Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Panjang Umur yang Saya Lihat

leave a comment »

Kakek saya petani, hidup di desa, perokok, minum kopi, banyak pikiran, tapi sehat dan panjang umur, meninggal sekitar 80 tahun. Nenek saya ibu rumah tangga, hidup di kota berpolusi, peminum kopi, pemakan cuka, gampang marah, tapi sehat dan panjang umur, meninggal di usia lanjut sekitar 80an. Buat saya kedua orang tersebut, yang hidup di generasi 20-an pra kemerdekaan Indonesia, memiliki performa kesehatan yang jauh lebih baik dari rata-rata usia orang Indonesia saat ini yaitu 70 tahun

Kalau melihat performa kakek dan nenek saya, saya menyimpulkan secara sederhana dari dua sample tersebut.

  1. Pola makan (level 1 atau utama : makanan berat, nasi, daging) merupakan penyebab utama kematian, kakek saya banyak makan dan banyak gerak, nenek saya sedikit makan dan sedikit gerak, dua-duanya sehat. Tapi saya menjumpai orang yang pola makannya tidak seimbang lebih mudah terkena jantung/stroke (see WHO Top 10 causes of death)

  2. Banyak pikiran bukanlah penyebab kematian utama, kalau saya lihat namanya orang tua, segala hal-hal kecil dipikirkan, dari anak hingga cucu. Namanya orang tua, apapun di lihat, apapun dimarahi, apalagi seiring dengan kemampuan tubuh yang semakin menurun, kesepian jauh dari anak dan lingkungan.

  3. Pola makan level 2 Rokok, Alcohol yang memang dari awalnya beresiko tinggi

  4. Pola makan level 3 Kopi, Teh yang resikonya sedang

  5. Polusi kendaraan, Polusi kayu bakar yang resikonya secara public health tinggi

Catatan: Tulisan ini melihat panjang umur dari dimensi penyebab kematian diluar virus dan bacteria (see Black Plague Europe), karena secara statistik di tahun 1800s rata-rata umur adalah 30 tahun (see life expectancy)

Written by Anjar Priandoyo

Januari 4, 2016 pada 1:17 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

