Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Rajin pangkal Pandai, Hemat pangkal Kaya

leave a comment »

Pengalaman saya bergaul dengan orang orang dari berbagai suku dan bangsa. Saya menyimpulkan bahwa kalau masalah moral, dimana mana orang sama. Saya kenal orang Jepang Korea atau China yang luar biasa malas, tapi sebaliknya ada juga yang super rajin. Secara rata rata bagaimana? Ya sama seperti orang Indonesia.

Orang Eropa seperti apa? Kurang lebih sama. Ada yang rajin bekerja ada yang bekerja tidak serius. Ada yang patuh pada peraturan ada yang tidak mau ikut peraturan. Kalau masalah moral sama saja. Begitu juga masalah kecerdasan, kekuatan atau kreativitas. Sami mawon, lha speciesnya kan sama.

Lha kok Korea lebih kaya raya? Padahal kan startnya sama. Lha ya sesederhana mereka lebih ‘rajin’ dibandingkan kita. Lha tapi orang Eropa kan lebih ‘malas’ dari kita, lha kan mereka uangnya lebih banyak dari kita. Wajar kan.

Jadi tidak usah menduga-duga dan berprasangka buruk dengan orang lain. Analisa boleh boleh sama, misalnya karena Korea dekat sama Jepang lah, Korea dapat dana dari US lah. Tapi kalau analisa ini membuat kita tidak melakukan apa apa, buat apa analisa tersebut. Atau analisa bisa jadi kontraproduktif, misalnya Korea itu curang, kita harus berperang dan melawan. Ya silahkan dihitung, sepanjang hasilnya adalah kita bergerak dan menghasilkan sesuatu artinya itu benar.

Berusaha tapi salah lebih baik daripada diam. Berusaha untuk bergerak atau berusaha untuk diam sama baiknya. Silahkan menilai diri sendiri.

*silahkan ganti Korea dengan negara lain, suku lain, agama lain ataupun apapun

http://www.profesorindra.tk/2011/10/kalau-korea-saja-bisa-apalagi-indonesia.html?m=1

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Agustus 29, 2015 pada 7:17 pm

Ditulis dalam Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: