Anjar Priandoyo's Shortcut

Simple Career Advice for Everyone

Apa yang harus dilakukan bila tidak ada koneksi

leave a comment »

Waktu awal mencari kerja, banyak yang bilang pentingnya memiliki koneksi. Mendukung pendapat tersebut, maka saya mulai aktif di organisasi kampus, alumni, hingga organisasi kantor. Efektif? lumayan, akhirnya sampai saat ini organisasi tersebutlah yang paling sering dipakai untuk mendapatkan informasi mengenai kesempatan atau bila menghadapi masalah tertentu.

Namun setelah bekerja sekitar 10an tahun, saya melihat bahwa efektivitas koneksi mulai menurun. Contoh, bila memperebutkan tender disebuah perusahaan, saya melihat, faktor yang paling dominan adalah brand atau product yang dihasilkan. Kalau sistemnya tender, maka sebenarnya kompetitor yang lain pun merasa punya kedekatan yang sama dengan si perusahaan.

Apalagi dengan model bisnis yang semakin modern seperti saat ini. Supermarket yang laris adalah supermarket yang punya modal besar, supermarket yang punya intimacy dengan pengunjungnya yang dibangun via survey yang mahal, infrastruktur yang mahal. Koneksi? kok semacam urban myth ya.

Sekarang, kiblat saya sedikit beralih, dulunya saya pro koneksi, sekarang saya pro kapital. Ketika ada yang berdalih bahwa semua bisnis itu personal, saya berpendapat bahwa skills itu tidak bisa dibohongi, ada keunggulan produk yang tidak terbantahkan.

Jadi, mengenai apa yang harus dilakukan bila tidak ada koneksi? tentunya dikembalikan pada prinsip bisnis itu sendiri, mengembangkan produk yang benar-benar berkualitas, menjadikan sebagai karyawan yang unggul, kompeten, punya prestasi yang terukur.

Urusan “koneksi adalah segalanya” atau “ability is nothing without opportunity” adalah urusan yang lain, itu urusan jargon, urusan kampanye. Tapi, jauh diujung sana yang lebih penting dari koneksi adalah kemampuan diri itu sendiri.

Written by Anjar Priandoyo

Oktober 20, 2016 pada 4:57 am

Ditulis dalam Career

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: