Anjar Priandoyo

Kereta Api, Lebaran 2008 dan Transportasi kita

with 88 comments

Senin, 25 Agustus 2008, 07:30 saya sudah standby di pemesanan tiket stasiun Gambir. Tujuan saya hari itu datang untuk survey lokasi, pengecekan jadwal pemesanan dan persiapan lain-lain menjelang H-30 pemesanan tiket kereta api. Diperoleh informasi bahwa hitungan H-30 itu artinya hari Senin 25 Agustus untuk pemesanan tiket tanggal 24 Sept 2008. Tiket pemesanan dibuka pukul 07.00. Rasa-rasanya situasi aman terkendali pagi itu.

Rabu, 27 Agustus 2008, 03:00 dinihari, sesuai jadwal artinya hari ini kami bisa membeli tiket Kereta Api untuk Jumat 26 September 2008 yang merupakan puncak arus balik Lebaran 2008. Perjalanan Bintaro-Gambir berlangsung lancar, ada satu kali razia dari Polsek Kebayoran baru sekitar pukul 03.40. Dan selanjutnya sekitar 04.00 kami sudah sampai di Stasiun Gambir.

Rupanya kami termasuk ‘terlambat’ datang ke lokasi. Di depan tiket pemesanan sudah terdapat puluhan pengantri tiket yang mungkin sudah datang sejak hari selasa malam kemarin. PT KAI membuka 6 loket pemesanan pagi itu. Petugas security tampak sigap mengatur pengantri tiket. Dari pengamatan dilapangan, umumnya pengantri adalah anak-anak muda 20-30 tahunan, kelas pekerja yang datang beramai-ramai satu kantor atau kampus. Tampak juga beberapa ‘yang terlihat seperti calo’ ikut mengantri tiket.

Sekitar pukul 04.30-an, petugas PT KAI membuka tambahan 1 loket pemesanan lagi. Kesempatan ini kami manfaatkan dengan baik (dengan ikut rebutan berlari) sehingga posisi kami dari loket antrian sekitar 20-an orang saja. Lumayan. Lembar pemesanan sudah saya tulis dengan mantap: 2 Tiket KA Gajayana tujuan Malang. Selepas sholat subuh tampak ratusan pengantri semakin memadati ruang pemesanan tiket.

Jam 07.00, petugas PT KAI membuka loket pemesanan. Selang dua-tiga menit kemudian public speaker berbunyi “Kami beritahukan, tiket Gajayana Habis” kemudian selang beberapa menit kemudian “Taksaka habis…” Baru 3-4 orang yang beranjak memesan tiket tidak berapa lama kemudian ada pengumuman tiket habis. Sia-sia sudah perjuangan mendapatkan tiket pagi itu.

Pertanyaannya? seriuskah PT KAI memberikan pelayanan Angkutan Lebaran 2008? sebenarnya berapa persenkah jatah tiket yang dialokasi kepada penumpang? berapa persen untuk calo, berapa persen untuk pejabat terkait? hufff.. sebentar lagi puasa. Memang waktu yang tepat untuk belajar bersabar.

Tips dari saya:
1. Pastikan anda 5 besar dalam antrian di loket pemesanan tiket. Caranya? bisa datang jam 22.00 hari sebelumnya (loket dibuka jam 07.00). Terutama untuk jalur ‘premium’ Jogja, Malang. Untuk Semarang dan Surabaya cukup banyak kereta yang melayani.

2. Berangkatlah beramai-ramai, dan pastikan jangan terlambat. Ada beberapa rombongan yang datang beramai-ramai sekitar pukul 04.30 tapi sayang, sudah terlambat. Datang beramai-ramai bisa membantu anda menghilangkan penat atau mengamankan lokasi yang bisa jadi direbut orang.

3. Pada akhirnya harga tiket akan terbentuk lewat mekanisme pasar. Harga tiket Jakarta-Surabaya Sembrani adalah 370.000,- Tiket tanggal 26 ini nantinya masih mudah ditemukan di agen-agen travel. Harganya akan naik berkisar 500-700ribu, atau dengan aturan paling mudah, akan sedikit dibawah harga tiket pesawat.

4. Siap mental, ini mungkin tips yang paling penting. Lebaran 2007 lalu kami sekeluarga memutuskan untuk pulang dengan mengendari mobil sendiri. Beramai-ramai dalam rombongan keluarga dan tetangga di Cirebon. Tahu berapa lama perjalanan Jakarta-Cirebon? berapa? salah. Tahun kemarin kami menempuh jarak 300km Jakarta-Cirebon dalam waktu 22 Jam.

Selamat Mudik.

About these ads

Written by priandoyo

Agustus 27, 2008 at 5:14 am

Ditulis dalam Kehidupan

88 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Kata kuncinya adalah, online. Lebih baik mengantri di stasiun kecil daripada harus berjubel di Gambir. Biasanya pengantri di Tanah Abang lebih sedikit, jadi kesempatan untuk menjadi 5-pengantri-pertama lebih besar.

    Selamat mudik.

    Indra

    Agustus 27, 2008 at 5:29 am

  2. temen saya seorang kaukasian bercerita. dulu ketika dia belum paham apa yang terjadi, dia kira orang mudik adalah pengungsi akibat perang separatis. hehehe….
    mungkin yang dilihat yang berebutan naik bis ekonomi kali ya…

    bagus

    Agustus 27, 2008 at 6:02 am

  3. Saya ndak tahu sistemnya KA persisnya kayak apa. Tapi sepenangkapan saya, setiap stasiun dikasih jatah sekian kursi per kereta. Jadi kalau di Gambir habis, di stasiun lain(Senen atau Manggarai) mungkin masih ada.

    Jadi kalau barengan tipsnya adalah, don’t put your eggs in one basket. Gerombolannya dilepas ke stasiun2 yang berbeda dengan dibekali uang yang cukup untuk beli tiket satu gerombolan. Dan utamakan stasiun kecil. Gambir? Hopeless. :D

    dnial

    Agustus 27, 2008 at 6:16 am

  4. yang dari dulu saya heran, kenapa tiket kereta gak dibuat kayak tiket pesawat yang bisa dipesan di trevel agent deket rumah jadi gak usah harus ke stasiun
    Untung saya mudik lawan arus, tinggal ke jogja mudik ke bogor, jadi tiket gak susah2 amat…

    Proof { }

    Agustus 27, 2008 at 6:31 am

  5. Barusan tadi pagi juga nyari tiket via telp 13897 dari ponsel. Pas jam 6, telpon, blum bisa pesen karena blum jam 7, bilang tiketnya masih ada. Pas jam 7, coba nelpon, susah banget masuk, bisa masuk pukul 7.25, tiket habis !
    hmmmfffff….. masak anakku harus ikut mudik pake mobil

    andrias ekoyuono

    Agustus 27, 2008 at 7:00 am

  6. Gimanapun cara sampe-nya nanti asal HALAL hehehe, smg mudiknya selamat, lancar, dan berkah…
    met puasa…
    met lebaran…

    isure

    Agustus 27, 2008 at 7:16 am

  7. naek motor aja massss ,… makin banyak temennya lhooh,…

    jacky

    Agustus 27, 2008 at 8:17 am

  8. Pengalamanku…
    Bangun 2 hari ini selalu jam 3.30 lokasi kos di Karbela-Kuningan dilanjutkan dengan mandi dini hari plus berburu taxi di setiabudi.
    Kemaren 26 Agustus 2008 Kecele ternyata belum bisa membeli tiket tgl 26 Sept (padahal dah hub call ceneter sebelumnya dan dijawab bisa) PAYAHHHH
    Tadi pagi 27 Agustus 2008 masih dengan semangat baja 3.30 dini hari bangun, mandi, en persiapan baju kantor (abis ngantri ngantor) cari TAXI berangkat bener kata mas Anjar dah kaya uler antriannya aku berada di loket 4 dengan perkiraan pengantri 20-an dan di tangan sengaja punya banyak form tujuan si Jatim ke arah timur jadi mau ke SBY atau MLG ga masalah apa yang ada aja deh. Prioritasku
    1. Gumarang 350rb
    2. Sembrani 370rb
    3. Bromo Anggrek 450rb
    4. Gajayana 420
    Entah karena serentak online di stasiun Jabodetabek en beberapa agen perjalanan, entah karena belum hoki, entah karena diembat calo, entah karena di keep si oknum KAI-nya biar dapet margin lebih gede atau ga tau deh dalam sekejap habissss tak bersisa.
    Meski akhirnya dapet Gumarang untuk kelas Bisnins 220rb harus bersukur lebih murah atau gmn yah…Entahlah
    KAI oh KAI

    anis

    Agustus 27, 2008 at 8:43 am

  9. mas anjar akhirnya tiket dapet apa??

    anis

    Agustus 27, 2008 at 8:48 am

  10. Bukannya kita bisa pesen online ya sekarang?
    Kalo gak salah di http://www.kereta-api.com dech
    Bener gak Mas Anjar?

    riyantoro

    Agustus 27, 2008 at 9:04 am

  11. aku dah pesimis dari awal gak bakal dapet…:(

    thea

    Agustus 27, 2008 at 10:05 am

  12. berbekal pengalaman yg hampir sama dengan mas anjar taon lalu…kli ini aku pake jurus beda
    aku beli dari solo (mudiknya ke solo)..alhamdulillah sdh dpt buat tgl 26 sept
    jurus yg ini emang agak merepotkan seh..karena
    1. musti minta ortu or sodara yg beliin dikampung
    2. tiketnya musti dikirim ke jkt
    tp gpp deh asal g ngantri yg pasti g dapetnya…:D

    taon depan…mungkin pake jurus yg laen ajah

    muns

    Agustus 27, 2008 at 12:17 pm

  13. Masukan ajah siapa tau bisa bermanfaat buat taun depan. Tgl 26agustus saya beli tiket buat tgl 25september rute JKT – JOGJA. Itu kan online…jadi saya minta tolong adik saya yg di Jogja..(saya kapok taun kmrn ngantri di gambir).
    Adik saya sekitar jam6.30 (masih kurang sih..katanya) dah sampe stasiun tugu, dapat antrian ke 13. Alhamdulillah dapat…

    Ciwi

    Agustus 27, 2008 at 3:40 pm

  14. Alhamdulillah…aku tidak mudik kemana-mana jadi tidak pusing mikir mudik

    ikankoi

    Agustus 27, 2008 at 4:49 pm

  15. Siap mental, ini mungkin tips yang paling penting.

    ironis tapi benar sekali..

    Dino

    Agustus 27, 2008 at 9:02 pm

  16. AFAIK, mudik ga termasuk deretan ibadah-ibadah utama yang paling dianjurkan oleh Rasulullah SAW di sekitar bulan Ramadhan, kecuali poin silaturrahim-nya. Itu pun ga harus di Idul Fitri.
    Bener sih, kalo yang berkumpul seluruh keluarga besar, dari beberapa kota yang tersebar di pulau jawa (atau Indonesia :P), itu termasuk penghematan biaya dibandingkan mengunjungi sanak sodara tsb satu-persatu ke kota nya masing-masing di luar Idul Fitri.
    Tapi klo Jakarta – Cirebon jadi 22 jam, total biaya mental+duit+waktu nya kaya’nya imbang-imbang ya mas anjar …
    Saya tahun lalu memilih mudik 1 bulan sebelum dan 1 bulan sesudah Ramadhan.. jadi pas Idul Fitri rindunya ga ngebet2 amat :P lebaran tetep di area DKI, silaturrahim dgn sodara2 yg di sini aja.. Ga tau jg kalo nanti udah berkeluarga, pertimbangannya mungkin bisa beda..

    Haikal

    Agustus 28, 2008 at 1:25 am

  17. Pesen Online??
    sama saja tuh…jam 1 dini hari sampe jam 6 masih bisa dihubungi tp ga boleh pesen tiket dulu tanyanya barengan ama yang tiket konvensional…
    begitu jam 7 tet malah ga bisa dihu sama sekali smapai jam 10 (padahal tiket konvensional belum 30 menit dah ludes)
    ….ada juga temen yang berhasil masuk ke online dah senneg dia eh ternyata kode booking gak dikirim2 juga….
    SAMA AJA BOONG KALEEEE>………

    anis

    Agustus 28, 2008 at 2:00 am

  18. untung mudiknya ngelawan arah…

    reksa

    Agustus 28, 2008 at 2:38 am

  19. Mau naek Gajayana, kayaknya tiketnya dah abis… mau naek pesawat muahal banget… gak mudik :D

    wewed

    Agustus 28, 2008 at 2:49 am

  20. barusan tadi ngantrii dari jam 3 pagi, abis gitu dapet antrean nmr 15 dr depan loket… itupun penuh perjuangan..asal ngedorong, asal injek kaki, asal sikut kiri kanan, bjubel ampuunnn, sodok sana sodok sini, bau kringet rokok balsem campur aduk jadi satu, blom si mas2 rese yg jail bgt >> colek sana colek sini. dari jam empat sampe jam 7 berdiri tanpa duduk tanpa jongkok, kaki udah kesemutan.. super gerah… ehhh giliran loket buka baru 5 orang didepanku abis, siaran yg bikin aku EMOSIIII : kereta gumarang habis, dilanjut argobromo habis…
    sia2 sudah semua perjuangan……

    sialllllllllllllllllllllllllllll…………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    dyah

    Agustus 28, 2008 at 3:05 am

  21. MUdiikkkk oh Mudikkk agenda tahunan yang musti wajib di jabanin kali ye……

    Tadi pagi sekitar jam 03.00 gw jalan ke gambir sama temen satu daerah tujuannya buat ngantri tiket. Kebetulan jam 02.30 teman yg lain udah sampai di Gambir buat ngantri juga. Bujuk buneng jam 03.00 aja udah buanyak banget yang ngantri. Akhirnya kita janjian siapa yg bisa dapet tiket belinya juga mesti borongan. Gw akhirnya meluncur ke Pasar Senen, eh ngga taunya di Pasar Senen lebih parah lagi ngantrinya. Gile bener………….r Udah tiket ngga dapet capek iye :D :D
    Dua temen lagi maseh ngantri di Stasiun Kota, trus gw meluncur ke stasiun kota, begitu sampe sono antrian udah puanjang banget sampai pintu masuk stasiun…..

    Setelah penantian beberapa jam akhirnya Loket di stasiun kota dibuka. Belum ada 5 Menit udah ada pengumuman Kereta Gajayana, Bima, Bangunkarta, Gumarang Ludes alias habiiiiiiiiiiissssss

    Gile bener……. Sia-sia sudah perjuangan gw

    Setaaaaaaaaaaan

    Aris

    Agustus 28, 2008 at 3:29 am

  22. Uaah… sama deh! Saya gak dapet tiket buat tanggal 26, jadinya beli yg tanggal 25. Boloooooooos!!!1 *sebel juga*

    Oh, ya berhubung ini pengalaman mudik pertama saya, nanya nih, kira2 antrian tiket buat arus balik (berangkat tanggal 4 atau 5 Oktober) bakal separah ini gak ya?

    crappuccino

    Agustus 28, 2008 at 3:43 am

  23. Mudik…mudik…hati-hati dijalan, selalu WASPADA!

    indra1082

    Agustus 28, 2008 at 4:03 am

  24. untung jalur saya jogja – surabaya pp. gak terlalu ribet :mrgreen:

    idiotz

    Agustus 28, 2008 at 4:15 am

  25. Salam kenal Mas Anjar,

    Saya sepakat dengan tips nomor 1, karena pernah melakukannya pada jaman kuliah dulu. Datang jam 10.00 malam untuk mengantri tiket Bandung-Yogya dengan membawa teman supaya ada teman ngobrol. Kalau perlu, menjelang pagi bisa minta digantikan teman kost yang lain hehe .. Hanya untuk menjadi 5 besar sepertinya harus ekstra berjuang, karena bisa jadi jam 10.00 malam sudah ada puluhan orang mengantri.

    Pengalaman kami tahun lalu, mudik dari Bandung ke Yogya dengan mobil keluarga menempuh jarak 400 km selama 20 jam (normalnya 8 jam). Terjadi pada Hari H-2 pada waktu itu berangkat jam 5 pagi.

    Terima kasih. Yoanes Bandung.

    ybandung

    Agustus 28, 2008 at 4:43 am

  26. Tadi pagi aku jg ngantri buat yg tgl 27 Sept..tujuan Semarang..emamng sih peminat yg ke Semarang ga sebanyak yg lain. Alhamdulillah dapet, yg di harapkan ArgoMuriapagi dapetnya Argo Sindoro malem.
    Tapi ada titipan buat teman yg mo ke Surabaya..
    tiba Gambir jam 05.30..Antrian sdh penuh mengular sampe ke Pangkalan Calo Taksi & Ojek..
    Jam 07.00 dibuka..ga ada 15 menit..Tiket yg Surabaya habis…

    abeeng

    Agustus 28, 2008 at 5:46 am

  27. Seperti kata Mas Indra.. kuncinya online..
    Memang informasi bahwa tiket online dapat dibeli melalui Gambir, Senen, Jatinegara, Jakarta Kota dan Bogor belum banyak diketahui orang..
    Jadi Gambir selalu menjadi tempat orang ‘memburu’ tiket angkutan lebaran.

    info bisa dilihat: http://ticketing.kereta-api.com

    Hedwig™

    Agustus 28, 2008 at 5:59 am

  28. saya belum pernah mudik lebaran. jadi, saya tidak tahu bagaimana “romantika” pemesanan karcis kereta api.

    sependek pengetahuan saya, pada lebaran tahun lalu kondisi transportasi mudik menggunakan bis nampaknya lebih lega, ya? di televisi saya lihat terminal pulo gadung juga lebih tertib. ini konon disebabkan karena banyak perusahaan yang menggunakan bis untuk memudikkan karyawan/suplier/konsummen seperti jamu jago, sidomuncul, indoffod dll.

    apakah tidak lebih baik menggunakan jasa bis saja? apakah tiket bis eksekutif untuk tujuan kota yang sama lebih mahal daripada tiket kereta api eksekutif?

    selamat menyambut ramadhan, selamat mempersiapkan mudik. cheers.

    JalanSutera.com™

    Agustus 28, 2008 at 6:54 am

  29. Alhamdulilah aku dah dapet tiket, aku beli lewat agen resmi kereta api, sebelumnya dah booking duluan lewat telpon, jadi gak perlu ngantri subuh-subuh di gambir. Cuma beda 10 ribu koq…, untuk daerah kelapa gading,jakarta utara dan sekitarnya dan jadwal keberangkatan tgl 29 ke depan coba telpon ke PT. Damarwulan Tovelindo Telpon 45871122 dengan Mas Ghofur, orangnya baik koq, semaksimal mungkin pasti bantu kita, Ok

    Fatha

    Agustus 28, 2008 at 8:10 am

  30. Online mas Hedwig..? Tapi klo dengar cerita Mbak Dyah & Mas Aris, sepertinya ga logis klo dalam waktu ga ada 10 Menit Tiket Jurusan Surabaya habis..
    Mbak Dyah di baris ke15 dr Loket, skrg di Gambir ada 6 loket.. Senen 2-3 Loket, Jatinegara 1 loket, Kota ??? Tanah Abang ?? Bekasi ??..
    Realnya Konsentrasi Pemesan Tiket KA Eksekutif di Gambir, & di Jtnegara, Senen, Kota dll tentunya yg dipesan bukan hanya Eksekutif , Bisnis juga.
    Jadi sebenarnya Peluang terbesar ada di Gambir (harusnya Mbak Dyah bisa dapet tuh..)

    Estimasi aja di Surabaya Gubeng/Pasar Turi…ada 5 Loket..
    Itung2 :
    KA BIMA = 350 seat
    KA Argo Anggrek Pagi = 350 seat
    KA Argo Anggrek malem = 350 seat
    Sembrani = 350 seat
    Total = 1400 seat- 10% jatah birokrat (140) =1260
    Katakanlah Prosentasi Gambir = 630 seat…
    630/6 loket = 105 seat prediksi jatah Tiket KA Jurasan SBY tiap Loket.
    Tetapi Ga Mungkin kan dalam 14 orang di depan Mbak dyah pesan Tiket KA ke Surabaya semua?? ga mungkin khan..pasti ada yg ke Jogja, Solo , Semarang
    Lagipula 1 orang di batasi 4 tiket = 14×4=56 seat.
    Masih ada 49 Seat…

    Jadi Mbak Dyah itu masih ada peluang untuk mendapatkan Tiket KA Eksekutif ke Surabaya.

    Peluang pesen via Call 13897 jg ga nyambung….

    Jadi Kesimpulannya…: ada kemungkinan di dalam Tubuh PT KAI sdh Ada permainan Alokasi Tiket entah itu dg Agen atau dg Oknum2 KA yg join dg Calo-Calo..

    Tapi entahlah..ini hanya prediksi & estimasi..wallahu alam..

    Orang Beruntung memang lebih mujur daripada Orang Pinter…

    mas_mbang

    Agustus 28, 2008 at 8:15 am

  31. @ muns
    Iya, beli aja di solo, ato, jogja, ato mana aja,

    Alhamdulillah saya dah dapat juga sich yang tanggal 26 sept dengan senja yk harganya 160 rb , tapi ya itu harus ngorbanin bapak saya untuk dateng ke stasiun tugu lebih awal, jam 3.30. Makasich aja buat bapakku yang baik banget. tapi ya itu harus ngirim ke jakarta juga sich…

    kakaceria :)

    Agustus 28, 2008 at 9:17 am

  32. alhamdulillah Saya tidak perlu berdesakan antri di st gambir. Lihat di berita saja sdh membuat sy capek.
    Saya mendapatkan tiket argo lawu jur klaten untuk keberangkatan tanggal 26 sept dengan bela-belain ke st bogor, pdhal sy tinggal di pancoran. system online PTKAI lumayan ampuhlah :-)

    PSujiwo

    Agustus 28, 2008 at 10:28 am

  33. 13897 tarif premium ya ? wah KAI untung gedhe nih…

    pramudya

    Agustus 28, 2008 at 10:33 am

  34. ngomong2 soal perkeretaapian di indonesia, hati2 terhadap tindakan kriminal yang terus meningkat, terutama pemerkosaan dengan berbagai modus.

    video peristiwa pemerkosaan pak lurah terhadap anak yang masih SMP bisa dilihat DISINI

    denny

    Agustus 28, 2008 at 11:55 am

  35. Mas Pri koq nggak pakai pesawat saja ? Tahun lalu saya merasakan sulitnya mencari tiket kereta pulang ke Solo. Tahun ini, demi menghindari hal tsb. saya jauh-jauh hari memesan tiket pesawat mudik lebaran. Tiket pesawat kan bisa dipesan berbulan-bulan sebelumnya. Saya beli tiket pesawat ke Solo 7 Juli yll. Harga tiket pesawat saat itu 620 ribu-an. Nggak selisih jauh dengan harga tiket kereta yang sekarang berkisar 400 ribu an.

    Anto Satriyo Nugroho

    Agustus 28, 2008 at 1:00 pm

  36. bagi yg kehabisan mulu klo cari tiket d jkt, mungkin sbg alternatif bisa cari d bandung, istri saya jam 8 td pagi cari tiket d bdg u/ tujuan sby tgl 28 sept.. ngantri ga nyampe 5 menit.. dapet turangga 350 rb

    me

    Agustus 29, 2008 at 2:04 am

  37. Temen saya ngantri di Gambir tgl 25/8 dari jam 02.00 dini hari utk beli tiket KA Taksaka jurusan Jogja di tebus dgn harga Rp. 350ribu. Naik 75% dr tarif biasanya..gileeee..biar kata cuman setaon sekali…

    Mungkin PT KAI menganut prinsip bisnis “mau syukur ngga mau msh banyak yg lain…”

    Rajasa

    Agustus 29, 2008 at 3:59 am

  38. Mudik adalah masa lalu. Horeee…, engga usah mudik lagi :D

    unduk

    Agustus 29, 2008 at 4:04 am

  39. sering kali stasiun di daerah itu curang2 dengan sistem on line, operator didaerah nggak pernah mengisi nama pemesan jadi tinggal tekan enter2 terus-terusan, baru kemudian dijual, nggak kayak di gambir habis waktu cuma buat ngetik nama pemesan. Th lalu saya antri subuh2 masih dapet no 2 , sekarang jam berapa nih ., moso harus nginep di stasiun.

    wicaksono

    Agustus 29, 2008 at 4:11 am

  40. kapan ya tiket kereta tambahan dibuka?

    ada yang udah dapet bocorannya?

    r.

    rich

    Agustus 29, 2008 at 6:57 am

  41. ni ada temenku mo cancel tiket jkt-sby KA anggrek tgl 24 sept 2008 (brkt 21.00)
    barangkali ada yang berminat
    hub : 081808061810

    thks

    haris

    Agustus 29, 2008 at 7:43 am

  42. aku juga kehabisan tiket hiks hiks hiks;-(

    umybilqis

    Agustus 29, 2008 at 8:39 am

  43. sistem online-nya jg ga sepenuhnya jalan kog…
    saya udah coba nelfon ke 13897 dari senin kmrn ga pernah diangkat..

    ricohsanusi

    Agustus 29, 2008 at 9:37 am

  44. kapan ya layanan publik kita benar-benar nyaman?

    kangdim

    Agustus 29, 2008 at 1:56 pm

  45. Emang susah dan ribet seperti itu yah.. ? Aku si ga pernah mudik, jd ga tauyang gituan

    budimeeong

    Agustus 29, 2008 at 3:19 pm

  46. Sekedar berbagi pengalaman. Saya kmrn ngantri beli tiket utk kberangkatan kereta api Taksaka Pagi tgl 28 September, rencana beli tiket tgl 29 Agustus.

    Demi agar bs berkumpul dgn keluarga di kampung pas lebaran saya bertekad harus dpt tiket! Saya dah niatin ngantri dr jam 7 mlm tgl 28 Agustus di stasiun gambir. Pas smp di Gambir jam 7 mlm suasana ramai. Ada 8 loket yg tersedia. Loket 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25 dan 26. Loket 20 & 21 msh buka utk melayani pmesanan tiket reguler, selain loket itu dah tutup.

    Saya liat di loket 19 dah ada org duduk berjejer, saya tanya mereka memang sedang ngantri utk pmbelian tgl 29 agustus besok. Ga pikir panjang lg saya lgsg ngikut antri.

    Saya tanya org yg urutan 1 nyampe sini jam brp katanya dah nongkong disitu mulai jam 4 sore tgl 28 Agustus!

    Ngantri selama 12 jam pantat panas, pala nyut2an, mata merah tinggal 5 watt, punggung pegel2, ditambah dag-dig-dug khawatir ga dpt tiket.

    Jam 10 mlm oleh petugas kita ditertibkan antriannya biar tar pas loket dibuka ga disrobot org yg ga mau ngantri dr belakang. Kita dikasi nomor antrian. Saya dpt antrian no. 17. Jam 7 pagi loket dibuka. Sambil was2 saya pasang mata n telinga baek2.

    3 menit stlh loket dibuka petugas KA mengumumkan KA Gajayana jurusan Malang Habis! Serentak para pengantri berteriak huuuuuuuuuu…! Sekitar 10 mnt stlh loket dibuka giliran Argo Anggrek habis! Saya liat dilayar monitor t4 duduk KA Taksaka Pagi msh ada 247. Saya msh yakin bs dpt tiket. Waktu itu org urutan ke 9 yg dpt giliran beli di loket.

    Pas org urutan ke 14 lg beli tiket saya liat dilayar monitor t4 duduk KA Taksaka Pagi tinggal 76. Saya mulai khawatir ga dpt t4 duduk ngeliat sebegitu cepatnya tiket habis dlm hitungan menit. Pas org urutan ke 16 diumumkan bhw tiket Taksaka Pagi habis! Astaga! Tinggal 1 org urutan lg di depan saya saja saya ga dpt tiket!!!

    Saya nggak patah semangat, krn sblmnya saya dah siapin backup formulir utk beli KA lain, meski tujuan saya ke Yogya tp dah saya siapin backup formulir tiket KA jurusan Solo (bahkan Surabaya)! Habis??? Cari & siapkan formulir KA alternatif lain!

    Tanpa pikir pjg saya memutuskan membeli tiket KA Taksaka Malam. Betapa leganya pas dah dpt tiket. Jerih payah saya slama 12 jam terbayar sudah! Alhamdulillah… Stlh dpt tiket saya menunggu sbntr di dkt loket utk mengamati.

    Pas org urutan ke 25 KA Taksaka Malampun ikut habis. Dan diikuti dgn KA2 lainnya. Saya ga bs membayangkan sedihnya (dan sakitnya) mereka yg ikut ngantri dari semalam tp ga kebagian tiket.

    Dari tahun ke tahun setiap X lebaran pasti seperti ini… PT. KA, any solution???

    Kris

    Agustus 29, 2008 at 4:35 pm

  47. mas gmn nih kok dari tadi yang saya baca kok cuman pas susahnya doang, lha terus gmn dong saya belum dapat tiket nih? bisa bantu ndak kasih informasi yang akurat mengenai agen-agen kai yang masih menyediakan tiket kai

    far1zx2

    Agustus 29, 2008 at 6:35 pm

  48. Hr ini dpt inpo dr tmn, kt-N tiket Bdg-Yk u pemesanan dr 26-29Sept dah hbs trjual. Wuaduh!!!!
    Akhr-N cb telp ke agen tyt msh ada. Tp wktu dngr hrg tiket-N shock jg, naik2nya ga kira2, jauh bgt dr prkiraanku. Kereta Lodaya bisnis hrg normal 90rb jd 150rb, di agen berarti jd 170rb. Extf normal 150rb naik jd 200rb di agen jd 220rb.
    Wuaduhhhhhh cb klo di agen jd brp?
    Smpt denger kt-N ada penambahan rangkaian so hrg ga akan naik, tyt pd knyataan-N tdk akan naik tu ga akan naik melebihi tarif batas atas.
    Ya sut…. dp ga jd mudik, pd trpaksa merogoh kocek lebih dlm.
    Selamat hunting tiket bt semua-N, jgn kaget dgn hrg tiket yg naik-N gila2an.

    cisca

    Agustus 30, 2008 at 3:28 am

  49. KA adalah transportasi kita. Okey?

    Mahavatar Dhammaraja

    Agustus 30, 2008 at 4:34 am

  50. lom kebagian tiket neh..susah bgt..

    sitidjenar

    Agustus 30, 2008 at 1:23 pm

  51. Hehe… makanya… pesan tiket 20 hari sebelum berangkat.

    Mahavatar Dhammaraja

    Agustus 31, 2008 at 2:12 am

  52. Ayo buruan telp ke 13897 via GSM..
    saya barusan dapat tiket tgl 28 Sep Gambir-Solo, tiket tambahan….
    Ato yg di Cengkareng Jakarta Barat telp ke Agen 0215801094,0215813851-53 di Mall Puri Indah…

    ricohsanusi

    September 1, 2008 at 12:32 am

  53. wah saya sdh di dahului mas Rico Sanusi nih…
    iya nih.. KA ArgoLAwu Lebaran Gmbir-Solo sdh dibuka.
    Tgl 28 Sept sdh habis, terpaksa saya beli yg tgl 29 Sept (membelikan teman)..
    Terakhir call masih 200an tiket..ga tahu sekarang.

    Btw ada rekan yg tahu info KA Argo Anggrek tambahan ga ya??

    Makasih buat mas Anjar..salam kenal dari pemudik sejati..he..he

    mas_mbang

    September 1, 2008 at 1:40 am

  54. ada info yg aku baca dr okezone (sorry aga telat) :

    PT KA Tambah 12.040 Tempat Duduk
    Sabtu, 30 Agustus 2008 – 15:50 wib
    Angiola Harry – Okezone

    http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/08/30/1/141346

    JAKARTA – Kepala Humas PT Kereta Api (KA) Daerah Operasi (Daops) I Ahmad Sujadi menambah penjualan tiket KA untuk 12.040 tempat duduk.

    Menurut Ahmad, penambahan tersebut dari kelas eksekutif dan bisnis, dan dipasarkan mulai besok, Minggu 31 Agustus, pukul 07.00 WIB.

    “Rinciannya, 5.000 kelas eksekutif dan 7.040 bisnis. Sementara untuk KA Gajayana ke Malang, Jawa Timur, masih dalam tahap penyusunan. Mungkin tiga hari lagi kita umumkan,” kata Ahmad dalam pesan singkat kepada Okezone, Sabtu (30/8/2008).

    Adapun rincian mengenai KA yang dimaksud yakni:

    – KA Argolawu untuk jadwal keberangkatan 21 hingga 30 September atau 10 hari, sebanyak 350 tempat duduk, atau 350 x 10 hari yakni 3.500 tiket.

    – KA Kamandanu untuk jadwal keberangkatan 26 hingga 30 atau 5 hari, sebanyak 300 tempat duduk, atau 300 x 5 hari yakni 1.500 tiket.

    – KA Senja Solo untuk jadwal keberangkatan 22, 24, 26, 28 dan 30 September atau 5 hari, sebanyak 448 tempat duduk atau 448 x 5 hari, yakni 2.240 tiket.

    – KA Sawunggalih untuk jadwal keberangkatan 25 hingga 30 September atau 6 hari, sebanyak 512 tempat duduk atau 512 x 6 hari yakni 3.072 tiket.

    – KA Cirebon Ekspres jadwal keberangkatan 28 hingga 30 atau 3 hari, sebanyak 576 tempat duduk atau 576 x 3 hari yakni 1.728 tiket.

    (rgi)

    mas_mbang

    September 1, 2008 at 3:25 am

  55. Kereta tambahan ke jateng dan jatim udah ada sejak sabtu lalu. Tapi memang kalau mau dapat tiket kereta lebaran, sebaiknya beli 30 hari sebelum keberangkatan dan usahakan tidak saat weekend. Nambah cuti sehari gak papa kan? Tiket kereta balik juga sudah mulai dijual. Hari ini hanya untuk tanggal 1 Oktober saja. Kalau mau pulang tanggal 4-5 Oktober, datang ke stasiun tanggal 5-6 September nanti.

    mama indra

    September 1, 2008 at 3:37 am

  56. Dijual 2 Tiket Lebaran (Gandeng) Argo Lawu EKsekutif (Gambir-Solo) untuk tanggal 24 September 2008 Jam 20:00 dengan harga resmi+ Transport 10Rb, karena saya pulang-nya mundur. 1 Tiket harganya 370Rb. Yang berminat hubungi Yusuf 081808499939. Siapa cepat dia dapat.
    Thanks

    Regards,
    Yusuf

    Yusuf

    September 1, 2008 at 4:50 am

  57. saya mau jual tiket Argo Dwi pangga jurusan Jakarta- Solo keberangkatan 28 September 2008 pagi, karena tidak jadi pulang kampung. jika berminat hubungi saya di 08129623064,02170241907

    Dewi

    September 1, 2008 at 8:44 am

  58. ke cirebon mas? kok nggak nelpon aja? ke hotline keretaapi,02123507000. Pesen, kasih data, terus bayar lewat atm mandiri. abis pesen harus bayar kurang dari 3 jam, karena kalo nggak sistemnya meng-cancel sndiri,,,bukti pembayaran nanti dibawa kapan aja terus tuker ama tiket di loket beli tiket biasa (tunggu pas sepi aja,,,). Saya alhamdulillah dapet, untuk tgl 30 nov ke cirebon, pinjem kartu mandiri punya temen, hehehe,,,,

    lucky

    September 1, 2008 at 9:40 am

  59. nelpon susah bukannya ke hotline kereta api ?

    papabonbon

    September 2, 2008 at 2:40 am

  60. Kemarin saya beli tiket melalui travel agent dengan Sembrani untuk tanggal 27 September. Harga Tiket 345rb, biaya tarvel agentnya 50rb. Lumayan drpd antri di stasiun dan belom tentu dapat.

    Inda

    September 2, 2008 at 5:56 am

  61. Apa ada travel agent KA? Apa itu bukan calo mba?

    iwan

    September 2, 2008 at 6:50 am

  62. KA eksekutif tetap yg terbaik. Bebas keringat orang miskin.

    Mahavatar Dhammaraja

    September 2, 2008 at 11:39 am

  63. mending lebaran di ibu kota aja ah…cos mau naek motor capek…mau naek bis juga macet…enakan lebaran di sini

    prabowo

    September 2, 2008 at 12:31 pm

  64. Sungguh Dilema diantara ketidaktransparan & ketidakbescusan dalam pengelolaan….

    Sampai kapan jajaran Instansi Pemerintah negeri ini seperti ini…… :((

    mas_mbang

    September 3, 2008 at 12:27 am

  65. Mba Inda,
    Beli tiket lewat travel agent mana? contact numbernya dong.
    Telat nih baru ikutan nyari tiket ke surabaya, adanya tgll 30 malem.. ya males lahh

    santi

    September 3, 2008 at 5:44 am

  66. Kalo calo mana mungkin cuman ngambil untung 50rb. Coba contact ke 021-80889090.

    Inda

    September 3, 2008 at 5:57 am

  67. PT. Dawarmulan Travelindo, Mal Artha Gading, 021-45864268. GAMA Tour & Travels, Jalan Pembangunan, JakPus, 021-6333535, 021-6337535

    Inda

    September 3, 2008 at 6:11 am

  68. masih ada buat tgl 25, tapi gak bisa reserve, gak bisa transfer dulu juga, mesti dateng langsung dan bayar di t4.. repot juga ke kramat jati.
    tapi anyway, thanks mba Inda

    santi

    September 3, 2008 at 6:18 am

  69. numpang jualan,

    karena g dapet cuti mo jual tike nih,
    Tiket argo sindoro tgl 27 sept 2008, 2 tempat duduk bersebelahan dari gambir jam 16.00. harga @375 serius mail mamat.tech@gmail.com bisa COD untuk wilayah jakarta.

    Thank’s

    mamat

    September 3, 2008 at 7:17 am

  70. ada yg mo jual tket bisnis buat tgl 29 sept ga (2 org)…btw masih ga sih kereta tambahannya ????

    heli

    September 4, 2008 at 9:50 am

  71. ada yg mo jual tket bisnis buat tgl 29 sept ga (2 org)…btw masih ga sih kereta tambahannya ????

    share info dong call di 0818815797

    heli

    September 4, 2008 at 9:51 am

  72. ada yang butuh tiket ke solo untuk 4 orang? saya punya tiket argo dwingga untuk berangkat 28 september pagi, karena ada pekerjaan mendadak maka saya tidak jadi pulang, bagi yang berminat hubungi 08129623064, 012-70241907

    dewi

    September 5, 2008 at 3:32 am

  73. ada yang jual tiket balik gak?, buat tanggal 5 oct, jogja jakarta :(, keabisan nehhh… contact 0858 7824 1860

    shinichi

    September 5, 2008 at 5:59 am

  74. GUE SARANIN YA LOE MENDINGAN MUDIK PAS HARI H NYA AJA ATAU NGGAK USAH MUDIK SEKALIAN

    BEJO ALI

    September 5, 2008 at 9:26 am

  75. Kami selaku instansi pemerintah yang menyediakan fasilitas transportasi kereta api menyatakan bersedih karena belum bisa memenuhi kepuasan masyarakat atas ketersediaan jumlah tiket yg memadai dan kemudahan dalam pembeliannya.

    Terima kasih

    hehe,

    PT KAI

    September 7, 2008 at 4:27 am

  76. Mas anda mungkin bernasib sama dengan saya soalnya pas rebutan penambahan loket saya juga ikut lari jadi antri 2 antrian didepan. hehe… tapi sayang tiketnya gak kepakai jadi mo titip jualin tiket ni mas,
    Tiket Jakarta – semarang Argo muria 2 seat bersebelahan. 750rb, Wilayah Jakarta Pusat diantar. Pembayaran bisa transfer ato COD. Hubungi email: mamat.tech@gmail.com telp/sms : 021 9413 8241 / 08888 333 107
    Thank’s

    mamat

    September 7, 2008 at 12:56 pm

  77. hehe..tglnya lupa tgl 27 sept 2008 jam 16.00 berangkat dari gambir

    mamat

    September 7, 2008 at 12:59 pm

  78. [...] Kereta Api, Lebaran 2008 dan Transportasi kita [...]

  79. mau jual tiket kereta api nih untuk 3 atau 4 orang. Kereta Argo Dwi pangga jurusan Solo, lewat jogja, berangkat tgl 28 Pagi dari gambir. saya nggak jadi pulang karena ada pekerjaan mendadak yang tidak bisa di tinggal. bagi yang berminat hubungi di : 08129623064, 021-70241907

    dewi

    September 15, 2008 at 4:22 am

  80. Wahh saya kira yang berdomosili di luar Jawa saja yang pening untuk dapatkan tiket KA ngga tahunya yang tinggal didepan stasiun mumet juga. Lha wong saya mau ke Kediri H+7 dari St.Senen ,saya hubungi pihak KA masa saya disuruh beli langsung ke stasiun padahal saya di Riau, katanya online tapi prakteknya susah tidak seperti onlinenya maskapai penerbangan di dalam hutan bisa beli tiket, wahai para pakar IT bantulah PT.KAI biar bisa RESERVASI ONLINE, suwun

    jladri budi

    September 16, 2008 at 2:32 am

  81. Mau jual tiket karena terlanjur pesan dobel (saya antri dan dapat, titipan saya ke teman ternyata jg dapat)
    Taksaka, 29 september 20.45, 2 orang.
    Harga: Total 700.000 untuk 2 orang (sesuai harga tertulis di tiket)
    Yg berminat silahkan hubungi: 0812 101 4179
    Thanks.

    Aditya

    September 16, 2008 at 3:07 am

  82. ada yang punya tiket sembrani untuk 1 orang tgl 26 sept ga?
    bisa menghubungi saya di 0856-3054-229

    i_cha

    September 24, 2008 at 5:13 am

  83. saya ada tiket ARGO LAWU Ke SOLO tanggal 28 september 2008.

    Dijual dengan harga resmi ( Rp 405.000) tanpa ada bunga sedikitpun. dijual karena batal mudik, kakak mau melahirkan..cuma satu tiket loh..

    bagi yang berminat silakan hubungi/sms lutfhi- 021-93529592 ato 081932168984

    lutfhi

    September 25, 2008 at 8:27 pm

  84. ticket ARGO LAWU Ke SOLO tanggal 28 september 2008. booked by ega….

    lutfhi

    September 25, 2008 at 9:18 pm

  85. sekdar untuk sharing, 27 July 2009 saya telah membeli tiket pesawat untuk Mudik. All menggunakan Pesawat..
    CGK – SUB menggunakan Air asia 9 September 2009 Rp 170 Rb Cuti 5 hari nih.
    SUB – CGK 29 Sepetember 2009 Menggunakan Merpati Rp312 Rb Cuti 2 Hari.
    Total: CGK-SUB-CGK: 482 Rb.

    Tips.. beli tiket lah mulai hari ini.. dari pada naik kereta … Agro Angrek saja 450 Rb —> PP : 900 Rb.. dan antrinya yang gak kepalang.

    tyo

    Juli 27, 2009 at 4:21 pm

  86. aq mau tanya dunkz untuk harga tiket jurusan surabaya dan keberangkatan’y untuk kereta api anggrek,bima,dan semberani.sbelum’y terima kasih banyak tuk info’y

    aiteru chan

    Juni 23, 2010 at 10:14 am

  87. Postingan yg bermutu Sist!
    Berharap pemerintah punya fokus untuk meningkatkan sistem transportasi publik kita, dan tak serba menyerahkan hajat hidup orang banyak ke tangan swasta.

    Jadwal Kereta

    Juni 6, 2013 at 12:14 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: