu saya mendapat tawaran di beberapa restaurant.namun saya tertarik pada seseorang menawari saya pekerjaan sbagai bartender namun restaurant baru&masih dalam pembangunan karna saya berpikir kalau restaurant baru ini maju tentu orang2 yang membangun restaurant ini akan mendapat pengalaman yang bisa diperhitungkan.
    singkat cerita, saya 3 bulan di restaurant baru tersbut saya langsung dipercaya untuk membantu mengelola restaurant western-asian food tsb dari marketing samapai me-manage keuangan.ya,klau dibilang sie assist. manager………….karna bos q turun tangan sndri/termasuk managernya.tapi rencananya akan ada orang asing yang akan menanam saham di restaurant ini & kemungkinan 50-50/lebih….bos saya berencana mengajukan saya sebagai managernya……

    singkat cerita kesuksesan didapat bukan dari umur,materi orang tuanya bahkan pendidikannya……tapi dari kemauan,loyalitas,jiwa pemimpin,doa dari orang2 terdekat,kemampuan,ketanggapan,keuletan,ketegasan terhadap prinsip2 dalam dirinya& yang jelas adalah mensyukuri apa yang didapat serta merasa kurang untuk menimba……………thanks semua

    Panji

    September 18, 2012 at 11:55 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 492 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: