Anjar Priandoyo

Skema & SOP Car Ownership Plan (COP)

with 36 comments

“…Beberapa artikel menarik buat saya utamanya yang membahas remunerasi, kompensasi dan benefit. Saya mencoba mencari skema & standard operating procedure (SOP) mengenai benefit Car Ownership Plan yang diterapkan di Perusahaan, namun belum menemukan. Apabila mas Anjar mempunyai referensi, terimakasih untuk bisa membaginya kepada saya…”
Mba Yuli, HRD via email

Komentar:
Ada yang bisa bantu? setahu saya ada beberapa ‘aliran’ dalam COP (CMIIW):
1. Mobil diberikan langsung kepada karyawan setelah 3 tahun menjadi milik pribadi.
2. Mobil diberikan, namun tetap ada cicilan yang fixed selama periode tertentu.
*kira-kira gitu deh, dulu sempet ngobrol-ngobrol ternyata mekanismenya beda-beda antara satu perusahaan dan perusahaan lain.

Kalau pertanyaan diatas dari sisi HRD. Lalu bagaimana dari sisi pekerja? seorang teman punya rumus untuk mengkonversikan nilai COP itu dalam rupiah perbulan. Semisal nilai COP itu 2 juta/bulan. Maka si teman akan menambahkan COP itu sebagai total take home pay. Jadi dia bisa menghitung bila dibandingkan dengan perusahaan lain yang tidak menawarkan COP tapi dengan gaji yang lebih tinggi.

Ada pendapat lain?
Bintaro, 04:22

About these ads

Written by priandoyo

Agustus 27, 2008 at 9:11 pm

Ditulis dalam Pekerjaan

36 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. kalau di tempat saya modelnya yang no.2, tapi saya tidak ambil karena sudah punya mobil, toh dihitung-hitung cicilannya hampir mendekati kredit komersial… yaa mending duitnya untuk yang lain saja…

    helo2000

    Agustus 27, 2008 at 11:26 pm

  2. Kalau diberikan dalam bentuk tunai dan sifatnya fixed maka akan menjadi komponen upah. Bagaimana kemudian multiplier effect terhadap jamsostek, THR dan juga severance payment? Karena ketiga item tersebut faktor pengalinya adalah upah.

    Gesang

    Agustus 28, 2008 at 4:15 am

    • Pak Gesang,
      COP pada dasarnya adalah benefit, biasanya pengganti Car Benefit. Apabila diberikan dalam bentuk tunai (allowance), sifatnya tetap merupakan benefit.

      Benefit lain misalnya: cuti, medical, pinjaman, dll.

      Nah yang namanya benefit tidak termasuk yang diperhitungkan dalam THR, Pesangon, Jamsostek dll.

      Inga

      September 1, 2010 at 2:38 am

  3. Dulu tempatku menerapkan COP untuk kelas karyawan tertentu. Setiap grade memiliki budget tersendiri dan boleh ditambah dengan biaya sendiri.
    Setelah 5 tahun, si karyawan berhak atas COPnya dengan membeli sebesar 35% saja, sekaligus mendapat COP tahap berikutnya sesuai gradenya.

    Hedwig™

    Agustus 28, 2008 at 6:45 am

  4. njar…
    masukin aku ke list friends donk
    blogku http://republikbm.blogspot.com..

    kunchunx

    Agustus 28, 2008 at 11:43 am

  5. Dulu waktu saya kerja di salah satu badan sertifikasi, model COPnya adalah dengan pemberian uang tunai untuk beli mobil. Uang tunai ini dijadikan pinjaman lunak (tanpa bunga sama sekali) yang dicicil bulanan via pemotongan langsung dari gaji karyawan. Enaknya, tiap bulan diberikan uang maintenance mobil yang jumlahnya boleh dikata impas dengan cicilan per bulan, jadi kita engga perlu keluar duit tambahan.

    Di beberapa klient yang pernah saya kunjungi, COP diberikan dalam bentuk mobil yang setelah 5 tahun kerja boleh jadi hak milik karyawan. Ada perusahaan yang murah hati dengan memberikan langsung, ada juga yang meminta karyawan membayar murah, biasanya cuma sepertiga harga baru. Karyawan tidak perlu mencicil apa-apa dalam hal ini. Tapi perusahaan seperti ini biasanya memberikan insentif biaya maintenance mobil dan bensin setiap bulan ke karyawan.

    Demikian sedikit sharing, semoga bermanfaat buat Mbak Yuli.

    Erwin Baja

    Agustus 28, 2008 at 3:37 pm

  6. nah.. kalo menurut sy di diskoun aja biar “ceritanya” jadi menarik..*hihi..ga mudeng aku*.

    asyafe

    Agustus 30, 2008 at 1:16 pm

  7. numpang lewat..sewaktu lagi mikir cara mengupgrade CCNA jadi CCNP, tentunya pertama kali adalah mencari tahu masalah BSCI->BGP, tapi anehnya yang keluar malah situs pemerintahan suatu kota kecil di jawa timur. siapakah gerangan orang dibalik situs tersebut yang getol mempelajari (atau jangan-jangan malah menguasai) masalah CISA dan Cisco Network?
    mas anjar, tolong lihat situs berikut ini http://www.bojonegoro.go.id/book/

    maseri

    September 1, 2008 at 8:24 am

  8. Di tempat saya bekerja, untuk pegawai level tertentu diberikan COP, harus dicicil selama 5 tahun, tapi bunga dibayar perusahaan

    LastSamurai

    September 2, 2008 at 2:50 am

  9. Kalau di Bank, biasanya seperti skenario no.1. COP langsung diberikan ke karyawan, dan setelah beberapa tahun (biasanya 5 tahun) akan menjadi milik karyawan. Tidak ada cicilan lagi. Biaya maintenance dan perpanjangan STNK tetap dibebankan karyawan selama periode COP. Sebenarnya COP bisa dianggap komponen gaji juga, secara “tidak sadar” sebenarnya karyawan nyicil COP tersebut setiap bulannya (Harga mobil dibagi lamanya COP).

    Jadi menurut saya kalau dapat tawaran kerja yang ada COPnya, bisa dimasukkan sebagai komponen gaji juga.

    wisnums

    September 3, 2008 at 11:41 pm

    • Mohon informasi bagaimana jika penerima COP mengundurkan diri ? status kendaraan COPnya milik siapa ?

      Maman Rukmana

      Juni 24, 2013 at 7:59 am

  10. Di tempatku hanya level manager ke atas yang dapet COP
    hehehe
    Kalo level kurcaci ya masih gigit jari aja dulu..
    :p

    riyantoro

    September 6, 2008 at 8:52 am

  11. ada juga yang cuma dipinjemin mobil kantor aja selama 3 tahun + bensin dibayarin. bukan hak milik. tapi bebas dipakai. lumayan..

    dimasu

    September 7, 2008 at 2:42 pm

  12. kalo di tempat saya, setelah pemakaian 5 thn kry tsb dpt membeli mobil. uk cop yg no 2, bgndgn skema pembayannya.
    mohon sharingnya thx?

    tody

    September 9, 2008 at 5:02 am

  13. DI TEMPAT KERJA KU UNTUK COP DIPOTONG GAJI SETIAP BULAN DR REK MANDIRI, DAN ALHASIL 3TAHUN BISA MEMBAWA PULANG KENDARAANNYA, MACEM2 WARNANYA ADA COKLAT , HIJAU BISA BUAT NYAMBI BUAT TAMBAHAN PENGHASILAN ALIAS NGELYN LYN X, LYN WB , KACIAN DELOE

    BEJO ALI

    September 10, 2008 at 4:08 am

  14. Tempat saya menerapkan COP dgn pembayaran uang Cash, mulai level Ass Mgr keatas sdh berhak dapat, dgn besaran yg berbeda-beda. Jadi kalau memang karyawan ybs mau kredit mobil, DP bayar sendiri, lalu cicilan bulannnya dibantu oleh COP cash tersebut (kl lebih kecil cicilannya berarti masih untung). Kalau sdh punya mobil dan gak mau kredit, ya jadi penambah THP. Lumayan kan…

    Untuk membedakannya dgn komponen upah, COP dibayarkan pada tgl 30, bukan 25 seperti gaji.

    sigit

    September 10, 2008 at 6:36 am

  15. Kalau di perusahaan saya, seolah2 tiap bulan company kasih sejumlah uang untuk nyicil mobil, dalam setahun termasuk THR dan bonus juga dipotong masing2 1 bulan (terlepas dari dapet bonus berapa bulan gaji. Setelah 5 thn jadi hak milik tapi selama 5 tahun asuransi, pajak dan maintenance ditanggung sendiri.

    Ada lagi namanya company car: status sewa dari rental (tapi unit gress dari dealer sesuai level), STNK atas nama rental, tapi selama 5 tahun gak keluar biaya apa2 (asuransi & pajak ditanggung rental) sementara BBM dapet dari kantor…..setelah 5 tahun beli dari rental dengan subsidi 35 juta dari harga pasar unit saat itu

    thks

    Djogha

    September 10, 2008 at 7:22 am

  16. @ sigit, wuih enak amat mulai ass mgr udah dapet COP.
    nama perusahaannya apa mas ? =D

    di salah satu bank swasta besar, mulai lv senior manager dikasih mobilnya gres sesuai jatah.
    kalo sudah 5 taon jadi milik karyawan dan dikasih mobil baru lagi.
    selama 5 taon itu semuanya tanggung sendiri, bensin, parkir, maintenance, asuransi, pajak.
    di gaji udah gak ada insentif transport.

    di salah satu grup konglomerat lokal, COP mulai lv vice director.
    dapet duitnya cash sesuai budget, terserah mo dipake beli yang berapa duit.
    kalo lebih nombok sendiri, kalo kurang ya duitnya cuma keluar sesuai harga mobil.
    masih dapat insentif buat maintenance per bulan.

    adi

    September 20, 2008 at 3:28 pm

    • tolong bantu sharing bila ada yang punya contoh SOP Car Ownership Program dan perjanjiannya dengan karyawan, terima kasih

      arief

      Desember 21, 2011 at 7:44 am

  17. Di perusahaan saya, skema COP ada dua pilihan; mobil pilih sendiri dan cicilan dengan limit tertentu dibayar perusahaan, atau dikasih langsung cash sebagai komponen gaji bulanan sesuai level masing-masing. Saya pilih yang pilih terakhir, karena uang cash bisa dipakai untuk hal lain tidak harus untuk beli mobil.

    hayden

    September 20, 2008 at 4:52 pm

    • pak, saya dari PT. INDOMOBIL, kalau say amw mengadakan kerja sama COP dengan perusahaanya bisa berhubungan dengan siapa yah pak? terima kasih.

      Mikael

      Maret 8, 2012 at 6:25 am

  18. Saya masih awam dengan COP. Mau nanya… kalo misalnya mobilnya diganti motor gimana, maklum masih karyawan tingkat bontot. Terus bagaimana untuk prosedur pengajuan yang umum diterapkan di perusahaan. Thanks

    Dj oko

    Oktober 23, 2008 at 3:21 am

  19. saya butuh contih prosedur dari perusahaan yang ingin melaksanakan program COP

    peribahari

    November 20, 2010 at 12:01 pm

    • kalau sudah ada yang dapat contoh prosedur COP nya boleh dong sharing ke saya, terima kasih

      arief

      Desember 21, 2011 at 7:46 am

      • udah punya prosedur COP belum? boleh dishare ke saya? terima kasih

        dwi

        Juli 20, 2012 at 1:07 am

  20. bole minta draft perjanjaian COP-nya ga?

    Citra

    Mei 25, 2011 at 4:06 am

  21. Perkenalkan nama saya PRIYO (sales executive), ingin menawarkan kepada bapak/ibu sekalian mobil Nissan untuk program COP di perusahaan bapak atau ibu.

    Keuntungan yang di dapat untuk karyawan yang mendapatkan COP adalah kami akan memberikan diskon tambahan setiap pembelian mobil nissan semua tipe. Apabila perusahaan bapak dan ibu memerlukan info mengenai PROGRAM COP silakan hub saya, Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    Priyo (Sales Executive)
    Esia: 021-94406067
    GSM: 081585364370
    Office: Nissan MT.Haryono Kav 10

    Priyo

    Juni 16, 2011 at 5:05 pm

    • Saya tertarik penawaran Bapak ini
      Mohon hubungi Saya segera di 0812 1975 1945
      0817 0000 306

      gibson

      Februari 28, 2013 at 1:48 am

  22. diperusahaan asuransi, COP diberikan, dan asuransi wajib ambil dr asuransi perusahaan sendiri, maka akan ada produk asuransi sendiri untuk COP

    hani

    Agustus 9, 2011 at 1:28 am

  23. Di tempat saya nggak ada COP, tapi HOP ada. Metodenya rumah dibeliin dulu sama kantor seharga 45x gaji, boleh dicicil sampe 15 tahun, tanpa bunga dan hanya membayar 80% dari nilai rumah.

    Ganesha Suryo

    Desember 30, 2011 at 11:59 am

  24. Permisi.. saya AGUNG dari Indomobil nih..
    saya kerja di bidang otomotif, pengen nanya.. kalau mw kerja sama dengan perusahaan yang menggunakan program COP bagaimana yah caranya?

    kalau mw COP hubungi saya yah..
    lagi ada promo nih.. untuk mobil DP 20 jutaan dan Angsuran 2jutaan ini nomor saya.. 0812 877 877 31

    terima kasih..

    Mikael

    Maret 8, 2012 at 6:22 am

  25. Saya ingin menerapkan program “COP” di perusahaan saya, point-point apa yang harus saya perhatikan? dan bagaimana prosedur yang tepat guna, dalam arti yang tidak merugikan perusahaan maupun karyawan (win win solution/Fair).
    karena ternyata banyak model untuk “COP” ini (ada yang berdasarkan tinjauan dari sisi akutansi dan perpajakan, ada yang dari sisi cash flow persh, ada yang dari sisi kary).
    Karena dari beberapa pertanyaan sepertinya belum ada yang memberikan ulasan lengkap yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk.
    Terima kasih sebelumnya untuk partisipasi semua pihak.

    Richard

    Juni 20, 2012 at 7:35 am

  26. Selamat sore.
    Saya mau bertanya mengenai COP.
    Saya berada dilevel ass. amager dan mendapatkan COp selama 5 tahun (skema nomor 1).
    Yang ingin saya tanyakan, setelah 5 tahun monil kan menjadi hak milik kita. nah apabila di tahun ketiga atau keempat ternyata kita keluar dan tidak bekerja di PT tersrbut bagaimnana perhitungannya ?

    Apakah kita bisa meneruskan cicilan 2 tahun sisanya dibayarkan kepada perusahaan atau nilai uang per bulan nya bisa dicairkan selama mas akita bekerja selama periode 3 tahun itu jdai tidak sia2.

    Thanks.
    Regards,

    Wildan

    April 26, 2013 at 10:21 am

  27. Mohon dapat dikirimkan contoh SK Direksi atau ketentuan tentang Car Ownership Program ini, Terima kasih

    lisna

    Juli 11, 2013 at 7:57 am

  28. mohon dikirim contoh surat cop nya. terimakasih

    asep supriatna

    Agustus 16, 2013 at 9:27 am

  29. Mohon dapat dikirimkan contoh SOP atau SK Direksi tentang COP ini, kebetulan perusahaan kami pun ingin menerapkan program COP. Terima kasih.

    dee

    Januari 29, 2014 at 2:22 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: