Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Sebuah Garis Tebal dan Jelas: Sensitivity

leave a comment »

Framing: “Segala hal berubah: Bisnis, Ekonomi dan Negara”

A. Perubahan Bisnis
November 2012, Steve Denning, seorang kolumnis di Forbes menulis Obituari mengenai Monitor, sebuah firma konsultan yang didirikan Michael Porter seorang guru manajemen pada tahun 1983. Dalam selang waktu 30 tahun saja, strategi terbaik didunia tidak bisa menjawab perubahan perilaku pelanggannya. Dalam waktu 17 tahun, seorang Clayton Christensen, juga mendapat kritik keras atas The innovator’s dilemma (1997) tulisannya pada tahun 2014. Dalam cerita yang lain, masih tulisan Denning (2012), Teori Hierarki Motivasi Maslow (1948) rasanya sudah sangat tidak relevan hari ini bila dipraktekkan dalam industri sehari-hari, dalam jangka 60 tahun masyarakat, teknologi dan zaman berubah dengan sangat cepat. November 2005, membaca obituari Monitor sama rasanya dengan membaca obituari Peter Drucker di Economist pada tahun itu.

B. Perubahan Ekonomi
Krisis ekonomi berkepanjangan membuat satire atas buku Capital in the Twenty-First Century yang ditulis Thomas Piketty pada tahun 2014 hanya selang 1 tahun setelah bukunya terbit, dan tiba-tiba semua orang mengerti mengenai ekonomi, mengerti bahwa ekonomi adalah politik, mengerti bahwa austerity vs stimulus adalah simalakama. Seperti tidak pernah terbayangkan bahwa kini semua orang mengerti mengenai energi terbarukan, kebangkitan China hingga krisis ekonomi menjadi makanan sehari-hari.

C. Perubahan Indonesia
November 2015, dua buah tulisan di Bulletin of Indonesian Economic Studies yang bereputasi baik memotret mengenai kondisi Indonesia terkini. Arief Anshory Yusuf mengenai Ekonomi “Growth, Poverty, and Inequality” dan tulisan Burhanuddin Muhtadi dari sudut politik mengenai Politik “A Weak President Caught between Reform and Oligarchic Politics“, dua tulisan dari spektrum yang berbeda mengenai Indonesia

Written by Anjar Priandoyo

Januari 28, 2016 pada 10:21 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: