Anjar Priandoyo

Anti virus apa yang paling baik saat ini?

with 44 comments

“..Akhirnya kena virus juga komputer ini…”

Iya serius, komputer saya ini sangat jarang terkena virus. Bahkan seingat saya pengalaman yang saya ingat hanyalah virus brontok itupun ditahun-tahun kuliah. Sebenarnya serangan virus ini sangat wajar karena perilaku saya bergonta-ganti USB diclient dan malas mengupdate antivirus, karena terkadang automatic update tidak bekerja bila sedang diclient. Sehingga komputer menjadi sangat rentan terkena serangan virus.

Ok, tapi pasalnya dalam seminggu terakhir ini, komputer dinda di kantor terkena virus Almanahe, komputer saya terkena virus W32 Azero dan komputer klien terkena W32 Amburadul. Wah ada apa ini? kenapa serangan virus tiba-tiba jadi menggila. Dan parahnya effort untuk memperbaikinya tidaklah sedikit.

Mungkin ada yang punya saran dan pengalaman tentang bagaimana melindungi diri dari virus komputer?

Oh iya, dikomputer ini yang saya pakai:
- Symantec Antivirus
- CyberArmor Personal Firewall
- Firefox 2.0+Adblock plus+Web of Trust+No script

Untuk backup saya simpan beberapa antivirus lokal seperti: ANSAV, PCMAV dan ANTV. Oh ya tentang antivirus lokal ini saya sangat terkesan dengan ANSAV yang dalam salah satu readme-nya menyampaikan.
“…Saya adalah salah seorang Mahasiswa semester 2 di STMIK Amikom Yogyakarta, dan merupakan mahasiswa dengan predikat terburuk di hampir semua mata pelajaran. Bahasa assembly saya pelajari secara autodidak…”
Wah, salut.

Written by priandoyo

Agustus 2, 2008 at 12:11 pm

Ditulis dalam Teknologi

44 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Diupdate nggak tuh ?
    Terus AVnya beli atau bajakan ?
    Malu maluin kalau auditor terkenal macam Mas Anjar pakai sofware bajakan di laptop …
    Auditor IT biasanya check software bajakan , tetapi di laptopnya ndiri banyak sofwarre bajakan …
    Hihihi Munafik nggak tuh

    anjar: tadi kan sudah saya tulis, updatenya kadang suka terlambat. AV-nya udah paket dari kantor mas :)

    limakaki

    Agustus 2, 2008 at 2:22 pm

  2. daus

    Agustus 3, 2008 at 3:04 am

  3. Based in my opinions ……

    Selama hati hati pakai flash disk , dan endak suka gonta ganti USB disk , jarang kena virus tuh ………….

    limakaki

    Agustus 3, 2008 at 3:34 am

  4. kalo komputernya offline (gak konek internet) pake autorun virus remover aja. tiap masukin flashdisk, segala jenis virus pasti langsung dibantai. http://www.autorunremover.com/

    kalo pake internet, gue pake nod32 versi 2.7 + avira premium. walaupun realtime protectionnya sama2 aktif, tapi gak bentrok. so far gak ada virus yg bisa nembus.

    kampret

    Agustus 3, 2008 at 6:31 am

  5. lupa…

    hari gini masih pake symantec ??? dikantor gue pake ini virus2 banyak yg lolos pdhl update terus :D

    anjar: gitu ya :D parah juga symantec ternyata

    kampret

    Agustus 3, 2008 at 6:34 am

  6. Untuk virus lokal pake AVG aja (free.avg.com), gratis software dan updatenya. Apalagi Av ini juga care ama virus lokal indo.
    Tips supaya tak terkena virus lokal:
    Biasanya virus-virus lokal menyamar bentuk ikon menjadi ikon folder,JPG,word,excel, dll, tetapi jika kita perhatikan extensi filenya ternyata adalah sebuah aplikasi (*.exe). Asalkan kita ga mengakses file ini, PC kita tak kan tertular.
    Gw pake AVG versi 7.5
    AVG v8, Mc Afee, Norton, semuanya terlalu membebani memory dan processor.

    D3D7

    Agustus 3, 2008 at 8:14 am

  7. Kalo saya, make USB Flash Disk yg ada write-protect nya secara hardware (seperti floppy disk). Jadi hanya dibuka saat diperlukan aja. Dijamin lebih aman, tapi skr kok agak susah ya nyari flash disk yg ada hardware write-protect ini…

    acooljerk

    Agustus 3, 2008 at 10:20 am

  8. Menurutku, buat yg versi gratisan, anti virus punya AVG (www.grisoft.com) paling bagus. Terbukti efektif, selama surfing-nya ke tempat2 yg “normal-normal” saja. Kalo mo lbh aman, combine dg Spybot (another freebie) buat anti spyware-nya.

    Dibilang bagus sebab:
    (1) Gratis,
    (2) Tdk terlalu mengganggu kinerja PC,
    (3) Stabil.

    Disiplin utk update database anti virus tetap a must.

    sydney999

    Agustus 3, 2008 at 12:44 pm

  9. Buat yg surfing-nya kebanyakan di Indo, ada baiknya pakai anti virus lokal. Maklum, serangan local virus/worm-nya rada seram juga.

    Santori Malinton

    Agustus 3, 2008 at 12:46 pm

  10. Pakai Mc Affe , di Kantor pakai Mc Affe sangat bagus …..

    SAya sering submit virus lokal ke Data Center Mc Affe

    Selama ini hasillnya Mak nyusss

    Romizone

    Agustus 3, 2008 at 1:57 pm

  11. situ sih pake windows. pake linux donk, ngga ada virus nya tuh yang kena saya seumur-umur

    bagus

    Agustus 4, 2008 at 3:11 am

  12. Untuk Flash Disk yang bisa protect by hardware udah banyak dan murah tuh di mangga dua.

    Syamsul

    Agustus 4, 2008 at 5:11 am

  13. pake AVG antiVirus Free aja sangat bagus, mudah insalasi, upgrade dan PC tetap stabil.

    Syamsul

    Agustus 4, 2008 at 5:14 am

  14. paling bagus buat windows menurut saya kapersky internet security deh

    bagus

    Agustus 4, 2008 at 7:46 am

  15. Kalau saya masih tetap mengandalkan Anti Virus Mc Afee Security Center.
    Memang seh agak membebani komputer, tapi perlindungannya juga lebi bagus.

    Agar pc bisa tetap bekerja baik dengan baik dengan AV ini, tambah aja memory RAM nya.

    pelbis

    Agustus 4, 2008 at 12:41 pm

  16. Antivir, Kaspersky, atau Nod32

    joko

    Agustus 4, 2008 at 4:48 pm

  17. Urusan antivirus, saya lebih suka gratis. Itung-itung ngurangin “dosa” pembajakan.. haahhaaha…
    Kriteria no.1 saya: antivirus tidak boleh membebankan kinerja PC terlalu berlebihan.

    Saya pernah menggunakan symantec corporate edition. Keunggulannya: ringan. Sayangnya, susah nangkep virus lokal.

    Sebelum symantec saya menggunakan AVG yg Free Edition tentunya. Urusan tidak membebani kinerja dia paling bagus.
    Tapi virus lokal lagi-lagi terlambat diakui sebagai virus.

    Kedua antivirus diatas juga memiliki kelemahan yang cukup fatal menurut saya. Jika ada virus di dalam 1 email (saya menggunakan Mozilla Thunderbird), maka antivirus tersebut akan mengkarantina file inbox saya. Semua email “hilang”.

    Sampai akhirnya saya membaca banyak review antivirus yang gratis menempatkan Avast (Home Edition) sebagai antivirus gratis terbaik. Kemampuan2 yg saya inginkan diatas terdapat semua didalam Avast. Yg saya suka utk email, jika ada email masuk mengandung virus dia akan memberi peringatan dan pilihan utk kita ingin menghapus atau mengkarantina, jika kedua pilihan itu gagal dilakukan karena satu hal, maka kita bisa pilih: No Action, lalau Avast akan menempatkan kata: Infected, di dalam Subject email yg kita terima.

    rezayazdi

    Agustus 4, 2008 at 11:14 pm

  18. Saya sudah setaun terakhir ini ga pake antivirus apapun baik di laptop (vista business ori) dan PC rumah (xp sp2 pirated ;) ) tp ga pernah kena virus. Kuncinya cuman di disable autorun aja, dan ati2 jgn sampai double klik file mencurigakan yg berekstensi *.exe apalagi yg iconnya folder.

    aftershot

    Agustus 5, 2008 at 6:13 am

  19. @aftershot
    Settingan disable autorun itu ada di sebelah mana ya?

    haikal

    Agustus 5, 2008 at 7:57 am

  20. Cara aman supaya komputer nggak terinfeksi virus, jaga jangan sampai berhubungan angsung dengan internet dan perangkat lainnya ( seperti: USB, dll ). Alias dipakai cuma buat sendiri saja…

    Dijamin nggak bakalan terinfeksi virus, dech!

    He he he :mrgreen:

    devry

    Agustus 5, 2008 at 11:47 am

  21. Hai….

    Saya pernah melakukan survey mengenai antivirus gratisan. Silahkan baca di SetyaPutra.org mungkin bisa membantu antivirus gratisan yang mana yang cocok buat anda.

    Iwan Setya Putra

    Agustus 5, 2008 at 11:55 pm

  22. Saya pernah dapet virus yang bercokol di setiap folder. Intinya kalau sebuah folder di double-click, virusnya aktif. Di klik-kanan explore, virusnya juga aktif. Udah nanya2 berbagai forum, ditanggapin dengan sinis. Dan akhirnya berhasil menemukan metode pembasmian virus mutakhir dengan ANSAV + ProceXP.

    Nama virusnya Funny UST Scandal. Virus ini cukup terkenal di India. Gara-gara saya membuat blog tentang cara pembasmiannya, eh, banyak org India mampir :D

    Didik Wicaksono

    Agustus 6, 2008 at 11:30 am

  23. W32.Azero masih tergolong low risk virus.. pasti mudah utk dihilangkan.. Menanggapi antivirus apa yang baik.. kayaknya gwa punya analogi begini..

    Ayam sama Telur Ayam duluan mana..?

    Sama aja dengan..

    Virus sama Anti Virus duluan mana..?

    Dwi of Today

    Agustus 7, 2008 at 3:32 am

  24. Pakai avast saja…. pasti beres, avast lebih ampuh dari pada antivirus lain tampilan juga ok, mail web lan standar jalan semua. coba deh avast.

    http://www.avast.com free juga ada kok.

    indra

    Agustus 7, 2008 at 10:40 am

  25. @ Dwi of Today
    AntiVirus diciptakan setelah ada virus muncul
    AntiVirus selalu diupdate setelah ada virus baru muncul
    So, kita butuh antivirus yang cerdas dan bisa belajar sendiri (punya Artificial Intelligent), tapi belum ada. Untuk sementara heuristic scanning saja .
    Jadi ga sama dengan analogi ayam-telur
    heheheh…peace :)

    D3D7

    Agustus 7, 2008 at 12:27 pm

  26. assalammualaikum
    saya orang awam deh soal komputer, jadi gak gitu ngerti soal antivirus mana yang paling bagus. Cuma ngasih masukan berdasar pengalaman aja..udah setaun ini saya pake bit defender yang asli, alhamdulillah gak pernah kena virus, malah laptop saya dijadiin pembasmi virus ma temen2 kuliah.
    agak berat buat pc memang, tp gak ngaruh ke kinerjanya kok, automatic hourly updated, biar lebih terjaga ubah setting antivirus ‘n privacy controlnya nya jadi level agressive..
    moga bermanfaat ya Pak..
    Asalammualaikum…

    Hanun al Qisthi

    Agustus 8, 2008 at 9:18 am

  27. Pake aja Kaspersky Antivirus v7, dijamin ampuh basmi virus apapun, virus manca or virus local ditendang abiss tuh virus, ingat yg penting Kasperskynya selalu diupdate ya!!

    Hans

    Agustus 8, 2008 at 10:33 pm

  28. setuju dg Mas/mbak Hanun al Qisthi,

    saya secara ga sengaja kenal dg seseorang yang ahli komputer dan dia menyarankan pakai bit defender yang asli, cuma 120ribuan, tapi mantaaaaap sekali, sampai sekarang komputer saya aman meski adik2 sering pasang copot flashdisk, memory cards dan surfing internet nyaris 24 jam sehari.

    dhonut

    Agustus 9, 2008 at 5:56 am

  29. sekarang memang banyak yg jualan antivirus original di indonesia dgn harga murah. selain bit defender ada kaspersky & NOD32. symantec juga, tapi lupain aja deh.
    untuk deteksi virus baru menurutku kaspersky yg paling bagus dgn proactive defensenya. cuma ribet & kurang cocok buat pemula karena bikin bingung dgn warning2 yg muncul.
    AVG sering false alarm
    mcafee susah balikin file kena virus yg di quarantine
    NOD32 ver 3 beraaat mending yg versi 2.7

    antivirus yg paling ringan ? jangan cuma pake perasaan. baca review :

    http://www.raymond.cc/blog/archives/2008/07/11/which-free-antivirus-is-the-lightest-on-system-memory-usage/

    kampret

    Agustus 10, 2008 at 2:45 am

  30. apa gak kebanyakan??? ntar komputernya jadi suka ngehang gak???

    susilo

    September 4, 2008 at 12:14 pm

  31. Untuk yang Free menurut saya paling bagus ANTIVIR mas

    Bs download di http://www.filehippo.com (lebih praktis dan ada banyak tools free software lainnya)

    Dikantor tadinya pake AVG, tapi banyak virus yang lolos pedahal update terus tiap hari.

    Untuk yang lebih mantab, pake McAfee. Dikantor saya sekarang pake McAfee Total Protection, asli ga ada lagi virus2 bandel hehehee…

    Tapi kalo Mas Anjar mau lebih aman lagi, pake software Deep Freeze untuk mengunci drive C:\ jadinya kalo kena virus tgl restart nantinya kondisi komputer balik ke semula, repotnya kalo mau install/tambah aplikasi/ubah file musti buka dl deep freeze dan direstart.

    Yang lebih simple yaitu Norton GoBack. Mirip kaya time machine di komputer, bs dibalikin sampe 2mgg yang lalu.Semua data/virus lenyap bersama waktu hehehehe…tapi makan kapasitas harddisk lumayan (kira2 10% HDD) tapi enaknya aman, komputer dirumah saya sudah 3thn ga pernah terkena hang/install ulang windows..tgl di GoBack saja

    Dan kelebihan program seperti Deep Freeze dan Norton GoBack ialah, ga ngeberatin kinerja PC (tidak seperti antivirus) dan bebas scan2…

    hardcore

    September 25, 2008 at 7:28 am

  32. setialah kepada pasangan anda…(Flash Disk maksudnya)
    kalo gonta ganti flash disk… bisa terkena virus HIV…

    Ih… kayak orang aja yach…

    Faisal

    Oktober 13, 2008 at 4:13 pm

    • yang bawa virus HIV itu flashdisk yang seperti apa ya….

      jabon

      Agustus 21, 2010 at 5:52 am

  33. tolong minta sarannya donk…
    apa virus2 lokal bisa menyebabkan MP3, AVI,MPG, 3GP rusak…. mohon kasih saran…. dan juga apa bisa menyerang struktur data base dari program saya, saya disini menggunakan MySQL, dan program saya mengunakan Visual Basic 6
    mohon bantu ya….untuk master 2 IT…

    feisal febrian

    Oktober 23, 2008 at 6:01 am

  34. ganti sistem operasi ke MacOSX atau Linux. dijamin maknyus. cuman kolega yg pake Windows tetep bisa tertular … wekekekekkk …

    jim

    Januari 27, 2009 at 6:47 pm

  35. 1. Pindahkan (Selamatkan) Data Anda
    2. Clean INstall PC Anda
    3. INstall Kapersky / Panda Antivirus versi terbaru
    4. Pasang Deepfreeze
    5. Scan semua lalulintas media dari/ke PC Anda

    Soffan

    Januari 29, 2009 at 5:56 am

  36. Wah ada macem2 yah avtivirus yang bagus2.
    sebenerna ak cuma butuh buat keamanan klo sering ganti2 flashdisk ama internet.
    ak jadi bingung pke apa?
    ada gak yang bisa jawab ni?
    somebody help me……!!!!!!

    Radit pingin pintar

    Februari 20, 2009 at 9:28 am

  37. Kalo Saya ma Tadinya make kaspersky internet security 2009 yang selalu saya update Tapi Tetep Aja jebol , Dan saya sekarang pake NOD 32 dan alhamdulilah Belom jebol He…he… He…!

    Reno Widjiyanto

    Juli 6, 2009 at 10:43 am

  38. aku pake NOD 32 lisensinya udah ga ada dulu di NOD321.COM Lah sekarang kalo mau cari lisensi dimana yah..pusing nih tolong di bantuin donk bro

    atmaja

    September 22, 2009 at 3:58 pm

  39. klo gw pake mcafee enterprise edition 8.5

    tidak terlalu makan banyak tempat.
    mudah untuk mendapatkan update’ya..

    tapi sekarang ini da virus terbaru dari cina.
    tapi belum terlalu menyebar kmn2…

    ozan

    Desember 2, 2009 at 6:57 pm

  40. In my opinion you commit an error. Write to me in PM, we will discuss.

  41. Mas mau tanya bolehkan, maklum gaptek tapi mau belajar dan mau bertanya…saya punya Leptop Accer Aspire 4720, beli dari baru bulan Agustus 2008 sama Toko nya di Instal terus katanya kalo mau di tambah memory tambah bagus, saya setuju di tambahlah 2GB dengan menambah uang, saat ini baru sering di pake untuk anak yg masuk STM, terus di instal program Auto Cad buat keperluan belajar dan sering Internetan. Pertanyaan saya di dlm nya ada Antivirus AVG 9.0, Norton Security, dan Mc Afee, anak saya tidak terlalu tahu tentang Anti virus, apakah Antivirus Antivirus itu BEKERJA SECARA OTOMATIS membasmi virus yg masuk secara bergantian, atau harus di kasih perintah membasmi virus baru bekerja Anti Virusnya, MOHON BANTUANYA Jawaban ke alamat email saja biar saya mudah mencari jawabanya tersebut. Terimakasih semoga dengan berbagi ilmu anda semakin ditambah ilmunya sama Yang Maha Mengetahui. Wasalam

    Colot Bin Katob

    Agustus 16, 2010 at 10:54 am


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 483 pengikut lainnya.

