Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Kartu kredit apa yang cocok buat saya

with 59 comments

Saya dan Dinda termasuk orang yang sangat konservatif dengan urusan perbankan. Saya tidak punya kartu kredit -hampir semua bisa diselesaikan dengan kartu debet, saya tidak pakai transaksi e-banking -jangankan saya, Aresto yang auditor IT untuk hampir semua bank besar di Indonesia saja tidak percaya dengan transaksi via ATM, apalagi e-banking-. Saya hanya percaya, semua hal yang memudahkan dalam urusan keuangan hanya akan membuat kita semakin konsumtif.

Selama ini saya hampir tidak memiliki kendala dikarenakan tidak memiliki kartu kredit. Meski jam terbang saya termasuk tinggi, -saya frequent flyernya Garuda, masih biru belum upgrade ke silver-. Hampir semua persoalan bisa diatasi dengan kartu debit, bahkan di Sheraton Timika sekalipun. Airport longue? juga bukan masalah, karena dalam kenyataannya, lebih banyak teman yang punya gold credit card lebih dari satu. Jadi bisa minjem ceritanya, -kalau-kalau nongkrong di airport longue menjadi suatu kewajiban sosial sebelum pesawat berangkat.

Pun terkait dengan kesehatan, saya rasa hampir semua perusahan di Jakarta bekerja saya dengan provider kesehatan semacam Global Assistance dan sejenisnya. Jadi, ga perlu pusing menyiapkan kartu kredit bila terjadi sesuatu.

Tapi, karena suatu dan lain hal, kelihatannya mau tidak mau saya harus punya kartu kredit terkait: Mental minjem yang selama ini dianut harus mulai dikurangi. Nah ada usul sebaiknya, untuk tipe orang seperti saya apa kartu kredit yang cocok? yang paling murah dan menguntungkan tentunya (mental mahasiswa yang masih berakar)

Written by Anjar Priandoyo

Juni 20, 2007 pada 2:56 am

Ditulis dalam Society

59 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. AFAIK, yang “bunga”-nya paling rendah itu CC-nya BNI.

    Amir Karimuddin

    Juni 20, 2007 at 3:16 am

  2. Apapun yang dipilih, perlu berhati-hati, bisa lihat tulisan saya di sini. Sebaiknya punya kartu kredit sendiri deh, malu kan kalau pinjam teman terus..apalagi sering bepergian…tahu nggak jika saya bepergian dengan anak buah lebih dari 4, dan ingin makan di lounge, berhubung KK saya cuma 5 (saat ini tinggal 3)…maka saya harus bayar Rp.75.000,- per orang. sedang yang tercover oleh KK (5 orang)…hanya bayar Rp.1,-…dan saya harus menandatangani di masing-masing slip KK yang berbeda-beda tadi 5x …a Rp.1,-

    edratna

    Juni 20, 2007 at 3:25 am

  3. Lagian murah dan menguntungkan-nya Anjar ini gimana? Sebagai contoh untuk saya, karena seneng nonton bioskop ya punyanya CC BCA, jadinya bisa Buy One Get One. Lumayan tuh nonton di EX beberapa kali udah balik modal iuran tahunannya :D

    Amir Karimuddin

    Juni 20, 2007 at 3:40 am

  4. Kartu kredit adalah KARTU SETAN. JGN gunakan kalau tidak terpaksa. Saya pernah mentang mentang punya CC beli ini beli itu. cicil ini cicil itu. Bikin ballance bulanan tidak seimbang. Bunga 2 sampai 3.5 persen per bulan. Kalau terpaksa bikin CC, Pake BRI/BNI aja kayaknya bunganya lebih kecil. Tapi ya itu persyaratannya mungkin agak ribet. Sekarang saya mulai belajar hemat lagi. Beli celengan plastik dan gantungin di pintu. Jadi inget kalau mau ngeluarin uang untuk ini itu.

    isal

    Juni 20, 2007 at 3:58 am

  5. untuk bunga paling rendah yang saya tahu itu bank BRI.
    namun konon katanya, jikalau sudah memiliki kartu kredit, coba apply ke GE.

    denger2 seh GE itu bunganya paling rendah dan tanpa iuran seumur hidup. tapi pasti ada syarat dan ketentuan.

    Kalo saran saya seh cari yang bebas iuran dulu, minimal setahun. kalo tidak suka ya dibuang aja.

    StandAlone

    Juni 20, 2007 at 4:03 am

  6. Mas Anjar sukanya makan/nonton/belanja dimana? Dari tempat2 itu, biasanya ada promo KK. Pilih yg diskonnya pasti dipake aja biar bunganya ‘balik modal’ ;p.

    mirna

    Juni 20, 2007 at 4:19 am

  7. Mindset kita harus dilatih dulu ttg fungsi kartu kredit.

    Dari jaman dulu, saya selalu ANTI dgn Kartu Kredit karena tidak mau NGUTANG.

    Tapi dari trend business nya, walaupun institusi perbankan kewalahan dengan NPL alias Kredit Macet, sepertinya income dari bunga kartu kredit masih sangat menguntungkan. Jadi mereka berlomba menerbitkan kartu kredit dengan BENEFIT yg menggiurkan.

    Menurut teman saya yg bekerja di bank, skema nya adalah seperti ini. Misalnya suatu vendor bekerjasama dgn perusahaan kartu kredit, maka pengguna CC (Credit Card) mendapatkan diskon sebesar 50% bila berbelanja di outlet vendor tsb. 50% yg merupakan diskon itu akan dibayar oleh penerbit CC.

    Kenapa? Salah satu alasannya adalah utk membentuk HABIT menggunakan CC, dan supaya lebih sering lagi menggunakannya. Forming consumer habit is difficult and expensive!

    Menyadari kondisi ini, tahun lalu saya apply kartu kredit Batman BCA karena ternyata benefit nya banyak. Tagihan CC Batman BCA saya didominasi oleh pembelian kopi Starbucks yg ongoing promo utk Visa Batman nya adalah free Upsize, jadi kalau ke Starbucks berdua, pesennya SATU gelas saja! ha ha ha

    Untuk membayar tagihan, saya pakai fasilitas auto payment dari rekening bank.

    Jadi, purely saya menggunakan CC saya sebagai ALAT PEMBAYARAN, bukan ALAT NGUTANG.

    Yasha Chatab

    Juni 20, 2007 at 4:23 am

  8. Kalau dilihat dari jutaan orang ga salah pilih sih:
    #1 Citibank (untuk asing)
    #1 BNI (untuk lokal)
    tapi kalau lihat komentar2 diatas kelihatannya mengarah ke BRI nih, terus mungkin baru BNI.
    hmmm

    priandoyo

    Juni 20, 2007 at 4:33 am

  9. Jutaan orang juga bisa salah, Mas Anjar… ha ha ha… Jutaan orang Indonesia (termasuk saya) beli Laser Disc player di thn 80an dan ternyata baru sadar sekarang bahwa itu barang yg ‘dibuang’ produsen ke pasar ini.

    Citibank adalah salah satu pioneer CC di Indonesia, jadi mereka paling established dgn experience dan expertise yg paling tinggi sepertinya.

    Untuk soal consumer banking dan customer service sih aku pilih BCA. Dan sejak beberapa bulan yg lalu pun ada ‘direct access’ ke Halo BCA, jadi lebih nyaman rasanya.

    Yasha Chatab

    Juni 20, 2007 at 4:40 am

  10. Kalau kantor kita medical benefitnya pake sistem reimburse, kartu kredit jadi berguna banget. Kita bayar dulu tagihan rumah sakit pake CC trus pas bulan depan-nya kita bayar tagihan pake duit reimburse dari kantor. Cash flow ga akan terganggu :D.
    Oh ya pake CC dari BNI aja njar, bisa minta yg ada logo UGM-nya he3

    arip

    Juni 20, 2007 at 5:59 am

  11. BNI boleh jadi megang banyak kampus di Indonesia, tapi denger2 untuk pembayaran SPP sudah mulai dikuasai Bank Mandiri nih.

    *hmm bagaimana dengan CC Mandiri?

    priandoyo

    Juni 20, 2007 at 6:05 am

  12. Mandiri sekarang mulai gencar kasih diskon di produk makanan [misal untuk Haagen Dasz dapet diskon 50%]. Jadi sebenernya bergantung ke Anjar sendiri kebutuhannya apa.

    1. Misalnya mo ngutang, bunga yang paling kecil AFAIK BNI dan BRI. tapi setau gue, BNI itu lebih widely used dan paket diskonnya banyak, misal di Sushi Tei dan Dufan
    2. Seneng nonton bisa BCA [wiken] dan Citibank Clear Card [khusus rabu]. HSBC bisa untuk Blitz Megaplex.
    3. Suka nyicil barang? Citibank Easypay paling banyak diterima.
    4. Belanja? somehow soal ginian lebih gencar HSBC, terutama di Sogo.
    5. Kalo seneng makanan, yang bersaing itu ANZ dan Mandiri nampaknya. BII ato Mega masih belum bisa nyamain.

    Intinya sebenernya pengendalian diri. jangan mentang2 tinggal gesek terus jadi over budget.

    Amir Karimuddin

    Juni 20, 2007 at 7:52 am

  13. Njar. aku setuju sama Mas Isal tuh kartu kredit adalah kartu siluman, kartu genderuwo.. kalo kita tidak bijak menggunakannya, bakalan sengsara deh bayarin hutang2 dan bunga yang mencekik.
    suamiku waktu masih bujang pernah pake cc dan karena kerjanya di consultan it group sheraton jadi sering jalan2 and pake cc nya dengan kurang perhitungan, akibatnya gajinya malah buat mbayarin utang2nya.. untung waktu itu masih bujangan.
    Sekarang, suamiku gak mau punya satupun cc , istrinya malah boleh punya cc max 3 dengan catatan pake langsung bayar lunas.
    eh koq lama2 ternyata suamiku juga perlu cc , selama ini dia sering ikutin gayamu itu.. kalo pergi dinas pinjam cc temen and bayar ke temennya, lama2 kan malu juga..
    trus pernah ortu sakit, dan kita kebetulan gak ada dana buat bantu biaya operasi, cc juga yang nolong, walaupun bayarnya terengah-engah.
    So.. aku sih setuju2 aja punya cc sepanjang pemakaiannya sesuai kebutuhan dan bukan untuk beli/ngutang untuk beli barang konsumtif atau senang-senang .

    Icho

    Juni 20, 2007 at 8:46 am

  14. Dulu saya pernah ngobrol sama CSO Mandiri, dia bilang pangsa CC yang paling menguntungkan bagi bank adalah golongan mid-low serta orang yang consumerism habit-nya mengalahkan logika sehingga fungsi CC yg semula sebagai alat pembayaran jadi alat ngutang. Kenapa? karena dari sinilah bank bisa mereguk pendapatan bunga yang luar biasa.

    Bagi ‘the have’ dan orang yang selalu tepat waktu (& lunas) bayar tagihannya, CC tak lebih dari sekedar servis bank yg memuaskan kepada customer. Bisa bayangin gak, betapa mudahnya hidup seorang yg sebetulnya punya banyak uang tapi dia gunakan CC-nya utk transaksi dg diskon gede-gede itu dan dia ga pernah telat bayar tagihan krn langsung autodebet dari rekeningnya.. hehe, contoh customer seperti itu bukan kontributor pendapatan CC yang baik bagi bank. Walaupun sebenernya seperti itulah seharusnya cara menggunakan CC yang baik bagi kita.

    Sebelum ini saya termasuk merasa tidak terlalu butuh CC seperti mas Anjar. Tapi bulan lalu akhirnya saya apply CC juga. hehe.. tepatnya CC BNI. At least, sekedar memperbanyak alternatif alat pembayaran aja. CC for flexibility!!

    zidanie

    Juni 20, 2007 at 9:16 am

  15. Mau nambahin comment lagi.. saya habis bongkar-bongkar archive mailist CC saya dulu & ini ada tips yg saya quote dari sana mudah-mudahan berguna..

    Salam kenal semuanya,
    Saya mau urun rembug untuk rekan-rekan yang ada pertanyaan kartu
    kredit, yang kebetulan saya tahu saya bisa jawab atau urun pendapat:
    1. Plafon vs gaji
    Kalau di Lippo (baru saja terima form aplikasi sih…), untuk
    silver card minimal Rp.2,5jt per bulan (Rp.4jt untuk gold). Saya
    pribadi menyarankan mending plafon

    zidanie

    Juni 20, 2007 at 10:27 am

  16. Last tips..

    Kalau sekedar pingin punya KK tanpa rencana ngutang, ada beberapa
    pertimbangan:

    1. Kalau bisa, jangan ada biaya bayar (biasanya di-charge Rp.5,000 or
    more tiap kali bayar via ATM. Kalau via teller bisa di atas
    Rp.10,000). Untuk kategori ini, bank lokal tempat anda punya rekening
    bisa jadi pertimbangan, misalnya: BCA, Lippo, Niaga, dll. Kalau bank
    asing, sudah pasti akan di-charge untuk orang umum, kecuali nasabah
    rekening tabungan mereka, yang tentu saja saldo minimumnya besar
    banget (agak susah terjangkau untuk orang awam).

    2. Iuran kalau bisa seminimal mungkin, kalau perlu gratis. Standar
    iuran tahunan adalah Rp.150rb untuk silver dan Rp.300rb untuk gold
    (Rp.600rb untuk platinum, tapi mungkin kalau sudah bisa punya
    platinum, uang segini nggak terlalu masalah). Yang di bawah standar
    adalah BCA dan Lippo, setahu saya (Rp.100rb untuk silver dan Rp.200rb
    untuk gold). Hindari ABN AMRO!!! GE Money free for life. Bank Mandiri
    agak parah: iuran bulanan!

    3. Yang pasti kena: materai. Rp.3,000 untuk Rp.250,000-Rp1jt. Di atas
    Rp.1jt adalah Rp.6,000. Di bawah Rp.250rb gratis.

    4. Debt collector tidak akan kita jumpai kalau kita terus bayar sesuai
    tagihan, bahkan bila hanya pembayaran minimum.

    *dari mendiang milis CC*

    zidanie

    Juni 20, 2007 at 10:36 am

  17. Tips untuk yg ngemplang:

    Bank pada dasarnya tidak suka bila nasabah CC nya ngga mau bayar, tapi mereka lebih TIDAK suka lagi bila kredit nya benar2 macet alias jadi kucing2an sama pengemplang.

    Debt Collection utk beberapa bank adalah issue yg sensitive karena praktek di lapangan bisa memperburuk citra bank / issuer CC. Hampir tiap hari di koran ada Surat Pembaca ttg perlakuan buruk debt collector dan tiap komplain memang harus ditanggapi oleh Customer Service issuer CC tersebut agar masalah dapat diklarifikasi.

    Bayangkan, satu surat pembaca buruk thdp suatu issuer CC saja dapat menyebabkan berapa banyak orang enggan untuk apply CC ke issuer tsb.

    Jadi, sebenarnya issuer terbuka untuk negosiasi dalam menyelesaikan utang CC konsumen (pengemplang) dgn program installment. Yg dilakukan di sini pertama kali adalah menghentikan pemakaian CC (di luar bahwa kartu telah diblokir) utang yg berjalan dan BUNGA nya. Setelah itu, baru dibuat kesepakatan ttg payment plan nya dll.

    Itu kalau memang ada niat bayar loooh…

    Di Indonesia ada sistem Credit History ngga ya? Sepertinya ngga ada ya Anjar?

    Yasha Chatab

    Juni 20, 2007 at 11:02 am

  18. Gue kira asal selalu bayar lunas & tepat waktu, semua hampir sama aja karena ngga bakal kena bunga.

    Tapi kalo mau yg bener2 lebih murah, bisa pake Citibank CashBack Card, krn setiap transaksi pasti dapet cash back. Rasanya kayak selalu dapet diskon gitu.

    Tips buat yg mau ngutang; jangan pake cc bank di mana elo punya rekening. Karena pihak bank bisa langsung debet uang dari rekening, bahkan tanpa persetujuan elo. Biasanya di form aplikasi cc udah tertulis, tapi dengan font superkecil..:-D

    Tips buat yg mau dapet diskon bayar utang; debt collector bukan bagian dari bank. Biasanya perusahaan debt collector sudah ‘membeli’ piutang bank dari kreditor macet, dengan harga murah. Pertama kali debt collector nelpon elo sambil marah2, langsung bilang elo siap negosiasi pembayaran, dan mau dateng ke kantornya. Biasanya kalo udah gampang gini, perusahaan debt collector juga seneng karena ngga perlu repot2 ngejar elo. Di kantor mereka, biasanya elo bisa nego sama pihak manajemen/keuangan, bukan preman2nya. Dan tidak jarang juga elo juga bakalan dikasih diskon karena udah mau bekerja sama..;-)

    Btw, gue sendiri pake cc-nya BCA & HSBC.

    acooljerk

    Juni 20, 2007 at 11:39 am

  19. Dulu saya juga anti CC. Tapi setelah punya satu (dan cukup satu saja) lumayan juga manfaatnya. Biasanya dipakai cuma untuk belanja bulanan, beli bensin, sama untuk berobat jalan ke dokter. Selalu bayar lunas sebelum jatuh tempo, jadi nggak ada bunga2x an. Kalo mau beli sesuatu yang mahal dan tidak biasa, misal: AC/kulkas/dsb, ya tunggu tabungannya sudah ada dulu, walaupun bayarnya di kasir pakai CC.
    Yang terasa banget ketika dulu istri akan melahirkan, dan minggu lalu ketika anak saya harus segera dirawat inap di rumah sakit. Kalo nggak ada CC, kejadiannya mungkin bisa seperti yang ditulis di koran2x.
    Keuntungan lain dari poinnya. Bulan lalu akhirnya saya bisa beli mesin potong rumput idaman dengan menukar poin dengan voucher belanja.

    Tapi bagaimanapun juga bagi saya CC itu kartu ngutang buat orang yang nggak mampu bayar cash. Mau silver, gold atau platinum nggak ada eksklusif2x nya. Karena nggak pernah tertarik dengan segala promosi konsumtifnya kartu saya hanya classic/silver tapi limitnya lumayan tinggi. Iuran tahunan cukup 150rb dong. Tawaran gold bahkan pernah platinum dari bank lain selalu saya tolak mentah2x :D Mau dirayu kayak apa juga nggak bakalan deh, heheheee…. jadi inget sales yang nawarin platinum dulu:

    sales cantik seksi (scs): pak, pakai CC dari bank apa?
    saya: bank xxx, emang kenapa mbak?
    scs: limitnya berapa sekarang pak?
    saya: Rp.xxx.
    scs: wah, kalo gitu pakai CC bank yyy saja pak, nanti kita upgrade langsung ke platinum.
    saya: emang benefitnya apa aja kalo platinum?
    scs:blablabla, blablabla, dan blablabla.
    saya: wah mbak, kalo yang seperti itu CC saya sudah cukup kok. Yang lain2x saya nggak butuh. Ada yang lainnya?
    scs: yaa, jadi lebih gaya pak kalo punya platinum.
    saya: ??? Gaya? Ngutang kok gaya? Nggak ah mbak, makasih ya, mungkin lain kali aja.

    Jono

    Juni 20, 2007 at 1:14 pm

  20. kalo pake Citibank walaupun Gold Card, udah gak bisa nongkrong gratis di airport lounge, jadi kalo kalo mo nongkrong gratis di airport lounge dan mau Citibank Card, harus yang lebih tinggi dari Gold…

    Tips: bayar selalu tepat waktu. Pindahkan semua belanja yang dulu tunai menjadi dengan kartu kredit, tapi diakhir bulan tetap dibayar lunas, sesuai budget bulanan biasa sebelum pakai kartu kredit. Jangan jadikan alat hutang, jadi walaupun kepotong biaya meterai dan lain-lain, masih bisa ambil untung belanja dari hasil tukeran point kartu kredit, terus sisa point bisa dipake buat bayar iuran tahunan..

    kalo untuk jenis kartu kredit rasanya semua kurang lebih fiturnya sama, tinggal cari mana yang lagi promosi (kasih barang gratis, bebas iuran tahunan, dll)..

    oh iya mendingan pake Visa atau Master card, gak perlu yang aneh2 seperti Amex atau Dinner Club, di indonesia susah cari yang mau terima…

    weathertop

    Juni 20, 2007 at 1:33 pm

  21. Waah… baru kali ini gw ada “kesamaan” dgn P.Priandoyo… sama2 bukan pengguna CC & penyuka Debit Card… bravoo…!! (“,)

    Panjul

    Juni 20, 2007 at 2:08 pm

  22. anjar. aku sempat punya citibank, just in case karena istri mau melahirkan. tapi tenyata semua aman sejahtera, dan kantor juga menaggung biaya kelahiran dan persalinan. lahirnya juga normal. abis itu kartu kredit aku potong. males aja disuruh bayar 150 rb tiap tahun. buat apaan ?

    rumah juga nun jauh di sana, gak pernah belanja yg aneh aneh. diskon dari citibank buat beli elektronik ? lha aku dulu kerja di perusahaan elektronik yg sering kasih diskon karyawan beli dengan harga budget. sekarang susu anak ? lha dari tempat kerja dapat potongan sampai 50 persen. apalagi kalau airport lounge jua gak bisa dipakai .. lha buat apa lagi :)

    eh, ternyata temenku orang korea, si lee jangkung malah ndak pernah mau puya kartu kredit sama sekali. gile bener tuh orang.

    papabonbon

    Juni 21, 2007 at 8:02 am

  23. Salah satu tips bagi pengguna aktif credit card. Jangan terlambat membayar tagihan (min. payment is OK). Bila terlambat lebih dari 1-2 hari kerja dari tanggal jatuh tempo, maka ini akan muncul credit history kita.

    Sewaktu kita perlu memohon KPR ke bank, maka analis bank akan mendapatkan laporan “negatif” dari BI checking bila ada keterlambatan lebih dari 1-2 hari kerja dan bila cukup sering terjadi. Tentunya dalam memohon KPR atau kredit lain yang jumlahnya signifikan, BI checking hanyalah salah satu kriteria yang dilihat analis. Tapi kalau bisa jangan telat lah…

    Bojes

    Juni 21, 2007 at 8:43 am

  24. […] juga: Kartu kredit apa yang cocok buat saya Survey gaji pekerja TI Posted in Standar Gaji, Gosip, […]

  25. Apa sih yang nggak serba ideal, mudah, sukses, dll dr para IT-ers? :-D

    Panjul

    Juni 22, 2007 at 12:40 pm

  26. Saya orangnya juga konservatif. Tapi buat saya credit card adalah a necessary evil. Sebab, walaupun ada iuran tahunan yang harus dibayar, credit card membantu saya memudahkan pembayaran biaya-biaya bulanan seperti KabelVision, asuransi, etc.

    Selain itu, ada keuntungan tersembunyi dengan menggunakan kartu kredit, yaitu deferred payment. Bayaran yang harusnya jatuh pada hari ini, bisa ditunda hingga beberapa hari. Bahkan kalau transaksi terjadi setelah tanggal pengiriman laporan, biaya transaksi tersebut tidak perlu dibayarkan hingga bulan berikutnya.

    Saya juga suka membeli buku via amazon.com. Debit card belum bisa digunakan untuk ini.

    Buat ke luar negeri juga, kartu kredit cukup membantu. Saya nggak perlu bawa duit cash banyak. Terus terang, saya kurang suka bawa cash. Rasanya nggak aman. Jadi dengan credit card, transaksi2 saya lebih nyaman.

    Kartu kredit juga membantu kalau ada emergency. Pernah sekali istri saya harus ke dokter pagi-pagi. Berhubung emergency, kami tidak sempat berhenti di ATM. Credit card di kantong membantu pembayaran biaya-biaya rumah sakit. Tentu saja saya harus melunasinya sebelum jatuh tempo. Untung reimburse dari kantor cukup cepat, yaitu kurang dari tiga minggu. Duit datang di rekening saya langsung saya bayarkan ke credit card.

    Sekarang saya pakai GE Money, kartu kredit keluaran GE. Kalau disamakan dengan dunia penerbangan, GE Money ini seperti AirAsia (which is my favorite airline anyway). No frill, artinya nggak ada diskon-diskon buat makan di resto-resto di Citos. Tapi hanya dengan melakukan transaksi satu kali dan tidak terlambat bayar, seumur hidup iuran jadi free. Saya nggak perlu mikir dua kali untuk apply. (Anehnya pertama kali apply justru ditolak.)

    Togap Siagian

    Juni 30, 2007 at 5:03 pm

  27. Kartu kredit itu bisa jadi penyelamat, bisa jadi penjerumus. Tergantung bagaimana kita memperlakukannya.

    KK bisa menjadi setan, jika pemiliknya belanja sepuasnya tanpa perlu mikir gimana bayarnya, bayar minimum payment saja, selanjutnya nyicil sampe tua.

    KK bisa menjadi malaikat, jika digunakan sebagai alat pembayaran, bukan alat untuk ngutang.

    Bagi saya, KK selain menjadi malaikat, juga sebagai alat pencetak bonus dan hadiah. Setiap menggunakan KK, saya sudah siapkan uang untuk membayarnya di rekening khusus. Belanja dapat banyak poin yg artinya dapat hadiah gratisan lagi.

    So far saya punya 5 KK, tapi yg paling sering saya pakai adalah KK HSBC. Apalagi HSBC sering banget kasih promo2 menakjubkan, diskon 50% di banyak merchant & restaurants. Poinnya menguntungkan dan saya selalu digratiskan iuran tahunan. Mungkin karena saya selalu bayar lunas tiap datang tagihan dan tidak pernah nyicil apalagi nunggak.

    Sekarang saya diikutsertakan dalam program Member Get Member yg hadiahnya lumayan. Siapa saja yg saya referensikan bisa menikmati KK HSBC GRATIS :)

    nuniek tirta

    Juli 19, 2007 at 7:41 am

  28. kalo masih punya attitude menghutang, sebaiknya jangan punya KK. Hanya akan membelenggu hidup anda sendiri, karena terbelit hutang nantinya.

    Utk kartu GE, mereka memberi free annual fee seumur hidup jika kita tidak pernah terlambat bayar. Tapi sekali anda telat bayar, maka akan dikenakan annual fee.

    Belakangan ini banyak KK menawarkan gratis annual fee utk tahun pertama. Saya taun lalu dikasih KK platinum dari BII, saya tertarik krn gratis fee taun pertama. KK ini saya pake tapi selalunya saya lunasin tagihannya, jadi kredit history saya baik lah. April lalu saya telp BII nya, saya bilang, saya mau tutup kartunya, ktk ditanya alasannya knp, saya bilang, saya ga mau bayar fee tahunan nya, bayangin aja, 600rb coy! Jadi mending ditutup aja!
    Eh, ternyata dijawab, pak, kalo kami kasih free setahun lagi, gimana, ditutup ngga? Saya bilang, ya ngga akan ditutup. Akhirnya, ga jadi deh ditutup.

    Jadi, kalo kredit history kita bagus, kita sebenernya punya power utk minta free tahunan. Telpon aja customer servicenya, bilang ga butuh lagi, ada banyak KK lain yg ngasih free tahunan.. Pasti deh difree-in..

    Ada kenalan saya yg kerja di agen KK, ternyata bilang, memang kalo customer KK minimal pernah memakai KK nya 300rb per bulan selama tiga bulan aja, sebetulnya si bank bisa memberikan free iuran tahunan. Tapi tentu saja mrk tidak akan kasih tau.

    Lagian, sekarang udah ga jaman lagi iuran2.., di amrik ga ada KK yg narik iuran tahunan… Mana ada yg mau kalo disuruh bayar iuran !

    dudy

    Juli 24, 2007 at 4:29 pm

  29. beberapa kali di beberapa counter belanja justru menambahkan 3% dari pricing bila menggunakan CC. Contohnya saja bila belanja perhiasan misalnya pricingnya terkadang diberitahu oleh yang jaga counterbia pake CC dikenakan 3% dari fixed price..wah..
    trus next question, klo di amrik ngga pake iuran tahunan, trus kredit history usernya bagus, ngga kena bunga, Bank issuer CC nya dapet untung dari mana dong..
    mohon bila ada yang bisa bantu jawabannya..
    thank you

    billy

    Agustus 28, 2007 at 1:57 am

  30. billy, di amrik emang jarang tu yg pake iuran tahunan, tapi mengenai bunga, free nya paling lama cuma 18 bulan pertama. malah kadang cuma 3 bulan pertama, itu sih sebenernya cara mereka promo. gak ada tuh diskon 50% makan di resto anu bila pake CC X kaya disini. trus kalo kredit history nya bagus, biasanya bunganya rendah aja gitu. kalo jelek, yah di default. default rate nya juga masih lebih rendah daripada bunga CC indo. BCA gw 39% setaun!!! di amrik default rate kalo gak salah 27% skrg per taun. bagi org2 yang bagus credit history nya, paling bunga cuma 7% setaun. Ngiri kan?? disini 7% 2 bulan, hihihi…. mana bunga deposito juga turun terus…

    gw sih kalo pake CC, yang banyak diskon nya dimana-mana. kalo gw pegi ke mall A banyak promo CC X, terus ke mall B banyak CC X juga, yah boleh lah di konsider untuk apply. so far yg gw liat bagus promonya HSBC, Danamon (Manchester United card). gw sendiri punya sebiji, BCA, demen nonton bioskop sih.

    amel

    September 6, 2007 at 11:25 am

  31. Kartu kredit bukan kartu jahat. Mindset Indonesia selama ini “kredit=utang”. Kartu kredit bukan kartu untuk berhutang tapi kartu untuk pembayaran, jadi pindahkan metode pembayaran Anda ke kartu kredit dan bayar PENUH tagihannya setiap bulan. Cukupkan 1 kartu saja, jadi Anda tidak terbebani terlalu banyak biaya tahunan dan poin bonus terkonsentrasi di 1 kartu.
    Cari kartu kredit yang:
    1. Mudah pembayarannya: kalau bisa dari bank yang sama dengan tabungan Anda, jadi Anda tidak kena biaya pembayaran. Dari bank lain juga tidak apa2, asal bayarnya mudah. Contohnya saya pakai HSBC, bisa bayar lewat e-banking tabungan Mandiri saya. Jangan sampai Anda harus ke counter bank untuk membayar kartu kredit, pasti nanti sering telat > kena denda dan bunga.
    2. Dengan asumsi Anda akan membayar penuh tiap bulan, cari total biaya tahunan terkecil (total=iuran tahunan+12*biaya transfer pembayaran+12*biaya materai 6000). Kalau iuran tahunan dibayar kantor, masukkan nilai 0 di atas. Beberapa bank telah menghapus biaya materai. HSBC saya mengirim tagiah via email dan tidak lagi membebankan materai.
    3. Go to hell interest rate (riba). Anda kan akan membayar penuh setiap bulan.

    M. Aris Zamroni

    September 24, 2007 at 9:40 am

  32. BNI emang paling murah (tadinya…)
    Dia mau naikin bunganya per 1 okt ini. Jadi 3.75%…

    ipank

    Oktober 9, 2007 at 2:42 am

  33. wah aku lagi bingung nih….aku skg lagi app kartu kredit bca,itupun dengan jaminan uang d bank (bca) hrs ada 3 juta lagi…aku hrs jamin 3 jt krn umurku msh 20 thn,jadi harus ada jaminannya…. namun sampai sekarang aku mulai mewaspadai untuk memakai kk ku nanti ini…terutama aku bingung mengenai bunga bank yang begitu BESAR sekali….
    yang aku bingungkan,semisal aku kredit handphone seharga 1 juta (misal) trus tiap bulannya aku nyicil 100rb aku akan dikenaiin bunga 3,25% apa bener kayak gt y????
    3,25% tuh aku bingungnya dikaliin dengan harga pinjaman (1 juta) atau harga cicilan/angsuran (100 rb)????trus klo misalnya kita telat membayar angsuran bulannannya apa kena denda???berapa y dendanya kalo untuk kk bca????
    mohon petunjuknya…terima kasih.Robby

    robby

    Oktober 23, 2007 at 11:20 am

  34. To Robby,

    Kalo mo kredit handphone sebaiknya beli di toko yg kasih penawaran bunga kecil atau bunga 0%. Jadi jika kita mencicil tepat waktu kita tidak akan dikenakan biaya apa2. Biasanya nantinya kita akan dihubungi/ kita harus menghubungi pihak bank untuk mengubah transaksi tersebut menjadi cicilan tetap (installment). Kalo tidak nantinya kita akan di tagih full amount, bukan installment amount.
    So kalo ditagih full amount, jika kita cicil min payment/ lebih maka akan kena bunga 3,25% (standar bunga retail) dari amount tertagih itu pada bulan berikut, tiap bulannya sampai lunas.
    Kalo installment itu berbeda, kita akan ditagih jumlah cicilan per bulannya saja. Jika bunga 0% maka bagilah misal 1,2jt selama 12bulan, so hanya 100rb per bulan yg akan ditagih di billing statement.
    Untuk Credit Card sebaiknya kita selalu membayar full payment 1 atau 2 hari sblm jatuh tempo. Moga2 dpt memperjelas. Thanks.

    Lucas

    November 29, 2007 at 5:15 am

  35. Saya agak telat kali ya komennya.

    Yang jelas saya tertarik bikin KK karena ada program free for life dari bank mandiri. Bikin deh Visa-Gold. Lumayan free iuran seumur hidup.

    Tiap belanja di SPM, dulu saya selalu menggesek Debit Mandiri/Paspor BCA (Kartu Debit). Sekarang saya alihkan ke KK.

    Saya tidak bertambah boros dengan KK ini, bahkan semua pemakaian jadi terkontrol karena saya bisa cek di internet banking mandiri saya berapa pemakaian saya sampai saat ini.

    Budget belanja 2jt per bulan ga pernah jebol.

    KK cuma alat ganti bukan tambahan penghasilan.

    rahmat

    Desember 5, 2007 at 4:57 am

  36. Setuju dengan Dik M. Aris Zamroni dan Bung Lucas. Sedikit menambahkan:

    Dengan KK, pemakaian kartu pascabayar bulan Januari 2007 bisa saya lunasi di bulan Apri 2007. Kok bisa?

    Intinya KK itu kita bayar full dan kita pun bebas bunga. Jangan tergiur tawaran2 yang gak perlu yang akhirnya membuat kita berhutang. Ingat, sisa hutang 10rb rupiah saja bisa membuat pemakaian kita bulan berikutnya akan dikenai bunga (walaupun dibayar sebelum jatuh tempo).

    Saya memakai KK Mandiri dan membayar dari IB Mandiri (free of charge). Untuk materai, tetap ada karena aturan pemerintah. Bank tidak menanggung materai. Tapi lumayan sudah free for life.

    Saya sudah merasakan nilai plus dari KK selain beli dulu bayar bulan depan adalah: diskon2 khusus pemegang KK, cicilan tanpa bunga, Airport Lounge, poin reward, dll.

    rahmat

    Desember 5, 2007 at 5:17 am

  37. Wah menarik nih infonya, bagus banget nih kalo sekalian di post di http://infokartu.com buat nambah2in arsip forum =)

    thx

    Tony

    Desember 8, 2007 at 8:43 am

  38. Pake BRI aja mas… Bunganya paling kecil…
    Airport Lounge nya jg gratis klu pake yg GOLD, beda ma citibank,kudu platinum baru gratis…
    Hehehe…

    tegar

    Januari 10, 2008 at 2:18 pm

  39. Saya setuju kalau baik buruknya kartu kredit sebenarnya adalah cerminan dari si pemakai.
    Kalau saya memilih kartu kredit bukan dari yg bunganya paling kecil, karena saya memang tidak akan pernah mencicil tagihan.
    Jadi lebih ke
    – simple (karena tidak perlu bayar cash)
    – benefit (biasanya adanya promosi dan diskon)
    – emergency (dimana in case diperlukan utk pembayaran yg urgent siap selalu).

    Herbet

    Maret 28, 2008 at 9:38 am

  40. bisa jadi bahan referensi ie, coz i juga mo apply CC, keknya udah muali butuh nie

    Falih Arieya

    September 27, 2008 at 3:30 pm

  41. Sekarang bri bunga paling murah kalee. Chek disini

    Aroon

    Oktober 5, 2008 at 3:56 pm

  42. Saya mah belumg pny KK,n saya pingin banget punya,soale untuk bisnis internet luar negri wajib punya kk.
    Sapa yang dapat membantu?,tapi yang gratis lho.
    hub,lewat email saya
    wbsnhandoko@gmail.com

    wawan

    November 28, 2008 at 5:52 am

  43. Punya kartu kredit sih boleh saja asal kita punya penghasil tetap dan tentu saja berlebih, karena jikat tidak malah akan jadi bom waktu sudah banyak yang terlilit hutang alias tidak mampu membayar alhasil bunga berbunga. thanks kliklah.com

    Zainal Bisnis Online

    Desember 1, 2008 at 4:19 pm

  44. Wah jangan coba-coba deh pakai kartu kredit apalagi kalau salery gak mencukupi, malah bikin jadi terjebak thanks http://www.ebisnisonline.com

    Zainal

    Januari 7, 2009 at 1:12 pm

  45. mas Anjar,

    klo saya punya prinsip utk menggunakan CC spt layaknya debit card…monggo lho mampir ngopi2 dulu di tempat saia,
    http://www.facebook.com/note.php?note_id=72562135960

    trims,
    ronggo

    ronggo

    Januari 9, 2009 at 12:34 am

  46. Saya baru punya CC Mandiri (kartu Hypermart), pernah 2 kali apply tapi gak berhasil karena gak bisa dihubungi. Milih kartu Hypermart, karena saya sering belanja bulanan disana, banyak diskonnya klo pake kartu tsb.

    gunawan

    Januari 9, 2009 at 9:25 am

  47. mau nanya niih kalau denda terlambat satu hari pembayaran visa BNI kira – kira berapa yaa ??

    bung xxx

    Juni 9, 2009 at 3:56 am

  48. satu hari atau 30 hari dendanya sama bro sekitar 75rb….

    Gubrak

    Juni 9, 2009 at 9:26 am

  49. tapi gw tadi udah bayar..
    gak dapet denda yaa..
    padahal kemaren uda d telepon katanya kena denda .. :)
    masii baek nii bank :p

    bung xxx

    Juni 9, 2009 at 3:28 pm

  50. pada saat bayar ya gak kena denda, karena denda akan ditagihkan pada bulan berikutnya….(ini pengalaman gw)

    Gubrak

    Juni 10, 2009 at 12:18 am

  51. Thx mas anjar dkk atas sharenya..

    sy juga tadinya stipe dgn mas anjar aga2 kaum konservatif yg aga alergi dgn cc krn lbh bnyk dgr brita tak sedap dr komunitas t’dekat.
    tp krn mau bw ortu brobat ke luar negri, sptnya mst punya utk pegangan, kartu apa yg welcome diln jg, apa bri jg ok..dan dktr saya ada kk bank mandiri dan bri, apa ada nilai plus kl saya mempunyai kk dr bank yg ada didlm ktr saya..
    tks..

    oi

    Januari 4, 2010 at 3:33 pm

  52. Sy pny rencana buat di BCA, Apa ada yg tahu jumlah Uang yang hars kita punya supaya Bisa di approve? ini rencana yg makai jaminan(dngr-dngr 3 juta).

    Thnx

    Ran

    Februari 10, 2010 at 6:53 pm

  53. kalau menurut bayu sh pilh bri aja yg paling rendah bungany dan bebas iuran tahunan al.

    bayu pratama

    Mei 7, 2014 at 12:37 pm

  54. Menarik sekali dari ulasan rekan rekan ini, selama ini saya pakai cc selalu over limit dari visa batman tapi untuk dagang jula beli barang dari e-bay dan kalu dihitung-hitung untuk bayar tagihan dan bunga masih cukup menguntungkan dan ini baru mau buat untu cc BRI.

    adnan

    Mei 10, 2014 at 7:11 pm

  55. Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan yang mendesak? email kami via Email: collinsscotthelpfunds@gmail.com dengan bawah Info ..

    nama:
    Negara:
    jumlah:
    durasi:
    Nomor Telepon:

    collins

    Mei 11, 2014 at 1:31 pm

  56. Butuh pinjaman pribadi dari perusahaan yang dapat diandalkan pinjaman, Persetujuan Instan, Tidak ada jaminan, Low tarif, maka perusahaan pinjaman Hasan adalah tempat yang tepat, kami menyediakan semua jenis pinjaman sebesar 2%. Jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi kami melalui email di: hasanloancompany@gmail.com
    salam,
    Pak Hasan Malek

    Mr. Hasan

    Desember 1, 2014 at 3:30 am

  57. Mencari pinjaman akses mudah dari perusahaan yang sah pinjaman, Persetujuan Instan, Tidak ada jaminan, Low tingkat, pastikan Anda mengunjungi Victoria Sanchez Perusahaan Pinjaman karena perusahaan pinjaman yang tepat, kami menyediakan semua jenis pinjaman sebesar 2%. Jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi kami melalui email di: Victorisanchezloanfirm@gmail.com
    Hormat kami,
    Ibu Victoria

    Mrs. Victoria

    Desember 7, 2014 at 9:44 pm

  58. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak?
    * Sangat cepat dan mendesak transfer ke rekening bank Anda
    * Pembayaran mulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang di Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) durasi
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan
    *. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendanai? Setelah pengajuan aplikasi kredit,
    Anda dapat mengharapkan bahwa respon awal kurang dari 24 jam dan
    pendanaan dalam 72-96 jam setelah menerima informasi yang kita butuhkan
    darimu.
    Hubungi pejabat perusahaan pinjaman yang sah dan berlisensi
    bahwa bantuan keuangan kepada negara-negara lain.
    Untuk informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi pinjaman melalui kontak sekarang
    email: maryrobert422@gmail.com

    Mary Robert

    Maret 6, 2016 at 10:34 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: