Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Kesimpulan: Pengalaman Hidup

leave a comment »

Semasa kuliah, saya selalu berharap ada alumni atau senior yang menuliskan perjalanan hidupnya dan memberikan tips dan saran agar terhindar dari kesalahan dalam berkarya. Atas dasar itu saya berusaha berdiskusi dengan orang yang lebih berpengalaman dengan harapan mendapatkan pengalaman atas perjalanannya. Sayangnya, ternyata tidak banyak orang yang menuliskan perjalanan hidupnya. Kalaupun ada dalam bentuk buku tebal yang agak sulit mendapatkan kesimpulannya. Bahkan suatu ketika saya pernah menyampaikan dalam milis agar setiap alumni berusaha menulis, yang sudah bisa diduga tidak ada yang merespon dengan serius.

Singkat kata, saya sekarang sudah berada pada posisi sosok alumni yang saya bayangkan pada waktu kuliah tersebut. Dan seandainya saya ditanya bagaimana kesimpulan perjalanan tersebut oleh seorang anak kuliah, rasanya saya tidak bisa menjawab apa yang si mahasiswa tanyakan, karena mungkin terlalu banyak cerita yang bisa disampaikan, atau karena terlalu dinamik perjalanan yang telah ditempuh. Namun, kalau mencoba untuk sedikit menyimpulkan maka paling tidak ada tiga hal dalam perjalanan hidup yang bisa disampaikan:

  1. Senantiasa menuntut ilmu, baik teknis ataupun praktis
    Ilmu adalah hal yang paling mudah dilakukan. Investasi yang paling menguntungkan adalah ilmu pengetahuan. Ilmu sebenarnya mahal kalau dilihat dari biaya yang diperlukan dalam hal ini adalah waktu. Namun bila tanpa melihat faktor waktu, karena kita semua memiliki waktu yang sama 24 jam dalam sehari, maka menyempatkan diri untuk menuntut ilmu adalah hal yang perlu diprioritaskan. Dan perlu diingat, ilmu itu tidak melulu dalam buku teks atau bangku kelas. Ada banyak ilmu praktis yang hanya bisa didapatkan dilapangan.

  2. Bekerja dengan tekun
    Intinya, nanti seorang mahasiswa harus bisa bekerja, mencari nafkah. Bekerja bisa di perusahaan, bisa juga dengan membuat usaha sendiri. Kalaupun sudah kaya, orang tetap harus bekerja agar sehat.

  3. Menjalani hidup dengan baik untuk diri sendiri dan masyarakat
    Nantinya, hidup seorang mahasiswa, seorang karyawan pun akan mengalami naik turun. Hidup sangat dinamis. Syukur dan sabar merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan.

Written by Anjar Priandoyo

Desember 26, 2015 pada 6:11 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: