Anjar Priandoyo

DVD Bajakan: bagaimana sistem distribusinya?

with 48 comments

Kemarin wiken saya dan istri mampir ke Mangga Dua, istri sibuk dengan daftar belanjaannya sementara saya clingak-clinguk cari DVD hehehe. Saya sendiri sebenarnya tidak punya agenda rutin untuk membeli DVD bajakan. Sesempatnya saja, kalau jalan ke ITC BSD ataupun kebetulan ke ITC Kuningan selalu disempatkan untuk membeli DVD ini.

Agak terkejut ternyata di Mangga Dua harga DVD yang ditawarkan adalah Rp5000,- sementara harga pasaran di BSD/Kuningan adalah Rp7000,- kok bisa ya selisihnya terpaut jauh. Pertanyaan harga dasarnya DVD ini berapa ya? dan sebenarnya sistem distribusinya seperti apa?

About these ads

Written by priandoyo

Desember 23, 2008 at 9:48 am

Ditulis dalam People

48 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Huhuhu… kalo saya sih nyari gituan pasti ke Mal Mangga Dua, udah ada langganan..:-D

    Harga dasarnya ngga tahu ya, Rp 2-3 rb kali. Tapi sepertinya DVD2 ini sudah produksi lokal loh, bukan barang impor..;-)

    acooljerk

    Desember 24, 2008 at 1:44 am

  2. mmm..kalo yang saya tahu mereka (orang2 yang berkecimpung didalam bisnis bajak-membajak) membayar “pajak” yang cukup besar ke polisi

    Aria Turns

    Desember 24, 2008 at 2:28 am

  3. hmm.. ini sih sepertinya bisnisnya udah sindikat.. dan pastinya dalam partai besar.. mereka punya alat khusus yang memiliki kemampuan menggandakan yang kemampuannya dalam sejam cukup banyak..
    kalau bermodalkan hanya dvd writer komputer rumahan kayaknya agak berat yah..
    tertarik mas anjar ? :D

    Indra Hadi

    Desember 24, 2008 at 6:33 am

  4. di palembang malah 10.000 ada juga yang jual 20.000

    ivn

    Desember 24, 2008 at 7:11 am

  5. dulu liat di tv cara bikinnya pake mesin kayak pembuat dvd asli. jadi dari biji plastik langsung jadi dvd. kalau di jogja di jalan mataram (deket malioboro) banyak yg jualan bajakan. padahal disitu juga ada pos polisi :D

    Darmawan

    Desember 24, 2008 at 4:44 pm

  6. kalo dah jaoh2 ke mangdu sih, jangan nanggung beli DVD bjkn yg gocengan geto pak, mending skalian beli bjkn HD rp 30- 60k ato bjkn blue ray rp. 120k-150k, eh sori, bukannya sy ngeromendasiin ya, cuman kalo beli yg bukan bjkn (pake pajek) di salah satu toko disitu suka empet begetek liat harganya hhh….

    Jiwa Musik

    Desember 24, 2008 at 5:35 pm

  7. @Jiwa Musik
    uhm, kenapa ya kok kayaknya sebel banget dengan harga HD atau Blu Ray yang mahal? Bukankah sesuai dengan hukum ekonomi, demand sedikit dan supply sedikit –> membentuk pasar niche –> harga cenderung stabil (baca: mahal).

    Biasanya untuk model seperti ini harus dibuat dulu campaign untuk menggantikan DVD, sebagaimana DVD “menghancurkan” pasar VCD.

    Amir Karimuddin

    Desember 25, 2008 at 2:48 am

  8. di Jogja jg udah gocengan kok..

    eto

    Desember 25, 2008 at 1:13 pm

  9. DVD bajakan ya…????
    em’m….kalo ngomong2 soal software bajakan sebetulnya jujur aja memang menguntungkan sekali buat masyarakat indonesia yang memang ekonominya relatif pas-pasan. mau beli yang asli????Mahal Bro,,,,,

    garudatp

    Desember 25, 2008 at 3:28 pm

  10. pernah ngobrol dengan langganan di mangga dua (toko langganan maksudnya), katanya sih dia ambil langsung dari ‘importir’-nya. Seringnya selundupan dari malaysia, lewat kalimantan.

    dragz

    Desember 26, 2008 at 2:25 am

  11. @Amir Karimuddin
    gw gak sebel ma HD or Blue Ray, palagi yg bjkn hihi… :mrgreen:

    yg gw sebelin tuh DVD import legal (pake stiker pajak), harganya bisa 2 sd 5 kali harga blue ray bjkan itu tapi dapetnya suka stereo doang. Mank sih legal n halal ya……. tapi harganya itu loh yg gak tahan d :D

    but iyah nie keknya soal hukum ekonomi dasar 1, orang indo yg mau beli dvd bjkn or illegal gitu masih mayoritas hehe….

    Jiwa Musik

    Desember 29, 2008 at 2:13 am

  12. DVD Bajakan??
    Klo ada yg murah ngapain beli yang mahal??
    Sebenernya aq bingung, klo kita beli asli kita dpt untung apa sech… bukannya HAKI itu cuma melindungi industri2 kapitalis yg jelas-jelas nggak mentingin rakyat kecil.

    Apa jadinya klo UU HAKI benar2 diterapkan secara tegas di Indonesia. Aq berani jamin, pasti lebih banyak komputer yg nggak laku, rakyat banyak yg gaptek, trus Kangen Band ga bakal setenar sekarang… hehehehe

    Ade Putra

    Desember 29, 2008 at 2:59 pm

  13. @Ade Putra:
    HAKI cuma melindungi industri kapitalis yang ngga mentingin rakyat kecil?
    Buset dah, mikir dong bos. Kalo ngga ada HAKI ngga bakal ada Kangen Band…

    acooljerk

    Desember 29, 2008 at 3:36 pm

  14. Aduh..mas priandono nggak tahu ya, beli bajakan kan hukumnya haram. Sama aja membeli barang curian loh. Tanya deh MUI.
    UU HAKI tidak melindungi industri kapitalis kok, tapi untuk menghargai karya seseorang, agar dia terus berkarya. Untuk membuat film atau karya apapun (yang bagus) tentu ada sebuah proses. Tidak mudah loh menciptakan sesuatu. Mungkin ini bisa jadi perenungan untuk tidak mudah membeli barang bajakan. Bagaimana kalau posisi kita sebagai pencipta? Lagian malu dong pakai barang bajakan…

    epi

    Desember 30, 2008 at 3:00 pm

    • ente sih enak banyak duit,ya qta orang susah,dvd yg aslikan mahal bgt.

      anto

      Oktober 27, 2013 at 4:42 pm

  15. masalah dosa dsb dst nya emang bikin hati nga tenang nonton dvd bajakan.
    godaan di mang du and glodok [sin]city kelewat besar! beli 10 gratis 1 dgn bandrolan 5000perak, tak lebih dari 5% dari harga asli per kepingnya!

    cuma, ya itu: dvd ori bajakan tetep aja secara kwalitas kurang [bisa di liat dari bit rate nya yg hanya 1/2 dari dvd asli]. tapi utk sebagian rakyat kita cukup lah. murah meriah dan bisa ditonton sekeluarga apalagi dengan tambahan speaker serta amply. jadi bioskop rumah udah [jadi dosa masal dah]..he..he..

    susah seh. dilematis ini masalah. lagian dvd bajakan jg kasih kerjaan buat sebagian golongan masyarakat ketjil. dari pada ngaggur n jd beban ekonomi.

    sebenarnya ada sisi baiknya pembajakan, harga-harga dvd asli bisa lebih ditekan. terbukti harga sekarang bisa jauh lebih murah. pemilik film/produsen/distributor dvd resmi terlalu byk ambil untung.

    novem

    Januari 3, 2009 at 7:55 am

    • setuju banget tuh…

      anto

      Oktober 27, 2013 at 4:44 pm

  16. saya setuju banget dengan @Jiwa Musik, @acooljerk, @epi

    kalo bisa sih kita berusaha dululah mendidik keluarga dan anak2 sejak dini untuk menghindari apa saja yang illegal dan haram, apalagi merugikan hak rejeki sesama. Tentunya tidak mudah menghasilkan dvd yang kita beli itu, membutuhkan modal dana, sdm, waktu yang tidak sedikit, dll.

    Bagi yang tidak/belum mengutamakan legal dan haram tidaknya sebuah produk, baik itu DVD/VCD, software, MP3, dll tentunya sudah punya banyak dalih, dan rasa-rasanya di indonesia, segencar apapun kampanye anti pembajakan ataupun kotbah2 tidak akan bisa menyadarkannya utk insyaf dan bertobat kecuali dg pelaksanaan hukum yg tegas dan tidak pandang bulu

    Daripada menunggu ketegasan aparat penegak hukum untuk menghentikan sistem distribusi dvd bajakan yang meracuni mental dan budaya anak cucu kita, lebih baik kesadaran untuk tidak mentoleransi hal-hal yang illegal dan haram dimulai dari diri kita masing2.

    monteiroy

    Januari 3, 2009 at 2:27 pm

  17. saya setuju banget dengan @Jiwa Musik, @acooljerk, @epi

    kalo bisa sih kita berusaha dululah mendidik anak2 sejak dini untuk menghindari hal2 apa saja yang illegal dan haram, apalagi merugikan hak rejeki sesama. Tentunya tidak mudah menghasilkan dvd yang kita beli itu, membutuhkan modal dana, sdm, waktu yang tidak sedikit, dll.

    Bagi yang tidak/belum mengutamakan legal dan haram tidaknya sebuah produk, baik itu DVD/VCD, software, MP3, dll tentunya sudah punya banyak dalih, dan rasa-rasanya di indonesia, segencar apapun kampanye anti pembajakan ataupun kotbah2 tidak akan bisa menyadarkannya utk insyaf dan bertobat kecuali dg pelaksanaan hukum yg tegas dan tidak pandang bulu

    Oleh karena itulah, daripada menunggu ketegasan aparat penegak hukum untuk menghentikan sistem distribusi yang meracuni mental dan budaya anak cucu kita, lebih baik kesadaran untuk tidak mentoleransi hal-hal yang illegal dan haram dimulai dari diri kita masing2.

    monteiroy

    Januari 3, 2009 at 2:32 pm

  18. Sewaktu ada teman saya dari malaysia main ke jakarta, kemudian saya ajak mampir di glodok, dia terkejut melihat penjualan DVD bajakan sangat terang – terangan termasuk DVD porno, seperti baru melihatnya pertama kali. kemudian teman saya berminat membeli sekitar 1 lusin, walaupun akhirnya tidak jadi dibawa pulang ke malaysia karena takut kena razia di bandara.
    Penjualan barang ilegal yang sangat terang2an menurut saya pasti ada keterlibatan oknum aparat. oleh karena itu tidak bisa diberantas, bahkan lama kelamaan menjadi hal yang biasa (Membudaya).

    Yuzi

    Januari 8, 2009 at 1:56 am

  19. Saya sepakat untuk tidak membeli vcd atau dvd bajakan produksi anak negeri. Saya selalumembelikaset-kaset atau vcd original. tapi menurut kalau dvd dari luar saya beli yg bajakan. Orang di atu plaza dan ambasador banyak bule yang terang2an beli bajakan produk mereka sendiri tanpa mali.

    JO

    Januari 14, 2009 at 1:48 am

  20. yang di ITC Kuningan belinya di glodok, pernah denger seorang penjaga dan pemilik ngobrol ttg film apa yg akan dibeli di glodok utk dijual lagi. sang penjaga hafal betul judul-judul yg laris manis.
    denger-denger kata teman, harga di glodok sekitar 3rb an. kapan2 pengen juga membuktikan hal ini.
    untungnya banyak? mereka kan harus bayar uang “keamanan”, sehingga mereka selalu luput dari razia. kalau apes? semuanya diangkut…

    reza yazdi

    Januari 15, 2009 at 9:09 am

  21. di Glodok itu surganya film bajakan. Mulai dari film anak2 sampai esek2 ada di sana. Komplit banget, beli banyak lebih murah ketimbang satuan.
    Makanya penjual yg ada di mg dua, senen, cawang atau tempat lain di seluruh indonesia pasti ambil barangnya dari glodok.
    Sudah terang2 an dan gak ada yg ditutupi. Kita kalu ke sana kayak datang ke pabrik atau industri film bajakan. Banyak pekerja yang mulai dari memilah film, nyiapin kemasan, sampai dengan pengepakan menggunakan dus gede yang siap dikirim ke seluruh indonesia.
    Bener bebas dan nyaman buat tumbuhnya industri yang memalukan SBY dan JK itu.
    Silahkan teman-teman buktikan. saya mengundang
    anda…………….
    Mustinya pejabat, tokoh agama, aparat dll lihat langsung dengan mata kepala sendiri. Benar2 terbuka dan bebas.

    wawan

    Januari 19, 2009 at 6:28 am

  22. Harga dasar DVD blank: 2000-3000rp, internet dll.

    Dari satu keping sudah menghasilkan margin sekitar 20-40%, anda tinggal kalikan jumlah masal produksinya.

    Caranya juga mudah…..he..he..he. Tapi saya bukan pengedar lho…..wekeke

    Pasti kaya deeh……

    Adji Waluyo P

    Februari 16, 2009 at 3:13 am

  23. @adji wp
    jangan lupa margin 20-40% itu dikurangi biaya lain2
    (sekali razia misalnya, bisa rugi jutaan rupiah)

    realis

    Februari 22, 2009 at 12:42 pm

  24. Hi..hi…pada pinter itung-itungannya, jangan-jangan……….??

    epi

    Februari 23, 2009 at 7:28 am

  25. gw minggu lalu beli dvd bajakan di glodok (pusat grosirnya krn mereka sedang packing dan pasang label). Per keping 4rb.

    Gubrak

    Februari 23, 2009 at 8:47 am

  26. Kok menurut gw dvd bajakan yg dijual di mangga dua jauh lebih berkualitas dibanding glodok ye. Ape sumbernya beda?

    Janten

    Maret 7, 2009 at 9:51 pm

    • orang dari mangdu ya belanjanya di glodok bro mana mungkin bed kualitas

      shane

      November 25, 2009 at 7:37 pm

  27. Berpikirlah positif, penjualan DVD bajakan merupakan usaha kecil menengah (UKM) yang harus dilindungi negara, bukan diberantas. Sama seperti pabrik rokok (tembakau), walau berbahaya bagi kesehatan tapi dilindungi pemerintah karena menyerap banyak tenaga kerja (mengurangi pengangguran).

    Tono

    April 2, 2009 at 4:28 am

  28. @Tono:
    wah, menyerap tenaga kerja sih boleh saja, tapi kalau sampai berbuat kejahatan yang merugikan gitu bagaimana? perompak selat malaka juga menyerap tenaga kerja kan, tapi jelas2 bukan hal yang harus dilindungi negara.

    tapi mungkin beda dengan yang lain ya, menurut saya yang merugikan itu justru bukan dari aspek pembajakannya. (saya sendiri sering men-torrent movie atau mp3 dari internet =) yang merugikan dari pembajakan DVD menurut saya adalah memudahkan akses materi pornografi untuk anak2 di bawah umur. (bahayanya dalam merusak otak anak2 kecil sudah jelas lah ya)

    kalau di luar negri, penjualan DVD seperti itu dikontrol ketat, anak dibawah umur bisa2 dikirim ke polisi kalau coba beli. tapi di sini? anak SD bisa dengan mudah beli DVD porno di pasar2 di seluruh Indonesia, ‘thanks to’ pembajakan DVD.

    ibam

    Mei 10, 2009 at 2:02 pm

  29. iye….d mangdu mah 5.000.sih mahaal boz, gw ad langganan d ksh hrg 3.500.tp ambl d ats 50pcs.klo msh film porno sih da biasa tuh,lgian nak kcl mah pedagang mangdu ga akan d ksh,…comment tono berlebihan tuh….he,,he..

    dede

    Mei 19, 2009 at 6:53 pm

  30. Di Indonesia dah pinter koq…kalo yg porno gak dilihatin cukup pake kode…dan pedagang juga dah pinter mana yg minat dan mana yg tidak…jadi meski bebas tapi ada norma-nya.
    Paling mahal kalo di glodok 4rb per keping…ambil berapa aja segitu harganya….mungkin kalo dah sering ngambil bisa dikasih diskon.

    Gubrak

    Mei 20, 2009 at 1:37 am

  31. Kayaknya tuh pemasoknya semacam home industry gitu deh, tapi tinggal nunggu ketangkep aja seperti yang udah2.

    Software UM

    Oktober 14, 2009 at 1:45 am

  32. Jika dibandingin kualitas, tentu yang bajakan jauh kualitasnya (ketahanan camkram, reflektor cakram, soundnya maupun gambarnya, dan biasanya suka eror di bbrapa bagian)

    Tapi yang ori juga mengecewakan selalu kena sensor :-( sebenarnya kan bisa dimanfaatkan fitur parental locknya)
    contoh titanic pada scene melukis. abis deh ke gunting

    MasWiwid

    November 13, 2009 at 9:25 am

  33. Mmmmm, wah tergantung kualitas pembajaknya Pak, saya pernah dapat yang bajakan, gambar dan suaranya—-ori punya…^_^, just sharing.

    Awip

    November 13, 2009 at 9:28 am

  34. http://www.eastgame.net….sekali rekan2 nyemplung ke forum ini…bakalan basah kuyup sama yg namanya software+pelem bajakan…

    Brajamusti

    Desember 21, 2009 at 11:34 am

  35. bangg,,

    ane minta info tempatnya di mana gak,? kalau dari stasiun kota, naik angkot apa??

    wong ndeso

    Oktober 26, 2010 at 1:01 pm

  36. bagi fans berat yang mampu dan mau beli asli tp ga tersedia di toko (biasanya artis dvd ori luar), piye jal? yo kepekso tuku bajakan nooo

    aan aja

    Januari 15, 2011 at 7:17 pm

  37. Setuju sama komen diatas saya. Lha wong yg ori aja ga tersedia disini (misal: DVD konser luar), jd ya terpaksa beli yg bajakan. Apa ini konspirasi? Blm lg pajak yg ori dikemplang ma “Gayus2″.
    Bwt info saja, mesin pengganda DVD bajakan berukuran besar, sangat mahal & sangat berharga bagi pembajak. Biasanya disimpan & dioperasikan di dlm kontainer sehingga mudah dipindah2kan klo ada razia. Bahan dasar DVD bajalan bkn kayak DVD blank yg dijual di toko2 komputer, tp make biji plastik, jd jauh lbh murah meriah.

    aan jg

    Maret 9, 2011 at 7:04 am

  38. di golodok harga 1dvd bajakan 3rb’n? di tempat gue di daerah pondok ungu, tuh ada 1tempat yang jual dvd bajakan 10rb 4 loh, dan untuk cd 10rb dapet 5 bahkan kalo beli 20rb bisa minta bonus 1 ajiebb kan :D ,, padahal ga terlalu besar lapak nya,, itu tempat yang paling murah menurut gue,, bayangin aja 10rb 4 untuk harga eceran

    randi kribo

    September 28, 2011 at 10:54 pm

    • hmm.. tau ngk brp no yg bs di hbngii? minat bgt tuh klo harga.y murah itu,,

      tyaspalupii

      Desember 13, 2012 at 2:49 pm

  39. Ahhh banyak ya komentarnya….ada yang pro dan kontra…tapi yang pasti memang untuk saat ini masyarakat lebih memilih yang sesusai koceknya..pendapat mengenai salah atau tidak ya pasti salah karena melanggar undang undang,tapi undang2 di Indonesia memang kayaknya kalah dengan kepentingan pribadi atau golongan alias uang.Kalo ditanya kenapa tidak diberantas tuntas???kyknya susah bro…Yang buka lapak jelas setoran ke aparat penegak hukum,tapi itu kecil karena setoran sebenarnya ada di kalangan petinggi negara ini.Karena itu para aparat penegak hukum juga tidak berani memberantas bisnis ini karena melibatkan profit yang bukan M lagi…..imagine that…

    josh

    Januari 12, 2012 at 10:06 am

  40. INGAT!!!!!!

    Dengan menghalalkan segala cara (membajak salah satunya) apalagi merampas hak rang lain, dengan segala alasan anda (murah, lowongan kerja, kapitalis lah, pajak lah, dll), maka bersiap-siaplah suatu saat ada sesuatu yang anda miliki (bahkan anda cintai) akan di bajak juga oleh orang lain (ntah itu rejeki, pacar, anak, istri, ide, kebebasan). mutlak hukumnya, anda tidak akan mati sebelum anda menuai buah perbuatan anda.

    Budi

    April 24, 2012 at 1:20 pm

  41. kebanyakan cerita seh pemerintahan ini coba kalo yg original lebih murah dr ug bajakan siapa coba yg mau pake yg bajakan

    daniel

    Agustus 15, 2012 at 7:56 am

  42. Yg Minat Order DVD Drama & Film Barat,Korea,Jepang,dll dgn kwalitas gbr bagus dgn subtitle Indonesia dgn hrg Rp.5rb/dvd diluar Ongkir

    Buka & Like Fanspage FB : http://m.facebook.com/JualDvdDramaFilm?refid=56

    Via bbm : 27FC7549

    Jual dvd Drama & Film Online

    November 22, 2012 at 8:47 am

  43. Haiā€¦Buat yg mau beli banyak (Grosiran ) u/ di jual lagi u/ Toko dvd atau mau buka Toko DVD,yukkk hubungi kami ada harga khusus u/ beli Grosiran, Siap kirim Sel.Indo. Film/serial Barar,Korea,Jepang,Kartun,Anime,dll,Mp3,Game PS,dll

    Minat Order Grosiran
    Via SMS (Only) : 082347638725
    Pin bb : 27fc7549

  44. […] pertanyaan setahun yang lalu terjawab sudah -mengenai distribusi DVD bajakan. Beberapa hari yang lalu sempat main ke Glodok untuk melihat pusat DVD bajakan yang katanya […]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: