Anjar Priandoyo

Bagaimana cara memilih alat kontrasepsi keluarga berencana (KB)

with 103 comments

Ceritanya selepas magrib tadi mampir ke rumah sakit menjenguk seorang sahabat yang baru saja melahirkan anak keduanya. Selisih antara anak pertama dan anak keduanya lebih dari 2.5 tahun. Menurut saya sih normal-normal saja, saya dan kakak saya hanya selisih 1 tahun 2 bulan dan rasa-rasanya sih baik-baik saja tuh. Kalau bicara planning sih, waktu yang ideal mungkin 4 tahun lagi untuk Azkia punya adik.

Ternyata, setelah ngobrol-ngobrol, si sahabat pun punya planning yang hampir sama sebenarnya. Juga 4 tahunan untuk punya anak keduanya. Hanya saja karena ‘kekurang-efektifan’ alat kontrasepsi yang dipilih akhirnya bablas juga. Si sahabat memilih alat kontrasepsi suntik, yang katanya ada sedikit ‘masalah’ saat transisi dari periode tiga bulanan menjadi satu bulanan, maka terjadilah.

Mungkin ada yang punya tips seputar alat kontrasepsi ini? sebenarnya waktu awal-awal menikah, kami juga mengandalkan alat kontrasepsi berjenis kondom. Pertimbangannya banyak, mulai dari belum mapan, belum ada rumah. Tapi lama-lama males juga. Rasa-rasanya sih banyak juga pasangan yang prinsipnya sama seperti itu.

Ada cerita lain? pengalaman dan tips pribadi mungkin?

About these ads

Written by priandoyo

September 12, 2008 at 3:50 pm

Ditulis dalam Keluarga

103 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Pake IUD aja, katanya relatif lebih bebas efek samping dan efektif bener deh.

    ndutyke

    September 12, 2008 at 4:41 pm

    • Anda dapat mencoba berka dengan cara yang lebih sehat yaitu kb alami aceh lihat di wordpress

      rizlul wahidi

      Desember 16, 2009 at 1:03 am

    • Ini penting buat ibu ibu yang membaca pesan saya ini bahwa Keluhan berKB itu tidak dialami oleh sebagian perempuan aceh. ada yang alami dari kami sebagai generasi keempat yang meneruskan cara ini.Aman,nyaman,tanpa keluhan tidak tergantung waktu atau sistem kalender semua anda yang menentukan praktis tanpa bantuan orang lain. Pastikan anda salah satu wanita yang bebas dari beban dalam berkb, hidup bahagia bersama suami dan sehat lahir batin. penawaran ini terbatas jangan disia-siakan WordPress/kb tradisional aceh

      rizlul wahidi

      Desember 16, 2009 at 1:21 am

    • Klo aku sih pernah punya pengalaman ga enak pemakaian kontrasepsi(spiral).kejadiannya aku pernah pasang di bidan tmpat aku melahirkan anak 1.setelah pemasangan dan sampai di rumah perut bawah sebelah kiri itu sakit banget kaya moe lahiran.dan jangkanya dari 10 menit sekali sampe 5 menit, sekali yg itu sakit banget …aku baru pasang 2 jam aku minta di lepas lagi…jd bingung cari kontrasepsi yg aman & ga ada keluhan…ada yg punya saran ga ????

      Bunda Gina

      Februari 13, 2010 at 2:03 pm

      • jadi, apa sebenrnya alat kb yang paling bagus menurut bunda gina?

        dheea

        Januari 26, 2011 at 10:11 am

    • apa IUD itu ??????

      novi

      Mei 1, 2011 at 1:12 pm

      • Aku pinya pengalaman kayanya pake IUD selalu banyak masalah,keputihan,bau tak sedap,sering sakit perut bagian bawah,dan bila dipake ada yang aneh terasa gtu lho!
        adakah yang lebih sehat?

        Tahta Setya Rasa

        Juni 19, 2012 at 12:40 pm

    • saya sudah 2 bln pakai IUD, awalnya bermasalah dengan perut yg terasa sakit mingkin itu masih penyesuaian…
      tetapi selama 2 bln ini saya baru berhubungan 1 kali, padahal biasanya minimal seminggu 2x, katanya suami saya ‘itunya’ terasa ngilu, jadi takut u berhubungan.
      saya dah coba juga pil, akhirnya badab jadi gemuk, suntik juga dah coba.
      mesti gimana yah, jadi tambah bingng nih kalo begini

      anita

      Mei 9, 2011 at 11:46 am

      • Du..jadi takut ni.Tadinya pgn pake IUD juga tapi baca2 begini malah binggung..

        eka

        Juni 6, 2011 at 9:59 am

    • bukannya iud dangat mengganggu bagi hub.seks

      kiting

      Juli 3, 2011 at 6:00 am

    • Kayanya gak juga istriku malahan jadi sering sakit sakitan,adakah yang punya obat tradisional?

      Tahta Setya Rasa

      Juni 19, 2012 at 12:42 pm

  2. apaan tuh IUD?

    riyantoro

    September 13, 2008 at 4:29 am

  3. Kejadiannya sama seperti saya, anak pertama dan kedua beda 2.5 tahun.. tapi saya tidak pake KB waktu itu.

    IUD juga ada efek sampingnya..
    semua yang tidak alami pasti ada efek sampingnya…

    Ahromi Irawan

    September 13, 2008 at 4:52 am

  4. IUD = Inialat Untk Dakhamil
    hehehe……
    asal

    septangerang

    September 13, 2008 at 6:46 am

  5. Sebenarnya yang paling efektif ya kondom (untuk pria) atau tampon (untuk wanita, tapi yang ini tidak terlalu populer di Indonesia). Efek sampingnya hanya biaya yang relatif lebih tinggi daripada alat yang lain. Saya pernah hitung-hitungan dulu *iseng banget*

    Sayangnya, alat kontrasepsi sekarang masih gender banget. Lebih pro pria dan berefek ke wanita. Misalnya, IUD/spiral : pendarahan. Suntik : hormon, jadi mempengaruhi siklus haid dan asi. Pil : gemuk, flek hitam pada wajah.

    Padahal ilmu medis udah semaju sekarang loh. Kenapa ga ada teknik yang menangani pria-nya sih?! Paling vasektomi, tapi kan ga boleh menurut ajaran agama *protes euy! hehe*

    sanggita

    September 15, 2008 at 2:15 am

    • setuju banget ma pendapat mb sanggita!

      Risti

      Desember 11, 2009 at 2:20 am

    • Ayo bagi ibu ibu yang selama ini punya berbagai keluhan dalam berKB masih ada kok solusi terbaik untuk anda tetap sehat. anda dapat lihat di WordPress/KB tradisional aceh. Tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluar. penawaran ini terbatas jangan disia-siakan dan kami adalah generasi keempat yang meneruskan bahkan perempuan malaysia dan korea telah menggunakan cara alami ini karena mereka sadar untuk memilih cara yang lebih sehat

      rizlul wahidi

      Desember 16, 2009 at 1:11 am

      • oya? bagaimana caranya? sharing donk, trim

        andi diah

        Maret 10, 2010 at 1:05 am

      • slm kenal
        saya ingin tau ber kb aceh itu seperti apa ya?
        wassalam

        indri

        Agustus 8, 2012 at 12:30 am

    • mba sanggita apa kondom lebih efektif bagaimana kalau bocor

      eko wahyudi

      Desember 21, 2009 at 4:00 am

  6. Mas Anjar and Mbak Nung..saran saya pake IUD aja, itu yang paling aman menurut saya, dibanding dengan kontrasepsi lainnya yang sifatnya hormonal: suntik, susuk, pil yang kalo gak cocok bisa mempengaruhi body, ada yang mensnya jadi gak teratur, ada yang bikin flek, ada yang bikin gemuk…etc deh, kalo IUD, sekali pasang bisa sampe 8 taun…dan insya Allah aman2 saja..cuma syaratnya harus rajin kontrol ke dokter kandungan sesuai dengan jadwalnya, karena kalo gak rajin nih..bisa kayak saya juga..akhirnya kebobolan anak ke-2..tapi alhamdulillah its oke2 aja.
    Selamat ber-KB ya…btw, kenapa harus nunda sampe azkia 4 taun? hehehe…kasian tuh nanti gak punya temen lagi….

    ren

    September 15, 2008 at 2:44 am

  7. Senasib :) dan kondom itu juga lumayan efektif dalam melenyapkan mood yang sudah muncul, “euh, kok susah dibuka”, “oops jatuh kemana tadi”, dst — ha ha

    Setelah lama survey, akhirnya sampai sekarang istri saya memilih IUD.

    Pada saat ini anak kami ada empat (alhamdulillah), jadi kami ingin fokus ke mendidik & membesarkan mereka dulu. Kalau nanti hasilnya sudah kelihatan bagus, mungkin nanti bisa dipertimbangkan untuk “berusaha” lagi.
    Target saya sih bisa membuat Sufehmi FC (football club) :D tapi saban saya bilang begitu, istri saya langsung menjerit, ha ha ha.

    sufehmi

    September 15, 2008 at 12:36 pm

  8. Saya dulu pake spiral (IUD), begitu 3 bulan setelah melahirkan.

    Alasannya: kalau pil takut lupa minum (lha wong pil vitamin aja sering lupa), suntik juga takut lupa mengingat kapan wantunya mesti suntik lagi (paling males urusan ke dokter)…apalagi kondom (hanya sekali pake, dan alergi, gatal seluruh tubuh).
    Dengan IUD, hanya kontrol 6 bulan sekali, kalau telat tidak apa-apa…..yang sering jadi masalah, jika kita merasa pusing, sakit perut dikaitkan dengan pemakaian IUD, lha nggak pake juga sering pusing (migren), atau sakit perut (minimal sebulan sekali)….

    Paling aman….diskusikan dengan dokter kandungan, karena setiap pemakaian, tergantung kebiasaan kita masing-masing (seperti contoh saya di atas). Saya pakai spiral dari awal tahun 1983 sampai dengan umur 50 tahun, hanya dibuka saat mau hamil anak kedua.

    edratna

    September 15, 2008 at 9:30 pm

  9. Dulu sebel banget sama alat kontrasepsi yang – menurut saya – merugikan kaum perempuan.

    Akhirnya, waktu nikah memakai teknik kolaborasi sistem kalender-coitus interuptus-kondom untuk menunda kehamilan. Tapi malah 2x hamil di luar rencana, hehe. Lagian, teknik itu juga ga enakeun buat suami ya.

    Setelah membandingkan risiko setiap alat kontrasepsi, Insyaallah saya juga mau pake IUD aja setelah melahirkan anak kedua bulan depan. *menyerah juga*

    sanggita

    September 16, 2008 at 1:21 am

  10. aneh ya… susah punya anak pusing, kebobolan pusing juga… dasar manusia…. hehe :P

    nungqee

    September 16, 2008 at 3:34 am

  11. nggak pake alat kontrasepsi aja belom jadi-jadi Njar.. :(

    Nina

    September 16, 2008 at 8:40 am

  12. istri saya dari dulu menggunakan KB pil, dari yang gratisan sampai yang paling mahal (ini sesuai petunjuk dokter). yang perlu diperhatikan jika menggunakan KB dengan hormonal yaitu, jika timbul efek samping seperti badan tambah gemuk, timbul flek hitam, pusing dll. dapat dipastikan bahwa pil tersebut tidak cocok dengan kondisi tubuh anda. Bagi wanita yang mempunyai kecenderungan mioma (tumor jinak kata dokter) maka lebih baik menggunakan pil KB, dimana selain untuk mencegah kehamilan juga digunakan untuk terapi terhadap timbulnya mioma tersebut.

    Giusty

    September 17, 2008 at 3:58 am

  13. kalo saya sih pake iud..biar aman buat saya yang masih muda (26 taon) yg belom mapan n anak pertama masih hyperaktif ga bisa ditinggal….tapi kadang saya ngerasa rahim saya sering pegal2, palagi kalo bis ngangkat berat atao gendong2 anak dalam waktu yang cukup lama..kayanya rahim mau copot dech…palagi ga boleh kan diurut kalo pake iud…tapi buat yang belom mau nambah anak yaahh IUD lah solusinya kalo menurut saya yaah

    cutemom cantik

    September 20, 2008 at 9:48 am

    • kalo saya se7 aja sih.kita kan punya suami klu emang klu dak mau py anak byk ya kt pakai dak pa pa tuk hbgn intim tp kan kurang nikmat,pepatah mengatakan byk anak byk renziki.klu kalangan muda mau hbgn intim ya pakai kdm kan lbh aman .

      afdol

      April 14, 2011 at 5:36 pm

  14. tanya dong,
    kalau pasang IUD sakit gak sih? Pasangnya waktu kapan ya? Ada yang bilang sebelum haid selesai… sebenernya gimana sih?
    Agak trauma post-delivery niy…

    sasha

    Oktober 13, 2008 at 4:09 am

  15. pilihan alkon memang beragam, dan tidak ada alkon yang benar2 bagus atau benar2 jelek. semuanya tergantung tujuan, tergantung kondisi yang akan menggunakan alkon. semua alkon ada angka kegagalannya, bahkan sterilisasi sekalipun. namanya juga buatan manusia. diberi titipan atau tidak adalah hak mutlak Allah SWT bukan?
    berusaha memang harus. dan perlu dilihat kepentingannya, misalkan rencana punya anak 2 tahun lagi,tapi masih menyusui dan tidak ingiin yang sistemik artinya diedarkan keseluruh tubuh ya pilih lah IUD. tapi memang ada efeknya juga seperti mensnya tambah banyak, ada sakit saat haid, awal2 pemasangan juga pegal daerah rahim karena tubuh berusaha menolak alat tsb. tapi efek berbeda dengan komplikasi sehingga tdk berbahaya.
    jika ingin yang hormonal seperti pil atau suntik perlu diperhatikan kondisi ibu, misal yang sudah pernah ada tumor atau sedang ada tumor, atau adanya tekanan darah tinggi, sebaiknya tidak menggunakan metoda hormonal. saat ini sedang diteliti hubungan antara estrogen (hormon yang ada dalam pil kombinasi atau suntik kombinasi)dengan kejadian tumor. tapi masih dalam penelitian. angka kejadiannya memang kecil, dan sebenarnya hormonal disarankan tidak boleh terlalu lama. kalobisa dalam 2 tahun ganti dulu dengan yang non hormonal.metoda yang baru juga suntik 2 bulanan, keluhan2nya sedikit berkurang dibanding yang suntik 3 bulanan.

    santi

    Desember 4, 2008 at 2:15 am

  16. oh ya pasang IUD gak begitu sakit seperti melahirkan koq mbak. so, don’t worry. kl jaman dahulu memang saat haid katanya biar ga sakit, evidence basednya ga begitu beda juga, malah kl sedang haid resiko infeksi lebih banyak krn tubuh kan sedang meluruhkan dinding rahim.pasangnya lebih baik setelah haid, saat anda yakin bahwa sedang tidak hamil. misal 1 hari setelah haid selesai.

    santi

    Desember 4, 2008 at 2:19 am

  17. aq bingung suntik yang 1 bulanan udah 3 bulan kok masih belum datang bulan ya?padahal sebelumnya ndak gitu normal2 aja

    fifi

    Desember 20, 2008 at 8:44 am

  18. bukannya memang suntik KB memang cara kerjanya demikian mbak fifi? dia menghambat produksi telur, sehingga kita nggak akan menstruasi

    nungqee

    Desember 23, 2008 at 1:59 am

  19. Aku tuh plg takut ‘periksa dalam’ jadi IUD sudah ku coret dari daftar KB. Pengen ‘diiket’ takut pengen punya adik lagi. Akhirnya suami yang ku beri pilihan. Vasektomi, kondom atau ha..ha… sekalian aja ‘nganggur’. Dia pilih kondom…. dan alhamdulillah sampai saat ini tidak ada masalah baik financial maupun kenikmatan

    epi

    Desember 26, 2008 at 2:22 am

  20. Saya sudah punya 2 anak,dan alhamdulillah cowok cewek,tapi sampai sekarang saya belum ikut KB. Pinginnya sih mau pake IUD,tapi takut karena saya bermasalah dengan sakit keputihan. Enaknya gimana ya?

    nunung

    April 3, 2009 at 7:42 am

  21. aku habis anak ke 2 kemaren pakai spiral dan kontrol rutin, tapi ternyata juga dikasih titipan lagi ama allah. dan posisi spiral ternyata tidak memungkinkan diambil saat aku ke dokter udah positif hamil 7 minggu.

    dokter kasih option diambil 20% selamat 80% keguguran, tapi kalau spiral ngga diambil tetep ada option 25% keguguran. aku pilih spiral ngga diambil. kebetulan waktu itu ak udah terlanjur daftar haji ONH PLUS ang udah ikut manasik dan biro haji ku bisa ngusahaain paspor jika ak emang mantap berangkat. saat berangkat haji usia kehamilanku 5 bulan lebih n dokter obginku ngijinin daan kebetulan dia juga ikut bareng rombonganku jadi ak tenang.

    alhamdulillah selam di tanah suci tidak ada keluhan apapun malah pantatku yang tiap kehamilan udah agak besar terasa pegal2 malah sembuh.

    tapi setelah 1 bulan di tanah air, air ketubanku rembes dan sempet bedrest di RS 2 mingguan. habis itu 2 minggu kemudian terpaksa bayiku de secar karena ketuban sudah sangat minim. alhamdulillah lahir dengan berat 2.47 kg dan sempurna.

    ternyata setelah secar doter bilang bocornya ketuban karena tertusuk spiral.

    ini bisa jadi pertimbangan temen2. saat ini ak malah belum memutuskan menggunakan alat kontrasepsi apapun. rencana mau KB alami n suamiku memakai kondom.

    arisah

    April 6, 2009 at 11:39 am

  22. waduh tinggal cobloss aja kog repot2

    rian

    Mei 4, 2009 at 6:37 am

  23. lagi binggung juga nihpilih alkon.obi baru 2 bulan tapiwis ga tahan pengen ya..ya..ya sementara ni pake kondom,tapi aku merasa kurang nikmat,enaknya pake apa ya coz aku paling takut berurusan dengan dokter

    mama rina

    Mei 20, 2009 at 4:02 am

  24. sebenarnya masa subur itu kpn sih
    aku sdh 9 thn pakai KB suntik yg 1 bln…memang badan jd gemuk tp seimbang terus kok krn di imbangi dengan olahraga
    yg aku mau tanyain..mens aku jd terhambat..anehnya kl dah mau dekat2 mens tp gak berhubungan
    mensnya gak keluar…aneh ya…tp kl aku berhubungan..mens nya keluar lumayan…kok bs bgt?
    pinginnyaaku ga KB tp tkt kebobolan..krn anaku dah 2…

    ida

    Juni 10, 2009 at 4:38 am

  25. betul nggak sih kl pake pil kb absen 1 hari aja bisa hamil? lalu apa harus diminum sesuai jamnya/pake 24 jam?

    thia

    Oktober 4, 2009 at 5:28 pm

    • setahu saya si begitu kalau habis minum pil KB jangan berhubungan dulu

      eko wahyudi

      Desember 21, 2009 at 3:49 am

  26. selama hampir 2 tahun ini saya menggunakan KB suntik namun yang buat saya merasa tidak nyaman di mana saya mengalami pendarahan dalam sebulan bisa samapai berminggu minggu.jadi bagai mana caranya untuk menghentikan pendarahan itu?

    sania

    Oktober 5, 2009 at 9:43 am

  27. Usia anakku hmpir 8bln.. Wkt usia dy 2bln aku ikut KB suntik yg 1bln, bulan berikutny aku ‘dapet’ hampir 1bln lamany.. Nah, 4bln trkhr ini aku blm ‘dapet’ lg, (parno deh soalny aku gk KB lg..) tpi stlh aku tes hsilny negatif.. Normal gk ya klo kyk gtu??

    Ibu muda

    Oktober 28, 2009 at 4:36 pm

  28. Oiia, tambahanny.. Badan aku juga qk makin kurus, pdhlah pola makanku seimbang apa ad pengaruhny ya dri kejadian it?? Trus, sebaikny ak pke KB ap ya supaya bdanku berisi tpi tidak gemuk!!

    Ibu muda

    Oktober 28, 2009 at 4:41 pm

  29. mw tanya.. saya 23 thn mw menikah dalam wktu dkt ini, tapi berencana untuk menunda kehamilan, bagusnya pk alkon pa ya??minta saran dari yg udh pngalaman. alkon yang aman bwt saya. thx

    Selvy

    November 8, 2009 at 10:28 am

    • KB alami aja… pake sistem kalender. cz setahuku kalo pake KB bukan alami (suntik dll) bikin rahim kering so bisa susah punya anak. semoga bisa jadi masukan.

      Risti

      Desember 11, 2009 at 2:32 am

      • klu kb kalender itu gmn y…
        ap djamin gk bakal kbobolan??
        q bru z mlhirkn anak 1 udh dpet 3bln ini q blm kb

        yiez

        Maret 10, 2012 at 2:15 pm

  30. slmt pg……….dok ni dwi mau tanya..dwi dulu pake kb sunti 1 bulan ngk cocok…begitu jugasuntik 3 bulan……..jdi sekarg dwi pake kb pil…..nah secana mau kb susuk atau imlant apa cocok do…? mau tanya dulu

    DWI

    November 9, 2009 at 4:22 am

    • lah kok…suami ne mb nungQ jadi dokter??? hahahah…

      Risti

      Desember 11, 2009 at 2:29 am

  31. Dok mau nanya, dulu ak udh pernah kb suntik 3 bln sekali itu tiap hari mens trus hbs kb, trus skrg ak ganti pasang susuk kb3 taon, tp sampe skrg udh hampir 1 taon kok gak mens ya? Tlg bu’ minta penjelasannya dan harus gmn? Sebelumnya makacih….

    Cah gunung

    November 13, 2009 at 11:41 am

  32. Saya udah 2 bulan pasca melahirkan anak pertama nyoba KB IUD eh setelah pasang spiral ko malah keluar darah ternyata ada erosi alias luka di mulut rahim terpaksa dilepas lagi spiral nya, nyesel juga neh jadi bongkar pasang

    vy

    Desember 3, 2009 at 6:18 am

  33. aku skrg pake IUD tapi malah lama banget keluar darahnya ni udah hari ke 13 dr saat pasang. malah darah tambah banyak. kenapa ya??? besok ni rencana baru mo kontrol.

    Risti

    Desember 11, 2009 at 2:33 am

  34. Ada solusi terbaik untuk wanita dalam berkb yaitu kb alami aceh yang telah digunakan sejak 1940 aman,nyaman,tanpa keluhan melindungi wanita dan tidak perlu lagi menghitung waktu keseburan, kapanpun anda ingin berhubungan. memang selama ini hanya diketahui dari mulut ke mulut segera kunjungi kami di KB alami aceh atau konsultasi hubungi Rizlul HP 081348758895 24 jam karena kami peduli anda Masalah anda kami pastikan tuntas

    RIZLUL WAHIDI

    Desember 13, 2009 at 2:14 am

    • KB alami aceh, apa si mas KB ini.?

      eko wahyudi

      Desember 23, 2009 at 11:01 pm

      • KB aceh alami adalah suatu cara menutup mulut rahim menggunakan bahan2 alami untuk waktu 1-2 hari dan diganti dengan yang baru. Bila tidak ingin berhubungan tidak perlu digunakan.

        Rizlul Wahidi

        Desember 26, 2009 at 2:12 am

  35. Ada solusi terbaik untuk wanita dalam berkb yaitu kb alami aceh yang telah digunakan sejak 1940 aman,nyaman,tanpa keluhan melindungi wanita dan tidak perlu lagi menghitung waktu keseburan, kapanpun anda ingin berhubungan. memang selama ini hanya diketahui dari mulut ke mulut segera kunjungi kami di KB alami aceh atau konsultasi hubungi Rizlul HP 081348758895 24 jam karena kami peduli anda Masalah anda kami pastikan tuntas.

    RIZLUL WAHIDI

    Desember 13, 2009 at 2:15 am

  36. bagaimana si memilih KB yang baik

    eko wahyudi

    Desember 21, 2009 at 3:45 am

  37. Aq lagi pusing milih alat kontspsi yg pas buat aq…tlg dong kasih solusi????

    itje

    Januari 1, 2010 at 3:41 pm

  38. Q mo tnya,ktax kl kta prnh pnya pnyakit kelenjar gondok hrs hati2 dlm mmilih alkon,bnr gk sih?Trus enakx pke alkon ap?Q gk mau mpengaruhi brat bdan kl bs sih mlah ngurusin.Trus kl kta pke alkon tp gk bhubungan bs gk ya?Alasanx agar brat bdan kta trun….Tlg ya ksh solusi bat q..

    Laura

    Januari 4, 2010 at 2:14 am

  39. aku baru2 ini mlahirkn anak ke 2.rencananya mo pake alkon yg bs bkin gemuk tp ga mmpengaruhi kualitas ASI.soalnya aku kurus banget.berat bdn ku stelah mlahirkn 2 minggu adlh 42kg dari 52kg slama hamil.tolong solusinya ya.. :)

    sansan wawa

    Februari 3, 2010 at 6:41 am

  40. Cara gmuk gampang tinggal makan yang banyak,minum manis dan jangan lupa ngemil dan hindari stres

    rahma

    April 10, 2010 at 4:58 am

  41. aq br melahirkan dan mo pakek IUD katany 40hari habis melahirkan harus langsung pasang tp kemarin aq ke bidan yang bantu aq melahirkan orngnya sakit…kira2 kLau da 42hari bs gak ya pasang?to nunggu setelah haid dulu?untuk yang tau bantu jawab donk….?makasi

    nopie

    Juni 7, 2010 at 3:37 am

    • Katanya bisa pake jamu, tapi aku juga blm pernah nyoba sih

      mama Azzam

      Agustus 24, 2010 at 7:55 am

    • Bisa,ga pa2 bu,saya juga hbs 40 hr nifas lanjut mens seminggu trs baru pasang KB.

      ella maulia

      Oktober 18, 2010 at 7:20 am

  42. ak dlu pernah kb spiral tpi infeksi true ak copot skarang ak plih kb suntik BBku naik tiap bulan naik 3kg,skarang ak mau pindah ke kb susuk atau spiral mohon dibantu enakny pakei kb apa soaly takut gemuk.

    charisa

    Oktober 9, 2010 at 4:40 am

  43. Sekarang ini saya pke KB implan, di pasang sejak anak pertama berumur 1 bln. Selama setahun anakku sehat dan BB sll naik. tp setelah setahun,anakku srg sakit sakitan,apakah ada pengaruhnya dg KB yg sy pke? Saya dgr2,klo pke implan,anak srg sakit2an,tp klo pke steril,anaknya sehat trs.Tp yg namanya sakit kan yg ngasih Allah SWT. Tapi saya pgn tahu kebenarannya,mohon solusinya………….

    ella maulia

    Oktober 18, 2010 at 7:15 am

  44. denger2 IUD itu meluruhkan zygot (sperma dan sel terus yg udah ketemu). Berarti membunuh calon bayi dong. Kayaknya, kalo pengen tenang lahir batin, dunia akherat, aku pake kondom aja deh.

    dea

    November 29, 2010 at 7:56 am

  45. denger2 IUD itu meluruhkan zygot (sperma dan sel telur yg udah ketemu). Berarti membunuh calon bayi dong. Kayaknya, kalo pengen tenang lahir batin, dunia akherat, aku pake kondom aja deh.

    dea

    November 29, 2010 at 7:57 am

  46. Aq mau sharing nh.
    ank q br brusia 3 bln. slm itu aq lum da pke Alkon apapn. suami q g ngizin aq pke alkon, tp aq tkt kbblan, coz kasian ank q msh kcil.
    gmn ya crax pke KB kalnder? atau KB alami? tlg d jlskan bg yg bnyk th ttng itu. tx

    Bunda Cipta

    Desember 3, 2010 at 1:47 pm

  47. ..mau bagi pengalaman ni, aku udh pk IUD krg lbh mau 1 thn. Knp pilih IUD karna mens lncr tiap bln. Nah skrg aku lg isi 2 bln dgn kondisi IUD msh ad d dlm tp kt dktr ga mslh. Salahnya aku ga kontrol lg setelah dokter kndungan blg posisi IUDnya udh bagus, karna ngrasa tiap bln lncr dpt mens trus ya ga kontrol2 deeh, eh eh eh skrg hamil lah.. Sempet menyalahkan diri sendiri karna ga kontrol, tp ya sudahlah mgkn ini sudah kehendakNYA. Jd trauma pk IUD, makanya mau gnti alkon rencana mau beralih k suntik tp ad rasa tkt sulit dpt mens kan ga enak rasanya klo siklus mens ga lncr, pk kondom tkt bocor klo ga meleber karna ga ketampung nnt jd lg,ad ga ya kejadian ky gtu hehe..

    fitri

    Desember 13, 2010 at 12:52 pm

  48. bingung jdi nya mo pilih kb apa??
    suntik dah pernah,iud udah,pil juga udah,kondom palagi,,tp smpai skrang lum nemuin kb yg cocok. klo g d kb takut nya “tunji” lagi….
    hheee…

    uchan

    Maret 11, 2011 at 5:15 pm

  49. ………emmmh….bgaimana pndapat anda anda smuanya ttg alat kb yg kontrasepsi mnurut pndngan islam apakah boleh atau tidak

    ema puteri

    April 20, 2011 at 2:42 am

  50. Pakai KB alami aja… di jamin aman dan nyaman…. ( KB = Kroso Bethot ) hehehe….

    Cah_ngawi

    Mei 10, 2011 at 12:53 pm

  51. IUD = intrauterine device, dlm bahasa indonesia dikenal dg AKDR / spiral = alat kontrasepsi dalam rahim, jadi alat kontrasepsi ini nantinya aakan di pasang d dalam rahim. klo mnrt efektivitasnya (angka kegagalan terendah, bukan angka kegagalan NOL lho ya, krn tiap alat kontrasepsi pasti memeiliki angka kegagalan,meski cm 2 %) ,mnrt penelitian terkini alat kontrasepsi utk pria : vasektomi/ MOP menempati urutan tetinggi, baru kemudian diikuti oleh kondom, coitus interuptus..
    utk wanita, yg paling efektif adalah : tubektomi/ steril/ MOW, diikuti oleh IUD/spiral, suntik, pil, diafragma..utk pemilihan alat kontrasepsi tergantung pilihan pasien, kecocokan hormonal dan kenyamanan pasien.utk lebih jelas diskusikan dahulu pilihan ini antara pasangan dan dokter kandungan anda..tks

    dr.tya

    Mei 17, 2011 at 6:00 am

  52. iya nich….aku juga bingung kali ttg masalah KB. pengennya sich yang alami aja, gak pake yang hormonal, tapi kalu pake spiral kayaknya aku msh blm yakin. padahal waktu ngelahirin anak yg kedua aku udh minta steril sm dokter, masalahnya aku kan udh oprasi 2x, tp dokternya gak mau dgn alasan aku msh muda dan msh bs dapet 1 lagi dgn jln operasi jg.hufff…aku sich udh cukup 2 aja..sepasang lagi…..

    ndaa

    Agustus 19, 2011 at 3:37 am

  53. Saya jadi bingung memilih kb ap yg cocok untuk istri,krn tipikal orangnya lupaan dan alergian.

    Rad

    September 16, 2011 at 7:18 am

  54. tolong informasinya dong untuk kb steril,,berhubung anak qu dah mo 4 kayaknya yg plg aman itu deh,,ada yang tau ga ya,kisaran harganya?thx

    vera romdoni

    Oktober 2, 2011 at 11:02 am

  55. aq lagi nyari2 apa sih alkon yg paling cocok n relatif aman ke badan…dari baca2 diatas, IUD/spiral itu dipasangnya dimana??truz sakit ga pas dipasang.soalnya aq ga tahan banget klo harus ngerasain sakit apalagi td ada yg bilang sakitnya kaya pas mo ngelahirin….ikh ga kuat banget…

    ariya

    Oktober 3, 2011 at 11:09 am

  56. saya juga bingung mo pake apa, suntik jadi gemuk, ngepil takut lupa, iud pas masang katanya sakit, trus pake apa

    lilik faizah

    Oktober 4, 2011 at 3:30 am

  57. syering nie setelah melahirkan ank 1 Q cba pke pil terxta efeknya kepala pusing & timbul flek2 bdan Q mkin lma mkin krus, Q mo cri KB yang bsa gmukin bdan mo pke suntik tkut jarum mo pke IUD dr wktu pmsangan smpai 1bln pmsngan ktax skt bgt pke pa ya? cz Q mch muda bgt tkt ma pnmpilan…..
    di tggu komentx thAnks.

    bunda berry

    Oktober 14, 2011 at 1:39 pm

  58. da tmn sya dah sbulan ni ga mentruasi,bgemna cra’y ya..

    camay

    November 3, 2011 at 6:19 am

  59. gimana cara supaia cocok suntik atau susuk

    revan

    Desember 12, 2011 at 6:04 am

  60. coba aja nih resep dari aku pasti ces pleng… kalo mau berhubungan naiknya dari sebelah kiri trus turunnya dari sebelah kanan… tapi ingat… jangan berhenti di tengah-tengah hehehe….

    ismoyo wisnubroto

    Desember 23, 2011 at 1:51 am

  61. Hallo….Mau tanya2 ni…
    istri saya baru melahirkan anak kami br berumur 40 hari, kami lagi binging pilih2 KB yg bagus buat istri saya, minta sarannya bagus menggunakan KB apa…

    sp

    Januari 24, 2012 at 2:38 am

  62. alami ja bu lbih aman yaitu keluarin di luar

    eni

    Februari 17, 2012 at 7:11 am

  63. hmmm…yang aman 7 enak enaknya pakek ap ya….

    yiez

    Maret 10, 2012 at 2:30 pm

  64. halo Ibu2 semua aku mau sharing dong……..selama 11 tahun aku menggunakan PIL KB gak ada masalah tuch spt yg dibilang orang2 ( mis : timbul plek2 hitam di wajah ) asal jgn lupa minum aja ya…(bisa hamil lagi lo ).karena kalau pakai IUD aku risih waktu pemasangan nya..oh iya kalau pakai PIL badan bisa melebar ya, jadi jaga pola makan jangan spt saya ( wat yg mau gemuk boleh coba ya )

    ayu

    Maret 13, 2012 at 7:10 am

  65. saya mau pindah dr kb suntik ke pil gimana cara memulainya apa nunggu sampai menstruasi dulu padahal sejak pake kb suntik saya jarang menstruasi..dan bb saya makin nambah dulu 50 kg sekarang jadi 60 kg dan anak pertama saya sekarang sudah berumar 9 th,,,pake kb apa yg aman ,,tp sy gak mau pake iud.dan susuk…??? mohon di bantu

    ummy nata

    Maret 16, 2012 at 4:22 am

  66. setelah aQ bc semua kykx aQ pucing….pilih kb y aman,masalahx z sdh 2kli dicesar jd takut klw sampe dcesar lg sdh trauma banget aQ HAMIL

    Rizka Jie

    Maret 29, 2012 at 4:44 pm

  67. yang paling aman di kluarin di luar aj ,, crit.. crutt…crott ups!!!! kebablasan….

    bopo

    April 12, 2012 at 2:45 pm

  68. Kita bebas memilih yang cocok buat kita…

    Cara Bisnis Pulsa

    Mei 20, 2012 at 6:14 am

  69. Aku pake KB IUD lama (kira – kira 10 thn) dan aman aman aja perasaan ku dalam beberapa tahun belakangan ini aku gk pernah kontrol, aman gak ya..aku trauma kalau kontrol sok takut duluan. Tapi saat ini aku merasa sakit perut kanan bawah cetit ..cetit.. kadang -kadang..apakah ini pengaruh alat kB kah. pls info dong bagi dokter kandungan yag lagi baca nih..

    Ken

    Mei 24, 2012 at 10:36 am

  70. Memang bingung memilih alat kontrasepsi yang tanpa efek dan cocok….termasuk aku.
    Aku baru aja 6 blan yang lalu oprasi sesar tpi bayiku dah mninggal didalam diusia 8 blan khamilan. dan kta dkter aku hrus nunggu 2-3 tahun lgi bru bleh hmil. hmmm……. skarang jdi bngung mlih KB apa yg pas n cocok. pernah skali pake KB suntik 3bulan tpi efeknya malah haid trus, trus aku coba alami aja/kondom tpi lama-lama suami capek jga dan kurang nyaman. akhirnya skarang aku ganti pake pil aja bru 3 hari ini aku mnum ….jdi blum tau sih efeknya gimana, ya smoga aja gak ada efeknya amiiin.

    agny

    Juli 6, 2012 at 3:15 am

  71. bidannya kyknya gak mau ngasi balasan setiap pertanyaan yah, apa mungkin karena dianya juga ga tau x yah..
    capek dechhh…!!!!

    yana

    Juli 13, 2012 at 2:31 am

  72. informasinya menarik sekali..kalo kb itu enaknya ambil yg gimana ya

    cara sehat

    Agustus 12, 2012 at 8:09 am

  73. Bagaimana caraya pindah dari kb suntik ke kb pil

    Badrudin

    September 5, 2012 at 11:17 pm

  74. usaha perlu tapi jangan lupa anak itu titipan Allah kalo di kasih jangan nolak, banyak juga saudara kita yang pengen punyak anak tapi gak dapat ……??????

    Tamsil

    Oktober 31, 2012 at 3:18 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 489 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: