Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Permasalahan

leave a comment »

Dikuliah dulu saya belajar sedikit mengenai Graph Theory. Intinya adalah memberikan solusi yang paling optimal antara beberapa pilihan. Contoh yang masih saya ingat adalah mengenai rute perjalanan sales. Semisal, sales itu harus mengunjungi 10 kota di jawabarat, rute manakah yang paling optimal.

Waktu kuliah terdahulu, saya tidak begitu paham bagaimana realisasi teori ini dikehidupan nyata, sampai saja mulai belajar mengenai Project Management, yang ternyata memanfaatkan teori ini untuk penjadwalan proyek yang paling optimal. Tapi baik Graph Theory dan Project Management merupakan theory. Dalam praktek nyata, saya belum menemukan penerapan secara optimal konsep ini.

Sampai akhirnya, sekarang, saya baru menyadari bahwa Graph Theory bisa diterapkan: “Untuk menjelaskan bahwa ada sesuatu hal yang tidak bisa dipecahkan”. Bahwa ada sesuatu yang tidak bisa dipecahkan ini disampaikan oleh Euler pada tahun 1736 atas Seven Bridges of Konigsberg-nya.

Mungkin, inti dari sains adalah untuk menjelaskan bahwa tidak semua hal ada jawabannya. Mulai dari Prisoner Dilemma hingga Singularity

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Maret 25, 2016 pada 7:02 pm

Ditulis dalam Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: