Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Paper keenamku diterbitkan

with 18 comments

Untuk keenam kalinya paperku dimuat, kali ini di Jurnal Sistem Informasi – Universitas Kristen Maranatha. Paper yang aku buat kali ini berjudul “Vulnerability assessment (VA) untuk meningkatkan kesadaran pentingnya keamanan informasi”. Ya memang tidak jauh-jauh dari pekerjaanku sekarang, dan tidak jauh-jauh dari apa yang memang aku pahami.

Aku tidak ingin bercerita panjang lebar tentang paper yang aku buat, karena pada dasarnya memang sederhana. Menceritakan bagaimana proses VA dilakukan secara professional. Tentunya sesederhana penyusunan skripsi dimana ada dasar teori dan kerangka berpikir. Tinggal menuliskannya saja.

Keuntungan menulis (paper)
Lalu sebenarnya apa keuntungan menulis itu sendiri.
1. Bagi pengajar / dosen. Jumlah paper yang ditulis menentukan kualifikasi dosen tersebut. Semisal untuk mendapatkan gelar lektor muda seorang dosen harus mengumpulkan credit paper sejumlah tertentu. Gelar professor misalnya, hanya bisa didapat kalau sang dosen sudah menulis, melakukan penelitian sejumlah tertentu.
2. Bagi PNS, Militer, BUMN dan pegawai pemerintahan lainnya. Paper merupakan kredit sebagai prestasi tersendiri. Instasi diatas seringkali menggunakan penulisan paper sebagai ukuran pengembangan ‘wawasan’ pekerjanya.

Nah sayangnya, di institusi swasta, tidak ada penghargaan akan penulisan paper. Namun aku tetap menyakini penulisan paper tetap diperlukan. Secara praktis misalnya beberapa beasiswa mengharuskan calon penerimanya untuk menulis paper. Menulis dalam tingkatan tertentu juga menentukan kualitas kerja professional. Tapi alasan yang paling mudah adalah karena bagiku menulis adalah bagian dari hidup. Dan paper hanya salah satu bagian dari itu. Selamat menulis.

  1. Vulnerability assessment to increase IS sec. awareness, ISSN19071221
  2. Risk based Information System Audit for SME EII2006, ISBN9799906911
  3. Risk Management in IT Outsourcing KNSI2006, ISBN9793338717
  4. IT Organization Structure Planning ASET2005
  5. Effective IT Operation with Outsourcing SNATI2005, ISBN9797560616
  6. Knowledge Base re-use with Frame Repre SNATI2004, ISBN9793289627

Written by Anjar Priandoyo

November 20, 2006 pada 12:35 am

Ditulis dalam Science

18 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. salam,
    nama saya eko, saya bekerja di perush. swasta. dan saat ini saya menjabat sebagai IT coord. saya selalu mngikuti informasi IT yang tersedia di blog mas. Pri. serta yang lainnya. dan yang ingin saya tanyakan adalah, dimana saya bisa memperoleh paper anda, apakah di toko buku atau dimana? karena saat ini tempat saya bekerja sedang mengimplementasikan iso, dan bagian it juga terlibat.
    saya harap info. paper ini bisa membantu saya dalam meningkatkan pengetahuan saya dan karir saya(he. . .3x mungkin kali yach)
    thx’s
    eko krisnanto

    eko krisnanto

    November 21, 2006 at 6:03 am

  2. Boleh, boleh mas Eko nanti papernya saya kirim email aja yak. Sebenarnya saya pengen upload juga tapi blum tau nih tempat gratisan untuk nyimpen yang enak dimana :)

    Anjar Priandoyo

    November 21, 2006 at 7:54 am

  3. Two thumbs up, bro ! (if all of my 4 thumbs stood up I’ll falling down)…. Saya baru nulis (tentang IT, 2 kali)-satu sudah dimuat satu lagi nunggu antrian. Satu lagi masih konsep dan nunggu waktu luang (dan satu lagi baru judul). Herannya seumur-umur saya baru nulis sekali tentang perpajakan, itu juga sudah 12 tahun yang lalu. Kian hari semakin mantap saja saya ingin mendalami dunia IT. BTW, minggu depan saya sebetulnya ditawari untuk ngajar kelas CISA Preparation oleh Audittindo, sayang banget saya sudah daftar untuk itu Certified Ethical Hacking selama 5 hari. BTW (lagi) CONGRATS for your wedding day. It’s a BIG DAY, and I pray this BIG DAY is just going to happen once in your lifetime…………

    Three Lions

    November 23, 2006 at 1:53 pm

  4. wah sip pak Andri, ayo nanti banyak-banyakan nulis :) biar makin semangat

    priandoyo

    November 30, 2006 at 3:41 am

  5. Challange accepted!!!

    Three Lions

    November 30, 2006 at 2:51 pm

  6. […] 2. Contoh referensi Cobit di universitas banyak sekali bu :), biasanya di seminar-seminar seperti SNATI, EII, SNIKA. Yang saya punya kebanyakan hardcopy, beberapa kebetulan saya ikut seminarnya. […]

  7. kalau mau enak sih di esnip aja nyimpen filenya walau beta version OK juga tuch, bisa satu gyga lho

    masshella

    Februari 1, 2007 at 12:42 am

  8. http://www.esnip.com?
    mmm, kok kayanya kurang meyakinkan, cara makenya gimana?

    priandoyo

    Februari 1, 2007 at 1:31 am

  9. Pak Priandoyo, saya baru2 ini ikut workshop ISO 27001:2005 tentang Keamanan Sistem Informasi, setelah membuka search di Google ketemu blog yang pak Pri buat dan saya tertarik dengan paper ke 6 dimana saya bisa memperoleh paper Bapak, apakah di toko buku atau dimana ?. Mudah2an info. paper ini bisa menambah saya dalam meningkatkan pengetahuan saya

    Singgih Hariman

    Februari 1, 2007 at 2:56 am

  10. Sama dengan Mas Eko, papernya saya kirim email :)

    priandoyo

    Februari 1, 2007 at 3:41 am

  11. Dear Mas Anjar,
    Saya mau tanya apakah Mas Anjar masih memiliki paper atau hasil kerja praktek atau audit di bagian sistem informasi bank BRI. Kalau ada boleh tidak kirimkan ke e-mail saya untuk menambah informasi saya untuk buat skripsi tentang IT BRI (Branch Delivery System) dalam hal penerapannya oleh bank itu sendiri.

    Terima Kasih,

    DIDI TRIANTO

    Februari 20, 2007 at 2:01 am

  12. Mas Didi, kalau hasil paper / KP di audit saya bisa share, tapi mungkin perlu waktu ya, soalnya itu ada dikomputer lama, jaman kuliah dulu. Entah arsipnya masih ada atau engga

    Kalau hasil audit di TSI BRI kayaknya confidential ya :)

    priandoyo

    Februari 20, 2007 at 2:50 am

  13. mas anjar aku juga mau dong papernya..

    bems

    Mei 9, 2007 at 9:52 am

  14. mas gmn seh caranya buat paper yg sederhana

    ale

    Mei 15, 2007 at 5:36 am

  15. Mas Pri,
    Bagaimana ya, saya bisa dapat Paper Mas Pri yang:
    6. Vulnerability assessment to increase IS sec. awareness, ISSN19071221
    5. Risk based Information System Audit for SME EII2006, ISBN9799906911
    4. Risk Management in IT Outsourcing KNSI2006, ISBN9793338717
    Untuk Referensi Tesis yang sedang saya kerjakan.
    Trims.

    Melwin Syafrizal
    MTI-UGM Jogja

    Melwin

    April 1, 2008 at 1:02 am

  16. Mas, saya baru menempuh S2 akuntansi & tertarik dengan 6 paper yang mas buat. Bolehkah saya minta papernya via email ? Saya cari jurnal & paper ttg IT di e-lib di perpustakaan universitas di Indonesia sangat jarang. TErimakasih bantuannya.

    Laksana
    csplaksana@yahoo.com

    laksana

    Februari 21, 2009 at 10:56 am

  17. Mas, pri saya baru saja mulai buat tesis …saya tertarik dengan paper anda, karena sesuai dengan pekerjaan saya tentang audit tsi, mohon saya diberikan informasi tentang paper mas pri, trima kasih

    Nassan ch

    Oktober 22, 2009 at 1:17 pm

  18. Kenapa ga ngajar saja mas? Yang saya pahami utk saat ini, dengan mengajar, mau tidak mau kita harus selalu aktual dengan perkembangan saat ini. Yang kedua, bedanya dengan berbagi harta, dengan berbagi pengetahuan, tidak akan mengurangi yang kita punya, justru sebalikanya. Saya sendiri agak aneh mulanya. tetapi dengan memberitahu / mengajari seseorang, seolah menata kembali segala sesuatu di otak kita. akan ada hal-hal baru yang akan kita sadari saat kita memberi tahu seseorang. Maka itu, teruslah berbagi, dan cara paling mudah ya jadi pengajar.
    Semoga bisa jd masukkan.
    Salam.

    EndarS

    Agustus 11, 2010 at 7:50 am


Tinggalkan Balasan

