Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Bekerja untuk Hidup

leave a comment »

Apa yang paling penting dalam hidup kita?
Yang paling penting ya “hidup” itu sendiri, apa yang kita rasakan (senang, sedih), apa yang kita jalani (mudah, susah), apa yang kita inginkan (sukses-pekerjaannya, sehat-tubuhnya, bahagia-keluarganya), apa yang kita takutkan (gagal, sakit, menderita) dan semua yang hanya kita yang tahu, karena hidup itu sangat personal sekali. Cuman kita yang tahu, yang dapat mengukur dan merasakannya. Apa yang paling penting adalah apa yang kita rasakan, dan semua orang memiliki kadar rasa yang sama. Tidak ada orang yang hidupnya senang terus atau susah terus. Pasti ada kalanya senang dan ada kalanya susah, hidup berganti, naik dan turun.

Apa yang paling penting setelah “hidup” itu sendiri?
Yang paling penting ya apa yang kita lakukan, apa yang kita kerjakan, ya itu “kerja” itu sendiri. Ada yang pekerjaannya merawat tanaman, ada yang pekerjaannya mengemudikan pesawat, ada yang pekerjaannya didepan mesin ketik, ada yang pekerjaannya menjaga lalu lintas. Masing-masing pekerjaan itu baik dan mulia. Pekerjaan adalah hal yang paling penting, makanya ada orang yang bilang bahwa bekerja adalah harga diri.

Tapi bagaimana dengan orang yang pekerjaannya dirumah saja? karena sakit misalnya? ya orang itu pasti ada pekerjaannya, apakah membaca novel, apakah membersihkan rumah, tiap-tiap orang tetap bisa memilih untuk bekerja. Bapak saya yang sudah pensiun pekerjaannya sehari-hari ya dirumah, menonton televisi dan membersihkan rumah.

Apakah dengan bekerja sudah cukup?
Tidak cukup dengan bekerja, karena bekerja tidak selamanya mudah, karena pisau pun lama-lama perlu diasah. Makanya diperlukan pengetahuan, diperlukan ilmu. Ilmu seperti teori untuk praktek kehidupan. Dan orang senantiasa harus belajar disetiap tahapan kehidupannya. Tidak ada orang tua yang paling pintar dibandingkan anak muda dalam rate belajar menghadapi kehidupan. Masing-masing memiliki beban yang sama beratnya. Maka bekal pengetahuan ada baiknya untuk bisa dikumpulkan. Semakin banyak yang dikerjakan, makin semakin banyak pula pengetahuan yang dibutuhkan.

Lalu dimana kita harus bekerja?
Pagi kita berangkat ke kantor, bekerja di perusahaan bisnis dengan teman-teman. Pulang kita bertemu dengan tetangga, bekerja dengan masyarakat dengan cara ngobrol-ngobrol. Pada dasarnya lingkungan kerja kita ada dua macam, dengan urusan bisnis dan urusan kemasyarakatan, dengan perusahaan dan dengan negara.

Itu saja. Mudah kan
*Tulisan dibuat untuk reminder update categories terbaru

Written by Anjar Priandoyo

Februari 4, 2016 pada 9:31 pm

Ditulis dalam Job

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: