Anjar Priandoyo

Bagaimana cara menjadi suami yang baik

with 30 comments

Azkia besok genap 5 bulan usianya. Semalam dan beberapa malam terakhir Azkia sudah bisa tengkurep sendiri. Senang rasanya, mulanya cukup resah juga karena buku-buku panduan menyatakan bahwa seharusnya bayi usia 4 bulan sudah bisa tengkurep sendiri tanpa dibantu.

Melihat proses perkembangan Azkia memberi saya pelajaran tersendiri bahwa apapun memerlukan sebuah proses yang tidak bisa dibuat instan. Termasuk proses belajar untuk menjadi suami yang baik. Menurut saya, proses kedewasaan saya sebagai seorang suami baru sebatas usia seorang bayi 5 bulan. Maksudnya ada banyak hal yang harus dan sedang saya pelajari perlahan demi perlahan seiring berjalannya waktu.

Mulanya juga saya pikir, dengan saya sudah melakukan proses A, B dan C maka saya sudah memenuhi semua prasyarat menjadi suami yang baik. Tapi, ternyata untuk menjadi seorang suami yang baik membutuhkan langkah dan tahapan yang lebih panjang.

Mungkin ada yang sudah berhasil menjadi suami yang ideal?
Dinda, Azkia, Love you ya.

Written by priandoyo

Agustus 22, 2008 at 1:42 pm

Ditulis dalam Keluarga

30 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Belum jadi suami euy. I think I’ll pass :)

    ikram

    Agustus 22, 2008 at 2:43 pm

  2. contohlah sahabat r. hum

    mereka jadi suami juga suami yang baik :)

    Darojatun

    Agustus 22, 2008 at 4:49 pm

  3. cara menjadi suami yang baik…perhatian ma istri n anak, rasa cinta waktu pacaran harus bertambah setelah menikah, melakukan tanggung jawab sebagai suami n bapak, memberikan apa yang menjadi hak dan kewajiban istri, lebih mendahulukan kepentingan dan kesenangan istri n anak daripada kesenangan pribadi..tapi kan macam2 suami berbeda, ada yang setelah menikah dia bisa menjadi suami yang terbaik n ada jg yang menjadi suami yg nyebelin..

    cutemom cantik

    Agustus 25, 2008 at 3:23 am

  4. ada nggak ya buku “Ideal Humband for Dummies”?

    JalanSutera.comâ„¢

    Agustus 25, 2008 at 5:22 am

  5. salam kenal mas…
    Mau jadi suami yang baik ngga susah mas.. yang penting mencintainya karena kita cinta kepada Allah SWT (ATTaubah : 24)

    MUHAMMAD

    Agustus 25, 2008 at 6:21 am

  6. Salam kenal mas Anjar.
    Menjadi suami yang baik??? Segala macam tindakan kita untuk keluarga harus didasari cinta dan diniatkan untuk Ibadah mas.
    Saya-pun juga sedang berusaha, apalagi sekarang sedang ditinggal istri 3 minggu menjadi consultant di mentawai. anak saya baru 10 bulan, sehingga terasa sekali peran istri untuk selalu disisi kita.
    Komunikasi yang terbuka antara suami istri juga ambil peranan membentuk suami / istri yang baik. Komunikasikan segala hal, terutama dalam hal kegiatan dan keuangan :-)

    Paras Sujiwo

    Agustus 25, 2008 at 6:50 am

  7. Jadi ayah yang baik belum tentu jadi suami yang baik lho
    Begitu juga sebaliknya..
    Yang Ideal adalah jadi ayah dan jadi suami yang baik..

    icho

    Agustus 25, 2008 at 8:59 am

  8. ini mungkin akan jadi pertanyaan yg harus dijawab setiap hari sepanjang usia pernikahan. tapi untung sy belum, jadi ngak begitu mengerti. kadang kita mengingkan hal yg sederhana kaau cinta bisa menyelesaikan segalanya. tanpa embel masa depan, kestabilan finansial, ataupun gengsi.

    uwiuw

    Agustus 25, 2008 at 6:41 pm

  9. bukankah suami yg baik lom tentu otomatis jd ayah yg baik? se7 itu memang tdk “instant”… jadi, yux kita terus belajar hehehe…

    isure

    Agustus 27, 2008 at 7:23 am

  10. Sebentar lagi saya minta tips2 nya ya Mas Anjar…. ;>

    Yasha

    Agustus 31, 2008 at 5:59 pm

  11. ngak perlu dipelajari.. lewat pengalaman aja mas :D

    aRuL

    September 2, 2008 at 5:04 pm

  12. Mas Anjar,
    Tiap anak itu punya pola perkembangan sendiri-sendiri, dan tidak harus sama persis dengan yang tertulis di panduan. Jadi tidak perlu terlalu khawatir kalau perkembangan anak tidak sama dengan “manual”. Salah satu buku yg bagus ttg parenting adalah tulisan-tulisan Dr.Sears. Situsnya http://www.askdrsears.com/

    Anto Satriyo Nugroho

    September 3, 2008 at 1:19 am

  13. jadilam istri bukan pembantu oke singkat dan padat …mikir sendiri

    delli

    Maret 6, 2009 at 9:53 am

  14. caranya..saling menghargai..titik

    boy

    Agustus 26, 2009 at 7:46 am

  15. Suami yang baik mengerti sekali kebutuhan istri

    dona novita

    November 17, 2009 at 3:51 pm

  16. teu nyahoo

    arya ardian

    November 29, 2009 at 10:20 pm

  17. aku tu slalu curiga dan apa yang aku curigai benar.apa aku salah jika minta pertanggung jawaban n konfirmasi.sedangkang yang bersangkutan slalu emosional!aku harus bagaimana

    agus budi

    Desember 13, 2009 at 11:16 am

  18. Finansial pas2an…sedangkan sdkt bnyak kebahagian keluarga brasal dr sana…tlg d bntu solusinya mas…

    Reo

    Januari 19, 2010 at 6:56 pm

  19. waaahhh,,, saya pengen banyak belajar menjadi suami buat istri saya tercinta kelak nih, :) doakan ya

    aji saputra

    Maret 10, 2010 at 7:26 am

  20. Salam kenal aja mas, mas saya mau bertnaya..kenapa ya saya selalu curiga dengan suami saya.Karena teman-teman suami saya kebanyakan wanita semua tapi suami saya genit bangat..klw Menurut pendapat mas saya harus bagaimana menghadapi sikap swami sy?karena swami saya, sikap’y keras kepala dan egois.

    nana

    Maret 23, 2010 at 4:28 am

  21. saya binggung ma istri saya.

    agus

    September 19, 2010 at 3:14 pm

  22. knp istri saya selalu negatif thinking sama saya.padahal smua yg saya lakuin semata- mata buat keluarga kecil saya.mohon tanggapanx….

    agus

    September 19, 2010 at 3:17 pm

  23. Suamiku org yg baik kata tmn2 ku..tp aku ga akn menuntut sgala kebaikn itu..bagiku mulailah jadi istri yg baik..di jamin suamipun akan berbuat lebih baik dari yg kt bayangkan..try this at home.. ;)

    Ratna sari

    Mei 25, 2011 at 7:20 am

  24. hi all…

    i love it’s info cool

    Franky Wijaya

    Juli 9, 2011 at 12:08 pm

  25. asslamualaikum wr wb apa yang perlu di siapkan dari masa remaja agar nantinya bisa membimbing dan mengarahkan anak dan istri secara baik dan mrk menerima dan sanggup mentaati dan mengikuti apa yang mjd keinginan bersama
    tolong beri masukan untuk saya agar apa yang dinginkan bisa terlaksana

    boy siahaan

    Oktober 20, 2011 at 12:59 am

  26. salam kena mas. apakah mjd suami yg baik itu harus mementingkan kepentingan istri dan anak?
    tp jika kepentingan istri dan anak itu mnjd boros contohnya menghambur”kan uang yg g’ jelas-beli barang yg tdkberguna.
    saya sebagai susmi yg baik apa itu harus melarangnya.

    Rohman

    April 30, 2012 at 10:59 am

  27. Halo nm sya dwik a,sya baru di sini.langsung aja ya,saya uda lama menika tapi kami gak perna akor ya lain pendapat,bantu ya jalan keluarnya,masi banyk loh mau sya ceritain……

    Dewik A.

    November 19, 2012 at 2:49 am


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 488 pengikut lainnya.

