Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Tips merawat dan memperbaiki AC rumah

with 220 comments

Pertama kali tinggal di Bintaro, saya sering menerima brosur mengenai perawatan AC, mulai dari berbentuk amplop, leaflet hingga brosur berlaminating yang bisa digantung. Sebenarnya agak curiga sih dengan sangat banyaknya brosur perawatan AC yang masuk hampir setiap hari ini. Cuman, karena saking seringnya, dan karena harga yang ditawarkan standard Rp 25.000- per pencucian, akhirnya setelah beberapa bulan memakai AC saya memutuskan untuk memanfaatkan jasa perawatan AC ini.

Seperti biasa, trik yang dilakukan adalah menelpon beberapa penyedia jasa menanyakan biaya untuk perawatan AC -tentunya yang dipilih yang alamatnya ‘dekat’ dari rumah. Akhirnya saya memilih penyedia jasa yang terkesan professional -paling tidak respon saat ditelepon sangat bagus. Singkat kata si penyedia jasa datang, dan sangat mengejutkan karena selain tidak berseragam, si tukang servis AC ini cenderung bergaya preman. Kira-kira dialognya:

“Pak kalau cuci AC aja bisa kan?” (konfirm karena di telpon si petugas bilang bisa dan biayanya 25rb)
“Wah ga bisa pak, ini freonnya harus diganti, percuma kalau dicuci” (what, padahal ini AC baru)
“Oh gitu, ga usah diganti pak, dicuci aja”
“Engga bisa pak, coba lihat ini, freonnya bocor” (sambil membuka pipa sehingga muncul busa)
“Tuh pak, kalau gini artinya bocor, percuma kalau dicuci saja” (sekali lagi menunjukkan tanda memaksa)

Akhirnya karena tidak ada titik temu, saya batalkan acara perawatan AC itu. Si tukang servis, mulanya memaksa untuk membayar biaya charge sebesar 25rb (what, preman abis), walau akhirnya kami hanya memberi uang rokok 10rb. Parah.

Belajar dari pengalaman di menghubungi jasa seperti ini, maka kami memutuskan untuk menghubungi jasa service AC yang memiliki kantor fisik. Pilihan jatuh ke Rumah AC -letaknya di depan STAN Bintaro. Ternyata hasilnya sangat bagus. Biayanya relatif lebih mahal 35rb, tapi petugasnya berseragam dan ‘jujur’. Menurut petugas dari Rumah AC, ternyata Freon kami tidak perlu diganti -karena masih bagus dan dingin.

Beberapa kali puas menggunakan jasa Rumah AC, akhirnya suatu hari si AC ini bermasalah lagi, putaran AC indoor-nya lemah. Langsung kami panggil Rumah AC lagi. Menurut saran dari petugas rumah AC ternyata motor AC kami lemah, standar karena Panasonic yang kami miliki produk lokal. Sarannya motor AC-nya diganti, total sekitar 700rb. Tidak lupa si petugas dengan ‘baiknya’ menyarankan agar membeli komponen motor AC-nya langsung di service resmi di Panasonic Center di BSD. Perkiraan harga motor AC-nya 400rb. (ini contoh ‘kejujuran’ si petugas)

Singkatnya, kami menghubungi service center resmi Panasonic tersebut. Tarifnya memang relatif mahal, biaya home visit 15rb, biaya service 125rb. Tapi karena penasaran, maka kami menggunakan jasa resmi tersebut. Hasilnya ternyata kami tidak perlu mengganti Motor AC, cukup mengganti kapasitor AC seharga 11rb. Wah wah wah.

Kesimpulan:
1. Service Resmi Panasonic, merupakan orang yang paling pintar, paham dan menguasai best practices seputar AC Panasonic dengan baik. Bahkan mereka yang sudah lama bermain dengan AC, seperti Rumah AC bisa jadi salah mendiagnosa. Sama seperti masalah kesehatan, third party opinion itu penting

2. Bahkan Toko Penjual AC bisa jadi salah, setelah di review oleh Service Resmi Panasonic, ternyata ada beberapa pemasangan AC kami yang salah. Seperti jarak antara AC dan plafon yang terlalu dekat.

3. Rawatlah AC secara rutin, teorinya 3 bulan sekali, kalau keberatan ya paling tidak disesuaikan dengan frekuensi penggunaan dan kondisi rumah.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Maret 11, 2010 pada 10:32 pm

Ditulis dalam Life

220 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya pake ac samsung udah hampir 2 tahun . pdhl cuma diset suhu 26 udah dingin minta ampun . tapi demi anak, bela2in bapaknya tidur pake selimut dobel sarung :D

    btw ditempatku pondok kelapa, biayanya 35 ribu

    kampret

    Maret 13, 2010 at 5:04 pm

    • Ass. pak perkejaan saya tukang servis ac juga koc tapi saya gx setuju dengan komitmen bapak
      karna bukan semua tukang jasa servis ac aj yg punya pemikiran sama tentang menipuan konsumen
      kadang ad juga konsumen yg berani menipu kami seperti ini misalnya

      kami sedang membersikan acc orang misalny
      dan setelah selesai kami pun mengecek acc ny
      loh koc kan bisa sensor ny datang yg punya acc
      saya : buk sensor ny koc kec gini buk kontak2

      ibu : ah tadi bagus2 aj koc jadi si ibuk minta ganti kan kami merasa gx enak klo gx kami yg ganti ny
      padahal uang cuci hanya 25 ribu
      ibuk itu minta ganti acc yg baru gimna nie jangan clau salahin tukang jasa servis acc donk pak liat
      juga konsumen ny pak

      bY ; DHARMA
      BaTu nisan berwarna putih
      cukup sekian dan terimah kasih

      dharma

      Februari 17, 2012 at 12:10 pm

      • saya juga tukang servis ac
        anda ini adalah contoh tukang servis yang o on alias goblok bin bodo…. harusnya mau servis itu tanya dulu ama yg pnya, keluhan ac yg lainny ada pa gk, klo ada pa aja, klo perlu di cek sendiri pake remot di dpan yang punya sblum mulai proses servis. jadi kalo ada msalah gak ada yg merasa bohong dan gak ada yg merasa di bohongi.

        agus

        April 13, 2012 at 10:34 pm

      • dhama nama yang darmawan alias suka memberi dan mennganti ac ibu yang rusak tadi
        klu boleh aku sarankan sebelum kita service ac atau apa aja yang membutuhkan jasa kita jangan lupa anda harus menyalahkan dulu unit yang kita akan perbaiki jangan asal service aja itu aja saran saya semoga bermamfaat TQ GBU

        rendy

        Juni 3, 2012 at 2:29 am

    • saya juga pengguna ac samsung 1/2 PK. sdh pakai sejak 2006 hingga 2012 ini. service rutin tiap 3-4 bulan. setting suhu 27, karena kalau 26 sdh dingin n pake selimut. ruangan sekitar 3,5 x 4 meter. ada yang tahu memang semua ac samsung di setting 26 sdh dingin ? pernah di setting 22 derajat sama anak, jadi menggigil kedinginan semua.

      Rengganis AN

      September 18, 2012 at 7:51 am

      • kalau boleh tau ac samsung 1/2 pk nya tipe apa bos.mohon infonya.bayu

        bayu

        November 14, 2013 at 3:28 am

  2. btw mungkin bisa coba ini gan :

    –http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1696623–

    kalo beneran bilang ya, nanti saya ngikut :D

    kampret

    Maret 13, 2010 at 5:18 pm

  3. Njar, dari pengalaman gue, lebih aman kita kontak service center produsen-nya langsung.

    Gue kebetulan pake Sharp, nah dia itu punya rekanan untuk kegiatan membersihkan ini. Sekali dateng 40 ribu, kerjanya cepet dan dia tau bener perawatan AC-nya karena emang spesialisasinya Sharp aja.

    Dia juga bilang kebutuhannya, kalo freon itu seharusnya selamanya ga perlu diganti, kecuali bocor dll. Terus durasi pencucian standarnya setiap 3 bulan, kecuali kalo pagi-siang-malem dipake mending setiap 1.5 bulan.

    Hari gini konsumen udah pinter, yang penting bukan cuma murah, tapi juga terpercaya.

    Amir Karimuddin

    Maret 18, 2010 at 3:09 am

    • Dear Pak Amir,

      Bisa minta nomor untuk service Sharp di daerah Tangerang?

      Kita ada rencana mo cuci…

      Thanks

      Agung pake Sharp juga

      Maret 22, 2010 at 3:15 am

    • dear pak aMir.
      BOLeh minta nomor untuk service Sharp di daerah binTaro/tangerang ? tq

      juni

      April 30, 2010 at 5:45 am

      • 021-46951588 telp dari jam 07.30-19.00WIB

        Naneth

        Mei 7, 2010 at 3:50 am

  4. saya baru ganti kapasitor ac panasonik yang 3/4 pk, kata karyawan servicenya sudah rusak kapasitornya maka harus di ganti (gejalanya ac tidak dingin seperti kipas angin perkiraan saya pertama adalah freon habis ), saya ada dengar tukang reparasinya bilang tentang kode R25 (kode kapasitor sepertinya) harus diganti kalo tidak freonnya tidak akan berfungsi, karena kantor dari service ac itu dekat dengan rumah saya salah satu karyawannya langsung kembali ke kantor dan mengambil kapasitor baru, dan saya ada telpon juga ke kantor tersebut membicarakan tentang harga kapasitor baru tersebut, tapi harga kapasitor tersebut Rp 150.000 beda jauh dengan kejadian pak anjar yang hanya Rp 11.000, pemilik kantor tersebut ada berkata kalau itu tidak di mahalin, tapi saya tidak tahu juga, karena memang butuh mao tidak mao saya ambil barangnya, kemudian saya coba cek di situs tertentu tentang harga kapasitor ac malamnya, yang saya dapatkan “Kapasitor 25 MF MC Rp 130.000” (http://cvbt.multiply.com/journal/item/5/Daftar_Harga_Sparepart).

    yang jadi pertanyaan saya apakah benar kapasitor yang pak anjar ganti seharga Rp 11.000 atau hanya salah ketik?

    Mario

    Mei 27, 2010 at 3:42 pm

    • salam kenal,
      Nama saya darmuji,menurut pengalaman saya harga dari kapasitor dijual menurut besarnya kapasitas( mikro farath)nya seperti contoh 25 mf di jual antara 25000,-30.000, jd secara tehnis pengerjaan dilapangan itu berbeda dengan kenyataan harga semestinya,btw jangan heran kalau harga dari barang berbeda2 penjualannya karena sudah di cash sekalian pengerjaannya.gitu loh buat saudara,,,konsumen( karena konsumen tidak tahu kerusakannya tahunya ac di rumah anda gak dingin/dingin dan para tehnisi hanya menjual ilmunya) trimaksih,wassalam.

      darmuji

      Februari 22, 2011 at 12:47 pm

      • Benar Mas para teknisi perlu dihargai ilmunya terus belum utk biaya makan, ongkos kerja. Jgn disamakan dgn service resmi. Ingat service resmi itu kalau tanpa teknisi non resmi saya jamin akan kualahan menerima order sebegitu banyak, sehingga service resmi butuh rekanan. Untuk si konsumen jgn merasa punya ac trs memberikan harga jasa semurah-murahnya kalo bisa teknisi hanya untuk capeknya sj, coba kalau itu tadi periksa di dokter praktek padahal cuma sakit flu biasa sj sdh diacarakan utk opname tebus obat dan harganya mahal itupun OK saja, tapi kalu saya cukup beli ultra flu sdh sembuh.

        Jadi saran sy hargailah jasa orang yg berusaha dengan ilmu dan tenaganya. Dan untuk para teknisi lebih baik jujur bilang apa adanya dan jangan cari trik yg menyesatkan biar rejekinya dapat barokah. Amiiin.

        Myseven Golds

        Oktober 7, 2011 at 11:26 pm

      • 75ooo bodoh……..
        kapasitorrrrrrr……….

        hery nata

        Maret 26, 2012 at 12:37 pm

    • saya beli kapasitor AC 5pk 16 MF cuman 20ribu

      budi

      Agustus 7, 2012 at 7:25 am

      • harga capasitor ada 2 macam di outdoor unit,1) capasitor untuk kipas.2) capasitor untuk compresor.klo di daerahku harga nya 15rb untuk capasitor kipas nya,& 80 rb untuk capasitor compresornya.dan biasanya saya ambil keuntungan 15%

        totok haryanto

        Mei 2, 2013 at 1:39 pm

      • mana ada AC 5pk pake capacitor 16MF, dan harga nya cuma 20rb. mungkin capacitor bipolar utk modul nya bro. Bodoh kau..

        YONIF 122/TS

        November 6, 2015 at 2:29 pm

    • klo boleh saya beri info untuk capasitor yg pak anja ganti dah bener ahrganya sebab itu capasitor untuk fan indoor sedangkan capasitor yang bapak ganti itu untuk compresor jadi harganya beda jauh.mungkin itu yang bisa kami infokan ,dari sesama tehnisi terima kasih

      bill cool service ,david

      November 13, 2012 at 11:26 pm

      • budi tu bodoh bro…teknisi apa konsumen dia..??. atau baru pandai menservis AC. saran buat kamu BUDI….
        Lebih banyak belajar lagi dan banyak nanya sama yg berpengalaman jangan asal jepret aja tu muncung kamu. klu pun capacitor Fan tu biasa nya pakai 1.5MF atau 2MF. dan harga nya cuma 300rb di tempat saya.

        YONIF 122/TS

        November 6, 2015 at 2:34 pm

    • hahaha….kemahalan itu pak…
      saya juga seorang tekhnisi ac
      saya biasa mengganti kapasitor, baik untuk MOTOR FAN,maupun KOMPRESOR
      untuk harga kapasitor untuk motor FAN 1,5mf / 2mf di toko elektronik di banderol dgn harga 6 ribu,
      dan harga kapasitor KOMPRESOR 15 – 35mf di banderol 25 – 40rb, itu untuk merk MC.
      tp krna saya tekhnisi,
      penggantian dan jasa untuk kapasitor 1,5 – 2mf saya banderol dgn harga 30rb,sdngkan kapasitor KOMPRESOR 15 – 35mf saya banderol dgn harga 60 – 80rbu
      jd klo anda bilang 130rb untuk kapasitor 25mf merk MC menurut saya itu salah…/atau tekhnisi anda ngmbil untungnya terlalu banyak…

      dame

      April 19, 2017 at 3:07 pm

  5. Pak Anjar,

    BOleh minta nomor telepon service center resmi panasonic yang di BSD? saya cari di webnya kok tidak ketemu ya.

    o iya, saya juga pelanggan rumah ac di sektor 5.

    thanks.

    hendra

    Juni 5, 2010 at 3:43 pm

  6. Saya adalah salah satu praktisi AC yang sudah bergerak dibidang ini selama kurang lebih 12 tahun,untuk pertanyaan mengenai kapasitor, kapasitor yang harganya 11 ribu, bisa dipastikan adalah kapasitor Fan, kapasitor ini memang haganya murah, karena secara fisik saja sangat kecil, kapasitasnya juga kecil, hanya 1,2 mikro dan terbuat dari plastik, sedangkan kapasitor yang harganya 150.000, itu adalah kapasitor compressor,yang terbuat dari logam dan ukurannya besar, mengenai posting paling atas, yang menyatakan service resmi adalah yang paling menguasai, saya tidak sepenuhnya setuju, sekedar menceritakan saja, beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan 2 unit AC merk Jepang (tidak etis kalau saya sebutkan), dari salah satu dealer AC , dengan embel2, tolong dipromosikan toko dan merk AC tersebut.2 bulan berselang, AC tersebut rusak, saya tidak memperbaiki AC tersebut karena masih dalam masa garansi dan bila saya perbaiki, hal tersebut akan menghilangkan garansi secara keseluruhan.Jadi saya menghubungi service resmi .1 minggu kemudian teknisinya datang, AC diperiksa,karena saya juga adalah teknisi AC, maka hanya dengan melihat mereka memeriksa AC saya, saya sudah tahu kerusakannya,tetapi saya tidak mengatakannya pada teknisi itu bahwa saya sudah tahu kerusakan AC tersebut.

    Selesai mereka memeriksa AC, mereka menyebutkan kerusakan ada pada kapasitor compresor, dan harus diganti.Padahal saya tahu yang rusak adalah kompresor AC tesebut, tetapi saya mengiakan saja.

    Mereka mengatakan akan mengganti kapasitor 1 minggu lagi, dan saya iyakan saja.

    Satu minggu kemudian mereka datang kembali dan membawa kapasitor (mereka tidak tahu kalu saya adalah teknisi juga).Lalu kapasitor tersebut dipasang, tetapi yang terjadi adalah AC tetap tidak dingin (karena kompresor tetap tidak hidup),saya lihat mereka mulai bingung, dan mengatakan kapasitor yang mereka bawa tidak cocok.Lagi2 saya mengiyakan saja, lalu mereka menjanjikan akan kembali 1 minggu lagi.

    1 minggu kemudian mereka datang, kali ini dengan didampingi seseorang yang nampaknya teknisi senior (sudah lebih berumur), lagi-lagi AC saya diperiksa, saya bilang “kok diperiksa terus sih, sudah lama banget nih, saya kegerahan mas”, tiba2 salah seorang teknisinya berdiri dan mengatakan,”kalau bapak bisa, perbaiki saja sendiri!!”, saya jadi emosi mendengar itu,lalu saya ajak mereka kesebelah rumah saya (gudang) dan saya tunjukkan isi gudang itu, yang notabene adalah perlatan AC saya (8 set lengkap),saya katakan pada mereka “saya juga teknisi,dan saya rasa wajar bila saya merasa terganggu karena ac saya tidak selesai2 diperbaiki!”.Mereka diam, kemudian teknisi seniornya menengahi saya sambil mengatakan “maaf pak, mereka kurang teliti, AC bapak akan kami ganti baru”.Saya yang sudah kepalang emosi mengatakan “Tapi kapan pak,AC saya sudah berkali-kali diperiksa, tapi tidak beres2?”.Kemudian teknisi tersebut menelfon kantornya,2 jam kemudian datang sebuah mobil dari merk AC tersebut yang membawa satu unit AC baru yang langsung dipasang dirumah saya.

    Kemudian mereka meminta maaf lalu permisi pamit,besoknya kantor mereka menghubungi saya, yang pada intinya mereka meminta maaf atas ketidaknyamanan saya.

    Dari kejadian tersebut, saya berkesimpulan,bahwa tidak selalu service resmi menguasai produk dengan merk tersebut

    Arief Budiman

    Juli 26, 2010 at 7:12 am

    • memang betul mas teknisi resmi belum tentu lebih ahli,… karena banyak dari mereka adalah lulusan baru/ teknisi baru, sedangkan biasanya di Indonesia ini jika telah berpengalaman banyak yang buka usaha sendiri,.. namun demikian perlu teliti dalam memilih mekanik umum tsb jangan sampai salah pilih,… memang mekanik yang cerdas akan bekerja berdasarkan logika dan bukan cuma hapalan,…jadi dalam tugas mereka tidak hanya berpikir berdasarkan apa yg mereka pernah alami saja namun demikian juga logika cara kerja dari masing2 alat, keunggulan bengkel resmi biasanya adalah ketersediaan tools dan sparepart yg memadai…. saya sebagai user, pehobi dan pelaku berbicara begini karena telah berurusan dengan bengkel/ mekanik bidang otomotif kurang lebih 20 tahun sehingga jika saya berurusan dengan mekanik dari awal cara berbicara hingga memegang dan menangani alat pun sudah bisa dibedakan,..

      joko

      Juli 26, 2010 at 8:10 am

      • salam kenal,
        Nama saya darmuji saya setuju statment yang di katakan oleh pak joko bahwa dalam bekerja seorang bukan hanya berdasarkan hapalan karena di dunia tehnisi mereka di tuntut kratif inovatif dan aktif bila ingin dikatakan tehnisi handal seperti kejadian di atas jelas boleh di katakan ketidak mampuan seorang tehnisi dalam bekerja,kalau memang tehnisi sejati tidak perlu memeriksa mendetail hanya dengan persaan yang kuat sudah dapat menarik sebuah kesimpulan contoh ac di rumah masalah di out doornya entah kompresor macet atau kapasitor mati/lemah atau juga overload yang tidak berfungsi dengan baik,begitu menurut saya fr : darmuji ( cilandak timur ,ps minggu jak-sel :::021-911 382 19)

        darmuji

        Februari 22, 2011 at 1:09 pm

    • salam kenal pak arif aq epri sangat setuju dengan pendapat bapak karna saya pernah punya pengalaman mirip

      cak joe

      Januari 18, 2012 at 4:32 pm

    • salam kenal pak…sy exs thnical support dr produsen refrigerant hydrocarbon..
      saya sependapat dengan bapak…
      setahu saya tidak ada service center resmi yg memberikan biaya service dan sparepart dengan harga murah…karena sy jg sering belanja sparepart langsung di service center nya dan ga pernah dapet lebih murah dari toko sparepart umum..apapun merek Ac nya…thanxs..

      hansen

      September 25, 2012 at 5:18 pm

  7. kalau gak mau masalah , jangan pakai ac , ganti pake kipas angin aja

    martins

    Oktober 26, 2010 at 11:29 am

    • hahaha… ide bagus … bung martin …. tapi kalau kipas angin timbul juga masalah bung …. masuk angin ….. hehehe … gimana dong ..??

      wendy

      Oktober 2, 2011 at 3:50 pm

    • nggak dewasa..!!

      natko

      Mei 17, 2012 at 11:23 pm

  8. permasalahan mengenai ac ibarat bicara benang kusut yg tdk akan pernah habis untuk dibahas.semuanya tetep ujung ujungnya konsumen yg dirugikan.sy siap utk membantu dlm konsultasi AC,GRATIS…tentunya dgn pengalaman yg sy dapat setelah bekerja di bidang ac.hub.sy di no.021-93153773,085885556073.atau 081281548405.trim

    maulana

    Oktober 28, 2010 at 5:32 am

    • salam kenal,
      pak maulana ne ada ac LG 1 PK d kamar sya sendiri tidak dingin lagi setelah di cek dgn tang amper hasilnya 0.01 – 0.03 saya merasa ada keganjalan saya nyuci sendiri dan di vacum ampe di bawah tekanan o psi dan juga cek papan pcb ny tdak mengalami kerusakkan setelah itu saya coba isi freon dikit sekitar 20 psi saya hidupkan ac,kapasitorny saya ganti dgn yang baru tapi yang membuat saya merasa kecewa hasil test amper tetap saja 0.01 – 0.03 A…nah ini yang mau saya pertanyakan kepada pak maulana solusinya apa supaya ac 1 PK LG bisa kembali normal kembali dan dindin. thx

      derrick

      Juni 21, 2011 at 12:23 pm

      • kalau tekanan cuma mentok di kisaran 40 – 50 naik turun..sedangkan ampernya udah sama ama spek di ac itu kemungkinannya mampet atau compressor udah lemah konpresinya

        davinatehnik

        Juni 12, 2012 at 1:32 am

      • Kompresornya rusak pak…

        hasan ma'ruf

        Oktober 18, 2012 at 4:20 pm

    • minta info mengenai AC merk sharp AH-A9LEY I PK, saya baru beli AC kurang lebih 5 bulan yg lalu,di awal pemakaian AC dingin, tiga bulan kemudian,sudah mulai berkurang, lalu melalui petunjuk pada buku panduan AC pemeliharaan, dgn salah satunya adalah membersihkan filter sesuai yg disarankan pada buku panduan, bahkan sekarang hampir 2 minggu sekali saya bersihkan filternya, pemakian AC dari jam 8 -sampai jam 22.00 wib, akhir2 ini hampir setiap minggu saya membersihkan filter Ac tersebut, tp knapa yaa, setelah dibersihkan suhu AC diruANGAN sudah tidak dingin lagii hembusan sangat kecil, apakah penyebabnya, bagaimana cara memberbaiki agar AC tersebut dingin kembali. terimakasih atas bantuan dan informasinya. tks

      Dhuha

      Dhuhurul HAq

      Juli 30, 2011 at 11:59 am

      • Numpang promo gan..
        Multi karya tekhnik
        pengadaan,perawatan,dan perbaikan Ac dan home Apliance melayani jakarta,bekasi dan sekitarnya.
        Hubungi : 021-95378080,
        08567845846…

        hasan ma'ruf

        Oktober 18, 2012 at 4:12 pm

      • Sepertinya ac bapak mengalami kerusakan pada compresor nya..melihat cerita bpk yg sudah ganti kapasitor…klo amperenya hanya 0,1-0,3..berarti hanya motor fan yg bekerja..klo msh garansi sharp sebaiknya bpk menghubungi service center sharp..

        hasan ma'ruf

        Oktober 18, 2012 at 4:18 pm

      • Maaf salah comment..klo hembusan angin nya kecil..biasanya kotoran pada evaporator sudah tebal sehingga menutupi sirkulasi udaranya.jd harus service besar…atau ada kemungkinan kapasitor fan indoor lemah…trims..

        hasan ma'ruf

        Oktober 18, 2012 at 4:25 pm

    • iyee konsultasinye yang gratis …. ujung ujung nye tetep aje konsumen yang di rugikan …. kan kata pak maulana gitu … ha ha ha ha … hati hati kalo bicara.

      jali lah

      Mei 24, 2012 at 8:12 am

    • Salam kenal,
      p.maulana…
      ac sharp saya bunyi di out dornya seperti air turun dari pipa,dan in dornya bergetar kencang bagaimana solusinya p? thanks.

      warno

      Maret 5, 2014 at 5:25 am

  9. Pak apakah bisa AC dipasang menggunakan Outdoor dan indoor yang berbeda mereknya namun PK-nya sama, misalnya AC outdoornya Samsung 1/2 PK 390W,dipasangkan dengan indoor AC 1/2 PK 395W. Mohon informasinya, trims

    Iid

    November 1, 2010 at 5:48 am

    • gk masalah mas, selama ukuran PK nya sama, klo saya pake AC dirumah, Indoornya AC Window tp tetap memakai outdoor panasonoic, kebetulan kakak saya teknisi AC,

      ozzy

      Februari 27, 2012 at 8:48 am

  10. Maaf untuk indoor Ac-nya merek Panasonic

    Iid

    November 1, 2010 at 5:49 am

  11. untuk pemasangan ac yg indor-outdornya beda gak maslh apapun merknya,yg penting sama pk’nya.
    Namun hrs di ingat,bahwa besarnya daya yg dipakai bukan ada di indor,namun ada di outdor.indor ac paling memakan daya sekitar 70 watt’an.yg paling besar ada di outdor.

    ady

    November 21, 2010 at 3:43 pm

    • mas adi apakah saya bisa minta no mas adi thanks

      ade

      Februari 21, 2012 at 5:00 am

  12. Penyebab ac kurang dingin:
    -unit indor-outdor kotor,segera cuci agar kompresor tdk over load dan ampere tdk tinggi
    -unit outdor mati,cek seting remote apa sudah di cool/gmbr bintang.jika msh mati,kemungkinan termostat/relay minta ganti.
    -fan outdor mati,gnti kapasitor fan,jika msh mati,gnti motor fan.
    -fan outdor pelan,cek outdor,klo kotor cuci.
    Jika msh pelan gnti kapasitor fan.
    -kompresor mati,cek dngn multitester dgn skala X1,cek bagian C kompresor dgn body AC apakah short body.
    Jika jarum bergerak penuh,kemungkinan short body,gnti kompresor.jika tdk short body,cb gnti kapasitor kompresor.
    -kurangny tekanan freon,cek pipa kecil jika ada salju biasany kuran freon.tambah freon dan ampere jg hrs di sesuaikan,jgn smpe melebihi batas maxsimum,lihat di diagram outdor.
    _maaf ini hanya sebagian kecil dr penyebab kurang dinginnya ac.jika bapak2 mampu mengerjakan sendiri,silahkan kerjakan sendiri,tp resiko di tanggung sendiri pak…,hrga sparepart ac memg harganya terjangkau bagi bpk2 yg pnya ac,tp ilmunya itu lho yg mahal,seharusnya bpk2 bs menghargai sedikitlah orng yg memperbaiki ac dirumh bpk.Krn tdk smua jasa servis mem’BODOHI’ konsumennya.
    -uraian di atas hnya sbg petunjuk saja,agar bpk2 tdk begitu di ‘BODOHI’ Jasa servis yg bpk panggil.Sbnrny msh bnyk lg mslh2 yg mungkin dpt terjadi pada ac bpk2,sy mohon maaf krn tdk bs di uraikan smua,
    Kl bpk2 prcya sm ocehan sy,sy ucapkan bnyk2 Terima kasih…,
    kl ga ya ga apa2,lha wong namanya jg manusia,psti ada salahnya khan…??
    Buat yg sudah baca terima kasih…

    ady

    November 22, 2010 at 11:50 am

    • ZIP………..

      PRAM

      Desember 13, 2010 at 7:07 am

    • mohon info nya pak, kalau evaporator indoor, dinginnya tidak rata (Hanya bag. atas) itu kenapa ya. kejadian ini setelah saya bersih” ac. bagian evaporator yang dingin hanya bagian atas saja. bagian tengah dan bawah tidak dingin.

      terima kasih

      Abrijendo

      Maret 18, 2011 at 4:03 am

    • Dear Mas adi saya ade di jaksel ni ac aqu panasonic 1 pk, aqu baru bli skitar 5 atau 7 bulan yang lalu dan baru 2x di service di suhu ke 26 dan fan speed nya 1 bar itu bau asam yang sangat menyengat kenapa ya? lalu akhir ini aqu perhatiin suhu 25 tidak otomatis mati sendiri (mengingat tukang service yang bilang acnya ngebaca ruangan jika sudah dingin akan mati sendiri dan nyalah lagi) dan sekarang lagi mikir apakah harus ganti tukang service agar dapat jawaban yang maksimal..mohon sarannya mas trims…

      ade

      Februari 21, 2012 at 5:09 am

  13. kalo AC 3/4pk merk Sharp outdoornya diganti AC 1 pk merk lain (misal china) apa boleh? apa ada efeknya?

    alvia

    November 25, 2010 at 3:49 am

  14. Ga pa2 pak,nnti waktu pemasangan,sblm kran kunci L di buka,ac hrs di vakum dlu agar udara di dlm pipa kosong,trus cek tekanan freon,kita pakai tkanan 60-70psi saja,ampere jg jgn melebihi batas max (liat di diagram outdor).Paling yg jd mslh dayanya besar pak,liat di diagram outdor aja pak.
    Biasanya utk merk cina daya yg dipakai sktr 900 watt’an utk yg 1pk.

    adx

    November 25, 2010 at 12:02 pm

  15. Apakah benar meyalakan AC Fan nya harus disetel Full, gak boleh yg paling kecil? Alasannya apa yah?

    Leo

    Desember 6, 2010 at 3:15 am

  16. memang lebih bagus jika menyalakan ac dgn setingan fan full,supaya dingin di evaporator indor keluar dgn maksimal,dan tdk terjadi pembekuan di evaporator indor,
    Jg untuk mencapai suhu yg di inginkan mjdi lbh cpt,jd outdor bs lebh cpt utk berhenti.
    Kl memang mau memakai setingan fan low,usahakan di suhu yg tinggi,mslny 26 keatas.

    ady

    Desember 6, 2010 at 6:14 pm

    • apakah benar menyeting AC suhu 26 bisa merusak compressor AC. sebenarnya yang bener disettingan berapa untuk AC agar tidak mudah rusak ? karena saya dengar dari teknisi AC nya kalau mau Awet AC nya harus disetting di suhu 20 s/d 25.mohon penjelasanya

      isman

      Mei 6, 2011 at 3:09 pm

  17. Terimakasih buat Pak Priandoyo, juga semua yang memberi komemtar karena sudah menambah wawasan saya tentang AC rumah.

    aindr

    Januari 4, 2011 at 6:02 am

  18. saya punya ac dirumah. cuma saya pengin cari buku petunjun perawatan dn perbaikan ac. ada gak sech ya? biar saya tahu kl ada kerusakan dan tdk dibohongi. ac saya udah di check ama teknisi tp mrk bilang kompresornya hrs diganti n hrgnya sekitar 700 rb. kl pas ac dinyalain, listriknya turun trs. tp saya gak yakin kl dibeliin kompresor listrik gak turun lagi. tq.

    astiningsih

    Januari 29, 2011 at 11:22 am

  19. utk buku petunjuk servis ac ada koq di toko buku.
    Untuk kerusakan kompresor Ac biasanya ada garansi 3 thn,cb aja hubungi servis centernya.
    Kl kompresor tdk short body cb ja d gnti kapasitor kompresornya,mau nyala ga kompresornya?kl mslnya kompresor buntu/mampet cb kuras freonnya trus nyalakan mau ga nyala,cek ampere jg.
    Kl mau nyala,ganti pipa kapiler sama oli’nya biar lebih maksimal.
    Semoga membantu.

    ady

    Januari 30, 2011 at 11:58 am

  20. Ada yg bisa bantu ngga yah?? Ac sy merknya SHARP, 1PK, sdh berapa kali diservice krn tidak dingin Dan outdoornya ada saljunya, kt Tkg servicenya bocor ,jd freonnya habis, di tambal di pipanya,stelah 1 bln tdk dingin lagi, pdhl hasil tambalnya jg tidak bocor akhirnya dia bilang indoornya yg bocor, di las Sama mereka, stelah mereka pulang indor berbunyi keras sperti air yg di semprot di pipa besi indoor tsb tp tidak lama sekitar stengah jam nanti hilang bunyinya, sy tlp kembali Tkg servicenya ktnya itu bunyi freon yg masuk ke pipa ya di indoor??krn sy orang awam ya sudah lah, cape juga , eh sekarang stelah 1 bulan ourdoornya malah berdengung 5 menit, 5 menit hilang dengungannya Dan untuk mencapai titik dingin butuh waktu skitar 1 jam..please help me guys..udah frustasi nih..

    Vikeeey

    Februari 1, 2011 at 2:31 pm

  21. terima kasih atas sarannya. saya cari di gramedia kok gak ada ya buku tentang ac. kira2 di gunung agung ada gak ya? tq atas jawabannya.

    astiningsih

    Februari 1, 2011 at 2:56 pm

  22. untuk ac sharp memang kelemahan ada di evaporator indor bagian kanan.
    Klo emg udah frustasi,gnti aja evaporator indornya,hubungi servis center sharp,supaya sparepartnya sama.trus minta d vakum ac indor-outdornya sblm di isi freon kembali.
    Outdor berdengung kemungkinan krn panas yg di sebabkan habisnya freon dan kurangnya oli.cek pipa kecil bersalju tidak,klo bersalju dan tdk mau mencair dipastikan freon habis lg.
    Sebaiknya oli di kompresor di ganti jg sblm di isi freon.
    Lebih bagus si unit ac indor-outdornya di bawa saja ke servis center sharp.

    ady

    Februari 1, 2011 at 4:12 pm

  23. Terimaksh boss informasinya :)

    Vikeeey

    Februari 2, 2011 at 1:55 am

  24. pak kalau indor kipas nya ga muter tp lampu msh nyala normal kpa y?

    rahmat

    Februari 17, 2011 at 7:50 pm

  25. cb gnti kapasitor indornya,kl blm mau muter jg kemungkinan motor indornya rusak pak.

    ady

    Februari 18, 2011 at 1:15 pm

    • Ada kemungkinan macet bearingnya pak…karena kotor, karat atau posisi nya tdk center…

      hasan ma'ruf

      Oktober 18, 2012 at 4:37 pm

  26. tips merawat ac:
    cuci filter ac tiap dua minggu sekali.
    cuci ac indor-outdor tiap tiga bulan sekali.
    Segera ganti baterai remote jika sudah lemah/habis.
    Usahakan tegangan listrik stabil/tdk naik turun.
    Nyalakan ac dgn settingan full,kecuali jika memakai settingan suhu di atas 26 drajat.
    Tutup ruangan jika sedang menyalakan ac,biar dinginya lebih maksimal dan mengurangi kerja kompresor.
    Matikan/cabut stop kontak ac jika akan bepergian lama.

    ady

    Februari 18, 2011 at 4:48 pm

  27. mo tanya………..kalau body outdoor ada setrum itu karena apa ya……????

    edo

    Maret 2, 2011 at 8:04 pm

  28. body ac nyetrum kemungkinan krn ground tdk terpasang,pemasangan stop kontak terbalik untuk Listrik/netralnya,kabel indor outdor ada yg terkelupas/bocor,bs jg krn kompresor sdh short body.

    Ady

    Maret 3, 2011 at 1:04 pm

  29. tanya dunk, ac ku mitsubishi tiap x di nyalain beberapa menit, listrik langsung turun (udah dicek teknisi ac katanya kompresornya rusak dan harus diganti).
    sebetulnya gejala tersebut kerusakan dimana dan apa masih bisa diperbaiki?

    tata

    Maret 13, 2011 at 11:20 pm

  30. @pak tata;
    gejala kerusakan ac bpk kemungkinan ada di bagian outdor ac,biasanya kompresor buntu/macet yg menyebabkan ampere di outdor tinggi,sehingga listrik d rumah bpk turun ketika outdor menyala.untuk kerusakan kompresor jika sudah short body tdk dpt diperbaiki,namun jika belum,bisa saja d perbaiki namun perbandinganya 50:50 untuk bs d betulkan.
    Caranya buang smua freon dr kompresor,lepas kompresor dr unit outdor,ganti oli d kompresor,coba nyalakan kompresor,cek ampere jg.jika msh macet,brarti kompresor hrs d ganti,tp kl mau nyala dan ampere tdk tinggi,kompresor msh bs d pakai,kl mau d pasang lg sebaiknya filter dan pipa kapiler d ganti,kapasitor kompresor jg ganti yg baru.
    Vacum unit indor-outdor jika mau d isi freon biar lebih maksimal.
    Semoga membantu.
    Nb:
    utk cek kompresor short bodi apa tdk crnya pk multitester.
    Putar multitester ke skala X1,salah satu jarum multi ke C kompresor/listrik jika msh nempel d outdor,trus jarum satunya ke body Kompresor/unit outdor.Jika jarum d multi bergerak penuh,brarti kompresor sudah short body.tp jika jarum d multi diam brarti tdk short body.

    ady

    Maret 16, 2011 at 12:49 pm

  31. dear para pakar ac, mau tanya, kalau evaporator indoor, hanya dingin dibagian atasnya saja (sampai membeku), namun bagian tengah dan bawah tidak dingin, kenapa ya? terima kasih

    Abrijendo

    Maret 18, 2011 at 4:05 am

  32. evaporator mksudnya membeku jd es pa gmn?kl smpe jd es,cb cek pipa besar dan kecil d outdor.kl yg membeku pipa kecil kemungkinan freon kurang,tp kl pipa besar yg membeku,biasanya fan indor pelan yg d sebabkan indor kotor atau kapasitor fan indor pelan.cb ja cuci dlu acnya,trus stlah d cuci,cek pipa yg d outdor,kl pipa yg kecil msh membeku dan ga mau cair brarti kurng freon,tp kl pipa yg besar membeku bs jadi kapasitor fan indor lemah/motor indornya sdh lemah.

    ady

    Maret 18, 2011 at 4:58 am

    • terima kasih jawabannya pak Ady, benar membeku jadi es, tapi tidak disemua bagian evap/indoor, hanya evap bagian atas saja. sedangkan evap bag. tengah dan bawah malah tidak dingin. hal ini terjadi justru setelah saya bersih” indoor, dengan menyemprotkan air dengan hand sprayer.

      Abrijendo

      Maret 18, 2011 at 8:45 am

  33. maaf pak,untuk kipas indornya muter ga/brng x pelan?cb ja cek pipa yg masuk ke outdor,pipa yg beku yg mn?yg kecil apa yg besar?kl pipa yg kecil bersalju biasanya tekanan freon kurang pak,tp kl pipa yg besar yg beku,biasanya ada mslh pada fan indor pak.bpk mungkin baru mengetahui adanya pembekuan di evaporator indor ketika bpk membersihkan indor tsb.kl ac yg normal tdk ada pembekuan baik di evaporator indor maupun pipa,seharusnya pipa/evaporator dingin dan ber’embun/cair,bukanya membeku menjadi es.

    ady

    Maret 18, 2011 at 11:01 am

  34. Dear semua, saya mau tanya, AC Panasonic saya fan indoornya ga mau muter sendiri pas dinyalain, jadi pas pertama nyala harus saya congkel dulu pake penggaris biar bisa muter, baru mulai bisa muter dengan kencang…
    Yang saya mau tanyakan :
    1. Itu masalahnya ada pada kapasitor fan atau kapasitor kompresor indoornya ya??
    2. Saya tanya sama 2 teknisi berbeda katanya harga kompresor fan Rp 160.000 dan Rp 270.000, yang mana yang yg benar?
    3. Perbedaan antara kapasitor fan dengan kapasitor kompresor itu dimana ya?

    Terima Kasih…b(^^)d

    husein

    Maret 22, 2011 at 1:30 am

  35. Maaf pertanyaan No 2 ada yang SALAH KETIK, di situ tertera KOMPRESOR FAN, seharusnya KAPASITOR FAN…

    Thanks

    husein

    Maret 22, 2011 at 1:34 am

  36. buat pak husen,sblmnya minta maaf,untuk di unit indor tdk ada kapasitor kompresor,melainkan hanya kapasitor fan saja.untuk perbedaan kedua kapasitor tsb dr kapasitasnya dan bs jg d lihat dr bentuknya.utk kapasitor fan indor biasanya ukuranya sktar 1 – 1,5mf,kl kapasitor fan outdor ukuranya 1,5 – 2,5mf,itu utk ac 1 – 2pk.
    Dan untuk kapasitor kompresor ukurannya sktr 15 – 50mf utk ac 1 – 2pk.dan kl d lihat dr bentuk,untk kapasitor fan indor-outdor biasanya bentuknya kotak,sdngkan kapasitor kompresor bentuknya spti tabung.kecuali ac merk tertentu,utk kapasitor fan outdor dan kapasitor kompresor ada yg di satuin (tdk pisah) dan berbentuk tabung.
    Untk hrgnya sendiri memang lebih murah kapasitor fan d bandingkan kapasitor kompresor.
    Kl bpk bs mengganti sendiri paling hrg utk kapasitor fan indor sekitar 10rb.
    Tp jika d ganti oleh teknisi memang lebih mahal,krn dihitung dgn biaya oprasional kantor tsb pak.
    Smoga membantu.

    ady

    Maret 22, 2011 at 8:31 am

  37. untuk permasalahan pada ac pak husein kemungkinan ada di kapasitor fan indornya.kl bpk mau menggantinya sendiri,lepas stop kontak dr unit ac dan hrs hati2 pak,soalnya suka ada kejutan listrik (msh ada sisa arus listrik d dlm modul elektronik ac tsb).

    ady

    Maret 22, 2011 at 9:34 am

  38. Saya mau tanya nih pak…
    Td pagi saya temukan AC indoor saya ngembun,airnya netes ke bawah.saya panggil tukang servis…dicucilah itu AC.bbrp hari ini AC saya setting 30 aja udah dingin sekali,knp ya…
    Kemudian sama tukang sevis itu,kapasitor kompressornya diganti seharga 275rb.tp ttp aja masih brasa dingiiiiN sekali.mohon petunjuknya…thanks

    abimanyu

    Maret 24, 2011 at 6:39 am

    • Setelah AC diservice memang menjadi lebih dingin, apalagi sekarang ini musim hujan level 30 aja sudah lumayan dingin itu wajar sekali pak abi.

      Ariq

      Maret 26, 2011 at 9:34 pm

  39. klo dingin brarti ac nya bagus dong pak…,
    emg biasanya gmn?

    ady

    Maret 24, 2011 at 7:38 am

  40. tp bisa aja unit outdor tdk berhenti-berhenti meskipun suhu sudah di set 30,cb ja perhatikan unit outdor stlh ac di nyalakan tunggu 15menit-1jam mau berhenti ga.
    Kl tdk berhenti2,brarti ada mslh d unit indor.
    Kl gk cek dgn termometer,cek ruangan tsb suhunya brp?30drajat apa di bawahnya.

    ady

    Maret 27, 2011 at 2:02 am

  41. mau tanya pak…saya punya AC sharp 5KHL indor & outdoor AU-A5KLY blm lama…Bapak saya mengeluh kr AC tidak dingin..saya cek indor angin tdk begitu kecang walaupun difull 18 & jg saya cek outdoor ada air menetes dibawah Compresor/evaporator dibawah straping plastikny bawahnya…dmana yach kira kira masalahnya?

    ahmad

    April 1, 2011 at 2:35 pm

  42. ac saya merk sharp ah-a5ley 1/2 pk. hari ini saya ada cuci ac melalui jasa service ac rumahan. setelah indoor & outdoornya dicuci, lalu outdoor yg berisi freon dicheck oleh tukang service pakai tang ampere dan hasil di tang ampere tertulis angka 0,17. angka 0,17 ampere tersebut dibilang tidak bagus karena freonnya kurang. normalnya 1,9 ampere. dia sarankan saya untuk tambah freon supaya bisa mencapai 1,9 ampere. lalu freonnnya ditambah oleh tukang service & hasilnya masih tetap 0,17 ampere. saya lihat penunjuk angka yg berbentuk bulat seperti jam di dekat tabung freeon, disitu jarumnya ke angka 90. Apakah angka 90 itu menunjukkan freon yg ada di outdoor sudah full tank? Yg saya mau tanyakan apakah benar freon saya benar2 ditambah oleh tukang servcice tsb atau saya dibohongi oleh dia? Terakhir saya tambah freon 6 bulan yg lalu. Mohon bantuannya. Terima Kasih.

    julian

    April 2, 2011 at 11:56 am

  43. Bapak Ady saya mau nanya nih. ac saya merk sharp ah-a5ley 1/2 pk. hari ini saya ada cuci ac melalui jasa service ac rumahan. setelah indoor & outdoornya dicuci, lalu outdoor yg berisi freon dicheck oleh tukang service pakai tang ampere dan hasil di tang ampere tertulis angka 0,17. angka 0,17 ampere tersebut dibilang tidak bagus karena freonnya kurang. normalnya 1,9 ampere. dia sarankan saya untuk tambah freon supaya bisa mencapai 1,9 ampere. lalu freonnnya ditambah oleh tukang service & hasilnya masih tetap 0,17 ampere. saya lihat penunjuk angka yg berbentuk bulat seperti jam di dekat tabung freeon, disitu jarumnya ke angka 90. Apakah angka 90 itu menunjukkan freon yg ada di outdoor sudah full tank? Yg saya mau tanyakan apakah benar freon saya benar2 ditambah oleh tukang servcice tsb atau saya dibohongi oleh dia? Terakhir saya tambah freon 6 bulan yg lalu. Mohon bantuannya. Terima Kasih.

    julian

    April 2, 2011 at 11:56 am

  44. Mf utk pak julian,mungkin ampere yg d mksud bukan 0.17 melainkan 01.7 atau 1.7 ya pak.utk ampere yg 1.7 diperkirakan daya utk unit ac tsb sekitar 374 watt pak.cb cek aja d diagram yg ada d unit indor/outdor daya utk ac bpk tsb brp?kl misalnya d bawah 374,brarti tekanan freon terlalu bnyk pak,smakin bnyk tekanan freon maka smakin tinggi pula amperenya.kl mslnya daya yg tertera d outdor lebih besar dr 374,sy rasa cukup utk tekanan 90 pak.
    Smakin bnyk freon tdk menjamin ac menjadi dingin,malah bisa2 kompresor akan sering overload krn ampere yg tinggi.
    Memang sblmnya ac bpk tekanan freonnya brp?
    Kl sudh smpe 90 utk apa jg d tmbhin pak,kcuali tekanan sblmnya di bawah 60 pak.
    Utk standar tekanan freon 60psi-90psi pak,itu jg jgn melebihi batas max ampere kompresor.

    Ady

    April 2, 2011 at 1:15 pm

    • Justru itu pak ady,sayanya yg tidak check tekanan freon sebelum diisi oleh tukang ac, tapi terakhir saya tambah freon 6 bulan yg lalu.

      saya baru lihat tekanannya sudah 90 setelah tukang servicenya bilang ke saya bahwa freonnya sudah ditambah.

      saya sudah check daya ac saya. di cassing indoor tertulis :

      Rated Input 390 W
      Rated Current 1,9 A .

      Thanx

      julian

      April 4, 2011 at 4:42 am

  45. utk pak ahmad,kl d pipa outdor ada embun/air brarti bagus dong,cb ja pipa yg kecil dan yg besarnya pegang dingin gk?kl dingin brarti bagus,kcuali d pipa kecil tdk dingin atau ada es/putih ky salju brarti ada mslh.
    Cb jg cek seting remote,apa sudah pada mode cool/gambar ky bintang.untuk angka 18,itu bukan utk setingan kipas kenceng apa tdk pak,melainkan setingan suhu utk ruangan tsb nantinya,kl utk kipas ada pada tombol fan pak,d situ ada mode auto,pelan,sedang dan kenceng,pilih yg kenceng ja pak.trus ruangan jg pengaruh pak,kl ruanganya besar,utk ac 1/5pk tdk cukup pak utk bs mendinginkan ruangan,kl pun bs,itu agak lama pak.
    Kl menyalakan ac usahakan ruangan tertutup rapat biar dinginnya bs maksimal.
    Ac bpk sudh pernah d cuci blm?kl blm,cb cuci dlu sm teknisi yg bs bpk percaya.kl ga,bpk cuci ja filternya (saringan yg ada d indor),biasanya kotor.filter kotor jg bs menyebabkan hembusan angin pelan.
    Moga membantu.

    ady

    April 2, 2011 at 2:38 pm

    • permisi mo tanya pak , kalo pipa yang kecil tidak dingin tapi pipa besar dingin pada outdor itu kenapa ya ..

      Agus Salam Salim

      Desember 28, 2014 at 5:13 pm

  46. Bagi yg ingin konsultasi mslh ac,krm inbox ja ke FB sy di adycrb@yahoo.co.id
    Moga sy bs membantu anda2 yg lg ada mslh dgn ac’nya…,
    Saling Berbagi ilmu boleh kan…,sy jg msh perlu bnyk belajar koq…,jd kl ada saran dr sy yg salah sy minta maaf buat semuanya…,maklum manusia tdk luput dr salah,kesempurnaan cuma milik yg di Atas…

    ady

    April 3, 2011 at 8:14 am

    • Saya ada pertanyaan pak, ac saya daikin, akhir akhir ini suka bocor (air menetes) di indoor.Sudah diservice tapi tetap bocor. Saluran pembuangan ngga tersumbat. Kira2 apa yg salah ya dg ac saya? Thanks

      Fenny

      September 15, 2012 at 7:04 am

  47. pak julian sblmnya sy minta maaf nie,krn sy bingung jwbnya,hbs bpk ga tau si tekanan freon sblmnya brp.
    Jd kl menurut sy,lain kali kl ada servis cuci lg,bpk ga ush ada yg namanya isi freon,krn slama tdk ada kebocoran,freon tdk akan habis pak.kl bpk pngn tau freon kurang apa tdk,caranya bpk cek aja pipa kecil yg ada di outdor,membeku jd es/putih tdk pipa kecil tsb,kl mencair/berembun brarti freon msh bagus pak,tp kl ada salju trus tdk mau mencair,brarti kurng freon,kl freon sampai habis sama sekali,pipa tdk akan mencair maupun bersalju,tp kering dan tdk dingin.
    Tp biasanya utk ac 1/2pk,suka bersalju dlu dan itu tdk lama,paling sekitar 5-10 menit kemudian mencair.
    Jd saran saya kl ac mo d servis lg,cuci aja dlu pak,jgn dlu d isi freon,smbil d coba dlu.
    Kl wktu d cek ampere ac bpk 1.7,brarti gk da mslh pak.tekanan 90 jg cukup utk ac bpk,jd gk ush d tmbh2 lg.1.9A,itu utk batas max curent kompresor,jd kl lebih dr 1.9A,nnti kompresor sering overload.

    ady

    April 4, 2011 at 10:40 am

  48. ac sy sharp 1 pk, baru sy nyalain..5 menit dingin setelah itu hilang dinginnya, setelah saya perhatikan outdor kipas berputar tapi tidak ada suara layaknyaa mesin ac dan menyemburkan hawa panas, lalu stelah itu 2 jam kemudian mulai dingin lagi tetapi kembali hanya 5 menit yg dingin…kenapa ya ac saya,setingan di remot suhu 17 cool,,fan selalu full power

    andy

    April 23, 2011 at 1:48 pm

  49. Itu kemungkinan kompresor nya la mati
    Cek Ac nya kotor ga?
    Cuci dlu kl kotor.stlh d cuci cek putaran kipas outdor kenceng ga,kl pelan gnti kapasitor fan outdor,cek tekanan freon sm amperenya.
    Cek jg kapasitor kompresor barang kali sudah lemah.

    ady

    April 23, 2011 at 2:51 pm

  50. Mantabb infonyaa….lanjutt Gann

    phipien

    April 25, 2011 at 11:32 am

  51. Mohon pencerahan…saya beli ac plasmacuter…tapi yang saya ingin tahu apakah plasmacuter itu tidak habis..karena menurut penjualnya ngak abis abis untuk selamanya..sekarang ada lagi yang macam untuk anti DB, kuman dll, apakah itu betul berfungsi terima kasih

    abahatep

    April 28, 2011 at 1:23 am

  52. Untuk lebih jelasnya tanya langsung aja ke customer service nya

    Email:
    sharp-cs@seid.sharp-world.com

    Tlpn:
    08158225599

    ady

    April 30, 2011 at 3:20 pm

  53. dear pak anjar,
    ac samsung sy 1pk rusak kompresornya menurut tukng servic langganan sy n kl mo ganti, beli 500rb,akhirnya sy putuskan utk beli ac baru dan sy putuskan wktu itu krn promo beli ac sharp 1 pk model AH-A9LEY,cm sy bingung baru 1mggu sy beli kenapa ac hnya mnyemburkan hawa sejuk bukan hawa dingin(beda dgn samsung sy dulu ketika d rasa dgn tangn di dpn ac tsb) dan hw sejuknya hanya bertahan kurang lebih 1/2 jam lalu 3 jam angin biasa, akhirnya sy klaim ke service resmi sharp dg keluhan tsb krn ms garansi, menurut tehnisinya ruangan sy terlalu besar utk uk.1 pk(posisi ac d ruang keluarga uk.5x5mtr),sy heran knp waktu pake samsung dulu sy sampe pake selimut sambil saat nntn tv…krn blm puas sy hub.tkng sevc langganan sy, lalu dia bilang ac yg sy beli cina punya shingga dingin tdk maksimal, trus sy tanya knp samsung dingin, dia bilng kalo yg jago dingin emang merk samsung…mendengar itu sy kesal dan menyesal juga knp sy tdk bli merk yg sama dg ac terdahulu…yg jd pertanyaan saya :
    1. Apa betul, tiap produk merk ac mengelurkan dua varian yaitu produksi dr cina maupn dr jepang.
    2. Solusi ac sy bagaimana? Apa ada yg hrs di ganti ( umur blm sampe 1 thn) apa ada tekhnisi yg dpt menyelesaikan masalah ini? Kl ada please info k sy , sy di cileduk., mhn pencerahan gan
    3. Apa benar merk.samsung jago di dingin d banding merk lain?
    4. Apakah ada pengaruhnya mmendekan panjang selang indor ke outdor thdp hawa dingin yg kluar?
    sebelumnya sy trims atas atensinya dan sy ceritakan ini pertama bukan utk menjatuhkan n menaikan merk ac lain namun utk pencerahan dan solusi atas ac sy ini
    Regards,
    Andy

    andy

    Mei 6, 2011 at 4:24 pm

  54. Pada dasarnya smua ac sama pak,baik yg buatan cina maupun jepang.
    Namanya elektronik tdk smuanya sempurna,dlm 100 unit dlm merk yg sama blm tentu bagus smua.

    Ady

    Mei 9, 2011 at 2:10 pm

    • Sy setuju dgn pak Ady….. yg namanya buatan pabrik pasti ada saja yg Miss Production, ..
      Sy pernah beli ac LG umur setahun evaporator udah bocor ( kalau bukan jelek apa namanya..?? ) saya juga pernah pake ac china mereknya abal-abal… udah 5 thn evaporator belum pernah bocor , compresor juga masih ..OK … nah bingung kan …?

      Yg harus dilihat pada waktu mau beli ac adalah : Garansi yang diberikan apa saja (detailnya) dan berapa lama garansi itu diberikan …. dan yg lebih penting lagi lihat disekitar anda dan pengalaman orang yg sudah lama menggunakan ac .. mereka mengeluh tentang merek apa ..?? jangan nekat membeli AC hanya karena murah sementara tidak ada teman anda yg berani memberi rekomendasi ……

      sekedar berbagi saja … saya pernah pake AC Mitsubishi sejak thn 1987 sampai sekarang masih oke , dan juga Ac National sejak 1996 s/d skrg msh oke. Pernah juga pake AC Cina merek Nasional sejak 2003 s/d skrg msh OK . Ada juga AC Denpoo sejak 2003 dan pd thn 2008 compresor mati, dan yg paling bikin kecewa adalah AC LG 1PK, sy beli Desember 2009 , dan Jan 2011 ac mulai tidak dingin, saya tambah freon, bisa bertahan 3 bulan, kemudian sy tambah lagi freon, bertahan 2 bulan , saya tambah lagi hanya bertahan 2 minggu , akhirnya sy minta service center LG untuk memeriksa ternyata Evaporator Bocor. sy minta penjelasan mereka apa sebab evaporator bisa bocor pada umur 1 thn ? mereka bilang karena korosi, .. terus sy tanya lagi apa sebab korosi.?? mereka jawab karena udara,.. terus sy tanya lagi, apakah udara diruangan saya mengandung garam, ?? sementara Ac saya yg lain (5 unit) tidak ada yg bocor evaporatornya… .. Saya tau bahwa kerusakan / kebocoran ini pasti disebabkan oleh Mal Produksi, sebab tidak mungkin ruangan saya mengandung garam karena barang-barang yg lain tdk ada yg berkarat…. sayangnya pihak LG sampai saat saya menulis ini belum bisa bertanggung jawab atas kecerobohan memproduksi Evaporator abal-abal.

      Nah … sekarang anda boleh bingung … merek Ac mana yg pantas anda beli …… salam hangat ..

      wendy

      Oktober 2, 2011 at 6:04 pm

  55. begitulah perbedaan yang ahli kurang ahli dan tidak ahli..bila pekerjaan tidak dilakukan orang ahli maka tunggulah kehancuran…artikel yang menarik dan berguna buat orang banyak…thanks

    primakencana

    Mei 18, 2011 at 12:41 am

  56. Dear Pak Ady..
    Saya mau tanya AC Sharp di rumah saya kenapa kl siang nggak dingin sama sekali..seperti kipas angin saja,tp kl malam dingin nya normal,kira2 masalahnya di mana yah??Thanks

    Ricko

    Mei 19, 2011 at 7:27 am

  57. kompresor ac lg 1 pk high ampapo solusinya?

    eko dumai

    Juni 25, 2011 at 1:24 am

  58. Mohon pencerahan AC saya merk mitsubishi 1PK, fan indoor sudah lemah mau saya ganti merk china punya (warna putih), tapi begitu di connect kabel2 nya,fan mau berputar kencang (remote saya stel full) trus mati lalu berputar kencang trus mati lagi, kira-kira perlu ditambahkan komp[onen apa lagi yah?

    hendry

    Juni 27, 2011 at 7:45 am

  59. saya opin….tinggal d gorontalo…..mau tanya ni pak ady…….ac saya merk national…..klo di nyalain 10 kemudian mati…habis itu nyala lagi…….kenapa bisa kayak gitu…….terima kasih…..

    opin

    Juni 28, 2011 at 3:52 am

  60. maaf pak…maksdqu 10 menit kemudian……salah ketik…

    opin

    Juni 28, 2011 at 3:55 am

  61. mohon informasinya, ac di kantor panasonic ukuran 1 PK, skrg tdk menyala sama sekali, di cek jalur listrik dr stop kontak smpai panel dalam ac ada listriknya. indikator di indoor unit jg mati, kira2 yg rusak apanya ya? kmrn sdh pernah ganti kapasitor fan indoornya 2 kali. mhn informasinya? Trims sebelumnya.

    rozzaqi

    Juli 28, 2011 at 8:43 am

    • Coba termis indoornya bapak jadikan satu (digabung) terusnyalahkan mau hdp atau tidak? kalohidup berarti termisnya yang rusak kalau tidak hidup juga kemungkinan kelistrikan arus Dc pada modul ada masalah, dan bisa juga ada kabel yang lepas.karena saya pernah menemukan kasus seperti ini. ternyata ada kabel modul yang putus karena ada tikus kecil masuk…semoga bermanfaat

      mandiritehnik-que.blogspot.com

      Abang Reen Ajach

      September 18, 2011 at 3:04 am

  62. @pak opin:
    Coba ganti termis indoornya.

    @pak rozzaqi:
    Cb cabut stop kontak,trus hidupkan manual mau nyala ga,kl msh ga mau nyala,coba ganti termis indoornya nya.

    Ady

    Agustus 2, 2011 at 9:05 pm

  63. Sharing informasi yang bagus, terima kasih terutama kepada Pak Ady yg banyak memberikan masukan. Pak Ady dan bapak2 yang lain. saya sekarang juga sudah gak percaya sama tukang servis AC yg gemas menawarkan isi freon. baru setahun lalu saya nemu tukang AC agak mahalan tapi “baik hati” dg kasih tahu tip-tip sederhana. Nah salah satu yg mau saya mintakan pendapat disini adalah, bagaimana cara menghilangkan tetes air pada unit outdoor (sambungan pipa ke unit outdoor). Hal ini saya tannyakan karena tetesan jatuh di dekat pintu masuk. dari penjelasan tukang AC saya, dia kasih tip sederhana yaitu pasang auto seal pada sambungan pipa di unit outdoor. Cara ini lebih murah dari pada sambung pipa dan pindah unit outdoor. Apakah solusi ini bisa efektif Pak? atau adakah cara lain? terima kasih

    ibrahim

    Oktober 7, 2011 at 7:32 am

  64. Boleh saya nanya pa?
    Ac saya panasonic 3/4 pk. Baru 6 bln,
    Kalo ac dihidupkan 20 mnt kemudian mati lalu indikator timer kedap kedip. Kejadian berulang. Kira2 bagian apa yg rusak ya pak? Trus cara bongkar dan memperbaikinya bagaimana? Mau coba2 benerin sendiri pak. Thanks atas jawabannya

    otong

    Oktober 12, 2011 at 5:59 pm

  65. Saia orng bintaro saia berlangganan majalah bintaro dan saia mlihat kalo rumah acdi majalah bintaro itu tidak propisional bgaimana tidak di halaman paling dpan seingt saia ditulis tlong dngan majalah bintaro iklanya rumah ac jangan di pasang lagi saia sudh kecewa dngan rumah ac janji2 trus dtngnya gtw kpan””sprti itu gan mjlahnya kurang lbih edisi 4 bulan yg lalu

    ristan

    Oktober 13, 2011 at 3:54 am

  66. kalo membaca komentar para ahli AC diatas jadi binggung mau beli AC merek apa..
    sebelumnya sudah mantep mo beli AC Sharp inverter plasmacluster 1/2 pk.. jd sekarang lebih cenderung ke AC Mitsubishi..
    Para suhu.. mohon rekomendasinya,,

    zulfiardian

    Desember 2, 2011 at 4:19 am

  67. DEAR PARA SUHU AC
    AC SAYA MERK TCL YANG PUNYA PROBLEM NYALA DAN MATI SENDIRI, SUDAH COBA GANTI TERMIS TAPI TETAP TIDAK BISA. DAN PADA INDIKATOR SUHU TERLIHAT ANGKA 0 (NOL) KEMUDIAN TERKADANG KELUAR ANGKA11-99 KEMUDIAN MATI LAGI, DAN HIDUP SEBENTAR KEMUDIAN MATI LAGI. BEGITU TERS SELANJUTNYA. REMOTE AC-NYA JUGA TIDAK DAPAT DIGUNAKAN. MOHON PENCRAHANNYA. THANKS

    abet

    Desember 13, 2011 at 2:07 pm

    • coba bantu ya pak abet
      langsung aja pak coba di cek tegangan listriknya,kalau di bawah 220 v berarti itu masalahnya
      solusinya ya pake regulator.semoga aja bisa

      freeson

      Desember 19, 2011 at 12:50 pm

    • buat pak abet,coba ganti sensor sama switch manual pada display indornya.Kl ga mau repot ganti aja displaynya pak.
      Moga membantu.

      ady

      Desember 19, 2011 at 2:20 pm

      • Kalo harga sensor dan display ac merk tcl brp yaa???

        abet

        Desember 20, 2011 at 1:42 am

  68. informasi yang bermanfaat bgt…..

  69. kl harga sensor paling di bawah 10rb pak,bpk cari ja di toko elektro.klo utk display,bpk bs cari di toko sparepart ac/ servis center TCL nya pak,kl harga kira2 100rb’an pak.

    ady

    Desember 20, 2011 at 7:30 am

  70. ada tidaki spare part evaporator ac indoor merk panasonic n kira2 brapa harganya.. trim’s

    BUDI

    Desember 20, 2011 at 10:38 am

    • ada kok pak,di toko sparepart ac yg lengkap/kl ga ke servis center panasonicnya.
      Kl harga sekitar 300-500rb,tergantung ukuran pk ac tsb pak.

      ady

      Desember 20, 2011 at 2:13 pm

      • salam kenal pak ady, infonya sangat membantu sekali.
        saya mau tanya kalo mau ganti indoor ac panasonic 1/2 pk carinya dimana?
        bisa minta nomor telp service centernya pak.

        agus

        Desember 22, 2011 at 3:25 pm

  71. Dear Pak Ady,

    AC rumah Mitsubishi 3/4 pk sudah 3 tahun umurnya made in Thailand sesuai di unit out door.
    sekarang ini AC sudah mulai tidak dingin lagi. unit out door sering mati nyala interval 10-15 menit, posisi remote 19 derajat C. sembuh jika habis di cuci tapi hanya berlangsung 1 hari saja. selang out door tidak ber ES hanya ber embun air tampaknya normal. saya bingung musti gimana lagi? mohon pencerahannya.
    soalnya udah kapok ama tukang ac yg deket rumah.

    terimakasih

    aditya

    Desember 21, 2011 at 2:18 pm

  72. Trimakasih pak Ady.. AC saya kadang dingin kadang kurang dingin, Dan juga sedikit berbau apek. APakh dengan servis biasa dan tambah fren nya sudah bisa mengatasi masalah ini pak ? thanks

    Roell

    Desember 21, 2011 at 4:17 pm

    • @pak roell
      Kl ac yg bau apek biasanya karena kotor pak,terutama pada fan indor jg talang airnya.
      Coba aja di cuci aja dulu pak,setelah di cuci,bpk bs mengeceknya sndri apakah memang ac bpk msh kadang dingin atau tdk.
      Kl kurang freon biasanya ada salju/es pada pipa kecil di outdor meskipun sudah di cuci pak.
      Gejala ac kurang dingin bermacam2 pak,bukan krna kurangnya tekanan freon saja pak.
      Moga membantu.

      ady

      Desember 21, 2011 at 6:57 pm

  73. coba panasi termis yg nempel di pipa evaporator indornya pak,trus pindahkan di pipa datang(dingin),ikat aja pakai kabel ties.Klo msh tetep nyala mati outdornya,ganti termisnya ja pak.
    Moga membantu.

    ady

    Desember 21, 2011 at 6:40 pm

  74. coba panasi sebentar pakai korek api termis yg nempel di pipa evaporator indornya pak,trus pindahkan di pipa datang(dingin),ikat aja pakai kabel ties.Klo msh tetep nyala mati outdornya,ganti termisnya ja pak.
    Moga membantu.

    ady

    Desember 21, 2011 at 6:47 pm

  75. Dear Pak Ady,

    AC saya Panasonic 1,5 PK, pemakaian sdh 3 thn, saat ini sudah divonis harus ganti kompresor oleh teknisi ac langganan saya dan teknisi dari service resmi. Kemungkinan penyebabnya karena settingan temp sering di 26 – 27, jadi kompresor sering hidup mati.

    Menurut Pak Adi, lebih baik ganti unit baru atau cukup ganti kompresor saja? Dari beberapa info, katanya percuma saja ganti kompresor karena hasilnya tdk akan maksimal dan kemungkinan bakal bermasalah lagi, jadi lebih baik beli baru saja. Mohon infonya Pak.

    Salam

    Juni

    Desember 24, 2011 at 6:52 am

  76. memang lebih bagus ganti unit baru atau outdor unit outdor nya saja.
    Tp kl cuma outdor kebanyakan si yg second pak,harganya jg hampir sama dgn ganti kompresor.
    Kl mslnya bpk mau ganti outdor yg second,perhatikan ampere jg high press kompresor tsb,high pressnya minimal 200psi.
    Moga membantu pak.

    ady

    Desember 24, 2011 at 9:22 am

  77. Terima kasih infonya Pak, kalau panjang pipa bagusnya berapa meter Pak? Cukup 5 m atau lebih panjang (7 m) lebih bagus? kebetulan posisi outdoor tidak jauh dari indoor

    Juni

    Desember 24, 2011 at 11:06 am

    • Kl panjang pipa AC minimal 3M,maksimal 10M.
      Kl tdk terlalu jauh jarak antara indor-outdornya,pakai 5M aja pak.

      ady

      Desember 24, 2011 at 11:34 am

  78. Mas gmnn ngecheck pipa yg ditanam dlm dinding ya?stlh pemakaian 3 taon tiba2 freon nya berkrg…stlh diisi dlm jangka waktu sebulan freon nya abis lg..apakah ngecheck nepel indoor dan unit indoor perlu bongkar dinding ato bs diliat langsng stlh buka unit indoor? Tks AC nya mitsubishi slim

    David

    Desember 24, 2011 at 6:08 pm

    • kl boleh saya menjawab.biasanya ada kebocoran di u bend ac di evaporator ataupun di kondensor.untuk masalah dinepel jg bisa ada kebocoran.mungkin sewaktu pemasangan kurang baik.

      bagas

      Januari 22, 2012 at 9:02 am

  79. pak saya mau tanya, kmrn ac kurang dingin, lalu saya cuci indoor dan outdoor. truss di indor ada bunga es pada besi evapator dikit. dan saya minta cek outdoor sekalian trus teknisi bilang tekanan current ampere 1.9A. kt nya itu kurang freon, makanya jd tidak dingin. apa itu benar? ac daikin 3/4 inverter freon r410a.

    fadli

    Desember 29, 2011 at 11:58 am

  80. ac samsung memang sudah diakui pendinginanya di saudi arabia yg suhu panasnya mencapai 54°c,bisa di cek di samsung utr plus ., buat bpk yang di cileduk yang menggunakan ac samsung,. txs

    febrian

    Januari 18, 2012 at 1:01 pm

  81. saya ex karyawan rumah ac bintaro,saya sudah bekerja lama disana.saya hanya bisa memberikan tanggapan bahwa memang teknisi kami tidak semua jujur.dan pintar.memang banyak teknisi ac yg nakal tidak menutup kemungkinan dari rumah ac bintaro(termasuk saya)tp kalau saya hanya menjual jasa saja saya biasanya menyarankan konsumen untuk mencari sparepart sendiri(bahkan saya berikan alamat penjual sparepartnya).maka dari itu saya menyarankan kepada seluruh konsumen agar bijak memilih.jangan selalu percaya.

    bagas

    Januari 22, 2012 at 8:59 am

  82. ac saya merek lg 3/4pk,saya mau tanya bisa tidak unit indoor diganti dengan 1pk atau 1/2pk merek lain, karena evaporator indoor sudah pernah diganti baru dan hanya bertahan 1 1/2 tahun.mohon sarannya,terima kasih.

    Suswanto

    Maret 4, 2012 at 5:46 pm

  83. Saya mau tanya, ac saya panasonic inverter 1 PK,pemakaian 2 tahun, kurang dingin, sayapanggil tukang service, kemudian out door dan in door dibersihkan dan freon ditambah krn katanya kurang. tapi setelah itu tidak ada prubahan. aca tetap kurang dingin, fan in door kencang, tapi hanya angin saja yg keluar.. sebenarnya apa masalahnya ? mohon pencerahannya. terimakasih.. salam

    rudy

    Maret 31, 2012 at 3:31 pm

  84. saya punya ac panasonic baru on blm ada 1jam sdh mati dgn sendirinya, padahal timer sdh di off kan. Bgm cara meng off kan nya? Terima kasih

    Ary

    April 13, 2012 at 8:07 am

    • coba cabut stop kontak AC (putuskan unit dr listrik PLN),trus pasang lg stop kontaknya.
      Lalu Cb restart remote,matikan,lepas baterai trus psng lg.
      Cb nyalakan ac.
      Kl msh tetap mati sendiri,hub tukang ac…
      Hehehehe

      ady

      April 19, 2012 at 6:21 pm

      • saya sekarang ini kerja di sumico ,aircond ,stanby di sekneg,wapres,perawatan dan perbaikan ac,cara mematikan setingan timer remot umumnya pencet set timer lalu cansel, itu harus di cek bisa dari timer bisa juga enggak

        sunaryo

        April 28, 2012 at 1:44 pm

  85. saya punya ac politron 1/2 pk baru 8 bln dinginnya sudah mulai berkurang, bodi out door terasa panas jika di pegang. dan di pipa besar jika di pegang tidak dingin, sedangkan pipa yang kecil jika di pegang dingin. kenapa ya pak….??? terimakasih sebelumnya.

    arman

    Mei 10, 2012 at 5:44 am

  86. saya punya ac merk corona yg diconect dgn aircon water heater 3 bln lalu diservice dan tambah freon karena menurut teknisinya freonnya habis. Sekarang bila ac dipasang body outdoor ada strum berikut air water heater juga ada strum. Kenapa yah ?. saya sudah panggil tukang ac katanya harus ganti outdoornya. Bagaimana ya pak baiknya . . . . ??? Terima kasih sebelumnya

    lendeng

    Mei 14, 2012 at 4:09 am

    • Saya mau membeli water heater tenaga ac juga. Apa masalah water heater ada strum bisa selesai?
      Overall, menyesal tidak pasang water heater dengan tenaga ac?

      hersa

      Januari 23, 2014 at 12:10 pm

  87. saya baru pasang ac 1/2 pk shrap ah5amey, mulai dipasang sampe sekarang tidak dingin sama sekali, hanya angin yg keluar dari unit indoor.Waktu habis selesai pasang, saat running test ku rasa suara outdoornya kok agak brisik, habis running 1 jam sesaat timbul suara yg lebih keras lagi, habis itu suaranya jd lebih halus dr yg pertama. Keesokan harinya di cek sama yg pasang, bilangnya freonnya kurang,trus ditambah, tapi hasilnya tetap ngak dingin. sebetulnya apa yg terjadi pd ac saya ya. mengingat kemaren pasang ac 2 biji sekaligus,satu model. yg satu oke,yg satu ini kok memble ya :( :( Padahal sama2x baru. Apa ada salah instalasi ya,kmaren kulihat teknisinya cuman pasang unit indoor & outdoornya, trus connect pipa2xnya,trus sambung kabelnya,selesai langsung di ON kan, tanpa ada itu vakuum2x an dan tidak ada ngecek pressure freonnya.

    terima kasih banyak tanggapannya.

    Taufiq

    Mei 16, 2012 at 1:54 pm

  88. good good good ….. this is what this media made for

    jali lah

    Mei 24, 2012 at 8:43 am

    • Ada yg tau jasa service ac d sekitaran klender jakarta Timur yg recomende?? Minta nama dan no telponnya dong.
      Uda bolak balik di bilang bocor terus ampe ganti indoor ampe 2x,baru beberapa bulan masalahnya balik lagi…pipa outdor beku,evap indor beku…

      droid

      Juni 24, 2012 at 7:02 am

      • ADAM TEHNIK MANDIRI
        Air conditioner & Refrigeration System
        Home Appliance Maintenance service

        AC anda bermasalah?
        insya Allah kami dpt membantu anda…

        kami melayani :
        – pengadaan Ac baru/ bekas
        – perawatan
        – pemasangan
        – perbaikan
        kami jg spesialis dalam menangani AC yg menggunakan refrigerant alami, hemat energi & ramah lingkungan Hydro Carbon ( Hycool / Musicool )..

        hubungi :
        021-95378080
        08567845846
        0819-99099043

        Terima kasih.

        Hasan Ma'ruf

        Agustus 26, 2013 at 5:27 am

  89. saya pake ac cina merek AUX 1/2 pk sampe skarang awet dan dingin padahal hidup terus jarang dimatikan,sudah murah,dingin dan awet lagi, kalo rusak daripada ganti komponen mahal2, mending beli ac baru, secara ac cina murah

    surel

    Mei 24, 2012 at 10:17 am

    • Benar sekali bukan promosi, kebetulan saya juga pake AC merk AUX ada tulisan low watt 660 watt,…Alhamdulillah belum pernah di service padahal sudah diatas 4an tahun mungkin lebih, pakai walau di geber teruzzz….., padahal tiap hari di pake terus2 di ruang banyak debu yang di kelilingi oleh karpet dan ruangan banyak orang alias di pake studio rental musik. dengan ruangan 6 meter X 3 meter, tinggi 3 meter, rata2 didalam ruangan 7 bahkan sampai 20 orangan dgn temp di set tetap di 24 celcius , rata pemakaian 14an jam dan jarang di bersihkan itu pun kalau ingat, rata2 di bersihkan seminggu sekali.

      yopie

      Oktober 17, 2012 at 1:39 pm

      • Mau tanya nih ,saya mau pake AC aux 1 pk 660 wAtt,daya dirumah saya 1300 apakah itu bisa,dan saya mau beli ac aux di toko AC mereka bilang itu mah bilang 660 watt kan kita g tau itu benar apa gak? Secara toko lain bilang AUx bagus murah dan awet,saya jadi bingung,trus klo AC hidup terus kira kira berapa ya pemakaian listrik /bulan.makasi atas jawabnya

        sari noviani

        Mei 11, 2013 at 6:09 am

  90. Salam kenal mas ady, saya mau konsultasi, saya punya ac 1 pk LG hercules 2, saya pakai sudah 1 tahun, beberapa hari ini ac saya sering ngadat ketika dinyalakan cuma menyala beberapa menit (udara dingin) beberapa hari kemudian malah ngga keluar angin ataupun dingin sama sekali, tapi ketika saya pencet tombol full power baru baru keluar hawa dinginnya, itupun cuma bertahan 5 menit dan saya mesti mencet tombol full power lg baru hawa dingin keluar lg, padahal ac baru ganti freon dan kapasitor fan indoor 1 1/2 micro dan dicuci, dan perlu saya informasikan ketika hawa dingin ngga keluar posisi kipas outdoor tetep nyala mas ady, mohon pencerahannya, nuwun

    agus riyadi

    Mei 25, 2012 at 10:22 pm

    • @pak agus
      Cb cek seting remote udah posisi cool blm?
      Kl d remote LG ada gambar orng merokok,cb reset remote,lepas baterai,trus tekan2 tombol on/off,pasang baterai,cb nyalakan posisi set remote di cool,kl dah nyala,perhatikan outdor nyala ga dan lama ga nyalanya,kl sering nyala mati kemungkinan termis indornya,lampu display ada yg kedip ga pak,kl kedip brarti termisnya yg rusak.

      ady

      Juni 12, 2012 at 4:28 pm

  91. Dear ady,

    Baru 1 bulan yang lalu AC saya service karena tdk dingin oleh teknisi ditambah freon n ganti kapasitor outdoor. Sekarang AC saya tidak dingin lg hanya angin saja.Dipipanya tdk dingin dan tdk ber ES Tadi sy panggil teknisi katanya harus ganti kompresor.Yang ingin saya tanyakan apakah hrs diganti kompresornya sementara keluhannya sama pada saat sy service 1 bulan yang lalu. tks

    Amora

    Juni 8, 2012 at 3:39 pm

    • @amora
      Mf pak sewaktu di gnti kapasitor dan tmbh freon ac di cuci ga indor-outdornya?kl ga di cuci itu sama aja bohong,krn ampere akan naik kl unit kotor.
      Itu kemungkinan kompresornya overload dikarenakan amperenya naik.
      Cek nilai kapasitornya sama ga dngn bekasnya,cek tekanan freon dan amperenya kl kompresor msh mau nyala,cek jg overloadnya msh bagus ga.
      Kl kompresor yg rusak,biasanya sewaktu outdor nyala listrik turun pak.

      ady

      Juni 12, 2012 at 4:44 pm

      • Mas Ady mohon info’y, saya baru beli ac panasonic 1/2 PK freon R32 hanya terpakai skitar 6 jam setelah pemasangan. Besok’y saya mau hidupkan tapi lampu timer kedip2, dan setelah beberapa menit outdoor mati tpi indoor hidup lalu beberapa menit kemudian indoor ikut mati dan lampu timer kedip2, sudah cek tekanan freon normal (60psi). Mohon info’y langkah apa yg saya harus lakukan?

        Helmy

        Juni 17, 2015 at 5:47 pm

  92. mau nanya mas, klo yg di sebut PORTABLE TYPE ROOM AIR CONDITIONER, itu hrs di isi air ya mas?

    melly

    Juli 10, 2012 at 4:06 am

  93. sy mo tnya mas, kl AC kipas indoor ga nyala itu apanya ya, krn sy panggil tukang srvice AC trus d bongkar ktnya ad yg hrs d ganti bag kisi2nya kl sy liat sich mirip aisi bentuknya kotak wrna hitam kira-kira 1.5cm persegi, pas sy tnya hrgnya 250 rb, kira2 betul apa ga ya mas & harganya kemahalan ga ya kl segitu, soalnya sy ga ngerti mslh lektronik, trims

    arie

    Juli 20, 2012 at 4:20 am

    • Itu namanya capasitor.
      Paling harganya 100 rbuan plus pasang

      atar

      September 14, 2012 at 3:28 pm

  94. Mas mau tanya, kemarin siang saya baru sevice ac, dicuci indoor outdoornya, eh malah jadi panas ga ada dingin -dinginnya, padahal sebelum di cuci ac dingin, ac baru 8 bulan, terus yang servicenya bilang pas setelah di cuci bahwa freonnya harus di isi, bukan ditambah, dan harganya cukup mahal.. apakah disini saya diakalin.. karena saya liat sebelumnya mereka bagi2 blosur dan paling murah sendiri

    surya

    Juli 26, 2012 at 5:29 pm

  95. pak saya tukang servive ac saya mau minta tolong bagaimana cara memperbaiki code error P6 pada ac TCL model TAC-42CF standing floor,saya belum pernah dapat yang kerusakan seperti ini,terima kasih atas solusinya.

    verdo gunawan

    Agustus 14, 2012 at 1:56 pm

    • Mau tanya mas,
      Sya baru bli ac sharp skitar 2bln lalu, awal2 sih suhu 22 aja dingin banget,tp skrg suhu 16 aja ga ada dingin2nya,
      Yg sya tanyakan apakah kalo bagian outdoornya itu kipasnya tidak mengeluarkan hawa panas melainkan angin kencang (sejuk kya kipas angin) apakah ini normal? krna setau sya bukannya seharusnya outdoornya mengeluarkan hawa panas bukan angin?

      novi

      Agustus 16, 2012 at 5:30 pm

  96. saya mau tanya, apa dampak positif dan negatif untuk kesehatan jika kompresor AC di letakkan di dalam ruangan kamar mandi yang di letakkan langsung di dekat jendela ventilasi kamar mandi (ventilasi ukuran 50 cm x 50 cm) sawaktu AC di hidupkan ruang kamar mandi terasa panas apa itu tidak mengganggu kesehatan?trimakasih.

    mira

    Agustus 25, 2012 at 10:51 am

  97. sy mau tanya mas,
    di kantor pake ac Lg hercules 1pk,baru dinyalakan lampu indikator kedip2 dan ac tidak bisa oprasi selama masih kedip,coba direset ahhh..gagal,,,,mhn sarnnya ya….tq

    Raas Cool

    September 1, 2012 at 12:50 pm

  98. Maaf mau tanya masalah daya listrik ac. Misal ac daya listriknya 395 watt, apakah watt tertinggi ac trsbt pd saat beroperasi sebesar 395 watt? Atw bisa lbh dr itu? Trus apakah pd saat running (stabil) bsar watt di bawah 395? Brp sih range watt bagi ac berdaya 395 watt? Contohnya seperti ac LG standar tertera daya listrik sbsar 395 watt namun ada keterangan rating di situ. Tetapi utk panasonic standar daya listrik sebesar 395 watt, n tdk ada keterangan rating di situ. Saya masih bingung tentang masalah ini, karena di situs resmi LG n panasonic tdk dijelaskan secara rinci. Terimakasih.

    rizqi

    September 15, 2012 at 7:25 am

  99. mau tanya AC panasonic posisi star awal bagus kira2 5 menit pas mau louding NCB suka anjlok apanya yah kira2 masalahnya apa di kapasitornya outdoor

    koyat

    September 22, 2012 at 7:36 am

  100. Asslamualaikum mas2 smuanya mau numpang tanya dirumah ada mesin cuci lg mati total klo boleh tau berapa ya biasanya ongkos jasa servis mesin cuci? Terimakasih smuanya

    Ahmad zainudin

    Oktober 31, 2012 at 11:22 am

    • Cek dulu sekering arus listrik. Caranya telusuri kabel power/colokan dr stop kontak. Sblum masuk ke trafo power Msn Cuci psti ada sekering sbg pengaman bila korsleting trjadi.

      Harry.R

      Maret 16, 2013 at 6:42 pm

  101. Saya mau belajar reparasi ac di mana ya ? Ada yg bisa bantu

    kian

    Desember 13, 2012 at 10:09 am

  102. saya mo tanya, punya ac TCL 1pk nyala beberapa menit lansung mati sendiri, begitu mati lampu timer menyala. sekarang makin parah, nyala setelah beberapa detik lansung mati. kira-kira rusak apanya? terima kasih atas jawabannya

    tri

    Desember 14, 2012 at 1:50 pm

  103. .HATI-HATI KALO SERVICE AC,bila semula ac anda dingindan setelah diiservice ac menjadi tidak dingin. Kadang beberapa teknisi ac< terutama teknisi lepas, mereka biasa menganalisa freon habis, padahal freon tak akan berkurang kalau tidak ada bebocoran, mereka membersihkan indor dan out door (kondensor), ketika membersih kan out door dan mengecek isi freon biasanya mereka membuang isi freon sehingga ac jadi tidak dingin. Jadi awasi mereka ketika membersih kan out door. Untuk service ac bersihkan kisi-kisi evaporator dan kisi-kisi kondensor dari kotoran dan debu bisa dengan kuas atau air bertekanan

    joko

    Desember 17, 2012 at 2:10 pm

    • biasanya konsumen yang rewel,bachil bin pelit yg sering di kerjain teknisi……hahahahaha……,karena kapok jg ga papa,malah teknisi amat sangat bersyukur ga di panggil nyervis lg…..
      Kl konsumen yg baik hati,sblmnya teknisi akan merasa segan kpd konsumen tsb,apa lg jika sudah sering,dan kenal,rasanya kaya nyervis di tempat sodara sendiri,ya iyalah wong stia nyervis ada segelas kopi dan sedikit kueh…..,pas minta ongkos servis,kembaliannya ambiiiiiiilllll ajjjjaaaaa…..,walupun hanya goceng taw ceban tp bikin semangat meeennn….,pilih mana jd,ngasi gocenk apa ceban tp ac tetep dingiiiiinnnn,atau bnyk musuh ma tukang ac……..?????
      Kaya bisa benerin sendiri ajjjaaaaa……..,
      wkwkwkwkwkwkwk……….

      boim

      Desember 17, 2012 at 4:01 pm

  104. tinggal di jakarta tp bisanya cuman kentut aja yg digedein…haha..haha..hahah

    beckham

    Januari 2, 2013 at 6:59 am

  105. Kalau saya mengambil jalan tengahnya bila ac rumah sendiri tidak dingin
    1-Panggil tk.ac untuk bersihin
    2-Masih tidak dingin? gpp setelah teknisi berlalu saya coba cek tekanan/ampere dll
    3-bila freon kurang ditambahkan sendiri sampe 70, coba dipake seminggu/sebulan dulu
    4-bila tidak dingin/freon masih berkurang bisa kembali ke no.3 atau:
    5-panggil teknisi lain yg dianggap bisa+biasa
    6-saat diperiksa + ditentukan hrgnya jangan banyak bicara/didebat/dipinteri
    7-tinggal diputuskan: mau/tidak/nego.hrg

    stop.pungli

    Maret 28, 2013 at 10:37 am

  106. Bagi anda yang membutuhkan sparepartnya saya kasih solusi yang murah
    http://anekainfobaru.blogspot.com/2013/04/sparepart-ac-jual-sparepart-ac-di.html

    Info

    April 30, 2013 at 9:02 am

  107. sori mau nanya ni kpd para pakar senior ac,saya ada masalah dengan ac panasonic 1 pk,ac akan mati sendiri setiap 1 jam,padahal di remote timernya sdh di cancel,trs panggil teknisi dan di bilang kalo harus ganti termistor,setelah diganti tetep juga trjadi masalah yang sama,tekanan freon normal. jadi kira” apa solusi terbaik untuk penanganan ac sy tersebut.Terimakasih dari Gede

    gede agus

    Mei 8, 2013 at 5:43 pm

  108. mas ady, mau anya kalau ac panasonic 1/2 pk biasanya dingin (saya hanya gunakan temp 24-25) sekarang tidak dingin lagi meskipun temp sdh di 16 kira-kira apa permasalahannya? ac rutin dicuci per 3 bln (sebelumnya klo tidak dingin biasanya kotor habis dicuci langsung dingin dan kembali normal cukup temp 24-25) tapi sekarang sama sekali tidak dingin.teknisi bilang amperenya 1,7-1,9 (bagus) tekanan freon juga di 60-90. mohon analisanya. tks

    syarif

    Juni 8, 2013 at 4:23 pm

  109. untuk bang gede agus kasus itu pernah ane temuin di ac merk fujitsu, ganti fan indoor biasanya fan dilengkapi dengan sensor rpm, sensor rpm ada dimotor indoor tapi sayangnya ga ada yg jual sensornya doang, kalau ga cek ac nyalakan tapi blower indoor ditahan semoga membantu bang gede.
    DAN untuk pengguna ac yang hanya menggunakan jasa service center saja mohon kiranya bapak juga hati-hati tidak semua service center mahir dan handal, masih banyak diluar sana teknisi jujur mahir terampil dan menggunakan bahasa yang sopan, sehebat-hebatnya teknisi ac belum tentu bisa menguasai modul, paling hanya ganti pakai modul universal (made in china). AC memang butuh perawatan tapi tidak butuh untuk bahan pencarian uang secara ilegal atau (untuk memanfaatkan konsumen pengguna ac) buat saya ac adalah teknologi pendingin yang instan, mohon maaf kalau saya angap sepele karena saya paham dengan ac saya teknisi ac yang mengutamakan kejujuran, dan akan sangat senang apabila hasil dari pekerjaan saya anda puas, semoga….

    Slamet Caesar Riyadi

    Juni 12, 2013 at 1:47 pm

  110. Salam kenal bapak-bapak sekalian, saya mau tanya untuk tipe ac lg hercules 1pk low watt 670, dgn kode model s09lpbx, tekanan freon nya musti di isi berapa psi ? Dan ampere yg tertera di outdor 3,4A dan refrigant tercantum 0.47kg. Dan cara ngukurnya gimana? Apakah saat ac udah jalan normal atau sebelum start, dan berapakah normalnya tekanan freon pada waktu blm start ac dan sesudah berjalan normal? Tolong bapak2 saya sering dikibulin oleh tukang ac, karena sering tidak berada dilokasi pada waktu service ac atau cuci ac, lokasi saya dipontianak banyak tukang ac yg tdk mempunyai alat lengkap ketika dtg service, malah ditanya di cek ampere tdk jawabnya gak punya tang ampere hahaha, tolong pak biar saya agak pintar dikit masa selalu dikibulin, sampe mikir kita selalu berusaha jujur tapi kok selalu ketemu yg tidak jujur, apa sudah langka orang2 yg cari makan dgn jujur tanpa menipu konsumen biar untungnya bisa gede? Terima kasih atas perhatiannya

    Sandi

    Juni 24, 2013 at 6:37 pm

  111. saya mohon info klo ada kenalan tukang service AC yg bagus. tempat tinggal saya daerah Jt. Asih, Bekasi.

    kira2 brapa bayaran untuk service AC?

    badass

    Agustus 16, 2013 at 11:54 pm

  112. […] Tips merawat dan memperbaiki AC rumah | Anjar Priandoyo […]

  113. untuk pak anjar ac pertama yang dijumper sama outdoor ac punya wika, dan menurut saya kurang efektif, juga sering bermasalah di termis indoor 10 ohm, sekarang banyak watterhitter dijumper keoutdoor ac tetap saja sering bermasalah, logika saya seperti ini indoor unit penghasil dingin outdoor menghasilkan panas secara teori panasnya buangan blower outdoor unit harus dibuang dan tidak untuk mampir ke unit pemanas air, jika outdoor dimanfaatkan untuk unit pemanas maka panas yg seharusnya dibuang masih harus melewati elemen pemanas maka terjadi over het pada compresor, yang aman pak pisahkan antara pemanas air dan unit ac itu paling aman pak, lagian sekarang sudah banyak pemanas air yang low watt, semoga membantu…

    slamet riyadi

    Februari 1, 2014 at 2:12 pm

  114. bos kalo ac kadang dingi kadang tidak apanya ya? padahal outdoor nya hidup

    bantoel

    Februari 2, 2014 at 6:04 am

  115. sudah dicuci blm gan acnya, kalo sdh coba kecepatan blower indoor apakah lo atau medium, atau full speed, kalo sdh di full speed masih blm terasa dingin juga coba cek outdoor, pegang pipanya dingin apa tdk kalo tdk dingin bearti freon tdk cukup alias kurang, kalo kurang, kurangnya lebih dari 20 psi usut kebocoran freonnya dulu baru ditambah, selamat mencoba semoga membantu…

    slamet riyadi

    Februari 5, 2014 at 9:37 am

    • Mas slamet mohon info’y, saya baru beli ac panasonic 1/2 PK freon R32 hanya terpakai skitar 6 jam setelah pemasangan. Besok’y saya mau hidupkan tapi lampu timer kedip2, dan setelah beberapa menit outdoor mati tpi indoor hidup lalu beberapa menit kemudian indoor ikut mati dan lampu timer kedip2, sudah cek tekanan freon normal (60psi). Mohon info’y langkah apa yg saya harus lakukan?

      Helmy

      Juni 17, 2015 at 5:45 pm

      • R32 tekanan diatas 120psi kl cuma 60psi bisa dipastikan ada kebocoran saat instalasi.

        mcaircon

        Agustus 5, 2017 at 5:44 pm

  116. Pak AC saya merk LG Herculer Mini 260Watt. Setelah service rutin (cuci rutin 6 bulan) AC indoor saya setiap kali dihidupkan kipas indoor tidak langsung berputar. Solusi sementara kalo saya hidupkan, harus saya sodok kipasnya dulu baru bisa muter. Solusinya gimana ya pa? Matur nuwun…
    Lokasi saya Kudus.

    Andry

    Maret 11, 2014 at 6:00 am

  117. Saya punya ac baru merk panasonic 1pk. Setelah 1thn dipakai lalu dicuci/service. Abs dicuci rasanya jd kurang dingin. Kurang nyess dibanding sblm dicuci. Ada yg tahu knapa??

    alex

    Juni 17, 2014 at 5:58 pm

  118. ac saya mitsubishi.. udh 3 thn pake..disuruh isi freon 1 kali.. sekarang masalahnya, bru diisi preon tetap aja kurang dingin… padahal sudah hi flow, -18 masih aja gak dingin.. hrus gmn pak? saran dunk

    unnizianelly

    Agustus 3, 2014 at 2:30 pm

    • @andry.. ganti kapasitor fan.
      @alex n nelly.. cek pipa kecil n besarnya, kl dingin semua brarti servis cuci acnya kurang bersih..

      zhevry

      Agustus 9, 2014 at 5:29 pm

  119. Mas mohon bantuanya, AC Mitsubishi 1pk dan sudah pernah ganti tabung compressor, pemakaian tabung baru sudah 1thn, masalahnya saat ini tabung yg pernah diganti itu jadi panas sekali sampai2 kabel yg terhubung ke tabung angus dan putus sangkin terlalu panas, mohon info bagi yg mengetahui penyebabnya, terimakasih. Dari Gobai di papua.

    salam tahir

    September 3, 2014 at 10:19 am

  120. mas kalo’ AC pas di Off gak mau nutup itu kenapa ya????

    sheila fitriyadi

    September 17, 2014 at 4:53 am

  121. Saya pake ac elextrolux dah 2 thn baru saya servis gara2 kipasnya ga muter. Looo ternyata setelah manggil tukang servis ac ktnya byk bgt kotorannya. Hehehe ya iyalah 2 thn baru dibersihin. Kt tukang acnya hrsnya max 6 bln sekali dibersihkan. Dan biaya bersih2 ac dan kipas luarnya hbs 85rb. Hehehe. Tp setelah dibersihin rasanya jd tambah sejuk gitu padahal ga nambah freon

    aan

    Oktober 22, 2014 at 10:48 pm

    • Diam itu emas bos . Kalo ilmu.nya di bidang pendingin masih stengah stengah , mending diam aja , ndak usah menjelekan satu sama lain , buat para teknisi ac se indonesia , di fikir secara logika apa mungkin ac 1 pk low watt di kasih pipa 50 m dingin ?? Kalo anda mengatakan tidak bisa dingin tolong belajar lagi bos , kita disini kerja cerdas , bukan kerja keras , jangan menjelekan satu sama lain , jangan sampai di adu domba oleh orang orang yang bodoh , kita kerja jasa , selama kerja bagus harga mahal pun tidak jadi masalah , dari pada murah tapi tidak membuahkan hasil . Salam satu nyali

      bonex

      November 11, 2014 at 4:38 pm

      • salam admin,
        nama saya jo.
        saya ingin mencari tenaga kerja yang bisa servisan ac mobil. saya ditimika papua jika berminat email saya ( jo.blvd77@gmail.com )
        bajed memuaskan

        tks admin

        jo

        November 23, 2014 at 4:19 am

      • mau minta saran dong bro .. 021 90448730

        Agus Salam Salim

        Desember 28, 2014 at 5:48 pm

  122. […] saya baru ganti kapasitor ac panasonik yang 3/4 pk, kata karyawan servicenya sudah rusak kapasitornya maka harus di ganti (gejalanya ac tidak dingin … more… […]

  123. boleh tanya gk saya kebingungan ac saya merek akira 3/4 yang saya melakukan isi ulang freon dan cek amper dengan tang amper menunjukan 3.3 – .3-4 tapi yang jadi pertanyaan mengapa pipa yang besar itu dingin dan yang kecil tidak dingin ac tidak mengeluarkan dingin sama sekali apa ada kemungkinan mampet atau apa yah gan please gan soal nya kemarin pangil tukang ac cuci turun indor di turunin tapi gk di lepas smua componen nya untuk di cuci hanya indor utuh di semprot air dll

    Steve Lee

    November 19, 2014 at 2:09 am

  124. salam admin,
    nama saya jo.
    saya ingin mencari tenaga kerja yang bisa servisan ac mobil. saya ditimika papua jika berminat email saya ( jo.blvd77@gmail.com )
    bajed memuaskan

    tks admin

    jo

    November 23, 2014 at 4:18 am

  125. Bos, minta info, kenapa outdor ac suaranya keras

    marjono

    Desember 29, 2014 at 3:30 am

  126. Mau nanya nih, AC saya kipasnya kok ngga bisa muter(panasonic), parahnya lagi, baru 30 dtk AC nyala langsung mati sendiri.
    saya harus gimana. ?

    arfan pratama

    Januari 3, 2015 at 7:03 am

  127. […] Tips merawat dan memperbaiki AC rumah | Anjar … – saya baru ganti kapasitor ac panasonik yang 3/4 pk, kata karyawan servicenya sudah rusak kapasitornya maka harus di ganti (gejalanya ac tidak dingin seperti kipas angin …… […]

  128. salam dingin dari joigja solo pak

    service ac

    Februari 24, 2015 at 1:09 am

  129. […] Tips merawat dan memperbaiki AC rumah | Anjar Priandoyo – Pertama kali tinggal di Bintaro, saya sering menerima brosur mengenai perawatan AC, mulai dari berbentuk amplop, leaflet hingga brosur berlaminating yang bisa digantung…. […]

  130. […] Tips merawat dan memperbaiki ac rumah | anjar priandoyo […]

  131. benar gan, oia tapi kadang AC saya kok netes ya? padahal tiap 2 minggu filternya sudah dibersihkan, apa ada yang salah kalo gitu ya??

    Istanamurah

    Maret 30, 2015 at 9:22 am

  132. mau tanya om, AC saya window,.. ngedengung kompressornya,
    sudah ganti kapasitor, tp msh ngedengung,
    kira2 apanya ya??
    trimakasih..

    fier firman

    Oktober 7, 2015 at 3:00 am

  133. Selamat malam pak ady..saya mau tanya tentang AC saya, saya baru pasang AC merk samsung. 1/2 pk yang mau saya tanyaka knpa ya sepertinya AC ini kurang maksimal dinginya???ruangan kecil aja kosan ukuran 3×4,kompresor luar bagus tidak ada es di pipa hanya embun saja..jadinya saya selalu ngatur temp di 16 fan full tiap malam itu juga seperti kurang dingin dibandung saya pakai panasonic sebelumnya,indoornya bagus tidak ada rembesan ataupun es di evavnya..masalahnya dmn ya pak??sewaktu saya pakai panasonic saya selalu setting di 23 dan itu sudah dingin sekali tpi skrg di 16 juga kurang dingin…mohon infonya pak…terimah kasih

    Fernandus

    Oktober 13, 2015 at 3:48 pm

  134. silahkan share info masalah ac di riyadi.slamet45@yahoo.co.id atau hub. 081574805072 area bekasi ya gan Insaa Allah kami bantu terimakasih

    slamet riyadi

    Desember 3, 2015 at 1:27 pm

  135. @sheila firiyadi ac setelah dimatikan tidak bisa nutup motor swingnya masalah gan coba dicek motor fannya jika rusak ganti motornya saja…

    slamet riyadi

    Desember 3, 2015 at 1:31 pm

  136. @arfan pratama cek motor indoornya gan biasanya motor fan ada gram atau pasir yang ganjel di bearing motor, motor fan panasonic paling mudah dibongkar gan, ac pasti mati jika motor fan ga jalan sensor baca rpm akan perintah atau protec modul agar ac tidak rembet masalahnya selamat mencoba gan…

    slamet riyadi

    Desember 3, 2015 at 1:34 pm

  137. agan bonex salam satu nyali gan aku setuju mbe sampean….

    slamet riyadi

    Desember 3, 2015 at 1:36 pm

  138. Pa boleh minta nomor telfon servis rumah acnya? Kebetulan saya di bintaro juga

    Hafiizimanr

    Desember 25, 2015 at 8:32 am

  139. rame amat yaaak :D

    betett

    Agustus 8, 2016 at 9:51 am

  140. Pak saya mau tanya. AC saya kt teknisinya evaporator indoornya hrs diganti krn sdh berkarat dn mengakibatkan AC jd bocor dn tdk dingin krn freon jg berkurang. Utk hrga evaporator indoornya mahal sekali ya.. sampai 800rb. Apa betul semahal itu? Dan utk isi freon brp harga normalnya. Mhn infonya. Tks.

    Vicky

    September 30, 2016 at 2:34 pm

  141. assalamu Alaikum, sy punya AC dengan Indor Merk LG dan saya baru saja mengganti outdoor nya Merk Mitsubishi heavy 1PK second(bekas), pada saat pemindahan outdoor ke rumah saya ternyata Freon kosong, dan kesekon harinya saya panggil tukang service langganan untuk isi Freon. tehnisi tersebut bilang kalau Amperenya Normal, dan tekanannya sangat bagus. yang sy pertanyakan untuk udara dingin saya rasakan sudah cukup dingin tetapi belum menyamai dinginnya Outdoor lama saya(LG), trus apabila sy steel ke suhu 23-24″ itu outdoornya(mitsubishi) tidak pernah mati. saya biasa nyalakan AC jam 10 malam dan biasanya dengan outdoor yang lama(LG) pada subuh hari jam 6 pagi dengan suhu 23-24 itu outdoornya mati, saya tandai dengan melihat indikator lampu indoor sy yang mati, itu kenapa pak ya? outdoor Mitsubishi saya tidak mau mati pada subuh hari jam 6, sementara saya rasa dinginnya sudah lumayan dingin hanya berbeda tipis dengan outdoor lama, yang mengherankan lagi apabila sudah pagi saya coba naikkan suhunya ke paling tinggi (30″) langsung Outdoor mintsubishi tsb Mati, itu apanya pak ya? terimakasih

    Abdul Azis

    Oktober 5, 2016 at 9:41 am

  142. Terimakasih bermanfaat banget tipsnya mas, berhubung saya pribadi sangat awam dan blum tahu sama sekali tentang ac, cuma bisa make doang heheh

    Mahrani Sarah

    Oktober 6, 2017 at 8:17 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: