Anjar Priandoyo

Travel Agent, Tiket Pesawat dan Lebaran 2008

with 25 comments

Lebaran kali ini kami merencanakan pulang ke Malang, karena tahun sebelumnya kami pulang ke Cirebon. Gantian gitu ceritanya. Karena membawa bayi kami mempersiapkan acara pulang kampung ini dengan baik. Tiket pesawat Sriwijaya Jakarta Malang telah kami beli 3 bulan sebelum lebaran tiba. Sriwijaya merupakan satu-satunya pesawat menuju Malang. Harga yang kami dapatkan Rp. 688.000,- (harga normal Rp 500.000,- an)

Untuk pulang Malang-Jakarta kami merencanakan juga naik pesawat sehingga Dinda memesan Sriwijaya via online dan mendapatkan harga Rp 858.000,-, cukup mahal memang tapi sempat kami dengar ada beberapa teman yang mendapatkannya dengan harga lebih dari 1.1 juta untuk perjalanan yang sama.

Pagi tadi sekitar jam 09.00, saya pergi kesalah satu travel agent dekat rumah. Rencananya untuk menebus tiket yang sudah dibeli online itu. Ternyata, si orang travel justru menyarankan kami untuk memesan tiket baru dengan harga yang lebih murah Rp. 648.000,- selisih hampir 210.000,-. Katanya karena baru dibuka kelas seat yang lebih murah.

Tahu gini lebih baik mengandalkan travel agent ya. Mungkin ada pengalaman lain seputar pemesana tiket pesawat? mana yang lebih baik: pesan langsung atau via travel, jauh-jauh hari sebelumnya (3 bulan) atau menjelang 1 bulan lebaran? sharing ya.

Komentar Dinda (baru nulis langsung dikomentarin hehehe)
Pengalaman pernah mengandalkan travel agent malah dapat yang mahal, jadi untung2an sih, biasanya tiket pesawat dijual kelas yang mahalnya dulu, baru yang murah. Jadi makin jauh mesennya makin mahal. Kecuali Air Asia ya.. Jadi intinya kalau untuk tiket pesawat harus rajin ngecek terus tiap hari. Kalau ke malang saya biasa membandingkan dengan harga termurah pesawat ke surabaya. Biasanya harganya sedikit lebih di atasnya. Kalau jauh, brarti masih mahal. Tunggu sampai keluar tiket murahnya. Jadi si travel agent itu cuman perantara aja, harganya sama aja dengan pesan langsung. Tergantung maskapainya, lagi buka harga kelas mahal atau murah.

Bintaro, 1 jam sebelum buka puasa

About these ads

Written by priandoyo

September 6, 2008 at 9:56 am

Ditulis dalam Life

25 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ealaa…
    kera ngalam to. sing arema mas anjar apa nyonyah? hehehe
    *yang jatuh cinta sama malang setelah 10 tahun hidup disana :)

    edo

    September 6, 2008 at 1:37 pm

  2. wah, sy blm tau nih jadi pulang apa ngga..udh 2 thn ga pulang2, baru dapet cuti thn ini sih…

    krisna

    September 6, 2008 at 2:36 pm

  3. beberapa maskapai akan menerapkan harga tinggi jika waktu penerbangan kita masih di atas 1,5 bulan lagi. Jika waktu keberangkatan kita kurang dari 1,5 bulan, baru mereka akan megeluarkan harga yang real. itupun kadang bisa lebih rendah lagi kalau peminatnya tetep kurang.

    azis

    September 7, 2008 at 6:14 am

  4. Huaaa.. baru tau ada jurusan Jakarta – Malang, Njar. Aku dan Gufy lagi cari tiket pulang kesana juga karena taon ini mau ke Blitar. Terakhir nelpon Sriwijaya air kok malah satu jutaan ya ? :(

    anjar: itu dia, berarti lagi harga mahal, coba minta tolong si travel agent untuk monitor terus harganya. katanya sih kalau tiket murah dijualnya pagi-pagi?

    Nina

    September 7, 2008 at 8:09 am

  5. ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    SITUS YANG KEREN PALING SEKALI
    SITUS YANG KEREN PALING SEKALI
    SITUS YANG KEREN PALING SEKALI
    SITUS YANG KEREN PALING SEKALI

    MARI SIMPAN GAMBAR KAMU DI DALAM “GAMBAR JAMBAN”
    MARI SIMPAN GAMBAR KAMU DI DALAM “GAMBAR JAMBAN”
    MARI SIMPAN GAMBAR KAMU DI DALAM “GAMBAR JAMBAN”
    MARI SIMPAN GAMBAR KAMU DI DALAM “GAMBAR JAMBAN”

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA= http://gambarjamban.notlong.com/

    SITUS YANG KEREN PALING SEKALI
    SITUS YANG KEREN PALING SEKALI
    SITUS YANG KEREN PALING SEKALI
    SITUS YANG KEREN PALING SEKALI

    BARU MAKNYUSS!!
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄

    wongthai

    September 7, 2008 at 2:08 pm

  6. […] 10 recent comments wirosableng pada Shell Indonesia, Creating Connections and Exploring Opportunities 2008Uun pada Pelajaran dari calon pegawai Chevron yang gundahhamilton pada Daihatsu Sirion dimanakah posisimu?Richard pada Supermajor vs New Seven Sister, big and biggest Oil Companyhamilton pada Prospek kerja di Indonesia buat lulusan Singapurababad150f pada Daihatsu Sirion dimanakah posisimu?ashfahani pada Shell Indonesia, Creating Connections and Exploring Opportunities 2008dimasu pada Skema & SOP Car Ownership Plan (COP)dimasu pada Shell Indonesia, Creating Connections and Exploring Opportunities 2008wongthai pada Travel Agent, Tiket Pesawat dan Lebaran 2008 […]

  7. Mbak NIna mo booking sing tgl piro ke Ngalam ..?
    Nanti aku bantu booking

    pakrete

    September 8, 2008 at 7:21 am

  8. salam kenal!

    kebetulan saya juga pengguna rutin jasa transportasi udara a.k.a pesawat.untuk lebaran tahun ini pun saya sudah beli tiket P/P, dan syukur dapat murah.

    untuk lebaran nanti (kebetulan saya tahun ini mudik ke Padang) saya telah membeli tiket dari bulan april 2008 lalu karena kebetulan iseng-iseng ngecek harga di i-net waktu itu. ternyata ada tiket yang lumayan murah. mandala air sekali jalan Rp. 469.000 (normalnya harga waktu itu Rp. 350.000an). karena ada isu-isu BBM naik, maka saya langsung beranikan diri untuk beli tiket P/P, total Rp. 950.000 an. ternyata benar! sekarang harga tiket pesawat yang sama untuk rute yang sama > Rp. 2.000.000 an untuk P/P. he he he …. untung udah beli jauh-jauh hari. tapi ingat… harus punya kepastian tanggal untuk terbang. klo ga, tiket hangus… duit hilang.

    ow.. ya… untuk rute malang juga ada mandala air koq. saya sudah pernah naik. coba cek ajah. tp pastinya udah mahal.

    tips buat pengguna transportasi pesawat:
    1.dalam mencari tiket murah dapat dilakukan dengan jauh-jauh hari atau dadakan. nah pesawat yang biasanya membuka kelas murah pada jauh-jauh hari diantaranya:
    ~ Air Asia, Mandala Air, Garuda Airlines~
    selain pesawat diatas baru buka kelas murah paling cepat 2minggu sebelum keberangkatan.

    2.bagaimana dengan travel agent?
    travel agent sebenarnya sama saja dengan status kita sebagai “pribadi”. karena mereka pun baru bisa tau harga tiket ketika pihak pesawat telah membuka kelas melalui online. kenapa kita tidak cek langsung aja di situs2 online pesawat yang bersangkutan? toh bakal sama saja.

    tapi terkadang beberapa travel agent, sudah punya trik untuk melihat kapan suatu maskapai buka kelas murah. cuma gitu aja koq caranya.

    ixan

    September 8, 2008 at 11:09 am

  9. bnr banget..
    mau mudik gini, tiket transportasi pasti diserbu
    salah satu solusi y pake online tketikng dunk

    regard,

    http://duniakucampuraduk.wordpress.com/

    duniakucampuraduk

    September 8, 2008 at 12:14 pm

  10. pengalaman saya (observasi kecil-kecilan). belilah tiket h-3 keberangkatan, disana bertebaran seat murah. Ada yang cancel, atau maskapai takut tak dapat penumpang jadi ngeluarin harga murah.

    bangirfan

    September 8, 2008 at 1:19 pm

  11. @ixan :

    Mandala air sekarang udah gak melayani jalur ke malang. Dulu memang sempet ada, dan saya juga langganan sama pesawat ini karena harganya terjangkau. Tapi sekarang udah gak ada lagi. Satu2nya pesawat ke malang cuman sriwijaya air.

    nungqee

    September 9, 2008 at 2:01 am

  12. klo info dari travel agent yang ngeluarin tiket dari murah terus mahal itu cuma garuda, lainnya ga gitu… lainnya tiba2 aja ada tiket promo biasanya h-2minggu dari keberangkatan. ini pengalaman ke bali kmrn niy…

    kodhim

    September 9, 2008 at 3:52 am

  13. …emg bener sih klo tiket pesawat selain GA bakalan dijual harga yg mahal2 dulu, ntar mendekati hari H baru dech dibuka tuh kelas2 murahnya….jd tergantung pinter2nya kita milih2 travel agent, rata2 mereka bisa kok dpt harga lebih murah 2hari seblm tgl keberangkatan….

    lope'

    September 9, 2008 at 4:53 am

  14. Saya juga lagi nyari tiket ke malang mas :)

    Rumah Islami

    September 9, 2008 at 1:48 pm

  15. kebetulan kalo saya kebalikannya. Saya mo ke Jakarta dari Malang. Msh nunggu ada mukjizadh tiket murah. Cuman kalo saya boleh kasih usul sama Anjar (kali aja belon beli tiketnya). Mending ke Surabaya dl, trus nyambung ke malang pake travel (saya biasanya bgt, dan pake travel Benani) saya jamin jauh lebih murah ketimbang langsung Jkt-Mlg.

    mujisy

    September 10, 2008 at 8:32 am

  16. AFAIK, dari hasil ngobrol2 dengan mas2 di Travel Agent, katanya kalo peak season gini mending naek Garuda.. bukan apa2, ternyata harganya ga jauh beda. Istilah mas2 di Travel Agent, maskapai LCC itu kalo peak season “nembak harga”.

    Contoh tiket Surabaya – Jakarta tgl 4 Okt, Air Asia itu 945 (belum termasuk bagasi tentu), kalo Garuda 983, udah L class, artinya bisa di-refund kalo ga jadi..

    Amir Karimuddin

    September 10, 2008 at 10:26 pm

  17. @Amir Karimuddin
    Betul, sebaiknya pada saat ke travel agent tanyain dulu berapa rate Garuda. Kalau pas peak season bisa jadi beda dikit atau bahkan ada pengalaman teman dapat lebih murah daripada maskapai yg lain.

    ibrahim

    September 11, 2008 at 12:04 am

  18. Susah ya didunia bisnis tiket ini. Kalau laku satu saja sudah untung, dan kalau lakunya banyak kan untungnya lebih banyak. Jadi harga dapat diturunin tetapi tetap untung banyak. Rupanya manusia perhitungannya lain. Semakin laris, harga tiket semakin dinaikkan. dasar rakusss. Kapan ada waktu dapat menolong sesamanya ….

    Margono Susilomurti

    September 11, 2008 at 1:37 am

  19. Mau dapat tiket murah ?

    Simple, syaratnya cuma harus punya koneksi orang dalam maskapai. Karena mereka PIC yang menentukan “permainan harga” tiket. Nah klo dah gtu, status kita sebagai pribadi “sejajar” dengan travel agent kok.

    Intinya, banyak2in silaturahmi aja sama orang2 penerbangan, apalagi klo memang sering travelling.

    (Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi :) )

    Guspur

    September 11, 2008 at 2:48 am

  20. saya mau tanya untuk ticket pesawat jakarta lampung berapa yah.. pokoknya yang paling murah, sriwijaya atau garuda…..

    prass

    September 12, 2008 at 2:38 am

  21. mandala menghentikan jalur operasi ke malang sejak kenaikan harga bbm. sedih amat yah … :(

    kalau dulu sih strategi saya, istri dipulangkan duluan dua minggu sebelum lebaran, dan istri baru balik ke jakarta, dua minggu setelah libur lebaran selesai. total jendral anak istri liburan bisa sebulan sampai satu setengah bulan hehehe :D

    papabonbon

    September 12, 2008 at 2:07 pm

  22. prass Berkata:
    September 12, 2008 pukul 2:38 am

    saya mau tanya untuk ticket pesawat jakarta lampung berapa yah.. pokoknya yang paling murah, sriwijaya atau garuda…..
    ========================================

    To Prass :

    Silahkan kunjungi http://www.ticket-pesawat.blogspot.com untuk cari harga tiket pesawat & online booking, tapi sriwijaya air belum terdaftar di sistem pencariannya. Baru Garuda Saja.

    Semoga Membantu

    Budi

    September 15, 2008 at 5:09 am

  23. Dear Mas Anjar, pertama salam kenal.

    Pengalaman saya mudik ke t4 tujuan kalau dari Jakarta, emang harus tetap jauh2 hari. Tapi kalau dari luar jawa ke jawa, biasanya beli 1 minggu s/d 3 hari menjelang hari H jauh lebih efisien. Saya sudah 3 kali Lebaran pulang Makasar – Jakarta dapat tiket paling murah dengan spekulasi beli di last minute … mungkin orang takut, sehingga tidak jadi beli, akhirnya seat tersisa banyak. tapi resiko harus siap tidak pulang, karena tiket mahal atau kehabisan. Itu opini saya

    Maskrisma

    September 15, 2008 at 10:00 am

  24. susah jg yah , hehehe beli tiket aja kayak main saham… turun naik, pakai gambling2 lagi wallah…

    thanx for the sharing !

    denny

    Oktober 18, 2008 at 5:45 am

  25. MAs, tukeran link yuk, blog ku alamatnya http://www.dapatinfo.com. Tks yah

    Anwar

    Maret 14, 2009 at 2:31 am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 492 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: