Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Berpikir Jernih: Berita, Internet dan Informasi

leave a comment »

Saya membaca tulisan Rolf Dobelli mengenai bahaya membaca berita, dan saya menemukan bahwa walaupun memberikan manfaat yang besar, tapi potensi bahaya yang ditimbulkan oleh Berita jauh lebih besar. Dan kondisi ini menjadi lebih parah ketika berita tidak hanya disajikan oleh media tradisional tapi juga sosial media yang frekuensinya sangat tinggi.

  1. Fakta yang disajikan Media seringkali tidak akurat
    Karena aktual adalah prinsip Media, maka seringkali fakta yang disajikan secara terburu-buru. Beberapa kutipan data juga seringkali tidak tepat. Belakangan, saya baru mengetahui bahwa sumber-sumber asli seperti peraturan perundang-undangan, report, research paper memberikan data yang lebih akurat. Ada beberapa argumen yang mengatakan Media memiliki jumlah pembaca yang banyak sehingga bisa berfungsi sebagai peer review. Kenyataannya peer review lebih pada isu kontroversial, bukan pada data atau faktanya.

  2. Orang yang mencandu Berita seringkali depresi
    Mungkin ada benarnya, tapi saya sendiri merasakan bahwa ketika dalam kondisi tertekan. Entah fungsi neurocognitive apa yang terpengaruh, tapi memang saya menjadi lebih aware dan berusaha mencari informasi atau berita terbaru. Mungkin ini turunan dari fitur flight or fight di otak manusia.

Beberapa hal yang akan saya lakukan beberapa waktu kedepan antara lain adalah dengan mengurangi frekuensinya menjadi 1 minggu sekali. Dan membatasi fitur media yang bersifat feeding (e.g 9GAG better than Reddit, StackExchange better than Quora)

Written by Anjar Priandoyo

Februari 2, 2016 pada 8:07 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: