Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Mari menyederhanakan masalah ala professional services

leave a comment »

Kita bisa belajar dari MBB (McKinsey, BCG dan Baim) atau Big3 mengenai bagaimana menjual konsep MBA secara industri. Ketiganya punya sekitar 30,000 karyawan dengan revenue sekitar $14B. Revenue per employee mencapai $400K.

Tapi, kita juga bisa belajar banyak dari Big4 mengenai menjual konsep Accounting secara industri. Ketiganya punya karyawan sekitar 1,000,000 orang dengan revenue sekitar 120B. Revenue per employee hanya sekitar $100K.

Management Consulting, punya konsep klasik seperti BCG Growth Matrix, atau McKinsey 7S yang tidak terlalu populer. PWC, EY, Deloitte juga punya konsep yang sama, Deloitte membungkusnya dengan Risk Intelligence, tapi sebenarnya dalam tataran praktis sama persi dengan kompetitor yang lainnya.

Lalu mana dimanakah peluang berkarir kita yang paling optimal? buat saya, dimana saja peluang itu sama besarnya. Sepanjang orang tersebut mau melihat dan mengeksplorasi industri tempat dia bekerja, perusahaan tempat dia berkarya.

Written by Anjar Priandoyo

Oktober 18, 2016 pada 6:22 pm

Ditulis dalam Career

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: