Anjar Priandoyo

Tips mengikuti ujian BSMR

with 13 comments

Ujian BSMR (Badan Sertifikasi Manajemen Resiko) adalah salah satu ujian wajib bagi kepada seluruh pengurus dan pejabat bank dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen risiko perbankan Indonesia dan corporate governance, detail bisa dilihat disini. Dari kacamata karyawan, ujian ini intinya adalah kewajiban dari perusahaan, dimana BI mewajibkan pada Agustus 2010 (CMIIW) semua pihak terkait harus bersertifikasi BSMR. Jadi agak berbeda dibandingkan sertifikasi CIA, FRM atau CISA yang triggernya lebih pada karir achievement karyawan tersebut. BSMR -sampai saat ini setahu saya- lebih karena requlatory.

BSMR sendiri terdiri dari 5 tingkat, yang biaya pertingkatnya 2,3,4,5 dan tingkat terakhir sebesar 6.5 detail bisa dilihat di situs BSMR juga. Jumlah soalnya 50 buah diselesaikan dalam waktu 1 jam 30 menit. Sedikit sharing tentang pengalaman mengikuti ujian BSMR level 1 (yup baru level 1) antara lain:

Tips Persiapan
1. Atur jadwal belajar dengan baik, buat yang sudah lama tidak pernah ujian, rasa-rasanya agak malas kalau harus kembali menghapal lagi.

2. Untuk yang menggunakan training provider, sadari betul apa peran dari training provider tersebut. Ada training provider yang betul-betul mengajarkan kita konsep mengenai risk management, sementara ada tipe training provider yang lebih memfokuskan pada kelulusan ujian.

3. Soal BSMR terdiri dari 2 tipe yaitu hapalan dan logika, untuk hapalan sayangnya kita memang harus benar-benar menghapal dan untuk logika sebenarnya soal-soal ini bisa diselesaikan dengan memahami maksud soalnya (ini tidak perlu dihapal). Masih ada satu tipe soal lagi yaitu itung-itungan, tapi di level 1 pengalaman kemarin tidak ada soal hitungan yang muncul.

Tips Ujian
1. Persiapkan fisik anda sebaik mungkin menjelang ujian. FYI, Ujian diselenggarakan di area PRJ Hall A sampai D. Ujian dilakukan secara massal (mungkin lebih dari 4000 orang dalam satu ruangan besar). Kursi ujian sangat tidak representatif, hanya berbentuk kursi biasa tanpa sandaran untuk menulis.

2. Pakaian santai, rasanya tidak ada aturan mengenai pakaian yang digunakan. Sempat juga melihat peserta yang menggunakan celana pendek. Tapi paling tidak cari pakaian yang paling nyaman juga cukup hangat karena AC bekerja sangat (atau mungkin terlalu) baik sehingga terasa sangat dingin.

3. Datang awal, beramai-ramai lebih baik. Ujian biasanya dimulai jam 10.00-11.30 tapi biasanya banyak peserta yang sudah hadir sejak jam 08.00. Bisa jadi karena tidak familiar dengan lokasi PRJ atau bisa jadi karena cukup banyak teman-teman satu profesi perbankan. Rasa-rasanya ajang ujian BSRM bisa juga menjadi ajang networking juga

Akhirnya, untuk yang berencana mengambil ujian tetap semangat. Persentase angka kelulusan adalah 80%, cukup tinggi rasanya tapi bukan berarti menjadi dasar untuk tidak belajar. Saya rasa waktu 3 bulan menjelang ujian dengan waktu 1 jam perhari sudah lebih dari cukup untuk lulus ujian ini. Mungkin ada pengalaman lain mengenai ujian BSMR ini?

About these ads

Written by priandoyo

Desember 23, 2009 at 4:23 am

Ditulis dalam Pendidikan

Tagged with , ,

13 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bro..aku cuma inget pengajar BSMR yang titelnya udah FRM, CFA, CFP, dst..bilang semua yang ada di kelas ini nantinya pasti masuk neraka..nah lho.

    erix

    Januari 1, 2010 at 3:47 am

    • pengalaman gw juga gitu trainernya bilang semua yang dikelas bakalan masuk neraka.

      frx

      Februari 20, 2010 at 6:45 am

  2. pren..kira kira materi untuk ujian apakah cukup dari workbook yg diberikan panitia saja atau ada materi lain yg lbh gampang dimengerti atau mudah u/ dhapal..kbtln saya ikut peserta perorangan jd ga dpt training n cm punya workbook aja..thx ya..

    egon

    Januari 9, 2010 at 1:53 am

    • Untuk Level 1, cukup dari buku workbook yang diberikan panitia

      priandoyo

      Januari 10, 2010 at 9:30 pm

      • Bro,,, orang non-bank kira2 bisa ikut ujian BSMR tingkat 1? benerin tidak perlu ikut training bersama provider lainnya? saran bro

        Yayan

        November 1, 2010 at 6:28 am

      • Bro,,, orang non-bank kira2 bisa ikut ujian BSMR tingkat 1? benerin tidak perlu ikut training bersama provider lainnya? saran bro,, gw rencana ikut 18 dec 10

        Yayan

        November 1, 2010 at 6:29 am

  3. saya mau cari latihan soal2…gmn caranya ya…..? bisakah bantu saya….

    jempol

    Januari 28, 2010 at 5:39 am

    • bro… klo mau ikut bsmr sendiri biaya brp y? bisa minta latihan soal2nya.thx

      eva

      Mei 16, 2011 at 2:59 am

  4. Blogwalking mas,hehe eh sekarang BARA udah bukan BSMR lagi…pembekalan BARA klo di tempat saya 3 hari oleh pengajar internal…kalo level satu pertanyaannya kayaknya masih yang standar2..soal risiko2 dan BESEL basic ajah..malesnya harus baca dulu..oh noooo…

    rika

    Juni 30, 2010 at 12:21 pm

  5. tolong di krm contoh soal yg lalu utk mengingat

    sunandar

    Oktober 14, 2010 at 3:06 pm

  6. wkwkw.. yang pasti di kantorku yang udah ikut BSMR dan mau ujian pasti pusing..haha..sehari-hari cuma mgangin catatan dan buku pegangannya..padahal kerjaan kantor jg makin numpuk, dan berakhir di angka 60 udah lumayan..haha.. cuma yaa buat yg hebat hapalannya 90-100 pun bisa.. level 1 masih mudah, yang susah 2-5..

    Sempet denger2 kl mau ikut dan langsung dapat level 5 ikutnya di singapura..wkwkwkw.. kl di kantorku, kalau ga lulus, musti ikut sndiri dan biaya sendiri..so, semua berlomba-lomba lulus… (yang penting lulus gituh..) wkwkw..

    yusako

    Oktober 19, 2010 at 9:11 am

  7. Ada yang tahu,,training providernya BSMR? saya teleponin yang di web,,banyak yang sudah ngak aktif,,bahkan ada 2-3 perusahaan yang berbeda dengan alama sama? ditunggu yach infonya!

    Yayan

    November 1, 2010 at 6:32 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 489 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: