Anjar Priandoyo

Prospek kerja di Indonesia buat lulusan Singapura

with 39 comments

Dear Bang Anjar, Langsung saja ya Bang. Aku pengen nanya2 tentang prospek kerja di Indonesia buat lulusan Singapur.

Aku lulusan Singapura jurusan Computer Engineering, kalo di Indo kayaknya campuran Teknik Elektro + Informatika, sekarang udah kerja di Multi National Company di SG. Sekarang kira2 udah punya 1 year experience. Mulai bulan ini, aku lagi ambil part-time master di bidang IT juga yang kira2 lulus taun 2009. Kemungkinan besar aku bakal tinggal di Singapur selama 6 tahun karena ada ikatan dinas dari beasiswa kuliahku. Ikatan dinasnya bisa ke semua Singapore-based company, termasuk MNC yang buka cabang di Singapur.

Nah, karena kuliah di sini trus lanjut kerja juga, aku ngga gitu ngerti perkembangan situasi kerja di Indo yang kira2 bakal aku masuki abis ikatan dinasku selese. Cuman setauku, kerja di sektor IT di Indo bakal susah – sedikit perusahaan yang bisa di apply – dan gaji juga bakal pas2an – kalo ngga bisa dibilang kecil. Dan Industri yang hot di Indo pada berkutat di minyak ama Telco. Bener kan bang?

Aku bingung kalo misalnya aku lanjutin kerjaanku kaya dalam posisiku yang sekarang ini ampe 5 tahun lagi trus balik ke Indonesia, apa bisa aku dapet kerja ya, Bro? Aku pengen banget sebenernya kerja di MNC gede kaya HP, IBM trus dalam 5 tahun minta transfer ke Indo, tapi kayaknya mereka cuma buka marketing department di Indo, ngga ada IT. Tapi kalo misalnya ngga pake transfer kaya gitu – pindah perusahaan abis 5 tahun trus cari kerja di Indo – kayaknya bakal susah banget. Apalagi banyak saingan yang bagus2 dari Indo sendiri.

Boleh minta saran/rekomendasinya Bang?
Alex di SG

Komentar:
Duh, barusan semalem ngobrol sama Budi Mulyono -Om Bahar, Gus Don, miss you bro- di Poins Square tentang kerjaan di SG, eh pagi ini ada pertanyaan kaya gini. Ini pertanyaan ‘rumit’ Mas Alex, tapi paling engga Mas Alex punya cukup banyak waktu untuk mengatur strategi pulang kampung yang paling sesuai dengan kondisi Mas Alex.

Mungkin ada temen-temen SG yang mau sharing dulu? atau sudah ada yang berhasil banting setir -om Bahar mungkin-. Sektor IT (tenaga kerjanya) di Indonesia mungkin tergolong berat saat ini baik dari segi supply dan perkembangan industrinya.

Baca juga:

Mengapa lulusan asing lebih mudah mendapatkan pekerjaan: tentang investment banking

Written by priandoyo

Agustus 27, 2007 pada 11:14 am

Ditulis dalam Pekerjaan

39 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. Mas Alex,

    Setahu saya HP Indonesia tidak hanya marketing, banyak juga engineer IT-nya. Server-server HP baik UNIX maupun OpenVMS banyak digunakan di Tsel, Isat, Hutch, dll pada banyak network function (SMSC, MMSC, OSS/BSS, dll).

    Perusahaan Singapore-based seperti Telogic dan I’M Technology, atau MNC seperti LogicaCMG dan Acision (dulu LogicaCMG Telco Products) juga punya market presence yang cukup kuat di Indonesia.

    Program Master IT-nya bidang apa? Ada teman saya alumnus program Master Communication Software & Network, dua tahun lalu pulang ke Indonesia setelah lulus, join XL sebagai engineer, dan sekarang manager di BTEL.

    Onay

    Agustus 27, 2007 at 4:30 pm

  2. Mas alex,
    kemarin saya baca bisnis minggu tentang dirutnya CISCO dia bilang dia lulusan ITB Informatika IP 2.6 kuliah S1 6.5th, kuliah S2 nggak lulus2…dia punya resep kalo mo karier melesat pindahlah ke bagian marketing..

    Sebelumnya dia di bag IT Bank Lippo lalu pindah ke Bank Niaga waktu di niaga dia minta dipindahin ke Marketing.. (ttp di niaga tidak ada tempat) karena kalo di It terus dia nggak nanjak2. trus dia ditawarin di IBM marketing, dia masuk … sampailah dia jadi dirutnya CISCO

    andi

    Agustus 28, 2007 at 3:44 am

  3. Setahuku di IBM Indonesia juga nggak hanya marketing. Ada yg teknikalnya juga, baik hardware (server,storage,network) maupun software.
    Kalaupun hrs ke marketing juga nggak ada salahnya :)
    Seperti kata Mas Andi, kerja IT marketing juga fun, koq

    Syarif

    Agustus 28, 2007 at 5:37 am

  4. Mas Alex..
    Saya ucapkan selamat karena saat ini Anda sudah kerja di SG dan Kuliah Program Master.

    Saya kira Anda tidak usah terlalu khawatir dengan masa depan Anda, apa yang Anda dapatkan saat ini sangat baik dan pasti sangat berguna untuk masa depan Anda.

    Masalah nanti, nantilah. Yang penting sekarang sedang melakukan prosesnya.

    Mohon maaf kalo menggurui :)

    pelbis

    Agustus 28, 2007 at 1:26 pm

  5. @Onay
    Saya denger dari temen, kalo Networks di Indonesia memang populer, banyak perusahaan yanag pake. Tapi sayangnya background saya bukan di Computer Networks. Lebih banyak ke software development.

    @andi
    yang saya takutkan banting setirnya itu. Apa mampu saya nanti kerja di marketing & cocok kerja di bidang ini?

    @pelbis
    makasi mas.

    Alex

    Agustus 28, 2007 at 10:48 pm

  6. Mas, gimana nasib dengan anak negeri ini yang belum sempat mengenyam kerja di luar negeri ? Moga-moga ada solusinya yang tepat.

    abusilman

    Agustus 29, 2007 at 11:38 am

  7. Hehehe.. kena sentil deh..

    Beberapa orang yang aku kenal, menyelesaikan masalah ini dengan kerja di Singapura tapi rumah di Batam =)

    Ada juga yang kerja di Batam, tapi gaji standard Singapore =)

    Cuman susahnya kalo di Batam/Bintan/TanjungPinang, kebanyakan perusahaan manufaktur. Apakah ini peluang utk membuka IT Solution Provider company di region ini?
    (lah kok malah menjawab pertanyaan dengan kalimat tanya .. hehe.. yang penting urun rembug deh.. :P)

    Hardono Arifanto

    Agustus 29, 2007 at 6:01 pm

  8. Di Batam ada perusahaan Telco kelas dunia, Inmarsat Indonesia. Inmarsat ini boleh dibilang salah satu operator satelit terbesar di dunia. Salah satu layanannya adalah MSS (Mobile Satellite System), semacam GSM tapi over satellite. Untuk kantor Batam, denger-denger gajinya juga standar S’pore.

    Onay

    Agustus 30, 2007 at 12:02 pm

  9. Hallo bang Anjar … saya Agus, terus terang saja saya mau konsultasi mengenai pekerjaan di singapore, Saya lulusan DIII elektro industry universitas Indonesia, pengalaman saya 1 tahun di kontraktor PLN sebagai field Engineer untuk pembuatan gardu induk, 1,5 tahun di perusahaan electronic sebagai Electrical and Instrument Engineer. saat ini saya sedang mencari pekerjaan di Singapore yang sesuai dengan keahlian yang saya miliki. kalau ada informasi pekerjaan disana, saya berharap Bang Anjar bisa membantu saya .. Terima kasih .

    Agus

    September 3, 2007 at 11:35 am

  10. Salam perkenalan dari Fredy. Saya sekolah IT dan kerja di bidang IT juga dan sudah bekerja di SG dari tahun 2002. Saya juga ingin kerja lagi di Jakarta dengan harapan dapet kerjaan tetap dan posisi manager. Saya pernah bertanya untuk Manager non IT di Jakarta bahwa IT manager bisa mendapatkan gaji 50% dari gaji di SG yang saya dapatkan hari ini. Dengan sewa rumah yang semakin mahal di Singapura menjadikan kerja di Indonesia lebih menguntungkan karena naik gaji 18% tetapi biaya sewa rumah naik 60 – 100% dalam 2 tahun terakhir. Untuk yang mau kerja di Singapura bisa cari kerja di www. jobstreet.com.sg atau http://www.monster.com.sg Demikian sekilas info.

    Fredy

    Oktober 4, 2007 at 6:51 am

  11. Hi all,
    Ada yang tau gak, kira2 salary di INMARSAT batam kisarannya berapa?

    Thanks sebelumnya :-)

    ridwan

    November 27, 2007 at 3:34 am

  12. gaji standard singapore itu berapa yah? terus perbandingan gaji dan biaya hidup di singapore vs gaji dan biaya hidup di jakarta ada yang tahu?
    karena yang penting kan bukan besarnya gaji, tapi margin antara yang biaya hidup dikeluarkan (gaya hidup middle up) dan gaji yang diterima

    Uki

    Desember 27, 2007 at 10:43 am

  13. pertama kali masuk blog ini rasanya aneh ….saya pikir org sebanyak ini satu kantor kali….tapi yg jelas saya minta tolong teman2 yg ada di singapure …saya butuh alamat atau web site sukur2 dapat no tlp ama contacy person segala…
    saya lagi nyari cisco 2801-V/k9
    baru ataupun second..saya butuh buat proyek saya di jak
    begitu saja atas bantuannya saya buyung
    tq

    buyung

    Januari 6, 2008 at 9:07 am

  14. td ditelp Inmarsat Batam utk interview besok via telp…
    Itu perusahaan bedanya sama Inmarsat apa sih ? Prospek dan benefit kira2 gimana ?

    fian

    September 4, 2008 at 1:32 pm

    • Mas, sy jg mau nanya, itu akhirnya mas jd ambil jobnya ? kalo boleh tau mas nunggu berapa lama ya, buat diinterview ?

      btw, sy jg lg nyoba ngelamar kesana.thanks

      hagi

      Oktober 20, 2011 at 11:53 am

  15. @fian
    Inmarsat Batam itu nama aslinya PT ISAT, dulu bernama PT Asia Cellular Satellite / ACES, yang setelah bangkrut dijual ke Inmarsat. Karyawannya sedikit, hanya puluhan dan sudah cukup lama mereka tidak ada rekrutmen. Anda ditawari posisi apa?

    Benefit di sana saya pikir tidak terlalu istimewa yah, soalnya kawan saya ada yang kerja di sana dan benefit saya lihat biasa saja, hanya gaji pokok tanpa fasilitas apa-apa. Apalagi itu kan di Batam, biaya hidup bisa 2x lebih tinggi dari di Jawa, jadi kalau anda memang minat ke sana, pastikan minta gaji yang besar, 2x standard gaji di Jakarta.

    telco_engineer

    September 4, 2008 at 9:19 pm

  16. jangan pergi ke batam… nggak enak di sana, apa-apa mahal… trus ntar kalau mo cari kerja lagi susah, interview ke jakarta mesti naik pesawat dulu…
    Batam = Begitu Anda Tiba Anda Menyesal…
    banyak temen minta pulang setelah 6 bulanan kerja di batam…

    batamer

    September 5, 2008 at 11:32 am

  17. salam kenal…berhubung lagi ngomongin batam………sekalian mau nanya nih……koneksi internet di batam selain speedy, gsm/hsdpa ada apa lagi ya ? katanya lintasarta udah bisa nembak wireless ? terus apa ada koneksi langsung ke s’pore ? makasih…..

    BM

    September 5, 2008 at 1:16 pm

  18. di batam pernah dengar mau dibikin banyak hotspot gratis… katanya bisa di mall dan tempat umum lain… tapi saya cuma ketawa aja, gimana enggak, listrik dan air bersih aja di sana byar-pet dan nggak lancar kok mo bikin hotspot…

    batamer

    September 5, 2008 at 1:56 pm

  19. udah ada koq hotspot gratis di tempat2 umum kayak taman engku putri, dll. Cuma ya kecepatan terbatas……..

    BM

    September 6, 2008 at 9:32 am

  20. sudah lulusan singapura kok masih berpikir pulang ke indo? terus saja kerja di singapura kan gaji lebih besar.

    lulusanlokal

    September 7, 2008 at 6:55 am

  21. Ngapain pulang kampung? Gaji freshgrad di Singapore sekitar $3500-4000. Di Rupiahkan sudah berapa itu, 20 jutaan kan. Mana ada freshgrad di Indonesia bergaji segitu. Setelah kerja 5 tahun di Singapore mungkin gajinya sudah 2x angka tadi, berarti 50 jutaan Rupiah… di Indonesia gaji segitu hanya level vice president atau direktur yang bisa. IT engineer mana dapat…

    hamilton

    September 7, 2008 at 3:42 pm

  22. brarti kesimpulannya jangan pulang kampung ya kalo udah kerja di sing?
    hihi…

    ato gini aja mas andi..
    anda tabung aja pendapatan anda slama disana..
    trus pas pulang ke indo anda buka bisnis saja..
    kos kosan misal…?

    yah intinya gitu lah..

    nunu

    November 24, 2008 at 9:39 am

  23. @ Hamilton:

    bidang apa tuh gaji fresh bisa segitu? mimpi engineering kali yeee…hihihihi…

    mimpi

    November 24, 2008 at 4:52 pm

  24. ok percaya, tp di sing kan semuanya costly…

    mimpi

    November 24, 2008 at 4:58 pm

  25. @mimpi
    bukan mimpi, di singapore memang segitu gajinya, teman gw umur 25-an dapat $4000 kerja jadi network engineer, itupun tahun lalu.

    bukan mimpi

    November 24, 2008 at 11:09 pm

    • Wah, setau saya, fresh graduate lulusan singapore punya standard gaji S$2500-3500, tergantung qualifications (honour, skill, and nationality tentunya).
      Buat kerja di pemerintahan ataupun government link company (misal under Temasek), antara yang NS (National Service) dan yang Non-NS sendiri juga berbeda.

      Bisa jadi juga di atas S$3500, tapi sangat jarang. Biasanya yang dapat segitu, fresh graduate yg kerja di Semiconductor company yang Over Time atau pun shift malam.

      Begitu dari saya, sebagai salah satu fresh graduate NTU. ^_^

      ucok.medan

      Juni 23, 2009 at 10:11 am

  26. gaji di singapore $4000, tapi biaya hidup $2000 gimana coba…? berapa yang bisa ditabung

    spore

    Februari 7, 2009 at 6:08 am

    • Tentang biaya hidup di Singapore, pada dasarnya tergantung gaya hidup masing2. Untuk masukan aja, secara garis besar biaya hidup di Singapore sprt ini:
      * Sewa Flat
      - Sharing ama teman2 : $S400-600
      - Sewa 1 kamar (common room) : S$ 500-700
      - Sewa 1 kamar (master room) : S$ 600-900
      - Sewa 1 rumah 1+1 : S$ 900-1200
      - Sewa 1 rumah 2+1 : S$ 1500
      - Sewa 1 rumah 3+1 : S$ 1700-2200

      * Transport
      - Sekitar S$50-100 buat Bus&MRT

      * Telepon & Internet
      - Local : S$20
      - Internet : S$25
      - International : S$20-30 (Nelpon Indo pakai calling card)

      * Makan
      - Kalo bujang, sktr 8dolar/hari = S$300 per bulan
      - Kalo keluarga, sktr S$500 per bulan

      Itulah sebabnya kenapa beberapa orang menyarankan jangan mau terima offer yang dibawah S$2500-S$3000 buat yang sudah berkeluarga.

      Semoga bisa bermanfaat buat sahabat-sahabat yang merancanakan bertualang di negeri singa.

      ucok.medan

      Juni 26, 2009 at 7:14 am

    • spore,

      bisa hidup koq.bsia invest juga malah di kampung halaman (baca: jkt). gw buktinya.

      ladygaga

      November 24, 2009 at 9:29 am

  27. Misii,saya skrg lg kuL di jur T.Inf0rmaTika 08..
    HeE,msh fresh man..

    Saya memiLih TI krn mLht kerjany kren2 rasany..
    Pngen bgt krja di luneg..
    Gmn y caranya biar bs krja di luneg?
    ToLoNg bgt y mas2 yg dh brhsL,bagii2 inf0ny k bar_interisti@rocketmail.com..

    P.S : bgii WNI y9 dh brhsL di luneg,tLg d0nk rekruT aNk2 ind0..
    Thanks..

    Akbar

    Maret 4, 2009 at 4:24 am

  28. dollar singapura beda sama dollar amrik, 4000 singapura jadi 9 jutaan.

    cpu

    April 21, 2009 at 1:19 pm

    • cpu,

      gimana lo tuh ngitungnya masa 4000 dollar SGD jd 9 juta?????? wew….parah lo gan!!!!

      ladygaga

      November 24, 2009 at 9:27 am

  29. Saya pernah kerja di perusahaan semicon singapur, penghasilan kadang nyampe S$6 K (plus overtime) sebulan… cuma ngerasa disconnected dengan kerjaan, plus lingkungan yang kurang mendukung dan kurang kondusif

    Sekarang kerja sebagai researcher, penghasilannya kurang lebih 70% dari sebelumnya, cuma ternyata cocok dan seneng dengan kerjaannya.

    Moral of the story, kerjaan bukan sekedar penghasilan, tapi juga passion buat sustainability jangka panjang. Banyak orang sukses bilang, “kerjakan apa yang kamu sukai dan uang akan datang dengan sendirinya” Saya lagi mencari jawaban buat quote tsb.

    aryo wiman

    November 25, 2009 at 3:59 am

  30. g usah pulang ke indo,parah gajinya,uah enak disitu saya aja yang di indo mau cabut keluar,coba deh renungin.

    yan

    April 23, 2010 at 2:58 pm

  31. nanti kalau udah punya keluarga baru mikir apalagi anak2 udah gede,
    mau kuliah kelimpungan deh,
    ini nyata lho…..yang dihadapi kita2 di indo
    tahan aza disitu kumpulin duit yang banyak.kuatin mental tahan aza yah masa g kuat sih.

    yan

    April 23, 2010 at 3:00 pm

  32. aku kerja di telcom di indo udah lebih 15 thn,skarang kena peraturan baru semua karyawan dipotong 50 persen,salary dan tunjangannya,biasa jadi pegawai baru tapi muka lama.
    makanya saya juga mau pindah ke singapore atawa dubai nih.
    makanya ujang yang disingapore tahan yah g usah cengeng tahan mental.

    yan

    April 23, 2010 at 3:04 pm

    • wah bad news nih :(, ini berlaku untuk semua telco atau perusahaan tertentu?

      ifnu

      Mei 31, 2010 at 6:26 am

  33. hi all,

    ada link bagus untuk yang minat cari kerja di singapore

    http://wiki.indo-sing.org/Pengalaman_mencari_kerja_1

    nambah pengetahuan deh

    ifnu

    Mei 31, 2010 at 6:20 am


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 475 pengikut lainnya.

