Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Dilema Universitas: Realita Mahasiswa dan Dosen

with 2 comments

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya mengenai mitos universitas. Mitos hubungannya dengan tantangan dimasa depan, sementara dilema hubungannya lebih pada tantangan pada saat ini. Mitos dunia universitas antara lain:

  1. Mitos kuliah untuk cari kerja
  2. Mitos mata kuliah yang sia-sia
  3. Mitos linieritas bidang ilmu
  4. Mitos model bisnis universitas
  5. Mitos prestasi dosen

Sementara untuk dilema universitas antara lain:

  1. Dilema skripsi
  2. Dilema publikasi
  3. Dilema plagiarisme
  4. Dilema rasio dosen
  5. Dilema jabatan

Mahasiswa melihat Universitas

1. Dilema Skripsi
Dari sudut pandang mahasiswa, tidak adanya skripsi tentu merupakan sebuah kebahagiaan yang sangat besar. Pengalaman saya dulu, ada banyak teman yang bisa menyelesaikan kuliah dalam waktu 3 tahun, setiap semester ambil full 24 SKS, termasuk semester pendek, dengan nilai sangat tinggi. Namun mereka membutuhkan waktu hingga 4 tahun hanya untuk menyelesaikan skripsi. Namun pendapat ini bias tentunya, dari sudut pandang mahasiswa, malah kalau bisa, tidak perlu ada kuliah sama sekali tapi nilai A. Ga mungkin ya.

Namun, surat dari Arif Permana mengingatkan saya bahwa ada beberapa pandangan yang menyatakan bahwa skripsi tidak diperlukan. Dasarnya bisa jadi yang dibutuhkannya adalah praktek dalam industri atau dasar lain adalah regulasi pemerintah, menristek misalnya. Pendapat saya? Netral.

2. Dilema Publikasi
Kalau skripsi saja banyak yang merasa memberatkan, apalagi dengan publikasi atau karya ilmiah atau jurnal, paper dan sejenisnya. Ketentuan Dikti 152/E/T 2012 Publikasi Jurnal Ilmiah merupakan hal yang positif dari sudut pandang negara secara umum bahwa dibandingkan negara lain, jumlah publikasi masih kurang (ref)

3. Dilema Ethics & Plagiarisme
Ijazah Palsu, Plagiarisme, Moril akademisi. Untuk ini perlu pembahasan dilain waktu. Isu etika merupakan isu yang lintas sektor.

Dosen melihat Universitas
4. Dilema Kinerja Dosen terkait Rasio Dosen

5. Dilema Kinerja Dosen terkait Jabatan Fungsional dan Publikasi
Jabatan Fungsional Dosen diatur dalam Permen PAN 46 2013. Namun dilema kinerja terkait, sertifikasi dosen, kinerja profesor (ref)

Catatan:
Saya salut dengan Bapak Djoko Luknanto yang mengarsip informasi mengenai Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Panduan KBK Dikti, Panduan KPT. Juga dengan Bapak Wiryanto, untuk arsip mengenai Permen 49 2014, SNPT, SNI. Klasifikasi dan organisasi mengenai informasi sangat penting, semoga saya terinspirasi dari beliau-beliau.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Januari 14, 2016 pada 6:05 am

Ditulis dalam Management

Tagged with

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] apa yang terjadi di dunia akademik (mitos dan dilemanya), sebenarnya sama persis dengan mencermati apa yang terjadi di dunia energi, perbankan ataupun […]

  2. banyak sekali dilema yang terjadi dalam kehidupan ini. salah satunya yang dicontohkan pada artikel di atas. Bagus dan menarik

    Happy Anniversary

    Maret 18, 2017 at 11:06 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: