Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Gagal Paham

leave a comment »

Framing: “Orang membuat kesalahan dalam menganalisa”

gagal-paham

Gagal paham merupakan kosakata yang belakangan ini menjadi populer bagi masyarakat Indonesia. Gagal paham merupakan sebuah kondisi terjadinya perbedaan pandangan terhadap suatu permasalahan. Gagal paham dalam bahasa inggris disebut dengan fallacy. Gagal paham sebagai sebuah kosakata (jargon) dalam media massa merupakan suatu metode yang efektif untuk membangun opini publik seperti disampaikan Locke (b 1632 p 1689). Dan sama pentingnya, seperti disampaikan Harry Truman (b 1884) bahwa “If you can’t convince them, confuse them”.

Dalam konteks yang lebih sederhana, konsep gagal paham merupakan konsep yang sangat menarik. Dalam proses membuat keputusan misalnya, gagal paham ini bisa terjadi dari tingkat framing masalah hingga mengidentifikasi masalah. Contohnya dalam permasalahan listrik, saya sendiri baru mengetahui belakangan ini bahwa sebagian besar sumber listrik Indonesia adalah dari batubara, dan sebagai pembanding, saya juga baru mengetahui bahwa biaya untuk membangun pembangkit terbaharukan sangatlah mahal. Sehingga dari tingkat yang paling bawah, yaitu pengumpulan fakta saja saya sudah membuat kesalahan. Belum lagi kalau dimensinya lebih banyak seperti subsidi harga, kebijakan ekonomi, lingkungan hingga aspek politik.

Dengan gagal paham, seorang wartawan, dosen, petani dan anak sd bisa memberikan jawaban yang sama, walaupun metode pengambilan keputusannya berbeda. Dan sebaliknya, bila metodenya pun sama persis, masing-masing bisa memberikan jawaban yang berbeda. Ini namanya ilmu sosial (perilaku manusia).

Lalu bagaimana cara mengambil keputusan yang baik ? kalau mengacu pada pendekatan secara sistematis, maka kita harus mengesampingkan faktor emosional dalam membuat keputusan. Proses harus dilakukan secara bertahap dan hati-hati.

Written by Anjar Priandoyo

Januari 29, 2016 pada 12:48 pm

Ditulis dalam Life

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: