Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Tergantung, Mungkin, Esensi Bisnis adalah Waktu

leave a comment »

Saya belajar bahwa banyak pertanyaan yang jawabannya “tergantung” (it depends). Contoh adalah apakah tomat itu buah atau sayuran? atau apakah lumba-lumba itu ikan atau mamalia. Saya harus belajar untuk membiasakan bahwa pertanyaan itu tergantung dengan situasi dan kondisi (context). Ada yang bertanya dalam konteks bercanda, konteks melihat cara pandang, asumsi atau malah paling sering hanya sekedar untuk berdiskusi. Ada anak-anak yang bertanya, ada orang tua atau teman yang berbeda-beda pandangannya.

Melihat situasi dan kondisi itu sangat penting, tidak hanya apa yang ditanyakan, siapa yang bertanya, ditanyakan dimana bahkan hingga ekspresi bertanya. Contoh, pertanyaan mengenai esensi bekerja. Orang yang bertanya bisa jadi melihat kenyataan dunia kantor yang tidak sehat, seperti perang ego, teritorial hingga masalah ethics, seperti sering terlambat. Menjawab pertanyaan itu bisa jadi orang hanya menjawab “Bisnis memang tujuannya untuk menyelesaikan tugas, jadi tidak perlu memikirkan hal-hal yang tidak relevan”. Belum lagi hal yang tidak kita ketahui di belakang kenapa pertanyaan itu diberikan.

Lalu apa esensi bisnis sebenarnya? Bisnis bisa dijelaskan sebagai Planning-Organize-Control-nya Henri Fayol, atau bisnis itu Marketing-nya Drucker -walaupun ada juga yang berpendapat Drucker adalah Journalist karena penjelasannya tidak sistematis. Bisnis bisa dijelaskan sebagai pengejawantahan (embodient / operationalize value). Bagaimana nilai itu diyakini tidak sekadar diucapkan, dijalankan tidak sekedar ditulis.

Jadi, mengacu pada judul tulisan diatas, apa esensi dari bisnis? bisa jadi esensinya adalah waktu, ketika waktu menjadi dasar semua orang untuk berhitung, padahal waktu adalah sesuatu yang unik, maka satu-satunya cara untuk memenangkan bisnis adalah dengan menghargai waktu sebaik-baiknya.

Written by Anjar Priandoyo

Januari 18, 2016 pada 10:41 am

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: