Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Personality

leave a comment »

matrix

Biasanya, antar teman sekolah penggolongan teman dilakukan berdasarkan pertimbangan seni. Orang yang main gitarnya bagus, suaranya ok dan pintar menggambar biasanya disebut sebagai “seniman”. Tipe seperti ini memang terlihat dengan jelas disekolah. Awal kelas 2 misalnya, ada satu orang yang pintar main gitar si A namanya, kemudian tiba-tiba ada anak B yang sama sekali belum pernah pegang gitar, atau hanya satu dua kali tiba-tiba bisa menirukan sebuah lagu dengan cepat. Penggolongan ini juga dilakukan secara sederhana dengan otak kiri dan otak kanan.

Semakin dewasa, penggolongan menjadi lebih kompleks tidak hanya dari sisi seni saja. Tapi paling tidak sampai empat golongan, seperti dikenal dengan MBTI (MyersBriggs) yang membagi dalam 4 golongan besar, yang tiap golongannya ada 2 ekstrim. Artinya ini menjadi 16 tipe sifat manusia. Mulai dari bagaimana dia berpikir (logic/natural), bagaimana dia merasakan (detail/intuition), bagaimana menilai (judging/perceive) hingga bagaimana berinteraksi (introvet/extrovet). MBTI meski menarik, tapi juga penuh kritik, saya sendiri tidak pernah tahu tipe MBTI saya apa. Kalaupun pernah saya mungkin sudah lupa.

Sebenarnya dari pada MBTI, saya melihat DSM-5 (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders) justru lebih efektif untuk melihat personality manusia. Lebih efektif karena DSM-5 melihat dampak yang kelihatan, bukan melihat apa yang tersembunyi. Score apapun dari MBTI tidak akan mempengaruhi cara kerja seseorang, tapi score DSM-5 jelas mempengaruhi kerja dan kehidupan seseorang.

Written by Anjar Priandoyo

Maret 26, 2016 pada 2:00 pm

Ditulis dalam People

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: