Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

IT Auditor itu ngapain aja?

with 25 comments

Ada email lagi, berikut penjelasannya
On 9/5/06 <xxxx@yahoo.com> wrote:

Nama saya xxxx saya tertarik dengan artikel yang anda buat
kalo saya boleh tau kira – kira secara khusus IT auditor itu ngaain aja yah
terus untuk kedepannya gimana. Selain itu saya tertarik dengan careerplan
yang anda bicarakan, Bolehkan saya mendapatkan sebuah gambaran

Secara khusus IT auditor akan:
1. Kalau anda bekerja dalam audit firm seperti Ernst & Young, PwC, Deloitte, KPMG atau di consultant seperti Accenture dan IBM, maka:
IT auditor -dilengkapi dengan berbagai tools- mendatangi client, memeriksa pengelolaan TI di client tersebut, dari program changes, logical access, OS,DB,security review. Maka IT auditor akan banyak bertanya-tanya seputar bagaimana sih client tersebut menjalankan TI-nya. IT auditor akan berfungsi sebagai pihak ketiga yang MENILAI, memberi MASUKAN, MENGARAHKAN sebaiknya bagaimanakah pelaksanaan TI ditempat tersebut. The point is: kita hanya bertanya, mengecek dan membuat laporan. Jualan audit firm adalah penilaian, professional assesment.

  1. Kalau anda bekerja di company, misalnya sebagai IT auditor di Excelcom, maka ada dua kemungkinan:
    A. Anda bekerja dibawah Internal Auditor maka:
    Anda akan membantu auditor (keuangan) memastikan bahwa orang IT ga aneh2

B. Anda bekerja dibawah Direktur TI maka:
Anda akan membantu direktur anda menjamin pelaksanaan IT berjalan baik-baik, apik dan tidak ada masalah. Jika dalam direktorat IT maka kemungkinan besar anda juga akan terlibat dalam security implementation ditempat tersebut.

Kedepannya gimana?
1. Bisa sangat cerah, anda akan punya path yang jelas untuk menjadi CIO, karena satu-satunya entitas yang paling paham pengelolaan TI adalah IT auditor, disusul system development, disusul infrastructure dan selanjutnya di operation
2. Bisa mentok, bila anda terjebak di audit firm, terjebak di company, atau terjebak dengan skill yang sulit dijual
3. Bisa sangat suram, mengingat entry barrier dalam profesi ini sebenarnya sangat rendah, siapapun asalkan memiliki jam terbang sebenarnya sudah kompeten menjadi IT auditor.

Written by Anjar Priandoyo

September 7, 2006 pada 6:06 am

Ditulis dalam Job

25 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. dimana saya bisa melamar jd IT Auditor?

    basibanget

    September 18, 2006 at 12:12 am

  2. Diinstitusi yang saya sebut diatas :)

    priandoyo

    September 18, 2006 at 5:45 am

  3. Mas… saya juga berkeinginan menjadi IT Auditor…
    kemampuan + sertifikasi apa saja yang dibutuhkan ya…???

    .thx
    lirva32

    lirva32

    November 13, 2006 at 9:58 am

  4. Kalau kemampuan, khususnya untuk security saya rasa bu Lirva sudah jauh lebih memadai dibanding temen-temen di IT audit firm. Sertifikasi seperti CISA atau CISSP memang sangat membantu, tapi bukan prasyarat utama.

    Kalau jawaban pertanyaan diatas secara praktis ya: Coba mencari kerja di audit firm atau company yang memang ada IT auditnya. Sehingga kita bisa belajar day to day sebenarnya yang dikerjakan apa.

    Big4 biasanya unggul di ‘packaging’ dan experiencenya. Kita bisa belajar banyak disana. Kalau kemampuan teknisnya, saya yakin bu Lirva ini lebih jago lho :)

    priandoyo

    November 16, 2006 at 1:38 am

  5. Mas Pri, saya baru 1 minggu ini masuk menjadi IT auditor di sebuah KAP, saya dari latar belakang IT, mungkin bisa membantu pekerjaan saya, tapi saya masih belum biasa dengan keadaan seperti sekarang dimana saya harus bolak balik client yang jauh hanya untuk sekedar mengambil data dan sekedar bertanya2.. dan saya merasa jika berada di client saya dicuekin, ditinggal rapat lah, dll sampai saya harus menunggu dari siang hingga sore hanya untuk mengambil beberapa data softcopy, apakah itu normal? atau memang saya harus membiasakan seperti itu? Karena setelah mengambil data otomatis saya sudah tidak mempunyai kerjaan lain lagi, dan saya jg belum tau selanjutnya akan ngapain, karena senior2 saya tuh seakan2 selalu sibuk dengan client2 lain yg mereka tanganin..
    Oh ya, saya rasa pendapat mas Pri ttg yg terpenting untuk menjadi IT auditor adalah jam terbang yg tinggi adalah benar, saya merasa background pendidikan bukanlah masalah..

    anjar: selamat datang di dunia IT audit mas Jim, bagian yang mas Jim sebut memang bagian yang pahit dari sebuah profesi. tenang aja mas, sisi terangnya jauh lebih banyak kok.

    Jim

    Desember 2, 2007 at 6:30 am

  6. permisi,mas saya mau tanya?!!
    IT Auditor itu apa sc?
    Spesifikasi profesi menjadi IT Auditor apa saja??
    Trim’s.

    eko

    Desember 7, 2007 at 3:03 pm

  7. mas pri?
    saya mahasiswa, semester ini saya mengambil matakuliah audit sistem informasi. saya mau menanyakan.
    apa perbedaan audit sistem informasi dengan audit TI?
    perbedaannya dmana?
    trus untuk sertifikasi CISA, dmana saya bisa mendapatkannya?
    apakah hanya perusahaan yang erat hubungannya dengan IT yang memerlukan seorang audit?

    masem

    Maret 11, 2008 at 8:42 am

  8. oh ya lagi satu mas…
    kira2 untuk sertifikasi cisa membutuhkan pengetahuan seperti apa?
    sebelumnya saya minta maaf kalo saya banya nanya, saya masi sangat awam di bidang ini.hehe

    masem

    Maret 11, 2008 at 8:44 am

  9. Mohon informasinya mengenai auditor mana di jakarta yang biasa melakukan data center facility audit.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

    Mahita

    Juni 13, 2008 at 7:00 am

  10. setelah membaca artikel dari mas anjar ini, saya jadi tertarik untuk jadi IT auditor. selama ini saya mengembangkan internal controls, compliance and IT performance monitoring di sebuah multinational company.
    saya sudah lulus ujian cisa tahun ini, tapi masih harus comply dengan 3 tahun pengalaman menjadi IT auditor.
    setahu saya, menjadi auditor itu harus independen. jika saya yang mengembangkan system, membuat policy, menetapkan procedure dan workflow, tentunya saya tidak bisa menjadi auditor di wilayah tsb. jadi, bisa dibilang I have no idea to be an auditor within my company (national wide). tapi kalo mesti ke LN sih kayaknya saya masih berat sama keluarga.
    menurut mas anjar, apakah ada kemungkinan saya bisa menjadi freelance IT auditor ? kalau iya, bagaimana caranya ? oh iya, saat ini saya tinggal di surabaya. is there any opportunity ? please kindly informed me if any.
    thanking in advance for your kind assistance :)

    indah

    Agustus 5, 2008 at 10:04 am

  11. Pak, saya mau tanya apakah IT auditor ikut dalam proses UAT? Apakah ada referensi yang bisa saya dapatkan?
    TErimakasih

    laksana

    Agustus 12, 2008 at 2:42 am

  12. 1. Bisa sangat cerah, anda akan punya path yang jelas untuk menjadi CIO
    2. Bisa mentok, bila anda terjebak di audit firm, terjebak di company, atau terjebak dengan skill yang sulit dijual
    3. Bisa sangat suram, mengingat entry barrier dalam profesi ini sebenarnya sangat rendah

    Bro Anjar, kok analisa ‘ke depannya’ yang nggak oke dibanding yang oke = 2:1 ???

    Jadinya gimana nih? Tadinya kupikir IT audit bisa jadi alternative buat next level-career

    Anjar: setelah semakin lama disini, kelihatannya memang kemungkinan jadi ga oke-nya lebih besar hehehe

    muxonated

    Oktober 14, 2008 at 9:26 am

  13. saranku sih, kalo belum ‘kenyang’ di big 4, dibetah2in dululah…sayang ilmu dan kesempatan pembelajarannya, jauh lebih dapet di big 4 dibandingkan di company

    gw ada artikel bagus nih Njar di link:
    http://www.pwc.com/extweb/pwcpublications.nsf/docid/8CEEE26A1F0A972ECA2573910014F3CF/$file/ia2012.pdf

    salah satu poinnya ttg perkembangan audit di masa depan yang lebih mengarah ke penggunaan IT/teknologi audit.

    muxonated

    Oktober 15, 2008 at 2:46 am

  14. SAYA BARU SAJA MENJADI AUDITOR.SAYA INGIN SEKALI BERGABUNG DENGAN PERKUMPULAN/PERSATUAN AUDITOR SE-INDONEISA, SUPAYA BISA BERBAGI RASA MENJADI AUDITOR. MOHON PETUNJUKNYA. TERIMA KASIH

    wahyu

    Januari 22, 2009 at 1:27 am

  15. Mas Anjar, Bisa nggak sy dikirimi contoh CV mas anjar ke alamat email saya … mau nyontek nih .. please tak tunggu ya ..

    Farid

    farid kusindratna

    Maret 3, 2009 at 5:06 am

  16. Hallo semuanya,
    Para senior blh bertny nich ?
    Saya msh kul smster akhir jur S1-Infor di Surabaya. Saya msh awam soal IT-auditor.
    Dari baca2x di comments kayak nya asyik jg jd IT-auditor. Daripada jd programmer cpk… He3x.
    ada gak school khusus buat jd IT-auditor di aussie ?
    trus sertifikasi bisa ikutan di mana ?

    Thank you.
    Please balas di email ya : think_freshforever@yahoo.com or imelda_lin@hotmail.com

    Imelda

    April 12, 2009 at 6:26 pm

  17. apa aja syaratnya kalo mau jadi auditor jika dari prodi AKUNTANSI ???

    YUDHA ALEX

    April 17, 2009 at 10:44 am

  18. Kalo mau nglamar di PWC langsung aja ke dini.sudarpo@id.pwc.com bilang di application letter melamar sebagai IT Auditor.
    Selamat mencoba… (^__^)

    Dinochan

    Mei 28, 2009 at 3:13 am

  19. bagi yang membutuhkan semua tentang akuntansi kunjungi..(joernalakuntansi.wordpress.com)

    Jurnal

    Agustus 27, 2009 at 7:06 am

  20. apa sja sih,
    kerja IT…..
    saya lagi dpt tgs dan sgra di kumpul,…
    bantu yapz

    syem

    September 7, 2009 at 3:02 am

  21. halo kalangan profesinal >????
    bantu donk macam _macam kerja IT

    syem

    September 7, 2009 at 3:05 am

  22. brp sih standar gaji internal auditor sebuah prsh yg biasa2 aja dgn experience 10 th di keuangan. tlg balesannya mas..

    wafa

    Desember 4, 2009 at 3:36 am

  23. mas, mo nanya2
    saya seorang pengajar IT pada sebuah PTN.
    saya sangat tertarik pada sertifikasi CISA ini, pertanyaan saya:
    1) bolehkah sertifikasi ini diambil oleh profesi pengajar? menurut pendapat mas sendiri bagaimana?
    2) untuk mendapat sertifikat dari ISACA kan diperlukan pengalaman auditor 5 tahun, bagaimana dengan dosen? darimana pengalaman tersebut bisa di dapatkan?
    3) boleh diberitahu prosedur pendaftaran hingga testnya? seperti lokasi dan waktu daftar, lokasi dan waktu tes

    ady

    April 22, 2010 at 4:40 am

  24. halo pak, saya mahasiswa akuntansi jurusan audit.
    saya masih bingung pak, jujur aja saya suka komputer tentang IT,
    perlu kursus atau ambil sertifikat apa untuk bisa kerja di bidang IT audit itu?
    makasi.
    oh ya pak, klo bisa ada tips khusus untuk jurusan IT audit?

    makasi banyak pak.

    ayu

    September 1, 2010 at 2:36 pm

  25. Salam…
    Mas, kalo boleh tahu.. IT editor itu kudu llusan S1 atau emang gimana…?

    maukah ANda memberikan pencrahan kepada saya,,,?

    subi

    Desember 15, 2010 at 8:25 pm


Tinggalkan Balasan

