Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Menjelaskan, memutuskan dan menjalani

leave a comment »

Menjelaskan itu mudah, kata seorang guru sekolah berpengalaman, tapi menjalani hidup sebagai guru itu tidak mudah. Namun harus diakui bahwa ada beberapa murid yang lebih cepat menangkap ada yang lebih lambat. Memutuskan itu mudah, kata seorang kepala bagian, tapi menjalani hidup sebagai kepala bagian itu tidak mudah. Namun juga harus diakui bahwa ada beberapa staf yang bisa setuju sementara ada staf lain yang tidak setuju.

Ketika seseorang meminta nasihat kepada orang lain, semua nasihat tentunya mudah diberikan, namun menjalaninya tentunya tidaklah mudah. Ketika seseorang menjalani hidup artinya adalah melakukan dengan baik. Kalau jalan yang dipilih adalah menjelaskan, maka harus menjelaskan dengan baik, kebetulan perannya sebagai guru. Kalau jalan yang dipilih adalah memutuskan, maka harus memutuskan dengan baik, kebetulan perannya sebagai kepala bagian.

Teknologi membuat banyak hal mudah dijelaskan, namun teknologi juga membuat banyak hal susah dijalani. Modernisasi membuat banyak hal menjadi lebih cepat, namun lebih banyak waktu juga membuat orang kebingungan. Maka orang harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan menjalaninya dengan baik.

Menulis, sebenarnya merupakan salah satu cara untuk menjalani hidup dengan baik, sama seperti berolahraga dan makan makanan sehat. Namun seiring dengan kecepatan informasi dan media terkadang menulis menjadi cara yang justru tidak sehat untuk menjalani hidup.

Hari ini misalnya, ada beberapa hal menarik yang bisa dituliskan. Awal tahun 2016 atau 200 tahun yang lalu dalam sejarah Indonesia. Namun karena sudah banyak tulisan yang dibuat mengenai topik tersebut maka catatan mengenai topik sejarah terdahulu menjadi tidak menarik untuk dilanjutkan.

Mencari komposisi yang paling pas dalam menjalani hidup tidaklah mudah. Hidup bukan masalah penjelasan atas pertanyaan, bukan juga perkara untuk membuat keputusan. Hidup sendiri adalah bagaimana menjalani detik demi detik dengan pikiran positif. Sesuatu yang mungkin semakin sulit didapatkan di era modern seperti saat ini. Tulisan ini dibuat menjelang waktu tidur. Semoga besok pagi bisa bangun dan menjalani dengan baik.

Written by Anjar Priandoyo

Januari 3, 2016 pada 6:44 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: